Perusahaan: Google

  • Aplikasi Pengganti Google Laku Keras, Banyak yang Antre

    Aplikasi Pengganti Google Laku Keras, Banyak yang Antre

    Jakarta, CNBC Indonesia – Perlombaan di sektor teknologi kecerdasan buatan (AI) makin sengit. Pemain lama seperti Google, Meta, dan Apple tak segan-segan menggelontorkan investasi bejibun untuk mengembangkan AI.

    Di saat bersamaan, muncul nama pemain-pemain baru yang hadir dengan inovasi AI kawakan. Bahkan, tak jarang yang hendak mendobrak dominasi para raksasa teknologi kawakan.

    Hal ini memicu minat raksasa teknologi untuk mengakuisisi startup yang baru berkembang. Dengan begitu, raksasa teknologi bisa tumbuh lebih jauh dan memanfaatkan inovasi dari pemain baru.

    Pada Juni lalu, Apple dan Meta dalam waktu berdekatan dikabarkan berniat mencaplok Perplexity. Sebagai informasi, Perplexity menawarkan layanan pencarian berbasis AI yang digadang-gadang sebagai ‘pengganti’ Google.

    Beberapa saat lalu, Perplexity blak-blakan menyebut ingin mencaplok browser Chrome milik Google untuk memperkuat browser Comet miliknya. Namun, belum ada kabar lebih lanjut soal rencana tersebut.

    Terbaru, rumor soal Apple yang ingin membeli Perplexity kembali beredar. Dikutip dari Reuters, Rabu (27/8/2025), Apple disebut sedang dalam diskusi internal untuk mengakuisisi Perplexity dan layanan asal Prancis, Mistral.

    Informasi tersebut dilaporkan oleh The Information pada Selasa (26/8) waktu setempat, mengutip beberapa sumber yang mengetahui kabar tersebut.

    Pada Juli lalu, CEO Apple Tim Cook mengatakan pihaknya terbuka untuk melakukan akuisisi terkait AI dalam rangka mengakselerasi roadmap AI perusahaan.

    Reuters belum bisa memverifikasi laporan dari The Information.

    Sebagai informasi, Perplexity merupakan startup yang dibekingi Nvidia dan pendiri Amazon Jeff Bezos. Perplexity mengatakan belum mengetahui obrolan soal merger.

    Apple dan Mistral tak segera merespons permintaan komentar dari Reuters.

    Mistral yang juga didukung oleh Nvidia bernilai lebih dari US$6 miliar setelah putaran pendanaan Seri B tahun lalu. Financial Times melaporkan bulan ini bahwa perusahaan Prancis tersebut sedang dalam pembicaraan untuk mengumpulkan US$1 miliar dengan valuasi US$10 miliar.

    Sebelumnya, Bloomberg News juga pernah melaporkan bahwa para eksekutif Apple telah mengadakan pembicaraan internal tentang kemungkinan mengajukan penawaran untuk Perplexity. Kita tunggu saja!

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • COO Google Cloud: Privasi-keamanan data hal teramat penting di era AI

    COO Google Cloud: Privasi-keamanan data hal teramat penting di era AI

    Ada serangkaian penawaran keamanan yang sangat tangguh, dan itu mencakup banyak hal.

    Singapura (ANTARA) – Chief Operating Officer (COO) Google Cloud Francis DeSouza menegaskan bahwa privasi dan keamanan data pelanggan menjadi hal yang teramat penting di tengah pesatnya perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI).

    Menjawab ANTARA dalam sesi media roundtable di Singapura, Rabu, DeSouza mengatakan perusahaan komputasi cloud itu berinvestasi teknologi untuk memastikan data tetap tersimpan di dalam batas wilayah yang ditentukan, sekaligus terlindungi dari ancaman siber yang semakin kompleks.

    “Ada serangkaian penawaran keamanan yang sangat tangguh, dan itu mencakup banyak hal. Pertama, bagaimana Anda dapat mengamankan model Anda? Apa pelindung model yang Anda miliki untuk memastikan model Anda tetap aman?,” ujarnya.

    Google Cloud menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar terbesarnya di Asia Tenggara. Tujuh bank terbesar di Indonesia, tiga perusahaan telekomunikasi, sejumlah perusahaan ritel, dan perusahaan rintisan bervaluasi 1 miliar dolar AS (unicorn) di Indonesia menggunakan layanan Google Cloud.

    Google Cloud juga menawarkan penggunaan AI untuk meningkatkan postur keamanan perusahaan secara keseluruhan. Ia menyebut sudah banyak perusahaan memanfaatkan agen berbasis AI dari Google Cloud untuk memperkuat operasional keamanan.

    Teknologi AI itu digunakan untuk membantu mengelola jutaan log dari infrastruktur IT dan keamanan, mendeteksi potensi pelanggaran, hingga meringankan beban pusat operasi keamanan yang kerap kewalahan menghadapi banjir peringatan.

    “Kami juga membahas kemampuan seputar penggunaan AI untuk mempercepat alur kerja yang terkait dengan terjadinya pelanggaran,” kata dia lagi.

