Perusahaan: Google

  • ​Agoda Ungkap Wisatawan Indonesia Rela Bayar Lebih Demi Sarapan Hotel

    ​Agoda Ungkap Wisatawan Indonesia Rela Bayar Lebih Demi Sarapan Hotel

    Jakarta: Seiring meningkatnya tren wisata kuliner di Asia tahun ini, platform perjalanan digital Agoda menunjukkan bahwa wisatawan Indonesia semakin memprioritaskan akomodasi dengan fasilitas sarapan. Berdasarkan hasil pencarian yang dilakukan di Agoda selama bulan Agustus, hampir satu dari sepuluh wisatawan Indonesia menggunakan filter sarapan saat mencari akomodasi.

    Sarapan gratis menjadi salah satu pertimbangan penting bagi banyak wisatawan Indonesia ketika memesan hotel. Fasilitas ini menempati peringkat kedua filter pencarian paling populer di Agoda, tepat setelah rating bintang. Ini menunjukkan betapa pentingnya sarapan sebagai bagian dari pengalaman perjalanan.

    Pilihan menginap dengan sarapan juga menegaskan tren yang lebih luas di kalangan wisatawan yang mencari kenyamanan dan nilai tambah.  Selain memberikan awal hari yang lebih praktis, sarapan gratis juga memberi kesempatan menikmati citarasa lokal serta keramahtamahan setempat. 

    Tren ini sangat terlihat di Asia, dengan ragam pilihan menu sarapan mulai dari hidangan tradisional hingga favorit internasional.
     

    Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda untuk Indonesia menyebut bahawa ketersediaan sarapan di hotel merupakan fasilitas gratis yang paling banyak dicari wisatawan Indonesia. 

    “Mereka bahkan rela mengalokasikan anggaran lebih besar demi mendapatkan sarapan berkualitas, dengan pilihan menu yang beragam, citarasa lokal yang otentik, serta pelayanan prima. Dengan filter pencarian Agoda yang mudah digunakan, wisatawan bisa dengan cepat menemukan hotel terbaik sesuai kebutuhan dan preferensi masing-masing,” kata Gede.

    Wisatawan yang mencari penginapan dengan sarapan dapat melakukan pencarian di Agoda, yang menawarkan lebih dari 6 juta lebih akomodasi liburan, 130.000 rute penerbangan, serta lebih dari 300,000 aktivitas, semuanya dapat dipadukan dengan mudah dalam satu pemesanan. Temukan penawaran terbaik melalui aplikasi mobile Agoda dan kunjungi Agoda.com untuk informasi lebih lanjut.

    Jakarta: Seiring meningkatnya tren wisata kuliner di Asia tahun ini, platform perjalanan digital Agoda menunjukkan bahwa wisatawan Indonesia semakin memprioritaskan akomodasi dengan fasilitas sarapan. Berdasarkan hasil pencarian yang dilakukan di Agoda selama bulan Agustus, hampir satu dari sepuluh wisatawan Indonesia menggunakan filter sarapan saat mencari akomodasi.
     
    Sarapan gratis menjadi salah satu pertimbangan penting bagi banyak wisatawan Indonesia ketika memesan hotel. Fasilitas ini menempati peringkat kedua filter pencarian paling populer di Agoda, tepat setelah rating bintang. Ini menunjukkan betapa pentingnya sarapan sebagai bagian dari pengalaman perjalanan.
     
    Pilihan menginap dengan sarapan juga menegaskan tren yang lebih luas di kalangan wisatawan yang mencari kenyamanan dan nilai tambah.  Selain memberikan awal hari yang lebih praktis, sarapan gratis juga memberi kesempatan menikmati citarasa lokal serta keramahtamahan setempat. 

    Tren ini sangat terlihat di Asia, dengan ragam pilihan menu sarapan mulai dari hidangan tradisional hingga favorit internasional.
     

    Gede Gunawan, Senior Country Director Agoda untuk Indonesia menyebut bahawa ketersediaan sarapan di hotel merupakan fasilitas gratis yang paling banyak dicari wisatawan Indonesia. 
     
    “Mereka bahkan rela mengalokasikan anggaran lebih besar demi mendapatkan sarapan berkualitas, dengan pilihan menu yang beragam, citarasa lokal yang otentik, serta pelayanan prima. Dengan filter pencarian Agoda yang mudah digunakan, wisatawan bisa dengan cepat menemukan hotel terbaik sesuai kebutuhan dan preferensi masing-masing,” kata Gede.
     
    Wisatawan yang mencari penginapan dengan sarapan dapat melakukan pencarian di Agoda, yang menawarkan lebih dari 6 juta lebih akomodasi liburan, 130.000 rute penerbangan, serta lebih dari 300,000 aktivitas, semuanya dapat dipadukan dengan mudah dalam satu pemesanan. Temukan penawaran terbaik melalui aplikasi mobile Agoda dan kunjungi Agoda.com untuk informasi lebih lanjut.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (RUL)

  • Telkomsel Hadirkan iPhone 17 Series Bundling Halo+, Ini Keuntungannya

    Telkomsel Hadirkan iPhone 17 Series Bundling Halo+, Ini Keuntungannya

    Jakarta

    Setelah periode pre-order yang disambut antusias oleh pelanggan, Telkomsel kini menawarkan produk terbaru Apple termasuk iPhone 17, iPhone Air, iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Pro Max. Pelanggan dapat melakukan pemesanan untuk model iPhone terbaru mulai 17 Oktober 2025.

    Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, mengungkapkan promo paket bundling Halo+ iPhone Bold 100k 24 Bulan secara resmi Telkomsel hadirkan mulai hari ini.

    “Kami harap seluruh pelanggan Telkomsel dapat memanfaatkan promo istimewa ini. Telkomsel berharap kehadiran paket bundling ini dapat menjadi solusi bagi seluruh pelanggan yang ingin memaksimalkan penggunaan iPhone terbaru mereka dengan dukungan jaringan Telkomsel,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (17/10/2025).

    Paket bundling Halo+ iPhone Bold 100k 24 Bulan hadir dengan ragam keuntungan, yakni:

    Buy 12 Get 24. Cukup membayar 12 bulan bisa mendapatkan langganan 24 bulan.

    Penawaran dari Halo+ dengan harga spesial Rp1.332.000 (termasuk pajak) dari harga normal Rp2.109.000.

    Paket data 58 GB dan data eSIM 10 GB tiap bulan.

    Kuota telpon 80 menit dan 80 SMS tiap bulan, yang dapat digunakan ke semua operator.

    1 Extra Benefit tanpa biaya tambahan untuk menikmati langganan layanan digital Disney+ Hotstar, Google Play Pass, Vidio, Capsyl, TREND, Noice, WeTV, Langit Musik Premium, atau Fita melalui tsel.id/halolifestyle.

    Pelanggan dapat membeli di ragam channel pembelian, seperti GraPARI Kota Kasablanka Jakarta, GraPARI Mall Kelapa Gading Jakarta, Blibli offline store , Blibli.com, Digimap, Digiplus, Erafone, Hello Store, dan iBox dengan cara:

    Channel pembelian offline:

    Kunjungi tsel.id/iPhone17, pilih varian iPhone 17, dan pilih lokasi pembelian mitra offline pilihan Anda.

    Kunjungi mitra offline dan beli iPhone 17 pilihan Anda.

    Beli promo “Halo+ iPhone bold 100k 24 bulan bayar 12 bulan”.

    Selesaikan pembayaran, dan nikmati bundling terbaru Telkomsel dengan Apple.

    Channel pembelian online:

    Kunjungi tsel.id/iPhone17, pilih varian iPhone 17, dan pilih lokasi pembelian di “Blibli.com”.

    Pilih iPhone 17 pilihan dan pilih promo Telkomsel yang ada pada link produk.

    Pilih promo “Halo+ iPhone bold 100k 24 bulan bayar 12 bulan”.

    Selesaikan pembayaran di Blibli.com, dan nikmati bundling terbaru Telkomsel dengan Apple.

    Untuk menambah keuntungan, pelanggan yang melakukan pembelian di mitra penjualan seperti GraPARI Kota Kasablanka Jakarta, GraPARI Mall Kelapa Gading Jakarta, Blibli offline store, Erafone, Hello Store, dan iBox dapat menukarkan Telkomsel Poin untuk mendapatkan tambahan potongan harga hingga Rp2.000.000.

    Selain itu, tambahan benefit khusus bagi pelanggan yang melakukan pembelian di GraPARI Kota Kasablanka Jakarta dan GraPARI Mall Kelapa Gading Jakarta (selama persediaan masih ada).

    Semua rangkaian iPhone 17, iPhone Air, iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Pro Max telah didukung layanan eSIM Telkomsel yang memungkinkan akses ke jaringan 4G dan 5G tanpa kartu SIM fisik.

    Selain itu, kecanggihan lineup iPhone 17 juga semakin optimal dengan dukungan jaringan broadband 5G tercepat dan terluas milik Telkomsel yang memiliki lebih dari 3.000 BTS 5G Telkomsel di seluruh wilayah Indonesia.

    Untuk informasi lengkap mengenai harga dan ketersediaan, silakan kunjungi tsel.id/iPhone17.

    (anl/ega)

  • Telkomsel Hadirkan iPhone 17 Series dengan Paket Bundling Halo+

    Telkomsel Hadirkan iPhone 17 Series dengan Paket Bundling Halo+

    Bisnis.com, JAKARTA – Setelah periode pre-order yang disambut antusias oleh pelanggan, Telkomsel kini menawarkan produk terbaru Apple termasuk iPhone 17, iPhone Air, iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Pro Max. Pelanggan dapat melakukan pemesanan untuk model iPhone terbaru mulai 17 Oktober 2025. Untuk informasi lengkap mengenai harga dan ketersediaan, silakan kunjungi tsel.id/iPhone17.

