Perusahaan: GoTo

  • Perlindungan Data Pribadi, Hak Dasar yang Dijamin Konstitusi Indonesia

    Perlindungan Data Pribadi, Hak Dasar yang Dijamin Konstitusi Indonesia

    Jakarta (beritajatim.com) – Perlindungan data pribadi adalah hak mendasar setiap individu yang dijamin oleh konstitusi Indonesia. Hal ini ditegaskan Wakil Menteri Hak Asasi Manusia, Mugiyanto Sipin, dalam diskusi publik bertajuk “Urgensi Penerapan UU Pelindungan Data Pribadi” di Jakarta, Kamis (23/1/2025).

    “Konstitusi kita, Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28G Ayat 1, menjamin hak setiap orang atas pelindungan data pribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan harta benda. Jaminan ini diperkuat oleh Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, khususnya Pasal 32, yang menyatakan bahwa setiap orang berhak atas perlindungan terhadap gangguan privasi,” ungkap Mugiyanto.

    Acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) ini diadakan di Artotel Gelora Senayan dengan dukungan dari sejumlah perusahaan, seperti Antam, BNI, GoTo Indonesia, Harita Nickel, MIND ID, Astra International, dan LiuGong Indonesia.

    Mugiyanto menambahkan bahwa pengesahan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP) bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya perlindungan data pribadi.

    “Pemerintah terus mendorong kesadaran publik akan hak dan kewajibannya terkait data pribadi. Hal ini perlu didukung dengan langkah-langkah politik nasional yang kuat,” tegasnya.

    Wakil Menteri Komunikasi dan Digital, Nezar Patria, turut menyoroti urgensi perlindungan data di tengah maraknya kasus kebocoran data. “Kasus kebocoran data yang terjadi beberapa waktu terakhir menjadi pengingat bahwa pelindungan data pribadi bukan lagi sekadar kewajiban utuh, tetapi kebutuhan,” ujar Nezar.

    Ketua Bidang Teknologi Informasi AMSI, Heru Tjatur Tjahja, membahas potensi konflik antara penerapan UU PDP dan kebebasan pers. Ia menjelaskan pentingnya prosedur yang jelas dalam implementasi regulasi tersebut.

    “Dalam perusahaan media, 95 persen implementasinya ada pada prosedural, bagaimana landasan hukum diterapkan pertama kali. Landasan itu membutuhkan perangkat kontrol yang berbeda,” jelas Heru. Menurutnya, pengelolaan data harus didasarkan pada consent atau kerelaan individu, disertai dengan standar operatif prosedur (SOP) yang memadai.

    Direktur Eksekutif Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM), Wahyudi Djafar, menekankan pentingnya langkah teknis, terutama di sektor media. “Perusahaan media, terutama jurnalis dan narasumber, perlu membuat pemisahan antara data yang terkait dengan editorial dan yang tidak berkaitan dengan editorial,” ujarnya.

    Sementara itu, Ruben Sumigar dari Asosiasi Praktisi Pelindungan Data Pribadi Indonesia (APPDI) menjelaskan bahwa diskusi terkait Personal Data Protection Office (PDPO) telah dimulai jauh sebelum UU PDP disahkan. “Sejak 2023, kami sudah memiliki keputusan Menaker yang menguraikan 19 kompetensi dasar pejabat pelindungan data pribadi,” ungkapnya.

    Dengan hadirnya UU PDP dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan perlindungan data pribadi di Indonesia semakin kuat, menjawab tantangan zaman, dan memberikan jaminan keamanan bagi seluruh warga negara. [beq]

  • Wamenkomdigi Nezar Patria: Perlindungan Data Pribadi Bukan Sekadar Kewajiban, Tapi Kebutuhan  – Halaman all

    Wamenkomdigi Nezar Patria: Perlindungan Data Pribadi Bukan Sekadar Kewajiban, Tapi Kebutuhan  – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pelindungan data pribadi kini bukan hanya sekadar kewajiban hukum, tetapi juga merupakan sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap individu dan lembaga.

    Apalagi, pelindungan data pribadi telah dimaklumatkan pemerintah melalui Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP).

