Perusahaan: Grab

  • CT Buka Gerai Groserindo, Fokus Jaring Pelanggan UMKM

    CT Buka Gerai Groserindo, Fokus Jaring Pelanggan UMKM

    Jakarta

    PT Trans Retail Indonesia membuka konsep bisnis baru berupa pusat grosir bernama Groserindo dengan gerai pertamanya yang berlokasi di Komp. Billy Moon, Jl. Raya Kalimalang No. 1 Blok D-E, Duren Sawit, Jakarta Timur.

    Gerai pertama Groserindo ini resmi dibuka hari ini, Jumat (8/11/2024) oleh Founder and Chairman CT Corp Chairul Tanjung bersama President Director & CEO PT Trans Retail Indonesia Shafie Shamsuddin, Direktur Groserindo Edo Wikar, serta Ketua Umum Kadin Jakarta Diana Dewi.

    Peresmian gerai pertama ini dilakukan secara simbolis melalui pemotongan tumpeng kemudian dilanjutkan dengan potong pita, yang keduanya dilakukan langsung oleh Chairul Tanjung bersama tamu undangan lainnya.

    “Ini adalah Groserindo Kalimalang yang pertama kita bangunkan. Ini adalah pusat grosir di mana kita fokus kepada customer-customer khususnya UMKM dan juga customer-customer warung, pemilik laundry, pemilik F&B itu bisa juga belanja di tempat kita Groserindo,” kata President Director & CEO PT Trans Retail Indonesia Shafie Shamsuddin.

    CT Buka Groserindo di Kalimalang Foto: Ignacio Geordi Oswaldo

    Tak lupa Chairul Tanjung juga menyempatkan diri untuk berkeliling gerai pertama Groserindo ini. Sesekali ia terhenti untuk melihat-lihat produk apa saja yang dijual serta berbincang-bincang dengan para staff di sana.

    Berbeda dengan pusat grosir lainnya, Shafie menjelaskan Groserindo berinovasi dengan berkolaborasi dan terintegrasi sejumlah layanan e-commerce seperti Grab, Allo Fresh, efishery, dan Bukalapak. Sehingga pusat grosir ini dapat memberi layanan secara online.

    Lebih lanjut ia mengatakan Groserindo juga terkoneksi dengan ekosistem usaha Trans Retail lainnya melalui layanan Membership, Points & Coupon (MPC). Melalui layanan keanggotaan itu pelanggan bisa mendapat poin yang tentunya dapat digunakan untuk pembelajaran di ekosistem Trans Retail.

    Terakhir, ia meyakinkan bahwa Groserindo merupakan pusat grosir dengan harga kompetitif. Dengan begitu pelanggan bisa mendapatkan keuntungan lebih saat berbelanja di pusat grosir ini.

    CT Buka Groserindo Foto: Ignacio Geordi Oswaldo

    Saksikan juga video: Hadiri Ultah Anita Ratnasari, Hendropriyono Sebut CT ARSA Terbukti Cemerlang

    (fdl/fdl)

  • Cara Top Up Saldo Grab Driver via OVO, m-Banking, ATM, Indomaret, Lengkap!

    Cara Top Up Saldo Grab Driver via OVO, m-Banking, ATM, Indomaret, Lengkap!

    Jakarta: Untuk kamu para pengemudi Grab, pasti sudah tahu betapa pentingnya punya saldo yang cukup buat menjalankan pesanan.
     
    Nah, buat memastikan saldo Grab kamu selalu siap, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu coba, mulai dari OVO, m-Banking, ATM, hingga lewat Indomaret. Nggak perlu khawatir, semuanya gampang kok dan bisa disesuaikan dengan kenyamanan kamu.
     
    Melansir laman Grab dan OCBC, berikut simak cara-cara top up saldo Grab Driver sesuai yang ingin kamu ketahui.

    Top up Grab Driver via DANA
    Untuk top up saldo Grab Driver pakai DANA, ikuti langkah-langkah ini:

    Buka aplikasi Grab Driver.
    Pilih menu “Pendapatan” di bagian atas kiri.
    Klik “Dompet”, lalu pilih “Isi Ulang dengan DANA”.
    Tentukan jumlah saldo yang ingin di-top up.
    Klik “Berikutnya”, lalu pilih “Isi Ulang Sekarang”.
    Aplikasi akan mengarahkan kamu ke DANA untuk menyelesaikan pembayaran.
    Setelah transaksi selesai, saldo Grab Driver kamu akan langsung terisi.

