Perusahaan: Google

  • ​Rayakan 80 Tahun Kemerdekaan RI, Wujudkan Impian di Grand Draw ‘Ride Green Get Your Dream’

    ​Rayakan 80 Tahun Kemerdekaan RI, Wujudkan Impian di Grand Draw ‘Ride Green Get Your Dream’

    Jakarta: Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-80, Green SM memberikan tiga mobil listrik VinFast VF 3 dan berbagai hadiah menarik lainnya dalam puncak  program Ride Green Get Your Dream. Program ini mengajak masyarakat untuk mewujudkan  mimpi dengan melakukan langkah sederhana yang berkontribusi terhadap lingkungan.  

    Pelanggan memiliki kesempatan untuk memenangkan dua mobil listrik VinFast VF 3, sementara  mitra pengemudi juga akan memperebutkan satu VF 3 sebagai bentuk apresiasi. Menambah  kemeriahan perayaan, tersedia juga paket menginap di hotel JW Marriott Jakarta serta voucer  perjalanan Green SM senilai jutaan rupiah. 

    Seperti tahun-tahun sebelumnya perayaan kemerdekaan berlangsung meriah di pusat perkotaan  hingga pulau-pulau terpencil, dengan semarak bendera merah putih hingga kegiatan dan  perlombaan khas Hari Kemerdekaan. Sebagai bagian dari perayaan, Green SM  menyelenggarakan Grand Draw program Ride Green Get Your Dream yang akan disiarkan  secara livestream melalui kanal resmi Instagram dan TikTok Green SM, mengajak pelanggan  dan mitra pengemudi untuk ikut merasakan keseruan program ini. 

    “Kemerdekaan adalah kebebasan untuk memilih masa depan yang lebih baik,” kata Managing Director Green SM Indonesia, Deny Tjia dalam keteranganya dikutip Kamis, 28 Agustus 2025. 

    “Di hari bersejarah ini, kami ingin merayakan sejarah  bangsa yang membanggakan sekaligus melakukan langkah hijau bersama untuk lingkungan  yang lebih baik. Setiap perjalanan dengan Green SM adalah bagian dari perjalanan itu dan  membawa kita lebih dekat ke visi kami,” tambahnya.
     

    Bagi banyak peserta, program ini menawarkan lebih dari sekadar keseruan memenangkan  hadiah. “Saya hampir setiap hari menggunakan Green SM karena mobilnya bersih dan drivernya  sopan. Mengetahui bahwa pilihan saya juga membantu mengurangi polusi membuat saya bangga,” ungkap Rina Wijaya, warga Jakarta. “Meskipun tidak memenangkan VF 3, saya sudah  merasa senang bisa berkontribusi untuk sesuatu yang lebih baik bagi lingkungan di Indonesia,”  imbuhnya. 

    Sejak diluncurkan pada bulan Juni, program Ride Green Get Your Dream telah mendorong ribuan  orang memilih transportasi ramah lingkungan. Dalam undian sebelumnya, empat mobil VinFast  VF 3 telah dimenangkan oleh pelanggan dan satu oleh mitra pengemudi. Hal ini mencerminkan  semakin berkembangnya gerakan nasional menuju mobilitas berkelanjutan. Penelitian Indonesia  Sustainable Mobility Outlook 2025 oleh IESR menunjukkan bahwa adopsi transportasi massal  dan kendaraan listrik dapat menurunkan emisi sektor transportasi hingga 76 persen pada tahun  2060.

    Generasi muda berada di garis depan perubahan ini. Survei Deloitte Global 2025 menemukan  bahwa 89 persen Gen Z dan 84 persen Milenial di Indonesia sadar akan isu lingkungan dan  cenderung memilih mobilitas ramah lingkungan sebagai bagian dari keseharian. 

    Bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan ke-80 tahun Indonesia, Green SM mengajak  semua orang untuk ikut dalam perjalanan ini. Nikmati perjalanan bersama Green SM, jalani gaya  hidup lebih hijau, dan jadikan hari ini momentum untuk bergerak bersama menuju masa depan  yang lebih bersih dan membanggakan. 

    Jakarta: Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-80, Green SM memberikan tiga mobil listrik VinFast VF 3 dan berbagai hadiah menarik lainnya dalam puncak  program Ride Green Get Your Dream. Program ini mengajak masyarakat untuk mewujudkan  mimpi dengan melakukan langkah sederhana yang berkontribusi terhadap lingkungan.  
     
    Pelanggan memiliki kesempatan untuk memenangkan dua mobil listrik VinFast VF 3, sementara  mitra pengemudi juga akan memperebutkan satu VF 3 sebagai bentuk apresiasi. Menambah  kemeriahan perayaan, tersedia juga paket menginap di hotel JW Marriott Jakarta serta voucer  perjalanan Green SM senilai jutaan rupiah. 
     
    Seperti tahun-tahun sebelumnya perayaan kemerdekaan berlangsung meriah di pusat perkotaan  hingga pulau-pulau terpencil, dengan semarak bendera merah putih hingga kegiatan dan  perlombaan khas Hari Kemerdekaan. Sebagai bagian dari perayaan, Green SM  menyelenggarakan Grand Draw program Ride Green Get Your Dream yang akan disiarkan  secara livestream melalui kanal resmi Instagram dan TikTok Green SM, mengajak pelanggan  dan mitra pengemudi untuk ikut merasakan keseruan program ini. 

    “Kemerdekaan adalah kebebasan untuk memilih masa depan yang lebih baik,” kata Managing Director Green SM Indonesia, Deny Tjia dalam keteranganya dikutip Kamis, 28 Agustus 2025. 
     

    “Di hari bersejarah ini, kami ingin merayakan sejarah  bangsa yang membanggakan sekaligus melakukan langkah hijau bersama untuk lingkungan  yang lebih baik. Setiap perjalanan dengan Green SM adalah bagian dari perjalanan itu dan  membawa kita lebih dekat ke visi kami,” tambahnya.
     

     
    Bagi banyak peserta, program ini menawarkan lebih dari sekadar keseruan memenangkan  hadiah. “Saya hampir setiap hari menggunakan Green SM karena mobilnya bersih dan drivernya  sopan. Mengetahui bahwa pilihan saya juga membantu mengurangi polusi membuat saya bangga,” ungkap Rina Wijaya, warga Jakarta. “Meskipun tidak memenangkan VF 3, saya sudah  merasa senang bisa berkontribusi untuk sesuatu yang lebih baik bagi lingkungan di Indonesia,”  imbuhnya. 
     
    Sejak diluncurkan pada bulan Juni, program Ride Green Get Your Dream telah mendorong ribuan  orang memilih transportasi ramah lingkungan. Dalam undian sebelumnya, empat mobil VinFast  VF 3 telah dimenangkan oleh pelanggan dan satu oleh mitra pengemudi. Hal ini mencerminkan  semakin berkembangnya gerakan nasional menuju mobilitas berkelanjutan. Penelitian Indonesia  Sustainable Mobility Outlook 2025 oleh IESR menunjukkan bahwa adopsi transportasi massal  dan kendaraan listrik dapat menurunkan emisi sektor transportasi hingga 76 persen pada tahun  2060.
     
