Perusahaan: Grab

  • Tutup Tahun, Grab Salurkan USD 1 Juta ke Pelaku Sektor Transportasi & UMKM

    Tutup Tahun, Grab Salurkan USD 1 Juta ke Pelaku Sektor Transportasi & UMKM

    Jakarta

    Menutup tahun 2024, Grab menyalurkan Apresiasi Dana Abadi senilai USD 1 juta kepada lebih dari 33.000 penerima manfaat. Bantuan ini berupa beasiswa GrabScholar, bantuan modal usaha dan renovasi, hingga distribusi voucher sembako.

    Penyaluran Apresiasi Dana Abadi Grab ini sudah berjalan selama tiga tahun. Bantuan ini diberikan sebagai rasa syukur sekaligus apresiasi atas dedikasi dan kerja keras para pelaku sektor transportasi dan pelaku UMKM, termasuk Mitra Grab.

    “Menutup tahun 2024 ini, kami ingin menyampaikan rasa syukur atas kerja keras para pelaku sektor transportasi dan UMKM, termasuk para Mitra Grab, yang telah membantu dan melayani masyarakat Indonesia. Penyaluran Apresiasi Dana Abadi di penghujung tahun ini diharapkan dapat mendukung pelaku sektor transportasi dan pelaku UMKM dalam membuka lembaran tahun 2025 yang lebih maju dan sejahtera,” ujar Country Managing Director, Grab Indonesia Neneng Goenadi dalam keterangannya, Selasa (17/12/2024).

    Sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2022, Apresiasi Dana Abadi Grab telah menggelontorkan dana sebesar USD 3 juta atau sekitar Rp 48 miliar dan menyentuh kehidupan lebih dari 136.000 masyarakat Indonesia.

    Selain itu, sejak 2020, Grab juga memberikan lebih dari Rp 1 triliun dalam bentuk pinjaman modal usaha kepada lebih dari 25.000 Mitra Merchant Grab.

    Melalui dukungan ini, para pelaku UMKM telah membuka total 2,3 juta kesempatan kerja baru selama empat tahun terakhir. Grab berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia.

    Sebagai bagian dari program Apresiasi Dana Abadi, Grab juga menyalurkan bantuan beasiswa GrabScholar kepada 1.158 pelajar di 267 kota/kabupaten dari jenjang pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Hal ini menjadi upaya Grab dalam mendorong akses pendidikan yang merata serta mendukung generasi penerus mewujudkan masa depan yang lebih cemerlang.

    Dibuka sejak 10 Juni 2024 – 15 Juli 2024, GrabScholar menerima 37.446 pendaftar, meningkat 62% dari tahun sebelumnya dengan 23.133 pendaftar.

    Apresiasi Pemerintah hingga Mitra Grab

    Penyaluran bantuan Apresiasi Dana Abadi Grab mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Direktur Angkutan Jalan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Ernita Titis Dewi pun berharap program ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para penerima apresiasi.

    “Saya mewakili Kementerian Perhubungan mengucapkan terima kasih atas peran dan kontribusi Grab dalam meningkatkan kepedulian terhadap pendidikan dan pelaku UMKM. Kami berharap semoga beasiswa ini dapat dimanfaatkan (oleh penerima) sebaik mungkin supaya (kedepannya) dapat memperbaiki perekonomian keluarga dan berguna bagi Nusa dan Bangsa,” ungkapnya.

    Sementara itu salah seorang Mitra Grab asal Medan Ferry Atmaja bersama istrinya Halimah mengaku terbantu dengan adanya bantuan dana dari program Apresiasi Dana Abadi. Pemilik usaha Ikan Bakar Halimah ini terpilih sebagai salah satu penerima apresiasi untuk kategori Renovasi Usaha dengan bantuan dana sebesar Rp 15 juta.

    Foto: dok. Grab

    Kini, Ferry dapat melebarkan usahanya hingga menambah lapangan kerja untuk orang-orang di sekitar beliau, yang awalnya mempekerjakan 2 karyawan menjadi 20 karyawan. Bahkan, omzetnya pun meningkat dari Rp 2-3 juta/hari menjadi Rp 3-4 juta/hari.

    “Saya nggak nyangka bisa terpilih sebagai salah satu dari puluhan ribu penerima Apresiasi Dana Abadi ini. Bantuan dana usaha dari Grab ini membantu banget untuk ngembangin usaha Ikan Bakar saya di Medan. Saya mau pakai uangnya untuk renovasi resto dan buka cabang baru. Semoga bukan hanya makin banyak pelanggan, tapi saya juga bisa buka lapangan kerja buat orang-orang di sekitar saya.” ungkap Ferry.

