Perusahaan: Gojek

  • Startup Disebut Kejar Untung di MBG, Pengamat Was-was Kualitas Makanan Turun

    Startup Disebut Kejar Untung di MBG, Pengamat Was-was Kualitas Makanan Turun

    Bisnis.com, JAKARTA – Keterlibatan startup digital di program Makan Bergizi Gratis (MBG) dikhawatirkan membuat kualitas makanan yang diberikan kepada penerima manfaat menurun. Startup sebagai perusahaan swasta mengejar untung berpotensi membuat kualitas makanan yang diberikan kurang optimal. 

    Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Nailul Huda mengatakan keterlibatan layanan pengantaran swasta akan menambah biaya program MBG yang terbatas. Langkah ini dikhawatirkan bakal mengorbankan kualitas makanan bergizi yang diberikan kepada para peserta.  

    “Dengan anggaran yang sangat terbatas, akan mengurangi kualitas makan bergizi-nya. Kecuali jika startup tersebut ingin masuk ke dalam program secara sukarela tanpa ada biaya sepeserpun. Tapi jika ada biaya, saya rasa mengurangi kualitas makanan,” kata Huda kepada Bisnis, Senin (25/11/2024). 

    Adapun mengenai tantangan lainnya saat melibatkan perusahaan teknologi di program MBG, kata Huda, kesiapan digital pada masing-masing daerah. 

    Huda menilai ketimpangan digital di Indonesia masih sangat luas. Dia juga mengidentifikasi tiga aspek hambatan saat melibatkan perusahaan teknologi dalam MBG. 

    Aspek pertama adalah aspek infrastruktur yang masih terjadi blind spot (kosong sinyal) di beberapa daerah terutama di Indonesia timur. Beberapa desa di kawasan Indonesia timur masih belum tercover sinyal internet yang kuat. 

    Selanjutnya, kata Huda, aspek sumber daya manusia yang saya yakin tidak semua pendidik ataupun aktor di daerah yang terlibat paham menggunakan internet untuk keperluan program tersebut. 

    “Ketiga, penggunaan internet untuk aktivitas ekonomi juga masih kurang termasuk untuk program makan siang gratis. Akibatnya operasional dari mitra transportasi online akan sangat terbatas,” kata Huda. 

    Sebelumnya, PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) dan Grab Indonesia terlibat dalam program Makan Bergizi Gratis. Keduanya menawarkan skema pemesanan yang berbeda dengan sejumlah pertimbangan. Kemudian, setiap porsi makanan yang akan dibagikan kepada penerima manfaat memiliki nilai sebesar Rp15.000, sudah termasuk ongkos pengantaran. 

    GOTO dan GRAB menjamin kualitas yang diberikan terjaga karena melibatkan beberapa pihak untuk mengontrol standar kualitas makanan. 

    Chief of Public Policy and Government Relation GoTo Group Ade Mulya mengatakan demi menjamin kualitas makanan dan penyajiannya, GOTO sudah menyiapkan standar operasional yang rigid untuk memastikan makanan yang dikonsumsi memenuhi standar gizi yang baik dan juga aman untuk dikonsumsi oleh para siswa penerima. 

    Program MBG CSR GoTo di setiap sekolah telah mendapat persetujuan dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan setempat untuk memastikan setiap porsi makanan yang diberikan ke siswa memenuhi gizi dan nutrisi yang mendukung tumbuh kembang anak. 

    “UMKM yang terlibat juga dipastikan memenuhi standar higienitas dan keamanan yang disertifikasi oleh Biro Klasifikasi Indonesia (BKI),” kata Ade kepada Bisnis, Kamis (21/11/2024). 

  • Grab di Program MBG, Beda Cara Pemesanan Makanan

    Grab di Program MBG, Beda Cara Pemesanan Makanan

    Bisnis.com, JAKARTA – PT GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) dan Grab Indonesia telibat dalam program Makan Bergizi Gratis. Keduanya menawarkan skema pemesanan yang berbeda dengan sejumlah pertimbangan. 

    GOTO

    Chief of Public Policy and Government Relation GoTo Group Ade Mulya mengatakan program MBG CSR GOTO diinisiasi oleh Grup GoTo sebagai bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan sekaligus untuk mendukung implementasi Program Makan Bergizi Gratis pemerintah. 

    Adapun proses pemesanan dimulai dengan perwakilan sekolah melakukan konfirmasi jadwal pembelajaran sekolah melalui layanan digital fitur Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA) di aplikasi Gojek. Selanjutnya, layanan digital fitur GOTA secara otomatis memesan makan bergizi gratis dari UMKM unggulan di sekitar sekolah. 

