Perusahaan: Facebook

  • ChatGPT Ditinggal, Ternyata Ramai-Ramai Pindah ke Sini

    ChatGPT Ditinggal, Ternyata Ramai-Ramai Pindah ke Sini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Meta Platforms diketahui agresif membajak peneliti OpenAI, perusahaan teknologi di balik aplikasi ChatGPT. Dalam sepekan terakhir, sudah 7 orang pegawai OpenAI pindah ke Meta.

    Meta adalah perusahaan induk dari Facebook, Instragram, dan WhatsApp. Mark Zuckerberg, CEO Meta dan pendiri Facebook, memang punya ambisi besar untuk mendorong pengembangan kecerdasan buatan.

    Laporan The Information yang dikutip Reuters menyatakan empat peneliti OpenAI bernama Shengjia Zhao, Jiahui Yu, Shuchao Bi dan Hongyu Ren telah setuju untuk pindah ke Meta. Sebelumnya, Wall Street Journal mengabarkan bahwa Meta telah merekrut tiga pegawai OpenAi yang bermarkas di Swiss, yaitu Lucas Beyer, Alexander Kolesnikov, dan Xiaohua Zhai

    Meta dikabarkan berani menawarkan gaji bernilai jumbo hingga US$100 juta (Rp 1,6 triliun) ke pekerja di bidang AI.

    Zuckerberg telah menyiapkan daftar insinyur dan peneliti AI untuk masuk ke perusahaannya. Laporan Wall Street Journal menyebutkan dia sendiri yang menghubungi tiap kandidat yang diinginkan, dikutip dari The Guardian, Minggu (29/6/2025).

    Beberapa nama dalam daftar itu berasal dari kampus terkemuka seperti lulusan baru PhD di University of California Berkeley dan Carnegie Melon. Adapula dari beberapa pesaing Meta termasuk OpenAI dan DeepMind dari Google.

    Seorang pekerja yang direkrut buka suara setelah berbicara langsung dengan Zuckerberg. Dia mengatakan tujuan perusahaan untuk transfusi dari laboratorium AI terbaik di negara ini.

    Saking seriusnya mencari ahli AI terbaik, Zuckerberg dikabarkan membentuk WhatsApp group dengan dua eksekutif Meta. Grup tersebut dinamakan “Recruiting Party’ dan membicarakan soal calon karyawan yang potensial.

    CEO OpenAI Sam Altman mengonfirmasi laporan tersebut dalam podcast bersama saudaranya, Jack Altman, yang dipublikasikan pada Selasa (17/6) lalu.

    Altman mengatakan upaya Zuckerberg merekrut talenta-talenta terbaik OpenAI sejauh ini tidak berhasil. Alasannya sederhana. Ia mengatakan karyawan OpenAI optimistis dengan masa depan perusahaan.

    “[Meta] mulai menawarkan benefit jumbo untuk banyak orang di tim kami. Misalnya bonus penandatanganan sebesar US$100 juta, lebih dari itu juga [dalam] kompensasi per tahun. Saya sangat senang, setidaknya sejauh ini, tidak ada orang terbaik kami yang memutuskan untuk menerima tawarannya,” kata Altman dalam podcast tersebut, dikutip dari Tech Crunch, Kamis (19/6/2025).

    Lebih lanjut, Altman mengatakan ia percaya para karyawan OpenAI menolak tawaran Meta karena keyakinan mereka bahwa OpenAI memiliki peluang lebih besar dalam mencapai pengembangan Artificial General Intelligence (AGI).

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Modus Baru Kuras Rekening Muncul di LinkedIn-Instagram, Kenali & Cegah

    Modus Baru Kuras Rekening Muncul di LinkedIn-Instagram, Kenali & Cegah

    Jakarta, CNBC Indonesia – Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn, kini menjadi ladang bagi para pelaku kejahatan siber untuk menjerat korban lewat tautan berbahaya yang tersembunyi di balik iklan, pesan langsung (DM), hingga unggahan konten clickbait.

