Perusahaan: EMTEK

  • ANTV Dikabarkan Bakal Diakuisisi Emtek, Manajemen Buka Suara

    ANTV Dikabarkan Bakal Diakuisisi Emtek, Manajemen Buka Suara

    Jakarta

    PT Intermedia Capital Tbk (MDIA) buka suara soal isu akuisisi yang dilakukan PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) atas stasiun televisi swasta PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV) milik MDIA.

    Direktur Intermedia Capital Tbk (MDIA) Arhya Winastu Satyagraha mengatakan, isu akuisisi yang beredar telah berlangsung sejak lama. Bahkan, akuisisi ANTV sebelumnya juga sempat dikaitkan dengan MNC Grup beberapa tahun lalu.

    “Mungkin dari tahun 2016, berita bahwa kita dengan EMTK itu sudah sudah ada dari jaman dahulu. Tarik lagi mungkin 10-15 tahun yang lalu kita ada dengan MNC. Jadi ini adalah berita yang sudah terbiasa,” kata Arhya kepada wartawan di Bakrie Tower, Jakarta, Senin (23/12/2024).

    Ia menilai, beredarnya isu akuisisi menjadi hal lumrah bagi ANTV. Apalagi, industri media belakangan melakukan konsolidasi. Ia pun tak menampik sempat berdiskusi dengan sesama pelaku industri televisi.

    “Memang diskusi dari para pemain stasiun TV itu masih tetap ada, cuma ya kita tidak bisa confirm. Apakah kita mau diakuisisi atau kita mengakuisisi mereka atau apa,” jelasnya.

    Ia menilai, kolaborasi antar pelaku industri televisi perlu dilakukan sebagai bagian dari langkah efisiensi. Apalagi kolaborasi yang dilakukan bisa berguna bagi sesama pelaku industri.

    Meski begitu, Arhya enggan berkomentar lebih jauh terkait kebenaran isu akuisisi. Menurutnya, rencana tersebut masuk dalam pembicaraan antar pendiri perusahaan. “Mungkin antar principal. Antar onwer. Saya nggak tahu. Cuma kan seperti yang saya jelaskan tadi, bahwa licence itu nggak bisa kita dipindahtangankan itu kita harus kembalik dulu ke pemerintah. Yang bisa kita jual saham kita,” tutupnya.

    (kil/kil)

  • by.U Hadirkan ‘England Premier Trip’, Bisa Tur-Nonton Langsung di Inggris

    by.U Hadirkan ‘England Premier Trip’, Bisa Tur-Nonton Langsung di Inggris

    Jakarta

    Telkomsel melalui brand serba-digitalnya, by.U menghadirkan pengalaman menonton bola yang #GakGituGituAja bagi generasi muda. Menggandeng EMTEK Group melalui Vidio.com, by.U menghadirkan program “England Premier Trip” yang membuka peluang bagi pelanggan (Anak by.U) pecinta sepak bola untuk menikmati setiap gol, sorakan, dan atmosfer Premier League secara langsung di Inggris.

    Head of by.U Riko Ringgoanto menyampaikan melalui program ‘England Premier Trip’, by.U ingin menginspirasi generasi muda Indonesia untuk bermimpi lebih besar.

    “Premier League merupakan liga paling bergengsi di dunia, dan kami berharap program ini dapat memberikan pengalaman luar biasa bagi Anak by.U sesuai aspirasi mereka,” ujar Riko, dalam keterangan tertulis, Kamis (19/20/2024).

    Sementara itu, anak by.U yang terpilih akan diberangkatkan ke Inggris untuk mengikuti berbagai aktivitas menarik, mulai dari menonton langsung pertandingan Liga Inggris di stadion ikonis, mengikuti tur eksklusif klub-klub Liga Inggris, hingga belanja merchandise resmi di Classic Football Shirts.

    Untuk mendapat kesempatan jadi pemenang program “England Premier Trip”, Anak by.U bisa berpartisipasi selama periode 1 November – 31 Desember 2024 dengan dua cara berikut:

    1. Beli Paket “England Premier Trip” Sebanyak-Banyaknya
    – Paket Rp 35 ribu (BEST OFFER): Kuota internet 1 GB + Langganan Vidio Premier League 30 hari.
    – Paket Rp 75 ribu: Kuota internet 20 GB + Langganan Vidio Premier League 30 hari.
    Paket tersedia melalui aplikasi by.U atau konter terdekat.

