Perusahaan: Google

  • Cara Transfer Uang dari BCA ke DANA dengan Mudah, Nggak Pakai Ribet!

    Cara Transfer Uang dari BCA ke DANA dengan Mudah, Nggak Pakai Ribet!

    Jakarta: Kamu mau top up saldo DANA pakai rekening BCA tapi masih bingung caranya? 
     
    Tenang aja, kamu nggak sendirian! Banyak orang yang masih belum tahu langkah-langkahnya, padahal sebenarnya gampang banget. 
     
    Nah, biar nggak salah langkah, yuk simak panduan lengkap ini sampai habis seperti dirangkum dari laman Telkomsel!
    Kode transfer BCA ke DANA
    Sebelum melakukan transfer, kamu harus tahu dulu kode khusus untuk mengirim saldo dari BCA ke DANA. Kode BCA ke DANA adalah 3901. 

    Kode ini wajib dimasukkan sebelum nomor HP yang terdaftar di akun DANA kamu.
     
    Misalnya, jika nomor HP kamu adalah 081234567890, maka saat transfer, kamu harus memasukkan 3901081234567890 sebagai nomor tujuan.
     

    Cara transfer uang dari BCA ke DANA
    Ada tiga cara utama untuk mengirim saldo ke DANA dari BCA: lewat aplikasi BCA Mobile, m-Banking BCA, dan ATM BCA. Pilih cara yang paling nyaman buat kamu!

    Transfer DANA lewat BCA Mobile

    Kalau kamu lebih suka transaksi via smartphone, pakai aplikasi BCA Mobile bisa jadi pilihan terbaik. Ikuti langkah-langkah ini:

    Buka aplikasi BCA Mobile di HP kamu.
    Login ke akun BCA kamu.
    Pilih menu m-Transfer.
    Klik opsi BCA Virtual Account.
    Masukkan kode BCA ke DANA (3901) + nomor HP yang terdaftar di DANA.
    Tentukan nominal saldo yang ingin kamu transfer.
    Klik OK dan pastikan semua data sudah benar.
    Masukkan PIN BCA Mobile kamu.
    Selesai! Saldo DANA kamu akan langsung bertambah.

    Transfer DANA lewat m-Banking BCA

    Buat kamu yang masih menggunakan m-Banking BCA, tenang aja, cara transfernya juga gampang kok!

    Buka aplikasi m-BCA di HP kamu.
    Login dengan kode akses yang benar.
    Pilih menu m-Transfer.
    Klik BCA Virtual Account.
    Masukkan kode 3901 diikuti nomor HP DANA kamu.
    Masukkan nominal saldo yang ingin dikirim.
    Klik Send dan masukkan PIN m-BCA.
    Selesai! Saldo DANA kamu akan langsung masuk.

    Transfer DANA lewat ATM BCA

    Buat yang lebih nyaman top up lewat ATM, ini langkah-langkahnya:

    Datangi mesin ATM BCA terdekat.
    Masukkan kartu ATM dan PIN BCA kamu.
    Pilih menu Transaksi Lainnya > Transfer.
    Klik opsi Ke Rekening BCA Virtual Account.
    Masukkan kode 3901 + nomor HP DANA kamu.
    Tentukan nominal saldo yang ingin dikirim.
    Pastikan semua data sudah benar, lalu tekan Benar.
    Selesai! Jangan lupa ambil struk sebagai bukti transaksi.

    Transfer uang dari BCA ke DANA ternyata nggak ribet, kan? Dengan tiga pilihan metode yang bisa kamu pilih (BCA Mobile, m-Banking BCA, atau ATM BCA), kamu bisa isi saldo DANA kapan aja dan di mana aja. 

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Bentrokan Berdarah Antar Ormas di Kelapa Gading Jakarta Utara, Polisi: Masalah Sengketa Lahan

    Bentrokan Berdarah Antar Ormas di Kelapa Gading Jakarta Utara, Polisi: Masalah Sengketa Lahan

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

    TRIBUNJAKARTA.COM, KELAPA GADING – Bentrokan yang terjadi di Jalan Pegangsaan Dua Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Kamis (27/3/2025) kini dalam penyelidikan polisi.

    Belakangan diketahui, kelompok yang terlibat bentrokan itu berasal dari dua organisasi masyarakat (ormas) yang berbeda.

    “Kejadiannya keributan antara organisasi masyarakat,” kata Kapolsek Kelapa Gading Kompol Seto Handoko Putra saat dikonfirmasi.

