Perusahaan: Business Insider

  • Kisah Pria 21 Tahun Kena Gagal Jantung, Berawal dari Kebiasaan Konsumsi Ini

    Kisah Pria 21 Tahun Kena Gagal Jantung, Berawal dari Kebiasaan Konsumsi Ini

    Jakarta

    Seorang pria di Inggris dirawat di rumah sakit karena mengalami gagal jantung dan ginjal sekaligus. Kasus ini dipublikasikan dalam BMJ Case Reports pada 15 April 2025.

    Meski berakhir pulih, pasien berusia 21 tahun itu sempat harus melakukan transplantasi organ.

    “Pasien tersebut minum empat kaleng minuman berenergi berukuran 500 ml setiap hari,” tulis para ahli dari Rumah Sakit St Thomas, London, Inggris.

    Itu berarti pasien mengonsumsi sekitar 640 mg kafein per hari. Jumlah itu jelas melebihi dosis aman yang direkomendasikan Food and Drug Administration (FDA) atau badan pengawas obat dan makanan yang berlaku, yakni 400 mg kafein.

    “Saya pikir perlu lebih banyak kesadaran tentang minuman berenergi dan efeknya. Saya yakin minuman berenergi sangat adiktif dan terlalu mudah diakses oleh anak-anak,” tutur pasien yang tidak disebutkan namanya, dikutip dari Business Insider.

    Gejala yang Dikeluhkan

    Selama berbulan-bulan sebelum dirawat di rumah sakit, pasien mengeluhkan beberapa gejala seperti tremor, sesak napas, dan gangguan pencernaan yang parah, sehingga harus putus kuliah. Diketahui, kebiasaan minum empat kaleng minuman berenergi ini sudah dilakukannya selama dua tahun belakangan.

    Kasus ini menyoroti potensi efek samping toksik dari minuman berenergi yang mengandung kafein dalam dosis besar. Itu dapat berpotensi menyebabkan masalah kesehatan yang serius hingga mengancam keselamatan jiwa.

    Kafein merupakan zat psikoaktif yang paling populer di dunia, masih aman dikonsumsi dalam jumlah sedang untuk membantu seseorang menjalani hari. Biasanya, kafein dikonsumsi dalam bentuk kopi atau teh.

    Zat ini menawarkan manfaat kesehatan, seperti peningkatan fokus, suasana hati, dan energi. Tetapi, terlalu banyak kafein bisa menyebabkan efek samping seperti kecemasan, jantung berdebar-debar, dan tekanan darah rendah.

    Dalam kasus yang parah, overdosis kafein dapat menyebabkan kehilangan kesadaran bahkan kematian. Overdosis kafein juga dikaitkan dengan asidosis metabolik, yakni penumpukan asam yang berpotensi serius dalam tubuh yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

    Sumber kafein yang lebih pekat mungkin menyebabkan overdosis, yang berarti minuman berenergi lebih berisiko daripada kopi dan teh.

    Menurut studi kasus, yang paling berbahaya adalah bubuk kafein dalam suplemen untuk energi, olahraga, dan penurunan berat badan. Satu sendok bubuk dengan konsentrasi tinggi ini dapat mengandung kafein yang setara dengan 50 cangkir kopi atau lebih.

    Halaman 2 dari 2

    (sao/naf)

  • Ilmuwan Ungkap Petaka Baru, Tanda Kiamat Makin Jelas

    Ilmuwan Ungkap Petaka Baru, Tanda Kiamat Makin Jelas

    Jakarta, CNBC Indonesia – Dampak perubahan iklim sekarang mulai dikaitkan dengan kenaikan inflasi global. Peneliti menemukan pemanasan global dan cuaca ekstrem berpotensi memicu lonjakan harga pangan di masa depan. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Communications Earth & Environment.

    “Kami menemukan bahwa kondisi suhu yang diproyeksikan pada tahun 2035 di bawah pemanasan di masa depan menyiratkan peningkatan tekanan inflasi di seluruh dunia,” tulis para peneliti dari Institut Potsdam untuk Penelitian Dampak Iklim dan Bank Sentral Eropa, dikutip dari Business Insider, Selasa (2/9/2025).

    Tanda ‘kiamat’ yang kian jelas di mana-mana dengan kenaikan temperatur Bumi dan lelehan gunung es dikatakan berkontribusi pada peningkatan rata-rata inflasi pangan sebesar 3,23% per tahun secara global. Dalam dekade mendatang, inflasi umum bisa terdorong naik 1,18%.

