Perusahaan: Google

  • 37 Tempat Penukaran Uang Baru Lebaran 2025 di Bandung Raya, Dibuka 3-27 Maret 2025

    37 Tempat Penukaran Uang Baru Lebaran 2025 di Bandung Raya, Dibuka 3-27 Maret 2025

    PIKIRAN RAKYAT – Menjelang Idul Fitri 2025, permintaan uang rupiah baru dalam pecahan kecil meningkat tajam. Uang baru ini banyak digunakan untuk berbagi rezeki kepada keluarga, kerabat, serta anak-anak sebagai bagian dari tradisi Lebaran di Indonesia.

    Bank Indonesia telah mengumumkan jadwal serta lokasi penukaran uang baru di Bandung Raya yang akan berlangsung dari 3 hingga 27 Maret 2025.

    Jadwal Penukaran Uang Baru 2025

    Penukaran uang baru tahun ini terbagi ke dalam empat periode. Pemesanan slot penukaran dapat dilakukan secara online sesuai dengan jadwal berikut:

    Pemesanan: 3 Maret 2025 mulai pukul 12.00 WIB Masa Penukaran: 4-9 Maret 2025 Pemesanan: 9 Maret 2025 mulai pukul 09.00 WIB Masa Penukaran: 10-16 Maret 2025 Pemesanan: 16 Maret 2025 mulai pukul 09.00 WIB Masa Penukaran: 17-23 Maret 2025 Pemesanan: 23 Maret 2025 mulai pukul 09.00 WIB Masa Penukaran: 24-27 Maret 2025 Lokasi Penukaran Uang Baru di Bandung Raya

    Berikut daftar lengkap 37 lokasi penukaran uang baru di wilayah Bandung Raya, yang mencakup Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

    Kota Bandung

    Bank BJB Cabang Tamansari – Jl. Tamansari No.18, Bandung Wetan Bank BJB Cabang Sukajadi – Jl. Sukajadi No. 216, Pasteur Bank BJB Syariah KC Bandung Pelajar Pejuang – Jl. Pelajar Pejuang 45 No. 52 Bank BJB Syariah KC Braga – Jl. Braga No. 135 Bank CIMB Niaga KC Bandung Lembong – Jl. Lembong No. 7 Bank Syariah Indonesia KC Bandung Juanda – Jl. Ir. H. Juanda No. 24 Bank Danamon BDI Asia Afrika – Jl. Asia Afrika No. 180 Bank Maybank KC Martadinata – Jl. RE Martadinata No. 23 Bank Woori Saudara Cabang Surapati Core – Jl. Surapati Core No. 39 Bank Permata KC Merdeka – Jl. Merdeka No. 66 Bank BCA KC Asia Afrika – Jl. Asia Afrika No. 122-124 Bank KB Bukopin Syariah KC Bandung – Jl. Terusan Jakarta No. 131 Bank Mandiri KC Bandung Surapati – Jl. Surapati No. 2 Bank BNI KC Perintis Kemerdekaan – Jl. Perintis Kemerdekaan No. 3 Bank BRI KC Naripan – Jl. Naripan No. 93 Bank BTN KC Bandung – Jl. Jawa No. 7, Sumur Bandung

    Kota Cimahi

    Bank BJB Cabang Cimahi – Jl. Jend. H. Amir Machmud No. 451 Bank BJB KCP Pemkot Cimahi – Jl. Raden Demang Hardjakusumah, Cibabat Bank CIMB Niaga KC Cimahi Tagog – Jl. Raya Tagog No. 256 Bank Syariah Indonesia KC Cimahi – Jl. Raya Cibabat No. 118 Bank Danamon KC Cimahi – Jl. Raya Cibabat No. 349 Bank Maybank KC Cimahi – Jl. Jenderal Amir Machmud No. 294 Bank Mandiri KC Cimahi – Jl. Raya Cimahi No. 612 Bank BTN KCP Baros – Ruko Town Place, Baros Bank BRI KC Cimahi – Jl. Amir Machmud No. 598

    Kabupaten Bandung

    Bank BJB Cabang Soreang – Jl. Raya Soreang No. 17, Pamekaran Bank BJB Cabang Majalaya – Jl. Tengah No. 3-6, Majalaya Bank BJB Syariah KCP Soreang – Jl. Al-Fathu No. 06-A, Lembur Tegal, Soreang Bank Syariah Indonesia KCP Soreang – Jl. Raya Soreang Wahid Hasyim KM.17 Bank BRI KC Soreang – Jl. Raya Soreang KM 17, Pamekaran Bank BTN KCP Soreang – Jl. Raya Soreang No.6c, Pamekaran Bank BNI KC Majalaya – Jl. Raya Laswi No. 215, Majalaya Bank BRI KC Majalaya – Jl. Raya Laswi No. 258, Majalaya

    Kabupaten Bandung Barat

    Bank BJB KCP Padalarang – Jl. Raya Purwakarta No. 75, Kertamulya Bank BJB KCP Batujajar – Jl. Raya Batujajar, Galanggang Bank CIMB Niaga KC Kota Baru Parahyangan – Bumi Paranggelung Business & Office Park Bank Danamon KC Kota Baru Parahyangan – Ruko Pancawarna, Kota Baru Parahyangan Cara Penukaran Uang Baru

    Untuk mendapatkan uang baru, proses pemesanan harus dilakukan secara online melalui aplikasi atau situs resmi Bank Indonesia. Setelah pemesanan berhasil, penukaran dapat dilakukan di lokasi yang telah dipilih sesuai jadwal yang telah ditentukan.

