Perusahaan: EMTEK

  • Televisi Punya Peran Penting Mendukung Proses Demokrasi – Page 3

    Televisi Punya Peran Penting Mendukung Proses Demokrasi – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Managing Director PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) Sutanto Hartono mengatakan, tahun 2025 adalah tahun yang penuh tantangan. Namun di tengah tantangan ini, EMTEK telah memiliki visi dan misi yang jelas untuk menghadapinya.

    Menurutnya, EMTEK akan menjalani tahun ini dengan penuh harapan dan ambisi untuk mencapai target besar yang telah ditetapkan. 

    “Kami merasa sangat antusias di awal tahun ini, penuh harapan dan semangat, serta sudah menetapkan target ambisius yang ingin kami capai sebagai pencapaian utama di tahun ini,” kata Sutanto Hartono dalam acara EMTEK Connect Vol 3, Jakarta, Kamis (6/2/2025).

    Di tengah transisi pemerintahan Indonesia yang saat ini dipimpin oleh Presiden Prabowo Subianto, Sutanto Hartono menekankan peran penting media, terutama televisi, dalam menjaga keberlanjutan pemerintahan yang damai dan mendukung proses demokrasi.

    “Televisi menjadi platform utama untuk informasi, terutama saat rakyat ingin mengetahui perkembangan pemerintahan dan hasil debat politik,” jelasnya.

    Keberhasilan Digitalisasi Industri Penyiaran 

    Dia juga menyoroti keberhasilan digitalisasi industri penyiaran di Indonesia setelah pemerintah mewajibkan peralihan dari siaran analog ke digital. Dengan adanya perubahan ini, kualitas siaran menjadi lebih baik dan menjangkau lebih banyak daerah.

    “Kualitas transmisi digital yang lebih tinggi telah meningkatkan waktu tayang TV menjadi lebih lama. Kini, rata-rata waktu yang dihabiskan oleh penonton Indonesia di depan TV mencapai 4,84 jam per hari pada tahun 2024, naik dari 4,6 jam pada tahun 2022,” tambahnya.

  • Emtek Connect Kembali Digelar, Bahas Tren Media – Page 3

    Emtek Connect Kembali Digelar, Bahas Tren Media – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) kembali menggelar Emtek Connect Volume 3 dengan mengangkat topik Tren Media Tahun 2025. Acara ini membahas peluncuran inovasi dan inisiatif terbaru Emtek Media.

    Acara ini diisi para pemimpin Emtek dan dihadiri partner bisnis Emtek Media, yang berbagi wawasan penting terkait sejumlah capaian serta inovasi Emtek Media. 

    Chairman Surya Citra Media, Adi Sariaatmadja menjelaskan Emtek Connect Volume 3 ini merupakan acara untuk menyampaikan inspirasi, strategi, dan inovasi Emtek Media baik dari platform, konten hingga IT. 

    “Seiring dinamika industri kami juga bangga menyampaikan pencapaian Emtek Media group sebagai perusahaan media teknologi dan konten terdepan di Indonesia,” kata Adi dalam sambutannya, di The Dome, Senayan Park, Kamis (6/2/2025). 

    Adi menambahkan, Emtek Media sangat terbuka dalam perkembangan dan peluang kolaborasi yang bisa dicapai bersama dengan semua pihak. 

    Peran TV pada 2024

    Pada kesempatan yang sama Managing Director PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) Sutanto Hartono, mengatakan 2024 menjadi tahun yang menarik untuk televisi karena menjadi platform dominan dalam mengawal Pemilu.

    “TV jadi platform yang memegang peran dominan dalam menjaga Pemilu 2024. Pak Prabowo saat itu pertama kali menjangkau audiens melalui televisi. Liputan6 menjadi platform pertama kali untuk Presiden Prabowo hadir di publik,” ujar dia.

    Adapun Sutanto menilai, 2025 adalah tahun yang penuh tantangan. Namun, di tengah tantangan ini, EMTEK telah memiliki visi dan misi yang jelas untuk menghadapinya.

    Menurut dia, EMTEK akan menjalani tahun ini dengan penuh harapan dan ambisi untuk mencapai target besar yang telah ditetapkan. 

  • IHSG Diprediksi Rebound! Simak Rekomendasi Saham yang Bisa Cuan Hari Ini

    IHSG Diprediksi Rebound! Simak Rekomendasi Saham yang Bisa Cuan Hari Ini

    Jakarta

    Pada perdagangan kemarin, Rabu (5/2) IHSG ditutup turun -0,70% atau -49,23 poin ke level 7.024. IHSG hari ini (6/2) diprediksi bergerak rebound terbatas dalam kisaran 7.000-7.100.

    Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih dalam risetnya menjelaskan, sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini antara lain, dari dalam negeri, IHSG dilanda aksi profit taking dalam momentum rilis laporan keuangan Big Banks.