    Top up Grab Driver via OVO
    Berikut cara top up saldo Grab Driver lewat Grab Kios di aplikasi Grab Merchant dengan OVO:

    Buka aplikasi Grab Merchant.
    Pilih menu Grab Kios.
    Klik “Saldo Pengemudi”.
    Masukkan nomor ponsel pengemudi yang terdaftar.
    Pilih jumlah top up yang diinginkan.
    Periksa lagi datanya, lalu klik “Bayar”.
    Masukkan PIN OVO dan klik “Bayar”.
    Saldo pengemudi kamu akan langsung terisi.

    Top up Grab Driver via m-Banking BCA
    Berikut cara top up saldo lewat m-BCA:

    Login ke akun m-BCA dan masukkan kode akses.
    Pilih menu m-Transfer, lalu pilih BCA Virtual Account.
    Ketik 39358 diikuti nomor ponsel kamu (misalnya: 39358 08xx xxxx xxxx).
    Masukkan jumlah top up yang diinginkan, minimal Rp20.000. Bank bisa jadi mengenakan biaya tambahan.
    Ikuti langkah-langkah yang muncul untuk menyelesaikan pembayaran.

    Top up Grab Driver Via Shopee
    Berikut cara top up saldo Grab lewat Shopee:

    Buka aplikasi Shopee dan pastikan sudah punya akun.
    Cari “Saldo Grab” di kolom pencarian.
    Pilih jumlah saldo yang ingin dibeli.
    Tekan “Beli Sekarang”.
    Pilih cara pembayaran yang kamu suka.
    Klik “Bayar” untuk menyelesaikan pembelian.

    Top up Grab Driver Via Livin’ by Mandiri
    Berikut cara top up saldo Grab lewat Mandiri Online:

    Masuk ke aplikasi Mandiri Online.
    Pilih Pembayaran, lalu klik Buat Pembayaran Baru dan pilih Multi Payment.
    Pilih OVO sebagai metode pembayaran.
    Masukkan nomor ponsel yang terdaftar di OVO (misalnya: 08xx xxxx xxxx).
    Tentukan jumlah top up, minimal Rp20.000. Periksa apakah ada biaya tambahan dari bank.
    Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan pembayaran.

    Top up Grab Driver di ATM
    Berikut cara top up saldo Grab lewat ATM:

    Masukkan kartu ATM dan PIN di mesin ATM.
    Pilih “Pembayaran” > “Lainnya” > pilih “Virtual Account” atau “E-Commerce” sesuai bank.
    Masukkan kode khusus dan nomor ponsel yang terdaftar di akun Grab (misalnya BRI: 88099, BCA: 39358, Mandiri: 60001).
    Pilih jumlah top up. Periksa biaya admin yang mungkin berbeda di tiap bank.
    Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan transaksi dan simpan bukti transaksi.

    Top up saldo Grab Driver sekarang bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti lewat DANA, OVO, m-Banking, Shopee, atau ATM. Pilih yang paling gampang buat kamu agar saldo selalu siap dan kamu bisa terus beroperasi tanpa masalah. (Nanda Sabrina Khumairoh)
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • MMA Impact Indonesia 2024 Digelar 15 November, Simak Pembicaranya! – Page 3

    MMA Impact Indonesia 2024 Digelar 15 November, Simak Pembicaranya! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – MMA Global Indonesia kembali menggelar MMA Impact Indonesia 2024. Acara ini menyusul kesuksesan gelaran yang sama yang diadakan tahun sebelumnya. MMA Impact Indonesia 2024 merupakan forum penting bagi para pimpinan dan pakar di industri marketing dan periklanan, yang mengeksplorasi visi masa depan industri melalui kepemimpinan, inovasi, dan strategi terbaru.

