Perusahaan: Google

  • 7 Merek Kasur Busa Terbaik, Harga Terjangkau Dijamin Anti Kempes

    7 Merek Kasur Busa Terbaik, Harga Terjangkau Dijamin Anti Kempes

    PIKIRAN RAKYAT – Kasur busa menjadi pilihan populer bagi banyak orang karena kenyamanannya, harga yang terjangkau, dan berbagai keunggulan lainnya. Namun, dengan banyaknya pilihan di pasaran, memilih kasur busa yang tepat bisa menjadi tantangan.

    Berikut adalah 7 merek kasur busa terbaik yang bisa menjadi pertimbangan Anda:

    Mengapa Memilih Kasur Busa?

    – Kasur busa umumnya lebih murah dibandingkan kasur spring bed.

    – Kasur busa lebih ringan sehingga mudah dipindahkan atau disimpan.

    – Tersedia berbagai jenis kasur busa dengan tingkat kepadatan dan fitur yang berbeda.

    – Kasur busa dapat menyesuaikan bentuk tubuh sehingga memberikan kenyamanan saat tidur.

    7 Merek Kasur Busa Terbaik

    1. INOAC Original EON Density 23

    Dikenal dengan kualitas busa yang tahan lama dan anti kempes. Tersedia dalam berbagai ukuran dan ketebalan.

    Harga referensi: Rp460.000.

    2. Olympic Kasur Lipat Dream Bag

    Praktis dan mudah disimpan karena dapat dilipat. Cocok untuk ruangan yang sempit atau sebagai kasur tambahan.

    Harga referensi: Rp373.000.

    Ilustrasi Kasur empuk. Orang Jepang malah lebih sering tidur di lantai yang ternyata baik untuk kesehatan. Photo by NeONBRAND on Unsplash

    3. Quantum Spring Bed Kasur Busa Vakum

    Dikemas dalam bentuk vakum sehingga mudah dibawa dan disimpan. Menggunakan busa berkualitas tinggi yang nyaman dan tahan lama.

    Harga referensi: Rp1.830.000.

    4. INTHEBOX – HYBRID

    Menggabungkan busa dan pegas untuk memberikan kenyamanan dan dukungan yang optimal. Tersedia dalam berbagai ukuran dan tingkat kekerasan.

    Harga referensi: Rp1.399.000.

    5. Domi Mattress Mate

    Kasur busa dengan kualitas yang baik, dan harga yang bersaing.

    Harga referensi: Rp1.248.750

    6. Novilla Mattress Premium

    Kasur busa ini di desain sangat nyaman, dan memiliki kualitas premium.

    Harga referensi: Rp1.490.000

    7. Royal Foam ROYALE Compressed Mattress

    Kasur busa yang di kemas secara padat, sehingga mudah dalam pengiriman. Memiliki kualitas busa yang baik.

    Harga referensi: Rp2.485.000.

    Tips Memilih Kasur Busa

    – Semakin tinggi kepadatannya, semakin tahan lama kasur busa tersebut.

    – Sesuaikan ukuran kasur dengan ukuran tempat tidur dan ruangan.

    – Beberapa kasur busa memiliki fitur tambahan seperti anti alergi atau anti bakteri.

    – Tentukan budget Anda sebelum membeli kasur busa.

    – Pilih kasur busa dari merk yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

    Pilih kasur busa yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Lakukan riset sebelum membeli kasur busa.

    Disclaimer: Harga dan ketersediaan produk dapat berbeda-beda di setiap toko. Fitur dan spesifikasi produk dapat berubah sewaktu-waktu.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • THR Segera Cair, Ini Cara Cerdas Mengaturnya agar Tidak Habis dalam Sekejap!

    THR Segera Cair, Ini Cara Cerdas Mengaturnya agar Tidak Habis dalam Sekejap!

    Jakarta: Tunjangan Hari Raya (THR) adalah momen yang selalu dinantikan oleh para pekerja, baik Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun pegawai swasta. 
     
    Di tahun 2025, pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp50 triliun untuk pembayaran THR ASN. 
     
    Kabar baiknya, THR akan cair dalam waktu dekat! Tapi, bagaimana cara mengatur THR agar tidak langsung habis dalam sekejap? Simak tips berikut ini!
     

    Kapan THR cair?
    Sebelum membahas cara mengelola THR dengan bijak, penting untuk mengetahui kapan THR akan cair.

    ASN: Pencairan THR bagi ASN akan dilakukan paling cepat tiga minggu sebelum Hari Raya Idulfitri. Jika Idulfitri jatuh pada 31 Maret 2025, maka THR diperkirakan mulai cair minggu depan.
    Pekerja swasta: Pemerintah mengimbau perusahaan untuk membayarkan THR paling lambat satu minggu sebelum Lebaran.
     
    Dengan informasi ini, kamu bisa mulai merencanakan penggunaan THR lebih awal agar tidak langsung habis tanpa manfaat.
     

    Cara cerdas mengatur THR
    Agar THR tidak langsung ludes dalam waktu singkat, berikut beberapa strategi pengelolaannya:

    1. Sisihkan untuk kebutuhan pokok

    Sebelum tergoda untuk belanja keperluan Lebaran, alokasikan THR untuk kebutuhan pokok, seperti membayar tagihan listrik, air, atau cicilan bulanan. Dengan begitu, keuangan tetap stabil setelah Lebaran.

