Perusahaan: Google

  • Menko Zulhas Pastikan Stok Beras Aman saat Hasil Panen Seret di Awal 2025

    Menko Zulhas Pastikan Stok Beras Aman saat Hasil Panen Seret di Awal 2025

    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pangan (Menko Pangan) Zulkifli Hasan menyebut Indonesia memiliki cadangan beras yang cukup untuk mengatasi kondisi shortage atau kurangnya hasil panen padi pada periode Januari-Februari tahun depan, yang biasanya disebabkan oleh musim hujan.
     
    Pria yang karib disapa Zulhas itu menyampaikan, shortage beras merupakan siklus yang biasa terjadi di luar masa panen raya. Menurutnya, Januari dan Februari 2024, merupakan puncak shortage beras.
     
    “Tidak usah khawatir, stok kita di Bulog terakhir dua juta ton,” tegas Zulhas usai Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Koordinator Bidang Pangan di Jakarta, Senin, 11 November 2024.
     
    Selama periode Januari-Februari, produksi beras di Indonesia hanya sekitar satu juta ton hingga 2,5 juta ton. Sementara saat masuk musim panen bisa mencapai 3,5 juta ton.
     
    Tahun ini, kuota total impor beras mencapai 3,6 juta ton dan masih tersisa 850 ribu ton atau belum masuk ke Indonesia.
     
    Zulhas menyebut, sisa kuota impor beras tersebut tidak akan masuk seluruhnya pada akhir tahun dan baru akan dikirimkan pada 2025.
     
    “Yang 500 ribu (ton) diusahakan sampai Desember (2024, masuk). Jadi sisanya sedikit kan, (350 ribu ton) akan dilanjutkan tahun depan,” ujar dia.
     

     

    Stok dan harga beras aman hingga akhir 2024
     
    Sebelumnya, Zulhas memastikan tidak ada kebijakan untuk penambahan impor beras baru hingga akhir 2024. Di sela peninjauan stok beras di kawasan pergudangan Bulog Sunter Timur, ia mengatakan tidak ada impor baru hingga akhir tahun, namun lebih kepada pemenuhan kuota impor di 2024.
     
    Menko Pangan juga memastikan stok beras aman dan mencukupi hingga Desember 2024, guna menjaga kestabilan pasokan dan harga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
     
    Ia menyebutkan stok beras Bulog di salah satu gudang di Jakarta mencapai 140 ribu ton, sedangkan gudang yang dimiliki Bulog lebih dari 1.508 gudang di seluruh Indonesia.
     
    Oleh karena itu, ia meminta masyarakat dan pedagang untuk tidak khawatir terhadap pasokan beras, karena pemerintah telah mengupayakan langkah-langkah optimal demi menjaga ketersediaan dan kestabilan harga beras.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Perlancar Evakuasi Kecelakaan Cipularang, Lalin di KM 92 Ruas Tol Cipularang Ditutup

    Perlancar Evakuasi Kecelakaan Cipularang, Lalin di KM 92 Ruas Tol Cipularang Ditutup

    Jakarta: Ruas KM 92 Tol Cipularang arah Jakarta ditutup. Penutupan dilakukan buntut kecelakaan beruntun melibatkan 10 kendaraan lebih, Senin sore, 11 November 2024.

    “Akibat kejadian tersebut lalu lintas di ruas Tol Cipularang KM 92 arah Jakarta tertutup, sedangkan jalur sebaliknya dibuka dua lajur untuk dapat dilalui,” kata Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Plaza Tol Cililitan Jakarta, Panji Satriya, Senin, 11 November 2024.

    Proses penutupan jalan dilakukan selama proses evakuasi berlangsung. Sebagai upaya mengurai kepadatan, pengguna jalan dari Bandung arah Jakarta yang akan melintas dialihkan keluar melalui Gerbang Tol (GT) Cikamuning di KM 116 dan masuk Kembali melalui GT Jatiluhur di KM 84.

    Jasa Marga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami akibat kejadian tersebut. Penyebab kecelakaan dan korban masih dalam proses pendataan bersama pihak Kepolisian.
     

    Di samping itu, Panji menyebut saat ini Petugas Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) melalui Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) dan Kepolisian dilengkapi dengan ambulance, derek, dan rescue telah berada di lokasi kejadian. Guna membantu proses evakuasi.

    “Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi arah dan waktu perjalanan untuk menghindari kepadatan. Antisipasi perubahan cuaca dan pastikan kendaraan dalam kondisi prima,” kata dia.

    Peristiwa kecelakaan beruntun melibatkan sebuah truk pengangkut kardus di KM 92 Ruas Tol Cipularang arah Jakarta terjadi m pukul 15.15 WIB. Insiden ini disebut terjadi karena rem truk yang memuat beban cukup berat blong.

    “Sementara penyebab pasti kecelakaan belum diketahui, namun diduga itu diakibatkan karena rem blong. Sehingga, menabrak kendaraan di depannya. Jadi, terjadi kecelakaan beruntun,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Jules Abraham Abast saat dikonfirmasi.

