Perusahaan: Google

  • Penuhi Standar Global, Bank Mandiri Perkuat dan Perluas Sistem Keberlangsungan Bisnis

    Penuhi Standar Global, Bank Mandiri Perkuat dan Perluas Sistem Keberlangsungan Bisnis

    Jakarta: Bank Mandiri kembali menegaskan komitmen dalam menjaga standar operasional terbaik dengan berhasil mempertahankan sekaligus memperluas lingkup sertifikasi ISO 22301:2019 Sistem Manajemen Keberlangsungan Bisnis atau Business Continuity Management System (BCMS). Pencapaian ini diperoleh melalui audit surveillance pertama pada 24 Mei 2024, serta audit perluasan lingkup yang dilakukan pada 12-13 Agustus 2024 oleh lembaga sertifikasi internasional British Standard Institution (BSI).  
     
    SVP Business Continuity Management Bank Mandiri I Made Wahyu Arjaya menjelaskan, pencapaian ini merupakan pengakuan lembaga independen berstandar global bahwa Bank Mandiri telah mempersiapkan, mengelola, dan menerapkan sistem operasional yang terjaga keandalannya, meskipun menghadapi gangguan eksternal atapun internal.
     
    Sebagai informasi, ISO 22301:2019 Sistem Manajemen keberlangsungan bisnis atau Business Continuity Management System (BCMS) merupakan standar internasional untuk model pendekatan menyeluruh terhadap ketahanan organisasi, yang bertujuan untuk mempersiapkan, menyediakan, dan mengendalikan kemampuan organisasi secara keseluruhan untuk terus beroperasi selama terjadi gangguan. 
    “Bank Mandiri menjadi bank KBMI 4 pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ISO 22301:2019 BCMS, pertama kali pada tahun 2023 dengan ruang lingkup terbatas. Pada tahun ini, ruang lingkupnya diperluas mencakup sejumlah fungsi-fungsi kritikal lainnya demi memastikan telah kuatnya ketahanan perusahaan di semua lini bisnis,” kata Made dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin, 16 Desember 2024.
     

    Audit tersebut melibatkan sejumlah unit kerja Bank Mandiri, antara lain Business Continuity Management, Teknologi Informasi, Treasury, Cash and Trade Operations, serta Electronic Channel Operations. Serta tambahan unit kerja kritikal adalah Security Operations, Human Capital, Financial Institution, Accounting, Market Risk, Contact Center, Wealth Management, Data Protection & Fraud Risk, Wholesale Credit Operation, Retail Credit Operation, dan Retail Credit Center KSM. 
     
    Dia menambahkan, sebagai bagian dari strategi berkelanjutan, Bank Mandiri secara rutin telah melakukan audit internal serta menyesuaikan kebijakan serta prosedur agar tetap relevan dengan kondisi terkini. Hal tersebut meliputi keterlibatan seluruh pegawai dalam pelatihan guna memastikan kesiapan menghadapi situasi tak terduga. 
     
    “Hal merupakan bentuk komitmen Bank Mandiri untuk memperkuat ketahanan  menghadapi risiko sesuai dengan standar internasional. Sekaligus menjadi upaya kami dalam menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG),” kata Made. 
     
    Tidak hanya diterapkan di Bank Mandiri, kebijakan dan prosedur BCMS juga disosialisasikan kepada semua Perusahaan Anak di Mandiri Group. Melalui standarisasi tersebut, Bank Mandiri berharap dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap perseroan serta mendukung visi sebagai mitra finansial pilihan utama nasabah.
     
    “Dengan pencapaian ini, Bank Mandiri membuktikan bahwa inovasi dan ketangguhan operasional berjalan seiring, demi memberikan layanan terbaik sekaligus menjaga kepercayaan nasabah dan mitra bisnis di tengah dinamika industri yang terus berkembang,” katanya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Google Pantau Anda 24 Jam Penuh, Begini Cara Menyetopnya

    Google Pantau Anda 24 Jam Penuh, Begini Cara Menyetopnya

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Data masyarakat menjadi harta karun baru di era teknologi informasi. Untuk itu, pihak yang paling banyak mengumpulkan data akan mendapat keuntungan besar. 

    Salah satu raksasa teknologi yang diketahui banyak menghimpun data masyarakat di internet adalah Google. Pasalnya, banyak layanan Google yang diandalkan setiap hari, mulai dari layanan pencarian Google Search hingga peta digital Google Maps. 

    Dengan menyimpan data kebiasaan pengguna, Google dapat membanjiri iklan-iklan yang relevan bagi pengguna. Inilah yang menjadi sumber cuan Google, yakni ketika pengiklan memanfaatkan platform Google untuk menyebarkan promosi jasa dan produk mereka.

    Perlu diketahui setiap klik, setiap pembelian, setiap “suka”, dikumpulkan, dikemas, dan dijual untuk mendapatkan keuntungan bagi para pialang iklan menargetkan audiens yang pas. Data pribadi telah menjadi komoditas yang berharga dan industri pialang data global adalah buktinya.

    Sebuah studi dari Pew Research menemukan bahwa masyarakat Amerika semakin mengatakan bahwa mereka tidak memahami apa yang dilakukan perusahaan dengan data mereka.

    Banyak orang tidak menyadari bahwa sesuatu yang sederhana seperti nomor telepon mereka dapat digunakan oleh pialang data dan pelaku kejahatan untuk mengungkap informasi sensitif, termasuk nomor Jaminan Sosial, alamat, email, dan bahkan detail keluarga.

    Pakar keamanan siber memperkirakan bahwa pialang data mengumpulkan rata-rata 1.000 titik data dari setiap individu yang punya akun daring.

    Berikut adalah rincian jenis informasi yang biasanya dikumpulkan pialang data, menurut pakar privasi yang diwawancarai oleh CNBC Internasional.

    – Informasi dasar, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan email.

    – Data keuangan, seperti skor kredit dan riwayat pembayaran.

    – Riwayat pembelian, seperti apa yang Anda cari daring, apa yang Anda beli, di mana Anda membelinya, dan seberapa sering Anda membeli produk tertentu.

    – Data kesehatan, seperti obat-obatan apa yang dikonsumsi, kondisi medis, dan interaksi Anda dengan aplikasi atau situs web terkait kesehatan.

    – Data perilaku, seperti apa yang Anda suka dan tidak suka, serta jenis iklan yang mungkin Anda klik.