    2. Jangan lupa untuk menabung

    Sebaiknya alokasikan minimal 20-30 persen dari THR untuk ditabung. Bisa dalam bentuk tabungan konvensional, deposito, atau bahkan investasi seperti reksa dana dan emas.

    3. Gunakan untuk zakat dan sedekah

    Jangan lupa untuk menunaikan kewajiban zakat dan berbagi dengan sesama. Mengalokasikan sebagian THR untuk sedekah tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, tetapi juga membawa berkah bagi keuanganmu.

    4. Buat anggaran belanja lebaran

    Banyak orang tergoda untuk belanja berlebihan saat menerima THR. Agar tidak boros, buat anggaran belanja yang jelas. Prioritaskan kebutuhan seperti pakaian, makanan, dan oleh-oleh secukupnya.

    5. Hindari belanja impulsif

    Diskon dan promo Lebaran memang menggiurkan. Namun, tetap bijak dalam berbelanja dan hindari membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan hanya karena tergoda diskon besar.

    6. Investasikan sebagian THR

    Jika ada sisa dana setelah memenuhi kebutuhan utama, pertimbangkan untuk berinvestasi. Investasi jangka panjang seperti emas, reksa dana, atau saham bisa menjadi pilihan yang bijak agar THR berkembang nilainya.
     
    THR memang bisa menjadi tambahan dana yang menyenangkan, tetapi jika tidak dikelola dengan baik, uang tersebut bisa langsung habis tanpa sisa. 
     
    Dengan perencanaan keuangan yang cerdas, kamu bisa menikmati Lebaran dengan lebih tenang tanpa khawatir keuangan berantakan setelahnya. Jadi, sudah siap mengelola THR dengan bijak?
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Strategi Baru Oppo, Rilis Satu Fitur AI Baru Tiap Bulan

    Strategi Baru Oppo, Rilis Satu Fitur AI Baru Tiap Bulan

    Jakarta

    Oppo turut hadir di ajang Mobile World Congress 2025 untuk mengumumkan strategi AI terbarunya. Vendor ponsel asal China itu sudah menyiapkan sejumlah fitur AI baru yang akan dirilis bertahap setiap bulannya.

    Tahun lalu, Oppo memasang target layanan AI-nya akan menjangkau 50 juta pengguna. Target itu sudah tercapai dan Oppo kini memasang target baru yaitu menghadirkan fitur AI ke 100 juta pengguna hingga akhir tahun 2025.

    Guna memenuhi kebutuhan pengguna, Oppo akan merilis setidaknya satu update AI baru per bulan. Oppo juga berkolaborasi dengan mitra seperti Google untuk menyediakan fitur AI di level sistem dan sistem AI yang lebih aman.

    “Ketika berbicara mengenai AI, pengalaman pengguna pada akhirnya adalah yang terpenting. Smartphone tidak hanya sebagai kendaraan bagi AI – mereka adalah mesin yang mendukung pengalaman AI terbaik. Sebagai pemimpin global di bidang smartphone, OPPO mendorong inovasi internal dan kolaborasi terbuka dengan mitra industri untuk menghadirkan pengalaman AI yang tiada tanding bagi pengguna kami,” jelas Presiden Pemasaran, Penjualan, dan Layanan Internasional Oppo Billy Zhang, dalam pernyataan resmi yang diterima detikINET, Rabu (5/3/2025).

    Presiden Pemasaran, Penjualan, dan Layanan Internasional Oppo Billy Zhang Foto: Oppo

    Sebagai bagian dari kolaborasi ini, Oppo akan mengintegrasikan Google Gemini ke aplikasi native di ponselnya seperti Notes, Calendar, dan Clock. Oppo dan Google juga akan menghadirkan model AI Gemini 2.0 ke ponsel-ponselnya dalam waktu dekat.

    Untuk meningkatkan keamanan dan privasi pengguna saat mengakses fitur AI ini, Oppo juga mengembangkan Private Computing Cloud (PCC) yang dibangun dengan Confidential Computing dari Google Cloud. Sistem privasi ini mirip seperti Private Cloud Compute yang ada di Apple Intelligence.

    Oppo mengatakan Private Computing Cloud akan terintegrasi dengan sejumlah fitur AI seperti AI Recording Summary, AI Search, AI Studio, dan AI Call Summary mulai tahun ini.

    Sesuai janjinya untuk merilis satu fitur AI baru setiap bulannya, Oppo mengatakan fitur AI Search dan integrasi Google Gemini dengan aplikasi Oppo akan tersedia di Oppo Find N5 dalam waktu dekat.

    Fitur lainnya yang akan hadir di ponsel Oppo antara lain AI Call Translator yang bisa menerjemahkan panggilan telepon dalam berbagai bahasa secara real-time, dan AI VoiceScribe yang menawarkan rangkuman suara untuk berbagai keperluan seperti panggilan suara, belajar online, dan rapat.

    (vmp/vmp)

  • Harga Emas Hari Ini Kamis 6 Maret 2025 Naik Lagi! Pegadaian Capai Rp5.000, Antam Lebih Rendah Sedikit

    Harga Emas Hari Ini Kamis 6 Maret 2025 Naik Lagi! Pegadaian Capai Rp5.000, Antam Lebih Rendah Sedikit

    PIKIRAN RAKYAT – Harga emas pada Kamis, 6 Maret 2025, mengalami kenaikan dibandingkan dengan harga sehari sebelumnya, Rabu, 5 Maret 2025. Kenaikan ini terjadi di berbagai kategori, baik emas batangan Antam, UBS, maupun emas yang dijual melalui Pegadaian.

    Faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan harga emas ini termasuk pergerakan harga emas global, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, serta permintaan pasar yang semakin meningkat.

    Berikut adalah daftar harga emas terbaru dan perubahan harganya dibandingkan hari sebelumnya:

    Harga Emas Antam 0,5 gram: Rp906.761 (naik Rp2.261) 1 gram: Rp1.713.273 (naik Rp4.273) 2 gram: Rp3.366.395 (naik Rp8.395) 3 gram: Rp5.024.530 (naik Rp12.530) 5 gram: Rp8.340.800 (naik Rp20.800) 10 gram: Rp16.626.463 (naik Rp41.463) 25 gram: Rp41.440.343 (naik Rp103.343) 50 gram: Rp82.801.488 (naik Rp206.488) 100 gram: Rp165.524.780 (naik Rp412.780) 250 gram: Rp413.546.288 (naik Rp1.031.288) 500 gram: Rp826.882.050 (naik Rp2.062.050) 1.000 gram: Rp1.653.724.000 (naik Rp4.124.000)
    Harga Emas UBS 0,5 gram: Rp866.000 (naik Rp2.000) 1 gram: Rp1.655.700 (naik Rp3.700) 2 gram: Rp3.266.500 (naik Rp6.500) 3 gram: Rp4.897.000 (naik Rp10.000) 5 gram: Rp8.119.000 (naik Rp19.000) 10 gram: Rp16.126.000 (naik Rp47.000) 25 gram: Rp40.126.000 (naik Rp98.000) 50 gram: Rp80.051.000 (naik Rp191.000) 100 gram: Rp160.002.000 (naik Rp449.000) Harga Emas Pegadaian

    0,5 gram

    Galeri24: Rp911.000 (naik Rp3.000) Antam: Rp928.000 (naik Rp3.000) UBS: Rp913.000 (naik Rp3.000)

    1 gram

    Galeri24: Rp1.690.000 (naik Rp5.000) Antam: Rp1.752.000 (naik Rp5.000) UBS: Rp1.688.000 (naik Rp5.000)

    2 gram

    Galeri24: Rp3.314.000 (naik Rp11.000) Antam: Rp3.442.000 (naik Rp10.000) UBS: Rp3.348.000 (naik Rp10.000)

    5 gram

    Galeri24: Rp8.195.000 (naik Rp26.000) Antam: Rp8.528.000 (naik Rp25.000) UBS: Rp8.273.000 (naik Rp27.000)

    10 gram

    Galeri24: Rp16.277.000 (naik Rp52.000) Antam: Rp17.000.000 (naik Rp51.000) UBS: Rp16.459.000 (naik Rp54.000)

    25 gram

    Galeri24: Rp40.652.000 (naik Rp131.000) Antam: Rp42.371.000 (naik Rp128.000) UBS: Rp41.065.000 (naik Rp136.000)

    50 gram

    Galeri24: Rp81.240.000 (naik Rp262.000) Antam: Rp84.660.000 (naik Rp256.000) UBS: Rp81.961.000 (naik Rp270.000)

    100 gram

    Galeri24: Rp162.462.000 (naik Rp524.000) Antam: Rp169.240.000 (naik Rp512.000) UBS: Rp163.855.000 (naik Rp540.000)

    250 gram

    Galeri24: Rp405.833.000 (naik Rp1.309.000) Antam: Rp422.828.000 (naik Rp1.281.000) UBS: Rp409.516.000 (naik Rp1.357.000)

    500 gram

    Galeri24: Rp811.664.000 (naik Rp2.618.000) Antam: Rp845.441.000 (naik Rp2.562.000) UBS: Rp818.066.000 (naik Rp2.714.000)

    1.000 gram

    Galeri24: Rp1.623.328.000 (naik Rp5.236.000) Antam: Rp1.690.840.000 (naik Rp5.124.000) Faktor Penyebab Kenaikan Harga Emas Kenaikan Harga Emas Global
    Harga emas di pasar dunia mengalami peningkatan, yang berdampak langsung pada harga emas di dalam negeri. Fluktuasi Nilai Tukar Rupiah
    Melemahnya rupiah terhadap dolar AS membuat harga emas di pasar domestik meningkat. Permintaan Pasar
    Peningkatan permintaan menjelang Ramadan dan Idul Fitri turut mendorong harga emas, terutama dalam bentuk perhiasan dan emas batangan untuk investasi. Ketidakpastian Ekonomi Global
    Faktor geopolitik dan kebijakan moneter di berbagai negara mendorong investor untuk beralih ke emas sebagai aset lindung nilai.

    Harga emas pada Kamis, 6 Maret 2025, mengalami kenaikan di berbagai kategori dan denominasi. Kenaikan terbesar terjadi pada emas batangan dalam jumlah besar seperti 500 gram dan 1.000 gram. Pergerakan harga emas ini mencerminkan tren global yang masih menunjukkan peningkatan nilai emas sebagai aset investasi yang aman.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Vidio Terpasang di 8 Juta Smart TV dan STB per 2024 – Page 3

    Vidio Terpasang di 8 Juta Smart TV dan STB per 2024 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Aplikasi streaming Vidio berhasil telah terpasang di 8 juta Smart TV dan Set Top Box (STB) di Indonesia per Desember 2024. Berdasarkan laporan AMPD Southeast Asia Online Video Q4 2024 yang dirilis Media Partners Asia, Vidio menjadi platform streaming OTT nomor 1 di Indonesia. 

    Mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, Kamis (6/3/2025), laporan yang sama menyebut Vidio jadi satu-satunya layanan over the top (OTT) yang berhasil menyerap 4,7 juga pelanggan berbayar atau subscribers. 

    Tak hanya itu, Vidio juga mengalami lonjakan luar biasa dalam instalasi aplikasi layar lebar, yakni Smart TV dan Set Top Box. Indikator awal, memperlihatkan adanya peningkatan signifikan dalam jumlah unduhan dan instalasi aplikasi Vidio di Smart TV. 

    Hal ini memperlihatkan adanya lonjakan animo konsumen ke arah streaming di layar yang lebih besar, didorong oleh luasnya pustaka konten-konten di Vidio. Saat ini, konten Vidio juga meliputi drama eksklusif Indonesia, siaran olahraga langsung, hingga judul-judul film dan serial internasional. 

    Dipasang 8 Juta Kali di Smart TV dan STB

    Dalam pernyataan yang diterima tim Showbiz Liputan6.com, hingga Desember 2024, ada 8 juta aplikasi Vidio yang terpasang di smart TV dan STB. Lonjakan pemasangan aplikasi Vidio ini memperlihatkan dinamika tren konsumsi konten digital di Indonesia. 

    VP Product Vidio Ratih Pulkeria mengatakan, “Pertumbuhan pesat Vidio di Smart TV dan STB menegaskan komitmen kami untuk hadir di setiap layar, baik smartphone, tablet, laptop, hingga smart TV dan Set Top Box di Indonesia.”

    Aplikasi Vidio yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store semakin mempermudah akses bagi pengguna. 

    Ratih menambahkan, saat ini makin banyak rumah tangga yang mengadopsi smart TV. Untuk memastikan tayangan di Vidio aman bagi berbagai rentang usia, Vidio juga hadirkan fitur Kids & Family di platform mereka. Dengan begitu, pengalaman menonton bersama anak jadi lebih nyaman.  

  • Google Gemini Kini Bisa Diakses dari Lock Screen iPhone, Begini Cara Pakainya! – Page 3

    Google Gemini Kini Bisa Diakses dari Lock Screen iPhone, Begini Cara Pakainya! – Page 3

    Di sisi lain, Google terus memperkuat komitmennya dalam menciptakan ruang digital yang lebih aman bagi pengguna di Indonesia. Salah satunya dilakukan dengan menghadirkan fitur Enhanced Fraud Protection yang terintegrasi dengan Google Play Protect.

    Lewat fitur baru ini, Google berupaya melindungi pengguna dari aplikasi berbahaya yang diunduh dari luar Google Play Store atau yang lebih dikenal sebagai aktivitas sideloading.

    Untuk diketahui, sideloading memang memberikan fleksibilitas bagi pengguna untuk memasang aplikasi dari luar toko aplikasi resmi. Namun, aktivitas ini kerap dimanfaatkan pihak pihak tidak bertanggung jawab untuk mencuri informasi pribadi pengguna.

    Oleh sebab itu, Google menghadirkan Enhanced Fraud Protection untuk memberikan perlindungan tambahan. Jadi, fitur ini akan mendeteksi dan memblokir aplikasi yang berpotensi berbahaya sebelum dapat merugikan pengguna.

    “Sekarang, kami memberikan perlindungan yang lebih jauh lagi dengan menambahkan Enhanced Fraud Protection untuk hasil aplikasi sideloading dari internet ke Google Play Protect,” tutur Direktur Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Google Indonesia Putri Alam dalam peringatan Hari Keamanan Berinternet 2025 yang digelar bersama Kementerian Komdigi di Jakarta, Selasa (18/2/2025).

  • Lancarkan Mudik Gratis, Pemerintah akan Luncurkan Aplikasi Nusantara Hub

    Lancarkan Mudik Gratis, Pemerintah akan Luncurkan Aplikasi Nusantara Hub

    PIKIRAN RAKYAT – Untuk mendukung program Mudik Gratis, pemerintah akan meluncurkan aplikasi Nusantara Hub. Kementerian Perhubungan menjadi pemimpin untuk membuatnya.

    “Jadi tahun ini kami akan launching nanti yang lead adalah Kementerian Perhubungan untuk membuat platform terpadu mudik gratis Nusantara Hub,” tutur Pratikno selaku Menko PMK.

    Ia menjelaskannya saat konferensi pers setelah rapat tingkat menteri membahas persiapan hari raya Idul Fitri, Rabu 5 Maret 2025.

    Praktino menambahkan aplikasi ini akan membantu mendistribusikan penumpang secara merata ke seluruh moda transportasi. Selain itu, untuk koordinasi data pemudik dengan penyedia moda transportasi.

    Sebelumnya, Kementerian BUMN mengumumkan program Mudik Gratis akan kembali diadakan tahun ini. Koutanya sebanyak 100000 pemudik. Moda transportasi yang digunakan yaitu jalur darat, laut, dan udara.

    Berikut rincian jumlah kendaraan setiap moda transportasi tersebut. Sebanyak 1.360 bus untuk 67.000 pemudik. 90 kereta api yang untuk 28.000 pemudik, dan 26 kapal laut untuk 5.000 pemudik.

