Perusahaan: Gojek

  • Pengumuman! Patrick Walujo Komitmen Jadi CEO GOTO sampai 2029

    Pengumuman! Patrick Walujo Komitmen Jadi CEO GOTO sampai 2029

    Jakarta

    Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Patrick Sugito Walujo menyatakan siap untuk tetap memimpin perseroan selama 4 tahun ke depan hingga 2029, bergantung pada persetujuan pemegang saham. Pengumuman ini disampaikan oleh pihak manajemen GOTO.

    “GoTo Gojek Tokopedia, ekosistem digital terbesar di Indonesia, hari ini mengumumkan bahwa Direktur Utama, Patrick Sugito Walujo berkomitmen untuk tetap menjabat sebagai Direktur Utama Perseroan hingga 2029,” tulis GOTO dalam keterangan resminya, Senin (6/1/2025).

    Manajemen juga menambahkan berdasarkan hukum dan peraturan Indonesia, setiap pengangkatan kembali atau perpanjangan masa jabatan bagi anggota direksi, harus mendapatkan persetujuan dari pemegang saham.

    Untuk diketahui, Patrick Walujo disahkan menjadi Direktur Utama GOTO dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 30 Juni 2023. Dalam 18 bulan kepemimpinannya, Patrick Walujo mengatakan dirinya merasa terhormat untuk memimpin GOTO dan menyampaikan ungkapan bangga untuk berkomitmen kuat memimpin GOTO dalam beberapa tahun ke depan.

    “Memimpin GoTo selama 18 bulan terakhir merupakan kehormatan yang luar biasa dan saya bangga untuk berkomitmen pada masa depan jangka panjang saya di perusahaan ini. Selama saya di sini, saya semakin yakin akan potensi luar biasa yang dimiliki oleh tim kami, visi kami, serta komitmen kami untuk mendorong transformasi digital di Indonesia,” kata Patrick.

    Respons positif juga disampaikan oleh Presiden Komisaris GOTO, Agus D. W. Martowardojo. Menurut Agus Martowardojo, selama Patrick menjabat sebagai Direktur Utama, prospek perusahaan telah mengalami transformasi, membuka jalan untuk manfaat jangka panjang bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya.

    GoTo juga mencapai EBITDA grup yang disesuaikan positif pada kuartal 4-2023 dan berada di jalur yang tepat untuk mencapai target kinerja positif di seluruh tahun 2024. Pada saat yang sama, pertumbuhan dan profitabilitas terus menunjukkan tren peningkatan.

    “Oleh karena itu, saya menyambut baik dan bangga bahwa Patrick telah berkomitmen untuk masa depan jangka panjang di perusahaan ini dan saya menantikan untuk bekerja sama dengan Patrick untuk kepentingan pemangku kepentingan GoTo untuk tahun-tahun mendatang,” kata Menteri Keuangan periode 2010-2013 ini.

    Pengumuman itu sejalan dengan kinerja perseroan yang naik signifikan di bawah kepemimpinan Patrick selama setahun terakhir. Pada kuartal ketiga 2024, nilai transaksi bruto (GTV) inti Grup tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 74% year-on-year (yoy) menjadi Rp 72,0 triliun, sementara pendapatan bruto juga tumbuh 34% yoy menjadi Rp4,7 triliun dan pengguna yang bertransaksi bulanan (MTU) naik 21% yoy.

    (akn/ega)

  • Driver Gojek-Grab Curhat Biaya Aplikasi Tembus 30%, Penumpang Sepi

    Driver Gojek-Grab Curhat Biaya Aplikasi Tembus 30%, Penumpang Sepi

    Bisnis.com, JAKARTA – Biaya aplikasi yang dibebankan oleh aplikator kepada mitra ojek online menjadi beban yang tak terhindarkan dan makin berat. Pengemudi mengaku sekitar 30% pendapatan lari untuk aplikator seperti Gojek. Adapun Grab masih menerapkan 20% biaya aplikasi.

    Diketahui, dalam Keputusan Menteri Perhubungan KP No.100/2022 disebutkan bahwa para aplikator mematok biaya aplikasi maksimal sebesar 20% dari setiap pemesanan yang dijalankan oleh mitranya.

    Namun, dalam kenyataannya potongan tersebut malah lebih dari batas maksimal dan terkadang bisa sampai 30% untuk potongan biaya aplikasi.

    Salah seorang mitra Gojek bernama Rezki mengatakan bahwa biaya aplikasi sangat mencekik pendapatannya akhir-akhir ini.

    Jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, biaya aplikasi yang saat ini diterapkan, kata Rezki sangat tidak menentu dan terkadang lebih dari 20%.

    “Misalkan dari harga sekarang harga Rp16.000 potongannya sudah Rp6.000, kita cuman dapet Rp10.000-an. Kebanyakan potongannya gede ketimbang pendapatan ojolnya,” kata Rezki kepada Bisnis, Senin (6/1/2025).

    Rezki menambahkan, tidak menentunya potongan biaya aplikasi mulai terjadi setelah adanya program “Aceng” atau Argo Goceng. Sebab, promo tersebut membuat biaya aplikasi yang diterapkan oleh Gojek tidak stabil dan tidak menentu bagi mitranya.

    Pendapatan dan potongan biaya aplikasi yang dibayarkan salah satu driver GojekPerbesar

    Tidak hanya soal pendapatan, Rezki menyebut adanya biaya aplikasi juga membuat penumpang makin hari makin menurun. Sebelum adanya potongan yang besar ini, driver bisa membawa penumpang lebih dari 15 orang per harinya.

    Adapun saat ini Rezki hanya mampu mendapatkan 10 penumpang dalam satu hari karena orderan yang masuk makin sepi.

    Pria asal Kemayoran ini mengharapkan pada tahun ini aplikator dapat memotong kembali beban biaya aplikasi seperti beberapa tahun lalu.

    “Mudah-mudahan sih potongan dari tarif aplikator itu menurun ya kan. Naikan lah tarif ojol ya kan supaya mensejahterakan semua ojol yang ada di Indonesia,” ujar Pria berusia 29 tahun ini.