    “Konstitusi kita, Undang-Undang Dasar 1946 Pasal 28G Ayat 1, menjamin hak setiap orang atas pelindungan data pribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan harta benda. Jaminan ini dipertegas melalui Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang hak asasi manusia, khususnya pasal 32, yang menyatakan bahwa setiap orang berhak atas perlindungan terhadap gangguan privasi,” tutur Wakil Menteri Hak Asasi Manusia, Mugiyanto Sipin, di Jakarta, Kamis (23/1/2025).

    Hal tersebut disampaikannya dalam diskusi publik “Urgensi Penerapan UU Pelindungan Data Pribadi” yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), di Artotel Gelora Senayan, Jakarta. 

    Diskusi ini didukung oleh Antam, Bank Negara Indonesia (BNI), GoTo Indonesia, Harita Nickel, MIND ID, Astra International, dan LiuGong Indonesia.

    Bertolak dari kehendak memenuhi hak tersebut, lanjut Mugiyanto, UU PDP  disahkan, sembari terus mendorong pemahaman masyarakat untuk meningkatkan kesadaran mengenai hak pribadi

    “Dalam perangkat tersebut, pemerintah harus senantiasa mengupaya mendorong peningkatan politik nasional dalam masyarakat. Hal itu dilakukan agar setiap individu memahami hak dan kewajibannya terkait data pribadi,” tegas Mugiyanto.

    Penegasan akan pentingnya pelindungan data pribadi juga diutarakan Wakil Menteri Komunikasi dan Digital, Nezar Patria. Berkaca pada kebocoran data yang terjadi beberapa waktu terakhir, hal ini, tandas dia, harus menjadi perhatian.

    “Kasus kebocoran data yang terjadi beberapa waktu terakhir menjadi pengingat bahwa pelindungan data pribadi bukan lagi sekadar kewajiban utuh, tetapi kebutuhan,” ujar Nezar.

    Sementara itu, Ketua Bidang Teknologi Informasi AMSI, Heru Tjatur Tjahja mengatakan, seiring dengan berlakunya UU PDP, dirinya menyoroti kemungkinan implementasi undang-undang yang justru dianggap berlawanan dengan kebebasan pers. Karenanya, kata Tjatur, implementasi tersebut dilandaskan pada tindakan prosedural.

    “Dalam perusahaan media, 95 persen implementasinya ada pada prosedural, bagaimana teman-teman menggunakan landasan hukum yang pertama kali. Jadi, landasan itu butuh perangkat kontrol secara berbeda,” jelasnya.

    Landasan berbeda ini, lanjut Tjatur, diarahkan pada kerelaan data untuk diproses dan dikelola lebih lanjut. Sebab, diperlukan persiapan standar operatif terkait.

    “Landasan yang pertama, misalnya, consent choice, dan kerelaan untuk data pribadi itu diproses, kemudian, bagian berikutnya, adalah menyiapkan standar operatif prosedur bagaimana data-data pribadi itu dikelola,” tambah Tjatur.

    Direktur Eksekutif Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM), Wahyudi Djafar, menyetujui bahwa langkah-langkah teknis dibutuhkan dalam implementasi UU PDP. 

    “Untuk memastikan perusahaan media itu dalam kapasitas mereka sebagai penjahit data, dan terutama jurnalis dan narasumbernya, perlu membuat pemisahan dalam proses antara data yang terkait dengan editorial dan data yang tidak berkaitan dengan editorial,” ujar Wahyudi.

    Pengurus Asosiasi Praktisi Perlindungan Data Pribadi Indonesia (APPDI), Ruben Sumigar menyebutkan, petugas yang berperan dalam pengurusan data pribadi ini sejatinya telah lama terbentuk. 

    “Kalau kita lihat secara normatif sebenarnya diskusi ataupun peran tentang PDPO (Personal Data Protection Office) sudah ada jauh dari sebelum PDP itu sendiri,” ungkap Ruben.

    Dirinya menambahkan, segenap perangkat telah mengupayakan perlindungan data pribadi. Bahkan APPDI, katanya, menerbitkan keputusan yang ditetapkan dalam kerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan sejak 2023.

