Perusahaan: Google

  • Prinsip Ekonomi Sirkular dalam Penggunaan Bahan Bakar Alternatif

    Prinsip Ekonomi Sirkular dalam Penggunaan Bahan Bakar Alternatif

    Jakarta: Penggunaan bahan bakar alternatif di pabrik-pabrik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dijalankan dengan prinsip ekonomi sirkular melalui pemanfaatan limbah pertanian, industri, sampah padat perkotaan (municipal solid waste) yang diolah menjadi refuse-derived fuel (RDF), biomassa dan sumber lainnya.
     
    Direktur Utama SIG Donny Arsal mengatakan, inisiatif ini menjadi bukti kepedulian SIG terhadap kelestarian lingkungan, serta partisipasi Perusahaan dalam upaya mencapai target net zero emission pada 2060.
     
    Selain membantu perusahaan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil, penggunaan bahan bakar alternatif juga memberikan dampak positif berganda (multiplier effect), baik dari aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. RDF misalnya.
    “Selain berkontribusi dalam mereduksi emisi GRK, RDF juga menjadi solusi untuk mengurangi persoalan yang ditimbulkan dari sampah padat perkotaan seperti keterbatasan lahan untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA), bau tak sedap, dan gangguan penyakit pada masyarakat,” jelas Donny, dalam keterangan tertulis, Selasa, 19 November 2024.
     
    Di sisi lain, penggunaan biomassa sebagai bahan bakar alternatif, juga menjadi solusi dalam mengurangi limbah pertanian yang berpotensi menimbulkan gas metana jika dibiarkan terdegradasi. Penggunaan biomassa juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat, khususnya para petani, berupa tambahan pendapatan.
     
    Donny menambahkan, untuk mendorong peningkatan penggunaan bahan bakar alternatif, manajemen SIG telah memiliki Surat Keputusan Direksi tentang Tata Kelola Keberlanjutan Lingkungan, yang di antaranya mengatur kebijakan keberlanjutan energi. Target capaian penggunaan bahan bakar alternatif juga telah ditetapkan dalam Peta Jalan Keberlanjutan atau Sustainability Roadmap SIG 2030.
     
    Mengacu pada data Perusahaan, selama 2023 SIG berhasil meningkatkan penggunaan bahan bakar alternatif dari limbah industri, sampah padat perkotaan yang diolah menjadi RDF, biomassa dan sumber lainnya, menjadi 559.625 ton atau naik 27 persen dari 2022 sebanyak 437.232 ton. Dengan inisiatif tersebut, SIG berhasil melakukan substitusi batu bara dalam produksi semen, sehingga rasio TSR tercapai sebesar 7,27 persen.
     
    “SIG berkomitmen untuk melanjutkan inisiatif dalam konservasi energi melalui penggunaan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan untuk meningkatkan daya saing dan mencapai target operational excellence, serta menjadi bagian penting dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” ujar Donny Arsal.
     
    Top CEO
     
    Di sisi lain, Donny Arsal meraih penghargaan The Best CEO: Strong Commitment in Utilisation of Alternative Fuel as Coal Alternative pada ajang Top CEO Indonesia Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Tempo dan IDNFinancials di Pullman Bandung Grand Central, pada Jumat, 15 November 2024.
     
    Donny dinilai sebagai pemimpin yang memiliki komitmen dalam mendorong penggunaan bahan bakar alternatif sebagai substitusi batu bara dalam kegiatan produksi untuk menghadirkan produk semen ramah lingkungan yang rendah karbon, sekaligus berpartisipasi dalam upaya global mereduksi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang menjadi penyebab perubahan iklim dan pemanasan global.
     
    Top CEO Indonesia Awards 2024 yang mengusung tema “Inspiration, Innovation and Integrity: The Role of CEOs in Shaping Indonesia’s Economic Success”, merupakan ajang penghargaan dan apresiasi bagi para Chief Executive Officer (CEO) dari perusahaan-perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).
     
    Sebanyak 51 CEO diberikan apresiasi karena dinilai berhasil memimpin perusahaan dengan kinerja dan program keberlanjutan yang luar biasa sepanjang 2022-2023. Mereka juga sukses meningkatkan aset, ekuitas, pendapatan, dan laba bersih, serta mengimplementasikan program yang mendukung keberlanjutan lingkungan, sosial, dan masyarakat.
     
    “Top CEO Indonesia Awards 2024 merupakan apresiasi atas kerja sama yang baik antara manajemen dan seluruh karyawan, dukungan yang solid dari Dewan Komisaris SIG, serta arahan dari Kementerian BUMN dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Penghargaan ini semakin memotivasi SIG untuk terus melaksanakan konservasi energi melalui konsumsi energi secara efektif dan efisien, serta peningkatan penggunaan sumber energi alternatif,” kata Donny Arsal.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • ColorOS 15 Debutkan Fitur Circle to Search dan Gemini ke Oppo Find X8 Series – Page 3

    ColorOS 15 Debutkan Fitur Circle to Search dan Gemini ke Oppo Find X8 Series – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Oppo menambahkan fitur AI di update ColorOS 15 terbaru. Fitur kecerdasan buatan ini merupakan fitur yang dikembangkan oleh Google.

    Mengutip keterangan resmi Oppo yang diterima Tekno Liputan6.com, Rabu (20/11/2024), ada dua fitur AI dari Google yang digulirkan ke update ColorOS 15 yakni aplikasi Gemini dan Circle to Search with Google.

    Kehadiran dua fitur AI yang dikembangkan Google ke update ColorOS 15 ini adalah untuk memberdayakan pengguna dengan solusi yang lebih canggih.