    Paket bundling Halo+ iPhone Bold 100k 24 Bulan hadir dengan ragam keuntungan, yakni:

    Buy 12 Get 24. Cukup membayar 12 bulan bisa mendapatkan langganan 24 bulan.
    Penawaran dari Halo+ dengan harga spesial Rp1.332.000 (termasuk pajak) dari harga normal Rp2.109.000.
    Paket data 58 GB dan data eSIM 10 GB tiap bulan.
    Kuota telpon 80 menit dan 80 SMS tiap bulan, yang dapat digunakan ke semua operator.
    1 Extra Benefit tanpa biaya tambahan untuk menikmati langganan layanan digital Disney+ Hotstar, Google Play Pass, Vidio, Capsyl, TREND, Noice, WeTV, Langit Musik Premium, atau Fita melalui tsel.id/halolifestyle.

    Pelanggan dapat membeli di ragam channel pembelian, seperti GraPARI Kota Kasablanka Jakarta, GraPARI Mall Kelapa Gading Jakarta, Blibli offline store, Blibli.com, Digimap, Digiplus, Erafone, Hello Store, dan iBox dengan cara:

    Channel pembelian offline:

    Kunjungi tsel.id/iPhone17, pilih varian iPhone 17, dan pilih lokasi pembelian mitra offline pilihan Anda.
    Kunjungi mitra offline dan beli iPhone 17 pilihan Anda.
    Beli promo “Halo+ iPhone bold 100k 24 bulan bayar 12 bulan”.

    Selesaikan pembayaran, dan nikmati bundling terbaru Telkomsel dengan Apple.

    Channel pembelian online:

    Kunjungi tsel.id/iPhone17, pilih varian iPhone 17, dan pilih lokasi pembelian di “Blibli.com”.
    Pilih iPhone 17 pilihan dan pilih promo Telkomsel yang ada pada link produk.
    Pilih promo “Halo+ iPhone bold 100k 24 bulan bayar 12 bulan”.
    Selesaikan pembayaran di Blibli.com, dan nikmati bundling terbaru Telkomsel dengan Apple.

    Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng, mengungkapkan, “Promo paket bundling Halo+ iPhone Bold 100k 24 Bulan secara resmi Telkomsel hadirkan mulai hari ini. Kami harap seluruh pelanggan Telkomsel dapat memanfaatkan promo istimewa ini. Telkomsel berharap kehadiran paket bundling ini dapat menjadi solusi bagi seluruh pelanggan yang ingin memaksimalkan penggunaan iPhone terbaru mereka dengan dukungan jaringan Telkomsel.”

    Untuk menambah keuntungan, pelanggan yang melakukan pembelian di mitra penjualan seperti GraPARI Kota Kasablanka Jakarta, GraPARI Mall Kelapa Gading Jakarta, Blibli offline store, Erafone, Hello Store, dan iBox dapat menukarkan Telkomsel Poin untuk mendapatkan tambahan potongan harga hingga Rp2.000.000. Selain itu, tambahan benefit khusus bagi pelanggan yang melakukan pembelian di GraPARI Kota Kasablanka Jakarta dan GraPARI Mall Kelapa Gading Jakarta (selama persediaan masih ada).

    Semua rangkaian iPhone 17, iPhone Air, iPhone 17 Pro, dan iPhone 17 Pro Max telah didukung layanan eSIM Telkomsel yang memungkinkan akses ke jaringan 4G dan 5G tanpa kartu SIM fisik. Selain itu, kecanggihan lineup iPhone 17 juga semakin optimal dengan dukungan jaringan broadband 5G tercepat dan terluas milik Telkomsel yang memiliki lebih dari 3.000 BTS 5G Telkomsel di seluruh wilayah Indonesia.

  • Google Bangun Data Center di India, Guyur Rp 248 Triliun

    Google Bangun Data Center di India, Guyur Rp 248 Triliun

    Jakarta

    Google akan berinvestasi USD 15 miliar atau sekitar Rp 248 triliun untuk membangun data center bagi pusat kecerdasan buatan baru di India selatan. Hal itu diumumkan oleh CEO Google Cloud Thomas Kurian.

    Dikutip detikINET dari CNBC, dia menambahkan investasi ini akan berlangsung selama lima tahun ke depan, dan akan menjadi pusat AI Google terbesar di dunia di luar Amerika Serikat.

    Sebelumnya, Menteri Pengembangan Sumber Daya Manusia negara bagian Andhra Pradesh, India, Nara Lokesh, memperkirakan proyek 1 gigawatt tersebut bernilai USD 10 miliar. Menurutnya, kesepakatan ini muncul setelah setahun diskusi intensif dan upaya tanpa henti dan baru sebagai permulaan.

    Economic Times sebelumnya melaporkan bahwa investasi tersebut akan dilakukan oleh anak perusahaan Google di India, Raiden Infotech, yang berencana untuk mengembangkan tiga kampus di seluruh kota Visakhapatnam.

    Menurut laporan lain, pejabat negara bagian berencana untuk terus menggandakan proyek-proyek tersebut dan meningkatkan kapasitas komputasi negara bagian secara signifikan selama tiga tahun ke depan.

    Perusahaan-perusahaan meningkatkan investasi di bidang infrastruktur untuk mengimbangi lonjakan permintaan global akan layanan cloud seiring dengan semakin populernya layanan AI.