    2. Buat Konten Parodi Komentator Bola yang #GakGituGituAja
    – Buat video parodi komentator bola dengan gaya unik masing-masing.
    – Unggah video di Reels, TikTok, atau YouTube Shorts.
    – Berikan tagar #KontenParodiKomentatorBola, #byUEnglandPremierTrip, #GakGituGituAja.

    Adapun sebanyak 15 pemenang akan diumumkan pada awal 2025 melalui akun Instagram resmi @byu.id. Keputusan panitia bersifat final dan hadiah tidak dapat dipindahtangankan atau diuangkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program England Premier Trip, kunjungi go.byu.id/englandtrip atau Instagram @byu.id.

    (ega/ega)

  • Cara Bank Digital Bidik Segmen Underbanked

    Cara Bank Digital Bidik Segmen Underbanked

    Jakarta: Superbank memperkuat berkolaborasi dengan ekosistem Grab Indonesia untuk menyasar segmen underbanked. Hal ini dilakukan bank digital yang dimiliki Emtek itu dengan menjadi mitra pembayaran ekslusif di Megahedon Festival 2024.
     

    Head of Marketing & Branding Superbank Cut Frinzy Emillie mengatakan acara ini sebagai bagian dari kemitraan untuk memberikan pengalaman transaksi nyaman dengan bank digital.
     
    “Kami ingin memastikan pengunjung dapat menikmati pengalaman transaksi yang seamless dan aman, sembari merasakan keseruan festival, mendukung UMKM, dan menjelajahi berbagai brand favorit mereka.” tegas dia dikutip Sabtu, 14 Desember 2024.
     
    DIa mengatakan Superbank sebagai bank yang baru saja diluncurkan pada 2024 itu masih terus membidiki nasabah baru dengan berbagai inovasi. Untuk mengatasi ketatnya persaingan di bank digital, Superbank menyasar segmen underbanked.
    “Tujuan utama adalah memenuhi kebutuhan dari calon nasabah yang masuk dalam kategori underbanked yang artinya orang orang yang sebenarnya sudah memiliki produk finansial seperti rekening perbankan tapi belum maksimal menggunakanya,” tegas dia.
     
    Dia mengatakan mitra merchant ini juga adalah termasuk dalam kategori underbanked yang membutuhkan layanan bank digital untuk membantu usahanya.
     
    “Mereka perlu fitur kemudahan pencairan dana sehingga kami berinovasi. Kemudian kemudahan pinjaman untuk mengembangkan restorannya. Nah, hal hal seperti itu yang nanti akan kami kembangkan,” tegas dia.
     
    Partisipasi Superbank di Megahedon Festival 2024 semakin memperkuat kolaborasi ekosistem yang telah dibangun dengan Grab sebagai salah satu pemegang saham Superbank.
     
    Sebagai satu-satunya bank dengan layanan digital yang terintegrasi dengan platform Grab, Superbank memberikan kemudahan bagi jutaan pengguna dan mitra Grab untuk membuka rekening, menabung, dan menggunakan rekening tersebut sebagai metode pembayaran langsung.
     
    Kolaborasi strategis ini menegaskan komitmen Superbank dan Grab dalam mendorong inklusi finansial, memberdayakan UMKM, dan menciptakan pengalaman yang relevan bagi masyarakat Indonesia.
     
    Selama Megahedon Festival 2024, pengunjung dapat secara langsung melakukan pembayaran  menggunakan rekening Superbank melalui fitur DineOut Deals di aplikasi Grab.
     
    “Hal ini merupakan strategi Grab untuk mendukung kebutuhan konsumen, sekaligus menghadirkan manfaat lebih terhadap bisnis itra kami, khususnya UMKM,” ungkap  Country Marketing Head Grab Indonesia  Melinda Savitri.

    Melinda menuturkan kolaborasi dengan Superbank akan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi para konsumen Grab dalam menikmati pengalaman berbelanja yang lebih seamless.

