Perusahaan: Google

  • Cara Gunakan Fitur Suara di Google Docs, Mengetik Jadi Lebih Cepat

    Cara Gunakan Fitur Suara di Google Docs, Mengetik Jadi Lebih Cepat

    Surabaya (beritajatim.com) – Salah satu fitur aplikasi yang sangat berguna untuk mengetik dokumen atau mengolah data adalah Google Docs. Aplikasi ini banyak digunakan di era yang serba modern ini, seperti untuk membuat laporan, mengerjakan tugas secara berkelompok, dan masih banyak lagi.

    Google Docs sendiri memiliki beragam fitur, dan salah satunya yang unggulan adalah kemampuan untuk mengetik secara otomatis menggunakan suara. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah mengkonversi suara menjadi teks berkat teknologi canggih yang digunakan oleh Google Docs. Ini tentu saja membuat pengguna dapat bekerja lebih mudah dan efisien.

    Bagi kalian yang ingin memanfaatkan fitur ini, berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menggunakan fitur mengetik otomatis dengan suara di Google Docs.

    1. Membuka Google Chrome

    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Google Chrome di perangkat yang kalian gunakan. Pastikan kalian sudah masuk ke akun Google sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

    2. Membuka Google Docs

    Pada halaman beranda Google, yang terletak di pojok kanan atas, terdapat menu opsi. Klik logo tersebut, lalu scroll ke bawah hingga kamu menemukan Google Docs. Klik opsi Google Docs untuk membukanya di perangkat kalian.

    3. Membuka Dokumen Baru atau Resume

    Setelah masuk ke Google Docs, langkah berikutnya adalah membuka dokumen baru. Kalian bisa memilih template Resume yang tersedia di bagian atas layar. Ini akan mengarahkan kalian untuk membuat dokumen baru di Google Docs.

    4. Mengakses Menu “Alat” dan Memilih “Dikte”

    Di dalam Google Docs, hapus teks standar yang muncul di dokumen baru. Setelah itu, klik menu “Alat” di bagian atas layar. Scroll ke bawah hingga kalian menemukan opsi “Dikte”. Pilih opsi ini untuk mulai menggunakan fitur dikte.

    5. Memberikan Izin Akses Mikrofon

    Google Docs kemudian akan meminta izin untuk mengakses mikrofon perangkat kalian. Pastikan kalian memberikan izin yang diminta. Ikon mikrofon akan muncul di bagian kiri atas layar. Klik ikon mikrofon tersebut untuk mulai berbicara.

    6. Mulai Menggunakan Fitur Dikte

    Setelah izin mikrofon diberikan, tekan tombol mikrofon yang muncul di samping dokumen. Mulailah berbicara dengan jelas dan Google Docs akan secara otomatis mengonversi suaramu menjadi teks.

    Tips Menggunakan Fitur Dikte dengan Optimal

    Agar fitur dikte di Google Docs dapat berfungsi dengan optimal, pastikan kalian berbicara dengan jelas dan tidak terlalu cepat. Hindari berbicara dengan latar belakang yang berisik agar mikrofon dapat menangkap suara dengan baik. Jika terjadi kesalahan dalam pengenalan suara, kalian bisa mengoreksi teks secara manual menggunakan keyboard.

    Fitur dikte di Google Docs menawarkan kemudahan bagi pengguna yang ingin mengetik tanpa harus menggunakan keyboard. Dengan mengikuti panduan di atas, kalian dapat memanfaatkan teknologi ini untuk membuat proses pengetikan menjadi lebih cepat dan efisien. Jangan lupa untuk selalu menyimpan dokumen setelah selesai dan memanfaatkan opsi berbagi dokumen untuk kolaborasi dengan orang lain.

    Dengan begitu, penggunaan fitur dikte di Google Docs dapat meningkatkan produktivitas dalam membuat berbagai jenis dokumen. Nikmati kemudahan mengetik dengan suara dan optimalkan waktu kerja dengan teknologi ini! [mnd/aje]

  • Ledakan Balon Udara, 15 Warga Muneng Ponorogo Diamankan

    Ledakan Balon Udara, 15 Warga Muneng Ponorogo Diamankan

    Ponorogo (beritajatim.com) – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Ponorogo mengamankan puluhan warga Desa Muneng Kecamatan Balong Ponorogo. Tercatat, ada 15 orang diamankan terkait meledaknya balon udara di area persawahan Desa Muneng pada Senin (13/5/2024) pagi kemarin.

    “Terkait kasus balon udara yang meledak, kita amankan 15 orang,” kata Kasat Reskrim Polres Ponorogo AKP Ryo Perdana, Selasa (14/5/2024).

    15 orang yang sudah diamankan terdiri dari 7 dewasa dan 8 sisanya masih di bawah umur. 7 warga dewasa itu terdiri dari 5 laki-laki dan 2 perempuan.

    Mereka yang diamankan ini, diduga terlibat dalam pembuatan balon udara disertai mercon yang meledak pada Senin kemarin.

