Perusahaan: Google

  • Jakarta Halal Market, Perkuat Ekosistem Halal di Ibu Kota

    Jakarta Halal Market, Perkuat Ekosistem Halal di Ibu Kota

    Jakarta: Antusiasme masyarakat terhadap produk halal mencapai puncaknya dalam gelaran Jakarta Halal Market yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di kawasan Car Free Day (CFD).

    Acara yang memadukan olahraga, edukasi, dan kuliner halal ini sukses menarik perhatian ribuan pengunjung, bahkan beberapa tenant kehabisan produk sebelum kegiatan berakhir.

    Tingginya antusiasme pengunjung tercermin dari ludesnya stok produk di sejumlah tenant sebelum acara selesai. Salah satu tenant yang mencatat penjualan signifikan adalah booth yang menjual produk marshmallow dan kosmetik bersertifikasi halal.

    Perwakilan tenant booth Chomp Chomp, Verina Bellini, mengakui antusiasme masyarakat terhadap produk halal di ajang tersebut sangat tinggi.

    “Antusiasme masyarakat luar biasa. Dari pagi sudah banyak yang datang. Booth kami dipadati pengunjung dari awal acara hingga akhirnya seluruh produk habis terjual (sold out),” ujar Veve di sela-sela acara.

    Menurut Veve, partisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh BPJPH ini menjadi penegasan terhadap komitmen brand dalam menjaga kehalalan produk, mulai dari proses produksi hingga distribusi, dan memberikan dampak positif pada visibilitas produk di mata konsumen yang semakin selektif.

    Kegiatan Jakarta Halal Market memadukan unsur olahraga, edukasi mengenai pentingnya produk halal, kuliner, dan hiburan dalam satu ruang publik.

    “Kegiatannya sangat positif. Ada edukasi, hiburan, olahraga, dan interaksi keluarga. Acara seperti ini bukan hanya menyenangkan, tapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Veve.

    Kehadiran BPJPH sebagai penyelenggara utama dinilai memberikan keyakinan dan kepercayaan tambahan kepada masyarakat mengenai produk-produk yang ditampilkan, memperkuat ekosistem halal di Indonesia.

    Jakarta: Antusiasme masyarakat terhadap produk halal mencapai puncaknya dalam gelaran Jakarta Halal Market yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di kawasan Car Free Day (CFD).
     
    Acara yang memadukan olahraga, edukasi, dan kuliner halal ini sukses menarik perhatian ribuan pengunjung, bahkan beberapa tenant kehabisan produk sebelum kegiatan berakhir.
     
    Tingginya antusiasme pengunjung tercermin dari ludesnya stok produk di sejumlah tenant sebelum acara selesai. Salah satu tenant yang mencatat penjualan signifikan adalah booth yang menjual produk marshmallow dan kosmetik bersertifikasi halal.

    Perwakilan tenant booth Chomp Chomp, Verina Bellini, mengakui antusiasme masyarakat terhadap produk halal di ajang tersebut sangat tinggi.
     
    “Antusiasme masyarakat luar biasa. Dari pagi sudah banyak yang datang. Booth kami dipadati pengunjung dari awal acara hingga akhirnya seluruh produk habis terjual (sold out),” ujar Veve di sela-sela acara.
     
    Menurut Veve, partisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh BPJPH ini menjadi penegasan terhadap komitmen brand dalam menjaga kehalalan produk, mulai dari proses produksi hingga distribusi, dan memberikan dampak positif pada visibilitas produk di mata konsumen yang semakin selektif.
     
    Kegiatan Jakarta Halal Market memadukan unsur olahraga, edukasi mengenai pentingnya produk halal, kuliner, dan hiburan dalam satu ruang publik.
     
    “Kegiatannya sangat positif. Ada edukasi, hiburan, olahraga, dan interaksi keluarga. Acara seperti ini bukan hanya menyenangkan, tapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Veve.
     
    Kehadiran BPJPH sebagai penyelenggara utama dinilai memberikan keyakinan dan kepercayaan tambahan kepada masyarakat mengenai produk-produk yang ditampilkan, memperkuat ekosistem halal di Indonesia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (FZN)

  • Google Bantah Pakai Gmail untuk Latih AI

    Google Bantah Pakai Gmail untuk Latih AI

    Bisnis.com, JAKARTA — Google membantah aduan yang viral bahwa perusahaan mengakses email pengguna melalui Gmail untuk melatih model kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

    Melansir dari Mashable, dugaan tersebut mencuat usai salah satu pemilik akun di media sosial X melaporkan bahwa Google mengakses pesan maupun data dari Gmail untuk melatih model AI, saat pengguna mengaktifkan “Smart Features in other Google products”.

    Banyak media telah melaporkan klaim ini, biasanya disertai dengan langkah demi langkah untuk mematikan fitur Smart Features Gmail, yang konon menghentikan Google menggunakan email Anda.

    “Laporan-laporan ini menyesatkan–kami tidak mengubah pengaturan siapa pun, Fitur Cerdas Gmail telah ada selama bertahun-tahun, dan kami tidak menggunakan konten Gmail Anda untuk melatih model AI Gemini kami,” ucap juru bicara Google, dikutip pada Senin (24/11/2025). 

    Google menegaskan bahwa perusahaan tidak menggunakan akun Gmail untuk melatih AI, bahkan jika pengguna tetap mengaktifkan Smart Features atau Fitur Cerdas. 

    “Terakhir, kami selalu transparan dan jelas jika kami melakukan perubahan pada syarat dan ketentuan serta kebijakan kami,” ujar Google.

    Fitur cerdas, yang pada dasarnya mengintegrasikan model AI Gemini Google ke dalam akun Google Workspace pengguna, telah tersedia sejak lama dan bukan fitur baru.

    Selain itu, Google telah secara eksplisit menyatakan komitmennya terhadap privasi pengguna terkait model AI seperti Gemini. 

    Menilik halaman kebijakan Google tentang Gemini, tercantum bahwa data pengguna tetap berada di Workspace. 

    “Kami tidak menggunakan data Workspace Anda untuk melatih atau meningkatkan model AI generatif dan model bahasa besar yang mendasari Gemini, Pencarian, dan sistem lain di luar Workspace tanpa izin,” tulis kebijakan tersebut. 