    Seto mengatakan, keributan diawali adanya masalah sengketa lahan yang dijadikan rumah makan dan gudang atau garasi tisu.

    Lahan itu dijaga oleh salah satu ormas kedaerahan atau ormas “F”. Adapun pihak pemilik lahan atas inisial E meminta ormas itu untuk menjaga lahannya.

    “Pada saat pengacara ibu E ingin memasang plang di dalam gudang tiba-tiba datang massa dari ormas lainnya,” kata Seto.

    Petugas Polsek Kelapa Gading yang sedang bertugas langsung menuju lokasi setelah menerima laporan adanya keributan di gudang tisu.

    Di lokasi, petugas menemukan sekitar 100 anggota ormas “B” berada di area tersebut.

    Karena keterbatasan jumlah personel, polisi sementara hanya berjaga di sekitar lokasi sambil menunggu bantuan dari Polres Metro Jakarta Utara.

    Sekitar pukul 14.40 WIB, ratusan anggota Ormas “F” datang dari arah utara Jalan Pegangsaan Dua dan langsung menyerang massa Ormas “B” yang sudah berada di lokasi.

    “Kami langsung mengambil tindakan tegas untuk mengamankan situasi, dengan memukul mundur salah satu ormas untuk meninggalkan lokasi,” jelas Seto.

    Polisi masih melakukan penyelidikan terkait kasus ini dan tengah berupaya mengungkap dan menangkap para pelaku bentrokan.

    Diketahui, akibat peristiwa ini, seorang pria menjadi korban pembacokan.

    Korban dari ormas “B” dengan inisial AMO (40) mengalami luka bacok di kepala dan tangannya setelah diserang ormas lawan.

    Bahkan, akibat pembacokan ini tangan korban pun nyaris putus.

    “Tangan kanan korban luka terbuka hingga terlihat tulang. Luka tangan kiri di bagian lengan luka terbuka dan jari-jari korban luka terbuka. Kemudian korban dilarikan ke RS Mitra Keluarga Kelapa Gading,” ucap Kapolsek.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Momen Android Baru di China Ubah Peta Persaingan Dunia

    Momen Android Baru di China Ubah Peta Persaingan Dunia

    Jakarta, CNBC Indonesia – Gebrakan China dalam pengembangan kecerdasan buatan (AI) disebut menciptakan momentum perubahan drastis di industri teknologi global, seperti yang terjadi saat Android muncul di industri smartphone.

    Tidak seperti perusahaan di Amerika Serikat, perusahaan di China memilih mengembangkan AI sebagai program open source bebas digunakan oleh siapa saja secara gratis. 

    Revolusi open source atau sumber terbuka diawali oleh DeepSeek, startup yang mampu mengembangkan R1 yaitu model AI yang kemampuannya setara dengan model GPT buatan OpenAI tetapi dengan biaya yang jauh lebih murah.

    Kemunculan DeepSeek membuat para investor meragukan kemampuan perusahaan AS mendominasi industri AI dan mempertanyakan belanja modal besar-besaran oleh mereka untuk mengembangkan model AI serta membangun data center raksasa. 

    “Kesuksesan DeepSeek membuktikan bahwa strategi open source bisa mempercepat inovasi dan memperluas adopsi,” kata Wei Sun dari Counterpoint Research. “Kini, kita melihat sendiri R1 mengubah lanskap AI di China. Perusahaan besar seperti Baidu merespons dengan model AI open source mereka.”

    Pada pertengahan Maret, Baidu merilis model AI terbaru mereka yang diberi nama Ernie 4.5 beserta model reasoning yang diberi nama Ernie X1. Keduanya digratiskan bagi pengguna perorangan, kemudian secara open source mulai akhir Juni.

    Model bisnis open source adalah software yang tersedia secara bebas yang kemudian bisa dimodifikasi dan digunakan oleh pihak mana pun. Model ini sebetulnya digunakan oleh Meta dengan Llama dan Gemma milik Google. Namun, Meta dan Google membatasi penggunaan teknologi mereka dan tidak mengungkapkan data yang digunakan untuk melatih kedua model AI tersebut. 

    DeepSeek mendistribusikan R1 dengan lisensi MIT, yaitu lisensi sumber terbuka yang paling bebas, bahkan mengizinkan penggunaan untuk tujuan komersial.

    Meskipun menggratiskan R1, DeepSeek mencari pendapatan dari API yang dibutuhkan dalam integrasi R1 dengan aplikasi lain. Namun, harga API DeepSeek jauh lebih murah dibanding harga API yang dirilis OpenAI dan Anthropic.