    “Diterbitkan satu keputusan Menaker terkait dengan tugas dan fungsi pejabat pelindungan data pribadi yang menguraikan 19 kompetensi dasar,” ujarnya.

  • Gojek dan Singapore Tourism Board Tebar Promo bagi Wisatawan RI di Singapura

    Gojek dan Singapore Tourism Board Tebar Promo bagi Wisatawan RI di Singapura

    Bisnis.com, JAKARTA – Gojek, layanan ride hailing milik PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) menandatangani Nota Kesepahaman Kerja sama untuk meningkatkan pengalaman wisatawan Indonesia yang berlibur di Singapura dengan Singapore Tourism Board (STB).

    Kolaborasi ini menggabungkan basis pengguna Gojek di Indonesia dengan beragam penawaran wisata Singapura. 

    Kolaborasi STB-Gojek dirancang untuk mendorong wisatawan Indonesia menjelajahi lebih dari sekadar pusat kota, termasuk kawasan-kawasan yang belum banyak dikenal.

    Dengan memanfaatkan teknologi Gojek dan wawasan STB, kolaborasi ini menghadirkan solusi perjalanan yang mulus serta promosi spesial bagi wisatawan Indonesia.

    Chief Operating Officer Gojek Shobhit Singhal mengatakan bahwa kemitraan dengan STB diharapkan meningkatkan pengalaman berlibur bagi wisatawan Indonesia di Singapura. 

    Gojek, kata Singhal, berkomitmen untuk menyediakan solusi mobilitas yang aman, lancar, dan nyaman untuk memperkaya setiap perjalanan. 

    “Kami aktif berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan di Indonesia untuk menghadirkan pengalaman berlibur yang memuaskan,” kata Singhal dalam keteranganya, Kamis (23/1/2025).

    Adapun, layanan GoCar dari Gojek telah hadir di Singapura sejak tahun 2018. Layanan ini juga terintegrasi dengan penyedia taksi lokal untuk memperluas jangkauan dan menghadirkan manfaat bagi lebih banyak pengguna.

    Di sisi lain, kolaborasi ini terjalin seiring dengan pertumbuhan berkelanjutan wisatawan dari Indonesia ke Singapura. Dari Januari hingga November 2024, Singapura menyambut 2,22 juta wisatawan asal Indonesia, meningkat 8,1% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

    Jumlah ini menempatkan Indonesia sebagai negara kontributor wisatawan internasional terbesar kedua bagi Singapura secara global sekaligus terbesar dari kawasan Asia Tenggara.

    Assistant Chief Executive, International Group, STB Juliana Kua menyampaikan bahwa pihaknya senang dapat melanjutkan kolaborasi dengan Gojek untuk meningkatkan pengalaman berwisata di Singapura bagi pengguna Gojek.

    Meski wisatawan Indonesia sudah cukup akrab dengan Singapura, Juliana berharap dapat menunjukkan masih banyak hal yang bisa ditemukan di Singapura.

    “Singapura memiliki berbagai penawaran menarik yang siap menyambut wisatawan di tahun 2025, dan STB akan terus bekerja sama dengan mitra-mitra yang memiliki visi yang sama untuk memberikan nilai dan kenyamanan yang lebih besar bagi para wisatawan Indonesia,” ujarnya.

  • Premium
                    
                                                
                    8 jam yang lalu
                
                            
            
                                    Berkaca dari Kerugian BUKA & GOTO, Kala Status ‘Unicorn’ Startup Tak Lagi Mentereng

    Premium 8 jam yang lalu Berkaca dari Kerugian BUKA & GOTO, Kala Status ‘Unicorn’ Startup Tak Lagi Mentereng

    Premium

    8 jam yang lalu

    Berkaca dari Kerugian BUKA & GOTO, Kala Status ‘Unicorn’ Startup Tak Lagi Mentereng

  • 4 Rekomendasi Saham Jelang Pelantikan Donald Trump, Beli?