    MMA Impact Indonesia 2024 akan diselenggarakan pada 15 November 2024, di The Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

    Country Head dan Board of Director MMA Global Indonesia Shanti Tolani menyatakan, MMA Global Indonesia memiliki peran penting dalam mendorong transformasi ekosistem marketing dan periklanan.

    “Forum MMA Impact Indonesia 2024 merupakan wadah penting untuk mendorong dialog yang bermakna seputar tema-tema penting seperti AI dan jaringan media ritel, pengembangan jenama & pola pikir yang berkembang,”kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (4/11/2024).

    Seiring dengan perkembangan industri, data dan wawasan yang dikumpulkan dari tahun 2024 menekankan pentingnya ketangkasan dalam strategi, integrasi analitik berbasis AI, dan perlunya merek dan pemasar untuk secara autentik terlibat dengan konsumen yang relevan.

    Dengan Indonesia diperkirakan akan menguasai sekitar 40% ekonomi digital ASEAN dan diproyeksikan mencapai USD 400 miliar pada tahun 2030 di bawah Perjanjian Kerangka Kerja Ekonomi Digital (Digital Economy Framework Agreement/DEFA), pertaruhannya menjadi semakin tinggi.  

    Mengingat hal ini, MMA Impact Indonesia 2024 forum menjadi ajang pertemuan penting bagi para petinggi dan pengambil keputusan di berbagai industri seperti Chairpersons, C-Level Executives, Directors, Business Owners, Founders, Co-Founders.

    Acara ini akan menampilkan para pemimpin pemikiran dari berbagai organisasi ternama, termasuk Unilever Indonesia, Mayora Group, PT Telekomunikasi Selular, PT Garuda Indonesia, GoTo, Grab Indonesia, GroupM, Havas Group Indonesia, dentsu, Emtek/SCM, PT Accenture, IDN, dan IlmuOne Data.

    Para delegasi akan berinteraksi dengan para pemikir terkemuka, pakar industri, dan spesialis domain yang telah dikurasi dengan cermat untuk memastikan jajaran pembicara berkaliber tinggi dari merek, pemasar, media, penerbit, telekomunikasi, periklanan, dan pendukung teknologi pemasaran.

     

  • Menhub: Sinergi dan kolaborasi penting untuk membangun transportasi

    Menhub: Sinergi dan kolaborasi penting untuk membangun transportasi

    Jadi kita harus bagus, tertib, kompak, dan melayaniJakarta (ANTARA) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi untuk membangun sektor transportasi agar bisa mendukung aksesibilitas masyarakat.

    “Presiden Jokowi selalu memposisikan sektor transportasi dan kegiatan pembangunan infrastruktur dalam visi misi. Jadi kita harus bagus, tertib, kompak, dan melayani. Sehingga sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dan mitra kerja menjadi sangat penting,” kata Menhub saat “Silaturahmi Menteri Perhubungan Bersama Mitra Kerja Kementerian Perhubungan di Jakarta, Sabtu.

    Menhub menekankan hal itu di hadapan 200 orang perwakilan mitra kerja Kementerian Perhubungan, yakni pengemudi ojek online (Gojek dan Grab), Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan, Avian Security (Avsec) dan pegawai KAI.

    Baca juga: Menhub resmikan Stasiun Pondok Rajeg di Depok

    Lebih lanjut Menhub juga menyampaikan kepada para mitra kerja untuk jangan pernah lelah memberikan yang terbaik atas profesinya serta cinta akan pekerjaan.

    Menhub juga berpamitan kepada para mitra kerja Kementerian Perhubungan, menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan selama masa jabatannya. Ia berharap sinergi ini terus berlanjut untuk pemerintahan yang baru.

    Dalam kesempatan tersebut, Menhub menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dengan Kemenhub.

    Meskipun banyak pertimbangan yang harus diambil, ia menekankan pentingnya keputusan-keputusan strategis untuk pembangunan jangka menengah dan panjang.

    “Saya beserta keluarga besar, mohon izin untuk undur diri,” ucap Menhub.

    Baca juga: Menhub dorong kapal Indonesia mampu bersaing di pelayaran dunia

    Ia menyampaikan apresiasi atas sinergi dan komunikasi yang terjalin dengan baik, meskipun ada tantangan dalam pengambilan keputusan.