    Senada, penerima beasiswa GrabScholar jenjang SMA, I Made Dharma Putra, merasa terbantu dengan menerima beasiswa GrabScholar tersebut. Dengan beasiswa ini, ia dapat melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan mewujudkan cita-citanya.

    “Saya bersyukur banget bisa berhasil dapat beasiswa GrabScholar ini. Rasanya seperti mimpi, akhirnya bisa bantu orang tua meringankan beban mereka. Ini jadi motivasi besar saya untuk semakin rajin belajar dan buat orang tua saya bangga. Saya juga semakin optimis untuk bisa masuk perguruan tinggi impian saya nanti,” ucap I Made.

    Di sisi lain, sebagai orang tua, I Ketut Mardana merasa sangat bangga atas pencapaian anaknya. Menurutnya, beasiswa GrabScholar juga benar-benar meringankan biaya pendidikan putranya, termasuk melunasi tunggakan SPP selama 1 semester sebelumnya.

    “Astungkara, beasiswa ini membuka jalan untuk anak saya meraih cita-cita yang dia mimpikan. Dana ini benar-benar membantu meringankan biaya pendidikan anak saya. Saya jadi bisa melunasi tunggakan SPP anak saya sebelumnya,” pungkasnya.

    (prf/ega)

  • Resmi Dibuka! Segini Harga Tiket Whoosh dari Stasiun Halim ke Karawang

    Resmi Dibuka! Segini Harga Tiket Whoosh dari Stasiun Halim ke Karawang

    Jakarta, CNBC Indonesia – Stasiun Kereta Cepat Karawang resmi beroperasi per Selasa (24/12/2024). Para penumpang Kereta Cepat Whoosh kini bisa berpergian dengan cepat ke Stasiun Halim dari Stasiun Karawang.

    PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengatakan dengan layanan baru ini, rute Kereta Cepat Whoosh Halim – Karawang dan sebaliknya akan ditempuh dalam waktu 15 menit. Sedangkan Padalarang – Karawang dan sebaliknya akan ditempuh dalam waktu 20 menit.

    KCIC mengalokasikan waktu untuk penumpang naik dan turun di Stasiun Karawang hanya 2 menit, sehingga penumpang diharapkan dapat mempersiapkan diri sesaat Whoosh akan memasuki stasiun dan saat pengumuman sudah dibacakan petugas.

    Secara total, perjalanan Whoosh yang melayani naik turun penumpang di Stasiun Karawang akan mengalami penambahan waktu tempuh selama 7 menit.

    Lalu, berapakah harga tiketnya?

    KCIC tetap menerapkan skema tarif dinamis untuk perjalanan dari dan menuju Stasiun Karawang. Tarif untuk rute Halim – Karawang maupun sebaliknya dimulai dari Rp 125 ribu untuk kelas Premium Economy.

    Sementara itu, tarif untuk rute Karawang – Padalarang/Tegalluar Summarecon maupun sebaliknya dimulai dari Rp 175 ribu untuk kelas Premium Economy. Adapun untuk Business Class dan First Class tarifnya masih sama di tarif Rp 450 ribu dan Rp 600 ribu.

    Dari 48 jadwal Whoosh yang beroperasi selama masa Natal dan Tahun Baru 2025, terdapat sebanyak 20 perjalanan Whoosh yang berhenti di Stasiun Karawang dengan rincian 10 keberangkatan menuju Stasiun Halim dan 10 keberangkatan menuju Stasiun Padalarang/Tegalluar Summarecon. Sisanya sebanyak 28 perjalanan akan melintas langsung di Stasiun Karawang.

    Akses ke Stasiun Karawang

    Sementara itu, untuk mengakses Stasiun Karawang penumpang yang menggunakan kendaraan pribadi dapat melalui Jalan Badami kemudian masuk ke Jalan Pasar Jati dan Jalan Raya Pangkalan. Sebagai alternatif, penumpang yang menggunakan kendaraan kecil dapat melalui Jalan Trans Hexa Karawang kemudian masuk ke Jl. Raya Pangkalan.

    Stasiun Karawang juga terkoneksi dengan jalan tol melalui Exit Tol Karawang Barat KM 47 Jakarta-Cikampek kemudian masuk ke Jalan Trans Hexa Karawang.

    Bagi penumpang yang tiba di Stasiun Karawang, KCIC juga sudah menyiapkan layanan intermoda yang nyaman bagi penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke destinasi lainnya. Tersedia Taksi Grab dan Golden Bird yang dapat diakses dengan mudah dari area drop off stasiun.

