Perusahaan: Grab

  • YIPB Gelar MBG di Sekolah Berkebutuhan Khusus

    YIPB Gelar MBG di Sekolah Berkebutuhan Khusus

    Tangerang: Yayasan Inklusi Pelita Bangsa (YIPB) menggelar Makan Bergizi Gratis (MBG) di sekolah berkebutuhan khusus. Program unggulan Presiden Prabowo itu digelar di 11 sekolah dengan jumlah penerima 1500 murid dan guru di Tengerang.

    “Ini menjadi momentum penting. Program ini bukan hanya tentang memberikan makanan sehat, tapi tentang menghadirkan perhatian, dan kepedulian yang nyata untuk anak-anak berkebutuhan khusus,” kata Ketua Pelaksana Harian YIPB Cahaya Manthovani, di Sekolah Khusus Yayasan Karya Dharma Wanita 01–03, Kota Tangerang.

    Cahaya Manthovani menyebut program ini merupakan bentuk dukungan terhadap agenda prioritas nasional ‘8 Program Hasil Terbaik Cepat’ dari pemerintahan Prabowo-Gibran, yang menargetkan 80 juta penerima manfaat MBG hingga 2029.

    “Kami mengapresiasi dukungan dari OVO dan Grab Indonesia. Kolaborasi seperti ini menjadi bukti bahwa ketika dunia sosial dan dunia usaha bersatu, maka akan lahir perubahan nyata. Kami berharap anak-anak berkebutuhan khusus di berbagai wilayah, bisa merasakan manfaat dari asupan makanan bergizi yang berkualitas,” ujarnya.

    Sebelumnya, program serupa telah dilakukan di SLB Negeri 07 Jakarta. Respons positif dari guru, orang tua, dan terutama dari anak-anak menjadi dorongan besar untuk mengembangkan program ini lebih luas.

    “Semangat dan senyum anak-anak saat menerima makanan sehat menjadi motivasi besar bagi kami,” katanya.

    Ketua Pembina YIPB Maya Miranda Ambarsari mengatakan setiap anak memiliki hak yang sama untuk tumbuh sehat dan berkembang. Gizi yang baik, menjadi pondasi utama mereka untuk bisa belajar, berkembang, dan meraih masa depan yang lebih baik.

    “Kami percaya bahwa anak-anak berkebutuhan khusus memiliki potensi luar biasa yang perlu kita dukung bersama,” katanya.

    Pihaknya bersama OVO dan Grab menargetkan bisa menjangkau lebih banyak SLB di berbagai wilayah di Indonesia.

    “Kami ingin program ini terus berkembang dan berkelanjutan memberi manfaat lebih luas kepada setiap anak, tanpa terkecuali,” ujarnya.

    Ketua YKDW Kota Tangerang Titin Suhartini mengatakan, program MBG membawa harapan baru bagi sekolah-sekolah berkebutuhan khusus yang selama ini berjuang dalam keterbatasan. 

    “Anak-anak punya semangat luar biasa, tapi kebutuhan mereka berbeda. Bantuan ini bukan hanya memberi gizi, tapi juga rasa percaya diri. Mereka merasa diperhatikan,” ujarnya.

    Menu makanan yang diberikan sesuai rekomendasi Badan Gizi Nasional dengan penyesuaian untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Semua bahan makanan disediakan oleh merchant yang merupakan UMKM sekitar sehingga program ini juga bisa menciptakan dampak terhadap ekonomi lokal. 

    Tangerang: Yayasan Inklusi Pelita Bangsa (YIPB) menggelar Makan Bergizi Gratis (MBG) di sekolah berkebutuhan khusus. Program unggulan Presiden Prabowo itu digelar di 11 sekolah dengan jumlah penerima 1500 murid dan guru di Tengerang.
     
    “Ini menjadi momentum penting. Program ini bukan hanya tentang memberikan makanan sehat, tapi tentang menghadirkan perhatian, dan kepedulian yang nyata untuk anak-anak berkebutuhan khusus,” kata Ketua Pelaksana Harian YIPB Cahaya Manthovani, di Sekolah Khusus Yayasan Karya Dharma Wanita 01–03, Kota Tangerang.
     
    Cahaya Manthovani menyebut program ini merupakan bentuk dukungan terhadap agenda prioritas nasional ‘8 Program Hasil Terbaik Cepat’ dari pemerintahan Prabowo-Gibran, yang menargetkan 80 juta penerima manfaat MBG hingga 2029.

    “Kami mengapresiasi dukungan dari OVO dan Grab Indonesia. Kolaborasi seperti ini menjadi bukti bahwa ketika dunia sosial dan dunia usaha bersatu, maka akan lahir perubahan nyata. Kami berharap anak-anak berkebutuhan khusus di berbagai wilayah, bisa merasakan manfaat dari asupan makanan bergizi yang berkualitas,” ujarnya.
     
    Sebelumnya, program serupa telah dilakukan di SLB Negeri 07 Jakarta. Respons positif dari guru, orang tua, dan terutama dari anak-anak menjadi dorongan besar untuk mengembangkan program ini lebih luas.
     
    “Semangat dan senyum anak-anak saat menerima makanan sehat menjadi motivasi besar bagi kami,” katanya.
     