    “Pasalnya, kinerja Big Banks mengalami koreksi pada 4Q24 senda dengan iklim suku bunga tinggi dan lemahnya daya beli. Investor asing tercatat jual bersih di pasar ekuitas senilai Rp 490 miliar yang didominasi oleh Big Banks. Sementara, lesunya kondisi ekonomi domestik juga tercermin dari rilis pertumbuhan ekonomi (PDB),” tulisnya dalam riset.

    Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan PDB Indonesia sepanjang tahun 2024 tumbuh 5,03% yoy atau lebih rendah dibandingkan tahun 2023 sebesar 5,05% yoy. Sementara, secara kuartalan (qoq) pada 4Q24 pertumbuhan ekonomi lebih landai sebesar 0,53%, dibandingkan kuartal sebelumnya tumbuh 1,50%.

    Dari Mancanegara, indeks utama Wall Street ditutup menguat terbatas. Performa tersebut tercermin dari turunnya imbal hasil obligasi AS tenor 10 tahun ke level 4,42% (5/2/2025). Pelaku pasar pekan ini mencermati rilis data tenaga kerja AS, yaitu non farm payrolls dan tingkat pengangguran (unemployment rate) yang diproyeksikan lebih landai.

    “Dari Asia, pertumbuhan ekonomi China secara tahunan (yoy) pada 2024 mencapai 5%, sementara pada 4Q24 ekonomi tumbuh 5,4%. Kinerja PDB tersebut sesuai dengan target pemerintah sejalan dengan stimulus fiskal dan moneter untuk meningkatkan konsumsi,” lanjutnya.

    Rekomendasi Saham Hari Ini:

    TLKM
    Buy: 2.620
    TP: 2.700
    Stop loss: 2.570

    TLKM di area support dalam fase sideways membentuk bullish spinning top. Indikator stochastic crossing di area oversold indikasi rebound jangka pendek.

    Sejak awal tahun TLKM menjadi salah satu saham yang paling diakumulasi investor asing senilai Rp359,6 miliar. Sementara, sektor telekomunikasi cukup defensif di tengah melemahnya daya beli yang tercermin dari deflasi secara bulanan pada Januari 2025.

    BRMS
    Buy: 388
    TP: 400
    Stop loss: 370

    BRMS berpotensi reversal dari area support di atas MA 5 dan 100. Indikator stochastic crossing di area oversold indikasi reversal.

    Harga komoditas emas lanjutkan reli di atas level US$ 2.850 per oz (6/2/2025). Sementara, BRMS optimis target produksi emas di tahun 2024 mencapai 55 ribu troy oz atau melampaui target yang ditetapkan sebelumnya sebesar 35 ribu troy oz.

    SCMA
    Buy: 187
    TP: 193
    Stop loss: 183

    SCMA bullish continuation di atas MA 5,20,100 membentuk double bottom. Volume menguat signifikan dengan dan MACD bar histogram mulai positif.

    Anak usaha Emtek Group, yaitu Super Bank dikabarkan akan IPO di tahun 2025 dengan dana US$ 300 juta atau Rp 4,8 triliun (kurs Rp 16.000).

    (ara/ara)

  • Pentingnya Integrasi AI dalam Bidang Marketing pada Ramadan

    Pentingnya Integrasi AI dalam Bidang Marketing pada Ramadan

    Jakarta: MMA Innovate Indonesia 2025 telah rampung digelar pada Rabu, 22 Januari 2025. Acara yang diinisiasi MMA Global Indonesia tersebut berjalan sukses setelah dihadiri lebih dari ribuan delegasi dari ekosistem marketing dan periklanan Indonesia.
     
    MMA Innovate Indonesia 2025 digelar di Park Hyatt Jakarta. Sejumlah pembahasan menarik pun muncul dalam acara yang digelar industri terkemuka di bidang marketing dan periklanan tersebut.
     
    Salah satu fokus pembahasannya adalah menyoroti bulan Ramadan sebagai jendela peluang penting bagi bisnis, jenama, dan organisasi. Dengan mengusung moto ‘Imagine the Future’ dan tema visioner ‘Illuminate Ramadan with AI Innovation & Brilliance’, acara ini mendefinisikan ulang standar industri dan melampaui semua ekspektasi baik dalam hal skala maupun dampaknya.

    Lebih dari 1.000 delegasi dari ekosistem marketing dan periklanan Indonesia hadir dalam MMA Innovate 2025. Konferensi & pameran tersebut menyatukan para pimpinan visioner di seluruh sektor marketing, teknologi, telekomunikasi, dan inovasi digital, yang mendorong dialog dinamis antara konferensi dan pameran ini mempertemukan para pemimpin visioner dari sektor pemasaran, teknologi, telekomunikasi, dan inovasi digital.
     
    Acara ini memfasilitasi diskusi dinamis antara eksekutif senior, pengambil keputusan, dan pemimpin pemikiran terkemuka, termasuk CMO, CTO, serta Kepala Divisi Brand, Pemasaran, Teknologi, Digital, dan Perencanaan. Para pemimpin pemikiran ini berasal dari berbagai merek, pemasar, agensi, perusahaan media, penerbit, perusahaan telekomunikasi, serta organisasi periklanan dan teknologi pemasaran dengan para inovator yang merancang masa depan tentang keterlibatan konsumen.
     