    “Jadi ada 8 orang yang masih dibawah umur dan 7 orang sudah berusia dewasa. Dari 7 orang dewasa itu, terdiri dari 5 laki-laki dan 2 perempuan,” katanya.

    Dari jumlah yang diamankan itu, ada 2 orang yang belum dimintai keterangan. Sebab, kedua orang itu sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Mereka mengalami luka bakar akibat ledakan dari balon udara tersebut. Namun, menurut Ryo, keduanya tidak bisa dikatakan korban, sebab mereka juga ikut di dalamnya.

    “Yang dirawat di rumah sakit itu, belum bisa dinamakan korban, karena keduanya juga ikut di dalamnya,” pungkasnya.

    Diberitakan sebelumnya, ledakan mercon yang dipasang di balon udara di Ponorogo, suaranya menggelegar. Bunyi ledakan yang menggelegar pada saat pagi hari tersebut, mengagetkan orang-orang di Bumi Reyog.

    Pasalnya, bunyinya itu terdengar di radius lebih dari 10 kilometer dari pusat ledakan yang berada di area persawahan Desa Muneng Kecamatan Balong Ponorogo.

    “Tadi pagi itu saya ingat saat sedang momong anak kedua, tiba-tiba terdengar suara ledakan mercon yang menggelegar gitu,” kata Erna Aminin, warga di Desa/Kecamatan Sukorejo Ponorogo.

    Ia pun berfikir bahwa ledakan yang menggelegar itu, tidak biasanya suara dari mercon biasa. Ia pun penasaran, dengan melihat-lihat di media sosial (medsos), ternyata banyak yang posting tentang mempertanyakan sumber ledakan menggelegar yang baru terjadi.

    “Usai mendengar ledakan itu, saya penasaran lihat di Facebook, ternyata banyak juga yang mendengarnya. Mereka rata-rata mempertanyakan sumber ledakan itu di mana. Namun, belum ada jawaban yang pasti di kolom-kolom komentar itu,” katanya.

    Selang beberapa jam kemudian, Erna pun melihat lagi di internet sudah ada beritanya. Ternyata ledakan menggelegar itu, berasal dari balon udara yang dipasangi mercon di Desa Muneng Kecamatan Balong Ponorogo. Bahkan akibat ledakan itu menimbulkan 4 orang mengalami luka-luka dan 1 diantaranya harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka bakar 63 persen.

    “Tadi lihat di media online beritajatim ternyata sudah ada beritanya. Terjadi di Desa Muneng Kecamatan Balong. Coba cek di Google Maps ternyata jaraknya dengan rumah saya 14 kilometer. Penasaran merconnya itu besarnya berapa sampai terdengar segitunya,” pungkas Erna. [end/beq]

  • Menggelegar, Ledakan Balon Udara di Ponorogo Terdengar Radius Lebih 10 Km

    Menggelegar, Ledakan Balon Udara di Ponorogo Terdengar Radius Lebih 10 Km

    Ponorogo (beritajatim.com) – Ledakan mercon yang dipasang di balon udara di Ponorogo, suaranya menggelegar. Bunyi ledakan yang menggelegar pada saat pagi hari tersebut mengagetkan orang-orang di bumi reog.

    Pasalnya, bunyi ledakan yang menggelegar itu terdengar di radius lebih dari 10 kilometer dari pusat ledakan yang berada di area persawahan Desa Muneng Kecamatan Balong Ponorogo.

    “Tadi pagi itu saya ingat saat sedang momong anak kedua, tiba-tiba terdengar suara ledakan mercon yang menggelegar,” kata Erna Aminin, warga di Desa/Kecamatan Sukorejo Ponorogo, Senin (13/5/2024).

    Ia pun berfikir bahwa ledakan yang menggelegar itu, tidak dari mercon biasa. Ia pun penasaran, dengan melihat-lihat di media sosial (medsos), ternyata banyak yang posting tentang mempertanyakan sumber ledakan menggelegar yang baru terjadi.

    “Usai mendengar ledakan itu, saya penasaran lihat di Facebook, ternyata banyak juga yang mendengarnya. Mereka rata-rata mempertanyakan sumber ledakan itu di mana. Namun, belum ada jawaban yang pasti di kolom-kolom komentar itu,” katanya.

    Selang beberapa jam kemudian, Erna melihat lagi di internet sudah ada beritanya. Ternyata ledakan menggelegar berasal dari balon udara yang dipasangi mercon di Desa Muneng Kecamatan Balong Ponorogo.

    Bahkan akibat ledakan itu menimbulkan 4 orang mengalami luka-luka dan 1 diantaranya harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka bakar 63 persen.

    “Tadi lihat di media online beritajatim ternyata sudah ada beritanya. Terjadi di Desa Muneng Kecamatan Balong. Coba cek di Google Maps ternyata jaraknya dengan rumah saya 14 kilometer. Penasaran merconnya itu besarnya berapa sampai terdengar segitunya,” pungkas Erna.