    Beberapa pengguna tampaknya menginterpretasikan pemberian akses Gemini ke Gmail dengan mengaktifkan fitur Smart sebagai pemberian izin kepada Google.

    Namun, Google telah menjelaskan hal ini di halaman AI on Google Workspace, menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar. 

    Izin yang diberikan pengguna melalui fitur Smart ini secara khusus untuk memungkinkan Gemini mengakses data untuk kasus penggunaan pengguna tersebut, bukan untuk pelatihan AI.

    Pengguna tentu berhak mempertanyakan kebijakan AI semua perusahaan teknologi. Kami menyadari bahwa banyak perusahaan telah melatih model AI mereka menggunakan data dan konten yang tidak mereka miliki izin untuk menggunakannya.

    Pengguna yang ingin mematikan fitur AI untuk keamanan berada dalam hak mereka untuk melakukannya.

    Namun, klaim spesifik bahwa Google melatih AI-nya menggunakan email dari akun Gmail kecuali pengguna secara khusus mematikan beberapa fitur tampaknya sepenuhnya salah.

  • LG Hadirkan TV Hotel 4K Pertama dengan NanoCell dan Akses Streaming Vidio Terintegrasi

    LG Hadirkan TV Hotel 4K Pertama dengan NanoCell dan Akses Streaming Vidio Terintegrasi

    Liputan6.com, Jakarta – Menjelang penutupan tahun 2025, PT LG Electronics Indonesia (LG) gencar memperkenalkan jajaran inovasi terbarunya, kali ini menyasar lini media penampil untuk kebutuhan usaha atau Business-to-Business (B2B) Information Display.

    Dua kategori produk utama, Commercial TV dan CreateBoard, menjadi fokus utama dalam upaya LG mendorong peningkatan produktivitas pengguna di sektor bisnis dan pendidikan melalui kecanggihan layar.

    Menurut Business Head of Information Display LG Electronics Indonesia, Agustian Yusetia, inovasi yang dibawa perusahaan bertujuan untuk memperluas pemanfaatan media penampil bagi target pasar masing-masing kategori.

    “Dengan membawa teknologi terdepan pada seri terbaru dua kategori utama ini, akan mendorong pemanfaatan lebih luas media penampil bagi masing-masing kategori pasar,” ujar Agustian melalui keterangannya, Senin (24/11/2025).

    Dalam lini Commercial TV, LG mengandalkan seri UK760H dan UK767H yang hadir sebagai TV Hotel. Seri UK760H tampil dengan resolusi 4K UHD dan menjadi TV Hotel LG pertama di Indonesia yang mengintegrasikan teknologi NanoCell, menjanjikan reproduksi visual dengan warna kaya dan kecerahan alami.

    Sementara itu, tipe UK767H membawa teknologi QNED untuk menghasilkan warna yang lebih akurat dengan kontras tinggi.

    Dukungan visual canggih ini disempurnakan dengan platform smart TV yang dilengkapi fitur unggulan seperti Google Cast dan AirPlay.

    Fitur ini memungkinkan pengguna, seperti tamu hotel, untuk menikmati layanan streaming populer (seperti Netflix, Disney+, Vidio, dan Vision+) tanpa mengkhawatirkan masalah keamanan data.

     

  • Google Uji Contacts Picker di Android 17, Aplikasi Kini Tak Bisa Akses Kontak Sembarangan

    Google Uji Contacts Picker di Android 17, Aplikasi Kini Tak Bisa Akses Kontak Sembarangan

    Google kembali menegaskan komitmennya terhadap kecerdasan buatan (AI) dengan menghadirkan layanan baru disebut Private AI Compute. Teknologi ini diklaim mampu memberikan pengalaman AI lebih bermanfaat, personal, dan proaktif sekaligus memanfaatkan kekuatan komputasi cloud.  

    Mengutip ZDnet, Senin (17/11/2025), Google melihat penggunaan AI kini sudah bergerak jauh dari pertanyaan sederhana. Pengguna mulai mengandalkan AI untuk menyelesaikan tugas, memberi rekomendasi, hingga memahami konteks kegiatan sehari-hari. Namun, fitur berbais pemrosesan tingkat tinggi ini tidak bisa sepenuhnya dilakukan di perangkat.

    Private AI Compute hadir untuk mengisi celah tersebut. Google membangun layanan ini agar pengguna tetap mendapatkan kecepatan dan kekuatan Gemini di cloud, tetapi dengan tingkat privasi setara pemrosesan on-device.

    Dalam penjelasan di blog resmi Google, perusahaan memastikan data pengguna dikirim ke serveri Private AI Compute tetap berada dalam ruang isolasi khusus. Data tersebut terlindungi oleh beberapa lapisan keamanan berbasis hardware dan tidak dapat diakses pihak mana pun termasuk Google.

    Google menerapkan perlindungan keamanan dan privasi yang tertanam di perangkat seperti ponsel Pixel dipandu oleh kerangka kerja AI aman ke server cloud lebih tangguh. Semua data pengguna akan tetap terisolasi, privat, dan terlindungi oleh lapisan keamanan dan privasi tambahan.

    Private AI Compute berjalan pada satu tumpukan teknologi Googl mulus, didukung oleh Tensor Processing Unit (TPU) kustom sendiri. Privasi dan keamanan kelas dunia terintegrasi ke dalam arsitektur ini dengan Titanium Intelligence Enclaves (TIE).

  • Pengguna TikTok Bisa Batasi Konten AI di FYP, Begini Caranya

    Pengguna TikTok Bisa Batasi Konten AI di FYP, Begini Caranya

    Jakarta

    Kehadiran platform video generator seperti Sora dan Google Veo membuat media sosial dibanjiri konten AI yang terlihat realistis. TikTok menyadari hal tersebut dan memberikan opsi bagi pengguna untuk mengurangi konten buatan AI yang muncul di feed For You (FYP).

    Pengguna TikTok bisa menyesuaikan konten AI yang muncul di FYP menggunakan toggle AI-generated content (AIGC) di pengaturan Manage Topics, yang saat ini memungkinkan pengguna mengatur seberapa banyak konten yang ingin mereka lihat dari puluhan kategori dan topik.

    Sama seperti kategori lainnya, toggle AIGC juga memiliki slider yang dapat digeser. Pengguna bisa menggeser slider ini untuk menentukan apakah mereka ingin melihat lebih sedikit atau lebih banyak konten AI di FYP TikTok-nya.