    “Setelah tahun 2035, besarnya perkiraan tekanan terhadap inflasi sangat berbeda antar skenario emisi. Hal ini menunjukkan mitigasi gas rumah kaca secara tegas dapat menguranginya secara signifikan,” jelas para ilmuwan.

    Perubahan iklim mulai memengaruhi berbagai sektor perekonomian, meningkatkan biaya perumahan di daerah-daerah dengan risiko iklim tinggi, serta memicu kekurangan pasokan komoditas pangan di seluruh dunia, mulai dari minyak zaitun hingga kakao.

    Menurut peneliti, bahan pangan kemungkinan besar menjadi komponen inflasi terbesar yang terkena dampaknya. Dampak inflasi juga tidak akan seimbang, dengan tekanan terbesar terjadi pada negara-negara di Afrika dan Amerika Selatan.

    Tekanan-tekanan tersebut dapat diatasi dengan pendekatan kebijakan yang tepat, namun para peneliti juga memperingatkan bahwa jika emisi tidak dikurangi maka dampak inflasi akan semakin buruk.

    “Dalam skenario emisi terbaik, tekanan eksogen terhadap inflasi hanya sedikit lebih besar pada tahun 2060 dibandingkan pada tahun 2035, namun skenario emisi terburuk akan menyebabkan tekanan terhadap inflasi pangan melebihi 4% [per tahun] di sebagian besar dunia,” kata para peneliti.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Cari Kerja Susah-PHK di Mana-mana, Profesi Lama Mendadak Banyak Dicari

    Cari Kerja Susah-PHK di Mana-mana, Profesi Lama Mendadak Banyak Dicari

    Jakarta, CNBC Indonesia – Profesi lama yang muncul puluhan tahun lalu mendadak banyak dicari. Fenomena ini seiring dengan sulitnya mencari pekerjaan di tengah perkembangan teknologi AI yang kian masif dan badai PHK bertubi-tubi di seluruh dunia.

    Course Report yang bergerak di industri pendidikan teknologi meninjau lebih 12 juta lowongan pekerjaan teknologi di Indeed belum lama ini. Laporan itu mencoba mengidentifikasi keterampilan yang dicari sekarang.

    Ternyata keahlian dalam mengoperasikan Microsoft Excel berada di posisi teratas sebanyak 531 ribu kali. Keterampilan ini muncul pada 1985 atau 40 tahun lalu yang menampilkan kemampuan untuk mengelola data.

    Kemampuan tersebut dibutuhkan nyatanya membantu mengelola pengembangan AI yakni terkait data. Hal serupa juga diungkapkan seorang pendiri PromptQL selaku perusahaan yang membangun sistem AI bebas halusinasi, Rajoshi Rhosh, yang menyebut Excel tetap dibutuhkan dalam jangka panjang.

    “Antarmuka sudah mengakar pada cara berpikir dan beroperasi pengguna bisnis. Yang akan berubah terkait cara data masuk ke Excel,” kata Rhosh, dikutip dari Business Insider, Senin (1/9/2025).

    “Saat AI makin matang, peran sebenarnya terkait menyajikan data akurat dan kontekstual langsung ke perangkat, yang dipercaya orang seperti Excel,” dia menambahkan.

    CEO perusahaan kuesioner keamanan SecurityPal, Pukar Hamal mengatakan Excel berada di balik kecanggihan teknologi seperti chatbot meskipun sudah sangat kuno. Bukan antarmuka baru, semua akan berakhir dengan model Excel.

    “Anda bisa mempercantik model Excel dengan UI atau memberi pembeli cara mengambil data kembali ke Excel,” jelas Hamal.

    Posisi Excel mengalahkan kemampuan lain. Bahkan melampaui Python yang berhubungan dengan AI untuk kemampuan bahasa pemrograman, yang tercatat muncul 67 ribu.

    Begitu juga dengan bahasa pemrograman SQL yang muncul sebanyak 60 ribu iklan dalam laporan tersebut.

    Keahlian yang terkait AI muncul jarang dalam laporan. Selain Phyton, ada juga kemampuan machine learning sebanyak 31 ribu kali dan AI sendiri 25 ribu iklan.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Dibajak Gaji Tinggi, Karyawan Malah Kompak Resign Baru Sebulan Kerja

    Dibajak Gaji Tinggi, Karyawan Malah Kompak Resign Baru Sebulan Kerja

    Jakarta, CNBC Indonesia – Taruhan besar Meta pada pengembangan “superintelligence” mulai goyah. Sejumlah karyawan kunci justru memilih hengkang meski perusahaan menawarkan gaji selangit demi memperkuat divisi barunya.