    Peristiwa balon udara meledak terjadi di Kabupaten Ponorogo. Kejadian itu terjadi pada Senin (13/5) pagi sekitar pukul 06.30 WIB di area persawahan Desa Muneng Kecamatan Balong Ponorogo. Akibat kejadian itu, ada 4 orang yang menerbangkan balon udara itupun mengalami luka-luka.

    Mereka terkena ledakan mercon dari balon udara yang belum sempat terbang tersebut. “Benar tadi ada ledakan balon udara di area persawahan di Dusun Muneng Tengah Desa Muneng,” kata Kapolsek Balong, AKP Agus Wibowo.

    AKP Agus mengungkapkan bahwa balon udara itu belum sempat terbang. Balon udara itu dikasih ratusan mercon yang nantinya bisa meledak di udara. Namun, belum sampai naik, mercon itu malah sudah meledak saat masih berada di bawah.

    Sehingga ledakan itu mengenai orang-orang yang menerbangkan. “Balon itu dikasih mercon, belum sempat naik dan sudah meledak duluan,” katanya. [end/suf]

  • Cara Update Play Store serta Aplikasi di Dalamnya

    Cara Update Play Store serta Aplikasi di Dalamnya

    Jakarta

    Google Play Store merupakan toko resmi untuk perangkat Android yang dikembangkan oleh Google.

    Di dalamnya kamu bisa menikmati ribuan aplikasi, permainan, musik, film, buku, majalah, dan sebagainya dengan mengunduhnya melalui perangkat android.

    Nah, jika kita biasanya mengupdate aplikasi atau game melalui Play Store, lalu bagaimana cara kita meng-update Play Store itu sendiri? Simak penjelasannya berikut ini.

    Cara Mengupdate Google Play Store

    Dilansir dari website Google, berikut adalah cara memperbarui Google Play Store.

    Buka aplikasi Google Play Store.Di pojok kanan atas layar, ketuk ikon profil kamu.Pilih opsi “Setelan”.Gulir ke bawah dan pilih “Tentang”.Pilih opsi “Versi Play Store”.Kamu akan menerima pemberitahuan bahwa Google Play Store telah diperbarui ke versi terbaru. Ketuk “Oke”.Jika pembaruan tersedia, itu akan secara otomatis didownload dan diinstal dalam beberapa menit.Cara Mengelola Update Aplikasi Android yang Ada di Play Store

    Adapun cara untuk mengelola pembaruan aplikasi yang ada di Play Store dengan langkah-langkah berikut ini.

    Buka aplikasi Google Play Store.Di sudut kanan atas layar, ketuk ikon profil kamu.Pilih opsi “Kelola aplikasi & perangkat”.Pilih “Kelola”.Temukan aplikasi yang ingin kamu perbarui.Pastikan aplikasi yang memiliki pembaruan tersedia memiliki label “Update tersedia”.Ketuk “Update” di samping aplikasi yang ingin kamu perbarui.Tunggu sampai proses pembaruan selesai.Jika kamu memiliki lebih banyak aplikasi yang perlu diperbarui, ulangi langkah-langkah di atas.Cara Mengatur Update Aplikasi di Play Store Secara Otomatis

    Kamu juga bisa melakukan update aplikasi di dalam Play Store secara otomatis. Berikut caranya.

    Buka aplikasi Google Play Store.Di pojok kanan atas layar, ketuk ikon profil.Pilih opsi “Setelan”.Gulir ke bawah dan pilih “Preferensi Jaringan”.Pilih opsi “Update aplikasi secara otomatis”.Pilih salah satu dari dua opsi berikut:”Melalui jaringan apa pun” ini akan memperbarui aplikasi menggunakan koneksi WiFi atau data seluler.”Hanya melalui WiFi” ini akan memperbarui aplikasi hanya ketika perangkat terhubung ke jaringan Wi-Fi.

    Itu dia cara melakukan pembaruan atau update Google Play Store, beserta cara mengatur pembaruan aplikasi-aplikasi yang sudah kamu pasang di HP Android kamu. Semoga bermanfaat.

    (inf/inf)

  • Apple Siapkan Pesaing Galaxy AI untuk iOS 18, Ini Bocorannya

    Apple Siapkan Pesaing Galaxy AI untuk iOS 18, Ini Bocorannya

    Jakarta

    CEO Apple Tim Cook sudah mengisyaratkan kehadiran fitur kecerdasan buatan (AI) di iPhone dan perangkat lainnya dalam waktu dekat. Bocoran terbaru mengungkap fitur AI apa saja yang akan hadir di iOS 18.

    AppleInsider membagikan sejumlah informasi tentang fitur AI yang akan hadir di aplikasi penting di iOS. Update ini menyasar aplikasi seperti Safari, Spotlight Search, Siri, Mail, dan Messages untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan AI.

    Menurut laporan tersebut, asisten pintar Siri akan mendapatkan upgrade besar berkat bantuan AI. Siri kabarnya akan dilengkapi kemampuan untuk menganalisa dan merangkum pesan di aplikasi Messages.

    AppleInsider sebelumnya mengatakan fitur serupa bernama ‘Intelligent Search’ akan hadir di browser Safari di iOS 18. Fitur ini berfungsi untuk merangkum halaman web.