    “Manage Topics sudah memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan seberapa sering mereka melihat konten yang terkait dengan lebih dari 10 kategori seperti Tari, Olahraga, dan Makanan & Minuman,” tulis TikTok dalam postingan blognya, seperti dikutip dari TechCrunch, Minggu (23/11/2025).

    “Sama seperti kontrol tersebut, pengaturan AIGC juga dirancang untuk membantu orang-orang menyesuaikan beragam konten di feed mereka, dan bukan menghapus atau menggantikan konten di feed sepenuhnya,” sambungnya.

    Untuk mengakses fitur ini, masuk ke aplikasi TikTok lalu pilih Settings > Content Preferences > Manage Topics. Update ini akan digulirkan ke semua pengguna TikTok dalam beberapa pekan ke depan.

    Fitur Managed Topics untuk batasi konten AI yang muncul di FYP TikTok Foto: TikTok

    TikTok mengatakan saat ini ada lebih dari 1,3 miliar video di platform-nya yang memiliki label AI. Di saat yang sama, aplikasi milik ByteDance ini mengaku sistem yang mereka gunakan untuk mendeteksi konten AI belum sempurna.

    Saat ini, Tiktok mengandalkan sistem watermarking bernama Content Credentials yang menambahkan metadata ke konten buatan AI. Tapi sinyal ini semakin sulit terdeteksi, terutama untuk gambar atau video yang diedit menggunakan aplikasi lain atau telah berkali-kali dibagikan di platform lainnya.

    Untuk mengatasi isu tersebut, TikTok mengatakan mereka akan bereksperimen dengan sistem watermark yang tidak terlihat untuk mengidentifikasi dan memberikan label ke konten buatan AI. Watermark yang tidak terlihat ini akan menambahkan lapisan perlindungan ekstra dengan watermark yang hanya bisa dibaca oleh TikTok.

    (vmp/hps)

  • 10 Tren yang Akan Membentuk Dunia Kerja pada 2026

    10 Tren yang Akan Membentuk Dunia Kerja pada 2026

    Jakarta: Dunia kerja pada 2026 diprediksi akan menempatkan sumber daya manusia sebagai investasi paling berharga. Dukungan pada kesejahteraan, pelatihan, dan pengembangan keterampilan akan menjadi prioritas utama.
     
    International Workplace Group (IWG), platform kerja dengan jenama seperti Spaces dan Regus, merilis 10 tren utama yang siap mewarnai lanskap dunia kerja pada 2026. Berikut ini daftarnya:
     
    1. AI: Rekan Kerja Digital Baru
    Pada 2026, karyawan hybrid akan lebih sering menggunakan AI-copilot untuk menangani tugas administratif, pencarian informasi, dan penjadwalan. Dengan beban yang berkurang, karyawan dapat fokus pada pekerjaan kreatif, pemecahan masalah kompleks, serta membangun relasi, sehingga produktivitas dan keseimbangan kerja dan hidup meningkat.
     
    Pergeseran budaya kerja ini juga dipacu kolaborasi lintas generasi. Riset IWG menunjukkan 62 persen Gen Z sudah mengajarkan penggunaan AI kepada rekan senior mereka. Sebaliknya, 77 persen direktur mengakui kolaborasi ini meningkatkan produktivitas, dan 80 persen melihat peluang bisnis baru darinya.
     
    Melihat tren tersebut, perusahaan diperkirakan akan memperkuat pemanfaatan AI sekaligus menerapkan “personalised hybrid plans”, pengaturan kerja hybrid yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap karyawan, termasuk jadwal kerja, hari rapat, dan pemilihan kantor atau coworking space yang paling sesuai.

     

     
    2. Pilih Kantor Terdekat (Return-to-Several-Offices)
    Perusahaan kini mulai meninggalkan pola kerja hibrid yang tidak terstruktur dan beralih ke model multi-lokasi. Karyawan diberi keleluasaan bekerja dari kantor atau ruang kerja yang paling dekat dan nyaman bagi mereka. Bukan lagi “kembali ke kantor”, tetapi “pilih kantor terdekat”.
     
    Microsoft, misalnya, mewajibkan sebagian besar karyawannya berada di kantor terdekat minimal tiga hari per minggu mulai 2026. Banyak perusahaan besar lainnya bahkan memberi opsi bekerja dari coworking space atau ruang kerja fleksibel untuk mendukung produktivitas dan mengurangi waktu perjalanan.
     
    3. Sertifikasi Keahlian Mikro sebagai “Mata Uang Baru”
    Kenaikan jenjang karier tidak lagi bergantung pada gelar formal, melainkan pada keterampilan yang benar-benar dimiliki. Pekerja hibrid semakin terdorong mengumpulkan sertifikasi mikro, atau kursus singkat yang mengasah kemampuan spesifik, karena lebih relevan dengan kebutuhan industri.
     
    Perusahaan pun mendukung tren ini melalui platform pembelajaran on-demand untuk mempercepat pengembangan talenta yang adaptif. Hasilnya, mobilitas internal berbasis keahlian menjadi lebih mudah dan karyawan dapat berpindah peran sesuai kompetensi yang mereka bangun.
     
    4. Mengembalikan Jiwa Pekerja (Reversing the Quiet Crack)
    Berbeda dari “quiet quitting,” fenomena “quiet cracking” menggambarkan kondisi karyawan yang tampak bekerja dengan baik, namun secara mental dan emosional sebenarnya tertekan dan tidak lagi terlibat dalam pekerjaannya. Dampaknya terlihat pada burnout, stagnasi karier, dan hilangnya rasa tujuan.
     
    Riset menunjukkan 57 persen pekerja merasa tidak nyaman ketika tidak dihargai atau diawasi berlebihan. Karena itu, perusahaan mulai memprioritaskan kesejahteraan karyawan dan fleksibilitas kerja untuk menjaga keterlibatan mereka.
     
    Ke depannya, organisasi juga diperkirakan mengadopsi “well tech” seperti pelacak stres, pengingat kesehatan mental berbasis AI, hingga program wellness berbentuk gim untuk membangun kebiasaan sehat secara berkelanjutan.

