Perusahaan: Google

  • Google Bikin Kampanye Lawan Hoax

    Google Bikin Kampanye Lawan Hoax

    Jakarta

    Google baru-baru ini meluncurkan kampanye anti hoax di lima negara Uni Eropa. Langkah ini dilakukan jelang Pemilu Parlemen Eropa pada Juni mendatang.

    Sebelumnya, Parlemen Eropa memang sudah mengeluarkan aturan mengenai penyebaran informasi hoax secara online yang dapat mempengaruhi pemilih. Aturan tersebut adalah Undang-Undang Layanan Digital Eropa yang sudah mulai berlaku seperti dilansir detikINET dari Reuters.

    Dengan berlakunya aturan tersebut, Eropa membutuhkan platform online dan mesin pencari yang sangat kuat dalam melawan konten hoax yang memiliki risiko terhadap keamanan publik.

    Dalam hal ini, Google memiliki unit Jigsaw yang bekerja untuk melakukan filterisasi konten hoax pada platform TikTok dan YouTube di lima negara Uni Eropa yaitu Belgia, Jerman, Italia dan Polandia.

    Unit tersebut nantinya bekerja dengan menjalankan iklan animasi yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat. Para penonton YouTube dan TikTok di negara terkait nantinya juga diminta untuk mengisi kuesioner tentang pemahaman mereka terhadap hoax.

    “Kami telah menghabiskan begitu banyak waktu untuk memiliki debat yang benar-benar terpolarisasi ini. Demokrasi kita dipertaruhkan, dan suhunya terus semakin tinggi,” ungkap Beth Goldberg, kepala penelitian Jigsaw.

    Tidak hanya dari pihak Google, unit ini juga memanfaatkan perusahaan lokal di beberapa negara tersebut.

    Bulan lalu, European External Action Service mencatat bahwa ada 750 informasi hoax yang disebarkan pihak asing mengenai invasi Rusia ke Ukraina.

    Nantinya, kampanye anti hoax Google akan berjalan selama satu bulan ke depan. Google juga akan menerbitkan hasil jangkauan dan tanggapan dari kuesioner yang diisi oleh masyarakat di Uni Eropa.

    (rns/rns)

  • Trending Google Prabowo Subianto Masuk RS, Dipastikan Cuma Hoax

    Trending Google Prabowo Subianto Masuk RS, Dipastikan Cuma Hoax

    Jakarta

    Tersebar video di TikTok dengan narasi capres nomor urut 2 Prabowo Subianto masuk RS. Isu ini bahkan masuk ke salah satu pencarian terbanyak di Google. Akan tetapi jangan tergocek, dapat dipastikan, informasi tersebut adalah hoax.

    Di video itu, nampak slide artikel yang bertuliskan judul ‘Prabowo Subianto Kabarnya Masuk RS, TKN Beberkan Kondisi Saat Ini’. Dia pun menambahkan narasi ‘Semoga lekas sembuh pak Prabowo’.

    Berdasarkan penelusuran, artikel tersebut diterbitkan oleh pikiran-rakyat.com. Namun, isi dari artikel tersebut menyebutkan bahwa kabar Prabowo masuk RS adalah hoax.

    TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menegaskan kondisi Prabowo Subianto sehat dan enerjik. TKN Prabowo-Gibran menegaskan isu Prabowo dirawat di RSPAD Gatot Soebroto merupakan kabar bohong.

    Sebelumnya, detikcom juga sudah pernah mendapatkan keterangan dari Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran Afriansyah Noor.

    “Informasi itu hoaks. Pak Prabowo sampai saat ini masih sehat-sehat saja,” kata Afriansyah dalam keterangannya, Kamis (1/2/2024).

    Hal yang sama diungkapkan Kepala RSPAD Albertus Budi yang menegaskan bahwa tidak ada nama pasien Prabowo Subianto di RSAPD. Menurutnya, informasi tentang Prabowo dibawa ke RSPAD akibat kelelahan usai kampanye adalah hoax.

    “Tidak benar, itu hoaks,” ujarnya.

    Dengan demikian, informasi Prabowo masuk RS adalah hoax. Yuk, sama-sama biasakan cek ulang sebelum share sesuatu.