    Bagi penumpang yang ingin melakukan wisata belanja, terdapat shuttle ke The Grand Outlet dan Summarecon Villagio Outlet yang dapat diakses secara gratis oleh penumpang dengan menunjukkan tiket Whoosh-nya.

    (wia)

  • Grab dan OVO Dukung Makan Bergizi Gratis, Menkomdigi: Ciptakan Dampak Positif bagi Masyarakat
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        24 Desember 2024

    Grab dan OVO Dukung Makan Bergizi Gratis, Menkomdigi: Ciptakan Dampak Positif bagi Masyarakat Nasional 24 Desember 2024

    Grab dan OVO Dukung Makan Bergizi Gratis, Menkomdigi: Ciptakan Dampak Positif bagi Masyarakat
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com
    – Menteri Komunikasi dan Informatika (
    Menkomdigi
    ) Meutya Hafid memberikan apresiasi kepada
    Grab Indonesia
    dan
    OVO
    atas dukungannya terhadap
    program Makan Bergizi Gratis
    .
    Kedua platform digital ini berkomitmen untuk memastikan kesuksesan program yang bertujuan meningkatkan akses makanan sehat kepada masyarakat, khususnya anak-anak sekolah di berbagai daerah.
    “Saya mengucapkan terima kasih kepada Grab dan OVO yang telah mengambil peran penting dalam mendukung program Makan Bergizi Gratis. Kolaborasi ini mencerminkan komitmen platform digital untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat Indonesia,” ujar Meutya dalam siaran pers yang dikutip dari laman komdigi.go.id, Selasa (24/12/2024).
    Pernyataan tersebut disampaikan Meutya dalam pertemuannya dengan perwakilan Grab Indonesia dan OVO, Senin (23/12/2024).
    Program Makan Bergizi Gratis
    bertujuan untuk memperluas akses kepada makanan bergizi, dengan fokus utama pada anak-anak sekolah di daerah-daerah yang membutuhkan. Program ini juga menjadi bagian dari upaya untuk menciptakan ekosistem digital yang dapat memberikan dampak sosial yang positif.
    Pada kesempatan yang sama, Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menjelaskan bahwa Grab telah menguji coba program tersebut di tiga kabupaten, yaitu Kebumen, Kulonprogo, dan Langowan (Kabupaten Minahasa).
    Program tersebut mencakup 1.500 siswa dan 126 guru di tujuh sekolah yang terlibat.
    “Program ini kami jalankan sesuai dengan arahan Menkomdigi, dengan fokus pada tiga hal utama: penggunaan teknologi
    end-to-end
    , pemenuhan standar kebersihan dan gizi dari Badan Gizi Nasional, serta pengukuran dampak sosial dan ekonomi,” kata Neneng.
    Sementara itu, President Director OVO Karaniya Dharmasaputra menjelaskan bahwa
    teknologi digital
    memegang peran kunci dalam mendukung kelancaran pelaksanaan program.
    “Kami berkomitmen untuk mendukung arahan
    Menkomdigi Meutya Hafid
    melalui teknologi yang kami miliki, sehingga distribusi makanan bergizi dapat dilakukan dengan cara yang transparan dan efisien,” ucapnya.
    Pada kesempatan tersebut, Meutya Hafid juga menekankan pentingnya memperluas jangkauan program ke lebih banyak daerah.
    “Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkomdigi) siap menjadi penghubung untuk mendorong sinergi antara platform digital dan ekosistem kami, agar program ini dapat menjangkau lebih banyak daerah yang membutuhkan,” tuturnya.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Menkomdigi Apresiasi Grab dan OVO Dukung Program Makan Bergizi Gratis

    Menkomdigi Apresiasi Grab dan OVO Dukung Program Makan Bergizi Gratis

    Jakarta, CNN Indonesia

    Menteri Komunikasi dan Digital RI, Meutya Hafid mengapresiasi Grab Indonesia dan OVO untuk mendukung program Makan Bergizi Gratis yang dicanangkan pemerintah. Kedua platform itu berkomitmen mengambil peran dalam menyukseskan program yang dirancang untuk meningkatkan akses makanan sehat kepada masyarakat, khususnya anak-anak sekolah di berbagai daerah.

    Meutya menyatakan, dukungan serta kontribusi Grab Indonesia dan OVO dalam program Makan Bergizi Gratis ini merupakan bagian dari upaya Komdigi dalam menciptakan ekosistem digital yang berdampak sosial.

