Perusahaan: GoTo

  • TikTok Didenda Rp 15 Miliar Karena Telat Laporkan Akuisisi Tokopedia – Page 3

    TikTok Didenda Rp 15 Miliar Karena Telat Laporkan Akuisisi Tokopedia – Page 3

    Berdasarkan transaksi tersebut, TikTok menguasai 75,01 persen saham Tokopedia, sedangkan 24,99 persen saham lainnya tetap dimiliki oleh PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. Transaksi dinyatakan efektif secara hukum sejak 31 Januari 2024. Dengan demikian, kewajiban pelaporan kepada KPPU seharusnya dilakukan paling lambat pada 19 Maret 2024.

    Dalam persidangan, TikTok Nusantara (SG) Pte. Ltd. tidak menolak temuan KPPU dan mengakui adanya keterlambatan penyampaian pemberitahuan. Selama proses pemeriksaan, perusahaan juga dinilai kooperatif dan tidak memiliki riwayat pelanggaran sebelumnya. Faktor-faktor tersebut dijadikan pertimbangan yang meringankan dalam putusan.

    Dengan pertimbangan itu, KPPU menjatuhkan sanksi denda senilai Rp 15 miliar yang wajib disetorkan oleh TikTok Nusantara (SG) Pte. Ltd. ke kas negara paling lambat 30 hari setelah putusan memiliki kekuatan hukum tetap.

     

  • TikTok Didenda Rp 15 Miliar di RI soal Pelanggaran Akuisisi Tokopedia

    TikTok Didenda Rp 15 Miliar di RI soal Pelanggaran Akuisisi Tokopedia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menjatuhkan denda ke TikTok senilai Rp15 miliar. Hal ini disebabkan keterlambatan dalam pelaporan akuisisi terhadap platform e-commerce Tokopedia.

    “Kasus pelanggaran keterlambatan penyampaian notifikasi waktu akuisisiTokopedia dulu,” kata Kepala Biro Humas dan Kerja Sama KPPU, Deswin Nur, kepada CNBC Indonesia, Senin (29/9/2025).

    Sebagai informasi, pada Januari 2024, TikTok yang dimiliki ByteDance asal China merampungkan kesepakatan untuk membeli 75,01% kepemilikan Tokopedia dari PT GoTo Gojek Tokopedia.

    “Kami menghormati proses dan putusan KPPU. Saat ini kami sedang mempelajari putusan yang diberikan dan mendiskusikan langkah berikutnya. Walau demikian, kami tetap berkomitmen untuk menegakkan prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat dan terhadap KPPU,” kata juru bicara TikTok melalui pesan singkat kepada CNBC Indonesia.

    TikTok Akuisisi Tokopedia 

    Akuisisi TikTok ke Tokopedia memungkinkan TikTok Shop kembali beroperasi di Indonesia dengan memisahkan lini bisnis e-commerce dari platform media sosialnya.

    Adapun tanggal efektif yuridis pengambilalihan saham terhitung pada 31 Januari 2024, sehingga batas waktu notifikasi ke KPPU paling lambat 30 hari kerja jatuh pada 19 Maret 2024.

    Pada tanggal batas waktu notifikasi tersebut, KPPU menerima penyampaian pemberitahuan pengambilalihan saham dari TikTok.

    Namun, dikarenakan penyampaian notifikasi bukan dilakukan oleh perusahaan pengambil alih, pada 7 Agustus 2024 Rapat Komisi membatalkan notifikasi tersebut.

    Sementara itu, TikTok selaku pengambilalih tidak melakukan pemberitahuan ke KPPU hingga tenggat waktu penyampaian notifikasi, sehingga proses penyelidikan mulai dilakukan sejak 8 Agustus 2024.

    Mengacu kepada ketentuan pada pasal 46 ayat 5 huruf (a) Peraturan KPPU No.3/2023, penghitungan hari dugaan keterlambatan dihitung setelah 30 (tiga puluh) hari kerja

    pengambilalihan saham efektif yuridis sampai dengan dimulainya penyelidikan dugaan keterlambatan notifikasi dalam hal pelaku usaha tidak melakukan notifikasi.

    Oleh karena itu, investigator menduga telah terjadi keterlambatan pemberitahuan pengambilalihan saham selama 88 hari kerja atas transaksi tersebut, dan diduga melanggar ketentuan Pasal 29 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 jo. Pasal 55 Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2010.