    Sebagai bagian dari laporan pendapatan kuartal kedua di bulan Juli, Google meningkatkan proyeksi belanja modalnya di tahun 2025 menjadi USD 85 miliar, naik dari USD 75 miliar di bulan Februari, karena permintaan yang kuat dan terus meningkat untuk produk dan layanan Cloud mereka.

    Pada bulan yang sama, Google juga mengumumkan rencana untuk berinvestasi sebesar USD 25 miliar dalam infrastruktur data center dan kecerdasan buatan selama dua tahun ke depan di beberapa negara bagian AS.

    India sendiri belakangan semakin menarik minat pemain multinasional, seperti Microsoft dan AWS, untuk berinvestasi di infrastruktur cloud dan AI di negara tersebut.

    (fyk/fyk)

  • Jelang Akhir Pekan Jumat 17 Oktober 2025, Ganjil Genap Jakarta Masih Tetap Berlaku – Page 3

    Jelang Akhir Pekan Jumat 17 Oktober 2025, Ganjil Genap Jakarta Masih Tetap Berlaku – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Menjelang hari terakhir kerja di pekan ini, masyarakat Jakarta kembali diingatkan untuk memperhatikan jadwal pembatasan kendaraan bermotor yang masih diberlakukan.

    Jumat (17/10/2025) jelang akhir pekan, menjadi hari dengan tanggal ganjil, sehingga kendaraan berpelat nomor akhir ganjil yakni 1, 3, 5, 7, dan 9 diperbolehkan melintas di jalur pembatasan.

    Sementara itu, pengemudi dengan pelat akhir genap yaitu 0, 2, 4, 6, dan 8 disarankan menyesuaikan waktu perjalanan agar tidak terkena sanksi tilang elektronik yang kini diterapkan secara otomatis di sejumlah titik.

    Jangan sampai lupa, kebijakan pembatasan kendaraan diterapkan setiap hari kerja, Senin hingga Jumat, dan ditiadakan pada Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional.

    Waktu pemberlakuan ganjil genap Jakarta dibagi menjadi dua sesi, yaitu pukul 06.00–10.00 WIB dan 16.00–21.00 WIB, mengikuti pola jam sibuk yang umumnya memicu peningkatan arus lalu lintas.

    Peraturan ganjil genap Jakarta sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Pergub Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

    Pelanggaran terhadap kebijakan ganjil genap Jakarta dapat dikenai sanksi berdasarkan Pasal 287 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

    Ancaman hukuman berupa denda maksimal Rp 500.000 atau kurungan paling lama dua bulan tetap berlaku, termasuk bila pelanggaran terdeteksi oleh kamera pengawas yang tersebar di sejumlah titik.

    Selain itu, juga terdapat acuan dari Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 26 Tahun 2022 dan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 46 Tahun 2022, yang semuanya menjadi dasar hukum pelaksanaan pengendalian lalu lintas di wilayah Jakarta.

    Penindakan terhadap pelanggar dengan sistem pemantauan berbasis kamera pengawas elektronik atau kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan tilang elektronik saat ganjil genap Jakarta berlaku.

    Hari Jumat sering kali menjadi momen paling padat dalam seminggu. Banyak masyarakat yang memanfaatkan akhir pekan untuk beraktivitas di luar rumah, bepergian ke luar kota, atau sekadar menikmati waktu santai selepas bekerja.

    Kondisi ini membuat lalu lintas pada sore hari cenderung lebih padat dibandingkan hari lainnya. Karena itu, pengendara disarankan untuk merencanakan waktu keberangkatan lebih cermat agar perjalanan tetap lancar meski aturan ganjil genap sedang berlaku.

    Bagi pemilik kendaraan pribadi dengan pelat yang tidak sesuai tanggal, penggunaan transportasi umum bisa menjadi pilihan strategis. MRT, LRT, TransJakarta, dan KRL menawarkan kemudahan akses dengan rute yang kini semakin terintegrasi.

    Selain lebih efisien, transportasi umum juga membantu menekan kepadatan jalan serta mendukung pengurangan emisi karbon di wilayah perkotaan.

    Selain itu, aplikasi navigasi digital seperti Google Maps dan Waze juga bisa dimanfaatkan untuk mencari jalur alternatif.

    Teknologi pemantauan lalu lintas secara real-time memungkinkan pengendara menghindari ruas jalan yang terkena pembatasan atau sedang mengalami kemacetan.

    Dengan memanfaatkan informasi digital, waktu tempuh dapat ditekan sekaligus menghindari risiko pelanggaran aturan.

    Pemprov DKI Jakarta sedang mengkaji sistem aplikasi untuk penerapan Electronic Road Pricing (ERP).

  • Rekening Rp 16 Triliun Ludes Dirampok Maling Asal China, Ini Modusnya

    Rekening Rp 16 Triliun Ludes Dirampok Maling Asal China, Ini Modusnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Geng kriminal asal China dilaporkan telah mengumpulkan uang sebanyak US$1 miliar (Rp16,5 triliun) dalam 3 tahun. Uang itu didapatkan dari para korban yang terjerat penipuan lewat beragam modus.

    Di antaranya modus pesan teks yang memancing pengguna untuk menekan tautan berbahaya. Isinya bisa berupa tagihan denda palsu, yang berakibat ke pencurian identitas dan pembobolan akun keuangan. Hal ini diungkap Kementerian Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (AS).