    Generasi muda berada di garis depan perubahan ini. Survei Deloitte Global 2025 menemukan  bahwa 89 persen Gen Z dan 84 persen Milenial di Indonesia sadar akan isu lingkungan dan  cenderung memilih mobilitas ramah lingkungan sebagai bagian dari keseharian. 
     
    Bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan ke-80 tahun Indonesia, Green SM mengajak  semua orang untuk ikut dalam perjalanan ini. Nikmati perjalanan bersama Green SM, jalani gaya  hidup lebih hijau, dan jadikan hari ini momentum untuk bergerak bersama menuju masa depan  yang lebih bersih dan membanggakan. 

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (RUL)

  • Dibajak Gaji Tinggi, Karyawan Malah Kompak Resign Baru Sebulan Kerja

    Dibajak Gaji Tinggi, Karyawan Malah Kompak Resign Baru Sebulan Kerja

    Jakarta, CNBC Indonesia – Taruhan besar Meta pada pengembangan “superintelligence” mulai goyah. Sejumlah karyawan kunci justru memilih hengkang meski perusahaan menawarkan gaji selangit demi memperkuat divisi barunya.

    Menurut laporan Business Insider, setidaknya delapan pegawai Meta keluar dalam dua bulan terakhir, termasuk peneliti, insinyur, hingga pimpinan senior produk. Mereka mundur tak lama setelah CEO Mark Zuckerberg mengumumkan pembentukan Meta Superintelligence Labs (MSL), divisi anyar yang dirancang menghadirkan “personal superintelligence” untuk semua orang.

    Para pegawai yang keluar sebagian besar merupakan veteran yang sebelumnya membangun infrastruktur inti AI Meta, diikuti beberapa rekrutan baru yang sempat digoda dengan tawaran kompensasi gaji bernilai ratusan juta dolar, serta merekrut talenta dari OpenAI dan Google DeepMind.

    “Beberapa orang keluar adalah hal yang normal bagi organisasi sebesar ini. Sebagian besar dari mereka sudah bekerja di perusahaan selama bertahun-tahun, dan kami mendoakan yang terbaik bagi mereka,” kata juru bicara Meta.

    Namun, kedatangan pegawai baru dengan gaji besar justru memicu ketegangan internal. Ancaman eksodus mulai bermunculan di tengah operasi AI Meta yang terus meluas, terutama mereka yang telah bergabung sebelum dorongan besar ke arah superintelligence.

    Salah satu veteran, Bert Maher, memutuskan hengkang setelah 12 tahun di Meta untuk bergabung dengan Anthropic. Ia sebelumnya ikut mengembangkan PyTorch, perangkat lunak open source yang populer untuk melatih AI, dan Triton, bahasa pemrograman untuk mengoptimalkan model AI.

    Tony Liu, yang delapan tahun bekerja di Meta memimpin tim PyTorch GPU, juga mundur. Melalui LinkedIn, Liu menyebut akan meluncurkan newsletter seputar pengembangan dan skala sistem AI.

    Chi-Hao Wu, spesialis AI dan machine learning, keluar setelah lima tahun untuk menjadi Chief AI Officer di startup Memories.ai. Ia menuturkan bahwa beberapa pekerja merasa kondisi kerja di Meta kerap tidak stabil karena seringnya reorganisasi.

    Beberapa eks pegawai Meta justru bergabung ke OpenAI, rival terkuat perusahaan dalam persaingan AI.

    Tak hanya veteran, sejumlah rekrutan anyar juga buru-buru angkat kaki dari perusahaan. Wired melaporkan dua peneliti, Avi Verma dan Ethan Knight, keluar kurang dari sebulan setelah bergabung dan kembali ke OpenAI.

    Sementara itu, Rishabh Agarwal yang baru bergabung dari Google DeepMind pada April lalu, memilih hengkang setelah lima bulan. Lewat posting di X, ia memuji kepadatan talenta dan komputasi di Meta, namun mengaku ingin mengambil risiko berbeda.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Dorong Belanja Pintar, FairPrice Perluas Penggunaan AI Google Cloud

    Dorong Belanja Pintar, FairPrice Perluas Penggunaan AI Google Cloud

    Bisnis.com, SINGAPURA – Peritel terbesar di Singapura FairPrice Group, hari ini Kamis (28/8/2025), mengumumkan perluasan kerja sama pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dengan Google Cloud untuk membantu belanja pelanggan lebih cerdas dan pemberdayaan karyawan.

    Kolaborasi yang merupakan bagian dari program Store of Tomorrow FairPrice Group, meliputi peluncuran serangkaian asisten AI agentis, yang dikembangkan menggunakan Agent Development Kit (ADK) Google Cloud dan standar terbuka seperti Model Context Protocol (MCP).

    Pembeli kini dapat menggunakan asisten tersebut di FairPrice Finest Punggol Digital District. Kemitraan itu juga mencakup pemberdayaan karyawan FPG, dengan dihadirkannya agen AI bagi para frontline workers dan knowledge workers untuk efisiensi dan inovasi yang lebih tinggi.

    “Tujuan FairPrice Group sederhana, yaitu membuat hidup para pelanggan kami lebih baik lagi setiap hari. Kolaborasi kami dengan Google Cloud dan peluncuran Store of Tomorrow menjadi bukti dari komitmen ini,” kata Vipul Chawla, Group Chief Executive Officer FairPrice Group.

    Kehadiran tools berteknologi AI baru ini, yang mencakup asisten belanja cerdas hingga asisten kesehatan yang dipersonalisasi, dirancang untuk membuat pengalaman pembeli lebih lancar dan mudah.

    Inovasi ini tidak hanya membuat para pembeli kagum, tetapi juga memberdayakan staf untuk bekerja lebih efisien, sehingga FairPrice dapat menepati janji untuk menyediakan kebutuhan sehari-hari yang terjangkau bagi semua orang.

    “Kami percaya bahwa teknologi harus bermanfaat bagi pelanggan, dan kami antusias memanfaatkannya untuk menghadirkan pengalaman berbelanja di toko lebih baik lagi yang kami bangun sebagai yang pertama di Asia Tenggara, dengan kemitraan dan teknologi Google Cloud sebagai powerful enabler,” kata Vipul Chawla.

    FairPrice telah mengintegrasikan asisten belanja multimodal dengan Smart Cart untuk semakin meningkatkan pengalaman belanja di toko. Fitur ini melengkapi fitur awal Smart Cart, seperti navigasi di dalam toko, pemindai barcode bawaan, dan kemampuan untuk menyoroti promosi produk-produk terdekat saat pelanggan berjalan menyusuri lorong toko.