    Sidang kemudian dilanjutkan dengan agenda Pemeriksaan Kelengkapan dan Kesesuaian Alat Bukti Surat dan/atau Dokumen Pendukung Laporan Dugaan Pelanggaran, dan akan dilanjutkan pada tanggal 5 Agustus 2025 dengan agenda Tanggapan Pelaku Usaha atas Laporan Dugaan Pelanggaran.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Profit Sejak Desember 2024, GoPay Fokus Perkuat Fundamental

    Profit Sejak Desember 2024, GoPay Fokus Perkuat Fundamental

    Jakarta, CNBC Indonesia – Direktur/President GoTo Financial Sudhanshu Raheja mengungkap bahwa pihaknya berhasil membukukan kinerja positif sejak Desember 2024. Sehingga tahun ini ia optimis GoPay bisa melanjutkan kinerja positifnya.

    “Mungkin belum banyak yang tahu, GoTo Financial atau GoPay sudah mencapai keuntungan pada Q4-2024. Tahun ini, kami terus melanjutkan momentum tersebut,” ujar dia dalam Merdeka Digital CNBC Indonesia, Rabu (24/9/2025).

    Sudhanshu menyebut tahun ini perusahaan akan mendorong EBITDA dan portofolio pinjaman secara full year.

    “Kami yakin berada di posisi yang sangat kuat untuk bisa mewujudkan hal tersebut. Dua faktor utama yang paling berkontribusi adalah, pertama adalah pembayaran, karena kami telah melihat pertumbuhan GTV yang sangat tinggi seiring masuknya pengguna baru,” jelas dia.

    Faktor kedua adalah besaran portofolio pinjaman dan peminjaman yang juga membantu meningkatkan monetisasi secara signifikan.

    Menurut Sudhanshu, dalam menyeimbangkan pertumbuhan dan profitabilitas, perusahaan akan menaruh fokus pada fundamental, bukan berinvestasi untuk peningkatan jumlah pengguna.

    “Perubahan utama yang kami lakukan adalah fokus bukan pada diskon, tapi pada produk-produk yang kami bangun yang memecahkan masalah nyata bagi pengguna,” ujar dia.

    “Sebagian besar investasi adalah dalam membangun produk yang bermakna, yang terus kami lakukan secara konsisten. Saya pikir itulah jalan yang akan terus kami jalani. Jadi terkait profitabilitas, kami sangat yakin akan terus membaik seiring berjalannya waktu,” pungkas Sudhanshu.

    (dpu/dpu)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Profit Sejak Desember 2024, GoPay Fokus Perkuat Fundamental

    Profit Sejak Desember 2024, GoPay Fokus Perkuat Fundamental

    Jakarta, CNBC Indonesia – Direktur/President GoTo Financial Sudhanshu Raheja mengungkap bahwa pihaknya berhasil membukukan kinerja positif sejak Desember 2024. Sehingga tahun ini ia optimis GoPay bisa melanjutkan kinerja positifnya.

    “Mungkin belum banyak yang tahu, GoTo Financial atau GoPay sudah mencapai keuntungan pada Q4-2024. Tahun ini, kami terus melanjutkan momentum tersebut,” ujar dia dalam Merdeka Digital CNBC Indonesia, Rabu (24/9/2025).

    Sudhanshu menyebut tahun ini perusahaan akan mendorong EBITDA dan portofolio pinjaman secara full year.

    “Kami yakin berada di posisi yang sangat kuat untuk bisa mewujudkan hal tersebut. Dua faktor utama yang paling berkontribusi adalah, pertama adalah pembayaran, karena kami telah melihat pertumbuhan GTV yang sangat tinggi seiring masuknya pengguna baru,” jelas dia.

    Faktor kedua adalah besaran portofolio pinjaman dan peminjaman yang juga membantu meningkatkan monetisasi secara signifikan.

    Menurut Sudhanshu, dalam menyeimbangkan pertumbuhan dan profitabilitas, perusahaan akan menaruh fokus pada fundamental, bukan berinvestasi untuk peningkatan jumlah pengguna.

    “Perubahan utama yang kami lakukan adalah fokus bukan pada diskon, tapi pada produk-produk yang kami bangun yang memecahkan masalah nyata bagi pengguna,” ujar dia.

    “Sebagian besar investasi adalah dalam membangun produk yang bermakna, yang terus kami lakukan secara konsisten. Saya pikir itulah jalan yang akan terus kami jalani. Jadi terkait profitabilitas, kami sangat yakin akan terus membaik seiring berjalannya waktu,” pungkas Sudhanshu.

