Perusahaan: Grab

  • Said Iqbal Soroti Kesenjangan Pendapatan: DPR Terima Rp3 Juta per Hari, Buruh Hanya Rp20.000

    Said Iqbal Soroti Kesenjangan Pendapatan: DPR Terima Rp3 Juta per Hari, Buruh Hanya Rp20.000

    Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, menyuarakan keprihatinan mendalam atas kesenjangan pendapatan antara anggota DPR dan para pekerja di Indonesia.

    Dalam pernyataannya yang dikutip dari unggahan video pendek di media sosial, Iqbal membandingkan langsung penghasilan anggota legislatif dengan para buruh, khususnya pekerja informal dan sektor jasa.

    Iqbal menyebutkan bahwa total penghasilan anggota DPR RI per bulan mencapai Rp154 juta. Rinciannya terdiri dari tunjangan perumahan sekitar Rp50 juta dan gaji pokok serta tunjangan kesejahteraan lainnya sebesar Rp104 juta. Jika dibagi 30 hari, maka setiap anggota DPR mendapatkan lebih dari Rp3 juta per hari.

    Sebaliknya, nasib buruh dan pekerja informal sangat jauh dari sejahtera. Iqbal mencontohkan buruh outsourcing di Jakarta yang menerima upah minimum sekitar Rp5,2 juta per bulan—setara Rp170 ribu per hari.

    “Pendapatan harian buruh hanya sepersekian dari anggota DPR,” katanya, Sabtu (23/8/2025).

    Lebih memprihatinkan lagi, menurut Iqbal, banyak buruh yang bekerja di koperasi, yayasan, dan sektor jasa hanya menerima Rp1,5 juta per bulan atau sekitar Rp50.000 per hari. Sementara pengemudi ojek online seperti Gojek dan Grab, yang kini semakin banyak jumlahnya, hanya menghasilkan rata-rata Rp600.000 per bulan—sekitar Rp20.000 per hari.

    “Bayangkan, seorang anggota DPR bisa menikmati Rp3 juta lebih per hari, sementara pekerja informal pontang-panting di jalan hanya mengantongi Rp20.000. Padahal, para pekerja inilah yang menopang roda ekonomi bangsa,” tegas Iqbal.

    Dia juga menyoroti sistem ketenagakerjaan yang dinilainya eksploitatif, seperti praktik outsourcing dan kemitraan tanpa perlindungan jaminan sosial.

    Buruh, kata Iqbal, bisa dengan mudah di-PHK tanpa kepastian masa depan. Tak hanya itu, Said Iqbal juga mengkritik sistem pensiun bagi anggota DPR yang dinilai tidak adil.

    “Anggota DPR yang hanya bekerja lima tahun sudah berhak atas uang pensiun seumur hidup. Sementara buruh yang mengabdi puluhan tahun tetap hidup dalam ketidakpastian,” pungkas Said Iqbal.

  • Rayakan HUT ke-80 RI, Ini Sederet Peran Grab untuk Indonesia

    Rayakan HUT ke-80 RI, Ini Sederet Peran Grab untuk Indonesia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pagi di Jakarta selalu riuh. Di antara deru kendaraan, pengemudi Grab mengantar penumpang ke tempat kerja, mengirim pesanan makanan yang masih hangat, atau mengantarkan belanjaan pasar ke rumah pelanggan yang menunggu. Sekilas, ini hanya rutinitas harian. Namun, di balik setiap perjalanan, ada denyut ekonomi yang bergerak, menghubungkan pelaku usaha, pekerja, dan konsumen dalam satu ekosistem.

    Dampaknya tidak kecil. Studi Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2023 menunjukkan industri ini menyumbang Rp 382,62 triliun, atau sekitar 2% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Di dalam peta industri yang luas ini, Grab menjadi salah satu motor penggerak yang bukan hanya menghadirkan layanan transportasi dan pengantaran, tetapi juga membuka peluang ekonomi bagi jutaan orang.

    Laporan Oxford Economics 2024 mengungkap, Grab Indonesia menguasai sekitar 50% atau separuh industri ride-hailing dan pengantaran online di Tanah Air. Angka ini bukan sekadar pangsa pasar, melainkan jutaan perjalanan setiap hari yang terhubung dengan jutaan peluang penghasilan, dari Aceh hingga Papua.

