Perusahaan: Google

  • Ramadan Sale! Lazada Beri Promo Menarik untuk ‘Kaum Mumpung-mumpung’

    Ramadan Sale! Lazada Beri Promo Menarik untuk ‘Kaum Mumpung-mumpung’

    Jakarta

    Bahan makanan menjadi entitas yang paling banyak diburu untuk kebutuhan sahur dan berbuka puasa selama bulan Ramadan. Hal ini dimanfaatkan Lazada dengan memberikan penawaran terbaik untuk ‘kaum aji mumpung’ dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari selama Ramadan.

    Diketahui, kaum aji mumpung atau kaum mumpung-mumpung didefinisikan sebagai kalangan masyarakat yang selalu memaksimalkan berbagai kesempatan menarik. Pasalnya, konsumen kini kian cerdas dalam melakukan persiapan dan perencanaan belanja.

    Perilaku ini juga tergambar dari hasil survei yang dilakukan Lazada terhadap 600 responden berusia 19 hingga 35 tahun yang mengungkapkan bahwa sebanyak 95% dari responden aktif saat ini gencar mencari info diskon atau promo belanja selama Ramadan, terutama melalui belanja online. Hal ini juga selaras dengan riset perilaku konsumen yang dilakukan Google, dimana sebanyak 93% pembelian yang terjadi selama bulan Ramadan telah direncanakan oleh konsumen.

    Menilik hal itu, Lazada menghadirkan Promo Ramadan Mega Sale di tanggal 24 hingga 31 Maret. Ada diskon hingga 75%, juga voucher 1,4 juta rupiah yang bisa dikumpulkan hanya dengan membuka aplikasi setiap hari. Berbagai brand memberikan penawaran terbaik mereka, termasuk juga brand untuk produk-produk kebutuhan pokok dan harian, yang bisa didapatkan di LazMall Daily.

    Brand-brand kesayangan seperti Frisian Flag, dan Ultra Jaya memberikan voucher diskon tambahan 50%, demikian juga produk pembersih Downy, dan pewangi ruangan Stella. Selain tambahan voucher diskon, beberapa brand memberikan promo terbaik mereka melalui promo Flexi Combo Buy 1 Get 1.

    Penawaran ini bisa ditemukan antara lain untuk pembelian Prochiz Gold Slice 12’s Sambal Extra Pedas Sasa 340 ml yang berhadiah langsung produk yang sama ukuran 135 ml, Kecap Manis Bango hingga sereal Milo Balls yang berhadiah Honey Star 70 untuk pembelian produk 70gram. Masih ada juga promo buy 1 get 1 untuk sabun cuci Ekonomi. Tentunya Lazada juga selalu memberikan Gratis Ongkir yang bisa ikut dimanfaatkan saat menikmati promo-promo di Ramadan Mega Sale.

    Head of Operations Lazada Indonesia Amelia Tediarjo mengatakan momen belanja Ramadan menjadi salah satu momen dengan peningkatan transaksi yang signifikan. Pihaknya menyadari ada berbagai kebutuhan yang berbeda-beda mulai dari saat pekan-pekan berpuasa, persiapan menuju hari raya Idul Fitri juga saat momen mudik.

    “Oleh karena itu, Lazada Ramadan Sale kami hadirkan sejak jelang bulan Ramadan dan akan berlangsung selama satu bulan penuh, yaitu dari tanggal 8 Maret hingga 8 April, sehingga bisa membantu konsumen memenuhi kebutuhan mereka di setiap fase dalam menyambut hari raya Idul Fitri,” ujar Amelia dalam keterangannya, dikutip Jumat (29/3/2024).

    Tak ketinggalan, konsumen juga dapat bermain Lucky Egg melalui aplikasi Lazada dan memenangkan 1 paket umrah gratis setiap harinya mulai dari tanggal 8 Maret hingga 8 April. Khusus untuk periode Mega Sale, terdapat 5 paket umrah premium yang dapat dimenangkan setiap hari.