    Berikut langkah-langkahnya:

    Akses Situs Resmi
    Kunjungi website resmi Bank Indonesia atau aplikasi PINTAR. Pilih Lokasi & Jadwal
    Tentukan lokasi penukaran yang diinginkan beserta jadwalnya. Isi Data Pribadi
    Masukkan data diri yang diperlukan sesuai KTP. Dapatkan Bukti Pemesanan
    Simpan bukti pemesanan untuk ditunjukkan saat penukaran. Datang ke Lokasi
    Bawa identitas diri dan bukti pemesanan sesuai jadwal yang dipilih.

    Disarankan untuk melakukan pemesanan lebih awal karena kuota terbatas dan biasanya cepat habis. Selain itu, pastikan membawa identitas diri yang sah saat melakukan penukaran.

    Dengan adanya layanan penukaran uang baru ini, masyarakat dapat lebih mudah memperoleh uang pecahan kecil untuk kebutuhan Lebaran. Pastikan untuk selalu mengikuti informasi resmi dari Bank Indonesia guna mendapatkan pengalaman penukaran uang yang aman dan nyaman.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Google Berubah Total, Pengguna Harus Bayar Segini

    Google Berubah Total, Pengguna Harus Bayar Segini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Google melakukan perubahan drastis pada mesin pencariannya. Namun, perubahan itu hanya bisa dirasakan pengguna yang membayar langganan US$19,99 atau sekitar Rp 326 ribu.

    Google mengubahnya dengan menghadirkan ringkasan dari AI. Pengguna tinggal mengklik tab berlabel Mode AI untuk mengaksesnya.

    “Kami mendengar dari para pengguna bahwa mereka ingin respons AI yang lebih banyak pada pencarian,” kata wakil presiden produk Google, Robby Stein, dikutip dari Reuters, Kamis (6/3/2025).

    Mode AI ini akan membuat ringkasan AI lebih komprehensif dengan hyperlink ke laman web yang dikutip. Google juga mengubah 10 link yang biasanya muncul pada laman pencarian.

    Link tersebut diganti dengan bilah pencarian baru. Ini bisa digunakan pengguna untuk mengajukan pertanyaan lanjutan.

    Menurut Google, Mode AI ini didukung Gemini 2.0 versi khusus. Model tersebut memiliki kemampuan penalaran yang bisa menjawab pertanyaan rumit.

    Akses fitur baru itu hanya bisa dilakukan oleh mereka pelanggan Google One AI Premium. Paket senilai Rp 326 ribu bisa didapatkan untuk satu bulan.

    Saat ini, Google diketahui menghadirkannya melalui AI Overview. Ringkasan tersebut akan muncul di atas hyperlink tradisional pada laman web yang relevan.

    Google juga mengembangkan fitur tersebut dengan menambahkan iklan. Fitur baru telah diluncurkan sejak Mei tahun lalu.

    Raksasa mesin pencarian itu diketahui memang sangat berfokus mengembangkan AI dalam beberapa tahun terakhir. Kepala Investasi Ruth Porat juga pernah mengatakan integrasi AI pada pencarian menjadi fokus perusahaan.

    (fab/fab)

  • Industri Furniture Terus Catat Kinerja Positif

    Industri Furniture Terus Catat Kinerja Positif

    PIKIRAN RAKYAT – Pameran B-to-B Indonesia International Furniture Expo atau IFEX 2025 kembali digelar di JiExpo Kemayoran, Jakarta, pada 6-9 Maret 2025. Wakil Menteri Perindustrian (Wamenperin) Faisol Reza resmi membuka acara tersebut.

    IFEX 2025 yang diikuti oleh 500 peserta pameran dengan menampilkan 5000-an produk mebel dan kerajinan. Faisol Reza mengatakan bahwa industri furniture dan kerajinan terus memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional. Industri furniture terus mencatatkan kinerja positif.

    “Industri furniture terus mencatat kinerja positif, sektor industri furniture terus berkontribusi bagi perekonomian nasional,” katanya.

    Faisol mengatakan hal itu terutama karena tren furniture kini mengarah pada konsep ramah lingkungan, terintegrasi dengan teknologi, dan desainnya yang multifungsi.

    “Penggunaan teknologi 4.0 seperti AR, juga mempermudah belanja furniture secara online, peningkatannya luar biasa. Juga di sisi produksi, teknologi 3D printing sudah membantu banyak untuk mendesain industri atau produk dari industri furniture maupun kerajinan ini,” kata Faisol.

    Akan tetapi Faisol tidak menutup bahwa terdapat tantangan yang dihadapi bagi industri tersebut seperti terhambatnya logistik pengiriman ekspor akibat gejolak geopolitik, kebijakan kelestarian lingkungan, peningkatan impor furniture utamanya di bidang logam, plastik, bahkan kayu, serta isu keamanan dan investasi.

    Meski demikian, dia berharap melalui pameran tersebut dapat bersama-sama melakukan mengeksplorasi solusi dan menjalin kolaborasi menghadapi berbagai tantangan tersebut.

