Perusahaan: Google

  • Perlu Dukungan Banyak Pihak Agar Industri Kerajinan Lokal Bisa Makin Bersinar

    Perlu Dukungan Banyak Pihak Agar Industri Kerajinan Lokal Bisa Makin Bersinar

    Jakarta: Kearifan lokal seperti industri kerajinan harus terus dikembangkan agar bisa bertahan dan makin dikenal luas. Namun, tanpa dukungan banyak pihak, perkembangan ini sulit diwujudkan.
     
    Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, saat bertemu dengan panitia Jepara International Furniture Buyer Weeks (JIF-BW) 2025 di rumah dinasnya, Rabu, 26 Februari 2025.
     
    “Berbagai upaya agar kearifan lokal yang kita miliki dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan harus dilakukan, tentunya melalui dukungan semua pihak yang terkait,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 28 Februari 2025.
     

    Promosi dan kolaborasi adalah kunci 
    Lestari menekankan bahwa promosi adalah langkah penting agar produk kearifan lokal makin dikenal. Contohnya, dia menyebutkan melalui media massa, pameran, hingga penulisan buku, semuanya bisa membantu memperluas pasar dan menarik lebih banyak minat dari masyarakat.

    Rerie, sapaan akrab Lestari menilai, ajang JIF-BW 2025 yang akan diselenggarakan pada 9-23 Maret 2025 itu merupakan bagian dari upaya melestarikan kearifan lokal yang kita miliki. Ajang bisa memperkenalkan ukiran khas Jepara ke dunia internasional.
     
    Dengan sejumlah langkah promosi tersebut, Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, berharap semakin banyak pihak yang peduli terhadap kearifan lokal, seperti ukiran Jepara ini, menciptakan dukungan yang semakin kuat bagi langkah-langkah pelestarian dan pengembangannya di Tanah Air. 
     
    Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mendorong agar para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah mampu secara konsisten untuk memperkuat jejaring pengembangan sejumlah produk kearifan lokal di sejumlah daerah. 
     
    Dengan jejaring pengembangan yang kuat, Rerie berharap, produk-produk kearifan lokal di tanah air dapat memberi manfaat yang lebih luas dalam upaya menciptakan kesejahteraan yang merata bagi setiap warga negara.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Tantangan Digitalisasi dan Kesenjangan di Indonesia

    Tantangan Digitalisasi dan Kesenjangan di Indonesia

    Jakarta: Revolusi Industri 5.0 menghadirkan era baru yang menggabungkan otomatisasi dengan nilai-nilai kemanusiaan. 
     
    Namun, Indonesia menghadapi berbagai tantangan, mulai dari kesenjangan digital hingga kurangnya kesiapan tenaga kerja dalam menghadapi perubahan ini.
     
    Dalam The 22nd Economix International Seminar yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) pada 11 Februari 2025, para pakar dari World Bank Group, International Telecommunication Union (ITU), serta pemangku kepentingan membahas dampak digitalisasi terhadap ekonomi global tersebut.
    Kesenjangan digital jadi hambatan besar 
    Salah satu tantangan utama adalah kesenjangan akses dan literasi digital. Senior Digital Development Analyst dari World Bank Group, Jonathan Marskell menyatakan, peran digitalisasi bukan hanya bagian dari pembangunan infrastruktur. Data World Bank menunjukkan bahwa masih terdapat kesenjangan akses dan sosial yang menghambat perkembangan digital Indonesia, seperti e-KTP.

    “Bertujuan untuk mengatasi keterbatasan kepercayaan dalam transaksi daring, verifikasi identitas saat ini yang tidak efisien dan mahal, serta risiko keamanan dalam verifikasi identitas saat ini,” ujar Marskell dalam keterangan tertulis, Jumat, 28 Februari 2025.
     
    Selain itu, UMKM juga kesulitan beradaptasi dengan perdagangan digital. Senior Officer Ekonomi Digital di Sekretariat ASEAN, Hazremi Hamid mengungkapkan dalam perdagangan digital, infrastruktur dan konektivitas sudah cukup kuat namun keamanan siber yang belum merata menghambat pertumbuhan ekonomi digital di kawasan ini.
     

    Krisis talenta digital
    Plt. Direktur Jenderal Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan, Fahrurozi, mengungkapkan bahwa Indonesia kekurangan talenta digital. 
     
    Saat ini, hanya 19 persen pekerja memiliki keterampilan digital dasar, sementara tenaga kerja dengan keterampilan digital tingkat lanjut hanya 6 persen.
     
    “Indonesia menghadapi kekurangan 3 juta talenta digital pada 2030, yang berdampak pada daya saing global. Untuk mengatasi hal ini, ia menekankan pentingnya keseimbangan keterampilan teknis, kognitif, dan interpersonal,” jelas Fahrurozi.
     
