Perusahaan: IKEA

  • HERO Jual Aset Bekas Hipermarket Giant Rp 90 Miliar

    HERO Jual Aset Bekas Hipermarket Giant Rp 90 Miliar

    Jakarta

    Pengelola jaringan ritel Guardian dan IKEA Indonesia, PT DFI Retail Nusantara Tbk (HERO), melepas aset properti yang sebelumnya digunakan oleh Hipermarket Giant. Hingga September 2025, perseroan telah menjual dua aset properti bekas jaringan mal miliknya.

    Presiden Direktur DFI Retail Nusantara, Hadrianus Wahyu Trikusumo, menjelaskan aset properti bekas Giant ini berupa tanah dan bangunan. Kedua aset ini terjual dengan masing-masing harga sekitar Rp 30 miliar dan Rp 90 miliar.

    “Yang terakhir kemarin memang ada dua property yang kita jual, dan nilainya ada di kisaran sekitar Rp 30-an miliar dan sekitar Rp 90-an miliar. Itu masih within the range dengan market price,” ujar Wahyu dalam Public Expose Tahunan di Graha HERO, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (9/12/2025).

    Wahyu menjelaskan, pihaknya masih memiliki sekitar delapan aset properti Giant ini yang berstatus dijual. Namun begitu, ia tak mengungkap rinci nilai dari kedelapan aset properti ini.

    “Kalau ditanya jumlahnya sekitar delapan lagi. Delapan operasi lagi yang masih on sale. Dan kita rencanakan secepatnya karena ini sudah bulan Desember,” ungkapnya.

    Ia juga mengaku sulit melepas aset properti dengan aset yang besar dalam kondisi ekonomi saat ini. Wahyu mengatakan, pembeli aset properti ini juga biasanya dari sektor properti dan ritel.

    “Saat ini untuk menjual properti dengan nilai yang cukup besar, dengan kondisi ekonomi kita sekarang ini juga nggak mudah. Pasti orang membeli langsung, kebanyakan yang membeli dari kita langsung dioperasikan untuk bisnisnya mereka juga, seperti bisnis properti atau bisnis ritel juga. Jadi untuk mencari buyer ini juga nggak mudah,” pungkasnya.

    (ahi/hns)

  • Emtek Tunjuk Himanshu Shekhar sebagai Chief of Commerce Business, Perkuat Fokus ke Bisnis Digital – Page 3

    Emtek Tunjuk Himanshu Shekhar sebagai Chief of Commerce Business, Perkuat Fokus ke Bisnis Digital – Page 3

    Salah satu langkah nyata adalah peluncuran Vidio Shopping di platform OTT Vidio. Fitur ini memadukan hiburan, interaksi sosial, sekaligus pengalaman belanja dalam satu ekosistem—menciptakan cara baru konsumen menikmati konten sambil bertransaksi.

    Himanshu sendiri bukan sosok asing di dunia pemasaran. Ia memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di GroupM, memimpin kerja sama dengan brand global seperti Unilever, Nestlé, P&G, IKEA, Gojek, L’Oréal, hingga Godrej. Keahliannya dalam membangun solusi skala besar dan menavigasi strategi di pasar digital diyakini akan menjadi modal berharga bagi Emtek.

    “Saya merasa terhormat dapat menjadi bagian dari Emtek. Emtek merupakan powerhouse di industri media dan hiburan yang visioner. Dengan kepemimpinan visioner dan ekosistem yang dinamis, terdapat peluang besar untuk menciptakan value bagi konsumen dan brand. Saya merasa sangat antusias untukmemulai perjalanan baru bersama Emtek,” ujar Himanshu.

    Ke depan, Himanshu akan memimpin integrasi seluruh kekuatan ekosistem Emtek—dari produksi konten premium, akses ke selebritas dan kreator papan atas, hingga basis audiens harian dalam jumlah masif—untuk mendorong pertumbuhan bisnis commerce.

    Dengan strategi ini, Emtek menargetkan diri sebagai pionir dalam the next wave of consumer engagement di Indonesia.

  • 4
                    
                        IKEA Alam Sutera Banjir, Pengunjung Sempat Terjebak
                        Megapolitan