    Tidak hanya menghadirkan beragam diskon dan voucher bonus, Lazada juga mengadakan seller conference pada tanggal 13 Maret lalu yang dihadiri oleh 700 seller. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan, strategi, dan meningkatkan kolaborasi, guna memaksimalkan penjualan selama bulan Ramadan lewat berbagai workshop yang dihadiri oleh trainer ternama seperti Rika Yeo yang berbagi insight mengenai tips dan trik berjualan yang dapat diaplikasikan oleh seller.

    “Seluruh rangkaian ini juga merupakan bentuk komitmen Lazada, tidak hanya kepada para konsumen namun dalam upaya untuk terus memberdayakan brand lokal Indonesia, serta memberikan kesempatan kepada pemilik brand untuk mengoptimalkan momentum Ramadan guna meningkatkan keuntungan dan pertumbuhan bisnis mereka”, tutup Amelia.

    (ncm/ega)

  • Korlantas Polri Gandeng Google Maps untuk Mempermudah Mudik Lebaran 2024

    Korlantas Polri Gandeng Google Maps untuk Mempermudah Mudik Lebaran 2024

    Jakarta (beritajatim.com) – Dalam rangka menyukseskan arus mudik dan balik Lebaran 2024, Korlantas Polri menjalin kerja sama dengan Google Maps untuk menyediakan informasi mudik yang tepat dan cepat.

    Kerja sama ini memungkinkan masyarakat untuk mengakses informasi lalu lintas secara real time sepanjang perjalanan melalui Google Maps.

    “Kerja sama ini bertujuan untuk mempermudah pengendara menggunakan data peta dalam memandu perjalanan mudik dan balik lebaran,” jelas Kasubagdalops Bag Ops Korlantas Polri AKBP Renaldi.

    “Nantinya, informasi terkait rekayasa lalu lintas, pengalihan arus, dan lain sebagainya akan ditampilkan di fitur-fitur Google Maps,” tambahnya.

    Strategic Partnerships Development Manager Google Maps Galuh Rohmah menyambut positif kerja sama ini.

    “Google Maps berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam mengaplikasikan peraturan-peraturan rekayasa lalu lintas dan membantu masyarakat melakukan mudik dengan nyaman, aman, dan lancar,” ujar Galuh.

    Diperkirakan 193 juta orang akan melakukan mudik Lebaran 2024. Oleh karena itu, Korlantas Polri akan melaksanakan operasi Ketupat 2024 mulai 4 – 16 April 2024. (ted)

  • Apple Jor-joran Beli Startup AI, Mau Bikin Apa?

    Apple Jor-joran Beli Startup AI, Mau Bikin Apa?

    Jakarta

    Apple mulai mengejar ketertinggalannya di sektor kecerdasan buatan (AI) generatif yang saat ini dipimpin oleh Google dan Microsoft. Produsen iPhone itu diketahui baru mengakuisisi satu startup AI lagi.

    Laporan Bloomberg mengatakan Apple telah mencaplok DarwinAI, startup AI asal Kanada, pada awal tahun ini. Apple mengonfirmasi kabar tersebut, namun mereka tidak mengungkap tujuan akuisisi tersebut.

    “Apple membeli perusahaan teknologi kecil dari waktu ke waktu,” kata Apple, seperti dikutip dari Cnet, Jumat (15/3/2024).

    DarwinAI dikenal sebagai perusahaan yang bisa membuat sistem AI yang lebih kecil dan lebih cepat. Mereka juga mengembangkan teknologi AI yang bisa memeriksa komponen secara visual dalam proses produksi.

    Apple sudah mulai menggabungkan belasan karyawan DarwinAI ke dalam perusahaannya, termasuk peneliti AI dan co-founder DarwinAI Alexander Wong.

    Akun LinkedIn Wong menunjukkan ia sekarang menjabat sebagai Director of Machine Learning Research di Apple sejak January 2024. Tidak hanya itu, akun media sosial dan website DarwinAI juga menghilang.

    Pertanyaan besarnya saat ini adalah apa yang akan dilakukan Apple dengan DarwinAI dan puluhan startup AI lainnya yang mereka beli dalam setahun belakangan ini. Apple masih belum mengungkap banyak informasi soal rencana mereka di sektor AI.

    Mengingat DarwinAI punya pengalaman membuat sistem AI yang lebih kecil, Apple mungkin ingin membuat sistem AI on-device – seperti Gemini Nano buatan Google – untuk iPhone.

