Perusahaan: Google

  • Viral Pengunjung Tebet Eco Park Diminta Bayar Rp500 Ribu untuk Foto-foto

    Viral Pengunjung Tebet Eco Park Diminta Bayar Rp500 Ribu untuk Foto-foto

    Jakarta: Viral di media sosial, pungutan liar (pungli) diduga terjadi di kawasan Tebet Eco Park, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Dugaan pungutan liar ini berkedok keanggotaan komunitas fotografi Tebet Eco Park.
     
    Kejadian bermula saat AM (34) berkunjung d Tebet Eco Park pada Kamis, 16 Oktober 2025. Namun ketika sedang memotret suasana taman, seorang pria berompi dan beridentitas komunitas fotografer tiba-tiba menegurnya.
     
    Pria tersebut meminta AM menunjukkan izin memotret. AM pun mengaku tidak memilikinya, karena menurutnya kegiatan fotografi di ruang publik diperbolehkan selama tidak mengganggu orang lain.
     
     

    Perdebatan lantas tak dapat dihindarkan. AM kemudian ditawarkan “keanggotaan” komunitas fotografi Tebet Eco Park dengan biaya Rp500 ribu. Dengan keanggotan tersebut, AM baru boleh memotret di sana.
     
    Dengan bergabung dalam komunitas tersebut, AM juga diwajibkan memberikan potongan 10 persen jika hasil foto dijual. AM yang menganggap memotret hanyalah hobi, menolak tawaran tersebut.
     
    AM kemudian menceritakan pengalaman tidak menyenangkannya ini di kolom komentar media sosial komunitas fotografi Tebet Eco Park, @tebetekoparkofficial. Komentar tersebut langsung menuai banyak reaksi warganet.
     
    “Tebet bayar 500 ribu, setor 10 persen dagang ke mereka nanti dikasih lapak,” tulis salah satu akun.
     

     
    Pengunjung Bebas Memotret di Tebet Eco Park
    Menanggapi berita viral itu, Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung menegaskan bahwa pengunjung bebas mengambil gambar di kawasan Eco Park. Ia mengatakan, oknum yang diduga melakukan pungutan liar akan ditertibkan.
     
    “Nggak, nggak. Itu Eco Park bebas. Jadi nggak ada, nanti kami tertibkan. Nggak boleh ada pungutan-pungutan, wong itu taman (ruang publik),” kata Pramono, mengutip Antara, Selasa (21/9).
     
    Sementara itu, Kepala Seksi Taman Kota Dimas Ario Nugroho menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak pernah menerapkan biaya apapun untuk kegiatan fotografi di kawasan taman.
     
    “Kami tidak melarang adanya aktivitas fotografi di dalam area taman, baik komunitas maupun perorangan,” tegas Dimas.

     

    Jakarta: Viral di media sosial, pungutan liar (pungli) diduga terjadi di kawasan Tebet Eco Park, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Dugaan pungutan liar ini berkedok keanggotaan komunitas fotografi Tebet Eco Park.
     
    Kejadian bermula saat AM (34) berkunjung d Tebet Eco Park pada Kamis, 16 Oktober 2025. Namun ketika sedang memotret suasana taman, seorang pria berompi dan beridentitas komunitas fotografer tiba-tiba menegurnya.
     
    Pria tersebut meminta AM menunjukkan izin memotret. AM pun mengaku tidak memilikinya, karena menurutnya kegiatan fotografi di ruang publik diperbolehkan selama tidak mengganggu orang lain.
     
     

     
    Perdebatan lantas tak dapat dihindarkan. AM kemudian ditawarkan “keanggotaan” komunitas fotografi Tebet Eco Park dengan biaya Rp500 ribu. Dengan keanggotan tersebut, AM baru boleh memotret di sana.
     
    Dengan bergabung dalam komunitas tersebut, AM juga diwajibkan memberikan potongan 10 persen jika hasil foto dijual. AM yang menganggap memotret hanyalah hobi, menolak tawaran tersebut.
     
    AM kemudian menceritakan pengalaman tidak menyenangkannya ini di kolom komentar media sosial komunitas fotografi Tebet Eco Park, @tebetekoparkofficial. Komentar tersebut langsung menuai banyak reaksi warganet.
     
    “Tebet bayar 500 ribu, setor 10 persen dagang ke mereka nanti dikasih lapak,” tulis salah satu akun.
     

     

    Pengunjung Bebas Memotret di Tebet Eco Park

    Menanggapi berita viral itu, Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung menegaskan bahwa pengunjung bebas mengambil gambar di kawasan Eco Park. Ia mengatakan, oknum yang diduga melakukan pungutan liar akan ditertibkan.
     
    “Nggak, nggak. Itu Eco Park bebas. Jadi nggak ada, nanti kami tertibkan. Nggak boleh ada pungutan-pungutan, wong itu taman (ruang publik),” kata Pramono, mengutip Antara, Selasa (21/9).
     
    Sementara itu, Kepala Seksi Taman Kota Dimas Ario Nugroho menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak pernah menerapkan biaya apapun untuk kegiatan fotografi di kawasan taman.
     
    “Kami tidak melarang adanya aktivitas fotografi di dalam area taman, baik komunitas maupun perorangan,” tegas Dimas.
     
     

    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • AHY Sebut Pemerintah Masih Cari Solusi Terbaik untuk Utang Kereta Cepat

    AHY Sebut Pemerintah Masih Cari Solusi Terbaik untuk Utang Kereta Cepat

    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menegaskan pemerintah terus mencari solusi untuk menyelesaikan tantangan terkait persoalan utang yang dihadapi proyek kereta cepat Jakarta–Bandung (KCIC/Whoosh).
     
    AHY mengungkapkan bahwa sejumlah pertemuan telah digelar untuk membahas opsi penyelesaian masalah tersebut. Namun, belum ada keputusan final mengenai bentuk penyelesaian yang akan diambil.
     
    “Saya belum bisa menyampaikan secara definitif karena memang masih terus dikembangkan. Nanti saja pada saatnya akan kami jelaskan secara terbuka bagaimana langkah yang diambil,” ujar AHY, dalam konferensi pers Satu Tahun Kinerja Pemerintahan Prabowo-Gibran, Selasa, 21 Oktober 2025.
     
    Lebih lanjut, AHY menyebut ada beberapa opsi yang sedang dikaji pemerintah. Salah satunya adalah penanganan sebagian beban pembiayaan oleh pemerintah, serta kemungkinan pengambilalihan oleh Danantara atau pihak lain yang relevan.
     
    “Masih ada opsi prasarana ditangani oleh pemerintah, tapi juga ada opsi lain, misalnya Danantara bisa mengambil alih. Intinya, kita mencari solusi terbaik,” jelas AHY.
     

    AHY menegaskan tidak ingin persoalan KCIC berkembang menjadi perdebatan antara sektor publik dan swasta. Menurutnya, seluruh pihak memiliki tujuan yang sama untuk mencari jalan keluar yang terbaik bagi proyek strategis nasional tersebut.
     
    “Saya tidak ingin ini menjadi polemik antara pemerintah seperti berhadap-hadapan dengan swasta, dengan Danantara atau BUMN karena kita sama-sama ingin mencari solusi yang terbaik,” tegasnya.
     
    Ia menambahkan, seluruh langkah yang diambil tetap berada dalam koridor arahan Presiden Prabowo Subianto, dengan tujuan utama memastikan keberlanjutan proyek strategis nasional tersebut tanpa mengorbankan stabilitas keuangan negara maupun sektor transportasi lainnya.
     
    “Ini arahan dari Pak Presiden, dan saya sedang mengawal isu ini bersama teman-teman yang lain,” pungkasnya.

     

    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menegaskan pemerintah terus mencari solusi untuk menyelesaikan tantangan terkait persoalan utang yang dihadapi proyek kereta cepat Jakarta–Bandung (KCIC/Whoosh).
     
    AHY mengungkapkan bahwa sejumlah pertemuan telah digelar untuk membahas opsi penyelesaian masalah tersebut. Namun, belum ada keputusan final mengenai bentuk penyelesaian yang akan diambil.
     