    4 IKEA Alam Sutera Banjir, Pengunjung Sempat Terjebak Megapolitan

    IKEA Alam Sutera Banjir, Pengunjung Sempat Terjebak
    Tim Redaksi
    KOTA TANGERANG, KOMPAS.com – 
    IKEA Alam Sutera di Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, terendam
    banjir
    pada Minggu (6/7/2025).
    Dalam video yang diunggah akun Instagram @tangkot24jam, terlihat ada genangan air di area parkir pusat furnitur tersebut.
    Kemudian, dalam sebuah foto yang diunggah, terlihat area lantai bawah yang diduga dari dalam gedung IKEA Alam Sutera juga terendam banjir.
    Salah seorang warga asal Jakarta Barat bernama Nethania (25) mengatakan, dirinya terjebak di dalam gedung IKEA Alam Sutera setelah berbelanja sekitar satu jam.
    Ia menceritakan, mulanya lantai area
    basement
    atau parkiran mobil hanya becek saat ia tiba di IKEA sekitar pukul 16.00 WIB.
    “Iya (banjir di) parkiran, nah di parkiran kan ada area untuk masuknya ke dalam IKEA kan, itu di situ,” ucapnya saat dikonfirmasi
    Kompas.com
    , Minggu.
    Namun, hujan deras yang terus mengguyur menimbulkan genangan yang cukup tinggi di lantai parkiran mobil
    basement
    .
    Sebuah kiriman dibagikan oleh TANGERANG KOTA 24JAM (@tangkot24jam)
    Seusai berbelanja, Nethania tak bisa turun ke area parkir menuju mobilnya karena
    lift
    dan eskalator yang menuju
    basement
    sudah ditutup.
    “Air makin meluap sampai sekitar pukul 17.00 WIB sudah ditutup,” tuturnya.
    Nethania dan pengunjung lain terpaksa bertahan sedikit lebih lama. Kemudian, ia memutuskan turun ke
    basement
    lewat tangga darurat.
    “Per pukul 17.30 WIB itu kita turun ke
    basement
    , air sudah di atas mata kaki. Jadi, aku ambil mobil sampe udah lepas sepatu,” jelasnya.
    Terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangerang, Andia S Rahman mengonfirmasi adanya laporan titik genangan di sekitaran IKEA Alam Sutera, tepatnya di wilayah Kunciran sejak pukul 14.00 WIB.
    “Kalau banjir iya, sudah hampir merata di wilayah timur. Sudah mulai hujan sekitar pukul 14.00 WIB,” ungkapnya kepada
    Kompas.com
    , Minggu.
    Meski demikian, BPBD Kota Tangerang belum menerima laporan permintaan evakuasi warga dari pihak IKEA Alam Sutera.
    “Saya lihat juga dari medsos tapi bisa kami pastikan tidak ada permintaan evakuasi korban dari IKEA, hingga saat ini kami fokus kepada warga yang memerlukan evakuasi,” terangnya.
    Kompas.com
     sudah berupaya mengonfirmasi soal
    banjir di Ikea Alam Sutera
    kepada pihak pengelola. Namun, hingga kini belum ada penjelasan soal hal itu.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • IKEA Tarik Alat Dapur yang Picu Lepasnya Potongan Logam-Tertelan Bersama Makanan

    IKEA Tarik Alat Dapur yang Picu Lepasnya Potongan Logam-Tertelan Bersama Makanan

    Jakarta – Perusahaan furniture asal Swedia, IKEA, di Singapura menarik seluruh model alat pemeras bawang putih Vardefull 365+ pada 11 Juni akibat kesalahan produksi.

    Masalah ini teridentifikasi setelah dilakukan penyelidikan internal. Meskipun belum ada laporan kejadian, IKEA tetap mengambil langkah pencegahan demi menjaga keselamatan pelanggan.

    Produk yang ditarik adalah alat pemeras bawang putih berwarna hitam dengan batang tanggal produksi (YYWW) antara 2411 hingga 2522. Produk ini juga dapat dikenali melalui logo IKEA yang tertera pada pegangan bagian atas.

    Dikutip dari Straits Times, investigasi menemukan alat tersebut berisiko melepaskan potongan logam kecil saat digunakan, yang berpotensi tertelan bersama makanan.

    IKEA mengimbau seluruh pelanggan untuk segera berhenti menggunakan produk ini dan menghubungi toko IKEA terdekat untuk mendapatkan pengembalian dana penuh. Bagi pelanggan yang kesulitan mengidentifikasi produk melalui logo, tetap diperbolehkan untuk mengembalikannya tanpa bukti tersebut.

    IKEA juga mendorong pelanggan untuk menyebarkan informasi ini, demi mencegah potensi risiko lebih lanjut bagi pengguna lain.

    (naf/kna)

  • Selami Kisah Sukses dan Kegagalan Raksasa Furnitur Dunia di Museum IKEA – Page 3

    Selami Kisah Sukses dan Kegagalan Raksasa Furnitur Dunia di Museum IKEA – Page 3

    Nama IKEA mungkin kini identik dengan furnitur bergaya minimalis, fungsional, dan terjangkau. Tapi siapa sangka, raksasa ritel asal Swedia ini justru berawal dari seorang anak muda pemalu dan penuh rasa ingin tahu dari desa kecil Älmhult.

    Dialah Ingvar Kamprad, pendiri IKEA, yang membangun kerajaan bisnis global dari benih-benih kreativitas, daya juang, dan warisan keluarga yang unik.

    Lahir pada tahun 1926, Ingvar tumbuh dalam keluarga sederhana di pedesaan Swedia Selatan. Ia dibesarkan di Majtorp, rumah ibunya Berta—seorang wanita tangguh dan penuh akal. Bersama adik perempuannya, Kerstin, dan ayahnya, Feodor, ia hidup dalam lingkungan yang mendidik anak-anak untuk hemat, mandiri, dan berpikir kreatif.

    Sejak kecil, Ingvar terbiasa bermain di toko kakek dari pihak ibu, CB Nilsson, yang menjual mulai dari paku hingga dinamit. Di sinilah daya imajinasi dan naluri dagangnya tumbuh. Sementara dari sisi ayahnya, warisan karakter keras kepala dan kegigihan mengalir dari sang nenek, Franziska, imigran Jerman yang mempertahankan pertanian keluarga meski ditinggal suami secara tragis.

    Kedua sosok perempuan kuat inilah—Berta dan Franziska—yang kemudian memberi dorongan besar pada mimpi bisnis Ingvar. Sementara sang ayah, Feodor, mengajarinya pentingnya kerja keras dan efisiensi dalam pengelolaan lahan keluarga di Elmtaryd.

