Perusahaan: Facebook

  • Polres Pemalang Pastikan Tindaklanjuti Laporan Korban Penipuan yang Sempat Curhat ke Damkar – Halaman all

    Polres Pemalang Pastikan Tindaklanjuti Laporan Korban Penipuan yang Sempat Curhat ke Damkar – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Korban penipuan online berinisial RPD (23), warga Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, viral di media sosial setelah laporannya ditolak pihak kepolisian.

    Setelah laporan aduannya ke Polres Pemalang ditolak, korban kemudian curhat ke petugas pemadam kebakaran (damkar) Kota Pekalongan.

    Adapun korban ditipu saat hendak mengambil sepeda listrik di toko yang berada di Pemalang.

    Terkini, Polres Pemalang memastikan bahwa laporan dari korban telah diterima oleh pihaknya pada 14 Maret 2025.

    Kemudian, terkait proses tindak lanjutnya telah dikoordinasikan dengan Polres Pekalongan Kota.

    “Karena tempat kejadian perkara (TKP) dugaan tindak pidana penipuan, yang dilaporkan berada di wilayah hukum Polres Pekalongan Kota, kita langsung melaksanakan koordinasi dengan Polres Pekalongan kota untuk penanganannya,” kata Kasat Reskrim AKP Andika Oktavian, dikutip dari Tribun Jateng, Minggu (16/3/2025).

    Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Pekalongan Kota AKP Yoyok Agus Waluyo membenarkan bahwa pihaknya sudah memperoleh konfirmasi dari Polres Pemalang mengenai aduan dari korban.

    “Diketahui TKP transaksi mobile banking dilakukan di Kota Pekalongan, namun pengadu melaporkan di Kabupaten Pemalang, karena modus dari pelaku penipuan online memakai nama fiktif toko sepeda di Pemalang.”

    “Tenyata setelah dicek oleh korban RPD, toko sepeda itu hanya dicatut aja, sehingga korban RPD langsung melaporkan peristiwa penipuan online di kota tersebut,” ucap Yoyok.

    Setelah korban melaporkan kejadian itu ke kepolisian, AKP Yoyok menyebut pihaknya sudah mendapatkan konfirmasi dari Polres Pemalang terkait pengaduan dari korban.

    “Kami telah menindaklanjuti pengaduan dari korban RPD dengan kerugian kurang lebih Rp450 ribu, dan saat ini kasus tersebut masih dalam penyelidikan oleh Satreskrim Polres Pekalongan Kota,” ucapnya.

    Pengakuan Korban

    Korban mengatakan, awalnya dirinya tak tahu ke mana harus melaporkan kasus yang dialaminya.

    “Waktu di Pemalang ke toko sepeda yang dicatut namanya itu, saya pikir lapornya langsung ke Polres Pemalang,” ucap RPD.

    Setelah memperoleh konfirmasi dari pihak kepolisian, korban menyampaikan terima kasih kepada Polres Pekalongan Kota dan Polres Pemalang yang telah menindaklanjuti laporannya.

    “Alhamdulillah ternyata sudah ditindaklanjuti, terima kasih pada Polres Pemalang dan Polres Pekalongan Kota yang sudah menindaklanjuti kasus yang saya alami,” imbuhnya.

    Sebelumnya, setelah laporannya ditolak oleh Polres Pemalang, korban memilih curhat ke petugas damkar Kota Pekalongan.

    Ia curhat ke petugas damkar Kota Pekalongan karena sudah menjadi korban penipuan sepeda listrik melalui marketplace Facebook.

    “Jadi saat lihat di Facebook marketplace, saya kepincut dengan sepeda listrik dengan harga Rp1.650.000.”

    “Sebenarnya kalaupun itu barang second tidak apa-apa. Setelah komunikasi dengan penjual, dari penjual bilang dengan harga Rp1.650.000 adalah barang baru bukan barang second atau bekas,” ucapnya, Sabtu (15/3/2025).

    Lalu penjual tersebut meminta uang dengan alasan untuk membuat nota faktur untuk barang itu.

    “Saya kan orang awam, tidak tahu kalau itu penipuan, penjual minta ditransfer dengan alasan untuk membuat nota. Lalu saya percaya, terus transfer uang sejumlah Rp450 ribu,” ucapnya.

    Setelah diberikan nota, dirinya pergi ke toko sepeda listrik sesuai dengan alamat yang tertera, yaitu di daerah Kabupaten Pemalang.

    “Saya pergi ke Pemalang, tempat toko sepeda listrik tersebut untuk memastikan barang itu. Kemudian, dari keterangan karyawan toko bahwa nota itu bukan dari toko tersebut.”

    “Pemilik toko menyatakan bahwa saya adalah orang keenam yang mengalami kejadian serupa dan menyarankannya untuk melapor ke polisi,” ucapnya.

    Setelah itu, dirinya diarahkan untuk melaporkan kejadian itu ke Polres Pemalang.

    Namun, setibanya di sana laporannya malah ditolak.

    “Laporannya ditolak, malah saya ditawari kue nastar sama polisi di sana,” tutur korban.

    Merasa kecewa, korban akhirnya menelepon petugas damkar Kota Pekalongan untuk mencurahkan perasaannya karena sudah menjadi korban penipuan.

    “Alasan curhat ke damkar, karena kalau misalnya curhat ke psikolog malah bayar lagi, akhirnya curat ke damkar,” ungkapnya.

    Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul BERITA LENGKAP Laporan Penipuan Ditolak Polisi dan Curhat ke Damkar, Ini Kata Polisi Polres Pemalang.