    Di FairPrice Finest Punggol Digital District dan Sengkang Grand Mall, pembeli dapat berinteraksi langsung dengan asisten virtual melalui tablet yang terintegrasi pada troli, sehingga mereka memperoleh rekomendasi produk lebih lengkap dan dipersonalisasi.

    Pengalaman ini dimungkinkan oleh beberapa agen AI yang bekerja saling mendukung. Pertama, agen percakapan multi-turn yang dibangun menggunakan Chirp 2, speech recognition model tercanggih Google Cloud, dan Gemini API multimodal.

    Kedua, agen penelusuran inventaris dan katalog produk, yang dibangun menggunakan Vertex AI Search dan Gemini API, untuk mengambil dan meringkas informasi produk.

    Ketiga, agen pengetahuan yang dibangun menggunakan Gemini API, Mesin RAG Vertex AI, dan Grounding with Google Search API, untuk memproses informasi barcode dan menyarankan produk pelengkap berdasarkan resep makanan dan menu pasangannya yang diambil dari sumber tepercaya.

    Mark Micallef, Managing Director, Southeast Asia, Google Cloud, mengatakan bahwa perluasan kolaborasi dengan FairPrice Group merupakan momentum penting bagi penerapan AI agentic di sektor ritel.

    “Upaya bersama kami telah menghasilkan berbagai solusi yang merupakan yang pertama di Asia Tenggara, didukung oleh kombinasi platform terbuka Google Cloud, Google-quality search, serta model penalaran dan media generatif canggih Google yang cukup unik,” ujarnya.

    Ia memandang transformasi AI FairPrice Group sebagai blueprint yang terbukti untuk mewujudkan masa depan ritel.

  • Pakai Chat AI Buat Kerja-Curhat, Hati-Hati Obrolan Muncul di Google

    Pakai Chat AI Buat Kerja-Curhat, Hati-Hati Obrolan Muncul di Google

    Jakarta, CNBC Indonesia – Bagi Anda yang pernah ‘ngobrol’ dengan chatbot AI Grok sebaiknya hati-hati. Sebab, lebih dari 370 ribu percakapan antara Grok dan penggunanya ternyata terindeks dan bisa diakses publik melalui Google Search. Temuan ini pertama kali diungkap oleh Forbes.

    Kondisi ini terjadi karena fitur “share” (berbagi) di Grok otomatis membuat URL unik setiap kali pengguna membagikan percakapan. Namun, URL tersebut ternyata juga bisa diindeks oleh mesin pencari seperti Google, Bing, hingga DuckDuckGo, tanpa adanya peringatan atau notifikasi kepada pengguna.

    “Penerbit halaman ini memiliki kendali penuh apakah mereka ingin kontennya diindeks,” kata juru bicara Google Ned Adriance dalam sebuah pernyataan, dikutip dari laporan Forbes, Rabu (27/8/2025).

    Saat ini, pencarian di Google terhadap obrolan Grok menunjukkan bahwa mesin pencari itu telah mengindeks lebih dari 370.000 percakapan pengguna dengan bot milik Elon Musk itu.

    Forbes meninjau sejumlah percakapan pengguna dengan pertanyaan yang mencakup berbagai topik, mulai soal medis, psikologi, dan urusan bisnis sederhana. Ada pula data pribadi, dokumen, serta kata sandi yang ikut terbuka di hasil pencarian.

    Berkas gambar, spreadsheet, dan dokumen teks yang diunggah pengguna juga dapat diakses melalui halaman berbagi Grok.

    Beberapa bahkan bersifat eksplisit, penuh kebencian, dan melanggar aturan xAI. Dalam percakapan yang dibagikan dan dapat dengan mudah ditemukan lewat Google, Grok memberikan instruksi membuat narkoba ilegal seperti fentanyl dan metamfetamin, menulis kode malware yang dapat mengeksekusi sendiri, hingga merakit bom.

    Beberapa pengguna, termasuk peneliti AI dan jurnalis, mengaku terkejut mengetahui percakapan pribadi mereka bisa muncul di Google. Nathan Lambert, ilmuwan di Allen Institute for AI, menyebut dirinya tidak mendapat peringatan apapun soal risiko tersebut.

    xAI, perusahaan AI milik Elon Musk yang mengembangkan Grok, belum memberikan komentar terkait masalah ini.

    Sebelumnya, kasus serupa juga pernah dialami OpenAI. Percakapan ChatGPT sempat muncul di Google Search sebelum akhirnya fitur berbagi mereka ditutup karena dianggap berisiko bagi privasi pengguna.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Program Kemerdekaan Bersama GAC Indonesia via Driveperience Tangerang

    Program Kemerdekaan Bersama GAC Indonesia via Driveperience Tangerang

    Jakarta: Dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-80, GAC Indonesia menghadirkan program spesial bertajuk Driveperience with Spirit of Independence Day.

    Melalui tema kebersamaan dan semangat kemerdekaan, GAC Indonesia mengajak masyarakat untuk merasakan langsung pengalaman berkendara mobil listrik terbaru melalui program GAC Independence Drive.

    Acara DRIVEPERIENCE kali ini akan berlangsung selama 3 hari berturut-turut, tepatnya pada 22–24 Agustus 2025 di Neighbourhood Café, Ruko ICE Business Park, BSD, Tangerang. Masyarakat dapat datang, mencoba langsung, hingga melakukan pemesanan kendaraan (SPK) di tempat dengan berbagai penawaran istimewa.

    Untuk memeriahkan acara ini, GAC Indonesia menyiapkan rangkaian promo menarik yang dibagi dalam tiga kategori utama:

    Golden Luxury Deal – Raih Golden Deal hingga 17 gram emas khusus pembelian Hyptec HT, mobil listrik mewah dengan sentuhan premium.

    Adventure Gold Deal – Dapatkan emas hingga 8 gram untuk setiap pembelian AION V, SUV listrik tangguh untuk berpetualang.

    Family Freedom Deal – Nikmati diskon hingga Rp45 juta untuk setiap pembelian AION Y Plus, mobil listrik keluarga modern yang fungsional untuk kebutuhan sehari-hari.

    Melalui program ini, GAC Indonesia tidak hanya menghadirkan kendaraan listrik berkualitas, tetapi juga memberikan pengalaman menyeluruh bagi konsumen. Setiap pengunjung berkesempatan untuk melihat lebih dekat, merasakan langsung performa kendaraan listrik GAC, sekaligus mendapatkan penawaran eksklusif selama periode acara.

    “Semangat kemerdekaan selalu identik dengan kebebasan, termasuk kebebasan dalam memilih gaya hidup yang lebih modern, efisien, dan ramah lingkungan. DRIVEPERIENCE ini menjadi wujud komitmen GAC Indonesia untuk menghadirkan solusi mobilitas terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ujar Andry Ciu, CEO GAC Indonesia.

