Perusahaan: Google

  • Menelusuri Sejarah Bank Syariah

    Menelusuri Sejarah Bank Syariah

    Jakarta: Perkembangan bank syariah di Indonesia kian pesat. Maklum, Indonesia termasuk negara muslim terbesar di dunia sehingga memiliki peran besar dalam membangun ekonomi syariah.
     
    Apalagi dengan lahirnya bank syariah raksasa di Tanah Air, yakni Bank Syariah Indonesia, yang merupakan hasil dari gabungan atau merger tiga bank pelat merah, antara lain Bank Mandiri Syariah, Bank BNI Syariah, dan Bank BRI Syariah.
     
    Mengutip laman BSI, kehadiran Bank Syariah Indonesia menjadi tonggak sejarah baru bagi bangsa ini. Dengan adanya penyatuan bank syariah tersebut, Indonesia ditargetkan menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia.
    Apa itu Bank Syariah
    Bank syariah sering disebut juga bank Islam. Bank syariah merupakan perbankan yang pelaksanaannya berdasarkan hukum Islam atau syariah.
    Bank ini tidak menerapkan sistem bunga pada layanan mereka. Sebab hal tersebut dianggap tidak sesuai dengan syariat Islam.
     
    Bank syariah menggunakan sistem bagi hasil dan mendapatkan sejumlah keuntungan dari sistem tersebut. Keuntungan inilah yang kemudian digunakan pihak bank (selaku pengelola) untuk membiayai seluruh kegiatan operasional perbankan yang dijalankan.
     

    Latar belakang berdirinya bank syariah
    Di dalam sejarah perekonomian umat Islam, kegiatan muamalah seperti menerima titipan harta, meminjamkan uang untuk keperluan konsumsi dan untuk keperluan bisnis, serta melakukan pengiriman uang, yang dilakukan dengan akad-akad yang sesuai syariah telah lazim dilakukan umat Islam sejak zaman Rasulullah Saw.
     
    Seorang sahabat Rasulullah SAW, memilih tidak menerima titipan harta. Ia lebih suka menerimanya dalam bentuk pinjaman. Tindakan Zubair ini menimbulkan implikasi yang berbeda, yakni yang pertama, dengan mengambil uang itu sebagai pinjaman, ia memiliki hak untuk memanfaatkannya, kedua, karena bentuknya pinjaman, ia berkewajiban untuk mengembalikannya secara utuh.
     
    Dengan demikian, jelas bahwa terdapat individu-individu yang telah melakukan fungsi perbankan di zaman Rasulullah Saw, meskipun individu tersebut tidak melakukan seluruh fungsi perbankan.
    Sejarah bank syariah di Dunia
    Perbankan mulai berkembang pesat ketika beredar banyak jenis mata uang pada zaman itu sehingga perlu keahlian khusus untuk membedakan satu mata uang dengan mata uang lainnya.
     
    Hal ini diperlukan karena setiap mata uang memiliki kandungan logam mulia yang berlainan sehingga memiliki nilai yang berbeda pula. Aktivitas ekonomi ini merupakan cikal bakal dari apa yang kita kenal sekarang sebagai penukaran uang (money changer).
     
    Peranan bankir pada zaman Abbasiyah mulai populer pada pemerintahan khalifah Muqtadir (908-932 M). Pada saat itu hampir setiap wazir (menteri) mempunyai banker sendiri.
     
    Kemajuan praktik perbankan pada zaman itu ditandai dengan beredarnya saq (cek) dengan luas sebagai media pembayaran. Bahkan, peranan bankir telah meliputi tiga aspek, yakni menerima deposit, menyalurkannya, dan mentransfer uang.
     
    Dalam hal yang terakhir ini, uang dapat ditransfer dari satu negeri ke negeri lainnya tanpa memindahkan fisik uang tersebut. Para money changer yang telah mendirikan kantor-kantor di banyak negeri telah memuali penggunaan cek sebagai media transfer uang dan kegiatan pembayaran lainnya.
     
    Dalam sejarah perbankan Islam, adalah Syaf al Dawlah al-Hamdani yang tercatat sebagi orang pertama yang menerbitkan cek untuk keperluan kliring antara Baghdad (Irak) dan Allepo (Spanyol).
     

    Sejarah bank syariah di Indonesia
    Inisiatif pendirian bank Islam Indonesia dimulai pada tahun 1980 melalui diskusi-diskusi bertemakan bank Islam sebagai pilar ekonomi Islam. Sebagai uji coba, gagasan perbankan Islam dipraktekkan dalam skala yang relatif terbatas di antaranya di Bandung (Bait At-Tamwil Salman ITB) dan di Jakarta (Koperasi Ridho Gusti).
     
    Pada 1990, Majelis Ulama Indonesia (MUI) membentuk kelompok kerja untuk mendirikan Bank Islam di Indonesia. Pada 18-20 Agustus 1990, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyelenggarakan lokakarya bunga bank dan perbankan di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.
     
    Hasil lokakarya tersebut kemudian dibahas lebih mendalam pada Musyawarah Nasional IV MUI di Jakarta 22 – 25 Agustus 1990, yang menghasilkan amanat bagi pembentukan kelompok kerja pendirian bank Islam di Indonesia. Kelompok kerja dimaksud disebut Tim Perbankan MUI dengan diberi tugas untuk melakukan pendekatan dan konsultasi dengan semua pihak yang terkait.
     
    Sebagai hasil kerja Tim Perbankan MUI tersebut adalah berdirilah bank syariah pertama di Indonesia yaitu PT Bank Muamalat Indonesia (BMI), yang sesuai akte pendiriannya, berdiri pada 1 November 1991. Sejak tanggal 1 Mei 1992, BMI resmi beroperasi dengan modal awal sebesar Rp106.126.382.000.
     
