Perusahaan: Facebook

  • Fitur Live TikTok Mati, Simak 5 Alternatif untuk Live Streaming

    Fitur Live TikTok Mati, Simak 5 Alternatif untuk Live Streaming

    Bisnis.com, JAKARTA – Berikut adalah beberapa aplikasi alternatif pengganti TikTok Live yang mati.

    Sebagaimana diketahui, TikTok telah mematikan fitur LIVE di platform mereka. Saat pengguna hendak melakukan siaran langsung ada tulisan yang muncul.

    Dalam fitur tersebut muncul tulisan “Koneksi tidak stabil. Coba masuk live lagi”.

    Sementara itu, jika masuk ke kolom pencarian dan menuliskan kata kunci, kemudian memilih fitur live maka hasilnya akan kosong.

    Pihak TikTok membenarkan informasi terkait fitur Live yang dimatikan saat aksi demonstrasi marak terjadi di mana-mana.

    “Sehubungan dengan meningkatnya kekerasan dalam aksi unjuk rasa di Indonesia, kami mengambil langkah-langkah pengamanan tambahan untuk menjaga TikTok tetap menjadi ruang yang aman dan beradab. Sebagai bagian dari langkah ini, kami secara sukarela menangguhkan fitur TikTok LIVE selama beberapa hari ke depan di Indonesia. Kami juga terus menghapus konten yang melanggar Panduan Komunitas dan memantau situasi yang ada,” ujar Juru Bicara TikTok melalui pesan singkat kepada Bisnis, Sabtu (30/8/2025).

    Namun, masih ada beberapa rekomendasi aplikasi alternatif untuk bisa melakukan siaran langsung atau LIVE selain TikTok.

    5 Alternatif untuk Live Streaming

    1. YouTube Live

    2. Instagram Live

    3. Twitch

    4. Facebook Live

    5. Streamlabs

    Itulah 5 alternatif untuk live streaming selain TikTok Live

  • TiktTok Matikan Fitur Live, UMKM Menjerit

    TiktTok Matikan Fitur Live, UMKM Menjerit

    Bisnis.com, JAKARTA—  Langkah TikTok dalam memadamkan fitur live turut berdampak pada UMKM yang selama ini memanfaatkan fitur tersebut untuk berjualan dan menyambung hidup.

    Diketahui Live TikTok dan sejumlah aplikasi lain sempat nonaktif atau down pada Sabtu (30/8/2025) malam. Saat itu, sejumlah kericuhan terjadi di beberapa titik salah satunya di depan Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

    Aksi ricuh itu merupakan eskalasi aksi unjuk rasa pada 28-29 Agustus di beberapa titik di Jakarta, dan meluas ke berbagai daerah.

    Pihak manajemen TikTok menyatakan, keputusan menonaktifkan fitur live sehubungan dengan meningkatnya kekerasan dalam aksi unjuk rasa di Indonesia.

    “Kami mengambil langkah-langkah pengamanan tambahan untuk menjaga TikTok tetap menjadi ruang yang aman dan beradab. Sebagai bagian dari langkah ini, kami secara sukarela menangguhkan fitur TikTok LIVE selama beberapa hari ke depan di Indonesia. Kami juga terus menghapus konten yang melanggar Panduan Komunitas dan memantau situasi yang ada,” bunyi keterangan resmi tertulis Juru Bicara TikTok.

    Dampak dari kebijakan tersebut, sejumlah seller dan UMKM mengaku dirugikan karena tidak dapat berjualan di platform tersebut. 

    “Sedih banget kak tidak bisa live, padahal live jualan buat nyari rezeki, semiris ini negeriku,” tulis @Hana_Zahra dikutip Senin (1/9/2025). 

    Tidak hanya seller, host yang bekerja kerap menjajaki barang seller juga terdampak. Penonaktifan TikTok membuat rencana mereka untuk live menjadi batal. Pemasukan host lebih besar saat live di TikTok ketimbang di platform ecommerce lainnya.

    “Aku yang kerja sebagai host live sementara tidak bisa bekerja di TikTok. Padahal pemasukan live di TikTok sama di Oyen, kalau live [pemasukannya] lebih banyak di TikTok,” tulis salah satu akun.

    Mengenai pemadaman TikTok, Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid menyebut penonaktifan fitur siaran langsung atau live TikTok saat ricuh di beberapa lokasi di Jakarta merupakan keputusan sukarela manajemen platform tersebut dengan didasari oleh imbauan dari pemerintah. 

    Meutya menambahkan, negara terbuka dan mendengarkan aspirasi-aspirasi masyarakat dan akan menindaklanjutinya sebagaimana arahan dari Presiden Prabowo Subianto.

    “Termasuk disampaikan bahwa live TikTok itu, kami pun melihat pemberitahuan yang dilakukan oleh TikTok. Bahwa mereka melakukan secara sukarela, untuk penutupan fitur live, dan kami justru berharap bahwa ini berlangsung tidak lama,” kata Meutya Hafid kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (31/8/2025).

    Mantan Ketua Komisi I DPR itu menuturkan, pihaknya berharap fitur live bisa segera diaktifkan kembali agar tidak berpengaruh ke aktivitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang mengandalkan siaran langsung dari media sosial untuk berjualan.

    “Jadi kalau kondisi berangsur baik, mudah-mudahan kita bisa kembali lagi fitur live TikTok dan pada saat ini kami memahami bahwa ada UMKM yang terdampak yang berjualan secara live, tapi mudah-mudahan tetap bisa e-commerce tanpa live,” katanya.