    Menhub juga menggarisbawahi pentingnya kontribusi mitra kerja dalam mendukung pemerintahan baru. Ia meminta agar tetap memberikan masukan dan ide yang konstruktif demi pembangunan sektor transportasi yang berkelanjutan.

    Ia berharap para mitra kerja dapat terus membantu pemerintah dalam menghadapi tantangan baru dengan semangat yang sama.

    Menhub juga mendorong inovasi dan gagasan yang mendukung pembangunan Indonesia secara keseluruhan.

    Baca juga: Kereta cepat Woosh catat jumlah perjalanan meningkat 242 persen

    “Saya berharap agar mitra kerja sekalian, dapat membantu Pemerintah dalam mengarungi babak baru dengan baik, dengan masukan, ide, dan gagasan yang dapat mendukung pembangunan Indonesia, khususnya di sektor transportasi,” kata Menhub.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2024

  • Tanggapan Grab Soal Ribuan Ojol Demo Siang Ini

    Tanggapan Grab Soal Ribuan Ojol Demo Siang Ini

    Jakarta

    Menyikapi rencana demo ribuan pengemudi ojek online (ojol) yang akan berlangsung hari ini, Grab memberikan tanggapan. Perusahaan aplikasi ini menyatakan bahwa mereka akan mendengarkan aspirasi para pengemudi dan berkomitmen untuk terus memperbaiki layanan.

    Hal tersebut disampaikan Tirza Munusamy, Chief of Public Affairs, Grab Indonesia. Dia mengatakan pihaknya senantiasa menghargai hak mitra pengemudi untuk menyuarakan pendapatnya.

    Menurutnya, Grab juga menyediakan wadah bagi Mitra untuk mengemukakan pendapat dan masukan melalui berbagai saluran komunikasi yang ada, termasuk melalui layanan Grab Support maupun kegiatan tatap muka antara perwakilan Grab dengan komunitas Mitra Pengemudi yang dilaksanakan secara berkala.

    “Grab senantiasa menghargai hak Mitra Pengemudi untuk menyuarakan pendapat dan aspirasinya selama dilakukan dengan tertib, damai, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” katanya dalam keterangan kepada detikcom.

    Ia menambahkan, penting untuk diketahui bahwa besaran tarif layanan pengantaran Grab telah dihitung secara saksama sesuai dengan ketentuan Pasal 3 Permenkominfo No. 1/Per/M.Kominfo/01/2012 tentang Formula Tarif Layanan Pos Komersial. Serta dirancang untuk menjaga pendapatan Mitra Pengemudi, dan kestabilan permintaan pasar terhadap layanan Grab.

    “Kami menjamin bahwa Grab Indonesia tidak pernah memotong pendapatan Mitra Pengemudi untuk dialokasikan sebagai diskon bagi konsumen*. Seluruh biaya promosi yang Grab gunakan berasal dari perusahaan dan didesain untuk membantu meningkatkan permintaan dari konsumen, yang pada akhirnya diharapkan dapat memengaruhi pendapatan para Mitra Pengemudi secara positif,” bebernya.

    Grab berpegang teguh pada praktik bisnis yang baik dan selalu berupaya untuk memberikan akses perlindungan dan manfaat kerja bagi Mitra Pengemudi, sebagai berikut:

    1. Menyediakan akses ke berbagai jenis perlindungan

    – Asuransi Kecelakaan. Saat ini Grab bekerja sama dengan PT. MNC Asuransi Indonesia. Asuransi ini berlaku bagi Mitra yang sedang melaksanakan pekerjaan di platform Grab, termasuk jika Mitra menjadi korban tindak kekerasan kriminal sampai dengan kecelakaan yang dipicu oleh penyakit yang sedang diderita, selama Mitra tidak melanggar peraturan lalu lintas.

    – Asuransi Kesehatan. Saat ini Grab bekerja sama dengan asuransi Allianz untuk memberikan pilihan asuransi kesehatan terjangkau bagi para Mitra, seperti rawat inap, rawat jalan, hingga perawatan gigi.

    – BPJS Ketenagakerjaan. Untuk memfasilitasi pendaftaran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) yang dapat diakses langsung dari aplikasi Mitra Grab.

