Perusahaan: CATL

  • CATL Pimpin Pasar Baterai China November, Penjualan Tembus 179,4 GWh

    CATL Pimpin Pasar Baterai China November, Penjualan Tembus 179,4 GWh

    Jakarta, Beritasatu.com – Industri baterai kendaraan listrik di China mencatatkan pertumbuhan kuat pada November 2025. Data terbaru dari Aliansi Inovasi Industri Baterai Daya Otomotif China menunjukkan lonjakan volume produksi dan penjualan, seiring meningkatnya permintaan domestik dan ekspor.

    Melansir Carnewschina, Sabtu (13/12/2025), sepanjang November, penjualan gabungan baterai daya dan baterai lainnya mencapai 179,4 GWh.

    Angka tersebut naik 8,1% dibandingkan bulan sebelumnya dan melonjak 52,2% secara tahunan. Dari total tersebut, baterai daya menyumbang porsi terbesar sebesar 134,0 GWh atau sekitar 74,7% dari keseluruhan penjualan, dengan pertumbuhan tahunan mencapai 52,7%.

    Sementara itu, kategori baterai non-daya mencatatkan penjualan 45,4 GWh, meningkat 8,9% secara bulanan dan 50,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    Secara kumulatif, sepanjang Januari hingga November 2025, total penjualan baterai di China mencapai 1.412,5 GWh atau tumbuh 54,7% secara tahunan.

    Penjualan baterai daya mendominasi dengan volume 1.044,3 GWh, setara 73,9% dari total, sedangkan baterai lainnya menyumbang 368,2 GWh atau sekitar 26,1%. Pertumbuhan kategori baterai non-daya tercatat paling tinggi, dengan kenaikan 68,9% secara tahunan.

    Kinerja ekspor juga menunjukkan tren positif. Pada November, ekspor gabungan baterai mencapai 32,2 GWh, meningkat 14,1% dibandingkan Oktober dan naik 46,5% secara tahunan. Volume tersebut setara dengan 17,9% dari total penjualan bulanan.

    Ekspor baterai daya mencapai 21,2 GWh atau 66,0% dari total ekspor, melonjak 70,2% secara tahunan. Adapun ekspor baterai non-daya tercatat 10,9 GWh, naik 24,4% secara bulanan dan 15,3% dibandingkan tahun sebelumnya.

    Untuk periode Januari hingga November, total ekspor baterai China mencapai 260,3 GWh, tumbuh 44,2% dibandingkan tahun lalu. Dari jumlah tersebut, baterai daya menyumbang 169,8 GWh atau 65,2%, sementara baterai lainnya mencapai 90,5 GWh atau 34,8%.

    Dari sisi pemasangan, instalasi baterai daya domestik pada November tercatat sebesar 93,5 GWh. Angka ini naik 11,2% dibandingkan bulan sebelumnya dan meningkat 39,2% secara tahunan.

    Instalasi baterai lithium besi fosfat masih mendominasi dengan volume 75,3 GWh, sedangkan baterai ternary mencapai 18,2 GWh. Secara kumulatif, total instalasi sepanjang sebelas bulan pertama 2025 mencapai 671,5 GWh.

    Dalam persaingan produsen, Contemporary Amperex Technology (CATL) kembali memimpin penjualan baterai gabungan pada November, disusul BYD dan CALB. Untuk kategori baterai daya, CATL berada di posisi teratas, diikuti BYD dan Gotion High Tech.

  • Ini Dia Mobil Listrik Pertama Buatan Malaysia, Harga Mulai Rp 300 Jutaan

    Ini Dia Mobil Listrik Pertama Buatan Malaysia, Harga Mulai Rp 300 Jutaan

    Jakarta

    Merek otomotif Malaysia, Perodua, resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya. Mobil listrik itu adalah Perodua QV-E, mobil listrik buatan Malaysia yang bukan cuma mengganti logo atau rebadge.

    Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim mengklaim, mobil listrik ini sebagai EV 100 persen Malaysia pertama. Ini menjadi mobil listrik murni yang dikembangkan oleh Malaysia, berbeda dengan Proton eMas EV yang merupakan rebadge dari mobil listrik Geely.

    Dikutip media lokal Malaysia, Paultan, Perodua QV-E merupakan singkatan dari Quest for Visionary Electric Vehicle. Mobil ini dijual dengan harga 80.000 ringgit (Rp 322 jutaan) on the road tanpa asuransi. Namun, harga tersebut tidak termasuk baterai, yang disewakan kepada pemilik mobil). Biaya berlangganan baterai bulanan adalah 275 ringgit (Rp 1,1 juta).

    Perodua QV-E Foto: Dok. Perodua

    Selama ini, Perodua menggunakan line up mobil buatan Daihatsu. Namun, Perodua QV-E ini murni buatan Perodua yang bekerja sama dengan beberapa pihak. Perodua mendapatkan komponen-komponen penting brand ternama seperti baterai LFP dari CATL, serta Magna Steyr (MS) yang menjadi konsultan dalam platform EV tersebut.

    Mobil listrik Perodua QV-E ditenagai motor listrik dengan daya maksimal 150 kW dan torsi 285 Nm yang menggerakkan roda depan. Mobil ini jadi mobil Perodua paling bertenaga dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 7,5 detik.

    Perodua QV-E Foto: Dok. Perodua

    Sumber dayanya berasal dari baterai lithium iron phosphate (LFP) 52,5 kWh dari CATL. Sekali cas sampai penuh, mobil ini bisa menjangkau jarak hingga 445 km (NEDC).

    Perodua QV-E bisa dicas cepat dengan arus DC 60 kW. Ngecas dari 30 persen sampai 80 persen cukup 30 menit. Sementara itu, pengisian daya AC dengan daya 6,6 kW membutuhkan waktu delapan jam untuk pengisian penuh 0-100 persen.

    Interiornya tampil premium. Perodua QV-E menjadi mobil Perodua pertama yang dilengkapi kursi pengemudi yang bisa diatur secara elektrik dan lampu ambient. Juga terdapat layar infotainment 10,25 inci, Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel, pengisi daya nirkabel, dan pemantau tekanan ban.

    Perodua QV-E Foto: Dok. Perodua

    Dari segi keselamatan, Perodua QV-E mendapat paket ADAS lengkap. Juga ada fitur baru untuk keselamatan anak-anak yaitu Child Presence Detection (CPD). Fitur itu menggunakan gelombang milimeter untuk mendeteksi gerakan dan pernapasan di baris kedua. Jika mobil dimatikan dan CPD mendeteksi adanya anak (atau hewan peliharaan) di dalam kabin, sistem akan membunyikan klakson dan menyalakan lampu.

    Terdapat juga tombol panggilan SOS di atas kaca spion, yang dapat ditekan jika terjadi kecelakaan atau keadaan darurat. Tombol ini terhubung dengan Perodua Auto Assist dan layanan pertolongan MERS 999.

    (rgr/dry)

  • Teaser Mobil Listrik Nasional Terbaru Malaysia Buatan Perodua

    Teaser Mobil Listrik Nasional Terbaru Malaysia Buatan Perodua

    Jakarta

    Merek mobil nasional Malaysia, Perodua, siap meluncurkan mobil listrik pertama mereka, QV-E. Peluncuran Perodua QV-E diklaim jadi agenda nasional penting bagi Malaysia karena akan menjadi tonggak penting bagi industri otomotif negeri jiran tersebut.

    Dalam teaser video singkat berdurasi 9 detik di kanal YouTube Perodua, menampilkan lekuk bodi QV-E yang bersudut dengan karakter agresif juga modern. Bilah lampu LED membentang lebar di bagian depan dan belakang. Sekilas, QV-E tampak lebih futuristis dibanding model Perodua pada umumnya.

    Presiden dan CEO Perodua, Datuk Seri Zainal Abidin Ahmad, sebelumnya mengungkapkan bahwa Perodua memegang hak kekayaan intelektual penuh untuk desain dan juga platform EV ini. Meski demikian, baterai yang digunakan adalah tipe LFP yang dipasok oleh CATL. QV-E juga akan menjadi mobil penumpang pertama di Malaysia yang menerapkan skema sewa baterai.

    Spesifikasi baterainya pun telah terungkap. QV-E akan menggendong baterai 52,5 kWh dengan jarak tempuh real diperkirakan mencapai 400-410 km. Angka ini membuatnya sebanding dengan Proton eMas 7. Target performanya pun agresif untuk ukuran EV kompak, yaitu akselerasi 0-100 km/jam dalam 6-7 detik dengan kecepatan puncak sekitar 160 km/jam.

    Dari gambar teaser yang telah dipamerkan sebelumnya, QV-E terlihat lebih besar dari Perodua Myvi, serta mendekati dimensi Proton X50. Profilnya lebih rendah serta sporty, membuatnya memiliki karakter yang lebih premium. Dengan ukuran tersebut, QV-E diproyeksikan dibanderol sekitar RM 80 ribu atau setara Rp 322,3 juta.

    Pemerintah Malaysia pun memberi perhatian serius pada kelahiran EV pertama Perodua ini. Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menyebut peluncuran mobil ini sebagai ‘agenda nasional penting’.

    “Saya akan menginstruksikan kabinet agar peluncuran kendaraan listrik baru Perodua menjadi agenda nasional yang besar, menggabungkan tata kelola, tanggung jawab sosial, dan perlindungan lingkungan,” ujar Anwar dikutip dari Paultan.

    (lua/din)

  • Bisa Swap Baterai, Kapan Mobil Listrik AION Rp 100 Jutaan Masuk RI?

    Bisa Swap Baterai, Kapan Mobil Listrik AION Rp 100 Jutaan Masuk RI?

    Jakarta

    Di China, AION punya mobil listrik ‘murah’ yang baterainya bisa di-swap seperti motor listrik ojek online (ojol), yakni AION UT Super. Kapan kendaraan seharga Rp 100 jutaan itu akan masuk ke Indonesia?

    Andry Ciu selaku Chief Executive Officer (CEO) AION Indonesia mengatakan, untuk membawa masuk mobil listrik dengan skema swap baterai, pihaknya harus menyiapkan fasilitas khusus di dalam negeri. Itulah mengapa, kata dia, rencana tersebut agak susah diwujudkan.

    “AION UT di China ada versi yang bisa swap baterai. Kalau kita ada fasilitas swap baterai itu, kita cukup waktu semenit aja (untuk ganti baterai),” ujar Andry Ciu saat dikonfirmasi detikOto di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025.