    Phishing di media sosial berbeda dengan email spam biasa. Di sini, serangan siber terasa lebih personal dan meyakinkan. Penjahat memanfaatkan data pribadi yang ada di internet untuk menyusun serangan yang ditargetkan. Mereka bahkan bisa menyamar sebagai teman dekat, rekan kerja, atau suatu merek.

    Profil palsu yang meniru akun resmi perusahaan atau tokoh populer juga kian marak. Sasarannya adalah membuat korban percaya lalu mengeklik link jebakan yang sudah disisipkan dalam pesan atau unggahan.

    Biasanya, link berbahaya ini disamarkan dalam tawaran menarik, berita mengejutkan, atau iming-iming hadiah. Jika diklik, korban akan diarahkan ke situs palsu atau secara otomatis mengunduh malware yang mencuri data pribadi.

    Link phishing biasanya memiliki pola yang berbeda dari link pada umumnya. Berikut ini adalah ciri-ciri link phising yang perlu diwaspadai:

    1. Link dengan ejaan dan format mencurigakan

    Phishing link kerap menggunakan domain yang mirip dengan situs asli tapi memiliki tambahan simbol atau huruf acak, seperti faceb00k-login.com atau amzn-prime-update.net. Link semacam ini sering disisipkan dalam pesan promosi atau kuis berhadiah palsu.

    2. Bahasa dan penulisan tidak profesional

    Konten phishing umumnya ditulis dengan banyak kesalahan ejaan, tata bahasa tidak konsisten, dan menggunakan bahasa yang tidak formal. Ini menunjukkan bahwa pesan tersebut bukan berasal dari perusahaan resmi.

    3. Dikirim di jam tak biasa

    Jika Anda menerima pesan yang masuk di tengah malam atau akhir pekan dari akun yang seharusnya resmi, itu patut dicurigai sebagai phishing. Biasanya pelaku mengincar momen ketika korban sedang lengah.

    4. Nada mendesak atau mengancam

    “Segera klik tautan ini sebelum akun Anda dinonaktifkan!” atau “Balas dalam 24 jam untuk klaim hadiah” adalah kalimat-kalimat umum yang digunakan untuk memancing kepanikan. Hindari merespons pesan dengan tekanan waktu seperti ini.

    5. Lampiran aneh

    Penjahat biasanya menyisipkan lampiran berbahaya dalam. Banyak orang membuka karena penasaran, dan tanpa sadar mengeklik tautan atau tombol di dalamnya. Lampiran tersebut bisa berupa file Word atau file zip yang jika dibuka akan menginfeksi perangkat Anda dengan malware pencuri data login. Jadi, jangan pernah membuka lampiran yang mencurigakan.

    Agar terhindar dari jebakan phishing, berikut langkah preventif yang dapat dilakukan pengguna media sosial:

    Verifikasi pengirim atau akun sebelum berinteraksi. Selalu cek profil secara menyeluruh, terutama jika menerima pesan dari akun yang belum pernah dikenal.
    Periksa tautan mencurigakan sebelum diklik. Gunakan tool pemeriksa URL atau arahkan kursor ke tautan untuk melihat tujuan sebenarnya.
    Atur privasi akun agar tidak mudah diakses oleh orang asing.
    Laporkan dan blokir akun mencurigakan untuk menghindari jatuhnya korban lain.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Password yang Paling Disukai Maling M-Banking

    Password yang Paling Disukai Maling M-Banking

    Jakarta, CNBC Indonesia — Kebocoran data berskala raksasa telah dilaporkan dan mengguncang dunia siber. Lebih dari 16 miliar kredensial login bocor dan tersebar luas, menjadikannya insiden peretasan terbesar sepanjang sejarah.

    Temuan ini pertama kali dilaporkan oleh Cybernews dan Forbes, dan langsung dikategorikan sebagai darurat keamanan siber global. Pakar keamanan menyebut data yang bocor bukanlah hasil daur ulang dari peretasan lama, melainkan data baru yang dikumpulkan secara sistematis melalui malware jenis infostealer.