    “Saya mengucapkan terima kasih kepada Grab dan OVO yang telah mengambil peran penting dalam mendukung program Makan Bergizi Gratis. Kolaborasi ini menunjukkan komitmen platform digital untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat Indonesia,” ujar Meutya.

    Meutya menegaskan pentingnya memperluas program Makan Bergizi Gratis ini agar bisa menjangkau lebih banyak daerah. “Kementerian Komdigi siap menjadi penghubung untuk mendorong sinergi antara platform digital dan ekosistem kami, sehingga program ini dapat menyasar daerah-daerah yang membutuhkan,” tegas Meutya Hafid.

    Mengenai ini, Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi menjelaskan pihaknya telah menguji coba program Makan Bergizi Gratis di tiga kabupaten, yakni Kebumen (Jawa Tengah), Kulonprogo (Yogyakarta), dan Langowan Kabupaten Minahasa (Sulawesi Utara). Program ini melibatkan 1.500 siswa dan 126 guru di tujuh sekolah.

    “Program ini kami jalankan sesuai arahan Menkomdigi dengan fokus pada tiga hal utama, yakni penggunaan teknologi end-to-end, pemenuhan standar kebersihan dan gizi dari Badan Gizi Nasional, serta pengukuran dampak sosial dan ekonomi,” ungkap Neneng.

    Sementara itu, President Director OVO, Karaniya Dharmasaputra, menambahkan bahwa teknologi digital memainkan peran kunci dalam memastikan pelaksanaan program berjalan lancar.

    “Kami berkomitmen mendukung arahan Menkomdigi Meutya Hafid melalui teknologi yang kami miliki, sehingga distribusi makanan bergizi dapat dilakukan secara transparan dan efisien,” jelas Karaniya.

    (ory/ory)

  • Grab dan OVO Gabung Komdigi Berantas Judi Online

    Grab dan OVO Gabung Komdigi Berantas Judi Online

    Jakarta, CNN Indonesia

    Kementerian Komunikasi dan Digital menyampaikan apresiasi terhadap platform Grab Indonesia dan OVO dalam kerja sama pemberantasan judi online, di mana Grab Indonesia dan OVO mengambil langkah konkret untuk memonitor, mengidentifikasi, hingga memblokir transaksi dan akun yang terindikasi terkait aktivitas judi online.

    Menteri Komunikasi dan Digital, Meutya Hafid dalam audiensi bersama Grab dan OVO di Kantor Kementerian Komunikasi dan Digital menekankan pentingnya peran perusahaan teknologi dalam melindungi masyarakat dari bahaya judi online, baik melalui kolaborasi dan edukasi.

    “Kementerian Komdigi akan terus mendukung kolaborasi ini dan mendorong ekosistem platform digital untuk memperkuat komitmen dalam pemberantasan judi online. Langkah ini bukan hanya soal regulasi, tetapi juga tentang membangun literasi digital masyarakat,” ujar Meutya Hafid.

    Dengan dukungan Kementerian Komunikasi dan Digital, Grab Indonesia dan OVO berkomitmen untuk terus mengambil langkah tegas demi memastikan ruang digital yang lebih sehat, aman, dan bersih bagi seluruh masyarakat Indonesia.

    President Director OVO, Karaniya Dharmasaputra, menjelaskan bahwa OVO secara aktif melakukan berbagai langkah tegas sesuai arahan Menkomdigi Meutya Hafid. Seluruh strategi tersebut menjadi wujud nyata komitmen OVO mendukung arahan Menkomdigi untuk menciptakan ekosistem digital yang aman.

    Senada, Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, menegaskan bahwa Grab akan terus mendukung kebijakan pemerintah untuk menciptakan ruang digital yang sehat.

    “Grab mendukung penuh arahan dari Menkomdigi Meutya Hafid. Kami percaya kolaborasi ini merupakan langkah penting dalam membangun kesadaran masyarakat dan memberantas aktivitas ilegal seperti judi online di platform digital,” papar Neneng.

    (rea/rir)

    [Gambas:Video CNN]

  • Ovo-Grab Klaim Jumlah Transaksi Judi Online di Platform Turun

    Ovo-Grab Klaim Jumlah Transaksi Judi Online di Platform Turun

    Bisnis.com, JAKARTA – Dompet digital Ovo dan platform ride hailing Grab Indonesia mengeklaim jumlah transaksi judi online di platform mengalami penurunan cukup signifikan menjelang tutup tahun 2024. 

    Diketahui, menurut data dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) pada Oktober 2024, jumlah transaksi judi online di Ovo mencapai 836.095 kali dengan total nilai mencapai Rp216 miliar. 