    Bagi banyak Mitra Pengemudi, Grab adalah titik balik. Menurut Riset ITB 2024, separuh dari Mitra Pengemudi Grab pernah kehilangan pekerjaan atau menganggur sebelumnya. Berdasarkan data internal Grab 2018-2024, platform ini telah menciptakan lebih dari 4,6 juta peluang kerja dari digitalisasi UMKM. Bahkan, satu dari lima mitra merchant adalah anak muda generasi Z yang memulai bisnis pertamanya lewat ekosistem ini. Hal ini tentu membuktikan bahwa inovasi digital bisa membuka pintu karier dan usaha bagi generasi masa depan.

    Grab memahami bahwa UMKM butuh lebih dari sekadar akses pasar. Melalui program Kota Masa Depan, lebih dari 200.000 pelaku usaha di 15 kota kecil telah mendapatkan pelatihan digital. Lewat GrabMart Pasar, lebih dari 5.200 pedagang tradisional kini merambah dunia online, menjangkau pelanggan yang sebelumnya berada di luar jangkauan mereka. Untuk memastikan para pelaku usaha ini bisa bertahan dan berkembang, Grab bersama OVO telah menyalurkan lebih dari Rp 6 triliun modal usaha kepada445.000 Mitra Pengemudi dan UMKM.

    Kisah sukses mereka tak berhenti di dalam negeri. Beberapa UMKM binaan Grab pernah membawa produk Indonesia ke panggung internasional, seperti MotoGP Mandalika, G20 Bali, hingga World Economic Forum (WEF) Davos 2025. Di sana, mereka tidak hanya menjual produk, tetapi juga membawa cerita tentang inovasi lokal dan ketahanan ekonomi rakyat Indonesia.

    Pendidikan pun mendapat porsi penting. Sejak 2022, program GrabScholar telah membantu 3.474 pelajar di 171 kota. Dukungan ini mencakup biaya sekolah, buku, kegiatan ekstrakurikuler, hingga kebutuhan hidup, sehingga para penerima beasiswa bisa fokus belajar tanpa terbebani masalah finansial.

    Di sisi sosial, Grab berkolaborasi dengan pemerintah melalui Program Makan Bergizi Gratis dan pemeriksaan kesehatan tanpa biaya. Ribuan murid, ratusan guru, serta puluhan UMKM dan koperasi telah merasakan manfaatnya. Bahkan, Grab menjadi institusi pertama di Indonesia yang menjalankan program MBG khusus untuk anak berkebutuhan khusus, dengan komitmen CSR senilai lebih dari USD 1 juta.

    Langkah hijau juga terus diakselerasi. Sejak 2019, lebih dari 11.000 armada listrik Grab telah beroperasi, mengurangi sekitar 30.000 ton emisi karbon dan menghemat jutaan liter BBM. Integrasi layanan dengan KCIC, MRT, KAI, Transjakarta, dan KRL membantu masyarakat beralih ke transportasi yang lebih ramah lingkungan dan terintegrasi.

    “Tahun 2025 menjadi momen istimewa. GrabBike genap 10 tahun hadir di Indonesia, tumbuh dari layanan roda dua pertama Grab di Tanah Air menjadi simbol kemudahan mobilitas, peluang usaha, dan pemberdayaan ekonomi rakyat. Perayaan ini bertepatan dengan 80 tahun kemerdekaan Indonesia, seakan menegaskan bahwa perjalanan Grab, dari jalanan kota hingga panggung dunia, adalah tentang melangkah bersama, membangun negeri yang makin inklusif dan berdaya saing,” tulis pernyataan Grab Indonesia dikutip Minggu (17/8/2025).

    Sejak pertama hadir di Indonesia pada 2014, Grab telah menjangkau lebih dari 300 kota dan kabupaten. Dari satu perjalanan ke perjalanan lainnya, dari satu transaksi ke transaksi berikutnya, Grab terus merangkai cerita tentang bagaimana teknologi bisa menghadirkan manfaat nyata bagi semua – bukan hanya untuk hari ini, tapi juga untuk masa depan yang lebih inklusif, berkelanjutan, dan penuh peluang. 

    (bul/bul)

    [Gambas:Video CNBC]

  • HUT ke-80 RI, Perusahaan Ini Terus Berkontribusi untuk Negeri

    HUT ke-80 RI, Perusahaan Ini Terus Berkontribusi untuk Negeri

    Jakarta

    Indonesia genap berusia 80 tahun pada 17 Agustus 2025. Perjalanan panjang bangsa ini dibangun oleh seluruh elemen Negeri, termasuk pemerintah, komunitas, masyarakat luas hingga pelaku industri yang telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sejak sebelum proklamasi kemerdekaan.