    Faisol mengatakan bahwa Kementerian Perindustrian dalam upaya mengembangkan industri furniture dalam negeri berkomitmen penuh untuk melakukan kerja dan langkah-langkah strategis.

    “Terutama memfasilitasi ketersediaan bahan baku, memfasilitasi ketersediaan SDM. Di bawah Kementerian Penindustrian ada politeknik furniture dan pengolahan kayu di Kendal dengan tiga program studi, teknik produksi furniture, desain furniture, dan manajemen bisnis industri furniture, serta memfasilitasi peningkatan pasar dan penguasaan riset referensi pasar,” kata Faisol.

    Dalam acara pembukaan hadir Wakil Menteri Perdagangan Dyah Roro Esti Widya Putri, Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Abdul Sobur, Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Meski Dikelola Danantara, OJK Pastikan Akan Terus Pantau Bisnis Bank BUMN

    Meski Dikelola Danantara, OJK Pastikan Akan Terus Pantau Bisnis Bank BUMN

    PIKIRAN RAKYAT – Melalui kebijakannya, OJK diketahui akan terus memantau perkembangan bisnis Bank BUMN supaya tetap sejalan dengan tujuan dan maksud pembentukan Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara (BPI) Danantara oleh Presiden RI Prabowo Subianto.

    Selain memantau Bank BUMN, OJK juga meminta kepada pengelola Bank untuk terus meningkatkan kinerja dan profesionalisme, seta pelayanan kepada nasabahnya.

    Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi, OJK, M Ismail Riyadi dalam keterangan persnya di Makassar, Rabu, 5 Maret 2025 kemarin.

    Menurut Ismail, hal tersebut bertujuan dalam rangka meningkatkan kontribusi bank terhadap pembangunan ekonomi secara keseluruhan.

    “Selain memantau Bank BUMN itu, kami juga meminta Bank untuk terus meningkatkan kinerja dan profesionalisme, serta pelayanan kepada nasabah,” ujar M Ismail, dilansir Pikiran Rakyat dari Antara, Kamis, 6 Maret 2025.

    Khusus Bank BUMN itu, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae menambahkan, bahwa pihak OJK menyambut baik inisiatif pemerintah yang telah meluncurkan BPI Danantara.

    Dian menuturkan bahwa hal tersebut guna mendukung pengelolaan BUMN yang lebih komprehensif guna peningkatan investasi dalam negeri dan memperkuat perekonomian nasional yang berkelanjutan.

    Imbuhnya, pembentukan BPI Danantara melalui pengesahan Perubahan Ketiga UU Nomor 19 Tahun 2023 tentang BUMN oleh DPR pada tanggal 4 Februari 2025.

    Adapun tujuan pembentukannya, yakni untuk mengemban tugas mengelola kekayaan negara secara terpisah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan mengoptimalkan penggunaannya untuk investasi strategis negara, seperti hilirisasi, infrastruktur, ketahanan pangan, ketahanan energi, industri substitusi impor dan digital.

    Dian berpendapat bahwa kehadiran BPI Danantara bukanlah suatu fenomena yang baru. Katanya, Sovereign wealth funds sudah diterapkan di banyak negara, antara lain Government Pension Fund Global (Norwegia), Temasek Holdings (Singapura), Qatar Investment Authority (Qatar), dan Abu Dhabi Investment Authority (UEA) yang mengelola dana investasi berskala besar.

    Lanjutnya, Sovereign wealth funds yang disebutkan tadi telah mengelola berbagai instrumen keuangan terutama pada inovasi teknologi, energi terbarukan serta rantai pasokan barang dan jasa yang dinilai strategis.

    Adanya BPI Danantara, diharapkan dapat mengoptimalkan kekayaan, mengintegrasikan pengelolaan aset, sehingga kinerja perusahaan menjadi lebih efisien dan transparan yang kemudian dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian di Indonesia.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Dalam 10 Hari Bansos PKH dan Program Sembako Terealisasi 90%

    Dalam 10 Hari Bansos PKH dan Program Sembako Terealisasi 90%

    Jakarta: Mengarungi awal tahun 2025, PT Pos Indonesia atau dikenal dengan brand PosIND kembali ditunjuk oleh Kementerian Sosial RI (Kemensos) sebagai kepanjangan tangan pemerintah, sebagai mitra penyaluran beberapa jenis bantuan sosial (bansos), khususnya bansos yang sudah menjadi program berkelanjutan dari Kemensos, yaitu Program Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH).
     
    Kinerja Pos Indonesia (PosIND) dalam menyalurkan bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako kembali mencuri perhatian. Data dari dashboard Pos Giro Cash (PGC) menunjukkan capaian luar biasa pada tahap triwulan pertama tahun 2025.
     
    Dalam waktu 10 hari kerja, target penyaluran bansos di berbagai wilayah berhasil direalisasikan dengan tingkat efisiensi dan akurasi yang patut diacungi jempol. Kerja cepat yang dibukukan dalam data, yaitu 10 hari masa penyaluran serentak di sejumlah wilayah Indonesia di triwulan pertama 2025, realisasi Bansos PKH telah mencapai 90 persen dan realisasi bansos sembako 80,89 persen. Keberhasilan ini menjadi bukti nyata komitmen PosIND sebagai mitra pemerintah yang andal, khususnya dalam pilar bisnis fund disbursement.
     
