Perusahaan: Google

  • Begini Kiat Perusahaan Tingkatkan Skor ESG

    Begini Kiat Perusahaan Tingkatkan Skor ESG

    Jakarta: Saat ini perusahaan-perusahaan dunia dituntut untk semakin memperhatikan hal lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG). Tak Terkecuali bagi perusahaan pelat merah.
     
    Subholding Gas Pertamina, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), berhasil meningkatkan skor ESG Risk Rating menjadi 20,2 pada 2024, termasuk dalam kategori ‘Medium Risk’ oleh Morningstar Sustainalytics. 
     
    Pencapaian ini meningkat signifikan dari skor 24,7 pada 2023, menunjukkan komitmen PGN terhadap keberlanjutan.

    “Peningkatan skor ESG Risk Rating ini membuktikan keberlanjutan adalah prioritas strategis kami. Kami optimis dapat terus memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan sekaligus mendukung masa depan yang lebih hijau,” ujar Corporate Secretary PGN, Fajriyah Usman, dikutip dari siaran pers, Minggu, 19 Januari 2025.
     

    Upaya peningkatan skor ESG
    Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan skor ESG tersebut, diantaranya:

    1. Penurunan emisi karbon

    Selama tahun 2024, PGN berhasil menurunkan emisi karbon hingga 29.722,54 ton CO?eq dan mencatatkan efisiensi energi 5 persen dibanding tahun sebelumnya. 

    2. Lebih mengutamakan K3

    Selain itu, sistem kesehatan dan keselamatan kerja (K3) PGN yang bersertifikasi ISO 14001 dan ISO 45001 mencatat jam kerja aman lebih dari 12 juta jam.

    3. Menjalankan proram pemberdayaan desa

    Di aspek sosial, PGN menjalankan program Desa Kaya dan Desa Wisata yang memberdayakan masyarakat lokal melalui peningkatan pendapatan serta pengelolaan limbah menjadi produk ramah lingkungan.

    5. Pembenahan tata kelola

    Dalam tata kelola, PGN menerapkan kebijakan “4 No’s”: No Bribery, No Kickback, No Gift, dan No Luxurious Hospitality, untuk menjaga integritas bisnis sesuai standar internasional. 
     
    “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja keberlanjutan,” ucap Fajriyah.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Aksi Bersih Sampah, Containder dan Sucofindo Libatkan 500 Relawan di Pantai Bali

    Aksi Bersih Sampah, Containder dan Sucofindo Libatkan 500 Relawan di Pantai Bali

    Bali: Aksi bersih pantai di Pantai Padma, Legian, Bali diselenggarakan oleh start-up digitalisasi pengelolaan sampah, Containder, sukses mengumpulkan 256 kilogram sampah hanya dalam waktu kurang dari dua jam. Kegiatan yang melibatkan lebih dari 500 pemuda-pemudi Bali dan anggota Tunas Indonesia Raya (TIDAR) ini mendapat dukungan dari Sucofindo, BUMN yang fokus pada isu lingkungan dan perubahan iklim.

    Anggota DPRD Kabupaten Badung, I Wayan Puspa Negara, menyebut aksi ini sebagai rekor pembersihan pantai tercepat di wilayahnya. “Kurang dari dua jam, Pantai Padma kembali bersih. Ini adalah prestasi yang patut diapresiasi,” ujarnya.

    Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah tokoh, di antaranya Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Rahayu Saraswati, Anggota DPR RI Kawendra Lukistian dan Rocky Candra, Wakil Ketua DPRD Denpasar Ida Bagus Yoga, serta Founder Containder, Billy Mambrasar.

    Dalam sambutannya, Rahayu Saraswati menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di Bali yang menjadi destinasi wisata utama Indonesia.

    “Sampah menjadi masalah yang harus segera diselesaikan. Inisiatif dari Containder ini sangat menarik karena tidak hanya mengatasi sampah, tetapi juga menciptakan ekonomi sirkular yang memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujar Rahayu. Ia berharap kegiatan serupa dapat diterapkan di berbagai wilayah Indonesia.

    Baca: YEC dan Pertamina Ajak Pelajar Peduli Lewat Sekolah Energi Berdikari

    Senada dengan Rahayu, Ida Bagus Yoga menekankan pentingnya menjaga keindahan Bali. “Bali hidup dari sektor pariwisata. Apa jadinya jika keindahan alamnya tertutup oleh sampah? Terima kasih kepada Containder atas kepeduliannya terhadap lingkungan Bali,” kata politisi yang akrab disapa Gus Yoga ini.

    Billy Mambrasar, Founder Containder, mengungkapkan kegiatan ini merupakan bagian dari visi jangka panjang start-up tersebut. Selain melibatkan 400 relawan dan 10 SMA di Bali, Containder berencana memperluas programnya ke 10 provinsi lain pada 2025.