    Ketua Pembina YIPB Maya Miranda Ambarsari mengatakan setiap anak memiliki hak yang sama untuk tumbuh sehat dan berkembang. Gizi yang baik, menjadi pondasi utama mereka untuk bisa belajar, berkembang, dan meraih masa depan yang lebih baik.
     
    “Kami percaya bahwa anak-anak berkebutuhan khusus memiliki potensi luar biasa yang perlu kita dukung bersama,” katanya.
     
    Pihaknya bersama OVO dan Grab menargetkan bisa menjangkau lebih banyak SLB di berbagai wilayah di Indonesia.
     
    “Kami ingin program ini terus berkembang dan berkelanjutan memberi manfaat lebih luas kepada setiap anak, tanpa terkecuali,” ujarnya.
     
    Ketua YKDW Kota Tangerang Titin Suhartini mengatakan, program MBG membawa harapan baru bagi sekolah-sekolah berkebutuhan khusus yang selama ini berjuang dalam keterbatasan. 
     
    “Anak-anak punya semangat luar biasa, tapi kebutuhan mereka berbeda. Bantuan ini bukan hanya memberi gizi, tapi juga rasa percaya diri. Mereka merasa diperhatikan,” ujarnya.
     
    Menu makanan yang diberikan sesuai rekomendasi Badan Gizi Nasional dengan penyesuaian untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Semua bahan makanan disediakan oleh merchant yang merupakan UMKM sekitar sehingga program ini juga bisa menciptakan dampak terhadap ekonomi lokal. 
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (FZN)

  • Ular Sanca 4 Meter Masuk Plafon Rumah Warga di Depok, Damkar Turun Tangan

    Ular Sanca 4 Meter Masuk Plafon Rumah Warga di Depok, Damkar Turun Tangan

    Depok

    Seekor ular sanca memasuki rumah kosong, tepatnya di atas plafon milik warga di Jalan Raya Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok. Ular tersebut memiliki panjang hampir 4 meter.

    “Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok UPT Bojongsari menerima laporan adanya seekor Ular Sanca yang panjangnya kurang lebih meter berada di plafon rumah warga,” kata Kepala UPT Damkar Bojongsari Munadi dalam keterangannya, Senin (14/4/2025).

    Munadi mengatakan peristiwa itu terjadi pada Minggu (13/4). Kronologinya, rumah tersebut sudah lama dikosongkan oleh pemilik. Saat pemilik hendak merapikan rumah, ular sanca itu sudah berada di plafon.

    “Kemarin informasinya rumah nya udah lama kosong, lagi mau dirapihin. Dia (pemilik rumah) laporan ke kantor katanya ada ular gede itu,” jelasnya.

    Setiba di lokasi kejadian, petugas segera melakukan evakuasi ular kobra. Ular dievakuasi oleh petugas dengan sejumlah peralatan.

    “Petugas berhasil mengevakuasi ular tersebut dengan aman, menurunkan 3 orang petugas dibantu alat seperti grab stick, hook, senter dan sarung tangan,” ucapnya.

    Ular tersebut tampak menggeliat namun tak memberikan perlawanan. Petugas berhasil mengevakuasi ular.

    (taa/taa)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Pengemudi Grab Gelar Demo, Tuding Aplikator Tak Transparan
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        14 April 2025

    Pengemudi Grab Gelar Demo, Tuding Aplikator Tak Transparan Regional 14 April 2025

    Pengemudi Grab Gelar Demo, Tuding Aplikator Tak Transparan
    Tim Redaksi
    MATARAM, KOMPAS.com
    – Puluhan sopir atau
    driver
    Grab yang beroperasi di Kota Mataram dan wilayah se-Pulau Lombok menggelar
    aksi protes
    ke Kantor Grab di Kota Mataram, di Jalan Adi Sucipto, Rembiga, Kota Mataram, pada Senin (14/4/2025).
    Mereka menuding aplikator Grab tidak transparan dalam mengelola kebijakan aplikasi Grab, sehingga merugikan para
    driver
    yang beroperasi di Kota Mataram dan wilayah se-Pulau Lombok.
    Mereka melakukan aksi damai hanya untuk menyampaikan pendapat dan keluhan mereka terhadap kebijakan aplikator.
    Para
    driver
    mengaku sudah lama memendam keluhan tersebut. Bagi mereka, kebijakan yang selama ini diterapkan tidak adil dan tidak manusiawi karena kerap kali merugikan para
    driver
    yang selama ini berjuang atas nama Grab.
    Umar Dani, salah seorang
    driver
    Grab, mengatakan bahwa salah satu hal yang membuat mereka merasa dirugikan dan tak berdaya adalah ketika aplikator menerapkan pembagian persentase ongkos
    paket hemat
    yang tidak mempertimbangkan tenaga mereka.