    Sejak usia 10 tahun, Ingvar mulai mencari cara untuk menghasilkan uang. Ia menjual korek api, kartu Natal, majalah, hingga ikan hasil pancingannya sendiri. Tak puas hanya dengan memancing, ia belajar memasang jaring agar hasilnya lebih efisien. Untuk itu, ia meminta modal dari ayahnya dengan perjanjian bagi hasil—kerja sama bisnis pertamanya.

    Bisnis kecil ini berkembang pesat. Ia membeli sepeda untuk memperluas area distribusinya, serta mesin ketik untuk mencatat pelanggan. Bahkan saat bersekolah di asrama Osby, ia menyimpan stok dagangan seperti ikat pinggang dan jam tangan di bawah tempat tidurnya untuk dijual kepada teman-teman.

  • Mengintip Lab Rahasia IKEA: Begini Ketatnya Uji Kekuatan dan Keamanan Sebelum Produk Dijual – Page 3

    Mengintip Lab Rahasia IKEA: Begini Ketatnya Uji Kekuatan dan Keamanan Sebelum Produk Dijual – Page 3

    Liputan6.com, Swedia – Pernahkah Anda membayangkan betapa ketatnya sebuah kursi diuji sebelum bisa hadir di ruang tamu Anda? Atau berapa kali lemari dibuka dan ditutup sebelum resmi dijual di toko? Di balik desain simpel dan estetika IKEA, ada proses panjang dan kompleks untuk menjamin setiap produk aman, awet, dan ramah lingkungan.

    Liputan6.com mendapat kesempatan mengunjungi salah satu fasilitas paling rahasia dan penting milik IKEA: IKEA Test Lab di Älmhult, Swedia. Di sinilah semua produk IKEA mulai dari kursi, meja, sofa, hingga lemari melalui serangkaian pengujian ekstrem demi menjamin kekuatan, keamanan, dan kualitas yang konsisten secara global.

    Di tempat pengujian kursi, setelah selesai melalui tahap design, harus diuji dengan ditekan puluhan kali oleh mesin berkekuatan besar untuk memastikan bahwa kursi tersebut tak mudah patah dan aman saat diduduki.  

    Bahkan, menurut salah satu penguji, mereka juga menjatuhkan kursi dari ketinggian 2 meter sebanyak lima kali saat mengetes ketahanan kursi plastik. Tak hanya itu, kursi juga digetarkan di mesin selama 8 jam non-stop, seolah menempuh perjalanan di jalanan bergelombang. Tujuannya? Untuk mensimulasikan pemakaian jangka panjang dan memastikan tidak ada keretakan atau cacat struktural.

    “Ini adalah salah satu hal baru yang kami tambahkan ke pengujian kami,” kata salah satu penguji produk di IKEA Test Lab.

    “Biasanya kami mengikuti standar EN (European Standard), tapi untuk kursi plastik yang akan dijual di India, kami harus menyesuaikan uji coba dengan permintaan lokal—seperti pengujian jatuh dari ketinggian lebih ekstrem.”

    Sebagai informasi, EN adalah standar yang dikeluarkan oleh European Committee for Standardization (CEN) dan digunakan sebagai referensi untuk berbagai macam pengujian dan sertifikasi di Eropa.

    Ketika kami berpindah ke pengujian lemari, terlihat bahwa mesin-mesin tersebut membuka dan menutup pintu ribuan kali, dari dengan lembut hingga dibanting keras. Semua demi memastikan engsel dan struktur lemari mampu bertahan selama bertahun-tahun, bahkan dalam penggunaan yang kasar sekalipun.

  • Bisa Naik-Turun di Tengah Tol, Ini Rute TransJakarta Blok M-Alam Sutera

    Bisa Naik-Turun di Tengah Tol, Ini Rute TransJakarta Blok M-Alam Sutera

    Jakarta

    Masyarakat sekitar Jakarta bisa naik dan turun di tengah rest area Tol Dalam Kota menggunakan layanan TransJakarta. Salah satunya dengan naik BRT (busway) Rute S61 Blok M-Alam Sutera.

    Berdasarkan percobaan yang dilakukan detikcom, Senin (5/5/2025), titik awal keberangkatan rute ini berada di Terminal Blok M jalur 5, Jakarta Selatan. Penumpang kemudian dibawa melewati sejumlah halte hingga masuk ke dalam Tol Jakarta-Merak melalui Gerbang Tol Kebon Jeruk 1.

    Sesaat setelah bus TransJakarta ini masuk ke Tol Kebon Jeruk, armada melakukan pemberhentian di halte dekat gerbang tol. Usai menaikkan/menurunkan penumpang di gerbang tol, bus terus melintas hingga berhenti di rest area Km 13 Tol Dalam Kota.

    Di titik pemberhentian inilah penumpang bisa naik-turun di tengah Jalan Tol. Namun sekilas halte di kawasan ini terlihat cukup berbeda dengan halte-halte TransJakarta lainnya. Sebab di titik pemberhentian yang sangat dekat dengan SPBU tersebut tidak memiliki penanda layanan BRT sama sekali.