    Penyelenggaraan MMA Innovate Indonesia 2025 ini juga terbilang tepat karena digelar beberapa minggu sebelum bulan Ramadan. Mengingat, acara ini memberikan wawasan tepat waktu untuk memberdayakan para pimpinan menjelang musim komersial terpenting di negara ini, yang dirayakan oleh lebih dari 235 juta orang. 
     
    Melalui diskusi perintis tentang inovasi bertenaga AI dan arsitektur jenama strategis, MMA Innovate 2025 mengungkap wawasan penting tentang perilaku konsumen di bulan Ramadan yang terus berkembang, yang ditandai dengan lonjakan luar biasa dalam keterlibatan digital.
     
    Analisis komprehensif konferensi tentang perubahan dinamika konsumen telah mengubah secara mendasar cara organisasi terkemuka Indonesia menghadapi bulan Ramadan mendatang, yang benar-benar mewujudkan janjinya untuk ‘Menerangi Ramadan dengan Inovasi & Kecemerlangan AI’. Konvergensi inovasi media ritel dan wawasan perilaku konsumen yang disajikan di konferensi tersebut menetapkan peta jalan yang jelas bagi jenama untuk menjalin hubungan yang lebih dinamis dan menarik selama periode penting ini. 
     
     

     
    Pergeseran signifikan dalam prioritas pembeli telah diamati, dengan 72 persen konsumen global memandang bulan Ramadan sebagai periode utama untuk menemukan penawaran terbaik. Selain itu, 78 persen pembeli menyatakan keterbukaan untuk mencoba jenama baru selama periode ini. Temuan ini menyoroti semakin pentingnya strategi keterlibatan yang terarah dan inovatif untuk mewujudkan potensi transformatif di periode yang unik ini.
     
    Selain itu, penelitian mengungkapkan bahwa 96 persen konsumen Indonesia melaporkan peningkatan keyakinan pembelian setelah terlibat dengan konten video informatif, yang selanjutnya menekankan dampak mendalam dari strategi berbasis konten dalam membentuk keputusan konsumen. Studi ini mengungkapkan bahwa implementasi strategis konten video bertenaga AI dapat memberikan hasil bisnis yang terukur, mendorong peningkatan hingga 30 persen dalam hal niat pembelian langsung dan mendorong peningkatan 17 persen dalam kontribusi jenama jangka panjang.
     
    “Pergeseran perilaku konsumen selama bulan Ramadan menandai perubahan yang signifikan dalam hal cara jenama mendorong pertumbuhan,” kata Sutanto Hartono selaku Managing Director PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek), CEO SCM & Vidio, dan Chairperson of MMA Global Indonesia sejak 2024.
     
    Country Head dan Board Member of MMA Global Indonesia Shanti Tolani mengungkapkan jenama yang paling sukses adalah jenama yang menciptakan paradigma baru di mana kemajuan teknologi, khususnya peningkatan AI dan keaslian budaya hidup berdampingan selama bulan Ramadan. Ini bukan sekadar tentang penerapan teknologi baru, ini tentang menata ulang secara mendasar cara kita terhubung dengan konsumen seraya menghormati aspek sakral dari periode ini.
     
    “Kedalaman keahlian yang dibagikan oleh para pimpinan pemikiran dan pakar kami yang dipadukan dengan keterlibatan dinamis dari para delegasi, memvalidasi pendekatan canggih industri kami terhadap inovasi sekaligus memperdalam pemahaman kami tentang kebutuhan konsumen,” kata Shanti.
     
    MMA Innovate Indonesia 2025 yang pertama berdiri sebagai katalisator yang menentukan bagi transformasi pasar, yang memberikan strategi yang dapat ditindaklanjuti untuk penciptaan nilai selama kesempatan komersial penting di bulan Ramadan. 
     
    Wadah revolusioner ini telah menguraikan kompleksitas integrasi AI dalam perdagangan budaya, membangun jalur yang jelas menuju keunggulan organisasi. Konvergensi kepemimpinan pemikiran dan inovasi teknologi yang disaksikan di pertemuan puncak ini akan membentuk kembali cara bisnis mendekati bulan komersial paling penting di Indonesia.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • MMA Innovate Indonesia 2025: Tren AI untuk Efisiensi Kampanye Ramadan di Indonesia – Page 3

    MMA Innovate Indonesia 2025: Tren AI untuk Efisiensi Kampanye Ramadan di Indonesia – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – MMA Innovate Indonesia 2025 resmi digelar di Hotel Park Hyatt, Jakarta. Adapun dalam pembahasan tahun ini, potensi transformasi AI dan teknologi sedang berkembang untuk kampanye Ramadan di 2025 menjadi sorotan.

    Dalam pembukaannya, Chairman MMA Global Indonesia, Sutanto Hartono menyebut, berdasarkan catatan dari tahun ke tahun, aktivitas konsumsi konten diketahui mengalami lonjakan sekitar 15 persen hingga 20 persen selama Ramadan.