    Sebagai bagian dari aksi penipuan, geng maling memanfaatkan perangkat yang mampu menyimpan banyak kartu SIM sekaligus (SIM farm) dan dioperasikan dari jarak jauh.

    Lokasinya di mana saja, mulai dari bengkel mobil hingga ruang kantor bersama, untuk mengirimkan ribuan pesan tipuan kepada warga AS untuk dibobol rekeningnya.

    “Satu orang di ruangan dengan jaringan SIM farm dapat mengirimkan pesan teks sebanyak yang dapat dikirimkan oleh 1.000 nomor telepon,” ujar Adam Parks, asisten agen khusus yang bertanggung jawab di divisi Investigasi Keamanan Dalam Negeri AS, kepada The Wall Street Journal, dikutip dari Independent, Kamis (16/10/2025).

    Pesan palsu itu akan mengarahkan korban ke situs berbahaya yang memungkinkan penipu melacak penekanan tombol, password, dan informasi keuangan yang dimasukkan ke HP.

    Dari sana, kelompok kriminal memasang informasi yang dicuri ke dompet Google dan Apple di Asia, lalu menghubungkan dompet ini kembali ke telepon seluler para pekerja lepas di AS.

    Para pekerja ini menggunakan informasi palsu untuk membeli kartu hadiah (gift card), iPhone, dan barang berharga lainnya yang kemudian dikirim ke China, menurut para ahli.

    Petugas pemerintahan di seluruh AS, mulai dari Florida, Massachusetts, Texas, Colorado, California, Minnesota, dan Washington, D.C., telah memperingatkan masyarakat tentang modus penipuan ini. Biasanya diistilahkan sebagai ‘smishing’, menggabungkan ‘SMS’ dan ‘phishing’.

    “Masyarakat diminta mengabaikan pesan-pesan semacan ini dan segera melapor ke Komisi Perdagangan Federal (FTC),” kata Jaksa Agung Distrik Columbia, Brian Schwalb.

    “Kami tidak tahu siapa dalang ini,” ujar Jennifer Givner, juru bicara Otoritas Jalan Tol Negara Bagian New York, kepada NBC News pada Maret 2025, di tengah maraknya penipuan smishing yang berpura-pura pengguna berutang uang kepada sistem tol E-ZPass.

    “Kami hanya tahu penipuan ini terus terjadi dan terus berubah setiap beberapa hari,” ia menambahkan.

    Tahun lalu, hampir 6.000 laporan masuk ke FBI terkait penipuan berbasis teks yang terkait dengan tagihan tol.

    Para peneliti mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa mereka melacak sekitar 330.000 penipuan dengan modus tagihan tol dalam sehari pada bulan lalu. Jumlah itu naik 3 kali lipat dari yang dihimpun pada Januari 2024.

    Skema penipuan ini sudah sangat mapan, sehingga kelompok kriminal menjual perangkat keras siap pakai di Telegram untuk menjalankan kejahatan siber ini.

    Pengguna HP diperingatkan untuk tidak menanggapi permintaan dari nomor yang tidak dikenal atau memasukkan detail pembayaran ke situs web pemerintah yang tidak resmi.

    Meskipun kejadian ini marak di Amerika Serikat (AS), namun pola penipuan yang sama bisa saja terjadi di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat dan terus waspada di internet!

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Samsung Pastikan Tanggal Peluncuran Headset XR Project Moohan

    Samsung Pastikan Tanggal Peluncuran Headset XR Project Moohan

    Jakarta

    Setelah sempat beberapa kali meleset dari jadwal yang beredar, Samsung akhirnya resmi mengumumkan tanggal peluncuran headset XR perdananya, Project Moohan.

    Perangkat ini akan diperkenalkan pada 21 Oktober dalam Galaxy Event yang disiarkan langsung melalui YouTube Samsung mulai pukul 22.00 WIB, demikian dikutip detikINET dari GSM Arena, Rabu (15/10/2025).

    Sebelumnya, Project Moohan dikabarkan bakal rilis 29 September. Ketika itu tak terjadi, rumor baru bermunculan dan menyebut 21 atau 22 Oktober sebagai kandidat. Kini, salah satunya terbukti melalui konfirmasi resmi Samsung.

    Samsung menegaskan bahwa Project Moohan bukan sekadar perangkat XR, tetapi bagian dari strategi besar mereka dalam menghadirkan kategori perangkat AI-native. Perusahaan menyebut visinya berpusat pada inovasi yang mengubah cara orang terhubung dan berinteraksi dengan dunia.

    Sebagai pemimpin di ranah mobile AI, Samsung mengklaim sedang membuka era baru perangkat yang sejak awal dirancang dengan kecerdasan buatan. Dalam konteks ini, Android XR menjadi platform kunci.

    Android XR dikembangkan bersama Google dan Qualcomm sebagai platform terbuka dan skalabel dengan AI yang tertanam sejak awal. Sistem ini dirancang agar bisa diterapkan lintas perangkat dan kategori, menghadirkan pengalaman XR yang relevan untuk kebutuhan harian maupun lingkungan profesional.