    OpenAI dan Anthropic juga mengharuskan pengguna perorangan perusahaan untuk membayar penggunaan model AI mereka untuk tujuan tertentu. Sistem ini yang disebut sebagai model tertutup (closed-source) karena data dan algoritma tidak dibuka untuk publik.

    Di China, raksasa teknologi mengikuti jejak DeepSeek. Selain Baidu, Alibaba dan Tencent secara bertahap membuka akses model AI mereka menjadi open source.

    Alibaba Cloud pekan lalu membuka model AI pencipta video mereka menjadi open source, sedangkan Tencent telah merilis 5 model AI open source yang mampu mengolah perintah teks dan gambar menjadi visualisasi 3D.

    Lee Kai Fu, seorang peneliti AI, menyatakan bahwa perkembangan di China akan berdampak ke OpenAI. OpenAI tidak bisa lagi menetapkan harga semaunya karena muncul pesaing yang “gratis dan tangguh.”

    “Perbedaan terbesar dari DeepSeek adalah open source menang,” kata Lee.

    Tim Wang dari perusahaan investasi Monolith Management, menyatakan bahwa DeepSeek bertindak sebagai “enabler dan multiplier” yaitu memberikan kesempatan sekaligus membuat perusahaan AI menjamur. DeepSeek membuktikan bahwa AI bisa dikembangkan dengan sumber daya yang terbatas.

    Model open source menekan biaya, sekaligus membuka pintu untuk inovasi produk. Kedua hal ini, lanjutnya, adalah kelebihan utama perusahaan China.

    Dia menyebut perkembangan ini sebagai “momen Android” seperti saat Google membuat sistem operasi Android sebagai open source. Hasilnya, inovasi dan aplikasi baru di luar ekosistem Apple berkembang pesat.

    “Tadinya kita pikir, China 12 hingga 24 bulan tertinggal dari Amerika dalam AI, kini hanya 3-6 bulan,” kata Wang.

    (dem/dem)

  • Duduk Perkara Penipuan Arisan Bodong Selebgram Hedon, Pamer Gaya Hidup Mewah Bikin Korban Tertarik

    Duduk Perkara Penipuan Arisan Bodong Selebgram Hedon, Pamer Gaya Hidup Mewah Bikin Korban Tertarik

    TRIBUNJAKARTA.COM – Terkuak duduk perkara penipuan arisan bodong yang diduga dilakukan selebgram berinisial RAW.

    Para korban telah melaporkan kasus arisan bodong tersebut ke Polda Metro Jaya atas dugaan penipuan dan penggelapan.

    Tujuh perempuan telah tercatat sebagai korban, dengan nomor laporan LP/B/2085/III/2025/SPKT/POLDA METRO JAYA.

    Satu diantara korban, Lisa Amelia (24) mengungkapkan tergiur tawaran selebgram RAW.

    Lisa mengenal RAW dari temannya. RAW menawarkan berbagai skema arisan yang terlihat menguntungkan antara lain arisan menurun, arisan biasa atau kocokan serta arisan bernilai investasi

    “Dia juga menawarkan investasi beneran karena dia punya toko berlian,” kata Lisa dikutip dari Kompas.com.

    Lisa dan korban penipuan lainnya tergiur gaya hidup hedon yang kerap dipamerkan RAW.

    Pasalnya, RAW kerap memamerkan gaya hidup mewah di media sosial, bepergian ke luar negeri dan memperlihatkan kepemilikian toko berlian.

    Hal itulah yang membuat RAW  tampak memiliki latar belakang yang meyakinkan. 

    “Keuntungan investasi bervariasi, ada yang tiga persen, ada yang lima persen. Saya percaya karena dia punya toko berlian dan terlihat sukses,” kata Lisa. 

    KLIK SELENGKAPNYA: Terkuak Sosok Pria Berbaju ASN yang Minta Jatah THR kepada Pedagang Pasar Indung Cibitung, Kabupaten Bekasi. Gubernur Jabar Dedi Mulyadi Beri Sorotan.

    Dalam praktiknya, RAW meminta para korban mentransfer uang ke berbagai rekening, termasuk rekening pribadinya, ibunya, suaminya, atau adminnya. 

    Namun, pada Oktober 2024, korban mulai menyadari ada kejanggalan ketika keuntungan yang dijanjikan tak lagi diberikan. 

    Kecurigaan semakin kuat pada Februari 2025, ketika RAW tiba-tiba menghilang dari media sosial. 