    (dpu/dpu)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Atasi Hal Negatif, GoPay Andalkan AI untuk Perkuat Keamanan

    Atasi Hal Negatif, GoPay Andalkan AI untuk Perkuat Keamanan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Direktur/President GoTo Financial Sudhanshu Raheja mengungkapkan bahwa pihaknya telah memanfaatan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan (AI) untuk banyak hal. Salah satunya peningkatkan layanan di GoPay.

    “Dari sisi keamanan, kami mulai banyak menggunakan AI untuk mendeteksi kejanggalan, mengembangkan fitur seperti pengenalan wajah, agar kami bisa memastikan saat seseorang mentransfer uang, itu benar-benar orang yang bersangkutan,” jelas dia dalam Merdeka Digital CNBC Indonesia, Rabu (24/9/2025).

    AI juga dimanfaatkan untuk melakukan pemantauan secara real-time demi meningkatkan kualitas produk GoPay. Selain itu, GoPay juga memanfaatkan AI untuk proses Know Your Customer (KYC) bagi pengguna.

    “Jadi ketika seseorang pertama kali menggunakan layanan, kami bisa memastikan itu memang dia,” tutur Sudhanshu.

    Selanjutnya, teknologi AI juga dimanfaatkan GoPay untuk membangun kepercayaan pengguna. Dia mencontohkan salah satunya adalah untuk fitur split bill. Dengan bantuan AI, kata Sudhanshu, fitur ini bisa digunakan dengan mudah oleh pengguna.

    “Anda bisa memotret tagihan, bahkan jika tulisan tangan, lewat aplikasi GoPay. AI akan secara otomatis memecah rincian makanan, promo, pajak, dan Anda bisa memilih orang dan membaginya dengan sangat cepat,” jelas dia.

    Teknologi AI juga dimanfaatkan untuk mengembangkan Sahabat-AI, yang membantu menggabungkan berbagai elemen untuk menciptakan Large Language Model (LLM). Menurut Sudhanshu, fitur ini membantu menangani penggunaan Bahasa Indonesia dengan lebih baik.

    “Saat ini, kami sedang melakukan banyak uji coba tentang bagaimana menawarkan komunikasi suara dua arah kepada pengguna. Fitur ini sudah sangat membantu dalam proses penagihan dan layanan pelanggan,” kata dia.

    Terakhir adalah Dira, yang diluncurkan pada 2024 lalu. Dira memungkinkan pengguna meminta fitur dengan cara berbicara.

    Dia menjelaskan produk ini diluncurkan untuk para pengguna yang kurang memahami teknologi, terutama fitur-fitur dalam aplikasi.

    “Produk ini mendapat sambutan yang sangat baik, terutama karena dukungan bahasa kami yang bisa menangani berbagai dialek lokal Indonesia dengan sangat baik, sehingga pengguna bisa lebih mudah menemukan dan mengeksplorasi fitur dalam aplikasi,” tambah dia,

    “Kami berharap akan ada lebih banyak inovasi serupa dalam beberapa bulan ke depan seiring kami terus meluncurkan fitur baru,” pungkas Sudhanshu.

    (dpu/dpu)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Atasi Hal Negatif, GoPay Andalkan AI untuk Perkuat Keamanan

    Jutaan Orang Masih Underbanked, Ini Strategi GoPay Jangkau Masyarakat

    Jakarta, CNBC Indonesia – Direktur/President GoTo Financial Sudhanshu Raheja menyebut sebanyak 100 juta orang di Indonesia termasuk ke dalam kategori underbanked. Ini terjadi karena kurangnya aksesibilitas terhadap layanan keuangan serta ketidakpercayaan masyarakat terhadap layanan keuangan digital.

    Untuk itu Sudhanshu menuturkan bahwa pihaknya akan membuat aplikasi keuangan yang sesuai dengan profil masyarakat tersebut. Caranya dengan memastikan aplikasi yang disediakan dengan kapasitas kecil.

    “Kami menyadari bahwa di sebagian besar kota tier 2, dan tier 3, orang-orang tidak memiliki smartphone dengan spesifikasi tinggi. Jadi, saat membuat aplikasi untuk mereka, kami harus memastikan ukuran aplikasinya kecil agar mereka tidak perlu menghapus aplikasinya saat kehabisan ruang penyimpanan,” jelas dia dalam Merdeka Digital CNBC Indonesia, Rabu (24/9/2025).