    Paket hemat
    ini yang paling kami rasakan merugikan kami, karena jika paket hemat Grab ini tetap berlanjut, kemungkinan aplikasi lain akan melakukan penurunan ongkos untuk mencari pelanggan. Jika semua aplikator menurunkan harga atau menggunakan paket hemat, apa uang yang akan diperoleh kami sebagai
    driver
    ini?” kata Dani.
    Itulah mengapa mereka bersama-sama ke kantor Grab di Mataram untuk mencari jalan keluar.
    Dia berharap, semua
    driver
    Grab solid dan bersatu memperjuangkan nasib mereka.
    “Apabila pihak Grab tidak memberi solusi, kan ada kepala daerah, ada Dinas Perhubungan, dan kepolisian, agar mengecek dan mengevaluasi terkait kebijakan aplikator ini,” katanya.
    Mereka akan mengadukan keluhan mereka ke Kepala Daerah, baik ke Wali Kota Mataram Mohan Roliskana, ataupun Gubernur NTB, Lalu Muhammad Iqbal, karena mereka sudah terlalu lama merasa dirugikan.
    Mereka mengharapkan adanya
    transparansi kebijakan
    aplikator kepada pengemudi, terutama paket-paket hemat yang tidak dijelaskan secara detail dan perinci kepada para
    driver.
    “Misalnya paket hemat, itu tidak jelas peruntukannya, apalagi paket hemat jarak jauh, seringkali tidak sesuai dengan hasil yang kami peroleh sebagai para
    driver.
    Biaya transportasi dan perawatan mobil tidak sesuai dengan hasil yang kami peroleh,” kata Dani.
    Selain paket hemat, potongan 20 persen yang diberikan kepada pelanggan, dalam praktiknya justru dipotong 30 hingga 40 persen oleh aplikator, sehingga
    driver
    tidak mendapatkan apa pun jika itu terus diberlakukan.
    Mereka ingin mendapatkan kejelasan, apakah kebijakan itu merupakan kebijakan atau aturan baru dari perwakilan Grab di daerah atau dari Grab pusat.
    Aksi damai yang mereka gelar berlangsung lancar, dengan sejumlah aparat kepolisian yang berjaga di kantor Grab Kota Mataram.
    Mereka menuntut agar dalam 3 kali 24 jam pihak Aplikator Grab harus menghapus paket hemat Grab, mendesak diperjelas potongan atau pembagian persentase hasil, serta memberikan kepastian dan transparansi terhadap semua program serta bagi hasil yang diberikan aplikator.
    Jika tuntutan mereka tidak dipenuhi, mereka akan datang dengan massa yang lebih banyak.
    Para
    driver
    ditemui oleh perwakilan aplikator Grab, Rangga.
    Ia mengatakan, pihaknya telah menjalankan kebijakan aplikasi dengan baik, termasuk pembagian hasil dan persentasenya, yang semua tertera di aplikasi dan tidak ada yang ditutupi.
    “Untuk aplikasi paket hemat, itu berlaku secara nasional. Di setiap kota besar, program paket hemat diberlakukan,” katanya di hadapan
    driver.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • TASPEN masuk jajaran tempat kerja terbaik di Indonesia versi LinkedIn

    TASPEN masuk jajaran tempat kerja terbaik di Indonesia versi LinkedIn

    ini selaras dengan semangat transformasi kami, yaitu membangun tempat kerja yang tidak hanya profesional, tapi juga peduli dan memberdayakan

    Jakarta (ANTARA) – PT TASPEN (Persero) masuk dalam daftar jajaran 15 tempat kerja terbaik di Indonesia versi LinkedIn Top Companies 2025.

    Pemeringkatan ini dimuat dalam artikel resmi LinkedIn berjudul “Top Companies LinkedIn 2025: 15 Tempat Kerja Terbaik untuk Mengembangkan Karier di Indonesia” yang dipublikasikan pada 8 April 2025 melalui laman Linkedin News Asia.

    “Pengakuan ini selaras dengan semangat transformasi yang selama ini kami dorong, yaitu membangun tempat kerja yang tidak hanya profesional, tapi juga peduli dan memberdayakan,” kata Corporate Secretary TASPEN Henra dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

    LinkedIn Top Companies 2025 disusun berdasarkan beberapa indikator, di antaranya kemampuan untuk maju dalam karier, pengembangan keterampilan, dan keberagaman gender.

    TASPEN dinilai unggul di berbagai indikator tersebut, berkat program SDM yang terukur dan berdampak langsung.

    Capaian ini menjadi bukti komitmen TASPEN dalam menciptakan ekosistem kerja yang memberdayakan, inklusif dan berkelanjutan bagi seluruh karyawan.

    Dari sekian banyak BUMN di Indonesia, hanya enam BUMN yang masuk dalam daftar LinkedIn Top Companies 2025, yaitu PT TASPEN (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Telkom Indonesia, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT PLN (Persero).

    Adapun perusahaan lain terdiri ataa perusahaan multinasional dan swasta ternama seperti Alphabet, Nestlé, Grab, IBM, Procter & Gamble, serta TotalEnergies.

    Sebagai BUMN di bidang asuransi pegawai negeri, TASPEN konsisten memperkuat kualitas SDM melalui program pengembangan karier, seperti Corporate Leadership Training (CLT) untuk regenerasi kepemimpinan dan percepatan karier karyawan muda.

    Saat ini, sebanyak 27 persen posisi strategis ditempati perempuan dan sebanyak 51 persen karyawan berasal dari generasi milenial.

    Hal ini menunjukkan komitmen pada keberagaman, kesetaraan, dan regenerasi berkelanjutan. Program pelatihan yang komprehensif juga memastikan kesiapan karyawan menghadapi perubahan pasar secara adaptif.