     

     
    5. Model Eksekutif C-Suite Paruh Waktu (Fractional C-Suite & Executive Talent)
    Dalam situasi ekonomi yang tidak menentu, semakin banyak perusahaan beralih ke konsep “fractional executives”, yaitu merekrut talenta eksekutif C-suite secara paruh waktu atau berbasis kontrak. Model ini memungkinkan perusahaan mendapatkan keahlian strategis tanpa harus menanggung biaya eksekutif penuh waktu.
     
    Riset menunjukkan 87 persen CEO dan CFO khawatir terhadap ketidakstabilan makroekonomi, sementara 67 persen telah memotong biaya operasional untuk mencari model kepemimpinan yang lebih efisien.
     
    6. Membangun Konsep “15-Minute Cities” dari Nol
    Konsep “kota 15 menit” memasuki fase baru. Bukan hanya menata ulang kawasan, tetapi membangun lingkungan sejak awal dengan desain yang mendukung mobilitas dekat, keberlanjutan, dan kehidupan komunitas.
     
    Proyek seperti The Ellinikon di Athena dan The Point di Utah menunjukkan transformasi besar ini. Model kerja hibrid membuat konsep ini semakin relevan karena profesional cenderung tinggal dan bekerja di area yang sama, sekaligus menghemat biaya perjalanan perusahaan.
     
    7. Efek Loyalitas Lokal
    Bekerja hibrid memperkuat keterikatan karyawan dengan lingkungan domisili mereka. Perusahaan dapat memanfaatkan hal ini melalui program kontribusi komunitas, kemitraan lokal, atau kegiatan sosial yang meningkatkan citra perusahaan sekaligus membangun keterlibatan sosial karyawan.
     

     
    8. Kantor Rasa Hotel (Hospitality-Infused Office)
    Kantor masa depan akan mengadopsi pengalaman ala hotel butik, dengan layanan concierge, pilihan F&B yang dikurasi, dan desain yang memanjakan indera. Contohnya kerja sama IWG dan YOO yang menggabungkan desain hotel kelas atas dengan jaringan workspace fleksibel.
     
    Dengan begitu, kantor tak lagi sekadar tempat bekerja, tetapi ruang bernilai lifestyle yang mendorong kolaborasi dan kesejahteraan.
     
    9. Meningkatnya Permintaan Kantor Harian
    Kantor harian “on demand” menjadi pilihan penting bagi pekerja yang membutuhkan ruang profesional tanpa komitmen jangka panjang. Fasilitas lengkap, pencahayaan natural, dan fitur wellness membuat opsi ini ideal bagi pekerja yang mengutamakan fleksibilitas dan produktivitas.
     
    10. Demografi Tenaga Kerja Baru: Prioritas Gen Z
    Gen Z hadir dengan prioritas berbeda, yaitu kesejahteraan, kesehatan mental, fleksibilitas, dan pekerjaan bermakna. Dengan populasi yang menua dan kesenjangan talenta yang melebar, perusahaan perlu memahami ekspektasi ini untuk tetap kompetitif.
     
    Organisasi yang memberi ruang fleksibilitas dan tujuan kerja yang jelas akan lebih mampu menarik dan mempertahankan talenta generasi berikutnya.

    Jakarta: Dunia kerja pada 2026 diprediksi akan menempatkan sumber daya manusia sebagai investasi paling berharga. Dukungan pada kesejahteraan, pelatihan, dan pengembangan keterampilan akan menjadi prioritas utama.
     
    International Workplace Group (IWG), platform kerja dengan jenama seperti Spaces dan Regus, merilis 10 tren utama yang siap mewarnai lanskap dunia kerja pada 2026. Berikut ini daftarnya:
     

    1. AI: Rekan Kerja Digital Baru

    Pada 2026, karyawan hybrid akan lebih sering menggunakan AI-copilot untuk menangani tugas administratif, pencarian informasi, dan penjadwalan. Dengan beban yang berkurang, karyawan dapat fokus pada pekerjaan kreatif, pemecahan masalah kompleks, serta membangun relasi, sehingga produktivitas dan keseimbangan kerja dan hidup meningkat.
     
    Pergeseran budaya kerja ini juga dipacu kolaborasi lintas generasi. Riset IWG menunjukkan 62 persen Gen Z sudah mengajarkan penggunaan AI kepada rekan senior mereka. Sebaliknya, 77 persen direktur mengakui kolaborasi ini meningkatkan produktivitas, dan 80 persen melihat peluang bisnis baru darinya.
     
    Melihat tren tersebut, perusahaan diperkirakan akan memperkuat pemanfaatan AI sekaligus menerapkan “personalised hybrid plans”, pengaturan kerja hybrid yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap karyawan, termasuk jadwal kerja, hari rapat, dan pemilihan kantor atau coworking space yang paling sesuai.
     
     

     

    2. Pilih Kantor Terdekat (Return-to-Several-Offices)

    Perusahaan kini mulai meninggalkan pola kerja hibrid yang tidak terstruktur dan beralih ke model multi-lokasi. Karyawan diberi keleluasaan bekerja dari kantor atau ruang kerja yang paling dekat dan nyaman bagi mereka. Bukan lagi “kembali ke kantor”, tetapi “pilih kantor terdekat”.
     
    Microsoft, misalnya, mewajibkan sebagian besar karyawannya berada di kantor terdekat minimal tiga hari per minggu mulai 2026. Banyak perusahaan besar lainnya bahkan memberi opsi bekerja dari coworking space atau ruang kerja fleksibel untuk mendukung produktivitas dan mengurangi waktu perjalanan.
     

    3. Sertifikasi Keahlian Mikro sebagai “Mata Uang Baru”

    Kenaikan jenjang karier tidak lagi bergantung pada gelar formal, melainkan pada keterampilan yang benar-benar dimiliki. Pekerja hibrid semakin terdorong mengumpulkan sertifikasi mikro, atau kursus singkat yang mengasah kemampuan spesifik, karena lebih relevan dengan kebutuhan industri.
     
    Perusahaan pun mendukung tren ini melalui platform pembelajaran on-demand untuk mempercepat pengembangan talenta yang adaptif. Hasilnya, mobilitas internal berbasis keahlian menjadi lebih mudah dan karyawan dapat berpindah peran sesuai kompetensi yang mereka bangun.
     

