Perusahaan: Google

  • Kuasa Hukum Bawa Satu Troli Berkas Perkara Hasto Kristiyanto, Sidang Perdana Pekan Depan 

    Kuasa Hukum Bawa Satu Troli Berkas Perkara Hasto Kristiyanto, Sidang Perdana Pekan Depan 

    PIKIRAN RAKYAT – Tim kuasa hukum membawa berkas perkara Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto terkait kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024 dan perintangan penyidikan perkara Harun Masiku. Kuasa hukum Hasto membawa berkas perkara menggunakan troli dari gedung KPK dan dimasukan ke dalam mobil pada Jumat, 7 Maret 2025. 

    Berdasarkan pantauan, tampak dua orang kuasa hukum Hasto membawa berkas perkara yang sudah dijilid dalam dua bundel. Masing-masing bundel berkas perkara tertulis nama tersangka Hasto Kristiyanto. 

    Salah satu Kuasa Hukum Hasto, Johanes Tobing membenarkan bahwa penyidik KPK telah menyerahkan berkas kliennya ke jaksa penuntut umum (JPU). Kemudian, jaksa juga sudah melimpahkan berkas tersebut ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. 

    “Sudah dilimpahkan sama penyidik KPK ke Jaksa, penuntut umum sudah dilimpahkan ke pengadilan,” kata Johanes Tobing kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jumat, 7 Maret 2025. 

    Sidang Perdana Pekan Depan 

    Lebih lanjut, Johanes mengungkapkan, kemungkinan Hasto akan menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan pada pekan depan. Akan tetapi, ia tidak menyebut secara detail soal tanggalnya. 

    “Mungkin Minggu depan (sidang perdana)” ucap Johanes.

    Sementara itu Ketua KPK Setyo Budiyanto mengatakan, pihak Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat sudah menerima berkas perkara Hasto. Saat ini, jaksa KPK sedang menunggu penetapan jadwal persidangan dan komposisi majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara Hasto. 

    “Jadi sesuai dengan proses tahapannya, hari ini dari pihak penuntut juga menyerahkan kepada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dan sudah diterima oleh panitera dan tercatat. Jadi tinggal nunggu proses berikutnya,” kata Setyo kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jumat, 7 Maret 2025. 

    “Kami semua pasti tinggal menunggu saja penetapan dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat,” ujarnya menambahkan.

    KPK resmi menahan Hasto Kristiyanto, pada Kamis 20 Februari 2025. Hasto ditahan setelah diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024 dan perintangan penyidikan perkara mantan kader PDIP, Harun Masiku. 

    “Guna kepentingan penyidikan, terhadap tersangka HK (Hasto Kristiyanto) dilakukan penahanan selama 20 (dua puluh) hari terhitung mulai tanggal 20 Februari 2025 sampai dengan tanggal 11 Maret 2025 dan penahanan dilakukan di Cabang Rumah Tahanan Negara dari Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur,” kata Ketua KPK Setyo Budiyanto dalam konferensi pers, Kamis, 20 Februari 2025.

    Dua Kasus yang Menjerat Hasto Kristiyanto 

    KPK menetapkan Hasto Kristiyanto sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024 yang sebelumnya menjerat Harun Masiku. Hasto menjadi tersangka bersama orang kepercayaannya bernama Donny Tri Istiqomah. 

    “Bahwa pada saat penyidikan berkas perkara Harun Masiku dan upaya pencarian DPO Harun Masiku sedang berlangsung, penyidik menemukan bukti keterlibatan Saudara HK selaku Sekjen PDI Perjuangan dan Saudara DTI selaku orang kepercayaan Saudara HK,” kata Ketua KPK Setyo Budiyanto saat konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Selasa 24 Desember 2024. 

    Setyo menyampaikan, Hasto Kristiyanto bersama Harun Masiku menyuap Wahyu Setiawan selaku Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI periode 2017-2022, melalui orang kepercayaan Wahyu, bernama Agustiani Tio. Suap diberikan agar Harun Masiku bisa ditetapkan menjadi anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 menggantikan Nazarudin Kiemas yang meninggal.

    Hasto dijerat Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

    KPK juga menetapkan Hasto Kristiyanto sebagai tersangka perintangan penyidikan perkara Harun Masiku. Sebab, pada 8 Januari 2020 saat operasi tangkap tangan (OTT) KPK, Hastomemerintahkan Nur Hasan selaku penjaga rumah aspirasi menghubungi Harun Masiku untuk menyuruh Harun merendam ponsel di dalam air dan segera melarikan diri. 

    “Bahwa pada tanggal 6 Juni 2024, sebelum Saudara HK diperiksa sebagai saksi oleh KPK, Saudara HK memerintahkan Kusnadi untuk menenggelamkan HP yang dalam penguasaan Saudara Kusnadi agar tidak ditemukan oleh KPK,” tutur Setyo. 

    Kemudian, lanjut Setyo, Hasto, mengumpulkan beberapa saksi terkait perkara Harun Masiku dan mengarahkan mereka agar tidak memberikan keterangan yang sebenarnya.