    4 Rekomendasi Saham Jelang Pelantikan Donald Trump, Beli?

    Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,66% ke level 7.154,65 pada akhir perdagangan Jumat (17/1) dan berada di zona hijau. Community Lead Indo Premier Sekuritas (IPOT), Angga Septianus menegaskan bahwa IHSG diperkirakan akan bergerak di kisaran support 7.100 dan resist 7.200 pada pekan ini.

    “Di bulan Januari sendiri IHSG diperkirakan ditutup di zona hijau dan secara statistik dalam 25 tahun terakhir, 56% IHSG ditutup hijau di Januari,” ujar Angga dalam keterangannya, Senin (20/1).

    Pergerakan market yang menguat pada pekan lalu, menurut Angga, didorong oleh dua sektor top gainers, yaitu IDX PROPERTY yang menunjukkan kenaikan signifikan. Saham-saham properti besar seperti SMRA, PWON, CTRA, dan BSDE meroket, didorong oleh sentimen penurunan suku bunga atau BI Rate yang berada di luar ekspektasi pasar, yakni 5,75%.

    Selain itu, IDX ENERGY juga mencatatkan kenaikan, terutama berkat lonjakan saham DSSA.

    Di sisi lain, dua sektor top losers pada pekan lalu adalah IDX HEALTH yang dipengaruhi oleh penurunan saham rumah sakit. Lalu, IDX INDUST yang terdampak penurunan saham ASII serta saham pendukung lainnya.

    Sentimen saham pekan ini

    Mengenai potensi pergerakan pasar pada 20–24 Januari 2025, Angga mengungkapkan dua sentimen penting yang harus diperhatikan oleh para trader, yaitu pelantikan resmi Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) dan pergerakan nilai tukar rupiah.

    Pelantikan Donald Trump pada 20 Januari 2025 diperkirakan akan menjadi katalis utama bagi pasar minggu ini, dengan kebijakan tarif Trump menjadi sorotan utama di 2025.

    “Sektor energi dapat diuntungkan dengan terpilihnya Trump karena ia sangat pro energi fosil,” tegas Angga.

    Terkait sentimen rupiah, Angga menjelaskan bahwa rupiah berpotensi melemah lagi ke level tertinggi. Seiring dengan kebijakan penurunan suku bunga untuk menjaga pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

    Namun, penurunan BI Rate justru menjadi sentimen positif domestik dan mengundang asing yang mulai masuk di tiga hari terakhir perdagangan bursa pada saham-saham berkapitalisasi besar. Sebab itu, ada beberapa Rekomendasi Saham menjelang pelantikan Donald Trump sebagai Presiden AS.

    Rekomendasi saham jelang pelantikan Trump

    Dengan mempertimbangkan sentimen-sentimen positif tersebut, PT Indo Premier Sekuritas merekomendasikan beberapa saham yang berpotensi memberikan keuntungan maksimal.

    1. Buy GOTO

    (Current Price: 84, Entry: 84, Target Price: 95 (+11,8%), Stop Loss: Risk to Reward Ratio = 1 : 2,0).

    GOTO telah breakout di level resistance 82–84 dan bertahan dengan lonjakan volume, menandakan kelanjutan tren positif. Saham teknologi juga bergerak naik seiring dengan penurunan yield obligasi 10 tahun Indonesia, setelah keputusan Bank Indonesia menurunkan suku bunga untuk mendongkrak ekonomi.

    2. Buy on Pullback INDY

    (Current Price: 1.680, Entry: 1.640 – 1.655, Target Price: 1.785 (+8,8%), Stop Loss: Risk to Reward Ratio = 1 : 3,2).

    Sektor batu bara sedang menanti dua sentimen penting, yaitu penerapan mitra instansi pengelola (MIP) dan penurunan tarif royalti batu bara. INDY akan diuntungkan jika kedua kebijakan ini diterapkan.

    3. Buy BMRI

    (Current Price: 5.875, Entry: 5.875, Target Price: 6.300 (+7,2%), Stop Loss: Risk to Reward Ratio = 1 : 1,9).

    Investor asing mulai kembali membeli saham-saham kapitalisasi besar, dengan BMRI menjadi salah satu target utama mereka.