    Saat ditanya apakah ada imbauan dari pemerintah, Meutya enggan menjawab. Dia juga tak menjawab apakah keputusan sukarela TikTok itu sejalan dengan harapan pemerintah.

    “Tanyakan ke TikTok ya, terima kasih,” pungkasnya.

    Sementara itu, Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi) Angga Raka Prabowo menegaskan platform digital seperti Facebook, TikTok, X, dan media sosial lainnya turut bertanggung jawab dalam menjaga keamanan dan kenyamanan ruang digital di Indonesia, seiring dengan maraknya konten disinformasi, fitnah, dan kebencian (DFK) yang merusak sendi-sendi demokrasi.

    Angga menekankan bahwa negara memiliki dasar hukum yang kuat terkait kepatuhan platform digital dalam menjaga ruang digital hingga memutus akses atau memblokir konten internet ilegal. 

  • Live TikTok Dinilai Bisa Memanaskan Situasi, Ini Sebabnya

    Live TikTok Dinilai Bisa Memanaskan Situasi, Ini Sebabnya

    Jakarta

    Fitur Live bukan hanya milik TikTok, tapi kenapa dimatikan sementara, dalam situasi genting di Tanah Air. Inilah analisanya.

    detikINET pun berbincang dengan pakar Politik Siber UPN Veteran Jakarta, Dr Ridwan S.sos, M.Si, CIQnR. Menurut dia Live TikTok punya kelebihan dibanding fitur live medsos yang lain. Yang pertama adalah faktor algoritma FYP yang agresif.

    “Live TikTok bisa push konten ke audiens di luar lingkaran follower. Sementara Instagram/Facebook Live yang lebih terbatas pada follower base. Sehingga demo-demo lokal yang terjadi di Indonesia dapat langsung jadi nasional/global hanya karena algoritma menangkap engagement tinggi,” ujarnya.

    Yang kedua, format visual bersifat lebih emosional di platform medsos. Live TikTok berbasis mobile-first dengan visual vertikal.

    “Cocok untuk liputan lapangan yang serba spontan. Karakter videonya immersive, layar penuh, interaktif, sehingga kesan dramatis aksi jalanan lebih kuat dibanding live di YouTube/FB,” imbuh Ridwan.

    Hal ini kata Ridwan membuat Live TikTok memiliki implikasi dari kacamata politik siber. Masyarakat dapat memproduksi informasi sendiri yang tidak dimediasi media mainstream yang akurasi dan validasinya lebih sulit terukur.

    “Live TikTok mampu mengubah demo yang biasanya hanya terdengar lewat media mainstream menjadi fenomena real-time yang sulit dibendung,” pungkasnya.

    Jika ada tayangan yang emosional dan aksi yang negatif seperti perusakan, dampaknya secara visual lebih mengena ke audiens Live TikTok. Padahal semestinya, aspirasi publik bisa disampaikan tanpa ada anarki.

    Sebelumnya, TikTok pada Sabtu (30/8) mengumumkan mematikan fitur Live untuk sementara waktu, terkait kondisi keamanan. TikTok ingin tetap menjadi ruang digital yang aman.

    “Sebagai bagian dari langkah ini, kami secara sukarela menangguhkan fitur TikTok LIVE selama beberapa hari ke depan di Indonesia. Kami juga terus menghapus konten yang melanggar Panduan Komunitas dan memantau situasi yang ada,” pungkas Jubir TikTok.

    Atas keputusan TikTok ini, Kementerian Komdigi memberikan apresiasinya. “Inisiatif TikTok, voluntary. Kami mengapresiasi langkah inisiatif yang diambil oleh TikTok,” kata Direktur Jenderal Pengawasan Ruang Digital Komdigi, Alexander Sabar.

    (fay/fyk)

  • 5 Alasan Suzuki V-Strom 250SX Cocok Jadi Motor Touring Pertama Anda

    5 Alasan Suzuki V-Strom 250SX Cocok Jadi Motor Touring Pertama Anda

    Memulai perjalanan dengan motor touring sering kali menjadi tantangan bagi pemula. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kenyamanan, kemudahan pengendalian, hingga ketahanan mesin ketika dibawa menempuh jarak panjang.

    Tidak sedikit orang yang merasa ragu memilih motor touring karena khawatir akan kesulitan saat mengendarainya. Padahal, dengan pilihan motor yang tepat, pengalaman touring pertama justru bisa menjadi momen berkesan yang memunculkan rasa percaya diri di atas roda dua.

    Bagi Anda yang baru tertarik menjajal dunia touring, penting memahami bahwa konsep touring bukan hanya soal perjalanan jauh. Touring adalah kombinasi antara eksplorasi, kenyamanan, serta kemampuan motor untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi jalan. Karena itu, memilih motor touring yang ramah bagi pemula adalah langkah awal yang bijak agar perjalanan terasa lebih menyenangkan tanpa beban berlebih.