    Menurut laporan Business Insider, setidaknya delapan pegawai Meta keluar dalam dua bulan terakhir, termasuk peneliti, insinyur, hingga pimpinan senior produk. Mereka mundur tak lama setelah CEO Mark Zuckerberg mengumumkan pembentukan Meta Superintelligence Labs (MSL), divisi anyar yang dirancang menghadirkan “personal superintelligence” untuk semua orang.

    Para pegawai yang keluar sebagian besar merupakan veteran yang sebelumnya membangun infrastruktur inti AI Meta, diikuti beberapa rekrutan baru yang sempat digoda dengan tawaran kompensasi gaji bernilai ratusan juta dolar, serta merekrut talenta dari OpenAI dan Google DeepMind.

    “Beberapa orang keluar adalah hal yang normal bagi organisasi sebesar ini. Sebagian besar dari mereka sudah bekerja di perusahaan selama bertahun-tahun, dan kami mendoakan yang terbaik bagi mereka,” kata juru bicara Meta.

    Namun, kedatangan pegawai baru dengan gaji besar justru memicu ketegangan internal. Ancaman eksodus mulai bermunculan di tengah operasi AI Meta yang terus meluas, terutama mereka yang telah bergabung sebelum dorongan besar ke arah superintelligence.

    Salah satu veteran, Bert Maher, memutuskan hengkang setelah 12 tahun di Meta untuk bergabung dengan Anthropic. Ia sebelumnya ikut mengembangkan PyTorch, perangkat lunak open source yang populer untuk melatih AI, dan Triton, bahasa pemrograman untuk mengoptimalkan model AI.

    Tony Liu, yang delapan tahun bekerja di Meta memimpin tim PyTorch GPU, juga mundur. Melalui LinkedIn, Liu menyebut akan meluncurkan newsletter seputar pengembangan dan skala sistem AI.

    Chi-Hao Wu, spesialis AI dan machine learning, keluar setelah lima tahun untuk menjadi Chief AI Officer di startup Memories.ai. Ia menuturkan bahwa beberapa pekerja merasa kondisi kerja di Meta kerap tidak stabil karena seringnya reorganisasi.

    Beberapa eks pegawai Meta justru bergabung ke OpenAI, rival terkuat perusahaan dalam persaingan AI.

    Tak hanya veteran, sejumlah rekrutan anyar juga buru-buru angkat kaki dari perusahaan. Wired melaporkan dua peneliti, Avi Verma dan Ethan Knight, keluar kurang dari sebulan setelah bergabung dan kembali ke OpenAI.

    Sementara itu, Rishabh Agarwal yang baru bergabung dari Google DeepMind pada April lalu, memilih hengkang setelah lima bulan. Lewat posting di X, ia memuji kepadatan talenta dan komputasi di Meta, namun mengaku ingin mengambil risiko berbeda.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Lumba-lumba Terekam Melahap 8 Ular Berbisa, Ilmuwan Bingung Penyebabnya

    Lumba-lumba Terekam Melahap 8 Ular Berbisa, Ilmuwan Bingung Penyebabnya

    Jakarta

    Seekor lumba-lumba yang dilatih oleh Angkatan Laut Amerika Serikat, tertangkap kamera memburu dan melahap delapan ular laut berbisa dalam satu hari. Ini adalah pertama kalinya ilmuwan mendokumentasikan perilaku tersebut.

    Para peneliti di National Marine Mammal Foundation di San Diego, California, memasang kamera GoPro pada sepasang lumba-lumba hidung botol, yang telah dilatih untuk menemukan ranjau dengan sonar mereka. Pada saat direkam, para lumba-lumba sedang tidak ‘bertugas’. Para ilmuwan ingin melihat keahlian mereka berburu ikan.

    Namun, salah satu lumba-lumba memilih makanan yang lebih tidak lazim. Kamera merekamnya memangsa delapan ular laut perut kuning. Sebelum penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE pada Agustus 2022 ini, tidak ada dokumentasi lumba-lumba memakan ular laut. Biasanya mereka hanya bermain-main dengan ular dan melepaskannya. Menelan ular berbisa bisa berbahaya.