    Beberapa perusahaan sudah menanamkan akarnya di Nusantara sejak puluhan tahun lalu. Mereka tak hanya bertahan, tetapi turut memberikan kontribusi bagi pembangunan Indonesia, mulai dari pemberdayaan UMKM, pendidikan, hingga pelestarian lingkungan.

    BCA Dukung UMKM, Pendidikan, & Lingkungan

    Di sektor perbankan, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang telah beroperasi sejak 1957 menjadi salah satu pilar sistem keuangan nasional.

    Bakti BCA menjadi payung besar bagi berbagai program tanggung jawab sosial BCA di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan budaya-termasuk pemberdayaan UMKM. Di bawah inisiatif ini, BCA menjalankan program pembinaan sertifikasi halal, pelatihan Go Export, perluasan akses pasar, pembiayaan hijau, literasi keuangan, dan pengembangan layanan digital ramah lingkungan.

    Mengutip halaman resmi BCA, sejak 2023 program BCA Go Export telah membekali pelaku UMKM dengan pelatihan dan pendampingan untuk menembus pasar mancanegara. Hingga Mei 2025, total nilai ekspor yang dihasilkan UMKM binaan BCA mencapai Rp100 miliar.

    BCA juga menggelar BCA UMKM Fest 2025, menghadirkan ribuan pelaku usaha lokal secara offline dan online. Ajang ini menggandeng mitra seperti Blibli dan Grab untuk memperluas kanal penjualan digital dan meningkatkan daya saing UMKM di pasar nasional maupun global.

    Komitmen BCA terhadap lingkungan juga dijalankan melalui Bakti Lingkungan yang mencakup pelestarian orang utan, penanaman puluhan ribu pohon, konservasi penyu, dan pengelolaan limbah di wilayah operasional.

    Astra: Hidupkan Kampung, Kuatkan UMKM

    Di bidang industri dan otomotif, PT Astra International Tbk yang juga telah berdiri sejak 1957 berperan besar dalam mendorong keberlanjutan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

    Melalui Kampung Berseri Astra (KBA), Astra mengubah lingkungan urban menjadi pusat pemberdayaan berbasis komunitas. Di Pekayon, Bekasi, warga merintis UMKM seperti susu kedelai, keripik kelor, minuman telang, sabun, souvenir hingga kain ecoprint.

    Kain ecoprint dibuat dengan teknik pewarnaan alami dari daun dan bunga. Kini karya tersebut menjadi produk unggulan yang dipasarkan dengan omzet jutaan rupiah per bulan, sekaligus menjadi media edukasi lingkungan bagi pengunjung dan siswa.

    KBA Pekayon tak hanya fokus pada ekonomi, tapi juga lingkungan. Warga mengolah minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi, memproses sampah organik menjadi eco-enzyme, hingga mengelola wisata edukasi Go Green Mini Tour.

    Sejak dibina pada 2015, program ini telah melahirkan lebih dari 50 UMKM aktif, menjadikan kampung di tengah kota ini contoh nyata integrasi nilai sosial, ekologi, dan ekonomi.

    Astra juga menetapkan target Net Zero Scope 1 & 2 pada 2050 dan menjalankan investasi di energi terbarukan seperti panas bumi, kendaraan listrik, hingga penanaman tiga juta pohon melalui program Astra Sustainable Forest. Selain itu, Astra juga aktif di empat pilar kontribusi sosial: kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan.

    Melalui inisiatif Kampung Iklim Berkelanjutan, Astra berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim dengan penanaman pohon, konservasi biodiversitas, dan edukasi energi terbarukan di berbagai wilayah operasi.

    Unilever Indonesia: Lebih dari 9 Dekade Tumbuh Bersama Indonesia

    Salah satu perusahaan yang telah lama menjadi bagian dari sejarah Indonesia adalah PT Unilever Indonesia Tbk. Hadir di Indonesia sejak 1933, Unilever telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat melalui berbagai produk rumah tangga seperti Bango, Citra, Royco, SariWangi, Lifebuoy, hingga Pepsodent.

    Selama lebih dari 90 tahun di Indonesia, Unilever memproduksi lebih dari 40 merek dagang di 8 pabrik yang tersebar di Cikarang dan Rungkut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Tidak hanya memiliki komitmen dalam menghadirkan produk-produk berkualitas. Unilever Indonesia percaya bahwa bisnis harus dijalankan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan, demi pertumbuhan yang positif serta kontribusi nyata terhadap lingkungan dan masyarakat.