    Ketika pelanggaran mengenai ketentuan penyimpanan data terjadi, ujar dia, setiap menit dan jam sangat penting untuk memitigasi dampak kerusakan yang lebih besar. Dengan begitu, penggunaan AI dapat membantu otomatisasi alur kerja sehingga respons yang diterbitkan dapat lebih cepat.

    Hal itu juga terkait dengan proyeksi ancaman keamanan data di masa datang. Google Cloud membahas itu dengan berbagai perusahaan mitra untuk memitigasi ancaman-ancaman penyimpanan data seperti malware termutakhir, dan deepfake.

    “Sehingga keamanan, ‘data compliance’ adalah hal yang sangat penting,” ujarnya.

    Solusi AI, kata DeSouza, turut membantu melipatgandakan pendapatan Google Cloud secara global. Google Cloud mencatatkan pendapatan sebesar 13,6 miliar pada kuartal 2025 atau meningkat 32 persen (year on year/yoy).

    Managing DIrector Southeast Asia Google Cloud Mark Micallef berujar bahwa pemerintah, perusahaan, dan perusahaan rintisan telah beralih ke Google Cloud AI untuk meningkatkan produktivitas, mempercepat inovasi, dan meningkatkan perekonomian mereka dalam rantai nilai.

    Saat ini, menurutnya lagi, kawasan Asia Tenggara sedang berada di pergeseran fundamental, di mana AI menjadi teknologi paling signifikan yang diutilisasi untuk mendorong fase pertumbuhan di kawasan. AI diperkirakan dapat mendorong nilai perekonomian Asia Tenggara hingga mencapai 270 miliar dolar AS.

    Pewarta: Indra Arief Pribadi
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Rayakan HUT Ke-50, Summarecon Renovasi Fasilitas Umum dan 500 Rumah Warga

    Rayakan HUT Ke-50, Summarecon Renovasi Fasilitas Umum dan 500 Rumah Warga

    Jakarta: Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50, PT Summarecon Agung Tbk secara resmi meluncurkan program Bedah Fasilitas Umum dengan melakukan renovasi Sekolah, Puskesmas, dan Prasarana lainnya, serta program bedah (renovasi) 500 Rumah yang bekerjasama dengan Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia pada Kamis, 21 Agustus 2025.

    Program ini ini merupakan bagian dari inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan yang menargetkan wilayah-wilayah di sekitar kawasan operasional Summarecon yang tersebar di berbagai wilayah.

    Kegiatan CSR berupa renovasi rumah tidak layak huni ini diselenggarakan di Kabupaten dan Kota Bekasi. Total sebanyak 500 rumah direnovasi sebagai bagian dari program bedah 4.000 rumah yang diinisiasi oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

    “Summarecon melaksanakan kegiatan CSR berupa renovasi rumah tidak layak huni di Kabupaten dan Kota Bekasi. Sebanyak 500 rumah direnovasi sebagai bagian dari Program Bedah 4.000 Rumah yang diinisiasi oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Selain renovasi rumah, Summarecon juga melakukan perbaikan fasilitas umum seperti sekolah, puskesmas, klinik, serta prasarana lainnya yang menjadi kebutuhan mendasar dan menyangkut hajat hidup orang banyak. Dengan demikian, kontribusi Summarecon dapat menghadirkan manfaat nyata yang langsung dirasakan oleh masyarakat di sekitar kawasan,” kata President Director PT Summarecon Agung Tbk, Adrianto P. Adhi.

    Untuk tahap awal, Summarecon melakukan Program Renovasi Bedah Fasilitas Umum di SDN Harapan Mulya 1 Kota Bekasi sekaligus menjadi lokasi peresmian program bedah fasilitas umum yang serentak dilakukan di berbagai wilayah pengembangan Summarecon.

    Program ini akan dilakukan bertahap hingga 2045 dengan merenovasi 11 fasilitas di tahun pertama, dan di tahun berikutnya merenovasi 2 fasilitas setiap tahunnya hingga mencapai total 50 fasilitas umum. 
     

    Program Bedah 500 Rumah dilaksanakan dengan membagi 250 unit di 11 kecamatan Kota Bekasi dan 250 unit di 13 kecamatan Kabupaten Bekasi. Pelaksanaan program ini didasarkan pada data rumah tidak layak huni yang diperoleh dari Pemerintah Kota dan Kabupaten Bekasi. Data tersebut kemudian diverifikasi oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama Summarecon, sebelum akhirnya dilakukan renovasi rumah oleh Summarecon.

    Lebih lanjut, Director PT Summarecon Agung Tbk, Sharif Benyamin menjelaskan, dalam kegiatan ini pihaknya melibatkan pekerja proyek yang mereka sebut dengan seniman bangunan untuk melakukan renovasi rumah dan fasilitas umum.

    “Renovasi dilakukan dengan mengacu pada standardisasi pembangunan Summarecon, yang menekankan keamanan, kenyamanan, dan keberlanjutan. Para seniman bangunan ini diajarkan untuk bekerja dengan penuh rasa hormat terhadap lingkungan dan warga sekitar, dengan cara menjaga kebersihan dan suasana kerja yang kondusif. Selain itu mereka juga diberikan pembekalan hidup sehat serta pendampingan oleh relawan Summarecon Peduli,” ujar Benyamin. 