    (Tribunnews.com/Deni)(TribunJateng.com/Indra Dwi Purnomo)

  • Selain WhatsApp, Ini Lima Aplikasi Perpesanan Populer di Indonesia

    Selain WhatsApp, Ini Lima Aplikasi Perpesanan Populer di Indonesia

    JAKARTA – Ponsel merupakan perangkat yang sangat penting dan wajib dimiliki saat ini, tetapi yang paling penting adalah aplikasi di dalamnya. Pasalnya, aplikasi ini dibutuhkan untuk berinteraksi dan berkomunikasi.

    Aplikasi perpesanan merupakan salah satu kategori aplikasi yang dibutuhkan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Jika tidak memiliki aplikasi ini, pekerjaan atau aktivitas Anda bisa terhambat.

    Sebagai pengguna aktif internet, Anda pasti tahu bahwa ada banyak aplikasi perpesanan yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Namun, aplikasi perpesanan apa yang paling banyak digunakan di Tanah Air? Berikut ini daftar aplikasinya.

    Aplikasi Perpesanan Populer di Indonesia

    Berdasarkan data yang dibagikan The Global Statistics, ada lima aplikasi teratas yang sering digunakan masyarakat. Kelima aplikasi ini juga menguasai pasar dengan jumlah pengguna aktif yang beragam.

    Posisi pertama ditempati oleh WhatsApp. Hal ini tidak mengejutkan karena aplikasi di bawah naungan Meta ini memang dibutuhkan untuk bekerja atau berkomunikasi dengan keluarga. Di Indonesia, WhatsApp digunakan oleh 181,57 juta orang.

    Secara keseluruhan, aplikasi ini menguasai 88,70 persen pasar. Dengan jarak persentase yang cukup besar, posisi kedua diduduki oleh aplikasi Telegram. Platform ini banyak diminati karena UI yang sederhana, stiker yang beragam, dan fitur menarik lainnya.

    Telegram digunakan oleh 128,55 juta orang atau sekitar 62,8 persen dari jumlah keseluruhan masyarakat Indonesia. Berikutnya, ada aplikasi Facebook Messenger dengan jumlah pengguna sebanyak 99,48 juta orang atau sekitar 48,6 persen.

    LINE masih masuk ke daftar lima teratas meskipun platform ini sudah tidak sepopuler dulu. Aplikasi ini sempat banyak digunakan, tetapi fitur tidak bisa mengungguli WhatsApp atau Telegram sehingga aplikasinya semakin ditinggalkan.

    Saat ini, LINE hanya digunakan oleh 81,27 juta orang atau sekitar 39,7 persen dari jumlah keseluruhan masyarakat Indonesia. Posisi berikutnya ditempati oleh Snapchat yang hanya digunakan oleh 36,23 juta orang.

  • Kode Redeem FF Terbaru, Rayakan RRQ Kazu Juara FFWS SEA Pre Season 2025

    Kode Redeem FF Terbaru, Rayakan RRQ Kazu Juara FFWS SEA Pre Season 2025

    Jakarta

    Asyik ada kode redeem Free Fire (FF) terbaru nih gamer. Kalian berkesempatan mendapatkan hadiah menarik, oleh sebab itu buruan klaim sekarang juga.

    Kode redeem kali ini sengaja diberikan gratis oleh Garena Indonesia, untuk merayakan keberhasilan RRQ Kazu menjuarai kompetisi Free Fire World Series Southeast Asia (FFWS SEA) Pre Season 2025. Titel ini mereka peroleh karena mampu tampil gemilang di babak grand final.

    Dalam hal ini RRQ Kazu sukses mencapai champion rush. Nah champion rush merupakan aturan baru yang memberikan peluang juara lebih besar kepada semua partisipan.

    Jadi gelar juara bisa diperoleh bila salah satu tim berhasil mencapai champion rush, atau maksudnya memiliki 80 poin dan meraih booyah di ronde berikutnya. Alhasil pemenangnya tidak hanya bergantung pada tim yang mampu mendominasi klasemen.

    “Dengan hasil yang baik ini semoga kami dapat bermain lebih baik lagi ke depannya, karena kami ingin juara di setiap turnamen yang akan kita hadapi kedepannya, termasuk puncak FFWS Global Finals 2025 yang akan hadir di Indonesia akhir tahun nanti,” kata Kapten RRQ Kazu, Wira Gunawan alias Dutzz.

    Kode Redeem FF

    Untuk kode redeem FF terbaru yang dimaksud adalah sebagai berikut, sebagaimana dihimpun detikINET di Instagram Garena Free Fire Indonesia, Ssabtu (15/3/2025).

    Perlu diketahui, ketika berhasil mengklaimnya, hadiah tidak akan langsung diterima. Pemain harus menunggu setidaknya selama 30 menit usai menggunakan kodenya.

    Cara Klaim Kode Redeem FF

    Berikut cara klaim kode redeem FF:

    HP

    Masuk ke dalam permainan.Masuk ke Event.Pilih lagi Event.Scroll ke bawah sampai menemukan Website Kode Redeem.Kemudian masukan kode ke dalam kotak yang telah disediakan.Konfirmasi dan selesai.

    Website

    Buka situs resminya Reward Free Fire Garena.Pastikan memiliki akun Free Fire dan log in menggunakan Facebook, Gmail, Huawei atau VK.Masukkan kode redeem FF hari ini ke kolom yang tersedia. Kode terdiri dari 12 karakter, mulai dari campuran huruf dan angka.Lanjut klik tombol konfirmasi.Tahap akhir, akan muncul pop up banner kecil dengan informasi, bahwa kode berhasil diklaim beserta hadiah yang didapatkan.Hadiahnya bisa diambil melalui kotak masuk di dalam permainan.