    Dalam salah satu video di bawah ini, tampak lumba-lumba menangkap seekor ular dan berenang bersamanya sebentar, menggoyangkan kepalanya berulang kali untuk menelan mangsanya. Kemudian, menurut penelitian tersebut, ia mengeluarkan suara melengking yang diartikan sebagai ‘jeritan kemenangan’. Ular laut itu cuma kelihatan sepersekian detik sebelum lumba-lumba menyambarnya.

    “Lumba-lumba itu menghisapnya dengan sedikit sentakan kepala saat ekor ular yang terkulai menghilang dan lumba-lumba itu menjerit panjang,” tulis para penulis studi tersebut, seperti dikutip dari Business Insider.

    Awalnya para peneliti tidak memercayai mata mereka. Mereka mencari ikan lain yang mungkin terlihat seperti ular laut di kamera, tetapi mereka tidak menemukan penjelasan lain.

    “Saya pernah membaca bahwa vertebrata besar lainnya jarang memangsa ular laut perut kuning. Ada laporan anjing laut macan tutul memakan dan kemudian memuntahkannya. Ular ini memang berpotensi menyebabkan neurotoksisitas setelah tertelan dan bisanya dianggap cukup berbahaya,” ujar Dr. Barb Linnehan, direktur kedokteran di National Marine Mammal Foundation.

    Lumba-lumba itu tidak menunjukkan tanda-tanda sakit setelah memakan ular laut, lapor para peneliti. Mereka tidak yakin mengapa ia mengejar mangsa yang begitu berisiko, tetapi mereka menduga hal itu murni karena ketidaktahuan, karena ia lahir di penangkaran.

    “Mungkin kurangnya pengalaman lumba-lumba dalam mencari makan bersama kelompok lumba-lumba di alam liar menyebabkan mereka mengonsumsi mangsa yang tidak lazim ini,” tulis para penulis studi.

    Semua ular yang terekam kamera berukuran cukup kecil, dan para peneliti menduga mereka adalah bayi ular yang baru lahir. Lumba-lumba itu memang mencoba menangkap seekor ular yang lebih besar, tetapi ular itu berhasil lolos.

    “Mungkin karena ular yang tertelan diperkirakan masih muda, jumlah bisa yang terkandung di dalamnya lebih sedikit,” kata Linnehan.

    Penelitian ini dipimpin oleh Sam Ridgway , seorang ilmuwan mamalia laut terkemuka yang mendapat julukan ‘Dokter Lumba-lumba’ dan ‘bapak kedokteran mamalia laut’, sebelum ia meninggal pada 2022.

    (rns/afr)

  • Pendiri AI Google Sebut Gelar Dokter dan Pengacara Akan Sia-sia

    Pendiri AI Google Sebut Gelar Dokter dan Pengacara Akan Sia-sia

    Jakarta

    Salah satu pelopor kecerdasan buatan di Google memperingatkan calon dokter dan pengacara bahwa AI dapat mencuri masa depan mereka. Mengapa demikian?

    Dalam wawancara dengan Business Insider, Jad Tarifi, pendiri tim AI generatif pertama Google yang keluar di 2021 untuk membuat startup Integral AI, menyatakan kemampuan AI yang terus meningkat mungkin segera membuat gelar sarjana hukum atau kedokteran menjadi sia-sia.

    Dikutip detikINET dari Futurism, Tarifi juga memberi saran bahwa tidak seorang pun harus menempuh gelar PhD kecuali mereka terobsesi dengan bidang ilmunya.

    Tarifi sendiri lulus PhD bidang AI tahun 2012, ketika subjek itu masih kurang umum. Namun saat ini, kata pria berusia 42 tahun itu, lebih baik menghabiskan waktu mempelajari topik khusus terkait AI, seperti AI untuk biologi. Bahkan mungkin orang sudah tidak perlu gelar sama sekali.

    “Pendidikan tinggi seperti yang kita kenal sekarang berada di ambang kepunahan. Keberhasilan di masa depan takkan datang dari mengumpulkan kredensial, melainkan dari mengembangkan perspektif unik, kesadaran emosional, dan ikatan antarmanusia yang kuat,” cetusnya.

    “Saya mendorong kaum muda untuk berfokus pada dua hal yaitu seni terhubung secara mendalam dengan orang lain, dan upaya batin untuk terhubung dengan diri sendiri,” papar Tarifi.

    Menurutnya, belajar jadi dokter medis atau pengacara mungkin tak lagi sepadan. Meraih gelar di bidang tersebut perlu waktu sangat lama dibandingkan seberapa cepat AI berevolusi sehingga dapat mengakibatkan siswa hanya membuang tahun-tahun dalam hidup mereka.