    Program kepedulian di momen ulang tahun ke-50 Summarecon ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan juga menjadi sumber kebahagiaan, rasa aman, dan harapan baru bagi banyak keluarga.

    Tak hanya itu, Summarecon juga berkomitmen pada pembangunan manusia melalui berbagai program, antara lain pemberian beasiswa, bantuan sarana pendidikan, program Summarecon Mengajar yang menekankan pentingnya Budi Pekerti, hingga pelaksanaan operasi katarak gratis bekerja sama dengan berbagai mitra.

    Jakarta: Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50, PT Summarecon Agung Tbk secara resmi meluncurkan program Bedah Fasilitas Umum dengan melakukan renovasi Sekolah, Puskesmas, dan Prasarana lainnya, serta program bedah (renovasi) 500 Rumah yang bekerjasama dengan Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia pada Kamis, 21 Agustus 2025.
     
    Program ini ini merupakan bagian dari inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan yang menargetkan wilayah-wilayah di sekitar kawasan operasional Summarecon yang tersebar di berbagai wilayah.
     
    Kegiatan CSR berupa renovasi rumah tidak layak huni ini diselenggarakan di Kabupaten dan Kota Bekasi. Total sebanyak 500 rumah direnovasi sebagai bagian dari program bedah 4.000 rumah yang diinisiasi oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

    “Summarecon melaksanakan kegiatan CSR berupa renovasi rumah tidak layak huni di Kabupaten dan Kota Bekasi. Sebanyak 500 rumah direnovasi sebagai bagian dari Program Bedah 4.000 Rumah yang diinisiasi oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Selain renovasi rumah, Summarecon juga melakukan perbaikan fasilitas umum seperti sekolah, puskesmas, klinik, serta prasarana lainnya yang menjadi kebutuhan mendasar dan menyangkut hajat hidup orang banyak. Dengan demikian, kontribusi Summarecon dapat menghadirkan manfaat nyata yang langsung dirasakan oleh masyarakat di sekitar kawasan,” kata President Director PT Summarecon Agung Tbk, Adrianto P. Adhi.
     
    Untuk tahap awal, Summarecon melakukan Program Renovasi Bedah Fasilitas Umum di SDN Harapan Mulya 1 Kota Bekasi sekaligus menjadi lokasi peresmian program bedah fasilitas umum yang serentak dilakukan di berbagai wilayah pengembangan Summarecon.
     

     
    Program ini akan dilakukan bertahap hingga 2045 dengan merenovasi 11 fasilitas di tahun pertama, dan di tahun berikutnya merenovasi 2 fasilitas setiap tahunnya hingga mencapai total 50 fasilitas umum. 
     

     
    Program Bedah 500 Rumah dilaksanakan dengan membagi 250 unit di 11 kecamatan Kota Bekasi dan 250 unit di 13 kecamatan Kabupaten Bekasi. Pelaksanaan program ini didasarkan pada data rumah tidak layak huni yang diperoleh dari Pemerintah Kota dan Kabupaten Bekasi. Data tersebut kemudian diverifikasi oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama Summarecon, sebelum akhirnya dilakukan renovasi rumah oleh Summarecon.
     
    Lebih lanjut, Director PT Summarecon Agung Tbk, Sharif Benyamin menjelaskan, dalam kegiatan ini pihaknya melibatkan pekerja proyek yang mereka sebut dengan seniman bangunan untuk melakukan renovasi rumah dan fasilitas umum.
     
    “Renovasi dilakukan dengan mengacu pada standardisasi pembangunan Summarecon, yang menekankan keamanan, kenyamanan, dan keberlanjutan. Para seniman bangunan ini diajarkan untuk bekerja dengan penuh rasa hormat terhadap lingkungan dan warga sekitar, dengan cara menjaga kebersihan dan suasana kerja yang kondusif. Selain itu mereka juga diberikan pembekalan hidup sehat serta pendampingan oleh relawan Summarecon Peduli,” ujar Benyamin. 
     

     
    Program kepedulian di momen ulang tahun ke-50 Summarecon ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan juga menjadi sumber kebahagiaan, rasa aman, dan harapan baru bagi banyak keluarga.
     
    Tak hanya itu, Summarecon juga berkomitmen pada pembangunan manusia melalui berbagai program, antara lain pemberian beasiswa, bantuan sarana pendidikan, program Summarecon Mengajar yang menekankan pentingnya Budi Pekerti, hingga pelaksanaan operasi katarak gratis bekerja sama dengan berbagai mitra.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (PRI)

  • Cara Blokir Iklan Mengganggu di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

    Cara Blokir Iklan Mengganggu di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sejumlah iklan seringkali muncul pada ponsel Android Anda. Mulai dari Home Screen, Lock Screen hingga pada aplikasi yang tengah digunakan.

