Perusahaan: Google

  • Nano Banana Hadir di Google Lens dan AI Mode – Page 3

    Nano Banana Hadir di Google Lens dan AI Mode – Page 3

    Di sisi lain, Samsung merilis ‘Try Galaxy’, sebuah fitur yang berfungsi sebagai alat coba bagi ponsel non-galaxy untuk menjajal fitur-fitur dari ‘Galaxy AI’.

    Menariknya, fitur ini juga bisa dinikmati oleh pengguna iPhone, jadi tak hanya HP berbasis sistem operasi Android. Kemudahan akses tersebut, memungkinkan Apple Fanboy mendapat pengalaman menarik.

    Cara Akses Try Galaxy

    Buat kamu yang tertarik mencoba fitur ini, cukup buka peramban atau browser di ponsel, lalu kunjungi situs web trygalaxy.com.

    Begitu sudah masuk, simulasi antarmuka One UI 8 dan berbagai fitur Galaxy AI akan langsung muncul di layar dan bisa dicoba.

    Selain memberikan pengalaman menjajal perangkat Samsung, aplikasi ini juga punya kejutan tambahan.

    Saat menjelajahinya, pengguna bisa saja menemukan promosi eksklusif atau bahkan penawaran tukar tambah (trade-in) yang menarik.

  • Kadin dan Google Dorong UMKM Go Digital Lewat Ekosistem YouTube

    Kadin dan Google Dorong UMKM Go Digital Lewat Ekosistem YouTube

    Bisnis.com, JAKARTA — Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggandeng Google Indonesia melalui YouTube Indonesia untuk mempercepat transformasi digital pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

    Kolaborasi ini ditandai dengan penerapan nota kesepahaman (MoU) antara Kadin dan Google Indonesia yang diharapkan dapat memperkuat kemampuan digital serta akses pasar para pelaku usaha. 

    Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi & Digital Kadin Indonesia Clarissa Tanoesoedibjo mengatakan kemitraan ini bertujuan mempercepat transformasi dan adopsi digital UMKM, sekaligus meningkatkan kapabilitas mereka melalui tiga pilar utama, yaitu digital skills, market access, dan practical know-how.

    “Kemitraan ini bertujuan untuk mempercepat transformasi dan adopsi digital para pelaku UMKM, serta meningkatkan kapabilitas UMKM,,” kata Clarissa di Menara Kadin, Jakarta pada Rabu (15/10/2025). 

    Clarissa menuturkan, tujuan tersebut diwujudkan melalui berbagai program pelatihan bersama, termasuk joint training program seperti YouTube Shopping Affiliate. 

    Program ini memungkinkan kreator untuk mempromosikan produk atau merek secara langsung dan menerima komisi dari hasil konversi penjualan.

    Pihaknya uga memberikan pelatihan-pelatihan lain untuk peningkatan kapasitas dan diversifikasi konten yang dapat membantu memperkuat literasi digital para UMKM.  

    Menurut Clarissa, digitalisasi menjadi kunci peningkatan efisiensi operasional dan daya saing pasar. 

    Upaya ini juga sejalan dengan pencapaian Asta Cita Presiden Prabowo Subianto, yakni menciptakan ekosistem kewirausahaan yang inovatif, tangguh, dan berdaya saing global. 

    Ilustrasi UMKM

    Dia menyoroti ekosistem kreatif YouTube yang disebut telah memberikan dampak ekonomi signifikan bagi Indonesia.

    Berdasarkan YouTube Impact Report 2022, ekosistem YouTube berkontribusi sekitar Rp7,4 triliun terhadap perekonomian Indonesia dan mendukung lebih dari 600.000 kreator yang memperoleh penghasilan dari platform tersebut.

    “Angka-angka ini belum mencerminkan potensi penuh dari inovasi terbaru mereka termasuk YouTube Shop yang secara signifikan mengeliminasi hambatan transaksi online dengan memungkinkan akses langsung ke merek atau brand dan proses check out yang lebih instan dan onsite,” kata Clarissa.

    Dia menambahkan, tahun pertama pelatihan akan menjangkau 500 UMKM dan akan terus meningkat seiring evaluasi efektivitas kolaborasi tersebut.

    “Kami berharap dapat memperluas kolaborasi ini ke beberapa area lain termasuk pemanfaatan layanan cloud dan analytics untuk decision making berbasis data serta integrasi inisiatif AI terbaru seperti pelatihan Gemini dan AI creator tools di YouTube,” katanya.

    Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Novyan Bakrie menekankan transformasi digital menjadi langkah penting agar pelaku usaha mikro dapat naik kelas dan membantu Indonesia keluar dari jebakan pendapatan menengah (middle income trap). Anindya menilai kemitraan Kadin dengan Google dan YouTube sejalan dengan konsep closed loop yang menghubungkan pelaku UMKM dengan pemain besar melalui teknologi.

    “Ini yang saya rasa bisa dilakukan dengan teknologi, dengan YouTube dan Google. Tentunya dengan meningkatkan skala, memperluas jangkauan, lalu juga terintegrasi dalam rantai pasok global,” katanya. 

    Dia berharap kolaborasi ini dapat mempercepat digitalisasi dan memperluas akses pasar UMKM, sekaligus mendorong peningkatan kapasitas pelaku usaha hingga puluhan ribu.

    “Kalau bisa mulai dengan 500 UMKM tapi kalau bisa sampai ke 5.000, 50.000, dan masih banyak lagi karena setahu saya mikro dan UMKM itu jumlahnya 60 juta,” kata Anindya. 

    Di sisi lain, Country Head YouTube Indonesia Suwandi Widjaja menyebut potensi ekonomi digital Indonesia sangat besar dengan lebih dari 1 juta kreator aktif di platform tersebut.