    4. Mengembalikan Jiwa Pekerja (Reversing the Quiet Crack)

    Berbeda dari “quiet quitting,” fenomena “quiet cracking” menggambarkan kondisi karyawan yang tampak bekerja dengan baik, namun secara mental dan emosional sebenarnya tertekan dan tidak lagi terlibat dalam pekerjaannya. Dampaknya terlihat pada burnout, stagnasi karier, dan hilangnya rasa tujuan.
     
    Riset menunjukkan 57 persen pekerja merasa tidak nyaman ketika tidak dihargai atau diawasi berlebihan. Karena itu, perusahaan mulai memprioritaskan kesejahteraan karyawan dan fleksibilitas kerja untuk menjaga keterlibatan mereka.
     
    Ke depannya, organisasi juga diperkirakan mengadopsi “well tech” seperti pelacak stres, pengingat kesehatan mental berbasis AI, hingga program wellness berbentuk gim untuk membangun kebiasaan sehat secara berkelanjutan.
     
     

     

    5. Model Eksekutif C-Suite Paruh Waktu (Fractional C-Suite & Executive Talent)

    Dalam situasi ekonomi yang tidak menentu, semakin banyak perusahaan beralih ke konsep “fractional executives”, yaitu merekrut talenta eksekutif C-suite secara paruh waktu atau berbasis kontrak. Model ini memungkinkan perusahaan mendapatkan keahlian strategis tanpa harus menanggung biaya eksekutif penuh waktu.
     
    Riset menunjukkan 87 persen CEO dan CFO khawatir terhadap ketidakstabilan makroekonomi, sementara 67 persen telah memotong biaya operasional untuk mencari model kepemimpinan yang lebih efisien.
     

    6. Membangun Konsep “15-Minute Cities” dari Nol

    Konsep “kota 15 menit” memasuki fase baru. Bukan hanya menata ulang kawasan, tetapi membangun lingkungan sejak awal dengan desain yang mendukung mobilitas dekat, keberlanjutan, dan kehidupan komunitas.
     
    Proyek seperti The Ellinikon di Athena dan The Point di Utah menunjukkan transformasi besar ini. Model kerja hibrid membuat konsep ini semakin relevan karena profesional cenderung tinggal dan bekerja di area yang sama, sekaligus menghemat biaya perjalanan perusahaan.
     

    7. Efek Loyalitas Lokal

    Bekerja hibrid memperkuat keterikatan karyawan dengan lingkungan domisili mereka. Perusahaan dapat memanfaatkan hal ini melalui program kontribusi komunitas, kemitraan lokal, atau kegiatan sosial yang meningkatkan citra perusahaan sekaligus membangun keterlibatan sosial karyawan.
     

     

    8. Kantor Rasa Hotel (Hospitality-Infused Office)

    Kantor masa depan akan mengadopsi pengalaman ala hotel butik, dengan layanan concierge, pilihan F&B yang dikurasi, dan desain yang memanjakan indera. Contohnya kerja sama IWG dan YOO yang menggabungkan desain hotel kelas atas dengan jaringan workspace fleksibel.
     
    Dengan begitu, kantor tak lagi sekadar tempat bekerja, tetapi ruang bernilai lifestyle yang mendorong kolaborasi dan kesejahteraan.
     

    9. Meningkatnya Permintaan Kantor Harian

    Kantor harian “on demand” menjadi pilihan penting bagi pekerja yang membutuhkan ruang profesional tanpa komitmen jangka panjang. Fasilitas lengkap, pencahayaan natural, dan fitur wellness membuat opsi ini ideal bagi pekerja yang mengutamakan fleksibilitas dan produktivitas.
     

    10. Demografi Tenaga Kerja Baru: Prioritas Gen Z

    Gen Z hadir dengan prioritas berbeda, yaitu kesejahteraan, kesehatan mental, fleksibilitas, dan pekerjaan bermakna. Dengan populasi yang menua dan kesenjangan talenta yang melebar, perusahaan perlu memahami ekspektasi ini untuk tetap kompetitif.
     
    Organisasi yang memberi ruang fleksibilitas dan tujuan kerja yang jelas akan lebih mampu menarik dan mempertahankan talenta generasi berikutnya.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • Nekaboga Perkuat Posisi Pemasok Rempah Berstandar Global di SIAL Interfood 2025

    Nekaboga Perkuat Posisi Pemasok Rempah Berstandar Global di SIAL Interfood 2025

    Jakarta: Nekaboga, merek rempah asal Indonesia, menunjukkan komitmennya terhadap kualitas berstandar global dan penerapan teknologi terkini di SIAL Interfood 2025 di JIExpo Kemayoran pada minggu lalu.
     
    Laksmi Istikasari, Sales & Marketing Manager Nekaboga, menyampaikan bahwa keikutsertaan Nekaboga di SIAL Interfood juga menjadi momentum penting untuk memperkuat penetrasi domestic sekaligus.
     
    “Kami melihat potensi sektor horeca dan industri F&B yang terus berkembang di dalam negeri. Melalui kehadiran di SIAL Interfood, kami memperkenalkan rangkaian produk terbaru sekaligus membuka peluang kolaborasi bagi pemilik merek yang membutuhkan dukungan formulasi maupun fasilitas produksi,” ujarnya.
     
    Laksmi menyebut, Nekaboga bekerja sama dengan jaringan petani dari berbagai wilayah Indonesia, serta seluruh bahan bakunya melalui proses quality control ketat dalam ekosistem rantai pasok yang mengedepankan responsible sourcing, efisiensi proses, dan keberlanjutan.
     

     
    Nekaboga mengklaim menjadi salah satu pelopor penerapan Steam Sterilization Process, teknologi sterilisasi alami berbasis uap bertekanan tinggi tanpa bahan kimia maupun iradiasi. Selain itu, proses pengujian mutu didukung oleh laboratorium in-house berperalatan modern yang telah tersertifikasi ISO/IEC 17025 dan terakreditasi KAN.
     
    Produk Nekaboga telah memperoleh pengakuan melalui berbagai sertifikasi internasional, seperti Halal, Kosher, ISO 9001:2015, FSSC 22000, Organik USDA dan EU-EEC, SEDEX, serta fasilitas produksi yang terdaftar di US FDA.
     