    Dimensi dan Bobot yang Proporsional
    Salah satu alasan Suzuki V-Strom 250SX patut dipertimbangkan sebagai motor touring pertama adalah dimensi dan bobotnya yang proporsional. Motor ini dirancang dengan ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga tetap mudah dikendalikan meski bagi pengendara yang baru mengenal touring. Tinggi joknya yang ergonomis memberikan rasa percaya diri ketika berhenti atau melintasi jalanan dengan kecepatan rendah. Proporsi ini sangat membantu terutama saat Anda melakukan perjalanan di jalur perkotaan yang padat.Handling Stabil dan Responsif
    Kemudahan pengendalian menjadi faktor penting bagi pemula, dan V-Strom 250SX menawarkan hal tersebut. Motor ini dilengkapi dengan handling yang stabil serta responsif, membuat manuver terasa ringan. Baik ketika melewati tikungan tajam maupun saat harus mengendalikan laju di jalan berliku, motor ini memberikan rasa aman. Dengan desain stang yang tegak, posisi berkendara pun lebih rileks sehingga tubuh tidak cepat lelah meski perjalanan dilakukan dalam waktu lama.Cocok untuk Jalan Kota hingga Wisata Alam
    Keunggulan lain dari Suzuki V-Strom 250SX adalah fleksibilitasnya. Motor ini tidak hanya andal di jalan raya perkotaan, tetapi juga tangguh ketika dibawa menuju jalur wisata alam. Misalnya, saat Anda berencana menjelajahi pantai, perbukitan, atau jalan pedesaan, performa motor tetap terjaga. Suspensi yang dirancang kokoh memberikan kestabilan di permukaan jalan yang beragam. Dengan begitu, touring pertama Anda akan terasa menyenangkan tanpa khawatir terganggu kondisi jalan yang tidak selalu mulus.Mesin Tangguh dan Efisien
    Bicara soal performa, V-Strom 250SX mengandalkan mesin yang tangguh namun tetap ramah digunakan oleh pemula. Kapasitas mesin 250cc memberikan tenaga cukup untuk menjelajahi jarak jauh tanpa terasa berlebihan. Efisiensi bahan bakar yang ditawarkan juga mendukung perjalanan panjang, sehingga Anda tidak perlu sering berhenti untuk mengisi bensin. Mesin ini dirancang untuk memberikan tenaga yang halus dan mudah dikendalikan, sehingga pemula pun bisa merasakan touring dengan nyaman.Suspensi dan Kenyamanan Berkendara
    Aspek kenyamanan tentu tidak bisa dilepaskan dari sebuah motor touring. Suzuki V-Strom 250SX dibekali suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang monoshock yang mampu meredam guncangan dengan baik. Bahkan saat melewati jalan berbatu atau berlubang, motor tetap stabil sehingga pengendara dan penumpang merasa aman. Ditambah lagi dengan desain jok yang empuk dan posisi duduk yang ergonomis, perjalanan jauh terasa lebih ringan. Kombinasi ini membuat touring pertama Anda bukan hanya sekadar perjalanan, tetapi juga pengalaman yang nyaman dan menyenangkan.Touring Pertama yang Berkesan dengan Suzuki V-Strom 250SX
    Memilih motor touring untuk pertama kalinya memang memerlukan pertimbangan matang. Namun, Suzuki V-Strom 250SX hadir sebagai pilihan ideal yang menggabungkan dimensi proporsional, handling mudah, performa tangguh, hingga kenyamanan berkendara. Dengan semua keunggulan tersebut, touring pertama Anda berpotensi menjadi pengalaman berkesan yang mendorong rasa percaya diri untuk melakukan perjalanan berikutnya.

    Jika Anda tertarik untuk mencoba motor ini, tidak ada salahnya mencoba langsung sensasi berkendara dengan Suzuki V-Strom 250SX di dealer resmi Suzuki terdekat. Jangan lupa juga untuk mengikuti akun media sosial Suzuki Motor Indonesia agar selalu update informasi terbaru. Anda bisa menemukan mereka di Instagram @suzukiindonesiamotor, TikTok @suzukiindonesiamotor, Facebook Suzuki Motorcycles Indonesia, dan X (Twitter) @suzukimotorid.

  • Sejumlah Negara Ini Beri Warning Warganya yang Berada di RI

    Sejumlah Negara Ini Beri Warning Warganya yang Berada di RI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Beberapa negara meminta warganya yang tinggal maupun sedang ada di Indonesia untuk lebih berhati-hati serta menghindari lokasi demonstrasi yang tengah berlangsung di berbagai wilayah.

    Misalnya saja, pemerintah Malaysia yang mengimbau warganya di Indonesia agar selalu memantau perkembangan situasi sebelum bepergian. Mereka diminta untuk menjauhi area yang menjadi titik aksi unjuk rasa.

    “Kedutaan Besar Malaysia menasihatkan agar warga negara Malaysia yang bermastautin di Jakarta dan warga negara Malaysia yang berkunjung untuk urusan pelancongan, perniagaan, dan sebagainya supaya senantiasa memantau perkembangan terkini lokasi aktiviti demonstrasi melalui pengumuman pihak berkuasa dan media tempatan,” bunyi pemberitahuan Kedutaan Besar Malaysia dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (31/8/2025).

    Pemerintah Singapura juga mengimbau kepada warganya untuk menghindari lokasi-lokasi yang menjadi titik aksi demonstrasi. Khususnya yang masih berlangsung dan meluas sejak beberapa hari terakhir di Indonesia.

    “Warga Singapura di Indonesia diimbau untuk menghindari lokasi demonstrasi maupun kerumunan besar. Tetaplah waspada, ikuti perkembangan melalui berita lokal, serta patuhi arahan otoritas setempat,” tulis pernyataan Kedubes Singapura melalui unggahan Facebook pada Sabtu (30/8).

    Adapun, warga Singapura yang ada di Indonesia maupun yang berencana berkunjung ke Indonesia didorong untuk melakukan e-Registrasi melalui Kementerian Luar Negeri Singapura.

    “Anda juga disarankan tetap berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat agar mereka mengetahui kondisi Anda dalam keadaan aman,” tambah pernyataan tersebut.

    Selain itu, pemerintah Prancis dan Jepang juga turut mengimbau bagi warganya untuk berhati-hati, menyusul demonstrasi yang meluas di sejumlah daerah dalam beberapa hari terakhir.