    Fitur-fitur AI di iOS 18 akan ditenagai large language model (LLM) buatan Apple bernama Ajax. Guna menjaga privasi pengguna, sebagian besar fitur ini akan menggunakan AI on-device sehingga data pengguna tetap berada di perangkat.

    Laporan AppleInsider mengatakan Ajax memproses permintaan pengguna secara on-device untuk menghasilkan respons yang sederhana. Namun untuk permintaan yang lebih rumit sepertinya model AI ini harus menghubungi server.

    Apple sebelumnya dikabarkan sedang mendekati Google dan OpenAI untuk mentenagai fitur AI di iPhone. Jika kerjasama ini terwujud, kemungkinan Google atau OpenAI akan menangani fitur AI yang lebih rumit seperti menciptakan teks yang kreatif atau menganalisis teks secara mendalam, seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (4/5/2024).

    Saat earning call dengan investor setelah pengumuman laporan keuangan Apple, Cook mengaku tetap optimis dengan AI dan akan membagikan informasi yang menarik dalam waktu dekat. Ia juga mengatakan Apple memiliki kelebihan yang bisa membuat fitur AI-nya lebih menonjol dari kompetitor.

    Apple akan menggelar event pada 7 Mei besok di mana raksasa teknologi ini diperkirakan akan merilis iPad baru. Apple mungkin akan memberi sedikit petunjuk soal fitur AI-nya di event ini, namun informasi lengkapnya akan disimpan sampai event Worldwide Developers Conference yang digelar pada 10 Juni.

    (vmp/vmp)

  • Cara Cek Battery Health di HP Android, Coba Sekarang

    Cara Cek Battery Health di HP Android, Coba Sekarang

    Jakarta

    Kesehatan baterai sebuah perangkat menentukan kinerja. Jika battery health sudah menurun, maka daya tahannya juga akan menurun. Banyak faktor yang menyebabkannya kesehatan baterai menurun seperti penuaan kimia, suhu ekstrem, koneksi yang terus aktif, hingga pengisian daya yang salah.

    Namun, kamu harus tahu bahwa bukan cuma iPhone yang bisa cek kesehatan baterai, HP Android pun bisa. Caranya juga mudah. Berikut ini cara mengecek battery health atau kesehatan baterai di HP Android.

    Cara cek battery health di HP Samsung

    Buka aplikasi Samsung Members, pastikan sudah login
    Lanjut ke ‘Diagnostik Ponsel’
    Pilih ‘Status baterai’
    Setelah itu, kamu akan diperlihatkan status masa pakai. Jika baik maka statusnya akan tertulis ‘Baik’.

    Cara cek battery health di HP Xiaomi

    Pergi ke menu ‘Panggilan’
    Masukkan kode *#*#6485#*#*
    Nantinya akan muncul parameter battery health yang bertuliskan ‘Battery and Charger Info’.

    Cara cek battery health pakai aplikasi AccuBattery

    Unduh dan install aplikasi AccuBattery di Google Play Store
    Masuk ke aplikasi Accu Battery
    Pastikan baterai HP Android sudah berada di bawah 15%, atau bahkan 0%, kemudian sambungkan HP Android ke kabel charger
    Tunggu hingga persentase baterai sudah 100% dan lepas kabel charger
    Buka lagi aplikasi AccuBattery
    Nantinya, informasi tentang kesehatan baterai HP Android akan muncul.

    Jadi, itulah cara mengecek informasi battery health atau kesehatan baterai di HP Android. Semoga membantu.

    (ask/ask)

  • Apple Bikin Lab AI Rahasia, Isinya Eks Engineer Google

    Apple Bikin Lab AI Rahasia, Isinya Eks Engineer Google

    Jakarta

    Apple diduga membajak sejumlah ahli kecerdasan buatan (AI) dari Google dan mendirikan sebuah laboratorium AI di Zurich, Swiss.

    Fasilitas penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan memproduksi produk baru berbasis AI dan juga membuat model machine learning. Dugaan pembajakan sejumlah ahli AI dari Google ini berasal dari analisis yang dilakukan oleh Financial Times.

    Financial Times menganalisa ratusan lowongan pekerjaan, profil di LinkedIn, dan mempelajari sejumlah hal selama beberapa tahun ke belakang. Dari situ mereka menduga Apple sudah merekrut setidaknya 36 ahli AI dari Google, dimulai dari John Giannandrea pada 2018, yang kini menjadi bos divisi AI Apple, tepatnya sebagai SVP Machine Learning dan AI Strategy.

    Kemudian menurut profesor Luc Van Gool dari ETH Zurich, Apple sudah membuka sebuah lab riset dan pengembangan di Zurich bernama Vision Lab. Fasilitas penelitian itu mempekerjakan ahli dari dua startup lokal yang sudah diakuisisi Apple, yaitu FaceShift dan Fashwell.

    FaceShift, startup motion capture, diakuisisi oleh Apple pada 2015 dan Fashwell, startup pencarian visual berbasis AI, diakuisisi pada 2019, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Kamis (2/4/2024).