    Superbank raih 2 juta nasabah

    Hingga Oktober 2024, Superbank telah mencatat lebih dari 2 juta nasabah, dengan lebih dari 60 persen di antaranya menghubungkan akun mereka dengan aplikasi Grab.
     
    Kampanye promosi bersama Grab turut mendorong peningkatan frekuensi pesanan GrabFood, menunjukkan pertumbuhan keterlibatan pengguna di ekosistem Grab.
     
    Tren ini diperkirakan akan terlihat lebih jelas selama Megahedon Festival 2024, dengan daftar 10 pesanan makanan terpopuler sebagai salah satu indikatornya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (SAW)

  • Anies Baswedan Serukan Aksi Nyata Generasi Muda di TurunTangan Festival 2024

    Anies Baswedan Serukan Aksi Nyata Generasi Muda di TurunTangan Festival 2024

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Anies Baswedan menjadi sorotan utama dalam TurunTangan Festival 2024, yang digelar pada Sabtu, 7 September 2024, di Studio 5 Indosiar, Jakarta Barat. Dalam Kuliah Kebangsaan yang ia sampaikan, Anies mengajak generasi muda untuk mengambil peran aktif dalam menciptakan perubahan. “Hampir tidak ada inspirasi yang muncul tiba-tiba; inspirasi muncul dari interaksi, bacaan, dan masalah. Sudah saatnya kita membalas budi kepada Indonesia dengan berkontribusi nyata,” ungkapnya dengan penuh semangat.

    Festival ini, yang mengusung tema “Inspirasi Bergerak, Aksi Berdampak,” menghadirkan berbagai kegiatan menarik seperti talkshow, penampilan seni, hingga donasi solidaritas. Diselenggarakan oleh Gerakan TurunTangan bekerja sama dengan Institut Media Digital EMTEK (IMDE), acara ini menjadi ruang bagi generasi muda untuk mempelajari pentingnya aksi nyata dalam gerakan kerelawanan.

    Pembukaan acara diawali dengan sambutan dari M. Chozin Amirullah, Dewan Pembina Gerakan TurunTangan. Ia menekankan pentingnya menjaga semangat relawan di tengah tantangan zaman. “Semangat kerelawanan harus terus menyala dan menjadi kekuatan yang menggerakkan perubahan,” ujarnya. Sambutan apresiatif juga disampaikan oleh Ir. Ciptono Setyobudi, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan IMDE, yang berharap kolaborasi ini bisa berkelanjutan.

    Acara diperkaya dengan penampilan seni seperti Tarian Lenggang Nyai oleh SAFIMTA FISIP UMJ dan pembacaan puisi oleh Berto Tukan yang menggugah solidaritas terhadap Palestina. Selain itu, simbolis donasi dari TurunTangan Festival kepada Nusantara Palestina Center, yang diterima oleh Bang Onim, menunjukkan komitmen gerakan ini terhadap aksi nyata yang berdampak luas.

  • Kolaborasi Menjanjikan! Menkomdigi Buka Peluang Finlandia Bangun Pusat Data di Indonesia – Page 3

    Kolaborasi Menjanjikan! Menkomdigi Buka Peluang Finlandia Bangun Pusat Data di Indonesia – Page 3

    Lebih lanjut, Meutya Hafid sempat melakukkan kunjungan ke kantor PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek) di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (26/11/2024).

    Didampingi protokoler dan tiga staf ahlinya, Meutya Hafid tiba pukul 10.00 WIB di perusahaan yang bergerak di bidang media dan platform digital ini. Meutya Hafid disambut oleh Managing Director Emtek, Dirut SCM sekaligus Dirut SCTV Sutanto Hartono.

    Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid berkunjung ke kantor PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek) di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (26/11/2024).

    Didampingi protokoler dan tiga staf ahlinya, Meutya Hafid tiba pukul 10.00 WIB di perusahaan yang bergerak di bidang media dan platform digital ini. Meutya Hafid disambut oleh Managing Director Emtek, Dirut SCM sekaligus Dirut SCTV Sutanto Hartono.

    Turut hadir dalam kunjungan ini, jajaran pemimpin perusahaan dan sejumlah pemimpin redaksi media di bawah Emtek Group. Dalam kesempatan ini Sutanto memaparkan tentang industri televisi yang kini dalam kondisi menantang.