    “Dalam sistem medis saat ini, apa yang Anda pelajari di sekolah kedokteran sangat ketinggalan zaman dan didasarkan pada hafalan,” katanya.

    Tarifi tidak sendirian menilai pendidikan tinggi tidak mengikuti gelombang AI yang terus berubah. Meningkatnya biaya sekolah dipadukan dengan kurikulum yang ketinggalan zaman menciptakan badai sempurna bagi tenaga kerja yang tidak siap.

    “Saya tidak yakin bahwa perguruan tinggi mempersiapkan orang untuk pekerjaan yang mereka butuhkan saat ini. Saya pikir ada masalah besar tentang itu dan juga semua masalah utang mahasiswa,” kata Mark Zuckerberg belum lama ini.

    Adapun CEO OpenAI Sam Altman mengjlaim model AI terbaru perusahaannya sudah dapat bekerja dengan cara yang setara dengan mereka yang memiliki gelar PhD.

    “GPT-5 benar-benar terasa seperti berbicara dengan pakar tingkat PhD dalam topik apa pun. Sesuatu seperti GPT-5 hampir tak terbayangkan di masa lain dalam sejarah,” cetus Altman.

    (fyk/fay)

  • Bocah 21 Tahun Bikin Startup Viral Langsung Cuan Rp 244 Miliar

    Bocah 21 Tahun Bikin Startup Viral Langsung Cuan Rp 244 Miliar

    Jakarta, CNBC Indonesia – Startup bernama Cluely sempat menggemparkan industri teknologi beberapa saat lalu. Startup tersebut membantu pengguna berbuat ‘curang’ dalam wawancara kerja, ujian, dan panggilan sales call.

    Tak menunggu waktu lama, Cluely berhasil mengumpulkan pendanaan seri A sebesar US$15 juta (Rp244 miliar) pada Juni lalu. Pendanaan tersebut dipimpin oleh Andressen Horowitz.

    Dua investor yang tidak tergabung dalam pendanaan tersebut mengatakan kepada Tech Crunch estimasi valuasi Cluely pasca pendanaan tersebut bisa mencapai US$120 juta (Rp1,9 triliun).

    Namun, Andreessen Horowitz dan CEO Cluely, Roy Lee, tidak merespons permintaan komentar dari Tech Crunch terkait angka tersebut.

    Pendanaan Cluely pada Juni 2025 hanya berselang 2 bulan dari pendanaan tahap awal (seed funding) yang dikantongi perusahaan sebesar US$5,3 juta (Rp86 miliar). Seed funding tersebut dipimpin oleh Abstract Ventures dan Susa Ventures.

    Di balik startup sensasional yang mencuri perhatian, ternyata pendiri sekaligus CEO Cluely adalah ‘bocah’ 21 tahun. Roy Lee dan co-founder Neel Shanmugam ditangguhkan dari status mahasiswa di Universitas Columbia.

    Pasalnya, mereka mengembangkan tool berbasis AI yang dinamai ‘Interview Code’. Tool itu membantu para engineer berbuat curang dalam wawancara teknis.

    Dalam beberapa unggahannya di X dan wawancara di podcast, Lee mengatakan Cluely adalah startup yang mendulang profit. Sosoknya cukup provokatif di media sosial dan kerap membuat konten video yang memancing diskusi.

    Di saat bersamaan, kontroversi yang ia ciptakan turut menjadi strategi pemasaran untuk mempromosikan penggunaan Cluely.

    Pada April 2025 misalnya, Cluely menerbitkan video peluncuran yang kontroversial. Dalam video itu, diperlihatkan Lee menggunakan asisten AI tersembunyi untuk berbohong kepada seorang wanita tentang usianya, dan bahkan pengetahuannya tentang seni, saat berkencan di restoran mewah.

    Langsung Rekrut Karyawan Bergaji Tinggi

    Pasca mengamankan pendanaan jumbo, Cluely tak segan-segan berinvestasi pada karyawan. Pada Juli 2025 lalu, Lee menuliskan di LinkedIn bahwa startup-nya yang berbasis di San Francisco menawarkan gaji pokok untuk engineer sebesar US$1 juta. Selain itu, untuk designer, gaji yang ditawarkan berkisar US$250.000-350.000.

    Sebagai informasi, gaji engineer entry-level di San Francisco umumnya dipatok mulai US$75.000. Sementara engineer senior bisa mengumpulkan hingga US$235.000, menurut Kruze Consulting, dikutip dari Business Insider.