    4. Buy Reksa Dana Saham Premier ETF IDX High Dividend 20 (XIHD)

    Reksa Dana Saham Power Fund Series (PFS) XIHD ini terdiri dari saham-saham berkapitalisasi besar seperti BBCA, BMRI, BBNI, BBRI, ASII, dan TLKM. Saham-saham ini berpotensi memberikan dividen dengan yield antara 5–7%.

    “Ketika kondisi tidak menentu maka dividen menjadi satu-satunya hal yang dapat diharapkan,” tutup Angga.

    Disclaimer: Saham merupakan instrumen investasi yang mengandung potensi risiko kerugian. Fortune Indonesia tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang terjadi. Sebelum membeli atau menjual saham, lakukan penelitian yang lebih mendalam, dan setiap keputusan sepenuhnya berada di tangan investor.

  • Bos GOTO Patrick Walujo Ungkap Peluang RI Kejar Pertumbuhan Ekonomi 8%

    Bos GOTO Patrick Walujo Ungkap Peluang RI Kejar Pertumbuhan Ekonomi 8%

    Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) Patrick Walujo mengungkapkan sejumlah peluang dan tantangan Indonesia dalam mengejar pertumbuhan ekonomi 8%. 

    Patrick mengatakan kehadiran orang-orang tepat dan kompeten akan memudahkan Indonesia mengejar target pertumbuhan ekonomi 8%.

    “Saya rasa 8% adalah potensi yang benar untuk Indonesia. Ada banyak hal yang menjadi kunci dan banyak hal mendasar yang perlu diperbaiki. Pemerintahan baru berkuasa kurang dari 100 hari,” kata kata Patrick dalam Indonesia Pe-Vc Summit, Kamis (16/1/2025).

    Selain kualitas pejabat yang berada di pemerintahan, Patrick menyebut optimisme mencapai target pertumbuhan ekonomi 8% ini dikarenakan adanya interaksi antara investor pemangku kepentingan dan menteri belakangan ini. 

    Namun, Patrick mengingatkan masih terdapat pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan oleh pemerintah untuk mencapai target ambisius tersebut. 

    Salah satunya, perlunya perbaikan mendasar di berbagai sektor ekonomi agar potensi Indonesia dapat sepenuhnya terwujud.  

    “Saya rasa 8% adalah aspirasi dan potensi yang benar. Jika Anda bertanya bagaimana bisa mencapai itu, saya akan mengatakan bahwa masih terlalu tinggi, tapi masih ada banyak hal yang perlu diperbaiki,” ujarnya.

    Lebih lanjut, Patrick berpandangan bahwa target pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 8% tidak semata bergantung pada penguatan manufaktur, salah satunya bisa dari agrikultur.

    Sebab, berkaca dari negara lain seperti Belanda yang mampu menjadi salah satu eksportir makanan terbesar dunia. Maka dari itu, dirinya melihat Indonesia memiliki potensi besar untuk menyamai Belanda dalam sektor tersebut.

    “Jika kita melihat Indonesia, ada potensi besar di sektor agrikultur. Belanda, yang jauh lebih kecil dari kita, mampu menjadi salah satu eksportir makanan terbesar di dunia,” ucap Patrick.

    Tidak hanya agrikultur, Patrick melihat sektor mineral dan sumber daya alam lainnya juga masih menyimpan potensi besar untuk membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia ke angka 8%.

    Meski demikian, bos GOTO ini tidak menampilkan bahwa pentingnya sektor manufaktur untuk menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

    Menurutnya, Indonesia tetap perlu menjadi lebih kompetitif dalam bidang ini. Namun, strategi pengembangan ekonomi tidak bisa hanya fokus pada satu sektor.

    “Apakah kita harus melihat manufaktur dan menjadi lebih kompetitif? Jawabannya adalah benar. Tapi itu bukan satu-satunya hal,” pungkasnya.

    Sebagaimana diketahui, Prabowo menginginkan ekonomi bisa tumbuh hingga 8%. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengungkap siasat Prabowo Subianto dalam menggenjot laju pertumbuhan ekonomi dapat tembus 8%.

    Hashim menjelaskan, realisasi target ekonomi tumbuh 8% itu salah satunya bakal diraih lewat percepatan bisnis pada sektor properti. 