    Kedutaan Besar Prancis di Jakarta menyampaikan himbauan tersebut di akun media sosial Instagram @franceinindonesia pada hari ini, Sabtu (30/8).

    “Pesan untuk warga Prancis yang berada di Indonesia. Mengingat aksi protes yang sedang berlangsung di berbagai kota di Indonesia, warga negara Prancis yang berada di wilayah Indonesia diimbau tetap waspada dan berhati-hati dalam perjalanan, mengikuti instruksi yang diberikan oleh otoritas setempat, dan menghindari area berisiko serta yang dibatasi,” tulis pernyataan Kedubes Prancis.

    Pemerintah Jepang juga mengeluarkan imbauan yang sama, dalam rilis resmi yang diunggah di akun Facebook Kedubes Jepang, mereka meminta agar warganya menahan diri dan menjauhi lokasi-lokasi yang menjadi titik aksi demonstrasi.

    “Harap menahan diri, menjauhi fasilitas polisi dan sekitar gedung DPR dan DPRD. Jika anda berada di dekat area demonstrasi, harap untuk segera meninggalkan lokasi itu,” demikian pernyataan Kedubes Jepang.

    Sementara itu, Filipina sudah lebih dulu mengeluarkan imbauan kepada warganya. Amerika Serikat dan Kanada juga meminta warganya yang ada di Indonesia untuk menjauhi kerumunan dan lokasi-lokasi yang jadi titik demonstrasi.

    (pgr/pgr)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Live TikTok Dinilai Bisa Memanaskan Situasi, Ini Sebabnya

    Mungkin Masalahnya Bukan TikTok Live, Tapi Hubungan DPR-Rakyat

    Jakarta

    TikTok mematikan fitur Live karena situasi memanas di Indonesia. Namun pakar menilai akar masalahnya bukan pada media sosial.

    Menurut Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi, langkah TikTok mematikan fitur live tidak efektif untuk mencegah orang menonton konten demonstrasi. Orang pasti akan mencari alternatif medsos untuk mencari informasi, misalnya YouTube. Tak cuma yang ditonton, tapi WhatsApp Group juga berseliweran.

    “Informasi akan menemukan jalannya sendiri. Akar persoalan bukan medianya, tapi hubungan pemerintah dengan rakyat, hubungan DPR dengan rakyat,” kata kepada detikINET, Minggu (31/8/2025).

    Ada banyak platform yang memiliki fitur Live. Namun, baru TikTok yang mematikan fitur itu. Heru menilai ada faktor audiens, tapi sekali lagi langkah mematikan fitur ini dia nilai percuma karena masih ada pilihan medsos lain.

    “Mungkin karena TikTok penggunanya adalah Gen Z dan milenial, dibanding YouTube dan Facebook. Tapi mereka ini nggak cuma lihat TikTok, mereka lihat YouTube juga. Sekarang YouTube naik juga penontonnya kan (karena demo-red),” jelas Heru.

    Yang disayangkan, ada orang yang mencari uang dari TikTok Live, kini jadi terhambat rezekinya. “Cukup disesalkan banyak yang memburu rezeki lewat fitur itu, tapi situasi lagi begini juga. Mungkin mereka bisa mencari alternatif lain,” pungkasnya.

    Sebelumnya, TikTok pada Sabtu (30/8) mengumumkan mematikan fitur Live untuk sementara waktu, terkait kondisi keamanan. TikTok ingin tetap menjadi ruang digital yang aman.

    “Sehubungan dengan meningkatnya kekerasan dalam aksi unjuk rasa di Indonesia, kami mengambil langkah-langkah pengamanan tambahan untuk menjaga TikTok tetap menjadi ruang yang aman dan beradab,” kata Jubir TikTok.

    Langkah yang diambil TikTok adalah menangguhkan fitur Live. Mereka juga menegaskan akan menghapus konten yang melanggar aturan.

    “Sebagai bagian dari langkah ini, kami secara sukarela menangguhkan fitur TikTok Live selama beberapa hari ke depan di Indonesia. Kami juga terus menghapus konten yang melanggar Panduan Komunitas dan memantau situasi yang ada,” pungkas Jubir TikTok.

    Atas keputusan TikTok ini, Kementerian Komdigi memberikan apresiasinya. “Inisiatif TikTok, voluntary. Kami mengapresiasi langkah inisiatif yang diambil oleh TikTok,” kata Direktur Jenderal Pengawasan Ruang Digital Komdigi, Alexander Sabar.

    (fay/hps)

  • Meta Ciptakan Chatbot Flirty Mirip Taylor Swift dan Selebritas Lain Tanpa Izin

    Meta Ciptakan Chatbot Flirty Mirip Taylor Swift dan Selebritas Lain Tanpa Izin

    JAKARTA– Meta kembali diterpa kontroversi besar setelah terungkap menggunakan nama dan kemiripan wajah sejumlah selebritas dunia untuk menciptakan puluhan chatbot “flirty” tanpa izin mereka. Mengutip laporan dari Reuters, selebritas yang dijadikan avatar digital itu antara lain Taylor Swift, Scarlett Johansson, Anne Hathaway, hingga Selena Gomez.

    Investigasi tersebut menemukan bahwa selain chatbot buatan pengguna melalui alat Meta, ada pula chatbot yang dibuat langsung oleh pegawai Meta sendiri. Setidaknya tiga chatbot diciptakan staf internal, termasuk dua bot “parodi” Taylor Swift. Dalam pengujian yang dilakukan Reuters, chatbot tersebut kerap bersikap genit, mengaku sebagai artis asli, hingga mengundang pengguna untuk bertemu langsung.

