Perusahaan: Google

  • Operasi Lilin 2024, Polri Imbau Pemudik Tetap Waspada Meski Arus Lalu Lintas Lancar – Page 3

    Operasi Lilin 2024, Polri Imbau Pemudik Tetap Waspada Meski Arus Lalu Lintas Lancar – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Polri mengimbau para pemudik di momen libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (nataru) agar tetap waspada saat berkendara, meski arus lalu lintas sejauh ini masih terpantau lancar.

    Juru Bicara Operasi Lilin 2024 Kombes Syamsu Ridwan mengulas laporan terkait situasi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) pada hari pertama pelaksanaan Operasi Lilin 2024, yang dimulai pada Sabtu 21 Desember kemarin.

    “Data ini menunjukkan tren peningkatan arus mudik menjelang Natal. Kami terus memantau dan melakukan langkah-langkah pengaturan agar masyarakat dapat berkendara dengan nyaman,” tutur Syamsu kepada wartawan, Minggu (22/12/2024).

    Selain itu, dia mengingatkan kepada masyarakat untuk mempersiapkan perjalanan dengan baik. Termasuk, kata Syamsu, menganjurkan pemudik menggunakan aplikasi pemantau lalu lintas seperti Google Maps agar mendapatkan informasi terkini terkait kondisi di jalan.

    “Kami menghimbau masyarakat untuk memastikan kondisi fisik tetap sehat, memeriksa kendaraan, menjaga jarak aman, dan berkonsentrasi selama perjalanan. Manfaatkan rest area untuk istirahat, dan pastikan saldo uang elektronik mencukupi,” papar Syamsu.

    Adapun data peningkatan volume kendaraan yang keluar dan masuk ke wilayah Jakarta jelang libur nataru adalah sebagai berikut:

    1. GT Cikampek Utama: Kendaraan keluar Jakarta sebanyak 36.440 unit, sementara yang masuk 20.203 unit.

    2. GT Tol Kalihurip Utama: Kendaraan keluar Jakarta 38.283 unit, yang masuk 29.362 unit.

    3. GT Tol Cikupa: Kendaraan keluar Jakarta 44.799 unit, yang masuk 40.537 unit.

    4. Menuju Merak: Kendaraan keluar 8.468 unit, sementara masuk 11.333 unit.

    5. GT Ciawi (Arah Puncak): Kendaraan keluar Jakarta 35.642 unit, dan yang masuk 31.500 unit.

     

    2 tol terpanjang di Sumatera diskon 10% selama Nataru 2025, simak penjelasannya di News Flash Liputan6.com.

  • Tak Ada Lawan Abadi, Berpolitik Hanya saat Bersaing

    Tak Ada Lawan Abadi, Berpolitik Hanya saat Bersaing

    Jakarta: Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang menegaskan tak ada lawan yang abadi dalam politik. Persaingan hanya berjalan saat kompetisi berlangsung.

    Hal ini disampaikan OSO dalam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-18 Partai Hanura. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Mercure, Jakarta, pada Sabtu, 21 Desember 2024.

    OSO menekankan Indonesia adalah bangsa bermartabat yang berpegang pada Ketuhanan Yang Maha Esa. Sehingga, proses pemilihan yang kurang etis harus dibenahi bersama. 

    “Tak ada lawan abadi, berpolitik hanya saat bersaing. Setelah persaingan mari damai dan kembali ke jalan yang benar. Jangan ada musuh sesama anak bangsa. Partai Hanura ini partai bersaudara,” ujar OSO, Jakarta, dilansir pada Minggu, 22 Desember 2024.

    Di samping itu, OSO mengapresiasi kehadiran perwakilan partai politik seperti PSI, PBB, Partai Perindo, dan sejumlah perwakilan pengurus partai politik lainnya dalam HUT Hanura.

    “Jangan anggap hina partai kecil yang tidak lolos. Semangat juangnya sama untuk Indonesia. Terima kasih atas kedatangan teman-teman partai lain,” tutur dia.
     

    Dalam kesempatan ini, OSO menegaskan tagline Partai Hanura, berpihak kepada daerah, juga tidak akan pernah berubah. Sebab, kata dia, ruh kemakmuran Indonesia bukan hanya di Jakarta. Pemerataan kesejahteraan harus terjadi di seluruh daerah.

    OSO mengatakan seluruh kader semakin semangat memperjuangkan kemakmuran di daerah masing-masing.

    “Pak Gubernur, kepala daerah, mari kita majukan daerah. Saya katakan, mengapa harus berpihak kepada daerah? Karena banyak yang belum makmur. Jawa Barat, misalnya, padahal dia di sebelah Jakarta,” ujar dia.

    OSO juga mengingatkan jalan pemimpin nasional maupun daerah semakin berat. Butuh kerja sama dan kolaborasi semua pihak.

    “Terima kasih juga untuk pers, yang bisa bikin menang dan kalah orang. Makanya jangan sembarangan bicara,” ujar dia.

    Sementara itu, Ketua Panitia HUT Hanura Ke-18 Edi Siregar menyatakan HUT Ke-18 Partai Hanura dihadiri 1.500 peserta perwakilan kader dari seluruh Indonesia. Termasuk Ketua DPD, 528 anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota, sayap partai, hingga simpatisan.