    Pada awal masa operasinya, keberadaan bank syariah belumlah memperoleh perhatian yang optimal dalam tatanan sektor perbankan nasional. Landasan hukum operasi bank yang menggunakan sistem syariah, saat itu hanya diakomodir dalam salah satu ayat tentang “bank dengan sistem bagi hasil” pada UU No. 7 Tahun 1992; tanpa rincian landasan hukum syariah serta jenis-jenis usaha yang diperbolehkan.
     
    Pada tahun 1998, pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat melakukan penyempurnaan UU No. 7/1992 tersebut menjadi UU No. 10 Tahun 1998, yang secara tegas menjelaskan bahwa terdapat dua sistem dalam perbankan di tanah air (dual banking system),yaitu sistem perbankan konvensional dan sistem perbankan syariah.
     
    Peluang ini disambut hangat masyarakat perbankan, yang ditandai dengan berdirinya beberapa Bank Islam lain, yakni Bank IFI, Bank Syariah Mandiri, Bank Niaga, Bank BTN, Bank Mega, Bank BRI, Bank Bukopin, BPD Jabar dan BPD Aceh, dan lain-lain.
     
    Dengan telah diberlakukannya Undang-Undang No.21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah yang terbit 16 Juli 2008, maka pengembangan industri perbankan syariah nasional semakin memiliki landasan hukum yang memadai dan akan mendorong pertumbuhannya secara lebih cepat lagi.
     
    Pada akhir 2013, fungsi pengaturan dan pengawasan perbankan berpindah dari Bank Indonesia ke Otoritas Jasa Keuangan. Maka pengawasan dan pengaturan perbankan syariah juga beralih ke OJK. (Ridini Batmaro)
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Hapus 15 Aplikasi Ini di HP Android, 2 Juta Warga RI Sudah Jadi Korban

    Hapus 15 Aplikasi Ini di HP Android, 2 Juta Warga RI Sudah Jadi Korban

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sebanyak 15 aplikasi yang tersedia di toko aplikasi Google Play Store ternyata berbahaya dan bisa menguras rekening sampai ludes. 

    Berdasarkan laporan terbaru dari firma keamanan siber McAfee, banyak aplikasi pinjaman online (pinjol) palsu yang beredar dan diminati pengguna HP Android. 

    Secara total, 15 aplikasi berbahaya itu sudah diinstal sebanyak 8 juta kali. McAfee mengatakan aplikasi-aplikasi itu mencuri data personal dan keuangan dari para korban.

    Dengan begitu, oknum penjahat siber akan mudah mengakses aplikasi keuangan korban dan menguras saldo rekening di dalamnya.

    Kebanyakan aplikasi berbahaya itu mengincar korban di Amerika Selatan, Asia Selatan, dan Afrika. Dari 15 daftar aplikasi berbahaya tersebut, 3 aplikasi di antaranya tersedia di Indonesia dan telah diinstal 2 juta pengguna.

    McAfee mengatakan aplikasi-aplikasi berbahaya ini menggunakan nama, logo, dan desain yang mirip dengan aplikasi keuangan resmi. Mereka juga mempromosikan iklan palsu di media sosial.

    Adapun aplikasi pinjol palsu ini diistilahkan ‘SpyLoan’. Jika Anda telanjur menginstal aplikasi-aplikasi tersebut, segera hapus sebelum rekening dikuras habis dan identitas dicuri. Berikut daftar aplikasinya, dikutip dari TomsGuide, Selasa (3/11/2024):

    Préstamo Seguro-Rápido, Seguro (1 juta download)
    Préstamo Rápido-Credit Easy (1 juta download)
    Get Baht Easily – Quick Loan (1 juta download)
    RupiahKilat-Dana cair (1 juta download)
    Borrow Happil – Loan (1 juta download)
    Happy Money (1 juta download)
    KreditKu – Uang Online (500.000 download)
    Dana Kilat – Pinjaman Kecil (500.000 download)
    Cash Loan-Vay tiền (500.000 download)
    RapidFinance (100.000 download)
    PrêtPourVous (100.000 download)
    Huayna Money – Préstamo Rápido (100.000 download)
    IPréstamos: Rápido Crédito (100.000 download)
    ConseguirSol-Dinero Rápido (100.000 download)
    ÉcoPrêt Prêt En Ligne (100.000 download)

    Secara umum, aplikasi pinjol palsu menjanjikan pinjaman yang cepat dan fleksibel. Modus menjerat korban dilakukan dengan mempromosikan tingkat bunga rendah dan syarat mudah. 

    Dengan begitu, calon korban akan terdorong untuk men-download aplikasi pinjol palsu, lalu mengisi data personal dan keuangan mereka.

    Setelah data sensitif dikantongi, penjahat siber di balik aplikasi berbahaya akan meneror korban dan meminta mereka membayar uang pinjaman dengan bunga super tinggi, sehingga korban terlilit utang yang tak mampu dibayar.

    Modus penipuan online yang beredar di internet makin beragam. Untuk itu, temuan ini mengingatkan sekali lagi bahwa masyarakat harus kritis dan jangan mudah terbuai rayuan promosi yang muncul di internet. Semoga informasi ini bermanfaat!

    (fab/fab)

  • Upaya BNPT Pulihkan 61 Korban Terorisme Sepanjang 2024

    Upaya BNPT Pulihkan 61 Korban Terorisme Sepanjang 2024

    Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memberikan perhatian serius kepada 61 korban tindak pidana terorisme. Khususnya dalam memberikan pemulihan.