    “Atas perbuatan Saudara HK tersebut KPKmengeluarkan Surat Perintah Penyidikan Nomor Sprin.Dik/ 152/DIK.00/01/12/2024, tanggal 23 Desember 2024,” ucap Setyo.

    “Komisi Pemberantasan Korupsi akan terus mendalami perkara ini dan akan mendalami peran semua pihak yang dianggap berperan aktif untuk dimintakan pertanggungjawabannya,” ujarnya menambahkan.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Perhatikan, Ini 11 Dokumen Buat Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2025

    Perhatikan, Ini 11 Dokumen Buat Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2025

    Jakarta: Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2025 sudah dibuka mulai hari ini Jumat, 7 Maret 2025. Pelamar dapat mendaftar secara online melalui rekrutmenbersama2025.fhcibumn.id.

    Pada tahapan awal pelamar terlebih dahulu membuat akun di rekrutmenbersama2025.fhcibumn.id. Setelah memiliki akun, pelamar mengisi data online dengan dokumen yang dipersiapkan.

    Dokumen Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2025
    Ada 11 dokumen yang perlu disiapkan sebelum mendaftar Rekrutmen Bersama BUMN 2025, beberapa diantaranya sifatnya wajib. Berikut daftar dokumennya:

    Foto profil (Wajib)
    Kartu Tanda Penduduk (Wajib) 
    Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (Wajib)
    Transkrip nilai atau nilai ujian sekolah (Wajib)
    Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
    Dokumen pendukung lainnya, seperti sertifikat pelatihan, sertifikat bahasa Inggris, dan dokumen lain yang relevan
    Akta kelahiran
    Kartu Keluarga (KK)
    Curriculum Vitae (CV)
    Portofolio (jika diperlukan)
    Surat rekomendasi (jika ada)

    Persyaratan Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2025

    Warga Negara Indonesia.
    Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
    Jenis kelamin menyesuaikan kebutuhan posisi masing-masing BUMN.
    Sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba.
    Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.
    Rekomendasi Komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Digital Creator/Start Up) apabila ada.
    Apabila pelamar memiliki ijazah dari universitas luar negeri, diharapkan untuk dapat melakukan penyetaraan dan konversi nilai terlebih dahulu ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).

    Tahapan Seleksi Rekrutmen Bersama BUMN 2025
    Registrasi & seleksi administrasi
    Tes daring, mencakup:
    – Tes Kemampuan Dasar
    – Tes AKHLAK
    – Wawasan Kebangsaan
    – Tes Bahasa Inggris
    – Learning Agility
    Tes kemampuan bidang (di masing-masing BUMN)
    Wawancara & tes kesehatan
    Rekrutmen ini terbuka untuk SMA/SMK, D3, D4, S1, hingga S2 dari berbagai jurusan.

     

     

    Tata Cara Melamar Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2025

    1. Pelamar hanya dapat melamar melalui situs web rekrutmenbersama2025.fhcibumn.id dengan mengikuti petunjuk pendaftaran.
    2. Pelamar wajib memiliki alamat email pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi. Pelamar dilarang menggunakan alamat email milik orang lain/kantor dalam proses pendaftaran.
    3. Pastikan seluruh data yang telah diunggah oleh pelamar sudah benar dan sesuai. Tidak ada pilihan untuk mengubah atau memperbaiki seluruh dokumen yang telah dikirim.
    Rekrutmen Bersama BUMN 2025
    RBB 2025 memberikan kesempatan yang lebih luas dan setara bagi talenta terbaik Indonesia dengan menawarkan lebih dari 2.000 lowongan di berbagai bidang, seperti operational, engineering, pemasaran, keuangan hingga digitalisasi dan IT di 107 perusahaan BUMN dan Anak usahanya, termasuk sektor Jasa Keuangan, Jasa Infrasuktur, Jasa Telekomunikasi dan Media, Industri Energi, Minyak dan Gas hingga Industri Kesehatan.

    Jakarta: Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2025 sudah dibuka mulai hari ini Jumat, 7 Maret 2025. Pelamar dapat mendaftar secara online melalui rekrutmenbersama2025.fhcibumn.id.
     
    Pada tahapan awal pelamar terlebih dahulu membuat akun di rekrutmenbersama2025.fhcibumn.id. Setelah memiliki akun, pelamar mengisi data online dengan dokumen yang dipersiapkan.

    Dokumen Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2025
    Ada 11 dokumen yang perlu disiapkan sebelum mendaftar Rekrutmen Bersama BUMN 2025, beberapa diantaranya sifatnya wajib. Berikut daftar dokumennya:

    Foto profil (Wajib)
    Kartu Tanda Penduduk (Wajib) 
    Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (Wajib)
    Transkrip nilai atau nilai ujian sekolah (Wajib)
    Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
    Dokumen pendukung lainnya, seperti sertifikat pelatihan, sertifikat bahasa Inggris, dan dokumen lain yang relevan
    Akta kelahiran
    Kartu Keluarga (KK)
    Curriculum Vitae (CV)
    Portofolio (jika diperlukan)
    Surat rekomendasi (jika ada)

    Persyaratan Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2025

    Warga Negara Indonesia.
    Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
    Jenis kelamin menyesuaikan kebutuhan posisi masing-masing BUMN.
    Sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba.
    Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja apabila ada.
    Rekomendasi Komunitas (berprestasi di Bidang Olahraga/Seni/Digital Creator/Start Up) apabila ada.
    Apabila pelamar memiliki ijazah dari universitas luar negeri, diharapkan untuk dapat melakukan penyetaraan dan konversi nilai terlebih dahulu ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).