    CEO Apple Tim Cook sebelumnya juga sudah memberikan beberapa petunjuk soal terobosan baru di AI generatif yang akan mereka rilis tahun ini. Kemungkinan kita akan mendengar lebih banyak soal rencana AI Apple di ajang WWDC 2024.

    (vmp/vmp)

  • ChatGPT Ternyata Konsumsi Listrik Gila-gilaan

    ChatGPT Ternyata Konsumsi Listrik Gila-gilaan

    Jakarta

    Menurut laporan dari The New Yorker, ChatGPT chatbot AI milik OpenAi diketahui menggunakan lebih dari setengah juta kilowatt-jam listrik untuk merespons sekitar 200 juta permintaan per-harinya.

    Publikasi ini melaporkan bahwa rata-rata rumah tangga di AS menggunakan listrik sekitar 29 kilowatt-jam setiap harinya. Dengan membagi jumlah listrik yang digunakan ChatGPT per hari dengan jumlah yang digunakan oleh rata-rata rumah tangga, menunjukkan bahwa ChatGPT menggunakan lebih dari 17 ribu kali lipat jumlah listrik.

    Jumlah itu dinilai sangat banyak dan jika AI generatif diadopsi lebih lanjut, ini bisa menghabiskan lebih banyak energi listrik lagi, sebagaimana dilansir detiKINET dari Business Insider.

    Sebagai contoh, menurut perhitungan Alex de Vries, ilmuwan data untuk Bank Nasional Belanda, dalam sebuah makalah untuk jurnal energi berkelanjutan Joule, jika Google mengintegrasikan teknologi AI generatif ke dalam setiap pencarian, maka akan menghabiskan sekitar 29 miliar kilowatt-jam per tahun.

    Jumlah tersebut lebih banyak daripada yang dikonsumsi oleh negara-negara seperti Kenya, Guatemala, dan Kroasia dalam setahun. “AI sangat boros energi,” kata de Vries kepada Business Insider.

    “Setiap server AI ini sudah dapat mengonsumsi daya sebanyak lebih dari selusin rumah tangga di Inggris jika digabungkan. Jadi angkanya bertambah dengan sangat cepat,” lanjutnya.

    Ada banyak variabilitas dalam cara kerja model AI yang besar dan perusahaan-perusahaan teknologi besar, yang telah mendorong ledakan ini, belum sepenuhnya terbuka tentang penggunaan energi mereka.

    Namun dalam makalahnya, de Vries membuat perhitungan kasar berdasarkan angka yang dikeluarkan oleh Nvidia, yang dijuluki sebagai “Cisco” dari ledakan AI.

    Menurut angka dari New Street Research yang dilaporkan oleh CNBC, pembuat chip ini memiliki sekitar 95% pangsa pasar untuk prosesor grafis.

    De Vries memperkirakan dalam makalah tersebut bahwa pada tahun 2027, seluruh sektor AI akan mengkonsumsi antara 85 hingga 134 terawatt-jam (satu miliar kali kilowatt-jam) setiap tahunnya.

    “Anda berbicara tentang konsumsi listrik AI yang berpotensi menjadi setengah persen dari konsumsi listrik global pada tahun 2027. Saya pikir itu adalah angka yang cukup signifikan, ” kata de Vries.

    Menurut perhitungan Business Insider berdasarkan laporan dari Consumer Energy Solutions, beberapa bisnis dengan penggunaan listrik paling tinggi di dunia terlihat kecil jika dibandingkan. Samsung misalnya, menggunakan hampir 23 terawatt-jam.

    Sementara raksasa teknologi seperti Google menggunakan sedikit lebih dari 12 terawatt-jam dan Microsoft menggunakan sedikit lebih dari 10 terawatt-jam untuk menjalankan pusat data, jaringan, dan perangkat pengguna.

    (jsn/fyk)

  • Mau Tahu Cara Cek Nomor Telkomsel Tanpa Pusing? Simak Ini

    Mau Tahu Cara Cek Nomor Telkomsel Tanpa Pusing? Simak Ini

    Jakarta

    Cara untuk mengetahui nomor Telkomsel sebenarnya sederhana dan dapat dilakukan dengan mudah, bahkan di tempat manapun. Meski begitu, banyak orang yang masih kurang familiar dengan cara hal tersebut.