    Menurutnya, background Menkomdigi Meutya Hafid yang sebelumnya di bidang televisi dan memahami lanskap digital bisa membuat diskusi bisa lebih tepat dan sesuai konteks pembicaraan.

    Selain tentang kondisi industri televisi, pertemuan antara pihak Emtek dengan Menkomdigi juga membahas tentang industri konten digital hingga publishing, dalam hal ini portal berita hingga video streaming dan layanan OTT.

  • Menkomdigi Meutya Hafid Kunjungi Kantor Perusahaan Media Emtek – Page 3

    Menkomdigi Meutya Hafid Kunjungi Kantor Perusahaan Media Emtek – Page 3

    “Karena Presiden memerintahkan untuk namanya berubah jadi Komunikasi dan Digital, sehingga dalam pembobotan, digital menjadi lebih banyak,” kata dia.

    Saat ini di Kementerian Komunikasi dan Digital, sebagaimana Peraturan Presiden Nomor 174 tahun 2024 tentang Kementerian Komunikasi dan Digital, organisasi Komdigi dipimpin menteri komunikasi dan digital, dua wakil menteri, satu sekretaris jenderal dan lima direktur jenderal dan satu inspektur jenderal serta satu Badan Pengembangan dan Sumber Daya Manusia Komdigi.

    Ditjen dibagi menjadi infrastrukur digital, teknologi pemerintah digital, ekosistem digital, pengawasan ruang digital serta komunikasi publik dan media.

    Dalam kesempatan dengan pemimpin perusahaan Emtek Group, Meutya mengungkapkan, Ditjen Aplikasi Informatika yang sebelumnya menangani seluruh masalah digital kini dipecah dan berbagi tugas dengan direktorat jenderal lain terkait dengan digital.

    Turut hadir dalam pertemuan dengan Menkominfo Meutya Hafid, antara lain jajaran direktur di SCM, Pemimpin Redaksi SCTV dan Indosiar Retno Pinasti, Pemimpin Redaksi Liputan6.com Elin Yunita, Pemimpin Redaksi Merdeka.com Dorojatun, Chief Content Officer KLY Wenseslaus Manggut, Deputy CEO & COO Vidio Hermawan Sutanto, dan lainnya.

  • Pengamat: Kesiapan Guru dan Kepala Sekolah Kunci Sukses Implementasi Kurikulum Pendidikan di Indonesia

    Pengamat: Kesiapan Guru dan Kepala Sekolah Kunci Sukses Implementasi Kurikulum Pendidikan di Indonesia

    Jakarta, Beritasatu.com – Pengamat pendidikan sekaligus Rektor Institut Media Digital Emtek (IMDE), Totok Amin Soefijanto, memberikan catatan penting terkait kurikulum yang diterapkan di dunia pendidikan Indonesia. Menurutnya, evaluasi terhadap kurikulum yang ada harus memperhatikan kesiapan pelaksana kurikulum, termasuk kesiapan guru dan kepala sekolah, agar perubahan tersebut dapat diterima dengan baik.

    “Masalah yang sering muncul terkait kurikulum baru adalah perbedaan implementasi antara pusat dan daerah. Apa yang diinstruksikan di pusat belum tentu diterapkan dengan baik di daerah,” ujar Totok dalam wawancara virtual dengan Beritasatu.com, beberapa waktu lalu.

    Totok menilai keberhasilan implementasi kurikulum sangat bergantung pada kenyamanan dan kesiapan guru, kepala sekolah, serta pengawas dalam menghadapi perubahan. Bahkan, menurutnya, kurikulum Merdeka belum berhasil diterapkan di beberapa daerah yang masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

    “Saya sering menemukan sekolah di Kalimantan Timur yang masih menggunakan KTSP. Padahal kita sudah menerapkan kurikulum Merdeka. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam pendidikan, terutama terkait pelaksanaan inisiatif baru seperti kurikulum ini. Semua pelaksana di lapangan, termasuk guru, kepala sekolah, dan pengawas, harus merasa nyaman dengan perubahan tersebut,” tambahnya.