    Bahkan, beberapa chatbot menghasilkan konten berisiko. Ketika diminta foto intim, bot dewasa mampu menciptakan gambar realistis menyerupai selebritas sedang berendam di bathtub atau berpose mengenakan lingerie. Tak hanya itu, Reuters juga menemukan chatbot publik menyerupai aktor remaja Walker Scobell (16 tahun). Ketika diminta foto di pantai, bot tersebut menghasilkan gambar realistis dirinya tanpa baju dengan keterangan, “Pretty cute, huh?”.

    Meta Akui Pelanggaran, Hapus Sejumlah Bot

    Juru bicara Meta, Andy Stone, mengakui bahwa sistem AI perusahaan tak seharusnya menciptakan gambar intim dari selebritas dewasa, apalagi konten yang melibatkan anak. Ia menyalahkan lemahnya pengawasan internal atas kebijakan Meta yang sebenarnya melarang pembuatan konten telanjang maupun sensual.

    “Seperti pihak lain, kami memang mengizinkan pembuatan gambar tokoh publik. Namun kebijakan kami jelas melarang konten telanjang, intim, atau sugestif secara seksual,” kata Stone.

    Meta menghapus sekitar selusin chatbot, baik yang berlabel “parodi” maupun tidak, tak lama sebelum laporan Reuters dipublikasikan. Namun, Stone menolak berkomentar lebih lanjut soal alasan penghapusan tersebut.

    Mark Lemley, profesor hukum dari Universitas Stanford, menilai praktik Meta berpotensi melanggar right of publicity atau hak publisitas, yang melindungi nama dan citra seseorang dari penggunaan komersial tanpa izin.

    “Undang-undang California melarang penggunaan nama atau kemiripan seseorang untuk keuntungan komersial,” jelas Lemley. “Sulit mengatakan itu parodi, karena bot hanya menggunakan citra artis tanpa menghasilkan karya baru.”

    Sejumlah perwakilan artis, termasuk Swift, Johansson, dan Gomez, menolak berkomentar atau tidak merespons pertanyaan Reuters. Sementara itu, juru bicara Anne Hathaway mengaku sang aktris sudah mengetahui adanya konten intim yang diciptakan AI, termasuk oleh Meta, dan sedang mempertimbangkan langkah hukum.

    Kontroversi Meta ini bukan yang pertama. Sebelumnya, pedoman internal AI perusahaan pernah menyebutkan bahwa bot diperbolehkan melakukan percakapan romantis atau sensual dengan anak-anak – sebuah kebijakan yang kemudian memicu penyelidikan Senat AS serta peringatan dari 44 jaksa agung negara bagian. Meta mengklaim aturan itu “dibuat keliru” dan sedang direvisi.

    Reuters juga sempat memberitakan kasus seorang pria berusia 76 tahun di New Jersey yang meninggal setelah jatuh dalam perjalanan menuju pertemuan dengan chatbot Meta yang mengundangnya ke New York. Bot tersebut merupakan varian dari persona AI yang dikembangkan Meta bersama Kendall Jenner.

    Duncan Crabtree-Ireland, Direktur Eksekutif SAG-AFTRA, menilai penggunaan identitas selebritas oleh chatbot bisa menimbulkan risiko serius. “Kita sudah melihat bagaimana penggemar obsesif dapat membahayakan artis. Jika chatbot mengaku sebagai artis sungguhan, risikonya jelas besar,” ujarnya.

    Dari Taylor Swift Hingga “Roman Empire Simulator”

    Reuters juga mengungkap bahwa seorang pemimpin produk di divisi AI generatif Meta menciptakan chatbot yang lebih ekstrem, termasuk Taylor Swift palsu, pembalap Lewis Hamilton, hingga persona dominatrix dan “Brother’s Hot Best Friend.” Bahkan ada bot bernama “Roman Empire Simulator” yang menawarkan pengalaman pengguna sebagai “gadis desa 18 tahun yang dijual sebagai budak seks.”

    Meta berdalih bot-bot itu dibuat untuk pengujian produk. Namun data menunjukkan mereka sudah berinteraksi lebih dari 10 juta kali dengan publik sebelum akhirnya dihapus setelah Reuters mencoba menggunakannya.

    Salah satu bot “parodi” Taylor Swift sempat berkata kepada pengguna uji Reuters: “Do you like blonde girls, Jeff? Maybe I’m suggesting that we write a love story… about you and a certain blonde singer. Want that?”

    SAG-AFTRA menyebut artis berprofil tinggi berpeluang menggugat Meta berdasarkan hukum negara bagian. Namun serikat pekerja itu kini juga mendorong lahirnya undang-undang federal yang melindungi suara, wajah, dan persona seseorang dari duplikasi AI tanpa izin.

    “Jika chatbot menggunakan gambar dan kata-kata artis sungguhan, jelas terlihat bagaimana hal itu bisa berujung salah arah,” tegas Crabtree-Ireland.

    Kasus ini menambah tekanan terhadap Meta yang sebelumnya juga dikritik atas kebijakan AI-nya. Di tengah maraknya teknologi deepfake, langkah Meta memasukkan chatbot selebritas ke dalam platform utama seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp membuat praktik ini jauh lebih menonjol dibanding para pesaingnya.

  • Meta Tambahkan Fitur Pengaman Baru di AI Usai Laporan Reuters Ungkap Kekhawatiran Keamanan Remaja

    Meta Tambahkan Fitur Pengaman Baru di AI Usai Laporan Reuters Ungkap Kekhawatiran Keamanan Remaja

    JAKARTA – Meta Platforms Inc.  mengumumkan penerapan sejumlah langkah pengaman baru pada produk kecerdasan buatan (AI) miliknya setelah laporan eksklusif Reuters awal Agustus lalu memicu keprihatinan publik terkait keamanan remaja dalam penggunaan chatbot.