    Untuk tahun 2026, Nekaboga menyiapkan strategi pertumbuhan yang lebih agresif guna memperkuat pasar domestik dan ekspor. Dengan inovasi yang terus dikembangkan, dukungan teknologi modern, serta kapasitas produksi bersertifikasi global, Nekaboga pun menegaskan posisinya sebagai mitra strategis bagi pelaku industri yang membutuhkan bahan baku rempah berkualitas maupun solusi pengembangan produk.

     

    Jakarta: Nekaboga, merek rempah asal Indonesia, menunjukkan komitmennya terhadap kualitas berstandar global dan penerapan teknologi terkini di SIAL Interfood 2025 di JIExpo Kemayoran pada minggu lalu.
     
    Laksmi Istikasari, Sales & Marketing Manager Nekaboga, menyampaikan bahwa keikutsertaan Nekaboga di SIAL Interfood juga menjadi momentum penting untuk memperkuat penetrasi domestic sekaligus.
     
    “Kami melihat potensi sektor horeca dan industri F&B yang terus berkembang di dalam negeri. Melalui kehadiran di SIAL Interfood, kami memperkenalkan rangkaian produk terbaru sekaligus membuka peluang kolaborasi bagi pemilik merek yang membutuhkan dukungan formulasi maupun fasilitas produksi,” ujarnya.
     
    Laksmi menyebut, Nekaboga bekerja sama dengan jaringan petani dari berbagai wilayah Indonesia, serta seluruh bahan bakunya melalui proses quality control ketat dalam ekosistem rantai pasok yang mengedepankan responsible sourcing, efisiensi proses, dan keberlanjutan.
     

     
    Nekaboga mengklaim menjadi salah satu pelopor penerapan Steam Sterilization Process, teknologi sterilisasi alami berbasis uap bertekanan tinggi tanpa bahan kimia maupun iradiasi. Selain itu, proses pengujian mutu didukung oleh laboratorium in-house berperalatan modern yang telah tersertifikasi ISO/IEC 17025 dan terakreditasi KAN.
     
    Produk Nekaboga telah memperoleh pengakuan melalui berbagai sertifikasi internasional, seperti Halal, Kosher, ISO 9001:2015, FSSC 22000, Organik USDA dan EU-EEC, SEDEX, serta fasilitas produksi yang terdaftar di US FDA.
     
    Untuk tahun 2026, Nekaboga menyiapkan strategi pertumbuhan yang lebih agresif guna memperkuat pasar domestik dan ekspor. Dengan inovasi yang terus dikembangkan, dukungan teknologi modern, serta kapasitas produksi bersertifikasi global, Nekaboga pun menegaskan posisinya sebagai mitra strategis bagi pelaku industri yang membutuhkan bahan baku rempah berkualitas maupun solusi pengembangan produk.
     
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • Spotify Rilis Fitur Transfer Playlist dari YouTube Hingga Apple Music

    Spotify Rilis Fitur Transfer Playlist dari YouTube Hingga Apple Music

    Jakarta

    Spotify merilis fitur baru yang dapat memudahkan pengguna beralih dari platform streaming musik lain. Kini pengguna Apple Music, YouTube Music, dan lain-lain bisa memanfaatkan fitur impor playlist untuk hijrah ke Spotify.

    Fitur impor playlist merupakan kolaborasi Spotify dengan TuneMyMusic. Fitur ini sudah terintegrasi dengan aplikasi mobile Spotify, jadi pengguna tidak perlu download aplikasi tambahan atau membuat akun baru untuk mengimpor playlist.

    TuneMyMusic merupakan salah satu layanan pihak ketiga yang populer di kalangan penggemar musik untuk memindahkan playlist dari satu platform ke platform lain. Namun TuneMyMusic membatasi pengguna hanya bisa mengimpor 500 lagu secara gratis, dan harus membayar jika ingin memindahkan lebih banyak lagu.

    Untungnya, karena Spotify kini sudah mendukung integrasi dengan TuneMyMusic secara resmi, pengguna bisa memindahkan playlist favoritnya yang berisi ribuan lagu atau lebih tanpa dipungut biaya tambahan.

    Spotify mengatakan fitur ini mulai digulirkan untuk seluruh pengguna secara bertahap. Pengguna dapat mengakses fitur ini di tab ‘Your Library’ di aplikasi mobile Spotify.

    Setelah itu scroll sampai bagian paling bawah lalu ketuk ‘Import Your Music’ untuk mengakses TuneMyMusic lalu ikuti petunjuk di layar. Kemudian pilih platform asal playlist yang ingin dipindahkan, dan setelah selesai playlist akan muncul di library Spotify.

    Cara transfer playlist ke Spotify Foto: Spotify

    Proses ini tidak akan menghapus playlist asli yang ada di platform asal karena hanya akan disalin ke Spotify. Saat ini TuneMyMusic mendukung impor playlist dari layanan streaming lainnya seperti Amazon Music, Apple Music, YouTube Music, Deezer, Pandora, Soundcloud, dan masih banyak lagi.

    Spotify mengikuti langkah kompetitornya yang sudah menyediakan fitur impor playlist yang terintegrasi. Pengguna Apple Music juga bisa memindahkan playlist dari platform lain berkat integrasi dengan SongShift yang diumumkan beberapa waktu yang lalu.

    YouTube Music juga menawarkan fitur impor playlist dari platform lain untuk pelanggan Premium. Google juga merekomendasikan TuneMyMusic sebagai metode untuk memindahkan playlist dari layanan lainnya ke YouTube Music.

    (vmp/hps)

  • Komitmen JAR Perkuat Pendidikan Dasar di Tanah Bumbu

    Komitmen JAR Perkuat Pendidikan Dasar di Tanah Bumbu

    Jakarta: PT Jhonlin Agro Raya Tbk atau JAR mendirikan Sekolah Dasar Tunas Muda Jhonlin di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, demi menunjang pendidikan bagi penerus bangsa. Sekolah ini didukung oleh tenaga pendidik yang berpengalaman dan fasilitas yang memadai.

    Didirikan pada 22 Agustus 2023 dan diresmikan 30 Januari 2024, SD Tunas Muda Jhonlin menjadi bukti nyata kepedulian PT Jhonlin Agro Raya Tbk terhadap akses pendidikan bagi anak-anak karyawan.
     
    SD Tunas Muda Jhonlin mengusung kurikulum Merdeka Mengajar dan memiliki enam rombongan belajar dari kelas 1 hingga kelas 6. Sekolah ini juga terbuka bagi masyarakat sekitar di area perusahaan hingga lingkungan perusahaan.