    “Tanggal 4 Februari 2025 itu Instagram dia hilang. Terus, orang-orang mulai bikin Instagram Story, ‘dicari orang hilang karena menipu,’” ungkap Lisa. 

    Total kerugian dari kasus ini diperkirakan mencapai hampir Rp 30 miliar. 

    “Totalnya ada sekitar 130 orang, dan jumlah ini masih bertambah. Total kerugian diperkirakan hampir Rp 30 miliar,” kata Lisa.

    Kini, para korban hanya bisa berharap agar pihak berwajib segera mengungkap kasus ini dan memberikan mereka keadilan. 

    Kompas.com telah berusaha menghubungi RAW untuk meminta klarifikasi, namun hingga kini yang bersangkutan belum memberikan tanggapan.

    Korban Minta Keadilan

    Para korban penipuan modus arisan bodong yang diduga dilakukan selebgram berinisial RAW meminta keadilan

    Lisa Amelia (24), pelapor sekaligus salah satu korban penipuan, berharap polisi segera mengusut kasus ini dan menangkap pelakunya.

    “Kita berharap kasus ini secepatnya naik sih, ditindak, pelaku cepat ditangkap, cepat ditemukan, dan harapannya semoga korban dapat keadilan,” kata Lisa kepada wartawan, Kamis (27/3/2025).

    Sebelum membuat laporan polisi, Lisa dan beberapa korban lainnya sudah berupaya menghubungi RAW dan menemui keluarga selebgram tersebut.

    Selain itu, ia mengaku sudah melayangkan somasi kepada RAW sebelum akhirnya memutuskan untuk lapor polisi.

    “Sudah komunikasi ke rumahnya, sudah somasi, sudah chat WA, ketemu keluarganya, nggak ada tanggapan baik sih, lebih galak keluarganya,” ujar Lisa.

    “Sebenarnya kalau dia ada itikad baik mau ganti atau gimana, kita masih terima sebetulnya. Karena dianya kabur, jadi kita sulit juga berkomunikasinya,” imbuh dia.

    Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari korban.

    Ia menjelaskan, para korban dan pelaku mulanya melakukan arisan dan memberikan uang setoran awal yang bervariasi.

    Arisan tersebut mulanya berjalan lancar. Namun, sejak Oktober 2024 RAW tidak memberikan hasil dari arisan itu kepada para korban.

    “Atas kejadian tersebut, korban merasa dirugikan dengan total Rp 1.834.150.000,” ungkap Ade Ary.

    Berdasarkan pengakuan korban, hingga saat ini RAW tidak menunjukkan itikad baik untuk mengembalikan total kerugian tersebut.

    Adapun bukti yang dilampirkan korban saat membuat laporan polisi yaitu tangkapan layar percakapan WhatsApp dan bukti transfer. (TribunJakarta.com/Kompas.com)

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Cara Menghasilkan Uang dari Facebook

    Cara Menghasilkan Uang dari Facebook

    JABAR EKSPRES – Facebook bukan hanya sekadar platform media sosial, tetapi juga bisa menjadi sumber penghasilan yang menggiurkan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari Facebook Pro tanpa perlu dimonetisasi, ada beberapa langkah mudah dan efektif yang bisa diterapkan. Simak ulasan berikut ini!

    Buat Konten yang Berkualitas dan Menarik

    Agar bisa menghasilkan uang dari Facebook Pro, Anda harus membuat konten yang menarik dan berkualitas. Pastikan konten yang Anda buat informatif, menghibur, atau inspiratif sehingga bisa menarik banyak penonton. Gunakan gambar atau video berkualitas tinggi agar lebih menarik.

    Namun, jika Anda tidak memiliki keahlian dalam membuat video sendiri, ada solusi praktis yang bisa dicoba, yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Red Note.

    Baca juga : Cara Menghasilkan Uang Rp300.000 ke Dompet Digital

    Menggunakan Aplikasi Red Note untuk Membuat Konten

    Red Note adalah aplikasi yang menyediakan berbagai video pendek yang bisa digunakan sebagai konten di Facebook Pro. Berikut langkah-langkahnya:

    Unduh dan Instal Red Note: Cari aplikasi Red Note dan instal di perangkat Anda.Cari Video yang SesuaiSetelah masuk ke aplikasi Red Note, cari video yang ingin digunakan sebagai konten.Jika kesulitan mencari video tertentu, gunakan fitur pencarian dengan bantuan Google Translate untuk menerjemahkan kata kunci ke dalam bahasa Cina.Unduh Video dari Red NoteSalin tautan video yang ingin digunakan.Buka Google dan cari Red Note Video Download.Tempelkan tautan video yang sudah disalin lalu klik “Unduh”.Mencari Produk di Shopee untuk Dipromosikan

    Setelah mendapatkan video yang sesuai, langkah selanjutnya adalah mencari produk yang relevan untuk dipromosikan. Berikut cara mencarinya di Shopee:

    Buka aplikasi Shopee.Ketik kata kunci yang sesuai dengan video yang Anda pilih, misalnya “mainan anak”.Pilih produk yang cocok dengan konten Anda.Salin tautan produk tersebut.