    “Semua proses ini terintegrasi dengan dompet digital. Jumlah porsi makanan bergizi gratis disesuaikan dengan jumlah siswa yang menjadi penerima manfaat.” kata Ade kepada Bisnis, Senin (25/11/2024). 

    Logo GOTO di layar smartphonePerbesar

    Ade menambahkan setelah dipesan, makanan akan diantar oleh mitra pengemudi ke masing-masing sekolah dengan standar kualitas makanan yang terjaga. 

    Lebih lanjut, demi menjamin kualitas makanan dan penyajiannya, GOTO sudah menyiapkan SOP yang rigid untuk memastikan makanan yang dikonsumsi memenuhi standar gizi yang baik dan juga aman untuk dikonsumsi oleh para siswa penerima. 

    “Program MBG CSR GoTo di setiap sekolah telah mendapat persetujuan dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan setempat untuk memastikan setiap porsi makanan yang diberikan ke siswa memenuhi gizi,” kata Ade. 

    Grab Indonesia

    Sementara itu, Chief of Public Affairs, Grab Indonesia Tirza Munusamy mengatakan Grab dan OVO turut mendukung program pemerintah, Program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang berfokus pada peningkatan gizi di Indonesia, dengan melakukan uji coba program serta penelitian peningkatan gizi dan dampak sosial-ekonomi. ]

    Uji coba program MBG ini dilaksanakan selama 90 hari atas rekomendasi ahli gizi sejak September hingga Desember 2024 di tiga wilayah, yaitu Kulon Progo (Yogyakarta), Kebumen (Jawa Tengah) dan Langowan (Sulawesi Utara).
    Sesuai acuan pemerintah, paket makanan yang dibagikan untuk siswa sekolah yaitu senilai Rp15.000 per paket makanan. 

    Adapun mengenai pemesanan makanan, pihak sekolah memesan makan bergizi gratis melalui aplikasi Grab menggunakan e-voucher dari Grab For Business, sehingga memudahkan dalam memonitor pesanan. Setelah itu, Mitra UMKM akan mendapatkan pesanan dan jadwal pengiriman terjadwal. 

    “Makanan akan diantarkan oleh Mitra Pengemudi ke sekolah sesuai kuantitas yang dipesan. Kami akan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah maupun kolaborasi dengan pihak swasta lainnya untuk menyukseskan program MBG,” kata Tirza. 

    Grab Perbesar

    Diketahui bahwa masing-masing perusahaan menyediakan pemesanan melalui aplikasi. Perbedaannya adalah GOTO akan menunjuk UMKM langsung yang berada di dekat sekolah untuk menyiapkan makanan. Sementara itu Grab Indonesia memberikan menyerahkan sepenuhnya merchant penyedia MBG kepada pihak sekolah. 

    GOTO mengintegrasikan aplikasi pemesanan dengan dompet digital sehingga lebih seamless. Sementara Grab mengharuskan pihak sekolah untuk membeli e-voucher di Grab terlebih dahulu. Mengenai harga, masing-masing membanderol dengan tarif Rp15.000 per porsi. 

  • Grab Patok Paket Makanan di Program MBG Rp15.000 per Porsi, Sama Seperti GOTO

    Grab Patok Paket Makanan di Program MBG Rp15.000 per Porsi, Sama Seperti GOTO

    Bisnis.com, JAKARTA – Grab Indonesia mematok harga paket makanan per porsi di program Makan Siang Bergizi senilai Rp15.000 per porsi. Harga tersebut sama seperti yang diterapkan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO).

    Chief of Public Affairs Grab Indonesia Tirza Munusamy mengatakan Grab dan OVO turut mendukung program pemerintah, Program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang berfokus pada peningkatan gizi di Indonesia.

    Perusahaan melakukan uji coba program serta penelitian peningkatan gizi dan dampak sosial-ekonomi, yang dilaksanakan selama 90 hari atas rekomendasi ahli gizi sejak September hingga Desember 2024 di tiga wilayah, yaitu Kulon Progo, Provinsi Yogyakarta, Kebumen, Provinsi Jawa Tengah dan Langowan, Provinsi Sulawesi Utara. Adapun mengenai harga per porsi yang ditawarkan yaitu Rp15.000 per porsi.  

    “Sesuai acuan pemerintah, paket makanan yang dibagikan untuk siswa sekolah yaitu senilai Rp15.000 per paket makanan,” kata Tirza kepada Bisnis, Sabtu (23/11/2024). 