    HUT Hanura Ke-18 yang mengusung tema, Bersama Rakyat, Hanura Mewujudkan Kemakmuran dan Kesejahteraan Daerah diisi dengan berbagai kegiatan. Salah satunya workshop atau Bimbingan Teknis (Bimtek) Nasional 528 anggota DPRD provinsi, kabupaten/kota seluruh Indonesia. 

    “Ke 528 legislator daerah Hanura akan digembleng agar komitmen untuk berjuang memajukan dan meyejahterakan rakyat di daerah,” tutur dia.

    Jakarta: Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang menegaskan tak ada lawan yang abadi dalam politik. Persaingan hanya berjalan saat kompetisi berlangsung.
     
    Hal ini disampaikan OSO dalam puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-18 Partai Hanura. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Mercure, Jakarta, pada Sabtu, 21 Desember 2024.
     
    OSO menekankan Indonesia adalah bangsa bermartabat yang berpegang pada Ketuhanan Yang Maha Esa. Sehingga, proses pemilihan yang kurang etis harus dibenahi bersama. 
    “Tak ada lawan abadi, berpolitik hanya saat bersaing. Setelah persaingan mari damai dan kembali ke jalan yang benar. Jangan ada musuh sesama anak bangsa. Partai Hanura ini partai bersaudara,” ujar OSO, Jakarta, dilansir pada Minggu, 22 Desember 2024.
     
    Di samping itu, OSO mengapresiasi kehadiran perwakilan partai politik seperti PSI, PBB, Partai Perindo, dan sejumlah perwakilan pengurus partai politik lainnya dalam HUT Hanura.
     
    “Jangan anggap hina partai kecil yang tidak lolos. Semangat juangnya sama untuk Indonesia. Terima kasih atas kedatangan teman-teman partai lain,” tutur dia.
     

    Dalam kesempatan ini, OSO menegaskan tagline Partai Hanura, berpihak kepada daerah, juga tidak akan pernah berubah. Sebab, kata dia, ruh kemakmuran Indonesia bukan hanya di Jakarta. Pemerataan kesejahteraan harus terjadi di seluruh daerah.
     
    OSO mengatakan seluruh kader semakin semangat memperjuangkan kemakmuran di daerah masing-masing.
     
    “Pak Gubernur, kepala daerah, mari kita majukan daerah. Saya katakan, mengapa harus berpihak kepada daerah? Karena banyak yang belum makmur. Jawa Barat, misalnya, padahal dia di sebelah Jakarta,” ujar dia.
     
    OSO juga mengingatkan jalan pemimpin nasional maupun daerah semakin berat. Butuh kerja sama dan kolaborasi semua pihak.
     
    “Terima kasih juga untuk pers, yang bisa bikin menang dan kalah orang. Makanya jangan sembarangan bicara,” ujar dia.
     
    Sementara itu, Ketua Panitia HUT Hanura Ke-18 Edi Siregar menyatakan HUT Ke-18 Partai Hanura dihadiri 1.500 peserta perwakilan kader dari seluruh Indonesia. Termasuk Ketua DPD, 528 anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota, sayap partai, hingga simpatisan.
     
    HUT Hanura Ke-18 yang mengusung tema, Bersama Rakyat, Hanura Mewujudkan Kemakmuran dan Kesejahteraan Daerah diisi dengan berbagai kegiatan. Salah satunya workshop atau Bimbingan Teknis (Bimtek) Nasional 528 anggota DPRD provinsi, kabupaten/kota seluruh Indonesia. 
     
    “Ke 528 legislator daerah Hanura akan digembleng agar komitmen untuk berjuang memajukan dan meyejahterakan rakyat di daerah,” tutur dia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AZF)

  • Cara Mengecek dan Tips Meningkatkannya

    Cara Mengecek dan Tips Meningkatkannya

    Jakarta: Skor kredit menjadi faktor penting dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari pengajuan pinjaman, pembukaan kartu kredit, hingga mendapatkan asuransi.  
     
    Skor kredit mencerminkan kemampuan dan sejarah keuangan seseorang dalam melunasi kewajiban.
    Apa itu skor kredit?
    Skor kredit adalah angka yang menunjukkan tingkat risiko kredit seseorang. Semakin tinggi skor kredit, semakin rendah risiko kredit yang dimiliki, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga yang lebih rendah.
     
    Skor kredit dihitung berdasarkan riwayat kredit, termasuk pembayaran tagihan, jumlah pinjaman, dan jumlah utang yang Anda miliki.
     
    Namun, bagaimana cara mengetahui skor kredit kita dan apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya?
     

     
    Dikutip dari laman resmi OCBC berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek skor kredit:
     
    1. Registrasi akun:
    Buat akun di halaman https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi.
     
    2. Lengkapi informasi:
    Isi formulir permohonan informasi debitur dengan data yang akurat, termasuk jenis pemohon, tanggal layanan, kantor OJK yang dituju, nomor antrian, dan informasi pribadi debitur.
     
    3. Upload dokumen:
    Unggah dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP/Paspor untuk debitur individu, atau identitas pengurus dan akta pendirian usaha untuk badan usaha.
    Tips menaikkan skor kredit
    Jika skor kredit rendah, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkannya:

    Perhatikan informasi laporan kredit
    Hindari pembuatan kartu kredit baru
    Bayar tagihan tepat waktu
    Buat perhitungan keuangan yang matang
    Manfaatkan layanan pembayaran otomatis

    Pentingnya skor kredit
    Skor kredit memiliki peran penting dalam kehidupan keuangan. Skor kredit yang baik dapat membantu untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga yang lebih rendah, mendapatkan asuransi dengan premi yang lebih murah, dan bahkan meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan.  
     