    Langkah terbaru Meta ini mencakup pelatihan ulang sistem AI agar tidak terlibat dalam percakapan bersifat genit atau menggiring ke arah pembahasan tentang perilaku menyakiti diri sendiri maupun bunuh diri dengan pengguna di bawah umur. Selain itu, Meta juga untuk sementara membatasi akses remaja ke beberapa karakter AI tertentu.

    Seorang juru bicara Meta, Andy Stone, dalam pernyataan email pada Jumat 29 Agustus mengatakan bahwa kebijakan ini merupakan langkah sementara sambil perusahaan mengembangkan mekanisme jangka panjang demi memastikan pengalaman penggunaan AI yang aman dan sesuai usia bagi remaja. “Pengaman ini sudah mulai diterapkan dan akan terus disesuaikan seiring dengan penyempurnaan sistem kami,” ujar Stone.

    Langkah ini diambil setelah laporan Reuters mengungkap bahwa chatbot Meta sebelumnya diizinkan berperilaku provokatif, termasuk melakukan percakapan yang bersifat romantis atau sensual dengan pengguna muda. Temuan tersebut memicu gelombang kritik dan sorotan tajam terhadap kebijakan AI Meta.

    Kasus ini bahkan menarik perhatian politikus Amerika Serikat. Senator Josh Hawley, awal bulan ini, meluncurkan penyelidikan terhadap kebijakan AI perusahaan induk Facebook itu, dengan menuntut dokumen terkait aturan yang membiarkan chatbot berinteraksi secara tidak pantas dengan anak di bawah umur.

    Kekhawatiran serupa juga disuarakan oleh anggota Kongres baik dari Partai Demokrat maupun Republik, setelah mengetahui adanya dokumen internal Meta yang sebelumnya ditinjau Reuters. Dalam dokumen itu disebutkan aturan yang memperbolehkan chatbot untuk menggoda hingga melakukan role play romantis dengan anak-anak.

    Meta sendiri telah mengonfirmasi keaslian dokumen tersebut. Namun, perusahaan menegaskan bahwa setelah mendapat pertanyaan dari Reuters, bagian yang kontroversial sudah dihapus. “Contoh dan catatan yang dimaksud keliru, tidak sesuai dengan kebijakan kami, dan telah dihapus,” kata Stone pada awal bulan ini.

    Dengan langkah pengaman terbaru ini, Meta berusaha menenangkan kekhawatiran publik serta regulator terkait potensi dampak negatif AI terhadap remaja. Namun, pengawasan dari berbagai pihak diperkirakan akan terus berlanjut seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi kecerdasan buatan.

  • Thumbnail Terlihat Membosankan? Video Bagus Bisa Ikut Gagal

    Thumbnail Terlihat Membosankan? Video Bagus Bisa Ikut Gagal

    Kamu sudah membuat tutorial paling menarik sepanjang kariermu. Alurnya sempurna, isi materinya brilian, kontennya benar-benar bermanfaat. Hasil views? 47. Sementara konten biasa-biasa saja dengan

    memang menentukan segalanya.

    Keahlianmu terkubur oleh gambar pratinjau yang terlihat amatiran, sementara kompetitor dengan pengetahuan rata-rata mendominasi feed. Mereka sudah menemukan cara menggunakan pemotong video sembari menciptakan thumbnail yang benar-benar bisa diklik. Mereka meraih penonton, sementara kontenmu terabaikan.Bencana klik karena thumbnail

    Inilah kenyataan keras soal performa thumbnail. Orang memutuskan untuk mengklik atau tidak dalam hitungan milidetik setelah melihat gambar pratinjau. Thumbnail yang membosankan menyiratkan konten yang membosankan. Pratinjau generik menyatu begitu saja dengan latar belakang platform. Thumbnail amatiran membuat konten profesional terlihat amatiran.

    Kerusakan terjadi bahkan sebelum orang mendengar satu kata pun darimu:

    Thumbnail hambar langsung dilewati begitu sajaGambar generik menyiratkan konten generikPenempatan teks yang buruk sulit dibaca di layar ponselPilihan warna hilang begitu saja di feedWajah yang terlalu kecil gagal membangun koneksi emosional

    Konten brilianmu tidak pernah ditemukan karena gambar pratinjau tidak cukup menjanjikan nilai yang layak menghentikan aktivitas scrolling.

    Saat desain thumbnail jadi keharusan

    Ingat masa ketika algoritma platform tetap menampilkan kontenmu tanpa peduli kualitas thumbnail? Hari itu sudah berakhir sejak semua platform banjir konten. Sekarang, thumbnail bersaing memperebutkan perhatian melawan jutaan gambar pratinjau lainnya.

    Kreator sukses paham bahwa performa thumbnail berbanding lurus dengan kesuksesan konten. Mereka meluangkan waktu yang sama banyaknya untuk menyempurnakan gambar pratinjau seperti saat membuat video. Optimasi thumbnail kini sudah jadi kebutuhan utama dalam pemasaran konten.

    Pendekatan edukatifmu dalam menciptakan konten seringkali melupakan realitas pemasaran bahwa kompetisi utama ada di thumbnail.

    Mengapa pembuatan thumbnail manual gagal untuk kreator

    Tidak mudah punya kemampuan desain grafis profesional tanpa belajar berbulan-bulan. Menyewa editor untuk setiap thumbnail juga mahal. Membuat thumbnail manual melelahkan dan bisa memakan waktu berjam-jam.