    Manajer Umum Produk AI di Oppo, Nicole Zhang, mengatakan, bersama ColorOS, Oppo bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang memudahkan pengguna dan canggih melalui kecerdasan buatan dan kolaborasi.

    “Dengan menggabungkan Google Gemini dan Circle to Search, ColorOS 15 kini didukung oleh AI untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas, melampaui kebutuhan pengguna seperti yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Zhang.

    Lebih lanjut, dengan memanfaatkan model Gemini, ColorOS meningkatkan produktivitas secara langsung pada Oppo Notes dan Documents dengan mengerjakan ulang struktur serta menyempurnakan bahasa dalam hitungan detik.

    Sementara, dengan AI Recording Summary, sistem ini dengan cerdas mampu meringkas rekaman suara dan menghasilkan catatan atau ringkasan. Hal ini diyakini bisa menghemat waktu kerja manual yang dulunya dilakukan selama berjam-jam.

     

     

     

  • Menaker Sebut UMP 2025 Bisa Naik Lebih dari 5 Persen, Cek Perbandingan Upah Jakarta 5 Tahun Terakhir

    Menaker Sebut UMP 2025 Bisa Naik Lebih dari 5 Persen, Cek Perbandingan Upah Jakarta 5 Tahun Terakhir

    TRIBUNJAKARTA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Yassierli bawa kabar gembira buat buruh soal kenaikan UMP 2025.

    Yassierli menyatakan, besaran upah minimum provinsi (UMP) 2025 yang akan ditetapkan dalam waktu dekat akan membahagiakan buruh dan para pekerja.

    Meski demikian, menurutnya penetapan UMP 2025 ini tidak akan membuat pengusaha (industri) khawatir.

    Hal itu disampaikan Yassierli saat ditanya soal kepastian persentase kenaikan UMP 2025.

    “Insya Allah itu (UMP 2025) membahagiakan buruh dan sekaligus juga teman-teman di industri enggak usah khawatir,” ujar Yassierli dalam sesi audiensi dengan Kompas Gramedia di Menara Kompas, Jakarta, Selasa (19/11/2024).

    Dalam audiensi tersebut, Yassierli juga mengonfirmasi kabar yang menyebut UMP 2025 bakal naik sebesar 5 persen dari UMP 2024.

    Ia menegaskan, UMP 2025 bisa saja naik lebih dari 5 persen. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan UMP 2025 naik di bawah angka tersebut.

    Ilustrasi Gaji (Tribunnews.com)

    Pasalnya, besaran UMP yang ada saat ini bervariasi dari berbagai provinsi. Selain itu, UMP yang ada juga sebagian lebih tinggi daripada persentase KHL atau kebutuhan hidup layak.

    “Jadi kami melihat satu angka enggak bisa. Jadi kita harus memberikan range, sehingga memberikan ruang sesuai dari amar dari MK itu adalah memberikan penguatan kepada Dewan Pengupahan Provinsi untuk dia memutuskan itu. Jadi bukan satu angka,” tegasnya.

    Menanti pengumuman kenaikan UMP 2025, tidak ada salahnya untuk mengingat kembali perbandingan upah 5 tahun terakhir khususnya untuk wilayah Jakarta.

    Sekedar informasi, UMP Jakarta saat ini berada di angka Rp 5.067.381. Lantas, seperti apa perbandingannya selama 5 tahun terkahir?

    Perbandingan UMP DKI Jakarta dalam 5 Tahun Terakhir

    Berikut ini perbandingan UMP Jakarta dalam 5 tahun terakhir: 

    2024: Rp 5.067.381
    2023: Rp 4.901.798
    2022: Rp 4.641.854
    2021: Rp 4.416.186
    2020: Rp 4.267.349
    2019: Rp 3.940.973

    Buruh dan Apindo Sepatan UMP 2025 Naik Signifikan

    Dalam penjelasannya, Menaker Yassierli juga mengungkapkan, saat ini diskusi tentang rumusan UMP 2025 terus berlangsung.

    Kabar baiknya, kata dia, sudah ada kesepahaman dari serikat buruh dan pengusaha soal kenaikan UMP secara signifikan.

    Hanya saja Yassierli kembali menekankan persentase kenaikan belum dapat disampaikan.

    “Jadi good news-nya adalah sudah mulai ada kesepahaman. Dan saya katakan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) ataupun buruh sepakat bahwa UMP itu naik. Bahkan naiknya itu cukup signifikan,” tegasnya.

    “Berapanya belum bisa (disampaikan), karena ini masih dalam proses. Bahasa saya adalah meningkatkan penghasilan pekerja yang masih rendah dengan tetap menjaga daya saing usaha. Jadi kita harus lihat dua-duanya (sisi pekerja dan pengusaha,” jelas Yassierli.

    Ia menilai tidak ada gunanya jika upah dinaikkan menjadi tinggi tetapi setelahnya ada gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK).

    Namun, jika kenaikan upah hanya terjadi sedikit, kemudian buruh mogok kerja juga bukan merupakan situasi yang baik.

    Dengan demikian, pemerintah berupaya mencari keseimbangan.

    “Tentu tidak bisa kita memuaskan semua. Tapi dengan Apindo kita sudah hampir selesai (berdiskusi). Karena kita sudah tangkap (apa yang diinginkan). Jadi concern mereka itu adalah semua sepakat bahwa upah itu boleh (naik). Jangan kita kunci terlalu rendah. Agak tinggi,” ungkap dia.