    Sebanyak 76 BUMN siap mengantarkan pemudik ke kampung halaman. Pendaftaran dimulai tanggal 3 Maret sampai 17 Maret 2025. Bila kuota telah terpenuhi, pendaftaran akan ditutup.

    Tujuannya lebih dari 200 di seluruh wilayah Indonesia yang mencakup Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan Papua.

    Dalam rapat tersebut, Praktikno menjelaskan membahas juga kesehatan pengemudi moda transportasi dan beberapa hal untuk mengurai penumpukan saat arus puncak baik saat menjelang maupun sesudah lebaran.

    Sementara itu, Menteri BUMM Erick Thohir menyebut program tersebut sebagai tindak lanjut arahan Presiden Prabowo. Presiden Prabowo ingin menghadirkan kebijakan prorakyat saat masa lebaran.

    Nah, bila ingin mudik, untuk menghemat dana dan tenaga, mendaftarkan mengikuti program tersebut bisa menjadi alternatif. ***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Tokoh Dunia Gabung Jokowi-SBY Jadi Dewan Pengawas Danantara, Ide Prabowo

    Tokoh Dunia Gabung Jokowi-SBY Jadi Dewan Pengawas Danantara, Ide Prabowo

    PIKIRAN RAKYAT – Ada wacana bergabungnya tokoh global sebagai jajaran dari Dewan Penasihat, untuk Badan Pengelolaan Investasi (BPI) Daya Anagata Nusantara (Danantara) Indonesia. Artinya yang bersangkutan akan menemani kerja eks Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

    Presiden RI Prabowo Subianto sendiri yang mempertimbangkan tokoh dunia menjadi bagian dari proyek besar ini.

    Hal ini ditegaskan Kepala Pelaksana Bidang Operasional Danantara Dony Oskaria, saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 5 Maret 2025.

    Ia menyebutkan, nama-nama tokoh global tersebut telah diajukan kepada Presiden Prabowo usai disiapkan oleh pihaknya.

    “Itu sedang dikonfirmasi tentunya, siapa orangnya belum bisa dipastikan. Presiden nanti akan menilai. Yang pasti bahwa karena ini (ingin) menjadi satu hal yang baik dan bagus secara tata kelola kita membuka peluang untuk adanya global advisor. Tetapi orangnya siapa, nanti tentu Pak Presiden yang akan mengumumkan,” kata Dony.

    Dony menjelaskan bahwa alasan memilih tokoh global untuk mengisi posisi Dewan Penasihat Danantara Indonesia, adalah agar para individu berpengalaman di bidang investasi dapat memberikan masukan terbaik bagi Indonesia.

    Oleh karena itu, tokoh-tokoh global yang diajukan oleh pengurus Danantara Indonesia berasal dari berbagai latar belakang, sehingga mereka dapat memberikan nasihat yang optimal dalam pengelolaan investasi-investasi BPI tersebut.

    “Kemampuan mereka ada yang bidang investment, risk management, ada bidang macam-macam diharapkan tentu expertise-nya tentu mereka punya reputasi yang sangat baik. Diharapkan dengan expertise mereka, mereka bisa memberikan nasihat bagaimana membuat dan membangun tata kelola yang baik di dalam pengelolaan investasi pemerintah ini,” ujar Dony.

    Dony memastikan bahwa untuk Dewan Pengawas Danantara Indonesia, akan tetap mengandalkan badan dan lembaga non-kementerian dari dalam negeri, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK), yang akan bertugas mengawasi kinerja BPI.

    Prabowo Berhati-hati Soal Danantara

    Sebelumnya, pada Senin, 27 Februari 2025, Presiden RI Prabowo Subianto, bersama Presiden Ke-7 RI Joko Widodo dan Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, meresmikan Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara (BPI Danantara) Indonesia di Istana Kepresidenan Jakarta.

    Dalam sambutannya, Prabowo menyatakan bahwa Danantara, sebagai sovereign wealth fund Indonesia, akan mengelola aset lebih dari 900 miliar dolar AS, dengan proyeksi dana awal sekitar 20 miliar dolar AS.

    Kepala Negara menekankan bahwa pengelolaan Danantara Indonesia harus dilakukan dengan sangat hati-hati, mengutamakan transparansi, dan dapat diaudit oleh pihak manapun.

    “Danantara Indonesia untuk itu harus dikelola dengan sebaik-baiknya, dengan sangat hati-hati, dengan sangat transparan, dengan saling mengawasi, harus bisa diaudit setiap saat oleh siapa pun,” ujar Prabowo dalam peluncuran Badan Pengelola Investasi Danantara Indonesia di Istana Kepresidenan, Jakarta. ***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Kisah Sukses Penjual Mukena Kembangkan Bisnis dan Raih Keuntungan Maksimal Bersama Shopee

    Kisah Sukses Penjual Mukena Kembangkan Bisnis dan Raih Keuntungan Maksimal Bersama Shopee

    Jakarta: Bisnis online melalui e-commerce membuka peluang lebih besar bagi pelaku UMKM dan jenama lokal dalam mengembangkan bisnisnya. Jenama mukena lokal, MAIA By Hasya yang didirikan oleh pria bernama Ari Hami, menjadi salah satu UMKM yang sukses meraih keuntungan maksimal dari bisnis online.