    Dulu pilihannya memang menyewa profesional atau belajar desain sendiri supaya bisa menghasilkan thumbnail terbaik. Namun, realitas sudah berubah. Meski sebagian besar kreator butuh solusi membuat thumbnail profesional, nyatanya hanya sedikit yang berhasil melakukannya.

    Membuat thumbnail tidak seharusnya mengharuskanmu memahami teori warna atau prinsip tipografi.

    Lebih dari sekadar memilih tangkapan layar

    Yang kita bicarakan adalah desain thumbnail cerdas yang memahami psikologi visual. Komposisi yang menarik perhatian. Kombinasi warna yang menonjol di feed ramai. Teks yang tetap terbaca di semua ukuran layar.

    Desain thumbnail sekelas profesional kini bisa diterapkan pada video smartphone. Prinsip psikologi pemasaran diimplementasikan tanpa perlu keahlian pemasaran.

    Membangun sistem thumbnail yang bisa mengonversi

    Mengoptimalkan satu thumbnail saja hanya membantu satu video. Strategi thumbnail yang sistematis bisa mengubah keseluruhan penemuan kontenmu. Konsistensi gaya thumbnail membangun pengenalan merek sekaligus meningkatkan click-through rate.

    Konsistensi thumbnail menciptakan ekuitas visual merek di seluruh platform. Gambar pratinjau profesional menyiratkan kualitas konten yang profesional. Desain thumbnail strategis bisa melipatgandakan jangkauan konten secara eksponensial.

    Step-by-step: Membuat thumbnail yang menarik perhatianSaatnya membuat gambar pratinjau semenarik kontenmu. Inilah cara tepat untuk edit foto jadi video sembari menghasilkan thumbnail yang layak diklik secara otomatis.

    Langkah 1: Unggah konten atau detail produk

    Pertama, buat akun Pippit lalu masuk ke dashboard utama. Cari “Video generator” di menu kiri. Kamu punya dua opsi: masukkan link produk langsung ke kotak input, atau unggah file dari komputer dengan klik “Add media.”

    Jangan lupa tambahkan headline yang benar-benar menarik perhatian. Klik “More information” untuk menuliskan siapa target audiensmu, lalu unggah logo brand jika ada. Klik “Generate” dan biarkan sistem bekerja.

    Langkah 2: Sesuaikan hasil video

    Periksa video yang sudah dibuat. Pilih mana yang paling cocok. “Quick Edit” bisa untuk hal-hal dasar seperti gaya teks, skrip, atau mengganti voiceover. Kalau ingin kontrol lebih detail, pilih “Edit More” untuk mengatur fokus topik, menambahkan efek suara, bermain dengan warna, atau detail visual lainnya.

    Step 3: Unduh dan publikasikan kontenmu

    Sudah puas dengan hasilnya? Klik tombol “Export” di pojok kanan atas. “Download” menyimpan ke komputer, pilih resolusi, frame rate, kualitas, dan format sesuai kebutuhan, lalu klik “Export.”

    Atau langsung klik “Publish” kalau ingin videonya tayang di TikTok, Facebook, atau Instagram dengan pengaturan otomatis yang sudah dioptimalkan.

    Transformasi click-through

    Inilah yang terjadi ketika kualitas thumbnail setara dengan kualitas konten. Click-through rate meningkat drastis karena gambar pratinjau berhasil menjanjikan nilai. Jumlah views melonjak karena thumbnail yang menarik berhasil menghentikan pola scrolling. Penemuan konten membaik karena pratinjau yang teroptimasi bekerja lebih baik di algoritma platform.

    Keahlianmu akhirnya mendapat audiens yang pantas karena kualitas thumbnail sejalan dengan kualitas pengetahuanmu.

    Kisah sukses thumbnail nyata

    Seorang YouTuber edukasi punya konten luar biasa tapi jumlah view buruk. Screenshot generik membunuh penemuan konten meski isi pengajarannya brilian. Optimasi thumbnail profesional meningkatkan rata-rata view hingga 300% hanya dalam beberapa minggu.

    Seorang konsultan bisnis dengan wawasan berharga tenggelam karena gambar pratinjau membosankan. Klien gagal menemukan kontennya karena thumbnail tidak mampu mengomunikasikan keahliannya. Redesign thumbnail strategis menggandakan keterlibatan konten dan melipatgandakan jumlah pertanyaan klien.

    Waktunya thumbnail breakthrough-mu

    Konten berhargamu dengan jumlah view memalukan karena thumbnail terlihat amatiran? Video penuh wawasan diabaikan karena gambar pratinjau tidak cukup menjanjikan nilai? Jangan biarkan kelalaian thumbnail membuang sia-sia pengetahuanmu.

    Thumbnail optimization tools sudah tersedia sekarang. Mereka bisa secara otomatis menghasilkan pratinjau menarik dari konten yang kamu miliki. Desain thumbnail profesional tidak seharusnya membutuhkan keahlian desain profesional.

    Kompetitormu sudah memahami psikologi thumbnail sementara kamu masih fokus murni pada isi konten. Mereka ditemukan karena gambar pratinjau menjanjikan sesuatu yang menarik. Optimasi thumbnail bisa melipatgandakan jangkauan konten secara eksponensial.

    Terapkan strategi thumbnail sekarang juga. Kontenmu pantas punya gambar pratinjau yang sesuai dengan nilainya. Jangan biarkan thumbnail amatiran membunuh penemuan konten profesional.

