Perusahaan: Emirates

  • Daftar 36 PSE Privat Terancam Diblokir Komdigi, Google dan Apple Termasuk

    Daftar 36 PSE Privat Terancam Diblokir Komdigi, Google dan Apple Termasuk

    Jakarta

    Sebanyak 36 Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat (PSE Privat) terancam sanksi pemblokiran oleh Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi). Pasalnya perusahaan tersebut belum melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data.

    Direktur Jenderal Pengawasan Ruang Digital Kementerian Komdigi, Alexander Sabar, menyatakan bahwa peringatan keras ini diberikan sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang PSE Privat.

    “Seluruh Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat (PSE Privat), baik dari dalam negeri (domestik) maupun luar negeri (asing), memiliki kewajiban untuk mendaftar dan memperbarui data pendaftaran guna menjaga akurasi dan keandalan data,” tegas Alexander dalam keterangan resmi yang diterima detikINET.

    Sebagai bagian dari upaya pengawasan aktif, Komdigi telah menyampaikan pemberitahuan resmi (notifikasi) kepada dua kelompok PSE Privat. Pertama, kepada 23 (dua puluh tiga) PSE Privat yang teridentifikasi belum memenuhi kewajiban pendaftaran meskipun ditemukenali telah beroperasi dan menargetkan pasar Indonesia. Kedua, kepada 13 (tiga belas) PSE Privat lainnya yang ditemukan belum memperbarui informasi pendaftaran mereka.

    “Komdigi telah melakukan pendekatan persuasif dan sosialisasi secara masif pengaturan ini untuk menjamin kedaulatan digital nasional dan melindungi masyarakat sebagai pengguna layanan digital,” jelas Alexander Sabar.

    Berdasarkan Pasal 2 dan Pasal 5 Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020, setiap PSE Privat wajib melakukan pendaftaran sebelum sistem elektronik tersebut mulai digunakan oleh Pengguna Sistem Elektronik. Selain itu, mereka juga diwajibkan untuk secara aktif memperbarui informasi pendaftarannya apabila terjadi perubahan data.

    Alexander Sabar kembali menegaskan konsekuensi untuk yang tidak patuh. “Bagi PSE Privat yang belum terdaftar namun termasuk dalam kategori wajib daftar dapat dikenakan sanksi administratif, termasuk pemutusan akses atau pemblokiran layanan (access blocking),” jelasnya.

    Untuk itu, Kementerian Komdigi mengimbau dengan tegas kepada seluruh PSE Privat yang masuk dalam kategori wajib daftar agar segera melakukan proses pendaftaran melalui sistem Online Single Submission (OSS). Sementara itu, bagi PSE yang telah terdaftar, sangat penting untuk memastikan bahwa data pendaftarannya selalu diperbarui dan akurat apabila terdapat perubahan layanan, entitas usaha, atau informasi krusial lainnya.