    Baca juga : Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Game Penghasil Saldo Dana

    Mengunggah Video ke Facebook Pro dan Menambahkan Link Afiliasi

    Setelah mendapatkan video dan tautan produk, saatnya mengunggahnya ke Facebook Pro. Berikut caranya:

  • Demo Tolak UU TNI di Depan Gedung DPR, Polisi Gunakan Mobil Taktis untuk Bubarkan Massa

    Demo Tolak UU TNI di Depan Gedung DPR, Polisi Gunakan Mobil Taktis untuk Bubarkan Massa

    PIKIRAN RAKYAT – Polisi pukul mundur massa aksi demonstrasi di depan gerbang Gedung MPR/DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 27 Maret 2025. Massa mulai bergerak mundur ke arah flyover dekat Gelora Bung Karno (GBK) sekira pukul 18.40 WIB.

    Massa dibubarkan oleh polisi. Diketahui, massa yang berunjuk rasa tersebut menolak pengesahan Undang-Undang Tentara Nasional Indonesia (UU TNI). Terdapat poster menuntut penolakan terhadap UU TNI yang baru disahkan.

    Terlihat polisi menggunakan mobil taktis ketika membubarkan massa. Hingga pukul 19.00 WIB, polisi terlihat masih melakukan penjagaan di Jalan Gatot Subroto. Sementara jalan tol dalam kota menuju Slipi yang tadi sempat ditutup kini sudah dibuka.

    Dalam aksi sebelumnya, massa ada melakukan aksi pembakaran benda. Sementara itu, tepat di gerbang gerbang Gedung MPR/DPR, tampak satu sepeda motor dibakar.

    Berdasarkan keterangan yang dihimpun, sepeda motor tersebut merupakan milik anggota Polri. Belum dapat diketahui pasti mengapa sepeda motor tersebut bisa dibakar.

    Demonstrasi di depan gerbang Gedung MPR/DPR, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Maret 2025. Jalan Gatot Subroto dan ruas jalan tol dalam kota menuju arah Slipi ditutup.

    ***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Korban Penipuan Arisan Bodong Selebgram RAW Tuntut Keadilan, Polisi Diminta Tangkap Pelaku

    Korban Penipuan Arisan Bodong Selebgram RAW Tuntut Keadilan, Polisi Diminta Tangkap Pelaku

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

    TRIBUNJAKARTA.COM, KEBAYORAN BARU – Para korban penipuan modus arisan bodong yang diduga dilakukan selebgram berinisial RAW meminta keadilan.

    Lisa Amelia (24), pelapor sekaligus salah satu korban penipuan, berharap polisi segera mengusut kasus ini dan menangkap pelakunya.

    “Kita berharap kasus ini secepatnya naik sih, ditindak, pelaku cepat ditangkap, cepat ditemukan, dan harapannya semoga korban dapat keadilan,” kata Lisa kepada wartawan, Kamis (27/3/2025).

    Sebelum membuat laporan polisi, Lisa dan beberapa korban lainnya sudah berupaya menghubungi RAW dan menemui keluarga selebgram tersebut.

    Selain itu, ia mengaku sudah melayangkan somasi kepada RAW sebelum akhirnya memutuskan untuk lapor polisi.

    “Sudah komunikasi ke rumahnya, sudah somasi, sudah chat WA, ketemu keluarganya, nggak ada tanggapan baik sih, lebih galak keluarganya,” ujar Lisa.

    “Sebenarnya kalau dia ada itikad baik mau ganti atau gimana, kita masih terima sebetulnya. Karena dianya kabur, jadi kita sulit juga berkomunikasinya,” imbuh dia.

    Kasus pria yang mengaku anggota ormas meminta jatah THR kepada tukang cukur di Lebak Bulus diselesaikan secara kekeluargaan. Pria berbaju oranye itu sempat memerah meminta diberikan THR lebaran.