    Di halte rest area Km 13 Tol Dalam Kota itu hanya ada deretan bangku dan atap yang dihiasi papan iklan. Padahal selain untuk naik turun penumpang TransJabodetabek rute Blok M-Alam Sutera, halte Rest Area Km 13 Tol Dalam Kota ini juga digunakan untuk rute BSD (Serpong)-Jelambar dan rute Poris Plawad-Petamburan.

    Bergerak lebih jauh, setelah rest area para penumpang akan dibawa memasuki kawasan Alam Sutera dengan keluar dari Tol dekat dengan IKEA. Kemudian busway rute ini akan melintasi hingga titik akhir perjalanan di Halte Flavor Bliss, sangat dekat dengan gerbang utama kawasan Alam Sutera.

    Karena halte ini merupakan titik pemberhentian terakhir, penumpang akan diminta untuk turun. Namun jika ingin ke Jakarta dengan segera, penumpang bisa pindah ke armada bus lain yang siap melakukan perjalanan.

    Pada rute Alam Sutera-Blok M ini penumpang juga akan dibawa melintasi Tol Dalam Kota setelah melewati empat titik perhentian. Saat berada di dalam tol, bus akan kembali berhenti di rest area Km 13 sehingga bisa naik-turun di tengah Tol lagi.

    Jika penumpang terus melanjutkan perjalanan, rute TransJabodetabek S61 ini akan keluar Gerbang Tol Kebon Jeruk 2 dan mengikuti arah perjalanan hingga berakhir di Terminal Blok M jalur 5 sama seperti titik awal keberangkatan.

    Daftar Pemberhentian Rute Blok M-Alam Sutera

    – Terminal Blok M
    – ASEAN Jakarta
    – Kejaksaan Agung
    – Masjid Agung
    – Bundaran Senayan
    – Senayan Bank DKI
    – Gerbang Pemuda
    – Petamburan
    – Kemanggisan
    – Kota Bambu
    – Gerbang Tol Kebon Jeruk 1
    – Rest Area KM 13 Tol Dalam Kota
    – Renata
    – Escala 1
    – Escala 2
    – Onyx
    – Olivia
    – Sutera Utama
    – Flavor Bliss

    Daftar Pemberhentian Rute Alam Sutera-Blok M

    – Flavor Bliss
    – Mall Alam Sutera
    – Prominence
    – IKEA
    – Rest Area KM 13 Tol Dalam Kota
    – Gerbang Tol Kebon Jeruk 2
    – Kota Bambu
    – Kemanggisan
    – Petamburan
    – Gerbang Pemuda
    – Senayan Bank DKI
    – Masjid Agung
    – Kejaksaan Agung
    – ASEAN Jakarta
    – Terminal Blok M

    Sementara untuk waktu tempuh dari Blok M hingga Halte Flavor Bliss di Alam Sutera diperkirakan antara 1-1,5 jam bergantung pada kondisi lalu lintas. Sebab di beberapa jalur, rute TransJabodetabek yang satu ini melintasi di jalur umum (di luar jalur BRT) seperti saat berada di Jl. Gatot Subroto maupun saat berada di kawasan Alam Sutera.

    Simak video “Respons Wagub Rano Karno Naik Transportasi Umum Hari Ini: Asyik!” di sini:

    (igo/fdl)

  • Panik dan Histeris Saat Mati Listrik Massal di Spanyol-Portugal

    Panik dan Histeris Saat Mati Listrik Massal di Spanyol-Portugal

    Jakarta

    Mati listrik massal terjadi di Spanyol, Portugal dan sebagian wilayah di Prancis pada Senin (28/04) kemarin. Kejadian ini menyebabkan kekacauan dan gangguan yang luas bagi jutaan masyarakat di sana.

    Masalah koneksi listrik antara Prancis dan Spanyol disebut menjadi salah satu faktor penyebab pemadaman massal ini, kata kepala badan perdagangan yang mewakili industri listrik Eropa.

    Kristian Ruby, dari Eurelectric, mengatakan kepada program The World Tonight di BBC Radio 4 bahwa “insiden [kerusakan] spesifik pada interkonektor antara Prancis dan Spanyol” terjadi pada Senin.

    Ruby mengatakan insiden itu “menyebabkan jaringan listrik Spanyol terputus dari jaringan listrik Eropa yang lebih luas”.

    Dia menambahkan bahwa insiden interkonektor itu juga kemungkinan tidak menjadi penyebab tunggal pemadaman terjadi, melainkan adanya “kemungkinan elemen lain dalam persamaan [equation] ini”.

    Gangguan listrik yang luas telah berdampak pada jutaan masyarakat di sana. Transportasi kereta api tidak berfungsi menyebabkan para penumpang terlantar.

    ReutersPolisi memberi tahu para turis bahwa stasiun kereta Atocha Madrid ditutup akibat mati listrik.

    Selain itu, dilaporkan banyak orang terjebak di dalam lift di ratusan bangunan, lampu lalu lintas mati total, hingga terjadi penumpukan penumpang di bandara.

    Otoritas jaringan listrik Spanyol mengatakan pada pertengahan sore bahwa pemulihan listrik dapat memakan waktu beberapa jam.

    Getty ImagesSupermarket terpaksa tutup karena pintu dan AC mereka menggunakan listrik.

    Pada Senin malam, 50% listrik telah dipulihkan di seluruh Spanyol, menurut Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Snchez.

    Penyedia energi Portugal REN mengatakan listrik telah dipulihkan bagi 750.000 pelanggan.