    Tirza menambahkan terkait jumlah harga yang tertera pada foto pendukung siaran pers berjudul “Serius Tangani Uji Coba Program Makan Bergizi Gratis, Grab & OVO Pelopori Digitalisasi Proses dan Jaga Standar Kebersihan Makanan”, harga tersebut adalah harga total pesanan per hari, sesuai dengan jumlah penerima di SD Muhammadiyah 1 Wonopeti di Kulon Progo, Yogyakarta. 

    Untuk memesan paket MBG Grab, Tirza menjelaskan pihak sekolah memesan  melalui aplikasi Grab menggunakan e-voucher dari Grab For Business, sehingga memudahkan dalam memonitor pesanan. Setelah itu, Mitra UMKM akan mendapatkan pesanan dan jadwal pengiriman terjadwal. Makanan akan diantarkan oleh Mitra Pengemudi ke sekolah sesuai kuantitas yang dipesan. 

    “Kami akan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah maupun kolaborasi dengan pihak swasta lainnya untuk menyukseskan program MBG,” kata Tirza.

    Diketahui, Grab melaporkan mencetak laba bersih sebesar US$15 juta atau sekitar  Rp236,73 miliar (kurs jisdor Rp15.782), sementara GOTO menurunkan rugi bersih ke Rp4,31 triliun dari posisi Rp9,54 triliun pada September 2023. Perbandingan kinerja Grab dan Gojek Tokopedia itu terekam pada laporan keuangan masing-masing perusahaan pada kuartal III/2024. 

    Anthony Tan, Group Chief Executive Officer dan Co-Founder Grab mengatakan kuartal III/2024 menjadi periode yang kuat bagi Grab karena investasi yang dilakukan pada seluruh segmen bisnis mendorong pertumbuhan Gross Merchandise Value (GMV).

    “Kami melayani lebih banyak pengguna dari sebelumnya, dengan 42 juta pengguna bertransaksi di platform kami,” ujarnya dalam keterangan resmi dikutip, Rabu (13/11/2024).

    Grab pada 9 bulan pertama 2024 berhasil mencetak pendapatan senilai US$716 juta, tumbuh 16,42% secara tahunan (year on year/YoY). Pertumbuhan pendapatan itu lantaran hampir semua lini bisnis Grab moncer.

    Lini bisnis deliveries atau pengiriman seperti GrabFood dan GrabExpres menjadi penyumbang pendapatan paling besar. Lini Deliveries meraup pendapatan senilai US$380 juta, tumbuh 13,43% YoY.  

    Selanjutnya ada layanan mobility atau GrabBike dan GrabCar mencetak pendapatan senilai US$271 juta, naik 17,32% secara tahunan. Pertumbuhan pendapatan Grab juga ditopang oleh layanan finansial atau jasa keuangan yang menyumbang US$64 juta, naik 33,33% dari sebelumnya senilai US$48 juta. 

    Grab juga mampu menekan kerugian operasional menjadi US$38 juta pada September 204 dari posisi US$93 juta. Alhasil, laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) seluruh segmen yang disesuaikan menjadi US$178 juta, naik 42,40% YoY.

  • GOTO Pastikan Kualitas Makanan MBG CSR Terjamin, Begini Cara Pemesanannya

    GOTO Pastikan Kualitas Makanan MBG CSR Terjamin, Begini Cara Pemesanannya

    Bisnis.com, JAKARTA – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) melibatkan dinas kesehatan dan dinas pendidikan setempat untuk memastikan kualitas makanan dalam program Makan Bergizi Gratis (MBG) terjaga. 

    Chief of Public Policy and Government Relation GoTo Group Ade Mulya mengatakan demi menjamin kualitas makanan dan penyajiannya, GOTO sudah menyiapkan standar operasional yang rigid untuk memastikan makanan yang dikonsumsi memenuhi standar gizi yang baik dan juga aman untuk dikonsumsi oleh para siswa penerima. 

    Program MBG CSR GoTo di setiap sekolah telah mendapat persetujuan dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan setempat untuk memastikan setiap porsi makanan yang diberikan ke siswa memenuhi gizi dan nutrisi yang mendukung tumbuh kembang anak. 

    “UMKM yang terlibat juga dipastikan memenuhi standar higienitas dan keamanan yang disertifikasi oleh Biro Klasifikasi Indonesia (BKI),” kata Ade kepada Bisnis, Kamis (21/11/2024). 

    Sekadar informasi, GoTo Group meluncurkan Program Makan Bergizi Gratis (MBG) melalui skema corporate social responsibility (CSR) perusahaan. Program ini telah menjangkau lebih dari 10.000 siswa di 31 sekolah yang tersebar di 13 Kota/Kabupaten, yakni Bogor, Jakarta Timur, Bekasi, Bandung, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Medan, Makassar, Banjarmasin, Pekanbaru, dan Palembang.