    – Data lokasi real time. Data GPS dari aplikasi yang melacak perjalanan Anda, tempat Anda berbelanja, dan seberapa sering Anda mengunjungi tempat tertentu termasuk dalam data yang dikumpulkan para pialang data.

    – Karakteristik yang disimpulkan. Data ini berdasarkan penelusuran dan konsumsi media seseorang, seprti situs web yang Anda kunjungi, artikel yang Anda baca, video yang Anda tonton. Bahkan, paraPialang data dapat memperoleh wawasan tentang gaya hidup, pendapatan, preferensi, keyakinan agama atau politik, hobi, dan bahkan kemungkinan Anda untuk beramal.

    – Hubungan dengan keluarga, teman, dan kolega. Dengan menganalisis jaringan teman, pengikut, dan koneksi Anda di media sosial dan aplikasi perpesanan, pialang data dapat memetakan hubungan Anda dan bahkan melacak seberapa sering Anda berinteraksi dengan individu tertentu untuk menentukan kedalaman hubungan Anda dengan orang lain.

    Cara Hentikan Data Dikumpulkan Google

    Tapi jangan khawatir, karena ada cara menghentikan Google melacak aktivitas kita di dunia maya. Dikutip dari Cnet, berikut langkah-langkahnya.

    Buka laman Google.com dari browser desktop atau mobile:

    Masuk ke akun Google;
    Pilih menu Manage your Google Account;
    Pada Privacy & Personalization, pilih Manage your Data & Personalization;
    Berikutnya akan terlihat menu Activity Controls dengan scrolling layar ke bawah, pilih Manage your Activity Controls;
    Selanjutnya akan terlihat boks bernama Web & App Activity, geser toggle untuk mematikannya; dan
    Akan terlihat pemberitahuan memastikan pengguna paham apa yang dilakukan dengan menonaktifkan pengaturan, kemudian pilih Pause.

    Setelah langkah di atas dilakukan, maka fitur “CCTV” Google akan dimatikan. Jadi pengguna tidak akan melihat iklan dan rekomendasi penelusuran yang relevan.

    Sebaliknya, iklan yang hadir kurang relevan serta rekomendasi penelusuran kurang bermanfaat. Pengalaman personal tidak akan didapat lagi setelah fitur dinonaktifkan.

    Sebagai pengingat, pengguna juga tidak akan kehilangan data yang tersimpan saat pelacakan dimatikan. Ini akan berguna di masa mendatang karena Google tidak akan menyimpan informasi di masa depan, namun data yang sudah tersimpan sebelumnya tidak akan terhapus.

    Cari data soal Anda di Google

    Beberapa produk atau layanan Google seperti Gmail, Google Search dan ponsel Android mengumpulkan data soal Anda. Ada beberapa data yang dikumpulkan jika kamu menggunakan platform tersebut. Menurut laporan CNBC Internasional, berikut beberapa data yang dikumpulkan perusahaan.

    Nama, jenis kelamin dan tanggal lahir
    Nomor ponsel pribadi
    pencarian di Google
    Situs yang dikunjungi
    Apa yang disukai pengguna mulai olahraga hingga makan-minuman kesukaan
    Tempat kerja
    Tempat tinggal
    Video yang ditonton

    Kamu bisa mengetahui data pribadi apa saja yang dikumpulkan Google. Simak caranya berikut ini:

    Jenis Iklan yang Diminati

    Masuk ke akun Google, lalu klik Manage Ads Settings. Cara ini untuk mengetahui topik iklan yang kamu sukai menurut Google. Di dalamnya akan tertera data seperti jenis kelamin, umur dan iklan apa yang pernah diblokir.

    Tempat yang Pernah Dikunjungi

    Google Locations History Page akan menunjukkan lokasi mana saja yang pernah pengguna kunjungi. Data ini tersimpan di dalam platform Google Maps.

    Aktivitas Youtube

    Kamu juga bisa melihat aktivitas yang dilakukan di dalam Youtube. Caranya bisa mengakses lewat fitur Search dan juga Youtube Watch.

    Cara menghapus riwayat internet

    Selain memastikan diri Anda tidak terlacak di internet, Anda juga bisa menghapus jejak digital di HP dan ponsel. Caranya adalah dengan rutin menghapus riwayat penelusuran di browser. Berikut adalah caranya:

    1. Google Chrome

    Untuk menghapus riwayat di Google Chrome, klik tiga titik untuk masuk ke menu. Berikutnya pilih Settings dan pada sidebar buka menu Privacy & Security.

    Berikutnya pilih Clear browsing data. Kamu harus memilih periode waktu yang ingin dihapus setelah itu klik Clear data.

    Sebagai catatan, jika kamu mengatur browser sinkron dengan komputer lain melalui akun Google maka saat menghapus riwayat pada satu perangkat akan terjadi hal yang sama di perangkat lain.

    2. Mozilla Firefox

    Klik lebih dulu tiga garis horizontal di bagian kanan untuk masuk ke menu. Lalu pilih Settings > Privacy & Security dan scroll ke bawah hingga Cookies & Site Data.

    Kamu bisa menghapus seluruh data dan mengelola data agar memiliki kontrol pada apa yang dihapus. Selain itu centang kotak yang menghapus data browsing setiap menutup Firefox jika tidak ingin melakukan secara manual.

    3. Safari

    Di Safari, buka lebih dulu menu dan klik Clear History. Pilih rentang waktu yang datanya ingin kamu hapus dan klik Clear History.

    Saat menghapus riwayat di Safari, maka tidak bisa mendapatkan pilihan menghapus berbagai jenis data. Jadi cookie dan file cache ikut terhapus juga.

    4. Microsoft Edge

    Pengguna Windows 11 bisa menghapus riwayatnya dengan menekan tanda tiga titik di sebelah kanan. Lanjutkan dengan memilih Settings dari menu yang muncul.

    Pada menu Privacy temukan Clear browsing data dan klik Choose what to clear. Tentukan pilihan dari daftar, termasuk riwayat penjelajahan, data cache. Terakhir klik Clear Now.

    5. Opera

    Langkah pertama klik ikon Settings di bagian kanan bar alamat. Pada menu yang muncul, scroll dan temukan Privacy & Security di samping Browsing data lalu klik Clear.

    Berikutnya kamu bisa memilih jenis data yang ingin dihapus, termasuk menentukan jangka waktu. Setelah semuanya selesai, klik Clear Data.