    2. Memberikan Pelatihan Keselamatan untuk Mitra Grab (PAKEM)

    Pelatihan dilaksanakan tatap muka dan rutin dengan topik perihal kualitas pelayanan, anti kekerasan seksual dan keamanan berkendara. Selain itu, Grab menyediakan ratusan variasi materi pelatihan secara online di Grab Academy yang diharapkan dapat meningkatkan dan menambah kemampuan serta kualitas kerja Mitra.

    3. Menyediakan manfaat GrabBenefits

    GrabBenefits dapat membantu kebutuhan hidup dan juga meringankan biaya operasional Mitra Pengemudi, Grab bekerja sama dengan partner bisnisnya mengembangkan berbagai manfaat, antara lain:

    – Paket dengan harga khusus yang dapat digunakan oleh Mitra Pengemudi, mulai dari sembako, makanan dan minuman, proteksi kesehatan, dan hiburan.
    – Potongan harga/diskon untuk berbagai kebutuhan seperti paket data, optik, potong rambut, aksesori handphone, hingga asuransi.

    (afr/afr)

  • Warganet Gelisah Driver Ojol Demo Siang Ini

    Warganet Gelisah Driver Ojol Demo Siang Ini

    Jakarta

    Asosiasi ojek online dan kurir se-Jabodetabek berencana menggelar demo Kamis siang (29/8/2024). Warganet terpantau mulai gelisah di media sosial.

    Ketua Umum Garda Indonesia Igun Wicaksono mengatakan demo ojol 29 Agustus 2024 akan diikuti ribuan driver. Mereka bakal berdemo di Istana Merdeka dan kantor pusat masing-masing ojol.

    “Informasi dari rekan-rekan kami bahwa aksi akan diikuti sekitar 500-1000 pengemudi ojol dari berbagai komunitas di Jabodetabek, dengan rencana pelaksanaan jam 12.00 dengan rute aksi Istana Merdeka, kantor Gojek di sekitar wilayah Petojo, Jakarta Pusat dan kantor Grab di sekitar Cilandak, Jakarta Selatan,” terang Igun dalam keterangan resminya seperti dikutip dari detiknews.

    Ada sejumlah tuntutan yang bakal disampaikan. Salah satunya terkait kesejahteraan driver ojol dan kurir paket.

    Igun menyatakan pihaknya akan menyampaikan aksi secara damai. Aksi ini digelar untuk menyampaikan aspirasi ojol dan kurir yang merasa tertekan dengan kebijakan perusahaan dan pemerintah.

    “Harapan kami perusahaan aplikasi juga hormati penyampaian pendapat dari para mitranya sebagai bentuk masukan yang perlu diperhatikan dan pemerintah juga dapat menyimpulkan permasalahan yang terus berulang di ekosistem transportasi online ini,”

    Massa menuntut adanya legal standing hukum yang jelas bagi para pengemudi ojol. Ini agar perusahaan tidak berbuat semena-mena terhadap ojol dan kurir selaku mitranya.

    “Dengan belum adanya legal standing bagi para pengemudi ojol maka perusahaan aplikasi bisa berbuat sewenang-wenang tanpa ada solusi dari platform dan tanpa dapat diberikan sanksi tegas oleh Pemerintah, hal inilah yang membuat timbulnya berbagai gerakan aksi protes dari para mitra,” kata Igun.

    Igun memastikan pihaknya tidak ada paksaan bagi para ojol untuk mematikan aplikasi (off bid) saat demo berlangsung.

    “Garda mendukung aksi damai tanpa adanya pemaksaan kehendak dengan paksaan off bid, jadi baik pihak pelaksana aksi agar tetap patuhi aturan pelaksanaan aksi dan tidak memaksakan kehendak untuk pihak yang tidak ikut serta aksi agar off bid,” kata Igun

    Adanya rencana demo ojol 29 Agustus 2024 membuat warganet kebingungan menjalankan aktivitas. Sebab mobilitas mereka selalu menggunakan layanan ojol. Berikut rangkumannya:

    “Ojol beneran demo/mogok kerja kah hari ini?? Terus gw kuliah gmn,” ujar @liv1us.