    Dengan semangat “Driveperience with Spirit of Independence Day”, GAC Indonesia berharap masyarakat dapat merasakan langsung kemudahan memiliki mobil listrik dengan penawaran terbaik sepanjang bulan kemerdekaan ini.

    Seluruh lineup AION dan Hyptec dipamerkan hingga bisa ditest drive di lokasi. Diantaranya ada AION Y Plus, AION V, AION UT dan Hyptec HT. AION Y Plus hadir sebagai pilihan mobil listrik keluarga pintar dan dapat melaju hingga 490 kilometer.

    Sementara AION V, hadir sebagai mobil listrik yang dapat diajak berpetualang. Selain memiliki jarak tempuh hingga 600 kilometer, fitur kulkas pintar dengan tiga mode (mendinginkan, membekukan dan memanaskan) pengaturan sudah tertanam di dalam mobil ini.

    AION UT, hatchback listrik yang baru saja dikenalkan di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 dengan kualitas premium. Memiliki jarak tempuh hingga 500 kilometer, mobil kecil ini dapat menunjang kegiatan sehari-hari bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi di perkotaan. Adapula Hyptec HT sebagai mobil mewah dengan desain khas jet pribadi dan cocok bagi para eksekutif muda. SUV ini mampu melaju hingga 620 kilometer.

    Jakarta: Dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-80, GAC Indonesia menghadirkan program spesial bertajuk Driveperience with Spirit of Independence Day.
     
    Melalui tema kebersamaan dan semangat kemerdekaan, GAC Indonesia mengajak masyarakat untuk merasakan langsung pengalaman berkendara mobil listrik terbaru melalui program GAC Independence Drive.
     
    Acara DRIVEPERIENCE kali ini akan berlangsung selama 3 hari berturut-turut, tepatnya pada 22–24 Agustus 2025 di Neighbourhood Café, Ruko ICE Business Park, BSD, Tangerang. Masyarakat dapat datang, mencoba langsung, hingga melakukan pemesanan kendaraan (SPK) di tempat dengan berbagai penawaran istimewa.

    Untuk memeriahkan acara ini, GAC Indonesia menyiapkan rangkaian promo menarik yang dibagi dalam tiga kategori utama:
     
    Golden Luxury Deal – Raih Golden Deal hingga 17 gram emas khusus pembelian Hyptec HT, mobil listrik mewah dengan sentuhan premium.
     
    Adventure Gold Deal – Dapatkan emas hingga 8 gram untuk setiap pembelian AION V, SUV listrik tangguh untuk berpetualang.
     
    Family Freedom Deal – Nikmati diskon hingga Rp45 juta untuk setiap pembelian AION Y Plus, mobil listrik keluarga modern yang fungsional untuk kebutuhan sehari-hari.
     
    Melalui program ini, GAC Indonesia tidak hanya menghadirkan kendaraan listrik berkualitas, tetapi juga memberikan pengalaman menyeluruh bagi konsumen. Setiap pengunjung berkesempatan untuk melihat lebih dekat, merasakan langsung performa kendaraan listrik GAC, sekaligus mendapatkan penawaran eksklusif selama periode acara.
     
    “Semangat kemerdekaan selalu identik dengan kebebasan, termasuk kebebasan dalam memilih gaya hidup yang lebih modern, efisien, dan ramah lingkungan. DRIVEPERIENCE ini menjadi wujud komitmen GAC Indonesia untuk menghadirkan solusi mobilitas terbaik bagi masyarakat Indonesia,” ujar Andry Ciu, CEO GAC Indonesia.
     
    Dengan semangat “Driveperience with Spirit of Independence Day”, GAC Indonesia berharap masyarakat dapat merasakan langsung kemudahan memiliki mobil listrik dengan penawaran terbaik sepanjang bulan kemerdekaan ini.
     
    Seluruh lineup AION dan Hyptec dipamerkan hingga bisa ditest drive di lokasi. Diantaranya ada AION Y Plus, AION V, AION UT dan Hyptec HT. AION Y Plus hadir sebagai pilihan mobil listrik keluarga pintar dan dapat melaju hingga 490 kilometer.
     
    Sementara AION V, hadir sebagai mobil listrik yang dapat diajak berpetualang. Selain memiliki jarak tempuh hingga 600 kilometer, fitur kulkas pintar dengan tiga mode (mendinginkan, membekukan dan memanaskan) pengaturan sudah tertanam di dalam mobil ini.
     
    AION UT, hatchback listrik yang baru saja dikenalkan di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 dengan kualitas premium. Memiliki jarak tempuh hingga 500 kilometer, mobil kecil ini dapat menunjang kegiatan sehari-hari bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi di perkotaan. Adapula Hyptec HT sebagai mobil mewah dengan desain khas jet pribadi dan cocok bagi para eksekutif muda. SUV ini mampu melaju hingga 620 kilometer.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (MMI)

  • Google Cloud: ROI yang menjanjikan jadi alasan utama adopsi AI

    Google Cloud: ROI yang menjanjikan jadi alasan utama adopsi AI

    Singapura (ANTARA) – Google Cloud menilai saat ini industri semakin cepat mengadopsi kecerdasan buatan (AI) baik bagi sektor konsumer maupun korporasi besar didorong tren pengembalian investasi (return on investment/ROI) yang menjadi magnet utama.

    Chief Operating Officer (COO) Google Cloud Francis DeSouza melihat tren adopsi AI kian masif, dengan fenomena perusahaan atau organisasi besar yang biasanya lambat mengadaptasi teknologi baru, kini bergerak lebih cepat, seperti halnya perusahaan khusus digital.

    “Itu menunjukkan besarnya peningkatan pengembalian investasi yang dilihat organisasi dengan AI,” katanya dalam media roundtable di Singapura, Rabu.

    ROI yang menjadi magnet itu tercermin dari data yang dipaparkan DeSouza. Pelanggan mendapatkan rata-rata pengembalian investasi sebesar 727 persen di Google Cloud AI dalam tiga tahun, katanya, mengklaim.

    Bisnis yang menggunakan Google Cloud AI, menurut dia, juga memperoleh rata-rata 205 ribu dolar AS dalam hal produktivitas dan nilai output per 1.000 karyawan.

    Bahkan, DeSouza menuturkan berdasarkan pengalaman panjangnya di dunia IT selama ini di mana dia pernah berkarir di Microsoft hingga mendirikan SynthLab , tren AI saat ini menjadi teknologi yang paling cepat berpindah dari tahap uji coba (pilot) ke produksi.

    Karena itu, ia mengaku yakin AI akan menyentuh setiap bagian dari sebuah perusahaan.

    “Jadi kami yakin bahwa saat ini kami berada di awal pada pasar konsumen yang akan merambah ke pasar (sektor) perusahaan, dan kami yakin bahwa itu akan terlihat lagi dalam hasil yang diperoleh perusahaan,” ujar dia.