    (hps/hps)

  • 5 Film Kartun Anak dengan Karakter Utama yang Suka Menolong Orang Lain

    5 Film Kartun Anak dengan Karakter Utama yang Suka Menolong Orang Lain

    Jakarta, Beritasatu.com – Anak-anak sering kali meniru apa yang mereka lihat di televisi, termasuk karakter favorit mereka dalam film kartun. Oleh karena itu, memilih tontonan yang mengajarkan nilai-nilai positif sangat penting bagi perkembangan mereka.

    Kartun yang menampilkan tokoh utama yang suka membantu orang lain tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan pelajaran berharga tentang kebaikan, kerja sama, dan kepedulian terhadap sesama.

    Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima kartun anak yang mengajarkan nilai kebaikan dan kepedulian terhadap sesama.

    Kartun Anak dengan Karakter Suka Membantu

    1. Motu Patlu

    Motu dan Patlu adalah dua sahabat yang tinggal di kota Furfuri Nagar. Meskipun sering kali ceroboh dan mengalami kesialan, mereka selalu berusaha membantu warga sekitar.

    Contohnya, mereka sering membantu Inspektur Chingam dalam menangkap penjahat, membantu Dr Jhatka dalam eksperimen sainsnya, dan menolong warga desa dari berbagai masalah, seperti pencurian atau bencana kecil.

    Dengan humor slapstick khasnya, kartun ini mengajarkan bahwa menolong sesama adalah hal yang baik, meskipun terkadang hasilnya tidak sesuai harapan.

    Kartun ini memberikan pelajaran berharga tentang persahabatan dan kerja sama melalui kisah-kisah yang penuh humor serta petualangan menarik. Di Indonesia, Motu Patlu dapat disaksikan di BTV setiap hari pada pukul 09.15 WIB dan 17.00 WIB.

    2. Chhota Bheem

    Chhota Bheem adalah seorang anak kuat yang tinggal di desa Dholakpur. Ia selalu siap menolong teman-temannya dan melindungi desanya dari berbagai ancaman.

    Misalnya, ia membantu Raja Dholakpur menangkap pencuri, menyelamatkan penduduk desa dari serangan binatang liar, dan menolong teman-temannya dalam berbagai situasi berbahaya. Kartun ini menanamkan nilai keberanian, kepemimpinan, dan rasa tanggung jawab dalam membantu orang lain.

    3. Paw Patrol

    Paw Patrol adalah tim anak-anak anjing penyelamat yang dipimpin oleh seorang anak bernama Ryder. Setiap anjing dalam tim memiliki keterampilan unik untuk menyelesaikan misi penyelamatan.

    Contohnya, Marshall (anjing pemadam kebakaran) sering kali memadamkan kebakaran dan menyelamatkan hewan yang terjebak, sementara Chase (anjing polisi) membantu mengatur lalu lintas dan menangkap penjahat.

    4. Fireman Sam

    Fireman Sam adalah seorang petugas pemadam kebakaran di kota Pontypandy. Ia selalu sigap dalam menyelamatkan warga dari kebakaran, kecelakaan, dan berbagai situasi berbahaya lainnya.

    Beberapa contoh perbuatannya termasuk menolong nelayan yang kapalnya tenggelam, hingga membantu memadamkan kebakaran di rumah atau hutan. Kartun ini mengajarkan pentingnya kesiapsiagaan, keberanian, dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas membantu masyarakat.

    5. Thomas & Friends

    Thomas adalah lokomotif yang tinggal di Pulau Sodor dan selalu berusaha menjadi mesin yang berguna. Bersama teman-temannya, Thomas membantu dalam berbagai tugas seperti mengangkut barang, mengantar penumpang, dan menyelesaikan masalah yang terjadi di jalur kereta.

    Contohnya, Thomas pernah membantu Gordon yang mogok di jalur, menolong Percy saat hampir jatuh ke sungai, dan mengantarkan pasokan makanan ke desa yang kekurangan bahan makanan. Kartun ini mengajarkan kerja keras, kerja sama, dan kepedulian terhadap sesama.

    Kartun-kartun di atas tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan pesan moral yang baik bagi anak-anak. Dengan menonton karakter yang suka membantu orang lain, anak-anak bisa belajar tentang nilai-nilai kebaikan sejak dini.

    Untuk update terbaru, termasuk film kartun anak Motu Patlu mong tayang di BTV, ikuti media sosial Instagram, TikTok, Facebook, dan X di @btvidofficial serta subscribe kanal YouTube @BeritaSatuChannel. Jangan sampai ketinggalan petualangan seru Motu dan Patlu dalam menghadapi berbagai tantangan!

  • Meta Bungkam Mantan Karyawan yang Bongkar Borok Perusahaan

    Meta Bungkam Mantan Karyawan yang Bongkar Borok Perusahaan

    Jakarta

    Meta berupaya menghentikan peredaran buku memoar seorang mantan karyawan yang berisi sejumlah borok perusahaan. Seorang arbiter berpihak kepada Meta dan mengatakan penulis buku tersebut harus berhenti menjual dan mempromosikan tulisannya.

    Drama ini berawal dari buku memoar berjudul ‘Careless People: A Cautionary Tale of Power, Greed, and Lost Idealism’ yang ditulis oleh Sarah Wynn-Williams, mantan karyawan di divisi kebijakan publik Facebook yang kini menjadi whistleblower.

    ‘Careless People’ merupakan kisah pribadi tentang apa yang Wynn-Williams lihat dan alami saat bekerja bersama eksekutif Facebook seperti Mark Zuckerberg, Sheryl Sandberg, dan Joel Kaplan. Ia bekerja di Facebook dari tahun 2011 sampai tahun 2017.

    Wynn-Williams mengungkap sejumlah informasi kontroversial terkait Facebook, termasuk menuduh Kaplan, yang saat ini menjabat sebagai Chief Global Affairs Officer, melakukan pelecehan terhadapnya.

