Perusahaan: GoTo

  • Pengamat Beberkan Tantangan Telkom di Era Perubahan

    Pengamat Beberkan Tantangan Telkom di Era Perubahan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pengamat telekomunikasi sekaligus Direktur Eksekutif Information and Communication Technology(ICT) Institute Heru Sutadi mengatakan ancaman disrupsi dan transformasi digital jadi tantangan bagi PT Telkom Indonesia (Telkom). Namun, ujarnya, Telkom berhasil survive di tengah ancaman yang harus dijalani tersebut. Meski tren bisnis ke arah over-the-top (OTT) di mana infrastruktur lebih banyak mengeluarkan anggaran untuk pembangunan sementara OTT yang mendapat hasil lebih besar.

    Dia mengatakan, dengan waktu yang panjang Direktur Utama PT Telkom Indonesia Ririek Adriansyah memimpin Telkom dengan dinamika perubahannya.

    Kemudian juga perkembangan digital membuat Telkom juga harus bertransformasi dengan cepat apalagi merupakan perusahaan telekomunikasi dan ICT. Sampai sekarang bisnis Telkom tetap tumbuh, meski memang ada tren penurunan. “Dibanding pemain telekomunikasi lainnya yang tinggal nama, Telkom Group masih terdepan,” ujar Heru saat dihubungi di Jakarta, dikutip Sabtu (7/12/2024).

    Heru menyebutkan SDM Telkom juga sangat mumpuni dan dipakai di banyak BUMN, sehingga kinerja Ririek perlu diapresiasi.

    “Walaupun memang dengan perkembangan model bisnis seperti FMC kemudian trend InfraCo, maka PR dan tantangan Telkom sangat dinamis dan terus ada sehingga kerja terus harus dilakukan,” kata Heru.

    Heru menilai sebenarnya direksi Telkom bekerja sangat maksimal, hanya komisaris Telkomnya sangat politis dan relawan sekali, padahal harusnya Telkom mesti dikembangkan secara profesional.

    Ia menekankan, harus ada kebijakan dari Presiden Prabowo Subianto agar BUMN besar dikelola profesional. “Relawan atau politisi kalau harus masuk Komisaris BUMN, mungkin bisa ditempatkan di perusahaan yang kompetisinya rendah dan penguasaan lokal tinggi, sementara industri telekomunikasi kan kompetisi tinggi dan pemain banyak dari negara luar, ada Singtel, ada Qatar, atau Malaysia,” ujar Heru.

    Perjalanan Ririek Adriansyah

    Ririek Adriansyah memulai kariernya di Telkom pada 1990. Perjalanan Ririek menuju posisi puncak di perusahaan telekomunikasi terbesar di Tanah Air ini penuh dengan liku-liku perjuangan panjang yang mengesankan.

    Pria kelahiran 2 September 1963 ini tumbuh dan besar di Yogyakarta. dengan masa kecil yang penuh tantangan. Bahkan untuk sekadar bisa mendapatkan uang tambahan, Ririek kecil pernah menjadi pemungut puntung rokok.

    Ia mengenang di masa itu anak-anak kalau mau memperoleh tambahan uang pilihannya hanya dua, yaitu menjadi kondektur angkot atau tukang puntung. Dengan kondisi ekonomi yang serba terbatas, Ririek semasa sekolah tetap tekun belajar. Hingga kemudian setelah lulus SMA, Ririek berhasil meneruskan pendidikan ke Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Elektro.

    Ketika itu Ririek memperoleh beasiswa dari Telkom, perusahaan yang kemudian menjadi tempatnya menempuh perjalanan panjang kariernya di dunia telekomunikasi yang dimulai tahun 1990. Seiring berjalannya waktu, Ririek menapaki berbagai posisi penting di anak perusahaan Telkom. Pada periode 2004-2008, Ririek dipercaya menjabat sebagai Deputy EGM Divisi Infratel, PT Telkom.

    Selanjutnya Ririek pindah ke PT Telin, anak perusahaan Telkom yang bergerak di bidang layanan internasional. Di perusahaan ini Ririek menjabat sebagai Director of International Carrier Services pada 2008-2010 dan kemudian Director of Marketing and Sales hingga 2011. Perjalanan karier Ririek terus menanjak, hingga ia menduduki posisi President Director PT Telin pada 2011-2012.