    Tidak hanya Rezki, mitra driver onlinenya, Rudi, juga merasakan dampak yang signifikan dari beban aplikasi yang tidak stabil.

    Jika dibandingkan dengan 2018, potongan dari beban aplikasi pada 2024 ini sangat memberatkan. Sebab, biaya aplikasi yang diterapkan terkadang bisa melebihi batas maksimum atau 20%.

    “Nah awal-awal itu masih murah, masih potongan masih stabil 20% lah ya. Kesininya 2022 ke atas lah Itu udah mulai kacau itu, udah 20% lebih lah potongan, sampi 25% dan 30% gitu,” ucap Rudi.

    Lebih lanjut, pria asal Jawa Tengah ini juga menuturkan bukan hanya driver yang terkena biaya aplikasi, tetapi beban tersebut juga dirasakan oleh para pelanggan, yang kemudian berdampak pada jumlah penumpang yang makin dikit dalam satu hari kerja.

    Driver ojek onlinePerbesar

    Dirinya bercerita bahwa sebelum adanya biaya aplikasi yang makin tinggi ini, jumlah orderan yang masuk setiap harinya bisa mencapai 30 order. Permintaan akan makin tinggi di beberapa lokasi padat seperti sekolah dan stasiun commuterline.

    Namun, dengan situasi saat ini, dirinya hanya bisa menarik penumpang paling banyak 15 orderan di setiap harinya atau turun 50% dibandingkan dengan sebelum biaya aplikasi naik.

    “Wah itu (penumpang) sudah pasti drastis. Semakin kesini itu semakin menurun penumpang. Karena apa? pertama saingan semakin banyak dan mereka itu potongan masih 10%, 15%. Tapi kalau Gojek ini lebih dari 20% potongan, jadinya mahal,” tuturnya.

    Maka dari itu, Rudi meminta agar aplikator dan pemerintah bisa menurunkan kembali biaya aplikasi seperti dulu yang hanya sebesar 10% dan melanjutkan program bonus yang sempat hilang setelah Covid-19.

    “Makanya kalau bisa sih biar minimal disamain kayak dulu lah dibalikin (biaya aplikasi) lagi. Biar customer juga nggak keberatan gitu loh,” ucapnya.

  • Zendo Ojek Online Muhammadiyah Hadir di 70 Kota, Kompetitor Grab-Gojek

    Zendo Ojek Online Muhammadiyah Hadir di 70 Kota, Kompetitor Grab-Gojek

    Bisnis.com, JAKARTA  – Zendo, layanan transportasi online berbasis permintaan (on demand) mitra Serikat Usaha Muhammadiyah (Sumu), terus memperluas layanan dan telah hadir di 70 kota. Layanan ini mirip seperti Gojek dan Grab. 

    Dilansir dari laman instagram Zendo_Id, aplikasi ini telah hadir di TulungAgung, Malang, Sidoarjo, Yogyakarta, Indramayu, Garut, Kabupaten Bekasi, Tangerang, Pekanbaru, hingga Banjarmasin.

    Layanan Ojol yang dipimpin oleh Lutfy Azizah tersebut terus berupaya memperluas layanan dan menarik mitra baru. 

    Zendo menawarkan beragam layanan mulai dari ojek online, pesan antar makanan, antar barang, layanan kebersihan, laundry, pijat, perbaikan laptop & komputer hingga perbaikan rumah. Sekilas, layanan-layanan tersebut sangat mirip dengan layanan yang dimiliki oleh Gojek dan Grab. 

    “Zendo beroperasi 07.00-24.00 dengan jeda istirahat pukul 12.00-12.30 (Zuhur), 15.00-15.30 (Asar), 18.00-18.30 (Magrib) dan 19.00-19.30 (Isya). Zendo, apa aja, di mana aja,” tulis dalam akun instagramnya, dikutip Senin (6/1/2025). 

    Dalam laman resminya, Zendo mengeklaim telah memiliki 700 mitra pengemudi, 2.000 mitra layanan dengan jumlah pengguna aktif mencapai lebih dari 100.000 orang. 

    Zendo berfokus pada kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan, dengan menyediakan berbagai layanan on-demand yang dapat diakses dengan mudah melalui WhatsApp. 

    “Zendo berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi setiap pelanggan dengan layanan yang profesional namun tetap ramah dan bersahabat,” tulis Zendo. 

    Layanan Zendo/InstagramPerbesar

    Berikut sejumlah layanan Zendo:

    -Zendo Bike: Layanan ojek motor yang dirancang untuk memberikan solusi transportasi cepat, efisien. dengan pengemudi yang berpengalaman dan ramah,

    -Zendo Car: Transportasi roda empat yang menyasar target perjalanan keluarga, perjalanan bisnis, atau barang bawaan yang banyak.

    -Zendo Cleaning Service: Layanan kebersihan profesional untuk rumah dan kantor. Dengan tim kebersihan yang terlatih dan menggunakan peralatan modern.

    -Zendo Delivery: Layanan angkut barang untuk pengiriman barang pribadi, dokumen penting, atau barang dagangan. Nilai yang ditawarkan cepat dan efisien.

    -Zendo Food: Jasa beli makanan dari restoran favorit. 

    -Zendo Shopping: Layanan belanja kebutuhan harian tanpa harus keluar rumah. 

  • Pengemudi Ojol Ngadu ke Wamenaker Usai Dipanggil Polisi Akibat Demo di Depan Kantor Gojek – Halaman all

    Pengemudi Ojol Ngadu ke Wamenaker Usai Dipanggil Polisi Akibat Demo di Depan Kantor Gojek – Halaman all

    Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pengemudi ojek online (ojol) yang tergabung dalam Serikat Pekerja Pengemudi Online Bersatu (SPPOB) mengadu ke Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Immanuel Ebenezer.

    Hal itu karena usai mengadakan aksi demonstrasi di kantor pusat Gojek, Pasaraya Blok M, Jakarta, pada Rabu (18/12/2024), beberapa pengemudi ojol ada yang dimintai klarifikasi oleh pihak kepolisian.