    “Content Creator mempunyai lebih dari 1 juta subscriber di Indonesia. Jadi peluangnya itu luar biasa, besar sekali. Dan saya juga bisa share, kita nggak hanya mengkonsumsi konten global di Indonesia, Content Creator Indonesia mulai go global juga,” ujar Suwandi.

    Dia menuturkan, sejak peluncuran program YouTube Affiliate Shopping pada akhir tahun lalu, lebih dari 38.000 kreator telah membantu UMKM dan merek lokal dalam berjualan secara digital. 

    “Jadi itu hanya permulaan dan kita yakin akan lebih banyak lagi kreator YouTube yang mulai join program YouTube Affiliate ini. Jadi makanya impact-nya bakalan sangat luas,” katanya.

    Suwandi optimistis kerja sama ini akan membawa dampak ekonomi signifikan dan mendorong UMKM Indonesia untuk naik kelas di pasar global. Menurutnya, semangat utama kolaborasi ini adalah bagaimana kreator dan UMKM saling menguatkan dengan dukungan teknologi dari Google dan YouTube.

    “Intinya hari ini kami sangat excited akan kerja sama ini. Ini permulaan yang sangat baik banget untuk Indonesia juga dan untuk Kadin dan YouTube,” tutup Suwandi.

  • Samsung Konfirmasi Tanggal Peluncuran Headset Android XR Project Moohan, Kapan? – Page 3

    Samsung Konfirmasi Tanggal Peluncuran Headset Android XR Project Moohan, Kapan? – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Samsung akhirnya mengonfirmasi jadwal peluncuran headset Android XR perdananya, Project Moohan, akan diumumkan pada 21 Oktober 2025.

    Setelah berbulan-bulan hanya muncul lewat rumor dan bocoran di internet, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu akan mengungkap detail lengkap headset XR yang dikembangkan bersama Google dan Qualcomm.

    Berbeda dari acara peluncuran Samsung lainnya yang memakai judul “Unpacked” seperti peluncuran Galaxy, perusahaan memilih tema baru bernama “Worlds Wide Open”.

    “Inti dari visi mobile AI Samsung adalah Android XR, yang dikembangkan bersama Google dan Qualcomm,” tulis Samsung dalam keterangan resminya, Rabu (15/10/2025).

    Perusahaan menjelaskan, Project Moohan akan menghadirkan perpaduan antara fungsi sehari-hari dengan pengalaman visual yang imersif.

    “Headset ini akan membuka dimensi baru penggunaan teknologi XR di kehidupan nyata dan kegiatan sehari-hari.”

    Bagi fans Samsung yang ingin menyaksikan peluncuran Project Moohan, bisa langsung nonton di YouTube Samsung pada pukul 10 malam ET atau jam 9 WIB.

    Harga Headset Android XR Project Moohan

    Rumor sebelumnya menyebutkan, Samsung akan membanderol harga Project Moohan sekitar 2 juta Won Korea  atau sekitar Rp 23,1 juta di negara asalnya.

    Dengan harga ini, posisi Project Moohan lebih terjangkau dibandingkan Apple Vision Pro, namun jauh lebih mahal ketimbang Meta Quest 3.

  • Salesforce Rilis Agentforce 360, Era Baru Kolaborasi Manusia dan AI

    Salesforce Rilis Agentforce 360, Era Baru Kolaborasi Manusia dan AI

    Bisnis.com, SAN FRANCISCO — Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Salesforce Inc., memperkenalkan Agentforce 360, platform akal imitasi (AI) terbaru yang diklaim mampu membawa dunia usaha memasuki era baru yang disebut Agentic Enterprise. 

    Inovasi ini memungkinkan manusia dan AI bekerja berdampingan dalam satu sistem terpadu guna meningkatkan produktivitas dan kecepatan layanan pelanggan.

    Peluncuran dilakukan dalam ajang Dreamforce 2025 di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (14/10/2025), yang menjadi forum tahunan terbesar bagi komunitas teknologi global.

    CEO Salesforce Marc Benioff mengatakan kehadiran Agentforce 360 menjadi tonggak penting dalam perjalanan panjang perusahaan CRM berbasis AI itu. Menurut dia, inovasi tersebut bukan untuk menggantikan manusia, melainkan untuk mengoptimalkan perannya dalam dunia kerja modern.

    “Kita sedang memasuki era baru — Agentic Enterprise — di mana AI membantu manusia mencapai potensi terbaiknya. Agentforce 360 menyatukan manusia, agen, dan data dalam satu platform yang tepercaya,” ujar Benioff di Moscone Center San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (14/10/2025).

    Benioff menekankan bahwa AI tidak akan menggantikan peran manusia, tetapi justru mengoptimalkannya. 

    Dengan model Agentic Enterprise, AI justru berperan sebagai rekan kerja yang mempercepat pengambilan keputusan, mengefisienkan proses operasional, dan menjaga interaksi pelanggan tetap personal.

    Melalui Agentforce 360, setiap divisi perusahaan dapat beroperasi 24 jam penuh dengan dukungan agen-agen AI yang proaktif dalam penjualan, layanan pelanggan, hingga pengambilan keputusan berbasis data.

    Peluncuran Agentforce 360 merupakan hasil pengembangan selama satu tahun yang dimulai sejak 2024. Dalam periode tersebut, Salesforce telah memperkenalkan empat tahap evolusi teknologi AI mereka.

    Dimulai dari Agentforce (Oktober 2024), kemudian berlanjut ke Agentforce 2 (Desember 2024) dengan mesin Atlas Reasoning Engine untuk hasil yang lebih akurat. Pada Maret 2025, hadir Agentforce 2dx yang memungkinkan agen AI tertanam langsung dalam workflow bisnis, dan terakhir Agentforce 3 (Juni 2025) yang memperkuat interoperabilitas dan tata kelola.