    “Karena memang ada beberapa perusahaan yang itu mampu secara finansial. Tapi harus ada sebuah mekanisme transisi bagaimana perusahaan-perusahaan yang mereka punya problem secara finansial. Dari buruh yang saat ini kita masih coba negosiasi sebenarnya karena mereka juga harus realistis tadi,” papar Yassierli.

    Ia pun menyampaikan sudah mendiskusikan perihal UMP 2025 dengan Dewan Ekonomi Nasional (DEN) dan Menko Perekonomian.

    Sehingga Yassierli berharap pada pekan ketiga November 2024 sudah ada titik terang rumusan UMP 2024.

    Setelahnya, baru rumusan penetapan UMP akan dilaporkan kepada Presiden Prabowo Subianto.

    “Habis itu kita bisa keluar dengan peraturan menteri. Rasanya sih tadi, bukan hanya membahagiakan buruh, melainkan membahagiakan dunia usaha. Itu maunya kita,” tambahnya.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Mitos atau Fakta, Minum Air Es Bikin Gemuk? Ini Penjelasannya

    Mitos atau Fakta, Minum Air Es Bikin Gemuk? Ini Penjelasannya

    Jakarta: Minum air es seringkali dianggap sebagai salah satu penyebab naiknya berat badan. Pandangan ini sudah lama beredar di masyarakat, terutama di kalangan yang peduli terhadap berat badan dan pola makan. 

    Namun, benarkah meminum air es bisa membuat badan gemuk? Apakah itu fakta atau hanya sekedar mitos?

    Mitos minum air es menyebabkan gemuk

    Melansir dari alodokter, dr. Merry Dame Cristy Pane menyatakan bahwa anggapan bahwa air es dapat menyebabkan kegemukan adalah mitos. Banyak orang percaya bahwa air es dapat ‘membekukan’ lemak dalam tubuh, sehingga lemak menjadi lebih sulit untuk dicerna. 

    Selain itu, beberapa mitos menyebutkan bahwa tubuh akan menyimpan kalori lebih banyak saat mencerna makanan atau minuman dingin. Pandangan ini sering menjadi alasan seseorang menghindari air es, terutama ketika sedang menjalani program diet.  
     

     

    Fakta minum air es

    Bahkan menurut sebuah penelitian di Journal of the International Society of Sports Nutrition, dikutip dari fkm.unair.ac.id, minum air dingin saat berolahraga memiliki manfaat khusus dibandingkan air suhu normal. 

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang minum air dingin bisa menjaga suhu tubuh mereka tetap stabil dua kali lebih lama dibandingkan mereka yang minum air suhu normal. Minum air dingin ternyata dapat membantu menunda kenaikan suhu tubuh selama berolahraga.

    Selain itu, air es tidak mengandung kalori, sehingga tidak akan langsung menyebabkan kenaikan berat badan. Proses pencernaan dalam tubuh tidak bergantung pada suhu makanan atau minuman yang dikonsumsi, melainkan pada jumlah kalori yang masuk. 

    Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa tubuh membakar sedikit lebih banyak kalori untuk memanaskan air dingin hingga mencapai suhu tubuh.  

    Dalam konteks ini, minum air es justru dapat membantu tubuh menggunakan energi lebih banyak. Namun, jumlah kalori yang terbakar tidak signifikan untuk mempengaruhi berat badan secara keseluruhan.  
    Faktor lain penyebab kenaikan berat badan

    Jika seseorang merasa berat badannya naik setelah sering minum air es, hal tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh makanan atau minuman manis yang dikonsumsi bersamaan. 

    Contohnya, minuman dingin seperti es teh manis, es kopi susu, atau minuman bersoda mengandung gula yang tinggi, yang berkontribusi terhadap peningkatan berat badan.  

    Minum air putih, baik dalam kondisi dingin maupun hangat, tetap menjadi pilihan yang sehat. Air putih membantu menjaga hidrasi, mendukung metabolisme, dan tidak mengandung kalori.  

    (Nithania Septianingsih)

    Jakarta: Minum air es seringkali dianggap sebagai salah satu penyebab naiknya berat badan. Pandangan ini sudah lama beredar di masyarakat, terutama di kalangan yang peduli terhadap berat badan dan pola makan. 
     
    Namun, benarkah meminum air es bisa membuat badan gemuk? Apakah itu fakta atau hanya sekedar mitos?

    Mitos minum air es menyebabkan gemuk

    Melansir dari alodokter, dr. Merry Dame Cristy Pane menyatakan bahwa anggapan bahwa air es dapat menyebabkan kegemukan adalah mitos. Banyak orang percaya bahwa air es dapat ‘membekukan’ lemak dalam tubuh, sehingga lemak menjadi lebih sulit untuk dicerna. 
     
    Selain itu, beberapa mitos menyebutkan bahwa tubuh akan menyimpan kalori lebih banyak saat mencerna makanan atau minuman dingin. Pandangan ini sering menjadi alasan seseorang menghindari air es, terutama ketika sedang menjalani program diet.  
     

     

    Fakta minum air es

    Bahkan menurut sebuah penelitian di Journal of the International Society of Sports Nutrition, dikutip dari fkm.unair.ac.id, minum air dingin saat berolahraga memiliki manfaat khusus dibandingkan air suhu normal. 
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang minum air dingin bisa menjaga suhu tubuh mereka tetap stabil dua kali lebih lama dibandingkan mereka yang minum air suhu normal. Minum air dingin ternyata dapat membantu menunda kenaikan suhu tubuh selama berolahraga.
     