    “Tahun ini kami fokus memberdayakan komunitas lokal untuk mengelola sampah secara lebih bertanggung jawab. Kerjasama kami dengan Sucofindo juga bertujuan mendorong ekonomi sirkular melalui program bank sampah,” ujar Billy. Sebelumnya, Containder telah berhasil mengumpulkan 300 ton sampah plastik di Biak dalam setahun.

    Kurniawan, Kepala Dukungan Bisnis Cabang Denpasar Sucofindo, berharap kolaborasi ini terus berlanjut. “Semoga gerakan ini bisa menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” harapnya.

    Setelah aksi bersih pantai ini, Containder dan Sucofindo akan meluncurkan lomba pengumpulan sampah antar sekolah se-Provinsi Bali dengan hadiah Rp3.150.000 per ton sampah yang berhasil dikumpulkan. Grand launching program ini dijadwalkan pada 2 Februari 2025.

    Dengan semangat kolaborasi dan partisipasi masyarakat, diharapkan Bali terus menjadi contoh sukses pengelolaan sampah yang berkelanjutan di Indonesia.

    Bali: Aksi bersih pantai di Pantai Padma, Legian, Bali diselenggarakan oleh start-up digitalisasi pengelolaan sampah, Containder, sukses mengumpulkan 256 kilogram sampah hanya dalam waktu kurang dari dua jam. Kegiatan yang melibatkan lebih dari 500 pemuda-pemudi Bali dan anggota Tunas Indonesia Raya (TIDAR) ini mendapat dukungan dari Sucofindo, BUMN yang fokus pada isu lingkungan dan perubahan iklim.
     
    Anggota DPRD Kabupaten Badung, I Wayan Puspa Negara, menyebut aksi ini sebagai rekor pembersihan pantai tercepat di wilayahnya. “Kurang dari dua jam, Pantai Padma kembali bersih. Ini adalah prestasi yang patut diapresiasi,” ujarnya.
     
    Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah tokoh, di antaranya Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Rahayu Saraswati, Anggota DPR RI Kawendra Lukistian dan Rocky Candra, Wakil Ketua DPRD Denpasar Ida Bagus Yoga, serta Founder Containder, Billy Mambrasar.

    Dalam sambutannya, Rahayu Saraswati menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di Bali yang menjadi destinasi wisata utama Indonesia.
     
    “Sampah menjadi masalah yang harus segera diselesaikan. Inisiatif dari Containder ini sangat menarik karena tidak hanya mengatasi sampah, tetapi juga menciptakan ekonomi sirkular yang memberikan manfaat bagi masyarakat,” ujar Rahayu. Ia berharap kegiatan serupa dapat diterapkan di berbagai wilayah Indonesia.
     
    Baca: YEC dan Pertamina Ajak Pelajar Peduli Lewat Sekolah Energi Berdikari
     
    Senada dengan Rahayu, Ida Bagus Yoga menekankan pentingnya menjaga keindahan Bali. “Bali hidup dari sektor pariwisata. Apa jadinya jika keindahan alamnya tertutup oleh sampah? Terima kasih kepada Containder atas kepeduliannya terhadap lingkungan Bali,” kata politisi yang akrab disapa Gus Yoga ini.
     
    Billy Mambrasar, Founder Containder, mengungkapkan kegiatan ini merupakan bagian dari visi jangka panjang start-up tersebut. Selain melibatkan 400 relawan dan 10 SMA di Bali, Containder berencana memperluas programnya ke 10 provinsi lain pada 2025.
     
    “Tahun ini kami fokus memberdayakan komunitas lokal untuk mengelola sampah secara lebih bertanggung jawab. Kerjasama kami dengan Sucofindo juga bertujuan mendorong ekonomi sirkular melalui program bank sampah,” ujar Billy. Sebelumnya, Containder telah berhasil mengumpulkan 300 ton sampah plastik di Biak dalam setahun.
     
    Kurniawan, Kepala Dukungan Bisnis Cabang Denpasar Sucofindo, berharap kolaborasi ini terus berlanjut. “Semoga gerakan ini bisa menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” harapnya.
     
    Setelah aksi bersih pantai ini, Containder dan Sucofindo akan meluncurkan lomba pengumpulan sampah antar sekolah se-Provinsi Bali dengan hadiah Rp3.150.000 per ton sampah yang berhasil dikumpulkan. Grand launching program ini dijadwalkan pada 2 Februari 2025.
     
    Dengan semangat kolaborasi dan partisipasi masyarakat, diharapkan Bali terus menjadi contoh sukses pengelolaan sampah yang berkelanjutan di Indonesia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ALB)

  • Mengenal Koin Meme $TRUMP dan Cara Membelinya

    Mengenal Koin Meme $TRUMP dan Cara Membelinya

    Jakarta: Presiden terpilih Donald Trump baru-baru ini meluncurkan mata uang kripto miliknya pada Jumat malam. 
     
