Perusahaan: Google

  • Penampakan Makhluk Misterius di Antartika, Berani Lihat?

    Penampakan Makhluk Misterius di Antartika, Berani Lihat?

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sebuah penampakan aneh di Antartika kembali membuat warganet heboh. Sosok besar berwarna putih muncul dari balik gumpalan es dan disebut menyerupai manusia raksasa.

    Banyak yang mengaitkannya dengan legenda “Ningen” makhluk misterius yang dipercaya berkelana di perairan kutub selatan. Hingga kini, belum ada penjelasan ilmiah yang pasti tentang keberadaannya, namun kisahnya terus memicu rasa penasaran dan ketakutan bagi siapa pun yang berani menelusurinya.

    Kisah tentang Ningen pertama kali terdengar pada 1992. Saat itu, kapal nelayan Cile tengah melintas di Selat Drake, kawasan di ujung selatan Argentina yang berdekatan dengan Antartika.

    Seorang pelaut muda yang sedang merokok di sisi kapal melihat bayangan gelap di bawah air yang perlahan naik ke permukaan. Dalam hitungan detik, sosok itu mendekat dan memiliki kulit putih pucat, dua sirip besar, dan kepala menyerupai manusia. Ketakutan, pelaut itu berteriak menyebutnya sebagai monster laut, namun makhluk itu langsung menyelam kembali ke kedalaman samudra.

    Kru kapal lain menganggap pelaut itu berhalusinasi dan mengatakan kemungkinan besar ia hanya melihat paus pembunuh yang muncul untuk bernapas. Sepuluh tahun kemudian, pada 2002, kisah serupa muncul dari tim ekspedisi Jepang yang tengah meneliti wilayah es di Antartika.

    Foto: Ningen (Tangkapan Layar/Ist)
    Ningen (Tangkapan Layar/Ist)

    Ketika badai salju menerjang, para peneliti terpaksa bertahan di dalam kamp. Tiba-tiba, mereka merasakan getaran kuat dari bawah lapisan es, seolah sesuatu berukuran raksasa tengah bergerak mendekat.

    “Saya melihat sosok besar samar di antara kabut dan salju. Bentuknya mirip manusia, dengan tinggi lebih dari 30 meter,” ungkap salah satu anggota tim ekspedisi.

    Makhluk itu tampak tertarik pada cahaya dari kamp, lalu perlahan bergerak mengitarinya. Para peneliti panik dan segera mematikan semua sumber cahaya. Dalam gelap gulita, sosok humanoid itu terus berputar seakan mencari sesuatu, sebelum akhirnya menghilang setelah sepuluh menit.

    Setibanya di Jepang, tim menyerahkan foto dan video yang diduga merekam keberadaan makhluk aneh itu. Sebagian besar data disimpan sebagai dokumen rahasia, namun beberapa potongan gambar sempat bocor ke internet.

    Fenomena ini kemudian dilaporkan oleh majalah MU Jepang pada November 2007. Artikel tersebut membahas kemungkinan adanya makhluk tak dikenal hidup di Antartika.

    Beberapa orang bahkan mengklaim menemukan bentuk Ningen lewat citra satelit di Google Maps, meski sebagian ahli menyebutnya hanya ilusi optik dari formasi es atau lumba-lumba yang salah dikenali. Hingga kini, Ningen tetap menjadi salah satu misteri paling menakutkan dari benua es.

    (fsd/fsd)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Pria Misterius Ditemukan Tewas Gantung Diri di Flyover Pasupati Bandung

    Pria Misterius Ditemukan Tewas Gantung Diri di Flyover Pasupati Bandung

    Saat ini, kata dia, jasad korban telah dibawa ke Rumah Sakit Sartika Asih, Kota Bandung untuk dilakukan autopsi.

    “Masih muda, dilihat dari wajahnya masih muda,” katanya.

    KONTAK BANTUAN

    Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

    Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

    Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

    Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

  • Perkuat Daya Saing Global, BPJPH dan STI Sinergi Perluas Akses Sertifikasi Halal

    Perkuat Daya Saing Global, BPJPH dan STI Sinergi Perluas Akses Sertifikasi Halal

    Jakarta: Upaya percepatan sertifikasi halal di Indonesia mendapat dorongan signifikan menyusul ditandatanganinya Nota Kesepakatan (MoU) antara Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan PT Synerga Tata Internasional (STI).