    (ask/ask)

  • Google One Lampaui 100 Juta Pelanggan

    Google One Lampaui 100 Juta Pelanggan

    Jakarta

    Google One, layanan berlangganan penyimpanan Cloud Google, telah mencapai tonggak penting dengan melampaui 100 juta pelanggan berbayar.

    CEO Google Sundar Pichai menggarisbawahi rencana perusahaan untuk meningkatkan ekspansi di masa depan dengan AI Premium Plan yang baru saja diluncurkan.

    Dilansir Gizmochina, Selasa (13/2/2024) Google One menawarkan cara bagi pengguna untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan mereka di luar 15GB gratis yang disediakan oleh layanan seperti Gmail, Drive, dan Foto.

    Berikut ini adalah rincian lebih rinci dari paket harga:

    Basic (100GB): USD 1,99/bulan atau USD 19,99/tahun. Termasuk berbagi hingga lima pengguna, fitur pengeditan foto tambahan seperti Magic Eraser, akses VPN, dan pemantauan web gelap.

    Standar (200GB): USD 2,99/bulan atau USD 29,99/tahun. Perbedaan utamanya adalah hadiah 3% untuk pembelian di Google Store.

    Premium (2TB ke atas): Mulai dari USD 9,99/bulan atau USD 99,99/tahun, menawarkan penyimpanan yang lebih besar, fitur premium Google Workspace (untuk alat seperti Meet dan Calendar), dan hadiah 10% untuk pembelian di Google Store.

    Ada tingkatan yang lebih tinggi dari 2TB bagi mereka yang membutuhkan penyimpanan lebih besar. Selain itu, perusahaan ini baru-baru ini meluncurkan paket AI Premium dengan biaya USD 19,99/bulan, yang memperkenalkan alat canggih yang dibangun di atas model AI Gemini milik Google.

    Fitur-fitur ini menawarkan kemampuan canggih seperti membuat draf di Gmail, mengatur konten di Slide, dan menyediakan visualisasi data dalam Spreadsheet. Pelanggan yang memiliki paket dengan penyimpanan 5TB atau lebih saat ini dapat mencoba fitur AI Premium dalam waktu terbatas hingga 31 Juli 2024, secara gratis.

    Google bermaksud untuk membuat AI Premium tersedia untuk kelompok pelanggan lain, termasuk pengguna Google Fi Unlimited dan mereka yang membayar Google One melalui penyedia penagihan pihak ketiga.

    Pichai menekankan bahwa penambahan fitur AI ini sangat penting untuk pertumbuhan layanan yang berkelanjutan. Pencapaian pelanggan untuk Google One ini menariknya bertepatan dengan YouTube Music + Premium yang juga mencapai 100 juta pengguna.

    (jsn/fay)

  • Misteri Warga Amerika Ngamuk Bakar Taksi Robot

    Misteri Warga Amerika Ngamuk Bakar Taksi Robot

    San Francisco

    Sebuah taksi otonom Waymo dibakar massa di area Chinatown, San Francisco. Penyebabnya masih misterius. Pihak berwenang sedang berupaya menentukan apa pembakaran itu terkait dengan serangkaian protes yang menargetkan kendaraan otonom di sana.

    Menurut pemadam kebakaran San Francisco, sekelompok orang melompat ke kendaraan listrik itu di distrik Chinatown kota tersebut pada perayaan Imlek. Mereka memecahkan jendela, mencorat coretnya, sebelum membakarnya dengan kembang api.

    Kendaraan yang terbakar adalah Jaguar I-Pace yang dioperasikan oleh Waymo, proyek mobil self-driving Google dan tidak ada penumpangnya saat kejadian. Sejauh ini, belum ada penangkapan pelaku

    “Kendaraan itu tidak mengangkut pengendara dan tidak ada korban luka yang dilaporkan. Kami bekerja sama dengan pejabat keselamatan setempat untuk merespons situasi ini,” sebut Waymo yang dikutip detikINET dari Guardian.

    Serangan tersebut menyusul sejumlah kasus dan protes yang menyasar kendaraan otonom di California, negara bagian terdepan dalam revolusi mobil tanpa pengemudi. Ada kelompok bernama Safe Street Rebels, yang tujuannya mengganggu dan menonaktifkan kendaraan tanpa pengemudi di San Francisco sejak pertama kali muncul tahun 2022.