    Di Google, ujar DeSouza, AI juga dimanfaatkan para pengembang (developer) untuk menulis kode yang hingga saat ini lebih dari 30 persen kode produksi Google ditulis dengan bantuan AI. Pengadopsian AI itu menghasilkan manfaat yang besar

    Studi yang dilakukan Google Cloud dengan sebuah firma, dikutip DeSouza, menunjukkan dalam periode tiga tahun, perusahaan pelanggan dapat mendapatkan ROI dan produktivitas signifikan dengan mengadopsi AI.

    “Ini terjadi karena investasi yang telah kami lakukan selama lebih dari satu dekade terakhir. Jadi, kami adalah hyperscaler cloud,” ujar dia.

    Google Cloud menjadi hyperscaler cloud dan mengembangkan chip sendiri. Pada 2025, menurut DeSouza, Google Cloud akan merilis generasi terbaru Tensor Processing Unit (TPU) atau sirkuit terintegrasi khusus aplikasi yang 10 kali lebih cepat.

    Sementara itu, Managing DIrector Southeast Asia Google Cloud Mark Micallef mengatakan pemerintah, perusahaan dan perusahaan rintisan telah beralih ke Google Cloud AI untuk meningkatkan produktivitas, mempercepat inovasi, dan meningkatkan perekonomian mereka dalam rantai nilai.

    Saat ini, menurutnya lagi, kawasan Asia Tenggara sedang berada di pergeseran fundamental, di mana AI menjadi teknologi paling signifikan yang diutilisasi untuk mendorong fase pertumbuhan di kawasan dengan proyeksi nilai perekonomian di kawasan dapat mencapai 270 miliar dolar AS.

    Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar Google Cloud di Asia Tenggara. Tujuh bank terbesar di Indonesia, tiga perusahaan telekomunikasi, sejumlah perusahaan ritel, dan perusahaan rintisan bervaluasi 1 miliar dolar AS (unicorn) di telah menggunakan layanan di Google Cloud.

    Pewarta: Indra Arief Pribadi
    Editor: Virna P Setyorini
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • ​GAC Indonesia Hadirkan Inovasi Kendaraan Listrik via AION dan Hyptec

    ​GAC Indonesia Hadirkan Inovasi Kendaraan Listrik via AION dan Hyptec

    Jakarta: Didirikan pada tahun 1997 dan berkantor pusat di Guangzhou, China, Guangzhou Automobile Group Co., Ltd. (GAC Group) telah berkembang menjadi salah satu produsen otomotif terkemuka di dunia.

    Dengan portofolio mencakup kendaraan konvensional, hybrid dan listrik. GAC kini dikenal sebagai salah satu produsen kendaraan listrik terbesar di dunia, berkat inovasi pada teknologi baterai, sistem pengisian cepat, dan solusi mobilitas pintar.

    AION merupakan anak perusahaan GAC Group yang berdiri sejak 2017, khusus memproduksi kendaraan listrik murni. Sejumlah model populer sudah dihadirkan di Cina hingga pasar global.

    Melalui AION, GAC juga memperkenalkan supercar Hyper SSR (Super, Sport and Race) pada 2022, yang menandai percepatan inovasi sekaligus memperkenalkan logo baru “Arrow” untuk Hyper sebagai simbol akselerasi kendaraan listrik pintar.

    Agar mengenal lebih dekat, nama AION sendiri merupakan gabungan dari “AI” (Artificial Intelligence) – ON the Road”, yang mencerminkan kecerdasan buatan untuk pengalaman berkendara lebih mudah, aman, dan emosional. Teknologi cerdas ini menjadi identitas kendaraan listrik GAC AION di seluruh dunia.

    Sementara itu, nama Hyptec lahir dari transformasi “Hyper” pada 2024 sebagai brand mobil listrik premium khusus pasar setir kanan. Dengan desain mewah, teknologi mutakhir, serta performa tinggi, Hyptec hadir untuk konsumen yang mengutamakan kenyamanan dan eksklusivitas.

    Di Indonesia, seluruh produk AION dan Hyptec dipasarkan melalui GAC Indonesia yang berkolaborasi dengan Indomobil Group sebagai mitra strategis. Melalui kerjasama ini, menegaskan komitmen GAC untuk menghadirkan mobil listrik berkualitas global yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, sekaligus memperkuat posisi sebagai pemain penting dalam akselerasi ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

    Dalam menunjukkan keseriusannya untuk mendukung percepatan kendaraan listrik AION dan Hyptec di Indonesia, GAC bersama Indomobil Group melakukan perakitan unit-unitnya di pabrik Cikampek dibawah naungan PT National Assemblers.

    GAC di Indonesia saat ini memasarkan lineup AION diantaranya, AION Y Plus Exclusive, AION Y Plus Premium, AION V Exclusive, AION V Luxury, AION UT Standard, AION UT Premium dan Hyptec HT Premium.

    Jakarta: Didirikan pada tahun 1997 dan berkantor pusat di Guangzhou, China, Guangzhou Automobile Group Co., Ltd. (GAC Group) telah berkembang menjadi salah satu produsen otomotif terkemuka di dunia.
     
    Dengan portofolio mencakup kendaraan konvensional, hybrid dan listrik. GAC kini dikenal sebagai salah satu produsen kendaraan listrik terbesar di dunia, berkat inovasi pada teknologi baterai, sistem pengisian cepat, dan solusi mobilitas pintar.
     
    AION merupakan anak perusahaan GAC Group yang berdiri sejak 2017, khusus memproduksi kendaraan listrik murni. Sejumlah model populer sudah dihadirkan di Cina hingga pasar global.

    Melalui AION, GAC juga memperkenalkan supercar Hyper SSR (Super, Sport and Race) pada 2022, yang menandai percepatan inovasi sekaligus memperkenalkan logo baru “Arrow” untuk Hyper sebagai simbol akselerasi kendaraan listrik pintar.
     
    Agar mengenal lebih dekat, nama AION sendiri merupakan gabungan dari “AI” (Artificial Intelligence) – ON the Road”, yang mencerminkan kecerdasan buatan untuk pengalaman berkendara lebih mudah, aman, dan emosional. Teknologi cerdas ini menjadi identitas kendaraan listrik GAC AION di seluruh dunia.
     
    Sementara itu, nama Hyptec lahir dari transformasi “Hyper” pada 2024 sebagai brand mobil listrik premium khusus pasar setir kanan. Dengan desain mewah, teknologi mutakhir, serta performa tinggi, Hyptec hadir untuk konsumen yang mengutamakan kenyamanan dan eksklusivitas.
     
    Di Indonesia, seluruh produk AION dan Hyptec dipasarkan melalui GAC Indonesia yang berkolaborasi dengan Indomobil Group sebagai mitra strategis. Melalui kerjasama ini, menegaskan komitmen GAC untuk menghadirkan mobil listrik berkualitas global yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, sekaligus memperkuat posisi sebagai pemain penting dalam akselerasi ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.
     