    Melansir Investors, Minggu, 19 Desember 2025, valuasi koin meme $TRUMP langsung melesat. Pada Sabtu malam tercatatkan telah memiliki valuasi USD30 miliar.
    Koin Meme $TRUMP
    Trump mendeklarasikan $TRUMP sebagai koin “Meme Trump Resmi” di media sosial. Beberapa koin bermerek Trump lainnya juga ada, tetapi tidak ada yang didukung olehnya.
     
    Menurut CoinMarketCap.com, koin $TRUMP meroket menjadi USD33,78 pada Sabtu pagi dan saat ini mendekati USD30. 

    Kapitalisasi pasarnya sekarang mencapai USD6 miliar. Tetapi valuasi yang sepenuhnya terdilusi adalah sekitar USD30 miliar.
     
    Situs web $TRUMP mengatakan 80 persen dari koin meme dipegang oleh afiliasi Trump Organization, CIC Digital, dan entitas yang dimiliki bersama CIC yang disebut Fight Fight Fight.
     

    Bagaimana cara mendapatkan Meme $Trump?
    Moonshot adalah cara termudah. Pengguna mendaftar dengan alamat email, dapat menyetor dengan Apple Pay, kartu debit, kartu kredit, Venmo, Solana / USDC, dan menerima $TRUMP Anda dalam beberapa menit.

    Trump dipandang sebagai Pro-Crypto
    Koin meme $TRUMP diluncurkan menjelang pelantikan Trump pada hari Senin. Trump dilaporkan akan mengeluarkan perintah eksekutif tentang bitcoin dan industri kripto pada hari pertamanya atau segera setelahnya. 
     
    Dia diperkirakan akan mengambil sentuhan regulasi yang lebih ringan. Selama kampanye, Trump juga mengatakan bahwa ia akan membuat cadangan strategis bitcoin.
     
    Bitcoin diperdagangkan di atas USD104,500 pada Sabtu malam. Harga melonjak hingga hampir USD106.000 pada hari Jumat, tepat di bawah level tertinggi sepanjang masa, di tengah laporan perintah eksekutif Trump yang membayangi bitcoin. Mata uang kripto perintis ini diperdagangkan pada 104,767.70 pada pukul 16.00 WIB.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Panglima TNI Tegaskan Pembongkaran Pagar Laut Berlanjut Meski Menteri KKP Keberatan

    Panglima TNI Tegaskan Pembongkaran Pagar Laut Berlanjut Meski Menteri KKP Keberatan

    Jakarta: Keputusan untuk membongkar pagar laut sepanjang 30 kilometer di perairan Tangerang, Banten, tetap dilanjutkan oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subianto. Hal ini dilakukan berdasarkan instruksi langsung Presiden Prabowo Subianto.

    “Lanjut, sudah perintah presiden,” tegas Agus melalui pesan singkat, Minggu, 19 Januari 2025.

    Pagar laut yang keberadaannya dianggap misterius ini telah menjadi sumber keluhan nelayan setempat. Agus menilai pembongkaran merupakan langkah penting untuk memulihkan akses masyarakat dalam mencari ikan di laut. 

    Baca juga: Pembongkaran Pagar Laut: Beda Sikap Menteri dan TNI AL saat Perintah Presiden Turun

    “Masyarakat yang mau mencari ikan tidak ada akses, sehingga dibuka supaya masyarakat bisa mencari ikan ke laut,” jelasnya.

    Operasi pembongkaran, yang melibatkan ratusan personel TNI AL dan puluhan kapal nelayan, ditargetkan berlangsung cepat. TNI AL berencana menyelesaikan pembongkaran dengan target dua kilometer per hari.

    Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono menyayangkan langkah tersebut. Menurutnya, pagar laut itu seharusnya tetap dibiarkan sebagai barang bukti untuk menyelidiki pihak yang bertanggung jawab atas pemasangannya.

    “Kalau pencabutan, tunggu dulu dong. Kalau sudah ketahuan siapa yang nanam segala macam, kan lebih mudah (cabut dan bongkar),” ujarnya.

     

    Jakarta: Keputusan untuk membongkar pagar laut sepanjang 30 kilometer di perairan Tangerang, Banten, tetap dilanjutkan oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subianto. Hal ini dilakukan berdasarkan instruksi langsung Presiden Prabowo Subianto.
     
    “Lanjut, sudah perintah presiden,” tegas Agus melalui pesan singkat, Minggu, 19 Januari 2025.
     
    Pagar laut yang keberadaannya dianggap misterius ini telah menjadi sumber keluhan nelayan setempat. Agus menilai pembongkaran merupakan langkah penting untuk memulihkan akses masyarakat dalam mencari ikan di laut. 

    Baca juga: Pembongkaran Pagar Laut: Beda Sikap Menteri dan TNI AL saat Perintah Presiden Turun
     
    “Masyarakat yang mau mencari ikan tidak ada akses, sehingga dibuka supaya masyarakat bisa mencari ikan ke laut,” jelasnya.
     