    Daftar PSE Privat Terancam Diblokir KomdigiNoSistem EletronikNama PerusahaanKeterangan1.yamaha.comPT Yamaha Musik Indonesia DistributorBelum Terdaftar2.mncgroup.comPT MNC Asia Holding TbkBelum Terdaftar3.philips.comPT Philips Indonesia CommerciaBelum Terdaftar4.ea.comElectronics Arts IncBelum Terdaftar5.hp.comHP IncBelum Terdaftar6.mrdly.comPT Daya Intiguna Yasa TbkBelum Terdaftar7.indofood.comPT Indofood Sukses Makmur TbkBelum Terdaftar8.bathandbodyworks.co.idPT Dunia LuxindoBelum Terdaftar9.unilever.com dan unilever.idPT Unilever Indonesia, TbkBelum Terdaftar10.order.kfcku.co.id dan aplikasi KFCkuPT Fast Food Indonesia TbkBelum Terdaftar11.max.com dan aplikasi MaxWarnerMedia Global Digital Services LLCBelum Terdaftar12.ebay.com dan aplikasi eBayebay,incBelum Terdaftar13.Asus.com dan aplikasi MyAsusAsusTek Computer IncBelum Terdaftar14.msi.com, id.msi.com dan aplikasi MyMSIMicro-Star International Co, LTDBelum Terdaftar15.Nike.com dan aplikasi NikeNike, IncBelum Terdaftar16.xbox.com dan aplikasi XboxMicrosoft CorporationBelum Terdaftar17.byd.com dan Aplikasi BYDBYD Company Limited, PT BYD Motor Indonesia (Indonesia)Belum Terdaftar18.emirates.com dan aplikasi EmiratesThe Emirates GroupBelum Terdaftar19.id.jbl.com dan jblstore.co.idHarman International Industries IncBelum Terdaftar20.klm.com dan aplikasi KLMKLM Royal Dutch AirlinesBelum Terdaftar21.cathaypacific.com dan aplikasi Cathay PacificCathay Pacific Airways LimitedBelum Terdaftar22.dhl.com, dhlexpresscommerce.com, mydhl.express.dhl dan aplikasi DHL Express MobileDHL GroupBelum Terdaftar23.lenovo.com dan aplikasi LenovoPT Lenovo IndonesiaBelum Terdaftar24.Lazada.com dan aplikasi LazadaEcart Webportal IndonesiaPerlu Pembaruan Data25.Aplikasi McDonaldsRekso Nasional FoodPerlu Pembaruan Data26.Zurich.comZuric LiveWell Services and Solutions Ltd / Zuric Asuransi Indonesia Zurich Topas Life.Perlu Pembaruan Data27.ads.google.comGoogle IndonesiaPerlu Pembaruan Data28.play.google.comGoogle IndonesiaPerlu Pembaruan Data29.traveloka.com dan aplikasi TravelokaTraveloka IndonesiaPerlu Pembaruan Data30.Aplikasi MyJNETiki Jalur Nugraha EkakurirPerlu Pembaruan Data31.apple.comApple Ditribution International LimitedPerlu Pembaruan Data32.garmin.comGarmin Indonesia DistributionPerlu Pembaruan Data33.Leagueoflegends.com dan aplikasi-aplikasi dari RiotRIOT Games Services PTE LTDPerlu Pembaruan Data34.epicsgames.comEpic Games International S.A.R.I, Bertrance, ROOT Branch/ Epic Games Entertainment International GMBH/ Epic Games Commerce GMBHPerlu Pembaruan Data35.prudential.comPT Prudential Life AssurancePerlu Pembaruan Data36.kai.idPerusahaan Perseroan (Persero) PT Kereta Api IndonesiaPerlu Pembaruan Data

    (afr/afr)

  • Ada Jam Tangan, Tas hingga Jaket Impor

    Ada Jam Tangan, Tas hingga Jaket Impor

    GELORA.CO – Kepala Pusat Penerangan Komando Daerah Militer Jakarta Raya (Kapendam Jaya) Kolonel Czi Anto Indriyanto memberikan penjelasan terkait surat permintaan Kodim 0501/Jakarta Pusat agar beberapa barang dikembalikan oleh pihak Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

    Menurut Indriyanto, permohonan surat itu bukan bertujuan agar barang yang dibawa Arie Kurniawan terhindar dari proses pemeriksaan di Bea Cukai di Bandara Soekarno-Hatta.

    “Barang yang dibawa oleh Bapak Arie Kurniawan tetap dilaksanakan pemeriksaan secara keseluruhan oleh petugas dan tidak ada barang ilegal,” kata Indriyanto saat dikonfirmasi awak media, Rabu (28/5/2025).

    Dia mengatakan surat tersebut dibuat agar pihak Bandara mengetahui bahwa anak dari Arie Kurniawan sedang sakit. Namun demikian, Indriyanto tidak menjelaskan secara rinci apa penyakitnya dan hubungan dengan barang yang ada di pihak Bea Cukai.

    “Surat Dandim tersebut untuk memohon bantuan kepada petugas kepabeanan di Terminal 3 Bandara Soetta dikarenakan anak dari Bapak Arie Kurniawan sedang sakit,” jelas Indriyanto.

    Indriyanto melanjutkan bahwa Dandim mau membuat surat tersebut lantaran memiliki hubungan pertemanan dengan Arie Kurniawan.

    Indriyanto memastikan pihaknya akan tetap menelusuri temuan ini. Jika ditemukan pelanggaran, pihaknya tidak segan akan memberikan sanksi tegas.

    “Permasalahan ini masih didalami, apabila ada hal-hal yang tidak sesuai aturan maka tentunya akan ada tindakan untuk yang bersangkutan,” jelas dia.

    Sebelumnya beredar foto surat edaran dengan kop surat “KOMANDO DAERAH MILITER JAYA/JAYAKARTA KODIM DISTRIK MILITER 0501/JP” di media sosial yang berisi permintaan dari Dandim 0501/ Jakarta Pusat terkait barang-barang milik Ade Kurniawan.

    Surat tersebut ditujukan kepada Kepala Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3.

    “Diajukan permohonan kepada pihak Bea Cukai terkait barang yang dibawa oleh penumpang penerbangan Emirates dengan nomor penerbangan EK 358 dari Dubai menuju Jakarta atas nama Mr. Arie Kurniawan,” seperti dikutip poin ke dua isi surat tersebut.