    Dalam menunjukkan keseriusannya untuk mendukung percepatan kendaraan listrik AION dan Hyptec di Indonesia, GAC bersama Indomobil Group melakukan perakitan unit-unitnya di pabrik Cikampek dibawah naungan PT National Assemblers.
     
    GAC di Indonesia saat ini memasarkan lineup AION diantaranya, AION Y Plus Exclusive, AION Y Plus Premium, AION V Exclusive, AION V Luxury, AION UT Standard, AION UT Premium dan Hyptec HT Premium.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (MMI)

  • Ikut Kompetisi Merdeka Dari Buncit, Para Peserta Langsing Masal

    Ikut Kompetisi Merdeka Dari Buncit, Para Peserta Langsing Masal

    Jakarta: Bulan Agustus selalu identik dengan perlombaan dan kompetisi, untuk melambangkan perjuangan dalam meraih sesuatu. Pun demikian bagi orang dengan obesitas/overweight, tantangan yang mereka hadapi adalah berjuang untuk menurunkan berat badan.

    Seperti halnya Dyah Catur Wulansari, yang ingin bebas dari perut buncit dan memiliki tubuh yang ideal untuk menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri dan tersadar bahwa untuk mencapai kualitas hidup yang lebih sehat, turun berat badan adalah hal yang harus ia raih.
     
    Dyah kemudian mengikuti Kompetisi Merdeka Dari Buncit yang diselenggarakan oleh LIGHTmeal LW12 (LIGHTweight 12) dengan produk andalannya yaitu LW12 Litofybe, kompetisi ini telah dimulai sejak bulan Juli 2025. Dengan kegigihan, disiplin dan ketekunannya, ia berhasil menurunkan berat badan lebih dari 10kg dalam waktu 30 hari.  
     
    Kompetisi “Merdeka dari Buncit” telah diselenggarakan selama 2 tahun berturut-turut dan menarik peminat hingga ribuan peserta. Pada kompetisi ini, para peserta akan melakukan program diet melalui aplikasi LIGHTcoach selama 30 hari disertai dengan konsumsi minuman serat LW12 Litofybe produk dari LIGHTmeal LW12, yang membantu kebutuhan serat harian, memperlancar pencernaan dan menghindari konstipasi.

    Dengan melakukan kompetisi, peserta menjadi lebih termotivasi untuk menurunkan berat badan dan meraih hadiah sebagai pemenang tahun ini. 
     
    “Kompetisi ini sudah kami selenggarakan per tahun dan memang peminatnya sangat banyak. Selain karena ingin memenangkan hadiah, para peserta juga ingin melakukan program diet secara bersama-sama dan saling berkompetisi atas pencapaian mereka dalam menurunkan berat badan, ternyata diet jika dilakukan secara bersama membawa hasil yang sangat positif.”

    “Program ini dilengkapi dengan pendampingan Ahli Gizi serta beberapa aktivitas lainnya yang dapat diikuti peserta seperti olahraga Yoga dan fun workshop bersama Ahli Gizi dari LIGHThouse Clinic. Kami sangat mengapresiasi atas semangat para peserta dimana perubahan ini merupakan perjalanan hidup positif mereka dalam mencapai versi terbaik mereka.”, ujar Anna Yesito Wibowo, Chief Marketing Officer LIGHT Group pioneer weight control centre yang telah berusia 21 tahun – perusahaan induk dari produk LIGHTmeal LW12.
     
    LIGHTmeal LW12 merupakan produk makanan rendah kalori dan rendah gula yang diproduksi khusus untuk mendukung program diet bagi masyarakat luas, termasuk pasien klinik LIGHThouse dan user dari aplikasi diet LIGHTcoach, agar asupan yang dikonsumsi tetap terjaga jumlah kalorinya.

    Produk LIGHTmeal LW12 terdiri dari Super Food yaitu makanan diet cepat saji seperti Chia Oat, Zero Mie, Chia Choco Pudding, Multigrain, serta Super Drinks yang terdiri dari minuman serat Litofybe dan minuman herbal Vinarmin yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, Suplemen Diet Litoprena, hingga Diet Tools yang bisa didapatkan melalui seluruh cabang klinik LIGHThouse dan marketplace terkemuka di Indonesia.
     
    Salah satu daya tarik kompetisi Merdeka dari Buncit adalah semangat kebersamaan yang dibangun. Di dalam grup daring, peserta saling berbagi progres, resep, foto bekal sehat, bahkan video “before-after” yang memotivasi.

    “Kalau diet sendiri rasanya bosan, di sini ada teman berbagi, pencapaian sekecil apapun, diapresiasi, jadi lebih semangat dan tidak merasa sendirian.”, cerita Dyah yang telah berhasil menurunkan lebih dari 10kg setelah mengikuti program ini. Setelah kompetisi selesai, para peserta dapat bergabung dengan komunitas LIGHTbuddy, komunitas milik LIGHT Group dengan lebih dari 1.000 member dan telah menjadi pusat diskusi, penyemangat serta akses kepada acara-acara dan layanan dari LIGHT Group secara eksklusif.      
     
    21 Agustus 2025 lalu merupakan hari yang dinanti-nanti oleh para peserta Merdeka dari Buncit. Dengan beberapa matrik penilaian, akhirnya Dyah, Desinta dan Fajar ditetapkan sebagai pemenang tiga besar Kompetisi Merdeka dari Buncit 2025.

    Para pemenang akan menerima hadiah senilai total 18juta rupiah. Para peserta bangga bisa keluar sebagai pemenang kompetisi, namun lebih bangga lagi kepada pencapaian diri yaitu mampu menurunkan berat badan menuju Body Mass Index ideal. Hadiah adalah bonus, pencapaian sebenarnya adalah badan yang lebih sehat dan terciptanya gaya hidup yang juga sehat. 

    Jakarta: Bulan Agustus selalu identik dengan perlombaan dan kompetisi, untuk melambangkan perjuangan dalam meraih sesuatu. Pun demikian bagi orang dengan obesitas/overweight, tantangan yang mereka hadapi adalah berjuang untuk menurunkan berat badan.
     
    Seperti halnya Dyah Catur Wulansari, yang ingin bebas dari perut buncit dan memiliki tubuh yang ideal untuk menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri dan tersadar bahwa untuk mencapai kualitas hidup yang lebih sehat, turun berat badan adalah hal yang harus ia raih.
     
    Dyah kemudian mengikuti Kompetisi Merdeka Dari Buncit yang diselenggarakan oleh LIGHTmeal LW12 (LIGHTweight 12) dengan produk andalannya yaitu LW12 Litofybe, kompetisi ini telah dimulai sejak bulan Juli 2025. Dengan kegigihan, disiplin dan ketekunannya, ia berhasil menurunkan berat badan lebih dari 10kg dalam waktu 30 hari.  
     