    Malware ini diam-diam mencuri username dan password dari perangkat yang terinfeksi, lalu mengunggahnya ke server yang dikendalikan peretas. Kebocoran ini mencakup setidaknya 30 kumpulan data terpisah, dengan masing-masing berisi puluhan juta hingga lebih dari 3,5 miliar entri. Data yang bocor sangat terstruktur, mencantumkan URL layanan, diikuti oleh username dan password sehingga sangat mudah dieksploitasi oleh pelaku kejahatan.

    Layanan populer seperti Apple, Google, Facebook, Telegram, GitHub, hingga platform pemerintahan disebut masuk dalam daftar target potensial.

    Penyedia keamanan kata sandi, Specops, mengungkapkan 10 kata sandi yang paling umum digunakan penyerang untuk mengeksploitasi koneksi Remote Desktop Protocol (RDP) Microsoft.

    Untuk diketahui RPD adalah metode praktis untuk masuk dan mengendalikan PC dan server jarak jauh, terutama untuk pekerja hybrid.

    Tetapi RDP juga merupakan sasaran empuk bagi para penjahat siber yang ingin mendapatkan akses ke jaringan organisasi dan sumber daya penting lainnya.

    Itulah mengapa menggunakan kata sandi yang kuat dan rumit untuk akun desktop jarak jauh sangat penting.

    Specops memasukkan lebih dari 1 miliar kata sandi yang dicuri oleh penjahat siber pada 2024 untuk dianalisis. Hasilnya menunjukkan bahwa banyak orang mengabaikan standar ketika membuat kata sandi, bahkan untuk sistem yang penting.

    Organisasi yang memantau server RDP mereka telah menemukan ratusan atau bahkan ribuan percobaan login yang gagal dari para peretas, bot, geng ransomware, dan banyak lagi.

    Begitu mereka menemukan port RDP yang terbuka dan terekspos, para penyerang menggunakan brute force untuk mencoba sejumlah besar kombinasi nama pengguna dan kata sandi untuk mendapatkan akses. Semakin sederhana kata sandi, semakin cepat penyerang dapat memperoleh dan mengeksploitasi akses.

    Lantas, kombinasi kata sandi seperti apa yang gampang dibobol maling?

    Di peringkat pertama ada kata sandi 123456 yang paling sering dicuri oleh penjahat. Hal ini mengindikasikan, banyak orang masih menggunakan gabungan “keyboard walk”, kata sandi yang dibuat dengan mengetikkan serangkaian tombol yang berdekatan pada keyboard.

    Di peringkat kedua adalah 1234, yang dipilih oleh orang-orang yang tidak mau repot-repot menambahkan angka 5 dan 6.

    Berikutnya adalah Password1, diikuti oleh 12345. Di posisi kelima ada kata sandi P@sswOrd, yang menunjukkan bahwa beberapa orang hanya menambahkan karakter khusus di kata sandi mereka meskipun tergolong lemah.

    P@sswOrd populer karena memenuhi persyaratan standar delapan karakter, satu huruf kapital, satu angka, dan satu karakter khusus.

    Berikut Daftar Password Paling Umum Dibobol Maling:

    123456
    1234
    Password1
    12345
    P@ssw0rd
    password
    Password123
    Welcome1
    12345678
    Aa123456

     

    (mkh/mkh)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Dua penipu bermodus polisi gadungan beri perlawanan saat ditangkap

    Dua penipu bermodus polisi gadungan beri perlawanan saat ditangkap

    Wakasat Reskrim Polres Metro Jakbar AKP Raden Dwi Kennardi Dewanto Pratistha memberikan keterangan di Jakarta, Sabtu (29/6/2025). ANTARA/HO-Polres Jakbar

    Dua penipu bermodus polisi gadungan beri perlawanan saat ditangkap
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Minggu, 29 Juni 2025 – 07:40 WIB

    Elshinta.com – Dua orang penipu bermodus anggota kepolisian memberikan perlawanan saat ditangkap anggota Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat di wilayah Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (19/6/2025).