    Apple bahkan punya dua kantor perekrutan di Zurich, dan menurut Financial Times, salah satu dari kantor tersebut terlihat sangat tertutup, bahkan orang-orang yang bekerja di sekitar kantor tersebut tak menyadari kalau itu adalah kantor Apple.

    Apple menolak berkomentar mengenai keberadaan kantor dan laboratorium rahasia tersebut.

    Sejauh ini tim di Vision Lab sudah menghasilkan sejumlah hasil penelitiannya terkait generative AI, yang berfokus pada model penggunaan input teks dan gambar untuk menghasilkan jawaban yang akurat.

    Misalnya, pengguna bisa menanyakan tempat pembelian sebuah jaket yang gambarnya dipotret menggunakan kamera ponsel. Model machine learning tersebut bisa memberi jawaban dalam bentuk daftar toko-toko yang menjual jaket tersebut.

    Sampai saat ini Apple belum banyak gembar-gembor terkait penelitian ini, dan bahkan dianggap terlambat merambah sektor AI. Pasalnya perusahaan teknologi besar lain seperti Microsoft, Google, Amazon, dan lainnya sudah merilis berbagai produk berbasis AI selama beberapa tahun ke belakang.

    (asj/asj)

  • Sejarah Berdirinya beritajatim.com, Portal Berita Jawa Timur

    Sejarah Berdirinya beritajatim.com, Portal Berita Jawa Timur

    Surabaya (beritajatim.com) – Mulanya adalah lima wartawan dari sejumlah media massa cetak pada tahun 2006. Mereka adalah Abu Bakar Yarbo (harian Memorandum), Ainur Rohim (Suara Merdeka), Budi Sugiharto (detik.com), Dwi Eko.Lokononto (Surabaya Post) dan Lutfil Hakim (Bisnis Indonesia).

    Mereka saling kenal, menjalani profesi jurnalisme bertahun-tahun, dan memutuskan untuk memulai sesuatu yang baru. Ini sebuah peluang di depan mata: tak ada yang menggarap media massa online di Jawa Timur sebagai sebuah institusi bisnis.

    Saat itu, mayoritas media massa online terpusat di Jakarta, seperti Detik. com maupun Kompas.com. Di Surabaya, sekalipun ada media massa online, biasanya tak lebih hanya sebagai pelengkap media massa utama yang lebih dulu

    “Jadi ini ceruk yang belum tergarap selama ini di Jatim. Modalnya tidak sebesar media cetak memang. Namun untuk menghidupinya hingga berlanjut terus bukan hal mudah. Ini tantangan,” kata Dwi Eko Lokononto,pemimpin redaksi dan salah satu pendiri Beritajatim.com.

    Tekad dipancangkan, rencana dibuat. Lima wartawan ini siap menghadapi tantangan ini. Beritajatim.com mulai online di bawah bendera CV. Portal Jatim Media pada 14 Maret 2006. Namun, publikasi resmi dilakukan pada 1 April 2006.

    Pendanaan awal berasal dari patungan lima pendiri. Dana awal ini digunakan untuk membiayai kantor dan perangkat kerasnya, serta menggaji para wartawan. “Kehidupan media massa online bergantung pada iklan, dan orang mau mengiklan jika pembaca kami banyak. Pertumbuhan pembaca tergantung pada kuantitas dan kualitas berita yang kami sajikan. Tak ada pilihan lain kecuali kami harus memperbanyak jumlah wartawan untuk meliput kota-kota di Jatim,” kata Ainur Rohim, pendiri dan pemimpin perusahaan di Beritajatim. com.

    Pengiklan yang mau datang. Wajar, karena pangsa pasar belum terbiasa dengan kehadiran media massa online ‘real time’ dan masih terpaku pada media massa cetak, radio, dan televisi. Alhasil, lima pendiri harus menyubsidi perusahaan ini agar tetap tegak.

    Namun setiap masa gelap akan berujung terang. Beritajatim.com terselamatkan oleh reputasi lima pendiri mereka dan prinsip yang ditanamkan sejak mula. “Seputus asa apapun, kami tak boleh dapat iklan dengan cara menginjak kaki orang, karena tak akan langgeng. Ini harus diingat oleh jurnalis mana pun jika ingin beralih menjadi entrepreneur. Kami sadar, kami harus mengedukasi pasar tentang pentingnya media online,” kata Dwi Eko Lokononto.

    Dibandingkan media massa cetak, radio, apalagi televisi, pangsa pembaca media online di Indonesia, khususnya di Jawa Timur, masih belum besar. Penggunaan internet masih belum massif hingga pelosok daerah.

    Selain itu, masih ada hambatan dalam kecepatan koneksi karena keterbatasan bandwitdh. Mahalnya ongkos penggunaan internet pun membuat sebagian masyarakat agak enggan mengakses.

    Menteri Komunikasi dan Informatika saat itu, Mohammad Nuh mengatakan, “Kalau ditelepon, basisnya menit. (Penggunaan) internet basisnya juga menit. Padahal karakteristik keduanya berbeda. Padahal order internet di atas 30 menit dan jam.”