    Telkomsel adalah salah satu operator layanan telekomunikasi seluler di Indonesia yang menyediakan layanan kepada penggunanya. Salah satu cara untuk mengetahui nomor telepon yang sedang digunakan adalah dengan menghubungi dial up di kontak HP.

    Jika kamu lupa dengan nomor telepon pribadimu, terdapat beberapa metode mudah dan cepat untuk melakukan pengecekan. Berikut penjelasannya secara rinci.

    Cara Cek Nomor Telkomsel

    Penting untuk diingat bahwa lupa dengan nomor HP sendiri adalah sesuatu yang sering terjadi. Ada beberapa cara untuk mengecek nomor Telkomsel, termasuk menggunakan panggilan dial, menghubungi call center, menggunakan aplikasi, mengunjungi website resmi, dan memanfaatkan bantuan virtual assistant.

    1. Dial Up

    Cara cek nomor Telkomsel yang pertama yaitu dengan menghubungi menu dial di kontak HP kamu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

    Buka menu panggilan di smartphone.Ketik *808#.Kemudian, tekan tombol Call/Panggil.Setelah itu akan keluar pop up notifikasi tentang nomor Telkomsel yang terpampang di atas layar HP.

    2. Melalui Aplikasi MyTelkomsel

    Berikutnya, kamu dapat memeriksa nomor Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel. Dengan aplikasi ini, kamu tidak hanya dapat mengecek nomor, tetapi juga mendapatkan informasi lain seperti masa aktif nomor, pulsa, dan paket data internet.

    Unduh aplikasi MyTelkomsel di Play Store atau App Store.Daftarkan nomor Telkomsel ke dalam aplikasi.Di bagian pojok kiri atas, tertera nomor telepon Telkomsel yang kamu gunakan saat ini.

    3. Call Center Telkomsel

    Cara ketiga untuk memeriksa nomor Telkomsel adalah dengan menghubungi call center resmi Telkomsel. Dikutip dari situs resmi Telkomsel, Kamis (12/3/2024) langkah mudah untuk mengetahui nomor telepon kamu adalah dengan menelepon nomor 188. Biaya panggilan untuk pengguna Telkomsel Prabayar adalah Rp. 300. Namun, pelanggan Telkomsel Halo dan Diamond tidak akan dikenakan biaya tambahan.

    4. Website Resmi Telkomsel

    Jika metode-metode sebelumnya belum memberikan hasil, langkah berikutnya untuk memeriksa nomor Telkomsel adalah dengan mengunjungi situs resmi Telkomsel melalui perangkat HP atau laptop Anda. Ini caranya:

    Buka aplikasi web browser di HP atau laptop kamu.Lalu, ketik www.telkomsel.com atau search di Google dengan keyword “Telkomsel”.Jika kamu pengguna baru, buat akun terlebih dahulu.Setelah itu, kamu akan dibimbing ke aplikasi MyTelkomsel agar dapat melihat nomor telepon di bagian kiri atas beranda.

    5. Virtual Assistant Telkomsel

    Asisten virtual Telkomsel bernama Veronika dapat memberikan informasi terkait paket data, roaming, dan juga memungkinkan pengecekan nomor telepon. Layanan asisten virtual ini tersedia 24 jam sehari, sehingga Veronika dapat membantu pengguna dalam mengecek nomor telepon mereka kapan saja.

    Berikut adalah cara mengakses informasi tentang produk dan layanan Telkomsel melalui asisten virtual.

    Chat veronika: tsel.me/chatvaAplikasi MyTelkomsel: my.telkomsel.com/app/chatbotWebsite: telkomsel.comFacebook Messenger: tsel.me/facebookVATelegram: tsel.me/telegramVA

    Itu tadi beberapa metode yang dapat detikers coba untuk mengecek nomor Telkomsel saat mengalami kesulitan atau lupa nomor telepon sendiri. Fitur-fitur yang disediakan oleh Telkomsel diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam mengetahui nomor telepon yang kamu gunakan.