    Tahapan Seleksi Rekrutmen Bersama BUMN 2025
    Registrasi & seleksi administrasi
    Tes daring, mencakup:
    – Tes Kemampuan Dasar
    – Tes AKHLAK
    – Wawasan Kebangsaan
    – Tes Bahasa Inggris
    – Learning Agility
    Tes kemampuan bidang (di masing-masing BUMN)
    Wawancara & tes kesehatan
    Rekrutmen ini terbuka untuk SMA/SMK, D3, D4, S1, hingga S2 dari berbagai jurusan.
     
     

     

    Tata Cara Melamar Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2025

    1. Pelamar hanya dapat melamar melalui situs web rekrutmenbersama2025.fhcibumn.id dengan mengikuti petunjuk pendaftaran.
    2. Pelamar wajib memiliki alamat email pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi. Pelamar dilarang menggunakan alamat email milik orang lain/kantor dalam proses pendaftaran.
    3. Pastikan seluruh data yang telah diunggah oleh pelamar sudah benar dan sesuai. Tidak ada pilihan untuk mengubah atau memperbaiki seluruh dokumen yang telah dikirim.
    Rekrutmen Bersama BUMN 2025
    RBB 2025 memberikan kesempatan yang lebih luas dan setara bagi talenta terbaik Indonesia dengan menawarkan lebih dari 2.000 lowongan di berbagai bidang, seperti operational, engineering, pemasaran, keuangan hingga digitalisasi dan IT di 107 perusahaan BUMN dan Anak usahanya, termasuk sektor Jasa Keuangan, Jasa Infrasuktur, Jasa Telekomunikasi dan Media, Industri Energi, Minyak dan Gas hingga Industri Kesehatan.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (RUL)

  • LINK Live Streaming PSM Makassar vs Persebaya Persis Malam Ini, Pekan Ke-26 di BRI Liga 1 2024/2025

    LINK Live Streaming PSM Makassar vs Persebaya Persis Malam Ini, Pekan Ke-26 di BRI Liga 1 2024/2025

    JABAR EKSPRES – Pertandingan pekan ke-25 BRI Liga 1 2024/2025 telah selesai digelar pada hari Rabu, 5 Maret 2025, namun pada hari yang sama juga mulai digelar pertandingan pekan ke-26. Untuk per hari ini, Jumat, 7 Maret 2025 terdapat dua pertandingan yang mempertemukan antara Persita dengan PSS, dan PSM Makassar dengan Persebaya.

    Dalam pertandingan di pekan ke-26 antara PSM Makassar dengan Persebaya ini akan disiarkan langsung di Indosiar, Vidio dan Sportstars 3 mulai pukul 20:30. Diketahui bahwa pertandingan antara PSM Makassar dengan Persebaya berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie (GBH).

    BACA JUGA: Dapatkan Saldo Gratis Via Aplikasi Penghasil Uang Populer di 2025 Hingga Rp200.000

    BACA JUGA: DANA KAGET 7 Maret 2025, Saldo Gratis Rp50.000 Tersedia Langsung Cair

    Dalam urutan klasemen sendiri PSM Makassarberada pada posisi ke-6 dengan mencetak poin 39 dengan 9 kali menang, 12 kali seri dan 4 kali kalah. Sementara untuk Persebaya dalam urutan klasemen berada pada posisi ke-3 dengan poin 44, dengan 13 kali menang, 5 kali seri, dan 7 kali kalah.

    Berikut ini tersedia link live streaming bagi kamu yang ingin menonton pertandingan antara PSM Makassar dengan Persebaya yang berlangsung hari ini.

    BACA JUGA: DANA KAGET 6 Maret 2025, Ambil Saldo Gratis Hingga Rp60.000 yang Langsung Cair Ke Akun

    Jadwal Lengkap BRI Liga 1 2024/2025 Pekan ke-26 : Jadwal Pekan Ke-26 BRI Liga 1 2024/2025 Lengkap, Catat Tanggalnya!

    LINK STREAMING PSM Makassar vs Persebaya

    https://www.vidio.com/live/205-indosiarhttps://www.vidio.com/watch/8304650-gaskeun-bri-liga-1-2024-2025-segera-dimulai-dukung-saksikan-klub-kesayanganmu-hanya-di-indosiar?utm_source=google&utm_medium=pre-game&utm_campaign=liga1-ENLink Nonton: https://www.vidio.com/live/17623-bri-liga-1?schedule_id=4123033Jelang Kick Off: https://www.vidio.com/live/17850-bri-liga-1?schedule_id=4123030

     

     

     

  • LINK Live Streaming Persita vs PSS Malam Ini, Pekan Ke-26 di BRI Liga 1 2024/2025

    LINK Live Streaming Persita vs PSS Malam Ini, Pekan Ke-26 di BRI Liga 1 2024/2025

    JABAR EKSPRES – Pertandingan pekan ke-25 BRI Liga 1 2024/2025 telah selesai digelar pada hari Rabu, 5 Maret 2025, namun pada hari yang sama juga mulai digelar pertandingan pekan ke-26. Untuk per hari ini, Jumat, 7 Maret 2025 terdapat dua pertandingan yang mempertemukan antara Persita dengan PSS, dan PSM Makassar dengan Persebaya.