    Kerja sama ini bertujuan memperkuat sosialisasi, edukasi, dan fasilitasi sertifikat halal, khususnya bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK), menjelang tenggat waktu kewajiban sertifikasi halal pada Oktober 2026.

    Penandatanganan ini menandai sinergi yang kuat antara otoritas regulasi halal dengan lembaga konsultansi, demi harmonisasi program dan kolaborasi yang efektif dalam melaksanakan Jaminan Produk Halal (JPH).

    Komisaris PT Synerga Tata Internasional, Edwin Pantas Partunggul, menegaskan pentingnya langkah ini. “Sertifikasi halal bukan hanya kewajiban regulasi, tetapi juga standar mutu global yang menjadi kunci daya saing produk Indonesia di pasar domestik maupun internasional,” ujar Edwin.

    Dalam kerangka kerja sama ini, STI akan memanfaatkan jaringan dan keahliannya untuk memperluas jangkauan program SEHATI (Sertifikasi Halal Gratis) yang dicanangkan BPJPH. Fokus utama STI adalah menjangkau UMK di daerah-daerah yang memerlukan pendampingan intensif agar memiliki akses yang memadai terhadap proses sertifikasi.

    Kerja sama ini mencakup beberapa poin penting:

    Sosialisasi, Edukasi, dan Promosi: Peningkatan intensif mengenai JPH kepada pelaku usaha, masyarakat, dan pemangku kepentingan.

    Fasilitasi Sertifikasi Halal: Dukungan konsultasi, pendampingan, dan asistensi teknis bagi UMK.

    Pengembangan SDM: Dukungan fasilitasi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang JPH, termasuk program pelatihan.

    MoU ini berlaku selama dua tahun dan menjadi bukti kepercayaan BPJPH kepada STI. Edwin menyatakan bahwa kerja sama ini akan menjadi titik awal bagi lompatan besar STI sebagai konsultan sertifikat halal yang berperan strategis dalam ekosistem halal nasional.

    Sebagai lembaga konsultansi, STI akan fokus melayani jasa fasilitasi halal untuk berbagai entitas, termasuk Kementerian/lembaga negara, pemerintah daerah, Badan Pengelola BUMN, hingga pihak swasta.

    Selain itu, STI juga akan berperan sebagai Halal Expert Consultant, membantu para importir dalam pengurusan sertifikat halal, dan menyediakan layanan labor supply untuk penyelia halal baik di dalam negeri maupun luar negeri.

    Sejalan dengan itu, STI juga tengah menyiapkan izin dari BPJPH untuk menjadi lembaga pelatihan penyelia halal.

    “Kami berharap, melalui kolaborasi ini, percepatan sertifikasi halal dapat tercapai secara efektif, sehingga produk-produk UMK Indonesia semakin berdaya saing dan menjadikan Indonesia sebagai pemain kunci di industri halal global,” tutup Edwin.

    Jakarta: Upaya percepatan sertifikasi halal di Indonesia mendapat dorongan signifikan menyusul ditandatanganinya Nota Kesepakatan (MoU) antara Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan PT Synerga Tata Internasional (STI).
     
    Kerja sama ini bertujuan memperkuat sosialisasi, edukasi, dan fasilitasi sertifikat halal, khususnya bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK), menjelang tenggat waktu kewajiban sertifikasi halal pada Oktober 2026.
     
    Penandatanganan ini menandai sinergi yang kuat antara otoritas regulasi halal dengan lembaga konsultansi, demi harmonisasi program dan kolaborasi yang efektif dalam melaksanakan Jaminan Produk Halal (JPH).

    Komisaris PT Synerga Tata Internasional, Edwin Pantas Partunggul, menegaskan pentingnya langkah ini. “Sertifikasi halal bukan hanya kewajiban regulasi, tetapi juga standar mutu global yang menjadi kunci daya saing produk Indonesia di pasar domestik maupun internasional,” ujar Edwin.
     
    Dalam kerangka kerja sama ini, STI akan memanfaatkan jaringan dan keahliannya untuk memperluas jangkauan program SEHATI (Sertifikasi Halal Gratis) yang dicanangkan BPJPH. Fokus utama STI adalah menjangkau UMK di daerah-daerah yang memerlukan pendampingan intensif agar memiliki akses yang memadai terhadap proses sertifikasi.
     