    (fab/fab)

  • Klarifikasi Toko Roti Lindayes Terkait Anak Bos Aniaya Pegawai: Kami Minta Maaf

    Klarifikasi Toko Roti Lindayes Terkait Anak Bos Aniaya Pegawai: Kami Minta Maaf

    Jakarta: Toko Roti Lindayes Patisserie and Coffee akhirnya buka terkait kasus yang menyeret George Sugama Halim. Anak dari pemilik toko itu melakukan diduga melakukan penganiayaan kepada karyawan.

    Melalui unggahan di akun Instagram @lindayespatisserieandcoffee, pihak Lindayes meminta maaf atas kejadian yang dilakukan oleh anak pemilik toko kepada pegawainya, Dwi Ayu Dharmawati.  Lindayes juga menyampaikan bahwa, penganiayaan juga terjadi pada Ibu korban dan adiknya.

    Berikut isi lengkap klarifikasi pihak Lindayes seperti dalam unggahan akun Instagaram @lindayespatisserieandcoffee:

    “Sehubung dengan beredarnya isu dan kasus yang saat ini mengaitkan kami. LINDAYES dengan ini menyampaikan pernyataan sebagai berikut: 

    Kepada Yang Terhormat, Ibu Dwi Ayu Dharmawati dan keluarga dan juga seluruh masyarakat yang sudah mengawal kasus ini. 

    Perihal mengenai kasus yang telah terjadi yang melibatkan George Sugama Halim, kami dengan sesungguhnya. Lindayes disini meminta maaf sebesar besarnya atas kejadian yang telah menimpa saudari dan menyatakan bahwa kami akan mendukung penuh masalah hukum yang telah terjadi di tempat kami untuk dapat diproses secepat-cepatnya. 

    Kami sangat menyesali kejadian yang sangat tidak pantas tersebut dan mendukung pihak kepolisian untuk mengusut kasus ini secepat cepatnya. Kami juga meminta maaf kepada pihak-pihak yang merasa telah dirugikan atas kasus ini. Namun perlu digaris bawahi bahwa George Sugama Halim tidak memiliki jabatan atau posisi apapun dalam usaha Lindayes yang berada di Cakung. Beliau merupakan anak pemilik namun memiliki keterbelakangan kecerdasan IQ dan EQ yang sudah pernah di tes. 

    Dan memang bahkan bukan hanya terjadi kepada saudari melainkan terjadi juga kepada pemilik dan saudaranya. Pemilik Wanita pernah mengalami patah tulang lengan dan memar akibat dibanting oleh pelaku. Dan adik laki-laki pelaku pernah mengalami luka di kepala yang juga anda alami. Namun adalah sulitnya bagi seorang ibu, sejelek- nya anaknya untuk diproses hukum karena kasih sayang seorang ibu walaupun la yang menjadi korban sekali pun. 

    Kami tahu penjelasan ini tidak dapat memuaskan semua pihak, namun kami berkomitmen untuk bisa membantu penyelidikan yang telah dilakukan oleh kepolisian. 

    Pun bahwa kekerasan yang terjadi tidak diinginkan oleh satu orang pun di sana. Pun bahwa kesalahpahaman mengenai tidak dikontaknya ibu Ayu, di karenakan kami juga menunggu pihak kepolisian untuk dimintai keterangan. 

    Kami sangat berterimakasih juga kepada publik yang telah membuka kasus ini, dan memperjelas kasus ini ke permukaan. 

    Kami akan berkomitmen untuk mengawal kasus ini bersama dengan kalian 

    Ttd Lindayes.”
     

    (Klarifikasi pihak Lindayes. Instagram @lindayespatisserieandcoffee)

    Sebelumnya, seorang pegawai toko roti di Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, diduga dianiaya oleh anak bos toko roti tersebut. Aksi penganiayaan yang diduga terjadi pada 17 Oktober 2024 itu viral di media sosial.

    Dari unggahan yang beredar terlihat kepala korban berdarah karena diduga dipukul kursi. Unggahan viral itu menarasikan korban sedang menjalani shift bersama seorang rekannya.

    Terlapor tiba-tiba datang ke toko tersebut dan memesan makanan melalui ojek online. Kemudian, terlapor meminta korban untuk mengambil pesanan tersebut dan mengantarnya ke kamar pribadi yang ada di lokasi.

    Namun, korban menolak karena sedang bekerja hingga berujung dugaan penganiayaan. Terlapor melempar kursi hingga menyebabkan kepala korban berdarah. 

    Polisi menemukan unsur pidana dalam kasus tersebut dan meningkatkan statusnya dari penyelidikan ke penyidikan.

    Polisi sendiri sudah menangkap George Sugama Halim. Ia ditangkap diSukabumi, Jawa Barat pada Minggu malam, 15 Desember 2024. 

    “Iya, pelaku sudah diamankan di Polrestro Jaktim,” kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Nicolas Ary Lilipaly saat dikonfirmasi Senin, 16 Desember 2024.
     

    Jakarta: Toko Roti Lindayes Patisserie and Coffee akhirnya buka terkait kasus yang menyeret George Sugama Halim. Anak dari pemilik toko itu melakukan diduga melakukan penganiayaan kepada karyawan.
     
    Melalui unggahan di akun Instagram @lindayespatisserieandcoffee, pihak Lindayes meminta maaf atas kejadian yang dilakukan oleh anak pemilik toko kepada pegawainya, Dwi Ayu Dharmawati.  Lindayes juga menyampaikan bahwa, penganiayaan juga terjadi pada Ibu korban dan adiknya.
     
    Berikut isi lengkap klarifikasi pihak Lindayes seperti dalam unggahan akun Instagaram @lindayespatisserieandcoffee:
    “Sehubung dengan beredarnya isu dan kasus yang saat ini mengaitkan kami. LINDAYES dengan ini menyampaikan pernyataan sebagai berikut: 
     
    Kepada Yang Terhormat, Ibu Dwi Ayu Dharmawati dan keluarga dan juga seluruh masyarakat yang sudah mengawal kasus ini. 
     
    Perihal mengenai kasus yang telah terjadi yang melibatkan George Sugama Halim, kami dengan sesungguhnya. Lindayes disini meminta maaf sebesar besarnya atas kejadian yang telah menimpa saudari dan menyatakan bahwa kami akan mendukung penuh masalah hukum yang telah terjadi di tempat kami untuk dapat diproses secepat-cepatnya. 
     