    Lisa mengungkapkan, RAW menjanjikan keuntungan 3-5 persen dari jumlah uang yang diinvestasikan korban.

    Menurut dia, para korban percaya dengan iming-iming tersebut karena melihat gaya hidup RAW lewat kontennya di media sosial Instagram.

    Bahkan, Lisa mengaku pernah langsung mentransfer Rp 300 juta ke rekening RAW.

    “Saya percaya karena dia punya toko berlian, dia di sosmed kelihatannya hedon, jalan-jalan ke luar negeri. Terus dia punya toko berlian ada dua, jadi saya percaya,” ungkap Lisa.

    Ia mengaku sudah curiga sejak Oktober 2024 ketika RAW tidak membayarkan keuntungan yang dijanjikan.

    Kecurigaan Lisa menguat ketika akun Instagram RAW tiba-tiba menghilang pada Februari 2025.

    “Setelah tahu di Februari tanggal 4 tahun 2025. Itu Instagram dia hilang, terus orang-orang pada huru hara bikin di Instagram Story. Saya lihat, ‘dicari orang hilang karena menipu’, saya juga kaget,” ujar Lisa.

    Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari korban.

    Ia menjelaskan, para korban dan pelaku mulanya melakukan arisan dan memberikan uang setoran awal yang bervariasi.

    Arisan tersebut mulanya berjalan lancar.

    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi (TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim)

    Namun, sejak Oktober 2024 RAW tidak memberikan hasil dari arisan itu kepada para korban.

    “Atas kejadian tersebut, korban merasa dirugikan dengan total Rp 1.834.150.000,” ungkap Ade Ary.

    Berdasarkan pengakuan korban, hingga saat ini RAW tidak menunjukkan itikad baik untuk mengembalikan total kerugian tersebut.

    Adapun bukti yang dilampirkan korban saat membuat laporan polisi yaitu tangkapan layar percakapan WhatsApp dan bukti transfer.

    (TribunJakarta)

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel https://whatsapp.com/channel/0029VaS7FULG8l5BWvKXDa0f.

    Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Siap-siap Lebaran! Stok LPG 3 Kg Dijamin Aman, Masak Jadi Nggak Was-Was

    Siap-siap Lebaran! Stok LPG 3 Kg Dijamin Aman, Masak Jadi Nggak Was-Was

    Bandung: Menjelang Idulfitri, kebutuhan LPG 3 Kg biasanya meningkat. Untuk memastikan pasokan tetap aman, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) bersama Wakil Menteri BUMN Aminuddin Ma’ruf melakukan inspeksi langsung ke salah satu pangkalan LPG di Kota Bandung kemarin.
     
    Hasilnya? stok LPG 3 kg dipastikan aman dengan harga sesuai ketentuan!
    Harga sesuai HET dan tak ada kenaikan di pangkalan resmi
    Dalam kunjungan ke Pangkalan LPG 3 Kg Kartika di Jalan Emong, Lengkong, Bandung, Wakil Menteri BUMN Aminuddin Ma’ruf menegaskan bahwa pasokan gas tersedia dan harga tetap sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET). 
     
    Di wilayah Bandung hingga Priangan Timur, HET LPG 3 Kg ditetapkan sebesar Rp16.000 per tabung.

    “Bila ada pangkalan yang menjual LPG 3 Kg di atas HET, izinnya bisa dicabut. Pertamina akan mengawasi dan masyarakat dapat melaporkan jika menemukan harga di luar ketentuan,” ujar Aminuddin dalam keterangan tertulis, Kamis, 27 Maret 2025.
     
    Ia juga mengingatkan bahwa HET LPG 3 Kg berbeda di setiap daerah. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk membeli gas subsidi hanya di pangkalan resmi guna menghindari harga yang tidak wajar.
     

    Pertamina siapkan ribuan pangkalan dan agen siaga
    Untuk memastikan distribusi berjalan lancar selama Ramadan dan Lebaran, Pertamina Patra Niaga telah menyiapkan 1.875 agen LPG dan 50.270 pangkalan LPG di seluruh wilayah Jawa Bagian Barat, termasuk Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.
     
    “Selama periode Ramadan dan Idul Fitri tahun 2025, proyeksi penyaluran LPG untuk rumah tangga diprediksikan mengalami kenaikan sekitar 0,9 persen dari rerata normal Januari-Februari 2025,” ujar Area Manager Communication, Relation, dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional JBB, Eko Kristiawan.
     
    Agen LPG Siaga ini terdiri dari 1.669 agen LPG PSO (subsidi) dan 206 agen LPG NPSO (non-subsidi). 
     