    Komitmen ini diwujudkan melalui berbagai inisiatif dan program yang konsisten berjalan hingga kini, mencakup isu-isu penting seperti kesehatan, keberlanjutan lingkungan, keadilan gender, dan inklusivitas.

    Seperti contoh, Unilever Indonesia secara konsisten menjalankan Program Sekolah Sehat sejak 2016, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Kemendikbudristek. Program ini mengedukasi anak sekolah tentang hidup sehat dan kebersihan, serta menyediakan produk yang diperlukan. Hingga akhir 2024, program ini telah menjangkau lebih dari 465 ribu murid SD dan santri.

    Pada aspek lingkungan,Unilever Indonesia berhasil mengumpulkan dan memproses 90.000 ton sampah plastik, lebih banyak plastik daripada yang digunakan untuk menjual produknya dengan 2 skema utama yaitu 40.000 ton tercatat dari upaya dengan membantu jaringan daur ulang di Bank Sampah, TPS3R dan pelapak serta 50.000 ton tercatat dari upaya waste to energy, Refuse Derived Fuel (RDF) hasil kerja sama dengan berbagai pihak terkait.

    Lewat berbagai terobosannya, Unilever Indonesia telah membantu meningkatkan taraf hidup jutaan orang seperti 4.266 karyawan, 80.000 warung dan toko yang dijangkau Aplikasi Sahabat Warung Convergence, 35.000 petani kedelai hitam dan gula kelapa di Indonesia, serta jutaan stakeholders dalam rantai pasokan Perusahaan.

    Merdeka, Berdaya, dan Berkelanjutan

    Di usia 80 tahun, Indonesia menghadapi tantangan dan peluang yang menuntut peran aktif seluruh pihak. Perusahaan-perusahaan yang telah puluhan tahun berkarya, termasuk BCA, Astra, dan Unilever, bersama pelaku usaha lainnya, terus berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, menjaga lingkungan, dan memperkuat kesejahteraan masyarakat. Kolaborasi lintas sektor ini menjadi fondasi penting untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju, inklusif, dan berkelanjutan.

    (akd/akd)

  • HUT ke-80 RI: XLSmart Banjir Promo Layanan Internet, Mulai Rp 17.000 untuk Internetan Sepuasnya – Page 3

    HUT ke-80 RI: XLSmart Banjir Promo Layanan Internet, Mulai Rp 17.000 untuk Internetan Sepuasnya – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk (XLSmart) turut merayakan Hari Kemerdekaan ke-80 Republik Indonesia (HUT ke-80 RI) dengan meluncurkan berbagai promo spesial untuk para pelanggan.

    Promo ini berlaku untuk layanan XL Prioritas, AXIS, Smartfren, XL Satu, dan XL Satu Biz.

    Chief Commercial Officer-Consumer XLSmart, David Arcelus Oses, mengatakan bahwa penawaran ini dirancang untuk mendukung inklusi digital dan memfasilitasi komunikasi pelanggan di momen spesial ini.

    “Merayakan kemerdekaan, kami hadir dengan promo menarik agar masyarakat tetap terhubung, berkreasi, dan berkarya tanpa batas. Kami ingin mendukung masyarakat mengoptimalkan aktivitas komunikasinya, sejalan dengan semangat ‘Bersama Melaju Tanpa Batas’,” ujarnya, dikutip Sabtu (17/8/2025).

    Berikut deretan promo menarik dari XLSmart dalam merayakan HUT ke-80 RI:

     XL Prabayar

    Paket Merdeka: Tersedia eksklusif di aplikasi myXL, mulai dari Rp17.000.
    Paket Merdeka 17GB: Kuota utama 5GB + kuota aplikasi 12GB (YouTube, Instagram, TikTok) seharga Rp25.000 dengan masa aktif 8 hari.
    Paket Merdeka 8GB: Kuota utama 4GB + kuota aplikasi 4GB (YouTube, Instagram, TikTok) seharga Rp17.000 dengan masa aktif 5 hari.
    Diskon Merdeka 17%: Untuk pelanggan terpilih, tersedia diskon hingga 17% untuk Paket Merdeka Kuota Utama 8GB/7 hari di myXL.
    Promo “Merdeka dari Mager!”: Tukar 17 XL Poin dengan kuota khusus untuk berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Vidio, Free Fire, Gojek, Grab, Shopee, dan Tokopedia.