    MAIA By Hasya ini berawal dari usaha yang Ari rintis di kampung halamannya di Bukittinggi, Sumatera Barat pada tahun 2000. Di periode itu ia membuka konveksi dan berjualan mukena, baju gamis, kebaya hingga sprei pengantin.

    “Di daerah itu seperti jenis dagangan macam macam di satu toko. Memberi kami pilihan dagangan mana yang pantas dilanjutkan,” kata Ari saat ditemui ditemui di tempat usaha konveksinya, Rabu 5 Maret 2025.

    Setelah mulai berjalan dan usahanya mengalami peningkatan, Ari kemudian mencoba untuk bekerja sama dengan konveksi yang ada di Tasikmalaya, Jawa Barat. Saat itu, Ari masih menjual barangnya di daerah belum menyasar pasar Jakarta.

    Hingga akhirnya setelah dua tahun kerja sama, Ari kemudian membuka konveksi sendiri di Tasikmalaya. Ia juga mengembangkan bisnisnya dengan membuka toko.
    “Itu jalan sekitar empat tahun di Tasikmalaya,” ucapnya.

    Baru setelah itu Ari akhirnya memutuskan menyasar pasar Jakarta. Ia pertama kali membuka tokonya di Thamrin City.

    “Dari yang kecil, tahun 2008. 2010 itu mulai ekspansi coba buka di Tanah Abang. Itu produksi kami coba mukena dan gamis, baju koko ada sedikit,” jelasnya.

    Ari kemudian memutuskan untuk hanya menjual mukena. Keputusan ini tepat karena ia berhasil mengembangkan bisnisnya.

    “Akhirnya kami putuskan semua khusus mukena dulu. Akhirnya berkembang dari satu toko menjadi dua, di Thamrin City dari satu jadi dua. Di tanah Abang dari satu jadi dua, akhirnya beberapa tahun 2021 itu setelah covid itu kami mulai gamis lagi, kesininya lumayanlah,” beber Ari.

    Selama hampir dua dekade itu, Ari menjalankan bisnisnya secara konvensional. Ia tidak membuka penjualan online meski saat itu tren bisnis online melalui e-commerce sedang naik.
    Hingga akhirnya Covid-19 melanda di 2020, Ari mengaku saat itu semua tokonya tutup. Meski begitu, ia tetap mengusahakan agar konveksinya tetap produksi agar karyawannya tetap mendapatkan penghasilan. 

    “Kami sayang pulangin orang ke kampungnya, mereka mau makan apa. Sementara yang dijahit ada,” ungkapnya.

    (Pekerja di tempat produksi jenama MAIA By Hasya. Foto: Medcom.id)

    Di momen itulah Ari kemudian mulai membuka diri dan berkenalan dengan e-commerce. Ia mencoba segala macam marketplace yang ada pada saat itu, termasuk Shopee.

    “Itu semua kami coba,” tuturnya.
    Bentuk Tim Digital Marketing
    Ari pun tidak main-main ketika mulai terjun ke e-commerce. Ia sampai membentuk tim digital marketing untuk membuat konten jualanya. 

    Meski begitu apa yang dilakukannya itu tidak berjalan mulus. Ari berusaha mencari ramuan yang pas untuk memasarkan mukena MAIA By Hasya secara online.

    “Kami sempat hire beberapa orang yang mengerti digital marketing tambal sulam keluar masuk sampai ketemu formatnya. Makin kesini bikin tim untuk konten. Masih meraba-raba lah untuk konten TikTok. Untuk Shopee lumayan bisa fitur-fiturnya kami terima,” jelasnya.
     

     

    Raih Keuntungan Maksimal Bersama Shopee 

    Perjalanan Ari di Shopee berkembang pesat selama lima tahun terakhir. Saat ini MAIA By Hasya masuk dalam kategori Star+ Seller. 

    Ari mengaku selama jualan di Shopee penjualan mukenanya mengalami peningkatan. Khususnya saat momen-momen seperti Ramadan dan Idulfitri. Selain itu, program tanggal cantik dari Shopee juga mendongkrak penjualan.

    “Mereka ada mengadakan beberapa program dalam sebulan, tanggal kembar, terus PEDE tanggal 2025 sampai akhir bulan. Mereka berikan ekstra voucher diskon ongkir, dari sisi iklan kami dikasih traffic. Peningkatan bisa 100 persen, tanggal kembar itu tanggal 3 bulan 3,” ungkapnya.

    Ari menambahkan fitur live di Shopee juga membantu dalam meningkatkan penjualannya. Untuk Shopee Live ia memang sudah menyiapkan tim sendiri.

    “Sekarang itu live Subuh saat sahur, pagi itu sudah menguasai 50 persen penjualan harian online.” jelasnya.

    Penjualan produk Maia by Hasya di marketplace seharinya bisa mencapai hingga 200 picis saat hari biasa. Sedangkan saat momen Ramadan hingga menjelang Idulfitri, penjualan produknya bisa meningkat hingga 100 persen atau kisaran di atas 400 picis.

    Ari sendiri menjual produk mukena MAIA By Hasya dari harga Rp80 ribu sampai Rp200 ribu dan Rp200 ribu sampai Rp450. Untuk mukena yang dibanderol Rp80 ribu sampai Rp200 ribu merupakan mukena yang banyak beredar di pasaran, namun dengan tetap menjaga kualitas.