    Sebagai produk pertama yang dibangun di atas platform tersebut, Project Moohan jadi contoh bagaimana pendekatan baru ini diimplementasikan dalam perangkat nyata.

    Headset ini ditenagai chipset Snapdragon XR2+ Gen 2 dan menjalankan Android XR. Bocoran sebelumnya menampilkan desain dan spesifikasi yang digadang-gadang membuatnya siap head-to-head dengan perangkat sekelas Apple Vision Pro.

    Samsung menggambarkan Project Moohan sebagai perangkat yang menggabungkan utilitas sehari-hari dengan pengalaman imersif. Mereka menyebut inilah tahap di mana potensi XR “hidup” sepenuhnya–membuka dimensi baru cara berinteraksi, bekerja, dan menikmati konten.

    Walau nama resminya belum diungkap, banyak bocoran menyebut perangkat ini akan dipasarkan sebagai Galaxy XR, sejalan dengan ekosistem Galaxy dan positioning Samsung di perangkat AI generasi berikutnya.

    Dengan konfirmasi ini, Samsung tak hanya meredam spekulasi yang beredar sejak September, tetapi sekaligus mengisyaratkan bahwa Project Moohan akan menjadi batu loncatan penting dalam peta persaingan XR global.

    (asj/asj)

  • Dunia Cemas, Warga RI Lebih Percaya China Ketimbang Amerika

    Dunia Cemas, Warga RI Lebih Percaya China Ketimbang Amerika

    Jakarta, CNBC Indonesia – Penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) kian meluas di kehidupan sehari-hari. Ada banyak aplikasi populer yang mengintengrasikan kemampuan AI, mulai dari browser, mesin pencari, hingga media sosial dan layanan pesan singkat.

    Popularitas AI yang dimulai dari kemunculan chatbot ChatGPT buatan OpenAI, kini sudah berkembang jauh. Buktinya bisa dilihat dari kemunculan layanan pembuatan konten visual berbasis AI seperti Sora 2 dan Nano Banana di Google Gemini.

    Bukan cuma untuk masyarakat umum, AI juga dimanfaatkan oleh perusahaan telekomunikasi, transportasi, kesehatan, ritel, untuk menggenjot produktivitas dan efisiensi. Hal ini pula yang memicu kekhawatiran AI akan menggantikan peran pekerja manusia.

    Penelitian terbaru dari Pew Research menunjukkan bagaimana masyarakat dunia merespons kehadiran AI dalam kehidupan mereka. Survei dilakukan di 25 negara dan dipublikasikan pada 15 Oktober 2025.

    Warga Dunia Cemas Gara-gara AI

    Hasil survey menunjukkan lebih banyak masyarakat dunia yang cemas ketimbang antusias (34%) dengan kehadiran AI. Sebaliknya, lebih sedikit yang cenderung antusias ketimbang khawatir (16%) dengan kemunculan teknologi baru ini.

    Mayoritas hasil survey menunjukkan masyarakat seimbang antara khawatir dan antusias (42%) atas kehadiran AI dalam kehidupan mereka.

    Kekhawatiran terhadap AI paling banyak ditemukan di Amerika Serikat (AS), Italia, Australia, Brasil, dan Mesir. Lebih dari 50% yang mengaku khawatir AI akan berdampak pada kehidupan mereka.

    Survei Pew Research juga menunjukkan korelasi antara pendapatan masyarakat di sebuah negara, yang ditentukan dari PDB per kapita, dengan pengetahuan mereka terkait AI.

    Misalnya, lebih dari 50% masyarakat di negara berpendapatan tinggi seperti Jepang, Jerman, Prancis, dan AS, yang sudah banyak terpapar dan mengetahui soal AI. Sementara di India hanya 14% dan Kenya cuma 12%.

    Warga RI Lebih Percaya China daripada AS

    Studi lainnya mengungkap soal bagaimana kepercayaan masyarakat dunia terhadap regulasi AI. Mayoritas masyarakat di berbagai belahan dunia lebih percaya negara mereka sendiri yang mengatur AI.

    Indonesia menjadi salah satu negara yang masyarakatnya percaya pada aturan yang dibuat pemerintah, ketimbang harus diatur oleh negara lain seperti AS dan China.

    Lebih spesifik, 89% responden di India, 74% di Indonesia, dan 72% di Israel, ingin negara mereka yang mengatur soal adopsi AI.

    Sementara itu, warga AS lumayan imbang, antara yang percaya (44%) dan tidak percaya (47%) dengan negara mereka untuk mengatur AI.

    Secara umum, masyarakat yang lebih antusias dengan kehadiran AI cenderung percaya bahwa negara mereka bisa mengatur penggunaan AI, ketimbang harus mengikuti negara lain.

    Untuk entitas pengatur AI global, lebih banyak masyarakat yang percaya dengan Uni Eropa (53%) untuk memegang kendali. Selanjutnya Amerika Serikat (37%), dan terakhir China (21%).

    Kendati demikian, Indonesia dan Afrika Selatan adalah negara-negara yang disebut lebih percaya kepada China sebagai entitas regulator AI global.