     

     

  • HUT ke-80 RI: XLSmart Banjir Promo Layanan Internet, Mulai Rp 17.000 untuk Internetan Sepuasnya – Page 3

    HUT ke-80 RI: XLSmart Banjir Promo, Internetan Sepuasnya Mulai Rp 17.000 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk (XLSmart) turut merayakan Hari Kemerdekaan ke-80 Republik Indonesia (HUT ke-80 RI) dengan meluncurkan berbagai promo spesial untuk para pelanggan.

    Promo ini berlaku untuk layanan XL Prioritas, AXIS, Smartfren, XL Satu, dan XL Satu Biz.

    Chief Commercial Officer-Consumer XLSmart, David Arcelus Oses, mengatakan bahwa penawaran ini dirancang untuk mendukung inklusi digital dan memfasilitasi komunikasi pelanggan di momen spesial ini.

    “Merayakan kemerdekaan, kami hadir dengan promo menarik agar masyarakat tetap terhubung, berkreasi, dan berkarya tanpa batas. Kami ingin mendukung masyarakat mengoptimalkan aktivitas komunikasinya, sejalan dengan semangat ‘Bersama Melaju Tanpa Batas’,” ujarnya, dikutip Sabtu (17/8/2025).

    Berikut deretan promo menarik dari XLSmart dalam merayakan HUT ke-80 RI:

     XL Prabayar

    Paket Merdeka: Tersedia eksklusif di aplikasi myXL, mulai dari Rp17.000.
    Paket Merdeka 17GB: Kuota utama 5GB + kuota aplikasi 12GB (YouTube, Instagram, TikTok) seharga Rp25.000 dengan masa aktif 8 hari.
    Paket Merdeka 8GB: Kuota utama 4GB + kuota aplikasi 4GB (YouTube, Instagram, TikTok) seharga Rp17.000 dengan masa aktif 5 hari.
    Diskon Merdeka 17%: Untuk pelanggan terpilih, tersedia diskon hingga 17% untuk Paket Merdeka Kuota Utama 8GB/7 hari di myXL.
    Promo “Merdeka dari Mager!”: Tukar 17 XL Poin dengan kuota khusus untuk berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Vidio, Free Fire, Gojek, Grab, Shopee, dan Tokopedia.

     

     

  • Soal MRT Tangsel, Menhub Tunggu Kajian dari MRT Jakarta dan Sinar Mas

    Soal MRT Tangsel, Menhub Tunggu Kajian dari MRT Jakarta dan Sinar Mas

    Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandi mengaku masih menanti hasil kajian atau feasible study dari MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Sinar Mas Land terkait pembangunan MRT sampai dengan Tangerang Selatan.

    “MRT Tangsel kami tunggu, mereka lagi lakukan kajian,” ujarnya dalam Media Briefing, Kamis (14/8/2025). 

    Sebagaimana diketahui, kolaborasi pemerintah dan swasta melalui MRT dan Sinar Mas Land dalam pengembangan jalur MRT Lebak Bulus–Serpong menjadi ‘angin segar’ bagi kabar yang telah dinantikan sejak 2018. 

    Pada kesempatan yang sama, Direktur Perkeretaapian Allan Tandiono menambahkan bahwa pada dasarnya pemerintah menyambut potensi pengembangan MRT melalui investasi swasta karena mengingat keterbatasan anggaran. 

    Pihaknya mendorong pembiayaan kreatif alias creative financing yang melibatkan swasta untuk meningkatkan konektivitas Jakarta dengan wilayah Tangerang tersebut. 

    “Di mana swasta bantu pemerintah untuk membangun jalur rel. Kami menunggu studi kelayakannya dan akan kita evaluasi bersama,” tambahnya. 

    Pasalnya, kebutuhan dana untuk memperpanjang jalur MRT tersebut diketahui mencapai membutuhkan biaya pembangunan mencapai US$1,25 miliar atau sekitar Rp20,34 triliun (kurs Rp16.272 per dolar AS).

    Belum lagi, proyek MRT Jakarta – Tangsel juga nantinya bakal membutuhkan biaya operasional mencapai US$11,7 juta atau sekitar Rp190,31 miliar per tahun.  

    Saat ini, PT MRT Jakarta (Perseroda) pun melakukan studi terkait perluasan rute layanan ke wilayah tersebut tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), melainkan melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). 