    Juga disebutkan bahwa barang tersebut merupakan titipan keluarga yang dibeli dari luar negeri. Ada pun perincian barang sebagai berikut: jam tangan, berapa tas, jaket, dan pernak pernik cenderamata (tempelan untuk kulkas).

  • Didukung Austria dan UEA, Banyuwangi Bangun Fasilitas Pengolahan Sampah Berkapasitas 260 Ton

    Didukung Austria dan UEA, Banyuwangi Bangun Fasilitas Pengolahan Sampah Berkapasitas 260 Ton

    Banyuwangi (beritajatim.com) – Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi dalam pengolahan sampah secara sirkular kembali mendapat dukungan internasional. Melalui program Banyuwangi Hijau, tiga fasilitas pengolahan sampah dengan kapasitas total 260 ton per hari akan segera dibangun, berkat dukungan dari Austria dan Uni Emirat Arab (UEA).

    Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian pendanaan antara Pemerintah UEA, Clean Rivers, dan pelaksana program Banyuwangi Hijau saat World Governments Summit 2025 di Dubai pada 12 Februari lalu. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto turut menyaksikan langsung penandatanganan tersebut.

    “Beberapa waktu lalu, tim dari Clean Rivers telah turun ke Banyuwangi untuk melihat program-program pengelolaan sampah yang telah berjalan sebelum memulai program mereka,” ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Kamis (15/5/2025).

    Rencana pembangunan meliputi satu Tempat Pengolahan Sampah (TPS) Reduce, Reuse, Recycle (3R) di Kecamatan Purwoharjo dan dua Stasiun Peralihan Antara (SPA) di dua lokasi lainnya. Ketiganya ditargetkan mampu mengelola total 260 ton sampah per hari. Pembangunan fasilitas tersebut akan dimulai pada akhir Mei ini, dengan perwakilan dari Austria dan UEA hadir langsung di Banyuwangi.

    Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi, Dwi Handayani, menjelaskan bahwa program pengelolaan sampah telah dijalankan sejak 2018 melalui Project Stop. Proyek awal tersebut mendirikan dua TPS 3R di Muncar dengan kapasitas 8 dan 10 ton per hari yang melayani 10 desa.

    Selanjutnya, melalui Project Stop Banyuwangi Hijau fase 1, didirikan TPS 3R di Desa Balak, Kecamatan Songgon, dengan kapasitas 84 ton per hari, menjangkau 46 desa di 7 kecamatan.

    “Yang akan dilaunching selanjutnya adalah fase 2 dan 3. Fase 2 didukung oleh Borealis Austria, dan fase 3 oleh Clean Rivers Uni Emirates Arab. Launching dijadwalkan pada 22 Mei,” terang Dwi.

    Deputy Program Manager Project Stop, Prasetyo, menyebutkan TPS 3R untuk fase dua akan dibangun di Karetan, Kecamatan Purwoharjo, dengan kapasitas 160 ton per hari, menjangkau 37 desa di delapan kecamatan.

    Sementara fase tiga mencakup dua SPA, masing-masing berkapasitas 50 ton per hari, yang akan melayani wilayah belum terakomodasi oleh fase sebelumnya. SPA berfungsi sebagai titik pengumpul sementara antara asal sampah dan fasilitas pengolahan akhir.

    Dengan total kapasitas 260 ton per hari, Pemkab Banyuwangi berharap program ini dapat menjadi tonggak penting dalam pengelolaan sampah berkelanjutan di wilayahnya. [alr/beq]

  • Transaksi Nasabah Premium Meningkat, BNI Sediakan Penawaran Menarik untuk Traveling

    Transaksi Nasabah Premium Meningkat, BNI Sediakan Penawaran Menarik untuk Traveling

    JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mencatat kenaikan transaksi 95 persen untuk pembelian tiket maskapai Emirates di acara Private Event BNI – Emirates Travel Fair 2025.

    Acara ini dikhususkan bagi nasabah BNI Emerald dan BNI Private serta para pemegang Kartu Kredit segmen super premium. Acara yang diselenggarakan pada 30 April 2025 di The Langham Jakarta ini merupakan bagian dari rangkaian BNI-Emirates Travel Fair pada 2-4 Mei 2025 di Senayan City.

    Direktur Consumer Banking BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan, bahwa kegiatan ini menjadi bentuk konsistensi BNI dalam menyediakan kemudahan bagi nasabah, sekaligus memperkuat posisi Kartu BNI sebagai pilihan utama untuk transaksi pariwisata.