    Oleh karena itu, penting untuk menjaga skor kredit tetap baik dan meningkatkannya jika diperlukan.
     
    Skor kredit merupakan indikator penting yang menunjukkan kemampuan dan sejarah keuangan seseorang.
     
    Mengetahui skor kredit dan cara meningkatkannya dapat membantu Sobat Medcom dalam mengelola keuangan dengan lebih baik dan mendapatkan akses ke berbagai produk dan layanan keuangan dengan lebih mudah.  
     
    Dengan memahami skor kredit dan menerapkan tips yang telah disebutkan, Sobat Medcom dapat meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan keuangan. (Laura Oktaviani Sibarani)
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • 2 Juta Warga RI Jadi Korban, Hapus 15 Aplikasi Ini di HP Sekarang!

    2 Juta Warga RI Jadi Korban, Hapus 15 Aplikasi Ini di HP Sekarang!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Tidak semua aplikasi di Google Play Store aman. Sebanyak 15 aplikasi yang tersedia di toko aplikasi Google Play Store ternyata berbahaya dan bisa menguras rekening sampai ludes.

    Berdasarkan laporan terbaru dari firma keamanan siber McAfee, banyak aplikasi pinjaman online (pinjol) palsu yang beredar dan diminati pengguna HP Android.

    Secara total, 15 aplikasi berbahaya itu sudah diinstal sebanyak 8 juta kali. McAfee mengatakan aplikasi-aplikasi itu mencuri data personal dan keuangan dari para korban.

    Dengan begitu, oknum penjahat siber akan mudah mengakses aplikasi keuangan korban dan menguras saldo rekening di dalamnya.

    Kebanyakan aplikasi berbahaya itu mengincar korban di Amerika Selatan, Asia Selatan, dan Afrika. Dari 15 daftar aplikasi berbahaya tersebut, 3 aplikasi di antaranya tersedia di Indonesia dan telah diinstal 2 juta pengguna.

    McAfee mengatakan aplikasi-aplikasi berbahaya ini menggunakan nama, logo, dan desain yang mirip dengan aplikasi keuangan resmi. Mereka juga mempromosikan iklan palsu di media sosial.

    Adapun aplikasi pinjol palsu ini diistilahkan ‘SpyLoan’. Jika Anda telanjur menginstal aplikasi-aplikasi tersebut, segera hapus sebelum rekening dikuras habis dan identitas dicuri.

    Hal ini menambah panjang penipuan daring. Pasalnya semakin banyak modus penipuan melalui ponsel. Modus tersebut terjadi usai pengguna menginstal Android atau file Android Package Kit (APK).

    Ada banyak jenis APK yang kerap kali dikirimkan oknum tidak bertanggung jawab untuk mengelabui para korban atau dikenal sebagai phising, seperti resi paket dan undangan pernikahan.

    Berikut daftar aplikasinya, dikutip dari TomsGuide, Minggu (22/12/2024):

    – Préstamo Seguro-Rápido, Seguro (1 juta download)

    – Préstamo Rápido-Credit Easy (1 juta download)

    – Get Baht Easily – Quick Loan (1 juta download)

    – RupiahKilat-Dana cair (1 juta download)

    – Borrow Happil – Loan (1 juta download)

    – Happy Money (1 juta download)

    – KreditKu – Uang Online (500.000 download)

    – Dana Kilat – Pinjaman Kecil (500.000 download)

    – Cash Loan-Vay tiền (500.000 download)

    – RapidFinance (100.000 download)

    – PrêtPourVous (100.000 download)

    – Huayna Money – Préstamo Rápido (100.000 download)

    – IPréstamos: Rápido Crédito (100.000 download)

    – ConseguirSol-Dinero Rápido (100.000 download)

    – ÉcoPrêt Prêt En Ligne (100.000 download)

    Secara umum, aplikasi pinjol palsu menjanjikan pinjaman yang cepat dan fleksibel. Modus menjerat korban dilakukan dengan mempromosikan tingkat bunga rendah dan syarat mudah.

    Dengan begitu, calon korban akan terdorong untuk men-download aplikasi pinjol palsu, lalu mengisi data personal dan keuangan mereka.

    Setelah data sensitif dikantongi, penjahat siber di balik aplikasi berbahaya akan meneror korban dan meminta mereka membayar uang pinjaman dengan bunga super tinggi, sehingga korban terlilit utang yang tak mampu dibayar.

    Modus penipuan online yang beredar di internet makin beragam. Untuk itu, temuan ini mengingatkan sekali lagi bahwa masyarakat harus kritis dan jangan mudah terbuai rayuan promosi yang muncul di internet.

    (fab/fab)

  • Sambut Nataru, BRI Pastikan Keandalan Super Apps BRImo dan Optimalkan Layanan 721 Ribu E-Channel

    Sambut Nataru, BRI Pastikan Keandalan Super Apps BRImo dan Optimalkan Layanan 721 Ribu E-Channel

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) berkomitmen memastikan layanan e-channel beroperasi optimal guna mengantisipasi lonjakan transaksi keuangan selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dengan ekosistem yang terus berkembang, BRI menghadirkan solusi perbankan yang memudahkan nasabah dalam bertransaksi kapan saja dan di mana saja.
     
    Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto menyampaikan bahwa layanan e-channel BRI, seperti ATM, Electronic Data Capture (EDC), Cash Recycle Machine (CRM), hingga Super App BRImo, siap melayani nasabah sepanjang libur panjang.
     
    “Melalui berbagai layanan tersebut, BRI terus mendukung aktivitas keuangan masyarakat agar tetap lancar selama momen libur Nataru, dengan selalu menjaga aspek keamanan bertransaksi,” ujarnya, di Jakarta.
     

    Perlu diketahui, layanan e-channel BRI kini berkontribusi sebesar 99% terhadap total transaksi di BRI. Hingga September 2024, BRI memiliki 721 ribu e-channel yang terdiri dari 21.221 unit ATM & CRM, serta 700.513 mesin EDC. Hal ini mencerminkan fokus BRI dalam mengoptimalkan jaringan e-channel untuk memenuhi kebutuhan nasabah.
    Sementara itu, sebagai aplikasi super apps, BRImo terus berkembang menjadi solusi keuangan multifungsi, di mana aplikasi ini memungkinkan nasabah untuk melakukan transfer dana, pembayaran tagihan, top-up e-wallet, investasi, hingga memenuhi kebutuhan gaya hidup seperti belanja harian hingga pembelian tiket.
     
    Kemudahan yang ditawarkan BRImo juga diperkuat dengan integrasi uang elektronik BRIZZI dan fitur Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), yang membuat pembayaran digital lebih praktis, terutama di lokasi wisata dan pusat kuliner selama liburan.
     

    Tercatat, sampai akhir September 2024, pengguna BRImo telah mencapai 37,1 juta, tumbuh 24,7% YoY. Nilai transaksi melalui BRImo pun naik signifikan mencapai Rp4.034,9 triliun, tumbuh 35,2% YoY dari sebelumnya Rp2.984,2 triliun.
     
    Dengan inovasi yang berkelanjutan, BRI memastikan seluruh layanan digitalnya dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Kehadiran layanan seperti BRImo, Debit BRI, alat transksi merchant, mesin ATM dan CRM tidak hanya memperlancar transaksi, tetapi juga menjawab kebutuhan gaya hidup modern nasabah.
     
    “Melalui penguatan infrastruktur digital dan berbagai solusi berbasis teknologi, BRI terus menjaga komitmennya untuk menghadirkan pengalaman transaksi yang aman, nyaman, dan fleksibel di setiap momen penting, termasuk libur Nataru,” kata Andrijanto.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Cara Mudah Menonaktifkan Aksesibilitas di Smartphone, Akses BRImo Jadi Makin Nyaman dan Terlindungi – Halaman all

    Cara Mudah Menonaktifkan Aksesibilitas di Smartphone, Akses BRImo Jadi Makin Nyaman dan Terlindungi – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Fitur Accessibility pada perangkat smartphone adalah fitur yang penting untuk seseorang yang memiliki keterbatasan fisik atau sensorik agar dapat menggunakan ponsel dengan mudah. Fitur ini memberikan kemudahan seperti text-to-speech, pembesaran tampilan, dan perintah suara untuk membantu pengoperasian perangkat. 

    Contohnya, banyak pengguna yang menggunakan perintah suara seperti “Hai Google” atau “Alexa, naikkan volume” setiap hari tanpa menyadari manfaatnya. 

    Meskipun dirancang untuk penyandang disabilitas, fitur aksesibilitas ini juga bermanfaat untuk semua orang, terutama dalam situasi tertentu seperti saat membaca teks kecil atau mengoperasikan ponsel tanpa menyentuh layar.

    Namun, ada kalanya fitur aksesibilitas ini perlu dinonaktifkan, terutama untuk alasan keamanan atau kenyamanan pribadi. Misalnya, pada aplikasi keuangan seperti mobile banking BRImo yang memerlukan pengaturan aksesibilitas yang lebih ketat agar tidak menjadi celah bagi potensi penyalahgunaan data. 

    Keterkaitan Fitur Aksesibilitas dengan Keamanan BRImo

    Di dalam dunia perbankan digital, keamanan adalah hal yang tidak bisa ditawar. Aplikasi mobile banking seperti BRImo mengandalkan sistem keamanan canggih untuk melindungi data dan transaksi pengguna. 

    Namun, fitur aksesibilitas yang tidak diatur dengan baik dapat menjadi celah bagi pelaku kejahatan siber, seperti Social Engineering, untuk mencuri data pribadi.

    Tidak heran, BRI memberikan perhatian ekstra terhadap pengaturan fitur Accessibility pada perangkat pengguna BRImo. 

    Dengan memastikan fitur ini hanya aktif untuk aplikasi yang aman dan diperlukan, Anda dapat menjaga data dan transaksi perbankan Anda tetap terlindungi. Mengetahui dan memahami cara mengelola pengaturan ini menjadi langkah penting bagi setiap pengguna BRImo.

    Tips Penting: Cara Mengatur Fitur Aksesibilitas BRImo

    BRImo memberikan panduan lengkap bagi pengguna untuk menyesuaikan fitur aksesibilitas sesuai kebutuhan. Berikut langkah-langkahnya berdasarkan jenis perangkat yang Anda gunakan:

     

    Cara Non-Aktifkan Aksesibilitas di Samsung

    Saat pop-up dari BRImo muncul, pilih Buka Pengaturan.

    Masuk ke menu Accessibility atau Aksesibilitas.