    “Di platform digital, jumlah itu juga hampir sama. Orang-orang menghabiskan waktu lebih banyak 15 persen hingga 20 persen untuk mengonsumsi konten di platform digital,” tutur Sutanto saat MMA Innovate Indonesia di Jakarta, Rabu (22/1/2025).

    Selain itu, di masa ini pula, konsumen biasanya lebih banyak menghabiskan uangnya. Dari data terkini, menurut Sutanto, barang-barang konsumsi terutama kebutuhan pribadi mengalami lonjakan sekitar 30 hingga 40 persen selama Ramadan.

    “Jadi, ini juga tergambarkan dalam pengeluaran iklan. Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk belanja iklan,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Managing Director Emtek tersebut.

    Untuk itu, ia menuturkan, Ramadhan merupakan bulan yang sangat penting bagi pemasar memastikan produk dan layanan mereka menonjol dibandingkan pesaing.

    Selain Ramadan, topik lain yang tidak kalah penting dalam event MMA kali ini adalah soal adalah adopsi AI. Menurut Sutanto, tantangan lain yang juga perlu mendapat perhatian adalah cara adopsi AI yang lebih agresif di tahun ini.

     

  • Vidio Perkuat Konten Lokal, Tambah 16 Judul Baru pada 2025

    Vidio Perkuat Konten Lokal, Tambah 16 Judul Baru pada 2025

    Bisnis.com, JAKARTA – Vidio, platform video berbasis permitaan milik Emtek, fokus memperkuat konten-konten lokal yang relevan dengan pasar Indonesia guna mempertahankan posisi di Tanah Air. Vidio rencananya menambah 16 judul film baru pada 2025. 

    Corporate Communication Head Emtek Beverly Gunawan mengatakan Vidio akan terus fokus menghadirkan konten-konten lokal yang sesuai dengan pasar Indonesia. 

    Vidio berkomitmen untuk meningkatkan kualitas original series dan film-film lokal, serta menyajikan tayangan olahraga lokal eksklusif, seperti Liga 1 untuk sepak bola hingga Pro Liga untuk bola voli. 

    “Dengan strategi ini, kami optimis dapat terus mempertahankan posisi terdepan di industri OTT Indonesia,” kata Beverly kepada Bisnis, Kamis (2/1/2024). 

    Sejak pertama kali meluncurkan Vidio Original Series  pada 2020, kata Beverly, Vidio dengan cepat muncul sebagai pemimpin di pasar streaming Indonesia, menawarkan konten lokal berkualitas. Dengan komitmen untuk memberikan hiburan terbaik, Vidio telah meluncurkan total 91 judul Vidio Original Series yang berhasil memikat jutaan penonton di seluruh Indonesia.

    “Kami siap untuk merilis 16 judul baru pada 2025,” kata Beverly. 

    Sementara itu, berdasarkan laporan Media Partners Asia (MPA) Asia Pacific Video & Broadband Industry 2024 jumlah pelanggan Vidio telah menembus angka 4 juta orang hingga akhir 2023.

    Vidio menempati posisi pertama di Indonesia, disusul penyedia layanan streaming video asal Hong Kong, Viu dan Disney+ Hotstar dengan jumlah pelanggan mendekati 4 juta, dan Netflix di urutan ke empat dengan jumlah pelanggan sekitar 2 juta.

    Sementara itu, JP Morgan meyakini bahwa Emtek Grup memiliki peluang besar untuk membawa Vidio mencatatkan saham perdana alias initial public offering (IPO) di masa mendatang. 

    Kabar mengenai peluang IPO Vidio sejatinya telah berembus sejak 2022. Namun, pada Juni 2023, manajemen SCMA selaku induk dari Vidio menyatakan belum memiliki rencana IPO dalam waktu dekat lantaran layanan OTT ini dianggap belum profitable.

  • Vidio Buka Suara soal Penerapan Pajak 12% untuk Paket Platinum Cs

    Vidio Buka Suara soal Penerapan Pajak 12% untuk Paket Platinum Cs

    Bisnis.com, JAKARTA – Vidio, platform streaming milik PT Surya Citra Media Tbk. (EMTK), mengungkapkan penerapan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 12% pada paket langganan telah sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

    Corporate Communication Head Emtek Beverly Gunawan mengatakan perusahaan selalu tunduk atas peraturan yang diterapkan pemerintah, tak terkecuali peraturan mengenai PPN 12%. Dengan penetapan PPN yang mulai berlaku pada 1 Januari 2025, maka harga layanan Vidio ikut terkerek.

    “Vidio selalu berkomitmen untuk mematuhi setiap peraturan pemerintah, termasuk kenaikan pajak menjadi 12% yang akan berlaku pada tahun 2025,” kata Beverly kepada Bisnis, Kamis (2/1/2025).

    Diketahui, pemerintah resmi mengundangkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 131/2024 yang mengatur tentang pengenaan tarif pajak pertambahan nilai atau PPN 12% khusus untuk barang mewah.

    Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 131/2024 itu resmi ditandangani dan diundangkan pada 31 Desember 2024. Dalam Pasal 2 ayat (2), dan (3), ditegaskan bahwa tarif PPN 12% hanya berlaku untuk barang mewah.

    Pasal 2 ayat (2) menjelaskan pengenaan PPN dihitung dengan cara mengalikan tarif 12% dengan Dasar Pengenaan Pajak berupa harga jual atau nilai impor. Kemudian Pasal 3 ayat (3) menegaskan:

    Barang Kena Pajak dengan Dasar Pengenaan Pajak berupa harga jual atau nilai impor sebagaimana dimaksud pada ayat (2) merupakan Barang Kena Pajak yang tergolong mewah berupa kendaraan bermotor dan selain kendaraan bermotor yang dikenai pajak penjualan atas barang mewah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.

    Kemudian, Pasal 5 menjelaskan ketentuan bagi pelaku usaha yang memungut PPN. Dijelaskan selama 1—31 Januari 2025, PPN yang terutang dihitung dengan cara mengalikan tarif 12% dengan Dasar Pengenaan Pajak berupa nilai lain sebesar 11/12 (sebelas per dua belas) dari harga jual.

    Kemudian mulai 1 Februari 2025 dan seterusnya, berlaku ketentuan sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 2 ayat (2).

    “Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2025,” tutup Pasal 6 PMK tersebut.

    Masyarakat menonton video streaming di smartphonePerbesar

    Sebagai informasi, notabenenya tarif PPN 12% akan berlaku untuk semua barang/jasa dengan pengecualian kebutuhan pokok seperti bahan makanan hingga jasa pendidikan. Hanya saja, pemerintah berubah pikiran di detik-detik terakhir.

    Berdasarkan Undang-Undang No. 7/2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP), kenaikan tarif PPN dari 11% menjadi 12% akan mulai berlaku pada hari ini, Rabu (1/1/2025).

    Sehari sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto mengumumkan tarif PPN 12% hanya akan dikenai untuk barang mewah yang selama ini diatur dalam peraturan perundang-undangan.

    Adapun Vidio menerapkan pajak pertambahan nilai 12% untuk paket platinium dan paket lainnya.

    Berdasarkan salah satu tangkapan layar, pelanggan harus membayar paket Vidio Platinium senilai Rp32.480/bulan, dengan perincian Rp3.480 untuk pajak dan Rp29.000 untuk paket bulanan. Adapun jika dihitung kembali, nilai pajak mencapai 12% dari harga pokok langganan.

    Dengan paket tersebut, pengguna dapat mengakses sejumlah layanan seperti video streaming sport, movies, dan series. 

    Sementara itu, Ketua Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi ITB Ian Yosef M. Edward mengatakan pemerintah belum jelas mengenai definisi barang mewah yang dikenakan PPN 12%. 

    Hal tersebut berdampak pada implementasi PPN 12% di sejumlah layanan VoD, tak terbatas di Vidio. 

    Menurutnya platform video berbasis permintaan atau Video on Demand (VoD) berani menerapkan PPN karena platform tersebut bukanlah layanan pokok. 

    “Video streaming berbasis permintaan adalah layanan add on bukan basic service/layanan dasar digital maka dapat dikategorikan sebagai yang layanan yang terkena 12%,” kata Ian. 

  • Vidio Terapkan PPN 12%, Langganan Streaming Platinium jadi Segini Harganya

    Vidio Terapkan PPN 12%, Langganan Streaming Platinium jadi Segini Harganya

    Bisnis.com, JAKARTA – Platform video berbasis permintaan, Vidio, menerapkan pajak pertambahan nilai 12% untuk paket platinium. 

    Berdasarkan salah satu tangkapan layar, pelanggan harus membayar paket Vidio Platinium senilai Rp32.480/bulan, dengan perincian Rp3.480 untuk pajak dan Rp29.000 untuk paket bulanan. Adapun jika dihitung kembali, nilai pajak mencapai 12% dari harga pokok langganan.

    Dengan paket tersebut, pengguna dapat mengakses sejumlah layanan seperti video streaming sport, movies, dan series. 

    Vidio adalah streaming service yang menyediakan konten olahraga lokal dan internasional, original series Vidio, dan serial pilihan dari Indonesia, Korea, Thailand, India. 

    Harga paket langganan Platinium Vidio, Kamis 2 Januari 2025Perbesar

    Dari pertama kali berdiri pada 2019 hingga saat ini, Vidio telah merilis 77 judul original yang menjadikan perusahaan sebagai platform OTT dengan judul konten original paling banyak dari seluruh. 

    Berdasarkan laporan Media Partners Asia (MPA) Asia Pacific Video & Broadband Industry 2024 jumlah pelanggan Vidio telah menembus angka 4 juta orang hingga akhir 2023.

    Vidio menempati posisi pertama di Indonesia, disusul penyedia layanan streaming video asal Hong Kong, Viu dan Disney+ Hotstar dengan jumlah pelanggan mendekati 4 juta, dan Netflix di urutan ke empat dengan jumlah pelanggan sekitar 2 juta.