    Kemudian pada 2012, Ririek balik ke PT Telkom sebagai Director of Compliance and Risk Management selama satu tahun. Lalu ia menjabat sebagai Director of Wholesale & International Service hingga tahun 2014. Puncak karier Ririek di anak perusahaan Telkom ketika ia diangkat menjadi Direktur Utama Telkomsel pada Januari 2015 hingga Mei 2019.

    Di bawah komando Ririek, Telkomsel berhasil tumbuhan signifikan hingga menjadikannya sebagai pemimpin yang diakui di industri telekomunikasi Indonesia. Tak berhenti di Telkomsel, karier Ririek terus melejit.

    Foto: Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Ririek Adriansyah dalam Tech & Telco Forum 2024 di Menara Bank Mega, Jakarta, Jumat (5/7/2024). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
    Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Ririek Adriansyah dalam Tech & Telco Forum 2024 di Menara Bank Mega, Jakarta, Jumat (5/7/2024). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

    Ririek Menakhodai Telkom Terus Bertransformasi Jadi Pemain Global

    Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Telkom Tahun Buku 2018, Ririek dipilih sebagai Direktur Utama PT Telkom Indonesia. Atas jasanya dalam menakhodai Telkom, Ririek yang merupakan teman satu angkatan politikus senior PDIP Pramono Anung di ITB, dianugerahi Bintang Jasa Nararya oleh negara.

    Ririek juga dikenal sebagai pemimpin yang berani dan visioner. Dengan kepiawaiannya, Ririek yang saat ini sudah lebih dari 12 tahun dipercaya menjabat Direksi Telkom, sejak 18 Mei 2023 mulai berinvestasi di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Ketika itu Telkom membeli 29,708 lembar saham GOTO senilai US$ 150 juta atau setara Rp2,1 triliun. Selain Telkom, anak usahanya Telkomsel juga memiliki 59.417 lembar saham tambahan dari opsi pembelian saham atau senilai US$ 300 juta, setara Rp4,29 triliun. Secara total, investasi Telkom di GOTO mencapai US$450 juta, atau setara Rp6,4 triliun.

    Di GOTO ini, konglomerat Garibaldi Thohir atau biasa dikenal dengan Boy Thohir, kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir, menggenggam saham sebanyak 1,05 miliar saham. Sebelumnya, Boy Thohir sempat memegang jabatan Komisaris Utama di GOTO. Namun, pada pertengahan 2023 memutuskan mundur.

    Oleh Ririek, GOTO dijadikan sebagai salah satu ladang pendapatan dalam investasi Telkom di masa depan. “Kalau secara accounting, naik-turunnya harga saham itu akan berpengaruh, tapi bukan di operasional,” kata Ririek di Kementerian BUMN Jakarta, beberapa waktu lalu.

    Sebagai profesional yang mumpuni, Ririek yang tak pernah berkarier di perusahaan lain kecuali Telkom Group, kini terus berupaya menyukseskan langkah transformasi yang tengah Telkom lakukan, serupa dengan yang ia terapkan di setiap anak tangga kariernya, yaitu terus bertransformasi. Di bawah nakhoda Ririek, Telkom mengusung misi besar perusahaan untuk menuju transformasi digital menjadi pemain global. “Bagi saya, seorang pemimpin yang hebat tidak akan pernah berhenti untuk belajar,” tutur Ririek yang tak tergantikan jabatannya sebagai Dirut Telkom hingga saat ini.

    (dce/dce)

  • Gopay Mudahkan Pengguna Transfer Angpao ke Banyak Orang Lewat Fitur Gopay Hadiah – Page 3

    Gopay Mudahkan Pengguna Transfer Angpao ke Banyak Orang Lewat Fitur Gopay Hadiah – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Gopay hadirkan fitur baru yang mempermudah penggunanya berbagi saldo Gopay ke hingga 200 orang sekaligus. Fitur baru tersebut bernama Gopay Hadiah.

    Fitur ini hadir seiring dengan kebutuhan pengguna aplikasi Gopay yang kerap ingin membagikan saldo ke banyak orang sekaligus.

    Menurut Head of Marketing Money Management Gopay Kiki Apriyani, fitur ini cocok untuk berbagai momen, mulai dari berbagi rejeki, giveaway, ucapan terima kasih, perayaan momen tertentu, hingga ucapan terima kasih.