    Mereka mengetahui bahwa merusak komponen kerucut di kap mobil self-driving akan mengganggu sensor dan menempatkannya dalam mode panik, sehingga tidak dapat bergerak sampai ada karyawan yang datang untuk memperbaikinya.

    Pengunjuk rasa mempertanyakan keselamatan kendaraan tersebut, dioperasikan di California hampir secara eksklusif oleh Waymo sejak Cruise, anak perusahaan General Motors, dicabut izinnya Oktober lalu. Cruise dituduh berusaha menyembunyikan parahnya insiden di mana seorang pejalan kaki ditabrak mobil yang dikendarai pengemudi manusia dan terlempar ke jalur mobil Cruise, dan wanita itu tertabrak.

    Cruise menarik armadanya yang berjumlah 950 kendaraan setelah DMV California mengatakan kendaraan tersebut menimbulkan ancaman yang tidak masuk akal terhadap keselamatan publik.

    Walikota San Francisco London Breed sendiri mengutuk insiden dibakarnya taksi robot Waymo. “Chinatown adalah salah satu lingkungan terpadat di San Francisco, dan kebakaran apa pun dapat meledak dan menyebar di antara gedung-gedung yang padat hingga membahayakan nyawa, rumah, dan bisnis,” katanya.

    “Itu adalah tindakan yang tidak dapat diterima dan tidak memiliki tempat di kota kami, dan kami akan berupaya untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang melakukannya,” tambahnya.

    (fyk/fyk)

  • Sepeda Listrik Paling Banyak Diserbu di Transmart Full Day Sale

    Sepeda Listrik Paling Banyak Diserbu di Transmart Full Day Sale

    Jakarta, CNN Indonesia

    Sepeda listrik jadi salah satu produk yang paling banyak diserbu dalam gelaran Transmart Full Day Sale yang digelar di Transmart Kota Kasablanka, Jakarta. Para pembeli berbondong-bondong belanja berkat adanya diskon gede 50 persen dan ditambah diskon 20 persen.

    Kali ini, pesta diskon hadir lebih spesial karena berlangsung dua hari, Sabtu (10/2) sampai besok, Minggu (11/2).

    Bondan, salah satu staf Transmart Kota Kasablanka mengatakan, penjualan motor listrik kerap melonjak dalam periode Full Day Sale. Di hari pertama Full Day Sale ini saja, ia memprediksi penjualan motor listrik bisa mencapai delapan unit.

    “Yang pasti hari ini sepeda listrik saya jamin laku delapan, lah. Kalau besok pasti penjualannya tambah lagi. Mudah-mudahan hari ini kondusif semua,” kata dia saat ditemui di lokasi.

    Selain sepeda listrik, kata dia, produk elektronik lainnya juga tak kalah laku di Transmart. Ia menyebut, pembeli berbondong-bondong ke Transmart hanya untuk membeli TV besar.

    “Kalau [barang] elektronik, lagi banyak yang mencari TV besar di atas 55 inci. Di sini Rp500 juta ke atas penjualannya. Biasa orang udah mulai borong TV sekitar jam empat sore,” lanjut dia.

    Selain TV, Bondan mengaku pembeli juga kerap memborong AC di saat Imlek tiba.

    “TV, kulkas, AC juga banyak peminatnya. Karena, kan, habis Imlek biasanya hujan. Habis hujan pasti panas lagi. Udah pasti banyak yang beli AC,” sambung Bondan.

    Produk elektronik yang diskon ini hadir dengan berbagai merek ternama seperti LG, Polytron, Panasonic, Sharp, dan Samsung.

    Sederet produk yang didiskon termasuk AC Split 1/2 PK harga sale Rp2.699.200 dari harga normal Rp4.199.000 per unit, AC Split 1/2 PK harga sale Rp2.799.200 dari harga normal Rp3.899.000 per unit, LED TV 50″ UHD Smart harga sale mulai Rp4.799.200 dari harga normal Rp6.969.000 per unit, dan LED TV 65″ UHD Smart harga sale mulai Rp7.199.200 dari harga normal Rp11.209.000 per unit.