    Data pencapaian kinerja yang mengesankan
    PosIND mendapat alokasi dana bansos PKH sebesar Rp1.294.621.225.000 untuk disalurkan kepada 1.792.933 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Berdasarkan data kinerja per 2 Maret 2025, realisasi penyaluran nasional sudah mencapai 90 persen.

    Penyaluran bansos PKH tersebut meliputi 38 provinsi, 514 kabupaten/kota, 6.877 kecamatan, dan 57.435 desa. Menurut laporan PGC, angka pencapaian penyaluran bansos di sejumlah kota mencapai lebih dari 95 persen dalam rentang waktu yang sangat singkat. Beberapa wilayah bahkan melampaui target dengan tingkat keberhasilan mendekati 100 persen.
     
    Penyaluran dengan capaian yang tinggi terlaksana di Provinsi Aceh dengan capaian 94,40 persen, dan untuk realisasi capaian tingkat kabupaten tertinggi, terlaksana di Aceh Barat dengan capaian 75,47 persen. Untuk realisasi tingkat kecamatan, bahkan ada yang telah mencapai 100 persen, yaitu di Kecamatan 2×11 Enam Lingkuang, Kecamatan 2×11 Kayu Tanam, dan Abeli, yaitu bulat di 100 persen.
     

    (Foto: Dok. PosIND)
     
    Sementara, untuk Bansos Program Sembako, PosIND mendapatkan alokasi dana sebesar Rp1.800.023.400.000 yang dibagikan kepada 3.000.039 KPM. Masih berdasarkan data per 2 Maret 2025, tercatat realisasi penyaluran telah menyentuh 80,89 persen.
     
    Penyaluran Bansos Program Sembako oleh PosIND tersebut mencakup 38 provinsi, 514 kabupaten/kota, 6.894 kecamatan, dan 56.638 desa. Penyaluran dengan capaian tertinggi juga terjadi di Provinsi Aceh dengan capaian sebesar 94,19 persen, dan realisasi kabupaten tertinggi di Aceh Barat dengan 93,46 persen. Untuk realisasi tingkat kecamatan tertinggi diperoleh di Kecamatan 2×11 Enam Lingkuang yang juga sempurna di 100 persen.
     
    Kota Surabaya, misalnya, menjadi salah satu wilayah dengan capaian penyaluran yang baik. Petugas di kota ini berhasil menyalurkan Bansos PKH dan Program Sembako kepada ribuan penerima manfaat hanya dalam waktu seminggu. 
     
     

     
    Di Makassar, efisiensi penyaluran bansos juga mendapat apresiasi tinggi. Dengan pendekatan berbasis teknologi dan strategi logistik yang terencana, para petugas Pos mampu memastikan bahwa bansos diterima langsung oleh mereka yang membutuhkan tanpa hambatan berarti. Keberhasilan ini juga tercermin di kota-kota lain, seperti Bandung, Medan, dan Yogyakarta, yang semuanya menunjukkan kinerja luar biasa.
     
    Koordinasi, digitalisasi, dan inovasi: kunci sukses penyaluran bansos
    Sukses dan lancarnya proses penyaluran Bansos Program Sembako dan PKH oleh PosIND, tentu tak lepas dari strategi dan koordinasi yang baik mulai dari tingkat pusat hingga petugas di lapangan. Berikut tentunya koordinasi dengan mitra dan stakeholder per tingkat daerah. Satu hal yang tidak dapat dinaikkan keberadaan dan fungsinya adalah dengan digitalisasi yang telah dilakukan oleh PosIND, turut berperan dalam sukses dan lancarnya penyaluran bansos hingga ke daerah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terpencil/Terpelosok).
     
    Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia Haris menjelaskan bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari implementasi teknologi digital melalui dashboard PGC, yang juga diproyeksikan untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi.
     

    (Foto: Dok. PosIND)
     
    “Dengan adanya dashboard ini, kami dapat memantau proses penyaluran secara real time, mulai dari distribusi logistik hingga konfirmasi penerimaan oleh masyarakat. Hal ini membantu kami mengambil langkah cepat jika terjadi kendala di lapangan,” ungkap Haris.
     
    Dalam PGC yang dapat dipantau real time tersebut, tersemat fitur geotagging yang di dalamnya terdapat foto rumah berikut face recognition penerima manfaat, yang nantinya akan  berfungsi untuk memperkuat validitas data. Dari data yang direkam di lapangan, selanjutnya dapat digunakan untuk validasi lebih lanjut oleh pemberi kerja, dalam hal ini Kementerian Sosial RI, guna memastikan ketepatan sasaran penerima bantuan atau dipadu padankan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 
     
    “Kami memiliki dashboard yang memungkinkan Kemensos melihat langsung kondisi rumah penerima bansos. Hal ini membantu dalam verifikasi dan koreksi data,” kata Direktur Bisnis Jasa Keuangan Pos Indonesia Haris.
     
    Selain sistem yang mumpuni, PosIND juga menjalankan strategi penyaluran melalui tiga metode, yakni dibagikan di Kantorpos, komunitas, dan diantarkan langsung ke rumah KPM bagi mereka yang sedang sakit, lansia, maupun disabilitas.
     
    Metode pengantaran tersebut menunjukkan fleksibilitas dan kepedulian PosIND terhadap penerima bansos yang memiliki keterbatasan fisik. 
     
    “Kami ingin memastikan bahwa bantuan benar-benar sampai ke tangan yang membutuhkan,” ucap Haris. 
     