    “BNI berkomitmen untuk selalu menghadirkan program dan layanan unggulan. Travel Fair ini tak hanya memperluas potensi transaksi, tetapi juga menghadirkan nilai tambah nyata bagi nasabah setia kami, terutama di tengah meningkatnya antusiasme masyarakat untuk travelling,” ujar Corina dalam keterangan tertulis, Minggu, 4 Mei.

    Corina menjelaskan kehadiran nasabah meningkat 185 persen dari acara serupa tahun lalu dan kenaikan volume transaksi pembelian tiket hingga 95 persen.

    BNI telah berkolaborasi dengan maskapai Emirates untuk keempat kalinya seiring dengan peningkatan kebutuhan travelling masyarakat menengah atas di Indonesia ke berbagai negara tujuan di Middle East, Eropa, hingga USA.

    “BNI-Emerates Travel Fair 2025 menawarkan harga tiket pulang-pergi dari Jakarta ke Istanbul mulai dari Rp8,9 juta, ke Milan mulai dari Rp10,1 juta, dan ke Paris mulai dari Rp12 juta dengan periode waktu perjalanan hingga 30 April 2026,” ungkap Corina.

    Selain penawaran harga promo tiket, nasabah berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp7 Juta apabila bertransaksi dengan Kartu Kredit BNI Visa Infinite, Kartu Debit BNI Emerald & BNI Private, Complimentary up to 10.000 Skywards, serta 50.000 BNI Rewards Point untuk Nasabah yang mengajukan Kartu Kredit BNI Visa Infinite baru.

    Corina menambahkan, nasabah BNI Emerald dan BNI Private juga dimanjakan dengan program transaksi belanja overseas di seluruh negara tujuan.

    Menurutnya dengan bertransaksi minimal 2.500 dolar AS menggunakan Kartu Debit BNI Emerald dan BNI Private selama periode 1 Mei – 31 Juli 2025 pada merchant belanja di luar negeri, nasabah berkesempatan mendapatkan cashback sebesar 200 dolar AS.

  • Kami ke Paris untuk Menang

    Kami ke Paris untuk Menang

    JAKARTA – Kekalahan 1-0 melawan Paris Saint-Germain menjadi kerugian Arsenal karena mereka bermain di kandang sendiri di laga pertama semifinal Liga Champions Stadion Emirates, London, Rabu, 30 April 2025 dini hari WIB. Namun manajer Mikel Arteta menyatakan Arsenal harus menang datang ke Paris melakoni semifinal kedua.

    Tidak ada pilihan bagi Arsenal kecuali menang dengan mencetak lebih dari dua gol dalam duel di kandang PSG di Stadion Parc des Princes, Paris, Kamis, 8 Mei 2025 dini hari WB. Atau minimal Arsenal menang 1-0 sehingga laga diselesaikan extra time atau bahkan mencoba peruntungan lewat adu penalti.

    Pada laga di kandang sendiri, Arsenal harus bekerja keras mengimbangi PSG. Namun gawang David Raya sudah kebobolan saat laga baru berjalan empat menit. Gol cepat Ousmane Dembele yang menyambut umpan Khvicha Kvaratskhelia membawa PSG unggul 1-0.

    Arsenal sesungguhnya sempat menyamakan skor saat sundulan Mikel Merino yang meneruskan tendangan bebas Declan Rice menembus gawang PSG. Hanya saja, gol itu dianulir karena dia dalam posisi offside.

    Meski gol itu dianulir, Arsenal tetap bermain ofensif dan menciptakan sejumlah peluang. Namun kiper PSG Gianluigi Donnarumma bermain cemerlang dan melakukan sejumlah penyelamatan.

    Alhasil, tim asuhan Luis Enrique mampu mempertahankan keunggulan 1-0 dan membuka peluang lolos ke final karena hanya butuh hasil imbang pada laga kedua yang digelar di kandang sendiri.

    Namun Arteta menolak menyerah. Menurut dia Arsenal memiliki peluang mengejar defisit gol. Mereka tetap akan fight seperti saat menghajar Real Madrid 3-0 pada laga pertama di perempat final.

    “Kami masih separuh perjalanan. Dan di separuh perjalanan ini pesannya tetap sama seperti saat kami mengalahkan Real Madrid 3-0 di laga kandang,” kata Arteta seperti dikutip reuters.com.

    “Kami akan datang ke Paris untuk memenangkan pertandingan. Kami punya kemampuan lebih untuk melakukannya,” ujar dia lagi.