    Selain itu, air es tidak mengandung kalori, sehingga tidak akan langsung menyebabkan kenaikan berat badan. Proses pencernaan dalam tubuh tidak bergantung pada suhu makanan atau minuman yang dikonsumsi, melainkan pada jumlah kalori yang masuk. 
     
    Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa tubuh membakar sedikit lebih banyak kalori untuk memanaskan air dingin hingga mencapai suhu tubuh.  
     
    Dalam konteks ini, minum air es justru dapat membantu tubuh menggunakan energi lebih banyak. Namun, jumlah kalori yang terbakar tidak signifikan untuk mempengaruhi berat badan secara keseluruhan.  
    Faktor lain penyebab kenaikan berat badan

    Jika seseorang merasa berat badannya naik setelah sering minum air es, hal tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh makanan atau minuman manis yang dikonsumsi bersamaan. 
     
    Contohnya, minuman dingin seperti es teh manis, es kopi susu, atau minuman bersoda mengandung gula yang tinggi, yang berkontribusi terhadap peningkatan berat badan.  
     
    Minum air putih, baik dalam kondisi dingin maupun hangat, tetap menjadi pilihan yang sehat. Air putih membantu menjaga hidrasi, mendukung metabolisme, dan tidak mengandung kalori.  
     

    (Nithania Septianingsih)
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (PRI)

  • Jangan Mau Kalah! Kampung Wirausaha Bakal Gali Potensi UMKM

    Jangan Mau Kalah! Kampung Wirausaha Bakal Gali Potensi UMKM

    Bandung: PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) melalui Kampung Wirausaha Garudafood memperkuat komitmen dalam mendorong pengembangan UMKM dengan menggelar workshop peningkatan kapasitas pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Bandung, Jawa Barat.
     
    Head of Corporate Communication & External Relations Garudafood, Dian Astriana mengatakan Kampung Wirausaha Garudafood merupakan salah satu bentuk komitmen Perusahaan terhadap pengembangan UMKM lokal.
     
    Program ini bertujuan untuk memfasilitasi UMKM lokal dalam meningkatkan daya saing melalui akses yang lebih luas terhadap sumber daya dan pengembangan kapasitas.
    “Garudafood bersama mitra sejak 2017 menginisiasi program inkubasi ‘Kampung Wirausaha Garudafood’ yang fokus untuk menemukenali potensi yang ada dalam masyarakat, memberikan akses terhadap sumber daya, menanamkan semangat kewirausahaan serta memperluas jaringan bisnis,” ujar Dian Astriana saat kegiatan Capacity Building & Community Gathering Kampung Wirausaha Garudafood, dilansir keterangan tertulis, Selasa, 19 November 2024.
     
    Menurut Dian, hal ini sejalan dengan misi Garudafood yaitu membawa perubahan yang menciptakan nilai tambah bagi masyarakat berdasarkan prinsip saling menumbuhkembangkan.
     
    Hingga 2023, Kadin Indonesia mencatat pelaku UMKM di Indonesia mencapai sekitar 66 juta jiwa. Kontribusi mereka terhadap ekonomi nasional juga signifikan, yakni sebesar 61 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) atau setara dengan Rp9,580 triliun. Lebih dari itu, UMKM menjadi tulang punggung penyerapan tenaga kerja di Indonesia dengan menyerap hingga 97 persen tenaga kerja.
     
    Peran UMKM dalam perekonomian domestik tidak dapat dipungkiri. Dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, diperlukan upaya sistematis untuk tidak hanya meningkatkan kuantitas, tetapi juga kualitas dan skala usaha pelaku UMKM lokal. Untuk itu, kolaborasi multi-stakeholder menjadi kunci untuk mencapai tujuan tersebut.
     
    Garudafood beserta mitra strategisnya selama lima tahun terakhir bersinergi dan berkolaborasi untuk dapat memajukan UMKM lokal secara berkelanjutan. Upaya yang dilakukan mencakup pemberian modal awal, pendampingan intensif, serta pelatihan pengembangan soft skill, antara lain salesmanship, product knowledge, penulisan laporan keuangan, strategi pemasaran, identifikasi faktor risiko, copywriting, hingga literasi digital.
     
    Sebagai bentuk dukungan lebih lanjut, Garudafood mengadakan workshop peningkatan kapasitas secara tatap muka yang pertama kali dilakukan pascapandemi. Kegiatan ini tidak hanya sekadar meningkatkan keterampilan teknis, namun juga sekaligus sebagai bentuk apresiasi, serta memfasilitasi pembentukan jaringan yang lebih luas dan mandiri.
     
    Sehingga diharapkan melalui kegiatan ini dapat mengoptimalkan potensi usahanya dengan lebih baik khususnya dalam menghadapi tantangan bisnis di era digital dan globalisasi.
     
    Hingga akhir 2024, Kampung Wirausaha Garudafood memiliki 454 komunitas binaan yang tersebar di wilayah seperti Jabodetabek, Bandung, Gresik, Tasikmalaya dan Garut. Keanggotaan Kampung Wirausaha Garudafood hingga akhir 2024 mencapai hampir 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
     
    Dalam perencanaan strategis jangka pendek, Kampung Wirausaha Garudafood berkomitmen untuk memperluas jaringan komunitas di wilayah lain.
     
    Daarut Tauhiid (DT) Peduli yang merupakan mitra Garudafood, diwakili oleh Muhammad Iskandar selaku Ketua Yayasan DT Peduli mengungkapkan sinergi dan kolaborasi pengembangan UMKM ini menjadi langkah nyata dalam mendorong pertumbuhan ekosistem UMKM Indonesia dan melahirkan lebih banyak UMKM lokal berprestasi dan berdaya saing tinggi.
     