    Ilustrasi. Pengunjung berbelanja barang elektronik di momen Transmart Full Day Sale. CNN Indonesia/Chandra Erlangga)

    Anda bisa mendapatkan penawaran harga spesial untuk pembelian barang elektronik menggunakan Allo Prime, Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

    Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki salah satu bank yang direkomendasikan, bisa diunduh Allo Bank di ponsel melalui App Store atau Google Play Store.

    Lalu, upgrade akunnya ke Allo Prime supaya bisa mengklaim diskon di Transmart Full Day Sale. Bisa juga mengajukan pembukaan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah secara instan di setiap booth yang ada di gerai Transmart.

    Transmart Full Day Sale berlangsung dari jam toko buka hingga tutup pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia.

    (del/asr)

    [Gambas:Video CNN]

  • Di Hari Pers Nasional, Menkominfo Ungkap Perpres Publisher Rights Segera Disahkan Jokowi

    Di Hari Pers Nasional, Menkominfo Ungkap Perpres Publisher Rights Segera Disahkan Jokowi

    Jakarta

    Bertepatan dengan Hari Pers Nasional, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengumumkan kabar terbaru aturan publisher rights atau hak penerbit bagi perusahaan media di Indonesia.

    Pemerintah dan pemangku kepentingan telah membahas pengaturan yang berkaitan dengan kerjasama perusahaan pers dan platform digital, seperti Google, Facebook, X atau sebelumnya Twitter, hingga TikTok.

    Menkominfo Budi menyebutkan Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Publisher Rights akan segera disahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    “Dalam waktu dekat, dengan seizin Tuhan Yang Maha Kuasa, dan tentu dengan kebijakan Bapak Presiden, kita akan menyambut hari baik itu akan segera datang,” ungkap Budi dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Jumat (9/2/2024).

    Menurut Budi dalam penggodokan aturan Publisher Rights ini melalui proses diskusi dan pembahasan berlangsung dengan baik untuk mencari titik temu atas perbedaan-perbedaan yang ada.”Saya mengapresiasi konsistensi rekan-rekan sekalian dalam mengawal proses yang sangat panjang ini. Kami telah mendiskusikan hal ini, dan pemerintah sepakat bahwa regulasi ini perlu disahkan sesegera mungkin,” jelasnya.

    Menkominfo menegaskan untuk mewujudkan keberlanjutan media dan jurnalisme berkualitas memerlukan dukungan semua pihak. Melalui Rancangan Perpres Publisher Rights ini diharapkan akan ada payung hukum yang menjadi acuan bersama.

    “Kita ingin memastikan bahwa kerja sama antara perusahaan pers dan platform digital dapat terwujud dan memberi manfaat optimal, dengan kepastian payung hukum di dalamnya,” ucap Budi.

    Disampaikan Menkominfo Budi, Pemerintah juga menyiapkan langkah mitigasi agar pasca pengesahan regulasi, semua pihak bisa menjalankannya dengan optimal.

    “Kita sudah cukup optimis dan Pemerintah berkomitmen untuk memastikan mitigasi dan solusi ini betul-betul bisa berjalan,” tegasnya.

    (agt/agt)

  • Meriahkan Imlek, AC hingga LED TV Diskon Gede di Transmart Besok

    Meriahkan Imlek, AC hingga LED TV Diskon Gede di Transmart Besok

    Jakarta, CNN Indonesia

    Meriahkan Tahun Baru China atau Imlek, Transmart Full Day Sale kembali bagi-bagi diskon untuk berbagai produk terpilih seperti elektronik.

    Di pesta diskon ini, kamu bisa pilih deretan produk elektronik impian seperti pendingin ruangan atau AC, kulkas, sampai LED TV. Semuanya hadir dengan diskon fantastis!

    Jangan sampai kelewatan! Catat tanggalnya, kali ini Transmart Full Day Sale hadir selama dua hari pada Sabtu (10/2) dan Minggu (11/2).

    Produk elektronik yang diskon ini hadir dengan berbagai merek ternama seperti LG, Polytron, Panasonic, Sharp, dan Samsung.

    Kalau penasaran sama produk elektronik yang diskon di Transmart Full Day Sale, intip deretan produknya di bawah ini.