    “Tapi kita lagi pertimbangkan apakah investasi fasilitas itu diperlukan atau tidak. Kalau penggunanya taksi online, tentu hal ini sangat dibutuhkan. Kalau penggunanya retail, dengan wall charger di rumah, kebutuhan mereka sudah terpenuhi,” tambahnya.

    GAC Aion UT Super Foto: Dok. GAC Aion

    Diberitakan detikOto sebelumnya, AION UT Super telah meluncur di China. Kendaraan listrik untuk konsumen perkotaan tersebut dibanderol mulai dari 45.400 yuan atau sekitar Rp 106 jutaan.

    Dikutip CNEV Post, GAC AION mengatakan model tersebut merupakan kreasi bersama antara JD.com, GAC Group, dan CATL. JD.com menyediakan sumber daya dalam wawasan pengguna, penjualan kendaraan, dan pemeliharaan. Sedangkan CATL menyediakan baterainya.

    Mobil listrik ini dibangun dengan teknologi battery swap Choco-SEB (swapping electric block) dari CATL. AION UT Super hadir dengan paket baterai 54 kWh dengan daya jangkau 500 km.

    AION UT Super adalah model yang dilengkapi dengan teknologi battery swap CATL pertama yang menargetkan pasar kendaraan penumpang umum. Sebelumnya, mobil listrik dengan teknologi battery swap sudah jamak digunakan di China sebagai taksi. GAC AION mengklaim, model tersebut dapat menyelesaikan penukaran baterai dalam 99 detik.

    Stasiun penukaran baterai CATL di China saat ini tersebar di 800 lokasi. CATL menargetkan 1.000 stasiun penukaran baterai hingga akhir tahun ini. Raksasa baterai China itu berencana untuk memperluas jaringannya ke lebih dari 2.500 stasiun di lebih dari 120 kota di China pada tahun 2026.

    (sfn/rgr)

  • Geely Mau Luncurkan MPV Mewah Pesaing Denza dan Alphard, Ini Bocorannya

    Geely Mau Luncurkan MPV Mewah Pesaing Denza dan Alphard, Ini Bocorannya

    Jakarta

    Segmen MPV mewah makin panas. Setelah Toyota Alphard, Denza, Maxus, bermain di segmen tersebut, kini giliran Geely yang siap tancap gas menghadirkan model serupa. Seperti apa bocoran spesifikasinya?

    Dikutip dari Paultan, Geely siap memperkenalkan MPV premium anyar bernama V900 pada ajang Auto Guangzhou, 21 November mendatang. Mobil ini akan berada di bawah brand Galaxy dan berbagi platform dengan kembarannya, LEVC L380.

    Geely Galaxy V900 EREV Foto: Dok. Geely

    Dari teaser resmi yang diunggah di Weibo, Galaxy V900 tampil dengan gaya desain khas MPV premium masa kini: fascia depan yang membulat, lampu depan-belakang yang ekspresif, atap datar, hingga pilar hitam yang memberi kesan melayang alias floating.

    Namun, ada perbedaan jelas dibanding LEVC L380. V900 memakai grille depan besar yang lebih menonjol, sementara L380 tampil dengan wajah ‘kosong’. Selain itu, Galaxy V900 dibekali LiDAR di atap, mengisyaratkan kemampuan bantuan berkendara yang canggih.

    Perbedaan paling signifikan ada di jantung pacu. Kalau L380 adalah mobil listrik murni, maka V900 hadir sebagai EREV (extended-range electric vehicle). Mobil ini membawa mesin bensin 1.5L turbo bertenaga 163 PS (160 dk) yang berfungsi sebagai generator.

    Ada dua opsi baterai NMC 50 kWh: produksi CALB dengan jarak tempuh listrik 172 km, atau dari CATL yang bisa menempuh hingga 202 km dalam mode EV murni.

    Soal ukuran, V900 benar-benar bongsor. Dimensinya 5.360 mm x 1.998 mm x 1.940 mm, menjadikannya sedikit lebih panjang dari L380. Konfigurasinya fleksibel, tersedia enam kursi (2+2+2) atau delapan kursi (2+2+2+2), dengan ruang bagasi mencapai 919 mm atau 347 mm tergantung konfigurasi.

    Menurut laporan Carnewschina, Galaxy V900 akan diluncurkan di China tahun ini dan besar kemungkinan ikut menyasar pasar internasional, termasuk Inggris-di mana LEVC L380 juga bakal dipasarkan tahun depan.

    Memiliki ukuran jumbo, teknologi modern, dan powertrain EREV yang lebih fleksibel, Geely V900 berpotensi menjadi pesaing serius di kelas MPV premium dan siap memberi tekanan baru untuk Toyota Alphard, Denza D9, hingga Maxus Mifa 9.

    (lua/din)

  • Harga Mobil Listrik di Indonesia Masih Bisa Turun Lagi

    Harga Mobil Listrik di Indonesia Masih Bisa Turun Lagi

    Jakarta

    Tren harga mobil listrik makin murah diperkirakan masih terus berlanjut dalam beberapa tahun ke depan, termasuk di Indonesia. Jika Indonesia punya mobil listrik yang makin kompetitif, adopsi mobil tanpa asap knalpot ini makin cepat.

    Potensi perubahan peta persaingan mobil listrik makin komptetitif. Baterai adalah komponen termahal dari kendaraan listrik, namun diperkirakan bakal terjadi penurunan biaya dalam pembuatan baterai. Hal ini secara langsung memungkinkan produsen menjual mobil listrik dengan harga yang lebih terjangkau.

    “Diperhitungkan sekitar 4-5 tahun lagi, which is mendekati 2030, dia (biaya produksi baterai) akan sliding lagi menjadi sekitar 67 USD (per Kwh). Saat mencapai itu, sepertinya semua industri kendaraan fossil fuel, kecuali untuk hobbies yang petrol head, kayaknya harus pindah usaha, karena biaya produksinya jadi lebih murah, karena baterai ini harganya 20 sampai 40 persen dari harga kendaraan,” kata Pengamat Otomotif Yannes Pasaribu saat memberikan paparan di detikcom Leaders Forum, Jakarta Selatan, Rabu (12/11/2025).

    Sebagai negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia, Indonesia berada dalam posisi penting untuk menguasai rantai pasok baterai kendaraan listrik, komponen vital dalam ekosistem ini. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat cadangan bijih nikel sebesar 5,9 miliar ton dan logam nikel 62,02 juta ton pada 2024, disertai produksi 173,6 juta ton bijih nikel sepanjang tahun tersebut.

    Indonesia bakal memiliki pabrik baterai lithium terbesar se-Asia Tenggara. Pabrik itu digarap oleh PT Industri Baterai Indonesia (IBC) bekerja sama dengan Brunp dan Lygend (CBL), anak perusahaan Contemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL).

    Pabrik yang dibangun di Karawang dengan nilai investasi hingga US$ 5,9 miliar atau sekitar Rp 95,5 triliun (kurs Rp 16.192) baru saja diresmikan groundbreaking oleh Presiden Prabowo Subianto pada 29 Juni 2025 yang lalu.

    “Jangan lupa di Indonesia ini, mudah-mudahan IBC cepat produksi,” kata Yannes.

    “Kalau baterai yang harganya 20-40 persen ini bisa mulai diproduksi (lokal) ini akan mempercepat turunnya harga baterai, dan mempercepat turunnya harga mobil listrik. Jangan lupa di Indonesia akan menjadi hub untuk kawasan ASEAN,” tambah dia.

    Soal penurunan biaya produksi baterai yang makin turun dari tahun ke tahun juga tercermin dari data Department of Energy (DOE) Amerika Serikat. Biaya tersebut telah turun dari sekitar $1.415 per kilowatt-hour (kWh) pada tahun 2008 menjadi hanya $139 per kWh pada tahun 2023. Terjadi penurunan sekitar 90% dalam kurun waktu 15 tahun. Laporan tersebut sudah disesuaikan dengan laju inflasi.

    (riar/dry)

  • Ini Dia Mobil Listrik Pertama Volkswagen Hasil Kolaborasi dengan Xpeng

    Ini Dia Mobil Listrik Pertama Volkswagen Hasil Kolaborasi dengan Xpeng

    Jakarta

    Volkswagen akhirnya memperlihatkan wujud mobil listrik pertamanya hasil kolaborasinya dengan Xpeng, bernama ID. Unyx 08. Mobil ini awalnya menjalani debut di Shanghai Auto Show 2025 dengan nama ID.EVO.

    Langkah ini menandai babak baru strategi elektrifikasi Volkswagen di China, pasar kendaraan listrik terbesar di dunia. Dengan kehadiran Unyx 08, merek Jerman itu berusaha mengimbangi laju produsen lokal di China yang kian agresif dalam menguasai segmen SUV listrik.

    Mengutip Carscoops, model ini dikembangkan oleh Volkswagen Anhui, perusahaan patungan antara Volkswagen dan JAC Motors, dan menjadi proyek perdana hasil kerja sama dengan Xpeng, salah satu pemain EV ternama di Tiongkok. Kolaborasi ini akan melahirkan lebih banyak model listrik dalam waktu dekat, termasuk sedan listrik full baterai.

    Secara tampilan, ID. Unyx 08 masih identik dengan konsep ID.EVO. Eksteriornya futuristis dengan pintu tanpa bingkai, pilar A hitam, pilar belakang kekar, serta logo serigala menyala di lampu rem ketiga yang menjadi ciri khas uniknya.

    Mobil listrik pertama Volkswagen hasil kolaborasi dengan Xpeng Foto: Carscoops

    Beberapa revisi kecil dilakukan pada versi produksi, seperti desain lampu depan dan belakang baru, sensor ADAS yang lebih mencolok, serta handle pintu rata yang membuat tampilannya semakin bersih dan aerodinamis.

    SUV listrik ini berdimensi panjang 5.000 mm, lebar 1.954 mm, dan tinggi 1.688 mm, dengan jarak sumbu roda 3.030 mm alias lebih panjang dari Tiguan, tetapi sedikit lebih pendek dari Atlas. Di balik tampilannya yang elegan, Unyx 08 dibangun di atas arsitektur 800V dan hanya akan dijual sebagai mobil listrik murni (BEV) tanpa versi hybrid atau range extender.

    Tenaganya berasal dari dua motor listrik – 308 dk di belakang dan 188 dk di depan, menghasilkan total 496 dk untuk versi all-wheel drive. Baterai LFP dari CATL menjanjikan jarak tempuh lebih dari 700 km (CLTC) dalam sekali pengisian.

    Volkswagen juga menyiapkan fitur canggih seperti asisten AI dan sistem bantuan pengemudi L2++, serta kabin modern dengan layar infotainment besar dan panel instrumen digital.