    “Dengan fitur Gopay Hadiah, pengguna bisa mengatur jumlah uang yang ingin dibagikan, memilih penerima secara langsung atau dengan membuat link hadiah yang bisa diakses oleh siapa saja yang kamu bagikan link-nya. Lewat Gopay Hadiah di aplikasi Gopay, bagi-bagi uang jadi lebih seru, aman, dan praktis,” kata Kiki, dikutip dari keterangan Gopay.

    Lebih lanjut, kehadiran fitur baru Gopay ini adalah seiring dengan meningkatnya tren preferensi pemberian hadiah secara virtual dan transaksi nontunai.

    “Gopay Hadiah bisa diklaim hingga 200 orang. UMKM yang berjualan online juga bisa memanfaatkan Gopay Hadiah untuk menarik perhatian calon pembeli saat promo hari belanja online,” kata Kiki.

    GoTo Financial secara resmi memisahkan GoPay dari aplikasi Gojek dan Tokopedia. Alasan GoTo Financial menjadikan GoPay sebagai aplikasi tersendiri untuk memberikan kemudahan akses finansial.

  • Gopay Hadiah Sasar UKM, Cara Ringkas Transfer Saldo ke 200 Pelanggan Sekaligus

    Gopay Hadiah Sasar UKM, Cara Ringkas Transfer Saldo ke 200 Pelanggan Sekaligus

    Bisnis.com, JAKARTA – Gopay, unit bisnis Financial Technology dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), memperkenalkan fitur baru ‘Gopay Hadiah’, dengan konsep “Amplop Hadiah”.  Fitur ini menawarkan solusi praktis transfer saldo Gopay ke hingga 200 orang sekaligus dengan cara ringkas. 

    Head of Marketing Money Management Gopay Kiki Apriyani menjelaskan hadirnya fitur Gopay Hadiah sejalan dengan kebutuhan pengguna aplikasi Gopay untuk bagi-bagi saldo Gopay ke banyak orang sekaligus. 

    Fitur ini, lanjut Kiky, menyasar pengguna yang ingin berbagai momen, mulai dari bagi-bagi rejeki, giveaway, ucapan terima kasih, hingga perayaan momen spesial bersama orang tersayang lewat Gopay. Fitur ini juga menyasar UKM.

    “Dengan Gopay Hadiah, pengguna bisa mengatur jumlah uang yang ingin dibagikan, memilih penerima secara langsung atau dengan membuat link hadiah yang bisa diakses oleh siapa saja yang kamu bagikan link-nya,” kata Kiky dikutip Jumat (12/11/2024). 

    Kiki menambahkan fitur ini juga hadir sejalan dengan meningkatnya tren preferensi pemberian hadiah secara virtual dan bertransaksi secara online. 

    Gopay Hadiah juga menyasar para pelaku Usaha Kecil Menengah dan nfluencer untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan maupun follower. 

    “Gopay Hadiah ini bisa diklaim hingga 200 orang. UKM yang berjualan online juga bisa memanfaatkan Gopay Hadiah untuk menarik perhatian calon pembeli, apalagi di saat harbolnas seperti 12.12 nanti,” kata Kiki.

    Gopay Hadiah dapat dimanfaatkan oleh kreator konten untuk giveaway dengan lebih aman dan praktis ke banyak orang sekaligus. Pengirim tidak perlu repot meminta data penerima hadiah.

    Followers bisa langsung klaim saldo lewat link khusus Gopay Hadiah. 

    Kiki juga mengingatkan untuk selalu berhati-hati terhadap link yang tidak resmi dan pastikan link berasal dari sumber terpercaya untuk menghindari penipuan. 

    Berikut mekanisme mengirimkan uang dengan menggunakan Gopay Hadiah adalah sebagai berikut:

    1. Buka aplikasi Gopay, lalu pilih menu ‘Hadiah’

    2. Tentukan langsung penerima dari kontak yang terhubung; atau klik ‘Buat hadiah”

    3. Tentukan jumlah penerima dan nominal yang akan dikirimkan, serta pilih metode pembagian hadiah. Pengguna bisa membagikan hadiah saldo Gopay hingga 200 penerima.

    4. Setelah autentikasi, link Gopay Hadiah akan langsung terkirim.

  • Startup Disebut Kejar Untung di MBG, Pengamat Was-was Kualitas Makanan Turun

    Startup Disebut Kejar Untung di MBG, Pengamat Was-was Kualitas Makanan Turun

    Bisnis.com, JAKARTA – Keterlibatan startup digital di program Makan Bergizi Gratis (MBG) dikhawatirkan membuat kualitas makanan yang diberikan kepada penerima manfaat menurun. Startup sebagai perusahaan swasta mengejar untung berpotensi membuat kualitas makanan yang diberikan kurang optimal. 

    Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Nailul Huda mengatakan keterlibatan layanan pengantaran swasta akan menambah biaya program MBG yang terbatas. Langkah ini dikhawatirkan bakal mengorbankan kualitas makanan bergizi yang diberikan kepada para peserta.  

    “Dengan anggaran yang sangat terbatas, akan mengurangi kualitas makan bergizi-nya. Kecuali jika startup tersebut ingin masuk ke dalam program secara sukarela tanpa ada biaya sepeserpun. Tapi jika ada biaya, saya rasa mengurangi kualitas makanan,” kata Huda kepada Bisnis, Senin (25/11/2024). 

    Adapun mengenai tantangan lainnya saat melibatkan perusahaan teknologi di program MBG, kata Huda, kesiapan digital pada masing-masing daerah. 

    Huda menilai ketimpangan digital di Indonesia masih sangat luas. Dia juga mengidentifikasi tiga aspek hambatan saat melibatkan perusahaan teknologi dalam MBG. 

    Aspek pertama adalah aspek infrastruktur yang masih terjadi blind spot (kosong sinyal) di beberapa daerah terutama di Indonesia timur. Beberapa desa di kawasan Indonesia timur masih belum tercover sinyal internet yang kuat. 

    Selanjutnya, kata Huda, aspek sumber daya manusia yang saya yakin tidak semua pendidik ataupun aktor di daerah yang terlibat paham menggunakan internet untuk keperluan program tersebut. 

    “Ketiga, penggunaan internet untuk aktivitas ekonomi juga masih kurang termasuk untuk program makan siang gratis. Akibatnya operasional dari mitra transportasi online akan sangat terbatas,” kata Huda. 

    Sebelumnya, PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) dan Grab Indonesia terlibat dalam program Makan Bergizi Gratis. Keduanya menawarkan skema pemesanan yang berbeda dengan sejumlah pertimbangan. Kemudian, setiap porsi makanan yang akan dibagikan kepada penerima manfaat memiliki nilai sebesar Rp15.000, sudah termasuk ongkos pengantaran. 

    GOTO dan GRAB menjamin kualitas yang diberikan terjaga karena melibatkan beberapa pihak untuk mengontrol standar kualitas makanan. 

    Chief of Public Policy and Government Relation GoTo Group Ade Mulya mengatakan demi menjamin kualitas makanan dan penyajiannya, GOTO sudah menyiapkan standar operasional yang rigid untuk memastikan makanan yang dikonsumsi memenuhi standar gizi yang baik dan juga aman untuk dikonsumsi oleh para siswa penerima. 

    Program MBG CSR GoTo di setiap sekolah telah mendapat persetujuan dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan setempat untuk memastikan setiap porsi makanan yang diberikan ke siswa memenuhi gizi dan nutrisi yang mendukung tumbuh kembang anak. 

    “UMKM yang terlibat juga dipastikan memenuhi standar higienitas dan keamanan yang disertifikasi oleh Biro Klasifikasi Indonesia (BKI),” kata Ade kepada Bisnis, Kamis (21/11/2024). 

  • Grab di Program MBG, Beda Cara Pemesanan Makanan

    Grab di Program MBG, Beda Cara Pemesanan Makanan

    Bisnis.com, JAKARTA – PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) dan Grab Indonesia telibat dalam program Makan Bergizi Gratis. Keduanya menawarkan skema pemesanan yang berbeda dengan sejumlah pertimbangan. 

    GOTO

    Chief of Public Policy and Government Relation GoTo Group Ade Mulya mengatakan program MBG CSR GOTO diinisiasi oleh Grup GoTo sebagai bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan sekaligus untuk mendukung implementasi Program Makan Bergizi Gratis pemerintah. 

    Adapun proses pemesanan dimulai dengan perwakilan sekolah melakukan konfirmasi jadwal pembelajaran sekolah melalui layanan digital fitur Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA) di aplikasi Gojek. Selanjutnya, layanan digital fitur GOTA secara otomatis memesan makan bergizi gratis dari UMKM unggulan di sekitar sekolah. 