     

    Kepala Sekolah SD Tunas Muda Jhonlin, Ahmad Aidi, mengungkapkan keseriusan perusahaan dalam memperhatikan anak-anak didik di sekolahnya. Ia menyebut, siswa dan siswi SD Tunas Muda Jhonlin telah meraih berbagai pencapaian yang membanggakan. 
     
    “SD Tunas Muda Jhonlin berhasil menembus 42 besar nilai terbaik ANBK 2024/2025 tingkat SD se-kabupaten Tanah Bumbu, serta menorehkan prestasi di ajang O2SN dan FLS2N tingkat kecamatan,” ujar Ahmad Aidi.
     
    Langkah PT Jhonlin Agro Raya Tbk ini menjadi cermin kuat sinergi antara dunia industri dan institusi pendidikan, sekaligus menunjukkan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam membangun sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing di bumi bersujud.
     

    Jakarta: PT Jhonlin Agro Raya Tbk atau JAR mendirikan Sekolah Dasar Tunas Muda Jhonlin di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, demi menunjang pendidikan bagi penerus bangsa. Sekolah ini didukung oleh tenaga pendidik yang berpengalaman dan fasilitas yang memadai.
     
    Didirikan pada 22 Agustus 2023 dan diresmikan 30 Januari 2024, SD Tunas Muda Jhonlin menjadi bukti nyata kepedulian PT Jhonlin Agro Raya Tbk terhadap akses pendidikan bagi anak-anak karyawan.
     
    SD Tunas Muda Jhonlin mengusung kurikulum Merdeka Mengajar dan memiliki enam rombongan belajar dari kelas 1 hingga kelas 6. Sekolah ini juga terbuka bagi masyarakat sekitar di area perusahaan hingga lingkungan perusahaan.
     
     

    Kepala Sekolah SD Tunas Muda Jhonlin, Ahmad Aidi, mengungkapkan keseriusan perusahaan dalam memperhatikan anak-anak didik di sekolahnya. Ia menyebut, siswa dan siswi SD Tunas Muda Jhonlin telah meraih berbagai pencapaian yang membanggakan. 
     
    “SD Tunas Muda Jhonlin berhasil menembus 42 besar nilai terbaik ANBK 2024/2025 tingkat SD se-kabupaten Tanah Bumbu, serta menorehkan prestasi di ajang O2SN dan FLS2N tingkat kecamatan,” ujar Ahmad Aidi.
     
    Langkah PT Jhonlin Agro Raya Tbk ini menjadi cermin kuat sinergi antara dunia industri dan institusi pendidikan, sekaligus menunjukkan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam membangun sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing di bumi bersujud.
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • SPPG Margomulyo, Fasilitas Layanan Gizi Berkelanjutan yang Dukung Ekonomi Lokal

    SPPG Margomulyo, Fasilitas Layanan Gizi Berkelanjutan yang Dukung Ekonomi Lokal

    Sleman: Satuan Pelayanan Pemenuhan Gizi (SPPG) Margomulyo, yang berlokasi di Kalurahan Margomulyo, Kapanewon Seyegan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kini menjadi salah satu pusat layanan pangan bergizi yang mendapatkan sorotan.

    Unit ini dioperasikan oleh Badan Usaha Milik Kalurahan Bersama (BUMKALMA) Seyegan Margo Manunggal dan setiap hari menyiapkan ribuan porsi makanan bergizi bagi anak sekolah.

    Dengan dapur yang bersih, higienis, serta standar operasional ketat, SPPG Margomulyo mampu menyiapkan 3.755 porsi untuk siswa, ditambah 207 porsi setiap hari Senin untuk ibu hamil dan menyusui.

    Untuk menjaga kualitas makanan, seluruh ruangan dapur SPPG Margomulyo selalu dijaga dalam kondisi steril. Para pekerja diwajibkan mengenakan masker, penutup kepala, serta alas kaki khusus yang hanya boleh dipakai di area dapur.

    Menu bergizi yang disajikan setiap hari pun selalu berganti sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Setelah selesai dimasak, makanan dikemas ke dalam ompreng bersih, kemudian ditata dan didistribusikan ke sekolah-sekolah.
     

    “Kalau untuk penentuan menunya kebetulan sudah ditentukan oleh ahli gizi kami. Disesuaikan dengan yang sudah ditentukan dari BGN. Menunya setiap hari kami variatif selalu berubah. Kami punya siklus bulanan jadi dalam satu bulan itu menu yang akan diolah sudah kami tentukan,” ujar Kepala SPPG Margomulyo Seyegan, Joni Prasetyo dikutip dari Metro TV, Minggu, 23 November 2025. 
     
    Disambut positif penerima manfaat

    Beroperasinya SPPG Margomulyo disambut antusias oleh para siswa penerima manfaat program Makanan Bergizi Gratis (MBG).

    Mereka bahkan diperbolehkan mengusulkan menu makanan, meski tetap harus mengikuti jadwal yang telah ditetapkan. “Hari ini ayam, tempe, wortel, sama semangka,” kata Rafa Ardi Saputra, Siswa SD Negeri Margoagung Seyegan. 

    Senada dengan para murid, Kepala SD Negeri Margoagung Seyegan, Zainab Suryani turut mengapresiasi SPPG Margomulyo.

    “Saya berterima kasih sekali dengan adanya program MBG ini karena program ini sangat bermanfaat bagi anak didik saya yang mana setiap harinya, setiap pagi anak-anak itu belum tentu mendapatkan sarapatan dari orang tua,” terang Zainab. 

     
    Layanan tambahan untuk ibu hamil dan menyusui

    Selain menyasar siswa sekolah, SPPG ini juga memberikan layanan gizi tambahan untuk 207 ibu hamil dan menyusui. Pembagian khusus untuk kelompok ini hanya dilakukan setiap hari Senin untuk kebutuhan gizi selama satu minggu.

    Agar distribusi lebih efisien, paket makanan dibagikan di titik tertentu, kemudian diambil oleh kader kesehatan pedukuhan untuk diteruskan kepada penerima manfaat.

    “MBG untuk ibu menyusui sama ibu hamil. Ibu hamil juga dapat jatah, itu untuk kesehatan yang dikandung biar mendapat asupan gizi. Seminggu sekali setiap hari Senin,” ungkap Kader Kesehatan Kregolan, Suryatini.
     