    Dalam pertandingan di pekan ke-26 antara Persita dengan PSS ini akan disiarkan langsung di Indosiar, Vidio dan Sportstars 3 mulai pukul 20:30. Diketahui bahwa pertandingan antara Persita dengan PSS berlangsung di Indomilk Arena Stadium.

    BACA JUGA: DANA KAGET 7 Maret 2025, Saldo Gratis Rp50.000 Tersedia Langsung Cair

    BACA JUGA: Dapat Pinjaman Saldo Dana Rp500.000 Tanpa Syarat KTP, Ini Cara Mudahnya

    Dalam urutan klasemen sendiri Persita berada pada posisi ke-10 dengan mencetak poin 36 dengan 109 kali menang, 6 kali seri dan 9 kali kalah. Sementara untuk PSS dalam urutan klasemen berada pada posisi ke-18 dengan poin 19, dengan 6 kali menang, 4 kali seri, dan 15 kali kalah.

    Berikut ini tersedia link live streaming bagi kamu yang ingin menonton pertandingan antara Persita dengan PSS yang berlangsung hari ini.

    BACA JUGA: Dapatkan Saldo Gratis Via Aplikasi Penghasil Uang Populer di 2025 Hingga Rp200.000

    Jadwal Lengkap BRI Liga 1 2024/2025 Pekan ke-26 : Jadwal Pekan Ke-26 BRI Liga 1 2024/2025 Lengkap, Catat Tanggalnya!

    LINK STREAMING Persita vs PSS

    https://www.vidio.com/live/205-indosiarhttps://www.vidio.com/watch/8304650-gaskeun-bri-liga-1-2024-2025-segera-dimulai-dukung-saksikan-klub-kesayanganmu-hanya-di-indosiar?utm_source=google&utm_medium=pre-game&utm_campaign=liga1-ENLink Nonton: https://www.vidio.com/live/17775-bri-liga-1?schedule_id=4123038

     

     

     

  • Cara Pinjam Saldo DANA Langsung Cair Terbaru 2025

    Cara Pinjam Saldo DANA Langsung Cair Terbaru 2025

    JABAR EKSPRES – Saat ini, kebutuhan akan saldo Dana atau pinjaman uang tunai semakin meningkat. Salah satu solusi praktis yang bisa kamu gunakan adalah melalui aplikasi Neobank.

    Jika kamu belum memiliki aplikasi ini, silakan unduh terlebih dahulu melalui tautan resmi di Google Play Store atau App Store. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk meminjam saldo Dana dengan mudah.

    Setelah menginstal aplikasi Neobank, buka aplikasinya. Pada halaman utama, kamu akan melihat berbagai fitur yang tersedia. Untuk mengajukan pinjaman, klik fitur Loan yang sebelumnya dikenal dengan nama Neo Pinjam.

    Baca juga : Cara Mendapatkan Saldo DANA Rp29.000, Klik Disini

    Jika kamu belum memiliki limit pinjaman, kamu perlu mengajukan permohonan terlebih dahulu dengan mengisi data-data yang diminta. Setelah pengajuan di setujui, Neobank akan memberikan limit pinjaman yang bisa kamu gunakan.

    Setelah limit di setujui, tentukan jumlah pinjaman yang kamu butuhkan. Minimal pinjaman adalah Rp500.000, sedangkan maksimalnya bisa mencapai Rp1.500.000.

    Pilih Tenor Pinjaman

    Tenor 2 bulan: Beban bunga sebesar Rp48.000.Tenor 3 bulan: Beban bunga sebesar Rp70.000.

    Pilih tenor sesuai dengan kemampuan pembayaranmu. Kamu juga harus memilih tujuan peminjaman, seperti renovasi rumah, bisnis, atau kebutuhan lainnya.

    Baca juga : Buka Amplop Digital Cair Langsung Saldo DANA Gratis 100rb Hari Ini

    Setelah semua data terisi, klik Apply dan saldo pinjaman akan masuk ke rekening Neobank milikmu. Setelah pinjaman berhasil masuk ke rekening Neobank, kamu bisa mencairkannya ke saldo Dana dengan cara berikut:

    Pilih menu E-Wallet di aplikasi Neobank.Selain Dana, kamu juga bisa memilih ShopeePay, OVO, GoPay, atau LinkAja.Masukkan jumlah saldo yang ingin dicairkan, sesuai dengan nominal pinjaman yang diterima.Klik Confirm, dan saldo akan langsung masuk ke akun Dana milikmu.