    Namun, status darurat tetap diberlakukan, dengan beberapa wilayah dapat meminta status khusus tersebut.

    Snchez mengatakan penyebab pemadaman masih diselidiki dan meminta masyarakat agar tidak berspekulasi, sementara Perdana Menteri (PM) Portugal Lus Montenegro mengatakan “tidak ada indikasi” serangan siber.

    Kapan mati listrik massal terjadi?

    Sejumlah penumpang kereta keluar dari stasiun dalam kondisi gelap. (EPA)

    Laporan pertama tentang pemadaman listrik mulai muncul sejak siang hari, pada Senin kemarin dan dampaknya dengan cepat menyebar.

    Ketika skala gangguan menjadi jelas dan besar, warga Madrid diperingatkan untuk tetap di tempat mereka, tidak menggunakan jalan, dan tidak menghubungi layanan darurat kecuali “benar-benar mendesak”.

    Operator Spanyol mengatakan pemulihan listrik akan memakan waktu hingga 10 jam, sementara perusahaan listrik Portugal REN mengatakan pemulihan daya secara penuh dapat memakan waktu hingga satu minggu.

    Getty ImagesPolisi melakukan penertiban masyarakat saat pemadaman listrik memengaruhi transportasi umum di Madrid.

    Selain itu, antrean panjang juga terjadi di mesin pengambilan uang tunai karena pembayaran dengan kartu tak berfungsi akibat mati listrik, dan ada laporan bahwa beberapa stasiun pengisian bahan bakar tutup.

    Ketika pemadaman melanda jaringan stasiun kereta metro Madrid, para komuter menjadi bingung dan panik.

    Seorang warga, Sarah Jovovich, menggambarkan kebingungan di bawah tanah ketika lampu padam di stasiun metro.

    “Orang-orang histeris dan panik”, katanya kepada BBC. “Sungguh kacau.”

    Mungkin Anda tertarik:

    Ponsel berhenti berfungsi dan tidak ada yang memiliki informasi tentang apa yang tengah terjadi, katanya.

    Ketika dia meninggalkan stasiun metro dan berada di jalan raya, dia mendapati jalanan macet dengan lalu lintas yang padat.

    “Tidak ada yang mengerti apa pun. Bisnis tutup dan bus penuh,” katanya.

    AFP Orang-orang mengantre di mesin ATM di Lisbon. Getty ImagesSejumlah masyarakat menunggu di luar gedung yang terang.

    Pemadaman juga menyebabkan sejumlah orang terjebak di lift.

    Petugas darurat dipanggil ke 286 bangunan untuk mengeluarkan orang-orang yang terjebak di dalam lift di wilayah Madrid, kata kepala pemerintah daerah, Isabel Daz Ayuso, kepada stasiun televisi Antena 3.

    Kemudian, media di Spanyol melaporkan bahwa beberapa rumah sakit telah menerapkan rencana darurat, termasuk menghentikan pekerjaan rutin mereka, lapor kantor berita.

    Pada malam hari dan setelah beberapa jam terjadi pemadaman listrik, warga di beberapa bagian negara itu melaporkan listrik kembali menyala.

    Listrik sedang dipulihkan “di beberapa wilayah utara, selatan, dan barat semenanjung [Iberia]”, kata operator jaringan listrik Spanyol.

    Getty Images Kondisi pertokoan di Burgos, Spanyol, saat mati lampu massal. Getty ImagesAkses ke tempat-tempat seperti garasi parkir bawah tanah di Vigo, Spanyol, terpengaruh.

    Pihak berwenang di Spanyol dan Portugal pada Senin malam masih berusaha mencari tahu penyebab pemadaman listrik itu.

    “Tidak ada indikasi serangan siber pada saat ini,” kata Presiden Dewan Eropa, Antonio Costa.

    Saat kepanikan menyebar akibat mati listrik, warga Madrid diperingatkan untuk tidak menggunakan jalan.

    Dalam sebuah video di media sosial, Walikota ibu kota Spanyol, Jose Luis Martnez-Almeida, meminta warga untuk “membatasi pergerakan mereka seminimal mungkin dan, jika memungkinkan, tetap di tempat mereka berada. Kami ingin menjaga semua jalan tetap steril.”

    Orang-orang hanya boleh menghubungi layanan darurat jika “benar-benar mendesak”, katanya.

    “Jika panggilan darurat tidak dijawab, datangi kantor polisi dan pemadam kebakaran secara langsung, di mana mereka akan mencoba menangani semua keadaan darurat.”

    Apa dampaknya?

    AFPAkibat lampu lalu lintas yang mati, kekacauan terlihat di kota-kota besar, termasuk Madrid, karena kendaraan dan pejalan kaki berusaha melewati jalan raya.

    Pembangkit listrik tenaga nuklir di negara itu secara otomatis berhenti ketika listrik mati, dan perusahaan minyak Spanyol Moeve mengatakan pihaknya menghentikan operasi di kilang minyaknya.

    Selain itu, orang-orang dilaporkan terlantar di kereta di daerah yang sulit dijangkau. Menurut Menteri Transportasi Puente ada masalah dengan penyambungan lokomotif.

    Berbicara kepada BBC, seorang penumpang kereta, Gabriela Chavez mengatakan dia sedang bepergian antara Sevilla dan Madrid ketika listrik padam dan AC serta toilet berhenti berfungsi.