    “Saya belum bisa menyampaikan secara definitif karena memang masih terus dikembangkan. Nanti saja pada saatnya akan kami jelaskan secara terbuka bagaimana langkah yang diambil,” ujar AHY, dalam konferensi pers Satu Tahun Kinerja Pemerintahan Prabowo-Gibran, Selasa, 21 Oktober 2025.
     
    Lebih lanjut, AHY menyebut ada beberapa opsi yang sedang dikaji pemerintah. Salah satunya adalah penanganan sebagian beban pembiayaan oleh pemerintah, serta kemungkinan pengambilalihan oleh Danantara atau pihak lain yang relevan.
     
    “Masih ada opsi prasarana ditangani oleh pemerintah, tapi juga ada opsi lain, misalnya Danantara bisa mengambil alih. Intinya, kita mencari solusi terbaik,” jelas AHY.
     

     
    AHY menegaskan tidak ingin persoalan KCIC berkembang menjadi perdebatan antara sektor publik dan swasta. Menurutnya, seluruh pihak memiliki tujuan yang sama untuk mencari jalan keluar yang terbaik bagi proyek strategis nasional tersebut.
     
    “Saya tidak ingin ini menjadi polemik antara pemerintah seperti berhadap-hadapan dengan swasta, dengan Danantara atau BUMN karena kita sama-sama ingin mencari solusi yang terbaik,” tegasnya.
     
    Ia menambahkan, seluruh langkah yang diambil tetap berada dalam koridor arahan Presiden Prabowo Subianto, dengan tujuan utama memastikan keberlanjutan proyek strategis nasional tersebut tanpa mengorbankan stabilitas keuangan negara maupun sektor transportasi lainnya.
     
    “Ini arahan dari Pak Presiden, dan saya sedang mengawal isu ini bersama teman-teman yang lain,” pungkasnya.
     
     

    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • Tak Hanya Kereta Cepat, AHY Pastikan Pemerataan Transportasi Jadi Prioritas Pemerintah

    Tak Hanya Kereta Cepat, AHY Pastikan Pemerataan Transportasi Jadi Prioritas Pemerintah

    Jakarta: Pemerintah menegaskan komitmennya untuk tidak hanya fokus pada pembangunan proyek kereta cepat, tetapi juga memastikan pemerataan pembangunan sistem perkeretaapian di seluruh wilayah Indonesia.
     
    Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), saat menjawab pertanyaan mengenai arah kebijakan transportasi massal ke depan.
     
    AHY menjelaskan, pembangunan sektor perkeretaapian membutuhkan keseimbangan antara peningkatan konektivitas, seperti adanya rencana melanjutkan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, serta pemerataan pembangunan daerah.
     
    “Di satu sisi kita ingin meningkatkan konektivitas secara signifikan karena dampaknya besar terhadap waktu tempuh. Tapi kalau hanya fokus ke kereta cepat, tentu seperti tidak sensitif terhadap kebutuhan pemerataan pembangunan wilayah,” ujar AHY, dalam konferensi pers Satu Tahun Kinerja Pemerintahan Prabowo-Gibran, Selasa, 21 Oktober 2025.
     

     
    Ia menegaskan bahwa pemerintah tidak bisa hanya berfokus pada satu proyek strategis, melainkan juga harus memperhitungkan keterbatasan anggaran dan kebutuhan keadilan pembangunan.

    AHY juga menyoroti pentingnya mengembangkan industri perkeretaapian nasional. Menurutnya, meningkatnya permintaan terhadap transportasi rel akan mendorong tumbuhnya industri domestik dan membuka lapangan kerja baru.
     
    “Kita tidak hanya ingin membeli dari luar, tapi juga menghidupkan industri perkeretaapian nasional. Kalau ada demand, pasti ada supply, dan ini akan menggerakkan kembali ekonomi,” ujarnya.
     
    Selain infrastruktur rel, pemerintah pun menekankan pentingnya pengembangan kawasan transit yang memberikan nilai tambah bagi perekonomian. Konsep Transit-Oriented Development (TOD) disebut sebagai salah satu kunci untuk mendukung keberlanjutan finansial proyek transportasi.
     

    “Jangan sampai pemerintah hanya membangun jalurnya, tapi tidak mendapatkan benefit yang lebih luas. Kawasan transit harus menjadi nilai tambah, termasuk melalui potensi land value capture,” jelas AHY.
     
    Dalam proses perencanaan dan pelaksanaan, pemerintah pusat juga terus melibatkan berbagai pihak. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat kontribusi nyata bagi pengembangan ekonomi di wilayah-wilayah yang dilalui jaringan kereta.
     
    “Pemerintah ingin mendengarkan masukan dari perusahaan, dari daerah, dan memastikan bahwa manfaatnya benar-benar dirasakan masyarakat,” tutur AHY.
     
    Ia menutup dengan penekanan akan pentingnya menjaga kesehatan operasional PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai tulang punggung transportasi rel nasional.
     

    Jakarta: Pemerintah menegaskan komitmennya untuk tidak hanya fokus pada pembangunan proyek kereta cepat, tetapi juga memastikan pemerataan pembangunan sistem perkeretaapian di seluruh wilayah Indonesia.
     
    Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), saat menjawab pertanyaan mengenai arah kebijakan transportasi massal ke depan.
     
    AHY menjelaskan, pembangunan sektor perkeretaapian membutuhkan keseimbangan antara peningkatan konektivitas, seperti adanya rencana melanjutkan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, serta pemerataan pembangunan daerah.
     
    “Di satu sisi kita ingin meningkatkan konektivitas secara signifikan karena dampaknya besar terhadap waktu tempuh. Tapi kalau hanya fokus ke kereta cepat, tentu seperti tidak sensitif terhadap kebutuhan pemerataan pembangunan wilayah,” ujar AHY, dalam konferensi pers Satu Tahun Kinerja Pemerintahan Prabowo-Gibran, Selasa, 21 Oktober 2025.
     

     
    Ia menegaskan bahwa pemerintah tidak bisa hanya berfokus pada satu proyek strategis, melainkan juga harus memperhitungkan keterbatasan anggaran dan kebutuhan keadilan pembangunan.
     
    AHY juga menyoroti pentingnya mengembangkan industri perkeretaapian nasional. Menurutnya, meningkatnya permintaan terhadap transportasi rel akan mendorong tumbuhnya industri domestik dan membuka lapangan kerja baru.
     
    “Kita tidak hanya ingin membeli dari luar, tapi juga menghidupkan industri perkeretaapian nasional. Kalau ada demand, pasti ada supply, dan ini akan menggerakkan kembali ekonomi,” ujarnya.
     
    Selain infrastruktur rel, pemerintah pun menekankan pentingnya pengembangan kawasan transit yang memberikan nilai tambah bagi perekonomian. Konsep Transit-Oriented Development (TOD) disebut sebagai salah satu kunci untuk mendukung keberlanjutan finansial proyek transportasi.
     

     
    “Jangan sampai pemerintah hanya membangun jalurnya, tapi tidak mendapatkan benefit yang lebih luas. Kawasan transit harus menjadi nilai tambah, termasuk melalui potensi land value capture,” jelas AHY.
     
    Dalam proses perencanaan dan pelaksanaan, pemerintah pusat juga terus melibatkan berbagai pihak. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat kontribusi nyata bagi pengembangan ekonomi di wilayah-wilayah yang dilalui jaringan kereta.
     
    “Pemerintah ingin mendengarkan masukan dari perusahaan, dari daerah, dan memastikan bahwa manfaatnya benar-benar dirasakan masyarakat,” tutur AHY.
     
    Ia menutup dengan penekanan akan pentingnya menjaga kesehatan operasional PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai tulang punggung transportasi rel nasional.
     

    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • Finalis Top 6 Hadapi Tantangan Logistic Race di Episode 4 Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas, Siapa yang Bertahan?

    Finalis Top 6 Hadapi Tantangan Logistic Race di Episode 4 Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas, Siapa yang Bertahan?