    *Artikel ini ditulis oleh Mohammad Frizki Pratama, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

    (fay/fay)

  • Kode Redeem Ojol The Game 8 Maret, Hadiahnya Menggiurkan

    Kode Redeem Ojol The Game 8 Maret, Hadiahnya Menggiurkan

    Jakarta

    Ada kode redeem Ojol The Game lagi nih. Buruan klaim, karena hadiahnya cukup menggiurkan lho.

    Kode ini resmi dibagikan oleh Sang Developer, CodeXplore. Namun tidak diketahui berapa banyak pemain yang bisa mengklaimnya, dan sampai kapan masa aktif dari kode tersebut.

    Oleh sebab itu ada baiknya gamer langsung menggunakannya, setelah mengetahui kode redeem Ojol The Game. Kalau sudah ditukar, baru bagikan ke teman-teman kalian.

    Kode Redeem Ojol The GameHadiah kode redeem Ojol The Game 8 Maret 2024. Foto: (Google Play Store)

    Bagi gamer yang penasaran dengan kode redeem Ojol The Game bisa cek di bawah, seperti pantauan detikINET, Jumat (8/3/2024). Ketika detikINET mengklaimnya, hadiah yang diperolah dapat lihat pada gambar di atas.

    Cara Klaim Kode Redeem Ojol The Game

    Untuk cara klaim kode redeem Ojol The Game sangat mudah. Jika gamer masih bingung, bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

    Apabila sudah mengunduh Ojol The Game, bisa langsung masuk ke dalam game.Lalu di halaman utama pilih Gift atau klik ikon kado.Masukkan kode redeem Ojol The Game.Klik Redeem.Setelah itu secara otomatis hadiah akan masuk.

    Menggunakan kode redeem Ojol The Game memang menjadi cara cepat untuk menambah uang, koin, dan meningkatkan level. Meskipun sebenarnya semua itu bisa dilakukan secara manual, dengan menjalankan beragam misi yang diberikan.

    Jika tugas dijalankan dengan baik, gamer akan memperoleh reward mulai dari uang, poin pengalaman bermain, point, dan bintang sebagai tanda kepuasan pelanggan.

    Tambahan informasi bagi kalian yang belum memainkannya. Ketika pertama kali masuk ke dalam permainan, pemain hanya akan diberikan modal 10 ribu uang virtual dan tiga koin.

    Nah ada cara mudah untuk membuat uang virtual dan koin menjadi lebih banyak. Caranya dengan klaim kode redeem Ojol The Game di atas.

    (hps/fay)

  • Synology BeeStation, Bisa Bikin Penyimpanan Cloud Pribadi

    Synology BeeStation, Bisa Bikin Penyimpanan Cloud Pribadi

    Jakarta

    Synology merilis produk barunya yang bernama BeeStation yang berfungsi untuk menjadi penyimpanan cloud pribadi dengan mudah.

    Pada dasarnya BeeStation adalah sebuah network attached storage (NAS), yaitu solusi penyimpanan (hardisk) yang terpasang ke router. Bedanya, BeeStation ini dilengkapi dengan aplikasi pendukung dengan berbagai fungsi.

    Pengguna bisa melakukan backup data, mengelola, dan yang jelas bisa punya kendali penuh atas data pribadinya. Pengguna juga akan bisa mengakses datanya dari mana pun, tak cuma dari jaringannya di tempat BeeStation terpasang, dengan kapasitas penyimpanan sebesar 4TB.

    “Dengan BeeStation, kami dapat mengatasi kebutuhan yang berbeda. BeeStation mengemas semua kebutuhan manajemen file dan backup ke dalam satu kesatuan perangkat keras dan perangkat lunak yang lebih mudah diakses dan disederhanakan,” kata Lewis Sheng, Product Manager Synology, dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (8/3/2024).

    Proses instalasinya pun terbilang mudah. Pengguna cukup memindai QR code menggunakan ponsel atau tablet, dan menghubungkan BeeStation dengan router menggunakan kabel LAN.

    Aplikasinya tersedia dalam bentuk web, desktop, ataupun perangkat mobile, dan berfungi untuk mengelola dan mengakses file dari mana pun, persis seperti yang ditawarkan berbagai penyedia layanan penyimpanan cloud lain.