    Ovo diduga menjadi dompet digital nomor dua yang paling sering digunakan untuk transaksi judi online di bawah DANA. 

    Kemudian pada November 2024, Komdigi kembali merilis data mengenai dompet digital yang digunakan untuk judi online. Dalam laporan tersebut, diketahui sebanyak 21,26% dari total akun di Ovo disebut digunakan untuk transaksi judol. 

    Sementara itu Dana menempati urutan pertama dengan 25,68%, Gopay sebesar 24,84%, dan LinkAja sebesar 21,47%. 

    President Director Ovo Karaniya Dharmasaputra menjelaskan bahwa Ovo secara aktif melakukan berbagai langkah tegas sesuai arahan Menkomdigi Meutya Hafid.  

    Karaniya menjelaskan bahwa pihaknya telah menjalankan monitoring ketat, identifikasi, serta pemblokiran terhadap transaksi dan akun yang terindikasi judi online.  

    Ovo mengklaim sejak Januari hingga Desember 2024, nilai transaksi judi online yang berhasil Ovo deteksi dan blokir menurun signifikan. Sayangnya, Ovo tidak menyebutkan jumlah akun yang berhasil diblokir. 

    Sebagai perbandingan, Dana menyampaikan dalam laporannya telah memblokir 30.000 akun yang terindikasi judi online, termasuk 500 akun mitra. 

    “Langkah ini merupakan wujud nyata komitmen kami dalam mendukung arahan Menkomdigi untuk menciptakan ekosistem digital yang aman,” ucap Karaniya, dikutip Selasa (24/12/2024).

    Ilustrasi logo OVOPerbesar

    Sementara itu, Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi menegaskan bahwa Grab terus mendukung kebijakan pemerintah untuk menciptakan ruang digital yang sehat.  

    “Kami percaya kolaborasi ini merupakan langkah penting dalam membangun kesadaran masyarakat dan memberantas aktivitas ilegal seperti judi online di platform digital,” jelas Neneng.  

    Sebelumnya, Meutya Hafid meminta kepada PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) untuk lebih aktif dalam memerangi konten-konten judi online yang berkeliaran di TikTok dan Tokopedia. 

    Meutya menegaskan pentingnya langkah konkret pemberantasan judi online di Indonesia untuk membasmi praktik ilegal tersebut.

    Dalam pertemuan dengan CEO Gojek Tokopedia (GoTo Group), Patrick Walujo, di Kantor Kementerian Komdigi, Menkomdigi meminta komitmen penuh dari GoTo, selaku pihak yang mewakili TikTok dan Tokopedia, untuk berperan aktif melalui moderasi konten dan literasi digital dalam upaya memberantas judi online.  

    Siasat Gopay

    Sementara itu, Head of Corporate Communications GoTo Financial Audrey Petriny mengatakan GoPay berkomitmen penuh mendukung upaya pemerintah dalam memberantas aktivitas judi online. 

    Saat ini GoPay memiliki program untuk mencegah dan memberantas aktivitas judi online yang dijalankan dengan operasional dan prosedur yang sangat ketat.

    Pengguna transaksi dengan GopayPerbesar

    “Kami melakukan pengecekan untuk mendeteksi penyalahgunaan akun sehubungan dengan aktivitas judi online, lalu menghentikan layanan GoPay terhadap akun yang terindikasi melakukan aktivitas judi online serta melakukan pelaporan kepada regulator,” kata Audrey kepada Bisnis. 

    Sama seperti Ovo, Audrey juga tidak menyebutkan jumlah akun diblokir. 

    Adapun Gopay, menurut laporan PPATK, menempati urutan kedua sebagai platform dompet digital yang kerap digunakan judi Online pada Oktober 2024.

  • Gandeng Grab & Trip.com, Travel Alliance Hadirkan Reward Lintas Negara

    Gandeng Grab & Trip.com, Travel Alliance Hadirkan Reward Lintas Negara

    Jakarta, CNBC Indonesia – Travel Alliance, yang terdiri dari Singtel, AIS, Globe, HKT, Optus, Taiwan Mobile, dan Telkomsel secara resmi mengumumkan kemitraan strategis dengan Grab dan Trip.com. Kolaborasi ini memungkinkan pelanggan Aliansi untuk mendapatkan diskon pada akomodasi, penerbangan, transportasi, dan pengantaran makanan selama bepergian. Promosi tersebut akan diluncurkan secara bertahap oleh anggota Aliansi mulai 1 Januari 2025.

    Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng menuturkan, sebagai penyedia layanan digital telco pihaknya berkomitmen meningkatkan pengalaman dan perjalanan pelanggan melalui konektivitas, layanan, dan solusi yang inovatif dan unggul.

    “Kolaborasi ini memberdayakan pelanggan kami, khususnya pengguna produk telco serba digital by.U, untuk bisa menukarkan poin loyalitas mereka dengan layanan Trip.com, Grab, dan mitra lainnya saat bepergian ke tujuh negara peserta. Kami juga menyambut pelanggan Travel Alliance ke Indonesia, memungkinkan mereka menukarkan poin untuk menjelajahi ragam kekayaan budaya dan keindahan alam di negara ini,” ungkap dia dalam keterangan resminya, Senin (23/12/2024).

    Di samping itu, Chief Executive Officer International Digital Services (Designate) Singtel, Anna Yip mengatakan, alat dan layanan digital telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat, terutama saat bepergian. Dengan begitu masyarakat bisa menjelajahi tempat baru, mengakses pengalaman seperti tur, kuliner, dan lainnya.

    “Kami bangga Grab dan Trip.com bergabung dengan kami untuk membangun program yang meningkatkan pengalaman pelanggan dan memberikan nilai lebih dari sekadar konektivitas. Travel Alliance akan terus menjalin kemitraan dengan penyedia barang dan jasa utama untuk menghadirkan penawaran terbaik yang mendukung kebutuhan perjalanan dan gaya hidup pelanggan kami yang terus berkembang,” ujarnya.

    Penawaran Terbaik untuk Penerbangan dan Akomodasi

    Sebagai bagian dari program reward lintas negara, Trip.com akan memberikan diskon terbaik di pasaran sebesar 10% untuk pemesanan hotel dan 6% untuk pemesanan penerbangan bagi pelanggan Travel Alliance.

    Pelanggan Aliansi yang memenuhi syarat juga akan menikmati peningkatan langsung ke status Diamond pada Trip.com, yang mencakup akses gratis ke lounge VIP bandara dan upgrade mobil untuk transfer bandara.

    Head of Marketing Trip.com Han Feng mengaku senang bermitra dengan aliansi tujuh perusahaan telekomunikasi untuk menghadirkan peluang perjalanan yang luar biasa kepada pengguna mereka di kawasan Asia Pasifik. Kolaborasi ini mencerminkan komitmen perusahaan untuk membuat perjalanan lebih mudah diakses dan menguntungkan dengan memanfaatkan kemitraan inovatif.

    “Dengan menggabungkan kemudahan platform kami dan diskon eksklusif bagi pelanggan telekomunikasi, kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk merencanakan perjalanan impian mereka,” jelasnya.

    Jelajah Asia Tenggara dengan Kemudahan

    Travel Alliance dan Grab akan bekerja sama untuk menghadirkan penawaran dan diskon eksklusif bagi pelanggan Aliansi, termasuk Grab Tourist Pack khusus yang akan diluncurkan pada awal 2025.

    Managing Director Group Business Development & Strategic Partnerships Grab, Chuck Kim mengatakan, dengan kehadiran Grab di lebih dari 700 kota di delapan negara di Asia Tenggara, Grab percaya dapat menjadi aplikasi utama yang dibutuhkan wisatawan untuk transportasi, pemesanan makanan, makan di tempat, atau mendapatkan kebutuhan darurat yang dikirimkan langsung ke pintu mereka.

    “Kami senang bermitra dengan Travel Alliance untuk mendukung kebutuhan perjalanan basis pelanggan gabungan yang luas,” ungkap Chuck Kim.

    (rah/rah)

  • Telkomsel Gabung Travel Alliance, 158 Juta Pelanggan Berpeluang Diskon Hotel

    Telkomsel Gabung Travel Alliance, 158 Juta Pelanggan Berpeluang Diskon Hotel

    Bisnis.com, JAKARTA – Travel Alliance, yang terdiri dari Singtel, AIS, Globe, HKT, Optus, Taiwan Mobile, dan Telkomsel mengumumkan kemitraan strategis dengan Grab dan Trip.com, yang membuat pelanggan di dalamnya mendapat diskon saat bepergian. 

    Kolaborasi ini memungkinkan pelanggan Aliansi untuk mendapatkan diskon pada akomodasi, penerbangan, transportasi, dan pengantaran makanan selama bepergian. Promosi akan diluncurkan secara bertahap oleh anggota Aliansi mulai 1 Januari 2025.

    Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng mengatakan kolaborasi  ini memberdayakan pelanggan Telkomsel, khususnya pengguna produk telko serba digital by.U, untuk bisa menukarkan poin loyalitas dengan layanan Trip.com, Grab, dan mitra lainnya saat bepergian ke tujuh negara peserta. 