    Jakarta: Perjalanan para peserta Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas kembali diuji dan tantangan yang harus mereka hadapi masih jauh dari selesai.

    Pada episode 4 yang tayang 19 Oktober 2025, keseruan kompetisi semakin terasa saat langkah Hirakiya dan B Erl Cosmetics harus terhenti usai mendapat kritik dari para juri atas video promosi kreatif yang mereka buat. Keduanya terpaksa harus mengakhiri perjalanan mereka, menyisakan enam finalis yang kini siap menghadapi tantangan berikutnya.
     
    Tantangan di episode kali ini adalah Logistic Race, di mana para Jagoan UMKM diuji untuk mampu menjalankan proses fulfillment secara menyeluruh. Fulfillment adalah rangkaian proses pemenuhan pesanan, mulai dari penerimaan pesanan, pengemasan, hingga pengiriman produk ke pelanggan.

    Mereka harus mengemas 10 produk sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) Shopee, memastikan resi akurat, dan mengantarkan paket ke empat titik ekspedisi: JNE, PosAja, SiCepat, dan SPX Express. Semua tugas ini harus diselesaikan dalam waktu maksimal 3 jam, dan mereka wajib kembali ke titik awal sebelum waktu habis.

    Suasana terasa tegang dan membuat setiap detik dilapangan terasa berharga. Tekanan tinggi, kekuatan fisik, fokus, dan strategi menjadi penentu keberhasilan siapa yang mampu bertahan hingga babak berikutnya.
     
    Tantangan Logistic Race dimulai dengan para peserta memilih amplop secara acak, masing-masing berisi daftar resi dan produk yang harus dikemas, sehingga setiap peserta mendapatkan kejutan yang berbeda dan tak terduga. Namun sebelum memulai tantangan ini, para Jagoan UMKM mendapatkan sesi mentoring dari Yohan Agustian seorang Shopee Seller Mentor & Founder MEA Agency.

    Ia membagikan insight tentang strategi logistik, efisiensi pengemasan, dan pengelolaan waktu di lapangan. Yohan juga menekankan pentingnya pengelolaan operasional yang efisien untuk kesuksesan jangka panjang.

    “Pengen ngebentuk para teman-teman UMKM ini jadi bener-bener pebisnis yang tangguh,” tambah Yohan, mengingatkan para finalis bahwa kesuksesan tidak hanya bergantung pada produk, tetapi juga pada kemampuan mengelola seluruh rantai operasional dari hulu ke hilir dengan baik.

     

     
    Babak berikutnya untuk enam Jagoan UMKM yang tersisa, strategi operasional diuji di misi Logistic Race
     
    Setelah sesi mentoring selesai, setiap peserta Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas membuka amplop yang telah mereka pilih sebelumnya. Waktu 3 jam untuk menyelesaikan tantangan ini pun dimulai.

    Misi pertama bagi para Jagoan UMKM adalah mengambil barang sesuai daftar resi, mulai dari makanan, pakaian, hingga produk elektronik, dan mengemasnya sesuai dengan SOP. Penilaian pada babak ini tidak hanya melihat kecepatan, tetapi juga ketepatan pengemasan paket dan akurasi resi dengan produk, serta kemampuan mengirim paket ke ekspedisi yang telah ditentukan dengan aman.

     
    Skill packing benar-benar diuji di babak ini. homLiv terlihat kesulitan karena sudah lama tidak melakukan packing. “Kesulitannya mungkin karena udah lama gak pegang alat-alat packing ya,” kata Yudiana Lyn, pemilik homLiv.

    Sementara itu, Zenitha menjadi peserta yang terakhir berangkat karena proses pengemasannya memakan waktu lebih lama dari peserta lain. “Udah biasa sebenarnya packing, cuma saya packing-nya itu lama. Tadi udah mencoba cepat, tapi kenapa yang lain lebih cepat,” ujar Fikri, pemilik Zenitha. 
     
    Strategi dan pemilihan rute juga menjadi faktor kunci berikutnya dalam tantangan ini. Para Jagoan UMKM harus memastikan paket sampai ke tangan konsumen tepat waktu dan dalam kondisi aman, sehingga keputusan terkait urutan pengiriman dan rute perjalanan menjadi faktor yang sangat menentukan keberhasilan mereka.

    Ketepatan strategi ini juga menimbulkan perbedaan besar dalam hasil akhir tantangan Logistic Race. Sandra, pemilik Sunkrisps misalnya, memilih untuk mengirim paket ke ekspedisi yang terdekat terlebih dahulu sebelum ke lokasi yang lebih jauh, yang menurutnya lebih efisien sehingga waktu dan tenaga dapat dioptimalkan.
     

     
    Sementara itu, Annisa Herdyana dari DS Modest yang memenangkan Golden Star di episode sebelumnya, mendapat keuntungan untuk memulai tantangan 5 menit lebih awal dibanding peserta lain, sehingga ia dapat mengemas produk lebih cepat dan berangkat pertama. Namun, tekanan lapangan dan dinamika rute membuat segalanya menjadi lebih menantang dari perkiraan.

    Beberapa hambatan tak terduga dan kondisi di lapangan, membuat dirinya justru menyelesaikan tantangan ini lebih belakangan dibanding beberapa peserta lain. Momen ini menunjukkan bahwa dalam tantangan nyata, pengalaman, strategi, dan kemampuan mengambil keputusan di lapangan sama pentingnya dengan kecepatan.

    Drama di setiap langkahnya membuat penonton semakin tegang, sambil menyaksikan bagaimana peserta harus berpikir cepat, tetap fokus, dan beradaptasi di tengah situasi yang tidak selalu berjalan sesuai rencana.
     
    Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas sukses memikat penonton setia YouTube, sekaligus menarik minat publik figur, termasuk Ruben Onsu yang membagikan kompilasi dan drama episode 4 melalui akun media sosialnya. Momen drama dalam unggahan tersebut membuat adrenalin Ruben Onsu ikut terpacu, terutama saat melihat para peserta menghadapi tantangan Logistic Race dan harus berlomba menyusuri lokasi ekspedisi menggunakan motor.

    Dalam caption unggahan nya, Ruben menulis “Liat mereka cepet-cepetan, jadi ikut deg-degan!”. Antusiasme ini menunjukkan bagaimana tayangan Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas berhasil menghadirkan drama, ketegangan, dan keseruan nyata, sekaligus memberikan inspirasi bagi para penonton.

     
    Episode ini membuktikan bahwa dalam dunia UMKM modern, sukses tidak hanya soal punya produk bagus dan strategi promosi yang optimal, tapi juga kemampuan mengelola operasional dengan cerdas.

    Para peserta diuji bagaimana cara mengemas produk dengan rapi, memilih rute pengiriman yang tepat, dan mengambil keputusan cepat di lapangan, semua sambil tetap menjaga kualitas layanan mereka. Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas sekali lagi menunjukkan bahwa kombinasi ketelitian, strategi, kreativitas, dan keberanian adalah kunci untuk bertahan dan berkembang di dunia bisnis.
     
    Dua peserta akan tereliminasi, dan empat besar Jagoan UMKM tersisa siap menghadapi tantangan berikutnya. Di episode 5, para peserta akan menghadapi tantangan Investor Pitch, di mana setiap Jagoan UMKM harus melakukan pitching kepada investor berbeda, termasuk juri tamu Abraham Viktor selaku CEO Hangry Indonesia.

    Siapa yang bertahan dan siapa yang harus angkat kaki? Saksikan Episode 5 Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas pada 26 Oktober 2025 pukul 19.00 WIB. Sambil menunggu, kamu juga bisa saksikan episode sebelumnya di YouTube Shopee Indonesia. 
     
    Dapatkan juga kesempatan memenangkan hadiah iPhone 16 dan jutaan Voucher Shopee yang bisa didapatkan dengan mengikuti program ‘Kuis Jagoan UMKM’ setiap hari Senin pukul 11.30 WIB hingga Rabu pukul 23.59 WIB dan penonton juga bisa mendukung para Jagoan UMKM favorit mereka melalui ‘Voting Partisipan Favorit’ pada landing page https://shopee.co.id/m/jagoan-umkm.