    Lebih lanjut, Totok menekankan pentingnya evaluasi kurikulum pendidikan di Indonesia yang tidak hanya berbasis pada administrasi, tetapi juga kenyamanan dan kesiapan praktis dalam implementasi di lapangan.

    “Jika kita ingin mengevaluasi kurikulum, pertanyaannya adalah apakah para pelaksana sudah merasa nyaman. Jika tidak, mereka akan mencari cara untuk ‘menyiasati’ kurikulum. Mereka mungkin mengatakan sudah menerapkan kurikulum yang baru, tetapi dalam praktiknya mereka tetap menggunakan cara yang sudah mereka rasa nyaman. Ini tantangan besar dalam implementasi kurikulum yang perlu diatasi,” tegas Totok.

    Totok juga menyampaikan kurikulum Merdeka kemungkinan akan terus dimodifikasi seiring waktu. Namun, dia mengingatkan bahwa jika modifikasi tersebut tidak disertai dengan pelatihan yang cukup, implementasi kurikulum pendidikan di Indonesia tetap akan mengalami kesulitan.

  • Sukses Diselenggarakan, MMA Impact Indonesia 2024 Ungkap Masa Depan Pemasaran

    Sukses Diselenggarakan, MMA Impact Indonesia 2024 Ungkap Masa Depan Pemasaran

    Jakarta: MMA Impact Indonesia 2024 telah sukses diselenggarakan di Grand Ballroom, Hotel Ritz Carlton Jakarta Mega Kuningan, Jakarta, pada  15 November 2024. Acara yang memfokuskan pada masa depan marketing ini mempertemukan lebih dari 500 pimpinan industri, termasuk ketua, eksekutif c-level, direktur, kepala departemen, pemilik bisnis, dan pengambil keputusan, serta para pemimpin jenama, agensi, penerbit, dan penyedia solusi terkemuka, yang berdedikasi untuk memajukan jalur kesuksesan mereka dalam lanskap yang berkembang pesat.
     
    Forum ini mengawali era baru dengan penunjukan Direktur Pelaksana Emtek Sutanto Hartono sebagai ketua baru. Sebagai pimpinan salah satu konglomerat media dan teknologi terpadu terbesar di Indonesia, kepemimpinannya dan visi strategisnya untuk kolaborasi lintas industri serta rekam jejak yang terbukti dalam transformasi digital memposisikan MMA Global Indonesia dalam memimpin gelombang inovasi berikutnya dalam lanskap periklanan dan marketing di Indonesia.
     
    Forum MMA Impact Indonesia 2024 juga dihadiri oleh tamu kehormatan H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D. Ssebagai pendiri Gerakan Indonesia Mengajar dan mantan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Indonesia, serta mantan Gubernur Jakarta. Anies Baswedan merupakan tokoh masyarakat terkemuka yang dikenal atas dedikasinya terhadap pendidikan dan kemajuan sosial.
    Berbicara di hadapan para delegasi MMA Impact Indonesia 2024, Anies Baswedan menekankan dampak mendalam dari digitalisasi, mendesak para pimpinan untuk tetap proaktif dan teguh dalam mengejar inovasi. Seiring dengan upaya Indonesia untuk memantapkan posisinya sebagai pemimpin digital di kawasan Asia-Pasifik, ia mengajak para delegasi untuk berkolaborasi menuju berbagai kemungkinan yang melimpah di hadapan mereka dengan mengadopsi pola pikir yang berwawasan ke depan dan tetap menjadi yang terdepan dalam evolusi digital. Ia menegaskan para pelaku bisnis Indonesia dapat memperkuat status Indonesia sebagai pusat regional untuk kemajuan yang luar biasa dan pertumbuhan yang transformatif. 
     

    “Pada era perubahan digital yang cepat, kita harus memanfaatkan momen ini untuk mengangkat posisi Indonesia di kancah global dan membangun dunia yang lebih adil dan saling terhubung. MMA Impact Indonesia 2024 menjadi wadah penting untuk mengkatalisis dialog tingkat tinggi, mengungkap wawasan yang akan memandu perjalanan digital bangsa kita. Dengan memanfaatkan teknologi, kita dapat menumbuhkan kesejahteraan, memperkuat hubungan regional, dan memosisikan Indonesia sebagai pemimpin inovasi, tidak hanya di Asia Tenggara, tetapi juga di kancah global. Jadi, mari kita hadapi transformasi ini dengan tujuan dan tanggung jawab bersama,” kata Anies.
     