    Arteta menuturkan bila PSG dan Arsenal memiliki kekuatan berimbang. Hanya saja, PSG lebih bisa bermain efisien sehingga mampu mengonversi sebuah peluang untuk menjadi gol.

    “Saya menyaksikan dua tim bagus yang sama-sama bermain bagus. Margin dari dua tim itu sangat kecil. Hanya, mereka memang lebih efisien di depan gawang. Harus diakui, dari pertandingan tersebut, kiper yang pada akhirnya membuat perbedaan,” ucap Arteta yang bermain selama satu musim di PSG dengan status pinjaman dari Barcelona.

    Saat disinggung mengenai peluang Arsenal tetap 50-50, Arteta tetap optimistis menyambut laga kedua. Menurut dia mereka tetap punya peluang ke final.

    “Saya tidak tahu berapa besar peluang kami. Tetapi saya yakin kami ingin ke final. Dan, bila ingin mencapai final Liga Champions, Anda harus melakukan sesuatu yang istimewa. Dan kami akan melakukan sesuatu yang istimewa di Paris,” kata dia berjanji.

    Arsenal yang tinggal berharap meraih trofi Liga Champions setelah gagal di Premier League Inggris sesungguhnya kembali mencapai semifinal untuk kali pertama sejak 2009.

    Hanya, langkah Arsenal dihentikan Manchester United yang kemudian menjadi juara setelah menang adu penalti lawan Chelsea.

    Klub London Utara itu juga pernah mencapai final pada 2006. Namun mereka gagal mengangkat trofi kuping lebar setelah kalah lawan Barcelona. Ini menjadikan Arsenal sebagai tim elite Liga Premier yang belum pernah memenangi Liga Champions.

    Sebaliknya, tim-tim seperti Aston Villa dan Nottingham Forest justru pernah menuai sukses di kompetisi Eropa saat masih disebut Piala Champions (European Cup).

    Villa dan Forest paling tidak sejajar dengan klub elite Liga Inggris. Liverpool, MU, Chelsea dan Manchester City yang pernah menjuarai Liga Champions.

  • Arsenal Dibungkam PSG, Warganet Berharap Partey Jadi Kunci Comeback

    Arsenal Dibungkam PSG, Warganet Berharap Partey Jadi Kunci Comeback

    Jakarta

    Arsenal harus menelan pil pahit usai dikalahkan Paris Saint-Germain (PSG) dengan skor 0-1 pada leg pertama semifinal Liga Champions 2024/2025 di Emirates Stadium, Rabu (30/4/2025) dini hari WIB. Gol cepat Ousmane Dembele di menit awal pertandingan menjadi penentu kemenangan Les Parisiens, membuat The Gunners kini menghadapi tantangan berat di leg kedua.

    Pertandingan berlangsung sengit sejak menit pertama. PSG langsung mengejutkan tuan rumah dengan gol Dembele yang memanfaatkan kelengahan lini belakang Arsenal. Meski sempat bangkit dan menciptakan sejumlah peluang melalui Gabriel Martinelli, Arsenal gagal menyamakan kedudukan hingga peluit panjang berbunyi.

    Babak pertama didominasi PSG selama 25 menit awal, sebelum Arsenal mulai menemukan ritme mereka. Sayangnya, peluang Martinelli tidak membuahkan hasil.

    Absennya Thomas Partey akibat akumulasi kartu kuning menjadi sorotan. Kehadiran Partey di lini tengah dirasa krusial untuk mengatur tempo permainan dan membangun serangan. Mikel Merino, yang mengisi posisinya, dinilai kurang mampu bergerak lincah di half-space kiri dibandingkan Declan Rice, sehingga Arsenal kesulitan mengimbangi intensitas PSG.

    Warganet di media sosial menyoroti betapa absennyaPartey membuat Arsenal kehilangan keseimbangan di lini tengah. Meski kalah, harapan masih membuncah di kalangan pendukung Arsenal.

    Banyak warganet yang optimistis The Gunners mampu membalikkan keadaan di leg kedua yang akan digelar di Parc des Princes, Paris, pada 7 Mei 2025. Nama Partey menjadi pusat perhatian, dengan harapan gelandang asal Ghana itu dapat kembali tampil dan “mencuri skor” untuk membawa Arsenal ke final Liga Champions pertama mereka sejak 2006.

    “Gw rasa sih masih ada peluang, di Paris Partey bisa main kan? Lini tengah butuh dia bgt, utk nambah kreatifitas,” kata @rezatalks.