    PT TASPEN (Persero) telah meluncurkan berbagai inisiatif strategis yang mencerminkan komitmennya terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia dan lingkungan kerja yang inklusif, seperti TASPEN Employee Achievement Scholarship Program (TEACH), penerapan Respectful Workplace Policy (RWP), dan menggagas Employee Well-being Program (EWP).

    Dari program-program tersebut, Employee Engagement Index (EEI) TASPEN mencapai 87,48 persen atau kategori Sangat Baik.

    “Ini sejalan dengan arahan Kementerian BUMN melalui Menteri Erick Thohir, yang menekankan bahwa kenyamanan lingkungan kerja akan selaras dengan pertumbuhan bisnis perusahaan karena kerukunan yang ada di dalam BUMN cukup kompleks,” ujar Henra.

    Pengakuan dari LinkedIn ini melengkapi rangkaian penghargaan TASPEN selama dua tahun terakhir, seperti penerima Employee’s Choice in Special Insurance Category pada ajang 6th Indonesia Best 50 CEO Award 2025 oleh The Economics dan penghargaan Human Capital on Resilience Excellence Award (HCREA) 2023 sebagai The Best in Workforce Flexibility & Mobility oleh First Indonesia Magazine.

    Pewarta: Imamatul Silfia
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • TASPEN Masuk Jajaran Tempat Kerja Terbaik di Indonesia Versi Linkedin – Halaman all

    TASPEN Masuk Jajaran Tempat Kerja Terbaik di Indonesia Versi Linkedin – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT TASPEN (Persero) mencatat prestasi sebagai top 15 tempat kerja terbaik di Indonesia versi LinkedIn Top Companies 2025. LinkedIn Top Companies 2025 disusun berdasarkan beberapa indikator, diantaranya kemampuan untuk maju dalam karier, pengembangan keterampilan, dan keberagaman gender.

    TASPEN dinilai unggul di berbagai indikator tersebut, berkat program SDM yang terukur dan berdampak langsung. Capaian ini menjadi bukti komitmen TASPEN dalam menciptakan ekosistem kerja yang memberdayakan, inklusif, dan berkelanjutan bagi seluruh karyawan. Pemeringkatan ini dimuat dalam artikel resmi LinkedIn berjudul “Top Companies LinkedIn 2025: 15 Tempat Kerja Terbaik untuk Mengembangkan Karier di Indonesia” yang dipublikasikan pada 8 April 2025 melalui laman Linkedin News Asia.

    Corporate Secretary TASPEN Henra menjelaskan, “Pengakuan ini selaras dengan semangat transformasi yang selama ini kami dorong, yaitu membangun tempat kerja yang tidak hanya profesional, tapi juga peduli dan memberdayakan. Hal ini pun sejalan dengan arahan Kementerian BUMN melalui Menteri Erick Thohir, yang menekankan bahwa kenyamanan lingkungan kerja akan selaras dengan pertumbuhan bisnis perusahaan karena kerukunan yang ada di dalam BUMN cukup kompleks.”

    Dari sekian banyak BUMN di Indonesia, hanya enam BUMN yang masuk dalam daftar LinkedIn Top Companies 2025, yaitu PT TASPEN (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Telkom Indonesia, PT Bank Tabungan Negara

    (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT PLN (Persero) . Adapun perusahaan lain terdiri dari perusahaan multinasional dan swasta ternama seperti Alphabet, Nestlé, Grab, IBM, Procter & Gamble, serta TotalEnergies. Hal ini mencerminkan keberhasilan TASPEN membangun budaya kerja yang positif dan meningkatkan daya tariknya bagi talenta profesional. Sebagai BUMN di bidang asuransi pegawai negeri, TASPEN konsisten memperkuat kualitas SDM melalui program pengembangan karier, seperti Corporate Leadership Training (CLT) untuk regenerasi kepemimpinan dan percepatan karier karyawan muda. Saat ini, sebanyak 27 persen posisi strategis ditempati perempuan dan sebanyak 51% karyawan berasal dari generasi milenial—menunjukkan komitmen pada keberagaman, kesetaraan, dan regenerasi berkelanjutan. Program pelatihan yang komprehensif juga memastikan kesiapan karyawan menghadapi perubahan pasar secara adaptif.

    PT TASPEN (Persero) telah meluncurkan berbagai inisiatif strategis yang mencerminkan komitmennya terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia dan lingkungan kerja yang inklusif. Salah satu inisiatif unggulan adalah TASPEN Employee Achievement Scholarship Program (TEACH), yakni program beasiswa pendidikan bagi karyawan yang mencakup jenjang SMA hingga Pascasarjana dan telah diikuti oleh ratusan karyawan. Selain itu, TASPEN juga menerapkan Respectful Workplace Policy (RWP), sebuah kebijakan anti diskriminasi dan kekerasan di tempat kerja yang didukung dengan berbagai fasilitas, seperti cuti haid, ruang laktasi yang tersedia di 57 kantor cabang, serta layanan daycare untuk mendukung karyawan perempuan dalam menjalankan peran ganda sebagai profesional dan ibu dalam keluarga. Guna menjaga keseimbangan antara kehidupan profesional dan personal, perusahaan turut menggagas Employee Well-being Program (EWP) yang berfokus pada kesejahteraan karyawan secara menyeluruh.