    Dengan adanya kesiapan ini, masyarakat tak perlu khawatir akan kelangkaan LPG selama masa Ramadan dan Idul Fitri. Jadi, tak perlu khawatir kehabisan LPG, ya!
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Nasib TikTok di AS Tak Jelas, Apple-Google Terancam Denda Rp 14 Ribu T

    Nasib TikTok di AS Tak Jelas, Apple-Google Terancam Denda Rp 14 Ribu T

    Jakarta

    Setelah sempat diblokir selama beberapa jam pada 19 Januari 2025 lalu, TikTok saat ini sudah beroperasi seperti biasa di Amerika Serikat. Namun, posisi TikTok di AS hingga saat ini masih belum jelas dan perusahaan mitranya seperti Apple dan Google terancam denda ratusan miliar dolar.

    TikTok saat ini dapat beroperasi kembali di AS setelah Presiden Donald Trump mengeluarkan perintah eksekutif yang berisi instruksi kepada Kementerian Kehakiman AS untuk tidak menegakkan hukum pemblokiran TikTok selama 75 hari terhitung sejak 19 Januari 2025.

    Perpanjangan ini memungkinkan TikTok kembali ke toko aplikasi milik Apple dan Google, setelah kedua perusahaan diyakinkan oleh Kementerian Kehakiman AS bahwa hal itu tidak melanggar hukum.

    Perintah eksekutif tersebut menghindarkan TikTok dan perusahaan mitranya dari tuntutan hukum, namun bukan berarti aplikasi milik ByteDance itu sudah legal di AS. TikTok beroperasi dan beredar di toko aplikasi di AS masih melanggar hukum, hanya saja Kementerian Kehakiman tidak akan menindaknya.

    Hal ini yang menjadi sorotan tiga senator AS yaitu Cory Booker, Ed Markey, dan Chris Van Hollen. Dalam suratnya kepada Trump, ketiganya mengatakan keputusan Gedung Putih mengabaikan undang-undang terkait pemblokiran TikTok akan membebankan denda kepada perusahaan yang memfasilitasi operasi TikTok di AS.

    Nilai denda itu mencapai USD 850 miliar atau sekitar Rp 14.000 triliun. Denda ini dapat dijatuhkan kepada Apple dan Google yang mendistribusikan TikTok di App Store dan Play Store, serta Oracle yang menyediakan layanan cloud untuk TikTok, seperti dikutip dari Apple Insider, Kamis (27/3/2025).

    Surat ketiga senator ini juga mengingatkan bahwa statute of limitations untuk pelanggaran hukum adalah lima tahun. Artinya, walaupun saat ini Apple, Google, dan Oracle ‘dilindungi’ oleh perintah eksekutif Trump, presiden berikutnya setelah Trump tidak menjabat dapat mengubah kebijakannya.

    Mereka juga memperingatkan salah satu solusi yang diusulkan Trump – yaitu Oracle menguasai sebagian kecil saham TikTok dan bertanggung jawab untuk melindungi data pengguna AS – tidak mematuhi hukum.

    Ketiga senator meminta Trump berkolaborasi dengan Kongres AS untuk memodifikasi undang-undang ‘Protecting Americans’ Data from Foreign Adversaries Act’ untuk memastikan divestasi TikTok berjalan lancar dan mencegah aplikasi ini diblokir di AS.

    (vmp/vmp)

  • Star Media Group Pilih Antsomi CDP 365 untuk Maksimalkan Data Pelanggan

    Star Media Group Pilih Antsomi CDP 365 untuk Maksimalkan Data Pelanggan

    Bisnis.com, KUALA LUMPUR – Star Media Group, yang memiliki portofolio beragam termasuk surat kabar dan portal berita berbahasa lnggris terkemuka di Malaysia, beberapa stasiun radio, bisnis event, dan lainnya, mulai menjalankan strategi baru dalam hal unifikasi dan pemanfaatan data pelanggan mereka secara efektif. Perusahaan media besar ini telah memilih Antsomi CDP 365 sebagai platform data pelanggan (Customer Data Platform/CDP) mereka untuk mendorong strategi pemanfaatan data pihak pertama (first party data) dan meningkatkan keterlibatan pelanggan di berbagai titik interaksi.

    Antsomi CDP 365 adalah solusi Software-as-a-Service (SaaS) yang membantu media dan perusahaan lain untuk menyatukan data pelanggan dan mengaktifkannya di berbagai saluran dengan pesan yang sangat personal dan pengalaman pelanggan yang disesuaikan.