    Topik utama di forum ini, “Navigating Marketing: Leadership, Innovation & Future Strategies,” juga mencakup peran pola pikir pertumbuhan kepemimpinan dalam membangun jenama, kecerdasan buatan, jaringan media ritel, pergeseran pola perilaku konsumen, marketing & perdagangan sosial, serta tren & prospek terbaru untuk tahun 2025, yang menawarkan perspektif berharga bagi bisnis yang menavigasi pasar yang semakin dinamis.
     
    Forum ini juga menyoroti lanskap digital Indonesia yang mengalami pergeseran besar, pengaruh kecerdasan buatan (AI) secara fundamental membentuk kembali dinamika bisnis-konsumen dan keunggulan operasional.
     
    Salah satu perspektif Google dalam laporannya menyoroti AI dengan cepat mengubah lanskap periklanan. Sebanyak 73 persen pengadopsi awal telah menuai hasilnya, dengan peningkatan yang terukur dalam pendapatan dan pengalaman pelanggan. Indonesia, khususnya, berada di garis depan revolusi teknologi ini, dengan pengeluaran AI yang diproyeksikan akan melonjak hingga sekitar Rp5 triliun pada 2027.
     
    Seiring dengan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang terus meningkat, dari USD27 miliar pada tahun 2018 menjadi USD90 miliar pada 2024, bisnis harus menyeimbangkan antara inovasi dan tanggung jawab. Di MMA Impact Indonesia 2024, para pemimpin industri menekankan pentingnya penerapan AI yang etis dengan memastikan bahwa teknologi berfungsi sebagai kekuatan untuk kebaikan.
     
    Seiring dengan itu, Jaringan Media Ritel (RMN) dengan cepat mendapatkan daya tarik di Indonesia, dengan Tingkat Pertumbuhan Tahunan Gabungan (CAGR) yang diproyeksikan tertinggi di Asia Tenggara. Belanja iklan untuk RMN di Indonesia diperkirakan akan melonjak sebesar 219 persen dari tahun 2023 hingga 2030, yang mencerminkan CAGR sebesar 13,41 persen. Pertumbuhan yang signifikan ini menggarisbawahi semakin pentingnya RMN sebagai saluran periklanan utama bagi jenama di Indonesia.
     
    Temuan menarik dari Glance menunjukkan bahwa konsumen Indonesia cenderung menyukai penemuan konten yang lancar, lebih memilih pengalaman yang disesuaikan dengan minat mereka tanpa perlu pencarian yang eksplisit. Tren ini didukung oleh data yang menunjukkan bahwa orang Indonesia menghabiskan lebih dari 6 jam per hari menggunakan perangkat seluler. Selain itu, perangkat seluler merupakan gerbang utama menuju internet bagi para pengguna ini, yang menghabiskan 80 persen waktu digital mereka. Selain itu, populasi daring di negara ini telah mengalami tingkat pertumbuhan pengguna baru tiga kali lebih tinggi dibandingkan rata-rata global. 
     
    Untuk memanfaatkan hal tersebut merek harus memprioritaskan pembuatan konten yang menarik dan beresonansi secara emosional. Seperti yang disoroti oleh Direktur & Direktur Marketing Global Mayora Group, Ricky Afrianto, penceritaan yang emosional dapat mendorong efek jenama hingga 80% lebih tinggi daripada pesan rasional atau gabungan, menjadikannya alat yang ampuh bagi jenama untuk terhubung dengan audiens digital yang berkembang pesat ini.
     

    “Mempercepat kemajuan digital di Indonesia merupakan upaya multidimensi yang memerlukan cetak biru strategis yang mengutamakan inovasi. Di MMA Global, kami bangga dengan kontribusi kami dalam membangun fondasi yang kokoh bagi ekosistem digital melalui acara-acara unggulan kami seperti MMA Impact Indonesia. Forum ini bertujuan untuk membahas pembelajaran utama tahun 2024, tren dan lintasan masa depan tahun 2025 dan seterusnya, yang tidak hanya berfungsi sebagai forum yang menyatukan para pemimpin industri untuk mengeksplorasi dan merangkul teknologi yang disruptif, tetapi juga sebagai ruang tempat kolaborasi melalui data dan wawasan yang dapat berkembang. Kami benar-benar percaya bahwa keahlian bersama di antara para pemimpin pemikiran sangat penting untuk membuka peluang transformatif, secara kolektif,” kata Country Head dan Board of Director MMA Global Indonesia Shanti Tolani.
     