    Saat mulai dijual pada 2026, ID. Unyx 08 akan melengkapi jajaran Unyx 06 dan Unyx 07, sekaligus memperkuat ambisi Volkswagen yang menargetkan 20 model listrik baru di China hingga akhir dekade ini.

    Mobil listrik pertama Volkswagen hasil kolaborasi dengan Xpeng Foto: Carscoops

    (lua/rgr)

  • Harga Rp 100 Jutaan, Pakai Battery Swap Mirip Motor Listrik Ojol

    Harga Rp 100 Jutaan, Pakai Battery Swap Mirip Motor Listrik Ojol

    Jakarta

    Pabrikan mobil listrik asal China, GAC, meluncurkan AION UT Super, mobil listrik terbaru yang mengusung teknologi battery swap. Mobil ini ditawarkan dengan harga mulai dari 45.400 yuan atau sekitar Rp 106 jutaan aja.

    Penggunaan teknologi battery swap ini mirip seperti mekanisme motor listrik yang dipakai ojek online (ojol) di Indonesia. Jadi baterai yang sudah kosong ditukar dengan baterai yang sudah terisi penuh, mirip seperti membeli gas elpiji atau air minum kemasan galon.

    Dikutip CNEV Post, GAC Aion mengatakan model tersebut merupakan kreasi bersama antara JD.com, GAC Group, dan CATL. JD.com menyediakan sumber daya dalam wawasan pengguna, penjualan kendaraan, dan pemeliharaan. Sedangkan CATL menyediakan baterainya.

    Mobil listrik ini dibangun dengan teknologi battery swap Choco-SEB (swapping electric block) dari CATL. AION UT Super hadir dengan paket baterai 54 kWh dengan daya jangkau 500 km.

    GAC Aion UT Super Foto: Dok. GAC Aion

    Aion UT Super adalah model yang dilengkapi dengan teknologi battery swap CATL pertama yang menargetkan pasar kendaraan penumpang umum. Sebelumnya, mobil listrik dengan teknologi battery swap sudah jamak digunakan di China sebagai taksi. GAC AION mengklaim, model tersebut dapat menyelesaikan penukaran baterai dalam 99 detik.

    GAC Aion UT Super Foto: Dok. GAC Aion

    Stasiun penukaran baterai CATL di China saat ini tersebar di 800 lokasi. CATL menargetkan 1.000 stasiun penukaran baterai hingga akhir tahun ini. Raksasa baterai China itu berencana untuk memperluas jaringannya ke lebih dari 2.500 stasiun di lebih dari 120 kota di China pada tahun 2026.

    GAC Aion UT Super Foto: Dok. GAC Aion

    Aion UT Super adalah model lima kursi dengan panjang 4.270 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.575 mm, dengan jarak sumbu roda 2.750 mm. Aion UT Super dijual mulai dari 89.900 yuan (Rp 211 juta) termasuk paket baterai, atau 49.900 yuan (Rp 117 juta) dengan sistem sewa baterai.

    Dalam waktu terbatas, GAC Aion menawarkan insentif. Dengan paket baterai harganya menjadi 85.900 yuan atau Rp 201 juta dan sewa baterai menjadi 45.400 (Rp 106 jutaan).

    (rgr/dry)

  • Pidato Lengkap Prabowo di Sidang 1 Tahun Kabinet Merah Putih

    Pidato Lengkap Prabowo di Sidang 1 Tahun Kabinet Merah Putih

    Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Prabowo Subianto memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara dalam rangka satu tahun pemerintahan Kabinet Merah Putih.

    Dalam pidato berdurasi 1,5 jam, Prabowo menyoroti capaian ekonomi, sosial, pendidikan, dan kesehatan yang disebutnya sebagai hasil kerja keras seluruh jajaran kabinet.

    Prabowo menegaskan bahwa Indonesia berhasil menjaga pertumbuhan ekonomi 5% di tengah 110 konflik global dan ketidakpastian dunia, dengan inflasi 2% dan defisit APBN di bawah 3% PDB. Dia menyebut IHSG menembus 8.000 poin, tertinggi sepanjang sejarah.

    Angka kemiskinan turun menjadi 8,47% dan pengangguran terbuka ke 4,76%, keduanya terendah sejak krisis 1998. Prabowo juga menekankan pentingnya pengelolaan air, pangan, dan energi sebagai fondasi ekonomi jangka panjang.

    Program Makan Bergizi Gratis (MBG) menjadi sorotan utama. Hingga kini telah berdiri 12.508 dapur SPPG yang menyalurkan 1,41 miliar porsi makanan bagi 36,7 juta penerima, termasuk anak sekolah, ibu hamil, dan balita. Prabowo menyebut angka keberhasilan program ini 99,99%, meski mengakui masih ada insiden kecil seperti keracunan makanan.

    Selain itu, program cek kesehatan gratis telah dimanfaatkan 43 juta warga, sekaligus mengungkap masalah kekurangan dokter di Indonesia hingga 140.000 tenaga medis. Prabowo meminta prioritas beasiswa LPDP untuk bidang kedokteran.

    Di sektor pendidikan, Prabowo melaporkan pembangunan 166 dari target 500 Sekolah Rakyat, menampung 15.645 siswa miskin (Desil 1–2). Ia juga meluncurkan SMA Garuda sebagai sekolah unggulan berstandar IB (International Baccalaureate) untuk mencetak ilmuwan dan calon penerima Nobel.

    Sebanyak 16.140 sekolah sedang direnovasi dan 288.000 layar interaktif digital akan dibagikan untuk mempercepat digitalisasi pendidikan. Prabowo juga menggagas sekolah terintegrasi di setiap kecamatan agar pendidikan lebih efisien dan merata. 

    Berikut pidato lengkap Prabowo dalam Sidang Kabinet Paripurna 1 Tahun Kabinet Merah Putih: 

    Tepat satu tahun sejak saya dilantik dan disumpah di MPR. Oleh karena itu, saya kira, Saudara-saudara, tepatlah kita berkumpul hari ini untuk melihat kembali apa saja yang sudah kita kerjakan selama satu tahun ini.

    Saya dilantik tanggal 20 Oktober, tanggal 21 saya melantik Saudara-saudara, kemudian kalau tidak salah tanggal 22 para wakil menteri. Setelah itu, kita langsung berangkat ke Magelang untuk retreat. Saya lagi berpikir-pikir, mungkin setelah satu tahun ini kita perlu retreat lagi. Rupanya Saudara-saudara sudah mulai nostalgia ingin tinggal di tenda lagi.

    Sebagai warga negara yang bertanggung jawab, pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Saudara-saudara semua yang telah bekerja dengan tekun, kerja keras, dan disiplin. Terima kasih atas dharma baktinya yang terbaik bagi bangsa dan rakyat melalui pemerintahan yang saya pimpin.

    Saya berterima kasih saudara-saudara yang berasal dari berbagai sumber yang berbeda-beda, daerah yang berbeda-beda, suku dan agama berbeda-beda, dari partai politik yang berbeda-beda. Ada yang partai politik yang berjuang dalam polisi kita di pemilu, pilpres. Ada juga yang tidak tapi kemudian sadar dan bergabung. Bukan sadar, terpanggil. Terpanggil. Ya, ini saya ini… Ya kan, jadi, nggak apa-apa kan saya sedikit tidak terlalu serius ya. Serius tapi santai. Serius tapi santai.

    Saudara-saudara, tapi intinya bahwa saya terima kasih. Saya kalau ibarat kita adalah tim sepak bola, ya saya boleh dianggap sebagai apa? Manager coach, saudara adalah pemain-pemain. Saudara-saudara ada dalam babak-babak pertama ini awal-awal kita, ada yang striker, ada yang bertahan, ada yang cadangan, masih nunggu kapan diperankan secara maksimal. Walaupun saya mengerti saudara-saudara sudah mengambil inisiatif, sudah bergerak masing-masing. Saya terima kasih, tapi saya paham ada yang saya gunakan pertama-tama sebagai striker untuk merebut hasil terbaik cepat.

    Saudara-saudara…kita patut bersyukur bahwa kita menurut saya telah bekerja sangat keras. Begitu saya juga mohon maaf, terutama kepada keluargamu karena saya sering menyita hari istirahatmu. Sepertinya di kabinet kita tidak ada tanggal merah dan saudara-saudara sigap tiap waktu saya panggil, saudara hadir. Sabtu, Minggu, malam-malam, dan kadang-kadang saya telepon malam-malam sekali atau pagi-pagi sekali ee…saudara langsung jawab. Saya tidak mengerti, mungkin telepon di sebelah, di sebelah bantal. Tapi saya terima kasih karena memang kalau saya lagi ingat sesuatu, saya harus hubungi segera. Takut saya lupa.

    Saudara-saudara, kita saya kira boleh berdiri di depan rakyat kita dengan saya kira rasa…rasa… penuh kehormatan dan kepercayaan diri. Kita telah bekerja keras, tapi kita telah menghasilkan hal-hal yang dirasakan oleh rakyat. Pertama kita telah mencapai hal-hal yang sangat positif di bidang ekonomi. Di tengah ketidakpastian dunia, di tengah perang pecah di mana-mana. Hitungan terakhir tadi malam ada 110 perang, saat ini. 110 konflik bersenjata di seluruh dunia.

    Di tengah kondisi seperti ini di mana keadaan geopolitik begitu tidak menentu, geoekonomi pun tidak menentu, di mana mata rantai komoditas-komoditas strategis pasti terpengaruh oleh keadaan geopolitik dunia yang tidak menentu. Energi, pangan, sangat rawan terhadap ketidakpastian geopolitik dan geoekonomi ini. Alhamdulillah kita mampu menjaga pertumbuhan ekonomi masih tetap tinggi dibandingkan seluruh dunia. Kita berada di 5%, di antara negara G20 kita salah satu yang tertinggi dalam kondisi sekarang. Kita mampu menjaga inflasi di sekitar 2%, salah satu terendah di G20.

    Ini juga berkat hasil kerja keras kita semua. Kita punya teknik-teknik memantau dan mengendalikan inflasi, saya kira yang kurang diajarkan di fakultas-fakultas ekonomi dunia. Dan ini saya harus katakan, salah satu teknik mengendalikan inflasi yang dirintis oleh pendahulu saya, Presiden Joko Widodo. Harus kita akui mungkin pengalaman beliau sebagai wali kota sehingga mereka, beliau dengan teliti bisa menemukan bagaimana memantau dan mengendalikan inflasi. Ini jangan dianggap remeh. Banyak negara yang hebat pertumbuhannya, inflasinya sangat luar biasa. Industrinya bagus, inflasinya sangat tinggi. Argentina saya kira yang begitu optimis satu dua tahun yang lalu, kondisinya saat sekarang juga tidak bagus dan banyak negara yang inflasi masih sulit untuk dikendalikan.