    “Yahhh besok w ada agenda banyak lagi ni, mau keluar masak jalan kakk,” kata @alOman1i.

    “baru niatnya bsk gw mau interview naik apa ini anjay gaada akses😭😭 tapi udahlah ya semoga berkah abang ojol,” tulis @sideofalka.

    “Badan udah mendingan, mau masuk kantor untuk bayar kehadiran pas WFO selasa kemaren. Tapi ada demo ojol gimana yah 🙁
    Yaa Allah gimana hamba berangkat hari ini 😭😭😭😭😭😭,” ucap @munggareal

    Banyak warganet yang mendukung demo ojol. Mereka berharap potongan untuk driver makin diperkecil.

    “Semoga dilancarkan dan ada keputusan yang menguntungkan kedua belah pihak. Kasian soalnya driver nganter jauh jauh boncos di bensin sama tenaga tapi duit yang masuknya dipotong gede banget,” ucap @__user92713.

    “Penghapusan system double Order, Customer bayar ongkir reguler utk pesen Food, driver cuma dapet 2000 perak, itu kayak kita bayar ongkir 15 rebu yg didapet driver cuma 2 rebu perak sisanya diambil aplikator, Ya Allah tega bener..itu salah satu tuntutannya,” kata @dwidancoek.

    (afr/afr)

  • Petugas Palang Pintu Diperiksa Polres Blitar Kota, Diduga Lalai

    Petugas Palang Pintu Diperiksa Polres Blitar Kota, Diduga Lalai

    Blitar (beritajatim.com) – Update kasus kecelakaan mobil Grab terobos palang pintu di perlintasan Jalan Nias Kota Blitar, pihak kepolisian menemukan dugaan adanya kelalaian.

    Dari hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan, diduga mobil Sigra yang dikemudikan Muhamad (53) tahun, warga Sukorejo Kota Blitar, nekat melaju karena palang pintu yang masih terbuka.

    Dari olah TKP yang dilakukan juga tidak terlihat adanya kerusakan pada palang pintu. Sehingga dimungkinkan petugas KA telat untuk menurunkan palang pintu perlintasan saat kereta api hendak melintas.

    “Ya kalau dilihat palang pintu tidak rusak, dan mobil juga tidak melaju kencang. Dugaan ini akan diselidiki lebih lanjut,” ucap Kasat lantas Polres Blitar Kota, AKP Taufik Nabila, Selasa (28/05/24).

    Ditambahkannya, sejumlah pihak yang terlibat dalam kasus kecelakaan ini sudah diperiksa dan dimintai keterangan. Mulai dari sopir mobil Grab dan petugas palang pintu perlintasan KA semua telah diperiksa oleh aparat kepolisian.

    “Kita sedang dalami kasus ini dengan meminta keterangan sejumlah pihak yang terlibat,” tandasnya.

    Polisi dan KAI lakukan olah TKP kecelakaan di Jalan Nias Kota Blitar, Sesala (28/05/24). Foto/Winanto

    Untuk selanjutnya, kasus kecelakaan tersebut sudah dilimpahkan ke Satreskrim Polres Blitar Kota untuk penanganan lebih lanjut.

    Diketahui mobil Sigra dengan nomor polisi Nopol AG 1793 RU tertampar kereta api Kertanegara jurusan Purwokerto Malang, di perlintasan palang pintu, Jalan Nias Kota Blitar, Minggu (26/05/24)

    Saat kejadian mobil tengah melaju dan melihat palang pintu yang masih terbuka. Namun terlihat lampu tanda kereta sudah menyala.

    Saat menyeberang rel, tiba-tiba kereta melintas dan langsung menyambar bagian belakang mobil. Sementara bagian palang pintu perlintasan di bagian barat sudah tertutup.

    Akhirnya mobil berputar 90 derajat dan menabrak besi pembatas palang pintu. Dalam kejadian tersebut nasib pengendara mobil selamat dan tidak mengalami luka. [owi/but]

  • Mobil Grab Vs Kereta Api di Blitar Diduga Petugas KA Telat Turunkan Palang Pintu

    Mobil Grab Vs Kereta Api di Blitar Diduga Petugas KA Telat Turunkan Palang Pintu

    Blitar (beritajatim.com) – Kecelakaan antara mobil Grab dengan kereta api Kertanegara di perlintasan jalan Nias Kota Blitar diduga akibat ada keterlambatan petugas jaga menurunkan palang pintu.