    Jakarta: Ruas KM 92 Tol Cipularang arah Jakarta ditutup. Penutupan dilakukan buntut kecelakaan beruntun melibatkan 10 kendaraan lebih, Senin sore, 11 November 2024.
     
    “Akibat kejadian tersebut lalu lintas di ruas Tol Cipularang KM 92 arah Jakarta tertutup, sedangkan jalur sebaliknya dibuka dua lajur untuk dapat dilalui,” kata Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Plaza Tol Cililitan Jakarta, Panji Satriya, Senin, 11 November 2024.
     
    Proses penutupan jalan dilakukan selama proses evakuasi berlangsung. Sebagai upaya mengurai kepadatan, pengguna jalan dari Bandung arah Jakarta yang akan melintas dialihkan keluar melalui Gerbang Tol (GT) Cikamuning di KM 116 dan masuk Kembali melalui GT Jatiluhur di KM 84.
    Jasa Marga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami akibat kejadian tersebut. Penyebab kecelakaan dan korban masih dalam proses pendataan bersama pihak Kepolisian.
     

    Di samping itu, Panji menyebut saat ini Petugas Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) melalui Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) dan Kepolisian dilengkapi dengan ambulance, derek, dan rescue telah berada di lokasi kejadian. Guna membantu proses evakuasi.
     
    “Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi arah dan waktu perjalanan untuk menghindari kepadatan. Antisipasi perubahan cuaca dan pastikan kendaraan dalam kondisi prima,” kata dia.
     
    Peristiwa kecelakaan beruntun melibatkan sebuah truk pengangkut kardus di KM 92 Ruas Tol Cipularang arah Jakarta terjadi m pukul 15.15 WIB. Insiden ini disebut terjadi karena rem truk yang memuat beban cukup berat blong.
     
    “Sementara penyebab pasti kecelakaan belum diketahui, namun diduga itu diakibatkan karena rem blong. Sehingga, menabrak kendaraan di depannya. Jadi, terjadi kecelakaan beruntun,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Jules Abraham Abast saat dikonfirmasi.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ABK)

  • Penyeragaman Kemasan Rokok Dinilai Melanggar UU HAKI dan Sarat Intervensi Asing

    Penyeragaman Kemasan Rokok Dinilai Melanggar UU HAKI dan Sarat Intervensi Asing

    Jakarta: Kebijakan penyeragaman kemasan rokok tanpa identitas merek yang tertera pada Rancangan Peraturan Menteri Kesehatan (Rancangan Permenkes) dinilai telah menyalahi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), dengan ketentuan tersebut telah dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis (UU Merek). Wacana penyeragaman kemasan rokok tanpa identitas merek juga dinilai sarat akan intervensi asing.
     
    UU Merek menyatakan merek dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, dan susunan warna untuk membedakan antara satu merek dengan merek lainnya. Namun, Rancangan Permenkes yang diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) justru membuat seluruh kemasan rokok yang dipasarkan harus memiliki fitur kemasan yang seragam tanpa pembeda apapun.
     
    Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) sekaligus Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Hikmahanto Juwana mempertanyakan poin dalam Rancangan Permenkes tersebut. Sebab, menurutnya pemuatan identitas merek merupakan hak pemilik usaha untuk menjadi pembeda dengan kompetitor.
     
    “Karena ‘kan tentu pelaku usaha ingin bersaing dengan pelaku usaha lainnya dengan memunculkan apa sih perbedaan dari mereknya dengan merek pesaingnya,” ujar Hikmahanto dalam sebuah diskusi dikutip dari keterangan tertulis, Senin, 11 November 2024.
     
    Menurut dia, tekanan terhadap industri hasil tembakau, dalam hal ini termasuk penyeragaman bungkus rokok, tidak dipungkiri merupakan intervensi asing melalui Framework Convention on Tobacco Control (FCTC). Bahkan, menurut peneliti hukum itu, dalam salah satu pasal FCTC menuding jika tampilan di bungkus rokok memberi sumbangsih atas kenaikan jumlah perokok.
     
    Padahal tudingan itu dinilai tidak benar dan harus dipertanyakan kembali. Sehingga Hikmahanto melihat pengaturan penyeragaman bungkus rokok yang membuat kehilangan identitas merek ini sebagai agenda pemaksaan asing terhadap pasar Indonesia.
     
    Hikmahanto menyatakan Rancangan Permenkes untuk mengatur kemasan rokok tanpa identitas merek ini menjadi paradoks di Indonesia. Ketika Australia pertama kali menjalankan aturan penghilangan identitas merek di bungkus rokok pada 2012, Indonesia menjadi salah satu negara yang melawannya.  
     
    Tapi, kini justru Indonesia berupaya menerapkan kebijakan kontradiktif dengan melakukan langkah serupa. Padahal tindakan tersebut telah memberikan gangguan yang terasa oleh tenaga kerja hingga produk ekspor Indonesia, khususnya produk hasil tembakau.
     
    Seperti diketahui, Australia tidak memiliki industri ataupun ekosistem pertembakauan yang memberikan kontribusi terhadap pendapatan negara, penyerapan tenaga kerja, hingga hilirisasi ekspor produk tembakau manufaktur seperti di Indonesia.
     