    “Sedih sih, tp ta gimana, emang jelek kok mainnya. Dan berharap leg ke-2 dg tambahan Partey di tengah bisa lebih baik,” harap @AldoEgi.

    “Semoga jeleknya Leg 1 dibalas di Leg 2. Partey kembali dan Arteta harusnya banyak belajar buat menang,” ucap @muh_kharji.

    “Peran partey memang sangat penting, belum ada yang bisa menggantikan,” nilai @Blackseed25.

    “Emang peran partey saat ini sangat vital. Musim depan harus cari pemain yang seperti partey untuk lapis,” kata @nopalajaala.

    (afr/afr)

  • Bukan Main! Penjualan Mobil Jetour di Dunia Tembus 1,68 Juta Unit

    Bukan Main! Penjualan Mobil Jetour di Dunia Tembus 1,68 Juta Unit

    Shanghai

    Meski berstatus sebagai pendatang baru, namun penetrasi Jetour di pasar global tak bisa dipandang remeh. Bahkan, anak perusahaan Chery Group tersebut telah menjual jutaan unit kendaraan sepanjang kiprahnya di industri otomotif dunia!

    Presiden Jetour International, Ke Chuandeng mengatakan, sejak perusahaannya diresmikan tujuh tahun lalu, pihaknya telah menjual 1,68 juta unit mobil ke seluruh dunia. Nominalnya terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

    “Sejak kami pertama kali mengenalkan diri di tahun 2018, Jetour telah mencatat pencapaian luar biasa dengan penjualan 1,68 juta unit mobil dalam tujuh tahun,” ujar Ke Chuandeng saat menyampaikan materi di Shanghai, China, Rabu (23/4).

    Penjualan Jetour di pasar global. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Chuandeng menjelaskan, pasar utama Jetour berada di Angola, Qatar dan Myanmar. Selain itu, penjualan mereka juga cukup menjanjikan di Uni Emirates Arab, Peru, Oman dan Kazakhstan. Sementara mobil-mobil yang paling diminati ada Jetour T2, X70, X90 dan Dashing.

    “Kami mendapat dukungan melalui lebih dari 50 juta penggemar di seluruh dunia. Tahun lalu, Jetour menjual lebih dari 560 ribu kendaraan atau naik 80 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” ungkapnya.

    Penjualan Jetour di pasar global. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Bukan hanya fokus ke produk, Jetour juga sangat memerhatikan aftersales kendaraannya. Bahkan, mereka mengklaim sudah punya ribuan jaringan dealer yang tersebar di puluhan negara. Hal tersebut, kata Chuandeng, membuktikan betapa seriusnya Jetour di pasar mobil dunia.

    “Kami menyebut pencapaian ini sebagai Jetour Speed. Kami juga telah mengembangkan lebih dari 2.000 jaringan sales dan service di 67 negara. Kami menawarkan ketenangan berkendara bagi konsumen di mana pun dan menghadirkan kenyamanan untuk perbaikan,” kata dia.

    (sfn/rgr)

  • Harga Jual Jet Boeing dan Airbus Melonjak 30 Persen Imbas Tarif Impor Trump   – Halaman all

    Harga Jual Jet Boeing dan Airbus Melonjak 30 Persen Imbas Tarif Impor Trump   – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM , WASHINGTON – Kebijakan tarif impor yang ditetapkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memakan korban baru, membuat harga pesawat produksi Boeing dan Airbus semakin mahal.

    Sebelum tarif impor diberlakukan dan perang harga mencuat, sumber Straits Times mengungkap bahwa harga pesawat jet komersial telah naik sebanyak 30 persen sejak 2018.

    Namun pasca tarif impor yang diberlakukan Trump, kebijakan ini berdampak luas terhadap berbagai sektor. Salah satu akibat yang paling mencolok adalah meningkatnya harga bahan baku dan komponen meningkat secara drastis, yang kemudian berdampak langsung pada biaya produksi pesawat.

    “Dibandingkan dengan tahun 2018, harga jet komersial telah naik sekitar 30 persen,” kata seorang pakar penerbangan yang tidak mau disebutkan namanya.

    Kenaikan harga pesawat juga dikonfirmasi Raksasa kedirgantaraan Amerika dan Eropa, mereka mengungkap telah bergulat dengan biaya yang lebih tinggi untuk bahan utama seperti titanium, komponen dan energi, serta tekanan biaya tenaga kerja secara keseluruhan.

    Direktur Pelaksana Konsultan AeroDynamic Advisory Richard Aboulafia menyebut harga sederet bahan dan peralatan pesawat meroket 40 persen sejak 2021.