    Tercatat potensi jumlah penduduk yang bakal terlayani dari pengadaan proyek MRT Jakarta – Tangsel itu kurang lebih mencapai 106.347 jiwa. Sementara itu, apabila trase dibangun Lebak Bulus – Pondok Cabe – Rawa Buntu demand penumpang pada tahun 2030 diperkirakan tembus 204.119 penumpang per hari. 

    Adapun, pembangunan MRT yang saat ini tengah berlangsung adalah MRT fase 2A rute Utara—Selatan yang melanjutkan rute Thamrin ke Kota dan tercatat telah mencapai 51,31% per Juli 2025. 

    Untuk diketahui, proyek pembangunan MRT Jakarta fase 2 membentang sepanjang sekitar 11,8 kilometer dari kawasan Bundaran HI hingga Ancol Barat. Fase 2 ini melanjutkan koridor utara—selatan fase 1 yang telah beroperasi sejak 2019 lalu, yaitu dari Lebak Bulus sampai dengan Bundaran HI.  

    Alhasil dengan hadirnya fase 2 ini, total panjang jalur utara—selatan menjadi sekitar 27,8 kilometer dengan total waktu perjalanan dari Stasiun Lebak Bulus Grab hingga Stasiun Kota sekitar 45 menit. 

  • Daftar Promo Restoran dan Kafe Sambut HUT RI, Ada Diskon hingga 50% – Page 3

    Daftar Promo Restoran dan Kafe Sambut HUT RI, Ada Diskon hingga 50% – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Bendera merah putih telah berkibar di jalanan sudut-sudut kota, semarak perlombaan akan memeriahkan perayaan HUT ke-80 RI. Tak ketinggalan, deretan promo spesial makanan dan minuman dari brand-brand ini juga hadir untuk menambah semangat di momen bersejarah ini.

    Berikut daftar promonya:

    1.     Roti O

    Semangat bulan Agustus, Roti O Indonesia hadir menyediakan promo kemerdekaan dari periode tanggal 1 sampai 31 Agustus 2025. Beberapa produk yang Roti O yang promo antara lain.

    Roti O + Ice Black Tea Rp17.000
    4 Roti O Rp45.00
    8 Roti Rp80.000

    Promo berlaku untuk kelipatan khusus untuk pembelian Online Delivery (GoFood, Grabfood, & ShopeeFood). Untuk daftar outlet yang berlaku promo dapat dicek di Instagram resmi Roti O Indonesia. Rayakan kemerdekaan dengan camilan favorit dari Roti O Indonesia!

    2.     CFC

    CFC menyediakan promo Paket Katering Merdeka untuk memeriahkan momen Agustusan. Mulai dari 17 Ribuan per pax, kamu udah bisa dapat ayam + nasi dengan minimal pemesanan 30 pax. Cocok banget buat acara 17-an, lomba RT, atau makan bareng panitia & peserta. Promo berlaku selama bulan Agustus untuk pemesanan melalui WhatsApp.

    Promo lain dari CFC Indonesia, mulai dari Rp26.363, kamu sudah bisa nikmati aneka menu favorit hemat hingga 50%. Mau makan sendiri atau berdua, tinggal pilih paketnya sesuai selera. Promo ini berlaku untuk pembelian dine-in, takeaway, maupun lewat aplikasi ojol. Syarat dan ketentuan berlaku, info selengkapnya dapat dicek di feed Instagram CFC Indonesia!

    3.     SushiKun

    Ada promo BELI 1 GRATIS 1 plate sushi yang bisa kamu nikmati baik yang ada di buku menu maupun conveyor. Promo ini berlaku setiap hari pada tanggal 6-18 Agustus 2025, di outlet-outlet yang ada di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat. Syarat dan ketentuan berlaku, info selengkapnya dapat dicek di feed Instagram Sushi Kun Indonesia!

    4.    TOM Sushi Indonesia

    Jangan sampai kelewatan promo dari TOM Sushi di Bulan Agustus ini ya. Promo dari TOM Sushi berlaku setiap Selasa (5, 12, 19, 26 Agustus 2025), semua menu Red Colorplate di conveyor belt cuma Rp 10.000/plate.

    Setiap Rabu (6, 13, 20, 27 Agustus 2025), semua menu Blue Colorplate di conveyor belt cuma Rp 15.000/plate.