    Ia juga membagikan informasi baru tentang upaya Zuckerberg membawa Facebook ke China sekitar satu dekade yang lalu, dan pertemuannya yang canggung dengan sejumlah pemimpin dunia.

    Buku ini baru diumumkan pekan lalu dan saat ini sudah dijual di sejumlah toko buku besar. Namun Meta langsung kepanasan dan menyebut buku ini sebagai ‘buku baru berisi berita lama’. Sejumlah mantan karyawan lainnya juga membantah klaim Wynn-Williams dalam buku tersebut.

    Meta juga mengajukan mosi darurat kepada seorang arbiter dalam upayanya untuk memblokir penerbitan buku tersebut, dengan alasan bahwa Wynn-Williams melanggar perjanjian non-disparagement yang ia tanda tangani saat dipecat dari Facebook pada tahun 2017.

    Arbiter tersebut berpihak kepada Meta dan mengatakan bahwa Wynn-Williams harus berhenti membuat komentar yang merendahkan tentang Meta dan berhenti menerbitkan atau mendistribusikan buku tersebut. Padahal buku itu saat ini sudah dijual di pasaran.

    “Putusan ini menegaskan bahwa buku Sarah Wynn Williams yang palsu dan penuh fitnah tidak seharusnya diterbitkan,” kata juru bicara Meta Andy Stone dalam pernyataan resminya, seperti dikutip dari Engadget, Sabtu (15/3/2025).

    “Tindakan hukum yang mendesak ini perlu dilakukan karena Williams, yang sudah lebih dari delapan tahun sejak dipecat oleh perusahaan, dengan sengaja menyembunyikan keberadaan proyek bukunya dan menghindari proses pengecekan fakta agar bisa segera menerbitkannya setelah menunggu selama delapan tahun,” sambungnya.

    Dalam pernyataan resminya, Flatiron Books selaku penerbit ‘Careless People’ mengaku terkejut dengan tindakan Meta dan mengatakan tidak akan berhenti mempromosikan buku tersebut. Mereka juga menekankan buku tersebut sudah melewati proses penyuntingan dan pemeriksaan secara menyeluruh.

    (vmp/rns)

  • Update Kode Redeem FF Hari Ini Sabtu 15 Maret 2025, Edisi Puasa

    Update Kode Redeem FF Hari Ini Sabtu 15 Maret 2025, Edisi Puasa

    Bisnis.com, JAKARTA – Ada beberapa kode redeem FF edisi puasa Ramadan 2025 yang bisa Anda tukarkan untuk mendapatkan item menarik hari ini, Sabtu 15 Maret 2025.

    Kode redeem sendiri merupakan susunan huruf dan angka yang berisi hadiah. Anda hanya perlu menukarkannya ke situs Free Fire untuk mendapatkan hadiah tersebut.

    Meski demikian, Anda harus bergegas untuk menukarkannya, sebab satu kode redeem hanya berlaku satu kali saja.

    Kode redeem FF hari ini, Sabtu 15 Maret 2025

    RRQWINFFWSSP

    K3L7M2N6P1Q5R8S

    FFMTYKQPFDZ9

    Cara klaim kode redeem FF

    1. Buka situs https://reward.ff.garena.com/id.

    2. Masuk atau login ke akunmu dengan beberapa alternatif cara, yaitu dari akun facebook, alamat email Google, akun Apple, VK atau Huawei, hingga akun Twitter.

    3. Masukkan salah satu kode redeem FF.

    4. Pada umumnya, kode redeem Garena berjumlah 12 sampai 16 digit. Klik konfirmasi.

    5. Jika kode tersebut masih valid, maka hadiah akan langsung dikirim ke Inbox Anda.

  • Ngeri! Mobil Lawan Arah di Lajur Kanan Tol, Hampir Sebabkan Tabrakan Beruntun

    Ngeri! Mobil Lawan Arah di Lajur Kanan Tol, Hampir Sebabkan Tabrakan Beruntun

    Jakarta

    Viral video yang menggambarkan sebuah mobil lawan arah di jalan tol hampir menyebabkan kecelakaan beruntun. Mobil tersebut melawan arah di lajur kanan jalan tol.

    Dikutip Paultan, peristiwa itu terjadi di Malaysia, tepatnya di Malaysia-Singapore Second Link. Seorang pengendara dengan kamera dasbor merekam detik-detik mobil Proton Saga melawan arah di lajur kanan jalan tol.

    Menurut sebuah video yang diunggah oleh pengguna Facebook Roda Johor, insiden itu terjadi di arah selatan dekat pintu keluar Iskandar Puteri.

    Rekaman kamera dasbor itu menunjukkan sebuah mobil hampir bertabrakan dengan Proton Saga yang melaju melawan arah dan di jalur cepat. Pengemudi mobil tersebut, serta Proton Exora di depan dan Proton Perdana di belakang, semuanya mengambil manuver menghindari sedan yang melawan arah itu.

    “Hingga saat ini, belum ada laporan kecelakaan yang melibatkan Saga, atau pengemudi yang ditangkap oleh pihak berwenang,” demikian dilaporkan Paultan.

    Perlu ditegaskan lagi, tindakan mengemudi melawan arus adalah tindakan yang sangat tidak bertanggung jawab. Berkendara melawan arus telah menyebabkan banyak kecelakaan yang dapat melukai bahkan membunuh pengguna jalan lain.

    Jika pintu keluar tol terlewat, satu-satunya hal yang benar dan aman untuk dilakukan adalah terus melaju dan cari alternatif pintu tol lainnya. Mencari alternatif pintu tol di depan yang mungkin dianggap memakan waktu jauh lebih baik dibanding mempertaruhkan banyak nyawa dengan mengemudi melawan arah atau bahkan mundur beberapa meter.