    Adapun aksi demonstrasi tersebut menuntut penolakan terhadap segala bentuk peraturan, tata tertib, kode etik, dan kebijakan sepihak yang dianggap merugikan pengemudi.

    Noel, sapaan akrab Immanuel, berharap persoalan ini tidak berlanjut ke ranah hukum dan dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

    “Hari ini kita kedatangan kawan-kawan ojek online,” kata Noel ketika menerima audiens SPPOB di kantornya, Jumat (3/1/2025), dikutip dari siaran pers.

    “Mereka menyampaikan terkait kawan-kawan mereka yang kemarin mengadakan aksi, kemudian terjadi insiden kecil yang harusnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan,” lanjutnya.

    Noel tak ingin kasus ini melebar ke mana-mana karena ia ingin kondisi di Jakarta tetap kondusif.

    “Kita mau Indonesia lebih baik karena kita harus mengikuti narasi besar Presiden kita, Pak Prabowo Subianto,” ujar Noel.

    Ketua Umum SPPOB Ahmad Sapei atau Kemed mengatakan bahwa saat ini banyak aturan yang tidak rasional yang diterapkan oleh aplikator dan sangat merugikan pengemudi ojol.

    “Hari ini kami datang kepada Pak Wamen selaku perwakilan dari negara untuk memberikan jaminan kepastian bahwa kami akan mendapatkan regulasi yang adil dan mendukung masa depan kami,” kata Kemed.

    Sebagai informasi, aksi demonstrasi pada Rabu (18/12/2024) itu bertajuk “SERUAN AKSI 1812 KANTOR GOJEK PASARAYA BLOK M JAKARTA”.

    Tribunnews kala itu mencoba menelusuri media sosial X untuk mencari informasi terkait dengan aksi demonstrasi pengemudi ojek online hari ini.

    Dari hasil penelusuran, akun X rains_wi** mengunggah poster yang berisikan tuntutan aksi tersebut. Berikut empat tututannya:

    1. Mendesak management Gojek untuk segera membatalkan point satu (1) dan point lima belas (15) pada kolom pelanggaran tingkat lima (v) serta point sebelas (11) pada kolom pelanggaran tingkat empat (iv) pada peraturan tata tertib Gojek yang baru

    2. Menolak dengan tegas segala macam bentuk peraturan, tata tertib, kode etik, dan yang sejenisnya yang dibuat secara sepihak dan merugikan pihaj pengemudi

    3. Melibatkan mitra pengemudi dalam setiap pengambilan keputusan

    4. Melibatkan mitra pengemudi dalam merumuskan perjanjian kemitraan

  • Wamenaker Terima Audiensi Serikat Pekerja Pengemudi Ojol – Page 3

    Wamenaker Terima Audiensi Serikat Pekerja Pengemudi Ojol – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Immanuel Ebenezer Gerungan, menerima audiensi Serikat Pekerja Pengemudi Online Bersatu (SPPOB) di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Jumat (3/1/2025).

    Dalam pertemuan tersebut, Wamenaker mendengarkan aspirasi perwakilan pengemudi online terkait beberapa rekannya yang dimintai klarifikasi oleh pihak kepolisian akibat aksi demonstrasi bertajuk “SERUAN AKSI 1812” di depan kantor Gojek Pasaraya Blok M, Jakarta.

    Aksi demonstrasi tersebut menuntut penolakan terhadap segala bentuk peraturan, tata tertib, kode etik, dan kebijakan sepihak yang dianggap merugikan pengemudi.

    Atas aspirasi yang disampaikan SPPOB, Wamenaker berharap persoalan ini tidak berlanjut ke ranah hukum dan dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

    “Hari ini kita kedatangan kawan-kawan ojek online. Mereka menyampaikan terkait kawan-kawan mereka yang kemarin mengadakan aksi, kemudian terjadi insiden kecil yang harusnya bisa diselesaikan secara kekeluargaan,” kata Wamenaker.

    “Semoga kasus ini tidak melebar ke mana-mana, karena kita ingin Jakarta kondusif, Indonesia kondusif. Kita mau Indonesia lebih baik, karena kita harus mengikuti narasi besar Presiden kita, Pak Prabowo Subianto,” imbuhnya.

    Sementara itu, Ketua Umum SPPOB, Ahmad Sapei (Kemed), berharap negara hadir untuk memberikan perlindungan yang lebih serius dan menyeluruh terhadap nasib para pengemudi online termasuk pengemudi ojol.

    “Saat ini banyak aturan yang tidak rasional yang diterapkan oleh aplikator dan sangat merugikan kami. Hari ini kami datang kepada Pak Wamen selaku perwakilan dari negara untuk memberikan jaminan kepastian bahwa kami akan mendapatkan regulasi yang adil dan mendukung masa depan kami,” pungkas Kemed.

     

  • Nasib Driver Ojol Sebut Anak Artis Cacat dan Tak Mau Boncengi, Gojek Langsung Ambil Tindakan: Maaf

    Nasib Driver Ojol Sebut Anak Artis Cacat dan Tak Mau Boncengi, Gojek Langsung Ambil Tindakan: Maaf

    TRIBUNJATIM.COM – Curhatan seorang anak artis terhadap perilaku driver ojol belakangan menjadi sorotan.

    Curhatan tersebut mendapat berbagai komentar dari netizen.

    Perlakuan seorang driver ojol terhadap kaum disabilitas ternyata tak layak.

    Bahkan secara terang-terangan, driver ojol itu menyebut anak artis ‘cacat’.

    Korban adalah anak artis terkenal Dewi Yull.

    Surya Sahetapy, anak ketiga penyanyi Dewi Yull dan aktor Ray Sahetapy, baru-baru ini dapat perlakuan buruk dari seorang driver ojek online (ojol).

    Pengalaman itu pun dibagikan Surya Sahetapy via media sosial (medsos) miliknya.

    Tentu saja reaksi warganet atau netizen beragam, umumnya menyesali perlakuan buruk sang driver ojol.

    Surya yang merupakan penyandang tuna rungu alias tuli itu, mendapatkan perlakuan diskriminatif dari salah seorang driver ojol.