    Operasi pembongkaran, yang melibatkan ratusan personel TNI AL dan puluhan kapal nelayan, ditargetkan berlangsung cepat. TNI AL berencana menyelesaikan pembongkaran dengan target dua kilometer per hari.
     
    Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono menyayangkan langkah tersebut. Menurutnya, pagar laut itu seharusnya tetap dibiarkan sebagai barang bukti untuk menyelidiki pihak yang bertanggung jawab atas pemasangannya.
     
    “Kalau pencabutan, tunggu dulu dong. Kalau sudah ketahuan siapa yang nanam segala macam, kan lebih mudah (cabut dan bongkar),” ujarnya.
     
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (DHI)

  • Mengenal RedNote, Aplikasi Alternatif TikTok Usai Diblokir di AS

    Mengenal RedNote, Aplikasi Alternatif TikTok Usai Diblokir di AS

    Bisnis.com, JAKARTA – Jutaan warga Amerika Serikat (AS) yang mulanya adalah pengguna TikTok, akhirnya bermigrasi ke aplikasi RedNote atau Xiaohongshu.

    Mengutip Reuters pada Minggu (19/1/2025), berdasarkan data dari perusahaan analisis Similarweb, RedNote kini telah memperoleh hampir 3 juta pengguna AS dalam sehari pada pekan awal ini.

    Tak hanya itu, perusahaan ini juga mencatat bahwa aplikasi berbahasa China tersebut memiliki sekitar 3,4 juta pengguna aktif harian pada Senin (13/1/2025). 

    Sementara itu, pada Selasa (14/1/2025) Reuters mencatat ada lebih dari 700.000 pengguna baru yang telah bergabung dengan aplikasi asal China tersebut. Lantas, apa itu RedNote?

    Mengenal RedNote, Aplikasi Alternatif TikTok

    RedNote seringkali dianggap sebagai lokalnya Instagram di China. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyusun foto, video, dan teks yang mendokumentasikan kehidupan pengguna.

    Aplikasi yang kian santer terkenal ini juga memuat rekomendasi dan topik paling populer seperti kecantikan, mode, perjalanan, hingga makanan. Diketahui, di China sebagian besar penggunanya adalah anak muda dan perempuan.

    Dalam aplikasi itu, pengguna juga dapat melakukan semua hal yang umumnya ada di beberapa platform media seperti saling mengomentari unggahan, membagikan unggahan, saling menelepon, hingga membeli produk tertentu.

    Dilansir dari Reuters, menurut laporan media China, pada 2023 RedNote telah memiliki lebih dari 300 juta pengguna aktif bulanan.

    Siapa Pemilik RedNote?

    Melansir Reuters pada Minggu (19/1/2025), aplikasi RedNote didirikan pada 2013 oleh Miranda Qu (Presiden) bersama Charlwin Mao (CEO) di Shanghai, China.

    Pada mulanya, mereka menyebut aplikasi itu sebagai “panduan belanja Hong Kong” dan menargetkan wisatawan yang mencari rekomendasi tertentu.

    Saat ini, RedNote dianggap sebagai kandidat kuat untuk melantai di bursa saham (IPO). Beberapa pemegang sahamnya meliputi raksasa teknologi Tiongkok seperti Alibaba dan Tencent, investor negara Singapura Temasek, serta perusahaan modal ventura seperti GSR Ventures, DST Global, dan GGV Capital.

    Cara Gunakan RedNote 

    1. Buka ponsel anda dan buka Google Play/App Store 

    2. Setelah itu cari “RedNote” di laman pencarian 

    3. Klik “Install” setelah menemukan aplikasi RedNote 

    4. Buat akun menggunakan email dan nomor telepon 

    5. Setelah berhasil, masuk ke akun anda dan mulai membuat konten yang diinginkan

  • 5 Terowongan Terpanjang yang Dilalui kereta api Indonsia

    5 Terowongan Terpanjang yang Dilalui kereta api Indonsia

    Jakarta: Perjalanan kereta api di Indonesia tak hanya menawarkan kenyamanan, tetapi juga menyugukan berbagai pengalaman. Salah satunya terowongan-terowongan yang dilalui oleh kereta.
     
    Mengutip siaran pers, Minggu, 19 Desember 2024, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memiliki 16 terowongan. Dari jumlah tersebut, ada lima terowongan terpanjang yang tidak hanya penting secara operasional, tetapi juga menjadi saksi bisu sejarah perkeretaapian di Tanah Air.
     
    Setiap terowongan ini memiliki keunikan tersendiri, baik dari segi panjang, lokasi, hingga fungsi. Misalnya, Terowongan Sasaksaat di Daop 2 Bandung yang menjadi terowongan terpanjang dengan panjang mencapai 950 meter. 

    Tak hanya sebagai jalur strategis, terowongan-terowongan ini juga dirawat dengan baik untuk memastikan keselamatan dan efisiensi perjalanan kereta api. 
     