    Kerja sama ini mencakup beberapa poin penting:
     
    Sosialisasi, Edukasi, dan Promosi: Peningkatan intensif mengenai JPH kepada pelaku usaha, masyarakat, dan pemangku kepentingan.
     
    Fasilitasi Sertifikasi Halal: Dukungan konsultasi, pendampingan, dan asistensi teknis bagi UMK.
     
    Pengembangan SDM: Dukungan fasilitasi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang JPH, termasuk program pelatihan.
     
    MoU ini berlaku selama dua tahun dan menjadi bukti kepercayaan BPJPH kepada STI. Edwin menyatakan bahwa kerja sama ini akan menjadi titik awal bagi lompatan besar STI sebagai konsultan sertifikat halal yang berperan strategis dalam ekosistem halal nasional.
     
    Sebagai lembaga konsultansi, STI akan fokus melayani jasa fasilitasi halal untuk berbagai entitas, termasuk Kementerian/lembaga negara, pemerintah daerah, Badan Pengelola BUMN, hingga pihak swasta.
     
    Selain itu, STI juga akan berperan sebagai Halal Expert Consultant, membantu para importir dalam pengurusan sertifikat halal, dan menyediakan layanan labor supply untuk penyelia halal baik di dalam negeri maupun luar negeri.
     
    Sejalan dengan itu, STI juga tengah menyiapkan izin dari BPJPH untuk menjadi lembaga pelatihan penyelia halal.
     
    “Kami berharap, melalui kolaborasi ini, percepatan sertifikasi halal dapat tercapai secara efektif, sehingga produk-produk UMK Indonesia semakin berdaya saing dan menjadikan Indonesia sebagai pemain kunci di industri halal global,” tutup Edwin.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (FZN)

  • Kejar Cuan Lewat Skema Kemitraan Logistik

    Kejar Cuan Lewat Skema Kemitraan Logistik

    Surabaya: Bisnis logistik di Indonesia terus menunjukan pertumbuhan pesat seiring dengan kebutuhan pengiriman masyarakat. Hal ini membuka peluang usaha baru bagi masyarakat. 

    Salah satu bisnis yang kini menjadi sorotan yakni dengan menjalin kemitraan sebagai agen Lion Parcel. Seorang ibu bernama Giatun misalnya, yang bergabung sejak 2023. 

    Salah satu kisah inspiratif datang dari Giatun, mitra agen Lion Parcel di Surabaya yang bergabung sejak 2023. Menjalani peran sebagai ibu tunggal, Giatun sukses memulai bisnis dari nol dan mengelola segalanya sendiri hingga mendapat omzet puluhan juta per bulan. 

    “Semuanya saya jalani sendiri. Dulu sempat dibantu anak saya satu-satunya, tapi sekarang dia sudah bekerja, jadi saya kembali mengurus semuanya sendiri,” kata Giatun. 

    Menurutnya, sistem di Lion Parcel cukup mudah dipelajari. Selain itu, tim Lion Parcel juga sangat membantu karena ada PIC di setiap area yang bisa dihubungi. “Jadi saya merasa lebih tenang menjalankan usaha ini,” sambung Giatun.

    Kisah sukses juga dialami Ida Kusumawati, pemilik agen Lion Parcel Surabaya. Agen ini telah menjadi andalan bagi mahasiswa rantau yang jauh dari keluarga, memudahkan mereka untuk mencari tempat kirim paket terdekat. 

    “Banyak mahasiswa yang mengandalkan Lion Parcel untuk mengirim dan menerima paket dari keluarganya, biasanya berisi kebutuhan sehari-hari, makanan khas dari kampung halaman, hingga barang-barang pribadi. Ini membuktikan peran penting logistik tidak hanya untuk aktivitas jual beli, tapi kebutuhan pribadi juga,” ujar Ida.
     

    Hal serupa juga dialami Joseph, pekerja kantoran yang banting setir setelah terdampak pandemi Covid-19. Ia membuka agen Lion Parcel sebagai jalan baru mencari rezeki. Meski sempat mengalami masa-masa sulit di awal, perlahan bisnisnya terus berkembang dengan omzet mencapai ratusan juta per bulan.