    Kedua promo ini berlaku di outlet Tom Sushi:

    Living World Alam Sutera
    Ground Floor
    Living World Kota Wisata Cibubur – 3rd Floor
    Pakuwon Mall Bekasi – Level 2
    Puri Indah Mall 1 – 1st Floor
    Mall@Bassura – Ground Floor

    Syarat dan ketentuan berlaku ya! Informasi lengkapnya dapat dicek di Instagram resmi Tom Sushi Indonesia.

  • Top! GOTO Sabet Perusahaan Internet Paling Dihormati di Kawasan Asia

    Top! GOTO Sabet Perusahaan Internet Paling Dihormati di Kawasan Asia

    Jakarta, CNCB Indonesia – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sukses dinobatkan sebagai perusahaan dari sektor internet paling disegani (Most Honored) untuk kawasan Asia (ex-China) pada 2025. Penobatan ini diberikan langsung oleh sebuah lembaga survei perusahaan publik global bernama Extel.

    Extel dalam survei yang dilakukan terhadap 6.300 investor, termasuk fund manager dan analis dari 1.324 perusahaan untuk menentukan perusahaan publik mana saja dari berbagai sektor yang memiliki kinerja terbaik untuk berbagai aspek menobatkan GOTO sebagai Most Honored Company.

    Berdasarkan situs resmi Extel, untuk mendapatkan predikat sebagai ‘Most Honored Company’ sebuah perusahaan publik harus adalah perusahaan-perusahaan yang setidaknya memperoleh satu posisi predikat. Dalam hal ini, untuk mendapatkan gelar Most Honored Company dalam peringkat Asia (di luar Jepang/Australia dan Selandia Baru), Tiongkok Daratan, dan Asia lainnya, sebuah perusahaan harus meraih skor tertimbang minimal 15 poin di enam kategori yang digabungkan.

    Adapun kategori-kategori yang dievaluasi mencakup peringkat CEO, CFO, hubungan investor profesional , perusahaan IR, tata kelola, tanggung jawab lingkungan dan sosial (ESG) hingga jajaran direksi. Sedangkan, survei untuk semua kategori tersebut dilakukan terhadap responden seperti investor hingga analis buy side maupun sell side.

    Untuk berbagai kategori tersebut GOTO mampu menyabet semua penghargaan untuk kategori sektor internet seperti CEO terbaik yang diraih oleh Patrick Walujo, CFO terbaik yang diraih oleh Simon Ho yang berada di peringkat 3 untuk kategori yang sama.

    Dari sisi tata kelola, GOTO juga mendapatkan ranking 1 untuk kategori program dan team hubungan investor, ESG dan peringkat ketiga untuk kategori jajaran direksi di sektor internet. Banyaknya penghargaan yang diborong GOTO inilah yang membuat Perseroan dinobatkan sebagai Most Honored Company di Asia.

    Foto: dok Istimewa

    Bahkan, untuk kategori Best CEO, Patrick Walujo yang menjabat sebagai Direktur Utama GOTO mengungguli CEO dari Sea Group Ltd (induk usaha Shopee dan Garena) Forrest Li dan CEO Grab Holdings Anthony Tan.

    Asal tahu saja, sebagai perusahaan publik, GOTO merupakan perusahaan yang bergerak di sektor teknologi dengan dua lini usaha utama yaitu financial technology (fintech) dan On-Demand Services (ODS) dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp70,7 triliun.

    Saham GOTO dimiliki oleh 352.781 investor per akhir Juli 2025 dan termasuk sebagai saham perusahaan dengan investor terbanyak di Bursa Efek Indonesia (BEI). Saham GOTO juga dicover oleh 30 analis pasar modal dari sekuritas lokal maupun asing.

    (dpu/dpu)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Ternyata Segini Penghasilan Ojol Sebulan Kerja 6 Jam Per Hari

    Ternyata Segini Penghasilan Ojol Sebulan Kerja 6 Jam Per Hari

    Jakarta, CNBC Indonesia – Laporan terbaru Grab Indonesia mengungkap, pengemudi ojek online (ojol) roda dua yang bekerja penuh waktu selama 6 jam per hari dapat meraih pendapatan hingga Rp6,85 juta per bulan. Angka ini tercatat untuk kategori Jawara di Bali, dengan total 25 hari kerja, 153 jam, dan 486 orderan.

    Di Makassar, pendapatan kategori yang sama sedikit lebih rendah yakni Rp6,48 juta per bulan, dengan 166 jam kerja dan 570 orderan dalam 26 hari. Kategori lain seperti Ksatria dan Pejuang menghasilkan antara Rp3,74 juta hingga Rp5,24 juta, sedangkan Anggota (paruh waktu, 3 jam per hari) hanya sekitar Rp1,6 juta per bulan.