    Teknologi ini diharapkan membantu perusahaan meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keterhubungan dengan pelanggan di tengah kompetisi global yang semakin dinamis.

    Dampak

    Salesforce mengklaim, Agentforce 360 telah diadopsi oleh sekitar 12.000 pelanggan global, termasuk Reddit, Adecco, dan OpenTable. 

    Platform ini, misalnya, membantu Reddit memangkas waktu penanganan masalah pelanggan hingga 84%, sementara Adecco dapat menuntaskan 51% percakapan dengan kandidat di luar jam kerja.

    Perusahaan reservasi restoran OpenTable mencatat peningkatan 70% penyelesaian permintaan pelanggan secara otomatis, sedangkan Engine menghemat biaya hingga US$2 juta per tahun berkat agen AI yang bekerja secara simultan.

    Selain itu, integrasi dengan mitra besar seperti Anthropic, Google Cloud Gemini, dan OpenAI memperluas fleksibilitas penggunaan model AI di dalam sistem Salesforce.

    Salesforce memastikan Agentforce 360 sudah tersedia secara global mulai Oktober 2025. Sejumlah inovasi tambahan akan dirilis melalui proyek pilot dan versi beta pada awal tahun depan.

    Kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, menjadi salah satu fokus utama ekspansi Salesforce.

    Indonesia

    Di Indonesia, Salesforce telah bekerja sama dengan klien lokal sejak lama dan secara resmi mendirikan entitas bisnisnya sejak 2023. Sejumlah korporat pelanggan Salesforce a.l. BPJS Kesehatan, PT Bank Negara Indonesia Tbk., Indosat Ooredoo Hutchison, GoTo, Xendit, Eraspace, Lion Parcel, United Tractors, dan Tiket.com.

    Menurut Salesforce, permintaan terhadap teknologi AI enterprise dan solusi berbasis agentic AI terus meningkat seiring dorongan perusahaan untuk mengotomasi layanan dan meningkatkan efisiensi operasional.

     “Agentforce 360 bukan hanya teknologi, tetapi fondasi baru bagi cara manusia dan AI bekerja bersama dalam menciptakan nilai bisnis,” ujar Benioff.

    Salesforce sendiri terus memperluas kehadirannya di kawasan Asia Tenggara, termasuk melalui tim regional yang dipimpin Gavin Barfield, CTO dan VP Solutions Salesforce Asean.

  • Baterai Smartphone Cepat Terkuras? Kenali Ciri-ciri HP Disadap dari Jarak Jauh

    Baterai Smartphone Cepat Terkuras? Kenali Ciri-ciri HP Disadap dari Jarak Jauh

    Bisnis.com, JAKARTA — Smartphone telah menyatu dalam hidup semua masyarakat. Seluruh rahasia dan percakapan penting terekam di dalamnya. Namun, tahukah Anda bahwa smartphone dapat disadap dari jarak jauh? salah satu ciri-cirinya adalah baterai smartphone yang makin boros.

    Anda tentu dapat mengukur seberapa lama smartphone Anda mengonsumsi baterai. Ada yang patokannya sehari sekali mengisi daya smartphone, ada juga yang setiap hari. Namun, ketika baterai Anda lebih boros dari biasanya maka perlu dicurigai, jangan-jangan smartphone Anda sedang disadap.

    Berikut 6 tanda ponsel Anda sedang disadap dilansir dari Forbes:

    1. Periksa Baterai Ponsel

    Salah satu gejala umum bahwa ponsel Anda telah diretas adalah baterai yang cepat terkuras. Hal ini juga dapat menyebabkan ponsel menjadi terlalu panas. Jika Anda tiba-tiba melihat perbedaan yang nyata, mungkin ada masalah.

    2. Cek Tagihan Telepon Anda

    Tanda lain peretasan telepon adalah tagihan yang lebih tinggi dari biasanya, karena telepon Anda melakukan aktivitas yang tidak sah. Lonjakan bandwidth yang Anda gunakan bisa menjadi tanda bahwa telepon mengirimkan komunikasi yang tidak diinginkan.

    3. Audit Aplikasi di Ponsel Anda

    Jika ponsel Anda diretas, aplikasi baru mungkin muncul tiba-tiba, aplikasi yang sudah ada mungkin membutuhkan waktu lama untuk dimuat, dan aplikasi dapat terbuka atau tertutup sendiri. Waspadai perilaku yang mencurigakan.

    4. Kenali Notifikasi dan Pengaturan yang Tidak Sah

    Terkadang notifikasi yang tidak terduga, kode autentikasi dua faktor yang tidak diminta, atau pop-up mungkin mulai muncul, dan pengaturan seperti izin kamera atau mikrofon dapat berubah.

    5. Periksa Akun Anda

    Tanda bahaya terbesar adalah mendapati diri Anda tiba-tiba terkunci dari ID Apple atau akun Google Anda, atau dari akun online lainnya. Periksa akun Anda  minimal seminggu sekali. 

    6. Jalankan Perangkat Lunak Antivirus

    Menginstal dan menjalankan paket perangkat lunak keamanan yang tepercaya akan memastikan apakah ponsel benar-benar telah diretas. Temukan dan hapus malware atau spyware apa pun yang mungkin telah menginfeksi ponsel menggunakan paket-paket populer yang tersedia seperti:

    Bitdefender
    Norton
    Kaspersky
    AVG
    McAfee
    Hapus semua yang mencurigakan, mulai ulang ponsel, lalu jalankan kembali perangkat lunak tersebut untuk memastikan ponsel benar-benar bersih.