    “Semua proses ini terintegrasi dengan dompet digital. Jumlah porsi makanan bergizi gratis disesuaikan dengan jumlah siswa yang menjadi penerima manfaat.” kata Ade kepada Bisnis, Senin (25/11/2024). 

    Logo GOTO di layar smartphonePerbesar

    Ade menambahkan setelah dipesan, makanan akan diantar oleh mitra pengemudi ke masing-masing sekolah dengan standar kualitas makanan yang terjaga. 

    Lebih lanjut, demi menjamin kualitas makanan dan penyajiannya, GOTO sudah menyiapkan SOP yang rigid untuk memastikan makanan yang dikonsumsi memenuhi standar gizi yang baik dan juga aman untuk dikonsumsi oleh para siswa penerima. 

    “Program MBG CSR GoTo di setiap sekolah telah mendapat persetujuan dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan setempat untuk memastikan setiap porsi makanan yang diberikan ke siswa memenuhi gizi,” kata Ade. 

    Grab Indonesia

    Sementara itu, Chief of Public Affairs, Grab Indonesia Tirza Munusamy mengatakan Grab dan OVO turut mendukung program pemerintah, Program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang berfokus pada peningkatan gizi di Indonesia, dengan melakukan uji coba program serta penelitian peningkatan gizi dan dampak sosial-ekonomi. ]

    Uji coba program MBG ini dilaksanakan selama 90 hari atas rekomendasi ahli gizi sejak September hingga Desember 2024 di tiga wilayah, yaitu Kulon Progo (Yogyakarta), Kebumen (Jawa Tengah) dan Langowan (Sulawesi Utara).
    Sesuai acuan pemerintah, paket makanan yang dibagikan untuk siswa sekolah yaitu senilai Rp15.000 per paket makanan. 

    Adapun mengenai pemesanan makanan, pihak sekolah memesan makan bergizi gratis melalui aplikasi Grab menggunakan e-voucher dari Grab For Business, sehingga memudahkan dalam memonitor pesanan. Setelah itu, Mitra UMKM akan mendapatkan pesanan dan jadwal pengiriman terjadwal. 

    “Makanan akan diantarkan oleh Mitra Pengemudi ke sekolah sesuai kuantitas yang dipesan. Kami akan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah maupun kolaborasi dengan pihak swasta lainnya untuk menyukseskan program MBG,” kata Tirza. 

    Grab Perbesar

    Diketahui bahwa masing-masing perusahaan menyediakan pemesanan melalui aplikasi. Perbedaannya adalah GOTO akan menunjuk UMKM langsung yang berada di dekat sekolah untuk menyiapkan makanan. Sementara itu Grab Indonesia memberikan menyerahkan sepenuhnya merchant penyedia MBG kepada pihak sekolah. 

    GOTO mengintegrasikan aplikasi pemesanan dengan dompet digital sehingga lebih seamless. Sementara Grab mengharuskan pihak sekolah untuk membeli e-voucher di Grab terlebih dahulu. Mengenai harga, masing-masing membanderol dengan tarif Rp15.000 per porsi. 

  • Grab Patok Paket Makanan di Program MBG Rp15.000 per Porsi, Sama Seperti GOTO

    Grab Patok Paket Makanan di Program MBG Rp15.000 per Porsi, Sama Seperti GOTO

    Bisnis.com, JAKARTA – Grab Indonesia mematok harga paket makanan per porsi di program Makan Siang Bergizi senilai Rp15.000 per porsi. Harga tersebut sama seperti yang diterapkan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO).

    Chief of Public Affairs Grab Indonesia Tirza Munusamy mengatakan Grab dan OVO turut mendukung program pemerintah, Program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang berfokus pada peningkatan gizi di Indonesia.

    Perusahaan melakukan uji coba program serta penelitian peningkatan gizi dan dampak sosial-ekonomi, yang dilaksanakan selama 90 hari atas rekomendasi ahli gizi sejak September hingga Desember 2024 di tiga wilayah, yaitu Kulon Progo, Provinsi Yogyakarta, Kebumen, Provinsi Jawa Tengah dan Langowan, Provinsi Sulawesi Utara. Adapun mengenai harga per porsi yang ditawarkan yaitu Rp15.000 per porsi.  

    “Sesuai acuan pemerintah, paket makanan yang dibagikan untuk siswa sekolah yaitu senilai Rp15.000 per paket makanan,” kata Tirza kepada Bisnis, Sabtu (23/11/2024). 