    Melalui kerja sama dengan Antsomi, perusahaan teknologi pemasaran regional yang memiliki klien di kawasan Asia Pasifik, dan mengimplementasikan Antsomi CDP 365, Star Media Group berhasil menghadirkan pemahaman yang lebih menyeluruh dan komprehensif terhadap pelanggan, memungkinkan wawasan yang lebih dalam mengenai perilaku dan preferensi audiens untuk meningkatkan keterlibatan dan layanan.

    Di era dimana kebiasaan konsumsi media berkembang dengan cepat, perusahaan media harus tetap unggul dengan memanfaatkan teknologi dan solusi berbasis data. Kemitraan ini menegaskan perlunya perusahaan media untuk merangkul inovasi agar tetap kompetitif.

    Kevin Seng, General Manager Senior Teknologi di Star Media Group, menekankan pentingnya inisiatif ini.

    “Sebagai grup media terkemuka di Malaysia, kami memiliki banyak titik interaksi dengan pembaca dan pelanggan kami, baik secara online maupun offline. Data pihak pertama ini dapat membantu kami melayani mereka dengan lebih baik. Adopsi platform data pelanggan, yaitu Antsomi CDP 365, akan memungkinkan kami mencapai tujuan kami sekaligus mematuhi regulasi privasi yang relevan melalui anonimisasi data yang tepat. Platform ini mendukung komitmen kami terhadap strategi data pihak pertama jangka panjang, serta meningkatkan keterlibatan dan penawaran kami kepada audiens kami.”

    Antsomi CDP 365 memungkinkan Star Media Group menciptakan pemahaman terhadap pelanggan lebih menyeluruh dengan mengintegrasikan data dari sumber online seperti situs web dan aplikasi seluler dengan sumber offline seperti data yang dikumpulkan saat kegiatan dan aktivitas lapangan. lntegrasi ini memungkinkan grup media tersebut membentuk profil pelanggan secara 360 derajat yang komprehensif, sehingga meningkatkan upaya personalisasi di berbagai platformnya.

    Dengan pemahaman mendalam tentang perilaku pelanggan, Star Media Group bertujuan untuk mendorong langganan digital untuk The Star Digital melalui pendekatan multi-touchpoint, memastikan keterlibatan dan retensi audiens yang lebih baik.

    Selain itu, kemampuan segmentasi audiens berbasis Al dari Antsomi CDP 365 akan memungkinkan Star Media Group memanfaatkan kamus dan taksonomi IAB (Interactive Advertising Bureau) untuk mengklasifikasikan pengguna secara akurat. Model Al yang telah dilatih ini kemudian akan menyinkronkan data audiens ke server iklan milik The Star, Google Ad Manager, memungkinkan penargetan iklan yang lebih relevan berdasarkan perilaku dan konteks pengguna.

    Lebih jauh lagi, platform ini akan secara signifikan meningkatkan analitik data dan pelaporan bagi tim analitik The Star, menyediakan wawasan yang lebih luas untuk memfasilitasi pengambilan keputusan strategis yang lebih baik.

    Platform ini juga akan memungkinkan pengiriman survei kontekstual kepada audiens yang ditargetkan berdasarkan relevansi konten, memastikan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dan pengumpulan umpan balik audiens yang lebih efektif.

    Serm Teck Cheon, salah satu pendiri dan CEO Antsomi, membagikan antusiasmenya terhadap kemitraan ini: “Kami merasa terhormat karena Star Media Group telah memilih Antsomi CDP 365 sebagai platform data pelanggan mereka. Kolaborasi ini menandai langkah penting dalam memberdayakan grup media ini dengan strategi dan pendekatan data yang tepat untuk mengoptimalkan segmentasi dan keterlibatan audiens.”

    Baik Star Media Group maupun Antsomi sangat antusias dengan kolaborasi strategis ini dan menantikan kemitraan jangka panjang yang akan mendorong inovasi serta pengambilan keputusan berbasis data dalam industri media.

    Dengan memanfaatkan kekuatan Al dan data pihak pertama, Star Media Group menjadi contoh bagi para penerbit tentang bagaimana beradaptasi dengan kemajuan teknologi untuk lebih baik dalam melayani audiens mereka. Kolaborasi ini diharapkan memberikan dampak besar, tidak hanya di Malaysia tetapi juga di seluruh kawasan, serta menginspirasi organisasi media lainnya untuk mempercepat transformasi digital mereka dan mendefinisikan ulang masa depan keterlibatan media.