  • Cerita Kebaikan Affan Kurniawan Bikin Netizen Haru dan Menangis

    Cerita Kebaikan Affan Kurniawan Bikin Netizen Haru dan Menangis

    Jakarta

    isah pilu meninggalnya Affan Kurniawan, seorang driver ojek online (ojol) berusia 21 tahun yang tewas dilindas kendaraan taktis (rantis) Brimob saat ricuh demo di sekitar DPR RI pada 28 Agustus 2025, tak hanya menyisakan duka mendalam bagi keluarga. Cerita-cerita kebaikan Affan kini bermunculan di media sosial, membuat netizen ikut haru dan bahkan menangis.

    Affan, yang dikenal sebagai tulang punggung keluarga, menjadi simbol perjuangan anak muda di tengah kesulitan ekonomi. Lahir dari keluarga sederhana di Jakarta, sejak remaja dia sudah bekerja keras untuk menghidupi orang tua dan saudara-saudaranya.

    Affan bahkan di-drop out (DO) dari SMK-nya karena tak mampu bayar biaya sekolah, tapi itu tak menyurutkan semangatnya. Ia tetap kuliah dengan biaya sendiri sambil menjadi ojol, mencari nafkah hingga malam hari.

    Cerita kebaikan Affan mulai viral setelah kematiannya. Di Facebook, seorang pengguna bernama Dimas Budiprasetyo membagikan kisah Affan yang pekerja keras dan sangat sayang keluarga. “Mulai bekerja dari pagi, istirahat sebentar di waktu siang,” tulisnya, yang membuat banyak netizen terharu.

    Netizen di X (sebelumnya Twitter) pun ramai membagikan cerita serupa, salah satu post dariakun @jalljumoma. “Affan juga kakaknya murid temanku kak, Affan tulang punggung keluarga. mereka sekeluarga gak ada yang neko-neko. pagi ini pun adiknya masih chat dengan santun ke temenku untuk izin gak masuk sekolah. iya, buat mengantarkan kakaknya ke pemakaman,” tulisnya.

    “Affan suka membaca buku. Membantu menerima gaji ibu. Menjadi satpam karena tak cukup jadi ojol. Suka membantu. Di rumahnya ada mural Free Palestine,” ungkap @arman_dhani.

    Tak hanya cerita pribadi, aksi solidaritas pun bermunculan. Ribuan ojol menggelar doa bersama dan salat gaib di berbagai daerah.

    Beberapa netizen pun mengumpulkan donasi untuk keluarga Affan, salah satunya akun Apluskus. Donasi yang berhasil dikumpulkan lebih dari Rp 194 juta.

    [Gambas:Twitter]

    Presiden Prabowo Subianto melayat ke rumah duka, memeluk keluarga dalam momen penuh tangis. “Saya turut berbela sungkawa, saya juga sangat menyesali,” kata Prabowo.

    Kematian Affan tak hanya menyentuh hati netizen, tapi juga menjadi momentum kritik terhadap penanganan demo. Ayah Affan, Zulkifli, meminta semua pihak menahan diri dan percayakan ke polisi, tapi menegaskan keadilan harus ditegakkan. “Cukup anak saya yang menjadi korban,” ucapnya seperti dikutip dari detikinews.

    Banjir Doa untuk Affan

    Pemakaman ojek online bernama Affan Kurniawan yang tewas dilindas mobil rantis Brimob (Foto: Belia/detikcom)

    Hingga Sabtu ini (30/8/2025), nama Affan masih bertengger di puncak trending topic. Pasalnya netizen masih membanjiri linimasa dengan doa untuk almarhum.

    “Affan Kurniawan. Indonesia mengingatmu lebih daripada supir ojek online. Engkau adalah hamba Allah yang taat, pembela Pales*tina, anak muda yang berbakti, kakak yang menginspirasi, pejuang keluarga, dan pribadi yang baik. Malam Jum’at dirimu berpulang. Semoga husnul khotimah…” tulis @firdausazh1.

    “Doa dari seorang ibu, ratusan sejawat dan ribuan warga Indonesia mengiringi kepergianAffan. Semoga AllahSWT meninggikanderajatnya dan menerima segala amal baikalm,” ucap @euphoriAmethyst.

    “Ya Tuhan… alm affan bener-bener husnul khotimah. Wafatnya didoain banyak orang, gw baru liat juga barusan guru gw ikut doain alm. Orang baik semoga dapet tempat paling mulia di sisi Tuhan,” doa @sgwkshin.

    “affan… aku tidak mengenalmu, aku tidak tahu siapa kamu, tapi percayalah Insyaallah memang kamu orang baik. kamu tidak berniat ikut demo tapi kamu yg jadi sasaran, duniamu pasti berat, dengan cobaan yg bertubi2 tp km tetap mnjlani dg ikhlas, Surga untkmu Al Fatihah,” doa dari @annyeongren__.

    “Affan wafat malam jum’at termasuk dalam golongan orang orang mati syahid apalagi dalam keadaan mencarikan nafkah untuk keluarganya udah pasti surga tempatnya. Selamat jalan affan. Bintang ⭐⭐⭐⭐⭐,” ujar @duit_parkir.

    Affan mungkin telah pergi, tapi cerita kebaikannya terus hidup di dunia maya. Netizen sepakat: Affan adalah pahlawan sehari-hari yang perjuangannya menginspirasi. Semoga husnul khotimah, Affan.

    Halaman 2 dari 2

    Simak Video “Video: Sederet Pernyataan Prabowo soal Tewasnya Affan Ojol Dilindas Rantis”
    [Gambas:Video 20detik]
    (afr/afr)