    Tirza menambahkan terkait jumlah harga yang tertera pada foto pendukung siaran pers berjudul “Serius Tangani Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis, Grab & OVO Pelopori Digitalisasi Proses dan Jaga Standar Kebersihan Makanan”, harga tersebut adalah harga total pesanan per hari, sesuai dengan jumlah penerima di SD Muhammadiyah 1 Wonopeti di Kulon Progo, Yogyakarta. 

    Untuk memesan paket MBG Grab, Tirza menjelaskan pihak sekolah memesan  melalui aplikasi Grab menggunakan e-voucher dari Grab For Business, sehingga memudahkan dalam memonitor pesanan. Setelah itu, Mitra UMKM akan mendapatkan pesanan dan jadwal pengiriman terjadwal. Makanan akan diantarkan oleh Mitra Pengemudi ke sekolah sesuai kuantitas yang dipesan. 

    “Kami akan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah maupun kolaborasi dengan pihak swasta lainnya untuk menyukseskan program MBG,” kata Tirza.

    Diketahui, Grab melaporkan mencetak laba bersih sebesar US$15 juta atau sekitar  Rp236,73 miliar (kurs jisdor Rp15.782), sementara GOTO menurunkan rugi bersih ke Rp4,31 triliun dari posisi Rp9,54 triliun pada September 2023. Perbandingan kinerja Grab dan Gojek Tokopedia itu terekam pada laporan keuangan masing-masing perusahaan pada kuartal III/2024. 

    Anthony Tan, Group Chief Executive Officer dan Co-Founder Grab mengatakan kuartal III/2024 menjadi periode yang kuat bagi Grab karena investasi yang dilakukan pada seluruh segmen bisnis mendorong pertumbuhan Gross Merchandise Value (GMV).

    “Kami melayani lebih banyak pengguna dari sebelumnya, dengan 42 juta pengguna bertransaksi di platform kami,” ujarnya dalam keterangan resmi dikutip, Rabu (13/11/2024).

    Grab pada 9 bulan pertama 2024 berhasil mencetak pendapatan senilai US$716 juta, tumbuh 16,42% secara tahunan (year on year/YoY). Pertumbuhan pendapatan itu lantaran hampir semua lini bisnis Grab moncer.

    Lini bisnis deliveries atau pengiriman seperti GrabFood dan GrabExpres menjadi penyumbang pendapatan paling besar. Lini Deliveries meraup pendapatan senilai US$380 juta, tumbuh 13,43% YoY.  

    Selanjutnya ada layanan mobility atau GrabBike dan GrabCar mencetak pendapatan senilai US$271 juta, naik 17,32% secara tahunan. Pertumbuhan pendapatan Grab juga ditopang oleh layanan finansial atau jasa keuangan yang menyumbang US$64 juta, naik 33,33% dari sebelumnya senilai US$48 juta. 

    Grab juga mampu menekan kerugian operasional menjadi US$38 juta pada September 204 dari posisi US$93 juta. Alhasil, laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) seluruh segmen yang disesuaikan menjadi US$178 juta, naik 42,40% YoY.

  • Manusia Rp 2.000 Triliun Bangun Sekolah di RI, Ini Kata Gibran

    Manusia Rp 2.000 Triliun Bangun Sekolah di RI, Ini Kata Gibran

    Jakarta, CNBC Indonesia – Raja chip AI, Nvidia, berencana berinvestasi di beberapa kota di Indonesia. Salah satunya dengan membangun sekolah khusus teknologi kecerdasan buatan (AI) di Jawa Tengah.

    Hal ini diungkap Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka, dikutip dari Reuters, Jumat (22/11/2024). Namun, Gibran tak memberikan perincian lebih lanjut soal rencana tersebut.

    Ucapan ini muncul pasca pendiri dan CEO Nvidia Jensen Huang berkunjung ke Tanah Air pada 14 November 2024, dalam rangka mengisi acara ‘Indonesia AI Day’ 2024 yang digelar Indosat Ooredoo Hutchison (IOH).

    Sebagai informasi, IOH juga berkolaborasi dengan Nvidia dalam membangun pusat AI ‘Solo Technopark’. Selain itu, IOH juga menggandeng Nvidia untuk mengembangkan GPU Merdeka.

    Saat berbicara di atas panggung acara Indonesia AI Day, Jensen yang diprediksi memiliki harta kekayaan Rp 2.000 triliunan berdasarkan daftar Forbes Real-Time Billionaires, mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara maju.