    Pelaku menipu korban yang menjual sepeda motornya melalui media sosial Facebook.

    “Pada saat penangkapan pasti ada perlawanan, tapi Alhamdulillah bisa kita tangkap 2 orang,” ucap Wakasat Reskrim Polres Metro Jakbar AKP Raden Dwi Kennardi Dewanto Pratistha di Jakarta, Sabtu.

    Selain melawan saat proses penangkapan, Kenn menyebut kedua pelaku juga sempat berusaha kabur. Kendati demikian, keduanya tetap berhasil diringkus.

    Penangkapan pun dilakukan di wilayah Cengkareng, Jakarta Barat pada Kamis (19/6) lalu setelah korban membuat laporan polisi ke Polres Metro Jakbar satu hari sebelumnya, Rabu (18/6).

    “Pada tanggal 18 Juni 2025 kami mendapatkan laporan polisi terkait penipuan yang dilakukan seorang yang mengaku anggota Polri. Setelah itu kami dari tim Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat melakukan penyelidikan dan dapat mengidentifikasi pelaku,” jelas dia.

    Kenn menambahkan kini polisi masih melakukan pemeriksaan mendalam terhadap kedua pelaku untuk menggali lebih jauh modus penipuan yang dilakukan.

    “Saat ini, pelaku masih dalam tahap penyidikan yang dilakukan oleh Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat,” imbuh Kenn.

    Sebelumnya, wanita bernama Adelia (23), warga Palmerah, Jakarta Barat, menjadi korban penipuan seorang pria bernama Yohanes yang mengaku sebagai anggota kepolisian pada Rabu (18/6/2025) dini hari.

    Penipuan itu berawal saat Adelia hendak menjual sepeda motor Honda Beat keluaran tahun 2018 miliknya lewat media sosial.

    Kemudian dari sekian penawar, Adelia akhirnya bersepakat dengan Yohanes lantaran memberikan tawaran tertinggi. Komunikasi dari media sosial pun berlanjut ke pesan WhastApp.

    “Saya buka harga di Rp6 juta. Beliau ini yang paling tinggi nawarnya akhirnya deal di Rp5,6 juta,” kata Adelia saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (22/6/2025).

    Adelia mengaku sadar sejak awal terkait risiko jual beli motor di media sosial. Oleh karena itu, Adelia hanya mau bertransaksi dengan sistem cash on delivery (COD) atau bayar di tempat.

    “Awalnya dia mau ketemuan pagi sebelum kerja, tapi enggak jadi,” kata Adelia.

    Adelia sama sekali tak curiga saat pelaku meminta COD dilakukan pada tengah malamnya. Tepatnya pada Rabu (18/6/2025) dini hari sekira pukul 01.30 WIB.

    Wanita ini tetap menyanggupi asal motornya bisa terjual. Ia pun meminta pertemuan dilakukan di depan sebuah toko vape di kawasan Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat.

    “Saya ditemani teman saya. Begitu juga Yohanes bawa temannya,” kata dia.

    Pertemuan itu terekam kamera CCTV yang terpasang di depan toko vape. Melihat rekaman CCTV, awalnya tak ada yang aneh. Pria yang mengaku bernama Yohanes nampak memeriksa kondisi motor layaknya seorang pembeli.

    Namun, situasi mulai berubah saat Yohanes dan rekannya yang mengenakan kaos hitam dan masker mengaku sebagai anggota polisi.

    “Awalnya, mereka enggak ngaku polisi. Tapi pas lagi obrolin harga motor, dia baru bilang katanya dari Mabes Polri. Terus saya bilang kantornya di mana, dia bilang di Polda,” lanjutnya.

    Yohanes kemudian mulai mengintimidasi Adelia dan rekannya untuk mempelajari pasal-pasal yang mengatur jual beli kendaraan.