    Sehingga mobil Grab tersebut bisa melaju meski sirine perlintasan telah berbunyi. “Kondisi mobil tidak melaju begitu kencang, ada dugaan demikian tapi masih diselidiki lagi (soal keterlambatan petugas KA narik palang pintu),” kata Kasat Lantas Polres Blitar Kota AKP Taufik Nabila, Minggu (26/5/2024).

    Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), diketahui mobil Sigra itu tetap melaju meski sirene perlintasan sudah berbunyi. Namun saat kejadian memang palang pintu sebelah selatan belum tertutup.

    Nah, saat mobil usai melintasi rel kereta api, palang pintu sebelah utara langsung tertutup. Sehingga mobil terjebak diantara palang pintu dan rel kereta api. Tidak berselang lama kereta api Kertanegara melintas hingga akhirnya bagian belakang mobil tertemper keras.

    “Ada faktor kelalaian dari sopir karena dia tidak memperhatikan alarm perlintasan yang telah berbunyi, namun semua masih tahap penyelidikan ya,” tegasnya.

    Sementara itu, PT. KAI Daop 7 Madiun angkat bicara terkait hal itu. Menurutnya jika sirene perlintasan KA berbunyi maka pengendara diwajibkan berhenti.

    “Saya belum menerima detailnya, cuma yang pasti pengguna jalan harus berhenti jika sirine sudah dibunyikan atau palang pintu sudah diturunkan. Jadi tentunya kita bisa memperkirakan posisi pengemudi saat itu,” kata Manager Humas Daop 7 Madiun, Kuswardojo.

    PT KAI Daop 7 Madiun menjelaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Sat Lantas Polres Blitar untuk menyelidiki kasus kecelakaan ini.

    “Sebagai catatan bahwa palang pintu dibuat bukan untuk menjaga keselamatan pengguna jalan raya, namun memastikan perjalanan KA aman yang dengan sendirinya akan menjadi aman juga untuk pengguna jalan raya di perlintasan sebidang,” tutupnya. [owi/suf]

  • Terobos Palang Pintu, Mobil Grab di Blitar Tersambar Kereta Api

    Terobos Palang Pintu, Mobil Grab di Blitar Tersambar Kereta Api

    Blitar (beritajatim.com) – Mobil Grab yang dikendarai oleh M (53) warga Sukorejo Kota Blitar ringsek usai disambar kereta api Kertanegara jurusan Purwokerto-Malang. Kecelakaan ini terjadi lantaran mobil Grab tersebut menerobos palang pintu perlintasan.

    Menurut saksi mata, mobil Daihatsu Sigra tersebut melaju kencang saat alarm perlintasan kereta api berbunyi. Mobil tersebut sengaja melaju kencang agar bisa mendahului palang pintu yang segera tertutup.

    Nahasnya upaya itu kalah cepat dengan datangnya kereta api. Bagian belakang mobil pun langsung tertabrak. “Benar kejadiannya jam 2 dini hari tadi, di dalam mobil hanya satu orang yakni sopir,” kata Kasi Humas Polres Blitar Kota, Iptu Samsul Anwar, Minggu (26/5/2024).

    Sang sopir mengaku tak melihat dan tak mendengar alarm perlintasan kereta api berbunyi. Hal itu terjadi lantaran ia berkendara sembari mendengarkan musik dengan volume tinggi. Sehingga tidak menyadari alarm perlintasan KA berbunyi.

    “Yang bersangkutan mendengar musik dengan keras. Kurang konsentrasi. Sehingga tidak menyadari datangnya kereta api,” imbuhnya.

    Beruntung. mobil Grab tersebut tidak sedang mengangkut penumpang. Didalam mobil Daihatsu Sigra itu hanya ada sang sopir. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun bagian belakang mobil ringsek.