     

    Jakarta: Perjalanan para peserta Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas kembali diuji dan tantangan yang harus mereka hadapi masih jauh dari selesai.
     
    Pada episode 4 yang tayang 19 Oktober 2025, keseruan kompetisi semakin terasa saat langkah Hirakiya dan B Erl Cosmetics harus terhenti usai mendapat kritik dari para juri atas video promosi kreatif yang mereka buat. Keduanya terpaksa harus mengakhiri perjalanan mereka, menyisakan enam finalis yang kini siap menghadapi tantangan berikutnya.
     
    Tantangan di episode kali ini adalah Logistic Race, di mana para Jagoan UMKM diuji untuk mampu menjalankan proses fulfillment secara menyeluruh. Fulfillment adalah rangkaian proses pemenuhan pesanan, mulai dari penerimaan pesanan, pengemasan, hingga pengiriman produk ke pelanggan.
     
    Mereka harus mengemas 10 produk sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) Shopee, memastikan resi akurat, dan mengantarkan paket ke empat titik ekspedisi: JNE, PosAja, SiCepat, dan SPX Express. Semua tugas ini harus diselesaikan dalam waktu maksimal 3 jam, dan mereka wajib kembali ke titik awal sebelum waktu habis.

    Suasana terasa tegang dan membuat setiap detik dilapangan terasa berharga. Tekanan tinggi, kekuatan fisik, fokus, dan strategi menjadi penentu keberhasilan siapa yang mampu bertahan hingga babak berikutnya.
     
    Tantangan Logistic Race dimulai dengan para peserta memilih amplop secara acak, masing-masing berisi daftar resi dan produk yang harus dikemas, sehingga setiap peserta mendapatkan kejutan yang berbeda dan tak terduga. Namun sebelum memulai tantangan ini, para Jagoan UMKM mendapatkan sesi mentoring dari Yohan Agustian seorang Shopee Seller Mentor & Founder MEA Agency.
     
    Ia membagikan insight tentang strategi logistik, efisiensi pengemasan, dan pengelolaan waktu di lapangan. Yohan juga menekankan pentingnya pengelolaan operasional yang efisien untuk kesuksesan jangka panjang.
     
    “Pengen ngebentuk para teman-teman UMKM ini jadi bener-bener pebisnis yang tangguh,” tambah Yohan, mengingatkan para finalis bahwa kesuksesan tidak hanya bergantung pada produk, tetapi juga pada kemampuan mengelola seluruh rantai operasional dari hulu ke hilir dengan baik.
     
     

     
     
    Babak berikutnya untuk enam Jagoan UMKM yang tersisa, strategi operasional diuji di misi Logistic Race
     
    Setelah sesi mentoring selesai, setiap peserta Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas membuka amplop yang telah mereka pilih sebelumnya. Waktu 3 jam untuk menyelesaikan tantangan ini pun dimulai.
     
    Misi pertama bagi para Jagoan UMKM adalah mengambil barang sesuai daftar resi, mulai dari makanan, pakaian, hingga produk elektronik, dan mengemasnya sesuai dengan SOP. Penilaian pada babak ini tidak hanya melihat kecepatan, tetapi juga ketepatan pengemasan paket dan akurasi resi dengan produk, serta kemampuan mengirim paket ke ekspedisi yang telah ditentukan dengan aman.
     

     
    Skill packing benar-benar diuji di babak ini. homLiv terlihat kesulitan karena sudah lama tidak melakukan packing. “Kesulitannya mungkin karena udah lama gak pegang alat-alat packing ya,” kata Yudiana Lyn, pemilik homLiv.
     
    Sementara itu, Zenitha menjadi peserta yang terakhir berangkat karena proses pengemasannya memakan waktu lebih lama dari peserta lain. “Udah biasa sebenarnya packing, cuma saya packing-nya itu lama. Tadi udah mencoba cepat, tapi kenapa yang lain lebih cepat,” ujar Fikri, pemilik Zenitha. 
     
    Strategi dan pemilihan rute juga menjadi faktor kunci berikutnya dalam tantangan ini. Para Jagoan UMKM harus memastikan paket sampai ke tangan konsumen tepat waktu dan dalam kondisi aman, sehingga keputusan terkait urutan pengiriman dan rute perjalanan menjadi faktor yang sangat menentukan keberhasilan mereka.
     
    Ketepatan strategi ini juga menimbulkan perbedaan besar dalam hasil akhir tantangan Logistic Race. Sandra, pemilik Sunkrisps misalnya, memilih untuk mengirim paket ke ekspedisi yang terdekat terlebih dahulu sebelum ke lokasi yang lebih jauh, yang menurutnya lebih efisien sehingga waktu dan tenaga dapat dioptimalkan.
     

     

     
    Sementara itu, Annisa Herdyana dari DS Modest yang memenangkan Golden Star di episode sebelumnya, mendapat keuntungan untuk memulai tantangan 5 menit lebih awal dibanding peserta lain, sehingga ia dapat mengemas produk lebih cepat dan berangkat pertama. Namun, tekanan lapangan dan dinamika rute membuat segalanya menjadi lebih menantang dari perkiraan.
     
    Beberapa hambatan tak terduga dan kondisi di lapangan, membuat dirinya justru menyelesaikan tantangan ini lebih belakangan dibanding beberapa peserta lain. Momen ini menunjukkan bahwa dalam tantangan nyata, pengalaman, strategi, dan kemampuan mengambil keputusan di lapangan sama pentingnya dengan kecepatan.
     
    Drama di setiap langkahnya membuat penonton semakin tegang, sambil menyaksikan bagaimana peserta harus berpikir cepat, tetap fokus, dan beradaptasi di tengah situasi yang tidak selalu berjalan sesuai rencana.
     
    Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas sukses memikat penonton setia YouTube, sekaligus menarik minat publik figur, termasuk Ruben Onsu yang membagikan kompilasi dan drama episode 4 melalui akun media sosialnya. Momen drama dalam unggahan tersebut membuat adrenalin Ruben Onsu ikut terpacu, terutama saat melihat para peserta menghadapi tantangan Logistic Race dan harus berlomba menyusuri lokasi ekspedisi menggunakan motor.
     
    Dalam caption unggahan nya, Ruben menulis “Liat mereka cepet-cepetan, jadi ikut deg-degan!”. Antusiasme ini menunjukkan bagaimana tayangan Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas berhasil menghadirkan drama, ketegangan, dan keseruan nyata, sekaligus memberikan inspirasi bagi para penonton.
     

     
    Episode ini membuktikan bahwa dalam dunia UMKM modern, sukses tidak hanya soal punya produk bagus dan strategi promosi yang optimal, tapi juga kemampuan mengelola operasional dengan cerdas.
     
    Para peserta diuji bagaimana cara mengemas produk dengan rapi, memilih rute pengiriman yang tepat, dan mengambil keputusan cepat di lapangan, semua sambil tetap menjaga kualitas layanan mereka. Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas sekali lagi menunjukkan bahwa kombinasi ketelitian, strategi, kreativitas, dan keberanian adalah kunci untuk bertahan dan berkembang di dunia bisnis.
     
    Dua peserta akan tereliminasi, dan empat besar Jagoan UMKM tersisa siap menghadapi tantangan berikutnya. Di episode 5, para peserta akan menghadapi tantangan Investor Pitch, di mana setiap Jagoan UMKM harus melakukan pitching kepada investor berbeda, termasuk juri tamu Abraham Viktor selaku CEO Hangry Indonesia.
     
    Siapa yang bertahan dan siapa yang harus angkat kaki? Saksikan Episode 5 Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas pada 26 Oktober 2025 pukul 19.00 WIB. Sambil menunggu, kamu juga bisa saksikan episode sebelumnya di YouTube Shopee Indonesia. 
     