    “Mereka telah menurunkan semua orang dari kereta tetapi kami tidak tahu berapa lama harus menunggu,” katanya kepada BBC pada Senin.

    “Orang-orang di puncak bukit telah menghentikan mobil mereka dan memberikan air serta keripik untuk kami. Mereka sangat baik [dan] orang-orang dari desa telah datang untuk memberikan perbekalan untuk kami.”

    Reuters Perusahaan kereta api nasional Spanyol, Renfe, mengatakan kereta api – dan penumpang – sangat terdampak akibat mati listrik ini. EPABeberapa orang terlihat mencoba menumpang truk pulang dari ibu kota Spanyol

    Penerbangan juga turut terpengaruh. Terjadi penundaan dan pembatalan di beberapa bandara.

    EasyJet mengatakan mengalami beberapa gangguan pada operasinya di Lisbon dan Madrid.

    Pihak maskapai itu mengatakan situasinya “berubah-ubah” dan meminta pelanggan untuk mematuhi saran setempat.

    Pada Senin malam, perusahaan data penerbangan Cirium mengatakan 96 penerbangan yang berangkat dari Portugaldan 45 dari Spanyoltelah dibatalkan.

    Gangguan listrik menyebabkan pertandingan Madrid Open dihentikan hari itu. (Reuters)

    Selain itu, sektor perdagangan pun sangat terpengaruh. Beberapa cabang Ikea di Spanyol beralih ke generator cadangan dan menghentikan pelanggan memasuki tokonya.

    Penyelenggara Turnamen Tenis Madrid Open telah memutuskan untuk membatalkan acara pada Senin itu.

    Di tempat lain, Andorra dan sebagian Prancis juga terkena dampaknya, tetapi Kepulauan Balearic dan Canary tidak terpengaruh.

    (ita/ita)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Mati Listrik Massal di Spanyol dan Portugal Picu Kepanikan, Ada Kaitannya dengan Prancis?

    Mati Listrik Massal di Spanyol dan Portugal Picu Kepanikan, Ada Kaitannya dengan Prancis?

    PIKIRAN RAKYAT – Pemadaman listrik besar-besaran melanda hampir seluruh Semenanjung Iberia pada Senin 28 April 2025, menyebabkan kepanikan di Spanyol dan Portugal. Insiden ini berdampak pada berbagai sektor, mulai dari transportasi umum, rumah sakit, hingga layanan perbankan.

    Pemadaman tersebut terjadi akibat hilangnya pasokan listrik secara tiba-tiba dan besar, yang menyebabkan interkoneksi jaringan listrik antara Spanyol dan Prancis terputus, menurut operator jaringan Spanyol REE (Red Eléctrica de España).

    Kementerian Energi Spanyol menjelaskan bahwa jaringan listrik kehilangan 15 gigawatt daya dalam waktu hanya lima detik sekitar pukul 10.33 GMT.

    “Sebagai akibat dari pemutusan ini dan ketidakseimbangan serius pembangkitan pita yang ada di sistem kelistrikan kita, sistem kelistrikan runtuh,” ucap Eduardo Prieto, Kepala Operasi Sistem REE, dalam konferensi pers.

    Namun, hingga Senin malam, penyebab utama hilangnya pasokan listrik tersebut belum dapat diidentifikasi. Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menegaskan bahwa “tidak ada hipotesis yang dikesampingkan” dalam penyelidikan awal.

    “Ini adalah sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya,” ucapnya dalam pidato nasional.

    Portugal sendiri mengindikasikan bahwa masalah berawal dari jaringan listrik di Spanyol, sedangkan Spanyol menunjuk pada gangguan hubungan dengan Prancis. Operator jaringan Prancis, RTE, mencatat adanya pemadaman singkat di beberapa wilayah Prancis utara dan kemudian membantu memasok listrik ke Spanyol.

    Dampak Luas ke Berbagai Sektor

    Pemadaman ini membuat Spanyol dan Portugal nyaris lumpuh. Kementerian Dalam Negeri Spanyol mengumumkan keadaan darurat nasional dan mengerahkan 30.000 polisi untuk menjaga ketertiban. Listrik padam di berbagai kota besar seperti Madrid, Barcelona, hingga Lisbon.

    Bandara, rumah sakit, dan transportasi umum terkena dampak besar. Rumah sakit di Madrid dan Catalonia menunda semua operasi rutin dan hanya menangani pasien kritis dengan menggunakan generator darurat. Beberapa kilang minyak serta jaringan supermarket seperti Lidl dan IKEA juga harus menghentikan operasionalnya.

    Di sektor transportasi, metro di Lisbon dan Porto ditutup, kereta api dibatalkan, dan lalu lintas kacau akibat matinya lampu lalu lintas. Gambar dari Madrid menunjukkan kemacetan panjang dan warga yang mengambil inisiatif mengatur lalu lintas secara manual.

    “Saya hanya tidak tahu harus berpaling kepada siapa. Putri saya di Barcelona sedang melahirkan. Kami akan kehilangan koneksi untuk sampai ke sana,” kata seorang warga, Angeles Alvarez, yang terdampar di luar stasiun kereta Atocha.

    Di dunia maya, lalu lintas internet anjlok hingga 90% di Portugal dan 80% di Spanyol, menurut data Cloudflare Radar.