    Cari aplikasi dengan fitur aksesibilitas yang aktif di menu Installed Apps.

    Nonaktifkan aksesibilitas untuk setiap aplikasi yang tidak diperlukan.

    Setelah selesai, kembali ke aplikasi BRImo dan coba lakukan transaksi dengan nyaman dan terlindungi.

    Cara Non-Aktifkan Aksesibilitas di Asus

    Ketika pop-up muncul, klik Buka Pengaturan.

    Masuk ke menu Accessibility.

    Pastikan semua tombol aksesibilitas pada aplikasi dalam kondisi Mati atau Off.

    Setelah semua aksesibilitas dinonaktifkan, buka kembali aplikasi BRImo untuk melanjutkan aktivitas perbankan.

    Cara Non-Aktifkan Aksesibilitas di Oppo

    Klik Buka Pengaturan saat notifikasi muncul di layar.

    Pergi ke menu Additional Setting atau Pengaturan Tambahan.

    Pilih Accessibility, lalu masuk ke halaman Downloaded Apps.

    Nonaktifkan fitur aksesibilitas pada semua aplikasi yang terdaftar di menu ini.

    Kembali ke aplikasi BRImo dan lanjutkan transaksi Anda.

    Cara Non-Aktifkan Aksesibilitas di Xiaomi (Redmi & Poco)

    Saat pop-up BRImo muncul, klik Buka Pengaturan.

    Pilih Additional Setting atau Pengaturan Tambahan.

    Masuk ke menu Accessibility, kemudian pilih Downloaded Apps.

    Nonaktifkan aksesibilitas pada masing-masing aplikasi di daftar tersebut.

    Setelah selesai, Anda dapat melanjutkan transaksi di BRImo.

    Cara Non-Aktifkan Aksesibilitas di Vivo

    Klik Buka Pengaturan dari pop-up yang ditampilkan.

    Masuk ke menu Shortcut and Accessibility.

    Pilih Accessibility, lalu buka bagian Downloaded Services.

    Nonaktifkan fitur aksesibilitas pada aplikasi yang terdaftar.

    Setelah itu, coba kembali mengakses aplikasi BRImo.

    Kontak dan Dukungan Pelanggan

    Menonaktifkan aksesibilitas pada aplikasi yang tidak penting adalah salah satu langkah sederhana namun sangat efektif untuk menjaga keamanan data pribadi Anda. 

    Fitur Accessibility dapat menjadi celah bagi pelaku kejahatan siber jika tidak dikontrol dengan baik. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi mobile banking BRImo berfungsi dengan optimal dan tetap aman digunakan.

    Jika Anda masih mengalami kesulitan atau membutuhkan panduan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi Contact BRI melalui:

    Dengan mengambil langkah-langkah keamanan ini, Anda tidak hanya melindungi data pribadi tetapi juga memberikan perlindungan ekstra terhadap aset finansial Anda. Pastikan selalu menjaga kerahasiaan informasi pribadi dan gunakan mobile banking BRImo dengan rasa nyaman dan terlindungi!

  • Harga Emas Antam Makin Mahal, Ini Daftarnya

    Harga Emas Antam Makin Mahal, Ini Daftarnya

    Jakarta: Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) kembali melanjutkan penguatan.
     
    Mengacu laman Logam Mulia, Sabtu pagi, 21 Desember 2024, harga emas keluaran BUMN ini naik Rp18 ribu dari Rp1,515 menjadi Rp1,533 juta untuk ukuran satu gram.
     
    Harga jual kembali atau buyback emas Antam juga naik Rp16 ribu menjadi Rp1,382 juta.
     
    Sementara itu harga emas Antam paling murah dibanderol Rp816,5 ribu untuk ukuran 0,5 gram. Sedangkan harga emas Antam termahal dipatok Rp1,473 miliar untuk ukuran 1.000 gram.
     

    Berikut harga pecahan emas batangan yang tercatat di Logam Mulia hari ini:
    Emas batangan 0,5 gram: Rp816,5 ribu.
    Emas batangan 1 gram: Rp1,533 juta.
    Emas batangan 2 gram: Rp3,006 juta.
    Emas batangan 3 gram: Rp4,484 juta.
    Emas batangan 5 gram: Rp7,440 juta.
    Emas batangan 10 gram: Rp14,825 juta.
    Emas batangan 25 gram: Rp36,937 juta.
    Emas batangan 50 gram: Rp73,795 juta.
    Emas batangan 100 gram: Rp147,512 juta.
    Emas batangan 250 gram: Rp368,515 juta.
    Emas batangan 500 gram: Rp736,820 juta.
    Emas batangan 1.000 gram: Rp1,473 miliar.
     
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Kajian KPK: Calon Dokter Spesialis Ditanya Isi Saldo Rekening saat Seleksi Wawancara

    Kajian KPK: Calon Dokter Spesialis Ditanya Isi Saldo Rekening saat Seleksi Wawancara

    Jakarta

    Kajian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait Identifikasi Risiko Korupsi pada Program Pendidikan Dokter Spesialis mengungkap hal janggal dalam proses seleksi di tahap wawancara. Calon peserta PPDS disebut harus bersedia menunjukkan saldo rekening masing-masing.

    Pihak kampus menilai tujuan di balik pertanyaan isi saldo rekening atau tabungan adalah memastikan calon peserta PPDS sanggup secara finansial, terlebih biaya selama menjalani prodi kedokteran spesialis tidaklah murah. Mereka juga berdalih, hal ini demi menghindari kemungkinan putus sekolah di tengah jalan.