    Kebetulan, saat itu motor milik Adelia hanya memiliki STNK dan tanpa ada BPKB.

    “Karena dia bilang kalau sistem COD ini ada pasalnya, saya langsung cek pasalnya dan beneran ada,” kata Adelia.

    Adelia bercerita awalnya ia masih berusaha tenang, sebab nama dalam STNK motor itu adalah identitasnya.

    Tapi, hal itu malah membuat pelaku menaikkan nada bicara dan mengeluarkan borgol sembari menggertak. Hal itu membuat Adelia dan rekannya menjadi terintimidasi.

    Pelaku kemudian meminta untuk membawa motor milik Adelia. Pelaku berdalih bahwa motor itu baru akan dikembalikan jika Adelia mendatangi Polda Metro Jaya dengan membawa surat pernyataan tak akan melakukan sistem jual beli tanpa surat-surat lengkap.

    “Saya enggak sampai diborgol, tapi dia udah ngeluarin borgol buat ngancem kita dan langsung bawa motornya aja. STNK masih sama saya. Dia suruh foto kopi STNK untuk bawa ke polda langsung,” tuturnya.

    Adelia yang saat itu hanya bisa pasrah karena sudah ketakutan namun belum mengira menjadi korban penipuan.

    Sebab, saat itu ponsel Yohanes masih bisa dihubungi, hal itu terlihat dari pesan yang dikirimkannya masih terkirim.

    Namun pada pagi harinya, ponsel Yohanes sudah tak bisa dihubungi.

    “Paginya kan saya chat dia buat nanya kalau saya ini harus kemana dan ketemu siapa, tapi dia udah ceklis satu. Saya suruh temen saya chat dia ternyata bisa ceklis dua, berati kan saya diblokir,” tuturnya.

    Kemudian, pada Rabu (18/6/2025) juga, Adelia pun segera melaporkan kasus ini ke Polres Metro Jakarta Barat dan berharap pelaku bisa diringkus secepatnya.

    Sumber : Antara

  • 2 Polisi Gadungan Tipu Sejoli Saat COD Motor di Jakbar
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        28 Juni 2025

    2 Polisi Gadungan Tipu Sejoli Saat COD Motor di Jakbar Megapolitan 28 Juni 2025

    2 Polisi Gadungan Tipu Sejoli Saat COD Motor di Jakbar
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Sat Reskrim Polres Metro
    Jakarta Barat
    menangkap dua pria yang mengaku sebagai polisi dari Mabes Polri untuk melancarkan aksi
    penipuan
    terhadap sepasang kekasih bernama Adelia Putri (23) dan Yusuf (23).
    Dua pelaku menipu korban saat hendak membeli
    sepeda motor
    Honda Beat dengan sistem cash on delivery (COD) di Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (18/6/2025) dini hari.
    “Pelaku berjumlah 2 orang kami dapat amankan di daerah Cengkareng,” kata Wakasat Reskrim Polres Metro Jakbar AKP Raden Dwi Kennardi Dewanto Pratistha dalam keterangannya, Sabtu (28/6/2025).
    Usai menerima laporan polisi (LP) dari korban pada 18 Juli 2025, Sat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat langsung mengidentifikasi pelaku.
    “Pada saat proses penangkapan pada 19 Juni 2025, kedua pelaku sempat berusaha kabur saat akan ditangkap. Tapi, Alhamdulillah, bisa kita tangkap dua orang,” tutur dia.
    Kenn menambahkan, penyidik masih memeriksa kedua pelaku secara intensif untuk mengungkap lebih jauh modus penipuan yang mereka lakukan.
    “Saat ini pelaku masih dalam tahap penyidikan yang dilakukan oleh Satreskrim Polres Metro Jakarta Barat,” kata Kenn.
    Peristiwa bermula saat Adelia dan Yusuf bertemu dengan pelaku karena hendak menjual sepeda motor yang mereka iklankan melalui Facebook.
    Kendati demikian, korban menjual tidak disertai Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) karena sudah hilang, hanya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) saja.
    Saat bertemu, pelaku tiba-tiba saja mengaku dari Mabes Polri.
    Mereka mengancam korban dan menunjukkan sejumlah pasal tentang penjualan motor bodong.
    Pelaku lalu mengancam akan membawa korban ke kantor polisi.
    Karena takut, korban pun pasrah saat sepeda motornya dibawa kabur oleh
    polisi gadungan
    tersebut.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Banjir dan Longsor Terjang Venezuela, Rumah Hancur-Jalan Putus