    Cara Mengatasi Jika Ponsel Anda Diretas

    Jika Anda mengetahui bahwa ponsel Anda telah diretas, ada sejumlah langkah penting yang perlu segera dilakukan untuk mencegah peretas menyebabkan kerusakan lebih parah dari yang seharusnya.

    1. Hubungi Lembaga Keuangan Anda

    Langkah pertama yang bisa Anda lakukan mungkin adalah bank, kartu kredit, dan lembaga keuangan lainnya untuk memastikan akun Anda tidak diakses.

    2. Ubah Kata Sandi Anda

    Langkah Anda selanjutnya, dan salah satu yang terpenting, adalah segera mengubah semua kata sandi dengan kata sandi baru yang kuat. Ini harus dilakukan untuk semua aplikasi dan situs web yang terhubung ke ponsel yang terinfeksi.

    3. Hapus Aplikasi Mencurigakan

    Lakukan audit semua aplikasi di ponsel Anda, dan hapus aplikasi yang mencurigakan atau tidak dikenal. Nyalakan ulang ponsel dan periksa kembali untuk memastikan penghapusan berhasil.

    4. Jika Semua Cara Lain Gagal, Kembalikan ke Setelan Pabrik Ponsel

    Jika memang terdapat banyak pop-up atau aplikasi berbahaya dan semua cara lain gagal, Anda dapat mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik — meskipun ini berarti kehilangan semua yang tersimpan di perangkat, ini merupakan pilihan yang sangat sulit.

    5. Beri Tahu Teman Anda

    Sebaiknya beri tahu teman dan kontak lain bahwa ponsel Anda telah diretas, dan peringatkan mereka untuk mengabaikan dan menghapus pesan apa pun yang tampaknya berasal dari ponsel Anda.

  • Modus Baru Curi OTP di HP Android, Ini Cara Pixnapping Bobol Mbanking

    Modus Baru Curi OTP di HP Android, Ini Cara Pixnapping Bobol Mbanking

    Jakarta, CNBC Indonesia – Penjahat siber menggunakan modus baru untuk mencuri kode OTP untuk menguras mobil banking pemilik HP Android. Cara yang diberi nama “pixnapping” ini bisa mencuri data dari HP hanya dalam 30 detik.

    Pixnapping mencuri data memanfaatkan aplikasi jahat yang terinstal di HP korban. Penjahat siber menggunakan berbagai cara untuk menipu pemilik HP agar menginstal aplikasi jahat tersebut.

    Aplikasi jahat yang digunakan untuk pixnapping tidak membutuhkan izin sistem untuk diinstal. Setelah terinstal, aplikasi ini bisa membaca semua data yang tampi di layar HP.

    Peneliti yang mengungkapkan modus pencurian OTP terbaru ini mempraktikkan penggunaan aplikasi pixnapping di beberapa HP Android terkenal. Mereka menyatakan aplikasi ini bisa berjalan di semua jenis HP yang menggunakan sistem operasi Android, dengan beberapa modifikasi.

    Ars Technica menyatakan Google telah merilis update sebagai mitigasi. Namun, peneliti menyatakan aplikasi masih bisa bekerja dengan efektif meskipun update keamanan dari Google terinstal.

    Serangan siber dengan modus pixnapping diawali dengan manipulasi agar authenticator atau aplikasi yang disasar mengirim informasi sensitif ke layar perangkat. Aplikasi jahat kemudian melakukan membaca setiap piksel di layar sesuai dengan sasaran penjahat. Kemudian, piksel di layar dipetakan kembali menjadi huruf, angka, atau bentuk yang digunakan oleh pemilik HP sebagai password.

    “Apap pun yang tampak di aplikasi sasaran bisa dicuri oleh aplikasi jahat lewat metode pixnapping. Chat, kode two factor authentication, email, dan lainnya rentan karena mereka tampak di layar. Jika aplikasi punya informasi rahasia yang tak tampak, informasi itu baru tak bisa dicuri,” kata peneliti.

    Metode serangan baru ke HP Android ini mirip dengan serangan GPU.zip yang dikerahkan lewat website jahat. Metode ini membuat semua jenis user name, password, hingga data visual yang sensitif bisa dibaca selama tampil di layar. Modus ini memanfaatkan kerentanan pada GPU.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Skill Keberlanjutan, Kunci Raih Peluang Green Jobs

    Skill Keberlanjutan, Kunci Raih Peluang Green Jobs

    Jakarta: Dunia saat ini tengah bergerak menuju ekonomi hijau, di mana prinsip keberlanjutan menjadi hal yang utama dalam dunia usaha dan dunia kerja.

    Setiap profesi, baik di sektor publik maupun swasta,  kini membutuhkan wawasan dan keterampilan keberlanjutan untuk mampu beradaptasi dan berkontribusi dalam menghadapi tantangan lingkungan dan sosial yang semakin kompleks.

    Oleh karena itu, apapun bidang studinya, kemampuan memahami dan menerapkan nilai-nilai keberlanjutan akan menjadi keunggulan kompetitif bagi para lulusan muda.

    Ketua Umum Indonesian Society of Sustainability Professionals (IS2P) Satrio Prakoso menyampaikan hal tersebut dalam Sesi I Eco Talent Campus Program – Sosialisasi Green Jobs, bertemakan Keberlanjutan dan Krisis Iklim, Kamis, (9/10), di Jakarta.

    “IS2P berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan kapasitas talenta muda Indonesia agar siap menjadi agen perubahan menuju masa depan yang berkelanjutan. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi kita semua untuk bersama-sama membangun dunia kerja yang lebih inklusif,” jelas Satrio.

    Sebagai contoh, IS2P memberikan kesempatan bagi para anggotanya untuk memperdalam wawasan keberlanjutan melalui IS2P Study Club.
     