    Kami sangat menyesali kejadian yang sangat tidak pantas tersebut dan mendukung pihak kepolisian untuk mengusut kasus ini secepat cepatnya. Kami juga meminta maaf kepada pihak-pihak yang merasa telah dirugikan atas kasus ini. Namun perlu digaris bawahi bahwa George Sugama Halim tidak memiliki jabatan atau posisi apapun dalam usaha Lindayes yang berada di Cakung. Beliau merupakan anak pemilik namun memiliki keterbelakangan kecerdasan IQ dan EQ yang sudah pernah di tes. 
     
    Dan memang bahkan bukan hanya terjadi kepada saudari melainkan terjadi juga kepada pemilik dan saudaranya. Pemilik Wanita pernah mengalami patah tulang lengan dan memar akibat dibanting oleh pelaku. Dan adik laki-laki pelaku pernah mengalami luka di kepala yang juga anda alami. Namun adalah sulitnya bagi seorang ibu, sejelek- nya anaknya untuk diproses hukum karena kasih sayang seorang ibu walaupun la yang menjadi korban sekali pun. 
     
    Kami tahu penjelasan ini tidak dapat memuaskan semua pihak, namun kami berkomitmen untuk bisa membantu penyelidikan yang telah dilakukan oleh kepolisian. 
     
    Pun bahwa kekerasan yang terjadi tidak diinginkan oleh satu orang pun di sana. Pun bahwa kesalahpahaman mengenai tidak dikontaknya ibu Ayu, di karenakan kami juga menunggu pihak kepolisian untuk dimintai keterangan. 
     
    Kami sangat berterimakasih juga kepada publik yang telah membuka kasus ini, dan memperjelas kasus ini ke permukaan. 
     
    Kami akan berkomitmen untuk mengawal kasus ini bersama dengan kalian 
     
    Ttd Lindayes.”
     

    (Klarifikasi pihak Lindayes. Instagram @lindayespatisserieandcoffee)
     
    Sebelumnya, seorang pegawai toko roti di Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, diduga dianiaya oleh anak bos toko roti tersebut. Aksi penganiayaan yang diduga terjadi pada 17 Oktober 2024 itu viral di media sosial.
     
    Dari unggahan yang beredar terlihat kepala korban berdarah karena diduga dipukul kursi. Unggahan viral itu menarasikan korban sedang menjalani shift bersama seorang rekannya.
     
    Terlapor tiba-tiba datang ke toko tersebut dan memesan makanan melalui ojek online. Kemudian, terlapor meminta korban untuk mengambil pesanan tersebut dan mengantarnya ke kamar pribadi yang ada di lokasi.
     
    Namun, korban menolak karena sedang bekerja hingga berujung dugaan penganiayaan. Terlapor melempar kursi hingga menyebabkan kepala korban berdarah. 
     
    Polisi menemukan unsur pidana dalam kasus tersebut dan meningkatkan statusnya dari penyelidikan ke penyidikan.
     
    Polisi sendiri sudah menangkap George Sugama Halim. Ia ditangkap diSukabumi, Jawa Barat pada Minggu malam, 15 Desember 2024. 
     
    “Iya, pelaku sudah diamankan di Polrestro Jaktim,” kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Nicolas Ary Lilipaly saat dikonfirmasi Senin, 16 Desember 2024.
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (RUL)

  • Demi Efisiensi, Pupuk Kaltim Makin Rajin Berinovasi

    Demi Efisiensi, Pupuk Kaltim Makin Rajin Berinovasi

    Jakarta: PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berkomitmen untuk terus berinovasi guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses di lingkungan perusahaan. Terkait hal tersebut, Pupuk Kaltim mengikuti ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN).
     
    “Ini untuk mewujudkan Pupuk Kaltim sebagai industri berdaya saing global, yang terus mengedepankan inovasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses di lingkungan perusahaan,” kata VP Inovasi dan Pengembangan Manajemen Pupuk Kaltim Ratna Wydyanti dikutip dari keterangan tertulis, Senin, 16 Desember 2024.
     
    Ratna menjelaskan, TKMPN menjadi sarana bagi Pupuk Kaltim untuk mengukur efektivitas inovasi, guna mendukung komitmen perusahaan terhadap peningkatan mutu produksi dan efisiensi secara berkesinambungan.
    Seluruh tim inovasi yang ikut dalam ajang tersebut, telah diakui secara internal yang difasilitasi melalui kompetisi terbuka setiap tahun, yang tertuang dalam Pupuk Kaltim Innovation Summit.
     
    Melalui konsep ini, Pupuk Kaltim menekankan jika penciptaan nilai melalui pengembangan ide kreatif yang dituangkan secara inovatif akan semakin berkembang, serta memberikan dampak lebih luas terhadap perbaikan seluruh aspek Perusahaan. Dimana seluruh unit kerja Pupuk Kaltim berlomba memberikan gagasan menarik dalam memperkuat budaya kerja secara efektif dan efisien.
     
    “Didukung berbagai program pelatihan, pembinaan dan penghargaan, Pupuk Kaltim terus mendorong seluruh karyawan aktif berinovasi, serta memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan,” tegas Ratna.
     
    Adapun dalam ajang TKMPN yang digelar Wahana Kendali Mutu di Denpasar Bali, pada 2-6 Desember 2024, 16 tim inovasi Pupuk Kaltim berhasil meraih penghargaan terbaik. Prestasi yang berhasil diraih diantaranya dua Gold, lima Platinum, dan sembilan Diamond  sebagai penghargaan tertinggi.
     
    Pada kategori Gold, berhasil diraih PKM Cin1 Cin2 dan PKM PKT Futurist. Lalu predikat Platinum diraih PKM Recor, PKM Interiskting, PKM Fepi Go!!!, PKM Indesign-Alcoa, dan PKM Orkes PKT Sehat. Sementara predikat Diamond masing-masing diraih PKM Duplex K5, PKM Performa, PKM Big Hero’s, PKM Liga Tiga Belas, PKM Green Carbon, GKM Ekspromit, PKM IDMS, PKM The Sentinels, dan PKM Simala 2.
     

     

    Jadi bagian dari budaya kerja

    Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo mengatakan, inovasi telah menjadi bagian dari budaya kerja Pupuk Kaltim, mengingat tingginya persaingan yang mengharuskan pelaku bisnis mampu menciptakan peluang menjadi market leader, guna menjaga kelangsungan operasional Perusahaan dengan menghasilkan keputusan yang efektif dan efisien.
     
    “Kami ucapkan selamat bagi seluruh tim inovasi Pupuk Kaltim yang berhasil meraih prestasi di TKMPN tahun ini. Melalui inovasi, kita akan terus bertransformasi menjadi perusahaan yang tidak hanya kompetitif, tetapi juga adaptif dan berkelanjutan,” ungkap Soesilo.
     