    Salah satu upaya yang dilakukan BNPT dengan menggandeng PT Pupuk Indonesia dalam memberikan bantuan senilai Rp998.300.000 sepanjang 2024. Hal ini menunjukan pemerintah hadir untuk korban terorisme.

    “Dengan terselenggaranya sinergi antara BNPT dengan berbagai stakeholder , sebagaimana yang telah terselenggara dengan baik antara BNPT dan PT. Pupuk Indonesia (Persero) ini, negara terbukti hadir bagi korban tindak pidana terorisme,” ujar Kepala BNPT Komjen Eddy Hartono, dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa, 3 Desember 2024.

    Eddy menyebut bantuan yang diberikan berupa psikososial dan medis. Hal ini wujud implementasi dari Undang-Undang No. 5 Tahun 2018 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme.
     

    Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia PT. Pupuk Indonesia (Persero), Tina T. Kemala pihaknya berkomitmen memberikan dukungan pemulihan korban tindak pidana terorisme. Ia berharap hal ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat.

    “Kami sangat gembira dapat menyerahkan secara langsung simbolis penyerahan dukungan pemulihan korban tindak pidana terorisme sebagai bagian komitmen kami bagi para penyintas dan juga untuk dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat,” terang Tina.

    Selanjutnya korban langsung bom gereja katedral Makasssar 2021, Valeriana Silitubun memeberikan respon positif. Ia berharap BNPT terus berupaya memulihkan korban tindak pidana terorisme.

    “(BNPT) semoga selalu menjalankan amanah dan tugas yang dipercayakan oleh negara dalam hal ini melaksanakan kebijakan, strategi dan program nasional penanggulangan terorisme bagi seluruh korban yang berada dinegara Indonesia,” tandas Valeriana.

    Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memberikan perhatian serius kepada 61 korban tindak pidana terorisme. Khususnya dalam memberikan pemulihan.
     
    Salah satu upaya yang dilakukan BNPT dengan menggandeng PT Pupuk Indonesia dalam memberikan bantuan senilai Rp998.300.000 sepanjang 2024. Hal ini menunjukan pemerintah hadir untuk korban terorisme.
     
    “Dengan terselenggaranya sinergi antara BNPT dengan berbagai stakeholder , sebagaimana yang telah terselenggara dengan baik antara BNPT dan PT. Pupuk Indonesia (Persero) ini, negara terbukti hadir bagi korban tindak pidana terorisme,” ujar Kepala BNPT Komjen Eddy Hartono, dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa, 3 Desember 2024.
    Eddy menyebut bantuan yang diberikan berupa psikososial dan medis. Hal ini wujud implementasi dari Undang-Undang No. 5 Tahun 2018 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme.
     

    Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia PT. Pupuk Indonesia (Persero), Tina T. Kemala pihaknya berkomitmen memberikan dukungan pemulihan korban tindak pidana terorisme. Ia berharap hal ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat.
     
    “Kami sangat gembira dapat menyerahkan secara langsung simbolis penyerahan dukungan pemulihan korban tindak pidana terorisme sebagai bagian komitmen kami bagi para penyintas dan juga untuk dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat,” terang Tina.
     
    Selanjutnya korban langsung bom gereja katedral Makasssar 2021, Valeriana Silitubun memeberikan respon positif. Ia berharap BNPT terus berupaya memulihkan korban tindak pidana terorisme.
     
    “(BNPT) semoga selalu menjalankan amanah dan tugas yang dipercayakan oleh negara dalam hal ini melaksanakan kebijakan, strategi dan program nasional penanggulangan terorisme bagi seluruh korban yang berada dinegara Indonesia,” tandas Valeriana.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ABK)

  • Kisah Direksi BCA Gali Kreativitas di IKF 2024

    Kisah Direksi BCA Gali Kreativitas di IKF 2024

    Jakarta: Membagi waktu untuk hobi dan pekerjaan adalah hal yang kerap sulit dilakukan para pekerja di dunia korporat. Hal ini juga dialami tiga Direktur BCA, yaitu Vera Eve Lim, Lianawaty Suwono, dan Antonius Widodo yang mencurahkan kreativitasnya di sela-sela bekerja.
     
    Ketiganya berkreasi di kegiatan Indonesia Knowledge Forum XIII (IKF) dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang dirancang khusus untuk memperkaya wawasan serta mendukung pengembangan diri peserta. Beberapa kegiatan yang tersedia di IKF 2024 adalah workshop melukis abstrak dan meramu parfum (body mist) yang dibimbing para ahli di bidangnya.
     
    Direktur BCA Vera Eve Lim bersama Lianawaty Suwono mengikuti workshop bertajuk Mindfulness Painting yang dipandu Co-founder Bartega, Jazz Pratama. Kemudian, Direktur BCA Antonius Widodo berpartisipasi dalam kegiatan meracik parfum dalam workshop Personalize Your Scent yang dipimpin Natasha Clairine dari Rumah Atsiri.
    Sejak 2014, Vera Eve Lim telah aktif menggeluti kegiatan melukis sebagai bagian dari rutinitas akhir pekannya. Bagi Vera, aktivitas melukis tidak hanya menjadi sarana untuk mengekspresikan diri, tetapi juga membantunya melepaskan stres dan menyegarkan pikiran.
     

    Direktur BCA Antonius Widodo (kiri) diajak untuk ikut meracik parfum atau body mist yang mencerminkan kepribadian peserta. Foto: dok BCA.
     