    Banjir dan Longsor Terjang Venezuela, Rumah Hancur-Jalan Putus

    Pemandangan drone dari jembatan yang runtuh dekat Ospino, Portuguesa, Venezuela Kamis (26/6/2025). Hujan lebat yang melanda Venezuela dalam beberapa hari terakhir telah memicu banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah. Bencana ini berdampak parah pada lima negara bagian. (Primitivo Cedeno via Facebook/Handout via REUTERS)

  • 79% Orang Indonesia Cari Berita di Internet dan Media Sosial

    79% Orang Indonesia Cari Berita di Internet dan Media Sosial

    Jakarta

    Reuters Institute baru saja merilis Digital News Report yang mengetahui cara penduduk dunia, termasuk Indonesia, dalam mengonsumsi berita. Ternyata, lebih dari setengah warga Indonesia yang disurvei mengaku mendapatkan berita dari media sosial.

    Studi ini digagas oleh Reuters Institute for the Study of Journalism dan melibatkan 2.028 sampel dari Indonesia. Riset dilakukan oleh YouGov menggunakan kuesioner online dari pertengahan Januari sampai akhir Februari 2025.

    Menurut hasil studi tersebut, 79% responden dari Indonesia mendapatkan berita dari internet, termasuk website dan aplikasi berita, jejaring sosial, podcast berita, dan chatbot AI.

    Lebih lanjut, 57% responden di Indonesia mengaku mendapatkan berita dari platform media sosial seperti WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Instagram, sedikit turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 60%.

    TV dan radio masih banyak digunakan oleh 44% orang Indonesia yang disurvei. Masih ada 10% warga yang memperoleh informasi berita dari media cetak.

    Dari semua penduduk Indonesia yang mendapatkan beritanya dari internet, 81% menggunakan ponsel untuk mengakses informasi tersebut. Responden lainnya menggunakan komputer (49%) dan tablet (34%) untuk membaca berita.

    WhatsApp masih menjadi platform internet paling populer untuk mendapatkan berita dan tujuan lainnya. Aplikasi milik Meta ini dipakai oleh 43% responden, turun 3% dibandingkan tahun sebelumnya.

    YouTube berada di posisi kedua dengan 41%, tapi posisinya dipepet oleh Facebook yang dipakai 39%. TikTok ada di posisi keempat dengan 34% tapi popularitasnya terus naik dibandingkan tahun sebelumnya.

    Walau dikenal sebagai platform berbagi foto, Instagram ternyata jadi sumber berita oleh 31% responden. X, yang sebelumnya bernama Twitter, ada di posisi terakhir dengan 13%.

    (vmp/vmp)

  • Segera Klaim! Update Kode Redeem FF Hari Ini Kamis 26 Juni 2025

    Segera Klaim! Update Kode Redeem FF Hari Ini Kamis 26 Juni 2025

    Bisnis.com, JAKARTA – Simak update kode redeem FF hari ini, Kamis 26 Juni 2025, yang bisa Anda tukar dengan hadiah menarik.

    Ya, pemain Free Fire tercepat yang menukarkannya dan beruntung bisa mendapat item menarik secara cuma-cuma, seperti senjata, skin, dan aneka voucher.

    Namun, perlu diketahui bahwa kode redeem FF terdiri dari 12 karakter berupa huruf kapital dan angka.

    Sehingga apabila kode tidak memenuhi kriteria tersebut, kemungkinan besar kode yang dimasukkan adalah palsu atau ada kesalahan.