    Belum populernya internet tentu berpengaruh pada minat orang untuk beriklan. Jika berita adalah nyawa media massa, maka iklan adalah darahnya. Tanpa pemasukan yang memadai dari pemasangan iklan, maka perusahaan media harus bersiap gulung tikar.

    Media massa online belum seakrab koran atau televisi sebagai lahan promosi bagi para pebisnis, terutama yang masih berpandangan konservatif.

    Susahnya menarik pengiklan dibenarkan Saptini Darmaningrum, Manajer Bidang Usaha Portal Jatim Media yang akrab disapa Nining,.

    “Kita masuk ke salah satu perusahaan besar. Dia punya web sendiri. Kalau kita mengajukan pemasangan iklan di web Beritajatim, mereka bilang, ‘tempat kita sudah punya web sendiri’.

    Mereka merasa bisa promosi lewat web mereka sendiri.” Nama Beritajatim.com sendiri relatif belum dikenal.

    Beruntung, Lokononto dan Nining memiliki koneksi luas di dunia usaha saat sama-sama bekerja di Surabaya Post.

    Dibandingkan media massa cetak, radio, apalagi televisi, pangsa pembaca media online di Indonesia, khususnya di Jawa Timur, masih belum besar (tahun 2006). Penggunaan internet masih belum massif hingga pelosok daerah.

    Selain itu, masih ada hambatan dalam kecepatan koneksi karena keterbatasan bandwitdh.
    Mahalnya ongkos penggunaan internet pun membuat sebagian masyarakat agak enggan mengakses.
    Menteri Komunikasi dan Informatika saat itu, Mohammad Nuh mengatakan, “Kalau ditelepon, basisnya menit. (Penggunaan) internet basisnya juga menit. Padahal karakteristik keduanya berbeda. Padahal order internet di atas 30 menit dan jam.”

    Belum populernya internet tentu berpengaruh pada minat orang untuk beriklan. Jika berita adalah nyawa media massa, maka iklan adalah darahnya. Tanpa pemasukan yang memadai dari pemasangan iklan, maka perusahaan media harus bersiap gulung tikar. Media massa online belum seakrab koran atau televisi sebagai lahan promosi bagi para pebisnis, terutama yang masih berpandangan konservatif. Susahnya menarik pengiklan dibenarkan Saptini Darmaningrum, Manajer Bidang Usaha Portal Jatim Media yang akrab disapa Nining,.

    “Kita masuk ke salah satu perusahaan besar. Dia punya web sendiri. Kalau kita mengajukan pemasangan iklan di web Beritajatim, mereka bilang, ‘tempat kita sudah punya web sendiri’. Mereka merasa bisa promosi lewat web mereka sendiri.” Nama Beritajatim.com sendiri relatif belum dikenal. Beruntung, Lokononto dan Nining memiliki koneksi luas di dunia usaha saat sama-sama bekerja di Surabaya Post.
    Setelah menjadi wartawan, Lokononto sempat memimpin divisi usaha perusahaan media massa yang sempat nomor satu di Surabaya itu. Iklan yang saat ini ditayangkan di Beritajatim.com tak lepas dari hasil hubungan baik itu.

    Namun hubungan baik tak cukup dalam dunia bisnis. Nining harus datang dari satu perusahaan ke perusahaan lain untuk memperkenalkan media tempatnya bekerja. Ia juga aktif menawarkan Beritajatim.com sebagai media promo acara-acara tertentu seperti seminar. Harapannya, dengan menjadi media promo, Beritajatim.com setidaknya juga ikut dikenal.

    Salah satu cara membangun kedekatan dengan perusahaan adalah dengan memberitakan acara-acara perusahaan yang bersifat promosi maupun kehumasan, tanpa mengenakan tarif iklan berbentuk berita (advertorial, perpaduan advertisement editorial).

    Dengan memberitakan acara sebuah perusahaan secara intensif, ada harapan terjalin hubungan baik antara Beritajatim.com dengan perusahaan tersebut. Ujungujungnya tentu saja adalah pemasangan iklan.
    “Tapi memang ada batasannya dalam meliput (acara perusahaan). Kita hanya sebatas memberitakan info produk. Tidak ada detail nomor telpon maupun alamat terkait penjualan produk itu,” kata Nining.

    Beritajatim.com terbantu oleh beberapa perusahaan nasional dan multinasional yang mau memasang iklan, yakni Semen Gresik, Danone Aqua, Djarum, dan Bank Jatim. Semen Gresik bahkan
    menjadi pemasang iklan setia di media tersebut hingga saat ini. “Kami memandang Semen Gresik ini customer premium, dan kami hampir tak pernah menaikkan tarif iklan selama enam tahun,” kata Lokononto.