    JP Morgan sempat menyampaikan bahwa Emtek Grup memiliki peluang besar untuk membawa Vidio mencatatkan saham perdana alias initial public offering (IPO) di masa mendatang. 

    Kabar mengenai peluang IPO Vidio sejatinya telah berembus sejak 2022. Namun, pada Juni 2023, manajemen SCMA selaku induk dari Vidio menyatakan belum memiliki rencana IPO dalam waktu dekat lantaran layanan OTT ini dianggap belum profitable. 

    SCMA lantas menyiapkan sejumlah rencana bisnis untuk memacu kinerja Vidio. Salah satunya dengan menggandakan jumlah pelanggan dalam kurun 2 hingga 3 tahun ke depan. 

    Berdasarkan laporan The Business Time pada Mei 2024, Direktur Utama SCMA Sutanto Hartono menargetkan Vidio meraih 8 juta pelanggan selama 2 – 3 tahun ke depan. Dia pun menyatakan Vidio akan melantai di Bursa ketika sentimen pasar mulai membaik.

    Selain menggenjot jumlah pelanggan, Vidio juga tengah berupaya melakukan penghimpunan pendanaan baru pada tahun ini. Langkah tersebut dilakukan untuk menopang ekspansi dan pertumbuhan layanan streaming perseroan. 

    Manajemen SCMA, dalam paparan publik yang digelar pada Juni 2024, menyatakan bahwa perseroan meyakini Vidio akan terus bertumbuh, sehingga memberikan kontribusi terhadap kinerja pendapatan perseroan. 

  • Fedi Nuril Ngaku Tak Takut Karier Hancur Gegara Aktif Kritik Pemerintah, Sesuai Fakta: Gak Ngaruh

    Fedi Nuril Ngaku Tak Takut Karier Hancur Gegara Aktif Kritik Pemerintah, Sesuai Fakta: Gak Ngaruh

    TRIBUNJATIM.COM – Fedi Nuril berbicara soal keaktifannya mengkritik pemerintah di media sosial.

    Menjadi aktor ternama Tanah Air, pria asal Jakarta ini tak menutup diri dari dunia politik.

    Kendati demikian, dia mengaku tak khawatir khawatir karier aktor meredup.

    Bagaimana tidak? Dia sempat dihujat karena aksinya ini.

    Terlebih-lebih tak sedikit yang menyuruhnya pindah ke luar negeri.

    Informasi berita menarik lainnya di Google News TribunJatim.com

    Hal ini disampaikan Fedi Nuril saat berbincang dengan Melaney Richardo di sebuah podcast.

    “Apa yang gua omongin itu benar bisa di-back up dengan data, jadi enggak fitnah enggak hoaks,” ujar Fedi Nuril. 

    Diakui sang aktor, mengenai isu simpang siur yang tak tahu kebenarannya pun tak pernah ia suarakan. 

    “Soalnya kalau kabar yang masih simpang siur juga gua enggak sentuh dulu dan gua enggak suarakan dulu,” lanjutnya. 

    Aktor berusia 42 tahun ini mengklaim bahwa apa yang disuarakan memang dari bukti data yang ia peroleh. 

    “Yang penting sudah jelas,” terangnya. 

    Oleh sebab itulah, ayah tiga anak ini merasa yakin bahwa komentar pedasnya soal pemerintah tak mungkin berpengaruh dalam karier. 

    Pun kini, dirinya masih terima berbagai tawaran syuting film hingga series. 

    “Nah dengan itulah gua yakin InsyaAllah enggak berpengaruh ke karir.”

    “Karena yang gua ngomongin juga enggak salah gitu,” tandasnya. 

    Masih dalam tayangan yang sama, Fedi Nuril pun berikan komentarnya soal ketertarikannya di bidang politik. 

    Pemeran film 1 Iman 2 Makmum ini mengaku bahwa ia memang sudah menyukai dunia politik sejak lama. 

    “Sebenarnya kalau minat terhadap politik sudahah lama ya, tetap update tapi dulu masih pasif,” ujar Fedi Nuril. 

    Lantaran keresahannya yang dipendam selama ini berubah menjadi kemarahan, Fedi Nuril pun kemudian berani vokal soal politik di media sosialnya. 

    “Dan sampai akhirnya di satu titik yang sudah bukan resah lagi tapi sudah masuk angry sih,” lanjutnya. 

    Pun, rasa takutnya telah terkikis oleh rasa geramnya selama ini. 

    “Jadi saat itu rasa marahnya udah lebih tinggi dari rasa takut,” jelas Fedi. 

    Fedi Nuril (Tangkapan layar YouTube Melaney Richardo)

    Meskipun demikian, pemeran Fahri dalam film Ayat Ayat Cinta ini masih mempunyai rasa khawatir. 

    “Rasa khawatirnya masih ada, cuma udah yang marah banget,” terangnya. 

    “Makanya akhirnya bersuara gitu,” tambahnya. 

    Namun dipastikan Fedi Nuril, sebelum ia bersuara lantang soal politik, ia menjamin bahwa kemurkaannya telah ia kontrol dengan apik. 