    “Kami menyambut baik dengan adanya program Kampung Wirausaha Garudafood ini karena para peserta dibimbing untuk terbiasa memiliki pola pikir kreatif dan inovatif baik dalam hal menciptakan maupun memasarkan produk. Upaya ini dilakukan untuk memberikan dukungan yang peserta butuhkan dalam bersaing di pasar yang lebih luas,” ungkap Muhammad Iskandar.
     
    Pada kesempatan yang sama, Dian Astriana mengatakan, komunitas binaan Kampung Wirausaha Garudafood diharapkan dapat menjadi komunitas yang solid, mandiri dan tangguh serta memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif dan berkelanjutan.
     
    “Sejak awal, Kampung Wirausaha Garudafood berupaya aktif dalam mendorong pengembangan ekosistem UMKM lokal. Dengan memfasilitasi lahirnya lebih banyak UMKM yang berprestasi dan berdaya saing tinggi, Garudafood berharap dapat berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” ujar Dian Astriana.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Simak, 7 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta

    Simak, 7 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta

    Jakarta: Kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Kegiatan menikmati minuman kopi bahkan sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

    Bicara soal kopi, terdapat dua varetas jenis kopi paling populer yaitu jenis Arabika dan Robusta. Keduanya memiliki karakteristik unik yang membedakannya. Meski sama-sama berasal dari marga Coffea, adanya perbedaan signifikan dari segi rasa, budidaya, dan harga.

    Dalam artikel ini, Medcom.id akan membahas mengenai perbedaan antara Arabika dan Robusta: 
    1. Asal dan tempat tumbuh

    Tanaman kopi Arabika memiliki tinggi sekitar 800-2.200 meter di atas permukaan laut, suhu udara 15-25 derajat celcius. Jenis ini memerlukan iklim yang lebih sejuk dengan curah hujan yang cukup. Wilayah penghasil utama Arabika termasuk Amerika Latin, Afrika Timur, dan sebagian Asia.

    Sedangkan, kopi Robusta lebih toleran terhadap suhu panas dan dapat tumbuh di dataran rendah, sekitar 200–800 meter dengan suhu lebih tinggi, sekitar 24-30 derajat celcius. Kopi ini sering ditemukan di negara-negara seperti Vietnam, Brasil, dan Indonesia.
    2. Rasa dan aroma

    Arabika memiliki rasa yang lebih kompleks, cenderung manis dengan sentuhan asam yang lembut. Aroma ini sering digambarkan lebih harum dan kaya. Cocok untuk penikmat kopi yang menyukai rasa halus.

    Sementara Robusta memiliki rasa lebih kuat, pahit, dan tajam. Kopi Robusta sering digunakan dalam campuran espresso karena memberikan crema yang baik dan sensasi pahit yang digemari penikmat kopi sejati. 
     

     

    3. Kandungan kafein

    Kopi Arabika, memiliki kandungan kafein lebih rendah, sekitar 1,2-1,5 persen hal ini menjadikan lebih ramah di perut khususnya untuk mereka yang memiliki asam lambung.

    Sementara kopi Robusta, mengandung kafein lebih tinggi, sekitar 2,2–2,7 persen, yang membuatnya lebih pahit namun memberi efek energi yang lebih besar.
    4. Bentuk biji kopi

    Arabika memiliki bentuk biji yang berbentuk oval dengan ukuran yang lebih besar dan memiliki garis tengah melengkung. Sedangkan Robusta memiliki bentuk yang sebaliknya yakni lebih kecil, tetapi lebih bundar dan garis tengah yang lurus.
    5. Harga

    Arabika pada umumnya lebih mahal karena proses penanaman yang membutuhkan perhatian ekstra dan produksi yang lebih rendah. Robusta, lebih terjangkau karena lebih mudah dibudidayakan dan hasil panennya lebih melimpah. 
    6. Penggunaan

    Arabika, sering digunakan untuk kopi specialty dan manual brewing, seperti pour-over atau cold brew. Sedangkan Robusta lebih sering ditemukan dalam kopi instan, espresso blend, atau minuman kopi dengan susu.  
    7. Proses pengolahan

    Kopi Arabika lebih rumit. Jika ingin rasanya enak, harus diolah dengan hati-hati. Biasanya, kopi Arabika diolah dengan cara direndam air lebih dulu agar kulitnya gampang dilepas. 

    Sedangkan kopi Robusta diolah dengan cara berbeda. Bisa dengan cara direndam air atau dijemur di bawah matahari. Namun menjemur Robusta di bawah sinar matahari membutuhkan waktu yang lebih lama.

    (Nithania Septianingsih)

    Jakarta: Kopi sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Kegiatan menikmati minuman kopi bahkan sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang dalam menunjang aktivitas sehari-hari.
     
    Bicara soal kopi, terdapat dua varetas jenis kopi paling populer yaitu jenis Arabika dan Robusta. Keduanya memiliki karakteristik unik yang membedakannya. Meski sama-sama berasal dari marga Coffea, adanya perbedaan signifikan dari segi rasa, budidaya, dan harga.
     