    Kisahnya berawal saat Surya memesan layanan ojek online dan berakhir ditolak oleh sang pengemudi.

    Berdasarkan ulasan Grid.id, driver ojol itu menolak ketika Surya memilih untuk tidak berkomunikasi lewat sambungan telepon, melainkan melalui fitur chat atau percakapan.

    Alih-alih menolak dengan baik, pengendara ojol itu malah menyebut Surya dengan sebutan ‘cacat’ yang terkesan merendahkan.

     “Maaf saya cancel saya enggak biasa bawa orang cacat,” tulis si pengendara.

    Chat seorang driver ojol terhadap anak artis (Instagram)

    Surya mengaku kecewa dengan respons yang diberikan oleh si pengendara.

    Meski begitu, ia memilih untuk tidak menyebarkan identitas si pengendara, meski tetap memajang potongan percakapan lewat media sosial (medsos).

    “Saya tidak mau memutuskan rejeki orang tapi bapak ini sudah sopan menyampaikan ini,” tulis Surya.

    “Makanya saya hilangkan namanya,” imbuhnya.

    “Tetapi sudut pandang bapak bahaya/tidak sehat.”

    “Makasih sudah cancel karena saya tidak jadi diantar oleh orang yang attitude yang tidak mencerminkan masyarakat dunia pada umumnya. Jadi mental saya pun terjaga,” tulis Surya.

    Surya bermaksud untuk memberikan edukasi kepada siapapun, yang mungkin saja, dalam kesehariannya, bersinggungan dengan teman-teman yang memiliki ‘kebutuhan khusus’.

    “Usulan untuk @gojekindonesia dan aplikasi transportasi lainnya lainnya, mohon nonaktifkan telfon untuk pengguna Bahasa Isyarat dan Tuli dan infokan driver kalau akun ini pakai bahasa isyarat.”

    “Juga sekalian edukasi driver kalau pengguna bahasa isyarat itu bukan “cacat” tetapi mereka “normal” cuma beda bahasa, budaya dan mode komunikasi saja.”

    “Kalau bisa training nya ada simulator ketemu penumpang Tuli dan Bahasa Isyarat jadi biar terbiasa ke depannya.”

    “Orang yang “tidak normal” itu: koruptor dan orang yang merugikan negara,” tulis Surya.

    Rupanya, keluh kesah Surya lewat media sosialnya itu langsung ditanggapi oleh perusahaan penyedia jasa ojek online itu.

    “@gojekindonesia sudah menghubungi via DM. Semoga banget kejadian ini merupakan kali terakhir yang tidak mencerminkan bagi banyak orang,” ucapnya.

    “Harapannya customer pengguna bahasa isyarat, Tuli dan Disabilitas dianggap penumpang biasa seperti penumpang non-disabilitas,” lanjutnya.

    “Jadi dijemput dan diantar tanpa adanya judgement,” tambah Surya memberikan update.

    Perlakuan driver ojol serupa juga menjadi viral di media sosial beberapa waktu lalu.

    Kejadian tersebut berawal saat driver ojol mengambil paket atas nama dua orang di cafe tersebut.

    Director of Digital and Sustainability, Grab Indonesia Rivana Mezaya mengkonfirmasi bahwa pengemudi ojol yang ada dalam unggahan tersebut merupakan salah satu mitra kerja Grab.

    Rivana mengatakan, peristiwa itu direkam pada Selasa (27/8/2024) di sebuah kedai kopi atau coffee shop. 

    “Sehubungan dengan video yang beredar di media sosial, kami turut prihatin atas kejadian yang dialami oleh salah satu karyawan disabilitas di coffee shop terkait,” ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (31/8/2024), seperti dikutip TribunJatim.com, Senin (2/9/2024).

    Pihaknya mengaku pada 29 Agustus 2024 telah bertemu langsung dengan pemilik coffee shop untuk menindaklanjuti kejadian tersebut. 

    Rivana menyebutkan, pihak Grab masih melakukan penyelidikan terkait kejadian seperti dalam video tersebut. 

    Apabila driver ojol tersebut terbukti bersalah, maka pihak Grab akan memutus kerja sama mereka.

    Pihaknya juga memastikan, Grab tidak akan menoleransi diskriminasi dalam bentuk apa pun.

    Selain itu, Grab juga akan mengambil langkah tegas sesuai kode etik dan peraturan perundangan yang berlaku untuk menindak setiap pelanggaran yang dilakukan.

     “Kami tengah melakukan investigasi internal lebih lanjut, dan akan langsung memutus kemitraan mitra pengemudi terkait jika terbukti bersalah,” tegasnya.

    Sebelumnya, video oknum driver ojek online (ojol) yang diduga menghina pegawai kafe perempuan penyandang disabilitas, ramai di media sosial.

    Berita viral terpopuler hari ini, Senin (2/9/2024): Nenek Meninggal usai Wisuda S3 – Pegawai Cafe Disabilitas Dihina Driver Ojol (TribunJatim.com/Istimewa)

    Video itu salah satunya diunggah akun media sosial X (Twitter) @kegblgnunfaxxx, Rabu (28/8/2024).

    “CEWEK DISABILITAS PAS KERJA DIKATAIN OLEH SEORANG PRIA ‘TOL*L BANGET, KALAU TULIS GAK USAH DIKASIH PAK,” tulis keterangan unggahan tersebut.

    Kejadian bermula saat driver ojol datang dan ingin mengambil pesanan paket atas nama dua orang.

    Ia bertemu dengan pekerja wanita yang disabilitas tuli.

    Pegawai perempuan tersebut awalnya hanya merespons permintaan pengambilan paket pertama. 

    Setelah itu, oknum ojol tersebut meminta paket kedua yang juga ditujukan kepadanya.

    Penjaga toko tersebut sempat terdiam sehingga oknum ojol tersebut tampak kesal.

    Seorang driver ojek online diduga menghina pegawai kafe penyandang disabilitas tuli di sebuah coffee shop di Kalimulya, Cilodong, Kota Depok, pada Minggu (4/8/2024). (Tangkap layar via KOMPAS.com)

    Oknum ojol itu pun sempat protes kenapa sang pegawai perempuan tersebut tak mengindahkan permintaaanya.