    Berikut daftar lima terowongan terpanjang milik KAI:

    Terowongan Sasaksaat (950 meter) di Daop 2 Bandung.
    Terowongan Karangkates 2 (892 meter) di Daop 8 Surabaya.
    Terowongan Lubuk Kalam (828 meter) di Divre II Sumatera Barat.
    Terowongan Mrawan (690 meter) di Daop 9 Jember.
    Terowongan Lampegan (680 meter) di Daop 2 Bandung.

    Selain lima terowongan itu, KAI juga memiliki 11 terowongan lainnya seperti Notog, Kebasen 1, Kebasen 2, Ijo di Daop 5 Purwokerto; Kadipiro 1 dan Kadipiro 2 di Daop 6 Yogyakarta; Karangkates 1 di Daop 8 Surabaya; Garahan di Daop 9 Jember; serta Gunung Gajah, Tebing Tinggi di Divre III Palembang, dan Pidada di Divre IV Tanjungkarang.
     
    “Selain menjaga infastruktur terowongan, KAI juga terus berupaya meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api dengan melakukan serangkaian penggantian material pada prasarana jalan rel sepanjang tahun 2024,” kata Vice President Public Relations KAI, Anne Purba.
     
    Hingga akhir tahun, KAI melakukan penggantian rel baru sepanjang 495.562 meter, memasang 24.007 batang bantalan sintetis untuk memperkuat infrastruktur rel, serta menambah balas sebanyak 251.565 m³ dan mengganti 210 unit wesel baru.
     
    KAI terus meningkatkan kualitas layanan dan infrastruktur demi kenyamanan dan keselamatan para pelanggan. Langkah-langkah ini dilakukan sebagai upaya KAI menggerakkan transportasi berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 
     
    “Program perawatan dan peningkatan keandalan prasarana dilakukan dengan mematuhi standar keselamatan yang ketat dan prosedur operasi yang teruji. Langkah ini mendukung upaya KAI meningkatkan frekuensi perjalanan, percepatan kecepatan kereta api, serta on-time performance,” jelas Anne.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • TikTok Resmi Diblokir di AS, Aplikasinya Hilang di Play Store dan App Store

    TikTok Resmi Diblokir di AS, Aplikasinya Hilang di Play Store dan App Store

    Jakarta

    TikTok tidak lagi dapat diakses oleh pengguna di Amerika Serikat, setelah undang-undang mengenai pelarangan terhadap platforma asal China itu mulai diberlakukan pada Minggu (19/1/2025).

    Bahkan, aplikasi TikTok tidak muncul di toko aplikasi milik Google, Play Store, maupun App Store kepunyaan Apple. Selain itu, pengguna di negeri Paman Sam tidak bisa menonton kembali di TikTok.

    Sebagaimana dikutip BBC, notifikasi muncul kepada pengguna TikTok di AS, pemblokiran TikTok terjadi karena undang-undang yang melarang TikTok sudah berlaku sehingga tidak bisa menggunakan media sosial satu ini.

    Di paragaf berikutnya, ada kabar baiknya, Donald Trump sebagai presiden terpilih AS, menyatakan telah menangguhkan pemblokiran TikTok dan membantu mereka menemukan solusi untuk memulihkan pemblokiran setelah ia menjabat.

    Trump mengatakan ia kemungkinan besar akan memberikan TikTok penangguhan larangan selama 90 hari setelah dia menjabat pada hari Senin (20/1/2025) waktu setempat.

    “Perpanjangan 90 hari adalah sesuatu yang kemungkinan besar akan dilakukan, karena itu tepat,” kata Trump. “Jika saya memutuskan untuk melakukan itu, saya mungkin akan mengumumkannya pada hari Senin,” ucapnya menambahkan.

    Gedung Putih mengatakan bahwa pemerintahan mendatanglah yang akan mengambil tindakan terkait nasib TikTok di AS selanjutnya.

    “Kami tidak melihat alasan bagi TikTok atau perusahaan lain untuk mengambil tindakan dalam beberapa hari ke depan sebelum pemerintahan Trump menjabat pada hari Senin,” kata sekretaris pers Karine Jean-Pierre dalam sebuah pernyataan.

    Sebelumnya, masa depan TikTok ini terancam karena adanya undang-undang yang mengharuskan TikTok untuk mengakhiri hubungan dengan perusahaan induknya di Cina, ByteDance, atau menghentikan operasinya di Amerika Serikat.

    Pada hari Jumat, Mahkamah Agung menguatkan undang-undang tersebut, dengan menyoroti perlunya undang-undang tersebut karena keamanan nasional. Dengan tidak adanya penundaan resmi dari Trump, perusahaan-perusahaan seperti Apple, Oracle, dan Google yang mendukung atau menjadi tuan rumah TikTok mungkin harus menghadapi konsekuensi finansial dan hukum.