    Sementara itu, Direktur Negara untuk Kegiatan ILO di Indonesia dan Timor-Leste, Simrin Singh menambahkan, bahwa otomatisasi dapat menggantikan jutaan pekerjaan. Namun, dengan strategi yang tepat, teknologi justru bisa menciptakan peluang baru.
    Bagaimana Indonesia menyikapi tantangan ini?
    Dalam diskusi panel yang dipandu oleh Direktur Lembaga Demografi UI, I Dewa Gede Karma Wisana berbagai pakar membahas strategi menghadapi tantangan digitalisasi. Ilham Akbar Habibie, Presiden International Indonesia Chamber of Commerce, menekankan perlunya kebijakan pemerintah yang responsif.
     
    Niall Saville, Senior Advisor di Tony Blair Institute, menyoroti pentingnya regulasi perlindungan data dan perdagangan digital.
     
    “Negara dengan regulasi digital yang kuat lebih siap menghadapi perubahan. Indonesia harus proaktif dalam keamanan digital dan inovasi,” ujar Saville.
     

    Seminar The 22nd Economix FEB UI: Mencari Solusi untuk Revolusi Industri 5.0 diadakan di Balai Purnomo Prawiro, FISIP UI, dan dihadiri oleh tokoh nasional serta internasional. Acara terbagi dalam dua sesi utama yang membahas tantangan dan peluang dalam transformasi digital.
     
    Selain seminar, acara ini juga menghadirkan kompetisi internasional dan Model United Nations (MUN) yang melibatkan mahasiswa serta akademisi dari berbagai negara. Forum ini diharapkan menghasilkan solusi konkret untuk menjawab tantangan Revolusi Industri 5.0.
     
    Diskusi ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, industri, dan akademisi untuk memastikan digitalisasi yang inklusif. Hasil seminar ini diharapkan bisa diterapkan dalam kebijakan nyata guna menciptakan ekonomi yang lebih berkelanjutan dan kompetitif di era digital.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Ada El Rumi & Syifa Hadju, Ikuti Rangkaian Kampanye Shopee Big Ramadan Sale yang Mendukung Brand Lokal

    Ada El Rumi & Syifa Hadju, Ikuti Rangkaian Kampanye Shopee Big Ramadan Sale yang Mendukung Brand Lokal


    PIKIRAN RAKYAT –
     Sambut Ramadan 2025, Shopee kembali menghadirkan kampanye dengan promo terbesar se-Indonesia yakni Shopee Big Ramadan Sale. Promo ini berlangsung mulai 25 Februari hingga 31 Maret 2025.

    Bulan penuh berkah ini kerap diwarnai oleh antusiasme masyarakat dalam menciptakan momen spesial serta menjalankan berbagai tradisi, yang berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kebutuhan mereka.

    Shopee Big Ramadan Sale berperan dalam memenuhi ragam kebutuhan bagi pengguna, serta menghadirkan kesempatan bagi UMKM dan brand lokal untuk bertumbuh dengan mengoptimalkan momentum Ramadan.

    Monica Vionna, Senior Director of Marketing Growth Shopee Indonesia mengatakan, Shopee terus mendukung pertumbuhan produk lokal dan pengusaha UMKM termasuk dengan membuka peluang lebih besar bagi mereka untuk dapat mengoptimalkan penjualan melalui Big Ramadan Sale.

    “Dengan tingginya aktivitas belanja pengguna selama Ramadan, berbagai upaya seperti peluncuran produk spesial, mempersiapkan stok, hingga strategi kolaborasi dihadirkan oleh para Penjual. Melengkapi hal tersebut, kami ingin memastikan para pelaku usaha juga dapat memanfaatkan berbagai fitur inovatif dan program agar dapat semakin memperluas jangkauan dan meningkatkan daya saing. Kami berharap kampanye ini dapat mendukung perkembangan berkelanjutan bagi seluruh ekosistem,” ujar Monica.

    Brand Lokal, Diario Optimalisasi Peluang bersama Shopee Big Ramadan Sale

    Sebagai brand lokal yang bergerak di industri fashion muslim, Diario sendiri telah bergabung dengan Shopee sejak tahun 2019. Berangkat dari visi dan misi yang kuat dalam mengedepankan kualitas, semangat untuk berkontribusi dalam kemajuan industri fashion lokal Indonesia, serta dukungan dari ekosistem yang dimiliki Shopee.

    Kini distribusi produk Diario telah berhasil menjangkau tidak hanya kota besar, tetapi juga berbagai daerah di Indonesia yang sebelumnya sulit dijangkau melalui penjualan offline. Bahkan, bersama Program Ekspor Shopee, Diario telah berhasil memperluas pasar hingga ke Malaysia, yang turut memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan penjualan.

    Nida Fadllillah, Head of Marketing Communication Diario mengatakan, sebagai brand lokal, Diario sangat merasakan bagaimana Shopee memberikan wadah yang luas untuk terus berkembang dan membangun bisnis yang berkelanjutan.

    “Tidak hanya lewat kampanye tematik, tapi juga berbagai inisiatif dan program yang membantu brand lokal seperti kami untuk semakin dikenal dan bertumbuh. Salah satu inisiatif Shopee yang sangat kami apresiasi adalah Shopee Pilih Lokal, sebuah laman khusus yang memberikan sorotan istimewa kepada produk-produk UMKM dan brand lokal, yang tentunya menjadi dukungan pemasaran yang strategis guna memberikan pengaruh signifikan terhadap visibilitas produk kami. Untuk memenuhi lonjakan permintaan menjelang Ramadan dan Lebaran, Diaro juga mengoptimalkan kampanye Shopee Big Ramadan Sale, sebagai salah satu strategi utama. Bersama ekosistem e-commerce Shopee, Diario mencatat pertumbuhan signifikan, termasuk peningkatan transaksi hingga 7x pada kampanye Shopee Birthday Sale 12.12 tahun lalu,” ujar Nida.