     

     
    Haris juga menyoroti pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah dan Kementerian Sosial.
     

    (Foto: Dok. PosIND)
     
    “Kami bekerja bahu-membahu untuk memastikan proses penyaluran berjalan lancar. Data dari PGC memungkinkan kami memberikan laporan yang transparan dan akuntabel kepada pemerintah,” tambahnya.
     
    Cerita sukses di lapangan
    Di balik angka-angka tersebut, terdapat cerita perjuangan para petugas PosIND di lapangan. Di Kota Surabaya, Rina, seorang petugas Pos, mengaku bangga dapat menjadi bagian dari tim yang menyalurkan bansos kepada masyarakat sebagai juru bayar. 
     
    “Kami sering harus menempuh perjalanan hingga masuk-masuk ke gang sempit, dan sering tidak nomor rumah tidak jelas. Tapi semua itu terbayar ketika melihat senyum bahagia penerima manfaat,” cerita Rina.
     
    DI Jakarta Oceania, menjadi petugas juru bayar bagi Ria Amalia yang terkesan pekerjaan yang berat, namun justru disyukurinya. Ria benar-benar menjadikan pekerjaannya sebagai ladang amal.
     
    “Apa ya, kesannya saat mengantar ke salah satu penerima yang memang keadaannya sangat-sangat memperhatikan dan memang sangat-sangat butuh bantuan, saya jadi merasa sedih melihat keadaan penerima. Itu kenapa saya senang mengerjakan pekerjaan ini. Semoga bermanfaat untuk si penerima KPM dan membantu perekonomiannya,” tutur Ria.
     

    (Foto: Dok. PosIND)
     
    Sementara itu, di Makassar, tim PosIND menggunakan sepeda motor untuk menjangkau wilayah terpencil yang sulit diakses kendaraan besar.
     
    “Kami harus kreatif. Kadang, kami ganti ban motor spt motor trail sampai juga harus berjalan kaki ketika sudah tidak bisa lagi menggunakan kendaraan, untuk memastikan bansos sampai ke tangan penerima,” ujar Ahmad, petugas lapangan lainnya.
     
    Tantangan dan solusi
    Meski capaian ini sangat membanggakan, Haris tidak menutup mata terhadap tantangan yang dihadapi. Menurut Haris, faktor yang jadi kendala ialah pemutakhiran data penerima manfaat oleh Kementerian Sosial, dan kendala dalam proses distribusi.  
     
     

     
    Sementara, tantangan yang dihadapi dalam proses distribusi ini yaitu keterbatasan akses transportasi dan kondisi cuaca.
     
    “Salah satu kendala utama adalah akses ke daerah-daerah terpencil. Namun, dengan dukungan logistik yang kuat dan koordinasi tim yang solid, kami berhasil mengatasinya. Kami juga terus meningkatkan kualitas layanan melalui pelatihan bagi petugas lapangan,” jelasnya.
     
    Haris menambahkan bahwa seluruh tantangan tersebut mampu diatasi dengan baik karena adanya kolaborasi dari pemerintah dan pemangku kepentingan. Koordinasi yang baik juga dilakukan dengan otoritas pelabuhan, pemilik transportasi, dan pihak keamanan.
     
    Komitmen dan optismisme PosIND pada penyaluran bansos 2025
    PosIND optimistis penyaluran Bansos Program Sembako dan PKH kurun waktu 2025 ini akan juga menuai sukses. Keberhasilan PosIND dalam menyalurkan bansos PKH dan Program Sembako triwulan pertama tahun 2025 merupakan cerminan dedikasi dan profesionalisme seluruh jajaran perusahaan. Keberhasilan ini tentu menjadi capaian yang menggembirakan seluruh insan PosIND.
     

    (Foto: Dok. PosIND)
     
    Menengok ke belakang, sepanjang periode 2024, PosIND sukses menyalurkan bansos kepada 4,6 juta KPM di seluruh Indonesia dengan capaian 96 persen, nyaris menyentuh 100 persen.
     
    Dengan dukungan teknologi, inovasi, dan semangat kebersamaan, PosIND siap untuk menghadapi tantangan berikutnya dan terus menjadi mitra terpercaya pemerintah dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Terlebih penyaluran di masa awal 2025 
     
    Haris menambahkan bahwa PosIND berkomitmen untuk terus berinovasi dalam mendukung program pemerintah. 
     
    “Kami memahami betapa pentingnya bansos bagi masyarakat yang membutuhkan. Oleh karena itu, kami akan selalu berupaya memberikan yang terbaik,” tutup Haris.
     
    Capaian penyaluran bansos PKH dan Program Sembako ini mendapatkan apresiasi dari pemerintah dan khususnya Kementerian Sosial RI. Kinerja Pos Indonesia yang mampu menjaga amanah dalam menyalurkan bansos kepada masyarakat dipuji Menteri Sosial Saifullah Yusuf, yang akrab disapa Gus Ipul, yang datang langsung meninjau dan menyerahkan bansos PKH dan Program Sembako medio Desember 2024, di Yogyakarta dan Pringsewu, Lampung.
     