    Akibat kecelakaan ini pemilik mobil mengalami kerugian hingga Rp5 juta. “Kasus ini masih ditangani oleh Unit Laka, sopir tidak mengalami luka. Kami imbau kepada seluruh pengendara agar berhati-hati dan mendahulukan kepentingan kereta api,” tutupnya. [owi/suf]

  • Mimpi Leni Terwujud dengan Kursi Roda Elektrik dari Mensos Risma

    Mimpi Leni Terwujud dengan Kursi Roda Elektrik dari Mensos Risma

    Jakarta (beritajatim.com) – Leni Herlina (28) telah lama bercita-cita memiliki kursi roda elektrik yang dapat digerakkan sendiri.

    Namun, mimpi tersebut akhirnya menjadi kenyataan setelah ia mengunjungi Kementerian Sosial. Menteri Sosial, Tri Rismaharini, secara langsung menyerahkan kursi roda elektrik kepada Leni.

    Tidak hanya itu, Leni juga diajak oleh Mensos Risma untuk “office tour” mengelilingi Kementerian Sosial dengan kursi roda barunya, sambil melihat karya-karya penyandang disabilitas yang dipajang di Kemensos.

    Leni mengalami kelumpuhan pada kakinya, sehingga ia memerlukan bantuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Sebelumnya, Leni pernah mencoba kursi roda elektrik milik temannya dan merasa sangat nyaman. Ia berharap memiliki kursi roda serupa, namun terkendala masalah dana.

    Namun, tak disangka, kursi roda elektrik diberikan langsung oleh Mensos Risma. Pemberian ini membuat Leni sangat bahagia.

    “Saya sangat senang. Dulunya saya tidak bisa pergi ke mana-mana dan hanya diam di rumah. Alhamdulillah, setelah mendapatkan kursi roda elektrik ini, saya bisa bergerak lebih bebas,” ujar Leni dengan penuh rasa syukur di Kantor Kemensos, Jakarta Pusat, pada Jumat (26/4).

    Leni hadir di Kemensos untuk menghadiri penyerahan bantuan alat bantu bagi penyandang disabilitas yang diberikan oleh Yayasan Benih Baik Indonesia (YBBI), bekerja sama dengan Grab dan Hyundai Motors Indonesia. Acara ini dihadiri langsung oleh CEO sekaligus Founder YBBI, jurnalis senior Andy F Noya, serta perwakilan dari Grab dan Hyundai. Melihat antusiasme Leni saat mengendarai kursi roda elektrik, ketiganya menyatakan keinginan untuk memberikan bantuan serupa.

    Mensos menyambut baik kolaborasi ini. YBBI akan diberikan akses pada produk alat bantu yang diproduksi oleh Kemensos. Selain itu, Mensos juga akan memfasilitasi asesmen bagi penerima manfaat bantuan YBBI agar bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan secara maksimal. Pada kesempatan tersebut, YBBI memberikan bantuan berupa 140 paket kaki palsu, 150 paket kursi roda, 12 paket tangan palsu, dan 1.000 voucher grabmart senilai Rp 500.000 per voucher, dengan total nilai bantuan sebesar Rp 1,75 miliar.

    Kolaborasi antara pihak swasta dan organisasi masyarakat ini mendapatkan apresiasi dari Mensos Risma. Ia menyatakan bahwa masalah sosial dapat diatasi melalui kerja sama antar berbagai pihak. “Kita punya modal untuk itu, karena gotong royong adalah budaya dari bangsa Indonesia,” ujar Mensos.

    Andy F Noya, yang secara simbolis menyerahkan bantuan, mengungkapkan apresiasi terhadap Mensos Risma yang telah mengedukasi dan menginspirasi banyak pihak untuk peduli dan saling menolong. “Terima kasih Bu Risma atas inspirasi yang Anda berikan dalam berbagai kesempatan. Juga terima kasih kepada teman-teman di Kementerian Sosial yang selama ini membuka diri dan dengan sangat suportif mendukung program-program kebaikan yang diinisiasi oleh Kemensos maupun oleh teman-teman di luar sana,” kata Andy F Noya, yang disaksikan oleh Head Consumer Experience PT Hyundai Motor Indonesia, Muhammad Taufiqurrakhman, serta Head of Integrated Marketing Communication, Transport & GFB Grab Indonesia, Asep Haekal. (ted)