    Catatan Penting

    Pastikan membayar cicilan tepat waktu agar tidak mempengaruhi skor kredit.Baca syarat dan ketentuan pinjaman sebelum mengajukan.Gunakan pinjaman dengan bijak untuk keperluan yang benar-benar penting.

    Dengan langkah-langkah di atas, kamu bisa mendapatkan pinjaman dengan cepat dan mencairkannya ke saldo Dana tanpa ribet. Semoga bermanfaat!

  • Antisipasi Terjadinya Bencana, Gubernur Pramono Anung Minta BPBD DKI Lakukan Modifikasi Cuaca

    Antisipasi Terjadinya Bencana, Gubernur Pramono Anung Minta BPBD DKI Lakukan Modifikasi Cuaca

    PIKIRAN RAKYAT – Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI untuk melakukan modifikasi cuaca sebagai upaya antisipasi terhadap potensi cuaca ekstrem.

    Pramono mengatakan modifikasi cuaca sejauh ini sudah mulai dilakukan. Modifikasi cuaca sebagai antisipasi menghadapi potensi cuaca buruk yang diprediksi terjadi pada 11-20 Maret mendatang.

    “Jadi saya sendiri sudah meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk melakukan modifikasi cuaca,” kata Pramono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Maret 2025.

    “Dan sekarang ini sudah dimulai dilakukan. Karena memang yang begitu tidak bisa mendadak. Nah, antisipasi paling utama adalah untuk tanggal 11 (Maret),” katanya.

    Pramono menyebut modifikasi cuaca akan dicoba untuk mendorong awan hujan ke arah laut. Dia berharap upaya tersebut mampu mengurangi intensitas hujan di kawasan.

    “Kalau tanggal 11 kemudian kita bisa lalui artinya curah hujannya tidak setinggi seperti kemarin maupun seperti ketika menghadapi malam Imlek, mudah-mudahan itu akan tertangani. Memang modifikasi coba didorong ke laut hujannya,” katanya.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Cara Bayar Akulaku Lewat Livin’ by Mandiri, Cepat dan Praktis

    Cara Bayar Akulaku Lewat Livin’ by Mandiri, Cepat dan Praktis

    PIKIRAN RAKYAT – Pernah nggak, kamu merasa bingung atau bahkan khawatir saat tiba waktunya membayar tagihan Akulaku? Tenang, kamu nggak sendirian! Akulaku memang jadi salah satu layanan kredit digital yang banyak digunakan karena kemudahan dalam bertransaksi. Tapi, supaya pengalaman belanjamu tetap nyaman, pastikan pembayaran tagihan selalu tepat waktu, ya!

    Untungnya, sekarang ada banyak cara mudah buat bayar tagihan Akulaku. Nggak cuma lewat aplikasi Akulaku itu sendiri, tapi juga bisa melalui berbagai platform pembayaran digital dan mobile banking. Hal ini bikin prosesnya jadi lebih praktis dan fleksibel. Kamu bisa memilih metode yang paling sesuai dengan kenyamananmu, baik melalui e-wallet, transfer bank, maupun layanan mobile banking.

    Salah satu opsi yang bisa kamu manfaatkan adalah pembayaran lewat Livin’ by Mandiri. Dengan aplikasi ini, pengguna Bank Mandiri bisa menyelesaikan tagihan Akulaku dengan cepat dan praktis langsung dari ponsel mereka. Yang penting, pastikan saldo di rekening cukup dan ikuti prosedur yang ada supaya pembayaran berhasil tanpa kendala.

    Jika kamu ingin tahu bagaimana cara untuk membayar Akulaku melalui Livin’ by Mandiri, berikut rinciannya.

    Cara Bayar Akulaku Lewat Livin’ By Mandiri

    Jika kamu ingin melunasi tagihan Akulaku dengan mudah menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti:

    Buka aplikasi Akulaku yang sudah terinstal di ponselmu. Masuk ke akun dengan melakukan login menggunakan data yang telah terdaftar. Pada halaman utama, pilih menu Keuangan. Masuk ke bagian Tagihan untuk mendapatkan nomor virtual account (VA). Sistem akan menampilkan jumlah tagihan yang perlu dibayar. Klik opsi Pelunasan Cepat, maka kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran. Pilih tagihan yang ingin dilunasi, lalu tekan Bayar Sekarang. Masukkan nominal pembayaran dan klik kembali Bayar Sekarang. Berbagai metode pembayaran akan muncul di layar, pilih Mandiri VA pada opsi Bank Transfer VA. Tekan Konfirmasi, lalu salin nomor virtual account yang muncul. Buka aplikasi Livin’ by Mandiri, lalu masuk ke menu Bayar. Pilih kategori e-Commerce, kemudian cari nama merchant yang sesuai dengan yang ditampilkan di Akulaku. Masukkan nomor virtual account (VA) yang telah disalin, lalu tekan Lanjutkan. Sistem akan secara otomatis menampilkan jumlah tagihan yang harus dibayar. Jika semua data sudah benar, tekan Lanjutkan, lalu pilih Lanjut Bayar. Masukkan PIN Livin’ by Mandiri untuk menyelesaikan transaksi. Pembayaran berhasil! Tagihan Akulaku telah lunas.