    Kolaborasi yang kuat antara Pos Indonesia dan Kemensos menjadi bukti nyata bagaimana sinergi antara pemerintah dan BUMN dapat menghasilkan dampak positif yang signifikan. Cerita sukses ini tidak hanya menjadi kebanggaan PosIND, tetapi juga inspirasi bagi semua pihak untuk terus bekerja keras demi kesejahteraan rakyat Indonesia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Diperkuat Exynos 1580, Samsung Galaxy A56 5G Punya Fitur AI Auto Trim dan Best Face – Page 3

    Diperkuat Exynos 1580, Samsung Galaxy A56 5G Punya Fitur AI Auto Trim dan Best Face – Page 3

    Selain Auto Trim dan Best Face, Galaxy A56 5G juga dilengkapi Object Eraser yang memungkinkan kamu menghapus objek, bayangan, atau pantulan yang mengganggu hanya dalam sekali klik.

    Untuk sentuhan kreatif, ada Filters utuk menciptakan filter sendiri dengan tone warna favorit, sehingga setiap foto dan video terlihat lebih aesthetic.

    Ada pula fitur Circle to Search with Google yang sudah hadir sebelumnya, tapi sekarang lebih dari sekadar melingkari objek.

    Misalnya, saat kamu penasaran dengan judul lagu, bisa menemukan judul lagu hanya dengan humming atau menyanyikan sedikit liriknya.

    Bukan cuma itu, Circle to Search juga bisa menerjemahkan berbagai bahasa dengan cepat. Contohnya, saat membuka lirik lagu berbahasa Korea tapi tidak mengerti artinya, cukup tekan lama navigation bar, klik button Translate di menu yang muncul dan teks di layar otomatis diterjemahkan ke bahasa yang kamu inginkan.

     

  • Fitur Baru WhatsApp Bisa Video Call Tanpa Rebutan Ngomong

    Fitur Baru WhatsApp Bisa Video Call Tanpa Rebutan Ngomong

    Jakarta, CNBC Indonesia – WhatsApp kabarnya tengah menggarap dua fitur untuk melengkapi pengalaman video call pengguna.

    Dua fitur baru ini ditemukan oleh Android Authority saat mengulik WhatsApp beta untuk Android versi 2.25.5.21.

    Salah satu fiturnya adalah reaksi emoji, dan fitur lainnya adalah ‘raise hand’.

    Sesuai namanya, reaksi emoji memungkinkan pengguna untuk memberikan reaksi terhadap apa yang terjadi saat video call.

    Menurut penelusuran, emoji yang tersedia termasuk jempol ke atas, hati, tertawa sambil menangis, kaget, menangis, dan berdoa.

    Fitur reaksi emoji sudah lebih dulu tersedia di chat individu dan grup WhatsApp, serta untuk memberikan reaksi di Status. Jadi, wajar jika WhatsApp ingin memperluas fitur ini ke video call.

    Lalu ada fitur raise hand, yang mirip seperti di Google Meet dan Zoom. Fitur ini bisa digunakan ketika pengguna ingin mengajukan pertanyaan atau menyanggah percakapan ketika video call, tanpa menyela percakapan. Dengan begitu, obrolan yang ramai bisa lebih teratur dan tidak berisik.

    Fitur raise hand dapat diakses pengguna dengan mudah, yakni cukup mengetuk tombol tiga titik horizontal di bilah bawah.

    Belum diketahui jelas kapan WhatsApp akan membawa fitur ini bagi pengguna secara luas. Kita tunggu update selanjutnya!

    (fab/fab)

  • Cara Membuat BPJS Mandiri, Bisa Online! Begini Syaratnya

    Cara Membuat BPJS Mandiri, Bisa Online! Begini Syaratnya

    PIKIRAN RAKYAT – Banyak yang mengira bahwa pendaftaran BPJS Kesehatan hanya bisa dilakukan melalui instansi tertentu atau harus mengikuti program dari tempat kerja. Padahal, kamu juga bisa mendaftar BPJS Kesehatan secara mandiri, tanpa harus bergantung pada perusahaan atau pihak lain.

    Mendaftar BPJS Kesehatan secara mandiri cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja yang belum terdaftar dalam program ini. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan dan memilih kelas layanan sesuai dengan kemampuan finansialmu.

    Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Mobile JKN atau website resmi BPJS Kesehatan, serta secara langsung di kantor BPJS terdekat. Dengan kemudahan ini, masyarakat yang belum memiliki jaminan kesehatan bisa segera mendaftar dan memperoleh perlindungan kesehatan yang memadai.

    Untuk memahami cara-cara daftar BPJS Kesehatan secara mandiri, kamu bisa cek penjelasannya secara rinci di bawah ini.

    Cara Daftar BPJS Mandiri di Mobile JKN

    Salah satu media yang bisa kamu gunakan untuk daftar BPJS adalah aplikasi Mobile JKN. Berikut langkah-langkahnya:

    Aplikasi Mobile JKN bisa diunduh langsung melalui Play Store untuk pengguna Android atau App Store bagi pengguna iOS. Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi dan pilih opsi Masuk/Daftar di bagian kiri atas. Pilih menu Daftar, lalu masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, dan tanggal lahir. Isi kode captcha yang muncul, lalu klik Validasi Data. Jika data sudah benar, akan muncul halaman Selamat Datang yang meminta pengguna mengisi nomor telepon, email, serta membuat kata sandi. Pastikan nomor telepon memiliki pulsa karena sistem akan mengirimkan kode OTP sebagai verifikasi. Klik Registrasi, lalu tunggu hingga muncul notifikasi bahwa akun telah berhasil dibuat. Masuk kembali ke aplikasi Mobile JKN menggunakan akun yang telah dibuat. Di menu utama, pilih opsi Pendaftaran Peserta. Masukkan nomor Kartu Keluarga (KK), lengkapi captcha, dan klik Proses. Data seluruh anggota keluarga akan muncul sesuai dengan informasi yang terdaftar di Dukcapil. Pilih fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama, kelas perawatan, serta dokter gigi yang diinginkan. Masukkan alamat email aktif, lalu klik Simpan. Sistem akan mengirimkan kode verifikasi ke email yang telah didaftarkan. Masukkan kode tersebut ke aplikasi untuk menyelesaikan pendaftaran.