    (agt/asj)

  • Terbatas, Alasan Barang Ini Diburu Jelang Imlek

    Terbatas, Alasan Barang Ini Diburu Jelang Imlek

    Jakarta: Imlek menjadi momentum para kolektor mencari barang edisi terbatas. Tiap barang menjadi daya tarik karena menggambarkan sejarah dan keberuntungan serta menceritakan kisah masa lalu.

    Hal itu yang membuat Royal Selangor, brand desain, merchandise dan kerajinan dari timah putih asal Malaysia merilis tiga tema koleksi di Tahun Baru Imlek 2025.

    Pertama, koleksi Tahun Ular terdiri dari plakat edisi terbatas, mangkuk simbol kekayaan, patung, dan segel. Dalam budaya Asia, ular merupakan simbol supranatural dan spiritual.

    “Banyak yang percaya bahwa mereka yang lahir di Tahun Ular adalah orang yang misterius dan protektif terhadap orang yang mereka cintai. Mereka juga dikenal memiliki kebijaksanaan yang luar biasa,” kata Chief Executive Officer Bumi Laut Group Jay A.Singgih, di Jakarta, Sabtu 18 Januari 2025.

    Produk plakat ular terdiri dari hiasan ular emas 24K yang mengangkat kepalanya untuk mengamati lingkungannya. Di belakangnya terdapat latar belakang pola umur panjang yang semakin berkurang atau 10 ribu tahun yang berulang.

    Hanya ada 1.000 pieces di dunia dan memiliki nomor seri individual. Termasuk pelat ukiran untuk personalisasi dalam orientasi lanskap atau potret.

    Incaran lainnya, patung ular dengan desain melingkari dirinya di medan berbatu yang terjal, mengandalkan tubuhnya sebagai penyangga saat menatap cakrawala yang jauh. Patung timah emas 24K tiga dimensi ini terletak di atas dasar resin komposit merah yang dihiasi dengan motif gelombang, batu, dan awan.

    Kemudian, mangkuk kekayaan ular dalam feng shui, mangkuk terbuka dengan elemen emas menarik keberuntungan. Sedangkan tahun anjing laut ular 2025 digambarkan hiasan ular meringkuk beristirahat dengan tenang di atas alas batu sabun.

    Kedua, koleksi koi yang dikenal melambangkan keberuntungan, kemakmuran, dan ketahanan dalam budaya Asia, bahkan masuk ke dalam mitologi Tiongkok.

    Dalam bahasa Jepang, kata koi berarti ikan mas dan cinta, yang menghubungkan ikan dengan tema cinta dan keindahan. Koi itu mewakili kekuatan karakter, vitalitas, dan kemampuan untuk mengatasi tantangan dan mencapai kehebatan.

    Koleksi plakat koi menampilkan sembilan koi emas 24K yang berenang melawan arus, melambangkan ketekunan dalam kesulitan. Pelat ukiran dapat dilepas, diikat erat dengan magnet, menambahkan sentuhan fungsional pada karya simbolis ini. Ada pula koi plate besar dan koi tea caddy dan koi tea set.

    Ketiga, koleksi Celestial Odyssey yang menceritakan perjalanan epik Biksu Xuanzang. Bersama dengan Raja Kera yang kuat dan pandai, Sun Wukong, Zhu Bajie, atau Pigsy yang pemberani dan setia, serta Sha Wujing yang lembut dan bijaksana, juga dikenal sebagai Sandy, mereka memulai perjalanan berbahaya untuk mendapatkan kembali kitab suci Budha.

    Royal Selangor mengakui pasarnya adalah kalangan menengah atas dengan harga Rp20 juta-Rp40 juta per item. Jay menyebut desain barang terbatas timah tetap setia pada warisan keahlian.

    Jakarta: Imlek menjadi momentum para kolektor mencari barang edisi terbatas. Tiap barang menjadi daya tarik karena menggambarkan sejarah dan keberuntungan serta menceritakan kisah masa lalu.
     
    Hal itu yang membuat Royal Selangor, brand desain, merchandise dan kerajinan dari timah putih asal Malaysia merilis tiga tema koleksi di Tahun Baru Imlek 2025.
     
    Pertama, koleksi Tahun Ular terdiri dari plakat edisi terbatas, mangkuk simbol kekayaan, patung, dan segel. Dalam budaya Asia, ular merupakan simbol supranatural dan spiritual.

    “Banyak yang percaya bahwa mereka yang lahir di Tahun Ular adalah orang yang misterius dan protektif terhadap orang yang mereka cintai. Mereka juga dikenal memiliki kebijaksanaan yang luar biasa,” kata Chief Executive Officer Bumi Laut Group Jay A.Singgih, di Jakarta, Sabtu 18 Januari 2025.
     
    Produk plakat ular terdiri dari hiasan ular emas 24K yang mengangkat kepalanya untuk mengamati lingkungannya. Di belakangnya terdapat latar belakang pola umur panjang yang semakin berkurang atau 10 ribu tahun yang berulang.
     