    Adapun gaji untuk designer biasanya sekitar US$80.000-150.000 untuk level jenior, serta US$100.000-172.000 untuk posisi senior.

    Dalam unggahannya, Lee mengatakan tak percaya dengan prinsip bahwa startup sebaiknya tak membayar mahal untuk gaji karyawan. Menurut dia, membangun startup yang berkelas harus bisa mewah di segala hal, termasuk gaji karyawan.

    Kontroversi lainnya, Lee mengatakan akan mengecek sendiri semua aplikasi kerja yang masuk. Ia menekankan tak peduli dengan sekolah, pengalaman kerja, usia, serta status kewarganegaraan.

    “Tolong, jadilah kelas dunia,” kata Lee.

    Lee juga mengatakan startup tak perlu 100 karyawan. Ia hanya membutuhkan beberapa orang yang benar-benar berdampak.

    Sebelumnya, ia mengatakan Cluely hanya merekrut engineer dan influencer untuk menggenjot pertumbuhan. Kepada Business Insider, Lee mengatakan tujuan utamanya untuk Cluely saat ini adalah mencapai 1 miliar view di semua platform.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Militer AS Mau Beli Tesla Cybertruck… buat Ditembak Rudal

    Militer AS Mau Beli Tesla Cybertruck… buat Ditembak Rudal

    Jakarta

    Militer Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) dilaporkan bakal membeli Tesla Cybertruck. Bukan untuk kendaraan dinas tapi dipakai sebagai target sasaran rudal.

    Dikutip dari The Drive dan Business Insider, Angkatan Udara AS ingin membeli dua Cybertruck untuk pengujian tembakan rudal langsung.

    Informasi ini diperoleh dari dokumen pengadaan yang dilaporkan pertama kali oleh The War Zone. Spesifikasi Cybertrucks yang bakal dibeli hanya perlu dapat ditarik, tidak berfungsi, dan baterainya harus dilepas. Cybertruck termasuk di antara 33 kendaraan untuk pengujian tembakan rudal langsung di White Sands Missile Range, New Mexico.

    Dalam dokumen terpisah dijelaskan mengapa Tesla Cybertruck secara khusus diperlukan untuk latihan tembak. Alasan terbesarnya, musuh berpeluang menggunakan truk berlapis baja tahan karat di medan perang karena daya tahannya.

    Tesla Cybertruck di depan Gedung Putih Foto: REUTERS/Kevin Lamarque

    “Di ruang operasi, kemungkinan jenis kendaraan yang digunakan oleh musuh dapat beralih ke Tesla Cybertruck,” kata dokumen itu.

    “Pengujian perlu mencerminkan situasi dunia nyata. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan unit untuk operasi dengan mensimulasikan skenario sedekat mungkin dengan situasi dunia nyata,” tambahnya lagi.

    Lebih lanjut, rencana ini disebut mendukung program U.S. Special Operations Command’s (SOCOM) Stand Off Precision Guided Munitions (SOPGM). SOPGM mencakup berbagai jenis munisi pandu presisi yang diluncurkan dari udara khusus untuk operasi khusus, termasuk berbagai varian AGM-114 Hellfire, misil AGM-176 Griffin, GBU-69/B Small Glide Munition (SGM), dan GBU-39B/B Laser Small Diameter Bomb (LSDB).

    Belum ada komentar dari militer AS maupun pihak Tesla.

    Sebagai catatan, Tesla Cybertruck merupakan pikap berkabin ganda yang menggunakan baja tahan karat ultra keras (ultra-hard 30X cold-rolled stainless steel) untuk memberikan perlindungan lebih saat mengalami benturan keras. Selain itu, kendaraan tersebut juga sudah punya kaca armor yang membuatnya tak mudah pecah.

    Tesla Cybertruck masuk Indonesia. Foto: Doc. Glamour Auto Boutique

    Tesla masih mempertahankan desain produksi yang ‘agak’ lain. Truk tersebut, terbuat dari baja tahan karat mengkilap dan dibentuk menjadi bidang datar, sebagian garis desainnya terinspirasi oleh mobil yang berubah menjadi kapal selam dalam film James Bond tahun 1977 “The Spy Who Loved Me.