    Menjaga mental wellbeing

    “Selain untuk menepi sejenak dari hiruk-pikuk pekerjaan, melukis juga membantu saya menjaga mental wellbeing yang pada gilirannya dapat meningkatkan kinerja dan kemampuan saya membawa BCA menuju pertumbuhan positif. Saya sangat mendorong para pemimpin dan generasi penerus menemukan kegiatan positif yang memberi kebahagiaan, karena itulah salah satu kunci meraih keseimbangan diri dan kesuksesan,” kata Vera, dalam keterangan tertulis, Selasa, 3 Desember 2024.
     
    Selanjutnya, Direktur BCA Antonius Widodo diajak untuk ikut meracik parfum atau body mist yang mencerminkan kepribadian peserta. Natasha menjelaskan, dalam memilih wewangian terdapat dua hal penting yang perlu diperhatikan: aroma sesuai selera pribadi, dan fungsi yang ingin dicapai melalui aroma itu.
     
    Antusiasme peserta yang tinggi dalam berbagai workshop di IKF 2024 menunjukkan ajang tersebut tidak hanya menjadi sarana berbagi pengetahuan, tetapi juga tempat untuk menjaga jiwa kreatif dan keseimbangan hidup para peserta. Acara ini mengingatkan kita, di tengah rutinitas yang padat meluangkan waktu untuk diri sendiri bukanlah kemewahan, melainkan kebutuhan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Ini Biang Kerok Susah Atasi Penipuan Online Pakai Nomor WhatsApp

    Ini Biang Kerok Susah Atasi Penipuan Online Pakai Nomor WhatsApp

    Jakarta

    Direktur Utama Telkomsel Nugroho mengungkapkan kesulitan untuk memblokir nomor seluler yang dipakai untuk akun WhatsApp. Hal ini merespon terkait penipuan online yang banyak terjadi memanfaatkan layanan pesan instan tersebut.

    “Kalau yang terkait WhatsApp, memang kami sedang memperjuangkan juga bagaimana agar keamanan digital telekomunikasi ini bisa lebih reliable,” ujar Nugroho di Kantor Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi), Jakarta, Selasa (3/12/2024).

    Disampaikannya, penanganan pemblokiran nomor seluler dengan nomor di akun WhatsApp memiliki level yang berbeda. Sebab, untuk pemblokiran akun WhatsApp bukan lagi di ranah operator seluler.

    “Karena berbeda dengan komunikasi menggunakan nomor MSSDN biasa. Kalau WhatsApp itu kita blok di network-nya operator, tapi tidak terblok di WhatsApp,” ucap Nugroho.

    Pada kesempatan ini pula, Bos Telkomsel ini menyoroti juga kerjasama antara operator seluler dan penyedia layanan over the top (OTT) seperti WhatsApp yang dinilai belum berpihak kepada ekonomi digital dalam negeri.

    “Yang tentu di luar itu ada juga impact terhadap kontribusi ke ekonomi lokal juga. Itu sedang kami perjuangkan melalui ATSI (Asosiasi penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia) dengan seluruh operator seluler kepada pemerintah. Nanti Insya Allah akan ada langkah-langkah berikunya yang kita update,” tuturnya.

    Diberitakan sebelumnya, kasus penipuan online yang terjadi di WhatsApp sempat dibahas dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) antara Komisi I DPR dan operator seluler pada 9 November 2023.

    Bahkan, Direktorat Jenderal Imigrasi mewanti-wanti masyarakat akan nomor WhatsApp palsu Imigrasi di laman Google Maps. Nomor itu digunakan pelaku kejahatan untuk melancarkan aksi penipuan online.

    “Waspada Penipuan! Nomor Kontak Palsu Marak di Laman Google Maps Kantor Imigrasi. Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dengan nomor kontak WhatsApp palsu 081230030440 yang diselipkan pada informasi alamat pada laman Google Maps sejumlah Kantor Imigrasi,” demikian keterangan yang ditulis Ditjen Imigrasi dikutip dari detiknews pada 13 Agustus 2024.

    Modus sejenis, yaitu nomor WhatsApp palsu yang dimasukan ke informasi alamat pada laman Google Maps juga mengincar korban para pelaku wisata, mulai dari hotel, restoran, cafe, rental motor dan rental mobil. Banyak calon konsumen terjebak menghubungi nomor penipu dan kena tipu, sementara pelaku usaha wisata jadi tercoreng namanya.

    Sementara itu, WhatsApp terus mengembangkan fitur baru untuk menjaga keamanan dan privasi penggunanya. Salah satunya adalah fitur baru yang memungkinkan pengguna mengecek informasi tentang link yang diterima di chat.

    WABetaInfo menemukan fitur ‘Get link info’ di WhatsApp beta untuk Android versi 2.24.22.19 dan WhatsApp beta untuk iOS versi 24.22.10.77. Fitur ini sudah tersedia untuk sejumlah beta tester yang mengunduh update WhatsApp versi beta terbaru.

    Menurut pengamatan detikINET, fitur ini juga sudah bisa diakses oleh beta tester WhatsApp di Indonesia, seperti screenshot di bawah ini. Pengguna bisa menggunakan fitur ini untuk mendapatkan informasi seputar link yang dibagikan di chat WhatsApp grup atau individu.

    Saat menerima link di chat, pengguna cukup menekan dan tahan link tersebut. WhatsApp akan menampilkan halaman di bawah layar, dan pengguna bisa memilih opsi ‘Get link info on Google untuk mendapatkan informasi seputar link yang diterima.

    Fitur baru WhatsApp untuk verifikasi keaslian link Foto: Screenshot/detikINET

    (agt/fay)

  • Gunung Semeru 9 Kali Erupsi Pagi Ini

    Gunung Semeru 9 Kali Erupsi Pagi Ini

    Lumajang: Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, erupsi terus menerus sejak pukul 02.30 WIB hingga 08.48 WIB pada Selasa, 3 Desember 2024. Bahkan, tercatat sudah mengalami sembilan kali erupsi.