    Kompetisi “Merdeka dari Buncit” telah diselenggarakan selama 2 tahun berturut-turut dan menarik peminat hingga ribuan peserta. Pada kompetisi ini, para peserta akan melakukan program diet melalui aplikasi LIGHTcoach selama 30 hari disertai dengan konsumsi minuman serat LW12 Litofybe produk dari LIGHTmeal LW12, yang membantu kebutuhan serat harian, memperlancar pencernaan dan menghindari konstipasi.
     
    Dengan melakukan kompetisi, peserta menjadi lebih termotivasi untuk menurunkan berat badan dan meraih hadiah sebagai pemenang tahun ini. 
     
    “Kompetisi ini sudah kami selenggarakan per tahun dan memang peminatnya sangat banyak. Selain karena ingin memenangkan hadiah, para peserta juga ingin melakukan program diet secara bersama-sama dan saling berkompetisi atas pencapaian mereka dalam menurunkan berat badan, ternyata diet jika dilakukan secara bersama membawa hasil yang sangat positif.”

    “Program ini dilengkapi dengan pendampingan Ahli Gizi serta beberapa aktivitas lainnya yang dapat diikuti peserta seperti olahraga Yoga dan fun workshop bersama Ahli Gizi dari LIGHThouse Clinic. Kami sangat mengapresiasi atas semangat para peserta dimana perubahan ini merupakan perjalanan hidup positif mereka dalam mencapai versi terbaik mereka.”, ujar Anna Yesito Wibowo, Chief Marketing Officer LIGHT Group pioneer weight control centre yang telah berusia 21 tahun – perusahaan induk dari produk LIGHTmeal LW12.
     
    LIGHTmeal LW12 merupakan produk makanan rendah kalori dan rendah gula yang diproduksi khusus untuk mendukung program diet bagi masyarakat luas, termasuk pasien klinik LIGHThouse dan user dari aplikasi diet LIGHTcoach, agar asupan yang dikonsumsi tetap terjaga jumlah kalorinya.
     
    Produk LIGHTmeal LW12 terdiri dari Super Food yaitu makanan diet cepat saji seperti Chia Oat, Zero Mie, Chia Choco Pudding, Multigrain, serta Super Drinks yang terdiri dari minuman serat Litofybe dan minuman herbal Vinarmin yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, Suplemen Diet Litoprena, hingga Diet Tools yang bisa didapatkan melalui seluruh cabang klinik LIGHThouse dan marketplace terkemuka di Indonesia.
     
    Salah satu daya tarik kompetisi Merdeka dari Buncit adalah semangat kebersamaan yang dibangun. Di dalam grup daring, peserta saling berbagi progres, resep, foto bekal sehat, bahkan video “before-after” yang memotivasi.
     
    “Kalau diet sendiri rasanya bosan, di sini ada teman berbagi, pencapaian sekecil apapun, diapresiasi, jadi lebih semangat dan tidak merasa sendirian.”, cerita Dyah yang telah berhasil menurunkan lebih dari 10kg setelah mengikuti program ini. Setelah kompetisi selesai, para peserta dapat bergabung dengan komunitas LIGHTbuddy, komunitas milik LIGHT Group dengan lebih dari 1.000 member dan telah menjadi pusat diskusi, penyemangat serta akses kepada acara-acara dan layanan dari LIGHT Group secara eksklusif.      
     
    21 Agustus 2025 lalu merupakan hari yang dinanti-nanti oleh para peserta Merdeka dari Buncit. Dengan beberapa matrik penilaian, akhirnya Dyah, Desinta dan Fajar ditetapkan sebagai pemenang tiga besar Kompetisi Merdeka dari Buncit 2025.
     
    Para pemenang akan menerima hadiah senilai total 18juta rupiah. Para peserta bangga bisa keluar sebagai pemenang kompetisi, namun lebih bangga lagi kepada pencapaian diri yaitu mampu menurunkan berat badan menuju Body Mass Index ideal. Hadiah adalah bonus, pencapaian sebenarnya adalah badan yang lebih sehat dan terciptanya gaya hidup yang juga sehat. 
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (MMI)

  • ​KPK Cari 3 Mobil Mewah yang Raib dari Rumah Noel Ebenezer, Salah Satunya Land Cruiser

    ​KPK Cari 3 Mobil Mewah yang Raib dari Rumah Noel Ebenezer, Salah Satunya Land Cruiser

    Jakarta: Sebanyak tiga unit mobil dilaporkan hilang dari rumah dinas mantan Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Immanuel Ebenezer, atau yang lebih akrab disapa Noel.

    Dugaan kuat menyebutkan bahwa kendaraan-kendaraan tersebut berkaitan dengan penyidikan kasus pemerasan dalam proses pengurusan sertifikat keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

    Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Budi Prasetyo, mengungkapkan bahwa pencarian terhadap kendaraan tersebut masih terus dilakukan oleh tim penyidik. 

    Adapun ketiga mobil yang tengah diburu itu adalah Toyota Land Cruiser, Mercedes-Benz, dan mobil asal Tiongkok, BAIC.

    “Untuk pencarian tiga kendaraan roda empat yang kemarin kami sampaikan, hingga saat ini masih terus dilakukan pencarian oleh penyidik,” kata Budi di gedung KPK. 
     

     

    Pelaku yang memindahkan mobil belum terungkap

    Budi menjelaskan, identitas pelaku yang memindahkan atau menyembunyikan mobil-mobil itu masih belum terungkap.

    “Terkait dengan siapa yang memindahkan dipindahkan ke mana, itu juga masih terus dilakukan pencarian oleh penyidik,” ucap Budi.
     
    KPK tetapkan 11 orang tersangka

    Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan 11 orang sebagai tersangka. Selain Noel, nama-nama lain yang terlibat antara lain Irvian Bobby Mahendro (Koordinator Bidang Kelembagaan dan Personil K3), Gerry Aditya Herwanto Putra (Koordinator Bidang Pengujian dan Evaluasi Kompetensi Keselamatan Kerja), Subhan (Sub Koordinator Keselamatan Kerja Ditjen Bina K3), dan Anita Kusumawati (Sub Koordinator Kemitraan dan Personel Kesehatan Kerja).

    Tersangka lainnya termasuk pejabat di Ditjen Binwasnaker dan K3, Fahrurozi, Direktur Bina Kelembagaan Hery Sutanto, Subkoordinator Sekarsari Kartika Putri, Koordinator Supriadi, serta dua pihak swasta dari PT KEM Indonesia, yaitu Temurila dan Miki Mahfud.

    Dari keterangan yang diperoleh, Irvian disebut sebagai pihak yang paling banyak menerima dana hasil pemerasan. Bahkan, Noel menyebut Irvian sebagai “sultan” dalam percakapan internal mereka.