    “Negara yang mampu melakukan ekspor ke luar negeri seperti Indonesia telah memperoleh pendapatan dari sana. Kita juga pernah melawan kebijakan-kebijakan negara untuk mengenakan plain packaging itu. Tetapi sekarang mau menerapkan di Indonesia,” ujar Hikmahanto.
     

     

    Dinilai tidak berdaulat
     
    Hikmahanto juga melihat, agenda-agenda yang dibawa Kemenkes melalui PP 28/2024 maupun Rancangan Permenkes berkiblat pada FCTC, di mana pemerintah secara seksama telah mempelajarinya dan memilih untuk tidak meratifikasinya. Hal ini menunjukkan Indonesia seakan tidak berdaulat dalam menentukan arah kebijakan.
     
    “Kita tidak dan jangan pernah tunduk dengan FCTC. Tapi mereka memaksa lewat Kemenkes supaya ketentuan-ketentuan yang ada dalam FCTC itu diadopsi. Jadi bukan diratifikasi, diadopsi ke dalam hukum Indonesia,” ketus dia.
     
    Tindakan diam-diam mengadopsi ketentuan FCTC ke dalam kebijakan dinilai tidak sesuai dengan pandangan Presiden Prabowo Subianto.
     
    Hikmahanto mengatakan, dalam berbagai kesempatan, Prabowo telah menegaskan melawan berbagai macam bentuk intervensi dari luar negeri dan berkomitmen menjadikan Indonesia lepas dari segala intervensi asing.
     
    “Jadi jangan kita mau percaya dengan apa yang disampaikan dari luar negeri. Pak Prabowo menegakkan hal itu. Kita negara besar. Kita harus tegak mempertahankan kedaulatan. Apa yang terbaik untuk Indonesia, itulah kebijakan yang harus diambil,” tegas Hikmahanto.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Puluhan Akademisi dari Berbagai Negara Kumpul di UNS Solo Bahas Cara Capai SDGs – Espos.id

    Puluhan Akademisi dari Berbagai Negara Kumpul di UNS Solo Bahas Cara Capai SDGs – Espos.id

    Perbesar

    ESPOS.ID – Puluhan akademisi dari berbagai negara menghadiri International Conference on Social and Political Sciences (ICOSAPS) ke-8 yang digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo di Tower UNS, Solo, Rabu (6/11/2024). (Istimewa)

    Esposin, SOLO — Sekitar 40 akademisi dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Malaysia, Vietnam, Jepang, dan Timor Leste, mengikuti forum International Conference on Social and Political Sciences (ICOSAPS) ke-8 yang diadakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo di Tower UNS Solo, Rabu (6/11/2024).

    Forum tersebut membahas upaya-upaya untuk mempercepat capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia yang ditargetkan tercapai pada 2030. Salah satu rekomendasi yang muncul yakni perlunya kolaborasi semua pihak untuk mencapai tujuan itu.

    Promosi
    Jambore Nasional Tim Elang Relawan BRI, Perkuat Kapasitas Hadapi Bencana

    Chairman ICOSAPS 2024, Septyanto Galan Prakoso, mengatakan ICOSAPS diadakan dua tahun sekali untuk merespons persolan sosial politik di dunia dan secara spesifik juga di Indonesia. Terdapat 40 peserta dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Malaysia, Vietnam, Jepang, dan Timor Leste. 

    Kemudian ada lima pembicara utama yakni Colin Kuehl dari Northern Illinois University (USA), Novel A Lyndon dari Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia), Dorien Kartikawangi dari Universitas Katolik Atma Jaya (Indonesia), Vo Lap Phuc dari Vietnam National University (Ho Chi Minh City, Vietnam), dan Rino A Nugroho dari Universitas Sebelas Maret (Indonesia).

    “Tujuannya adalah memberikan kesadaran sekaligus memberikan rekomendasi kebijakan dari hasil penelitian dan kajian [yang dilakukan peserta],” kata Septyanto kepada Espos melalui sambungan WhatsApp, Senin (11/11/2024).

    Dia mengatakan dalam forum ICOSAPS tahun ini sengaja mengangkat SDGs untuk merespons lambatnya capaian realisasi. Dia mengatakan target waktu yang diberikan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mencapai indikator SDGs tinggal enam tahun lagi.

    “Tapi berdasarkan data di dunia ini belum sampai separuhnya, nah ini mau diapakan?” kata dia. Dia mengatakan perlu adanya kolaborasi serta kesadaran bersama untuk mempercepat capaian SDGs demi masa depan global yang lebih cerah di semua sektor.

    17 Tujuan SDGs

    TPB/SDGs merupakan komitmen global dan nasional untuk mengupayakan kesejahteraan masyarakat. Terdapat 17 tujuan yang dideklarasikan oleh negara maju dan berkembang pada Sidang Umum PBB, September 2015 lalu.