    Bayar Akulaku lewat Livin’ by Mandiri

    Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membayar tagihan Akulaku dengan praktis dan cepat tanpa harus keluar rumah. Pastikan saldo mencukupi sebelum melakukan transaksi agar pembayaran berjalan lancar!

    Bayar Akulaku Bisa Pakai Apa Saja?

    Selain melalui Livin’ By Mandiri, pembayaran bisa dilakukan pula baik melalui aplikasi Akulaku, layanan m-banking, atau bahkan minimarket. Berikut beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk melunasi tagihan Akulaku.

    1. Bayar Tagihan Akulaku Langsung di Aplikasi Akulaku

    Jika ingin proses yang cepat, kamu bisa langsung membayar melalui aplikasi Akulaku dengan metode GoPay. Berikut langkah-langkahnya:

    Buka aplikasi Akulaku dan login ke akunmu. Pilih menu Keuangan di bagian bawah untuk melihat jumlah tagihan dan tanggal jatuh tempo. Klik Bayar Sekarang, lalu pilih GoPay sebagai metode pembayaran. Konfirmasi pembayaran, masukkan PIN GoPay, dan tagihanmu langsung lunas!

    2. Bayar Akulaku Lewat M-Banking BCA

    Bagi pengguna BCA, pembayaran tagihan Akulaku bisa dilakukan melalui m-banking dengan metode Virtual Account (VA). Langkah-langkahnya sebagai berikut:

    Masuk ke aplikasi Akulaku, lalu pilih menu Bills atau langsung masuk ke bagian Tagihanku untuk melihat tagihan yang harus dibayar. Pilih metode pembayaran BCA Virtual Account, lalu salin kode yang ditampilkan. Buka aplikasi BCA Mobile, masuk ke menu Transfer, lalu pilih Virtual Account. Masukkan nomor VA yang telah disalin, ikuti instruksi pembayaran, dan transaksi pun berhasil!

    Tampilan BCA Virtual Account

    3. Bayar Tagihan Akulaku Lewat BRImo

    Bagi pengguna Bank BRI, pembayaran Akulaku bisa dilakukan dengan BRImo menggunakan BRI Virtual Account (BRIVA). Berikut caranya:

    Buka aplikasi Akulaku, lalu masuk ke menu Bills atau Keuangan. Pilih Lunasi Sekarang, lalu pilih metode pembayaran BRI Virtual Account. Masuk ke aplikasi BRImo, lalu login dengan username dan password. Pilih menu BRIVA, lalu pilih Pembayaran Baru. Masukkan nomor BRIVA, cek detail tagihan, lalu klik Verifikasi Pembayaran. Masukkan PIN BRImo, dan pembayaran selesai!

    4. Bayar Akulaku di Minimarket dengan QRIS GoPay

    Ingin bayar tagihan Akulaku sambil belanja di minimarket? Bisa banget! Ikuti langkah berikut:

    Buka aplikasi Akulaku, lalu masuk ke menu Keuangan. Klik Bayar Sekarang, lalu pilih metode pembayaran Minimarket. Saat tiba di kasir, buka aplikasi GoPay, lalu scan kode QRIS yang diberikan. Masukkan nominal pembayaran dan tekan Bayar. Tunggu hingga transaksi berhasil, dan tagihanmu langsung lunas!

    Dengan berbagai pilihan pembayaran ini, melunasi tagihan Akulaku kini semakin mudah dan fleksibel. Pastikan untuk selalu membayar tepat waktu agar terhindar dari denda keterlambatan.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Cara Menukar Uang Baru untuk Lebaran di Bank BSI

    Cara Menukar Uang Baru untuk Lebaran di Bank BSI

    Jakarta: Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tradisi berbagi angpao atau Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi momen yang selalu dinanti. 
     
    Tak heran jika permintaan uang pecahan baru meningkat tajam. Agar tidak kehabisan, masyarakat biasanya mulai menukar uang baru jauh-jauh hari.
     
    Namun, di tengah tingginya permintaan, muncul jasa penukaran ilegal yang menawarkan kemudahan tanpa antrean. 

    Sayangnya, praktik ini berisiko, seperti kemungkinan mendapatkan uang palsu. Untuk menghindari hal tersebut, masyarakat disarankan melakukan penukaran di lembaga resmi seperti Bank Indonesia (BI) atau bank terpercaya, salah satunya Bank Syariah Indonesia (BSI).
     

    Tahapan menukar uang baru di Bank BSI
    Merangkum Antara, agar proses penukaran uang baru berjalan lancar, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

    1. Siapkan dokumen yang diperlukan

    Sebelum datang ke bank, pastikan kamu membawa KTP, kartu ATM, atau buku tabungan sebagai syarat penukaran uang baru. Persyaratan ini dapat berbeda di setiap cabang, jadi sebaiknya konfirmasi terlebih dahulu.

    2. Kunjungi kantor cabang BSI terdekat

    Datangi kantor cabang Bank BSI yang menyediakan layanan penukaran uang baru. Disarankan datang lebih awal untuk menghindari antrean panjang, terutama mendekati hari Lebaran.