    Daftar BPJS Mandiri di Mobile JKN

    Setelah pendaftaran berhasil, peserta akan diberikan nomor virtual account untuk melakukan pembayaran iuran pertama.

    Pembayaran bisa dilakukan melalui mobile banking, ATM, ataupun melalui berbagai merchant yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

    Setelah pembayaran selesai, peserta resmi terdaftar dan dapat mengakses kartu BPJS Kesehatan digital melalui aplikasi Mobile JKN.

    Cara Membuat BPJS Mandiri di Kantor Cabang

    Selain secara online, kamu juga bisa daftar BPJS secara offline di kantor cabang.

    Langkah pertama adalah mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Lokasi kantor bisa dicek melalui situs resmi BPJS Kesehatan atau bertanya langsung ke layanan informasi setempat. Saat tiba di kantor BPJS, pendaftar akan diminta mengisi formulir pendaftaran. Pastikan membawa dokumen yang dibutuhkan, seperti fotokopi Kartu Keluarga (KK), fotokopi KTP, serta pas foto ukuran 3×4 untuk melengkapi proses administrasi. Dalam formulir pendaftaran, pendaftar harus memilih fasilitas kesehatan tingkat pertama (faskes) yang paling dekat dan sesuai kebutuhan. Faskes ini nantinya akan menjadi tempat pertama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sebelum dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut jika diperlukan. Setelah formulir diisi dan berkas diperiksa, pendaftar akan diberikan nomor virtual account untuk pembayaran iuran pertama. Pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti ATM, mobile banking, atau layanan pembayaran lainnya yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Setelah melakukan pembayaran, pendaftar perlu menyerahkan bukti transfer ke kantor BPJS sebagai konfirmasi.

    Petugas akan memproses pendaftaran dan mencetak kartu BPJS Kesehatan yang siap digunakan.

    Apa Saja Syarat Bikin BPJS Mandiri?

    Saat mendaftar BPJS Kesehatan, ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan agar proses pendaftaran berjalan lancar. Berikut adalah daftar berkas yang harus dibawa:

    Kartu Keluarga (KK) sebagai bukti data kependudukan dan anggota keluarga. Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai identitas diri yang masih berlaku. Buku rekening tabungan yang akan digunakan untuk pembayaran iuran BPJS. Nomor handphone aktif untuk menerima kode verifikasi serta informasi penting lainnya. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) bagi yang memiliki, sebagai dokumen pendukung. Alamat email aktif yang akan digunakan untuk notifikasi dan akses layanan digital BPJS. Pas foto ukuran 3×4, yang diperlukan dalam proses administrasi.

    Pastikan semua dokumen sudah lengkap agar proses pendaftaran bisa dilakukan tanpa kendala.

    Dengan memahami prosedur pendaftaran kamu bisa lebih siap untuk bergabung dengan BPJS Kesehatan secara mandiri. ***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Cara Daftar Mudik Gratis Jasa Raharja 2025 Menggunakan Bus, Kapal, dan KA

    Cara Daftar Mudik Gratis Jasa Raharja 2025 Menggunakan Bus, Kapal, dan KA

    Bisnis.com, JAKARTA – Jasa Raharja kembali memberikan program mudik gratis yang diberikan setiap tahun pada libur Lebaran.

    Mudik gratis ini diberikan kepada masyarakat melalui moda transportasi darat dan laut. Tahun ini, terdapat 200 kuota melalui bus, kereta api, dan kapal.

    Pendaftaran mudik gratis Jasa Raharja dapat dilakukan melalui https://mudik.jasaraharja.co.id  hingga 17 Maret 2025.

    Syarat Mudik Gratis Jasa Raharja

    Memiliki KTP dan SIM C yang masih berlaku atas nama sendiri (pendaftar)
    Harus memiliki sepeda motor yang dibuktikan dengan STNK Motor
    Pajak kendaraan sepeda motor masih berlaku (Bagian SKPD/ Bukti Pembayaran Pajak Sepeda Motor)
    Pendaftar dan calon peserta yang didaftarkan harus mempunyai hubungan keluarga yang dapat dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK), Surat Nikah atau Akta Lahir
    Satu orang pendaftar maksimal mendaftarkan 4 orang dewasa (≥ 3 tahun untuk moda Kereta dan ≥ 5 tahun untuk moda Bus)
    Satu orang pendaftar hanya boleh mendaftar satu kali termasuk calon peserta yang didaftarkan
    Calon pemudik hanya dapat mendaftar pada satu BUMN, seluruh pendataan akan berdasarkan data NIK. Jika terdeteksi ada pendaftaran ganda maka peserta otomatis akan gugur

    Adapun sepeda motor yang didaftarkan tidak ikut diangut saat mudik untuk moda transportasi kereta dan bus.