    Survei KPK menunjukkan dari 58 responden yang pernah diminta menunjukkan isi saldo rekening atau tabungan dalam wawancara PPDS, ada enam di antaranya bersedia memperlihatkan saldo dengan tabungan di atas Rp 500 juta. Sementara empat responden dengan saldo di sekitar Rp 250 hingga Rp 500 juta, 11 responden memiliki saldo tabungan Rp 100 hingga Rp 250 juta, 19 responden di bawah Rp 100 juta, dan 18 responden tersisa tidak bersedia atau berkenan menunjukkan saldo tabungan mereka.

    Responden tersebar merata dari universitas di wilayah Jawa, Bali-Nusa Tenggara, Sumatera, Sulawesi dan Kalimantan. Baik dari prodi radiologi, penyakit dalam, bedah saraf, bedah, anestesi, saraf/neurologi, kedokteran jiwa, anak, mata, THT-KL, bedah plastik rekonstruksi dan estetik, bedah urologi, patologi klinik, obgyn, orthopedi, jantung dan pembuluh darah, kulit dan kelamin, kedokteran fisik dan rehab dan BTKV.

    “Persentase responden yang diminta menunjukan saldo rekening tabungan memang sangat kecil dibanding populasi responden, namun hasil ini dapat mengindikasikan adanya perbedaan isi pertanyaan wawancara antar peserta seleksi. Terdapat peserta seleksi yang ditanya jumlah saldo rekening tabungan, namun ada juga yang tidak ditanyakan,” demikian temuan KPK dalam kajiannya pada 2023.

    Biaya Seleksi PPDS

    KPK juga bertanya kepada responden terkait biaya yang dikeluarkan selama proses seleksi berlangsung, selain dari biaya resmi yang tercantum dalam pengumuman.

    “Sebanyak 37 responden menyatakan pernah diminta membayar sejumlah biaya di luar biaya seleksi resmi universitas. Biaya tidak resmi yang diminta bervariasi, mulai dari Rp30.000-Rp500.000.000. Ada 7 responden yang mengikuti seleksi PPDS di wilayah Sulawesi menyatakan dimintai biaya tidak resmi hingga Rp500.000.000, 14 responden dari Bali-Nusa Tenggara dimintai hingga Rp 200.000.000, 13 responden dari Jawa dimintai hingga Rp 40.000.000 dan 3 responden dari Sumatera dimintai sampai dengan Rp20.000.000.”

    Meski begitu, KPK menyebut temuan ini diperlukan pendalaman lebih lanjut. Termasuk kepada siapa biaya sebesar itu untuk proses seleksi mengalir, hingga bagaimana metode pembayarannya.

    Survei ini dilakukan melalui platform daring google form. Pemilihan responden menggunakan teknik snowball sampling bekerja sama dengan Asosiasi Fakultas Kedokteran Negeri Seluruh Indonesia (AFKNI), dengan data yang diturunkan kepada seluruh dekan fakultas kedokteran penyelenggara PPDS, juga melalui jejaring mahasiswa dan alumni PPDS di tiap program studi.

    Metode penyebaran kuesioner dengan snowball ini dilakukan dalam jangka waktu 30 hari hingga data mencapai saturasinya. Jumlah sampel yang mengisi serta selesai diolah adalah sebanyak 1.417 dengan proporsi 1.366 responden peserta yang lulus seleksi PPDS baik sebagai mahasiswa maupun alumni. Jumlah sampel kurang lebih 10 persen dari estimasi total populasi residen atau peserta didik sebanyak 13.000, berdasarkan data residen Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia per 2020.

    (naf/kna)

  • Cara Mudah Nonaktifkan Aksesibilitas di Smartphone, Akses Mobile Banking BRImo Jadi Makin Nyaman dan Terlindungi

    Cara Mudah Nonaktifkan Aksesibilitas di Smartphone, Akses Mobile Banking BRImo Jadi Makin Nyaman dan Terlindungi

    Jakarta, Beritasatu.com – Fitur Accessibility pada perangkat smartphone adalah fitur yang penting untuk seseorang yang memiliki keterbatasan fisik atau sensorik agar dapat menggunakan ponsel dengan mudah. Fitur ini memberikan kemudahan seperti text-to-speech, pembesaran tampilan, dan perintah suara untuk membantu pengoperasian perangkat.

    Contohnya, banyak pengguna yang menggunakan perintah suara seperti “Hai Google” atau “Alexa, naikkan volume” setiap hari tanpa menyadari manfaatnya. Meskipun dirancang untuk penyandang disabilitas, fitur aksesibilitas ini juga bermanfaat untuk semua orang, terutama dalam situasi tertentu seperti saat membaca teks kecil atau mengoperasikan ponsel tanpa menyentuh layar.

    Namun, ada kalanya fitur aksesibilitas ini perlu dinonaktifkan, terutama untuk alasan keamanan atau kenyamanan pribadi. Misalnya, pada aplikasi keuangan seperti mobile banking BRImo yang memerlukan pengaturan aksesibilitas yang lebih ketat agar tidak menjadi celah bagi potensi penyalahgunaan data.