    Defisit APBN kita jaga di bawah batas 3% dari PDB, juga salah satu terendah di antara G20, mungkin terendah di dunia. Indeks harga saham gabungan telah tembus 8.000, tertinggi sepanjang sejarah Republik kita. Ini juga di luar dugaan.

    Ini juga saya kira akibat kerja keras para menteri-menteri di bidang ekonomi. Selalu kita ditakut-takuti bahwa indeks harga saham gabungan itu mencerminkan kepercayaan investor, kepercayaan pasar kepada kita. Ternyata kita telah mencapai tingkat yang tertinggi, walaupun saya selalu ingatkan kita jangan terlalu takut dengan harga-harga saham.

    Yang penting, fundamental ekonomi kita harus kuat. Dan fundamental ekonomi setiap bangsa yang paling azasi adalah pangan dan energi dan air. Asal kita sadar ini, kita fokus ini, kita yakinkan kebijakan-kebijakan kita menjamin kita mampu memproduksi dan distribusi pangan dengan baik, dengan efisien, energi juga demikian, mampu mengelola air, kita kuat.

    Mata uang, harga saham bisa fluktuasi, tapi yang paling pokok adalah kita harus jamin produksi pangan, distribusi pangan, dan energi, serta pengelolaan air yang baik. Dan ketiga ini, kadang-kadang kita karena kita diberi karunia Tuhan, air yang berlimpah-limpah di sebagian besar Republik kita, tapi ada sebagian yang mengalami kesulitan. Tapi kita masih kurang pandai dalam mengelola. Kadang-kadang air ini malah menjadi bencana, banjir, dan sebagainya. Tapi kita bersyukur di banyak bagian dari dunia, ketersediaan air sangat sulit. Tidak mungkin pangan kita aman kalau tidak ada air yang cukup. Jadi ini saya kira catatan pekerjaan rumah kita ke depan, kita harus dalami masalah air ini ya. Saya juga minta Menteri Dikti dan Sains coba dipelajari prodi-prodi di universitas-universitas kita apakah cukup ya… mempelajari masalah air ini, bagaimana mencari air, bagaimana mengelola distribusi air, bagaimana mencegah banjir. Air harus jadi sumber produktivitas, jangan menjadi sumber bencana. Saya kira sudah ratusan tahun, ribuan tahun kita pasti tahu daerah-daerah kerendahan pasti banjir kalau musim hujan, apalagi hujan yang tiba-tiba begitu padat karena program atau karena kondisi perubahan iklim. Karena itu kita harus antisipasi. Kalau tidak salah ee…bidang air ini masih sedikit yang dipelajari di fakultas-fakultas kita. Ini tergolong mungkin hidrologi kalau tidak salah, iya. Hidrologi.

    Kita bersyukur juga angka kemiskinan turun ke 8,47%. Ini saya diberitahu di catatan para pakar, ini angka terendah sepanjang sejarah Republik Indonesia. Kita bersyukur dan berterima kasih. Walaupun kita tidak boleh puas, tidak boleh puas. Tingkat pengangguran terbuka juga turun ke angka 4,76%. Ini adalah terendah sejak krisis 1998.

    Sekali lagi, kita tidak boleh puas karena 4,76% dari 287 juta orang, itu angka yang cukup besar dan bagi mereka yang perlu pekerjaan segera, ini sesuatu yang harus kita pikirkan dengan seksama. Kita paham bahwa tingkat pengangguran ini sangat meresahkan bagi mereka yang sangat butuh pekerjaan. Kita paham, karena itu kita bekerja keras. Tetapi ini masalah dunia, apalagi dengan perkembangan teknologi yang demikian pesat, terjadi disrupsi dalam produksi dan industri. Ini harus kita perhitungkan. Munculnya artificial intelligence, kecerdasan buatan, ini membuat sekarang faktor research, faktor penelitian lebih cepat sekali, luar biasa. Dan mungkin tidak membutuhkan terlalu banyak pekerja di bidang itu. Juga munculnya robotics, ini juga harus kita catat. Di Jerman, di pabrik Volkswagen yang biasa menggunakan 5.000—6.000 pekerja, sekarang hanya dengan 30 orang, sisanya robot. Ini harus kita catat.

    Juga terima kasih para menteri, para menko, untuk pertama kali dalam sejarah kita sekarang Republik kita, sekarang pemerintah kita sekarang punya satu sistem data tunggal, sosial, ekonomi nasional, DTSEN. Untuk pertama kali. Sekarang tidak ada kementerian, tidak ada lembaga yang boleh pakai datanya sendiri-sendiri, satu data. Ini kita ingin meningkatkan ketepatan dalam aliran bantuan-bantuan sosial.

    Data yang keliru bisa mengakibatkan penghamburan uang. Data yang keliru bisa mengakibatkan mereka yang berhak menerima bantuan tidak menerima. Mereka yang tidak berhak menerima. Jadi ini saya kira arti strategis daripada data tunggal sosial ekonomi nasional. Kita juga terus bekerja keras untuk melakukan digitalisasi dan penggunaan teknologi untuk menjalankan pemerintahan yang lebih efisien. Di bidang kesehatan, pendidikan, dan kemanusiaan.

    Hari ini program makan bergizi gratis sudah sampai pada tahap 12.508 Satuan Pelayanan Pemenuhan Gizi, SPPG, ataupun unit dapur terpusat, sudah mencapai 12.508 dari target kita 32.000 dan artinya hari ini sudah 1.410.000.000 porsi MBG sudah dimasak dan dibagikan sejak tanggal 6 Januari 2025. Hari ini ada 36.700.000 anak sekolah, ibu hamil, ibu menyusui, dan balita yang sudah menerima makan bergizi gratis ini. 36.700.000. Ini mungkin tiap hari berarti kita beri makan 6 Singapura mungkin. Ini prestasi yang dipantau banyak negara.

    Eh yang saya tahu Presiden Brazil memberitahu kepada saya mereka butuh 11 tahun untuk mencapai 40 juta. Kita alhamdulillah dalam 1 tahun kita mencapai 36 juta. Memang Kepala BGN bekerja keras supaya pada pada tahun, pada hari ini mencapai 40 juta. Tapi saya menyampaikan jangan dipaksakan. Ojo ngoyo, yang penting baik pelaksanaannya. 36.700.000 ini bukan tanpa kekurangan. Ada beberapa ribu yang keracunan makan, sakit perut. Tetapi kalau diambil statistik 8.000 dari 1.410.000.000 saya kira masih dalam koridor eror yang manusiawi. Kalau tidak salah kekurangan adalah atau katakanlah ee…angka…angka yang sakit itu adalah mungkin sekitar 0,0007 yang berarti 99,99% berhasil.

    Tadi saya kira dalam panjang usaha manusia hampir tidak ada usaha manusia yang dilaksanakan selama 1 tahun dengan volume yang demikian besar yang zero error, zero defect. Sangat sangat sulit ya, walaupun kita tidak boleh menerima. Terus saya tekankan Kepala BGN dan jajarannya untuk menghasilkan suatu prosedur tetap yang ketat, menggunakan alat-alat yang terbaik, untuk kita jamin kekurangan atau penyimpangan tidak terjadi.

    Tetapi kita juga harus yakinkan para guru-guru dan semua yang terlibat untuk mendidik anak-anak kita untuk kalau mau makan pakai tangan harus cuci tangan dengan sebaik-baiknya. Berarti di tiap sekolah harus tersedia air yang bersih juga dengan sabun. Tapi sebaiknya kita mulai didik anak-anak kita karena namanya anak-anak, mungkin dia merasa sudah dicuci atau dia apa dan sebagainya ya. Mungkin kita harus sekarang, Kepala BGN, mungkin sudahlah dibagi saja sendok yang sederhana, tidak apa-apa. Saya kira sendok itu tidak terlalu mahal. Walaupun saya tahu kebiasaan rakyat kita memang lebih enak makan pakai tangan. Tapi ini kadang-kadang ya ini kita sebagai pemimpin, sebagai guru, sebagai orang tua tidak boleh malas untuk mengingatkan. Saudara-saudara… eh…

    Selain itu, ya, 43 juta orang sudah menggunakan program cek kesehatan gratis. Ini saya kira program pertama kali juga di sejarah Republik kita. Setiap warga negara berhak cek kesehatan gratis sekali dalam setahun pada hari ulang tahun dia. Dan ini mampu kita untuk bisa mencegah di saat dini supaya nanti biaya pengobatan lebih kurang kalau kita tahu dari dini kekurangan penyakit rakyat kita. Walaupun ini juga membuat suatu PR yang sangat besar bagi kita karena ternyata hasil cek kesehatan gratis ini sebagian besar rakyat kita punya masalah di gigi, di penyakit gigi, sebagian besar. Artinya bahwa sekarang ya kita harus menghasilkan dokter gigi yang cukup banyak. Padahal kita tahu dokter umum saja kita kekurangan. Kekurangan kita sangat besar. Kalau tidak salah kekurangan kita di atas 140.000 dokter. Kita kekurangan di atas 140.000 dokter. Kita juga kekurangan spesialis juga ribuan spesialis yang kita kurang. Ini PR dan ini tidak hanya kita, hampir semua negara yang saya kunjungi saya minta ee…pendapat pemerintah-pemerintah, hampir semuanya menganggap bahwa mereka kurang dokter. Dan tentunya negara yang kaya dia bisa ambil dokter dari…dari negara-negara yang kurang kaya. Lulusan dari mana-mana ya…tergiur karena Inggris kurang dokter sangat banyak, dia ambil dokter dari mana-mana. Jerman, Eropa Barat, Amerika. Dokter, perawat diambil dari mana-mana. Dia mampu bayar sangat tinggi. Ini jadi masalah bagi kita. Artinya kebijakan pendidikan kita harus kita sesuaikan. Berarti kita harus menambah fakultas-fakultas kedokteran dan fakultas kedokteran yang ada pun harus ditambah jumlah mahasiswanya dan ini kalau perlu kita tambah beasiswa. Mungkin LPDP prioritasnya antara lain yang paling atas adalah untuk kedokteran.