    Untuk infant yang didaftarkan, wajib dipangku oeh peserta dewasa dengan ketentuan maksimal kelahiran di bawah tanggal 26/27/28 Maret 2022 untuk moda Kereta (tergantung tanggal keberangkatan keretanya), di bawah 27 Maret 2022 untuk moda Bus.

    Cara Daftar Mudik Gratis Jasa Raharja

    1. Sudah Memiliki Akun

    Login ke situs resmi pendaftaran mudik gratis di https://mudik.jasaraharja.co.id 
    Masukkan nomor HP/email dan kata sandi.
    Apabila lupa kata sandi, klik “Lupa Kata Sandi” dan lakukan reset melalui OTP
    Setelah berhasil masuk, lanjutkan ke pemesanan tiket

    2. Belum Memiliki Akun

    Masuk ke situs mudik Jasa Raharja: mudik.jasaraharja.co.id (disarankan menggunakan Google Chrome)
    Klik “Daftar” di kanan atas dan mengisi daftar diri seperti Nama Lengkap, No HP, Email, dan Kata Sandi
    Setelah pendaftaran berhasil, masukkan kode OTP yang dikirim via SMS
    Jika ingin mengganti No HP, lakukan verifikasi ulang dengan OTP
    Isi Data Pribadi: Nama, Tempat & Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Alamat KTP & NIK
    Input Data Penumpang: Nama, NIK, Hubungan Keluarga, Jenis Kelamin, dll. Maksimal 4 peserta dewasa
    Jika semua data sudah diisi dengan benar, klik “Selesai”

    Cara Pesan Tiket Mudik Gratis Jasa Raharja 

  • 7 Merek Kasur Busa Terbaik, Harga Terjangkau Dijamin Anti Kempes

    7 Merek Kasur Busa Terbaik, Harga Terjangkau Dijamin Anti Kempes

    PIKIRAN RAKYAT – Kasur busa menjadi pilihan populer bagi banyak orang karena kenyamanannya, harga yang terjangkau, dan berbagai keunggulan lainnya. Namun, dengan banyaknya pilihan di pasaran, memilih kasur busa yang tepat bisa menjadi tantangan.

    Berikut adalah 7 merek kasur busa terbaik yang bisa menjadi pertimbangan Anda:

    Mengapa Memilih Kasur Busa?

    – Kasur busa umumnya lebih murah dibandingkan kasur spring bed.

    – Kasur busa lebih ringan sehingga mudah dipindahkan atau disimpan.

    – Tersedia berbagai jenis kasur busa dengan tingkat kepadatan dan fitur yang berbeda.

    – Kasur busa dapat menyesuaikan bentuk tubuh sehingga memberikan kenyamanan saat tidur.

    7 Merek Kasur Busa Terbaik

    1. INOAC Original EON Density 23

    Dikenal dengan kualitas busa yang tahan lama dan anti kempes. Tersedia dalam berbagai ukuran dan ketebalan.

    Harga referensi: Rp460.000.

    2. Olympic Kasur Lipat Dream Bag

    Praktis dan mudah disimpan karena dapat dilipat. Cocok untuk ruangan yang sempit atau sebagai kasur tambahan.

    Harga referensi: Rp373.000.

    Ilustrasi Kasur empuk. Orang Jepang malah lebih sering tidur di lantai yang ternyata baik untuk kesehatan. Photo by NeONBRAND on Unsplash

    3. Quantum Spring Bed Kasur Busa Vakum

    Dikemas dalam bentuk vakum sehingga mudah dibawa dan disimpan. Menggunakan busa berkualitas tinggi yang nyaman dan tahan lama.

    Harga referensi: Rp1.830.000.

    4. INTHEBOX – HYBRID

    Menggabungkan busa dan pegas untuk memberikan kenyamanan dan dukungan yang optimal. Tersedia dalam berbagai ukuran dan tingkat kekerasan.

    Harga referensi: Rp1.399.000.

    5. Domi Mattress Mate

    Kasur busa dengan kualitas yang baik, dan harga yang bersaing.

    Harga referensi: Rp1.248.750

    6. Novilla Mattress Premium

    Kasur busa ini di desain sangat nyaman, dan memiliki kualitas premium.

    Harga referensi: Rp1.490.000

    7. Royal Foam ROYALE Compressed Mattress

    Kasur busa yang di kemas secara padat, sehingga mudah dalam pengiriman. Memiliki kualitas busa yang baik.

    Harga referensi: Rp2.485.000.

    Tips Memilih Kasur Busa

    – Semakin tinggi kepadatannya, semakin tahan lama kasur busa tersebut.

    – Sesuaikan ukuran kasur dengan ukuran tempat tidur dan ruangan.

    – Beberapa kasur busa memiliki fitur tambahan seperti anti alergi atau anti bakteri.

    – Tentukan budget Anda sebelum membeli kasur busa.

    – Pilih kasur busa dari merk yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

    Pilih kasur busa yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Lakukan riset sebelum membeli kasur busa.

    Disclaimer: Harga dan ketersediaan produk dapat berbeda-beda di setiap toko. Fitur dan spesifikasi produk dapat berubah sewaktu-waktu.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News