    AC Split 1/2 PK harga sale Rp2.699.200 dari harga normal Rp4.199.000 per unit. Bonus pipa dan instalasi stkamur. Harga berlaku di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung. Diskonnya Rp1.499.800.AC Split 1/2 PK harga sale Rp2.799.200 dari harga normal Rp3.899.000 per unit. Bonus pipa dan instalasi stkamur. Harga berlaku di luar Jawa, Bali, dan Lampung. Diskonnya sampai Rp2.099.800.Kulkas SBS 472L harga sale Rp8.799.200 dari harga normal Rp12.049.000 per unit. Harga berlaku di Pulau Jawa, Bali, dan Lampung. Diskonnya sampai Rp3.249.800.Kulkas SBS 472L harga sale Rp9.239.200 dari harga normal Rp12.649.000 per unit. Harga berlaku di luar Jawa, Bali, dan Lampung. Diskonnya sampai Rp3.409.800.LED TV 50″ UHD Smart harga sale mulai Rp4.799.200 dari harga normal Rp6.969.000 per unit. Diskonnya Rp2.169.800.LED TV 65″ UHD Smart harga sale mulai Rp7.199.200 dari harga normal Rp11.209.000 per unit. Diskonnya sampai Rp4.009.800.

    Gede-gede banget kan diskonnya? kamu bisa mendapatkan penawaran harga spesial untuk pembelian barang elektronik menggunakan Allo Prime, Bank Mega, atau Bank Mega Syariah.

    Bagi pelanggan Transmart yang belum memiliki salah satu bank yang direkomendasikan, bisa download Allo Bank di hp melalui App Store atau Google Play Store.

    Lalu upgrade akunnya ke Allo Prime supaya bisa mengklaim diskon di Transmart Full Day Sale. Bisa juga mengajukan pembukaan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah secara instan di setiap booth yang ada di gerai Transmart.

    Transmart Full Day Sale berlangsung dari jam toko buka hingga tutup pukul 22.00 waktu setempat di seluruh gerai Transmart se-Indonesia. Jangan lupa ke Transmart besok ya, dan bawa pulang produk elektronik impianmu!

    (juh/juh)

    [Gambas:Video CNN]

  • Shopee Mall Hadirkan Bayar Nanti Bunga 0%, Belanja Jadi Makin Asyik

    Shopee Mall Hadirkan Bayar Nanti Bunga 0%, Belanja Jadi Makin Asyik

    Jakarta, CNN Indonesia

    Di era digital, belanja online telah menjadi pilihan utama bagi banyak orang karena menawarkan berbagai kemudahan. Selain itu, belanja online juga memberikan nilai tambah terhadap konsumen.

    Sebab, selain ragam produk dan variasi kategori yang ditawarkan, belanja online juga memberikan pilihan terhadap metode pembayaran. Hal ini membuat konsumen merasakan fleksibilitas saat belanja.

    Memasuki bulan kedua 2024, Shopee kembali menghadirkan kampanye menarik untuk memberikan pengalaman belanja online yang lebih fleksibel dan menguntungkan bagi penggunanya.

    Sebagai langkah awal, Shopee memperkenalkan kampanye “Shopee Mall Bayar Nanti, Bunga 0%” untuk memberikan berbagai keuntungan kepada pelanggan yang berbelanja di Shopee Mall.

    Director of Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi menyampaikan, pihaknya sangat senang melihat Shopee Mall yang telah memenuhi kebutuhan dan membawa dampak positif terhadap pengguna baik pembeli maupun penjual.

    “Fitur ini hadir di tengah bergesernya perilaku masyarakat yang mulai memanfaatkan platform online untuk berbelanja,” kata Daniel dalam keterangannya dikutip Jumat (7/2).

    Menurut Daniel, Shopee Mall menjadi salah satu upaya yang dihadirkan Shopee untuk menjawab permintaan pengguna terhadap ragam varian produk dengan kualitas yang terjamin, serta pengalaman belanja online yang lebih premium.

    Dalam kesempatan ini, Daniel menyampaikan, kampanye Shopee Mall Bayar Nanti, Bunga 0% dapat dimanfaatkan oleh semua pengguna hingga 29 Februari.