    Itu bahkan belum termasuk dampak tarif Trump sebesar 25 persen untuk baja dan aluminium yang digunakan dalam pesawat terbang. Apabila tarif Trump terus diterapkan dalam jangka waktu yang lama maka hal tersebut dapat mendongkrak harga produksi pesawat.

    ”Produk seperti casting, forgings, dan apapun yang terbuat dari titanium bakal melambung,” ujar Aboulafia,

    “Agak ironis. Bahan mentah bukan masalah, tetapi Donald Trump bertekad untuk mewujudkan masalah,” imbuhnya.

    Harga pesawat Boeing 787 Dreamliner, misalnya, yang biasa dipatok sekitar 386 juta dolar AS atau Rp 6,5 triliun (Kurs Rp 16.862 ) dan Boeing 737 MAX dibanderol bernilai 159 juta dolar AS atau Rp 2,6 Triliun, naik dibandingkan 2023 yang masing-masing dihargai 292 juta dolar AS atau Rp 4,9 triliun serta 121,6 juta dolar AS atau Rp 2 triliun.

    Begitu pula dengan harga pesawat Airbus A321neo yang dipatok sekitar 148 juta dolar AS sekitar Rp 2,4 triliun. Ini naik dibandingkan harga 2018 yang masih di level 129,5 juta dolar AS atau Rp 2,1 triliun.

    Boeing maupun Airbus belum memberikan komentar apapun terkait isu kenaikan harga pesawat dan jet. Diketahui Boeing belum memperbarui harga pesawat yang ia tawarkan sejak 2023.

    Sementara katalog Airbus tidak menyentuh sejak 2018, perusahaan berdalih penggunaan katalog harga dihentikan “sejak lama” karena harga tersebut “tidak terpaku erat dengan harga akhir, yang didasarkan pada setiap kontrak spesifik dalam hal konfigurasi dan detail pesawat”, kata perusahaan itu .

    “Harga katalog benar-benar fiksi,” kata Tn. Aboulafia.

    “Anda mendapat diskon 50 persen jika datang dengan pakaian yang bagus.” menambahkan.

    Kendati harga pesawat Boeing dan Airbus telah mengalami kinerja yang drastis tetapi Boeing dan Airbus diketahui memiliki backlog atau tumpukan pesanan yang bisa bertahan hingga 10 tahun meskipun tak ada pesanan baru.

    Hal ini terjadi karena pertumbuhan kelas menengah di Asia, Afrika, dan Timur Tengah membuat permintaan perjalanan udara terus meningkat.

    Alhasil maskapai seperti Emirates, Qatar Airways, Indigo, Lion Air, hingga AirAsia terus melakukan ekspansi. Sehingga semakin banyak permintaan, semakin panjang antrian produksi.

    Selain permintaan yang membludak, backlog terjadi karena adanya gangguan rantai pasok global sejak pandemi COVID-19, mengakibatkan pengiriman pesanan pesawat jadi terlambat.

    Boeing misalnya mengalami masalah kualitas dan sertifikasi pada 737 MAX dan 787, memperlambat pengiriman. Hal inilah yang membuat backlog semakin menumpuk karena pengiriman tertunda.

  • Mikel Arteta Mengisyaratkan Kesediaan untuk Perpanjang Kontrak Thomas Partey

    Mikel Arteta Mengisyaratkan Kesediaan untuk Perpanjang Kontrak Thomas Partey

    JAKARTA – Mikel Arteta telah mengisyaratkan Arsenal bersedia menawarkan kontrak baru kepada Thomas Partey dengan kontrak gelandang tersebut yang akan berakhir pada akhir musim ini.

    Partey, yang akan berusia 32 tahun pada Juni 2025, telah menikmati kembalinya performa terbaiknya dalam beberapa bulan terakhir setelah periode dipenuhi cedera yang menimbulkan keraguan atas masa depannya di Emirates.

    Pemain internasional Ghana tersebut sebelumnya dikaitkan dengan kepindahan ke Arab Saudi, sementara laporan di Spanyol minggu ini menunjukkan Atletico Madrid sedang menjajaki kesepakatan untuk mengontrak kembali Partey, yang meninggalkan Los Rojiblancos untuk bergabung Arsenal seharga 45 juta pound pada Oktober 2020.

    “Ya, ada kemajuan dengan semua pemain. Saya akan menyerahkannya kepada (Direktur Olahraga) Andrea (Berta) dan klub untuk memutuskan dan membicarakannya,” ujar Arteta ketika ditanya apakah ada kemajuan dalam pembicaraan mengenai kontrak baru.