    Untuk menghadirkan sesuatu yang istimewa di bulan Ramadan tahun ini, Diario berkolaborasi dengan influencer Dwihanda untuk meluncurkan koleksi Cherie Series secara eksklusif di Shopee pada 5 Maret mendatang.

    Koleksi ini mencakup pilihan mukena serta sarung untuk dewasa dan anak, yang dirancang dengan fokus pada kenyamanan agar dapat menemani setiap momen ibadah di bulan suci. Selain itu, Diario juga merilis koleksi Sarimbit terbaru dengan desain timeless, warna-warna netral, bahan ringan, serta potongan longgar dan flowy, memberikan lebih banyak pilihan bagi masyarakat dalam menjalani Ramadan hingga menyambut hari raya Idulfitri.

    Kemeriahan Big Ramadan Sale Big Ramadan Sale bersama El Rumi & Syifa Hadju

    Shopee Big Ramadan Sale kali ini semakin meriah dengan kolaborasi bersama dua publik figur, El Rumi dan Syifa Hadju.

    Kemeriahan Shopee Big Ramadan Sale tahun ini akan kembali membawa beragam keseruan hingga promo terbesar se-Indonesia bagi pengguna selama sebulan penuh. Menemani pengguna menciptakan momen Ramadan penuh kebahagiaan, Kampanye Big Ramadan Sale akan menghadirkan hari puncak kedua di tanggal 3 Maret 2025, dengan penawaran spesial antara lain:

    Gratis Ongkir Rp 0: Pengguna bisa belanja lebih hemat dengan menggunakan lebih banyak voucher Gratis Ongkir Rp0 di Promo Puncak 3.3. THR Kaget Diskon s/d 100%: Setiap harinya, pengguna berkesempatan membuka amplop THR dan mendapatkan voucher diskon s/d 100% di jam 04:00 WIB dan 16:00 WIB di bulan Maret setiap harinya. Semua pengguna yang mencoba sudah pasti mendapatkan Voucher Shopee Tanam Berkah Melimpah: Pengguna bisa bermain dan memilih bibit spesial Big Ramadan Sale dan berkesempatan memenangkan berbagai produk menarik setiap harinya. Pada tanggal 3 Maret 2025 mendatang, pengguna bisa mendapatkan Mobil Calya, Motor Yamaha Gear, Samsung Flip, Kulkas, dan Kipas.

    Iklan kampanye Shopee Big Ramadan Sale kali ini semakin meriah dengan kolaborasi bersama dua publik figur, El Rumi dan Syifa Hadju. Pasangan selebriti ini mengaku rutinitas sahur dan buka puasa menjadi saat-saat yang dinikmati bersama orang-orang terdekat dalam berbagi rasa syukur dan canda tawa yang menciptakan kenangan berharga.

    Kebahagiaan menyambut bulan suci Ramadan ini pun terlihat dari keseruan iklan kampanye yang dibintangi keduanya.

    El Rumi bilang dirinya senang sekali dapat menjadi bagian dari kampanye Big Ramadan Sale bersama Shopee.

    “Perlu diakui, di tengah kesibukan kami, Shopee sering menjadi penyelamat untuk memenuhi kebutuhanku sih. Menjelang Ramadan, aku biasanya mulai nyicil belanja perlengkapan syuting yang juga bisa sekalian dipakai buat acara keluarga, seperti gamis, baju koko, hingga perlengkapan ibadah. Sejujurnya, Shopee tuh sangat menolong aku untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, karena sangat lengkap dan praktis. Kalau lagi cari inspirasi produk baru atau pengen lebih yakin sebelum beli, aku juga sering menggunakan Shopee Live atau Shopee Video karena selain melepas penat, aku juga bisa langsung lihat detail produknya secara lebih jelas, terus bisa tanya-tanya langsung ke penjual juga,” ” ujar El Rumi.

    Hal serupa juga dirasakan oleh Syifa Hadju. Ia menyebut dengan jadwal yang padat, dirinya sering tidak sempat belanja langsung.

    “Untungnya, Shopee memudahkan aku untuk lebih mengeksplorasi berbagai produk lokal yang semakin beragam dan berkualitas. Aku jadi lebih mudah menemukan produk favorit baru dari UMKM dan brand lokal yang kini semakin kreatif dan inovatif. Selain itu, aku juga sangat mengapresiasi upaya Shopee untuk terus mendukung kemajuan industri lokal, salah satunya dengan menghadirkan laman khusus Shopee Pilih Lokal yang mengkurasi produk-produk terbaik, sehingga semakin praktis untuk mendukung dan berbelanja dari brand lokal favoritku,” kata Syifa.