    Adapun untuk memesan paket GOTO, Ade menjelaskan proses pemesanan dimulai dengan perwakilan sekolah melakukan konfirmasi jadwal pembelajaran sekolah melalui layanan digital fitur Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA) di aplikasi Gojek. 

    Selanjutnya, layanan digital fitur GOTA secara otomatis memesan makan bergizi gratis dari UMKM unggulan di sekitar sekolah, semua proses ini terintegrasi dengan dompet digital. 

    “Jumlah porsi makanan bergizi gratis disesuaikan dengan jumlah siswa yang menjadi penerima manfaat. Setelah dipesan, makanan akan diantar oleh mitra pengemudi ke masing-masing sekolah,” kata Ade. 

  • GOTO Banderol Paket MBG Rp15.000 per Porsi, Ini Alasannya

    GOTO Banderol Paket MBG Rp15.000 per Porsi, Ini Alasannya

    Bisnis.com, JAKARTA – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) membanderol harga per porsi makanan pada program Makan Siang Bergizi senilai Rp15.000 per porsi. Harga tersebut sudah termasuk biaya pengantaran. 

    Chief of Public Policy and Government Relation GoTo Group Ade Mulya mengatakan program MBG yang diinisiasi oleh Grup GoTo merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan sekaligus untuk mendukung implementasi Program Makan Bergizi Gratis pemerintah. 

    GOTO menyelenggarakan program ini untuk menindaklanjuti arahan yang diberikan oleh Presiden Prabowo Subianto.

    Program ini merupakan salah satu wujud nyata dari  GoTo Group sebagai karya anak bangsa yang berjuang untuk Indonesia dan berjalan beriringan dengan pemerintah dalam berbagai inisiatif pembangunan ekonomi Indonesia. 

    Perusahaan mengenakan biaya belasan ribu rupiah untuk setiap porsi pada program ini untuk makanan yang disajikan, termasuk pengantaran.

    “Dalam program ini, harga per-porsi makanan adalah Rp15.000, sudah termasuk penjemputan dan pengantaran makanannya,” kata Ade kepada Bisnis, Kamis (21/11/2024). 

    Ade menuturkan penetapan harga tersebut tidak terlepas dari keterlibatan perusahaan selama 5 bulan dalam program uji coba MBG. Selama uji coba dilakukan, GOTO memperoleh kesempatan untuk mempelajari tantangan dan hambatan di lapangan dan juga dampak ekonomi atau multiplier effect dari MBG. 

    “Kami juga mendapat masukan mengenai variasi menu, ketepatan waktu penyediaan dan pengantaran makanan, serta harga produksi dari makanan yang diberikan kepada siswa-siswa penerima manfaat, hingga upaya untuk meminimalisir sampah sisa makanan,” kata Ade. 

    Sebelumnya, dalam rangka mendukung Program Makan Bergizi Gratis Presiden Prabowo Subianto, GOTO secara resmi meluncurkan Program Makan Bergizi Gratis (MBG) di 13 kota/kabupaten yaitu Bogor, Jakarta Timur, Bekasi, Bandung, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Medan, Makassar, Banjarmasin, Pekanbaru, dan Palembang.

    Program yang uji cobanya berjalan sejak 20 Mei 2024 ini telah menjangkau 31 sekolah dengan lebih dari 10.000 siswa penerima manfaat. Program ini ditargetkan dapat menyalurkan sekitar 3 juta porsi makan bergizi gratis. 

  • Grab-GOTO Bertarung di Program Makan Siang Bergizi: Jangkauan, Kualitas dan Target

    Grab-GOTO Bertarung di Program Makan Siang Bergizi: Jangkauan, Kualitas dan Target

    Bisnis.com, JAKARTA – Dua perusahaan ride hailing raksasa Indonesia Gojek dan Grab telah melakukan uji coba program makan bergizi gratis (MBG), yang saat ini menjadi perhatian pemerintah Prabowo Subianto.

    Mengandalkan ekosistem yang dimiliki PT Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) melalui Gojek dan Grab berusaha mendukung program ini dengan prima.

    Gojek memulai uji coba terlebih dahulu ketimbang Grab. Uji coba dilakukan sejak 5 bulan lalu atau tepatnya pada 20 Mei 2024. Sementara itu Grab, dalam pernyataan resmi, menyusul uji coba MBG bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah di Yogyakarta. 

    Lantas apa perbedaan MBG Grab dan Gojek?