    Erupsi pertama terjadi pada pukul 02.30 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 500 meter di atas puncak. Kemudian erupsi kedua terjadi pada pukul 04.27 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 700 meter di atas puncak.

    “Gunung Semeru kembali erupsi pada pukul 06.12 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 900 meter di atas puncak atau 4.576 meter di atas permukaan laut (mdpl),” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru Liswanto dalam keterangan tertulis, Selasa, 3 Desember 2024.

    Menurutnya, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah selatan.  Selang tiga menit, erupsi kembali terjadi pada pukul 06.15 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 300 meter di atas puncak dan kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah selatan. 

    Kemudian pukul 06.31 WIB, gunung tertinggi di Pulau Jawa itu kembali erupsi dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 300 meter di atas puncak. Selanjutnya, pukul 06.49 WIB kembali erupsi dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 500 meter di atas puncak.

    Erupsi Gunung Semeru kembali tercatat pada pukul 07.44 WIB, kemudian pukul 07.49 WIB, dan 08.48 WIB dengan letusan setinggi 500 meter hingga 600 meter di atas puncak. “Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah timur laut,” kata dia.

    Liswanto menjelaskan Gunung Semeru masih berstatus Waspada, sehingga Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memberikan sejumlah rekomendasi, yakni masyarakat dilarang melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh delapan kilometer dari puncak (pusat erupsi).

    Selanjutnya di luar jarak tersebut masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan, karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 13 kilometer dari puncak.

    “Masyarakat juga tidak boleh beraktivitas dalam radius tiga kilometer dari kawah/puncak Gunung Semeru, karena rawan terhadap bahaya lontaran batu pijar,” ungkap dia.

    Selain itu masyarakat juga perlu mewaspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar hujan di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat, serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

    Lumajang: Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur, erupsi terus menerus sejak pukul 02.30 WIB hingga 08.48 WIB pada Selasa, 3 Desember 2024. Bahkan, tercatat sudah mengalami sembilan kali erupsi.
     
    Erupsi pertama terjadi pada pukul 02.30 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 500 meter di atas puncak. Kemudian erupsi kedua terjadi pada pukul 04.27 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 700 meter di atas puncak.
     
    “Gunung Semeru kembali erupsi pada pukul 06.12 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 900 meter di atas puncak atau 4.576 meter di atas permukaan laut (mdpl),” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru Liswanto dalam keterangan tertulis, Selasa, 3 Desember 2024.
    Menurutnya, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah selatan.  Selang tiga menit, erupsi kembali terjadi pada pukul 06.15 WIB dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 300 meter di atas puncak dan kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah selatan. 
     
    Kemudian pukul 06.31 WIB, gunung tertinggi di Pulau Jawa itu kembali erupsi dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 300 meter di atas puncak. Selanjutnya, pukul 06.49 WIB kembali erupsi dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 500 meter di atas puncak.
     
    Erupsi Gunung Semeru kembali tercatat pada pukul 07.44 WIB, kemudian pukul 07.49 WIB, dan 08.48 WIB dengan letusan setinggi 500 meter hingga 600 meter di atas puncak. “Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah timur laut,” kata dia.
     
    Liswanto menjelaskan Gunung Semeru masih berstatus Waspada, sehingga Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memberikan sejumlah rekomendasi, yakni masyarakat dilarang melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh delapan kilometer dari puncak (pusat erupsi).
     
    Selanjutnya di luar jarak tersebut masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan, karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 13 kilometer dari puncak.
     
    “Masyarakat juga tidak boleh beraktivitas dalam radius tiga kilometer dari kawah/puncak Gunung Semeru, karena rawan terhadap bahaya lontaran batu pijar,” ungkap dia.
     
    Selain itu masyarakat juga perlu mewaspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar hujan di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat, serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (LDS)

  • Pecut Penerimaan Negara dari PPK GBK dan Kemayoran, Ini yang Perlu Dilakukan

    Pecut Penerimaan Negara dari PPK GBK dan Kemayoran, Ini yang Perlu Dilakukan

    Jakarta: Indonesia Audit Watch (IAW) mendukung langkah Kementerian Sekretariat Negara  (Kemensetneg) untuk melakukan audit terhadap dua Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK), dan PPK Kemayoran. Keduanya saat ini dinilai belum memberikan hasil maksimal kepada negara. 
     
    IAW juga menekankan pemerintah melalui Kemensetneg tidak hanya berfokus pada peningkatan setoran kepada negara, melainkan pengelolaan aset harus memiliki dampak pada perekonomian secara luas. Sehingga masyarakat turut menikmati hasil atau manfaat dari pengelolaan aset tersebut.
     
    “Dua BLU ini yang mengelola aset negara sudah sewajarnya diaudit, dan harus secara rutin. Jangan sampai ada aset negara yang tidak maksimal. Bukan hanya setoran ke kas negara, tapi juga harus memberikan dampak signifikan bagi perekonomian,” kata Sekretaris Pendiri IAW Iskandar Sitorus dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 3 Desember 2024.
    Menurut Iskandar, tidak maksimalnya manfaat atau setoran kepada kas negara juga perlu ditelusuri lebih dalam. Apakah hanya tidak maksimal dari sisi harga sewa lahan, atau ada hal lainnya. Sebab menurut Iskandar, jika dilihat dari sisi sewa lahan di dua BLU tersebut para mitra atau perusahaan swasta yang menempati atau mendapat izin di lahan PPK GBK maupun PPK Kemayoran tentu akan mengikuti harga pasar yang menjadi acuan. Karena itu ia mendesak proses audit juga mencakup praktik-praktik bisnis yang selama ini berjalan. 
     