    Lebih lanjut ujarnya, salah satu fitur kunci nantinya akan di fokuskan sejak awal yang terbukti sangat membantu dalam memperluas jangkauan aplikasi GoPay secara signifikan.

    “Aplikasi GoPay lahir dari fokus dan keinginan kami untuk mendorong inklusi dan dampak keuangan. Seperti yang telah saya katakan, kami ingin mencari cara agar layanan Fintech bisa diakses oleh hampir semua orang di Indonesia,” tambah Sudhanshu.

    Tak hanya itu, dia juga memastikan aksesibilitas dan kepercayaan dari pengguna terhadap aplikasi GoPay.

    “Maka dari itu, aplikasi GoPay dibangun berdasarkan aksesibilitas, kepercayaan, dan diikuti oleh enam hal utama yang dapat dilakukan dengan uang, yang mencakup hal-hal seperti ekosistem perbankan yang lengkap,” jelas dia.

    Sudhanshu memaparkan pengguna dapat mendaftar fitur Tabungan di aplikasi GoPay dan menikmati pengalaman perbankan yang lengkap. Pengguna juga bisa melakukan manajemen keuangan di aplikasi tersebut.

    “sehingga Anda memiliki kendali penuh atas ke mana uang Anda pergi. Selain itu, kami juga meluncurkan asuransi dan investasi agar Anda dapat merencanakan masa depan,” pungkas Sudhanshu.

    (dpu/dpu)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Profit Sejak Desember 2024, GoPay Fokus Perkuat Fundamental

    Simak! Begini Peran GoPay Dorong Inklusi Keuangan di Indonesia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Direktur/President GoTo Financial, Sudhanshu Raheja mengungkap bahwa aplikasi GoPay lahir dari fokus dan keinginan GoTo untuk mendorong inklusi dan dampak keuangan. Apalagi diketahui, dengan populasi Indonesia mencapai 270 jiwa, sebanyak 100 juta jiwa masih dalam kategori underbanked.

    “Kami ingin mencari cara agar layanan FinTech bisa diakses oleh hampir semua orang di Indonesia,” jelas Sudhanshu kepada CNBC Indonesia dalam Merdeka Digital, Rabu (24/9/2025).

    Selain itu Sudhanshu menyebut ada beberapa masalah utama yang dihadapi masyarakat, seperti aksesibilitas dan kepercayaan. Dari masalah itulah menurut Sudhansu, diketahui masyarakat Indonesia, bukan hanya butuh keuangan, tetapi juga perlu membangun kepercayaan dari pengguna.

    “Lalu kami menyadari bahwa orang-orang tidak hanya mencari solusi untuk satu masalah saja. Mereka butuh solusi menyeluruh untuk segala hal yang berkaitan dengan uang,” kata Sudhanshu.

    Dari solusi itulah lahir aplikasi GoPay, yang dibangun berdasarkan aksesibilitas, kepercayaan, dan diikuti oleh enam hal utama, yang mencakup hal-hal seperti ekosistem perbankan yang lengkap.

    Sebagai informasi, GoTo Financial, atau yang lebih dikenal di Indonesia sebagai GoPay, telah hadir sejak tahun 2016 dan telah melewati tiga fase yang berbeda.

    Fase pertama adalah dari tahun 2016 hingga 2019, dimulai sebagai solusi untuk masalah uang tunai di Gojek. Saat itu, banyak pengguna yang tidak memiliki uang tunai atau kembalian, dan para pengemudi menginginkan cara yang mudah untuk menyelesaikannya.

    “Pada masa awal, GoPay untuk mempermudah proses tersebut. Selama tiga tahun, kami hanya fokus pada satu masalah, yaitu menyelesaikan masalah penerimaan pembayaran di Gojek dan kami menjangkau hampir seluruh ekosistem dengan GoPay.” kata Sudhanshu.

    Sedangkan, Fase kedua dari pertumbuhan dimulai dari tahun 2019 hingga 2022. Pada masa inilah, GoPay berekspansi dan tidak hanya di Gojek, namun masuk ke Tokopedia, lalu menjangkau ribuan pedagang offline dan online di hampir seluruh wilayah Indonesia.