    Kegiatan ini mencakup pembelajaran teori ekonomi donat yang menyeimbangkan aspek sosial dan lingkungan, hingga pengenalan dasar-dasar pajak karbon.

    Banyak anggota IS2P juga telah memiliki keahlian dalam mitigasi risiko perubahan iklim, pengembangan strategi keberlanjutan, dan penyusunan laporan keberlanjutan bagi bisnis dan organisasi.

    Wawasan dan keterampilan tersebut diharapkan dapat dimiliki pula oleh para lulusan muda agar siap 
    bersaing dalam pasar kerja hijau (green jobs).

    Eco Talent Campus Program Sosialisasi Green Jobs merupakan kolaborasi antara APINDO UMKM Merdeka, Indonesian Society of Sustainability Professionals, PRIMA Magang PTKI Kementerian Agama RI, dan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia.

    Wakil Ketua Bidang UMKM dan Koperasi APINDO Dr. Arief Budiman menyampaikan dengan peluang green jobs yang menurut perkiraan Bappenas akan mencapai 4 juta orang di tahun ini, diperlukan kesiapan talenta untuk mengisi berbagai posisi tersebut.

    Prof. Dr. Phil. Sahiron, M.A., Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam dalam kesempatan yang sama menyambut baik inisiatif pengenalan Green Jobs kepada para mahasiswa dan civitas akademika di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam.  Diharapkan muncul talenta-talenta yang piawai dalam mengelola aspek keberlanjutan.

    Rangkaian sosialisasi terdiri atas sembilan sesi webinar yang membawakan tema pengenalan keberlanjutan, praktik bisnis berkelanjutan dan bertanggung jawab, keuangan berkelanjutan, sertifikasi dan standar keberlanjutan, pendahuluan tata kelola risiko keberlanjutan yang berkelanjutan, potensi greem jobs, bisnis syariah dan keberlanjutan, mengukur dan melaporkan kinerja keberlanjutan, hingga praktik baik bisnis berkelanjutan di Indonesia. 

    Tak kurang dari 300 peserta dari berbagai perguruan tinggi keislaman maupun umum berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

    Melalui kegiatan ini diharapkan para mahasiswa mengenal pekerjaan yang mendukung keberlanjutan lingkungan, energi bersih, dan ekonomi hijau. Mereka juga dapat memahami peran kampus dalam transisi hijau.

    Jakarta: Dunia saat ini tengah bergerak menuju ekonomi hijau, di mana prinsip keberlanjutan menjadi hal yang utama dalam dunia usaha dan dunia kerja.
     
    Setiap profesi, baik di sektor publik maupun swasta,  kini membutuhkan wawasan dan keterampilan keberlanjutan untuk mampu beradaptasi dan berkontribusi dalam menghadapi tantangan lingkungan dan sosial yang semakin kompleks.
     
    Oleh karena itu, apapun bidang studinya, kemampuan memahami dan menerapkan nilai-nilai keberlanjutan akan menjadi keunggulan kompetitif bagi para lulusan muda.

    Ketua Umum Indonesian Society of Sustainability Professionals (IS2P) Satrio Prakoso menyampaikan hal tersebut dalam Sesi I Eco Talent Campus Program – Sosialisasi Green Jobs, bertemakan Keberlanjutan dan Krisis Iklim, Kamis, (9/10), di Jakarta.
     
    “IS2P berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan kapasitas talenta muda Indonesia agar siap menjadi agen perubahan menuju masa depan yang berkelanjutan. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi kita semua untuk bersama-sama membangun dunia kerja yang lebih inklusif,” jelas Satrio.
     
    Sebagai contoh, IS2P memberikan kesempatan bagi para anggotanya untuk memperdalam wawasan keberlanjutan melalui IS2P Study Club.
     

     
    Kegiatan ini mencakup pembelajaran teori ekonomi donat yang menyeimbangkan aspek sosial dan lingkungan, hingga pengenalan dasar-dasar pajak karbon.
     
    Banyak anggota IS2P juga telah memiliki keahlian dalam mitigasi risiko perubahan iklim, pengembangan strategi keberlanjutan, dan penyusunan laporan keberlanjutan bagi bisnis dan organisasi.
     
    Wawasan dan keterampilan tersebut diharapkan dapat dimiliki pula oleh para lulusan muda agar siap 
    bersaing dalam pasar kerja hijau (green jobs).
     
    Eco Talent Campus Program Sosialisasi Green Jobs merupakan kolaborasi antara APINDO UMKM Merdeka, Indonesian Society of Sustainability Professionals, PRIMA Magang PTKI Kementerian Agama RI, dan Coca-Cola Europacific Partners Indonesia.
     
    Wakil Ketua Bidang UMKM dan Koperasi APINDO Dr. Arief Budiman menyampaikan dengan peluang green jobs yang menurut perkiraan Bappenas akan mencapai 4 juta orang di tahun ini, diperlukan kesiapan talenta untuk mengisi berbagai posisi tersebut.
     
    Prof. Dr. Phil. Sahiron, M.A., Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam dalam kesempatan yang sama menyambut baik inisiatif pengenalan Green Jobs kepada para mahasiswa dan civitas akademika di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam.  Diharapkan muncul talenta-talenta yang piawai dalam mengelola aspek keberlanjutan.
     
    Rangkaian sosialisasi terdiri atas sembilan sesi webinar yang membawakan tema pengenalan keberlanjutan, praktik bisnis berkelanjutan dan bertanggung jawab, keuangan berkelanjutan, sertifikasi dan standar keberlanjutan, pendahuluan tata kelola risiko keberlanjutan yang berkelanjutan, potensi greem jobs, bisnis syariah dan keberlanjutan, mengukur dan melaporkan kinerja keberlanjutan, hingga praktik baik bisnis berkelanjutan di Indonesia. 
     