    “Tujuannya sangat jelas. Saya serahkan pada Andrea dan klub untuk melangkah maju,” katanya.

    Kartu kuning Partey adalah satu-satunya hal negatif dari kemenangan Arsenal yang menakjubkan di tengah pekan atas Real Madrid, melengkapi kemenangan agregat 5-1 untuk menyingkirkan juara bertahan dan mencapai semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2009.

    Ia akan diskors untuk pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions melawan Paris Saint-Germain, tetapi Arteta malu-malu tentang bagaimana timnya akan mengatasi masalah tersebut.

    “Kami memiliki beberapa opsi dan kami tidak akan memberikan apa pun. Itu adalah malam yang hebat bagi klub dan hanya itu.”

    “Kami semua memiliki ambisi besar dan tujuan besar. Kami berada di arah yang benar. Namun, langkah selanjutnya akan sulit dan kami harus melakukan yang terbaik,” tutur Arteta.

    Arsenal akan menghadapi Ipswich Town pada Minggu, 20 April 2025, dengan mengetahui kekalahan dapat memastikan gelar Liga Inggris untuk Liverpool. Ipswich juga bisa terdegradasi jika kalah di Portman Road.

    The Gunners akan bermain tanpa Jorginho (tulang rusuk) dan Riccardo Calafiori (lutut) karena cedera.

    Meski demikian, Calafiore ada kans siap menghadapi PSG pada 29 April 2025.

  • Jurgen Klopp Siap Gantikan Carlo Ancelotti Tangani Real Madrid

    Jurgen Klopp Siap Gantikan Carlo Ancelotti Tangani Real Madrid

    JAKARTA – Pelatih Jurgen Klopp dikabarkan ‘siap’ menangani Real Madrid menggantikan pelatih Carlo Ancelotti yang diperkirakan hengkang dari Santiago Bernabeu setelah berakhirnya musim kompetisi.

    Klopp menjadi kandidat kuat pelatih anyar Madrid. Sebelumnya, mantan manajer Liverpool sudah disebut sebagai suksesor Ancelotti.

    Terutama setelah Madrid tak menunjukkan minat terhadap pelatih Bayer Leverkusen Xabi Alonso. Kinerja Alonso dinilai belum cukup untuk menangani sebuah klub sebesar Madrid.

    Pasalnya, performa Leverkusen masih belum stabil. Setelah memenangi Bundesliga Jerman untuk kali pertama dalam sejarah klub dan meraih Piala Jerman, Leverkusen mengalami penurunan di musim ini meski masih bertengger di peringkat dua klasemen liga.

    Setelah Alonso tak lagi menjadi prioritas, Madrid pun melirik Klopp yang saat ini menempati posisi sebagai Global Head of Football di klub Red Bull Salzburg. Hanya Klopp yang meninggalkan Liverpool di akhir musim lalu disebut-sebut sudah tak betah dengan jabatan tersebut.

    Menurut UOL Esporte Klopp sudah ingin kembali ke lapangan dengan menangani sebuah klub. Dirinya pun menyiratkan terbuka melakuan negosiasi untuk melatih Los Merengues. Bila semua berjalan lancar, Klopp sudah mendampingi Kylian Mbappe dkk pada Juli mendatang.

    Klopp berpeluang melangkah ke Madrid karena Ancelotti kemungkinan sudah berpisah dengan klub usai laga final Copa del Rey melawan Barcelona pada 26 April 2025. Meski kompetisi La Liga Spanyol masih menyisakan lima pertandingan lagi, namun Ancelotti sudah akan meninggalkan Madrid.

    Kontrak Klopp sesungguhnya baru berakhir pada 2026. Namun dengan kegagalan Madrid di Liga Champions, maka klub kemungkinan besar tidak akan mempertahankannya.

    Apalagi, Madrid yang berstatus juara bertahan kalah menyakitkan lawan Arsenal di babak perempat final. Mereka kalah telak 3-0 pada laga pertama di Emirates. Saat tampil di kandang sendiri di laga kedua, Madrid diyakini bakal comeback. Namun bukannya mengejar defisit gol, Madrid malah kalah 2-1.

    Tidak hanya gagal di Liga Champions. Madrid kemungkinan juga tak bisa mempertahankan gelar juara La Liga. Saat ini, Madrid yang menduduki peringkat dua sudah tertinggal empat poin dengan pimpinan klasemen Barcelona.

    Ancelotti sesungguhnya meraih sukses besar saat kembali ke Madrid untuk kali kedua pada 2021. Dirinya memenangi 11 trofi, termasuk dua kali juara La Liga, dua kali Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.