    “Kami berharap kampanye ini dapat memberikan fleksibilitas, keuntungan serta pengalaman belanja yang berbeda bagi pengguna,” ujae Daniel.

    Sejak hadir di tengah masyarakat, Shopee Mall telah menemani dan memberikan dampak yang berbeda bagi pembeli maupun penjual.

    Bagi para pembeli, fitur ini banyak menarik perhatian melalui akses mudah terhadap produk-produk dari mitra brand favorit dan rasa aman yang ditawarkan khususnya dengan pilihan produk yang bergaransi 100 persen original.

    Sedangkan bagi mitra brand dan brand lokal, fitur Shopee Mall kerap dimanfaatkan sebagai wadah kolaborasi untuk semakin memperkuat penjualan dan memperluas jangkauan produknya pada ranah digital.

    Foto: Arsip Istimewa

    Berikut tiga keseruan menarik yang bisa ditemui dan manfaatkan di Shopee Mall:

    1. Program Menarik yang Siap Tingkatkan Daya Tarik

    Serunya nge-mall jaman now lewat deretan program menarik di Shopee Mall. Pengguna akan dimanjakan dengan kemudahan fitur-fitur yang terdapat di dalam Shopee Mall, mulai dari kemudahan mencari produk dari toko terpercaya berkualitas terbaik lewat fitur Shopee Premium.

    Bahkan seluruh pengguna dapat menikmati keuntungan eksklusif yang ditawarkan lebih dari ratusan toko di Shopee Mall khusus di program spesial Brand Membership.

    Sementara khusus yang baru saja bergabung dalam Brand Membership, dengan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya, pengguna akan berkesempatan mendapatkan hadiah serta voucher spesial.

    Selain itu, rangkaian ShopeeMall Daily Deals dan Super Brand Day setiap harinya, menghadirkan beragam penawaran hingga promo spesial dan terbesar di Shopee Mall.

    Hal itu semakin tak boleh terlewatkan karena kelengkapan produk dari para mitra brand terpercaya dari berbagai kategori mulai dari Fashion, Kecantikan, Elektronik, Home & Living, hingga Hobi dan Gaya Hidup.

    Bahkan terdapat juga fitur Trending Brands di Shopee Mall yang berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mencari produk kebutuhannya dalam daftar trending minggu ini maupun pilihan brand rekomendasi influencer, brand paling hype, hingga brand yang paling sering di tonton.

    Tidak hanya sampai disitu, pengguna juga dapat memanfaatkan promo spesial dari brand favorit setiap harinya.

    2. Jaminan Shopee Mall

    Keuntungan yang ditawarkan tidak hanya dalam menghadirkan berbagai program, pilihan produk dan kategori. Saat berbelanja melalui Shopee Mall, pengguna bisa memiliki keuntungan dan rasa aman dengan adanya jaminan Shopee Mall yaitu:

    7 Hr Pengembalian  Untuk menjamin kepuasan pengguna, Shopee Mall memperpanjang waktu pengembalian barang (7 hari setelah barang diterima). Pengembalian dapat dilakukan secara praktis dengan resi yang diberikan oleh Shopee. Seluruh dana akan dikembalikan kepada pengguna jika pengajuan memenuhi syarat & ketentuan (pengembalian karena produk tidak original, rusak, cacat atau salah). 100% Ori: Jaminan bahwa produk yang terdaftar di Shopee Mall adalah 100% original. Jika produk dari Shopee Mall yang diterima pengguna bukan produk original, Shopee akan mengembalikan dua kali dari jumlah harga produk yang dibayarkan untuk produk tersebut. Gratis Ongkir: Pengguna dapat menikmati gratis ongkir spesial pada semua produk Shopee Mall dengan minimum belanja lebih rendah.

    3. Shopee Mall Bayar Nanti, Bunga 0%

    Kampanye Shopee Mall Bayar Nanti, Bunga 0% telah diluncurkan sejak 5 Februari dan akan berlangsung hingga 29 Februari 2024 nanti. Pengguna dapat berbelanja berbagai produk dari mitra brand favorit di Shopee Mall dengan pilihan metode pembayaran Bayar Nanti, Bunga 0%.