    Ke-17 tujuan tersebut yakni:

    Tanpa Kemiskinan
    Tanpa Kelaparan
    Kehidupan Sehat dan Sejahtera
    Pendidikan Berkualitas
    Kesetaraan Gender
    Air Bersih dan Sanitasi Layak
    Energi Bersih dan Terjangkau
    Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
    Industri, Inovasi dan Infrastruktur
    Berkurangnya Kesenjangan
    Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan
    Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab
    Penanganan Perubahan Iklim
    Ekosistem Laut
    Ekosistem Daratan
    Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
    Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

    Terpisah, Manajer Pilar Pembangunan Ekonomi Sekretariat SDGs Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas/Kementerian PPN), Setyo Budiantoro, mengatakan capaian SDGs secara global masih suram.

    Dia mengatakan pencapaian SDGs secara global hanya 17%. Sedangkan pencapaian SDGs di Indonesia sudah mencapai 62,5 persen atau sebanyak 139 indikator dari total target. 

    SDGs Indonesia Tertinggi di Asia

    “Di tingkat dunia, pencapaian SDGs ini suram, sementara Indonesia merupakan negara dengan pencapaian tertinggi di antara negara-negara berpenghasilan menengah atas,” kata di Jakarta, Selasa (5/11/2024), sebagaimana dikutip dari menpan.go.id.

    Dia mengatakan berdasarkan data United Nations (UN) Sustainable Development Solutions Network (SDSN), komitmen SDGs Indonesia menjadi yang tertinggi di Asia dan menempati peringkat ketujuh di dunia. 

    Meski begitu terdapat kendala untuk mencapai target SDGs pada 2030 terutama dalam hal pendanaan. Hal itu tidak lepas dari kondisi pandemi Covid-19. Dia mengatakan sebelum pandemi, kebutuhan pendanaan SDGs Indonesia Periode 2020-2030 diperkirakan mencapai Rp67.000 triliun, dengan gap pembiayaan sebesar Rp14.000 triliun.

    “Namun, pascapandemi, kebutuhan pendanaan SDGs Indonesia hingga tahun 2030 meningkat menjadi Rp122.000 triliun, dengan gap pembiayaan mencapai Rp24.000 triliun,” kata dia.

    Senada dengan hasil rekomendasi ICOSAPS, Setyo mengatakan untuk mencapai SDGs pada 2030 perlu ada kolaborasi bersama. Bentuk kolaborasi ini dapat berupa inovasi pendanaan publik, campuran antara publik dan swasta, perbankan, lembaga keuangan nonbank, investor, hingga filantropi. 

    “Indonesia cukup maju dalam sustainable finance, menjadi salah satu negara paling maju di antara 44 negara ekonomi berkembang,” kata Setyo.

    Dia menekankan pencapaian SDGs pada tahun 2030 merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan Indonesia keluar dari jebakan pendapatan menengah pada tahun 2041, sekaligus mencapai visi Indonesia Emas pada tahun 2045. “Jika SDGs tidak tercapai, dampaknya akan berakibat pada meningkatnya kemiskinan,” ujarnya.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram “Solopos.com Berita Terkini” Klik link ini.

  • Cabut dari Rusia, Yandex Kepincut Pasar Indonesia dan Siap Investasi

    Cabut dari Rusia, Yandex Kepincut Pasar Indonesia dan Siap Investasi

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) menyebut perusahaan asal Rusia yaitu Yandex bakal berinvestasi di Indonesia. Perusahaan tersebut pada Februari 2024 menjual asetnya di negara asalnya akibat perang Ukraina vs Rusia.

    Yandex sendiri merupakan perusahaan teknologi Rusia yang menyediakan berbagai layanan terkait internet, termasuk mesin pencari, peramban web, pemetaan web, komputasi awan, dan belanja daring.

    Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi) Nezar Patria mengatakan banyak perusahaan luar negeri yang ingin berinvestasi di Indonesia, salah satunya Yandex.

    “Iya banyak yang mau investasi di indonesia, salah satunya dari Yandex, ini follow up hubungan internasional kita dengan Rusia dengan China, Amerika, negara Eropa, banyak sekali yang berdatangan,” kata Nezar saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Senin (11/11/2024).

    Terkait dengan nilai investasi Yandex di Indonesia, Nezar menuturkan belum mendapatkan jumlah pastinya.

    Namun, dirinya menyebut bahwa Yandex tertarik untuk melakukan pembangunan infrastruktur digital di Indonesia. Salah satunya adalah membangun data center di Indonesia.

    “Mereka juga tertarik bekerja sama pengembangan kecerdasan artifisial dan mereka juga tertarik berkolaborasi membina talenta digital,” ujarnya.

    Di sisi lain Nezar melihat adanya minat perusahaan asing ingin berinvestasi di Indonesia dikarenakan pertumbuhan ekonomi indonesia dinilai cukup menjanjikan.

    Sehingga, para perusahaan asing mulai tertarik untuk menjajaki kerjasama investasi di Indonesia pada bidang ekonomi digital. Meski demikian, Nezar menegaskan perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia harus mengikuti peraturan yang sudah ada. 

    “Kita sudah sampaikan bahwa kalau siapapun yang mau berinvestasi di Indonesia harus mematuhi aturan di sini,” ucap Nezar.