    Pemulihan Bertahap

    Meski sempat lumpuh total, listrik mulai dipulihkan bertahap sejak Senin sore. Daerah Basque dan Barcelona menjadi wilayah pertama di Spanyol yang mendapatkan kembali listrik, diikuti sebagian Madrid pada malam harinya.

    Operator jaringan Spanyol REE melaporkan sekitar 61% listrik telah kembali pada malam hari, sedangkan di Portugal, 85 dari 89 gardu listrik sudah berfungsi normal, menurut operator REN.

    Enagas, operator energi Spanyol, juga mengaktifkan sistem darurat untuk memenuhi permintaan pasokan energi selama masa pemulihan. Eduardo Prieto mengatakan bahwa mengembalikan sistem kelistrikan sepenuhnya ke kondisi normal akan memakan waktu “beberapa jam”.

    Di tengah situasi tersebut, Walikota Madrid Jose Luis Martinez-Almeida mengimbau warga untuk tetap tinggal di rumah.

    “Penerangan jalan kota belum sepenuhnya pulih, sangat penting bahwa layanan darurat dapat bersirkulasi,” ujarnya dalam video yang diunggah di media sosial.

    Dugaan Awal dan Antisipasi Serangan Siber

    Meski belum ada bukti jelas penyebab utamanya, beredar spekulasi mengenai kemungkinan sabotase atau serangan siber.

    “Tidak ada indikasi bahwa ini adalah serangan siber,” ucap Perdana Menteri Portugal Luis Montenegro.

    Meski begitu, dia tetap membuka peluang investigasi lebih lanjut.

    Sementara itu, Pedro Sanchez mengaku sudah berbicara dengan Sekretaris Jenderal NATO Mark Rutte untuk mendiskusikan situasi ini dalam konteks keamanan regional.

    “Teknisi sedang bekerja untuk mencari tahu mengapa penurunan tiba-tiba itu terjadi,” ujar Sanchez.

    Catatan Sejarah Pemadaman Listrik di Eropa

    Insiden mati listrik massal di Spanyol dan Portugal ini mengingatkan pada kejadian serupa di masa lalu. Pada 2003, gangguan pembangkit listrik tenaga air antara Italia dan Swiss menyebabkan pemadaman besar di Italia selama sekitar 12 jam.

    Pada 2006, jaringan listrik yang kelebihan beban di Jerman menyebabkan pemadaman lintas negara hingga ke Maroko.

    Dengan tingkat ketergantungan yang tinggi pada energi terbarukan — sekitar 43% dari tenaga angin dan surya serta 20% dari nuklir — sistem listrik Spanyol dinilai cukup rentan terhadap ketidakseimbangan pasokan.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Pulang Liburan Backpacker, Turis Belanda Dirikan Fasilitas untuk Anak Terlantar di Sumbawa – Halaman all

    Pulang Liburan Backpacker, Turis Belanda Dirikan Fasilitas untuk Anak Terlantar di Sumbawa – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Berawal dari aktivitas liburan ke Sumbawa di 2004 lalu, seorang wisatawan asal Belanda tertarik mendirikan fasilitas tempat tinggal dan pendidikan untuk anak-anak terlantar di daerah itu dan tinggal di sana.

    Bule tersebut adalah Chaim Joel Fetter, yang berlatar belakang seorang pengusaha internet sukses di Belanda.

    Keputusannya mendirikan fasilitas untuk anak-anak terlantar itu berawal saat melakukan perjalanan backpacking di Lombok pada 2004. 

    Dia bertemu Adi, seorang anak laki-laki bertelanjang kaki yang mengemis di lampu merah.

    Adi telah kehilangan kedua orang tuanya dan tinggal sendirian di bawah selembar terpal.

    “Saat itu hati ini seperti ditinju,” kenang Chaim Joel Fetter. 

    “Saya tidak bisa melupakannya saat pulang ke rumah. Apa artinya kesuksesan yang saya genggam kalau masih ada anak-anak seperti Adi yang menderita?” ujarnya.

    Hatinya tergerak, lalu dia kembali ke Belanda, menjual perusahaannya, dan kembali ke Indonesia, bukan untuk cuti panjang, tetapi demi sebuah misi.

    Fetter lalu memeluk Islam, terinspirasi oleh kemurahan hati dan kehangatan orang-orang yang ditemuinya.

    “Bahkan keluarga yang sangat miskin berbagi sedikit dari apa yang mereka miliki,” ujarnya. “Masuk Islam rasanya seperti menemukan keluarga dan makna hidup yang lebih dalam,” kata dia.

    Namun, motivasi Fetter tidak semata-mata terinspirasi dari apa yang ia lihat, melainkan berakar dari pengalaman hidupnya sendiri. Setelah orang tuanya bercerai, ia ditempatkan di panti asuhan di Belanda saat berumur 6 tahun. 

    “Saya tahu rasanya menjadi anak yang tidak dipedulikan siapa pun,” katanya.

    “Perasaan diabaikan itu tidak pernah benar-benar hilang. Saya masih sering mimpi buruk, memimpikan saat orang tua saya meninggalkan saya di sana, dan saya berlari mengejar mereka.”

    “Saya bertekad untuk membangun tempat dimana anak-anak bisa pulih, disayangi, dan merasa seperti di rumah,” kata dia.

    Di 2006, ia bersama istri dan beberapa teman dekat mendirikan Yayasan Peduli Anak dan membuka Pusat Kesejahteraan Anak pertama di Lombok. 