    “Nah Rp200 ribu sampai Rp450 ribu itu desain sendiri dari motif, itu kami order khusus dari pabrik buat kami. Ada label diprinting merek kami,” kata Ari.

    Jenama Maia By Hasya kini berhasil dikembakan Ari hingga memiliki enam toko offline dan toko online di marketplace seperti Shopee dan lainnya.

    Saat ini telah Ari juga telah memiliki lima lokasi produksi yang tersebar di beberapa wilayah, satu diantaranya di daerah Pondok Kacang, Pondok Aren, Tangerang, Banten.

    Karyawan yang membantu bisnis Ari saat ini juga tidak sedikit. Jika ditotal dari karyawan produksi hingga karyawan toko, Maia by Hasya telah mempekerjakan sekitar 100 orang.

    “Kalau di total kira-kira lima tempat produksi itu satu tempat ada 15 orang, terus ditambah karyawan toko kira-kira karyawan kita sekarang kurang lebih ada 100 orang,” jelasnya.

    Dengan karyawan yang hampir 100 orang produksi sehari untuk Maia By Hasya rata-rata seminggu bisa 2.500 picis dari satu tempat produksi. Jika ditotal dengan seluruh tempat produksi, seminggu bisa mencapai 10.000 picis. Untuk penjualan dalam sehari baik dari toko baik grosir dan retail serta online, Maia By Hasya bisa mencapai 2.000 picis.

    Jakarta: Bisnis online melalui e-commerce membuka peluang lebih besar bagi pelaku UMKM dan jenama lokal dalam mengembangkan bisnisnya. Jenama mukena lokal, MAIA By Hasya yang didirikan oleh pria bernama Ari Hami, menjadi salah satu UMKM yang sukses meraih keuntungan maksimal dari bisnis online.
     
    MAIA By Hasya ini berawal dari usaha yang Ari rintis di kampung halamannya di Bukittinggi, Sumatera Barat pada tahun 2000. Di periode itu ia membuka konveksi dan berjualan mukena, baju gamis, kebaya hingga sprei pengantin.
     
    “Di daerah itu seperti jenis dagangan macam macam di satu toko. Memberi kami pilihan dagangan mana yang pantas dilanjutkan,” kata Ari saat ditemui ditemui di tempat usaha konveksinya, Rabu 5 Maret 2025.

    Setelah mulai berjalan dan usahanya mengalami peningkatan, Ari kemudian mencoba untuk bekerja sama dengan konveksi yang ada di Tasikmalaya, Jawa Barat. Saat itu, Ari masih menjual barangnya di daerah belum menyasar pasar Jakarta.
     
    Hingga akhirnya setelah dua tahun kerja sama, Ari kemudian membuka konveksi sendiri di Tasikmalaya. Ia juga mengembangkan bisnisnya dengan membuka toko.
    “Itu jalan sekitar empat tahun di Tasikmalaya,” ucapnya.
     
    Baru setelah itu Ari akhirnya memutuskan menyasar pasar Jakarta. Ia pertama kali membuka tokonya di Thamrin City.
     
    “Dari yang kecil, tahun 2008. 2010 itu mulai ekspansi coba buka di Tanah Abang. Itu produksi kami coba mukena dan gamis, baju koko ada sedikit,” jelasnya.
     
    Ari kemudian memutuskan untuk hanya menjual mukena. Keputusan ini tepat karena ia berhasil mengembangkan bisnisnya.
     
    “Akhirnya kami putuskan semua khusus mukena dulu. Akhirnya berkembang dari satu toko menjadi dua, di Thamrin City dari satu jadi dua. Di tanah Abang dari satu jadi dua, akhirnya beberapa tahun 2021 itu setelah covid itu kami mulai gamis lagi, kesininya lumayanlah,” beber Ari.
     
    Selama hampir dua dekade itu, Ari menjalankan bisnisnya secara konvensional. Ia tidak membuka penjualan online meski saat itu tren bisnis online melalui e-commerce sedang naik.
    Hingga akhirnya Covid-19 melanda di 2020, Ari mengaku saat itu semua tokonya tutup. Meski begitu, ia tetap mengusahakan agar konveksinya tetap produksi agar karyawannya tetap mendapatkan penghasilan. 
     
    “Kami sayang pulangin orang ke kampungnya, mereka mau makan apa. Sementara yang dijahit ada,” ungkapnya.
     

    (Pekerja di tempat produksi jenama MAIA By Hasya. Foto: Medcom.id)
     
    Di momen itulah Ari kemudian mulai membuka diri dan berkenalan dengan e-commerce. Ia mencoba segala macam marketplace yang ada pada saat itu, termasuk Shopee.
     
    “Itu semua kami coba,” tuturnya.

    Bentuk Tim Digital Marketing
    Ari pun tidak main-main ketika mulai terjun ke e-commerce. Ia sampai membentuk tim digital marketing untuk membuat konten jualanya. 
     
    Meski begitu apa yang dilakukannya itu tidak berjalan mulus. Ari berusaha mencari ramuan yang pas untuk memasarkan mukena MAIA By Hasya secara online.
     
    “Kami sempat hire beberapa orang yang mengerti digital marketing tambal sulam keluar masuk sampai ketemu formatnya. Makin kesini bikin tim untuk konten. Masih meraba-raba lah untuk konten TikTok. Untuk Shopee lumayan bisa fitur-fiturnya kami terima,” jelasnya.
     