    Tak kurang dari 300 peserta dari berbagai perguruan tinggi keislaman maupun umum berpartisipasi dalam kegiatan ini. 
     
    Melalui kegiatan ini diharapkan para mahasiswa mengenal pekerjaan yang mendukung keberlanjutan lingkungan, energi bersih, dan ekonomi hijau. Mereka juga dapat memahami peran kampus dalam transisi hijau.
     

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (RUL)

  • Rekrutmen BPJS Kesehatan Khusus Dokter: Syarat hingga Ketentuan Daftar

    Rekrutmen BPJS Kesehatan Khusus Dokter: Syarat hingga Ketentuan Daftar

    Jakarta

    BPJS Kesehatan membuka rekrutmen dan seleksi pegawai tetap golongan karier khusus dokter. Pendaftaran berlangsung pada 14 Oktober 2025 sampai 12 November 2025.

    Proses rekrutmen bersifat gratis. Berikut syarat dan ketentuan pendaftarannya.

    Syarat Rekrutmen BPJS Kesehatan Khusus Dokter

    Informasi lengkap pendaftaran dan pengajuan lamaran rekrutmen BPJS Kesehatan khusus dokter dapat dicek melalui laman https://rekrutmen.bpjs-kesehatan.go.id/karir/. Berikut persyaratan untuk mendaftar rekrutmen BPJS Kesehatan khusus dokter.

    Warga Negara Indonesia;Pendidikan minimal profesi Dokter Umum;Akreditasi Perguruan Tinggi minimal “B” atau “Baik Sekali”;IPK minimal 3.00 dari skala 4.00;Belum berusia 35 tahun per 31 Desember 2025;Nilai minimal TOEFL iBT 61/TOEFL ITP 500/IELTS 5,5;Apabila lulus dari Perguruan Tinggi Luar Negeri, Ijazah wajib telah disetarakan berdasarkan ketentuan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi;Tidak memiliki riwayat atau sedang menderita penyakit degeneratif yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah atau instansi yang berwenang;Bersedia ditempatkan di satuan kerja BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia;Tidak memiliki catatan riwayat perbuatan melanggar hukum.Ketentuan Pendaftaran

    Berikut dokumen lamaran yang harus disiapkan.

    Curriculum Vitae (CV);Kartu Identitas (KTP);Ijazah profesi Dokter Umum;Transkrip Nilai Pendidikan Terakhir;Sertifikat TOEFL/IELTS yang masih berlaku dan diterbitkan oleh lembaga penyelenggara resmi. Apabila sertifikat asli belum terbit, peserta dapat melampirkan unofficial student score report. TOEFL Prediction dan/atau TOEFL Preparation tidak diakui sebagai dokumen pendukung yang sah;Surat Keterangan Sehat dari rumah sakit pemerintah atau instansi yang berwenang;Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.

    Setelah memastikan kelengkapan syarat dokumen, ini ketentuan upload dokumen lamaran.

    Dokumen lamaran di scan dalam bentuk .pdf files yang disimpan dalam cloud (google drive/dropbox/dsb).Tautan (link) cloud berisi dokumen lamaran dicantumkan pada kolom yang telah disediakan pada formulir lamaran.Pastikan tautan (link) cloud yang dilampirkan TIDAK DIKUNCI. Pelamar dengan link dokumen lamaran yang terkunci dan tidak dapat diakses maka akan secara otomatis gugur dari proses seleksi.Pelamar wajib memastikan dokumen lamaran dalam tautan (link) cloud yang dilampirkan selalu dapat diakses selama mengikuti proses seleksi.

    *Informasi tambahan:

    Pastikan seluruh informasi yang diisikan dalam formulir lamaran adalah informasi yang benar agar lamaran dapat terbaca oleh sistem, termasuk informasi domisili, nama perguruan tinggi dan lainnya.Pelamar wajib mengisi data sosial media pada formulir lamaran dan memastikan akun sosial media yang dicantumkan diatur menjadi format publik (tidak dikunci).Hanya pelamar yang memenuhi kualifikasi yang akan diproses dalam tahapan seleksi.Pastikan untuk mengecek inbox/spam/junk secara berkala untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai tahapan seleksi. Informasi kelanjutan tahap seleksi hanya akan disampaikan melalui email resmi dengan domain @bpjs-kesehatan.go.id dan/atau @talentics.id .Keputusan panitia rekrutmen dan seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.Harap berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan dan meminta sejumlah biaya akomodasi/transportasi dan biaya lainnya. Seluruh tahapan dalam proses rekrutmen dan seleksi Pegawai BPJS Kesehatan GRATIS dan tidak dipungut biaya apapun.

    (kny/imk)

  • Syarat dan Panduan Klaim Saldo DANA Gratis

    Syarat dan Panduan Klaim Saldo DANA Gratis

    Jakarta: Fitur DANA Kaget sedang populer. Banyak yang memanfaatkannya untuk berbagi rezeki atau sekadar seru-seruan bareng teman.

    Meski begitu, ternyata masih banyak pengguna yang belum benar-benar paham soal cara kerja fitur ini, mulai dari proses klaim hingga potensi penipuan yang bisa saja terjadi. Nah, biar nggak salah langkah, yuk pelajari lebih dalam!
     
    Apa Itu DANA Kaget?

    DANA Kaget adalah fitur dalam aplikasi DANA yang memungkinkan pengguna membagikan saldo secara acak ke sejumlah penerima. Pengirim bisa menentukan jumlah uang dan kuota penerima, bisa untuk 2 orang, bisa juga sampai 200 orang.

    Setelah diatur, sistem akan menghasilkan sebuah link unik. Siapa pun yang punya link tersebut bisa ikut klaim saldo, selama kuota penerimanya belum habis.
     