    Pew Research mencatat Indonesia dan Afrika Selatan merupakan negara yang masyarakatnya cenderung memiliki pandangan positif terhadap China ketimbang Amerika.

    Secara umum, orang dewasa berusia lebih muda di 19 negara cenderung lebih percaya kepada China sebagai regulator AI. Sementara kepercayaan terhadap AS sebagai regulator AI lebih cenderung di antara orang-orang yang berideologi kanan, serta orang-orang Eropa yang mendukung partai kanan populis.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Hilirisasi Jadi Andalan, Dharma Jaya Perluas Pemasaran

    Hilirisasi Jadi Andalan, Dharma Jaya Perluas Pemasaran

    Jakarta: Perumda Dharma Jaya meningkatkan target kapasitas bisnis penggemukkan sapi dari 5 ribu ekor pada 2025, menjadi 10 ribu ekor pada 2026. Langkah ini menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk memperkuat ketahanan pangan.

    Direktur Utama Perumda Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman mengatakan, langkah ini sekaligus mendukung program pemerintah pusat yang menargetkan populasi 1 juta ekor sapi nasional.

    Dia menyebut bisnis penggemukan sapi saat ini menjadi salah satu sumber pendapatan baru yang cukup menjanjikan bagi Dharma Jaya. Selain memperbesar skala usaha, Dharma Jaya juga memastikan rantai pasok daging tetap stabil dan terjangkau bagi masyarakat Jakarta.

    Tak hanya fokus pada budidaya, Dharma Jaya juga mulai melirik pengembangan produk olahan daging untuk memperluas lini bisnis dan meningkatkan profitabilitas. Raditya mengungkapkan, perusahaan berencana membuat bakso dan sosis sebagai tahap awal diversifikasi produk turunan daging sapi.

    “Kita akan bikin produk-produk turunan seperti bakso dan sosis,” katanya.

    Selain dua produk utama tersebut, Dharma Jaya tengah melakukan kajian terhadap potensi pasar produk lain seperti nugget daging sapi. Namun, berdasarkan riset internal, preferensi konsumen terutama anak-anak lebih condong pada nugget ayam.

    Meski begitu, tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan varian produk olahan lain yang memiliki daya tarik tinggi di pasar. “Nanti kami coba pelajari bentuk produk lain selain sosis dan bakso,” ujarnya.

    Raditya menjelaskan, upaya pengembangan produk olahan ini juga menjadi bagian dari strategi peningkatan profit Dharma Jaya ke depan. Ia mengatakan, pihaknya akan terus beradaptasi dengan tren dan kebutuhan pasar.

    Ia menambahkan, dengan dua strategi utama, ekspansi penggemukan sapi dan pengembangan industri olahan, Dharma Jaya menargetkan posisi yang lebih kuat sebagai BUMD pangan strategis DKI Jakarta.

    “Langkah strategis ini diharapkan selain mendorong peningkatan kinerja dan pendapatan perusahaan, tetapi juga memperkuat peran Perumda Dharma Jaya sebagai motor penggerak dalam mendukung ketahanan pangan serta memberikan lebih banyak pilihan harga yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat Jakarta,” katanya.

    Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, ekspansi usaha penggemukan sapi dan pengembangan produk olahan daging merupakan bentuk nyata dari hilirisasi sektor pangan yang sejalan dengan arah kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

    “Upaya ini tidak hanya memperkuat ketahanan pangan daerah, tetapi juga menunjukkan komitmen Dharma Jaya dalam berinovasi dan beradaptasi terhadap kebutuhan pasar yang dinamis,” katanya.

    Eli menilai strategi hilirisasi yang dijalankan Dharma Jaya mampu memberikan dampak ganda, baik secara ekonomi maupun sosial. Selain membuka peluang peningkatan pendapatan perusahaan, langkah ini juga berpotensi menciptakan lapangan kerja baru dan memperluas rantai nilai industri pangan di Jakarta.

    “Kami berharap Dharma Jaya terus memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pelaku UMKM dan sektor swasta, agar transformasi bisnis ini dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat,” kata Eli.

    Jakarta: Perumda Dharma Jaya meningkatkan target kapasitas bisnis penggemukkan sapi dari 5 ribu ekor pada 2025, menjadi 10 ribu ekor pada 2026. Langkah ini menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk memperkuat ketahanan pangan.
     
    Direktur Utama Perumda Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman mengatakan, langkah ini sekaligus mendukung program pemerintah pusat yang menargetkan populasi 1 juta ekor sapi nasional.
     
    Dia menyebut bisnis penggemukan sapi saat ini menjadi salah satu sumber pendapatan baru yang cukup menjanjikan bagi Dharma Jaya. Selain memperbesar skala usaha, Dharma Jaya juga memastikan rantai pasok daging tetap stabil dan terjangkau bagi masyarakat Jakarta.

    Tak hanya fokus pada budidaya, Dharma Jaya juga mulai melirik pengembangan produk olahan daging untuk memperluas lini bisnis dan meningkatkan profitabilitas. Raditya mengungkapkan, perusahaan berencana membuat bakso dan sosis sebagai tahap awal diversifikasi produk turunan daging sapi.
     