    Jual Aset

    Yandex, perusahaan teknologi asal Rusia, menyetujui untuk menjual asetnya senilai US$5,21 miliar atau Rp83,81 triliun (Kurs: Rp15.708) kepada konsorsium investor Rusia, yang di dalamnya juga terdapat perusahaan minyak Lukoil. Penjualan dilakukan imbas dari perang Rusia Ukraina yang berkepanjangan. 

    Sering disebut sebagai “Google-nya Rusia”, perusahaan teknologi Yandex mengembangkan layanan online terkemuka, termasuk pencarian, periklanan, dan layanan pemesanan kendaraan, dan merupakan salah satu dari sedikit perusahaan Rusia yang berpotensi menjadi bisnis global hingga Moskow menginvasi Ukraina pada Februari 2022.

    Dilansir dari CNA Senin (4/2/2024) kesepakatan tersebut membuat perusahaan teknologi terbesar di Rusia tersebut sepenuhnya berada di bawah kepemilikan Rusia. Dahulu perusahaan ini berada lingkaran teknologi Barat, dalam hal ini Yandex NV di Belanda. 

    Yandex dan Kremlin telah terlibat dalam negosiasi selama sekitar 18 bulan untuk mencoba memisahkan bisnis Yandex di Rusia dari perusahaan induknya di Belanda, Yandex NV.

    Harga jual tersebut mencerminkan “diskon wajib minimal 50 persen terhadap ‘nilai wajar’”, kata Yandex NV. Pemerintah Rusia harus menyetujui kesepakatan yang melibatkan penjualan aset asing dan menuntut diskon minimal 50 persen.

  • Buntut Kecelakaan Beruntun, Kendaraan Diarahkan Keluar GT Cikamuning KM 116

    Buntut Kecelakaan Beruntun, Kendaraan Diarahkan Keluar GT Cikamuning KM 116

    Jakarta: Rekayasa lalu lintas dilakukan aparat kepolisian untuk mengurai kemacetan di ruas Tol Cipularang KM 92 akibat kecelakaan beruntun. Kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta akan dikeluarkan di gerbang tol (GT) Cikamuning, tepatnya di KM 116.

    “Saat ini lagi melakukan normalisasi jalur dan membantu evakuasi dari kendaraan maupun korban yang terlibat kecelakaan,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Jules Abraham Abast saat dikonfirmasi, Senin, 11 November 2024.

    Jules mengatakan kendaraan akan diarahkan menuju Jakarta melalui jalur arteri Purwakarta.  Kendaraan baru bisa masuk tol lagi melalui GT Sadang, tepatnya di KM 87. Sehingga, kendaraan bisa melanjutkan perjalanan tanpa melewati lokasi kecelakaan.

    “Itu rencana rekayasa yang kita lakukan saat ini, terkait kecelakaan di KM 92,” jelas Jules.
     

    Sebelumnya, kecelakaan beruntun terjadi di Ruas Tol Cipularang KM 92 arah Jakarta pukul 15.15 WIB. Kecelakaan melibatkan truk pengangkut kardus bermuatan berat.

    Diduga kecelakaan karena rem truk blong. Kemudian, menabrak kendaraan di depannya. Ada lebih dari 10 kendaraan terlibat kecelakaan. Namun, belum dipastikan korban dalam peristiwa ini.

    Jakarta: Rekayasa lalu lintas dilakukan aparat kepolisian untuk mengurai kemacetan di ruas Tol Cipularang KM 92 akibat kecelakaan beruntun. Kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta akan dikeluarkan di gerbang tol (GT) Cikamuning, tepatnya di KM 116.
     
    “Saat ini lagi melakukan normalisasi jalur dan membantu evakuasi dari kendaraan maupun korban yang terlibat kecelakaan,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Jules Abraham Abast saat dikonfirmasi, Senin, 11 November 2024.
     
    Jules mengatakan kendaraan akan diarahkan menuju Jakarta melalui jalur arteri Purwakarta.  Kendaraan baru bisa masuk tol lagi melalui GT Sadang, tepatnya di KM 87. Sehingga, kendaraan bisa melanjutkan perjalanan tanpa melewati lokasi kecelakaan.
    “Itu rencana rekayasa yang kita lakukan saat ini, terkait kecelakaan di KM 92,” jelas Jules.
     

    Sebelumnya, kecelakaan beruntun terjadi di Ruas Tol Cipularang KM 92 arah Jakarta pukul 15.15 WIB. Kecelakaan melibatkan truk pengangkut kardus bermuatan berat.
     
    Diduga kecelakaan karena rem truk blong. Kemudian, menabrak kendaraan di depannya. Ada lebih dari 10 kendaraan terlibat kecelakaan. Namun, belum dipastikan korban dalam peristiwa ini.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AZF)

  • Mengenal Financial Distress, Indikator, dan Penyebabnya

    Mengenal Financial Distress, Indikator, dan Penyebabnya

    Jakarta: Financial distress sangat sering ditemukan pada setiap perusahaan. Perusahaan yang mengalami financial distress harus memiliki strategi untuk dapat mencegah hal tersebut agar terhindar dari kebangkrutan.
     
    Apa itu financial distress?