    Juga kita sudah berhasil dari 500 sekolah rakyat yang kita perjuangkan, kita berdiri 166 sekolah rakyat sudah beroperasi. Ini luar biasa. Saya terima kasih kepada menteri-menteri yang terkait. Saya berharap 100 itu di pertengahan tahun 2026. Ternyata saudara-saudara berhasil beroperasi justru di tahun 2025. Sekarang 15.645 siswa dan siswi dari keluarga yang paling…paling bawah di bidang ekonomi, Desil 1 dan 2, yang tadinya banyak yang tidak sekolah sama sekali, ya, ada yang bantu orang tuanya jadi pemulung, ada yang hidup di jalanan. Sekarang sudah bisa bersekolah di sekolah rakyat.

    Memang sekolah rakyat itu kita rancang sebagai upaya untuk memotong rantai kemiskinan. Biasanya anak orang miskin anaknya miskin, kita mau potong itu. Anaknya orang miskin atau cucunya orang miskin tidak perlu untuk terus miskin. Kita harus berani merubah, kita harus berani memotong rantai kemiskinan. Kita tidak boleh menyerah kepada keadaan dan orang yang paling bawah ini paling tidak dilihat. Kelompok elit tidak pernah melihat apalagi merasakan kesulitan mereka. Mereka bisa digolongkan the invisible people. Kita berharap kalau kita tidak lihat penderitaan mereka, mereka tidak menderita. Padahal keliru. Justru kita tidak lihat, kita tidak bisa merasakan. Apakah ini cukup usaha? Pasti tidak cukup. Tapi minimal kita berusaha, minimal kita berupaya. Kalau tidak bisa membantu banyak orang, kita bantu beberapa orang. Kalau tidak bisa membantu beberapa orang, kita bantu satu orang. Kalau satu orang pun kita tidak bisa bantu, jangan kita bikin sulit orang itu. Ini pendekatan yang sangat sederhana. We must do what we can do and we can do if we want to.

    Saudara-saudara, kalau insyaallah saya percaya akan berdiri 500 sekolah ini, saya percaya, itu berarti kita akan membantu 500.000 warga miskin, warga sangat miskin. Karena konsep sekolah rakyat ini adalah satu sekolah 1.000 siswa: SD, SMP, SMA, dan SMK.

    Saudara-saudara, ini sekolah rakyat. Kita juga membangun sekolah unggulan. Rencana kita 10 sekolah unggulan. Ini anak-anak terpintar. Kalau tadi anak-anak dari golongan paling bawah yang tidak punya harapan sekolah, kita beri harapan. Tapi ada juga anak-anak yang harus kita cari, unggulan-unggulan, anak-anak terpintar Republik Indonesia harus kita cari, harus kita kumpulkan. Dan kita harus perkaya, kita harus kasih pendidikan supaya dia bisa nanti menjadi pemenang-pemenang hadiah Nobel. Kita ingin Indonesia unggul di bidang sains dan teknologi. Masa depan hidup Indonesia, masa depan hidup setiap bangsa di abad ke-21 ditentukan oleh sains dan teknologi. Kita butuh anak-anak pintar. Kita butuh insinyur-insinyur, profesor-profesor, ahli matematika, ahli…di semua bidang teknologi.

    Kita negara yang sangat kaya, kita punya mineral-mineral kritis, kita punya mineral-mineral yang disebut rare earth, tapi kita harus punya para ilmuwan, para scientist, para experts, pakar yang mampu mengelola kekayaan-kekayaan kita. Kita tidak boleh dibohongi lagi oleh bangsa-bangsa lain. Jadi saudara-saudara, kita bikin sekolah unggulan yang kita beri nama SMA Garuda. Dan ini rencananya 10 dan ada juga kurang lebih 14 yang sudah ada, sekolah unggulan, yang kita integrasikan kepada program ini. Jadi program ini asal sekolah itu yang sudah ada mau ikut, berarti ikut kurikulum yang kurikulum itu kita pakai standar internasional ya, IB internasional, International Baccalaureate.

    Sistem IB. Berarti lulusan itu bisa diterima di universitas mana pun di dunia yang terbaik. Kita berharap dengan program ini nanti banyak anak-anak kita bisa masuk ke sekolah terbaik di dunia: Harvard, MIT, Oxford, dan sebagainya. Sekarang itu ditangani oleh Menteri Dikti dan Wamendikbud. Profesor Stella. Saya sendiri sudah eh dulu di Harvard saya. Tapi hanya ke toko buku. Sempat, kan? Berapa detik terkesan ya kan?

    Saudara-saudara, kita sedang merenovasi 16.140 gedung SD, SMP, SMA. Ini sudah berjalan, sedang berjalan. Ini masih tidak puas sama sekali kita karena kita punya 300.000 lebih SD, SMP, SMA, SMK, dan sekolah-sekolah sederajat yang ada di pesantren-pesantren. Kalau tidak salah 3… 330.000 ya, Mendikdasmen ya? 330.000.

    Saudara-saudara, kita mengerti bahwa kita harus mengejar negara-negara lain. Karena itu segala upaya kita akan lakukan untuk mengejar ini. Tadi SMA Garuda 10, kita berharap 10 tiap tahun. Dan ini kriterianya sangat tinggi. Tapi tidak ada masalah, saudara-saudara, kita negara besar. Kalau tidak salah dari statistik semua negara, populasi ya, 1% tiap populasi diperkirakan akan memiliki IQ kecerdasan 120 ke atas. 1%. Kalau 1% dari 287 juta itu saya kira cukup besar karena masuk angkatan kerja tiap tahun sekitar 5 juta, 4,8 juta—4,9 juta.

    Setengahnya katakanlah, eh, saya kira kalau 1% 1% berarti 2,8 juta. Kita harus menjaring mereka ini dan jangan anggap bahwa mereka itu anak-anak orang menengah ke atas, banyak anak orang bawah, orang miskin ternyata punya kecerdasan yang tinggi. Kita harus cari mereka.

    Jadi saya minta Dikdasmen, Menteri Dikdasmen dibantu oleh Menteri-Menteri lain ya, Menteri Dikti, Sains, dan Teknologi, dibantu oleh Menteri Sosial, dibantu oleh Panglima TNI, dibantu oleh Kapolri yang punya jaringan ke desa-desa, mungkin dibantu oleh ormas-ormas, dibantu yang punya yayasan-yayasan, cari mereka ini dan kita didik mereka dengan beasiswa penuh.

    LPDP akan saya tambahkan. Uang-uang dari sisa efisiensi penghematan, uang-uang yang kita dapat dari koruptor-koruptor itu sebagian besar kita investasi di LPDP. Mungkin yang Rp 13 triliun… mungkin yang Rp 13 triliun disumbangkan atau diambil oleh Jaksa Agung, hari ini diserahkan Menteri Keuangan, mungkin Menteri Keuangan… Menteri Keuangan, mungkin sebagian bisa kita kita taruh di LPDP untuk makan ke depan ya. Saudara-saudara, salah satu program yang upaya kita untuk memperkuat pendidikan kita.

    kita tahun ini akan memberi satu interactive panel, interactive flat panel. Kayak layar ya, interaktif digital, 75 inci, di tiap sekolah: SD, SMP, SMA. Yang kita sudah adakan sekarang adalah, kalau tidak salah sudah dibagi ke mendekati 50.000 sekolah yang, Mendikdasmen?

    Ya, Mendikdasmen, sudah 50.000 sekolah sudah dapat. Kemudian ee…nanti totalnya tahun ini 288.000 flat panel, IFP, interactive flat panel. Di situ sudah ada komputer. Di situ bisa muat ratusan ribu konten, mungkin jutaan. Iya, Mendikdasmen, ya? Cukup banyak konten di situ. Jadi silabus, semua silabus kita akan ada di situ. Jadi sekolah-sekolah terluar, terpencil, sekolah-sekolah yang tidak punya akses kepada guru-guru yang…yang baik atau guru-guru yang cakap di bidangnya, umpamanya Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Matematik, ini pelajaran-pelajaran yang susah. Ini bisa dibantu dengan ini.

    Dan ini kalau dia selesai dan dia mau kembali, dia bisa kembali anytime. Kalau tidak puas mungkin gurunya bisa kumpul siapa yang kurang mengerti, nanti sore kembali kita tambah pelajaran. Guru-guru itu bisa dibantu dan juga di tempat terpusat di Jakarta… saya mau cek Dikdasmen kemajuannya di mana, kita akan bikin studio.

    Di studio ini guru-guru terbaik akan mengajar dan pelajaran dia bisa diterima di seluruh pelosok Indonesia. Jadi semua sekolah akan dapat akses kepada guru yang paling baik. Di bidang-bidang yang sulit, yang sangat sulit selalu adalah, apalagi di gunung-gunung, pulau terpencil. Jangan itu, saya yakin di pinggir Jakarta ini juga masih banyak sekolah yang tidak punya guru-guru yang menguasai pelajaran-pelajaran yang susah. Sekarang dari tempat studio terpusat bisa ngajar, bisa diterima oleh 330.000 sekolah. Yang sulit dapat ee… internet, Wi-Fi, sekarang sudah ada teknologi yang sangat murah bisa kita pasang di tiap sekolah. Tidak terlalu mahal. Starling mungkin masih agak mahal untuk bayar tiap bulan. Tapi sudah ada teknologi yang lebih murah.

    Saudara-saudara, tahun depan rencananya adalah kita akan tambah, tambah 3 layar. Jadi tahun ini kita mampu satu layar, tahun depan kita akan bagi 3 layar. Berarti di setiap sekolah akan ada 4 ruangan yang punya layar ini. Mudah-mudahan tahun 2027 kita bisa tambah lagi 2 layar lagi jadi 6 kelas tiap sekolah bisa punya layar.

    Jadi semua anak-anak kita ee… mendapat akses kepada pengetahuan yang terbaik, terkini, dengan animasi dan dukungan yang terbaik. Saya dapat laporan dari Mendikdasmen, antusiasme anak-anak sekarang meningkat untuk sekolah, ya, selain MBG, dia juga pelajarannya juga menarik. Ini saya kira penting karena fokus kita tidak boleh kita harus fokus kepada investasi paling penting bagi rakyat kita, investasi kepada anak-anak kita, sumber daya manusia kita. Saya juga perhatikan waktu saya keliling saya cek, anak-anak kita mungkin karena kurang biaya, dia menghemat kertas, dia menulis, tulisannya sangat kecil. Saya minta ditinjau kembali, Menteri Dikdasmen, ya, atau.