    Kemunculan iklan ini bisa sangat mengganggu aktivitas yang tengah kita lakukan pada perangkat.

    Ada sejumlah cara untuk menghilangkannya. Cara mudah ini bisa dilakukan langsung dari ponsel, tanpa perlu aplikasi tambahan lagi. Berikut cara melakukannya:

    Hilangkan Iklan dari Chrome

    – Buka Google Chrome di aplikasi Android

    – Klik menu tiga titik di sisi kanan atas untuk membuka “Settings”

    – Gulir ke bawah sampai menemukan “Site Settings”

    – Pilih “Pop-ups and redirects” dan gulir toggle untuk mengaktifkan pemblokiran iklan-iklan pop-up

    – Kembali ke “Site Settings” dan pilih “Ads”

    – Gulir ke kanan untuk mengaktifkan toggle “Ads” yang membuat iklan-iklan berbahaya tak muncul ke permukaan.

    Hilangkan Iklan dari Home Screen

    Sebagai informasi, iklan di Home Screen muncul karena sebuah aplikasi. Anda bisa menghapus langsung aplikasi dari ponsel jika tidak terlalu membutuhkannya. Cara lain untuk menghilangkannya adalah berikut ini:

    – Tekan dan tahan ikon aplikasi dan buka menu info yang terbuka

    – Gulir hingga menemukan opsi “Display over other apps”

    – Gulir untuk mematikan toggle “Allow display over other apps”.

    Hilangkan Iklan dari Wallpaper

    Iklan di Wallpaper juga berasal dari sebuah aplikasi. Salah satunya adalah Glance, yang menyediakan berbagai rekomendasi, berita serta konten kemitraan.

    Konten kemitraan yang berisi iklan dan memiliki porsi yang lebih banyak dibandingkan layanan lain. Ini cara memblokir iklan dari Wallpaper:

    – Geser ke atas (swipe up) dari home screen untuk membuka menu app drawer

    – Pilih “Settings”

    – Gulir ke “Lock Screen”

    – Buka “Wallpaper Services”

    – Tekan tombol radio di samping “None”

    Blokir Iklan di HP Samsung

    – Buka menu Settings

    – Pilih Samsung Account

    – Masuk ke menu Privacy

    – Pilih Customization service

    – Matikan pilihan Customization this phone untuk menghentikan konten personalisasi yang biasanya mengandung iklan.

    Blokir Iklan di HP Xiaomi

    – Buka Settings di HP

    – Pilih Sandi & Keamanan

    – Masuk ke opsi Privasi

    – Lanjutkan dengan menekan Layanan Iklan

    – Matikan opsi Rekomendasi Iklan yang Dipersonalisasi

    Iklan HP Xiaomi juga bisa diblokir lewat MiUI System Ads:

    – Masuk ke menu Settings

    – Pilih Sandi & Keamanan

    – Pilih Otorisasi dan pencabutan

    – Matikan opsi MiUl System Ads.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Libur 5 September 2025, Begini Strategi Cuti Biar Libur Makin Panjang

    Libur 5 September 2025, Begini Strategi Cuti Biar Libur Makin Panjang

    Jakarta: Kabar gembira buat kamu yang sudah menanti-nanti waktu rehat panjang. 

    Pemerintah resmi menetapkan Jumat, 5 September 2025 sebagai hari libur nasional dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1447 Hijriah. 

    Artinya, pekan pertama September bakal ada long weekend dari tanggal 5-7 September 2025.

    Keputusan ini merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dengan nomor 933/2025, 1/2025, dan 3/2025.
    Strategi cuti biar long weekend makin panjang
    Bagi pekerja maupun pelajar, momen ini bisa jadi kesempatan untuk istirahat lebih lama. Dengan mengambil cuti tambahan pada Kamis, 4 September atau Senin, 8 September 2025, libur bisa semakin panjang. 

    Bahkan, jika mengambil cuti di kedua hari tersebut, kamu bisa menikmati hampir sepekan penuh untuk berlibur atau sekadar quality time bersama keluarga.
     

    Waktu tepat untuk healing
    Long weekend bukan hanya soal liburan jauh. Bisa juga dimanfaatkan untuk sekadar healing sejenak dari rutinitas padat. Entah itu jalan-jalan ke luar kota, staycation, atau berkumpul dengan orang terdekat, libur panjang ini bisa jadi momentum untuk recharge energi.

    Jangan sampai terlewat
    Catat baik-baik tanggalnya agar tidak ketinggalan merencanakan agenda. Long weekend awal September 2025 ini bisa jadi kesempatan emas untuk berlibur, mengeksplorasi destinasi wisata, atau sekadar beristirahat di rumah.

    Jakarta: Kabar gembira buat kamu yang sudah menanti-nanti waktu rehat panjang. 
     
    Pemerintah resmi menetapkan Jumat, 5 September 2025 sebagai hari libur nasional dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1447 Hijriah. 
     
    Artinya, pekan pertama September bakal ada long weekend dari tanggal 5-7 September 2025.

    Keputusan ini merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yakni Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dengan nomor 933/2025, 1/2025, dan 3/2025.