    “Bersyukur sekarang stabil dan sudah banyak customer langganan. Ini juga tidak lepas dari infrastruktur yang mumpuni. Banyak testimoni positif dari pelanggan. Yang paling penting terus menjaga kualitas layanan dan memberikan service excellent contohnya selalu fast respon dan saya juga berikan layanan pick up gratis,” papar Joseph.

    Head of Retail Business Development Lion Parcel, Cipto Laksono, menjelaskan bahwa sistem kemitraan Lion Parcel dirancang untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan modal terjangkau dan proses bergabung yang mudah. 

    “Kami berkomitmen untuk selalu mendampingi mitra hingga bisnisnya berjalan stabil, agar usaha yang dijalankan bisa berkembang. Kami juga terus membuka kesempatan bagi masyarakat di berbagai kota di Indonesia untuk bergabung sebagai mitra agen. Dengan begitu, selain dapat memenuhi kebutuhan pengiriman juga turut mendukung pertumbuhan ekonomi lokal,” ujar Cipto.

    Surabaya: Bisnis logistik di Indonesia terus menunjukan pertumbuhan pesat seiring dengan kebutuhan pengiriman masyarakat. Hal ini membuka peluang usaha baru bagi masyarakat. 
     
    Salah satu bisnis yang kini menjadi sorotan yakni dengan menjalin kemitraan sebagai agen Lion Parcel. Seorang ibu bernama Giatun misalnya, yang bergabung sejak 2023. 
     
    Salah satu kisah inspiratif datang dari Giatun, mitra agen Lion Parcel di Surabaya yang bergabung sejak 2023. Menjalani peran sebagai ibu tunggal, Giatun sukses memulai bisnis dari nol dan mengelola segalanya sendiri hingga mendapat omzet puluhan juta per bulan. 

    “Semuanya saya jalani sendiri. Dulu sempat dibantu anak saya satu-satunya, tapi sekarang dia sudah bekerja, jadi saya kembali mengurus semuanya sendiri,” kata Giatun. 
     

     
    Menurutnya, sistem di Lion Parcel cukup mudah dipelajari. Selain itu, tim Lion Parcel juga sangat membantu karena ada PIC di setiap area yang bisa dihubungi. “Jadi saya merasa lebih tenang menjalankan usaha ini,” sambung Giatun.
     
    Kisah sukses juga dialami Ida Kusumawati, pemilik agen Lion Parcel Surabaya. Agen ini telah menjadi andalan bagi mahasiswa rantau yang jauh dari keluarga, memudahkan mereka untuk mencari tempat kirim paket terdekat. 
     
    “Banyak mahasiswa yang mengandalkan Lion Parcel untuk mengirim dan menerima paket dari keluarganya, biasanya berisi kebutuhan sehari-hari, makanan khas dari kampung halaman, hingga barang-barang pribadi. Ini membuktikan peran penting logistik tidak hanya untuk aktivitas jual beli, tapi kebutuhan pribadi juga,” ujar Ida.
     

     
    Hal serupa juga dialami Joseph, pekerja kantoran yang banting setir setelah terdampak pandemi Covid-19. Ia membuka agen Lion Parcel sebagai jalan baru mencari rezeki. Meski sempat mengalami masa-masa sulit di awal, perlahan bisnisnya terus berkembang dengan omzet mencapai ratusan juta per bulan.
     
    “Bersyukur sekarang stabil dan sudah banyak customer langganan. Ini juga tidak lepas dari infrastruktur yang mumpuni. Banyak testimoni positif dari pelanggan. Yang paling penting terus menjaga kualitas layanan dan memberikan service excellent contohnya selalu fast respon dan saya juga berikan layanan pick up gratis,” papar Joseph.
     
    Head of Retail Business Development Lion Parcel, Cipto Laksono, menjelaskan bahwa sistem kemitraan Lion Parcel dirancang untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan modal terjangkau dan proses bergabung yang mudah. 
     