    Sadar pekerja wanita tersebut sulit berkomunikasi, rekan kerja itu lalu menyampaikan permintaan maafnya.

    Saat pegawai pria itu datang, dia lalu mengambilkan pesanan paket driver tersebut dan menjelaskan bahwa pegawai perempuan tersebut merupakan penyandang disabilitas.

    Diberi penjelasan tersebut, driver ojol itu justru mengeluarkan kata-kata kasar. 

    “Tol*l banget sih bang, kalau tuli nggak usah dikasih (kerjaan) mendingan bang,” ujar driver tersebut. 

    Unggahan rekaman CCTV tersebut lansung membuat netizen geram dan mengecam perkataan yang disampaikan oleh driver ojol tersebut.

    Dari sejumlah informasi di media sosial peristiwa tersebut terjadi di Kota Depok, Jawa Barat yang melibatkan oknum driver ojol Grab. 

    Hal itu diketahui dari video yang memperlihatkan seorang driver ojek online menghina pegawai kafe perempuan penyandang disabilitas dan menjadi viral di media sosial.

    Salah satu unggahan video tersebut muncul di akun X (Twitter) @kegblgnunfaxxx pada Rabu (28/8/2024).

    “CEWEK DISABILITAS PAS KERJA DIKATAIN OLEH SEORANG PRIA ‘TOL*L BANGET, KALAU TULIS GAK USAH DIKASIH PAK,” demikian bunyi keterangan di unggahan tersebut.

    Peristiwa tersebut bermula ketika driver ojol tersebut datang ke kafe untuk mengambil dua pesanan.

    Awalnya, pegawai perempuan penyandang disabilitas hanya merespons satu pesanan.

    Ia lalu terlihat bingung ketika diminta untuk menyerahkan pesanan kedua.

    Tidak lama kemudian, pegawai perempuan tersebut memanggil seorang rekan pria untuk membantu.

    Setelah pegawai pria tersebut memberikan penjelasan bahwa rekan kerjanya adalah penyandang disabilitas, sang driver ojol malah melontarkan kata-kata kasar.

    “Tol*l banget sih bang, kalau tuli enggak usah dikasih (kerjaan) mendingan bang,” ucap driver ojol tersebut.

    Berdasarkan informasi yang beredar di media sosial, kejadian ini berlangsung di sebuah kafe di Kota Depok, Jawa Barat.

    Sementara driver ojol tersebut merupakan mitra dari Grab.

     Director of Digital and Sustainability, Grab Indonesia, Rivana Mezaya, mengonfirmasi bahwa pengemudi yang terekam dalam video tersebut adalah salah satu mitra kerja mereka.

    Pihaknya pun mengaku prihatin atas kejadian yang menimpa pegawai kafe tersebut.

    “Sehubungan dengan video yang beredar di media sosial, kami turut prihatin atas kejadian yang dialami oleh salah satu karyawan disabilitas di coffee shop terkait,” kata Rivana kepada Kompas.com, Sabtu (31/8/2024).

    Pihak Grab menyatakan telah bertemu langsung dengan pemilik kafe pada 29 Agustus 2024, untuk menindaklanjuti kejadian ini.

    Seorang driver ojek online diduga menghina pegawai kafe penyandang disabilitas tuli di sebuah coffee shop di Kalimulya, Cilodong, Kota Depok, pada Minggu (4/8/2024). (X)

    Rivana menyebutkan, pihak Grab masih melakukan penyelidikan terkait kejadian seperti dalam video tersebut.

    Apabila driver ojol tersebut terbukti bersalah, maka pihak Grab akan memutus kerja sama mereka.

    Pihaknya juga memastikan, Grab tidak akan menoleransi diskriminasi dalam bentuk apapun.

    Selain itu, Grab juga akan mengambil langkah tegas sesuai kode etik dan peraturan perundangan yang berlaku.

    Yakni untuk menindak setiap pelanggaran yang dilakukan.

    “Kami tengah melakukan investigasi internal lebih lanjut, dan akan langsung memutus kemitraan mitra pengemudi terkait jika terbukti bersalah,” tegasnya.

    Berita viral lainnya

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

  • Deretan Barang Paling Laris di Tokopedia dan ShopTokopedia di Akhir 2024 – Page 3

    Deretan Barang Paling Laris di Tokopedia dan ShopTokopedia di Akhir 2024 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Platform e-commerce Tokopedia dan ShopTokopedia mengungkap deretan barang paling laris dibeli di platform tersebut menjelang perayaan tahun baru 2025 kemarin.

    Menurut Communication Senior Lead Tokopedia dan TikTok E-commerce Antonia Adega, platform e-commerce seperti Tokopedia dan ShopTokopedia menjadi andalan masyarakat dalam menciptakan peluang usaha sekaligus mendapatkan produk kebutuhan, termasuk di momen jelang pergantian tahun.

    “Pada momen tersebut, kalender, perlengkapan pesta, dan buku kewirausahaan menjadi beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah pesanan di Tokopedia, rata-rata sekitar 2,5 kali lipat,” kata Antonia, dikutip dari keterangannya.

    3 Produk Terlaris di Tokopedia untuk Sambut 2025

    Masyarakat Indonesia cenderung senang merayakan tahun baru 2025 dengan berbagai aktivitas bersama keluarga atau teman.

    Momen pergantian tahun juga dimanfaatkan untuk membuat resolusi dalam mencapai sesuatu yang spesifik dan lebih baik di tahun yang akan datang. Misalnya dalam hal kesehatan, pengembangan diri, keuangan, dan lain-lain.

    Berikut adalah temuan dari Tokopedia dan ShopTokopedia tentang perilaku belanja online masyarakat di masa peralihan tahun dan produk yang paling laris diburu melalui Tokopedia.

    GoTo Financial secara resmi memisahkan GoPay dari aplikasi Gojek dan Tokopedia. Alasan GoTo Financial menjadikan GoPay sebagai aplikasi tersendiri untuk memberikan kemudahan akses finansial.