    Dengan BeeStation, backup otomatis foto dan video dari perangkat iOS dan Android akan menjaga kenangan terpenting pengguna. Selain itu, fitur pengelolaan foto yang didukung AI memudahkan pengguna dalam merapikan seluruh galeri foto, membuatnya lebih mudah untuk mencari dan berbagi foto atau album tertentu dengan pengenalan objek dan orang yang cepat dan akurat.

    Fitur BeeStation mencakup kemampuan untuk backup file dari Google Drive, Microsoft OneDrive, Dropbox, dan drive USB yang terhubung, memastikan bahwa pengguna selalu memiliki salinan data penting mereka.

    (asj/fay)

  • Viral Pesan Berantai WhatsApp Minta Matikan HP karena Radiasi Kosmik, Faktanya?

    Viral Pesan Berantai WhatsApp Minta Matikan HP karena Radiasi Kosmik, Faktanya?

    Jakarta

    Viral imbauan untuk mematikan HP dan laptop malam ini dan menjauhkannya dari badan karena radiasi kosmik. detikINET mendapatkan pesan berantai tersebut melalui platform chatting WhatsApp.

    Narasi yang digunakan dalam broadcast tersebut menakutkan. Bahkan, ditulis juga bahwa Anda bisa mengecek kabar tersebut di outlet media seperti BBC.

    Berikut isi pesan singkat yang mengajak orang-orang mematikan HP tengah malam nanti:

    Malam ini antara jam 00:30pagi hingga 3.30pagi pastikan off hp, laptop dll dan jauhkn dr badan anda. TV Singapore tlh mengumumkn berita tersebut. Tlg beritahu keluarga dan sahabat2 anda. Malam ini antara jam 00:30 pagi hingga 3.30 pagi bumi kita akan menghadapi radiasi yg paling tinggi. Pancaran cahaya Cosmic akan melintasi dekat dgn bumi. Oleh itu off hp dll dan jauhkn dr badan anda sbb akn menyebabkan kita mendapat efek radiasi yg berbahaya….Boleh lihat di google dan NASA dan berita BBC. Bagikan pesan ini kpd org2 lain yg penting bagi keluarga ,Teman,Sahabat, dan juga anak istri anda. Anda blh menyelamatkan nyawa banyak orang dengan berbuat demikian…
    Semoga bermanfaat
    Aamiin…🙏🏻🙏🏻

    Kami pun mengecek kabar tersebut dengan mudah dengan berseluncur di internet. Tidak ada artikel BBC yang dimaksud.

    Lebih lanjut, melansir Vishvas News, sinar kosmik sebenarnya adalah inti atom berenergi tinggi atau partikel lain yang bergerak melintasi ruang angkasa dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Bumi terus-menerus bersentuhan dengan sinar kosmik, namun medan magnet atmosfer dan bumi sebagian besar memantulkannya kembali ke luar angkasa. Lapisan atmosfer melindungi Anda dari sinar ini.

    “Postingan tersebut menyebutkan Singapore TV. Kami memeriksa dan menemukan bahwa tidak ada saluran seperti itu,” tulis Vishvas News.

    Konfirmasi juga dilakukan ke Badan Antariksa India yakni ISRO. Hasilnya, bisa dipastikan bahwa berita ini salah. Manusia dan gadget di Bumi cukup aman dari sinar kosmik.

    (ask/jsn)

  • Bos Apple Janjikan Terobosan Baru Lewat AI

    Bos Apple Janjikan Terobosan Baru Lewat AI

    Jakarta

    CEO Apple Tim Cook menjanjikan terobosan baru lewat generative AI yang akan mereka rilis pada tahun ini.

    Janji ini diberikan Cook saat berbicara dalam pertemuan tahunan dengan para investor Apple. Ini adalah kali kedua Cook memberikan teaser terkait fitur AI yang akan dirilis oleh Apple.

    Menurutnya, Apple melihat potensi yang sangat besar dalam generative AI. Hal itulah yang membuat mereka mau berinvestasi sangat besar di sektor ini.