    “Kami berkomitmen untuk selalu mendampingi mitra hingga bisnisnya berjalan stabil, agar usaha yang dijalankan bisa berkembang. Kami juga terus membuka kesempatan bagi masyarakat di berbagai kota di Indonesia untuk bergabung sebagai mitra agen. Dengan begitu, selain dapat memenuhi kebutuhan pengiriman juga turut mendukung pertumbuhan ekonomi lokal,” ujar Cipto.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • Threads Luncurkan Fitur Persetujuan Balasan dan Filter Feed Terbaru

    Threads Luncurkan Fitur Persetujuan Balasan dan Filter Feed Terbaru

    JAKARTA – Threads, platform mikroblog yang terintegrasi dengan Instagram, akan menambahkan fitur baru dalam waktu dekat. Platform tersebut akan menghadirkan fitur persetujuan balasan.

    Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat menentukan balasan mana yang dapat ditampilkan di postingan mereka. Fitur ini akan memberikan kontrol yang lebih besar terhadap pembuat postingan sehingga mereka bisa menyingkirkan balasan yang mengganggu.

    Saat ini, Threads sudah menyediakan kontrol balasan untuk pembuat postingan, tetapi hanya fokus pada pembatasan balasan untuk pengikut atau orang yang disebut. Artinya, hanya dua kategori tersebut yang bisa meninggalkan komentar.

    Namun, dengan adanya fitur persetujuan balasan, pengguna dapat menjaga kolom balasan tetap terbuka untuk semua orang. Jika ada pembahasan di luar topik yang masuk ke dalam kolom balasan, pengguna bisa menyingkirkannya.

    see_also]

    – https://voi.id/teknologi/528920/samsung-siapkan-inovasi-besar-untuk-2026-era-ponsel-lipat-tiga-layar-segera-dimulai

    – https://voi.id/teknologi/528922/gara-gara-epic-games-google-akhirnya-bongkar-monopolinya-sendiri

    – https://voi.id/teknologi/529013/pemerintah-indonesia-dan-inggris-bangun-kolaborasi-di-bidang-keamanan-siber

    – https://voi.id/teknologi/529033/brin-targetkan-kelahiran-4-000-talenta-iptek-per-1-juta-penduduk-pada-2045

    [/see_also]

    Selain itu, Threads juga meluncurkan filter feed Aktivitas terbaru. Filter ini akan membantu pengguna dalam melihat balasan dari orang yang mereka ikuti atau yang me-mention mereka sehingga pengguna dapat menavigasikan platform dengan lebih mudah.

    Filter balasan ini akan melengkapi filter yang sudah ada sebelumnya seperti Terverifikasi, Kutipan, dan Repost. Dengan menambahkan filter ini, pengguna dapat memilah balasan secara efisien.

    Kedua fitur ini merupakan bagian dari upaya Meta dalam meningkatkan jumlah pengguna Threads. Sejak diluncurkan, platform pesaing X ini berhasil tumbuh secara signifikan. Threads kini mencapai 150 juta pengguna aktif harian.

  • Bebas Boncos, Yuk Simak Cara Mudah Dapatkan Promo di Aplikasi Qpon!

    Bebas Boncos, Yuk Simak Cara Mudah Dapatkan Promo di Aplikasi Qpon!

    Jakarta

    In this economy, seseorang dituntut untuk lebih hemat. Oleh karenanya, diskon, cashback, hingga promo menarik sangat dibutuhkan. Salah satu platform yang perlu dicoba adalah Qpon. Tersedia di Google Play Store dan App Store, Qpon menghadirkan voucher diskon dan promo eksklusif dari berbagai merchant, seperti makanan, minuman, hiburan, hingga layanan lainnya.

    Cara mendapatkan promo Qpon cukup mudah. Cukup unduh aplikasi, kemudian daftar dengan akun e-mail atau media sosial. Kemudian, pilih kategori promo yang sesuai kebutuhan. Voila, kupon digital tersebut dapat langsung digunakan di merchant yang bekerja sama, baik online maupun offline.

    Di samping itu, Qpon juga sering menghadirkan promo khusus pada momen tertentu, seperti Harbolnas, akhir pekan, maupun perayaan hari besar seperti Halloween. Bagi pengguna baru, biasanya tersedia voucher tambahan yang bisa dipakai pada transaksi pertama.

    Menarik, bukan? Tunggu apa lagi? Yuk segera unduh Qpon sekarang!