    Manfaatkan bahan baku lokal

    SPPG Margomulyo tidak hanya memberikan manfaat langsung dalam bentuk pangan bergizi, tetapi juga menjadi berkah bagi perekonomian warga. Hampir semua bahan pangan seperti sayur, telur, dan daging ayam diserap dari para petani dan peternak di wilayah Seyegan.

    Meski demikian, beberapa komoditas yang belum bisa diproduksi warga tetap harus didatangkan dari luar daerah. Semua pengadaan dilakukan melalui koordinasi Bumkalma Seyegan Margo Manunggal untuk memastikan kualitasnya tetap baik.

    “Untuk suplai bahan bakunya kita ambil dari Bumdes dan juga UMKM masyarakat lokal sini. Kalau yang terserap telur, telur itu diambilkan dari Bumdes. Ada telur ayam, telur puyuh, bumbu-bumbu, kemudian sayur-sayuran intinya yang produk lokal sini kita ambil dari sini,” ujar Direktur Bumkalma Seyegan Margo Manunggal, Tri Kusumawati.

    Dengan standar kebersihan yang ketat, menu bergizi yang bervariasi, serta kontribusinya terhadap ekonomi lokal, SPPG Margomulyo kini menjadi salah satu model layanan pemenuhan gizi yang efektif dan berkelanjutan di Sleman.

    Sleman: Satuan Pelayanan Pemenuhan Gizi (SPPG) Margomulyo, yang berlokasi di Kalurahan Margomulyo, Kapanewon Seyegan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kini menjadi salah satu pusat layanan pangan bergizi yang mendapatkan sorotan.
     
    Unit ini dioperasikan oleh Badan Usaha Milik Kalurahan Bersama (BUMKALMA) Seyegan Margo Manunggal dan setiap hari menyiapkan ribuan porsi makanan bergizi bagi anak sekolah.
     
    Dengan dapur yang bersih, higienis, serta standar operasional ketat, SPPG Margomulyo mampu menyiapkan 3.755 porsi untuk siswa, ditambah 207 porsi setiap hari Senin untuk ibu hamil dan menyusui.

    Untuk menjaga kualitas makanan, seluruh ruangan dapur SPPG Margomulyo selalu dijaga dalam kondisi steril. Para pekerja diwajibkan mengenakan masker, penutup kepala, serta alas kaki khusus yang hanya boleh dipakai di area dapur.
     
    Menu bergizi yang disajikan setiap hari pun selalu berganti sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Setelah selesai dimasak, makanan dikemas ke dalam ompreng bersih, kemudian ditata dan didistribusikan ke sekolah-sekolah.
     

     
    “Kalau untuk penentuan menunya kebetulan sudah ditentukan oleh ahli gizi kami. Disesuaikan dengan yang sudah ditentukan dari BGN. Menunya setiap hari kami variatif selalu berubah. Kami punya siklus bulanan jadi dalam satu bulan itu menu yang akan diolah sudah kami tentukan,” ujar Kepala SPPG Margomulyo Seyegan, Joni Prasetyo dikutip dari Metro TV, Minggu, 23 November 2025. 
     

    Disambut positif penerima manfaat

    Beroperasinya SPPG Margomulyo disambut antusias oleh para siswa penerima manfaat program Makanan Bergizi Gratis (MBG).
     
    Mereka bahkan diperbolehkan mengusulkan menu makanan, meski tetap harus mengikuti jadwal yang telah ditetapkan. “Hari ini ayam, tempe, wortel, sama semangka,” kata Rafa Ardi Saputra, Siswa SD Negeri Margoagung Seyegan. 
     
    Senada dengan para murid, Kepala SD Negeri Margoagung Seyegan, Zainab Suryani turut mengapresiasi SPPG Margomulyo.
     
    “Saya berterima kasih sekali dengan adanya program MBG ini karena program ini sangat bermanfaat bagi anak didik saya yang mana setiap harinya, setiap pagi anak-anak itu belum tentu mendapatkan sarapatan dari orang tua,” terang Zainab. 
     

     

    Layanan tambahan untuk ibu hamil dan menyusui

    Selain menyasar siswa sekolah, SPPG ini juga memberikan layanan gizi tambahan untuk 207 ibu hamil dan menyusui. Pembagian khusus untuk kelompok ini hanya dilakukan setiap hari Senin untuk kebutuhan gizi selama satu minggu.
     
    Agar distribusi lebih efisien, paket makanan dibagikan di titik tertentu, kemudian diambil oleh kader kesehatan pedukuhan untuk diteruskan kepada penerima manfaat.
     
    “MBG untuk ibu menyusui sama ibu hamil. Ibu hamil juga dapat jatah, itu untuk kesehatan yang dikandung biar mendapat asupan gizi. Seminggu sekali setiap hari Senin,” ungkap Kader Kesehatan Kregolan, Suryatini.
     

    Manfaatkan bahan baku lokal

    SPPG Margomulyo tidak hanya memberikan manfaat langsung dalam bentuk pangan bergizi, tetapi juga menjadi berkah bagi perekonomian warga. Hampir semua bahan pangan seperti sayur, telur, dan daging ayam diserap dari para petani dan peternak di wilayah Seyegan.
     
    Meski demikian, beberapa komoditas yang belum bisa diproduksi warga tetap harus didatangkan dari luar daerah. Semua pengadaan dilakukan melalui koordinasi Bumkalma Seyegan Margo Manunggal untuk memastikan kualitasnya tetap baik.
     
    “Untuk suplai bahan bakunya kita ambil dari Bumdes dan juga UMKM masyarakat lokal sini. Kalau yang terserap telur, telur itu diambilkan dari Bumdes. Ada telur ayam, telur puyuh, bumbu-bumbu, kemudian sayur-sayuran intinya yang produk lokal sini kita ambil dari sini,” ujar Direktur Bumkalma Seyegan Margo Manunggal, Tri Kusumawati.
     
    Dengan standar kebersihan yang ketat, menu bergizi yang bervariasi, serta kontribusinya terhadap ekonomi lokal, SPPG Margomulyo kini menjadi salah satu model layanan pemenuhan gizi yang efektif dan berkelanjutan di Sleman.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)