    Pada acara tersebut, diluncurkan laporan industri (industry report) Modern Marketing Reckoner 2024. Didukung oleh penelitian mendalam dan analisis ahli, laporan tersebut mengidentifikasi tren utama dan pergeseran strategis yang menentukan masa depan marketing di Asia Tenggara, dengan fokus pada Indonesia. Temuan tersebut menekankan bagaimana bisnis dapat memanfaatkan inovasi ini untuk memperkuat pengembangan merek, menyempurnakan pendekatan periklanan, dan beradaptasi dengan perubahan kebiasaan konsumsi media.
     
    Tema inti yang muncul dari temuan laporan tersebut adalah pentingnya adopsi AI bagi bisnis yang ingin tetap menjadi yang terdepan dalam arena digital yang berkembang pesat. Pada 2030, AI diproyeksikan akan menambah 80 persen dari semua aktivitas marketing. Khusus di kawasan Asia-Pasifik, adopsi solusi AI prediktif di pasar periklanan diperkirakan akan melonjak hingga 20 persen. Sementara pasar Gen AI yang lebih luas diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang lebih mengesankan, yakni 28 persen.
     
    Yang mungkin paling signifikan, laporan tersebut mengidentifikasi perubahan besar dalam perilaku konsumen, dengan lebih dari 1,28 juta pengguna, setara dengan 10,30 persen pasar, beralih dari jenama internasional ke produk yang diproduksi secara lokal antara Juni 2023 hingga Juni 2024. Lonjakan permintaan untuk produk domestik ini menonjolkan peluang besar yang tersedia bagi perusahaan.
     
    MMA Impact Indonesia 2024 menandai momen penting bagi evolusi pemasaran digital nasional, yang mempertemukan para pemimpin pemikiran untuk merancang babak berikutnya dari inovasi marketing dan periklanan di Asia Tenggara. Dengan ekonomi digital Indonesia di garis depan pertumbuhan regional, MMA Global Indonesia siap untuk mengkatalisis kemitraan dan mendorong solusi rintisan yang akan menentukan keunggulan marketing dan periklanan di seluruh Asia-Pasifik.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Pendapatan Penyiaran RI Diramal Capai Rp109,6 Triliun pada 2027, Susul China?

    Pendapatan Penyiaran RI Diramal Capai Rp109,6 Triliun pada 2027, Susul China?

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) menyebut pendapatan industri penyiaran nasional diproyeksikan terus meningkat hingga mencapai Rp109,6 triliun pada 2027. Industri penyiaran RI berpotensi susul China dan India. 

    Berdasarkan LPEM UI tahun 2023, nilai ini naik sekitar 20,57% dibandingkan pendapatan tahun 2022 yang hanya mencapai Rp90,9 triliun.

    Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi) Nezar Patria mengatakan program analog switch-off atau ASO berpotensi mendorong pertumbuhan industri penyiaran yang berdampak positif secara ekonomi.

    Dampak ini, kata Nezar berpotensi memperluas dan menaikkan pasar industri penyiaran Indonesia. Tak hanya itu, Nezar memprediksi pertumbuhan itu dapat memperluas pasar industri media dan hiburan di Indonesia.

    “Membuat Indonesia menjadi tiga terbesar di Asia menyusul China dan India. Dengan perkiraan pendapatan sebesar US$20 miliar pada 2027,” kata Nezar dalam agenda Digitalisasi Penyiaran 2025-2029, Rabu (6/11/2024).

    Nezar menuturkan, pertumbuhan ini diperkirakan akan berpengaruh secara signifikan pada output ekonomi industri hingga Rp155 triliun pada 2027.