    Dari program-program tersebut, Employee Engagement Index (EEI) TASPEN mencapai 87,48% atau kategori Sangat Baik, menunjukkan tingkat retensi karyawan yang tinggi dan menandakan loyalitas serta kenyamanan kerja yang kuat. Pengakuan dari LinkedIn ini melengkapi rangkaian penghargaan TASPEN selama dua tahun terakhir, seperti penerima Employee’s Choice in Special Insurance Category pada ajang 6th Indonesia Best 50 CEO Award 2025 oleh The Economics dan penghargaan Human Capital on Resilience Excellence Award (HCREA) 2023 sebagai The Best in Workforce Flexibility & Mobility oleh First Indonesia Magazine.Masuknya TASPEN dalam daftar LinkedIn Top Companies 2025 menjadi bukti bahwa perusahaan tidak hanya unggul dalam aspek operasional, tetapi juga menjadi tempat yang diminati untuk berkarier. Reputasi ini dibangun melalui konsistensi dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat, suportif, dan penuh peluang pengembangan diri.

  • Pantas Ada Ojol yang Tak Dapat ‘THR’ Lebaran, Ini Alasannya

    Pantas Ada Ojol yang Tak Dapat ‘THR’ Lebaran, Ini Alasannya

    Jakarta

    Grab Indonesia buka suara soal ada driver ojek online (ojol) yang tak mendapat bonus hari raya (BHR) saat Lebaran. Menurut mereka, ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi untuk mendapat nominal tertentu.

    Tirza Munusamy selaku Chief of Public Affairs Grab Indonesia mengatakan, pihaknya telah menunaikan imbauan pemerintah untuk memberikan BHR sesuai keaktifan driver. Selain itu, nominal untuk mitra tertentu mengacu pada kemampuan finansial perusahaan.

    “Di surat edarannya pun ada dua kategori. Kategori pertama itu adalah mitra berdasarkan produktivitas dan kinerja yang baik itu yang diatur, sisanya itu adalah dilepas kepada kemampuan finansial perusahaan,” kata Tirza ditemui usai pertemuan dengan Kemenaker, dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (11/4).

    Chief of Public Affairs, Grab Indonesia Tirza Munusamy Foto: Retno Ayuningrum/detikcom

    Tirza kemudian menjelaskan alasan mitra driver tak mendapat BHR Lebaran. Menurutnya, hal tersebut hanya berlaku untuk ‘pasukan hijau’ yang sudah mendaftar sebagai mitra, namun tak pernah mengantar penumpang. Meski demikian, dia tak menyebut jumlah driver yang tak menerima bantuan.

    “Yang nggak dapat (BHR) itu macam-macam ya karena bisa juga ada mereka yang sudah terdaftar, tapi tidak pernah narik itu ada juga. Cuma lagi-lagi yang penting di sini semangatnya, lagi-lagi mereka yang memang memberikan pelayanan yang mumpuni kepada para pengguna itu bisa dapat,” jelas Tirza.

    Lebih jauh, Tirza juga menjelaskan, BHR kemarin masih bersifat imbauan bukan permintaan wajib. Sehingga, nominalnya juga disesuaikan kemampuan perusahaan. Dia juga menegaskan, mustahil memberikan bantuan tersebut ke seluruh mitra Grab se-Indonesia.

    “Tidak mungkin kalau yang namanya BHR ini diberikan kepada semua mitra pengemudi yang terdaftar dan kami sudah mengkomunikasikan ini sebelum pelaksanaan BHR, karena itu secara finansial adalah hal yang mustahil. Memang secara adil kalau mau memberikan apresiasi maka kepada mitra pengemudi yang memang betul-betul memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Tirza.

    (sfn/rgr)

  • Kabar Baik! Driver Ojol Diwacanakan Dapet ‘THR’ Lebaran Setiap Tahun

    Kabar Baik! Driver Ojol Diwacanakan Dapet ‘THR’ Lebaran Setiap Tahun

    Jakarta

    Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) sedang merumuskan aturan baru untuk memastikan kesejahteraan para driver ojek online (ojol) di Indonesia. Salah satunya dengan memberikan bonus hari raya (BHR) setiap tahun.

    Lebaran kemarin, mitra driver untuk kali pertama menerima BHR dari perusahaan. Meski nominalnya beragam dan menimbulkan banyak perdebatan, namun langkah tersebut dirasa sudah cukup baik.

    Wakil Menteri Ketenagakerjaan Immanuel Ebenezer mengatakan timnya tengah berkoordinasi dengan Kementerian Sekretariat Negara untuk menyusun aturan terkait pemberian BHR setiap tahun.

    “Yang jelas ini sudah menjadi atensi ya, menjadi atensi kita sebagai negara. Sekretariat negara akan mengkoordinir regulasi khusus untuk yang driver online,” ujarnya usai bertemu dengan Operator Ojol di kantornya, dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (11/4).

    Immanuel Ebenezer (Noel). (Ondang/detikcom) Foto: Ondang/detikcom

    Menurut Noel, sapaan akrabnya, aturan yang disusun tidak hanya mengenai pemberian BHR, tapi juga perlindungan bagi para pengemudi online. Sebab, belum semua operator memberikan fasilitas asuransi kepada mitranya.

    “Tidak hanya BHR tapi perlindungan terhadap driver online, baik itu untuk yang pengemudi untuk pengangkutan orang maupun barang. Jadi kita sangat-sangat peduli ya terhadap keberadaan kawan-kawan driver ojek online, kurir online, dan taksi online,” jelasnya.