    Keterkaitan Fitur Aksesibilitas dengan Keamanan BRImo

    Di dalam dunia perbankan digital, keamanan adalah hal yang tidak bisa ditawar. Aplikasi mobile banking seperti BRImo mengandalkan sistem keamanan canggih untuk melindungi data dan transaksi pengguna. Namun, fitur aksesibilitas yang tidak diatur dengan baik dapat menjadi celah bagi pelaku kejahatan siber, seperti Social Engineering, untuk mencuri data pribadi.

    Tidak heran, BRI memberikan perhatian ekstra terhadap pengaturan fitur Accessibility pada perangkat pengguna BRImo. Dengan memastikan fitur ini hanya aktif untuk aplikasi yang aman dan diperlukan, Anda dapat menjaga data dan transaksi perbankan Anda tetap terlindungi. Mengetahui dan memahami cara mengelola pengaturan ini menjadi langkah penting bagi setiap pengguna BRImo.

    Cara Mengatur Fitur Aksesibilitas BRImo

    BRImo memberikan panduan lengkap bagi pengguna untuk menyesuaikan fitur aksesibilitas sesuai kebutuhan. Berikut langkah-langkahnya berdasarkan jenis perangkat yang Anda gunakan:

    Pop-up notifikasi untuk nonaktifkan aksesibilitas BRImo.

    Cara Non-Aktifkan Aksesibilitas di Samsung

    Cara nonaktifkan aksesibilitas BRImo di Samsung.

    1. Saat pop-up dari BRImo muncul, pilih Buka Pengaturan.
    2. Masuk ke menu Accessibility atau Aksesibilitas.
    3. Cari aplikasi dengan fitur aksesibilitas yang aktif di menu Installed Apps.
    4. Nonaktifkan aksesibilitas untuk setiap aplikasi yang tidak diperlukan.
    5. Setelah selesai, kembali ke aplikasi BRImo dan coba lakukan transaksi dengan nyaman dan terlindungi.

    Cara Non-Aktifkan Aksesibilitas di Asus

    Cara nonaktifkan aksesibilitas BRImo di Asus.

    1. Ketika pop-up muncul, klik Buka Pengaturan.
    2. Masuk ke menu Accessibility.
    3. Pastikan semua tombol aksesibilitas pada aplikasi dalam kondisi Mati atau Off.
    4. Setelah semua aksesibilitas dinonaktifkan, buka kembali aplikasi BRImo untuk melanjutkan aktivitas perbankan.

    Cara Non-Aktifkan Aksesibilitas di Oppo

    Cara nonaktifkan aksesibilitas BRImo di Oppo.

    1. Klik Buka Pengaturan saat notifikasi muncul di layar.
    2. Pergi ke menu Additional Setting atau Pengaturan Tambahan.
    3. Pilih Accessibility, lalu masuk ke halaman Downloaded Apps.
    4. Nonaktifkan fitur aksesibilitas pada semua aplikasi yang terdaftar di menu ini.
    5. Kembali ke aplikasi BRImo dan lanjutkan transaksi Anda.

    Cara Non-Aktifkan Aksesibilitas di Xiaomi (Redmi & Poco)

    Cara nonaktifkan aksesibilitas BRImo di edmi & Poco.

    1. Saat pop-up BRImo muncul, klik Buka Pengaturan.
    2. Pilih Additional Setting atau Pengaturan Tambahan.
    3. Masuk ke menu Accessibility, kemudian pilih Downloaded Apps.
    4. Nonaktifkan aksesibilitas pada masing-masing aplikasi di daftar tersebut.
    5. Setelah selesai, Anda dapat melanjutkan transaksi di BRImo.

    Cara Non-Aktifkan Aksesibilitas di Vivo

    Cara nonaktifkan aksesibilitas BRImo di Vivo.

    1. Klik Buka Pengaturan dari pop-up yang ditampilkan.
    2. Masuk ke menu Shortcut and Accessibility.
    3. Pilih Accessibility, lalu buka bagian Downloaded Services.
    4. Nonaktifkan fitur aksesibilitas pada aplikasi yang terdaftar.
    5. Setelah itu, coba kembali mengakses aplikasi BRImo.

    Kontak dan Dukungan Pelanggan

    Menonaktifkan aksesibilitas pada aplikasi yang tidak penting adalah salah satu langkah sederhana namun sangat efektif untuk menjaga keamanan data pribadi Anda. Fitur Accessibility dapat menjadi celah bagi pelaku kejahatan siber jika tidak dikontrol dengan baik. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi mobile banking BRImo berfungsi dengan optimal dan tetap aman digunakan.

    Jika Anda masih mengalami kesulitan atau membutuhkan panduan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi Contact BRI melalui:
    Telepon: 1500017
    WhatsApp Sabrina: 0812-1214-017

    Dengan mengambil langkah-langkah keamanan ini, Anda tidak hanya melindungi data pribadi tetapi juga memberikan perlindungan ekstra terhadap aset finansial Anda. Pastikan selalu menjaga kerahasiaan informasi pribadi dan gunakan mobile banking BRImo dengan rasa nyaman dan terlindungi.

  • Dibantu Masyarakat, Kodam I/BB Gagalkan Penyelundupan 20 Kg Sabu

    Dibantu Masyarakat, Kodam I/BB Gagalkan Penyelundupan 20 Kg Sabu

    Asahan: Lewat bantuan masyarakat, tim gabungan dari Detasemen Intelijen Kodam I/Bukit Barisan (BB) dan Ditresnarkoba Polda Sumut menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu seberat 20 kilogram di Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Sumatra Utara. Pengungkapan ini bermula dari informasi masyarakat yang mencurigai adanya dugaan keterlibatan oknum anggota TNI dalam peredaran narkoba tersebut.