    Tidak hanya itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan fitur Shopee Barokah sebagai laman khusus yang berisi beragam kebutuhan muslim terlengkap, antara lain Jadwal Sholat, Al-Quran Digital, dan Kiblat untuk mendukung aktivitas ibadah bagi pengguna dimanapun berada.

    Pengguna juga dapat mengaktifkan Pembayaran Barokah untuk melakukan transaksi yang sesuai syariat islami dan bebas cicilan.

    Melalui Shopee Barokah, pengguna juga bisa ikut memberikan momen Ramadan indah untuk sesama lewat zakat dan donasi melalui program Berbagi Tanpa Batas bersama Shopee dengan menggandeng mitra lembaga terpercaya yang terdapat di aplikasi. Shopee Barokah juga berkolaborasi dengan beberapa lembaga, menghadirkan donasi Santunan Lebaran untuk Yatim & Dhuafa dan juga Sedekah Buka Puasa & Sahur untuk Yatim dan Dhuafa. Di momen Ramadan ini, pengguna bisa juga membayar Zakat Fitrah dan Fidyah di Shopee yang bekerjasama dengan lembaga amil zakat terpercaya yaitu BAZNAS, Rumah Zakat, Rumah Yatim, Dompet Dhuafa, PPPA Daarul Quran dan LAZISNU.

    Di bulan Ramadan kali ini, Shopee juga menghadirkan program khusus bagi para pengusaha UMKM baru. Spesial untuk para pengusaha UMKM yang baru membuka toko di Shopee tanggal 20 Februari – 31 Maret 2025, Shopee menyediakan dukungan tambahan.

    Selain mendapat dukungan reguler dalam Program Sukses UMKM Baru berupa gratis biaya administrasi untuk 50 pesanan pertama, biaya layanan Gratis Ongkir XTRA untuk 200 pesanan pertama, dan voucher 1 juta untuk memberikan diskon di toko Penjual, para penjual baru di Shopee juga akan mendapat Saldo Iklan Rp75.000 dan tambahan voucher 1 juta.

    Anda dapat menyimak kejutan lainnya mengenai Big Ramadan Sale 2025 di https://shopee.co.id/m/big-ramadan-sale. Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Harga Pangan Naik Jelang Ramadhan 2025? Para Pejabat di Bidang Pangan Gelar Operasi Pasar

    Harga Pangan Naik Jelang Ramadhan 2025? Para Pejabat di Bidang Pangan Gelar Operasi Pasar

    PIKIRAN RAKYAT – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono bersama Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi dan pejabat lain di bidang pangan memantau operasi pasar pangan murah di Kantor Pos Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Kamis, 27 Februari 2025.

    Wamentan Sudaryono mengimbau masyarakat tetap tenang dan tak terbawa fenomena Fear of Missing Out (FOMO) atau kecemasan menghadapi kenaikan harga pangan jelang Ramadhan 2025.

    “Sesuai instruksi Bapak Presiden Prabowo, kami ingin memastikan di bulan Ramadhan dan Lebaran nanti, tidak ada lagi FOMO kenaikan harga kebutuhan bahan pokok akibat permintaan terhadap komoditas naik. Jadi, stok tercukupi, harga bagus, masyarakat dapat tenang,” ucap Sudaryono seperti dikutip dari Antara.

    Operasi Pasar

    Pihaknya mengaku kepanikan dalam berbelanja justru memperburuk situasi dan menyebabkan lonjakan harga yang lebih tinggi.

    Menurut Wamentan, FOMO sering kali mendorong masyarakat membeli barang dalam jumlah besar karena khawatir harga akan semakin naik atau stok habis dalam konteks ekonomi dan belanja.

    Operasi pasar adalah upaya pemerintah, bekerja sama dengan BUMN pangan dan PT Pos Indonesia, mengantisipasi potensi kenaikan harga pangan jelang Ramadhan 2025.

    “Setiap tahun kita menghadapi pola yang sama menjelang Ramadhan dan Lebaran, di mana harga pangan mengalami kenaikan sementara. Namun, stok pangan nasional dalam kondisi cukup, dan pemerintah terus berupaya menjaga stabilitas harga. Jadi, masyarakat tidak perlu panik atau membeli berlebihan,” lanjutnya.

    Menurut Sudaryono, operasi pasar bagian dari langkah pemerintah menstabilkan harga pangan, khususnya ketika Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

    Ia mengatakan kegiatan ini arahan Presiden Prabowo agar masyarakat melaksanakan ibadah puasa tanpa khawatir ketersediaan dan harga bahan pokok.

    “Kami ingin memastikan bahwa masyarakat mendapatkan bahan pangan dengan harga yang wajar. Operasi pasar ini adalah bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin pangan yang merata dan terjangkau,” lanjut Wamentan.

    Kepala Kantor Pos Cibinong Mariana Wijayanti mengaku respons masyarakat pada operasi pasar pangan murah cukup tinggi.

    Menurutnya jumlah konsumen yang datang meningkat setiap harinya dengan rata-rata 120 orang per hari sejak diluncurkan Senin, 24 Februari 2025.