    Kota yang terjangkau

    Dari sisi jangkauan, berdasarkan data yang dihimpun, Gojek menjangkau lebih banyak kota dan kabupaten. Total ada 13 kota dengan 31 sekolah serta 10.000 siswa yang menerima manfaat program MBG Gojek. Program tersebut saat ini telah resmi menjadi program CSR perusahaan. Sementara itu Grab tidak menampilkan lebih detail mengenai kota-kota yang telah mereka jangkau. Dalam siaran persnya, Grab hanya baru melayani satu sekolah dasar di Yogyakarta. 

    Pengemudi memegang tulisan GOTOPerbesar

    Paket tersalurkan

    Selama uji coba Gojek mengumumkan telah menyalurkan paket MBG ke 10.000 siswa. Perusahaan menargetkan dapat menyalurkan 3 juta paket. Bisnis mencoba bertanya mengenai tenggat pemenuhan target 3 juta paket tersebut kepada Gojek. Perusahaan yang dipimpin oleh Patrick Walujo itu tidak memberi jawaban. 

    Sementara itu Grab, belum memberi tahu jumlah paket yang tersalurkan termasuk target yang ingin mereka capai. Dalam keterangan resminya, Grab hanya menyampaikan bahwa paket terbagi menjadi dua dalam bentuk prasmanan ataupun kotak makan stainless steel. 

    Kualitas

    Kualitas makanan menjadi salah satu fokus program mengingat tersebut akan diberikan kepada para siswa yang tergabung di MBG. 

    Perbesar

    GOTO menegaskan bahwa dalam mendukung program MBG perusahaan memberdayakan UMKM, mitra pengemudi dan dompet digital yang merupakan bagian dari ekosistem GoTo. 

    UMKM yang terlibat juga telah dipastikan memenuhi standar higienitas dan keamanan yang disertifikasi oleh Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), dipantau Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan setempat.
    Sementara itu Grab, pengukuran dampak gizi anak sekolah yang dilakukan oleh GSI Lab dan sosial ekonomi kepada Mitra UMKM. Grab juga mengeklaim menjaga standar keamanan, kebersihan, dan gizi makanan yang menyeluruh mulai dari pemilihan mitra UMKM, kebersihan dapur dan peralatan memasak, proses penyajian makanan, hingga penerapan standar gizi sesuai dengan acuan dari Badan Gizi Nasional dan rekomendasi ahli gizi.

  • Tokopedia Catat Penjualan Produk Elektronik Naik 9 Kali Lipat pada 11.11

    Tokopedia Catat Penjualan Produk Elektronik Naik 9 Kali Lipat pada 11.11

    Bisnis.com, JAKARTA – Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat produk rumah tangga dan elektronik menjadi yang terlaris dalam momen 11.11 tahun 2024.

    Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan mengatakan tidak hanya produk rumah tangga, produk groceries dan elektronik mengalami kenaikan pada momen 11.11 tahun ini.

    “Peningkatan transaksi tertinggi pada momen 11.11 tahun ini berasal dari kategori produk Groceries, Elektronik, dan Rumah Tangga, dengan rata-rata kenaikan hampir 9 kali lipat,” kata Aditia kepada Bisnis, Selasa (19/11)..

    Selain pada momen 11.11, Aditia menuturkan sampai dengan kuartal III/2024, Tokopedia mencatat beberapa kategori produk paling laris di Tokopedia. 

    Aditia menjabarkan kategori tersebut adalah fesyen, kecantikan dan perawatan tubuh, kesehatan, makanan dan minuman, dan rumah tangga.

    “Sedangkan di ShopTokopedia, antara lain fesyen, kecantikan dan perawatan tubuh, kesehatan, makanan dan minuman, home supplies, dan elektronik,” ujarnya.

    Lebih lanjut, Aditya menyampaikan pihaknya juga bersiap menyambut datangnya Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024 atau pada momen 12.12.

    Aditia menyebut, untuk menyambut Harbolnas Tokopedia senantiasa mempermudah masyarakat mengakses produk dari jutaan penjual dengan harga terjangkau, termasuk di setiap momen tanggal kembar.

    “Kami akan terus menggencarkan berbagai kampanye, salah satunya ‘Beli Lokal’ yang fokus memberikan etalase bagi merek lokal, dan beragam promo, seperti ‘Guncang’ di setiap tanggal kembar,” ucap Aditia.

    Sebelumnya, emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) mengantongi komisi atau imbalan jasa e-commerce mencapai Rp438,5 miliar dari Tokopedia hingga akhir September 2024. Adapun, Tokopedia telah memberikan pemasukan fee ke dalam pendapatan GOTO selama dua kuartal berturut-turut.