    “Kita akan bikin produk-produk turunan seperti bakso dan sosis,” katanya.
     
    Selain dua produk utama tersebut, Dharma Jaya tengah melakukan kajian terhadap potensi pasar produk lain seperti nugget daging sapi. Namun, berdasarkan riset internal, preferensi konsumen terutama anak-anak lebih condong pada nugget ayam.
     
    Meski begitu, tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan varian produk olahan lain yang memiliki daya tarik tinggi di pasar. “Nanti kami coba pelajari bentuk produk lain selain sosis dan bakso,” ujarnya.
     
    Raditya menjelaskan, upaya pengembangan produk olahan ini juga menjadi bagian dari strategi peningkatan profit Dharma Jaya ke depan. Ia mengatakan, pihaknya akan terus beradaptasi dengan tren dan kebutuhan pasar.
     
    Ia menambahkan, dengan dua strategi utama, ekspansi penggemukan sapi dan pengembangan industri olahan, Dharma Jaya menargetkan posisi yang lebih kuat sebagai BUMD pangan strategis DKI Jakarta.
     
    “Langkah strategis ini diharapkan selain mendorong peningkatan kinerja dan pendapatan perusahaan, tetapi juga memperkuat peran Perumda Dharma Jaya sebagai motor penggerak dalam mendukung ketahanan pangan serta memberikan lebih banyak pilihan harga yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat Jakarta,” katanya.
     
    Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, ekspansi usaha penggemukan sapi dan pengembangan produk olahan daging merupakan bentuk nyata dari hilirisasi sektor pangan yang sejalan dengan arah kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
     
    “Upaya ini tidak hanya memperkuat ketahanan pangan daerah, tetapi juga menunjukkan komitmen Dharma Jaya dalam berinovasi dan beradaptasi terhadap kebutuhan pasar yang dinamis,” katanya.
     
    Eli menilai strategi hilirisasi yang dijalankan Dharma Jaya mampu memberikan dampak ganda, baik secara ekonomi maupun sosial. Selain membuka peluang peningkatan pendapatan perusahaan, langkah ini juga berpotensi menciptakan lapangan kerja baru dan memperluas rantai nilai industri pangan di Jakarta.
     
    “Kami berharap Dharma Jaya terus memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pelaku UMKM dan sektor swasta, agar transformasi bisnis ini dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat,” kata Eli.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (FZN)

  • Petaka Buat Driver Online Meluas, Eropa Sudah Terdampak

    Petaka Buat Driver Online Meluas, Eropa Sudah Terdampak

    Jakarta, CNBC Indonesia – Nasib pengemudi online tampaknya akan makin sulit di masa depan. Masifnya perkembangan taksi tanpa sopir (robotaxi) telah meluas hingga ke Eropa.

    Mulanya, tren uji coba robotaxi masih berkutat di Amerika Serikat (AS) dan China, sebagai negara ‘rumah’ bagi inovasi teknologi. Namun, pelan-pelan raksasa teknologi di sektor robotaxi telah berekspansi ke Singapura, Jepang, Uni Emirat Arab, hingga yang terbaru Eropa. 

    Raksasa teknologi asal AS, Waymo, mengumumkan rencana meluncurkan layanan taksi tanpa pengemudi (robotaxi) di London mulai tahun 2026.

    Langkah ini menandai ekspansi internasional pertama perusahaan yang berada di bawah naungan Alphabet, induk Google.

    Jika rencana ini terealisasi, maka pengemudi taksi tradisional, termasuk ikon black cab London, akan menghadapi ancaman nyata dari teknologi otonom.

    Mengutip The Verge, Waymo akan lebih dulu mengoperasikan robotaxi dengan pengemudi pengaman untuk pengumpulan data dalam beberapa minggu ke depan.

    Setelah itu, layanan sepenuhnya tanpa pengemudi akan dibuka untuk publik melalui aplikasi Waymo pada 2026.

    Kendaraan tersebut akan dikelola oleh perusahaan armada Moove, yang juga menangani operasional Waymo di Phoenix, Austin, dan dalam waktu dekat Miami.

    Langkah Waymo ini bertepatan dengan kebijakan baru pemerintah Inggris yang berencana menguji layanan transportasi otonom pada musim semi 2026.

    Namun, penerapan penuh baru akan dilakukan setelah Automated Vehicles Act 2024 berlaku secara menyeluruh di akhir 2027.

    Waymo sendiri sudah lama melirik pasar Inggris. Bulan lalu, media The Telegraph melaporkan bahwa perusahaan mulai membuka lowongan untuk sejumlah posisi teknis di London, termasuk “fleet readiness lead” dan tim rekayasa di pusat teknologi London dan Oxford.

    London bukan satu-satunya target. Sebelumnya, Waymo telah mengirim dua lusin SUV Jaguar otonom ke Tokyo untuk uji coba terbatas, dengan rencana ekspansi komersial ke Jepang.

    Namun, Waymo bukan satu-satunya pemain di pasar mobil otonom Inggris. Uber diketahui menggandeng startup lokal Wayve untuk menguji mobil tanpa pengemudi di London tahun depan.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]