    Saya kira perlu kembali ada pelajaran menulis. Menulis, menulis dengan baik, menulis halus, dan menulis. Tapi sebetulnya tulisannya harus besar. Ya, Menteri Keuangan, kalau perlu… Menteri Keuangan kalau perlu… kita bagi buku-buku sekolah… yang besar-besar. Tulisannya harus, anak-anak harus dididik nulis besar. Saya khawatir kalau dia nulisnya sangat kecil, ujungnya nanti dia harus pakai kacamata semua. Ini masalah kecil tapi mendasar, ya, dan saya, saya tergerak karena saya tahu anak ini enggak mau memberatkan orang tuanya, jadi dia menghemat kertas, pensil-pensil. Ya. Jadi saudara-saudara, hal-hal seperti ini.

    Yang terakhir ini masih dalam konsep, rencana. Ada yang mengatakan, “Iya, sekarang ada sekolah rakyat untuk Desil 1-2. Bagaimana untuk Desil 3-4-5? Ya, mereka tidak miskin ekstrem, tapi mereka juga susah. Mereka harus dapat akses kepada pendidikan itu.” Ini sedang saya susun, saya minta Dikti sama Dikdasmen, mungkin dibantu oleh kementerian lain juga, menyusun suatu satgas khusus untuk mempelajari… kita membangun sekolah terintegrasi di setiap kecamatan. Berarti kita mungkin harus bangun 7.000 sekolah terintegrasi ini. Maksudnya, sekarang SD, SMP, SMA, atau SMK terpisah.

    Padahal ada fenomena karena mungkin angka kelahiran kita menurun, banyak SD-SD kita kosong, ada gurunya 6, muridnya hanya 4, 5. Jadi ini tidak efisien. Mungkin kita konsolidasikan. Tapi di kecamatan ada salah satu sekolah yang fasilitasnya sangat baik. Tiap sekolah terintegrasi harus punya laboratorium yang cukup bagus, laboratorium matematik, kimia, biologi, laboratorium bahasa. Bahasa sangat penting. Lapangan kerja… orang Filipina banyak diterima di mana-mana karena dia bisa Bahasa Inggris. Kita diminta jutaan tenaga kita diminta. Di Eropa minta pekerja hotel, kafe, restoran, dia minta 1 juta tiap tahun. Kepala-kepala negara, pemerintah dari Eropa nanya ke saya, “Can you send?”

    Hotel-hotel dia sekarang enggak ada yang kerja. Restoran-restoran kewalahan, rakyat mereka enggak mau kerja sebagai pelayan. Dan mereka terkesan katanya orang Indonesia ramah-ramah. Nah, berarti kita harus didik mereka bahasa. Ada yang Bahasa Inggris mungkin paling banyak di Eropa. Mungkin juga kita didik Bahasa Arab, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Korea. Juga kita diminta perawat untuk rumah sakit dan untuk caregiver. Untuk orang tua-orang tua di sana enggak ada yang mau jadi perawat dan caregiver.

    Karena caregiver dan perawat itu pekerjaan yang berat, fisik juga berat. Berdiri dari tempat tidur ke tempat tidur, urusan dengan orang sakit, berbahaya itu. Di rumah sakit pusat daripada bakteri dan virus, dia harus berani, dia harus mandiin. Bayangkan ini pekerjaan, rakyat kita terkenal tabah dan sopan dan ramah. Mereka minta. Jadi ini harus kita siapkan ke situ karena tadi kita sadar ee…lapangan kerja kita butuh. Jadi sekolah terintegrasi ini belum, belum boleh saya gunakan sebagai prestasi. Ini baru embrio konsep. Tapi sekolah-sekolah ini saya kira sudah saatnya kita pikirkan. Ee… Jadi fasilitas sekolah rakyat… dikurangi berasrama. Kenapa anak yang paling bawah ini kita taruh di asrama? Supaya keluar dari lingkungan kemiskinan. Jadi dia punya kepercayaan diri. Ya, paling banyak yang ingin ketemu orang tuanya, ya enggak apa-apa, orang tua datang, dia juga pulang tiap akhir pekan. Tapi dia keluar sementara, 5-6 hari, dari lingkungan kemiskinan. Tapi yang sekolah ini dia pulang pergi, dia tidak berasrama. Artinya apa? Kita harus berani sekarang… siapkan bus-bus antar jemput untuk anak-anak sekolah itu. Tapi ini saya kira jalan keluar dan ini nanti saya minta Dikdasmen dibantu sains, ya, dan dibantu menteri-menteri lain, dalami ini, susun, dan kita mulai kerja. Mungkin 2026 sudah ada sebagian sekolah-sekolah terintegrasi ini. Jadi sekolah rakyat untuk yang paling bawah, sekolah terintegrasi untuk menengah, sekolah unggulan untuk yang terpintar. Belum tentu yang terpintar dari kelas atas, dari mana pun kita cari yang terpintar.

    Saudara-saudara, itu di bidang kesehatan, pendidikan, dan kemanusiaan. Masih ada, tunjangan guru kita tingkatkan dan kirim langsung dari pusat ke penerima, tidak lewat jalur-jalur lain yang biasanya tertahan di sini berapa hari, di sini berapa minggu. Sekarang langsung. Juga kita teruskan 1.044.174 mahasiswa mendapat beasiswa KIP Kuliah dan juga kita berterima kasih, mengucapkan selamat, untuk pertama kalinya Universitas Indonesia tembus top 200 QS ranking universitas. Top 200. Tapi Menteri Dikti, Sains, dan Wamendikbud, saya minta top 100. Bisa? Bisa? Masih nanti akan disusul oleh ITB, UGM, ITS, dan sebagainya.

    Juga kita mendirikan Kementerian Haji atas permintaan pemerintah Arab Saudi karena dia bilang, “Kami urusan haji adalah Menteri Haji. Jadi kami harus minta urusannya sama pejabat. Oh, ini Kepala Badan.” “Enggak, dia maunya menteri.” Apa boleh buat, kita menyesuaikan. Dan alhamdulillah kita sudah bisa turunkan biaya haji dan saya minta terus Menteri Haji, dia tidak hadir karena dia berada sekarang di Arab Saudi berurusan sama mereka, saya minta biaya haji harus terus turun. Ya. Bisa dengan efisiensi. Bisa dengan efisiensi dan pelaksanaan yang bersih. Waktu tunggu haji juga bisa dipercepat dari tunggu 40 tahun, sekarang bisa hampir setengah kita potong, tunggu 26 tahun.

    Tapi itu masih lama juga. Kita berusaha untuk…untuk memotong lebih. Tapi alhamdulillah pemerintah Arab Saudi untuk pertama kali dalam sejarah setuju pembangunan Kampung Indonesia di Kota Mekkah. Jadi pemerintah Arab Saudi akhirnya saya datangi beberapa kali, saya lobi terus, mungkin beliau kasihan sama kita. Untuk pertama kali dalam sejarah diizinkan negara asing memiliki lahan, memiliki tanah di kota suci. Diubah undang-undangnya khusus untuk kita. Kita negara pertama. Ya, sesudah kita terserah yang lain menyusul, kan. Tapi ini luar biasa ya. Kita ee…ditawarin, kalau tidak salah ada beberapa puluh lahan. Mudah-mudahan kita dapat lahan… kalau tidak salah ada beberapa lahan yang tidak terlalu jauh dari Masjidil Haram. Ada yang nyambung langsung dan mudah-mudahan ya, Menteri Agama sudah ee…rintis dan sudah lihat terus. Nanti saya serahkan saja dan Kepala Danantara yang juga merintis, beliau bolak-balik ke situ sampai kepalanya botak. Tapi alhamdulillah prestasi mudah-mudahan tidak berapa lama lagi kita akan punya Kampung Haji sendiri, saudara-saudara. Berarti nanti fasilitasnya kita atur sendiri, ya, makan, semuanya kita atur supaya tidak ada lagi kekurangan atau penyimpangan atau kekecewaan daripada ee…jemaah haji kita. Ini saya kira terobosan luar biasa ya. Pertama dalam sejarah dia ubah undang-undangnya, negara asing boleh memiliki tanah, dia tawarkan lahan-lahan yang terbaik walaupun harus tender terbuka dan nanti tendernya… kalau tidak salah ditutup tanggal 30 Oktober ini. Jadi kita kerja keras ya, saudara-saudara.

    Tapi ya saya juga lobi-lobi terus. Waktu kemarin saya ketemu Menteri Luar Negerinya, saya bilang, “Pak, ini ada… lelang ditutup tanggal 30 Oktober.” Tapi yang yang daftar lelang ada berapa ribu ya, sudah? Oh, 90. 90 ee…entitas lain yang juga bidding lahan yang kita inginkan. 90, ya? Mudah-mudahanlah, mungkin Menteri Agama nanti pimpin doa khusus nanti. Mudah-mudahan kita bisa dapat lahan yang kita inginkan. Jadi ini prestasi kita di bidang… kesehatan, pendidikan, kemanusiaan, termasuk di bidang agama.

    Saya lanjut di bidang investasi, penciptaan lapangan kerja, pariwisata, dan Danantara. Untuk pertama kali dalam sejarah pengemudi ojek online menerima bonus hari raya, pertama kali. Juga sekarang kita sedang diskusi terus sama perusahaan-perusahaan terbesar ojol untuk kita cari ee…pelayanan terbaik untuk pengemudi ojol ini, kemudian efisiensi hingga tidak terjadi suatu persaingan yang saling merugikan. Tapi kita ingin supaya lapangan kerja ojol ini, pengemudi ojol ini terjamin. Kalau tidak salah ada 4 juta pengemudi ojol, ya, di dua perusahaan besar itu dan sekitar 2 juta pengusaha yang menggunakan ojol sebagai sarana jual beli UMKM. Jadi 6 juta orang hidup dari masalah ini. Kemudian upah minimum provinsi kita sudah naikkan 6,5% sampai 6,5%. Tertinggi dari beberapa tahun yang sebelumnya. Juga kita sudah menghitung, sudah menghasilkan mungkin hampir dengan 1 juta lapangan kerja baru di SPPG dan mungkin tahun depan akan mencapai minimal 1,5 juta yang kerja langsung untuk SPPG. Kita punya 30.000 SPPG nantinya kalau berfungsi semua, tiap SPPG, tiap dapur membutuhkan 50 orang bekerja. Jadi 50 kali 30.000, 1,5 juta. Tiap dapur sekarang rata-rata menerima supplier yang jual telur, yang jual sayur, yang jual macam-macam itu, rata-rata 15 per dapur. Masing-masing supplier mempekerjakan minimal 5 sampai 10 orang.