  • Tokopedia Dorong Adopsi Video Promosi, Berharap Jualan Seller Laris Kuartal I/2025

    Tokopedia Dorong Adopsi Video Promosi, Berharap Jualan Seller Laris Kuartal I/2025

    Bisnis.com, JAKARTA – Tokopedia, platform e-commerce milik ByteDance dan GoTo Grup, mendorong para seller untuk berinovasi dan mengoptimalkan kanal video promosi guna meningkatkan penjualan.

    Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce Aditia Grasio Nelwan menyebut terus mendorong para seller untuk berinovasi memanfaatkan konten video promosi.

    Hal ini terus didorong oleh pihak Tokopedia, karena di era discovery e-commerce pertumbuhan ekonomi baru dapat diakselerasi jika pelaku usaha memanfaatkan teknologi dengan cara baru.

    “Maka Tokopedia dan ShopTokopedia terus mengedukasi lebih banyak pelaku usaha agar makin terampil memanfaatkan konten video promosi (pendek hingga live) di TikTok,” kata Adita kepada Bisnis, Jumat (17/1/2025).

    Tokopedia menyampaikan nilai transaksi sejumlah penjual di ShopTokopedia naik rata-rata 30 kali lipat didornong live streaming di TikTok. 

    Melihat tren positif ini, Tokopedia dan ShopTokopedia berupaya mengajak sebanyak-banyaknya pelaku usaha memanfaatkan fitur LIVE atau live streaming di TikTok 

    Aditia menyebut, era discovery e-commerce juga melahirkan profesi baru, yaitu kreator. Affiliate content creators memperoleh penghasilan dengan mempromosikan atau memasarkan produk para penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia lewat konten video yang relevan di TikTok. 

    Peran positif kreator terhadap kemajuan pelaku usaha, khususnya UMKM, melatarbelakangi Tokopedia dan ShopTokopedia menggelar program pemberdayaan kreator, seperti Creators Lab dan Youth Affiliate Program.

    Di sisi lain, Aditia menyebut nilai transaksi sejumlah penjual di ShopTokopedia bisa naik rata-rata 30 kali lipat berkat live streaming di TikTok. 

    Melihat tren positif ini, Tokopedia dan ShopTokopedia berupaya mengajak sebanyak-banyaknya pelaku usaha memanfaatkan fitur LIVE atau live streaming di TikTok.

    “Hal ini untuk meningkatkan transaksi perdagangan daring sekaligus perekonomian di Indonesia,” ucapnya.

    Terkait dengan tren transaksi yang bakal terjadi di kuartal I/2025, Aditia menyebut pihaknya belum dapat berspekulasi tentang hal tersebut.

    “Di sisi lain, kami tidak bisa berspekulasi mengenai transaksi di kuartal I 2025,” ujar Aditia.

  • Gojek (GOTO) Tegaskan Biaya Aplikasi Driver Tak Melebihi Batasi Maksimal 20%

    Gojek (GOTO) Tegaskan Biaya Aplikasi Driver Tak Melebihi Batasi Maksimal 20%

    Bisnis.com, JAKARTA – Gojek, aplikator transportasi online milik PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), memastikan biaya aplikasi yang dibebankan kepada mitra driver sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

    Head of Corporate Affairs Gojek Rosel Lavina mengatakan bahwa komisi yang diterima tidak lebih dari 15%+5% dari biaya perjalanan (tarif).

    Angka tersebut, kata Rosel sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 1001 Tahun 2022 atas perubahan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 667 Tahun 2022 Tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat Yang Dilakukan Dengan Aplikasi.

    “Sesuai dengan KP 1001/2022, 5% dari biaya perjalanan (tarif) ini dikembalikan untuk menunjang kebutuhan dan membantu pengembangan kapasitas mitra driver seperti menghadirkan pelatihan keamanan berkendara bagi mitra,” kata Rosel kepada Bisnis, Jumat (17/1/2025).

    Selain pelatihan, 5% dari biaya perjalanan tersebut bakal digunakan untuk program Gojek Swadaya yang memungkinkan mitra driver dapat mengakses berbagai manfaat khusus.