    Praktisi keselamatan berkendara yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan seharusnya pengendara yang terlewat gerbang keluar tol mencari alternatif lain. Memaksa keluar di gerbang tol yang terlewat justru bisa memicu kecelakaan.

    “Kalau arah exit tol sudah terlewat, etikanya ya keluar di exit berikutnya. Bukan melambat, berhenti atau bahkan mundur,” ucap Sony kepada detikcom beberapa waktu lalu.

    Sony juga menyarankan, jika hendak mengambil pintu keluar tol, biasakan melaju di lajur kiri agar mudah membaca rambu atau petunjuk arah.

    Agar tidak terlewat keluar tol, Sony menyarankan pengendara untuk selalu melakukan perencanaan perjalanan dengan matang.

    “Tekankan untuk tidak melanggar aturan lalu lintas. Ketika kendaraan sudah terlewat belokannya, jangan berhenti bahkan sampai mundur atau gilanya putar arah berlawanan. Terus aja cari arah keluar di depannya. Memang lebih jauh tapi itu konsekuensi terhadap keselamatan bersama,” ujarnya.

    (rgr/din)

  • Klik Amplop Cair Saldo DANA hingga Rp150.000 Gratis

    Klik Amplop Cair Saldo DANA hingga Rp150.000 Gratis

    JABAR EKSPRES – Bayangkan, hanya dengan beberapa langkah sederhana, kita bisa mendapatkan saldo DANA hingga Rp150.000 gratis langsung ke akun kita.

    Tanpa perlu keluar modal, cukup manfaatkan fitur Link DANA Kaget terbaru! Nah, kalau kamu belum tahu cara mendapatkannya, tenang saja. Kami bakal kasih tahu semua rahasianya!

    Link DANA Kaget adalah fitur dari aplikasi DANA yang memungkinkan pengguna membagikan saldo secara langsung dalam bentuk kejutan.

    Biasanya, link ini dibagikan oleh komunitas, influencer, atau bahkan teman-teman yang ingin berbagi rezeki. Nah kali ini, media Jabarekspres.com akan memberikan secara cuma-cuma.

    BACA JUGA: 2 Kode Redeem FC Mobile Terbaru 14 Maret 2025, Klaim Sekarang Sebelum Kedaluwarsa!

    Begitu kamu klik link-nya, saldo bisa langsung masuk ke akun DANA-mu hingga Rp150.000. Asik, kan?

    Cara klaim saldo DANA Kaget hingga Rp150.000

    Nah, sekarang kita masuk ke bagian paling penting. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengklaim saldo DANA gratis dari Link DANA Kaget:

    1. Cek Link DANA Kaget Terbaru

    Banyak orang membagikan link ini di media sosial seperti Facebook, Twitter, atau grup WhatsApp dan Telegram.

    Caranya, aktiflah di komunitas yang sering berbagi informasi soal Link DANA Kaget.

    Selain itu, di Akhir artikel ini tim Jabarekspres.com sudah menyiapkannya untukmu.

    2. Klik Link dan Klaim Saldo

    Begitu kamu menemukan link yang valid, langsung klik! Nanti, kamu akan diarahkan ke aplikasi DANA.

    Jika saldo masih tersedia, kamu bisa langsung mengklaimnya.

    3. Pastikan Akun DANA-mu Sudah Terverifikasi

    Agar saldo bisa masuk dengan lancar, akun DANA-mu harus sudah terverifikasi dengan nomor HP aktif dan KTP (untuk akun premium). Kalau belum, segera lakukan verifikasi di aplikasi DANA.

    4. Manfaatkan Event dan Giveaway

    Selain melalui link, DANA sering mengadakan event atau giveaway yang membagikan saldo gratis.

    Pastikan kamu mengikuti media sosial resmi DANA dan berpartisipasi di event yang sedang berlangsung.

    5. Ajak Teman dan Dapatkan Bonus

    Kamu juga bisa mendapatkan saldo tambahan dengan mengajak teman menggunakan DANA.

    Caranya mudah, cukup bagikan kode referral-mu dan dapatkan bonus setiap kali temanmu mendaftar dan melakukan transaksi.

  • Meningkatkan Spiritualitas Generasi Z Selama Ramadan

    Meningkatkan Spiritualitas Generasi Z Selama Ramadan

    Belakangan ini, perbincangan mengenai generasi Z semakin populer, mulai dari pandangan positif hingga stigma negatif yang beredar di masyarakat. Generasi yang lahir antara 1997 hingga 2012 ini menarik perhatian generasi-generasi sebelumnya.  

    Sebagian memandang generasi Z sebagai generasi yang lemah, sementara yang lain  melihatnya sebagai generasi yang kreatif, inovatif, dan suportif. Hal ini tidak  mengherankan, mengingat generasi Z tumbuh pada era perkembangan digital yang pesat,  sehingga mereka lebih melek teknologi dan mampu mengakses informasi dengan mudah. Namun, bagaimana tingkat spiritualitas generasi Z? 

    Prof Dr Abdul Mu’ti dalam acara pengajian menyambut Tahun Baru Hijriah 1445 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengajian Studi Islam (LPSI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, menyatakan berdasarkan penelitian, tingkat spiritualitas generasi Z relatif lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini disebabkan transformasi digital yang sangat cepat yang membuat mereka cenderung lebih terbuka dan  longgar dalam relasi antarteman, bahkan antarumat beragama, serta lebih menerima nilai-nilai universal daripada nilai-nilai yang memisahkan mereka. Oleh karena itu, penting untuk menjaga spiritualitas generasi muda, terutama generasi Z sebagai salah satu generasi penerus (rijalul ghod). 