    “Indonesia adalah salah satu negara paling maju di Asia Tenggara yang membangun infrastruktur internet. Kini kita akan membangun infrastruktur baru, dan yang lebih penting lagi, akan ada banyak startup, berbagai kemampuan dan layanan baru bagi masyarakat,” kata Jensen kala itu, di depan Menteri BUMN Erick Thohir dan CEO GoTo Patrick Walujo.

    Jensen menjelaskan akses internet menyediakan beragam informasi yang diperlukan. Namun, AI akan menambah manfaat internet dengan memungkinkan seseorang memiliki tutor personal yang mengajarkan hal-hal relevan terkait pekerjaan sehari-hari.

    “Seperti infrastruktur internet yang berbicara dengan bahasa HTML, infrastruktur baru ini akan berbicara dengan bahasa Indonesia dan merangkum semua data. Ini adalah hal menakjubkan,” ia menjelaskan.

    (fab/fab)

  • AI Factory Lintasarta (ISAT) Incar Sektor Kesehatan hingga Keuangan

    AI Factory Lintasarta (ISAT) Incar Sektor Kesehatan hingga Keuangan

    Bisnis.com, JAKARTA – Lintasarta, anak usaha PT Indosat Tbk. (ISAT), menghadirkan infrastruktur ready AI yang siap mendukung transformasi korporasi khususnya di sektor kesehatan hingga keuangan.  

    Belum lama perusahaan meluncurkan Sahabat-AI, Large Language Model (LLM) open-source Bahasa Indonesia hasil kolaborasi antara Indosat dan GoTo Group yang didukung oleh GPU Merdeka milik Lintasarta serta teknologi terkini dari NVIDIA.

    President Director & CEO Lintasarta, Bayu Hanantasena menyampaikan, sebagai AI Factory, Lintasarta berkomitmen untuk menjadi pendorong utama inovasi dan pengembangan teknologi di Indonesia. 

    Penerapan teknologi GPU termutakhir dari NVIDIA diharapkan dapat  berperan penting dalam pengembangan teknologi, pertumbuhan ekonomi, dan kedaulatan digital di Indonesia.

    “Lintasarta menyediakan infrastruktur yang diperlukan untuk pengembangan dan penerapan solusi AI, termasuk server, cloud, dan jaringan yang andal, memungkinkan perusahaan untuk menjalankan aplikasi AI dengan efisien dan aman,” ujar Bayu, dikutip Jumat (2211/2024).

    Dia menuturkan dalam mendorong AI, perusahaan  berfokus pada pengembangan berbagai solusi berbasis AI yang dapat diimplementasikan di berbagai sektor seperti kesehatan, keuangan, dan industri.

    Perusahaan juga berfokus pada riset dan inovasi, pelatihan dan edukasi, dan kemitraan strategi. 

    Lebih lanjut, Lintasarta menyediakan Solusi ICT yang terintegrasi melalui 4Cs yaitu Connectivity, Cloud, Cybersecurity, dan Collaboration.

     Posisi Lintasarta sebagai AI Factory sejalan dengan strategi induk usahanya, Indosat, sebagai AI TechCo. 

    Melalui AI Factory di atas, Bayu menyadari bahwa kesuksesan adopsi AI di tanah air tidak hanya bergantung pada teknologi, tetapi juga pada kemampuan talenta lokal untuk memanfaatkannya. 

    “Untuk itu, Lintasarta akan segera meluncurkan sebuah gerakan yang bertujuan untuk mengakselerasi transformasi digital Indonesia, menghubungkan teknologi dan menciptakan talenta digital yang siap pakai untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” ucap Bayu.

  • GOTO Pastikan Kualitas Makanan MBG CSR Terjamin, Begini Cara Pemesanannya

    GOTO Pastikan Kualitas Makanan MBG CSR Terjamin, Begini Cara Pemesanannya

    Bisnis.com, JAKARTA – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) melibatkan dinas kesehatan dan dinas pendidikan setempat untuk memastikan kualitas makanan dalam program Makan Bergizi Gratis (MBG) terjaga. 

    Chief of Public Policy and Government Relation GoTo Group Ade Mulya mengatakan demi menjamin kualitas makanan dan penyajiannya, GOTO sudah menyiapkan standar operasional yang rigid untuk memastikan makanan yang dikonsumsi memenuhi standar gizi yang baik dan juga aman untuk dikonsumsi oleh para siswa penerima. 