    Penawaran ini dapat dimanfaatkan dan menemani pengguna dalam memenuhi kebutuhan utama di awal tahun, khususnya dengan kategori beragam yang ditawarkan melalui Shopee Mall.

    Untuk menikmati kampanye ini, pengguna dapat berbelanja produk di Shopee Mall dan membayar dengan Spaylater untuk menikmati promo bunga 0%. Promo 0% berlaku untuk pembelian semua produk di toko Shopee Mall yang telah mengaktifkan metode pembayaran SPayLater.

    Pada puncak kampanye yang akan berlangsung di tanggal 14 Februari serta 29 Februari nanti, pengguna dapat menikmati keseruan lebih lagi antara lain:

    Deals of the Day, dimana pengguna dapat memanfaatkan penawaran spesial pada hari tersebut untuk berbelanja produk-produk pilihan. Promo Kilat: Jangan sampai ketinggalan promo produk atau bundle dengan harga menarik yang hanya berlangsung dalam periode waktu tertentu. Koleksi Pilihan: Berbagai penawaran harga spesial untuk produk-produk terpilih dari berbagai kategori seperti Elektronik, MakeUp & Skincare hingga Perlengkapan rumah. Dan masih banyak lagi penawaran lainnya.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampanye Shopee Mall Bayar Nanti, Bunga 0%l, kunjungi https://shopee.co.id/m/bayar-nanti-bunga-nol. Kemudian Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play, dan segera aktifkan ShopeePay.

    (inh/inh)

  • Pengguna Galaxy S24 di China Keluhkan AI Baidu: Tak Sepintar Google

    Pengguna Galaxy S24 di China Keluhkan AI Baidu: Tak Sepintar Google

    Jakarta

    Penggunanya Samsung Galaxy S24 di China mengeluhkan performa AI yang tak sepintar dengan S24 di lain.

    Seperti diketahui, Galaxy S24 series dilengkapi kemampuan AI, yang kebanyakan bergantung pada large language model (LLM) Gemini milik Google. Namun khusus untuk perangkat yang di China, LLM yang dipakai bukan buatan Google melainkan Baidu.

    Pada Januari lalu Samsung memang menggandeng Baidu AI Cloud untuk penggunaan LLM Ernie milik Baidu di Galaxy S24 yang dirilis di China. Selain memakai LLM Ernie, S24 versi China juga menggunakan mesin pencari Baidu sebagai pengganti Google.

    Namun langkah ini dikeluhkan sejumlah pengguna S24 di China, yang melontarkan uneg-unegnya di media sosial. Dalam keluhan tersebut kebanyakan pengguna mengeluhkan kalau mesin pencari di S24 versi China tak sepintar S24 versi internasional.

    “Versi internasional benar-benar ada di dunia yang berbeda dengan versi daratan (China),” tulis seorang pengguna Weibo dengan akun Sun Weilun.

    Weilun mengaku membandingkan S24 versi China dengan versi internasional saat mengunjungi toko Samsung di Hong Kong. Ia menyebut fitur Circle to Search yang menggunakan mesin pencari Baidu menampilkan hasil pencarian yang lebih sedikit dibanding versi internasional yang menggunakan Google.

    Sementara itu Richard Zhang, seorang warga Beijing, China, mengaku berencana membeli Galaxy S24 versi internasional agar bisa mendapatkan layanan AI yang paling bagus.

    “Saya mulai mempertimbangkan ini setelah melihat kalau sistem (daratan China) mengenali ponsel Samsung sebagai ponsel merk lain,” kata Zhang, seperti dikutip detikINET dari South China Morning Post, Senin (5/2/2024).

    Sebagai informasi, Baidu dikenal sebagai salah satu pemain AI paling besar di China. Bahkan mereka adalah perusahaan pertama di China yang meluncurkan chatbot ala ChatGPT, yaitu Ernie Bot pada Maret 2023.

    Lalu pada September 2023 lalu mereka memamerkan LLM versi terbarunya, yaitu Ernie 4.0, yang diklaim Baidu sama sekali tidak kalah dibanding GPT-4 milik OpenAI.