    Ramadan menjadi momentum yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan spiritualitas generasi Z. Ramadan adalah bulan suci yang penuh makna dan disambut penuh sukacita oleh umat muslim di seluruh dunia sebagai bulan yang dipenuhi  dengan limpahan pahala, ampunan, dan terkabulnya doa-doa. Rasulullah SAW bersabda:

    مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَا نَا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

    “Barang siapa berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari  dan Muslim) 

    Banyak aktivitas dan amalan yang dapat dilakukan untuk meraih berbagai pahala dan  ganjaran tersebut. Lalu, bagaimana generasi Z dapat menemukan makna ibadah pada Ramadan? Berikut beberapa tip yang dapat dilakukan generasi Z untuk menemukan makna ibadah dengan tetap kreatif dan inovatif, tetapi tetap bernilai ibadah. 

    1. Memanfaatkan teknologi untuk ibadah dan belajar 

    Ibadah dan belajar merupakan amalan yang memiliki keutamaan besar pada Ramadan, sebagaimana disebutkan dalam hadis: 

    Dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,“Apabila telah masuk bulan Ramadan, maka pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan  setan-setan dibelenggu. Selain itu, ada satu seruan yang terdengar dari Allah Swt ‘Hai  orang-orang yang beriman, dekatkanlah diri kalian kepada-Ku dengan memperbanyak  amal ibadah pada bulan ini, dan belajarlah di dalamnya karena sesungguhnya  pelajaran pada bulan Ramadan lebih afdal daripada pelajaran di bulan-bulan  lainnya’.” (HR Ibnu Majah) 

    Generasi Z dapat memanfaatkan berbagai platform digital untuk beribadah dan belajar, seperti  aplikasi Muslim Pro, Qur’an.com atau Tafsir Kemenag. Platform ini memudahkan generasi Z mengisi waktu dengan produktif, seperti membaca Al-Qur’an, mempelajari tafsir,  melafalkan doa-doa, atau sebagai pengingat waktu salat. Selain itu, generasi Z juga dapat menggunakan Zoom atau media sosial, seperti YouTube, Instagram, Facebook, atau  TikTok, untuk mengikuti kajian-kajian keagamaan secara daring yang diselenggarakan oleh ulama atau komunitas keagamaan. Pengetahuan  keagamaan juga bisa didapat melalui podcast tokoh-tokoh agama dan dai inspiratif. 

    2. Membuat konten kreatif bernilai ibadah 

    Firman Allah Swt dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 104:

    وَلۡتَكُنۡ مِّنۡكُمۡ اُمَّةٌ يَّدۡعُوۡنَ اِلَى الۡخَيۡرِ وَيَاۡمُرُوۡنَ بِالۡمَعۡرُوۡفِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ الۡمُنۡكَرِ​ؕ وَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡمُفۡلِحُوۡنَ‏ ١٠٤ 

    “Hendaklah ada di antara kamu segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh berbuat yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Mereka  itulah orang-orang yang beruntung.”

    Pada era digital, berdakwah tidak harus dilakukan secara konvensional, seperti dari pintu ke  pintu atau tampil di hadapan publik. Semua orang dapat menyampaikan pesan kebaikan melalui konten kreatif. Generasi Z yang familier dengan dunia konten digital dapat  memanfaatkan media sosial seperti untuk membuat  konten-konten Ramadan yang menarik dan bermanfaat. Misalnya, video tentang amalan-amalan selama bulan puasa, tip menghadapi godaan, resep sahur sederhana, tata cara salat  tarawih, doa-doa mustajab, atau challenge berbuat baik dalam Ramadan. Dengan cara  ini, generasi Z dapat melaksanakan amar makruf nahi mungkar dengan konsep yang unik dan  modern. 

    3. Bergabung dengan komunitas online 

    Banyak komunitas online yang dapat ditemukan di platform media sosial. Komunitas-komunitas ini menyediakan ruang bagi generasi Z untuk terlibat dalam kegiatan produktif dan bernilai ibadah, seperti forum diskusi  keagamaan, tadarus Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an, atau menjadi relawan di berbagai  daerah di Indonesia. Bergabung dengan komunitas online dapat membantu generasi Z tetap terhubung dengan nilai-nilai spiritual, meskipun berada di dunia digital. 

    4. Ibadah secara personal

    Ramadan membuka lebar ladang pahala, sehingga memotivasi umat muslim  untuk memperbanyak amalan yang mendekatkan diri kepada Allah Swt. Untuk mengukur keberhasilan ibadah selama Ramadan, generasi Z dapat membuat jurnal refleksi  harian, mencatat target ibadah, atau hal-hal yang disyukuri. Selain  itu, bisa dibuat target spiritual, seperti one day one juz atau membaca buku-buku keagamaan secara konsisten. Hal ini dapat membantu menjaga keistikamahan, sebagaimana sabda Rasulullah SAW: 

    أَحَبَنُ الْأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ 

    “Amal (kebaikan) yang paling dicintai Allah adalah yang kontinu meski sedikit.” (HR Muslim) 

    5. Menjadi inisiator kegiatan sosial 

    Bersedekah pada Ramadan memiliki keutamaan yang luar biasa, sebagaimana  disebutkan dalam hadis:

    عَنْ أَنَسٍ قِيْلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الصَّدَقَةِ أَفْضَلُ؟ قَالَ : صَدَقَةٌ فِي رَمَضَانَ

    “Dari sahabat Ibnu Abbas: Rasulullah SAW adalah orang paling dermawan di  antara manusia lainnya, dan ia semakin dermawan saat berada di bulan Ramadan.”  (HR Bukhari dan Muslim) 

    Generasi Z, dengan pengaruhnya yang besar di media sosial, memiliki peluang untuk menginisiasi kegiatan sosial secara online maupun offline. Misalnya, bagi-bagi takjil gratis, pemberian donasi, atau kampanye online untuk mengajak orang lain bersedekah. Kegiatan ini tidak hanya bernilai sosial, juga merupakan ibadah. 