    (akn/akn)

  • Apa Itu Aplikasi Qpon? Ini 3 Keunggulan Utamanya

    Apa Itu Aplikasi Qpon? Ini 3 Keunggulan Utamanya

    Jakarta

    plikasi Qpon adalah platform digital untuk mendapatkan voucher diskon dan promo eksklusif dari berbagai merchant, seperti makanan, minuman, hiburan, hingga layanan lainnya. Pengguna bisa mencari dan membeli kupon diskon, yang kemudian bisa digunakan di merchant yang bekerja sama secara online maupun offline.

    Qpon berdiri di bawah PT Qpon Digital Indonesia yang berkantor di Sequis Tower Building, SCBD, Jakarta Selatan. Dikutip dari laman resminya, berikut adalah 3 keunggulan Qpon:

    1. Platform Layanan Lokal Terdepan di Indonesia

    Top di Google Play Store dan App Store, Qpon mengubah cara orang menemukan tren dan hidup yang lebih baik

    2. Tumbuh Bersama Generasi Muda

    Qpon membantu generasi muda yang ingin hidup lebih mudah dan menyenangkan.

    3. Platform yang Utamakan Setiap Merchant

    Qpon menghadirkan ruang inklusif untuk semua merchant, dari brand besar hingga Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dapatkan voucher diskon, promo spesial, dan layanan pelanggan 24 jam setiap hari. Nikmati penawaran eksklusif untuk pengguna baru!

    (akn/ega)

  • Ramai-Ramai Dunia “Bakar” Uang Demi AI

    Ramai-Ramai Dunia “Bakar” Uang Demi AI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Aksi “bakar” uang masih akan dilakukan empat raksasa teknologi untuk belanja kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) pada tahun depan. Semua perusahaan disebut akan meningkatkan belanja modal tahunannya untuk chip dan pusat data.

    Empat perusahaan itu adalah Alphabet selaku induk perusahaan Google, Microsoft, pemilik Facebook yakni Meta, dan Amazon. Reuters mencatat, hanya investor Alphabet yang menerima rencana raksasa teknologi itu, sahamnya naik 6%.

    Di sisi lain, saham Microsoft dan Meta dilaporkan melemah, masing-masing turun lebih dari 3% dan 11%. Sebab, kedua perusahaan menghitung biaya investasi harus ditanggung oleh internal perusahaan.

    Saham Amazon melonjak 13%, karena pendapatan unit cloud AWS baik 20%. Menurut para investor, ini menunjukkan investasi besar Amazon telah membuahkan hasil dan bisa mengatasi persaingan.

    Belanja modal Alphabet menjadi yang terendah dibandingkan perusahaan lainnya, yakni hanya 49% dari total kas operasional atau sebesar US$ 23,95 miliar.

    Berikutnya, ada Meta sebesar 64,6% dan Microsoft mencapai 77,5%. Amazon menjadi perusahaan dengan pengeluaran tertinggi sekitar 90%.

    “Investasi berkelanjutan di pusat data dan infrastruktur AI merupakan tema yang dilihat pada seluruh Big Tech musim laporan keuangan. Tidak seperti sejumlah kompetitornya, Alphabet lebih dari menutupi pengeluaran dengan arus kas dan kinerjanya sangat baik,” kata analis pasar eToro, Josh Gilbert.

    Para perusahaan teknologi tak memberikan informasi lebih rinci soal jumlah kontribusi AI pada pendapatan dan laba mereka.

    Sementara para eksekutif perusahaan tetap ingin mengeluarkan biaya AI. Tujuannya, untuk memenuhi daya komputasi milik teknologi tersebut.

    CEO Meta Mark Zuckerberg mengaku tak menutup kemungkinan adanya kerugian dan depresiasi dari investasi berlebihan perusahaannya pada AI. Namun, dia juga mengingatkan Meta bisa berkembang dan akan menggunakannya seiring waktu.

    Andy Jassy, bos Amazon juga memastikan investasi AI akan terus dilakukan.

    “Anda akan melihat kami terus berinvestasi secara agresif karena adanya permintaan,” ujarnya.

    (wia)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Pemkot Bandung dan Stakeholder Mulai Benahi Kabel Udara Jalan Buahbatu

    Pemkot Bandung dan Stakeholder Mulai Benahi Kabel Udara Jalan Buahbatu

    Jakarta: Pemerintah Kota Bandung bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) Jawa Barat dan Pusat melaksanakan pemotongan dan penurunan kabel udara di kawasan Jalan Buahbatu, Kota Bandung, Jumat, 31 Oktober 2025.
     