    Hanya ada 1.000 pieces di dunia dan memiliki nomor seri individual. Termasuk pelat ukiran untuk personalisasi dalam orientasi lanskap atau potret.
     
    Incaran lainnya, patung ular dengan desain melingkari dirinya di medan berbatu yang terjal, mengandalkan tubuhnya sebagai penyangga saat menatap cakrawala yang jauh. Patung timah emas 24K tiga dimensi ini terletak di atas dasar resin komposit merah yang dihiasi dengan motif gelombang, batu, dan awan.
     
    Kemudian, mangkuk kekayaan ular dalam feng shui, mangkuk terbuka dengan elemen emas menarik keberuntungan. Sedangkan tahun anjing laut ular 2025 digambarkan hiasan ular meringkuk beristirahat dengan tenang di atas alas batu sabun.
     
    Kedua, koleksi koi yang dikenal melambangkan keberuntungan, kemakmuran, dan ketahanan dalam budaya Asia, bahkan masuk ke dalam mitologi Tiongkok.
     
    Dalam bahasa Jepang, kata koi berarti ikan mas dan cinta, yang menghubungkan ikan dengan tema cinta dan keindahan. Koi itu mewakili kekuatan karakter, vitalitas, dan kemampuan untuk mengatasi tantangan dan mencapai kehebatan.
     
    Koleksi plakat koi menampilkan sembilan koi emas 24K yang berenang melawan arus, melambangkan ketekunan dalam kesulitan. Pelat ukiran dapat dilepas, diikat erat dengan magnet, menambahkan sentuhan fungsional pada karya simbolis ini. Ada pula koi plate besar dan koi tea caddy dan koi tea set.
     
    Ketiga, koleksi Celestial Odyssey yang menceritakan perjalanan epik Biksu Xuanzang. Bersama dengan Raja Kera yang kuat dan pandai, Sun Wukong, Zhu Bajie, atau Pigsy yang pemberani dan setia, serta Sha Wujing yang lembut dan bijaksana, juga dikenal sebagai Sandy, mereka memulai perjalanan berbahaya untuk mendapatkan kembali kitab suci Budha.
     
    Royal Selangor mengakui pasarnya adalah kalangan menengah atas dengan harga Rp20 juta-Rp40 juta per item. Jay menyebut desain barang terbatas timah tetap setia pada warisan keahlian.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (FZN)

  • Terbesar di Indonesia, Pengguna Super Apps BRImo Tembus 38,61 juta

    Terbesar di Indonesia, Pengguna Super Apps BRImo Tembus 38,61 juta

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, terus menunjukkan komitmen mengembangkan inovasi digital melalui BRImo, superapps yang menjadi andalan masyarakat untuk kebutuhan layanan keuangan. Dirancang untuk memberikan kemudahan akses, efisiensi, dan keamanan, BRImo menawarkan berbagai fitur unggulan yang mampu mendukung aktivitas keuangan harian nasabah, mulai dari transaksi pembayaran hingga layanan investasi.
     
    Hingga akhir Desember 2024 jumlah pengguna superapps BRImo telah mencapai 38,61 juta, atau tumbuh sebesar 22,12 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Total transaksi yang diproses melalui superapps BRImo mencapai 4,34 miliar transaksi, meningkat sebanyak 40,54 persen secara year-on-year (YoY). Dari sisi nilai, transaksi melalui superapps BRImo tercatat sebesar Rp5.596 triliun atau naik 34,57 persen YoY.
     
    Sementara itu BRImo memberikan kontribusi fee-based income dari sebesar Rp2,97 triliun atau tumbuh sebesar 22,19 persen yoy. Capaian ini menunjukkan keberhasilan BRI dalam mengoptimalkan ekosistem digital untuk memperkuat diversifikasi pendapatan berbasis jasa.
     

    BRImo terus memperkuat posisinya sebagai platform perbankan digital unggulan dengan berbagai fitur inovatif yang membedakannya dari bank lain. Beberapa keunggulan BRImo antara lain tabungan emas, BRImo widget, layanan pengaduan dalam aplikasi (Complain in Apps), VoIP (Voice over Internet Protocol) yang memudahkan nasabah menghubungi call center tanpa menggunakan pulsa, serta pengaturan limit transaksi sesuai kebutuhan nasabah.

    Selain itu, BRImo juga menawarkan fitur pencarian lokasi merchant via Sabrina Chat, belanja kebutuhan harian dengan pengiriman langsung ke lokasi, pembelian tiket transportasi dari bus hingga pesawat, order pengiriman barang, pembayaran parkir, QRIS Transfer, tarik tunai di AgenBRILink, transfer internasional ke lebih dari 120 negara, konversi mata uang, serta informasi portofolio investasi nasabah.
     

    Direktur Retail Funding & Distribution BRI Andrijanto (Foto:Dok.BRI)
     
    Direktur Retail Funding & Distribution BRI Andrijanto menegaskan bahwa superapps BRImo merupakan wujud transformasi digital BRI yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat modern.
     