    Ada dua momentum yang melambungkan nama Beritajatim.com, yakni semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo dan konvensi calon gubernur Jatim yang digelar PDI Perjuangan. Beritajatim.com lahir tepat satu bulan sebelum semburan terjadi. “Kami relatif konsisten memberitakan semburan ini dari saat masih kecil hingga membesar, termasuk bagaimana dinamikanya, secara berimbang,” kata Ainur Rohim.

    Nama Beritajatim.com selalu muncul di halaman atas laman mesin pencari Google, saat ‘lumpur Lapindo’ diketikkan. Sedikit demi sedikit orang mulai mengenal Beritajatim.com. Semakin dikenal saat konvensi cagub, karena Beritajatim.com relatif bisa meliput di kota-kota tempat digelarnya konvensi tersebut. Publik bisa membaca bagaimana dinamika politik pertarungan antara Sutjipto dengan Soekarwo kala itu. Di kalangan penggemar sepakbola, terutama Bonek pendukung Persebaya dan Aremania penggemar Arema, nama Beritajatim.com juga menjadi rujukan. Bahkan, berita-berita tentang sepakbola terkait dua klub besar ini selalu menduduki tempat teratas berita yang paling banyak dibaca.

    Tiga tahun berjalan, Beritajatim.com semakin menemukan posisinya di pasar. Dari semula hanya dikunjungi 30 ribu pembaca per hari, kini rata-rata sudah dibaca lebih dari 600 ribu pembaca per hari. Keuntungan bersih pun semakin meningkat.

    “Kami berharap bisa menggenjot pendapatan, karena hanya dengan itu kami bisa meningkatkan kualitas dan standar kesejahteraan wartawan,” kata Ainur Rohim.

    Wartawan menjadi titik perhatian di Beritajatim.com.

    Manajemen sadar, sumber daya manusia adalah aset terpenting perusahaan. Dua hal harus diperhatikan: kesejahteraan dan kualitas.

    Khusus untuk peningkatan kualitas, perusahaan selalu mendorong wartawan mengikuti uji kompetensi yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia dan lembaga lain seperti Aliansi Jurnalis Independen. “Untuk ukuran media massa online lokal, kami memiliki wartawan terbanyak yang sudah lolos uji kompetensi, mulai dari level muda, madya, hingga utama,” kata Ainur Rohim.

    “Kami juga mendorong para wartawan mengikuti lomba-lomba jurnalisme. Membiasakan mereka bersaing dengan wartawan media massa lain dalam hal kualitas pemberitaan, bagus untuk memacu mereka agar lebih baik dalam berkarya,” kata Lokononto.

    Hasilnya, beberapa kali wartawan Beritajatim.com menyabet gelar juara, antara lain penghargaan Prapanca 2010 yang diraih jurnalis asal Jember, Oryza A. Wirawan, penghargaan jurnalisme dari Perusahaan Gas Nasional yang diraih wartawan ekonomi Renny, apresiasi jurnalistik dari PT Pertamina (Persero) kepada wartawan ekonomi Renny dan yang bersangkutan diberi penghargaan mengikuti pendidikan jurnalistik selama dua minggu di negara Belanda atau Petrokimia yang diraih Deni Ali Setiono.

    Dalam beberapa kali lomba jurnalistik, wartawan Beritajatim.com minimal meraih gelar juara harapan.
    Bagaimana ke depan? Lokononto optimistis, selalu ada tempat bagi media massa online seperti Beritajatim. com.

    “Kami diuntungkan oleh semakin berkembang dan murahnya teknologi informasi. Kepemilikan gadget semakin luas, dan orang kini mengakses informasi dari ponsel di tangan mereka. Ini peluang bagi kami,” katanya.
    Klien pengiklan semakin bertambah, terutama dari perusahaan dan pemerintahan di daerah. Mereka semakin sadar, bahwa media massa online menjadi salah satu rujukan pembuatan kebijakan. Di Jawa Timur, Beritajatim.com masih terdepan dalam hal ini.

    Namun Ainur Rohim dan Lokononto menyadari, masih banyak yang harus dibenahi. Lima wartawan pendiri Beritajatim.com sebenarnya tidak banyak mengerti bagaimana sebuah media online seharusnya dibangun.
    Mereka selama ini membangun perusahaan dengan otodidak. “Tapi kami terus belajar. Mungkin itulah yang membuat kami bisa bertahan dan kian solid, karena kami terus belajar,” kata Ainur Rohim.
    Belajar adalah inovasi, dan ini bagian dari mekanisme bertahan hidup.

    Menyadari bahwa media ini tak cukup hanya mengandalkan kue iklan yang memang tipis, Ainur Rohim dan Lokononto sepakat membangun divisi terpisah yang melayani konsultasi media. (ted)

  • Kenapa Orang Melek Teknologi Bisa Jadi Korban Penipuan Online?

    Kenapa Orang Melek Teknologi Bisa Jadi Korban Penipuan Online?

    Jakarta

    Banyak yang beranggapan bahwa hanya orang tua dan orang gaptek yang berpotensi menjadi korban penipuan online. Ternyata anak muda dan orang yang melek teknologi juga tidak sedikit yang menjadi korban.