    Selain itu, pertumbuhan ini disinyalir juga akan berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia mencapai Rp97,5 triliun pada 2027. Selain itu, ada juga potensi penyerapan tenaga kerja hingga 616 ribu pekerja di tahun 2027.

    “Ini proyeksi sangat optimistik ya bahwa ada pertumbuhan yang terjadi di sana (industri penyiaran),” ujarnya.

    Lebih lanjut, proyeksi ini kata Nezar sejalan dengan program yang dicanangkan oleh pemerintahan Presiden Prabowo untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 8%.

    “Kita harapkan dari sektor penyiaran, industri yang bertumbuh di ekosistem penyiaran ini bisa menopang pertumbuhan tersebut,” ucap Nezar

    Sebelumnya, Komdigi menyiapkan insentif biaya izin penyelenggaraan penyiaran (IPP) kepada lembaga penyiaran swasta jika melaksanakan penyelenggaraan di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

    Hal ini diatur dalam Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (DJPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Nomor 2/2024 tentang Pemerataan Informasi Melalui Radio dan Televisi di Daerah 3T. Bagi lembaga penyiaran seperti MNC Group, Viva Group, Emtek Group, Trans Group dan lain sebagainya, yang melakukan penyiaran di daerah 3T diberikan insentif biaya IPP.

    Sesuai dengan beleid itu, diatur bahwa biaya IPP dikalikan 0% selama 5 tahun dan dan dikalikan 50% pada tahun keenam dan seterusnya.

  • MMA Impact Indonesia 2024 Digelar 15 November, Simak Pembicaranya! – Page 3

    MMA Impact Indonesia 2024 Digelar 15 November, Simak Pembicaranya! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – MMA Global Indonesia kembali menggelar MMA Impact Indonesia 2024. Acara ini menyusul kesuksesan gelaran yang sama yang diadakan tahun sebelumnya. MMA Impact Indonesia 2024 merupakan forum penting bagi para pimpinan dan pakar di industri marketing dan periklanan, yang mengeksplorasi visi masa depan industri melalui kepemimpinan, inovasi, dan strategi terbaru.

    MMA Impact Indonesia 2024 akan diselenggarakan pada 15 November 2024, di The Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

    Country Head dan Board of Director MMA Global Indonesia Shanti Tolani menyatakan, MMA Global Indonesia memiliki peran penting dalam mendorong transformasi ekosistem marketing dan periklanan.

    “Forum MMA Impact Indonesia 2024 merupakan wadah penting untuk mendorong dialog yang bermakna seputar tema-tema penting seperti AI dan jaringan media ritel, pengembangan jenama & pola pikir yang berkembang,”kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (4/11/2024).

    Seiring dengan perkembangan industri, data dan wawasan yang dikumpulkan dari tahun 2024 menekankan pentingnya ketangkasan dalam strategi, integrasi analitik berbasis AI, dan perlunya merek dan pemasar untuk secara autentik terlibat dengan konsumen yang relevan.

    Dengan Indonesia diperkirakan akan menguasai sekitar 40% ekonomi digital ASEAN dan diproyeksikan mencapai USD 400 miliar pada tahun 2030 di bawah Perjanjian Kerangka Kerja Ekonomi Digital (Digital Economy Framework Agreement/DEFA), pertaruhannya menjadi semakin tinggi.  

    Mengingat hal ini, MMA Impact Indonesia 2024 forum menjadi ajang pertemuan penting bagi para petinggi dan pengambil keputusan di berbagai industri seperti Chairpersons, C-Level Executives, Directors, Business Owners, Founders, Co-Founders.

    Acara ini akan menampilkan para pemimpin pemikiran dari berbagai organisasi ternama, termasuk Unilever Indonesia, Mayora Group, PT Telekomunikasi Selular, PT Garuda Indonesia, GoTo, Grab Indonesia, GroupM, Havas Group Indonesia, dentsu, Emtek/SCM, PT Accenture, IDN, dan IlmuOne Data.

    Para delegasi akan berinteraksi dengan para pemikir terkemuka, pakar industri, dan spesialis domain yang telah dikurasi dengan cermat untuk memastikan jajaran pembicara berkaliber tinggi dari merek, pemasar, media, penerbit, telekomunikasi, periklanan, dan pendukung teknologi pemasaran.