    Dapatkan juga kesempatan memenangkan hadiah iPhone 16 dan jutaan Voucher Shopee yang bisa didapatkan dengan mengikuti program ‘Kuis Jagoan UMKM’ setiap hari Senin pukul 11.30 WIB hingga Rabu pukul 23.59 WIB dan penonton juga bisa mendukung para Jagoan UMKM favorit mereka melalui ‘Voting Partisipan Favorit’ pada landing page https://shopee.co.id/m/jagoan-umkm.
     
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • ​Catat! Penerbangan Domestik Indonesia AirAsia Pindah ke Terminal 2E Bandara Soetta

    ​Catat! Penerbangan Domestik Indonesia AirAsia Pindah ke Terminal 2E Bandara Soetta

    Jakarta: Indonesia AirAsia mengumumkan bahwa seluruh penerbangan domestik akan dipindahkan dari Terminal 1A ke Terminal 2E di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK). Perpindahan ini berlaku mulai 26 Oktober 2025 (pukul 03.00 WIB). 

    Langkah ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi penumpang sekaligus meningkatkan efisiensi operasional maskapai. 

    Sementara itu, seluruh penerbangan internasional Indonesia AirAsia tetap beroperasi di Terminal 2F tanpa perubahan.

    “Pemindahan ke Terminal 2E dilakukan agar penumpang dapat menikmati fasilitas yang lebih lengkap dan akses yang lebih mudah, terutama bagi yang akan melanjutkan penerbangan internasional melalui Terminal 2F maupun sebaliknya. Indonesia AirAsia telah menyiapkan sejumlah langkah pendukung untuk memastikan proses perpindahan berjalan lancar dan tertata dengan baik,” ujar Captain Achmad Sadikin Abdurachman, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Indonesia AirAsia, di Jakarta dalam keteranganya seperti dikutip Selasa, 21 Oktober 2025.
     
    Sadikin menambahkan bahwa Indonesia AirAsia memahami bahwa setiap perubahan membutuhkan penyesuaian bagi penumpang. Untuk itu, tim Indonesia AirAsia akan disiagakan di area Terminal 1A dan Terminal 2E guna membantu penumpang menemukan lokasi keberangkatan dan kedatangan yang baru. 
     

    Sepanjang masa transisi, petugas akan aktif memberikan panduan dan informasi di lapangan agar kenyamanan penumpang tetap terjaga. Untuk memudahkan penumpang yang mungkin masih menuju terminal sebelumnya, AirAsia juga menyediakan layanan shuttle gratis yang beroperasi setiap 15 menit dari Terminal 1A menuju Terminal 2E.

    “Perpindahan ini merupakan bagian dari komitmen Indonesia AirAsia untuk terus meningkatkan mutu pelayanan dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi seluruh penumpang,” tutup Sadikin.

    Indonesia AirAsia mengimbau seluruh penumpang untuk memeriksa informasi terbaru mengenai terminal keberangkatan dan kedatangan melalui email, SMS, atau aplikasi airasia MOVE (sebelumnya AirAsia Superapp), serta mencetak ulang boarding pass sebelum keberangkatan. Penumpang juga disarankan untuk tiba di bandara setidaknya tiga jam sebelum jadwal penerbangan guna memastikan waktu yang cukup untuk proses check-in manual di konter.

    Informasi lebih lanjut mengenai lokasi Terminal 2E serta pilihan transportasi menuju terminal dapat diakses melalui situs resmi Bandara Internasional Soekarno-Hatta di soekarnohatta.injourneyairports.id. Untuk berita terkini, kegiatan, dan promosi terbaru AirAsia, ikuti akun resmi di X (x.com/airasia_indo), Facebook (facebook.com/flyairasia.id), dan Instagram (instagram.com/flyairasia.id).

    Seluruh tiket penerbangan AirAsia dapat dipesan melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp), situs airasia.com, online travel agent, atau agen perjalanan resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan (10 orang atau lebih), calon penumpang dapat menghubungi Group Desk AirAsia melalui email groupbooking_id@airasia.com.

    Indonesia AirAsia juga mengingatkan seluruh pelanggan untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan pemerintah, serta selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan di setiap penerbangan. Standar keselamatan maskapai telah diakui secara internasional melalui sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA) dari International Air Transport Association (IATA).

    Sebagai pengingat, setiap penumpang diperbolehkan membawa bagasi kabin maksimal 7 kg untuk satu tas atau barang bawaan. Jika melebihi batas tersebut, barang disarankan untuk didaftarkan sebagai bagasi check-in di konter keberangkatan. Untuk penerbangan domestik, penumpang Indonesia AirAsia telah memperoleh jatah bagasi terdaftar sesuai ketentuan yang berlaku.

    Jakarta: Indonesia AirAsia mengumumkan bahwa seluruh penerbangan domestik akan dipindahkan dari Terminal 1A ke Terminal 2E di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK). Perpindahan ini berlaku mulai 26 Oktober 2025 (pukul 03.00 WIB). 
     
    Langkah ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi penumpang sekaligus meningkatkan efisiensi operasional maskapai. 
     
    Sementara itu, seluruh penerbangan internasional Indonesia AirAsia tetap beroperasi di Terminal 2F tanpa perubahan.

    “Pemindahan ke Terminal 2E dilakukan agar penumpang dapat menikmati fasilitas yang lebih lengkap dan akses yang lebih mudah, terutama bagi yang akan melanjutkan penerbangan internasional melalui Terminal 2F maupun sebaliknya. Indonesia AirAsia telah menyiapkan sejumlah langkah pendukung untuk memastikan proses perpindahan berjalan lancar dan tertata dengan baik,” ujar Captain Achmad Sadikin Abdurachman, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Indonesia AirAsia, di Jakarta dalam keteranganya seperti dikutip Selasa, 21 Oktober 2025.
     
    Sadikin menambahkan bahwa Indonesia AirAsia memahami bahwa setiap perubahan membutuhkan penyesuaian bagi penumpang. Untuk itu, tim Indonesia AirAsia akan disiagakan di area Terminal 1A dan Terminal 2E guna membantu penumpang menemukan lokasi keberangkatan dan kedatangan yang baru. 
     

     
    Sepanjang masa transisi, petugas akan aktif memberikan panduan dan informasi di lapangan agar kenyamanan penumpang tetap terjaga. Untuk memudahkan penumpang yang mungkin masih menuju terminal sebelumnya, AirAsia juga menyediakan layanan shuttle gratis yang beroperasi setiap 15 menit dari Terminal 1A menuju Terminal 2E.
     

     
    “Perpindahan ini merupakan bagian dari komitmen Indonesia AirAsia untuk terus meningkatkan mutu pelayanan dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi seluruh penumpang,” tutup Sadikin.
     
    Indonesia AirAsia mengimbau seluruh penumpang untuk memeriksa informasi terbaru mengenai terminal keberangkatan dan kedatangan melalui email, SMS, atau aplikasi airasia MOVE (sebelumnya AirAsia Superapp), serta mencetak ulang boarding pass sebelum keberangkatan. Penumpang juga disarankan untuk tiba di bandara setidaknya tiga jam sebelum jadwal penerbangan guna memastikan waktu yang cukup untuk proses check-in manual di konter.
     
    Informasi lebih lanjut mengenai lokasi Terminal 2E serta pilihan transportasi menuju terminal dapat diakses melalui situs resmi Bandara Internasional Soekarno-Hatta di soekarnohatta.injourneyairports.id. Untuk berita terkini, kegiatan, dan promosi terbaru AirAsia, ikuti akun resmi di X (x.com/airasia_indo), Facebook (facebook.com/flyairasia.id), dan Instagram (instagram.com/flyairasia.id).
     
    Seluruh tiket penerbangan AirAsia dapat dipesan melalui aplikasi airasia MOVE (dahulu airasia Superapp), situs airasia.com, online travel agent, atau agen perjalanan resmi lainnya. Untuk pemesanan tiket rombongan (10 orang atau lebih), calon penumpang dapat menghubungi Group Desk AirAsia melalui email groupbooking_id@airasia.com.
     
    Indonesia AirAsia juga mengingatkan seluruh pelanggan untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai ketentuan pemerintah, serta selalu mengutamakan keselamatan dan keamanan di setiap penerbangan. Standar keselamatan maskapai telah diakui secara internasional melalui sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA) dari International Air Transport Association (IATA).
     