    Telkomsel memiliki sekitar 158 juta pelanggan hingga kuartal III/2024. 

    “Kami juga menyambut pelanggan Travel Alliance ke Indonesia, memungkinkan mereka menukarkan poin untuk menjelajahi ragam kekayaan budaya dan keindahan alam di negara ini,” kata Derrick dikutip, Minggu (22/12/2024).

    Melalui aliansi ini, Trip.com akan memberikan diskon di pasaran sebesar 10% untuk pemesanan hotel dan 6% untuk pemesanan penerbangan bagi pelanggan Travel Alliance.

    Pelanggan Aliansi yang memenuhi syarat juga akan menikmati peningkatan langsung ke status Diamond pada Trip.com, yang mencakup akses gratis ke lounge VIP bandara dan upgrade mobil untuk transfer bandara.

    Untuk Grab, Travel Alliance dan Grab akan bekerja sama untuk menghadirkan penawaran dan diskon eksklusif bagi pelanggan Aliansi, termasuk Grab Tourist Pack khusus yang akan diluncurkan pada awal 2025.

    Head of Marketing Trip.com Hang Feng menyampaikan bahwa pihaknya sangat senang bermitra dengan aliansi tujuh perusahaan telekomunikasi untuk menghadirkan peluang perjalanan yang luar biasa kepada pengguna mereka di kawasan Asia Pasifik. 

    Kolaborasi ini mencerminkan komitmen Trip.com untuk membuat perjalanan lebih mudah diakses dan menguntungkan dengan memanfaatkan kemitraan inovatif. 

    “Dengan menggabungkan kemudahan platform kami dan diskon eksklusif bagi pelanggan telekomunikasi, kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk merencanakan perjalanan impian mereka,” ucapnya.

  • Kiamat Driver Online Sudah Sampai Asia, Makin Dekat ke RI

    Kiamat Driver Online Sudah Sampai Asia, Makin Dekat ke RI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Industri taksi online tanpa pengemudi atau kerap disebut ‘robotaxi’ tumbuh pesat dalam setahun terakhir. Raksasa Amerika Serikat (AS) dan China berlomba-lomba untuk melakukan uji coba robotaxi di jalanan.

    Bahkan, Waymo milik Alphabet sudah mulai berekspansi ke ranah global. Awal pekan ini, Waymo mengatakan akan mengetes robotaxi-nya di Tokyo, Jepang, pada awal 2025.

    Lebih spesifik, Waymo belum akan berkomitmen untuk memulai layanan komersialnya di Tokyo. Jalan masuk Waymo melalui kemitraan dengan penyedia operator taksi terbesar di Jepang, Nihon Kotsu, serta aplikasi taksi GO.

    Dengan kemitraan itu, Waymo akan menguji coba kendaraan otomatis Jaguar I-PACE di jalan raya Tokyo, dikutip dari CNBC International, Rabu (18/12/2024).

    Sebagai permulaan, para sopir Nihon Kotsu akan mengoperasikan kendaraan-kendaraan Waymo untuk membuat pemetaan di area-area kunci Jepang, termasuk Minato, Shinjuku, Shibuya, Chiyoda, Chuo, Shinagawa, dan Koto.

    Data dari pengujian tersebut akan membantu melatih sistem AI perusahaan. Secara bersamaan, Waymo juga menguji robotaxi di AS untuk meniru kondisi pengemudian di Jepang.

    Ini adalah tahap pertama dari kemitraan Waymo dengan perusahaan Jepang yang berlangsung selama beberapa kuartal. Waymo mengatakan kemitraan itu diharapkan akan diperpanjang untuk periode berikutnya.

    “Perjalanan kami ke Toyko memberikan kesempatan untuk bekerja sama dengan para mitra, pejabat pemerintahan, dan kelompok komunitas untuk memahami lanskap di sana,” kata Waymo dalam pernyataannya.

    “Kami akan mempelajari bagaimana Waymo akan melayani warga Tokyo dan memberikan manfaat bagi sistem transportasi di kota tersebut,” Waymo menambahkan.

    Lebih lanjut, Nihon Kotsu akan berperan dalam pengawasan manajemen dan layanan Waymo di Jepang.

    Waymo sudah mengumumkan beberapa ekspansi robotaxi di wilayah AS sepanjang 2024. Awal bulan ini, Waymo mengumumkan pengujian baru di Miami pada 2025 mendatang.