    Kegiatan ini merupakan bagian dari program besar penataan infrastruktur jaringan utilitas agar lebih tertib, aman, dan memperindah wajah kota. Pada penataan kali ini dihadiri oleh sejumlah pihak, di antaranya Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Sekdis Kominfo) Provinsi Jawa Barat Bayu Rakhmana, Sekretaris Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat Kosasih, Ketua Apjatel Jawa Barat Yudi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kota Bandung Yayan A. Brilyana.

    Sekdis DBMPR Provinsi Jawa Barat Kosasih menegaskan, Pemprov sangat mendukung upaya penataan kabel udara ini.  Menurutnya, selain menata estetika kota, kegiatan ini juga penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga.

    “Kami sangat mendukung program ini, apalagi sesuai dengan arahan Bapak Gubernur Jawa Barat. Kita harus mulai menata kabel-kabel yang menggantung di atas agar tidak merusak pemandangan dan aktivitas masyarakat. Semuanya diarahkan untuk ditanam di bawah tanah,” jelas Kosasih.

    Menurutnya, target keseluruhan penurunan kabel ke bawah tanah masih dalam tahap perumusan karena bergantung pada sinkronisasi dengan program lintas instansi dan operator.

    Sedangkan Sekdis Kominfo Jawa Barat Bayu Rakhmana menilai kegiatan ini sebagai wujud nyata kolaborasi antara pemerintah provinsi, pemerintah kota, dan para pelaku industri telekomunikasi.

    “Kami sangat berterima kasih atas kolaborasi ini. Ini adalah kerja bersama antara Pemkot Bandung, Pemprov Jabar, dan asosiasi. Tujuannya untuk menjaga keindahan kota, sekaligus menjadi contoh bagi kabupaten/kota lain agar melakukan hal serupa,” kata Bayu.

    Kepala Dinas Kominfo Kota Bandung Yayan A. Brilyana mengungkapkan, masyarakat telah lama menantikan program penurunan kabel udara untuk menata seluruh ruas jalan sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwal) Bandung Nomor 43 Tahun 2023.

    “Kami sangat berbahagia karena akhirnya program penurunan kabel ini bisa terlaksana. Terima kasih kepada Apjatel, Pemprov, Dinas PU, dan semua pihak yang terlibat. Ada 11 ruas jalan yang menjadi tanggung jawab Pemkot Bandung dan 15 ruas jalan lainnya yang dibangun oleh BII. Semuanya wajib diturunkan tanpa kecuali,” tegas Yayan.

    Khusus untuk ruas Jalan Buahbatu, ia menargetkan pekerjaan bisa rampung dalam waktu dua minggu.

    “Untuk Jalan Buahbatu ini, kita targetkan selesai dalam dua minggu. Kita kebut siang malam supaya masyarakat segera merasakan hasilnya,” pungkas Yayan. 

    Jakarta: Pemerintah Kota Bandung bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) Jawa Barat dan Pusat melaksanakan pemotongan dan penurunan kabel udara di kawasan Jalan Buahbatu, Kota Bandung, Jumat, 31 Oktober 2025.
     

    Kegiatan ini merupakan bagian dari program besar penataan infrastruktur jaringan utilitas agar lebih tertib, aman, dan memperindah wajah kota. Pada penataan kali ini dihadiri oleh sejumlah pihak, di antaranya Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Sekdis Kominfo) Provinsi Jawa Barat Bayu Rakhmana, Sekretaris Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat Kosasih, Ketua Apjatel Jawa Barat Yudi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kota Bandung Yayan A. Brilyana.
     
    Sekdis DBMPR Provinsi Jawa Barat Kosasih menegaskan, Pemprov sangat mendukung upaya penataan kabel udara ini.  Menurutnya, selain menata estetika kota, kegiatan ini juga penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga.
     
    “Kami sangat mendukung program ini, apalagi sesuai dengan arahan Bapak Gubernur Jawa Barat. Kita harus mulai menata kabel-kabel yang menggantung di atas agar tidak merusak pemandangan dan aktivitas masyarakat. Semuanya diarahkan untuk ditanam di bawah tanah,” jelas Kosasih.