    Manfaat tersebut, mulai dari paket pulsa atau internet murah, perlindungan tambahan, voucher  untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan hingga beasiswa untuk anak mitra yang berprestasi.

    Rosel juga menambahkan bahwa biaya jasa aplikasi yang dibayarkan oleh pelanggan tidak termasuk dalam besaran biaya perjalanan tarif yang dipotong dari pendapatan driver. 

    Biaya jasa aplikasi digunakan mendukung pengembangan produk dan keuntungan bagi pengguna melalui pemeliharaan platform aplikasi, inovasi, hingga diskon. 

    “Biaya ini merupakan praktik yang biasa diterapkan pada industri teknologi,” ujarnya.

    Adapun, Asosiasi Pengemudi Transportasi dan Jasa Daring Indonesia meminta agar pemerintah dan aplikator Grab-Gojek menurunkan potongan biaya aplikasi menjadi 10% dari sebelumnya 20%.

    Sementara itu berdasarkan penelusuran Bisnis, sejumlah driver mengaku dikenakan biaya aplikasi di atas 20%, yang membuat mereka makin terbebani.

  • Bos GOTO Patrick Walujo Sebut Nvidia Bakal Terlibat Makin Intens di Sahabat AI

    Bos GOTO Patrick Walujo Sebut Nvidia Bakal Terlibat Makin Intens di Sahabat AI

    Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) Patrick Walujo menyampaikan Nvidia tertarik untuk mendukung pengembangan fase selanjutnya dari Sahabat-AI.

    Sahabat AI menjadi terobosan baru dalam penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) di Tanah Air. Mesin pintar besutan Indosat-Nvidia ini dirancang khusus dalam Bahasa Indonesia serta berbagai bahasa daerah.

    Pada praktiknya, arketipe AI ini digunakan membantu bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. atau GoTo agar dapat berkomunikasi lebih baik dengan pelanggan.

    Patrick mengatakan kepastian raksasa pembuat chip asal Amerika Serikat (AS) untuk mendukung pengembangan Sahabat-AI dikatakan langsung oleh CEOnya yaitu Jensen Huang.

    “Sebenarnya, saya baru saja mendapat pesan dari Jensen kemarin bahwa NVIDIA kini ingin mendukung lebih jauh pengembangan dari Sahabat AI,” kata Patrick dalam Indonesia Pe-Vc Summit, Kamis (16/1/2025).

    Patrick menyampaikan bahwa pihaknya menganggap tawaran Jensen sebagai peluang yang sangat penting bagi Sahabat-AI.

    Apalagi, Nvidia adalah produsen atau perancang chip kelas dunia yang memiliki produk yang berguna untuk pengembangan AI.

    “Jadi ya, maksud saya, ini sangat penting. Kami menanggapinya dengan sangat serius. Kami perlahan-lahan mengintegrasikan beberapa inisiatif ini ke dalam operasi harian kami,” ujarnya.

    Lebih lanjut, ketika ditanya apakah ada kemungkinan Nvidia untuk berinvestasi di Goto, Patrick menuturkan dirinya tidak mengetahui hal tersebut.

    Patrick menyebut bahwa pihaknya dan Nvidia hanya bekerja sama dan berkordinasi terkait dengan Sahabat-AI.

    “Nvidia berinvestasi di Goto? Saya tidak tahu. Saya tidak tahu jawabannya. Namun, kami bekerja sama dengan mereka,” ucap Patrick.

    Sahabat-AI merupakan ekosistem terbuka yang menghubungkan lembaga riset, universitas, media, pemerintah, dan mitra lainnya dalam sebuah inisiatif nasional. Kolaborasi ini bertujuan menggabungkan keahlian internasional dengan inovasi tanah air untuk memenuhi kebutuhan unik masyarakat Indonesia.

    Sahabat-AI didukung oleh AI Singapore dan Tech Mahindra, menggunakan perangkat lunak NVIDIA AI Enterprise, termasuk NVIDIA NeMo, untuk melatih model ini dan meningkatkan pemahaman bahasa secara umum.