    “Proses audit menyeluruh dari proses bisnis dan kerjasama yang dilakukan oleh PPK GBK dan PPK Kemayoran menjadi sangat mendesak. Penyebab setoran negara tidak maksimal karena apa? Kontrak yang tidak sesuai pasar atau justru banyak terjadi kebocoran, sehingga banyak pendapatan yang tidak masuk kas negara,”katanya.
     
    Sebab berdasarkan informasi di lapangan, di wilayah BLU-BLU tersebut banyak berdiri koperasi-koperasi yang ikut menikmati hasil dari penyewaan lahan di BLU tersebut. “Jadi sekecil apapun jenis pendapatan dari pemanfaatan lahan milik negara, harusnya masuk atau disetorkan kepada negara, tidak terkecuali,” tegas Iskandar.
     
    Untuk itu, Iskandar menyarankan agar dibuat tim khusus ketika melakukan audit BLU-BLU tersebut agar semakin banyak pihak yang ikut mengawasi dan menjadi lebih transparan. Sehingga, tujuan akhir dalam mengelola aset negara menjadi lebih maksimal.
     

     
    Selain itu, lanjut Iskandar, penentuan perusahaan swasta yang akan mengelola aset negara tersebut juga menjadi lebih jelas dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan peruntukannya. “Jangan sampai badan atau perusahaan yang tidak memiliki kompetensi ikut mengelola. Dia harus punya expertise di situ,” katanya. 
     
    Ia juga khawatir jika ada badan atau perusahaan yang menjadi pengelola yang tidak memiliki expertise di bidangnya itu, justru hanya akan menjadi calo atau divendorkan lagi pengelolaannya kepada perusahaan lain. Hal itu pun justru akan memperpanjang alur birokrasinya. Alhasil setoran kepada negara menjadi semakin tidak maksimal karena banyak terpotong oleh setiap struktur badan atau vendor tersebut. 
     
    “Bahkan menurut saya dibuat lebih ramping sekalian, tidak perlu ada lagi BLU, dihilangkan saja. Jadi perusahaan yang mendapat mandat mengelola aset lahan di kawasan GBK dan Kemayoran langsung berhubungan dengan Kemensetneg. Pasti hasilnya akan lebih besar,” ujar Iskandar. 
     
    Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi mengatakan akan melakukan audit kepada PPK GBK dan PPK Kemayoran lantaran kedua BLU tersebut belum memberikan hasil maksimal dari penyewaan lahan di kawasan yang berada di dua BLU tersebut. Diharapkan langkah ini dapat menambah pemasukan dari GBK dan Kemayoran untuk keuangan negara.
     
    “Sepintas kami pelajari bahwa perlu ada perbaikan dari sisi kontrak-kontrak kerja yang kami merasa belum banyak atau terlalu sedikit manfaat dari sisi ekonomi yang dihasilkan dan disetorkan kepada negara,” kata Prasetyo dalam rapat kerja bersama Komisi XIII DPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.
     
    Audit dan peninjauan ulang tersebut dapat dilakukan karena kedua BLU tersebut berada di bawah koordinasi Kemensetneg. Adapun pengelolaan BLU PPK GBK oleh Kemensetneg diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan (Kepmenkeu) Nomor 233/KMK.05/2008, sedangkan BLU PPK Kemayoran tercantum di Kepmenkeu Nomor 390/KMK.05/2011. 
     
    Mensesneg akan melihat, kontrak atau perjanjian mana saja yang dinilai belum memberikan manfaat ekonomi yang signifikan. “Untuk itu kami mohon izin dalam waktu cepat akan kami selesaikan semuanya,” ujar Prasetyo kepada Komisi XIII.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)

  • Cuaca Ekstrem, Penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni Ditutup Sementara

    Cuaca Ekstrem, Penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni Ditutup Sementara

    Bandarlampung: Penyeberangan kapal feri di Pelabuhan Bakauheni, yang menghubungkan Pulau Sumatra dan Pulau Jawa ditutup sementara akibat cuaca ekstrem angin kencang dan gelombang tinggi. Keputusan ini diambil untuk memastikan keselamatan pengguna jasa transportasi laut, berdasarkan rekomendasi dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bakauheni.

    Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astuti, mengungkapkan bahwa penundaan penyeberangan akan berlangsung selama satu hingga dua jam ke depan, dengan waktu keberangkatan kapal yang disesuaikan dengan kondisi cuaca. Meskipun ada penundaan, pelayanan di pelabuhan tetap berjalan.

    “Jika angin dan ombak masih tinggi, ada kemungkinan kami mengambil langkah lebih lanjut, seperti penutupan sementara pelayanan penyeberangan demi keselamatan,” kata Kombes Pol Umi dalam keterangannya di Bandarlampung, Selasa, 3 Desember 2024.

    Selain itu, untuk mengatasi potensi penumpukan kendaraan di pelabuhan, pihak berwenang telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem delay di beberapa rest area, seperti rest area Km38 dan Km62. Hal ini bertujuan untuk mengatur volume kendaraan yang menuju pelabuhan, mengurangi kemacetan, dan memperlancar transportasi.

    Meski penyeberangan ditunda, Umi mengimbau masyarakat yang akan menggunakan jasa pelabuhan Bakauheni untuk tetap memantau informasi cuaca dan menyesuaikan waktu perjalanan mereka.

    “Kami mengajak masyarakat untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca agar tidak terjadi penumpukan kendaraan yang dapat mengganggu kelancaran transportasi,” jelas dia.

    Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau masyarakat dan pengguna jasa penyeberangan lintasan Merak-Bakauheni untuk lebih waspada terhadap cuaca ekstrem yang dapat mempengaruhi kelancaran perjalanan laut. ASDP menekankan pentingnya perencanaan perjalanan yang matang demi kenyamanan dan keselamatan bersama.

    Berdasarkan laporan BMKG, cuaca di sekitar lintasan Merak-Bakauheni pada Selasa, 3 Desember 2024, berada dalam status siaga. Angin bertiup dengan kecepatan 17-23 knots dari barat daya, dan ketinggian gelombang laut diperkirakan mencapai 1,5 hingga 2,5 meter. Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga malam hari.

    Bandarlampung: Penyeberangan kapal feri di Pelabuhan Bakauheni, yang menghubungkan Pulau Sumatra dan Pulau Jawa ditutup sementara akibat cuaca ekstrem angin kencang dan gelombang tinggi. Keputusan ini diambil untuk memastikan keselamatan pengguna jasa transportasi laut, berdasarkan rekomendasi dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bakauheni.
     
    Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadillah Astuti, mengungkapkan bahwa penundaan penyeberangan akan berlangsung selama satu hingga dua jam ke depan, dengan waktu keberangkatan kapal yang disesuaikan dengan kondisi cuaca. Meskipun ada penundaan, pelayanan di pelabuhan tetap berjalan.
     
    “Jika angin dan ombak masih tinggi, ada kemungkinan kami mengambil langkah lebih lanjut, seperti penutupan sementara pelayanan penyeberangan demi keselamatan,” kata Kombes Pol Umi dalam keterangannya di Bandarlampung, Selasa, 3 Desember 2024.
    Selain itu, untuk mengatasi potensi penumpukan kendaraan di pelabuhan, pihak berwenang telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem delay di beberapa rest area, seperti rest area Km38 dan Km62. Hal ini bertujuan untuk mengatur volume kendaraan yang menuju pelabuhan, mengurangi kemacetan, dan memperlancar transportasi.

    Meski penyeberangan ditunda, Umi mengimbau masyarakat yang akan menggunakan jasa pelabuhan Bakauheni untuk tetap memantau informasi cuaca dan menyesuaikan waktu perjalanan mereka.
     
    “Kami mengajak masyarakat untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca agar tidak terjadi penumpukan kendaraan yang dapat mengganggu kelancaran transportasi,” jelas dia.
     
    Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau masyarakat dan pengguna jasa penyeberangan lintasan Merak-Bakauheni untuk lebih waspada terhadap cuaca ekstrem yang dapat mempengaruhi kelancaran perjalanan laut. ASDP menekankan pentingnya perencanaan perjalanan yang matang demi kenyamanan dan keselamatan bersama.
     
    Berdasarkan laporan BMKG, cuaca di sekitar lintasan Merak-Bakauheni pada Selasa, 3 Desember 2024, berada dalam status siaga. Angin bertiup dengan kecepatan 17-23 knots dari barat daya, dan ketinggian gelombang laut diperkirakan mencapai 1,5 hingga 2,5 meter. Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga malam hari.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (LDS)

  • Fitur Baru Gmail Android Bikin Kirim Email Jadi Makin Aman dan Praktis – Page 3

    Fitur Baru Gmail Android Bikin Kirim Email Jadi Makin Aman dan Praktis – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Google menghadirkan gebrakan baru dengan pembaruan yang menarik di aplikasi Gmail versi Android, memungkinkan pengguna lebih mudah menjaga privasi saat mengirim email.

    Mengutip Phone Arena, Selasa (3/12/2024), fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk drag and drop (seret dan lepas) kontak antar kolom penerima email, seperti “To,” “CC,” dan “BBC.”

    Apa Manfaat Fitur Ini?

    Pernah dengar soal kesalahan pengiriman email yang membuat alamat penerima tersebar luas? Biasanya ini terjadi kalau pengirim salah memasukkan alamat email di kolom “CC” (Carbon Copy) alih-alih  di “BCC” (Blind Carbon Copy).

    Yang jadi masalah, kalau email dikirim menggunakan CC, semua penerima bisa melihat daftar email orang lain. Ini cukup berisiko, terutama untuk alamat email yang seharusnya dijaga privasinya, seperti milik jurnalis atau pelanggan.

    Dengan fitur drag and drop, pengguna bisa jadi lebih fokus memindahkan alamat ke kolom yang benar. Kalau harus memindahkan kontak dari “To”  ke “BCC,” cukup seret dan lepaskan saja, tanpa perlu mengetik ulang.

    Dengan begitu, pengirim lebih mudah memastikan privasi penerima tetap terjaga.

    Siapa yang Bisa Menggunakan Fitur Ini?

    Pembaruan ini akan tersedia untuk: 

    Pengguna akun Google Pribadi
    Pelanggan Google Workspace

    Workspace Individual Subscribes 

    Google memastikan fitur ini mulai tersedia secara bertahap dan akan sepenuhnya aktif pada 14 Desember 2024.

    Selain mencegah kesalahan penempatan email, fitur ini membantu pengguna lebih teliti saat menambahkan kontak penerima. Jadi risiko salah kirim atau membagikan informasi yang sensitif bisa diminimalkan.

    Bahkan untuk pengguna biasa, fitur ini membantu menjaga privasi jika kamu masuk ke dalam daftar penerima email massal. 

  • Daftar Lengkap 51 Pengusaha AS yang Bertemu Prabowo di Istana Negara

    Daftar Lengkap 51 Pengusaha AS yang Bertemu Prabowo di Istana Negara

    Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Prabowo Subianto menerima kunjungan dari 51 pengusaha Amerika Serikat (AS) di Istana Negara, Selasa (3/12/2024).