  • Mudah! Ini Cara Bayar Tagihan GoPay Pinjam dan Hindari Denda Keterlambatan

    Mudah! Ini Cara Bayar Tagihan GoPay Pinjam dan Hindari Denda Keterlambatan

    Jakarta: Memiliki pinjaman GoPay Pinjam memang praktis, namun jangan sampai lupa dengan kewajiban membayar tagihannya.  
     
    Keterlambatan pembayaran dapat berakibat fatal, mulai dari denda hingga penurunan skor kredit. Tapi tenang, proses pembayaran GoPay Pinjam sangat mudah dan bisa dilakukan dengan berbagai cara.
     
    Melansir dari laman resmi GoPay, berikut langkah-langkah mudah untuk membayar tagihan GoPay Pinjam:
     
    1. Akses halaman GoPay Pinjam
    Buka aplikasi Gojek atau kunjungi website GoPay dan temukan halaman GoPay Pinjam.
     
    2. Klik ‘Bayar’
    Pada halaman GoPay Pinjam, Anda akan menemukan tombol ‘Bayar’. Klik tombol tersebut.
     
    3. Verifikasi rincian transaksi
    Pastikan semua rincian transaksi seperti jumlah tagihan dan tanggal jatuh tempo sudah benar.
     
    4. Klik ‘Bayar Tagihan’
    Setelah memverifikasi rincian transaksi, klik tombol ‘Bayar Tagihan’.
     
    5. Pilih metode pembayaran
    GoPay menawarkan dua metode pembayaran yang mudah:
    – Virtual Account: Pilih metode ini untuk melakukan pembayaran melalui Virtual Account Bank BCA, BNI, BRI, atau Mandiri.
    – Alfamart: Pilih metode ini untuk melakukan pembayaran melalui Alfamart. Anda akan mendapatkan kode pembayaran yang dapat diberikan kepada kasir Alfamart untuk diproses.
     
    6. Selesai
    Setelah menyelesaikan proses pembayaran, tagihan GoPay Pinjam Anda akan terbayarkan.
     

     
    Terkait transaksi ini, penting diingat bagi nasabah untuk memastikan nominal yang dimasukkan sudah benar sebelum melakukan pembayaran. Jika pembayaran kurang, tagihan tidak akan hilang. Anda perlu melunasi sisa tagihan untuk menghindari denda keterlambatan.
     
    GoPay tidak secara eksplisit menyebutkan besarnya denda keterlambatan pembayaran GoPay Pinjam. Namun, penting untuk diingat bahwa keterlambatan pembayaran dapat mengakibatkan denda dan berdampak negatif pada skor kredit Anda.
     
    Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah dan cepat membayar tagihan GoPay Pinjam. Pastikan untuk selalu membayar tagihan tepat waktu untuk menghindari denda dan menjaga skor kredit Anda tetap baik. (Laura Oktaviani Sibarani)
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Akhir Tahun, Operator Seluler Tebar Diskon Paket Internet

    Akhir Tahun, Operator Seluler Tebar Diskon Paket Internet

    Jakarta

    Di penghujung tahun, berbagai operator seluler, mulai dari Telkomsel, XL Axiata, Smartfren, hingga Indosat Ooredoo Hutchison menebar berbagai promo internet dan paket layanan.

    Indosat Ooredoo Hutchison

    Indosat Ooredoo Hutchison, melalui brand Tri, menghadirkan solusi roaming terbaru melalui produk CounTRI Roam. Paket ini dirancang khusus untuk wisatawan Indonesia yang ingin tetap terhubung saat menjelajahi destinasi luar negeri, mulai dari Asia, Australia, Selandia Baru, hingga Amerika Serikat.

    CounTRI Roam menawarkan paket data Single Country di lebih dari 15 negara destinasi. Tiap destinasi memiliki pilihan paket harga hemat mulai dari Rp 40.000, kuota hingga 100GB, dan pilihan masa aktif mulai dari harian, mingguan, bulanan, hingga satu tahun.

    Smartfren

    Smartfren Unlimited Suka-SukaPaket menawarkan akses internet yang bebas khawatir dengan memberikan jaminan terkoneksi ke layanan internet 4G Smartfren selama masa berlaku paket.

    Pilihan paket data Unlimited ini tersedia dengan harga terjangkau mulai dari Rp 9000-an dan dengan pilihan pemakaian wajar (FUP) harian hingga 5 GB. Masa berlaku paket juga bervariasi dari 1 hari sampai dengan 30 hari.

    Telkomsel

    Menyambut momen perayaan Natal dan Tahun Baru, Telkomsel menghadirkan Promo Paket Netflix Bundle Data Telkomsel bagi pelanggan Pascabayar Telkomsel maupun Prabayar Telkomsel yang ingin berlangganan Netflix mulai 26 Desember 2024 hingga 30 Juni 2025.

    Pelanggan Pascabayar Telkomsel dapat membeli beragam pilihan paket Netflix bundle Paket Data Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel dengan harga mulai dari Rp 49.900 per bulan untuk Netflix Mobile termasuk kuota internet 0,5 GB (resolusi SD, 1 perangkat) hingga Rp 169.900 per bulan untuk Netflix Premium termasuk kuota internet 0,5GB (resolusi Ultra HD, 4 perangkat, dan Spatial Audio).

    Sedangkan pelanggan Prabayar Telkomsel juga dapat menikmati paket Netflix bundle Paket Data melalui aplikasi MyTelkomsel atau mitra outlet Telkomsel dengan harga mulai dari Rp 54.000 per bulan untuk Netflix Mobile termasuk kuota internet 2GB (resolusi SD, 1 perangkat) hingga Rp 186.000 per bulan untuk Netflix Premium termasuk kuota internet 2GB (resolusi Ultra HD, 4 perangkat, dan Spatial Audio).