    “Pada hari pertama sekitar 100 orang berdasarkan catatan pembelian. Hari kedua meningkat di 120. Jumlahnya terus meningkat apalagi semua stok sudah ada. Harapan kami dengan keberadaan kami bisa membantu masyarakat,” kata Mariana.

    Operasi Pasar Pangan Murah di Kantor Pos Cibinong menyediakan berbagai bahan pangan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir, telur ayam, daging ayam, daging kerbau, bawang putih dan lainnya.

    Berbagai bahan pokok ini dibanderol dengan harga yang lebih rendah dibandingkan harga pasar dan harga eceran tertinggi (HET).***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Dukungan Kredit Melonjak! Begini Cara UMKM Bisa Naik Kelas

    Dukungan Kredit Melonjak! Begini Cara UMKM Bisa Naik Kelas

    Jakarta: Bank Mandiri terus memperkuat dukungan terhadap ekonomi kerakyatan dengan meningkatkan penyaluran kredit bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sepanjang 2024, total pembiayaan yang disalurkan ke sektor sosial mencapai Rp144 triliun, naik 6,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
     
    Kredit tersebut banyak disalurkan kepada pelaku UMKM dan perempuan di pedesaan, dengan rincian Kredit Usaha Mikro (KUM) sebesar Rp26,9 triliun dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp63,9 triliun.
     

    Dorong UMKM naik kelas 
    Group Head Micro Development & Agent Banking Bank Mandiri, Muhammad Gumilang, menegaskan Bank Mandiri ingin UMKM di Indonesia terus berkembang dan memiliki daya saing tinggi.
     
    “Oleh sebab itu, kami terus mendorong pengembangan UMKM agar bisa naik kelas,” ujar Gumilang dalam keterangan tertulis, Jumat, 28 Februari 2025..

    Salah satu upaya Bank Mandiri adalah memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas akses keuangan. Melalui platform Livin’ Merchant, jumlah pengguna di daerah non-urban meningkat signifikan sebesar 42,3 persen secara tahunan (YoY), mencapai 1,47 juta pengguna hingga Desember 2024.

    Program Rumah BUMN
    Bank Mandiri juga menjalankan program Rumah BUMN (RB) untuk membantu UMKM naik kelas. Hingga kini, terdapat 23 Rumah BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia, melibatkan lebih dari 15.000 UMKM. Para pelaku usaha mendapatkan pelatihan seperti literasi keuangan, pemasaran digital, hingga promosi e-commerce.
     
    Berdasarkan Social Return of Investment (SROI), setiap Rp1 yang diinvestasikan Bank Mandiri mampu menghasilkan nilai sosial sebesar Rp3,96 hingga Rp4,06 pada 2024.
     

    Dukungan Kredit untuk perempuan 
    Selain UMKM, Bank Mandiri juga aktif dalam pemberdayaan perempuan di sektor ekonomi. Hingga Desember 2024, total kredit UMKM yang disalurkan kepada perempuan mencapai Rp50 triliun atau 55 persen dari total kredit UMKM.
     
    Untuk semakin memperkuat peran perempuan dalam ekonomi, Bank Mandiri menjalin kerja sama dengan PNM Mekaar, menyalurkan fasilitas kredit sebesar Rp3 triliun. 
     
    Program ini memberikan akses permodalan bagi perempuan pengusaha ultra mikro tanpa agunan, dengan limit pinjaman antara Rp2 juta hingga Rp3 juta.
     
    Selain bantuan finansial, pendekatan tanggung renteng dalam program ini menciptakan komunitas solidaritas di antara pelaku usaha perempuan, memperkuat semangat kolektif untuk mencapai kesejahteraan ekonomi.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Diskon Listrik 50 Persen PLN Sampai Kapan? Info Resmi Tanggal Program Berakhir dan Tarif Normal Berlaku

    Diskon Listrik 50 Persen PLN Sampai Kapan? Info Resmi Tanggal Program Berakhir dan Tarif Normal Berlaku

    PIKIRAN RAKYAT – Program diskon tarif listrik 50 persen yang selama ini membantu meringankan beban pelanggan rumah tangga akan segera berakhir.

    Diskon Listrik PLN 50 Persen sudah berlangsung selama hampir 2 bulan yakni mulai dari Januari sampai dengan Februari 2025.

    Bagi yang ingin tetap menikmati tarif listrik lebih murah sebelum bulan Ramadhan 2025 tiba, pastikan catat tanggal penting ini agar tidak terlewat.

    Cara Cek Tagihan Listrik Pengguna Pascabayar

    1. Download aplikasi PLN Mobile.
    2. Daftar menggunakan email atau nomor telepon, verifikasi akun dengan mengisi data diri.
    3. Di halaman utama, tekan fitur Token & Pembayaran.
    4. Ketikkan nomor ID pelanggan listrik.
    5. Klik opsi Riwayat Penggunaan guna melihat riwayat pembelian token.
    6. Pilih tagihan yang ingin diperiksa.
    7. Jika ingin melihat detailnya, tekan Download Invoice guna mengunduh rincian tagihan.