    Beberapa pengusaha yang terlihat hadir seperti Presiden Exxon Mobil Indonesia Carole Gall hingga Garrick Thompson selaku Managing Director FedEx Express Indonesia.

    Pertemuan di Indonesia kali ini turut membahas kelanjutan komitmen investasi dari perusahaan-perusahaan internasional tersebut di Indonesia. Imbas lawatan Prabowo selama 2 pekan ke 6 Negara, yaitu China, Amerika Serikat, Peru, Brasil, Inggris, hingga Uni Emiraat Arab.

    Presiden Ke-8 RI itu tiba di Istana Negara pada pukul 10.02 WIB dengan menggunakan jas abu-abu dan dasi berwarna biru dengan didampingi Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Sugiono, Menteri Investasi dan Hilirisasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Rosa Roeslani, dan Duta Besar Amerika untuk Indonesia Kamala.

    Daftar Pengusaha Luar Negeri di Istana Presiden

    Berikut daftar delegasi pengusaha dari luar negeri yang bertemu Presiden Prabowo Subianto di Istana Presiden pada Selasa (3/12/2024):

    1. President & CEO of the US-Asean Business Council Ted Osius

    2. Country Representative – Indonesia Nugraheni Utami

    3. Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Kamala Lakhdhir

    4. Charge d’Affaires Ida Bagus Made Bimantara

    5. Government Affairs and Market Director (3M) Audist Subekti

    6. Government Affairs Director (Abbott) Wanda Harahap

    7. Senior Manager, Global  Government Affairs (Agoda Company Pte. Ltd.) Samuel Hsiao

    8. Head of Public Policy, Indonesia (Amazon Web Services) Donny Eryastha

    9. Vice President (American Express) Sarah Wood

    10. Head of Government Affairs, APAC (Apple Inc.) Elizabeth Hernandez

    11. Managing Director, Asia Pacific (Bell Textron) David Sale

    12. President, Boeing Southeast Asia (Boeing) Penny Burtt

    13. Managing Director (Bower Group Asia) Douglas Ramage

    14. Regional President Asia Pacific, Gas & Low Carbon Energy (Bp) Kathy Wu

    15. Corporate Affairs Director, Indonesia (Cargill) Arief Susanto

    16. Managing Director, Indonesia (Cisco Systems) Marina Kacaribu

    17. Indonesia CCO & Banking Head (Citi) Batara Sianturi

    18. Country Leader, Indonesia (Corteva Agriscience) Wahyu Indrawanto

    19. Corporate Relations Director (Diageo) Dendy Borman

    20. Managing Director, Indonesia (Equinix) Haris Izmee

    21. Head of Government and Corporate Affairs, SEA (Expedia Group) Mohammad Matin Mohdari

    22. President, ExxonMobil Indonesia (Exxon Mobil Indonesia) Carole Gall

    23. Managing Director, Indonesia (FedEx) Garrick Thompson

    24. Vice President, Federal Government Relations and International Affairs (Freeport McMoRan) J.J. Ong

    25. Executive Director for International Trade and Economic Policy (GE Healthcare) Andrew Quinn

    26. Chief Executive Officer (General Atomic Global Corporation) Dr. Vivek Lall

    27. Managing Director, Government Affairs and Public Policy, Southeast Asia (Google) Andrew Ure

    28. Managing Director (Hewlett Packard Enterprise) Meygin Agustina

    29. Senior Partner (HHP Law Firm) Daniel Pardede

    30. President Director (HM Sampoerna) Ivan Cahyadi

    31. Vice President Government & Regulatory Affairs Asia Pacific (IBM) Stephen Braim

    32. Director, Government Affairs (Intel Corporation) Anna Amalina Imam Baweh

    33. Country Director, Indonesia (Jhpeigo) Maryjane Lacoste

    34. Vice President, Regulatory Affairs, APAC (JP Morgan) Katie Knight

    35. Global Head of Regulatory & Public Affairs (Manulife Financial) Maryscott Greenwood

    36. Senior Director, Owner Relations and Government Affairs (Marriott International) Lucy Christie

    37. Corporate Affairs Director Mars Petcare, Southeast Asia (Mars, Incorporated) Anastasia Timoshina

    38. Senior Managing Director, Southeast Asia & Climate (McLarty Associates) Bob Blake

    39. Head of Public Policy (Meta) Berni Moestafa

    40. Senior Director, Global Policy & Public Affairs APAC Lead (Pfizer) Hiroaki Tsukada

    41. Government Relations Senior Director (Asean) and Country Legal Head (Phils) (Procter & Gamble) Mimi Lopez

    42. Senior Director, Government Affairs, Southeast Asia (Qualcomm Inc.) Nies Purwati

    43. Vice President, Head of Global Government Affairs & Public Policy, Asia Pacific, South Asia & Latin America (S&P Global) John Phipps

    44. Director, Government Affairs & Public Policy, Southeast Asia & Greater China (Salesforce) Boon Poh Mok

    45. Sr. Director – Public Affairs, Communications, and Sustainability West Cluster (The Coca-Cola Company) Triyono Prijosoesilo

    46. Vice President, Lubrizol Asia Pacific (The Lubrizol Corporation) Henry Liu

    47. Country Manager, Indonesia (VISA) Vira Widiyasari

    48. Managing Partner (Vriens & Partners) Hans Wouter Vriens

    49. President Director (Zuellig Pharma Corporation) Christophe Piganiol

    50. Deputy Director, Maritime Southeast Asia Mega Valentina

    51. Director of Public Policy PT. PespsiCo Indonesia F&B Johnny Gabrielle