    Sahabat-AI memiliki kemampuan untuk memproses data berjumlah besar dalam Bahasa Indonesia dan bahasa daerah, sekaligus mempertahankan nuansa budaya dan linguistik yang esensial.

    Sahabat-AI dilatih dengan platform AI full-stack NVIDIA dan dirancang untuk menghadirkan solusi teknologi bagi kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia. Pada tahap pertama, Sahabat-AI akan diluncurkan dengan model LLM berparameter 8 dan 9 miliar.

    Indosat Group, yang bekerja sama erat dengan NVIDIA di Indonesia, akan terus mendukung pengembangan ekosistem Sahabat-AI menggunakan GPU Merdeka yang merupakan Sovereign AI Cloud yang mengimplementasikan fitur NVIDIA accelerated computing.

  • Solusi AI Refinery Indosat (ISAT) Sasar Perbankan, Tingkatkan Produktivitas

    Solusi AI Refinery Indosat (ISAT) Sasar Perbankan, Tingkatkan Produktivitas

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison bakal memfokuskan solusi kecerdasan buatan AI Refinery pada sektor jasa keuangan.

    AI Refinery sendiri adalah adalah solusi kecerdasan artifisial (AI) yang dikembangkan untuk membantu sektor jasa keuangan, seperti bank dan lembaga keuangan

    SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang mengatakan bahwa solusi AI ini akan membantu bank dan lembaga keuangan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas pengambilan keputusan.

    “Serta menawarkan pengalaman pelanggan yang lebih personal, dengan memastikan regulasi dan keamanan data,” kata Steve kepada Bisnis, Rabu (15/1/2025).

    Adapun, dampak kecerdasan buatan global dalam perbankan diperkirakan mencapai US$19,87 miliar pada 2023 dan diharapkan tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 31,8% dari tahun 2024 hingga 2030.

    Selain membantu meningkatkan operasional, Steve menjabarkan manfaat yang diberikan dari solusi AI berupa peningkatan produktivitas, profitabilitas yang lebih tinggi, dan kemampuan untuk beradaptasi lebih cepat terhadap perubahan pasar. 

    Keandalan AI Refinery, kata Steve terletak pada keamanan, efisiensi, serta relevan. Dengan permintaan yang terus meningkat, solusi ini diharapkan dapat menjangkau lebih banyak bank dan lembaga keuangan di Indonesia.

    Sehingga, solusi AI ini memiliki pengaruh dalam meningkatkan pengambilan keputusan, mengotomatisasi proses, dan memberikan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi.

    Lebih lanjut, Steve mengatakan bahwa AI Refinery merupakan solusi yang menggabungkan keahlian global Accenture, Indosat, dan Lintasarta untuk memberikan solusi yang andal. 

    Dari sisi biaya, Steve menyampaikan AI Refinery menawarkan pendekatan efisien tanpa mengorbankan fleksibilitas atau keamanan data. 

    “Indosat percaya, upaya ini dapat menggerakkan implementasi AI di Indonesia, dan di saat bersamaan meningkatkan pengalaman mengesankan (marvelous experience) bagi seluruh pelanggannya,” ujarnya.

    Diberitakan sebelumnya, Indosat bekerja sama dengan Nvidia meluncurkan tiga platform inovatif dalam acara Indonesia AI Day di The Tribrata, Kamis (14/11/2024) antara lain GPU Merdeka, Sahabat AI, dan IM3 Platinium. 

    President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan platform pertama yang diluncurkan adalah IM3 Platinum.

    Selain IM3 Platinum, Vikram menuturkan pihaknya juga meluncurkan Sahabat AI. Sebuah LLM yang bisa membantu pengguna dalam mengakses layanan di aplikasi.

    Teknologi Sahabat AI telah diimplementasikan di GOTO, yang memudahkan para penggunanya dalam melakukan pemesanan makanan dan ojek online. 

    Lebih lanjut, untuk platform ketiga Vikram menyampaikan bahwa Indosat juga meluncurkan Merdeka Cloud.

    Platform ini bakal digunakan untuk mendemokratisasi AI untuk semua perusahaan. Vikram menyebut, platform ini nantinya bakal didukung oleh Nvidia dan Accenture.