    Hingga kini, KPK telah menyita total 24 kendaraan terkait dengan operasi tangkap tangan (OTT) dalam kasus ini. Barang bukti lainnya yang disita dari Noel mencakup uang tunai senilai Rp3 miliar dan motor Ducati.

    Jakarta: Sebanyak tiga unit mobil dilaporkan hilang dari rumah dinas mantan Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Immanuel Ebenezer, atau yang lebih akrab disapa Noel.
     
    Dugaan kuat menyebutkan bahwa kendaraan-kendaraan tersebut berkaitan dengan penyidikan kasus pemerasan dalam proses pengurusan sertifikat keselamatan dan kesehatan kerja (K3).
     
    Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Budi Prasetyo, mengungkapkan bahwa pencarian terhadap kendaraan tersebut masih terus dilakukan oleh tim penyidik. 

    Adapun ketiga mobil yang tengah diburu itu adalah Toyota Land Cruiser, Mercedes-Benz, dan mobil asal Tiongkok, BAIC.
     
    “Untuk pencarian tiga kendaraan roda empat yang kemarin kami sampaikan, hingga saat ini masih terus dilakukan pencarian oleh penyidik,” kata Budi di gedung KPK. 
     

     

    Pelaku yang memindahkan mobil belum terungkap

    Budi menjelaskan, identitas pelaku yang memindahkan atau menyembunyikan mobil-mobil itu masih belum terungkap.
     
    “Terkait dengan siapa yang memindahkan dipindahkan ke mana, itu juga masih terus dilakukan pencarian oleh penyidik,” ucap Budi.
     

    KPK tetapkan 11 orang tersangka

    Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan 11 orang sebagai tersangka. Selain Noel, nama-nama lain yang terlibat antara lain Irvian Bobby Mahendro (Koordinator Bidang Kelembagaan dan Personil K3), Gerry Aditya Herwanto Putra (Koordinator Bidang Pengujian dan Evaluasi Kompetensi Keselamatan Kerja), Subhan (Sub Koordinator Keselamatan Kerja Ditjen Bina K3), dan Anita Kusumawati (Sub Koordinator Kemitraan dan Personel Kesehatan Kerja).
     
    Tersangka lainnya termasuk pejabat di Ditjen Binwasnaker dan K3, Fahrurozi, Direktur Bina Kelembagaan Hery Sutanto, Subkoordinator Sekarsari Kartika Putri, Koordinator Supriadi, serta dua pihak swasta dari PT KEM Indonesia, yaitu Temurila dan Miki Mahfud.
     
    Dari keterangan yang diperoleh, Irvian disebut sebagai pihak yang paling banyak menerima dana hasil pemerasan. Bahkan, Noel menyebut Irvian sebagai “sultan” dalam percakapan internal mereka.
     
    Hingga kini, KPK telah menyita total 24 kendaraan terkait dengan operasi tangkap tangan (OTT) dalam kasus ini. Barang bukti lainnya yang disita dari Noel mencakup uang tunai senilai Rp3 miliar dan motor Ducati.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (PRI)

  • Polisi Tangkap 351 Orang di Demo DPR, Didominasi Anak di Bawah Umur

    Polisi Tangkap 351 Orang di Demo DPR, Didominasi Anak di Bawah Umur

    Jakarta: Polisi mengamankan sebanyak 351 orang yang melakukan aksi ricuh unjuk rasa di depan gedung DPR RI, Senin, 25 Agustus 2025 malam Wib. 

    Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi, menjelaskan dari total yang ditangkap, 155 merupakan orang dewasa, sementara 196 lainnya masih berstatus di bawah usia 18 tahun.

    “Kelompok ini diduga kuat terlibat dalam tindakan perusakan fasilitas umum, melempar kendaraan yang melintas di jalan tol, serta menyerang aparat,” ujar Ade Ary.

    Ia menambahkan bahwa ratusan orang ini bukan bagian dari massa aksi damai yang lebih dulu menyampaikan aspirasi di lokasi. Menurutnya, mereka datang dari luar kelompok demonstran utama dan justru memicu kericuhan.
     

    “Tahapan imbauan dan beberapa tahapan lainnya sudah dilakukan. Ketika sebagian, pihak lain di luar massa yang menyampaikan pendapat tadi, yang setelah diberikan imbauan tidak mengikuti arahan dari petugas, akhirnya dilakukan tindakan penertiban (penangkapan),” jelasnya. 

    Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Putu Kholis, menyampaikan bahwa saat ini penyidik masih menyelidiki peran masing-masing dari 155 orang dewasa yang ditangkap. Ia mengungkapkan bahwa empat laporan polisi telah diterima terkait peristiwa malam itu.

    “Sudah ada empat laporan polisi. Tiga di antaranya adalah kekerasan secara bersama-sama terhadap orang, lalu satu laporan kekerasan secara bersama-sama terhadap barang atau kendaraan,” kata Putu.

    Meski sempat terjadi ketegangan, Putu memastikan seluruh orang yang diamankan dalam kondisi sehat. Namun, beberapa mengalami luka ringan akibat terjatuh saat kericuhan berlangsung.

    Jakarta: Polisi mengamankan sebanyak 351 orang yang melakukan aksi ricuh unjuk rasa di depan gedung DPR RI, Senin, 25 Agustus 2025 malam Wib. 
     
    Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi, menjelaskan dari total yang ditangkap, 155 merupakan orang dewasa, sementara 196 lainnya masih berstatus di bawah usia 18 tahun.
     
    “Kelompok ini diduga kuat terlibat dalam tindakan perusakan fasilitas umum, melempar kendaraan yang melintas di jalan tol, serta menyerang aparat,” ujar Ade Ary.

    Ia menambahkan bahwa ratusan orang ini bukan bagian dari massa aksi damai yang lebih dulu menyampaikan aspirasi di lokasi. Menurutnya, mereka datang dari luar kelompok demonstran utama dan justru memicu kericuhan.
     

     
    “Tahapan imbauan dan beberapa tahapan lainnya sudah dilakukan. Ketika sebagian, pihak lain di luar massa yang menyampaikan pendapat tadi, yang setelah diberikan imbauan tidak mengikuti arahan dari petugas, akhirnya dilakukan tindakan penertiban (penangkapan),” jelasnya. 
     
    Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Putu Kholis, menyampaikan bahwa saat ini penyidik masih menyelidiki peran masing-masing dari 155 orang dewasa yang ditangkap. Ia mengungkapkan bahwa empat laporan polisi telah diterima terkait peristiwa malam itu.
     
    “Sudah ada empat laporan polisi. Tiga di antaranya adalah kekerasan secara bersama-sama terhadap orang, lalu satu laporan kekerasan secara bersama-sama terhadap barang atau kendaraan,” kata Putu.
     
    Meski sempat terjadi ketegangan, Putu memastikan seluruh orang yang diamankan dalam kondisi sehat. Namun, beberapa mengalami luka ringan akibat terjatuh saat kericuhan berlangsung.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (PRI)