    Dalam artikel ini, Medcom.id akan membahas mengenai perbedaan antara Arabika dan Robusta: 

    1. Asal dan tempat tumbuh

    Tanaman kopi Arabika memiliki tinggi sekitar 800-2.200 meter di atas permukaan laut, suhu udara 15-25 derajat celcius. Jenis ini memerlukan iklim yang lebih sejuk dengan curah hujan yang cukup. Wilayah penghasil utama Arabika termasuk Amerika Latin, Afrika Timur, dan sebagian Asia.
    Sedangkan, kopi Robusta lebih toleran terhadap suhu panas dan dapat tumbuh di dataran rendah, sekitar 200–800 meter dengan suhu lebih tinggi, sekitar 24-30 derajat celcius. Kopi ini sering ditemukan di negara-negara seperti Vietnam, Brasil, dan Indonesia.

    2. Rasa dan aroma

    Arabika memiliki rasa yang lebih kompleks, cenderung manis dengan sentuhan asam yang lembut. Aroma ini sering digambarkan lebih harum dan kaya. Cocok untuk penikmat kopi yang menyukai rasa halus.
     
    Sementara Robusta memiliki rasa lebih kuat, pahit, dan tajam. Kopi Robusta sering digunakan dalam campuran espresso karena memberikan crema yang baik dan sensasi pahit yang digemari penikmat kopi sejati. 
     

     

    3. Kandungan kafein

    Kopi Arabika, memiliki kandungan kafein lebih rendah, sekitar 1,2-1,5 persen hal ini menjadikan lebih ramah di perut khususnya untuk mereka yang memiliki asam lambung.
     
    Sementara kopi Robusta, mengandung kafein lebih tinggi, sekitar 2,2–2,7 persen, yang membuatnya lebih pahit namun memberi efek energi yang lebih besar.

    4. Bentuk biji kopi

    Arabika memiliki bentuk biji yang berbentuk oval dengan ukuran yang lebih besar dan memiliki garis tengah melengkung. Sedangkan Robusta memiliki bentuk yang sebaliknya yakni lebih kecil, tetapi lebih bundar dan garis tengah yang lurus.

    5. Harga

    Arabika pada umumnya lebih mahal karena proses penanaman yang membutuhkan perhatian ekstra dan produksi yang lebih rendah. Robusta, lebih terjangkau karena lebih mudah dibudidayakan dan hasil panennya lebih melimpah. 

    6. Penggunaan

    Arabika, sering digunakan untuk kopi specialty dan manual brewing, seperti pour-over atau cold brew. Sedangkan Robusta lebih sering ditemukan dalam kopi instan, espresso blend, atau minuman kopi dengan susu.  

    7. Proses pengolahan

    Kopi Arabika lebih rumit. Jika ingin rasanya enak, harus diolah dengan hati-hati. Biasanya, kopi Arabika diolah dengan cara direndam air lebih dulu agar kulitnya gampang dilepas. 
     
    Sedangkan kopi Robusta diolah dengan cara berbeda. Bisa dengan cara direndam air atau dijemur di bawah matahari. Namun menjemur Robusta di bawah sinar matahari membutuhkan waktu yang lebih lama.
     

    (Nithania Septianingsih)
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (PRI)

  • Wall Street Kembali Naik, Saham Nvidia Melonjak

    Wall Street Kembali Naik, Saham Nvidia Melonjak

    Jakarta: Indeks-indeks Wall Street mayoritas meningkat pada perdagangan Selasa, 19 November 2024.
     
    Penguatan tersebut disebabkan oleh saham Nvidia yang meningkat meskipun adanya ketegangan geopolitik antara Rusia dan Ukraina.
     
    Mengacu rangkuman dari BNI Sekuritas terkait global overnight review, Rabu, 20 November 2024, Nasdaq Composite naik 1,04 persen ke level 18.987,47, didorong oleh kinerja positif saham teknologi, terutama Nvidia.
     
    Lalu, S&P 500 menguat 0,4 persen ke 5.916,98, sedangkan Dow Jones melemah 0,28 persen ke 43.268,94.
     

     
    Saham Nvidia meningkat hampir lima persen menjelang laporan keuangan pada Rabu, 20 November 2024.
     
    Lalu, perusahaan ritel raksasa Walmart juga menguat tiga persen setelah membukukan hasil kinerja yang melampaui ekspektasi dan menaikkan proyeksinya karena belanja konsumen yang kuat.
     
    Sementara itu, saham Tesla naik 2 persen, saham Alphabet dan Amazon naik lebih dari 1 persen.
     
    Ketegangan yang memanas setelah Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan Amerika Serikat (AS) terkait penurunan ambang batas penggunaan senjata nuklir.
     
    Langkah tersebut muncul setelah Presiden Joe Biden mengizinkan Ukraina menggunakan senjata AS untuk menyerang wilayah Rusia.
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • WhatsApp Siap Rilis Fitur Baru, Kirim Foto Jadi Lebih Mudah – Page 3

    WhatsApp Siap Rilis Fitur Baru, Kirim Foto Jadi Lebih Mudah – Page 3

    Selama ini, opsi kustomisasi tema di WhatsApp cukup terbatas, hanya menawarkan pilihan Default, Light, dan Dark.

    Namun, dengan versi beta WhatsApp 2.24.21.34 melalui Google Play Beta Program, pengguna Android akan mendapatkan lebih banyak pilihan tema hingga 20 variasi warna.

    Menurut laporan dari WABetaInfo, penguna juga bisa mengakses halaman pengaturan baru untuk tema chat, yang memungkinkan mereka mengubah warna chat serta wallpaper sesuai prefensi.

    Mengutip Android Police, Senin (14/10/2024), pengguna dapat memilih tema default yang akan diterapkan ke semua percakapan atau mengatur tema berbeda untuk setiap chat.