    Kode redeem FF ini juga memiliki limit waktu dan kuota penggunaan. Dengan demikian, penukaran tak bisa dilakukan jika kode redeem telah melewati waktu yang ditentukan dan sebelumnya sudah pernah diklaim.

    Update Kode Redeem FF Kamis 26 Juni 2025

    VENGY18EX472
    4F96ZWSWS2R4
    HE3WH99A89S8
    5GBV2KFWZ7D8
    J6V4NGGHSYKB
    KIOSGAMERFF1
    TIMNASETB5J1
    INDOR0D4W8E6
    4AZYG8SZ1FJ6
    JKTE8M89FM4M
    SGJKT48TOKEN
    TKNSG2WINDAH
    JKT48TOKENSG
    X5HCV6PVGHH3
    EMASOLIM2024
    TKNBUNDLEGYC
    WISHTX8J3NMR
    JKT48RAMADAN
    JEKATEFUTSAL
    RIZKYRIDHOFF
    JEKETIJAMSUT
    ENHBVMTGGX8U
    TIMNAS17INDO
    OSCARGANTENG
    8HGB7TKY6975
    5XMRKCXP1MGV
    FFINDOJUARA1

    Cara klaim kode redeem FF

    1. Buka situs https://reward.ff.garena.com/id.

    2. Masuk atau login ke akunmu dengan beberapa alternatif cara, yaitu dari akun facebook, alamat email Google, akun Apple, VK atau Huawei, hingga akun Twitter.

    3. Masukkan salah satu kode redeem FF.

    4. Pada umumnya, kode redeem Garena berjumlah 12 sampai 16 digit. Klik konfirmasi.

    5. Jika kode tersebut masih valid, maka hadiah akan langsung dikirim ke Inbox Anda.

  • Loker PPSU Jakarta Dibuka Lagi di Tiap Kelurahan, Bagaimana Nasib Pelamar di Balai Kota? – Page 3

    Loker PPSU Jakarta Dibuka Lagi di Tiap Kelurahan, Bagaimana Nasib Pelamar di Balai Kota? – Page 3

     

    Lurah Tanjung Barat Rizky Wijaya mengulas, pihaknya hanya membuka lima kuota untuk petugas PPSU dengan pendaftaran mulai tanggal 23 Juni sampai dengan 26 Juni. Hal itu berbanding jauh dengan jumlah pelamar sampai dengan saat ini.

    “Menindaklanjuti arahan Pak Gubernur dan Sekretaris Daerah, kalau Tanjung Barat itu ada kuota sebanyak lima orang. Jadi kita proses open recruitment,” ungkap Rizky saat ditemui di kantornya.

    Rizky mengaku tidak memahami lebih jauh adanya perbedaan waktu pendaftaran di kelurahan lainnya.

    Liputan6.com sendiri sempat menyambangi Kantor Kelurahan Utan Kayu, Jakarta Timur. Namun di sana, pendaftaran PPSU baru dibuka tanggal 30 Juni sampai dengan 3 Juli 2025.

    “Jadi open recruitment itu sebenarnya sudah dibahas sama, tingkat provinsi itu sudah arahannya sama (waktunya) gitu ya. Semua SKPD yang ada di Jakarta, satu provinsi. Jadi kita pada hari ini, hari kedua kalau nggak salah ya, jadi kita sudah melaksanakan open rekrutmen,” jelas dia.

    “Kita umumkan, kita publish ya di media sosial kita, di Instagram maupun di Facebook-nya ya. Terus di papan pengumuman kita, terus di setiap pertemuan warga itu juga kita sampaikan,” sambungnya.

    Rizky mencatat, pada Selasa, 24 Juni sudah ada 116 berkas lamaran kerja PPSU yang masuk ke Kelurahan Tanjung Barat, dan hari ini bertambah menjadi 134 berkas sampai dengan pukul 12.00 WIB.