    Kesimpulan 

    Generasi Z  sebagai generasi digital dapat menemukan makna ibadah dengan cara yang  unik dan modern. Dengan memadukan tradisi dan teknologi, kreativitas dan spiritualitas,  serta personalisasi dan kebersamaan, generasi Z dapat menjadikan Ramadan sebagai  momentum untuk tumbuh secara spiritual, intelektual, dan kreatif. 

    Meskipun tantangan lingkungan sekitar tidak dapat diabaikan, semangat dalam menjalankan ibadah puasa harus tetap dijaga. Dengan memanfaatkan platform digital untuk berkolaborasi dan berbagi kebaikan, generasi Z dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas dengan cara yang inspiratif. Mari jadikan Ramadan tahun ini sebagai momentum untuk  meningkatkan kualitas diri dalam segala aspek kehidupan.

    Penulis adalah mahasiswa Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal (PKUMI).

  • Tak Lekang oleh Zaman, Jubah Pengantin Sri Maryati Terbang Sampai Luar Negeri – Halaman all

    Tak Lekang oleh Zaman, Jubah Pengantin Sri Maryati Terbang Sampai Luar Negeri – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Beraneka busana pengantin tertata rapi di sebuah kios sepanjang sekitar 8 meter. Ada gaun, beskap, brokat, beludru, kebaya hingga bahan kain jarik dan lurik menjadi pemanis.

    Pijar kilau pernak-pernik perhiasan pun terpancar di etalase yang diletakkan agak menjorok ke dalam kios. Sementara tumpukan blangkon turut menjadi pelengkap dagangan busana pengantin turut disusun pada ujung kios.

    Di jalan gang sempit Pasar Beringharjo, Yogyakarta, berdiri saat itu Sri Maryati tak jauh dari kiosnya tersenyum cerah menyapa pengunjung yang hendak wara wiri.

    Termasuk dalam kunjungan para pegawai BRI Kanwil Yogyakarta dan sejumlah awak media yang memanfaatkan waktu mampir di kios busana pengantin Sri Maryati pada Kamis (13/2/2025).

    Lapak Sri Maryati terdapat di sisi barat pasar. Akses masuknya melewati  pintu selatan paling barat, sedikit masuk beberapa langkah bakal bertemu dengan kiosnya di kiri jalan.

    Sri Maryati menjual aneka busana pengantin lengkap pernak-perniknya sejak 1997. Usaha tersebut merupakan usaha turun-temurun. Sebagai anak, ia berkewajiban melanjutkan perjuangan orangtuanya di pasar tradisional kebanggaan warga Jogja itu.

    Di antara para pedagang pasar lainnya, Sri dikenal ulet sebagai seorang wirausaha. Perempuan kelahiran Sleman tahun 1969 ini mampu mengembangkan usaha dalam kurun waktu hampir tiga dekade lamanya.

    “Awal (melanjutkan usaha) dulu dari tiga kios sekarang sudah ada sebelas tempat usaha, tersebar di (Pasar) Beringharjo hingga di rumah,” ujarnya kemudian tersenyum semringah.

    Sri bertahan dengan menjual aneka produk pelengkap pengantin. Mulai dari kain pengantin, lurik, brokat, bludru, hingga gaun pengantin dengan harga yang bervariasi dari Rp25 ribu hingga Rp5 juta.

    Dagangannya tak hanya hasil produksi sendiri, ia juga mengambil alias kulak barang yang sekiranya tak bisa ia buat. Seperti halnya bahan kain ia ambil dari seorang pedagang di Solo untuk kemudian ia jahit menjadi berbagai produk.

    Kini, produk-produk Sri Maryati bahkan sudah sampai ke luar negeri. Ia tak menampik memiliki pelanggan asing dari Suriname, Aljazair, Malaysia dan Singapura.

    Tentu seluruhnya berawal dari kunjungan wisatawan ke Yogyakarta dan mampir mencari kain tradisional khas Jawa di Pasar Beringharjo.

    “Lurik, beskap itu banyak yang cari. Ada langganan dari Suriname, Aljazair, Malaysia, Singapura. Orangnya datang ke sini, pilih-pilih, misal beskap berapa potong. Pesen terus dikirim,” ceritanya.

    Strategi Bertahan

    Sebagai seorang pedagang yang telah berbisnis selama 28 tahun, Sri tidak merasa terancam dengan persaingan di era digitalisasi.

    Termasuk ancaman dari pedagang online. 

    “Semenjak ada pedagang online, saya nggak terlalu mikir. Rezeki sudah ada yang ngatur,” katanya.

    Ia tak mau menghindari era digitalisasi, namun senantiasa berkawan memanfaatkan teknologi agar berguna di bidangnya.

    Kendati tidak mengakses market place untuk berjualan, namun ia dan sembilan karyawannya terus menjalin komunikasi dengan para pelanggan lewat WhatsApp dan Facebook.

    Jasa ekspedisi yang semakin canggih pun juga ia gunakan agar barang dagangan sampai kepada pembeli, termasuk pelanggannya di luar negeri.

    Saat berbincang dengan Tribunnews kala itu, Sri mengaku telah mempersiapkan diri menuju bulan suci Ramadhan dengan tujuan untuk bertahan. Hal ini pasalnya di bulan tersebut permintaan pembeli bakal menurun drastis.

    Justru ia akan menambah ketersediaan dagangan sebanyak-banyaknya untuk menyambut momen Lebaran atau setelah Ramadhan yang menjadi siklus peningkatan penjualan setiap tahunnya.