    Menurut Soesilo, kemampuan berinovasi akan menentukan sejauh mana perusahaan mampu bertahan dan berkembang, mengingat hal tersebut tidak hanya terbatas pada penciptaan sesuatu yang baru, namun juga menekankan pada menemukan cara baru dalam memperbaiki atau meningkatkan sesuatu yang sudah ada.
     
    Maka seiring dinamika industri dan tantangan global yang kian kompleks, inovasi oun memegang peranan penting dalam memperbaiki proses di Pupuk Kaltim, utamanya meningkatkan efisiensi dan memberikan nilai tambah kepada seluruh pemangku kepentingan.
     
    Dimana seluruh inovasi tidak hanya memberikan solusi jangka pendek, namun turut membawa dampak positif jangka panjang bagi perusahaan dan lingkungan sekitar.
     
    “Pupuk Kaltim terus berkomitmen mengintegrasikan prinsip keberlanjutan dalam setiap aspek operasional, agar Perusahaan mampu menghadapi perubahan dengan lebih baik melalui inovasi yang diciptakan,” tutup Soesilo.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Spotify Wrapped 2024 Mendadak Ramai Dihujat Netizen, Ada Apa?

    Spotify Wrapped 2024 Mendadak Ramai Dihujat Netizen, Ada Apa?

    Jakarta, CNBC Indonesia – Setiap tahun, netizen dihebohkan dengan ‘Spotify Wrapped’, yang memberikan informasi terperinci terkait kebiasaan pengguna mendengar lagu di platform Spotify.

    Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, Spotify Wrapped 2024 ramai dihujat netizen. Banyak yang menilai penjabaran data streaming yang diberikan Spotify tahun ini kurang kreatif.

    Tahun lalu ada fitur ‘Sound Town’ di Spotify Wrapped 2023 yang memungkinkan pengguna mencocokkan selera musiknya dengan pendengar di berbagai belahan dunia.

    Namun, Spotify Wrapped 2024 dinilai hanya mejabarkan data ‘kering’ yang tidak memiliki keunikan khusus. Penyebabnya adalah penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI).

    Forbes mendeskripsikan Spotify Wrapped 202 “kurang bersemangat”, “terhambat oleh AI-generatif”, dan “kehilangan metrik terperinci yang diharapkan pengguna”.

    Kali ini, Spotify Wrapped 2024 juga mendeskripsikan genre yang mungkin diniatkan agar beda, tetapi malah menyulitkan pengguna.

    Misalnya, ada genre seperti ‘Pink Pilates Princess Strut Pop’ atau ‘Boujee Football Rap’. Genre tersebut tak bisa membantu pengguna menavigasikan musik serupa di toko musik, atau melakukan pencarian mendalam di Google.

    “Sebab, genre itu tak digunakan di luar Spotify,” menurut laporan Forbes.

    Tak cuma itu, Spotify Wrapped 2024 juga bahkan menampilkan podcast buatan bot-AI sebagai salah satu podcast terpopuler di platformnya.

    “Ini benar-benar ide yang buruk. Mendengar beberapa bot-AI berbicara dengan observasi kosong dan meniru tempo bicara manusia merupakan pengalaman yang sangat tidak menyenangkan,” tulis Forbes, dikutip Senin (16/12/2024).

    Ada banyak netizen yang membagikan meme dan opini hujatan terkait Spotify Wrapped 2024. Berikut beberapa di antaranya:

    [Gambas:Twitter]

    [Gambas:Twitter]

    [Gambas:Twitter]

    [Gambas:Twitter]

    (fab/fab)

  • Tips Menghindari Kemacetan Agar Nyaman saat Mudik Nataru 2024

    Tips Menghindari Kemacetan Agar Nyaman saat Mudik Nataru 2024

    Jakarta: Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, menjadi salah satu momen yang dinantikan oleh masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang ingin berkumpul bersama keluarga atau menikmati liburan di kampung halaman. 

    Namun, momen pulang kampung atau mudik di saat Nataru kerap diwarnai oleh kemacetan parah di berbagai ruas jalan. Tak jarang, perjalanan yang seharusnya menyenangkan justru berubah menjadi pengalaman melelahkan akibat perencanaan yang kurang matang.

    Bagi Sobat Medcom yang berencana melakukan perjalanan selama libur Nataru, penting untuk memahami bahwa kemacetan adalah hal yang hampir tak terhindarkan.

    Namun, dengan langkah-langkah persiapan yang tepat dan sikap yang bijak, tetap bisa menikmati perjalanan yang nyaman dan lancar. 

    Dalam artikel ini, Medcom.id memberikan panduan praktis menghindari kemacetan, mulai dari perencanaan waktu hingga tips menjaga kenyamanan selama perjalanan.

    Yuk, simak tips berikut agar momen mudik Nataru lebih menyenangkan:
    1. Membuat rencana perjalanan

    Sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk menyusun rencana perjalanan dengan matang. Gunakan aplikasi peta digital seperti Google Maps untuk memantau kondisi lalu lintas secara real-time dan menentukan rute alternatif jika diperlukan.
     

     

    2. Menentukan waktu keberangkatan yang tepat

    Salah satu cara terbaik adalah berangkat beberapa hari sebelum Natal dan Tahun Baru demi menghindari menjadi puncak arus mudik. Sebagai alternatif, pilih waktu perjalanan pada pagi buta atau larut malam ketika kondisi jalan lebih sepi.
    3. Menggunakan transportasi umum

    Bagi Sobat Medcom yang bepergian ke kota besar, dapat menggunakan transportasi umum seperti kereta atau pesawat. Selain lebih praktis, menggunakan transportasi umum juga dapat mengurangi stres akibat kemacetan.
    4. Pilih rute alternatif

    Ketika ingin mudik atau berlibur ke tempat tertentu, cari tahu jalur alternatif yang bisa digunakan untuk menghindari kepadatan di jalan utama. Meskipun mungkin lebih panjang, rute ini biasanya lebih lancar dan membantu tiba di tujuan dengan lebih nyaman.

    (Nithania Septianingsih)

    Jakarta: Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, menjadi salah satu momen yang dinantikan oleh masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang ingin berkumpul bersama keluarga atau menikmati liburan di kampung halaman. 
     
    Namun, momen pulang kampung atau mudik di saat Nataru kerap diwarnai oleh kemacetan parah di berbagai ruas jalan. Tak jarang, perjalanan yang seharusnya menyenangkan justru berubah menjadi pengalaman melelahkan akibat perencanaan yang kurang matang.
     