    Cara Klaim Saldo dari DANA Kaget

    Konsepnya sederhana yakni siapa cepat, dia dapat. Kalau kamu termasuk yang pertama membuka link saat kuota masih tersedia, saldo langsung masuk ke akunmu.

    Berikut langkah-langkah klaimnya:

    – Klik tautan DANA Kaget yang dibagikan.
    – Link akan otomatis membuka aplikasi DANA di HP kamu.
    – Kamu akan melihat tampilan amplop digital – tinggal tap untuk membukanya.
    – Kalau kuota masih ada dan kamu memenuhi syarat, saldo langsung masuk ke akun DANA.
     

     

    Akun Premium menjadi syarat utama

    Syarat utama klaim adalah akun DANA kamu harus berstatus Premium untuk bisa menerima saldo dari DANA Kaget. Jika masih akun biasa, saldo tidak akan bisa diklaim, meski kamu sudah buka link lebih dulu. 

    Berikut cara upgrade akun jadi Premium:

    – Buka aplikasi DANA, lalu masuk ke menu “Saya”.
    – Pilih “Verifikasi Akun Saya”.
    – Foto e-KTP sesuai petunjuk yang diberikan.
    – Lakukan verifikasi wajah (selfie) di tempat terang.
    – Pastikan data cocok, lalu klik “Submit” dan tunggu proses verifikasi selesai.
     
    Waspada Penipuan Berkedok DANA Kaget

    Sayangnya, kepopuleran fitur ini juga jadi celah buat oknum nakal. Ada saja yang menyebarkan link palsu dengan tujuan mencuri informasi pribadi atau akses ke akun kamu.

    Untuk itu, selalu waspada dan ikuti tips keamanan berikut:

    – Cek Sumber Link: Hanya klik tautan dari orang yang kamu kenal atau sumber resmi.
    – Jangan Berikan Data Pribadi: DANA nggak pernah minta PIN, OTP, atau kata sandi. Jangan sampai tertipu.
    – Aktifkan Verifikasi Dua Langkah: Tambah lapisan keamanan lewat pengaturan aplikasi.
    – Ikuti Kanal Resmi: Dapatkan info valid dari media sosial resmi DANA atau situs web resminya.

    Jakarta: Fitur DANA Kaget sedang populer. Banyak yang memanfaatkannya untuk berbagi rezeki atau sekadar seru-seruan bareng teman.
     
    Meski begitu, ternyata masih banyak pengguna yang belum benar-benar paham soal cara kerja fitur ini, mulai dari proses klaim hingga potensi penipuan yang bisa saja terjadi. Nah, biar nggak salah langkah, yuk pelajari lebih dalam!
     

    Apa Itu DANA Kaget?

    DANA Kaget adalah fitur dalam aplikasi DANA yang memungkinkan pengguna membagikan saldo secara acak ke sejumlah penerima. Pengirim bisa menentukan jumlah uang dan kuota penerima, bisa untuk 2 orang, bisa juga sampai 200 orang.
     
    Setelah diatur, sistem akan menghasilkan sebuah link unik. Siapa pun yang punya link tersebut bisa ikut klaim saldo, selama kuota penerimanya belum habis.
     

    Cara Klaim Saldo dari DANA Kaget

    Konsepnya sederhana yakni siapa cepat, dia dapat. Kalau kamu termasuk yang pertama membuka link saat kuota masih tersedia, saldo langsung masuk ke akunmu.

    Berikut langkah-langkah klaimnya:
     
    – Klik tautan DANA Kaget yang dibagikan.
    – Link akan otomatis membuka aplikasi DANA di HP kamu.
    – Kamu akan melihat tampilan amplop digital – tinggal tap untuk membukanya.
    – Kalau kuota masih ada dan kamu memenuhi syarat, saldo langsung masuk ke akun DANA.
     

     

    Akun Premium menjadi syarat utama

    Syarat utama klaim adalah akun DANA kamu harus berstatus Premium untuk bisa menerima saldo dari DANA Kaget. Jika masih akun biasa, saldo tidak akan bisa diklaim, meski kamu sudah buka link lebih dulu. 
     
    Berikut cara upgrade akun jadi Premium:
     
    – Buka aplikasi DANA, lalu masuk ke menu “Saya”.
    – Pilih “Verifikasi Akun Saya”.
    – Foto e-KTP sesuai petunjuk yang diberikan.
    – Lakukan verifikasi wajah (selfie) di tempat terang.
    – Pastikan data cocok, lalu klik “Submit” dan tunggu proses verifikasi selesai.
     

    Waspada Penipuan Berkedok DANA Kaget

    Sayangnya, kepopuleran fitur ini juga jadi celah buat oknum nakal. Ada saja yang menyebarkan link palsu dengan tujuan mencuri informasi pribadi atau akses ke akun kamu.
     
    Untuk itu, selalu waspada dan ikuti tips keamanan berikut:
     
    – Cek Sumber Link: Hanya klik tautan dari orang yang kamu kenal atau sumber resmi.
    – Jangan Berikan Data Pribadi: DANA nggak pernah minta PIN, OTP, atau kata sandi. Jangan sampai tertipu.
    – Aktifkan Verifikasi Dua Langkah: Tambah lapisan keamanan lewat pengaturan aplikasi.
    – Ikuti Kanal Resmi: Dapatkan info valid dari media sosial resmi DANA atau situs web resminya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • Wujud Gotong Royong Bangsa Lindungi Pekerja

    Wujud Gotong Royong Bangsa Lindungi Pekerja

    Jakarta: Dalam upaya memperkuat ekosistem kepatuhan dan keberlanjutan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan memberikan apresiasi kepada 110 badan usaha yang dinilai paling berkomitmen dalam memenuhi kewajiban dalam Program JKN.