    Direktur Utama GOTO Patrick Walujo menuturkan perseroan melakukan inisiatif terhadap bisnis e-commerce  dengan melepas sebagian saham Tokopedia ke TikTok Shop pada 2023. Menurutnya, hal ini membuat GOTO mendapatkan aliran dana dari Tokopedia.

    “Kita bisa lihat bisnis e-commerce kami itu menjadi cash flow untuk GOTO karena kami mendapatkan e-commerce fees,” kata Patrick. 

    Selain itu, layanan jasa keuangan milik GOTO juga bisa melakukan aktivitas di toko milik Tokopedia. 

    Dalam earning calls kuartal III/2024, Patrick mengapresiasi kerja sama antara GOTO dan TikTok di bidang e-commerce. Dia pun meyakini bisnis Tokopedia kini berada di tangan yang tepat, yaitu TikTok. 

    Sementara itu, Direktur Keuangan GOTO Simon Ho mengatakan pada kuartal III/2024 ini GOTO mencatatkan pendapatan komisi penuh selama dua kuartal dari Tokopedia. Pendapatan komisi dari Tokopedia pada kuartal III/2024 ini adalah sebesar Rp191 miliar, atau setara US$12,6 juta. 

    Sebagaimana diketahui, GOTO melakukan dekonsolidasi Tokopedia per 1 Februari 2024. Mengutip Laporan Keuangan, GOTO mencatatkan imbalan jasa e-commerce sebesar Rp438,5 miliar dari Tokopedia sejak Februari-September 2024. 

  • Gegara Klakson, Sopir Taksi Online Dianiaya Pengendara Mobil di Tol, Baju sampai Compang-camping

    Gegara Klakson, Sopir Taksi Online Dianiaya Pengendara Mobil di Tol, Baju sampai Compang-camping

    TRIBUNJATIM.COM – Sopir taksi online dianiaya pengendara mobil Wuling warna putih bernomor polisi B 1715 BKX.

    Edwin Anunjaya menjadi korban penganiayaan saat melintasi tol Jakarta arah Tangerang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

    Tepatnya pada Minggu pagi, 17 November 2024.

    Saat itu, Edwin Anunjaya sedang membawa penumpang.

    Sementara pengendara mobil merek Wulling warna putih bernomor polisi B 1715 BKX berada di depannya mengambil ke arah kiri secara mendadak.

    Edwin pun berinisiatif untuk memberi klakson karena takut sopir kendaraan tersebut mengantuk atau sedang mabuk.

    “Maksudnya ingin tahu, nih, si pengemudi ini ngantuk apa mabuk. Tapi ternyata begitu saya kelakson dia marah,” ucapnya.

    “Tiba-tiba ngerem-ngerem gitu, kayak seakan pengin mundur gitu kan. Otomatis kan saya ikut ngerem,” lanjut dia.

    “Nah, ketika kita nyari aman ngambil ke kanan, dia ikut ke kanan,” ungkap Edwin Anunjaya, Senin, 18 November 2024.

    Kemudian, Edwin mengambil ke kiri, namun mobil Wuling tersebut masih terus mengikuti pergerakannya. 

    Edwin juga sudah berusaha meminta maaf jika memang klaksonnya membuat kaget.

    Ia sendiri merasa beruntung karena saat kejadian tersebut, kondisi lalu lintas masih sepi dari laju kendaraan.

    Jika saja arus kendaraan ramai, maka tidak menutup kemungkinan bakal terjadi kecelakaan.

    Edwin menduga, pengemudi mobil sedang mabuk karena ketika turun dari mobil sudah oleng dan sempat ditarik oleh wanita.

    Edwin Anunjaya, driver taksi online yang menjadi korban pengeroyokan oleh pengendara lain di Tol Jakarta arah Tangerang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu pagi, 17 November 2024 (Wartakotalive.com/Miftahul Munir)

    “Pengemudi lain pun sempet videoin juga mas, kita nyari aman kan.”

    “Karena saya, satu, juga di tengah tol, kedua, ya udah kata penumpangnya, ‘Sudah bang, sudah bang’,” ungkapnya.

    Meski dalam keadaan oleng, kata Edwin Ananjaya, pengemudi mobil tersebut menganiaya dirinya dan sempat dibantu oleh rekannya.

    Ia pun mengaku kaosnya sampai sobek dan kepalanya pusing usai dianiaya oleh pengendara Wuling.

    “Dua, dua, yang baju putih sama baju yang kuning. Dikeroyok, tanpa ampun.”

    “Kita sementara udah minta maaf segala macem, tapi dia arogan banget pukul saya.”

    “Seakan-akan tuh dia enggak mikir itu di tengah tol gitu lho, mas.”