    3. Perhatikan batas maksimal penukaran

    Bank BSI biasanya menerapkan batas maksimal jumlah penukaran uang per nasabah. Pastikan jumlah uang yang ingin kamu tukarkan sesuai dengan ketentuan agar prosesnya berjalan lancar.

    4. Ikuti prosedur dari petugas bank

    Saat tiba di kantor cabang, ikuti instruksi dari petugas bank. Proses ini biasanya mencakup pengisian formulir dan pengecekan ketersediaan pecahan uang baru.
     
    Setelah seluruh tahapan selesai, petugas bank akan menyerahkan uang baru sesuai dengan nominal yang kamu tukarkan.
     

    Jam operasional penukaran Uang di Bank BSI
    Selama bulan Ramadhan, layanan kantor cabang Bank BSI beroperasi pada hari Senin-Jumat pukul 07.30-15.00 WIB. Pastikan kamu datang sesuai jam layanan agar proses penukaran berjalan lancar.
     
    Dengan mengikuti prosedur yang tepat, kamu dapat menukar uang baru dengan aman dan nyaman di Bank BSI tanpa khawatir risiko penipuan.
     
    Jadi, pastikan untuk menyiapkan kebutuhan uang pecahan sejak dini agar momen Lebaran semakin berkesan!

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Berapa Besaran THR Ojol 2025? Ini Kata Menaker Yassierli

    Berapa Besaran THR Ojol 2025? Ini Kata Menaker Yassierli

    PIKIRAN RAKYAT – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1446 H/2025 M, isu mengenai Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pengemudi ojek online (ojol) kembali menjadi sorotan.

    Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) terus berupaya agar para aplikator transportasi online memberikan THR kepada mitra pengemudi mereka dalam bentuk uang tunai.

    Proses Finalisasi Aturan THR Ojol

    Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Yassierli menjelaskan bahwa aturan terkait THR untuk pengemudi ojol sedang dalam tahap finalisasi. Pemerintah ingin memastikan adanya “meaningful participation” atau partisipasi yang bermakna antara pemerintah, pengemudi/mitra, dan aplikator.

    “Terkait dengan THR ojol, ini sedang finalisasi. Ini adalah inisiatif baru, jadi kami ingin memastikan meaningful participation (antara pemerintah, pengemudi/mitra dan aplikator) itu terjadi,” kata Yassierli dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

    Menaker juga berjanji akan segera menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait THR bagi para driver ojol pada akhir pekan ini.

    “Untuk ojol, kita usahakan akhir minggu ini,” ungkap Yassierli.

    Besaran THR Ojol 2025 Belum Ditetapkan

    Hingga saat ini, besaran THR yang akan diterima oleh para pengemudi ojol belum diinformasikan secara lebih lanjut. SE Menaker yang berisi total besaran THR akan segera diterbitkan dalam waktu dekat.

    Ilustrasi ojek online (ojol). Antara/Yulius Satria Wijaya

    Namun, sebagai gambaran, besaran THR untuk para pekerja formal biasanya didasarkan pada upah pokok dan tunjangan tetap yang diterima.

    THR akan dibayarkan secara penuh untuk pekerja yang telah bekerja selama 12 bulan atau lebih.

    Bagi pekerja yang masa kerjanya kurang dari 12 bulan, THR akan dihitung secara proporsional berdasarkan masa kerja dan sesuai dengan rumus perhitungan THR yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker).

    Faktor Kompleks dalam Penentuan Besaran THR

    Yassierli mengungkapkan bahwa salah satu faktor yang membuat kepastian besaran THR ini cukup lama selesai adalah untuk mencari formula yang dapat memenuhi berbagai aspek kompleks dan fundamental dalam pemenuhan hak pekerja berbasis layanan daring.

    Lebih lanjut, Yassierli menegaskan bahwa setelah keputusan THR final, Kemenaker akan mendorong aplikator untuk memberikannya dalam bentuk uang tunai.

    Namun, Menaker belum memberikan jawaban pasti mengenai tenggat waktu finalisasi besaran THR ojol 2025.

    “Ini masih proses. Beberapa pengusaha responsnya siap. Beberapa kali kami diskusi, mencoba saling memahami untuk formulanya karena butuh waktu untuk melihat kompleksitasnya,” ujar Yassierli.

    “Saya bayangkan finalisasi ini masih perlu untuk final meeting, final touch untuk mendapatkan win-win solution,” tutupnya.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Cara Cek Nama di BI Checking, Perhatikan Syaratnya!

    Cara Cek Nama di BI Checking, Perhatikan Syaratnya!

    PIKIRAN RAKYAT – BI Checking yang saat ini dikenal sebagai SLIK OJK (Sistem Layanan Informasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan) adalah sistem yang mencatat riwayat kredit seseorang. Jika pernah mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan lainnya, data tersebut akan tersimpan dalam sistem ini.