    Strategi cuti biar long weekend makin panjang
    Bagi pekerja maupun pelajar, momen ini bisa jadi kesempatan untuk istirahat lebih lama. Dengan mengambil cuti tambahan pada Kamis, 4 September atau Senin, 8 September 2025, libur bisa semakin panjang. 
     
    Bahkan, jika mengambil cuti di kedua hari tersebut, kamu bisa menikmati hampir sepekan penuh untuk berlibur atau sekadar quality time bersama keluarga.
     

    Waktu tepat untuk healing
    Long weekend bukan hanya soal liburan jauh. Bisa juga dimanfaatkan untuk sekadar healing sejenak dari rutinitas padat. Entah itu jalan-jalan ke luar kota, staycation, atau berkumpul dengan orang terdekat, libur panjang ini bisa jadi momentum untuk recharge energi.

    Jangan sampai terlewat
    Catat baik-baik tanggalnya agar tidak ketinggalan merencanakan agenda. Long weekend awal September 2025 ini bisa jadi kesempatan emas untuk berlibur, mengeksplorasi destinasi wisata, atau sekadar beristirahat di rumah.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (ANN)

  • Mobil Hilang 2 Tahun, Pemilik Temukan Lagi Pakai ChatGPT

    Mobil Hilang 2 Tahun, Pemilik Temukan Lagi Pakai ChatGPT

    Jakarta

    Perkembangan artificial intelligence (AI) di dunia makin ‘tak masuk akal’. Bahkan, baru-baru ini, ada warga Amerika Serikat (AS) yang berhasil menemukan mobil hilang dengan bantuan teknologi tersebut. Bagaimana kisahnya?

    Disitat dari Carscoops, pria bernama Andrew Garcia asal Orange County, Amerika Serikat, kehilangan mobil mewahnya, Lamborghini Huracan EVO, dua tahun lalu. Modusnya, pelaku menyewa kendaraan dan tak pernah dikembalikan. Sementara dokumen mobil dipalsukan untuk mengalihkan kepemilikan.

    Ketika itu, Garcia benar-benar hancur. Bahkan, dia selalu menangis. Dia tak sendirian, ada korban lain yang melaporkan kejadian serupa. Namun, hanya dia yang kendaraannya benar-benar hilang tanpa jejak.

    Hingga suatu hari, Garcia menerima pesan aneh lewat Instagram. Pengirimnya mengunggah foto-foto Lamborghini tersebut sambil bertanya “Apakah Anda menjual mobil ini?”. Rupanya, pengirim menemukan kartu nama Garcia di dalam kendaraan dan mengira ia berbisnis supercar.

    Lamborghini Huracan Evo Foto: Lamborghini

    Alih-alih langsung menyerahkan kasus ke polisi, Garcia memilih melakukan penyelidikan. Dia memanfaatkan ChatGPT untuk menganalisis foto-foto tersebut, kemudian memadukannya dengan alat pencarian lokasi Google. Dari situ ia berhasil mengumpulkan petunjuk hingga melacak lokasi mobilnya.

    Hasil pencarian membawanya ke Denver, Colorado. Garcia kemudian memberi informasi kepada pihak berwenang setempat. Tak lama, polisi menemukan Lamborghini Huracan EVO tersebut dan memastikan kendaraan itu memang miliknya.

    ChatGPT. Foto: Doc. Insider

    Cale Gould selaku juru bicara Colorado Auto Theft Prevention Authority, mengapresiasi langkah pintar Garcia. Menurutnya, Garcia bisa memanfaatkan teknologi untuk keperluan yang baik.

    “Pengumpulan informasi secara proaktif seperti ini sangat membantu pemulihan kendaraan yang dicuri,” ujar Gould, dikutip Rabu (27/8),

    Meski mobil sudah kembali ke tangan Garcia, penyelidikan masih berlanjut. Polisi Colorado belum bisa memastikan apakah pihak yang terakhir memegang mobil itu terlibat langsung dalam pencurian atau hanya bagian dari rantai panjang penjualan ilegal.

    (sfn/rgr)

  • Viral Link Video Zahra Seafood Durasi 6 Menit 40 Detik, Ini Faktanya!

    Viral Link Video Zahra Seafood Durasi 6 Menit 40 Detik, Ini Faktanya!

    GELORA.CO –  Baru-baru ini, media sosial dihebohkan dengan video berdurasi 6 menit 40 detik yang diklaim terkait Zahra Seafood.

    Netizen ramai-ramai mencari tahu fakta di balik video ini, yang diisukan sebagai video syur. Namun, apa benar klaim tersebut?

    Siapa Zahra Seafood?

    Zahra, yang dikenal sebagai kasir di sebuah restoran bernama Seafood Bakaran, mendadak viral setelah videonya tersebar luas di media sosial.

    Zahra sendiri adalah seorang konten kreator yang sering membuat video di TikTok, lengkap dengan seragam tempat kerjanya.

    Dalam sebuah video di akun TikTok resminya, Zahra memperkenalkan diri dengan kalimat, “Hai namaku Zahra, selamat datang di Seafood Bakaran. Tugas utama aku kasir, aku selalu membantu customer dalam pembayaran.”