     

    Raih Keuntungan Maksimal Bersama Shopee 

    Perjalanan Ari di Shopee berkembang pesat selama lima tahun terakhir. Saat ini MAIA By Hasya masuk dalam kategori Star+ Seller. 
     
    Ari mengaku selama jualan di Shopee penjualan mukenanya mengalami peningkatan. Khususnya saat momen-momen seperti Ramadan dan Idulfitri. Selain itu, program tanggal cantik dari Shopee juga mendongkrak penjualan.
     
    “Mereka ada mengadakan beberapa program dalam sebulan, tanggal kembar, terus PEDE tanggal 2025 sampai akhir bulan. Mereka berikan ekstra voucher diskon ongkir, dari sisi iklan kami dikasih traffic. Peningkatan bisa 100 persen, tanggal kembar itu tanggal 3 bulan 3,” ungkapnya.
     
    Ari menambahkan fitur live di Shopee juga membantu dalam meningkatkan penjualannya. Untuk Shopee Live ia memang sudah menyiapkan tim sendiri.
     
    “Sekarang itu live Subuh saat sahur, pagi itu sudah menguasai 50 persen penjualan harian online.” jelasnya.
     
    Penjualan produk Maia by Hasya di marketplace seharinya bisa mencapai hingga 200 picis saat hari biasa. Sedangkan saat momen Ramadan hingga menjelang Idulfitri, penjualan produknya bisa meningkat hingga 100 persen atau kisaran di atas 400 picis.
     
    Ari sendiri menjual produk mukena MAIA By Hasya dari harga Rp80 ribu sampai Rp200 ribu dan Rp200 ribu sampai Rp450. Untuk mukena yang dibanderol Rp80 ribu sampai Rp200 ribu merupakan mukena yang banyak beredar di pasaran, namun dengan tetap menjaga kualitas.
     
    “Nah Rp200 ribu sampai Rp450 ribu itu desain sendiri dari motif, itu kami order khusus dari pabrik buat kami. Ada label diprinting merek kami,” kata Ari.
     
    Jenama Maia By Hasya kini berhasil dikembakan Ari hingga memiliki enam toko offline dan toko online di marketplace seperti Shopee dan lainnya.
     
    Saat ini telah Ari juga telah memiliki lima lokasi produksi yang tersebar di beberapa wilayah, satu diantaranya di daerah Pondok Kacang, Pondok Aren, Tangerang, Banten.
     
    Karyawan yang membantu bisnis Ari saat ini juga tidak sedikit. Jika ditotal dari karyawan produksi hingga karyawan toko, Maia by Hasya telah mempekerjakan sekitar 100 orang.
     
    “Kalau di total kira-kira lima tempat produksi itu satu tempat ada 15 orang, terus ditambah karyawan toko kira-kira karyawan kita sekarang kurang lebih ada 100 orang,” jelasnya.
     
    Dengan karyawan yang hampir 100 orang produksi sehari untuk Maia By Hasya rata-rata seminggu bisa 2.500 picis dari satu tempat produksi. Jika ditotal dengan seluruh tempat produksi, seminggu bisa mencapai 10.000 picis. Untuk penjualan dalam sehari baik dari toko baik grosir dan retail serta online, Maia By Hasya bisa mencapai 2.000 picis.
     

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (RUL)

  • Karyawan Google Diminta Kerja 60 Jam Seminggu, Harus Masuk Kantor

    Karyawan Google Diminta Kerja 60 Jam Seminggu, Harus Masuk Kantor

    Jakarta, CNBC Indonesia – Salah satu pendiri Google, Sergey Brin, mengatakan bahwa perusahaan dapat mencapai Artificial General Intelligence (AGI) jika para karyawan bekerja lebih keras dan lebih banyak berada di kantor.

    Ia menyebut durasi kerja yang paling tepat untuk produktivitas menurutnya adalah 60 jam setiap minggu. Namun, ia juga tak mau pegawainya bekerja lebih dari 60 jam setiap minggunya.

    “60 jam seminggu adalah titik puncak produktivitas,” tulisnya dalam sebuah memo internal yang dilihat oleh The New York Times.

    Dalam memo yang dikirim ke karyawan di bagian Gemini AI Google, Brin mengatakan bahwa persaingan telah meningkat pesat, dan perlombaan terakhir menuju AGI sedang berlangsung.

    “Saya pikir kami memiliki semua bahan untuk memenangkan perlombaan ini, tetapi kami harus meningkatkan upaya kami,” ujar Brin, dikutip dari PCMag, Rabu (5/3/2025).

    Brin juga menyarankan agar karyawan datang ke kantor setidaknya setiap hari kerja. Kebijakan resmi Google untuk kembali ke kantor mewajibkan karyawan bekerja di kantor selama tiga hari dalam seminggu.

    AGI sendiri adalah jenis AI yang menyamai atau bahkan melampaui kemampuan kognitif manusia. AI ini dapat memahami dan menerapkan pengetahuan di berbagai tugas seperti manusia, bukan hanya pada kasus penggunaan yang terbatas.

    Staf AI Google rupanya sudah terbiasa dengan beban kerja yang brutal. Bos Google Search, Prabhakar Raghavan, mengklaim bahwa staf Gemini pernah bekerja selama 120 jam dalam seminggu untuk memperbaiki cacat pada alat pengenalan gambar Google.

    (dem/dem)