    Cara Beli Token Listrik bagi Pengguna Prabayar

    1. Buka aplikasi PLN Mobile.
    2. Tekan menu Kelistrikan.
    3. Pilih opsi Token dan Pembayaran.
    4. Ketik Nomor ID Pelanggan atau Nomor Meter.
    5. Klik Beli Token.
    6. Pilih jumlah token yang diinginkan, kemudian tekan fitur Beli.
    7. Tekan Lanjutkan Pembayaran.
    8. Tentukan metode pembayaran yang ingin digunakan, selanjutnya pilih Bayar.
    9. Perhatikan batas waktu pembayaran yang muncul kemudian selesaikan transaksi.
    10. Setelah berhasil, klik Lihat Transaksi Saya.
    11. Halaman riwayat transaksi akan muncul selanjutnya.

    Diskon Listrik PLN Sampai Kapan?

    Program subsidi dan insentif dari pemerintah ini memberikan keringanan pada pelanggan rumah tangga dengan daya tertentu.

    Berdasarkan informasi resmi dari PLN, program diskon listrik 50 persen akan berakhir hari ini Jumat, 28 Februari 2025. Pelanggan yang sebelumnya menikmati tarif lebih murah akan kembali dikenakan biaya normal sesuai tarif dasar listrik (TDL) yang berlaku sengan berakhirnya program ini.

    Masyarakat harus mempersiapkan diri dengan baik, agar tak terkejut dengan lonjakan tagihan listrik bulan Ramadhan 2025 nanti.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Puasa Mulai Sabtu atau Minggu? Menag Nasaruddin Umar Bilang Begini

    Puasa Mulai Sabtu atau Minggu? Menag Nasaruddin Umar Bilang Begini

    PIKIRAN RAKYAT – Menteri Agama (Menag) Nasaruddin Umar buka suara terkait prediksi awal puasa, 1 Ramadhan 1446 H di Indonesia. Sidang isbat sendiri akan digelar oleh Kemenag pada hari ini.

    Menurut Menag, 1 Ramadhan 1446 H diperkirakan akan berjalan serentak bagi seluruh masyarakat Indonesia yaitu besok Sabtu, 1 Maret 2025.

    “Kemungkinan besarnya (awal Ramadhan) itu bisa sama,” ungkapnya dalam konferensi pers pada Jumat, 28 Februari 2025.

    Posisi Hilal Saat Ini

    Nasaruddin beranggapan bahwa awal Ramadhan akan serentak disebabkan pantauan hilal untuk sementara ini berada pada posisi 2,5 sampai 4 derajat.

    Sebelumnya, Muhamaddiyah menetapkan 1 Ramadhan 1446 H jatuh pada 1 Maret 2025, menurut metode hisab yang dilakukannya.

    “Insyaallah Idul Fitrinya juga diharapkan sama juga, karena pada waktu diperkirakan itu masih nol, minus ya (derajat hilalnya),” katanya.

    Menurut Nasaruddin, awal Ramadhan yang serentak bisa menjadi awal yang baik bagi umat Muslim Indonesia, dan mengharapkan bahwa Muhammadiyah dan Nadhlatul Ulama (NU) bisa sepakat.

    “Mudah-mudahan insyaallah Ramadhan kita ini lancar,” katanya.

    Pelaksanaan Sidang Isbat

    Sementara itu, berikut jadwal sidang isbat yang akan dilaksanakan Kemenag RI:

    16.30 WIB: Seminar mengenai posisi hilal (terbuka untuk umum dan disiarkan langsung di YouTube Bimas Islam TV)

    18.30 WIB: Latihan sidang isbat (tertutup)

    19.05 WIB: Konferensi pers pengumuman hasil penetapan 1 Ramadan 1446 H (disiarkan langsung di YouTube Kemenag RI)

    Masyarakat bisa menyaksikan sidang secara langsung lewat link live streaming akun YouTube Kementerian Agama atau Bimas Islam TV.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Pertamina Hulu Energi Pacu Produksi Migas, Inovasi Jadi Kunci Wujudkan Asta Cita

    Pertamina Hulu Energi Pacu Produksi Migas, Inovasi Jadi Kunci Wujudkan Asta Cita


    PIKIRAN RAKYAT –
    PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina terus memacu produksi minyak dan gas nasional dengan strategi inovatif dan penerapan teknologi terbaru. Dalam acara Energy Outlook 2025 yang digelar Asosiasi Pemasok Energi dan Batu Bara Indonesia (Aspebindo) di Park Hyatt Jakarta pada Kamis (27/2/2025).

    Asep Samsul Arifin, Vice President Upstream Business Planning & Portfolio Management PHE, menegaskan bahwa inovasi menjadi kunci dalam menjaga ketahanan energi nasional serta mendukung visi Asta Cita pemerintah dalam membangun Indonesia yang mandiri dan berdaya saing di sektor energi.

    Menurut Asep, PHE saat ini berkontribusi 69% terhadap produksi minyak nasional dan 37% terhadap produksi gas nasional. Namun, tantangan utama di industri hulu migas adalah optimalisasi produksi dari lapangan yang telah lama beroperasi.

    “Sebagian besar lapangan di Indonesia sudah memasuki fase matang, sehingga diperlukan strategi baru agar produksi tetap optimal dan mendukung ketahanan energi nasional,” ujar Asep.