    “Tapi yang gua pastikan waktu bersuara itu marahnya juga sudah diregulate sudah menurun,” dalihnya. 

    Ia pun tak ingin penjelasannya soal politik seolah hanya tong kosong berbunyi nyaring. 

    “Nggak yang asal bunyi apa salah ngomong,” 

    Pun sebelum ia bersuara, Fedi selalu berbicara sesuai dengan data yang ia dapatkan. 

    “Tetap punya data jadi kena sasaran gitu apa yang mau diomong,” tegasnya. 

    Disuruh pindah ke luar negeri

    Fedi Nuril selalu mencuri perhatian warganet, ketika memberikan cuitannya terkait kondisi politik di Indonesia.

    Bahkan, setiap kali Fedi Nuril meluapkan isi hati dengan memberikan pernyataan tentang politik di Indonesia melalui cuitannya, ia kerap diserang oleh buzzer.

    Terakhir, Fedi Nuril diserang buzzer karena cuitannya yang sering mengomentari politik perihal Pemilihan Presiden Indonesia.

    Bahkan, ia sampai diminta untuk pindah negara karena dikabarkan tidak senang dengan Presiden Terpilih.

    Fedi mengakui penyelenggaraan Pemilihan Presiden sudah selesai, tapi komentar yang memintanya pindah negara masih terus ramai di kolom komentar aku Instagram dan X nya.

    “Masih sampai sekarang Banyak yang suruh saya pindah negara,” kata Fedi Nuril ketika ditemui disela acara SCTV Awards di gedung Emtek, Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (20/11/2024) malam.

    Gitaris band Garasi ini pun tidak mau terbawa perasaan saat menghadapi komentar pedas Warganet atau serangan dari buzzer, karena ia sudah biasa menghadapinya.

    “Saya enggak pusing biasa saja, buat apa dibahas mau apa? ” ucapnya.

    Fedi Nuril begitu santai menghadapi buzzer, karena selama ini ia tidak pernah mengucap dan mengunggah cuitan, dirinya akan pindah negara jika Presiden pilihannya tidak menang.

    “Jadi kalau ada yang komen Katanya mau pindah negara Itu tinggal jawab, gua gak pernah ada rencana pindah negara. Biasa itu ulah buzzer,” ujar Fedi Nuril.

    —– 

    Berita Jatim dan berita viral lainnya.

  • Terangi Ramadan dengan Inovasi dan Cemerlangnya Kecerdasan Buatan

    Terangi Ramadan dengan Inovasi dan Cemerlangnya Kecerdasan Buatan

    Jakarta: MMA Global Indonesia kembali menghadirkan MMA Innovate Indonesia pada 2025. Kali ini, asosiasi industri terkemuka di bidang marketing dan periklanan di Indonesia tersebut mengusung pembahasan menarik, yakni berkaitan dengan transformasi AI untuk kampanye Ramadan.
     
    MMA Innovate Indonesia 2025 akan digelar di Hotel Park Hyatt pada 22 Januari 2025. Melanjutkan tradisi perintis dari rangkaian acara Innovate yang telah sukses sebelumnya, MMA Global menghadirkan konsep baru acara bergaya Konferensi & Pameran di Indonesia, menyuarakan pencapaian seperti layaknya pasar-pasar lain seperti di Brasil dan Vietnam.
     
    Tahun ini, MMA Innovate muncul sebagai wadah transformatif. Acara ini siap hadir dengan moto yang menarik ‘Imagine the Future’ dan tema visioner ‘Illuminate Ramadan with AI Innovation & Brilliance’. 
    Dengan moto dan tema tersebut, konferensi ini digagas sebagai ekosistem penting yang dirancang untuk menguraikan persimpangan kompleks antara kemajuan teknologi, kecerdasan budaya, dan evolusi marketing yang strategis. Dengan menyoroti topik-topik seperti Achieving Higher Brand Sales through AI-powered Solutions (Mencapai Penjualan Jenama yang Lebih Tinggi melalui Solusi bertenaga AI), jaringan media ritel, dan pengembangan jenama yang strategis, acara ini berfungsi sebagai wadah bagi para petinggi industri untuk menata kembali strategi pelibatan mereka dan membuka peluang baru di pasar konsumen Indonesia yang dinamis.
     
    Adapun inti dari MMA Innovate Indonesia tahun ini akan berpusat pada potensi transformatif AI dan teknologi yang sedang berkembang untuk Ramadan Campaign tahun depan, dengan menawarkan 15 sesi yang menarik, termasuk pidato utama dan diskusi panel. Berlandaskan pada hal ini, Conference & Exhibitors’ Solution Showcase akan menghadirkan inovasi mutakhir yang siap membentuk kembali keterlibatan marketing untuk menyediakan ruang mendalam yang memberdayakan para petinggi untuk mengeksplorasi teknologi AI dan marketing yang sedang berkembang, membandingkan solusi dengan tantangan dunia nyata, dan memperoleh wawasan yang dapat ditindaklanjuti.
     