    Tahun lalu, pemimpin Chechnya alias Chechen di Rusia, Ramzan Kadyrov, memamerkan Tesla Cybertruck yang sudah dibekali senjata seperti senapan mesin di bagian baknya. Dia sesumbar mobil tersebut bakal dipakai untuk perang Ukraina. Namun, Kadyrov kemudian menuduh Tesla sudah menonaktifkan mobilnya jarak jauh, lalu menyebut Elon Musk “tidak jantan.”

    Kaca dan panel samping Cybertruck telah terbukti tahan peluru, mampu menghentikan peluru pistol berkecepatan subsonik, hal yang sangat ditonjolkan saat kendaraan ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019. Elon Musk pernah menggambarkan kendaraan ini sebagai mobil yang tahan kiamat.

    (riar/lua)

  • Tak Larang, Hanya Imbau Anak Tak Main Roblox

    Tak Larang, Hanya Imbau Anak Tak Main Roblox

    Bisnis.com, JAKARTA— Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu’ti menegaskan pihaknya tidak melarang anak-anak bermain Roblox. Namun, dia mengimbau agar anak-anak menghindari permainan yang dinilai tidak mendidik, termasuk yang mengandung unsur kekerasan.

    “Tidak ada pelarangan. Saya mengimbau supaya tidak main [Roblox],” kata Abdul Mu’ti saat dihubungi Bisnis pada Rabu (7/8/2025). 

    Ketika ditanya apakah imbauan itu khusus untuk Roblox atau gim lainnya, Abdul Mu’ti menambahkan, “Game lain yang tidak mendidik, terutama yang bermuatan kekerasan.”

    Berdasarkan data laman resmi Roblox, jumlah pengguna aktif harian (daily active users/DAU) pada Februari 2025 mencapai 85,3 juta. Bahkan, separuh anak-anak di Amerika Serikat (AS) berusia di bawah 16 tahun tercatat memainkan Roblox setiap bulan.

    Platform ini menerapkan sistem klasifikasi konten berdasarkan usia, yakni all ages, 9+, 13+, dan 17+. Konten kategori 17+ hanya dapat diakses oleh pengguna yang telah melalui proses verifikasi identitas resmi atau verifikasi wajah.

    Fitur Roblox dibuka secara bertahap sesuai usia pemain. Misalnya, pemain di bawah 13 tahun mendapat pembatasan pada fitur obrolan (chat), sementara pengguna berusia 13 tahun ke atas memiliki akses ke direct message dan voice chat. 

    Untuk kelompok 17 tahun ke atas, Roblox menyediakan pengalaman dengan konten dewasa secara aman, termasuk voice chat tanpa filter dan direct message, setelah proses verifikasi identitas. Pemain berusia 18 tahun ke atas akan mendapatkan pembaruan otomatis pada setelan privasi dan tidak lagi berada di bawah pengawasan orang tua.

    Roblox menegaskan kebijakan keamanan yang melarang penayangan iklan untuk pemain di bawah 13 tahun. Pengembang diwajibkan menggunakan API khusus agar konten iklan tidak muncul pada akun anak. Bagi pengembang, tersedia fitur analitik audience yang memuat data demografi pemain, termasuk usia dan gender, guna menyesuaikan konten dan strategi pengembangan.

    Dengan metode verifikasi ID dan persetujuan orang tua, Roblox optimistis dapat mempertahankan pertumbuhan di berbagai kelompok umur, termasuk remaja dan dewasa muda yang kini mendominasi platform.

    Roblox merupakan platform daring yang menggabungkan permainan, interaksi sosial, dan kreativitas dalam satu ekosistem. Pengguna dapat memainkan jutaan gim buatan komunitas sekaligus membuat gim sendiri menggunakan Roblox Studio dengan bahasa pemrograman Luau. Kontennya bersifat user-generated, mencakup genre seperti role‑playing, simulasi, parkour (obby), olahraga, hingga first-person shooter.

    Selain misi dan perolehan skor, gameplay Roblox memungkinkan interaksi melalui chat teks, voice chat bagi usia tertentu, serta fitur Party untuk bermain bersama teman. Platform ini mendukung permainan lintas perangkat, mulai dari PC, Mac, iOS, Android, Xbox, PlayStation, hingga perangkat VR seperti Meta Quest. Roblox juga rutin menggelar acara resmi dan kolaborasi dengan merek besar seperti NFL dan NBA.

    Meski populer, Roblox menuai pro dan kontra terkait keamanan anak. Laporan Hindenburg menuding platform ini memperlihatkan anak-anak pada risiko pelecehan seksual, pornografi, kekerasan, dan ujaran kasar. Business Insider bahkan melaporkan pengalaman jurnalisnya yang memutuskan melarang anaknya bermain Roblox setelah mencoba gim tersebut.