    Dalam mendukung Asta Cita ke-2, yaitu “Mewujudkan swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru,” PHE berkomitmen untuk memastikan ketersediaan energi nasional melalui peningkatan produksi minyak dan gas secara berkelanjutan. PHE menerapkan teknologi ramah lingkungan seperti Enhanced Oil Recovery (EOR) /pengurasan tahap lanjut dan strategi eksplorasi yang efisien guna memastikan pasokan energi tetap stabil tanpa mengorbankan kelestarian lingkungan. Dengan demikian, upaya ini tidak hanya memperkuat ketahanan energi nasional tetapi juga sejalan dengan pengembangan ekonomi hijau dan biru.

    Sementara itu, strategi eksplorasi dan pengembangan energi nasional yang diterapkan oleh PHE juga sejalan dengan Asta Cita ke-5, yaitu “Mendorong hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.” Dengan meningkatkan pasokan minyak dan gas domestik, PHE mendukung industri hilir, termasuk pengolahan bahan bakar dalam negeri, petrokimia, dan gas industri. Upaya ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada impor produk energi olahan dan memperkuat daya saing sektor industri nasional.

    Untuk mengatasi tantangan produksi, PHE menjalankan berbagai strategi, termasuk eksplorasi wilayah baru, reaktivasi sumur yang belum berproduksi, serta penerapan teknologi EOR. Teknologi seperti waterflood dan steamflood diterapkan untuk meningkatkan efisiensi produksi dari sumur yang sudah beroperasi lama.

    Selain itu, percepatan proyek greenfield atau lapangan baru juga menjadi prioritas. “Kami berfokus pada eksplorasi wilayah baru, termasuk pengeboran di area laut dalam dan target yang lebih dalam dari sumur konvensional. Ini adalah langkah strategis untuk memastikan cadangan energi tetap mencukupi di masa depan,” ujar Asep.

    Ke depan, PHE akan terus mendorong efisiensi operasi dan mencari peluang eksplorasi baru. Asep menegaskan bahwa sinergi antara pemerintah, industri, dan akademisi sangat penting untuk memastikan industri migas tetap berdaya saing.

    “Dunia energi sedang berubah, dan kita harus beradaptasi dengan inovasi serta efisiensi. Dengan strategi yang tepat, industri migas Indonesia masih memiliki potensi besar untuk berkembang dan terus menjadi pilar utama ketahanan energi nasional,” pungkasnya.

    Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengatakan Pertamina komitmen meningkatkan produksi migas dengan mengalokasikan Capex sekitar 62 persen di sektor hulu untuk mendukung mendukung swasembada energi nasional.

    “Pertamina terus menjalankan strategi pertumbuhan ganda dengan memperkuat bisnis eksisting dan membangun bisnis baru rendah karbon. Strategi ini harus dijalankan dengan inovasi tiada henti,” ujar Fadjar.

    Acara Energy Outlook 2025 ini menjadi ajang diskusi strategis bagi para pemangku kepentingan di sektor energi. Dengan tantangan global yang semakin kompleks, inovasi dan efisiensi menjadi dua faktor utama dalam menjaga keberlanjutan sektor migas Indonesia, sekaligus mewujudkan Asta Cita dalam membangun bangsa yang mandiri di bidang energi dan industri.

    PHE akan terus berinvestasi dalam pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). PHE juga senantiasa berkomitmen Zero Tolerance on Bribery dengan memastikan pencegahan atas fraud dilakukan dan memastikan perusahaan bersih dari penyuapan. Salah satunya dengan implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang telah terstandardisasi ISO 37001:2016. PHE terus mengembangkan pengelolaan operasi yang prudent dan excellent di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang Environmental Friendly, Social Responsible dan Good Governance.

    Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.***

     

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Fundamental Tetap Solid di Awal 2025, Laba Bersih BNI Tumbuh 9,7% YoY pada Januari

    Fundamental Tetap Solid di Awal 2025, Laba Bersih BNI Tumbuh 9,7% YoY pada Januari

    PIKIRAN RAKYAT – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mencatat kenaikan laba bersih sebesar 9,7% pada Januari 2025 dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau year on year (YoY), dari Rp1,48 triliun menjadi Rp1,63 triliun. Kenaikan tersebut dibarengi dengan pertumbuhan kredit dan pendapatan bunga bersih atau net interest income (NII).

    Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, upaya perseroan untuk menjaga pertumbuhan yang berkelanjutan dibuktikan dari pencapaian kinerja keuangan 2024 hingga periode satu bulan pertama 2025.

    ”Fundamental solid BNI terlihat dari kinerja sepanjang 2024 dan Januari 2025 yang secara konsisten menunjukkan pertumbuhan laba dan penyaluran kredit dalam mendukung ekspansi kami tahun ini,” kata Royke dalam siaran pers, Jumat, 28 Februari 2025.

    Penyaluran Kredit Meningkat

    Penyaluran kredit yang dilakukan BNI meningkat di Januari 2025.