    Acara ini juga berfungsi sebagai ruang berkumpul yang strategis yang dikurasi dengan cermat, yang mempertemukan lebih dari 1.500 delegasi papan atas, termasuk Chief Marketing Officers, Chief Technology Officers, Department Heads, dan Lead Planners dari berbagai sektor seperti jenama, agensi, media, telekomunikasi, dan industri teknologi marketing di Indonesia.
     
    Ramadan menjadi waktu yang sangat penting di Indonesia, yang mendorong aktivitas budaya dan ekonomi. Sebagai periode refleksi dan budaya memberi, Ramadan juga memicu momentum ritel yang signifikan, dengan konsumen mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan spiritual dan perayaan mereka.
     
    Dengan merenungkan Ramadan sebelumnya, teknologi seluler memainkan peran sentral dalam berbelanja, dengan 90 persen orang Indonesia merencanakan pembelian melalui jalur seluler. Hal ini menekankan semakin pentingnya bagi jenama untuk membangun kehadiran digital yang kuat untuk terhubung dengan konsumen selama masa penting ini.
     
    Perilaku konsumen selama periode ini juga ditandai dengan pilihan yang kuat untuk pengambilan keputusan yang terinformasi, seperti yang ditunjukkan oleh TGM Research bahwa 93 persen pembeli, khususnya perempuan, lebih suka meneliti produk sebelum melakukan pembelian. Selain itu, periode penting untuk keterlibatan pelanggan baru selama Ramadan menyatakan bahwa 88 persen konsumen melakukan pembelian dari pengecer yang sebelumnya tidak pernah terlibat. 
     
     

     
    Direktur Utama PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek), CEO of SCM & Vidio, dan Chairperson MMA Global Indonesia, Sutanto Hartono membawa kepemimpinan transformasional dan presisi strategis pada trajektori MMA Global Innovate. 
     
    “Peluncuran Innovate di Indonesia datang pada momen yang sangat penting bagi lanskap pemasaran dan periklanan di Tanah Air, yang berkembang begitu pesat. Dengan semakin meningkatnya minat terhadap inovasi dan pendekatan berani untuk mendefinisikan ulang batasan, kita sedang menyaksikan munculnya ekosistem yang sangat canggih,” ujar Sutanto.
     
    Lebih lanjut, Sutanto juga mengungkapkan pentingnya konferensi ini digelar. Menurutnya, dalam lingkungan pemasaran digital Indonesia yang dinamis, wawasan yang dibagikan di acara ini akan mengungkap titik sentuh digital yang membentuk pengambilan keputusan konsumen, terutama dengan AI dan personalisasi, serta betapa pentingnya hal ini untuk diferensiasi dan dampak.
     
    “Acara ini juga hadir pada waktu yang krusial, menjelang Ramadan-salah satu momen yang paling dinantikan oleh pengiklan dan merek karena lonjakan belanja konsumen selama periode ini,” kata Sutanto.
     
    “Energi dan momentum ini mencerminkan komitmen MMA Global Indonesia untuk mempertahankan peran kepemimpinan dalam keunggulan pemasaran dan periklanan, membuka jalan bagi masa depan yang ditandai dengan inovasi, pandangan strategis, dan pemahaman tentang momen-momen penting seperti Ramadhan yang mempengaruhi perilaku konsumen,” ucapnya menambahkan.
     
    Country Head dan Board Member of MMA Global Indonesia Shanti Tolani mengatakan, pihaknya terus memimpin dengan menerapkan strategi inovatif yang tidak hanya mencerminkan lanskap pemasaran yang terus berkembang, tetapi juga mengantisipasi pergeseran pasar di masa mendatang. Innovate Indonesia 2025 dirancang sebagai wadah strategis yang memadukan kepemimpinan pemikiran dengan solusi teknologi yang dapat ditindaklanjuti, seperti yang ditampilkan melalui Conference & Exhibitors’ Solution Showcase kami.
     
    “Dengan membahas topik-topik utama seperti AI, Jaringan Media Ritel, dan Pengembangan Jenama, kami membekali para pemimpin dengan wawasan strategis yang diperlukan untuk berkembang di pasar yang berubah dengan cepat saat ini. Pendekatan ini, yang menggabungkan tren global dengan relevansi lokal, memperkuat komitmen MMA Global Indonesia untuk mendorong dampak yang berarti dalam ekosistem bisnis Indonesia yang dinamis,” kata Shanti.
     
    Pada lanskap digital Indonesia yang terus berkembang pesat, MMA Innovate Indonesia 2025 menawarkan kesempatan bagi jenama untuk mengubah strategi marketing mereka dan terlibat dengan audiens baru yang sedang berkembang. Dengan menyoroti tren industri utama, acara ini memberikan wawasan berharga yang memungkinkan tim petinggi untuk membuat keputusan yang tepat dan mendorong inovasi.
     
    Pendaftaran MMA Global Indonesia’s Innovate 2025 telah dibuka. Silakan daftarkan diri Anda melalui tautan berikut: https://www.mmaglobal.com/event/mma-innovate-indonesia-2025#register
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)