    Dibangun di atas lahan seluas 2,2 hektar, fasilitas ini mencakup 14 rumah berkonsep keluarga, sebuah masjid, sekolah dasar dan menengah pertama, klinik kesehatan, lapangan olahraga, dan kebun organik. 

    Setiap rumah diasuh oleh seorang ibu asuh terlatih, menciptakan lingkungan keluarga yang stabil dan penuh kasih sayang. Sejak saat itu, Yayasan Peduli Anak telah mendukung ribuan anak.

    Banyak di antara mereka yang telah lulus kuliah dan kembali bekerja di pusat ini sebagai guru, konselor, perawat, dan akuntan.

    Yayasan ini telah meraih berbagai penghargaan nasional, termasuk Kick Andy Heroes Award dan Piagam Apresiasidari Komisi Perlindungan Anak Indonesia.

    Pada tahun 2019, seiring dengan meningkatnya permintaan dan mencuatnya kisah anak terlantar di daerah terpencil, Yayasan Peduli Anak memperluas misinya ke Sumbawa, sebuah pulau tertinggal dengan akses layanan pemerintah yang sangat terbatas dan penelantaran anak merupakan hal tragis yang sayangnya lumrah terjadi.

    “Ini sangat memilukan. Kami mendengar kisah anak-anak yang ditinggalkan karena orangtuanya menikah lagi atau pergi merantau untuk bekerja. Ada yang tidur di gubuk terbengkalai. Bahkan, ada yang tidak makan berhari-hari,” ujarnya.

    Meskipun menghadapi tantangan logistik besar dalam mengangkut material dari Lombok dan Jawa, serta berbagai hambatan akibat pandemi Covid, tim terus bertahan dan tidak menyerah. 

    Kini, berkat donasi dari masyarakat dan perusahaan swasta, Pusat Kesejahteraan Anak di Sumbawa sudah 95 persen rampung.

    Ruang kelas sudah siap, para ibu asuh telah dilatih, dan dua belas rumah indah berdiri kokoh.

    Namun sayangnya, semua rumah itu belum dilengkapi perabotan. Tanpa ranjang dan perlengkapan penting lainnya, fasilitas ini masih belum siap digunakan sepenuhnya. 

    Ini bukan penampungan biasa. Ini adalah sebuah desa anak yang sepenuhnya mandiri,dengan dua belas rumah, sekolah, masjid, klinik kesehatan, sport center, dapur yang mampu menyiapkan 900 porsi makanan setiap hari, dan kebun organik yang menyediakan buah serta sayuran segar untuk anak-anak.

    Fasilitas ini akan menyediakan perawatan menyeluruh bagi 300 anak, termasuk 150 anak yang tinggal penuh waktu dan 150 siswa harian dari desa-desa miskin di sekitarnya. 

    Butuh Perabotan

    Pusat Kesejahteraan Anak ini juga akan mempekerjakan staf lokal, membeli hasil panen petani sekitar, dan menciptakan efek berantai bagi perekonomian setempat. Namun saat ini, belum ada satu pun rumah yang dilengkapi perabotan.

    Jika bantuan mendesak tidak segera datang, lebih dari 150 anak rentan di Sumbawa, Indonesia, mungkin tidak punya pilihan selain tidur di lantai rumah baru mereka.

    Tanpa ranjang dan perlengkapan penting lainnya, fasilitas yang dibangun yayasan ini masih belum siap digunakan sepenuhnya untuk 150 anak yang telah dirujuk.

    Mereka tetap tidur di lingkungan yang tidak stabil dan tidak aman, sementara dua belas rumah indah yang telah dibangun untuk anak-anak masih kosong dan belum bisa dihuni.

    “Ada 150 anak yang sudah menunggu untuk tinggal di pusat ini. 150 anak lainnya dari desa sekitar siap untuk bersekolah dan makan bersama kami setiap hari,” ungkap Chaim Joel Fetter.

    Hingga kini, lebih dari 8.000 orang Indonesia telah berdonasi. Anak-anak sekolah mengadakan penggalangan dana dengan menjual aksesori buatan mereka, seperti gelang dan kalung dari manik-manik.

    “Banyak masyarakat turut menyumbang setelah mengetahui misi kami melalui media sosial. Beberapa pemilik usaha lokal juga menyelenggarakan acara penggalangan dana,” ujarnya.

    “Orang-orang yang belum pernah ke Sumbawa ikut menyumbang, karena mereka percaya pada apa yang sedang kami lakukan,” ujarnya.

    Diantaranya, ING Bank, PT Bayan Resources, TOTO, Signify, Broco, Avian Paints, Simu, dan Häfele. 

    Awal bulan ini, Fetter menulis email secara pribadi kepada CEO IKEA Indonesia, Adrian Worth, serta kepada Electrolux Professional, untuk menyampaikan harapan akan kemungkinan dukungan. 

    “Electrolux merespons dengan positif atas permintaan peralatan dapur profesional, yang akan sangat membantu dalam menyiapkan makanan untuk anak-anak setiap hari.

    “Sementara itu, dari CEO IKEA Indonesia, kami masih menantikan kabar lebih lanjut. Kami sangat menghargai kepedulian IKEA, khususnya saat mereka memberikan dukungan yang luar biasa setelah gempa Lombok tahun 2018,” ungkap Fetter.