    Video ini pun awalnya tidak menimbulkan kontroversi, hingga seorang pengguna TikTok dengan akun @captain.raff mengunggah konten yang dikaitkan dengan Zahra.

    Asal Muasal Video 6 Menit 40 Detik

    Ketenaran Zahra di media sosial melejit ketika akun TikTok @captain.raff mengunggah sebuah narasi yang merujuk pada video berdurasi 6 menit 40 detik.

    Postingan tersebut menggambarkan Zahra dalam konteks yang mengejutkan, membuat netizen semakin penasaran.

    Akun @captain.raff bahkan menulis narasi provokatif:

    “Ya Allah, Zahra kan baru diangkat jadi captain di Seafood Bakaran, tapi kenapa dia kayak gitu? 6 menit apa nggak malu? Banyak banget yang lihat. Yang mau lihat, link ada di bio TikTok gua.”

    Narasi ini segera menarik perhatian publik, hingga nama Zahra viral dan menjadi trending topic di berbagai platform media sosial, termasuk Instagram dan X (sebelumnya Twitter).

    Bahkan, pencarian terkait Zahra pun melonjak di Google. Banyak yang mulai mengaitkan video berdurasi 6 menit 40 detik tersebut dengan isu “video panas.”

    Namun, benarkah video tersebut sesuai dengan narasi yang dibangun?

    Klarifikasi dan Fakta di Balik Video

    Setelah berbagai spekulasi yang tersebar luas, banyak netizen mulai mencari kejelasan mengenai video tersebut. Sayangnya, pihak Zahra sendiri tidak memberikan klarifikasi resmi. Hal ini semakin memanaskan rumor yang beredar.

    Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut, video 6 menit 40 detik yang dikaitkan dengan Zahra ternyata bukanlah video syur.

    Video itu hanya menunjukkan Zahra yang sedang berjoget di TikTok bersama seorang pria, tanpa ada unsur vulgar atau tidak pantas. Narasi yang disebarkan akun TikTok @captain.raff sepenuhnya adalah hoaks.

    Penyebaran informasi palsu ini membuktikan betapa cepatnya rumor menyebar di era digital, terlebih lagi dengan konten viral yang melibatkan selebriti internet seperti Zahra.

    Hoaks dan Penyebaran Isu Palsu di Media Sosial

    Kisah Zahra ini bukan kali pertama terjadi di dunia maya. Media sosial sering kali menjadi lahan subur bagi penyebaran informasi yang tidak benar.

    Video viral sering kali ditarik dari konteksnya dan diberi narasi yang salah, seperti yang terjadi pada Zahra.

    Meski tidak ada bukti yang mendukung klaim video syur terkait Zahra, banyak netizen yang tetap terpancing oleh konten sensasional tersebut.

    Padahal, faktanya, video tersebut hanyalah konten biasa yang jauh dari unsur negatif yang dituduhkan.

    Kasus seperti ini mengajarkan pentingnya verifikasi informasi sebelum percaya pada sebuah rumor, terutama yang viral di media sosial.

    Dengan begitu, kita bisa mencegah penyebaran hoaks dan menjaga agar platform media sosial tetap menjadi tempat yang positif dan informatif.

    Hati-Hati dalam Menelan Isu Viral

    Video viral Zahra Seafood berdurasi 6 menit 40 detik yang ramai dibicarakan netizen ternyata tidak seperti yang dibayangkan banyak orang.

    Setelah ditelusuri, video tersebut hanya konten TikTok biasa yang disalahartikan dan dibumbui oleh narasi tidak benar.

    Penting bagi kita untuk selalu bijak dalam menggunakan media sosial. Jangan langsung percaya pada informasi yang beredar tanpa verifikasi.

    Dunia digital memang cepat, namun bukan berarti semua yang viral adalah kebenaran.

  • Cara Mudah Backup Data ke Google Drive Lewat HP dan Laptop – Page 3

    Cara Mudah Backup Data ke Google Drive Lewat HP dan Laptop – Page 3

    Bagi kebanyakan orang, pencadangan data dirasa menyita banyak waktu dan ribet. Padahal, sekarang Google Workspace menawarkan solusi penyimpanan data tanpa bertele-tele dan gratis.

    Melalui aplikasi yang terintegrasi dengan Workspace seperti Google—Docs, Sheets, Forms, dan Slides, kamu bisa mencadangkan dan menyimpan data kerjaan dengan mudah di penyimpanan awan, Google Drive.

    Google Drive sendiri memberikan ruang penyimpanan cloud gratis sebesar 15GB yang dapat di integrasikan dengan Gmail, Google Photos, dan paling krusial Google Workspace.

    Meskipun penyimpanan yang tersedia kecil, kamu juga bisa meningkatkan kapasitas Drive dengan berlangganan di paket Google One.

    Buat kamu yang tertarik untuk ekspansi kapasitas penyimpanan Google Drive, berikut rincian paket layanan penyimpanan di Google One:

    Lite (30 GB)

    Harga Rp 14.500/bulan

    Penyimpanan ekstra untuk foto, file, dan cadangan perangkat.