    Karena itu, BI Checking menjadi salah satu faktor penting yang menentukan apakah pengajuan kredit di masa depan akan disetujui atau tidak. Kalau riwayat pembayaranmu bagus, peluang mendapatkan pinjaman jadi lebih besar. Sebaliknya, jika ada catatan kredit bermasalah, pengajuan pinjaman bisa ditolak.

    Banyak orang bertanya-tanya, apakah kita bisa mengecek status BI Checking sendiri? Jawabannya, tentu saja bisa! Kini, pengecekan riwayat kredit tidak lagi harus datang ke kantor OJK, karena sudah bisa dilakukan secara online. Dengan akses yang lebih mudah ini, kamu bisa memastikan apakah namamu masih dalam daftar blacklist atau sudah bersih.

    Selain itu, apakah BI Checking bisa dicek lewat HP? Ya, proses pengecekan SLIK OJK bisa dilakukan melalui perangkat seluler selama kamu memiliki akses internet. Seperti apa caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

    Syarat Cek Nama di BI Checking

    Sebelum melakukan pengecekan BI Checking atau SLIK OJK, ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan sesuai dengan status pemohon. Berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

    1. Individu

    Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk Warga Negara Indonesia (WNI).

    Paspor untuk Warga Negara Asing (WNA).

    2. Badan Usaha

    Identitas pengurus perusahaan, berupa KTP atau paspor.

    Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) milik badan usaha.

    Akta pendirian perusahaan serta dokumen perubahan terakhir.

    3. Debitur yang Sudah Meninggal

    Identitas ahli waris yang sah.

    Surat keterangan kematian serta dokumen yang menunjukkan hubungan keluarga dengan debitur.

    Cara Cek Nama di BI Checking

    Kini, pengecekan BI Checking bisa dilakukan secara online melalui situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Berikut langkah-langkahnya:

    Akses situs web resmi SLIK OJK di https://idebku.ojk.go.id. Pilih menu “Pendaftaran” yang tersedia di halaman utama. Isi formulir pendaftaran dengan data yang benar sesuai instruksi. Unggah dokumen yang diminta, seperti KTP atau paspor. Setelah proses pendaftaran selesai, sistem akan mengirimkan nomor registrasi ke email yang telah didaftarkan. Untuk memeriksa status pengajuan, buka menu “Status Layanan”, lalu masukkan nomor registrasi.

    Tampilan website untuk cek nama di BI Checking.

    Hasil BI Checking akan dikirimkan melalui email dalam waktu maksimal satu hari kerja setelah pendaftaran berhasil diproses.

    Penjelasan Soal Skor BI Checking

    Menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 40/POJK.03/2019, skor BI Checking dibagi menjadi lima kategori kolektibilitas (KOL) yang mencerminkan kelancaran pembayaran kredit. Berikut penjelasannya:

    KOL 1 (Lancar)

    Debitur selalu membayar cicilan pokok dan bunga tepat waktu.

    Rekening aktif tanpa ada tunggakan.

    Memenuhi seluruh persyaratan kredit yang telah ditetapkan.

    KOL 2 (Dalam Perhatian Khusus)

    Terdapat tunggakan pembayaran pokok atau bunga dalam rentang 1–90 hari.

    KOL 3 (Kurang Lancar)

    Debitur mengalami keterlambatan pembayaran pokok atau bunga antara 91–120 hari.

    KOL 4 (Diragukan)

    Pembayaran cicilan tertunggak dalam jangka waktu 121–180 hari.

    KOL 5 (Macet)

    Tunggakan cicilan pokok dan bunga telah melebihi 180 hari.

    Kategori KOL 1 dan KOL 2 dianggap sebagai performing loan atau kredit yang masih tergolong aman. Sementara itu, KOL 3, KOL 4, dan KOL 5 masuk ke dalam kategori non-performing loan (NPL) atau kredit bermasalah.

    Apa Arti KOL 5 dalam BI Checking?

    KOL 5 merupakan status terburuk dalam BI Checking, yang menunjukkan bahwa debitur memiliki kredit macet dengan tunggakan lebih dari 180 hari. Jika seseorang masuk dalam kategori ini, pihak bank dapat mengambil tindakan seperti:

    Mengeluarkan Surat Peringatan (SP) sebanyak tiga kali. Melelang agunan atau jaminan yang telah diberikan. Melakukan negosiasi atau restrukturisasi kredit.

    Debitur yang masuk dalam kategori KOL 5 biasanya mengalami kesulitan untuk mengajukan kredit baru sebelum masalah kreditnya terselesaikan. Untuk menghapus status ini, debitur harus melunasi seluruh kewajiban utang, mengajukan restrukturisasi, atau meminta keringanan dari pihak bank.

    Lalu, berapa lama nama seseorang bisa bertahan di blacklist BI Checking? Biasanya, catatan kredit buruk atau kredit macet akan tetap tersimpan di sistem selama lima tahun setelah utang dilunasi. Artinya, meskipun kamu sudah membayar semua kewajiban, nama tetap bisa muncul dalam daftar selama periode tersebut.

    Oleh karena itu, menjaga riwayat kredit tetap bersih sangatlah penting agar tidak mengalami kesulitan saat mengajukan pinjaman di masa mendatang.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News