    Jadi kita bisa bandingkan multiplyer effect daripada ini. Saya kedatangan rombongan dari Rockefeller Institute. Mereka meninjau MBG kita dan mereka mempelajari dan mereka sampaikan bahwa kita ini akan disorot oleh dunia. Program kita. Dan dia mengatakan menurut dia ini program yang terbesar roll out-nya dan paling cepat. Dan dia sudah meninjau beberapa dan dia mengatakan sekarang ada 112 negara yang ikut program atau melaksanakan program ini. Waktu kita mulai kita berada di negara ke-78 atau 79. Sekarang sudah tambah lagi sekian puluh negara yang merasakan pentingnya MBG ini. Dan dia katakan, 1 dolar yang dikucurkan untuk program MBG ini, return-nya … dampak ekonominya itu return-nya itu hitungan mereka antara 5 kali, US$5, sampai nanti di ujungnya US$37. Anda bisa bayangkan, 5 kali menurut dia minimal dampak ekonominya. Jadi…

    Kalau kita tahun depan akan turunkan Rp330 triliun untuk MBG ini yang artinya itu US$20 miliar, kalau 5 kali itu artinya ada US$100 miliar beredar di desa, di kecamatan, di kabupaten. Jadi untuk pertama kali dalam sejarah Indonesia, uang yang disedot dari daerah ke pusat dan banyak di pusat lari ke luar negeri, kita balikkan. Sekarang uang itu kita gelontorkan di desa-desa, di kecamatan, di kabupaten. Dan ini menurut para ahli, bukan dari saya, Anda bisa cek, Rockefeller Institute. Kalau tidak salah itu Senior Vice President-nya, kalau tidak salah, atau Roy Steiner, Roy Steiner. Maaf kalau saya lupa, maklum baru saja menginjak usia 74 tahun. Terima kasih ucapan selamat, saudara-saudara.

    Pelaksanaan MBG kita menggunakan mitra 18.895 UMKM, koperasi, BUMDes yang jadi bagian dari ekosistem MBG. Juga sesuatu yang menggembirakan, realisasi investasi kita Januari sampai September 2025 adalah Rp1,434 triliun. Naik 13,7% dari periode yang sama di tahun 2024 dan menghasilkan lapangan kerja 1.956.346 lapangan kerja baru. Jadi target investasi tercapai bulan September yang lalu. Ini saya kira suatu prestasi juga menunjukkan bahwa iklim investasi kita masih diminati oleh banyak negara.

    Saudara-saudara, kita juga menggelontorkan program magang 100.000 lulusan S1 akan magang dengan upah yang ditanggung oleh pemerintah, dengan penghasilan dengan kriteria upah UMR yang ditanggung pemerintah. Juga di bidang pariwisata, untuk pertama kali dalam sejarah kita berhasil mendatangkan suatu suatu guide atau suatu penilaian dari Michelin, Michelin ini sangat terkenal, dan ternyata 33 hotel dan resort kita sudah mendapat bintang Michelin, 1 bintang minimal. Ini sangat penting di bidang ee…pariwisata. Berarti kelas kita adalah kelas teratas di dunia dengan penghargaan dari Michelin itu.

    Jumlah wisatawan kita 1 tahun terakhir naik 12% menjadi 14,8 juta kunjungan. Saya kira ini perlu juga kita bangga. Kemudian ee…kita tahun ini saya kira salah satu prestasi kita, kita membentuk sovereign wealth fund, dana investasi, ee…yang kita beri nama Danantara Indonesia. Danantara singkatan dari Daya Agata Nusantara. Daya, energi, kekuatan, Agata, masa depan. Berarti Danantara artinya kekuatan masa depan Nusantara. Yang kita fokuskan di situ, sudah kita kumpulkan semua aset milik negara yang nilainya adalah US$1.060 miliar. Jadi US$1 triliun. Akhirnya menjadi sovereign wealth fund terbesar ke-5 atau ke-6 di dunia. Ini saya kira menjadikan kita punya kekuatan. Tadinya sendiri-sendiri, sekarang kita punya kekuatan. Contoh, sekarang Danantara proyek dia antara lain yang pertama adalah akan segera mulai membangun 34.

    Ya, pembersihan limbah sampah dari kota-kota besar. Alatnya atau pabrik pembersihannya dan bisa pengolah ini diolah justru menjadi energi, menjadi listrik. Kita akan segera mulai 34. Ini sudah saya kira pembiayaan sudah tinggal kontrak dibagi-bagi, tinggal di-nilai teknologi yang terbaik yang mana. Karena ini sangat sangat penting. Ada tempat-tempat sampah yang, sampahnya sudah menggunung. Terutama untuk DKI, Bantar Gebang, Bandung, untuk Surabaya, dan untuk Bali. Ini sudah menjadi sesuatu yang sangat mendesak.

    Kalau tidak salah… di Bantar Gebang itu saya dapat laporan, sudah mencapai puluhan juta ton itu. 55 juta ton. Limbahnya 55 juta ton. Sudah menggunung. Kalau terjadi hujan deras, dia bisa… bisa… membahayakan banyak kampung di sekitar itu. Ini segera akan kita lakukan. Insyaallah dalam 2 tahun kita selesaikan 34 kota.

    Ini sangat strategis karena ini menyangkut kebersihan, kesehatan, ya, bagaimana… Kita berharap pariwisata naik kalau Bali tidak bisa bersihkan sampahnya, bisa kita bayangkan mau enggak turis datang ke tempat yang kotor, yang jorok? Jadi ini strategis. Terima kasih Danantara, segera dilaksanakan.

    Kemudian hilirisasi. Kita sekarang akan segera mulai membangun pabrik baterai terbesar di Indonesia. Nilainya 100 triliun. Ini kerja sama antara salah satu perusahaan baterai terbesar di dunia, CATL, dan Antam.

    Di bidang UMKM, kita sudah ampuni utang-utang lama untuk para petani dan nelayan hingga kurang lebih 67.000 pelaku UMKM, petani nelayan sekarang bisa lagi mendapat akses modal ke perbankan. Kita juga sudah bentuk 81.613 koperasi desa dan kelurahan di seluruh Indonesia. Sudah berbentuk, kurang lebih 100 sudah beroperasi. Kemudian kurang lebih 1.000 sudah ground breaking pembangunan gudang.

    Kita berharap awal tahun 26, sekitar Maret tahun 2026, 80 sekian ribu sudah akan beroperasi. Banyak orang tidak percaya, tapi kita selalu akan buktikan dengan bukti. Ya. Pemerintah kita adalah evidence based, evidence based. Dulu waktu saya lancarkan program MBG, banyak yang mentertawakan saya, menyindir, dan sampai sekarang ada yang mengatakan bahwa MBG ini tidak berguna atau membahayakan. Tapi kita buktikan dengan evidence, dengan bukti. Dan tadi 99,99 angka keberhasilan saya kira cukup bagus itu. Dan di mana-mana anak-anak yang bicara di mana-mana. Kita juga ee…sekarang di bidang pangan, ini salah satu prestasi kita yang sangat melegakan kita. Saya memberi waktu 4 tahun untuk kita kembali swasembada, ternyata tim pangan kita berhasil insyaallah swasembada dalam 1 tahun, Saudara-saudara. Kita berada di bulan Oktober, sekarang ini kita punya produksi nasional, Januari-Oktober mencapai 31.038.197 ton.

    Ini adalah produksi tertinggi sepanjang sejarah Republik Indonesia. Jadi ya… boleh kita… tegakkan kepala kita dengan penuh kehormatan ya. Saya kasih target 4 tahun, mereka hasilkan dalam 1 tahun. Kita juga sekarang cadangan beras pemerintah di gudang Bulog mencapai 4,2 juta ton di bulan Juni 2025. Juga tertinggi sepanjang sejarah NKRI.

    Kemudian nilai tukar petani melonjak ke angka 123, tertinggi sepanjang sejarah NKRI. Kemudian harga beli gabah kita naikkan ke rupiah 6.500 per kilogram dan kita telah tegas menindak perusahaan-perusahaan yang nakal, yang main-main dengan harga ini dan menipu rakyat, ee…beras subsidi ditempel dijual dengan harga premium. Ini kita tindak keras. Kita juga sekarang berhasil pupuk langsung dari pabrik ke petani. Kita hapus 145 aturan, regulasi tentang distribusi pupuk kita hapus. Jadi tanda tangan, tanda tangan, tanda tangan, tanda tangan kita kurangi, ya, ini tanda tangan, tanda tangan, tanda tangan, tanda tangan ini adalah ee… sumber… sumber… masalah. Jadi ini kita ringkaskan semua. Kemudian ee… sekarang sudah kita mulai 225.000 hektar cetak sawah baru.

    Ini untuk mengatasi bahwa hampir 100.000 hektar sawah kita tiap tahun hilang. Hilang karena dirubah peruntukannya. Dibeli, dijadikan real estate, dijadikan… pabrik kita butuh memang. Tapi akhirnya dari mana kita mau amankan pangan kalau sawah-sawah yang subur hilang. Kita segera harus mencetak. Dan alhamdulillah kita sudah mulai, mudah-mudahan ee…akhir tahun depan kita lebih aman lagi. Kalau tidak salah sasaran kita akhir tahun depan 480.000 hektar sawah baru. Sawah lama pun kita intensifikasi dengan pompanisasi hingga produksi kita bisa tadi melonjak luar biasa. Pupuk lancar, benih lancar, air lancar dengan intervensi kita, kemudian kita amankan semua ekosistem produksi beras.

    Saudara-saudara, sekarang masalah kita adalah kita kekurangan gudang. Kita sudah siapkan dananya, kita akan Bulog akan dapat bangun gudang 100 gudang dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. kemudian kita sudah mulai bangun 100 kampung nelayan yang kita akan bangun akhir 2026 akan menjadi 1.100 dan ini juga selama 80 tahun kita berdiri, belum pernah ada yang intervensi untuk… memperbaiki… kehidupan nelayan-nelayan kita.

    Sekarang kita akan melaksanakan program itu di mana dari pilot project yang sudah dilaksanakan di Merauke, ternyata penghasilan nelayan akibat program desa nelayan ini naik 100%. Naik 100%. Jadi ini luar biasa ini. Karena tadinya dia enggak punya es. Hal yang paling dasar, tidak punya es. Karena enggak ada pabrik es di tempat-tempat terpencil. Bagaimana dia mau pelihara ikan dia, dia melaut 1 hari, kembali ya ikannya sudah tidak bagus. Sekarang tiap desa nelayan akan ada produksi es, akan ada cold storage, gudang, dan fasilitas-fasilitas lain. Kita juga sekarang… sudah punya program, kita lagi membangun 1.582 kapal nelayan modern. Insyaallah akhir tahun depan dan 2027 kita akan punya 1.582 kapal nelayan modern dari GT 30 sampai GT 10.000.