    XL Axiata

    XL Prabayar

    Promo Nataru Pelanggan XL Prabayar di myXL, berlaku 20 Desember 2024 – 6 Januari 2025

    · Paket Internet Roaming XL Pass Extra Kuota hingga 5GB untuk di negara tujuan
    · Paket Promo Vidio Diamond Subscription Extra Kuota 5GB.
    · Kuota Combo 17GB, 5 Hari dengan harga spesial Rp29 ribu.
    · Paket Promo Akrab 150GB untuk sekeluarga + Voucher Diskon Kopi Kenangan hingga 35% hanya Rp140 ribu.
    · Bonus Kuota 3GB dengan pembelian paket “Special For You” minimal Rp40 ribu.
    · Flash Sale Kuota Aplikasi, dengan diskon hingga 35%.

    Promo pembelian melalui DANA/Shopee/Tokopedia/OVO/Grab/GOJEK/Akulaku, berlaku 15 Desember 2024 – 5 Januari 2025:

    · Bebas Puas 3rb/hari – 30Hari Rp 81Ribu
    · Bebas Puas 6rb/hari – 30Hari Rp 164Ribu
    · Xtra Combo Flex 4XL Rp186Ribu
    · ⁠Xtra Combo Flex 5XL Rp 229Ribu
    · Xtra Combo Flex XL Rp 92Ribu

    Axis
    1. Flash War: Kuota Utama 100GB
    Dapatkan kuota utama 100GB dengan masa aktif 30 hari hanya di Flash War AXISNet. Kesempatan terbatas!
    2. Flash Sale Games: Diskon Besar untuk Game Favorit Anda
    Jangan lewatkan diskon besar untuk pembelian item game populer seperti Honkai Impact 3, Genshin Impact, FC Mobile, Free Fire, Mobile Legends: Bang Bang, dan HAGO. Promo ini berlangsung dari 24 – 31 Desember 2024 di aplikasi AXISNet.
    3. Bonus Kuota 3GB, tambahan kuota 3GB gratis dengan pembelian paket “Hanya Untukmu” minimal Rp40.000.
    4. Flash Sale Kuota Aplikasi . Nikmati diskon hingga 45% untuk berbagai paket kuota aplikasi di AXISNet.
    5. Redeem Voucher Menginap di Zest Hotel & Swiss-Belhotel
    Cukup tukarkan 10 AXIS Coin melalui AXISNet untuk menikmati liburan nyaman di Zest Hotel atau Swiss-Belhotel.

    Promo AXIS di DANA, Shopee, Tokopedia, OVO, Grab, GOJEK, dan Akulaku (15 Desember 2024 – 5 Januari 2025):
    1. AIGO Bronet 24 Jam 30GB + Lokal 30 Hari Rp67.000
    2. ⁠AIGO Bronet 24 Jam 30GB + Lokal 30 Hari Rp83.000
    3. ⁠Bronet 24 Jam 30GB + 15GB Sosmed/Chat 30 Hari Rp87.000

    XL Pascabayar

    1.Beli PRIO PASS, dapatkan diskon Tagihan Hingga Rp 750 ribu, berlaku 15 Desember 2024 – 6 Januari 2025
    * Berlaku untuk XL PRIORITAS Postpaid Platinum, Diamond, Ultima.
    * Berlaku untuk pembelian PRIO PASS di semua channel.
    * Promo berupa diskon tagihan.
    2.Gratis PRIO PASS Singapore dan Malaysia, mulai 15 Desember 2024 – 6 Januari 2025
    * Berlaku untuk XL PRIORITAS Postpaid, Platinum, Diamond, dan Ultima.
    * Promo dapat diredeem di aplikasi myXL

    (agt/rns)

  • 5 Tips Bebas dari Pinjol dan Paylater yang Wajib Diketahui

    5 Tips Bebas dari Pinjol dan Paylater yang Wajib Diketahui

    Saat ini, Pinjol atau pinjaman daring (pindar) dan layanan paylater makin marak digunakan oleh masyarakat. Kemudahan akses yang ditawarkan oleh berbagai aplikasi pinjaman ini, seperti proses pendaftaran yang cepat dan persetujuan yang instan, membuat banyak orang tergoda untuk menggunakan layanan tersebut.

    Namun, seiring dengan penggunaan yang makin masif, sering kali pinjol dan paylater digunakan tanpa didasari oleh pertimbangan matang mengenai kemampuan finansial individu dalam mengembalikan uang.

    Banyak pengguna yang terjebak dalam siklus utang. Mereka mengambil pinjaman baru untuk melunasi pinjaman lama, sehingga menciptakan beban finansial yang makin berat. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan layanan pinjol dan paylater.

    Tips bebas dari pinjol dan paylater

    Berikut beberapa tips bebas dari jeratan pinjol atau pindar dan paylater, beserta metodenya:

    1. Membayar utang dengan metode yang tepat

    Membayar utang adalah kewajiban yang membutuhkan komitmen. Terdapat beberapa cara atau metode yang bisa digunakan untuk melunasi utang, antara lain:

    Metode Debt Snowball: Membayar utang terkecil terlebih dulu. Setelah dilunasi, dana yang sebelumnya digunakan untuk membayar angsuran tersebut akan dialihkan ke angsuran berikutnya. Metode Longsoran Utang: Membayar utang dengan nominal bunga yang paling besar terlebih dulu. Konsolidasi Utang: Menggabungkan banyak utang menjadi satu pembayaran agar mendapat tingkat bunga yang lebih rendah. Take Over Kredit: Menjual kembali barang yang masih dalam periode cicilan untuk membayar utang.

    2. Hitung rasio utang dan nilai aset yang dimiliki

    Jika total tagihan Anda kurang dari 35 persen dari penghasilan bulanan, maka kondisi utang Anda masih tergolong sehat karena ada peluang untuk melunasinya. Namun, jika tagihan mendekati 50 persen, kondisi tersebut kurang ideal. Anda perlu memangkas pengeluaran yang tidak perlu.

    Banyak orang yang terjebak dalam penggunaan pinjol dan paylater memiliki tagihan bulanan melebihi 50 persen dari penghasilan mereka, bahkan ada yang mencapai lebih dari 100 persen. Hal ini biasanya disebabkan oleh ketidakmampuan untuk membayar tagihan di awal, sehingga mereka terpaksa meminjam lagi dari aplikasi lain. Siklus ini terus berulang hingga rasio utang menjadi tidak terkendali.