    Financial distress merupakan sebuah peristiwa adanya penurunan kinerja keuangan perusahaan secara terus menerus dalan jangka waktu tertentu. Peristiwa ini adalah salah satu hal yang tidak diinginkan terjadi oleh perusahaan karena dapat menyebabkan kebangkrutan.
     
    Melansir laman OCBC, peristiwa penurunan kinerja keuangan ini sangat berbeda dengan penurunan laba biasa, karena financial distress dapat mengalami penurunan dengan nominal kerugian yang sangat besar, hingga memengaruhi oprasional sebuah perusahaan.
     
     

     

    Indikator financial distress

    Berikut ini beberapa indikator financial distress yang wajib kamu ketahui:

    Kategori A. Dalam kategori A, terdapat kondisi perusahaan yang sangat berbahaya yang hampir menyentuh 100 persen, serta menyebabkan kebangkrutan pada perusahaan. Dalam kategori ini biasanya mencakup beberapa peristiwa seperti kebakaran, wanprestasi, pelanggaran hukum berat dan sebagainya.
    Kategori B. Dalam kategori ini biasanya perusahaan mengalami kerugian terus menerus seperti krisis ekonomi, kurang pendanaan, serta gagal memenuhi ekspetasi investor. Jalan keluar untuk perusahaan yaitu menjual aset atau mengurangi biaya.
    Kategori C. Dalam kategori ini perusahaan sering mengalami kendala-kendala internal seperti sterategi perusahaan kurang efektif, dan lain sebagainya. Cara terbaik untuk mengani masalah dalam kategori ini dengan perbaikan strategi perusahaan, pemecatan orang-orang yang bermasalah, serta merekrut orang baru yang berkualitas.
    Kategori D. Dalam kategori ini, perusahaan mengalami kejadian-kejadian kecil yang menyebabkan inefisiensi/kerugian keuangan. Hal ini sering terjadi dalam dunia bisnis dan cara menyelesaikannya juga tergantung pada sumber masalah.

     

    Penyebab financial distress

    Perusahaan yang mengalami financial distress biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti di bawah ini:
     

    1. Perencanaan bisnis kurang baik

    Perencanaan bisnis yang kurang baik bisa berasal dari segi pemasaran, segi produksi, segi distribusi ataupun keuangan. Jika perusahaan tidak memiliki perencanaan yang baik, maka perusahaan akan mengalami financial distress.
     

    2. Arus kas bermasalah

    Pengaruh keuangan terhadap financial distress sangatlah besar. Jika keuangan perusahaan tidak memiliki keuangan yamg baik, maka perusahaan bisa mengalami financial distress dalam jangka waktu singkat.
     

    3. Struktur modal terlalu berisiko

    Selain pengaruh keuangan, modal sangat berpengaruh pada jangka panjang sebuah perusahaan. Jika perusahaan memiliki banyak utang maka perusahaan akan terkena legal bankruptcy.
     

    4. Kerugian secara operasional

    Kerugian secara terus menerus secara operasional dapat membuat perusahaan mengalami financial distress. Hal ini sering terjadi karena gagal melaksanakan kewajiban operasional dan gagal memuaskan investor.
     

     

    Rumus financial distress

    Untuk mencegah financial distress pada perusahaan, maka kamu perlu memgetahui rumus/cara agar hal itu terjadi, di antaranya yakni:

    Fokus pada likuiditas bisnis. Cara untuk mencegah financial distress yaitu dengan memperlancar arus kas dan cadangannya.
    Buat strategi perusahaan untuk menghadapi masa buruk. Perusahaan wajib membuat strategi cadangan untuk mengganti strategi utama, termasuk saat menghadapi kondisi buruk.
    Menetapkan batas dalam memberikan utang dagang. Utang dalam bisnis dapat berpengaruh pada kas perusahaan. Utang dagang juga memberikan dampak positif pada perusahaan karena dapat meningkatkan penjualan, namun jika tidak diatur dwngan baik maka akan berdampak buruk bagi financial distress.
    Jaga kestabilan keuangan. Pengaruh keuangan dalam perusahaan sangat besar. Oleh karena itu perusahaan harus tetap menjaga kestabilan keuangan.
    Menyiapkan asuransi untuk kondisi tak terduga. Dalam hal ini perusahaan harus memiliki asuransi untuk tenaga kerja, mesin dan lain- lain. Hal ini dapat mencegah kebangkrutan pada perusahaan.

    Contoh kasus financial distress

    Contohnya pada 2018-2021, perusahaan PT Garuda Indonesia Tbk dan PT Air Asia Tbk mengalami kondisi keuangan yang memburuk, terutama pada saat pandemi covid-19.
    Kedua perusahaan ini mengalami penurunan yang signifikan pada kondisi keuangan, Garuda Indonesia mengalami kesulitan keuangan akibat pengurangan rute dan jumlah penumpang. Sedangkan, AirAsia mengalami penurunan pendapatan dan peningkatan liabilitas.
     
    Oleh karena itu, kedua perusahaan ini harus segera mencari solusi untuk mengatasi masalah keuangan mereka agar terhindar dari kebangkrutan. (Ridini Batmaro)
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Premium
                    
                                                
                    1 jam yang lalu
                
                            
            
                                    Pesaing Google, Yandex Group Siap Investasi di Indonesia, Kinerjanya Oke?