    Dasar (100 GB)

    Harga Rp 32.000/bulan

    Penyimpanan yang lebih besar untuk foto, video, file, dan lainnya.

    Premium (2 TB)

    Harga Rp 158.000/bulan

    Banyak penyimpanan dan kemampuan yang ditingkatkan di berbagai aplikasi.

  • Perbandingan iPhone 16 dan iPhone 17, dari Spesifikasi hingga Harga

    Perbandingan iPhone 16 dan iPhone 17, dari Spesifikasi hingga Harga

    Bisnis.com, JAKARTA – iPhone 17 akan segera dirilis oleh Apple pada September 2025 mendatang.

    Para pencinta iPhone sudah tidak sabar menantikan kehadiran versi teranyar dari iPhone tersebut yang digadang-gadang lebih canggih daripada versi sebelumnya.

    Sebelum Anda memutuskan membeli iPhone 17 ataukah cukup membeli iPhone 16 saja yang juga terhitung baru, ada baiknya melihat perbandingan antara kedua iPhone tersebut.

    Dilansir dari cnet dan zeewireless, berikut perbandingan antara iPhone 16 dan Iphone 17.

    1. Perbedaan Layar

    Salah satu perubahan yang paling dinantikan adalah iPhone 17 yang menambahkan layar 120Hz, yang akan sangat disambut baik. Saat ini, hanya model iPhone Pro yang memiliki refresh rate lebih tinggi, sementara model dasar dan Plus tetap menggunakan layar 60Hz. Peningkatan refresh rate tersebut juga dapat mendorong Apple untuk menghadirkan fitur always-on display ke model dasar, sehingga memudahkan untuk melihat waktu dan notifikasi dengan cepat tanpa membangunkan layar.

    Ada beberapa perdebatan mengenai apakah iPhone 17 akan memiliki layar anti gores dan anti-reflektif. Namun, laporan terbaru menunjukkan bahwa fitur tersebut hanya akan tersedia di iPhone 17 Pro dan Pro Max, bukan iPhone 17 dasar (atau Air). Jadi, mungkin tidak akan ada perbedaan yang signifikan antara iPhone 16 dan 17 dalam hal ini.

    2. Perbedaan Kamera

    Kamera swafoto iPhone 17 kemungkinan akan ditingkatkan menjadi 24 megapiksel, alih-alih 12 megapiksel seperti yang ada di kamera depan iPhone 16. Megapiksel bukan satu-satunya faktor penentu untuk foto berkualitas baik, tetapi jika ada peningkatan, hal itu bisa membuat swafoto atau merekam video untuk media sosial dengan kamera depan tidak lagi menjadi masalah.

    Ada juga beberapa perbincangan tentang peningkatan kamera pada jajaran iPhone Apple mendatang. Kemungkinan hanya kamera model Pro yang akan ditempatkan di panel baru yang lebih besar yang membentang horizontal di bagian belakang ponsel (mungkin mengingatkan pada “Geordi Visor” pada Google Pixel 9) dan susunan kamera dasarnya akan tetap sama dengan iPhone 16. Hanya waktu yang akan menjawabnya.

    3. Perbedaan Desain

    Rumor menunjukkan bahwa seperti iPhone 16, iPhone 17 akan memiliki bingkai aluminium. (Bahkan, kemungkinan hal ini akan berlaku untuk seluruh jajarannya, kecuali iPhone 17 Air, yang kemungkinan akan memiliki bingkai titanium agar lebih ringan.)

    Ada juga laporan bahwa iPhone 17 akan menggunakan teknologi “metalens” baru yang ringkas untuk sensor jarak, yang dapat mengurangi ukuran sensor Face ID dan Dynamic Island. Hal ini dapat memberikan ruang yang sedikit lebih luas pada bagian atas layar iPhone 17.

    4. Prosesor dan RAM

    Salah satu elemen kunci yang kemungkinan tidak akan berubah di kedua ponsel ini adalah prosesornya. iPhone 17 dikabarkan akan menggunakan chip A18, sama seperti iPhone 16.

    Dengan rencana Apple untuk memperluas rangkaian kemampuan AI Apple Intelligence-nya, ada kemungkinan jajaran iPhone 17 akan hadir dengan RAM 12GB, alih-alih 8GB seperti saat ini — atau setidaknya sebagian.

    Model iPhone 17 Air dan Pro akan menggunakan RAM 12GB, tetapi Apple masih mempertimbangkan apakah akan melengkapi model standar dengan RAM yang lebih besar. Pada bulan Mei, analis Jeff Pu mencatat bahwa standarnya akan tetap 8GB. Kita harus menunggu untuk melihat apa yang akhirnya diputuskan Apple.