    Ini menghasilkan devisa dan menghasilkan protein untuk rakyat kita. Capaian di bidang hukum dan pemberantasan korupsi. Gaji hakim tingkat yang paling rendah kita naikkan 280% dan ini akan kita terus memantau. Kita minta hakim-hakim kita hidupnya baik, kualitas, kualitas hidupnya baik, hidup terhormat supaya dia tidak bisa disogok. Hakim-hakim kita tidak boleh dibeli oleh siapapun. Itu tujuan kita. Jadi saudara-saudara, bukan kita mau menganakemaskan siapapun tapi ini sangat penting. Ya. Dia tidak boleh bisa dibeli karena dia menangani kadang-kadang kasus triliunan. Tadi bukti hari ini kita berhasil mendapat Rp13 triliun dari Rp17 triliun yang diputuskan oleh pengadilan. Jadi hakim-hakimnya itu, menurut saya punya hati nurani, keberanian dia putuskan akhirnya kita selamatkan Rp17 triliun uang rakyat. Bayangkan dia tangani kasus Rp17 triliun, dia tidak punya rumah dinas. Saya dapat laporan bahwa sekian ribu hakim-hakim tidak punya rumah dinas. Dia harus kontrak. Banyak hakim-hakim kita harus kontrak. Ini kita perbaiki.

    Kemudian, kita berhasil mengalihkan Rp306 triliun  anggaran negara yang rawan korupsi kita alihkan untuk program-program pro rakyat. Rp300 triliun, ini yang kita pakai untuk, langsung ke rakyat. Kemudian, kita bertekad tidak ada kasus-kasus korupsi yang tidak bisa diselidiki.

    Tidak ada, no more untouchable, enggak ada yang untouchable lagi. Saya terima kasih kepada penegak hukum yang tegar meneruskan tugas yang mulia ini.

    Juga penegak hukum telah berhasil menyelamatkan lebih dari 1.000 triliun kerugian negara. Ini yang kita berhasil kita tegakkan. Lebih dari 4 juta hektar kebun kelapa sawit dalam kawasan hutan yang melanggar undang-undang dan melanggar hukum, ini kita kuasai kembali oleh rakyat, oleh negara.

    Juga lebih dari Rp100 triliun kerugian dari tambang ilegal berhasil kita hentikan. Pertama kemarin dari Bangka Belitung, kita tutup sampan pun tidak bisa keluar membawa hasil selundupan.

    Saya dilaporan yang terakhir itu satu sampan isinya timah berhasil ditangkap oleh Angkatan Laut kita. Ini kita hentikan dan ini kita menyelamatkan kurang lebih Rp45 triliun 1 tahun. Ya enggak tahu pihak-pihak yang teriak-teriak tapi sudahlah. Pihak-pihak itu adalah pihak-pihak yang salah. Pihak-pihak yang melanggar hukum, pihak-pihak yang mencuri dari rakyat Indonesia, yang mengakibatkan kita masih banyak orang miskin karena kekayaan kita banyak dicuri.

    Saudara-saudara, di bidang pertahanan, keamanan, ketahanan, dan diplomasi, terus kita perkuat TNI dengan tambah batalyon-batalyon. Kita tidak mau mengganggu siapapun. Tugas kita, tugas TNI, hanya mempertahankan kedaulatan Indonesia. Tapi kita tidak boleh lugu, kita tidak boleh lengah. Tadi saya katakan ada 110 perang yang berlanjut padahal anggota PBB ya sekitar 200. Bayangkan 110 konflik. Ya, mudah-mudahan kita bisa ikut berperan di bidang penyelesaian Gaza. Saya sudah perintahkan TNI siap untuk mengirim 20.000. Saya kira juga sudah ada kontak sama beberapa negara menanyakan kesiapan kita, ya. Kita siap untuk mendukung upaya perdamaian di Timur Tengah.

    Dan bila perlu di tempat lain. Kita juga sudah mulai persiapan untuk membangun 535 km panjang tanggul laut di pantai utara Jawa. Ini untuk menyelamatkan 50 juta penduduk. Air laut naik 5 cm setahun. Jadi harus segera kita selamatkan ini karena di pantai utara Jawa ini ini juga kalau tidak salah 60% industri kita ada di pantai utara Jawa ini. Dan puluhan ribu hektar sawah-sawah yang subur juga di situ. Harus kita selamatkan.

    Saudara-saudara, saya kira itu capaian-capaian yang saya sampaikan dan ini menunjukkan, saudara-saudara, bahwa kita berada di jalan yang benar. Saya percaya bahwa menjalankan pemerintahan ternyata sebenarnya tidak terlalu rumit. Pertama, awalnya harus dari niat. Niat kita harus baik. Niat kita sungguh-sungguh untuk menjalankan amanat dari rakyat. Kita harus berpijak dari awal seperti itu. Kita diberi kekuasaan oleh rakyat untuk melindungi rakyat dari semua bahaya. Bahaya kemiskinan, bahaya kelaparan, bahaya penyakit, bahaya ancaman dari badai, dari bencana, ancaman dari kerusuhan, ancaman dari serangan dari pihak luar. Serangan bisa berupa fisik, bisa berupa non-fisik.

    Saudara-saudara, saya beri contoh dari 20 pulau Bangka Belitung kita hilang Rp45 triliun tiap tahun selama sekian puluh tahun. Apakah itu bukan sebuah serangan? Rp45 triliun kali 10 tahun saja Rp450 triliun. Kali 20 tahun Rp900 triliun. Apa yang kita bisa bangun dengan Rp900 triliun?

    Saudara-saudara, belum merupakan prestasi tapi sudah kita mulai rintis, kita akan punya mobil buatan Indonesia dalam 3 tahun yang akan datang. Saya sudah alokasi dana, sudah kita siapkan lahan untuk pabrik-pabriknya. Sedang bekerja sekarang tim. Kita sudah menghasilkan jip buatan Indonesia. Jadi sekarang pejabat-pejabat kita, perwira-perwira kita bangga. Kita tidak pakai jip buatan negara lain, kita pakai jip buatan Indonesia sendiri. Presidenmu pakai jip buatan Indonesia. Kemarin saya berangkat, harus, saya pergi saya mau inkognito jadi saya enggak mau pakai. Saya pakai mobil biasa, tapi saya pakai Alphard. Sudah lama saya enggak menikmati Alphard. Enak juga ini ya. Tapi, pes, saya mau ingatkan, kamu Presiden Republik Indonesia, harus beri contoh. Nah, sudah, pakai mau terus. Dan sebentar lagi saudara-saudara semua harus pakai mau. Saya enggak mau tahu. Yang mobil-mobil bagus pakai kalau kalau libur saja. Ya, pada saat saya enggak panggil kau bolehlah kau pakai mobil itu.

    Saudara-saudara, saya kira itu yang bisa saya sampaikan karena masih banyak kamera. Nah, media terima kasih, Anda dengan sabar. Nah sekarang Anda saya persilakan menikmati hidangan yang disiapkan. Jadi usirnya sopan. Karena bagian ini enggak boleh kau dengar. Jadi ada hal-hal yang memang belum siap untuk diumumkan. Baik, sambil nunggu mereka keluar, saya minta izin saya minum kopi dulu.

  • Waduh! Mobil Listrik Ini Terbakar Padahal Baru 1,5 Bulan-Jarak Tempuh 1.066 Km

    Waduh! Mobil Listrik Ini Terbakar Padahal Baru 1,5 Bulan-Jarak Tempuh 1.066 Km

    Jakarta

    Sebuah mobil listrik Avatr 06 terbakar di area parkir Desa Dongbi, Fujian, China. Ini kasus pertama yang terjadi dari merek tersebut, belum diketahui penyebab pasti kebakaran mobil listrik ini.

    Seperti dilaporkan media The Sanxiang Daily, mobil listrik ini terbakar di area parkir Desa Dongbi, Fujian, China. Dari foto-foto yang disajikan, mobil itu dilalap api dengan kepulan asap tebal. Kebakaran itu juga merusak tujuh mobil lain di sekitarnya, termasuk Audi, BMW, Mazda, dan Aion. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

    Masih dalam laporan yang sama, pemilik Avatr 06 mengatakan mobil itu baru dibeli pada 28 Agustus 2025. Umur mobil itu sekitar satu setengah bulan, jarak tempuhnya juga baru mencapai 1.066 kilometer (km).

    Menurut pemiliknya, lewat pantauan aplkasi Avatr, suhu mobil sempat menunjukkan mencapai 76,4 derajat celcius sebelum kebakaran terjadi. Asap pertama kali muncul dari area kursi penumpang depan.

    Dikutip dari Carnewschina, pemilik mobil menaruh banyak aksesori di konsol tengah, dugaan awal hal itu bisa saja menyebabkan pantulan cahaya terkonsentrasi ke kursi penumpang, yang kemudian memicu api. Kemungkinan lain yang disebutkan adalah ledakan parfum di dalam kabin.

    Pemilik Avatr 06 tersebut menyebutkan bahwa pihak pabrikan sudah menghubunginya dan berjanji akan menindaklanjuti masalah ini dengan baik. Hingga berita ini diturunkan, Avatr, Changan, dan CATL belum memberikan pernyataan resmi terkait insiden ini.

    Avatr 06 resmi masuk pasar China pada 19 April 2025, dan ini merupakan kasus kebakaran pertama yang melibatkan model tersebut. Mobil ini menggunakan baterai LFP CATL tipe Shenxing berkapasitas 72,88 kWh, yang didukung sistem tegangan tinggi 800V serta perlindungan arus lebih.

    Sementara itu, versi EREV (Extended Range Electric Vehicle) Avatr 06 menggunakan baterai Freevoy LFP dengan dua pilihan kapasitas, yakni 31,7 kWh dan 45,06 kWh. Hingga kini, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa kebakaran disebabkan oleh baterai mobil tersebut.

    Avatr 06 merupakan mobil listrik sedan yang diproduksi Avatr Technology, perusahaan hasil kerja sama antara Changan Automobile dengan perusahaan baterai CATL. Selain itu, teknologi pintar dan sistem-sistem canggih (seperti sistem bantuan mengemudi, antarmuka pintar) dikembangkan dengan dukungan dari Huawei sebagai mitra strategis.

    Untuk diketahui, ini merupakan kasus kebakaran pertama yang menimpa Avatr 06 sejak model tersebut diluncurkan di pasar China pada 19 April 2025.

    (riar/dry)