    Hasil survei terbaru Google menemukan kelompok usia 25-34 tahun adalah kelompok yang rentan terhadap penipuan online di sejumlah negara Asia Tenggara. Temuan itu juga diamini oleh psikolog klinis asal Singapura Annabelle Chow.

    Dalam media briefing virtual bersama Google, Chow mengatakan anak muda dan kalangan profesional yang berpendidikan termasuk lebih rentan terhadap percobaan penipuan online karena beberapa faktor psikologis.

    Menurut Chow, orang yang banyak tahu tentang hal spesifik dan niche justru mudah dimanipulasi oleh penipu online. Ia mencontohkan bagaimana dulu pernah ditipu website scam saat mencari minuman beralkohol idaman karena tergoda diskon.

    “Website itu terlihat sangat bisa dipercaya, tapi itu ternyata adalah website scam. Jadi sebenarnya saya kena tipu dan akhirnya saya harus membatalkan kartu kredit saya dan lainnya,” kata Chow.

    “Jadi saya punya pengetahuan tentang gin (minuman beralkohol) dan saya lebih rawan, lebih mudah memanipulasi saya di situasi seperti itu,” sambungnya.

    Kondisi fisik dan mental serta lingkungan sekitar juga menjadi faktor yang membuat seseorang lebih rentan terhadap penipuan. Orang yang sedang stres dan banyak pikiran kemungkinan tidak akan fokus saat menerima panggilan telepon yang ternyata scam, dan tanpa disadari sudah menyerahkan informasi sensitif hingga uang ke penipu.

    Penipu juga biasanya sering mendesak calon korbannya untuk bertindak dengan cepat tanpa berpikir panjang. Misalnya dengan mengatakan diskon sebentar lagi akan berakhir, kuota tiket konser sudah menipis, atau mengancam rekening bank korban akan diblokir jika tidak memberikan password mobile banking.

    Karena itu, Chow menyarankan semua pengguna internet untuk selalu hati-hati dan berpikir dua kali jika mendapatkan penawaran yang kurang masuk akal alias too good to be true agar tidak menjadi korban penipuan online.

    Jika menemukan ponsel idaman dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga di toko resmi, perhatikan lagi website dan toko online penjualnya apakah terlihat mencurigakan atau tidak. Jika menemukan aplikasi sederhana seperti pembaca dokumen yang meminta akses sensitif seperti lokasi, mikrofon, dan kontak, sebaiknya dihindari.

    “Jadi jangan terlalu cepat mengabaikan peringatan keamanan yang diterapkan platform teknologi, karena pada dasarnya ini dirancang untuk memberikan lapisan perlindungan tambahan sehingga kita bisa pelan-pelan dan berpikir dua kali sebelum mengambil keputusan,” jelas Chow.

    (vmp/afr)

  • PDAM Surya Sembada Surabaya: Inovasi Digital untuk Pelayanan Air yang Lebih Baik

    PDAM Surya Sembada Surabaya: Inovasi Digital untuk Pelayanan Air yang Lebih Baik

    Surabaya (beritajatim.com) – PDAM Surya Sembada Kota Surabaya telah mencapai kemajuan signifikan dalam meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat.

    Dengan penerapan inovasi digital, PDAM Surya Sembada berhasil memberikan layanan prima kepada masyarakat kota pahlawan.

    Direktur Utama PDAM Surya Sembada, Ir. Arief Wisnu Cahyono, ST., telah memimpin serangkaian inovasi yang mengubah cara PDAM beroperasi dan berinteraksi dengan pelanggannya.

    PDAM Surya Sembada menjadikan teknologi sebagai pondasi bagi kemajuan, efisiensi, dan pelayanan yang unggul kepada masyarakat.

    Inisiatif ini mencakup pengembangan aplikasi Customer Information System (CIS) yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan catat meter mandiri, cek tagihan, pembayaran tagihan, informasi gangguan air, dan monitoring aduan dengan rating 4,8 di Google Playstore.

    Selain itu, PDAM Surya Sembada juga telah melakukan rehabilitasi pipa jaringan sepanjang 150 Kilometer pada tahun 2022-2023, menjamin ketersediaan pasokan air yang aman dari berbagai sumber mata air dan sungai di sekitar Surabaya.

    Inovasi lainnya termasuk produksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) bermerek HE2O, yang merupakan hasil kerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)¹.

    PDAM juga berkomitmen dalam memastikan keamanan data pelanggan dengan meraih sertifikasi ISO 27001:2013 tentang Information Security Management System.

    Dengan multichannel platform yang mengintegrasikan media sosial dan WhatsApp, serta website yang menyediakan fitur pengaduan online, e-procurement, whistleblowing system, informasi pelayanan, dan informasi tagihan online, PDAM Surya Sembada menunjukkan dedikasinya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.

    Inovasi dan kemajuan PDAM Surya Sembada ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga memperkuat hubungan dengan pelanggan, menjadikan Surabaya sebagai contoh bagi kota-kota lain dalam pelayanan publik yang berorientasi pada kepuasan pelanggan dan pemanfaatan teknologi digital. (ted)