    Jika Anda sudah berada dalam kondisi seperti ini, rencanakan untuk menjual aset yang dimiliki seperti kendaraan, gawai, atau aset lain yang memiliki nilai. Meskipun keputusan ini mungkin terasa berat, langkah ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi pola gali lubang tutup lubang.

    Namun, penting untuk diingat agar tidak menjual aset Anda dengan harga murah hanya karena terdesak. Jika uang yang diperoleh dari penjualan aset terlalu sedikit, Anda akan menghadapi kesulitan dalam mencari tambahan dana.

    3. Pangkas pengeluaran utang

    Untuk keluar dari jeratan pinjol dan paylater, Anda perlu menghentikan akar permasalahannya, yaitu gaya hidup yang berlebihan. Selain itu, hentikan pengeluaran yang tidak perlu seperti langganan aplikasi streaming, makan di restoran, hingga pergi ke kafe untuk sementara waktu.

    Prioritaskan penghasilan Anda untuk kebutuhan utama dan alokasikan sisa penghasilan tersebut untuk membayar utang. Perlu diingat, makin besar jumlah yang dapat Anda sisihkan, makin cepat masalah utang Anda dapat diselesaikan.

    4. Berhenti gaya hidup impulsif

    Banyak orang yang menjadikan utang dan belanja impulsif sebagai kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ada individu yang terus-menerus terjerat utang hingga akhir hidupnya. Hal ini seharusnya menjadi pelajaran berharga bagi Anda.

    Penting untuk menghentikan kebiasaan berutang untuk hal-hal yang tidak perlu dan menghindari pembelian barang hanya untuk kesenangan melalui cicilan paylater. Jika tidak memiliki tekad yang kuat untuk berhenti, situasi ini dapat berujung pada bencana keuangan yang akan terus menghantui hidup Anda.

    5. Cari penghasilan tambahan

    Mencari sumber pendapatan tambahan dapat meningkatkan kondisi keuangan Anda. Dengan adanya pemasukan tambahan, Anda akan lebih mudah dalam membayar tagihan, termasuk cicilan paylater.

    Sebagai contoh, jika saat ini Anda bekerja penuh waktu sebagai desainer grafis di sebuah perusahaan, Anda dapat mencari pendapatan tambahan dengan menjadi pembuat konten digital. Menghasilkan uang dari aktivitas yang Anda sukai akan membuat hidup lebih bahagia dan membantu mengurangi beban utang.

    Alternatif lain untuk memperoleh pendapatan tambahan adalah dengan berinvestasi di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Mulailah membuka usaha dari rumah dengan memanfaatkan platform seperti GoFood, ShopeeFood, dan lainnya.

    Jika Anda sudah terlepas dari jeratan pindar dan paylater, kali ini Anda perlu mempersiapkan dana darurat agar tetap memiliki kemampuan finansial di kemudian hari.

    Dana darurat adalah sejumlah uang yang sengaja disisihkan untuk digunakan sebagai langkah antisipasi terhadap peristiwa atau situasi darurat yang tidak terduga. Tujuan dana darurat adalah untuk memenuhi kebutuhan yang tidak dapat diprediksi atau saat keadaan mendesak muncul.

    Selain itu, dana darurat memberikan rasa aman bagi pemiliknya ketika menghadapi situasi yang sulit. Besaran dana darurat yang diperlukan setiap individu bervariasi, tergantung profesi, jumlah penghasilan, kebutuhan, dan gaya hidup. Tidak ada angka atau persentase yang pasti untuk menentukan jumlah dana darurat yang ideal.

    Secara umum, jumlah minimal dana darurat yang sebaiknya disiapkan adalah 6 hingga 12 kali lipat dari pengeluaran bulanan, dengan mempertimbangkan kondisi masing-masing individu. Rincian yang dapat dijadikan acuan adalah sebagai berikut:

    Belum menikah: 6 kali lipat pengeluaran bulanan Sudah menikah: 9 kali lipat pengeluaran bulanan Sudah menikah dan memiliki anak: 12 kali lipat pengeluaran bulanan

    Mengapa jumlah ideal dana darurat berkisar 6 hingga 12 kali lipat pengeluaran bulanan? Sebagai contoh, jika seseorang kehilangan pekerjaan dan memiliki dana darurat yang setara dengan tiga kali lipat pengeluaran bulanan, berarti ia hanya memiliki cukup dana untuk memenuhi kebutuhan selama tiga bulan. Kondisi ini berisiko jika dalam waktu empat bulan ia belum berhasil mendapatkan sumber penghasilan atau pekerjaan baru.

    Berikut beberapa tips mengumpulkan dana darurat:

    Gunakan rekening khusus untuk dana darurat
    Simpan dana darurat di rekening terpisah dari rekening yang digunakan untuk keperluan sehari-hari serta rekening tabungan atau investasi. Hal ini bertujuan mempermudah pengelolaan keuangan dan mencegah penggunaan dana untuk keperluan lain. Saat ini, beberapa aplikasi keuangan juga menawarkan fitur untuk mengunci dana di tabungan agar tidak dapat diakses, tetapi tetap mudah dicairkan saat diperlukan. Pertimbangkan juga untuk memilih rekening di bank yang menawarkan biaya administrasi bulanan yang lebih rendah dan memiliki reputasi yang baik. Lakukan secara bertahap dan konsisten
    Jika kondisi keuangan Anda belum memungkinkan, kumpulkan dana secara perlahan tapi tetap konsisten. Setelah kondisi keuangan membaik, tingkatkan jumlah yang disisihkan untuk dana darurat setiap bulan hingga mencapai target yang diinginkan. Lakukan efisiensi dan atur ulang anggaran pengeluaran
    Untuk mengelola pengeluaran secara efisien, kurangi atau hilangkan belanja yang tidak mendesak. Fokuslah pada pengurangan konsumsi barang tersier dan usahakan untuk bersikap non-konsumtif saat berbelanja.

    Itulah beberapa tips bebas dari pinjol dan paylater yang bisa diterapkan mulai sekarang. Semoga bermanfaat.