    Bagi Sobat Medcom yang berencana melakukan perjalanan selama libur Nataru, penting untuk memahami bahwa kemacetan adalah hal yang hampir tak terhindarkan.
    Namun, dengan langkah-langkah persiapan yang tepat dan sikap yang bijak, tetap bisa menikmati perjalanan yang nyaman dan lancar. 
     
    Dalam artikel ini, Medcom.id memberikan panduan praktis menghindari kemacetan, mulai dari perencanaan waktu hingga tips menjaga kenyamanan selama perjalanan.
     
    Yuk, simak tips berikut agar momen mudik Nataru lebih menyenangkan:

    1. Membuat rencana perjalanan

    Sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk menyusun rencana perjalanan dengan matang. Gunakan aplikasi peta digital seperti Google Maps untuk memantau kondisi lalu lintas secara real-time dan menentukan rute alternatif jika diperlukan.
     

     

    2. Menentukan waktu keberangkatan yang tepat

    Salah satu cara terbaik adalah berangkat beberapa hari sebelum Natal dan Tahun Baru demi menghindari menjadi puncak arus mudik. Sebagai alternatif, pilih waktu perjalanan pada pagi buta atau larut malam ketika kondisi jalan lebih sepi.

    3. Menggunakan transportasi umum

    Bagi Sobat Medcom yang bepergian ke kota besar, dapat menggunakan transportasi umum seperti kereta atau pesawat. Selain lebih praktis, menggunakan transportasi umum juga dapat mengurangi stres akibat kemacetan.

    4. Pilih rute alternatif

    Ketika ingin mudik atau berlibur ke tempat tertentu, cari tahu jalur alternatif yang bisa digunakan untuk menghindari kepadatan di jalan utama. Meskipun mungkin lebih panjang, rute ini biasanya lebih lancar dan membantu tiba di tujuan dengan lebih nyaman.
     

    (Nithania Septianingsih)

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (PRI)

  • Genap Berusia 129 Tahun, BRI Makin Brilian dan Cemerlang Majukan Perekonomian Negeri

    Genap Berusia 129 Tahun, BRI Makin Brilian dan Cemerlang Majukan Perekonomian Negeri

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) merayakan usia ke-129 tepat pada Senin, 16 Desember 2024. Sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia, BRI semakin mengokohkan perannya sebagai market leader sektor perbankan nasional, sekaligus menjadi simbol keberpihakan terhadap usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta mendorong ekonomi kerakyatan untuk memajukan negeri.
     
    Tepat pada hari ulang tahun ke-129 BRI, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa tema “BRILiaN dan Cemerlang” yang diusung tahun ini mencerminkan komitmen BRI dalam berinovasi dan menciptakan solusi finansial yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan seluruh stakeholders.
     
    “Perayaan HUT BRI ke-129 ini kita jadikan sebagai momen refleksi dan motivasi untuk melangkah lebih jauh. Saya percaya bahwa dengan dedikasi, kerja keras, dan kolaborasi, kita mampu merespons tantangan secara tepat,” ujar Sunarso di Jakarta.
    Sunarso mengapresiasi kontribusi dari Insan BRILian yang telah membawa BRI mencatatkan laba sebesar Rp60,4 triliun sepanjang 2023. Bahkan, memasuki akhir tahun 2024, BRI pun berhasil membukukan kinerja keuangan yang solid meski dihadapkan pada tekanan makroekonomi, seperti melemahnya daya beli masyarakat dan tantangan usaha bagi sektor UMKM.
     

    Berdasarkan laporan kinerja konsolidasian per September 2024, aset BRI tercatat tumbuh 5,9% YoY menjadi Rp1.962 triliun, didorong pertumbuhan kredit sebesar 8,2% YoY menjadi Rp1.353 triliun. Dana Pihak Ketiga BRI juga tercatat tumbuh 5,6% YoY menjadi Rp1.362 triliun, dengan CASA mencapai 64,2%. Kinerja positif tersebut mendorong Laba BRI tembus Rp45,4 triliun.
     
    Berikut ini beberapa pencapaian dan kontribusi BRI untuk kemajuan ekonomi negeri memasuki usia 129 tahun.

    1. Ciptakan Sharing Economy Lewat Keberadaan 1 Juta AgenBRILink

    Hingga November 2024, AgenBRILink berhasil membukukan lebih dari 1,047 miliar transaksi, tumbuh 5,64% secara tahunan (year-on-year/yoy) dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau November 2023 yang mencapai 992 juta transaksi
     
    Adapun, pencapaian ini didukung oleh peningkatan jumlah AgenBRILink yang kini mencapai 1.047.502 agen, atau naik signifikan sebesar 45,68% yoy dibandingkan tahun sebelumnya.
     
    Keberadaan AgenBRILink tidak hanya membuka dan mendekatkan akses keuangan semata, namun menciptakan sharing economy bagi masyarakat. Melalui jaringan AgenBRILink, BRI berupaya menjangkau lapisan masyarakat yang sebelumnya tidak tersentuh layanan perbankan.

    2. Jadi Penyalur Kredit UMKM Terbesar dengan Porsi 81,21%

    BRI terus memperkuat komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui akses pembiayaan untuk UMKM di seluruh Indonesia. Hingga akhir Triwulan III 2024, BRI berhasil menyalurkan kredit senilai Rp1.353,36 triliun atau tumbuh 8,21% secara year on year (yoy), dan dari total penyaluran kredit tersebut, 81,70% di antaranya atau sekitar Rp1.105,70 triliun merupakan kredit kepada segmen UMKM.
     

    Direktur Utama BRI Sunarso (Foto:Dok.BRI) 

    3. Berdayakan UMKM Melalui 33.804 Klaster Usaha & 3.957 Desa BRILiaN

    Tak hanya pembiayaan semata, BRI juga memiliki berbagai program pemberdayaan UMKM, di antaranya adalah pemberdayaan melalui program Klasterku Hidupku dan Desa BRILiaN. Pemberdayaan Klaster Usaha sendiri merupakan pemberdayaan kepada kelompok usaha yang terbentuk berdasarkan kesamaan usaha, dalam satu wilayah sehingga tercipta keakraban dan kebersamaan dalam peningkatan maupun pengembangan usaha para anggotanya. Hingga akhir September 2024 tercatat BRI telah memiliki 33.804 klaster usaha yang tergabung dalam program Klasterku Hidupku.
     