    Adapun, Fase ketiga dimulai sekitar tahun 2023 hingga sekarang, dan mulai fokus membangun ekosistem fintech terbesar di Indonesia. Bahkan diluncurkan aplikasi GoPay yang terpisah, dan mulai menjangkau pengguna yang belum pernah dijangkau sebelumnya.

    “Jika Anda melihat kami sekarang, fokus kami adalah menyediakan layanan keuangan dan inklusi keuangan untuk hampir seluruh wilayah Indonesia. Kami berusaha membuatnya mudah diakses, terjangkau, dan praktis bagi semua orang,” pungkas Sudhanshu.

    (dpu/dpu)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Profit Sejak Desember 2024, GoPay Fokus Perkuat Fundamental

    Video: Solusi GoPay Bantu Transaksi UMKM hingga Berantas Judi Online

    Jakarta, CNBC Indonesia- President Director of Financial Technology PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), Sudhanshu Raheja memastikan komitmen GoPay dalam mengembangkan layanan keuangan yang mudah diakses dan praktis sekaligus mendorong inklusi keuangan hingga menjangkau hampir seluruh wilayah Indonesia.

    Salah satu layanan yang dikembangkan GoPay adalah GoPay Merchant sebagai aplikasi untuk membantu pemilik usaha (merchant) maupun pekerja individu melakukan transaksi digital menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

    Inovasi ini ditujukan untuk membantu mengembangkan ekosistem UMKM yang meliputi 64 Juta pelaku usaha, dimana merchant bisa menerima pembayaran dari mana saja serta mudah di cek lewat GoPay Spiker.

    Di sisi lain GoPay mendukung edukasi masyarakat melalui kampanye “Judi Pasti Rugi” yang ditujukan untuk mendorong inklusi keuangan dan kesadaran masyarakat terhadap ancaman kejahatan transaksi online termasuk judi online.

    Lalu seperti apa kontribusi ekspansi bisnis GoPay terhadap kinerja keuangan perusahaan? bagaimana juga pemanfaatan teknologi AI dalam layanan GoPay? Selengkapnya simak dialog Andi Shalini dengan President Director of Financial Technology PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), Sudhanshu Raheja dalam Profit, CNBC Indonesia (Rabu, 24/09/2025)

  • Pertemuan Bilateral Presiden Prabowo dan Sekjen PBB, Ini Pembahasannya

    Pertemuan Bilateral Presiden Prabowo dan Sekjen PBB, Ini Pembahasannya

    Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), António Guterres, di lantai 27 Gedung Sekretariat PBB, New York, Amerika Serikat, pada Senin (22/9/2025) waktu setempat.

    Setibanya di lokasi pertemuan, Presiden Prabowo disambut langsung oleh Sekjen PBB Guterres. Setelahnya kedua pemimpin melakukan sesi foto bersama.

    Pertemuan tersebut berlangsung setelah Presiden Prabowo menyampaikan pidato pada High-Level International Conference for the Peaceful Settlement of the Question of Palestine and the Implementation of the Two-State Solution atau Konferensi Internasional Tingkat Tinggi untuk Penyelesaian Damai atas Masalah Palestina dan Implementasi Solusi Dua Negara.

    Menurut Menteri Luar Negeri Sugiono, dalam pertemuan tersebut Presiden Prabowo menekankan pentingnya solidaritas global dalam menjaga stabilitas dan perdamaian dunia. Kepala Negara juga mendorong upaya bersama pembangunan berkelanjutan dan memperkuat peran negara berkembang dalam sistem multilateral.

    “Dalam pertemuan tersebut, beliau menyampaikan bahwa Indonesia tetap pada komitmennya untuk mendukung sistem multilateral dan tetap percaya bahwa PBB merupakan sebuah organisasi yang harus diperkuat dalam rangka menjaga kedamaian atas dunia,” ujar Sugiono dalam keterangannya.

    Selain itu, kedua pemimpin membahas sejumlah isu strategis, antara lain komitmen Indonesia dalam mendukung penyelesaian damai konflik Palestina melalui solusi dua negara dan mendukung penuh upaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam menjalankan mandatnya. Kepala Negara juga menekankan kesiapan Indonesia untuk berkontribusi pada misi perdamaian, khususnya terkait situasi di Gaza.

    “Kemudian menyampaikan juga dukungan dan support kepada PBB dalam rangka menjalankan tugas-tugasnya dan termasuk juga dalam kaitannya dengan situasi yang ada di Gaza jika perdamaian dan gencatan senjata tercapai, Indonesia menyampaikan kehendak dan dukungannya dalam rangka mengirimkan pasukan perdamaian di sana,” imbuh Sugiono.