    Setiap kali tema baru diterapkan, WhatsApp secara otomatis akan secara otomatis menyesuaikan warna chat dipilih. Bagi yang ingin lebih banyak kustomisasi, warna untuk percakapan tertentu juga bisa diubah secara manual. 

    Kabar baiknya, kustomisasi ini bersifat pribadi. Artinya, hanya pengguna yang dapat melihat perubahan tema sehingga tidak perlu khawatir penampilan chat akan dinilai oleh penerima pesan.

    Di iOS, fitur ini juga mulai tersedia melalui pembaruan WhatsApp 24.20.71, tapi belum semua pengguna iPhone bisa menikmatinya.

  • 8 Tips Praktis Membimbing Anak Menggunakan Media Sosial

    8 Tips Praktis Membimbing Anak Menggunakan Media Sosial

    Jakarta: Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, termasuk bagi anak-anak. Meski membawa banyak manfaat, seperti kemudahan berkomunikasi dan akses informasi, namun media sosial memiliki potensi risiko, seperti paparan konten negatif atau cyberbullying.

    Dalam situasi ini, orang tua memiliki peran yang sangat penting untuk mendampingi anak agar dapat memanfaatkan media sosial dengan bijak dan aman. Pastinya dengan pendekatan yang tepat media sosial dapat menjadi alat bermanfaat untuk perkembangan anak.

    Lantas, bagaimana cara mendampingi anak tanpa membatasi kreativitas? Berikut sejumlah tips yang dapat diterapkan:
    1. Pahami platform medsos yang digunakan anak

    Sebelum mendampingi anak, orang tua perlu memahami platform media sosial yang mereka gunakan. Pelajari cara kerja aplikasi tersebut, jenis konten yang tersedia, dan risiko yang mungkin muncul. Dengan memahami dunia digital anak, dapat memberikan pendampingan yang lebih relevan.
    2. Tetapkan batasan waktu dan aturan penggunaan

    Diskusikan dan sepakati waktu maksimal anak untuk menggunakan media sosial setiap harinya. Selain itu, tetapkan aturan, seperti tidak menggunakan ponsel saat makan bersama atau sebelum tidur. Hal ini membantu anak belajar mengelola waktu dengan baik. 
     

     

    3. Bangun komunikasi terbuka

    Ciptakan suasana di mana anak merasa nyaman untuk berbagi pengalaman mereka di media sosial, termasuk masalah yang mereka hadapi. Dengarkan dengan empati tanpa menghakimi agar anak tidak takut berbicara jika menghadapi situasi sulit.
    4. Ajarkan literasi digital

    Bantu anak memahami pentingnya menjaga privasi di dunia maya, seperti tidak memberikan informasi pribadi dan menggunakan kata sandi yang kuat. Ajarkan mereka untuk mengenali berita palsu (hoaks) dan menghindari berinteraksi dengan akun mencurigakan.
    5. Pantau aktivitas anak di medsos

    Pantau aktivitas anak di media sosial. Misalnya, dapat berteman atau mengikuti akun mereka untuk memastikan konten yang mereka konsumsi atau yang mereka unggah masih dalam batas kewajaran. Hindari tindakan yang terlalu mengontrol agar tidak merusak kepercayaan anak.
    6. Tumbuhkan kesadaran akan dampak media sosial

    Diskusikan dampak positif dan negatif dari media sosial, seperti bagaimana konten dapat mempengaruhi emosi atau pandangan mereka. Ajak anak untuk selalu berpikir kritis sebelum mengunggah atau membagikan sesuatu.
    7. Jadilah teladan

    Anak cenderung meniru perilaku orang tua. Pastikan orang tua juga menggunakan media sosial secara bijak. Hindari menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel atau media sosial saat bersama anak.
    8. Ajak anak terlibat dalam kegiatan offline

    Mengajak anak untuk melakukan aktivitas offline, seperti bermain di luar, membaca buku, atau mengikuti hobi. Kegiatan ini dapat mengurangi ketergantungan mereka pada media sosial dan memberikan pengalaman yang lebih seimbang.

    (Nithania Septianingsih)

    Jakarta: Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, termasuk bagi anak-anak. Meski membawa banyak manfaat, seperti kemudahan berkomunikasi dan akses informasi, namun media sosial memiliki potensi risiko, seperti paparan konten negatif atau cyberbullying.
     
    Dalam situasi ini, orang tua memiliki peran yang sangat penting untuk mendampingi anak agar dapat memanfaatkan media sosial dengan bijak dan aman. Pastinya dengan pendekatan yang tepat media sosial dapat menjadi alat bermanfaat untuk perkembangan anak.
     
    Lantas, bagaimana cara mendampingi anak tanpa membatasi kreativitas? Berikut sejumlah tips yang dapat diterapkan:

    1. Pahami platform medsos yang digunakan anak

    Sebelum mendampingi anak, orang tua perlu memahami platform media sosial yang mereka gunakan. Pelajari cara kerja aplikasi tersebut, jenis konten yang tersedia, dan risiko yang mungkin muncul. Dengan memahami dunia digital anak, dapat memberikan pendampingan yang lebih relevan.

    2. Tetapkan batasan waktu dan aturan penggunaan

    Diskusikan dan sepakati waktu maksimal anak untuk menggunakan media sosial setiap harinya. Selain itu, tetapkan aturan, seperti tidak menggunakan ponsel saat makan bersama atau sebelum tidur. Hal ini membantu anak belajar mengelola waktu dengan baik. 
     