    Di samping itu juga ada program Desa BRILiaN. Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa yang diinisiasi BRI sebagai bentuk agent of development dalam mengembangkan desa. Hingga akhir September 2024 tercatat terdapat 3.957 desa yang telah mendapatkan pemberdayaan Desa BRILiaN.

    4. Memberi Kemudahan Transaksi Masyarakat, User BRImo Tembus 37,1 Juta

    BRI terus memperkuat ekosistem super apps BRImo sebagai salah satu strategi transformasi digital-nya untuk memberikan berbagai kemudahan masyarakat dalam bertransaksi. Tercatat, sampai akhir September 2024, pengguna Super App BRImo telah mencapai 37,1 juta, tumbuh 24,7% YoY. Nilai transaksi melalui BRImo pun naik signifikan mencapai Rp4.034,9 triliun, tumbuh 35,2% YoY dari sebelumnya Rp2.984,2 triliun.

    5. Penyetor Dividen Terbesar ke Negara

    Sepanjang tahun 2023 lalu BRI berhasil mencatatkan laba bersih senilai Rp60,4 triliun, atau tumbuh 16,5% yoy. Sebagai bentuk komitmen penciptaan economic value, BRI membagikan dividen sebesar 80% dari total laba bersih atau senilai Rp43,49 triliun kepada pemegang saham baik pemerintah maupun publik.
     
    Atas pembagian dividen kepada pemegang saham tersebut, BRI menjadi perusahaan dengan setoran dividen terbesar di tahun 2024. Kementerian BUMN mencatat total dividen BUMN yang disetorkan ke negara mencapai Rp85,5 triliun, dan sebesar 30% diantaranya atau senilai Rp25,7 triliun merupakan kontribusi BRI.
     

     

    6. Saham BBRI Naik 4.370% sejak IPO, Menjadi Penggerak Pasar Saham Indonesia

    Pada tahun ini, bank pelat merah dengan kode saham BBRI ini genap 21 tahun melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). BRI melakukan penawaran umum perdana (IPO) pada 10 November 2003 dan menawarkan 3.811.765 juta saham biasa (common shares) dengan harga Rp875 per saham. Apabila mempertimbangkan stock split dan right issue, sampai dengan saat ini, tercatat saham BBRI telah naik 43,7 kali lipat atau naik 4.370% apabila dibandingkan dengan saat IPO.

    7. Wakili Indonesia di Daftar Perusahaan Terbesar dan Terbaik Dunia

    Sepanjang tahun 2024, BRI berhasil meraih 236 penghargaan bergengsi di tingkat domestik, regional, dan internasional. Pengakuan terhadap pencapaian BRI datang dari berbagai lembaga ternama, seperti Forbes Global 2000 yang menobatkan BRI sebagai “Largest Company in Indonesia” atau perusahaan publik terbesar di Indonesia, sekaligus menempatkannya di peringkat 308 dunia.
     
    Fortune South East Asia 500 juga mengakui BRI sebagai perusahaan finansial terbesar di Indonesia dan peringkat ke-15 di Asia Tenggara. Selain itu, The Banker Top 1000 Bank 2024 menempatkan BRI sebagai bank nomor satu di Indonesia dari 26 bank di Indonesia dan peringkat 110 dari 1.000 bank global.
     
    Tak hanya itu, BRI juga menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam daftar 500 merek paling bernilai dan terkuat di dunia berdasarkan laporan Brand Finance Global 500 tahun 2024. Dalam laporan tersebut, BRI berada di peringkat 446 dunia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Beri Kado HUT ke-129 untuk Pemegang Saham, BRI Bagikan Dividen Interim Rp20,46 Triliun

    Beri Kado HUT ke-129 untuk Pemegang Saham, BRI Bagikan Dividen Interim Rp20,46 Triliun

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (kode saham: BBRI) dengan bangga mengumumkan pembagian dividen interim kepada para pemegang saham sebagai bagian dari perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-129 yang jatuh pada 16 Desember 2024. Kebijakan ini menjadi wujud nyata komitmen BRI untuk memberikan economic value bagi para pemegang saham, sekaligus merayakan sejarah panjang kontribusi BRI terhadap perekonomian Indonesia.
     
    Mengacu pada Keterbukaan Informasi yang diterbitkan oleh perusahaan, berdasarkan laporan keuangan yang berakhir pada 30 September 2024 Perseroan akan membagikan dividen interim Tahun Buku 2024 sebesar Rp135,- (Seratus Tiga Puluh Lima Rupiah) per saham atau sebesar Rp20,46 triliun. Apabila dirinci, dividen interim yang disetorkan kepada Pemerintah RI sebesar Rp10,88 triliun dan dividen interim kepada Publik sebanyak banyaknya sebesar Rp9,58 triliun.
     
    Adapun jadwal dan tata cara pembagian Dividen Interim sebagai berikut:

     
    Direktur Utama BRI Sunarso, mengungkapkan pembagian dividen interim ini mencerminkan kinerja BRI yang sehat, serta apresiasi BRI kepada para pemegang saham yang terus mendukung perjalanan BRI hingga usia ke-129 tahun.
     

    Sunarso juga menambahkan Perseroan memastikan pembagian dividen interim ini tidak mengganggu permodalan BRI “Disisi lain semua kebutuhan investasi telah terpenuhi serta cadangan untuk meng-cover berbagai risiko telah disediakan dengan memadai,” tambah Sunarso.
     
    Sebagai informasi, hingga akhir Triwulan III 2024 BRI secara konsolidasian berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp45,36 triliun. Dari sisi intermediasi, hingga akhir September 2024 BRI berhasil menyalurkan kredit senilai Rp1.353,36 triliun atau tumbuh 8,21% secara year on year (yoy). Dari total penyaluran kredit tersebut, 81,70% di antaranya atau sekitar Rp1.105,70 triliun merupakan kredit kepada segmen UMKM. Penyaluran kredit yang tumbuh positif tersebut juga membuat aset BRI tercatat meningkat 5,94% yoy menjadi sebesar Rp1.961,92 trilliun.
     
    Dengan penyaluran kredit yang terus tumbuh, BRI juga mampu mengelola kualitas asetnya dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari rasio Non Performing Loan (NPL) BRI yang membaik, dimana NPL pada Triwulan III 2024 tercatat sebesar 2,90% atau membaik dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yakni sebesar 3,07%. Di samping NPL, perseroan juga berhasil mencatat rasio Loan at Risk (LAR) yang lebih baik, dari semula 13,80% pada akhir Triwulan III 2023 menjadi 11,66% pada akhir Triwulan III 2024.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Aplikasi Ini Bisa Tahu Kapan Manusia Mati, Berani Coba?