    Sebagai pengingat, setiap penumpang diperbolehkan membawa bagasi kabin maksimal 7 kg untuk satu tas atau barang bawaan. Jika melebihi batas tersebut, barang disarankan untuk didaftarkan sebagai bagasi check-in di konter keberangkatan. Untuk penerbangan domestik, penumpang Indonesia AirAsia telah memperoleh jatah bagasi terdaftar sesuai ketentuan yang berlaku.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (RUL)

  • Konsistensi Kontribusi, Nojorono Kudus Kembali Raih Radar Kudus Award 2025

    Konsistensi Kontribusi, Nojorono Kudus Kembali Raih Radar Kudus Award 2025

    Jakarta: Mewarnai perjalanannya di industri selama hampir satu dekade, Nojorono dianugerahi atas komitmennya sebagai “Perusahaan yang Berkomitmen terhadap Pelestarian Warisan Budaya Kudus Caping Kalo” dalam gelaran Radar Kudus Awards 2025.

    Acara penganugerahan ini diadakan secara langsung di Pendopo Kabupaten Blora pada Jumat, 17 Oktober 2025, sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi perusahaan dalam pemberdayaan masyarakat serta kiprah sosial yang konsisten dilakukan.
     
    Sejak 2022, Nojorono menjadikan Caping Kalo sebagai fokus pelestarian budaya di Kudus melalui buku, dokumenter, pelatihan, hingga seni tari. Langkah ini mencerminkan komitmen perusahaan untuk terus memberi nilai bagi seluruh pemangku kepentingan khususnya dalam pelestarian budaya. Harapannya, komitmen ini tidak hanya memperkuat warisan budaya, tetapi juga memperkenalkan Caping Kalo lebih luas kepada masyarakat.

    Selain menjadi ajang apresiasi kepada para pemimpin daerah, tokoh inspiratif, serta institusi yang dinilai berhasil memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Kudus, Radar Kudus Award menjadi serangkaian selebrasi dalam rangka HUT ke-23 dari Radar Kudus.

     

     
    Dimas Handoko selaku CSR Department Head PT Nojorono Tobacco International, menyampaikan bahwa upaya Nojorono Kudus dalam pelestarian Caping Kalo tidak hanya berorientasi pada penciptaan citra positif, tetapi juga mendorong sinergi antara pemerintah dan komunitas untuk menjaga budaya serta lingkungan lokal.

    “Nojorono Kudus bukan semata entitas bisnis, melainkan bagian dari masyarakat Kudus yang terus berkomitmen memberikan manfaat melalui inovasi dan program CSR berkelanjutan.” tegas Dimas.
     
    Lebih lanjut, Dimas menyebut semangat kebersamaan khas Nojorono menjadi landasan optimisme perusahaan dalam melanjutkan kiprahnya, membawa Kudus semakin dikenal, sekaligus menumbuhkan tenggang rasa dalam menjaga warisan budaya dan kearifan lokal di tengah tantangan global.

    “Kami haturkan terima kasih kepada Radar Kudus atas penghargaan yang diberikan. Pengakuan ini menjadi dorongan bagi Nojorono Kudus untuk senantiasa konsisten memberikan kontribusi terbaik bagi Kota Kudus.” tutupnya

     

    Jakarta: Mewarnai perjalanannya di industri selama hampir satu dekade, Nojorono dianugerahi atas komitmennya sebagai “Perusahaan yang Berkomitmen terhadap Pelestarian Warisan Budaya Kudus Caping Kalo” dalam gelaran Radar Kudus Awards 2025.
     
    Acara penganugerahan ini diadakan secara langsung di Pendopo Kabupaten Blora pada Jumat, 17 Oktober 2025, sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi perusahaan dalam pemberdayaan masyarakat serta kiprah sosial yang konsisten dilakukan.
     
    Sejak 2022, Nojorono menjadikan Caping Kalo sebagai fokus pelestarian budaya di Kudus melalui buku, dokumenter, pelatihan, hingga seni tari. Langkah ini mencerminkan komitmen perusahaan untuk terus memberi nilai bagi seluruh pemangku kepentingan khususnya dalam pelestarian budaya. Harapannya, komitmen ini tidak hanya memperkuat warisan budaya, tetapi juga memperkenalkan Caping Kalo lebih luas kepada masyarakat.
     
    Selain menjadi ajang apresiasi kepada para pemimpin daerah, tokoh inspiratif, serta institusi yang dinilai berhasil memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Kudus, Radar Kudus Award menjadi serangkaian selebrasi dalam rangka HUT ke-23 dari Radar Kudus.

     

     
    Dimas Handoko selaku CSR Department Head PT Nojorono Tobacco International, menyampaikan bahwa upaya Nojorono Kudus dalam pelestarian Caping Kalo tidak hanya berorientasi pada penciptaan citra positif, tetapi juga mendorong sinergi antara pemerintah dan komunitas untuk menjaga budaya serta lingkungan lokal.
     
    “Nojorono Kudus bukan semata entitas bisnis, melainkan bagian dari masyarakat Kudus yang terus berkomitmen memberikan manfaat melalui inovasi dan program CSR berkelanjutan.” tegas Dimas.
     
    Lebih lanjut, Dimas menyebut semangat kebersamaan khas Nojorono menjadi landasan optimisme perusahaan dalam melanjutkan kiprahnya, membawa Kudus semakin dikenal, sekaligus menumbuhkan tenggang rasa dalam menjaga warisan budaya dan kearifan lokal di tengah tantangan global.
     
    “Kami haturkan terima kasih kepada Radar Kudus atas penghargaan yang diberikan. Pengakuan ini menjadi dorongan bagi Nojorono Kudus untuk senantiasa konsisten memberikan kontribusi terbaik bagi Kota Kudus.” tutupnya
     
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • Biar Liburan Tenang, Begini Cara Aktifkan Balasan Otomatis di Gmail

    Biar Liburan Tenang, Begini Cara Aktifkan Balasan Otomatis di Gmail

    JAKARTA – Bagi pekerja yang akan mengambil cuti atau liburan, Google menyediakan fitur “Penjawab Saat Libur” (Vacation Responder) di Gmail yang memungkinkan Anda mengirim balasan otomatis kepada siapa pun yang mengirimi email selama periode tersebut.

    Melalui fitur ini, pengguna dapat memberi tahu pengirim bahwa mereka sedang tidak tersedia, sekaligus mencantumkan tanggal kembali bekerja atau kontak alternatif yang bisa dihubungi.

    Untuk mengaktifkan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

    Di komputer, buka GmailDi kanan atas, klik Setelan lalu Lihat semua setelanPada tab “Umum”, buka bagian “Penjawab saat libur”Pilih Penjawab saat libur aktifIsi rentang tanggal, subjek, dan pesanUntuk mengirim balasan ke kontak Anda saja, centang kotak di bawah pesanDi bagian bawah halaman, klik Simpan Perubahan

    Gmail akan otomatis mengirim balasan mulai pukul 00.00 di tanggal mulai hingga 23.59 di tanggal akhir, kecuali pengguna menonaktifkannya lebih cepat. Balasan hanya dikirim sekali untuk setiap pengirim, kecuali mereka mengirim ulang email setelah empat hari atau pengguna memperbarui isi balasan otomatisnya.

    Sebagai tambahan, Google menjelaskan bahwa email spam dan milis berlangganan tidak akan menerima balasan otomatis. Dengan fitur sederhana ini, pengguna dapat tetap menjaga profesionalitas komunikasi, meski sedang berada jauh dari meja kerja.

  • Selain Kualitas Armada, MPMRent Kantongi Empat Sertifikasi Ini

    Selain Kualitas Armada, MPMRent Kantongi Empat Sertifikasi Ini

    Jakarta: Kendaraan operasional menjadi elemen penting bagi kelancaran aktivitas bisnis perusahaan. Gangguan sekecil apa pun dalam pengelolaan armada dapat memengaruhi produktivitas dan layanan kepada pelanggan.