    Pendapatan pengemudi taksi online roda empat bahkan lebih tinggi. Kategori Jawara di Bali bisa mencapai Rp18 juta per bulan, sedangkan di Makassar sekitar Rp11,97 juta.

    Meski begitu, ada pengemudi yang memperoleh pendapatan jauh di atas rata-rata karena jam kerja lebih panjang. Salah satunya Khoerudin (39), driver ojol di Jakarta, yang bekerja mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB setiap hari dan hanya libur 1-2 kali sebulan.

    “Per hari itu kurang lebih Rp400 ribu. Ya kurang lebih per bulan antara Rp8 juta hingga Rp9 juta lah,” ujarnya kepada CNBC Indonesia.

    Khoerudin, yang sebelumnya bekerja sebagai pegawai pemeliharaan gedung, mengaku profesi ini memberinya fleksibilitas waktu dan penghasilan lebih baik.

    “Kalau menurut saya lebih nyaman di Grab karena waktunya fleksibel. Bisa diatur sendiri,” pungkasnya.

    Data ini menunjukkan, meski jam kerja memengaruhi pendapatan, profesi ojol tetap menjadi pilihan utama bagi banyak orang karena potensi penghasilan yang kompetitif dan fleksibilitas yang ditawarkan.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Bos Buruh Ragu Data Serapan Tenaga Kerja, Dinilai ‘Asal Bapak Senang’

    Bos Buruh Ragu Data Serapan Tenaga Kerja, Dinilai ‘Asal Bapak Senang’

    Jakarta

    Serikat buruh protes soal data serapan kerja nasional semester I 2025 yang dipaparkan oleh Kementerian Perindustrian. Data yang dipaparkan Kementerian Perindustrian menyebutkan sejak Januari hingga Juni 2025 serapan tenaga kerja nasional mencapai 303 ribu orang.

    Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, data itu patut diduda hanya untuk ‘Asal bapak senang dan bersifat politis’ yang seolah-olah kondisi dunia ketenagakerjaan baik-baik saja di tengah hantaman gelombang PHK besar-besaran di sektor riil dalam kurun waktu Januari – Juni 2025, terutama PHK di sektor industri tekstil, garmen, elektronik, komponen elektronik, retail, perdagangan mal, hotel, dan sektor padat karya lainnya (labour intensif). Pihaknya mencatat ada sekitar 54.047 buruh yang kena PHK di semester pertama 2025.

    Menurut Said Iqbal, data Kemenperin bertolak belakang dengan data yang disajikan oleh BPJS Ketenagakerjaan yang dalam kurun waktu yang sama menyatakan bahwa jumlah peserta BP Jamsostek menurun. Penurunan ini terjadi akibat banyaknya buruh ter-PHK yang mengambil JHT dan menerima JKP.

    “Bila mengikuti alur pikiran Kemenperin RI, seharusnya peserta BPJS TK jumlahnya bertambah sebanyak 303 ribu orang. Karena setiap orang yang bekerja di sektor formal ketika masuk bekerja maka pada saat itu langsung didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan,” kata Said Iqbal dalam keterangannya, Jumat (8/8/2025).

    “Tetapi kenapa BP Jamsostek menyebut jumlah peserta di kurun waktu Januari hingga Juni 2025 menurun angkanya. Sungguh ini data yang aneh,” lanjutnya bertanya-tanya.

    Presiden Partai Buruh tersebut menduga Kemenperin mencampur adukkan penyajian data serapan tenaga kerja 303 ribu orang dengan menggabungkannya dengan data pekerjaan informal sebagai orang yang bekerja sebagai tenaga kerja yang diserap. Sebab, angkanya tinggi sekali.

    “Misalnya ada orang yang diserap bekerja sebagai Gojek, Grab, Shopee, atau platform lain, bekerja di dapur MBG, pekerja paruh waktu, dan sektor informal lainnya. Inilah patut diduga data 303 ribu orang ini cuma untuk asal bapak senang dan politis,” tegasnya.

    Kalangan buruh menuntut pemerintah untuk menyajikan data tentang lapangan kerja dan secara terbuka, transparan, akuntabel, dan tidak bias. “Jangan membuat seolah-olah negeri ini lapangan kerjanya terbuka luas dengan mudahnya. Padahal kondisi di lapangan berbeda jauh dari harapan,” pungkas Said Iqbal.

    (acd/acd)