    Berdasarkan data laporan keuangan Januari 2025 yang telah dipublikasikan pada website perseroan, penyaluran kredit BNI meningkat dari Rp679,9 triliun menjadi Rp749,8 triliun atau tumbuh 10,3% YoY. Net Interest Income (NII) meningkat dari Rp3,12 triliun menjadi Rp3,17 triliun.

    BNI secara konsisten memprioritaskan pertumbuhan profitabilitas dengan pertumbuhan kredit masih ditopang oleh segmen berisiko rendah yakni segmen korporasi yang tumbuh 17% YoY dan kredit konsumer yang meningkat 14% YoY.

    ”Setelah beberapa tahun disiplin pada portofolio manajemen, BNI berhasil menjaga kualitas aset yang solid yang terlihat dari credit cost sebesar 1% pada Januari 2025,” tutur Royke.

    Selain itu, tekanan pada Net Interest Margin mulai mereda pada awal tahun ini dibandingkan kondisi terakhir tahun lalu.

    Hal ini tidak terlepas dari kondisi makro yang memberikan keuntungan bagi BNI terutama tren penurunan yield Sertifikat Rupiah Bank Indonesia (SRBI) serta potensi tambahan likuditas ke sistem perbankan pada semester kedua dengan diterapkannya Devisa Hasil Ekspor (DHE) yang harus ditempatkan di perbankan dalam negeri 100% selama 1 tahun.

    Pada 26 Maret 2025, BNI rencananya juga akan mengusulkan dividen payout ratio yang lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya usai dividen tahun lalu tercatat sebesar 50% dari laba bersih.

    ”Berdasarkan pencapaian tersebut, kami yakin BNI dapat memberikan nilai tambah yang menarik bagi investor dan seluruh stakeholder,” tutup Royke.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Besok Hari Pertama Puasa Ramadan, Cek Jadwal Imsak dan Subuh Kota Jakarta 1 Maret 2025

    Besok Hari Pertama Puasa Ramadan, Cek Jadwal Imsak dan Subuh Kota Jakarta 1 Maret 2025

    Jakarta: Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1446 Hijriah jatuh pada Sabtu, 1 Maret 2025. Ini berarti umat Islam di Indonesia mulai melaksanakan sahur dan puasa mulai besok.

    Hal yang penting diperhatikan adalah jadwal imsak dan salat subuh di hari pertama sahur dan puasa Ramadan. Ini penting karena perbedaan waktu imsak hingga buka puasa untuk semua wilayah di Indonesia.
     
    Imsak dalam konteks bulan suci Ramadan merupakan pertanda bahwa waktu sahur telah habis dan pada saat itu pula mereka mulai berpuasa. Keberadaan jadwal imsakiyah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat Muslim.

    Pasalnya keabsahan mengawali dan mengakhiri puasa wajib Ramadan sangat tergantung pada kebenaran jadwal imsakiyah. Karena itu menjelang hari pertama puasa Ramadan besok, kamu perlu mengetahui jadwal imsak dan juga subuh.
    Jadwal Imsak dan Subuh Kota Jakarat 1 Maret 2025
    Berikut jadwal buka puasa untuk wilayah DKI Jakarta, 1 Ramadan 1446 H/Sabtu, 1Maret 2025 seperti dikutip dari laman Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag):

    Kota Jakarta

    Imsak: 04.33 WIB

    Subuh: 04.43 WIB

     

    Kabupaten Kepulauan Seribu

    Imsak: 04.34 WIB

    Subuh: 04.44 WIB

    Untuk jadwal lengkap imsak Kota Jakarta selama satu bulan kamu bisa mengeceknya di laman https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah. 

    Jakarta: Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1446 Hijriah jatuh pada Sabtu, 1 Maret 2025. Ini berarti umat Islam di Indonesia mulai melaksanakan sahur dan puasa mulai besok.
     
    Hal yang penting diperhatikan adalah jadwal imsak dan salat subuh di hari pertama sahur dan puasa Ramadan. Ini penting karena perbedaan waktu imsak hingga buka puasa untuk semua wilayah di Indonesia.
     
    Imsak dalam konteks bulan suci Ramadan merupakan pertanda bahwa waktu sahur telah habis dan pada saat itu pula mereka mulai berpuasa. Keberadaan jadwal imsakiyah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat Muslim.
     
    Pasalnya keabsahan mengawali dan mengakhiri puasa wajib Ramadan sangat tergantung pada kebenaran jadwal imsakiyah. Karena itu menjelang hari pertama puasa Ramadan besok, kamu perlu mengetahui jadwal imsak dan juga subuh.
    Jadwal Imsak dan Subuh Kota Jakarat 1 Maret 2025
    Berikut jadwal buka puasa untuk wilayah DKI Jakarta, 1 Ramadan 1446 H/Sabtu, 1Maret 2025 seperti dikutip dari laman Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag):

    Kota Jakarta
     
    Imsak: 04.33 WIB
     
    Subuh: 04.43 WIB
     
     

    Kabupaten Kepulauan Seribu
     
    Imsak: 04.34 WIB
     
    Subuh: 04.44 WIB
     
    Untuk jadwal lengkap imsak Kota Jakarta selama satu bulan kamu bisa mengeceknya di laman https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah. 
     

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (RUL)