    Untuk itu, pemilihan mitra rental kendaraan tidak hanya dilihat dari harga atau ketersediaan unit, tapi juga keandalan sistem manajemen yang mendukung operasional.

    Menjawab kebutuhan ini, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent), perusahaan rental kendaraan korporasi memperkuat layanan dengan mempertahankan empat sertifikasi internasional, yaitu ISO 22301:2019 (Business Continuity Management System), ISO 9001:2015 (Manajemen Mutu), ISO 14001:2015 (Manajemen Lingkungan), dan ISO 45001:2018 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), serta Sertifikasi SMK3.
     

    Sertifikasi ISO 22301:2019 menjadi fondasi penting dalam menjaga keberlangsungan layanan, mulai dari pencegahan hingga pemulihan krisis. 

    “Dalam lanskap bisnis yang semakin dinamis dan kompetitif, kecepatan dan keandalan operasional menjadi kebutuhan utama setiap perusahaan. Karena itu, MPMRent tidak hanya berfokus pada penyediaan armada, tetapi membangun sistem manajemen berstandar global yang mampu memastikan bisnis pelanggan tetap berjalan tanpa gangguan, bahkan dalam situasi darurat,” kata VP Strategy & Business Innovation MPMRent, Tantu Agung Suharto.

    Keempat sertifikasi ISO dan SMK3 tersebut mencerminkan infrastruktur manajemen MPMRent yang kokoh dan terukur. Hal ini sekaligus menunjukkan keseriusan perusahaan dalam menerapkan standar pengendalian kepatuhan serta manajemen risiko secara menyeluruh.

    Pencapaian ini memperkuat posisi perusahaan sebagai mitra strategis di berbagai sektor industri dengan layanan dan armada yang andal.

    Jakarta: Kendaraan operasional menjadi elemen penting bagi kelancaran aktivitas bisnis perusahaan. Gangguan sekecil apa pun dalam pengelolaan armada dapat memengaruhi produktivitas dan layanan kepada pelanggan.
     
    Untuk itu, pemilihan mitra rental kendaraan tidak hanya dilihat dari harga atau ketersediaan unit, tapi juga keandalan sistem manajemen yang mendukung operasional.
     
    Menjawab kebutuhan ini, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent), perusahaan rental kendaraan korporasi memperkuat layanan dengan mempertahankan empat sertifikasi internasional, yaitu ISO 22301:2019 (Business Continuity Management System), ISO 9001:2015 (Manajemen Mutu), ISO 14001:2015 (Manajemen Lingkungan), dan ISO 45001:2018 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), serta Sertifikasi SMK3.
     

    Sertifikasi ISO 22301:2019 menjadi fondasi penting dalam menjaga keberlangsungan layanan, mulai dari pencegahan hingga pemulihan krisis. 
     

     
    “Dalam lanskap bisnis yang semakin dinamis dan kompetitif, kecepatan dan keandalan operasional menjadi kebutuhan utama setiap perusahaan. Karena itu, MPMRent tidak hanya berfokus pada penyediaan armada, tetapi membangun sistem manajemen berstandar global yang mampu memastikan bisnis pelanggan tetap berjalan tanpa gangguan, bahkan dalam situasi darurat,” kata VP Strategy & Business Innovation MPMRent, Tantu Agung Suharto.
     
    Keempat sertifikasi ISO dan SMK3 tersebut mencerminkan infrastruktur manajemen MPMRent yang kokoh dan terukur. Hal ini sekaligus menunjukkan keseriusan perusahaan dalam menerapkan standar pengendalian kepatuhan serta manajemen risiko secara menyeluruh.
     
    Pencapaian ini memperkuat posisi perusahaan sebagai mitra strategis di berbagai sektor industri dengan layanan dan armada yang andal.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • Petaka Buat Driver Online Meluas, Penumpang Bisa Kena Dampaknya

    Petaka Buat Driver Online Meluas, Penumpang Bisa Kena Dampaknya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Perkembangan industri taksi otomatis (robotaxi) yang kian meluas tak hanya mengancam profesi driver online. Namun, keselamatan penumpang juga dipertaruhkan.

    Pasalnya, teknologi pengemudian otomatis masih terus diuji coba dan belum sepenuhnya matang. Hal ini bisa dilihat dari kasus kecelakaan yang melibatkan sistem autopilot milik Tesla beberapa saat lalu.

    Terbaru, layanan robotaxi Waymo milik Alphabet (Google) juga tersandung kasus keselamatan penumpang. Lembaga Keamanan Lalu Lintas Nasional (NHTSA) pada pekan ini membuka investigasi awal terhadap sekitar 2.000 unit kendaraan Waymo.

    Penyelidikan ini menyusul laporan yang menyebut robotaxi Waymo gagal mengikuti aturan rambu-rambu lalu lintas, khususnya tanda berhenti ketika bus sekolah lewat. Kasus ini menandai penyelidikan terbaru oleh regulator yang menyasar teknologi pengemudian otomatis.

    Beberapa saat lalu, laporan media menyiarkan video yang memperlihatkan insiden di Georgia. Dalam video tersebut, unit robotaxi Waymo tampak terus bergerak saat mendekati bus sekolah. Padahal, ada lampu merah yang mengisyaratkan penghentian.

    Laporan itu mengatakan robotaxi Waymo awalnya berhenti kemudian bermanuver memutari bus, melewati lengan penghenti yang diperpanjang saat siswa turun.

    Sistem kemudi otomatis Waymo telah melampaui jarak 100 juta mil pada Juli lalu. Waymo mencatat jarak 2 juta mil per minggu, kata NHTSA

    “Berdasarkan keterlibatan NHTSA dengan Waymo dalam insiden ini dan akumulasi jarak tempuh operasional, kemungkinan terjadinya insiden serupa cukup tinggi,” kata badan tersebut, dikutip dari Reuters, Selasa (21/10/2025).

    Menanggapi hal ini, juru bicara Waymo mengatakan perusahaan sudah mengembangkan dan mengimplementasikan peningkatan terkait penghentian ketika bus sekolah lewat. Pembaruan itu akan meluncur pada perilisan software berikutnya.

    “Berkendara dengan aman di sekitar anak-anak selalu menjadi salah satu prioritas utama Waymo mendekati bus sekolah dari sudut yang lampu berkedip dan rambu tidak terlihat,” kata juru bicara Waymo.

    NHTSA mengatakan robotaxi Waymo yang terlibat dalam insiden di Georgia dilengkapi dengan sistem pengemudian otomatis generasi ke-5 buatan perusahaan. Kala itu, tidak ada pengemudi manusia yang mengawasi jalannya robotaxi.

    Waymo mengatakan lebih dari 1.500 unit robotaxi-nya telah beroperasi di kota-kota AS, termasuk Phoenix, Los Angeles, San Francisco, dan Austin.

    Pada Juli 2025, NHTSA baru menutup investigasi selama 14 bulan atas serangkaian tabrakan kecil yang melibatkan robotaxi Waymo. Insiden tabrakan itu melibatkan objek yang terlihat jelas dan seharusnya bisa dihindari oleh pengemudi yang kompeten.

    Selain itu, investigasi juga merujuk pada “perilaku tak terduga” robotaxi Waymo untuk beberapa kejadian. Ada 22 laporan terkait perilaku tak terduga Waymo yang berpotensi melanggara undang-undang keselamatan lalu lintas. Penyelidikan berakhir setelah 2 unit robotaxi Waymo ditarik dari jalanan.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Blibli Tiket Action Gelar Langkah Membumi Ecoground 2025 dengan Konsep Baru

    Blibli Tiket Action Gelar Langkah Membumi Ecoground 2025 dengan Konsep Baru

    Jakarta: Blibli Tiket Action kembali menggelar ajang keberlanjutan Langkah Membumi, yakni Langkah Membumi Ecoground 2025. Acara ini menghadirkan kegiatan olahraga dan wellness, serta berbagai eco workshop untuk menumbuhkan kebiasaan ramah lingkungan.
     