    Sebagai catatan, Noel telah bertemu dengan para aplikator ojol untuk membahas aturan terkait, Kamis (10/4). Mereka yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Gojek, Grab, InDrive, Lalamove, Shopee, JNE dan Maxim.

    Dalam laporan para operator, Noel kaget menemukan data ada pengemudi ojol yang tidak mendapat BHR dan ada pula yang dapat tapi nilainya kecil, yakni Rp 50 ribu. Para operator beralasan, ada kriteria yang ditetapkan dalam pemberian BHR, seperti tingkat keaktifan.

    (sfn/rgr)

  • Grab klarifikasi perbedaan nominal pemberian BHR ke mitra driver

    Grab klarifikasi perbedaan nominal pemberian BHR ke mitra driver

    karena yang diberikan adalah bonus hari raya, yang mempertimbangkan keaktifan mitra

    Jakarta (ANTARA) – Chief of Public Affair Grab Indonesia Tirza Munusamy memberikan klarifikasi terkait nominal pemberian bonus hari raya (BHR) bagi mitra pengemudinya yang beragam, mulai dari Rp50 ribu-Rp1,6 juta.

    Saat ditemui di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Jakarta, Kamis, Tirza mengatakan pemberian nominal BHR untuk mitra pengemudinya ini mengedepankan nilai keaktifan, produktivitas, dan semangat berbagi.

    “Sebetulnya yang sudah kami lakukan dari Grab itu sudah sesuai dengan apa yang diimbau oleh Presiden, karena yang diberikan adalah bonus hari raya, yang mempertimbangkan keaktifan mitra,” kata Tirza.

    Dengan mempertimbangkan kemampuan finansial perusahaan, nilai BHR yang diberikan untuk mitra pengemudi roda empat berkisar antara Rp50.000-Rp1.600.000, sementara bagi mitra pengemudi roda dua berkisar antara Rp50.000-Rp850.000.

    Di luar kategori tersebut, Tirza mengatakan arahan dari imbauan pemerintah adalah sesuai kemampuan finansial masing-masing perusahaan aplikasi.

    “Jadi, yang kami lakukan sebetulnya dengan nominal sisanya itu adalah berdasarkan semangat berbagi, supaya lebih banyak mitra pengemudi yang bisa dapat (BHR),” kata Tirza.

    “Karena sebenarnya pilihannya cuma dua. Nominalnya besar tapi orang yang dapat (BHR) sedikit, atau nominalnya macam-macam termasuk yang kecil supaya yang dapat (BHR) bisa lebih banyak,” ujar dia.

    Adapun Tirza mengatakan Grab Indonesia telah merampungkan distribusi BHR kepada hampir 500 ribu mitra pengemudi yang memenuhi kriteria.

    Tak hanya mengedepankan produktivitas dan keaktifan mitra dalam menerima dan menyelesaikan pesanan, pertimbangan terkait besaran BHR yang diterima mitra pengemudi juga berdasarkan kedisiplinan mitra dalam mematuhi Kode Etik Grab, hingga penilaian dan umpan balik dari pelanggan.

    “Di sini, semangatnya adalah untuk mereka yang memang memberikan pelayanan mumpuni kepada para pengguna, bisa mendapat (BHR) sesuai dengan arahan Presiden yaitu (berdasarkan) keaktifan mitra pengemudi,” kata Tirza.

    Lebih lanjut, Tirza mengatakan pihaknya juga akan terus melakukan evaluasi menyeluruh, termasuk dengan Kemnaker hari ini.

    Namun, ia menekankan bahwa tidak mungkin BHR diberikan kepada semua mitra pengemudi yang terdaftar.

    “Kami sudah mengkomunikasikan ini sebelum pelaksanaan BHR, karena itu secara finansial adalah hal yang mustahil,” kata Tirza.

    “Dan, memang secara adil, kalau mau memberikan apresiasi, maka kepada mitra pengemudi yang memang betul-betul memberikan pelayanan kepada masyarakat,” imbuhnya.

    Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
    Editor: Indra Arief Pribadi
    Copyright © ANTARA 2025

  • Polisi Dapatkan Kurir tapi Pengirim Belum Jelas

    Polisi Dapatkan Kurir tapi Pengirim Belum Jelas

    Pengusutan teror kepala babi yang ditujukan pada redaksi Tempo bergerak satu langkah. Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri berhasil menemukan kurir pembawa paket yang merupakan sopir ojek online (ojol) dan telah memeriksanya sebagai saksi.

    “Hari ini, salah satu saksi, yaitu sopir Gojek yang mengirim (paket berisi kepala babi), sedang kami periksa,” kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol. Djuhandhani Rahardjo Puro di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis, 10 April 2025.

    Pada 19 Maret 2025, Francisca Christy Rosana atau Cica, wartawan desk politik dan host siniar Bocor Alus Politik di YouTube Tempodotco, menerima kiriman paket berisi kepala babi yang dipotong kedua telinganya.

    Menurut Brigjen Djuhandhani, pemeriksaan driver ojol ini merupakan hasil dari pengembangan penyelidikan. Namun, polisi belum bisa menemukan siapa pengirim paket itu.