    Premium 1 jam yang lalu Pesaing Google, Yandex Group Siap Investasi di Indonesia, Kinerjanya Oke?

    Premium

    1 jam yang lalu

    Pesaing Google, Yandex Group Siap Investasi di Indonesia, Kinerjanya Oke?

  • Susah Tarik Pembeli Baru, Ecommerce Punya Cara Baru Cari Cuan

    Susah Tarik Pembeli Baru, Ecommerce Punya Cara Baru Cari Cuan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan ecommerce ternyata sudah susah menarik pengguna baru. Kini, platform belanja online harus berlomba merayu pelanggan setia mereka untuk lebih sering belanja.

    Berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2024 yang diterbitkan oleh Google, Temasek, dan Bain & Company menyatakan perusahaan ecommerce di Asia Tenggara kini harus mencari titik keseimbangan antara upaya menggenjot pendapatan dan membukukan profit.

    “Para pemain utama mencapai keuntungan lewat kampanye [pemasaran] yang disiplin dan optimalisasi fee penjual. Untuk mempertahankan pertumbuhan, sebagian dari laba ini harus dikembalikan untuk subsidi pelanggan. Tren sekarang menyiratkan pertumbuhan dan profit bisa dicapai berbarengan,” kata laporan tersebut.

    Google Cs memperkirakan nilai transaksi ecommerce di Asia Tenggara pada 2024 naik 15 persen melewati US$ 159 miliar dengan porsi pendapatan naik 13 persen melampai US$ 35 miliar. Upaya menggenjot pendapatan dengan lebih efisien memangkas kerugian sehingga margin EBITDA industri ecommerce di Asia Tenggara menyusut menjadi 10 persen.

    Para perusahaan ecommerce menggenjot pendapatan dengan menaikkan komisi yang mereka pungut dari penjual di platform masing-masing. Menurut laporan Google, besaran komisi yang dipungut oleh para platform ecommerce di Asia Tenggara terus menanjak dan kini hampir menyentuh “batas atas” yang terbentuk di pasar ecommerce China.

    Sumber lain kenaikan pendapatan ecommerce adalah tambahan iklan, terutama dari pendapatan iklan dari “video commerce.” Di sisi lain, biaya pemasaran dan penjualan masih terus menanjak karena industri yang makin kompetitif dengan kehadiran platform ecommerce baru.

    Cari pertumbuhan baru

    Saat ini, 60 persen hingga 70 persen dari pertumbuhan pendapatan ecommerce bersumber dari “pengguna lama.” Hal ini berbeda dari pola pertumbuhan sebelumnya yang mengandalkan tambahan pendapatan dari pengguna baru.

    Data yang dihimpun oleh Google, Temasek, dan Bain menunjukkan bahwa frekuensi belanja pengguna ecommerce naik signifikan dari 3 sampai 4 kali per tahun pada 2012 menjadi 27-32 kali per tahun pada 2024.

    Para konsumen di ecommerce juga lebih “percaya diri” untuk membeli barang sehari-hari lewat ecommerce. Hal ini, antara lain, digambarkan dari nilai transaksi per belanja (basket size) yang turun dari US$ 18 hingga US$ 23 pada 2012 menjadi US$ 13 hingga US$ 15 pada 2024.

    “Konsumen belanja online 8 kali lebih banyak dibandingkan dengan dekade lalu, tetapi bertransaksi lebih kecil tiap berbelanja karena pergeseran dalam kategori dan kompetisi yang makin intens,” kata laporan tersebut.

    Pertumbuhan transaksi ecommerce berbeda untuk tiap kategori. Berdasarkan data Google, fesyen adalah kategori yang pertumbuhannya sudah mencapai puncak. Bahkan, produk fesyen yang dibeli lewat ecommerce kini porsinya sudah dominan dibanding total penjualan di kanal online dan offline.

    Transaksi ecommerce lainnya yang sudah dominan kategori produk kecantikan dan perawatan tubuh. Namun, kategori ini diperkirakan masih akan tumbuh karena terus bermunculannya brand baru yang fokus menjajakan produknya di platform online.

    Dua kategori yang pertumbuhannya diperkirakan makin pesat adalah produk makanan segar serta kebutuhan sehari-hari (groceries) dan produk furnitur. Adapun, elektronik diperkirakan akan mempertahankan laju pertumbuhan meskipun tidak sepesat dua kategori sebelumnya.

    “Meskipun nilai transaksi tampaknya sulit untuk makin menyusut, kompetisi harga yang makin intens dan basket size yang makin kecil bisa membatasi pertumbuhan dalam jangka pendek.”

    (dem/dem)

  • Aman Digunakan, Masyarakat Tak Perlu Khawatir Isu BPA pada Galon Air Minum

    Aman Digunakan, Masyarakat Tak Perlu Khawatir Isu BPA pada Galon Air Minum

    Jakarta: Masyarakat diminta tak khawatir dengan isu Bisfenol A (BPA) dalam produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), khususnya galon berpolikarbonat. Pakar marketing Hermawan Kartajaya menyebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah menegaskan bahwa produk ini masih aman digunakan untuk air minum.