    Melalui penghargaan bertajuk JKN Award 2025 ini, BPJS Kesehatan menegaskan bahwa badan usaha memiliki tanggung jawab penuh untuk mendaftarkan dan membayarkan iuran kepesertaan JKN bagi seluruh pekerjanya. Kepatuhan tersebut bukan hanya kewajiban administratif, tetapi juga wujud kepedulian dan komitmen badan usaha dalam melindungi kesehatan pekerja serta mendukung keberlangsungan Program JKN.

    “Perlindungan kesehatan pekerja adalah fondasi keberlanjutan sebuah perusahaan. Ketika pekerja merasa aman dan terlindungi, produktivitas meningkat dan membentuk loyalitas terhadap perusahaan. Inilah makna kepatuhan Program JKN, bukan karena kewajiban, tapi karena kesadaran dan tanggung jawab moral terhadap kesejahteraan bersama,” ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, Selasa, 14 Oktober 2025 di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta.

    Ghufron menilai, keterlibatan badan usaha dalam Program JKN juga menjadi elemen penting dalamm mewujudkan Universal Health Coverage (UHC). Per 1 Oktober 2025, jumah kepesertaan Program JKN sudah mencapai 282,7 juta peserta atau 98,6% dari jumlah penduduk. Dari jumlah tersebut, 67,2 juta peserta merupakan segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang terdiri atas pekerja di sektor publik maupun swasta.
     

    “Capaian ini menunjukkan badan usaha memiliki peran dalam mewujudkan cakupan kesehatan yang menjamin akses terhadap layanan medis saat dibutuhkan. Di sisi lain, badan usaha memiliki kewajiban untuk memenuhi hak tersebut dengan mendaftarkan seluruh pekerja beserta anggota keluarganya, serta membayarkan iuran secara rutin.

    Oleh karena itu BPJS Kesehatan terus mendorong dan mengajak badan usaha untuk aktif memastikan seluruh pekerjanya terlindungi dalam Program JKN sebagai bentuk tanggung jawab sosial sekaligus komitmen dalam menjaga kesejahteraan pekerjanya.

    “Kami percaya, dengan sinergi yang kuat antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat, Indonesia dapat mewujudkan perlindungan kesehatan yang menyeluruh, adil, dan berkelanjutan bagi seluruh rakyat,” tutupnya.

    Dalam proses penilaian, BPJS Kesehatan juga melibatkan sejumlah kementerian dan llembaga guna memastikan objektivitas dan transparansi. Terdapat beberapa indikator pada penilaian yang dilakukan yaitu kepatuhan pendaftaran pekerja, pelaporan upah, pemanfaatan aplikasi Electronic Data Badan Usaha (EDABU), serta kontribusi dalam program donasi.

    Jakarta: Dalam upaya memperkuat ekosistem kepatuhan dan keberlanjutan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan memberikan apresiasi kepada 110 badan usaha yang dinilai paling berkomitmen dalam memenuhi kewajiban dalam Program JKN.
     
    Melalui penghargaan bertajuk JKN Award 2025 ini, BPJS Kesehatan menegaskan bahwa badan usaha memiliki tanggung jawab penuh untuk mendaftarkan dan membayarkan iuran kepesertaan JKN bagi seluruh pekerjanya. Kepatuhan tersebut bukan hanya kewajiban administratif, tetapi juga wujud kepedulian dan komitmen badan usaha dalam melindungi kesehatan pekerja serta mendukung keberlangsungan Program JKN.
     
    “Perlindungan kesehatan pekerja adalah fondasi keberlanjutan sebuah perusahaan. Ketika pekerja merasa aman dan terlindungi, produktivitas meningkat dan membentuk loyalitas terhadap perusahaan. Inilah makna kepatuhan Program JKN, bukan karena kewajiban, tapi karena kesadaran dan tanggung jawab moral terhadap kesejahteraan bersama,” ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, Selasa, 14 Oktober 2025 di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta.

    Ghufron menilai, keterlibatan badan usaha dalam Program JKN juga menjadi elemen penting dalamm mewujudkan Universal Health Coverage (UHC). Per 1 Oktober 2025, jumah kepesertaan Program JKN sudah mencapai 282,7 juta peserta atau 98,6% dari jumlah penduduk. Dari jumlah tersebut, 67,2 juta peserta merupakan segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang terdiri atas pekerja di sektor publik maupun swasta.
     

     
    “Capaian ini menunjukkan badan usaha memiliki peran dalam mewujudkan cakupan kesehatan yang menjamin akses terhadap layanan medis saat dibutuhkan. Di sisi lain, badan usaha memiliki kewajiban untuk memenuhi hak tersebut dengan mendaftarkan seluruh pekerja beserta anggota keluarganya, serta membayarkan iuran secara rutin.
     
    Oleh karena itu BPJS Kesehatan terus mendorong dan mengajak badan usaha untuk aktif memastikan seluruh pekerjanya terlindungi dalam Program JKN sebagai bentuk tanggung jawab sosial sekaligus komitmen dalam menjaga kesejahteraan pekerjanya.
     
    “Kami percaya, dengan sinergi yang kuat antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat, Indonesia dapat mewujudkan perlindungan kesehatan yang menyeluruh, adil, dan berkelanjutan bagi seluruh rakyat,” tutupnya.
     
    Dalam proses penilaian, BPJS Kesehatan juga melibatkan sejumlah kementerian dan llembaga guna memastikan objektivitas dan transparansi. Terdapat beberapa indikator pada penilaian yang dilakukan yaitu kepatuhan pendaftaran pekerja, pelaporan upah, pemanfaatan aplikasi Electronic Data Badan Usaha (EDABU), serta kontribusi dalam program donasi.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)