    Berdasarkan laporan, tim gabungan mulai menyelidiki dugaan keterlibatan seorang kurir, ZM, yang membawa narkoba dari Tanjung Balai menuju Medan menggunakan mobil Toyota Avanza hitam bernomor polisi BK XXXX AEY. Setelah berkoordinasi dengan Ditresnarkoba Polda Sumut, tim segera membuntuti mobil tersebut.

    Pada pukul 19.40 WIB Kamis, 19 Desember 2024, tim gabungan menghentikan kendaraan di Jalan Sei Rengas, Kisaran Barat, dan melakukan pemeriksaan. Dari hasil penggeledahan, ditemukan 20 bungkus plastik hitam berisi sabu-sabu dengan total berat 20 kilogram. Bersama ZM, petugas juga menangkan istri dan dua anaknya yang ikut dalam perjalanan.

    Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, tidak ditemukan bukti keterlibatan oknum TNI dalam kasus ini. ZM mengakui bahwa ia bertindak sebagai kurir dengan bayaran Rp4 juta per kilogram, dan keluarganya tidak mengetahui bahwa barang yang diangkut adalah narkoba. Mereka diajak ikut serta dengan dalih menghadiri undangan pernikahan di Medan.

    Dalam keterangan pers yang digelar di Markas Kodam I/BB pada 20 Desember 2024, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Refrizal, menegaskan jika nantinya terbukti ada oknum TNI yang terlibat, kasus tersebut akan segera dilimpahkan kepada Pomdam I/BB untuk penanganan lebih lanjut. 

    “Jika terbukti adanya keterlibatan oknum TNI, kasus ini akan dilimpahkan kepada Pomdam I/BB untuk penanganan lebih lanjut sesuai prosedur hukum yang berlaku,” ujar Refrizal melalui keterangan tertulis, Sabtu, 21 Desember 2024.
     

    Meskipun tidak ada keterlibatan anggota TNI dalam kasus ini, Kodam I/BB tetap berkomitmen penuh dalam mendukung pemberantasan narkoba di Sumut. Kodam BB tidak akan memberikan toleransi terhadap pelanggaran yang melibatkan prajuritnya.

    ZM beserta barang bukti diserahkan kepada Polda Sumut untuk proses hukum lebih lanjut. Kodam I/BB tetap berkomitmen dalam mendukung pemberantasan narkoba dan tidak menoleransi pelanggaran yang melibatkan prajurit TNI.

    Asahan: Lewat bantuan masyarakat, tim gabungan dari Detasemen Intelijen Kodam I/Bukit Barisan (BB) dan Ditresnarkoba Polda Sumut menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu seberat 20 kilogram di Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Sumatra Utara. Pengungkapan ini bermula dari informasi masyarakat yang mencurigai adanya dugaan keterlibatan oknum anggota TNI dalam peredaran narkoba tersebut.
     
    Berdasarkan laporan, tim gabungan mulai menyelidiki dugaan keterlibatan seorang kurir, ZM, yang membawa narkoba dari Tanjung Balai menuju Medan menggunakan mobil Toyota Avanza hitam bernomor polisi BK XXXX AEY. Setelah berkoordinasi dengan Ditresnarkoba Polda Sumut, tim segera membuntuti mobil tersebut.
     
    Pada pukul 19.40 WIB Kamis, 19 Desember 2024, tim gabungan menghentikan kendaraan di Jalan Sei Rengas, Kisaran Barat, dan melakukan pemeriksaan. Dari hasil penggeledahan, ditemukan 20 bungkus plastik hitam berisi sabu-sabu dengan total berat 20 kilogram. Bersama ZM, petugas juga menangkan istri dan dua anaknya yang ikut dalam perjalanan.
    Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, tidak ditemukan bukti keterlibatan oknum TNI dalam kasus ini. ZM mengakui bahwa ia bertindak sebagai kurir dengan bayaran Rp4 juta per kilogram, dan keluarganya tidak mengetahui bahwa barang yang diangkut adalah narkoba. Mereka diajak ikut serta dengan dalih menghadiri undangan pernikahan di Medan.
     
    Dalam keterangan pers yang digelar di Markas Kodam I/BB pada 20 Desember 2024, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Refrizal, menegaskan jika nantinya terbukti ada oknum TNI yang terlibat, kasus tersebut akan segera dilimpahkan kepada Pomdam I/BB untuk penanganan lebih lanjut. 
     
    “Jika terbukti adanya keterlibatan oknum TNI, kasus ini akan dilimpahkan kepada Pomdam I/BB untuk penanganan lebih lanjut sesuai prosedur hukum yang berlaku,” ujar Refrizal melalui keterangan tertulis, Sabtu, 21 Desember 2024.
     

    Meskipun tidak ada keterlibatan anggota TNI dalam kasus ini, Kodam I/BB tetap berkomitmen penuh dalam mendukung pemberantasan narkoba di Sumut. Kodam BB tidak akan memberikan toleransi terhadap pelanggaran yang melibatkan prajuritnya.
     
    ZM beserta barang bukti diserahkan kepada Polda Sumut untuk proses hukum lebih lanjut. Kodam I/BB tetap berkomitmen dalam mendukung pemberantasan narkoba dan tidak menoleransi pelanggaran yang melibatkan prajurit TNI.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (UWA)