    Aplikasi Ini Bisa Tahu Kapan Manusia Mati, Berani Coba?

    Jakarta, CNN Indonesia

    Sebuah aplikasi baru di smartphone mengklaim mampu memprediksi kapan seseorang akan meninggal dunia. Berani coba?

    Menggunakan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI), aplikasi bernama Death Clock ini memberikan prediksi yang diklaim lebih akurat tentang sisa waktu hidup penggunanya. Namun, aplikasi ini juga dirancang untuk membantu pengguna memperpanjang usia mereka melalui perubahan gaya hidup yang positif.

    “Death Clock menggunakan teknologi AI canggih untuk membantu Anda memahami bagaimana kebiasaan Anda dapat mempengaruhi harapan hidup Anda, membimbing Anda menuju pilihan yang lebih sehat,” kata Death Clock dalam deskripsi di Google Play Store, mengutip The Independent, Rabu (4/11).

    Pengguna akan memulai dengan menjawab serangkaian pertanyaan sederhana, seperti jenis kelamin. Kemudian, ada juga pertanyaan seputar kebiasaan hidup seperti pola makan, olahraga, dan kebiasaan tidur.

    Informasi tersebut kemudian diproses oleh sistem AI yang telah dilatih menggunakan lebih dari 1.000 penelitian terkait umur panjang dan kesehatan.

    Setelah proses ini selesai, pengguna akan diberikan prediksi tentang usia mereka saat meninggal serta tanggal kematian yang diperkirakan. Namun, aplikasi ini tidak hanya berhenti di situ.

    Death Clock juga menyediakan berbagai saran untuk memperpanjang usia, seperti perubahan pola makan, peningkatan kualitas tidur, dan aktivitas fisik yang lebih baik.

    Aplikasi ini juga terhubung dengan produk lain dari pembuatnya, yaitu “Most Days”, yang dirancang untuk membantu pengguna membangun kebiasaan positif.

    Meskipun fitur prediksi kematian tersedia secara gratis, pengguna dapat membayar untuk mendapatkan saran lebih rinci dan fitur tambahan seperti melihat perkiraan waktu hidup secara permanen.

    Meskipun terdengar seram, tujuan utama aplikasi ini justru memberikan kesadaran kepada pengguna tentang pentingnya gaya hidup sehat dan memberikan motivasi untuk melakukan perubahan yang berdampak positif.

    “Death Clock ditujukan untuk tujuan informasi saja dan bukan pengganti saran medis, diagnosis, atau perawatan profesional,” tulis mereka.

    Namun demikian, aplikasi ini tampaknya belum tersedia bagi pengguna smartphone di Indonesia.

    (wnu/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Mantap! Indonesia Sudah 55 Bulan Cetak Surplus Neraca Perdagangan

    Mantap! Indonesia Sudah 55 Bulan Cetak Surplus Neraca Perdagangan

    Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan barang November 2024 surplus sebesar USD4,42 miliar, naik USD1,94 miliar secara bulanan.
     
    “Dengan demikian, neraca perdagangan Indonesia telah mencatatkan surplus 55 bulan berturut-turut sejak Mei 2020,” ujar Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti dalam konferensi pers Berita Resmi Statistik di Jakarta, dikutip dari Antara, Senin, 16 Desember 2024.
     
    Amalia menjelaskan, surplus neraca perdagangan November 2024 ini lebih tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dan bulan yang sama pada tahun lalu.
    Kondisi surplus November 2024 ditopang oleh surplus pada komoditas non migas dengan komoditas penyumbang utamanya adalah bahan bakar mineral, minyak dan lemak hewani/nabati serta besi dan baja.
     
    Pada saat yang sama, neraca perdagangan migas tercatat defisit USD1,25 miliar yang tentunya disumbang oleh hasil minyak dan minyak mentah.
     
    Neraca perdagangan Indonesia menurut negara mitra dagang, kata Amalia, Indonesia mengalami surplus perdagangan barang dengan beberapa negara dan tiga terbesar adalah Amerika Serikat sebesar USD1,58 miliar, India USD1,12 miliar, dan Filipina USD0,77 miliar.
     
    Pada November 2024, surplus Amerika Serikat disumbang oleh komoditas mesin dan perlengkapan elektrik serta bagiannya, pakaian dan aksesoris rajutan serta alas kaki.
     
    Sementara dengan India, surplus ditopang oleh bahan bakar mineral, lemak dan minyak hewani/nabati serta bahan kimia anorganik. Sedangkan dengan Filipina surplus terbesar dikontribusikan oleh kendaraan dan bagiannya, bahan bakar mineral, serta berbagai makanan olahan.
     

     

    Defisit perdagangan pada beberapa negara

    Sementara itu, Indonesia mengalami defisit perdagangan dengan beberapa negara di antaranya adalah Brasil sebesar USD0,34 miliar, Australia sebesar USD0,32 miliar, dan Tiongkok USD0,28 miliar.
     
    Defisit terbesar dari Brasil disumbang oleh komoditas gula dan kembang gula, ampas dan sisa industri makanan, serta kapas. Dengan Australia defisit dikontribusikan oleh bahan bakar mineral, logam mulia dan perhiasan serta bijih logam, terak dan abu.
     
    Sedangkan dengan Tiongkok oleh mesin dan peralatan mekanis serta bagiannya, mesin dan perlengkapan elektrik serta bagiannya, dan juga kendaraan dan bagiannya.
     
    Secara kumulatif hingga November 2024, surplus neraca perdagangan barang tercatat USD28,86 miliar, yang lebih rendah sebesar USD4,74 miliar dibanding periode yang sama pada tahun lalu.
     
    Jika dilihat lebih rinci, secara kumulatif neraca perdagangan non migas mengalami surplus sebesar USD47,50 miliar, lebih rendah USD4,12 miliar dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.
     
    Sementara defisit neraca perdagangan migas mencapai USD18,64 miliar atau USD0,62 miliar, lebih besar dari defisit Januari-November 2023.
     
    Amalia juga menyebut surplus pada November 2024 merupakan yang terbesar kedua di tahun ini. “Surplus terbesar 2024 terjadi pada Maret 2024, yaitu sebesar USD4,85 miliar dan November ini merupakan terbesar kedua selama tahun 2024,” kata Amalia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)