    (asj/asj)

  • Ngaji.ai, Belajar Mengaji Kini Bisa Pakai AI

    Ngaji.ai, Belajar Mengaji Kini Bisa Pakai AI

    Jakarta

    Meski tak umum, belajar mengaji memanfaatkan AI bisa jadi lebih efektif dan efisien. Dengan AI, kegiatan belajar mengaji yang umumnya mewajibkan pendampingan guru secara langsung atau tatap muka, kini bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun.

    Untuk mengaji dengan tepat dan baik, para pemula harus memahami sejumlah hal, mulai dari pengenalan huruf hijaiyah, tanda baca, hingga tajwid. Mereka juga perlu berlatih secara rutin didampingi guru agar bacaan mengaji menjadi lancar.

    Sayangnya, tak semua orang memiliki kesempatan belajar mengaji dengan guru. Inilah alasan, meski beragama Islam, tak semua muslim bisa mengaji secara baik dan benar.

    Hal tersebut diutarakan mantan Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc yang kini menjadi Co-founder ngaji.ai-aplikasi belajar mengaji berbasis AI.

    Ia berkisah, pada 2021, dosen agama pada kampus yang dinaunginya itu mendapati bahwa lebih dari 60 persen mahasiswa baru tak bisa mengaji. Atas dasar keprihatinan sekaligus kepedulian terhadap pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang terus menjadi isu krusial di tanah air, Sutarto pun menginisiasi ngaji.ai.

    Akhirnya ia pun punya ide untuk membangun aplikasi untuk belajar mengaji. Penggunaan aplikasi dianggap efektif karena mudah diakses lewat gadget, yang menurut Sutarto, saat ini menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia.

    “Melalui aplikasi, kami berharap agar pengguna dapat belajar mengaji kapan saja dan di mana saja. Bahkan, mereka bisa menyesuaikan waktunya sendiri,” kata Sutarto, dalam keterangan yang diterima detikINET.

    Untuk mewujudkan ide tersebut, Sutarto mulai mencari mitra yang dapat bersama-sama membangun aplikasi. Karena sebelumnya ia sempat menginisiasi program peningkatan bahasa Inggris bagi mahasiswa ULM bekerja sama dengan PT Novo Indonesia Belajar (Vokal.ai), hal yang sama terpikirkan saat ia ingin mewujudkan aplikasi belajar mengaji.

    “Saya percaya bahwa Vokal.ai merupakan mitra ideal untuk membangun aplikasi ini. Mereka memiliki teknologi unik dan teruji,” imbuhnya.

    Sutarto dan CEO Vokal.ai Martijn Enter adalah dua sahabat yang sama-sama alumnus University of Twente. Mereka meyakini bahwa ngaji.ai bisa diterima dengan baik oleh masyarakat setelah Vokal.ai melakukan survei pada 2021.

    Hasil yang didapat adalah 95 persen umat Islam di Indonesia menganggap mengaji sebagai keterampilan penting. Lalu, sebanyak 71 persen orangtua di Indonesia menginginkan agar anak-anak mereka dapat belajar mengaji dengan benar.

    Lewat teknologi Automatic Speech Recognition (ASR) yang dikembangkan Vokal.ai, pengguna aplikasi akan mendapatkan umpan balik (feedback) yang akurat secara langsung terhadap cara pengucapan dan pelafalan, seolah-olah sedang belajar dengan guru di mana pun dan kapan pun.

    Makin lengkap karena ngaji.ai juga menyediakan materi beragam dan berjenjang agar pengguna dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Di dalamnya juga tersedia berbagai fitur.

    Selain sebagai wadah belajar membaca Al Qur’an, pengguna ngaji.ai juga bisa menumbuhkan jiwa kompetitif dan pembelajaran yang sehat berkat hadirnya fitur Leaderboard, fitur Tadarus dengan audio, dan Latihan Membaca Doa. Pembelajaran yang fun membuat kegiatan belajar mengaji menjadi tidak membosankan.

    Saat ini, ngaji.ai sudah diunduh lebih dari 15.000 kali, baik lewat App Store maupun Google Play Store. Hal ini menandakan bahwa aplikasi tersebut mendapat respons yang baik bagi pengguna. Tak hanya itu, rating yang didapat pun cukup tinggi, yakni 4,8 di Google Play Store dan 4,9 di App Store.

    (asj/asj)