    “Sopir Gojek-nya sudah kami periksa. Ternyata ini semacam terputus karena sopir tersebut mendapat kiriman dari sopir ojol Grab,” katanya seperti dikutip Antara.

    Terkait asal objek teror tersebut, Djuhandhani belum bisa membeberkan lantaran masih dalam tahapan pemeriksaan saksi.

    “Lagi diperiksa. Nanti kalau lebih jelas baru kami sampaikan,” ucapnya.

    Ia memastikan bahwa penyidik terus menyelidiki dengan memeriksa titik-titik CCTV serta memeriksa saksi-saksi.

    Saat ini, kata dia, penyidik telah memeriksa delapan orang saksi.

    Proses pemeriksaan saksi ini sempat terhenti lantaran penyidik ikut serta dalam proses pengamanan Lebaran. Namun, usai arus balik Lebaran, penyidik kembali melanjutkan pemeriksaan, salah satunya dengan memeriksa sopir ojol tersebut pada hari ini.

    “Semoga ini juga bisa membuka tabir permasalahan ini. Sampai saat ini, masih proses penyelidikan dan kami terus melaksanakan upaya penyelidikan untuk mengungkap kasus ini,” ucapnya.

    Brigjen Djuhandhani mengatakan bahwa penyidik dalam kasus ini mendalami dugaan tindak pidana ancaman kekerasan dan/atau menghalang-halangi kerja jurnalistik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 335 KUHP dan/atau Pasal 18 ayat (1) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

    Selain kepala babi, Redaksi Tempo juga menerima teror dalam bentuk enam ekor tikus got yang sudah dipotong kepalanya. Bangkai itu dimasukkan dalam kardus dibungkus kertas kado, yang dilemparkan dari gang samping Kantor Tempo pada 22 Maret 2025. Bungkusan ini ditemukan seorang sekuriti sekitar pukul 8 WIB.

    Teror Pertama dengan Makhluk Hidup

    Teror kepala babi dan bangkai tikus yang diterima redaksi Tempo bulan lalu terus mendapat sorotan publik. Menurut Wakil Pemimpin Redaksi Tempo Bagja Hidayat, dari serangkaian teror yang pernah diterima Tempo sejak berdiri 54 tahun lalu, untuk pertama kalinya, redaksi Tempo mendapatkan teror dengan memakai hewan sebagai perantara pesan.

    “Sebelum-sebelumnya teror memakai serangan digital, penyadapan, intersepsi Pegasus, penggerudukan oleh massa, bahkan bom,” kata Bagja Hidayat, pada Jumat, 28 Maret 2025.

    Bagja mengatakan, teror ini sebagai tindakan pengecut dan tak bermoral. “Ada orang yang coba menakuti orang lain dengan membunuh makhluk hidup,” katanya.

    Kendati kebebasan pers dan keselamatan jurnalis sudah dibeleidkan, nyatanya kesadaran sejumlah pihak akan hal itu masih minim. Ini terbukti dari banyaknya serangan-serangan yang dialami Tempo dalam kurun tiga tahun terakhir.

    Berikut kronologi rentetan serangan teror kepada Tempo:

    – Juli 2022:

    Ketika kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J yang didalangi eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo sedang naik, kediaman jurnalis Tempo Riky Ferdianto didatangi oleh orang-orang yang tidak dikenal dan memfoto rumah serta daerah sekitarnya

    – 31 Oktober 2023:

    Wakil Pemimpin Redaksi atau Wapemred Tempo Bagja Hidayat mendapat notifikasi dari Apple bahwa email dan ID-nya kemungkinan terkena serangan diduga Pegasus. Notifikasi email ini terjadi dua hari setelah Tempo menerbitkan laporan utama “Timang-timang Dinastiku Sayang”.

    Laporan itu tentang keluarga Joko Widodo atau Jokowi yang memajukan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden. Bagja baru mengganti telepon seluler setelah mendapat notifikasi susulan pada 2 November 2023.

    – Februari 2024:

    Ada orang tidak dikenal yang memfoto-foto daerah rumah Cica, barang bukti berupa kesaksian orang-orang sekitar.

    – 22 Juli 2024:

    Penyebaran surat audiensi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, terjadi doksing nomor WhattsApp, email kantor, email pribadi dari Tim Iklan oleh akun buzzer, dikaitkan dengan narasi “Tempo Has Fallen”.

    – 6 Agustus 2024:

    Pengrusakan pertama mobil jurnalis Tempo sekaligus host Bocor Alus Politik Tempo, Hussein Abri Dongoran, oleh orang tidak dikenal di Jalan Pattimura, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan—di belakang Markas Besar Kepolisian RI. Sudah dilaporkan ke Polres Jakarta Selatan dengan barang bukti foto. Belum ada update sejak pemanggilan pelapor pada 12 Agustus 2024.

    – 3 September 2025:

    Pengrusakan kedua mobil Hussein oleh dua orang tidak dikenal di Pos Polisi Kukusan. Sudah dibuatkan laporan di Polda Metro Jaya dengan memberikan barang bukti dashcam dan CCTV daerah sekitar. Belum ada update lagi hingga saat ini.

    – Januari 2025 sampai sekarang:

    Serangan massif akun-akun anonim di media sosial sejak Januari hingga sekarang dengan menyebarkan narasi bahwa Tempo adalah antek asing, kaki tangan George Soros karena Tempo didanai Media Development Investment Fund (MDIF), hingga dituding sebagai agen Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA).