    Waymo sudah tersedia di berbagai wilayah Los Angeles sejak November 2024. Pada September 2024, Waymo mengumumkan rencana ekspansi ke Austin dan Atlanta dengan kemitraan bersama Uber.

    Kiamat Driver Online Dibawa Mantan Raja Ojol RI

    Teknologi pengganti driver online makin menyebar mendekati Indonesia. Selain Waymo yang masuk ke Jepang, Uber baru saja meluncurkan layanan taksi tanpa sopir di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

    Uber, platform aplikasi on-demand, meluncurkan layanan taksi robot bekerja sama dengan WeRide, perusahaan teknologi kendaraan otonom asal China. Peluncuran ini adalah layanan taksi robot pertama Uber di luar Amerika Serikat.

    Juru bicara Uber mengatakan ekspansi ke Abu Dhabi akan sangat terbatas tanpa mengumumkan jumlah armada yang telah dan akan mereka sediakan. Untuk tahap awal, mobil otonom Uber bisa digunakan di wilayah Pulau Saadiyat, Pulau Yas, serta dari dan ke Bandara Zayed International.

    Taksi robot Uber masih akan diawaki oleh operator “keselamatan” pada tahap-tahap awal peluncuran. Layanan yang sepenuhnya otonom baru akan tersedia tahun depan.

    Uber adalah pelopor bisnis on-demand di dunia dan sempat mengoperasikan layanan taksi online dan ojek online di Indonesia. Namun, perusahaan asal AS ini tak mampu bersaing dengan Gojek dan Grab.

    Akhirnya, Uber hengkang meninggalkan pasar Indonesia dan menjual bisnisnya di Asia Tenggara ke Grab.

    (fab/fab)

  • Penantang Baru, Taksi Xanh SM Resmi Mengaspal di Jakarta

    Penantang Baru, Taksi Xanh SM Resmi Mengaspal di Jakarta

    Jakarta, FORTUNE – Perusahaan taksi listrik asal Vietnam, Xanh SM, yang berada di bawah naungan perusahaan otomotif VinFast, resmi beroperasi di Indonesia pada Rabu (18/12).

    Dalam acara tersebut, sekitar 100 unit mobil listrik beserta para pengemudinya diperkenalkan. Sebelum memasuki pasar Indonesia, layanan ini telah lebih dulu merambah Laos.

    CEO Global Green and Smart Mobility Joint Stock Company, Thanh Nguyen, menilai Indonesia sebagai pasar potensial karena memiliki banyak kesamaan budaya dengan Vietnam. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Indonesia diproyeksikan menjadi salah satu pangsa pasar terbesar bagi layanan mereka.

    “Kami menargetkan semua orang untuk jadi pasar kami. Guna menjangkau lebih banyak konsumen, kami juga memberikan ragam promosi, seperti diskon 30 persen,” ujarnya.

    Xanh SM yang mengeklaim sebagai satu-satunya taksi bertenaga 100 persen listrik ini bahkan menawarkan layanan gratis di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat pada 10-17 Desember 2024. Layanan taksi gratis dari Xanh SM berlaku dengan maksimal tarif Rp120.000 untuk dua kali perjalanan per hari.

    Target mengoperasikan 1.000 kendaraan di Indonesia

    Armada taksi Xanh SM/dok. Fortune idn/desy y.

    Sebagai langkah awal, perusahaan menargetkan pengoperasian 1.000 unit mobil listrik di Indonesia secara bertahap. Namun, saat ini perusahaan baru mengoperasikan ratusan armada taksi dengan pool taksi berlokasi di Cinere, Depok, Jawa Barat.

    Kehadiran Xanh SM diperkirakan akan membawa dinamika baru di pasar taksi Indonesia, terutama dalam mendorong adopsi kendaraan listrik di sektor transportasi umum.

    Taksi yang menggunakan mobil listrik VinFast VF e34 ini juga menjadi kompetitor bagi PT Blue Bird Tbk. yang kini juga mulai memperbarui armadanya dengan kendaraan listrik. Tak hanya itu, Xanh SM juga bersaing dengan platform ride hailing seperti Gojek dan Grab.

    Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi dan Hilirisasi/BKPM, Riyatno, mengatakan hadirnya Xanh SM tak hanya memperkuat hubungan bilateral kedua negara, tapi juga sejalan dengan komitmen dalam mendorong investasi untuk pembangunan berkelanjutan.

    “Pengenalan layanan ride-hailing berbasis kendaraan listrik ini merupakan langkah besar ke depan yang lebih hijau maupun dalam menciptakan fondasi baru bagi pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” kata Riyatno.