    “Kami percaya kalau ini akan membuka kesempatan transformatif untuk pengguna di ranah produktivitas, pemecahan masalah, dan lainnya,” kata Cook, seperti dikutip detiKINET dari Reuters, Sabtu (2/3/2024).

    Dibanding perusahaan teknologi lain, Apple bisa dibilang yang paling terlambat dalam merilis produk generative AI, yang bisa menghasilkan respon layaknya manusia saat diberi perintah tertulis.

    Microsoft dan Google sudah lebih dulu menggarap ranah ini, misalnya, Microsoft lewat kerjanya sama dengan OpenAI, dan Google lewat Gemini. Namun, biasanya Apple memang lebih lambat dalam menghadirkan sesuatu yang sedang tren di ranah teknologi.

    Menurut Cook, Apple sebenarnya sudah mulai menggarap AI sejak lama. Harapannya memang Apple bisa menghadirkan generative AI yang lebih menyeluruh, mengingat mereka punya akses lebih dalam di perangkat-perangkatnya, baik itu dari sisi software maupun hardware, termasuk chip Apple Silicon yang memang didesain sesuai keinginan mereka.

    “Setiap Mac yang ditenagai Apple Silicon adalah mesin AI yang sangat mumpuni. Bahkan, tak ada komputer untuk keperluan AI yang lebih bagus (dari Mac) di pasaran saat ini,” kata Cook.

    Sebelumnya Bloomberg juga melaporkan kalau Apple berencana menggunakan AI untuk meningkatkan kemampuan pencarian dari data yang tersimpan di perangkat Apple.

    (asj/jsn)

  • Kisah Estetika Vaia yang Nyaman dalam Shopee 3.3 Grand Fashion Sale

    Kisah Estetika Vaia yang Nyaman dalam Shopee 3.3 Grand Fashion Sale

    Jakarta, CNN Indonesia

    Brand sepatu Vaia menjawab kebutuhan wanita akan sepatu berdesain elegan dengan kualitas unggul yang nyaman digunakan. Menyambut kampanye Shopee 3.3 Grand Fashion Sale yang berlangsung hingga 3 Maret nanti, Vaia membagi kisah perjalanan dalam industri fashion lokal, hingga peran Shopee melalui berbagai program dan fitur yang menguntungkan penjual maupun pembeli.

    Affania Fariza Balqis mendirikan Vaia pada 2017. Sebagai seorang wanita karier, dia ingin mengenakan sepatu bergaya yang dapat digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

    Affania menyatakan, dalam menjalankan peran sebagai seorang ibu, wanita karier, maupun mahasiswa, dirinya selalu mengutamakan kenyamanan. Dia menyadari, tak mudah mendapatkan nilai estetika dan kenyamanan dari sepasang sepatu.

    “Sehingga di tahun 2017 pun, tekadku semakin bulat untuk mengubah situasi tersebut dan menghadirkan solusi. Bagi aku sepasang sepatu tidak hanya dapat mengantarkan ke tempat tertentu, tetapi juga menjadi salah satu penopang dalam setiap kegiatan,” kata Affania.

    Tak lama, Vaia dilahirkan, sebagai merek sepatu yang menggabungkan desain yang menarik dan kenyamanan untuk menemani dalam menjalankan peran masing-masing di berbagai momentum.

    Kelahiran Vaia kemudian membuka lapangan kerja bagi pengrajin, juga dengan pemanfaatan bahan baku yang diproduksi secara lokal. Berawal dari dua orang anggota tim produksi, kini Vaia berhasil membangun fabrikasi sendiri, menggunakan beberapa enhancement bahan baku yang 100 persen di produksi di Indonesia dengan sekitar 60 pekerja.

    Setiap sepatu Vaia diproduksi dengan teliti menggunakan material terbaik. (dok. Istimewa)

    Adapun tiga keunggulan yang menjadikan Vaia berbeda, adalah comfort, melalui perpaduan gaya dan kenyamanan; quality craftsmanship and material, memastikan setiap produk dibuat dengan teliti menggunakan material terbaik; serta timeless elegance, memberi sensasi elegan kepada Vaia Lady, sebutan untuk pengguna Vaia.

    Kegigihan dan kerja sama tim Vaia kemudian mendapat hasil semakin besar usai bergabung dengan Shopee pada 2020. Di tengah pandemi, Vaia berkembang melalui penjualan dan pemasaran secara online.