    “Saya saja sendiri, istilah kita takut andai kata mobil belakang pada kenceng-kenceng, apa enggak selesai tuh, saya,” tegas Edwin Ananjaya.

    Namun hingga kini Edwin Ananjaya belum melapor ke polisi.

    Edwin Ananjaya mengaku baru melaporkan kasus penganiayaan tersebut ke manajemen aplikasi guna mengetahui langkah apa yang bakal diambil.

    Sebab, Edwin Ananjaya ingin mengikuti prosedur aplikator agar bisa didampingi oleh tim hukum dalam kasus penganiayaan ini.

    “Kalau saya tetap pakai prosedur, mas, karena kami kan ada wawancaranya ya, untuk sejauh ini baru cuma lapor sama pihak Gojek,” tuturnya.

    “Nah, kita tinggal tunggu konfirmasi pihak Gojek itu seperti apa, kita belum dikasih tahu,” tegas Edwin Anunjaya, Senin, 18 November 2024.

    Ilustrasi penganiayaan (Pixabay via Pexels)

    Menurut Edwin Anunjaya, dirinya tidak mengalami luka yang serius usai dianiaya oleh dua pengendara mobil merek Wuling warna putih.

    Namun ia mengalami pusing di kepala, dan pipinya terasa sakit meski tidak memar.

    Bukan itu saja, kaca spion mobilnya juga rusak akibat perbuatan para pelaku penganiayaan tersebut.

    “Mobil kaca spion saya saksinya pun penumpang saya tahu, kaca spion sampai ngeplek (copot menggantung) begitu.”

    “Akhirnya saya coba bawa ke bengkel, tadi pagi sempat kita service, kita benerin, supaya balik normal,” tegasnya.

    Meski dalam kondisi spion rusak dan mengalami penganiayaan, Edwin Ananjaya mengaku tetap mengantar penumpangnya sampai tujuan.

    Edwin Ananjaya merasa hal itu sudah jadi tanggung jawab dirinya sebagai driver taksi online.

    Ia juga tak ingin mengecewakan penumpangnya.

    “Karena kan memang dia (penumpangnya) juga kebetulan buru-buru, buru-buru memang mau tugas juga.”

    “Ya kita punya tanggung jawab sebagai taksi online, kita layanin dengan baik mas, kita antar sampai tempat,” ungkapnya.

    Sementara di Jawa Timur, seorang juru parkir di Kabupaten Banyuwangi mengaku ditodong dengan senjata api oleh pengemudi.

    Sang juru parkir bernama Fanani tersebut telah melapor ke polisi.

    Kejadian tersebut terjadi di Jalan Banterang Baru, Kelurahan Temenggungan, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi, Rabu (29/10/2024).

    Tepatnya di dekat Toko Abba Mart, tempat juru parkir tersebut bekerja.

    Kasat Reskrim Polresta Banyuwangi, Kompol Andrew Vega, membenarkan adanya laporan soal dugaan penodongan senjata api tersebut.

    Polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), meminta keterangan beberapa saksi, dan menghimpun informasi-informasi lainnya.

    “Saat ini kami sedang melakukan penyelidikan. Pengakuan korban, memang mengaku ditodong (senjata api),” kata Andrew, Kamis (31/10/2024).

    Suasana di lokasi tempat diduga penodongan senjata api oleh pengendara mobil kepada juru parkir (TribunJatim.com/Aflahul Abidin)

    Namun beberapa saksi di lokasi yang telah diperiksa polisi mengaku tak melihat langsung detik-detik penodongan tersebut.

    Maka dari itu, polisi masih mendalami kasus itu hingga saat ini.

    Menurut pengakuan sang juru parkir, pengemudi mobil yang diduga menodong dirinya mengendarai sedan BMW berwarna pink bernopol cantik.

    Menurut Andrew, CCTV di sekitar lokasi menunjukkan adanya kendaraan tersebut ketika kejadian.

    Tapi detik-detik penodongan tak terlihat dalam rekaman.

    “Kalau kendaraan itu memang ada di CCTV, sesuai dengan yang disebutkan pelapor. Tapi soal ada tidaknya penodongan itu yang masih kami dalami,” lanjutnya.

    Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, peristiwa tersebut terjadi pada Rabu siang.

    Para saksi di lokasi mengaku mengetahui peristiwa adu mulut antara tukang parkir dan pengendara sedan pink.

    “Kejadian waktu itu ada mobil boks yang mau masuk ke area parkir, sedan pink itu mengantre untuk lewat,” kata salah satu saksi yang bernama Yanto.