    “Transformasi digital di BRI tidak hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang bagaimana BRI menghadirkan layanan yang lebih relevan, mudah diakses, dan inovatif bagi masyarakat. BRImo adalah contoh nyata dari upaya BRI untuk memperkuat retail banking dengan solusi yang efisien dan aman, sekaligus mendekatkan layanan keuangan kepada nasabah secara lebih inklusif,” ujarnya.
     

    BRImo telah mendapatkan pengakuan luas sebagai aplikasi mobile banking terbaik di Indonesia dengan skor 4,7 di platform Android (Google Play Store) dan iOS (App Store). Pencapaian ini menegaskan posisi BRImo sebagai aplikasi yang menggabungkan keandalan, inovasi, dan pengalaman pengguna terbaik, sekaligus memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap layanan digital BRI.
     
    “Pada 2025, pengembangan BRImo difokuskan pada penyediaan layanan yang semakin inovatif dan relevan bagi nasabah, termasuk kemudahan akses investasi, pemanfaatan Artificial Intelligent dan data analytics untuk simplifikasi transaksi, serta integrasi gaya hidup dan keuangan melalui fitur-fitur yang memberi pengalaman bertransaksi lebih menarik,” kata Andrijanto.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Pelarangan TikTok di AS Ditunda, Trump Kasih Perpanjangan Waktu 90 Hari

    Pelarangan TikTok di AS Ditunda, Trump Kasih Perpanjangan Waktu 90 Hari

    Jakarta

    Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menangguhkan larangan operasional selama 90 hari bagi aplikasi asal China, TikTok. Ia mengatakan, larangan bagi TikTok tidak akan diumumkan pada hari pelantikannya pada Senin (20/1/2025) di Washington, besok.

    Mengutip laporan Reuters, TikTok saat ini memiliki pengguna 170 juta di AS. Adapun para pengguna TikTok mengaku cemas karena bakal ditutup otoritas AS pada Jumat (17/1/2025) kemarin.

    “Perpanjangan 90 hari adalah sesuatu yang kemungkinan besar akan dilakukan, karena itu tepat. Jika saya memutuskan untuk melakukannya, saya mungkin akan mengumumkannya pada hari Senin,” kata Trump sebagaimana dikutip dari Reuters, Minggu (19/1/2025).

    Adapun TikTok sendiri disebut berhasil memikat hampir setengah dari seluruh warga AS, memberdayakan bisnis kecil, dan membentuk budaya daring. Larangan itu kemungkinan dapat ditangguhkan jika Pemerintahan Presiden Joe Biden memberikan jaminan kepada perusahaan-perusahaan seperti Apple dan Google bahwa mereka tidak akan menghadapi tindakan penegakan hukum saat larangan berlaku.

    Berdasarkan undang-undang yang disahkan tahun lalu dan resmi berlaku pada Jumat lalu oleh Mahkamah Agung, TikTok memiliki waktu hingga hari Minggu untuk memutuskan hubungan dengan induknya yang berkantor pusat di China, ByteDance.

    Sementara Gedung Putih, menegaskan bahwa pemerintahan Trump perlu mengambil tindakan dan kemungkinan penutupan pada hari Minggu.

    TikTok tidak menanggapi permintaan komentar atas pernyataan baru Gedung Putih tersebut. Kedutaan Besar China di Washington pada hari Jumat menuduh AS menggunakan kekuasaan negara yang tidak adil untuk menekan TikTok.

    “China akan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk secara tegas melindungi hak dan kepentingannya yang sah,” kata seorang juru bicara.

    Diketahui, Mahkamah Agung dengan suara bulat menetapkan larangan tersebut dengan dalih hukum keamanan nasional. Tanpa keputusan Biden untuk secara resmi menunda 90 hari pada batas waktu, perusahaan yang menyediakan layanan untuk TikTok atau menjadi host aplikasi tersebut dapat menghadapi tanggung jawab keuangan yang sangat besar.

    Sebelumnya, Trump mencoba melarang dan memaksa divestasi TikTok pada tahun 2020 tetapi diblokir oleh pengadilan AS. Akibat ketidakpastian operasional TikTok, para pengguna mulai beralih ke alternatif lain termasuk RedNote yang berbasis di China. Rivals Meta, hingga Snap.

    Jika melihat saham aplikasi alternatif tersebut, tercatat naik bulan ini menjelang larangan TikTok, karena investor bertaruh pada masuknya pengguna dan iklan. Perusahaan pemasaran yang bergantung pada TikTok telah bergegas menyiapkan rencana darurat.

    Namun begitu, terdapat sinyal TikTok bisa bangkit kembali di bawah kepemimpinan Trump lantaran dianggap ingin mengejar resolusi politik atas masalah tersebut. CEO TikTok, Shou Zi Chew, juga dikabarkan berencana menghadiri pelantikan presiden AS dan menghadiri rapat umum bersama Trump pada hari Minggu.

    (kil/kil)