    “Saat itu, Shopee tidak hanya diminati masyarakat untuk memenuhi kebutuhan, tetapi juga menjadi salah satu strategi yang sangat membantu bagi para pengusaha untuk tetap menjalankan bisnis. Setelah 2 hingga 3 bulan setelah bergabung, perlahan kami bangkit, khususnya dengan hadirnya kampanye angka kembar dan lebaran yang bisa meningkatkan penjualan Vaia hingga 80 persen dari sebelumnya,” kata Affania.

    Bagi Vaia, beradaptasi terhadap teknologi jadi mudah berkat kehadiran Shopee yang memiliki berbagai kampanye, fitur hingga program. Menurut Affania, hal-hal yang dapat dioptimalkan antara lain bundling, Shopee Live, Shopee Ads, Affiliate hingga gratis ongkir.

    “Senang sekali Vaia dapat berjalan berdampingan dengan Shopee yang telah menemani langkah kami di tengah era digital yang terus berkembang. Sama seperti visi dan misi Vaia untuk memberikan kenyamanan dan gaya dari sepasang sepatu, poin ini juga menjadi pilar dalam menjaga keberlangsungan bisnis,” lanjutnya.

    Berikut adalah beberapa strategi yang diterapkan Vaia usai bergabung dengan Shopee:

    Fitur interaktif untuk bangun kedekatan

    Tak dapat dipungkiri, teknologi turut berperan dalam gaya belanja online saat ini. Melalui sesi live streaming di Shopee Live, Vaia mendapati bahwa interaksi secara langsung dapat meningkatkan daya tarik konsumen, dengan memberikan informasi produk yang lebih jelas.

    Hal ini pun berdampak terhadap peningkatan penjualan dan eksposur hingga kedatangan pembeli baru.

    Garansi Bebas Pengembalian

    Affanie mengungkapan, menjual sepatu secara digital tidak mudah, dengan perbedaan bentuk kaki hingga jenis masing-masing sepatu. Untuk itu, dirinya menyambut baik Program Garansi Bebas Pengembalian yang meyakinkan konsumen untuk membeli karena produk bisa dikembalikan sesuai ketentuan.

    Selama dua bulan mengikuti Program Garansi Bebas Pengembalian, Vaia menyebut belum pernah ada pembeli yang mengembalikan produk. Vaia ditegaskan selalu memberi foto dan keterangan jelas sesuai bentuk fisik produk.

    “Program ini tentunya sangat berguna karena bisa turut membantu mendorong peningkatan pesanan, terutama dari konsumen-konsumen yang masih takut berbelanja online. Sehingga, program ini juga bisa membantu kami dalam hal customer acquisition,” katanya.

    VAIA Awali Ramadan dengan Rangkaian 3.3 Grand Fashion Sale

    Melanjutkan inovasi memberi layanan terbaik bagi konsumen, Vaia menyambut bulan Ramadan dengan koleksi RAYA. Tiga koleksi spesial yang dirancang dengan karakter berbeda akan hadir, tepat sebagai pilihan kegiatan silaturahmi ke keluarga, juga halal-bihalal.

    Sepatu Vaia. (dok. Istimewa)

    Masih di kampanye 3.3 Grand Fashion Sale, Vaia juga mempersiapkan rangkaian keseruan dan penawaran menarik yang dihadirkan untuk pengguna Shopee, termasuk Kombo Hemat, diskon hingga 25 persen, serta melengkapi produk-produk terlaris dalam jumlah terbatas.

    Pastikan untuk tidak melewatkan ragam promo terbaik, dan penuhi koleksi produk fashion favorit di Shopee 3.3 Grand Fashion Sale. Pada puncak kampanye yang berlangsung pada 3 Maret 2024, pengguna dapat menikmati Gratis Ongkir Rp0 Semua Toko, Dijamin Diskon 50% dan Checkout Fashion Gratis.

    Informasi lebih lanjut mengenai kampanye 3.3 Grand Fashion Sale bisa didapat di sini. Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan aktifkan ShopeePay. 

    (rea/rir)

    [Gambas:Video CNN]