    Program MBG CSR GoTo di setiap sekolah telah mendapat persetujuan dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan setempat untuk memastikan setiap porsi makanan yang diberikan ke siswa memenuhi gizi dan nutrisi yang mendukung tumbuh kembang anak. 

    “UMKM yang terlibat juga dipastikan memenuhi standar higienitas dan keamanan yang disertifikasi oleh Biro Klasifikasi Indonesia (BKI),” kata Ade kepada Bisnis, Kamis (21/11/2024). 

    Sekadar informasi, GoTo Group meluncurkan Program Makan Bergizi Gratis (MBG) melalui skema corporate social responsibility (CSR) perusahaan. Program ini telah menjangkau lebih dari 10.000 siswa di 31 sekolah yang tersebar di 13 Kota/Kabupaten, yakni Bogor, Jakarta Timur, Bekasi, Bandung, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Medan, Makassar, Banjarmasin, Pekanbaru, dan Palembang.

    Adapun untuk memesan paket GOTO, Ade menjelaskan proses pemesanan dimulai dengan perwakilan sekolah melakukan konfirmasi jadwal pembelajaran sekolah melalui layanan digital fitur Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA) di aplikasi Gojek. 

    Selanjutnya, layanan digital fitur GOTA secara otomatis memesan makan bergizi gratis dari UMKM unggulan di sekitar sekolah, semua proses ini terintegrasi dengan dompet digital. 

    “Jumlah porsi makanan bergizi gratis disesuaikan dengan jumlah siswa yang menjadi penerima manfaat. Setelah dipesan, makanan akan diantar oleh mitra pengemudi ke masing-masing sekolah,” kata Ade. 

  • GOTO Banderol Paket MBG Rp15.000 per Porsi, Ini Alasannya

    GOTO Banderol Paket MBG Rp15.000 per Porsi, Ini Alasannya

    Bisnis.com, JAKARTA – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) membanderol harga per porsi makanan pada program Makan Siang Bergizi senilai Rp15.000 per porsi. Harga tersebut sudah termasuk biaya pengantaran. 

    Chief of Public Policy and Government Relation GoTo Group Ade Mulya mengatakan program MBG yang diinisiasi oleh Grup GoTo merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan sekaligus untuk mendukung implementasi Program Makan Bergizi Gratis pemerintah. 

    GOTO menyelenggarakan program ini untuk menindaklanjuti arahan yang diberikan oleh Presiden Prabowo Subianto.

    Program ini merupakan salah satu wujud nyata dari  GoTo Group sebagai karya anak bangsa yang berjuang untuk Indonesia dan berjalan beriringan dengan pemerintah dalam berbagai inisiatif pembangunan ekonomi Indonesia. 

    Perusahaan mengenakan biaya belasan ribu rupiah untuk setiap porsi pada program ini untuk makanan yang disajikan, termasuk pengantaran.

    “Dalam program ini, harga per-porsi makanan adalah Rp15.000, sudah termasuk penjemputan dan pengantaran makanannya,” kata Ade kepada Bisnis, Kamis (21/11/2024). 

    Ade menuturkan penetapan harga tersebut tidak terlepas dari keterlibatan perusahaan selama 5 bulan dalam program uji coba MBG. Selama uji coba dilakukan, GOTO memperoleh kesempatan untuk mempelajari tantangan dan hambatan di lapangan dan juga dampak ekonomi atau multiplier effect dari MBG. 

    “Kami juga mendapat masukan mengenai variasi menu, ketepatan waktu penyediaan dan pengantaran makanan, serta harga produksi dari makanan yang diberikan kepada siswa-siswa penerima manfaat, hingga upaya untuk meminimalisir sampah sisa makanan,” kata Ade. 

    Sebelumnya, dalam rangka mendukung Program Makan Bergizi Gratis Presiden Prabowo Subianto, GOTO secara resmi meluncurkan Program Makan Bergizi Gratis (MBG) di 13 kota/kabupaten yaitu Bogor, Jakarta Timur, Bekasi, Bandung, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Medan, Makassar, Banjarmasin, Pekanbaru, dan Palembang.

    Program yang uji cobanya berjalan sejak 20 Mei 2024 ini telah menjangkau 31 sekolah dengan lebih dari 10.000 siswa penerima manfaat. Program ini ditargetkan dapat menyalurkan sekitar 3 juta porsi makan bergizi gratis.