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews Tribunjatim.com

  • Penerapan Kembali Aturan Ganjil Genap Jakarta di Awal Pekan, Senin 18 November 2024 – Page 3

    Penerapan Kembali Aturan Ganjil Genap Jakarta di Awal Pekan, Senin 18 November 2024 – Page 3

    Bagi pengendara yang harus beraktivitas di kawasan ganjil genap, berikut beberapa tips yang dapat membantu:

    1. Periksa Pelat Nomor Kendaraan:

    Pastikan Anda mengetahui apakah plat nomor kendaraan Anda termasuk ganjil atau genap. Ini akan menentukan kapan Anda bisa menggunakan kendaraan di jalan-jalan tertentu.

    2. Gunakan Transportasi Umum:

    Manfaatkan transportasi umum seperti bus TransJakarta, MRT, atau KRL yang bebas dari aturan ganjil genap. Ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga lebih ramah lingkungan.

    3. Rencanakan Rute Alternatif:

    Jika perlu menggunakan kendaraan pribadi, rencanakan rute alternatif yang tidak terkena aturan ganjil genap. Aplikasi peta digital dapat membantu Anda menemukan rute terbaik.

    4. Berkendara di Luar Jam Puncak:

    Jika memungkinkan, atur jadwal perjalanan di luar jam-jam penerapan ganjil genap untuk menghindari kemacetan dan potensi pelanggaran.

    5. Coba Layanan Ride-Sharing:

    Layanan ride-sharing seperti Gojek atau Grab bisa menjadi alternatif praktis, terutama jika Anda harus bepergian ke daerah yang menerapkan ganjil genap.

    6. Carpooling:

    Berbagi kendaraan dengan teman atau rekan kerja yang memiliki tujuan searah dapat mengurangi jumlah kendaraan di jalan dan tentunya lebih ekonomis.

    Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan para pengendara dapat beradaptasi dengan aturan ganjil genap yang kembali berlaku, sekaligus berkontribusi dalam mengurangi kemacetan dan polusi di Jakarta. Selalu patuhi peraturan lalu lintas dan berkendara dengan aman.

  • Ini Dia Cara Mengaktifkan GoPay Pinjam

    Ini Dia Cara Mengaktifkan GoPay Pinjam

    Jakarta: Butuh pinjaman cepat dan gampang? GoPay Pinjam bisa jadi solusinya. Layanan ini memungkinkan kamu untuk pinjam uang langsung lewat aplikasi GoJek dengan proses yang praktis dan limit pinjaman yang fleksibel.
     
    Layanan ini cocok buat kebutuhan mendadak atau pengeluaran tak terduga. Mengutip laman Gopay, artikel ini akan membahas mengenai cara mengaktifkan dan limit awal GoPay Pinjam.
    Apa bisa pinjam uang di GoPay Pinjam?
    Tentu saja bisa, kamu bisa pinjam uang di GoPay Pinjam yang tersedia di aplikasi Gojek. Layanan ini memberikan pinjaman tunai hingga 25 juta dengan pilihan cicilan sampai 6 bulan, sehingga kamu bisa memenuhi kebutuhan mendesak dengan lebih tenang.
     

    Limit awal GoPay Pinjam
    Limit awal yang bisa kamu dapatkan di GoPay Pinjam mencapai hingga Rp15 juta, tergantung pada penilaian profil pengguna yang dilakukan oleh GoPay.
     
    Limit ini bisa bervariasi untuk setiap pengguna berdasarkan riwayat transaksi dan kelayakan mereka.
     

    Cara mengaktifkan GoPay Pinjam

    Kamu bisa aktivasi GoPay Pinjam lewat aplikasi GoPay, Gojek, atau Tokopedia. Cari dan klik GoPay Pinjam di halaman utama atau menu.
    Izinkan akses data akun supaya otomatis tersambung ke GoPay Pinjam. Kalau tidak setuju, kamu bisa pilih ‘Batal’ dan sambungkan secara manual.
    Ambil foto KTP dan selfie dengan jelas, jangan pakai flash.
    Lengkapi data diri seperti pekerjaan, kontak darurat, dan alamat tempat tinggal.
    Periksa kembali data yang diisi, pastikan sudah benar, lalu klik ‘Ajukan’.
    Tunggu hingga 24 jam untuk tahu apakah pengajuan kamu diterima atau tidak. Cek statusnya di halaman GoPay Pinjam.

    GoPay Pinjam bikin kebutuhan mendesak jadi lebih mudah diatasi dengan proses pengajuan yang simpel dan limit pinjaman yang fleksibel.
    Aktifkan layanan ini langsung di aplikasi, ajukan pinjaman sesuai kebutuhan, dan kelola keuanganmu dengan lebih praktis. (Nanda Sabrina Khumairoh)
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)