    Berbicara tentang Apple Intelligence, fitur Adaptive Power baru bertenaga AI yang hadir bersama iOS 26 dapat membantu menghemat baterai dengan melakukan “penyesuaian kinerja kecil,” seperti “memungkinkan beberapa aktivitas berjalan sedikit lebih lama,” menurut Apple.

    iPhone terbaru diperkirakan akan hadir dengan sistem operasi yang sama, tetapi Anda juga dapat mengunduh iOS 26 di iPhone 16, serta beberapa iPhone lama, setelah tersedia untuk umum. Hal ini akan membantu memperpanjang masa pakai baterai di kedua perangkat.

    5. Pilihan Warna

    Interior mungkin yang paling penting, tetapi orang-orang juga ingin tahu warna-warna menarik apa yang mungkin akan diusung iPhone 17. Rumor menyebutkan perangkat mendatang ini kemungkinan hadir dalam warna hitam, biru, perak, ungu, dan hijau.

    Sebagai perbandingan, iPhone 16 tersedia dalam warna hitam, putih, merah muda, teal, dan ultramarine.

    Semua yang kita ketahui tentang iPhone 17 masih sebatas spekulasi, jadi kita lihat saja apa yang akan diluncurkan Apple musim gugur ini.

    6. Baterai & Pengisian Daya

    Rumor menunjukkan bahwa iPhone 17 dapat mendukung pengisian daya kabel 35W yang lebih cepat, dibandingkan dengan standar 25W pada iPhone 16. Dilengkapi dengan efisiensi chip yang lebih baik, pengguna dapat mengharapkan masa pakai baterai yang lebih lama dan pengisian daya yang lebih cepat — keduanya merupakan peningkatan yang sangat diminati oleh komunitas pengguna.

    7. Harga

    Meskipun iPhone 17 diperkirakan akan mempertahankan harga awal $799, banyak analis memperkirakan akan ada sedikit kenaikan menjadi $849 atau $899 karena kenaikan biaya komponen dan potensi ketegangan perdagangan AS-Tiongkok. Menunggu bisa berarti membayar lebih untuk ponsel yang lebih baik — tetapi juga mendapatkan nilai yang lebih tinggi.

  • Siap-Siap! Apple Bakal Rilis iPhone 17 pada 9 September 2025

    Siap-Siap! Apple Bakal Rilis iPhone 17 pada 9 September 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — Apple Inc. memastikan akan menggelar acara peluncuran produk terbarunya pada 9 September 2025. Salah satu lini terbaru yang digadang-gadang bakal diluncurkan ialah iPhone 17.

    Dalam acara tahunan tersebut, perusahaan teknologi asal Cupertino, California, ini diperkirakan bakal memperkenalkan lini iPhone 17, termasuk varian baru yang hadir dengan desain jauh lebih tipis dibandingkan model sebelumnya.

    Melansir laman Bloomberg pada Rabu (27/8/2025) peluncuran akan dimulai pukul 10.00 waktu setempat dan disiarkan secara daring. Apple menggunakan tagline “awe dropping” dalam undangan resmi yang disebarkan ke publik dan media.

    Fokus utama tetap pada smartphone terbaru, yang terdiri dari model standar, dua edisi Pro, serta varian tipis yang digadang-gadang menjadi desain iPhone paling ramping sepanjang sejarah. 

    Selain iPhone, Apple juga menyiapkan penyegaran produk Apple Watch dalam kesempatan tersebut. Berdasarkan laporan Bloomberg, iPhone 17 standar akan memiliki tampilan mirip iPhone 16, namun dengan layar lebih besar dan peningkatan pada kamera. 

    Sementara itu, iPhone 17 Pro dan Pro Max akan hadir dengan desain belakang baru dan modul kamera lebih besar, sehingga fitur fotografi semakin menjadi nilai jual utama. Adapun iPhone 17 versi tipis disebut-sebut sebagai inovasi desain terbaru Apple setelah bertahun-tahun. 

    Perangkat ini akan lebih ramping sekitar 2 milimeter dari model iPhone yang ada saat ini. Meski demikian, varian tipis ini diperkirakan memiliki kompromi, seperti daya tahan baterai yang lebih singkat dan hanya dibekali satu kamera belakang.

    Peluncuran iPhone 17 akan menjadi pembuka bagi rangkaian produk baru Apple pada tahun ini. Di antaranya, Vision Pro generasi baru dengan prosesor lebih cepat, iPad Pro dengan chip M5 serta kamera depan tambahan, HomePod mini, hingga perangkat Apple TV terbaru.

    Untuk tahun depan, Apple berencana menghadirkan MacBook Pro generasi baru, iPhone 17e sebagai varian entry-level, serta aksesori Mac termasuk monitor eksternal. Salah satu produk besar yang ditunggu adalah smart speaker dengan layar, yang dijadwalkan meluncur pada paruh pertama 2026.

    Lebih jauh lagi, pengumuman September ini akan mengawali pembaruan besar iPhone dalam tiga tahun ke depan. Pada 2026, Apple akan memperkenalkan iPhone lipat pertamanya, mengikuti jejak Samsung dan Google. 

    Lalu pada 2027, perusahaan menyiapkan iPhone dengan desain kaca melengkung untuk menandai 20 tahun perjalanan iPhone sebagai produk andalan Apple.