    Nantinya, seluruh pelamar kerja PPSU yang lolos seleksi administrasi akan menjalani seleksi tes lapangan dan wawancara pada tanggal 1 Juli sampai dengan 11 Juli, yang hasilnya diumumkan pada 14 Juli. Kemudian, pelaksanaan tahapan pengadaan langsung pada 15-30 Juli, disusul pengumuman petugas PPSU terpilih pada 31 Juli 2025.

    Adapun penandatanganan kontrak digelar di Kantor Kelurahan Tanjung Barat pada 1 Agustus 2025.

    Sementara soal banyaknya pemuda yang mendaftar, hal itu dinilainya sebagai bentuk antusiasme warga Kelurahan Tanjung Barat untuk terlibat membangun daerahnya. Proses seleksi pun akan dilakukan dengan berbagai penilaian keterampilan, termasuk kemahiran dalam menggunakan kendaraan dinas kebersihan.

    “Jadi harapan dari kita di kelurahan, dengan adanya open rekrutmen ini tentunya membuka kesempatan buat warga, khususnya domisili ataupun area yang di Tanjung Barat, di Kelurahan Tanjung Barat, ataupun kalau di luar wilayah tetap bisa, cuma memang nanti akan ada persentase nilai dari domisili nanti. Jadi kita memang memprioritaskan warga yang ada di kelurahan Tanjung Barat,” terang Rizky.

     

  • App Ini Minta Akses Mikrofon 24 Jam, Perlu Curiga?

    App Ini Minta Akses Mikrofon 24 Jam, Perlu Curiga?

    Jakarta

    Sekalipun dijanjikan aman, banyak aplikasi di Play Store yang ternyata berbahaya, atau tepatnya berpotensi untuk menjadi aplikasi berbahaya.

    Salah satunya karena banyak aplikasi yang ada di Play Store ini mengakses beberapa fitur pada ponsel, termasuk yang sensitif seperti mikrofon. Misalnya seperti temuan peneliti keamanan Cybernews yang menemukan 50 aplikasi populer di Play Store dengan izin atau permission berbahaya terhadap privasi pengguna.

    Para peneliti keamanan itu menggunakan metode analisis file Manifest, yang bisa memberi tahu izin apa saja yang diakses oleh aplikasi. Mereka menilai ada 41 izin berbahaya yang bisa berdampak pada privasi pengguna atau fungsi inti ponsel.

    Cybernews mendeskripsikan izin ‘berbahaya’ sebagai izin yang memberikan aplikasi akses tambahan terhadap data yang dibatasi atau tindakan yang mempengaruhi sistem dan data sensitif pengguna secara substansial.

    Dari 50 aplikasi yang dianalisis, Cybernews menemukan enam aplikasi teratas yang paling banyak mengakses izin berbahaya. Di peringkat pertama ada MyJio, super app asal India, yang mengakses 29 izin berbahaya. Izin yang diakses termasuk lokasi, radio, kamera, mikrofon, kalender, dan lain-lain.

    Di peringkat kedua ada WhatsApp yang mengakses 26 izin berbahaya, diikuti aplikasi Truecaller yang meminta 24 izin berbahaya. Google Messages dan WhatsApp Business sama-sama di peringkat empat dan meminta 23 izin berbahaya. Setelah itu diikuti Facebook dan Instagram yang masing-masing meminta 22 dan 19 izin berbahaya.

    Mengingat banyak aplikasi dari daftar ini yang merupakan aplikasi penting untuk penggunaan sehari-hari, maka solusinya tak bisa semudah menghapus aplikasi. Namun pengguna disarankan lebih selektif dalam memberikan izin akses yang diminta oleh aplikasi.

    Pengguna juga disarankan untuk mengubah pengaturan privasi di perangkat, yaitu untuk membatasi akses ke media atau lokasi jika memungkinkan. Pengaturan default lebih baik tidak digunakan, melainkan harus disesuaikan ulang dengan kebutuhan pengguna.

    (asj/asj)