    “Jadi, kalau ada pihak-pihak yang masih berusaha menghembuskan isu bahaya BPA di galon kuat polikarbonat, itu kan sama saja dia tidak mau menuruti regulator dan patut dipertanyakan tujuannya apa,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Senin, 11 November 2024. 

    Hermawan menegaskan sebaiknya industri harus mengikuti peraturan BPOM yang menyatakan bahwa galon berpolikarbonat itu masih aman digunakan dan jangan menggiring opini yang salah di masyarakat. Ia juga sempat menyinggung adanya unsur-unsur persaingan tidak sehat di balik isu tersebut.

    “Ini mengarah kepada persaingan tidak sehat karena melakukan cara-cara untuk menjatuhkan kompetitornya. Persaingan yang sehat itu harus mengusahakan marketingnya yang baik dan benar dengan mengatakan diferensiasi produk sendiri tanpa membanding-bandingkan dengan produk orang lain,” ucapnya.
     

    Sebelumnya, BPOM memastikan AMDK galon berpolikarbonat masih aman digunakan untuk air minum. Direktur Standardisasi Pangan Olahan Badan POM Dwiana Andayani menyebut, masyarakat juga perlu diedukasi untuk memperlakukan semua jenis galon, baik yang galon berpolikarbonat maupun galon sekali pakai.

    “Galon berpolikarbonat masih aman digunakan. Oleh karena itu, industri untuk memperlakukan semua jenis kemasan galon itu dengan baik. Tidak membanting atau menyikat dengan keras. AMDK dalam galon juga harus disimpan di tempat yang tidak kena panas matahari langsung,” kata dia.

    Sementara itu, pakar Branding Hery Margono mengatakan, promosi dengan merendahkan produk lain jelas-jelas melanggar etika periklanan. Menurutnya, dalam etika pariwara atau periklanan Indonesia, ada tiga asas utama yang harus dipatuhi, yaitu jujur, bertanggung jawab, dan bersaing secara sehat. 
     
    “Kalaupun dia tidak menyebutkan merek dari produk yang dijelek-jelekkan itu dalam iklan promosinya, itu juga sudah mendiskreditkan produk lain namanya. Kalau menyampaikannya dengan data itu tidak apa-apa. Tapi kalau menjelekkan produk orang lain tanpa data, itu sudah opini namanya. Dia sudah memberikan adjustment,” ucapnya.

    Jakarta: Masyarakat diminta tak khawatir dengan isu Bisfenol A (BPA) dalam produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), khususnya galon berpolikarbonat. Pakar marketing Hermawan Kartajaya menyebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah menegaskan bahwa produk ini masih aman digunakan untuk air minum.
     
    “Jadi, kalau ada pihak-pihak yang masih berusaha menghembuskan isu bahaya BPA di galon kuat polikarbonat, itu kan sama saja dia tidak mau menuruti regulator dan patut dipertanyakan tujuannya apa,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Senin, 11 November 2024. 
     
    Hermawan menegaskan sebaiknya industri harus mengikuti peraturan BPOM yang menyatakan bahwa galon berpolikarbonat itu masih aman digunakan dan jangan menggiring opini yang salah di masyarakat. Ia juga sempat menyinggung adanya unsur-unsur persaingan tidak sehat di balik isu tersebut.
    “Ini mengarah kepada persaingan tidak sehat karena melakukan cara-cara untuk menjatuhkan kompetitornya. Persaingan yang sehat itu harus mengusahakan marketingnya yang baik dan benar dengan mengatakan diferensiasi produk sendiri tanpa membanding-bandingkan dengan produk orang lain,” ucapnya.
     

     
    Sebelumnya, BPOM memastikan AMDK galon berpolikarbonat masih aman digunakan untuk air minum. Direktur Standardisasi Pangan Olahan Badan POM Dwiana Andayani menyebut, masyarakat juga perlu diedukasi untuk memperlakukan semua jenis galon, baik yang galon berpolikarbonat maupun galon sekali pakai.
     
    “Galon berpolikarbonat masih aman digunakan. Oleh karena itu, industri untuk memperlakukan semua jenis kemasan galon itu dengan baik. Tidak membanting atau menyikat dengan keras. AMDK dalam galon juga harus disimpan di tempat yang tidak kena panas matahari langsung,” kata dia.
     
    Sementara itu, pakar Branding Hery Margono mengatakan, promosi dengan merendahkan produk lain jelas-jelas melanggar etika periklanan. Menurutnya, dalam etika pariwara atau periklanan Indonesia, ada tiga asas utama yang harus dipatuhi, yaitu jujur, bertanggung jawab, dan bersaing secara sehat. 
     
    “Kalaupun dia tidak menyebutkan merek dari produk yang dijelek-jelekkan itu dalam iklan promosinya, itu juga sudah mendiskreditkan produk lain namanya. Kalau menyampaikannya dengan data itu tidak apa-apa. Tapi kalau menjelekkan produk orang lain tanpa data, itu sudah opini namanya. Dia sudah memberikan adjustment,” ucapnya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)