    Dalam pertemuan tersebut, Presiden Prabowo didampingi oleh Menteri Luar Negeri Sugiono, Menteri Hak Asasi Manusia Natalius Pigai, Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani, Sekretaris Kabinet Teddy Indra Wijaya, serta Wakil Tetap RI untuk PBB di New York, Umar Hadi.

    Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB turut didampingi oleh Deputy Secretary-General Amina Mohammed, Under-Secretary-General for Policy Executive Office of the Secretary-General (EOSG) Guy Ryder, Under-Secretary-General for Political and Peacebuilding Affairs Rosemary DiCarlo, Director, Sustainable Development Unit, EOSG Karima El Korri, serta Political Unit, EOSG Hirofumi Goto.

  • Prabowo bertemu Sekjen PBB bahas penyelesaian konflik Palestina

    Prabowo bertemu Sekjen PBB bahas penyelesaian konflik Palestina

    New York, Amerika Serikat (ANTARA) – Pertemuan bilateral Presiden RI Prabowo Subianto dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) António Guterres membahas sejumlah hal, termasuk penyelesaian konflik yang terjadi di Palestina.

    Sebagaimana keterangan yang diterima, pertemuan kedua pemimpin digelar tertutup di lantai 27 Gedung Sekretariat PBB, New York, Amerika Serikat, Senin (22/9) waktu setempat.

    Setibanya di lokasi pertemuan, Presiden Prabowo disambut langsung oleh Sekjen PBB Guterres. Setelahnya kedua pemimpin melakukan sesi foto bersama.

    Pertemuan tersebut berlangsung setelah Presiden Prabowo menyampaikan pidato pada High-Level International Conference for the Peaceful Settlement of the Question of Palestine and the Implementation of the Two-State Solution atau Konferensi Internasional Tingkat Tinggi untuk Penyelesaian Damai atas Masalah Palestina dan Implementasi Solusi Dua Negara.

    Menurut Menteri Luar Negeri Sugiono, dalam pertemuan tersebut Presiden Prabowo menekankan pentingnya solidaritas global dalam menjaga stabilitas dan perdamaian dunia.

    Kepala Negara juga mendorong upaya bersama pembangunan berkelanjutan dan memperkuat peran negara berkembang dalam sistem multilateral.

    “Dalam pertemuan tersebut, beliau menyampaikan bahwa Indonesia tetap pada komitmennya untuk mendukung sistem multilateral dan tetap percaya bahwa PBB merupakan sebuah organisasi yang harus diperkuat dalam rangka menjaga kedamaian atas dunia,” ujar Menlu.

    Selain itu, kedua pemimpin membahas sejumlah isu strategis, antara lain komitmen Indonesia dalam mendukung penyelesaian damai konflik Palestina melalui solusi dua negara dan mendukung penuh upaya PBB dalam menjalankan mandatnya.

    Presiden Prabowo juga menegaskan kesiapan Indonesia untuk berkontribusi pada misi perdamaian, khususnya terkait situasi di Gaza.

    “Kemudian menyampaikan juga dukungan dan support kepada PBB dalam rangka menjalankan tugas-tugasnya dan termasuk juga dalam kaitannya dengan situasi yang ada di Gaza jika perdamaian dan gencatan senjata tercapai, Indonesia menyampaikan kehendak dan dukungannya dalam rangka mengirimkan pasukan perdamaian di sana,” ucap Sugiono.

    Dalam pertemuan tersebut, Presiden Prabowo didampingi oleh Menteri Luar Negeri Sugiono, Menteri Hak Asasi Manusia Natalius Pigai, Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala BKPM Rosan Roeslani, Sekretaris Kabinet Teddy Indra Wijaya, serta Wakil Tetap RI untuk PBB di New York Umar Hadi.

    Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB turut didampingi oleh Deputy Secretary-General Amina Mohammed, Under-Secretary-General for Policy Executive Office of the Secretary-General (EOSG) Guy Ryder, Under-Secretary-General for Political and Peacebuilding Affairs Rosemary DiCarlo, Director, Sustainable Development Unit, EOSG Karima El Korri, serta Political Unit, EOSG Hirofumi Goto.

    Pewarta: Fathur Rochman
    Editor: Tasrief Tarmizi
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.