     

    3. Bangun komunikasi terbuka

    Ciptakan suasana di mana anak merasa nyaman untuk berbagi pengalaman mereka di media sosial, termasuk masalah yang mereka hadapi. Dengarkan dengan empati tanpa menghakimi agar anak tidak takut berbicara jika menghadapi situasi sulit.

    4. Ajarkan literasi digital

    Bantu anak memahami pentingnya menjaga privasi di dunia maya, seperti tidak memberikan informasi pribadi dan menggunakan kata sandi yang kuat. Ajarkan mereka untuk mengenali berita palsu (hoaks) dan menghindari berinteraksi dengan akun mencurigakan.

    5. Pantau aktivitas anak di medsos

    Pantau aktivitas anak di media sosial. Misalnya, dapat berteman atau mengikuti akun mereka untuk memastikan konten yang mereka konsumsi atau yang mereka unggah masih dalam batas kewajaran. Hindari tindakan yang terlalu mengontrol agar tidak merusak kepercayaan anak.

    6. Tumbuhkan kesadaran akan dampak media sosial

    Diskusikan dampak positif dan negatif dari media sosial, seperti bagaimana konten dapat mempengaruhi emosi atau pandangan mereka. Ajak anak untuk selalu berpikir kritis sebelum mengunggah atau membagikan sesuatu.

    7. Jadilah teladan

    Anak cenderung meniru perilaku orang tua. Pastikan orang tua juga menggunakan media sosial secara bijak. Hindari menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel atau media sosial saat bersama anak.

    8. Ajak anak terlibat dalam kegiatan offline

    Mengajak anak untuk melakukan aktivitas offline, seperti bermain di luar, membaca buku, atau mengikuti hobi. Kegiatan ini dapat mengurangi ketergantungan mereka pada media sosial dan memberikan pengalaman yang lebih seimbang.

    (Nithania Septianingsih)
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (PRI)

  • Konsisten Catat Pertumbuhan Bisnis, KB Bank Kembali Raih Peringkat AAA dari PEFINDO

    Konsisten Catat Pertumbuhan Bisnis, KB Bank Kembali Raih Peringkat AAA dari PEFINDO

    Jakarta: PT Bank KB Bukopin Tbk atau KB Bank (IDX: BBKP) berhasil mempertahankan peringkat idAAA dengan outlook stabil dari lembaga pemeringkat independen PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO).
     
    Peringkat idAAA ini merupakan peringkat tertinggi bagi sebuah perusahaan, sehingga menegaskan posisi KB Bank sebagai institusi keuangan yang memiliki kapasitas dan kemampuan yang kuat dalam memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya.
     
    Hasil evaluasi dan pemeringkatan PEFINDO ini sejalan dengan berbagai langkah perbaikan yang telah dilakukan oleh KB Bank untuk memperkuat fundamental bisnis. Dukungan dari KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali sejak tahun 2020, turut memperkuat upaya tersebut melalui strategi yang berkelanjutan dan investasi yang signifikan dalam memperbaiki kinerja operasional dan kualitas layanan.
     

    “Peringkat idAAA dari PEFINDO ini menunjukkan bahwa upaya kami dalam mewujudkan strategi pertumbuhan yang berkelanjutan telah on-track. Dengan dukungan penuh dari KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali, kami terus berkomitmen memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia serta menyediakan solusi perbankan terbaik bagi nasabah kami,” kata Direktur Utama KB Bank Tom (Woo Yeul) Lee.
     

    Pertumbuhan Solid hingga Kuartal III 2024

    KB Bank melanjutkan tren pertumbuhan positif hingga kuartal III 2024, dengan mencatatkan pendapatan bunga sebesar Rp3,70 triliun, meningkat 14,76 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (yoy). Di sisi lain, pengelolaan beban bunga yang efisien menghasilkan pertumbuhan beban bunga yang terkendali, hanya naik 4,69 persen yoy menjadi Rp2,95 triliun. Akibatnya, net-interest income (NII) Perseroan mengalami lonjakan sebesar 84,15 persen, dari Rp409 miliar pada September 2023 menjadi Rp753 miliar pada September 2024.
     

    Pertumbuhan kredit baru menjadi salah satu pendorong utama kinerja KB Bank, dengan peningkatan sebesar 19,11 persen (yoy). Segmen UMKM dan ritel mencatatkan pertumbuhan yang signifikan masing-masing sebesar 41,82 persen dan 65,30 persen. Berbagai upaya ini berkontribusi pada peningkatan net interest margin (NIM) KB Bank, yang naik menjadi 1,46 persen dari 0,66 persen pada kuartal yang sama tahun lalu.
    Kualitas aset KB Bank juga terus menunjukkan perbaikan dengan penurunan rasio Loan at Risk (LAR) menjadi 24,92 persen dari 43,96 persen pada periode yang sama tahun lalu. Rasio NPL gross juga turun menjadi 9,58 persen dari 11,22 persen. Di sisi lain, likuiditas tetap terjaga dengan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 10,26 persen, didukung oleh kenaikan dana murah (CASA) sebesar 22,11 persen (yoy), meningkatkan rasio CASA menjadi 25,54 persen dari 23,06 persen pada tahun sebelumnya.
     
    Selain itu, pada Oktober 2024, KB Bank berhasil menerbitkan obligasi global perdananya di Singapura senilai USD300 juta, dengan kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga 4,5 kali. Langkah ini memperkuat struktur pendanaan bank, sehingga diharapkan dapat mendorong peningkatan NIM ke depannya.
     
    Dengan berbagai pencapaian tersebut KB Bank optimistis dapat terus memperkuat posisi di pasar perbankan Indonesia dan terus mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)