    Bertema “CollaborAction for the Earth”, Langkah Membumi Ecoground 2025 akan berlangsung pada 8-9 November 2025 di Taman Kora Peruri, Jakarta. Acara ini diadakan sebagai wadah merangkai inspirasi, interaksi, dan aksi nyata bersama teman dan keluarga.
     
    Selama dua hari acara, pengunjung dapat mengikuti berbagai aktivitas sport dan wellness seperti poundfit, yoga, cycling, hingga workshop bersama psikolog dan ExplorAction Mission dengan hadiah menarik. Beragam opsi tiket kontribusi tersedia untuk satu hari, dua hari, hingga paket grup yang lebih hemat.
     
    Selain itu, pada 9 November akan dilaksanakan Membumi Run, dengan setiap kilometer yang ditempuh satu pelari berarti satu mangrove baru untuk bumi. Sedangkan mulai 16 Oktober 2025, masyarakat bisa berkontribusi mulai dari Rp35 ribu untuk bibit mangrove sekaligus mengikuti beragam kegiatan menarik melalui blib.li/langkahmembumi.

    RamaikanLangkah Membumi Ecoground 2025, dimana kontribusi kamu memberikan satu bibit mangrove. Foto: Blibli

    Di Langkah Membumi Ecoground 2025, pengunjung juga akan disambut dengan pengalaman menyeluruh yang dirancang dalam beberapa zona, yaitu Eco Motion yang memadukan sport dan wellness untuk menghidupkan energi dan Eco Market yang memperkenalkan ragam produk berkelanjutan.
     
    Ada pula Eco Labs yang menawarkan workshop praktis, juga Eco Stage yang menghadirkan talkshow dan hiburan. Setiap zona menjadi potongan cerita yang membentuk perjalanan inspiratif sekaligus aplikatif tentang bagaimana gaya hidup sehat dapat berpadu dengan keberlanjutan.
     
    Langkah Membumi Networking & Langkah Membumi to University
    Sebagai pembuka rangkaian road to Langkah Membumi Ecoground 2025, Blibli Tiket Action menghadirkan Langkah Membumi Networking: Move for Good pada 26 September lalu di Agora Mall, Jakarta.
     
    Perwakilan korporasi, ecopreneur, komunitas olahraga, hingga media berkumpul untuk berbagi ide, berdiskusi, dan berolahraga padel. Acara ini menjadi ruang pertukaran gagasan seputar keberlanjutan, sekaligus memperkuat semangat kolaborasi yang menjadi inti dari Langkah Membumi.
     
    Selanjutnya di bulan Oktober ini juga akan ada Langkah Membumi to University sebagai rangkaian Langkah Membumi Ecoground 2025. Hadir ke beberapa kampus ternama di Jabodetabek bersama Cinta Laura, dengan kegiatan berupa talkshow edukatif tentang keberlanjutan.
     
    Langkah Membumi dari Tahun ke Tahun
    Sejak 2022, Langkah Membumi terus tumbuh dari satu langkah kecil ke gerakan besar. Dimulai dari Eco-Friendly Exhibition di ASHTA District 8 (2022), Sustainability Festival di SCBD Park (2023), hingga Langkah Membumi Festival 2024 di Senayan Park yang dihadiri lebih dari 18.000 pengunjung dan 350 kolaborator.
     
    Festival 2024 juga menjadi tonggak penting sebagai acara publik pertama di Indonesia yang mengukur dampak keberlanjutan sesuai standar ISO 14040/44, mencatat 218,6 ton CO2e emisi, dengan 10,6 ton CO2e berhasil dihindari dan 993 kg sampah dikelola secara bertanggung jawab.
     
    Melanjutkan langkah tersebut, Langkah Membumi Ecoground 2025 hadir dengan semangat CollaborAction for the Earth, mengajak masyarakat, komunitas, dan mitra korporasi berkolaborasi menciptakan perubahan nyata menuju masa depan yang lebih hijau.
     

    Jakarta: Blibli Tiket Action kembali menggelar ajang keberlanjutan Langkah Membumi, yakni Langkah Membumi Ecoground 2025. Acara ini menghadirkan kegiatan olahraga dan wellness, serta berbagai eco workshop untuk menumbuhkan kebiasaan ramah lingkungan.
     
    Bertema “CollaborAction for the Earth”, Langkah Membumi Ecoground 2025 akan berlangsung pada 8-9 November 2025 di Taman Kora Peruri, Jakarta. Acara ini diadakan sebagai wadah merangkai inspirasi, interaksi, dan aksi nyata bersama teman dan keluarga.
     
    Selama dua hari acara, pengunjung dapat mengikuti berbagai aktivitas sport dan wellness seperti poundfit, yoga, cycling, hingga workshop bersama psikolog dan ExplorAction Mission dengan hadiah menarik. Beragam opsi tiket kontribusi tersedia untuk satu hari, dua hari, hingga paket grup yang lebih hemat.
     
    Selain itu, pada 9 November akan dilaksanakan Membumi Run, dengan setiap kilometer yang ditempuh satu pelari berarti satu mangrove baru untuk bumi. Sedangkan mulai 16 Oktober 2025, masyarakat bisa berkontribusi mulai dari Rp35 ribu untuk bibit mangrove sekaligus mengikuti beragam kegiatan menarik melalui blib.li/langkahmembumi.
     

    RamaikanLangkah Membumi Ecoground 2025, dimana kontribusi kamu memberikan satu bibit mangrove. Foto: Blibli
     
    Di Langkah Membumi Ecoground 2025, pengunjung juga akan disambut dengan pengalaman menyeluruh yang dirancang dalam beberapa zona, yaitu Eco Motion yang memadukan sport dan wellness untuk menghidupkan energi dan Eco Market yang memperkenalkan ragam produk berkelanjutan.
     
    Ada pula Eco Labs yang menawarkan workshop praktis, juga Eco Stage yang menghadirkan talkshow dan hiburan. Setiap zona menjadi potongan cerita yang membentuk perjalanan inspiratif sekaligus aplikatif tentang bagaimana gaya hidup sehat dapat berpadu dengan keberlanjutan.
     

    Langkah Membumi Networking & Langkah Membumi to University

    Sebagai pembuka rangkaian road to Langkah Membumi Ecoground 2025, Blibli Tiket Action menghadirkan Langkah Membumi Networking: Move for Good pada 26 September lalu di Agora Mall, Jakarta.
     
    Perwakilan korporasi, ecopreneur, komunitas olahraga, hingga media berkumpul untuk berbagi ide, berdiskusi, dan berolahraga padel. Acara ini menjadi ruang pertukaran gagasan seputar keberlanjutan, sekaligus memperkuat semangat kolaborasi yang menjadi inti dari Langkah Membumi.
     
    Selanjutnya di bulan Oktober ini juga akan ada Langkah Membumi to University sebagai rangkaian Langkah Membumi Ecoground 2025. Hadir ke beberapa kampus ternama di Jabodetabek bersama Cinta Laura, dengan kegiatan berupa talkshow edukatif tentang keberlanjutan.
     

    Langkah Membumi dari Tahun ke Tahun

    Sejak 2022, Langkah Membumi terus tumbuh dari satu langkah kecil ke gerakan besar. Dimulai dari Eco-Friendly Exhibition di ASHTA District 8 (2022), Sustainability Festival di SCBD Park (2023), hingga Langkah Membumi Festival 2024 di Senayan Park yang dihadiri lebih dari 18.000 pengunjung dan 350 kolaborator.
     
    Festival 2024 juga menjadi tonggak penting sebagai acara publik pertama di Indonesia yang mengukur dampak keberlanjutan sesuai standar ISO 14040/44, mencatat 218,6 ton CO2e emisi, dengan 10,6 ton CO2e berhasil dihindari dan 993 kg sampah dikelola secara bertanggung jawab.
     
    Melanjutkan langkah tersebut, Langkah Membumi Ecoground 2025 hadir dengan semangat CollaborAction for the Earth, mengajak masyarakat, komunitas, dan mitra korporasi berkolaborasi menciptakan perubahan nyata menuju masa depan yang lebih hijau.
     

    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)