    Menurutnya, target keseluruhan penurunan kabel ke bawah tanah masih dalam tahap perumusan karena bergantung pada sinkronisasi dengan program lintas instansi dan operator.
     
    Sedangkan Sekdis Kominfo Jawa Barat Bayu Rakhmana menilai kegiatan ini sebagai wujud nyata kolaborasi antara pemerintah provinsi, pemerintah kota, dan para pelaku industri telekomunikasi.
     
    “Kami sangat berterima kasih atas kolaborasi ini. Ini adalah kerja bersama antara Pemkot Bandung, Pemprov Jabar, dan asosiasi. Tujuannya untuk menjaga keindahan kota, sekaligus menjadi contoh bagi kabupaten/kota lain agar melakukan hal serupa,” kata Bayu.
     
    Kepala Dinas Kominfo Kota Bandung Yayan A. Brilyana mengungkapkan, masyarakat telah lama menantikan program penurunan kabel udara untuk menata seluruh ruas jalan sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwal) Bandung Nomor 43 Tahun 2023.
     
    “Kami sangat berbahagia karena akhirnya program penurunan kabel ini bisa terlaksana. Terima kasih kepada Apjatel, Pemprov, Dinas PU, dan semua pihak yang terlibat. Ada 11 ruas jalan yang menjadi tanggung jawab Pemkot Bandung dan 15 ruas jalan lainnya yang dibangun oleh BII. Semuanya wajib diturunkan tanpa kecuali,” tegas Yayan.
     
    Khusus untuk ruas Jalan Buahbatu, ia menargetkan pekerjaan bisa rampung dalam waktu dua minggu.
     
    “Untuk Jalan Buahbatu ini, kita targetkan selesai dalam dua minggu. Kita kebut siang malam supaya masyarakat segera merasakan hasilnya,” pungkas Yayan. 
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (SAW)

  • Cara Mematikan Suara Keyboard di iPhone dan Android agar Tak Berisik

    Cara Mematikan Suara Keyboard di iPhone dan Android agar Tak Berisik

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pernah merasa terganggu dengan suara klik-klik saat mengetik di ponsel?

    Bagi sebagian pengguna, bunyi keyboard mungkin terasa biasa saja. Namun, dalam situasi tertentu seperti di ruang rapat, perpustakaan, atau saat mengetik di malam hari suara ketikan justru bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, baik bagi diri sendiri maupun orang sekitar.

    Masalahnya, tidak semua pengguna tahu bahwa suara keyboard sebenarnya bisa dimatikan dengan mudah. Padahal, fitur ini tersedia di hampir semua perangkat iPhone dan Android.

    Artikel ini akan membantu Anda memahami cara mematikan suara keyboard di kedua sistem operasi tersebut secara praktis, sehingga aktivitas mengetik tetap nyaman dan tenang, kapan pun dan di mana pun.

    Cara Mematikan Suara Keyboard di iPhone

    Apple menyediakan fitur mematikan suara keyboard melalui menu pengaturan suara. Berikut langkah-langkahnya:

    Buka Settings (Pengaturan)

    Ketuk Sounds & Haptics

    Pilih Keyboard Feedback

    Matikan opsi Sound

    (Opsional) Matikan Haptic jika ingin bebas getaran juga

    Catatan

    Fitur ini tersedia pada iOS 16 ke atas.

    Jika suara tetap muncul, pastikan Silent mode pada tombol samping aktif.

    Cara Mematikan Suara Keyboard di Android

    Sistem Android berbeda tergantung merek, namun prinsipnya sama mengatur suara sentuhan atau pengaturan keyboard.

    Cara Umum di Android

    Buka Settings (Pengaturan)

    Masuk ke menu Sound & Vibration / Sound & Touch

    Cari dan matikan opsi:

    -Keypress sound
    -Touch sound
    -Keyboard sound

    Mematikan Suara Keyboard di Gboard (Google Keyboard)

    Jika Anda memakai Gboard, lakukan langkah berikut:

    Buka Settings

    Pilih Language & input

    Ketuk Gboard

    Masuk Preferences

    Matikan Sound on keypress

    (dag/dag)

    [Gambas:Video CNBC]