    – 19 Maret 2025:

    Koalisi Masyarakat Sipil Peduli Media (KMPSM) melakukan demonstrasi di depan gedung Dewan Pers dan kantor Meta, meminta agar Dewan Pers memanggil Tempountuk diperiksa karena terafiliasi sebagai agen asing George Soros, dan meminta Meta agar memblokir platform Instagram Bocor Alus dan Tempo

    – 19 Maret 2025:

    Pengiriman paket kepala Babi ke kantor Tempo. Mulanya paket itu diterima oleh sekuriti gedung pada Rabu sore. Namun Cica baru mengambil dan membuka paket berbungkus stirofian itu pada keesokan harinya, Kamis, 20 Maret 2025, sepulang dari liputan bersama Hussein.

    Setelah stirofoam dibuka, terpampang jelas kepala babi dengan kedua telinga yang terpotong. Kepala babi tersebut masih mengeluarkan darah. “Sudah tercium bau busuk ketika kardus dibuka,” kata dia.

    Teror ini sudah dibuatkan laporan ke Bareskrim Mabes dengan barang bukti CCTV lengkap, kepala babi yang sudah dijaga kondisinya

    – 20 Maret 2025:

    Terjadi hacking nomor orang tua Cica. Orang tidak dikenal ini menelepon keponakan Cica. Saat keponakan Cica bertanya siapa dia, orang yang dicurigai laki-laki menjawab “Kalau mau tau siapa saya, ketemu saja di luar.”

    – 22 Maret 2025:

    Tempo kembali mendapat teror kiriman paket. Kali ini berisi 6 tikus yang dipenggal, tanpa penyebutan tujuan untuk siapa.

    – 20 Maret 2025 hingga sekarang:

    Akun @derrynoah di instagram melakukan doksing akun email Cica, dan ancaman penyerangan lanjutan di direct message Tempo.

    – 6 April 2025:

    Situs berita Tempo mendapatkan serangan siber berupa Distributed Denial of Service (DDoS) setelah menerbitkan laporan berjudul “Tentakel Judi Kamboja”. Serangan terjadi sejak Ahad siang, 6 April 2025. “Beberapa jam setelah artikel judi online terbit. Sampai hari ini sudah lebih dari 700 juta request DDoS,” kata Bagja, pada Rabu, 9 April 2025.

  • Heboh THR Ojol Rp 50.000, Ini Penjelasan Manajemen Soal BHR Grab

    Heboh THR Ojol Rp 50.000, Ini Penjelasan Manajemen Soal BHR Grab

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Ketenagakerjaan melakukan pertemuan dengan sejumlah aplikator membahas soal evaluasi Bantuan Hari Raya (BHR) kepada para driver ojek online. Termasuk pemberian dengan nominal Rp 50 ribu dan ada yang tidak mendapatkan sama sekali.

    Tirza Munusamy Chief of Public Affairs Grab Indonesia, mengatakan pihaknya telah melakukan sesuai dengan imbauan pemerintah untuk memberikan BHR sesuai keaktifan driver. Sementara lainnya disesuaikan dengan kemampuan finansial setiap perusahaan.

    “Di surat edarannya pun itu ada dua kategori. Kategori pertama itu adalah mitra berdasarkan produktivitas dan kinerja yang baik itu yang diatur, sisanya itu adalah dilepas kepada kemampuan finansial perusahaan,” kata Tirza ditemui usai pertemuan, Kamis (10/4/2025).

    “Jadi yang kami lakukan sudah sesuai baik itu dari imbauan presiden maupun selaras dengan surat edaran dari mana pun,” jelasnya menambahkan.

    Dia mengatakan Grab Indonesia memberikan nominal terbesar untuk pengendara roda empat sebesar Rp 1,6 juga dan Rp 850 ribu untuk roda dua.

    Dalam memberi BHR terdapat dua pilihan. Yakni memberikan dengan nominal besar namun yang dapat hanya sedikit pengemudi atau terdapat beberapa besaran BHR agar yang mendapatkan lebih banyak.

    “Dan dalam hal ini kami pilih yang kedua karena Grab sendiri memberikan kepada lebih dari sekitar setengah juta mitra pengemudi. Jadi hampir 500.000 orang. Jadi kita inginnya supaya yang bisa dapat itu jumlahnya lebih banyak,” ucapnya. “Kriteria yang kami berikan itu memang sesuai lagi-lagi dengan imbauan presiden yaitu keaktifan dan produktivitas dari mitra pengemudi. Nah itulah yang kami berikan tadi 1,6 juta dan 850.000.”

    Keaktifan pengemudi dalam kategori penerima BHR sendiri ada berbagai macam faktor. Tirza mengatakan mulai dari berapa kali melakukan pengantaran dalam satu hari, konsisten hingga umpan balik dari pelanggan.

    Terkait berapa kali pengantaran yang dilakukan agar pengemudi bisa menerima BHR, dia tak menjelaskan dengan rinci. Hanya dikatakan terdapat hitungan sendiri dan berbeda untuk tiap perusahaan.

    “Tapi utamanya adalah yang aktif dan produktif,” jelasnya.

    (dem/dem)