    BUSANA PENGANTIN – Aneka produk dagangan di kios busana pengantin milik Sri Maryati di Pasar Beringharjo Yogyakarta, Kamis (13/2/2025).

    Sri juga terus berinovasi dan beradaptasi memanfaatkan lapaknya di Pasar Beringharjo. 

    Sebagai nasabah BRI, ia mengambil kesempatan menjadi Agen BRILink, aktivitas yang awalnya ia sebut hanya samben atau pekerjaan sampingan.

    Dirasa-rasa, menjadi Agen BRILink ternyata menguntungkan untuk bertahan sebagai pedagang pasar tradisional.

    Sri memiliki tambahan pendapatan lewat aktivitas warga yang bertransaksi perbankan melalui dirinya.

    Awal perjalanan sebagai Agen BRILink adalah sekitar 2018 lalu. Sri Maryati awalnya adalah nasabah BRI sebelum akhirnya ditawari menjadi agen BRILink. 

    Sebagai kepanjangan tangan bank, Sri melayani berbagai transaksi seperti setor tunai, tarik tunai, dan transfer. 

    Per hari, sekitar 50 transaksi BRILink bisa dilakukan di kiosnya.

    “Yang biasanya (pakai jasa BRILink) warga sekitar, kalau pedagang sekitar jarang,” katanya.

    Pernah suatu ketika, ada pengunjung ingin meminta bantuannya untuk jasa transfer Rp17 juta. Tetapi aturan transfer lewat agen BRILink dibatasi, maksimal Rp1 juta.

    “Jadi yang (pakai jasa) transfer di sini bisanya di bawah Rp1 juta. Seringnya ya Rp 100 ribu rupiah gitu. Kalau (Rp1 juta) lebih saya sarankan ke bank langsung,” imbuh dia.

    Adapun Sri menyatakan bersyukur menjadi Agen BRILink bisa menambah penghasilannya di samping berjualan di pasar tradisional. Ia juga mengaku senang menjadi jembatan para pengguna jasa untuk melakukan aktivitas perbankan tak harus pergi ke bank.

    “Intinya saya senang dan bersyukur, apalagi bisa buat orang senang dan memudahkan transaksi perbankan di sini,” celoteh Sri.

    Capaian Agen BRILink

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, atau BRI, berkomitmen dalam menyediakan solusi keuangan yang menyeluruh melalui jaringan Agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia.

    BRI mengambil peran aktif sebagai pelopor inklusi keuangan, mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan visi pembangunan nasional.

    Hingga akhir Desember 2024, BRI mencatat peningkatan yang signifikan dalam jumlah Agen BRILink, yang meningkat dari 740 ribu agen pada Desember 2023 menjadi 1,06 juta agen di Desember 2024.

    Grafis capaian Agen BRILink secara nasional dari 2024 dibanding 2023

    Ini berarti bahwa sepanjang tahun 2024, sebanyak 324 ribu masyarakat bergabung untuk menjadi Agen BRILink.

    Dengan jaringan ini, BRI kini menjangkau lebih dari 85 wilayah di Indonesia dan melayani lebih dari 62 ribu desa.

    Inisiatif ini sejalan dengan Asta Cita Pemerintah yang dipimpin oleh Presiden RI Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

    Direktur Utama BRI, Sunarso, menjelaskan,BRI turut berkontribusi mewujudkan dan mendukung Asta Cita.

    “Sebagai wujud kontribusi BRI, kami turut mendukung Asta Cita keenam yaitu membangun dari desa dan dari bawah guna mendorong pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan,” jelasnya dalam keterangan tertulis pada Rabu (22/1/2025).

    Ia juga menekankan bahwa upaya ini mendukung Asta Cita ketiga pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan lapangan kerja berkualitas dan mendorong kewirausahaan.

    Agen BRILink memiliki peran penting sebagai ujung tombak dalam memperluas akses keuangan hingga ke pelosok negeri.

    Sunarso dalam siaran persnya menyatakan, sebagai elemen strategi hybrid banking, BRI memadukan layanan digital dan fisik untuk memastikan akses layanan keuangan yang merata.

    Agen BRILink menjadi pilar penting dalam membangun ekosistem keuangan yang inklusif dan berkelanjutan.

    Selain itu, Agen BRILink tidak hanya bertugas memperluas dan mempermudah akses layanan perbankan, tetapi juga memastikan terjadinya sharing economy yang melibatkan partisipasi masyarakat secara luas.

    Dengan beragam layanan yang ditawarkan, mulai dari pembayaran tagihan listrik, air, BPJS, telepon, pembelian pulsa, hingga pembayaran cicilan, Agen BRILink menjadi solusi keuangan yang semakin relevan bagi masyarakat.

    Selain itu, tersedia juga layanan referral untuk pembukaan rekening tabungan, pinjaman, asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, serta pembelian tiket perjalanan seperti bus, shuttle, dan kapal ferry.

    Semua kemudahan ini menjadikan Agen BRILink sebagai jembatan bagi masyarakat untuk lebih mudah mengakses layanan keuangan.

    Di sisi lain, Kementerian BUMN RI juga berupaya mempercepat program prioritas nasional melalui berbagai inisiasi.

    Menteri BUMN, Erick Thohir, menyatakan bahwa untuk mewujudkan Asta Cita tersebut, diperlukan kolaborasi yang efektif dan efisien antara berbagai pihak.

    Erick menjelaskan bahwa inisiatif tersebut mencakup hilirisasi pembangunan infrastruktur, pelayanan masyarakat, stabilisasi harga pangan, hingga pengembangan sumber daya manusia dan energi berkelanjutan.

    “Kolaborasi lintas kementerian dan badan menjadi momentum strategis untuk menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks,” ungkap Erick Thohir.

    (*)