    “Saya mengunduh Roblox untuk mencobanya sendiri. Saya punya beberapa kekhawatiran. Saya punya anak usia sekolah dasar yang suka gim video dan sangat ingin bermain Roblox. Setelah mengunduhnya dan mengujinya sendiri, saya tidak mengizinkannya,” tulis Business Insider, pada Rabu (9/10/2024).

    Roblox membantah tuduhan tersebut dan menegaskan platformnya aman serta memiliki sistem perlindungan yang ketat untuk mencegah konten berbahaya.

  • Usia dan Aturan Permainan Gim Roblox Hingga Dilarang oleh Menteri Pendidikan Abdul Mu’ti

    Usia dan Aturan Permainan Gim Roblox Hingga Dilarang oleh Menteri Pendidikan Abdul Mu’ti

    Bisnis.com, JAKARTA — Gim daring Roblox menjadi sorotan publik setelah Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Abdul Mu’ti melarang murid sekolah dasar memainkannya karena dinilai memuat banyak adegan kekerasan. 

    Lalu siapa saja para pemain game ini? data resmi Roblox menunjukkan pergeseran signifikan demografi pemainnya. Pengguna mayoritas Gim daring Roblox kini berusia di atas 13 tahun.

    Lebih dari 55% pemain aktif berusia di atas 13 tahun, dengan kelompok usia 17–24 tahun menjadi segmen yang tumbuh paling pesat. Pada kuartal I/2023, pertumbuhan kelompok ini tercatat 35% secara tahunan dan kini menyumbang 22% dari total komunitas.

    Berdasarkan data laman resmi Roblox, jumlah pengguna aktif harian (daily active users/DAU) pada Februari 2025 mencapai 85,3 juta. Bahkan, separuh anak-anak di Amerika Serikat (AS) berusia di bawah 16 tahun tercatat memainkan Roblox setiap bulan.

    Platform ini menerapkan sistem klasifikasi konten berdasarkan usia, yakni All Ages, 9+, 13+, dan 17+. Konten kategori 17+ hanya dapat diakses oleh pengguna yang telah melalui proses verifikasi identitas resmi atau verifikasi wajah.

    Fitur Roblox juga dibuka secara bertahap sesuai usia pemain. Misalnya, pemain di bawah 13 tahun mendapat pembatasan pada fitur obrolan (chat), sementara pengguna berusia 13 tahun ke atas memiliki akses ke direct message dan voice chat.

    Untuk kelompok 17 tahun ke atas, Roblox menyediakan akses ke pengalaman dengan konten dewasa secara aman, termasuk voice chat tanpa filter dan direct message, setelah proses verifikasi identitas. Sementara itu, pemain berusia 18 tahun ke atas akan mendapatkan pembaruan otomatis pada setelan privasi dan tidak lagi berada di bawah pengawasan orang tua.

    Roblox menegaskan kebijakan keamanan yang melarang penayangan iklan untuk pemain di bawah 13 tahun. Pengembang diwajibkan menggunakan API khusus untuk memastikan konten iklan tidak muncul pada akun anak.

    Bagi pengembang, tersedia halaman analitik Audience yang menampilkan data demografi pemain, termasuk pembagian usia dan gender, guna membantu menyesuaikan konten dan strategi pengembangan. Perusahaan menilai pembaruan kebijakan ini penting untuk menjaga keamanan sekaligus memperluas basis pengguna.

    Dengan metode verifikasi ID dan persetujuan orang tua, Roblox optimistis dapat mempertahankan pertumbuhan di berbagai kelompok umur, termasuk remaja dan dewasa muda yang kini mendominasi platform.

    Roblox merupakan platform daring yang menggabungkan permainan, interaksi sosial, dan kreativitas dalam satu ekosistem. Pengguna dapat memainkan jutaan gim buatan komunitas sekaligus membuat gim sendiri menggunakan Roblox Studio dengan bahasa pemrograman Luau.

    Seluruh konten di Roblox bersifat user-generated alias pengembangan dilakukan oleh pemain. Dengan genre beragam mulai dari role‑playing, simulasi, parkour (obby), olahraga, hingga first-person shooter. Platform ini menyediakan template untuk memudahkan pemula, sementara kreator berpengalaman dapat memprogram mekanisme permainan secara mendetail.

    Gameplay tidak hanya terbatas pada misi atau perolehan skor, tetapi juga mencakup interaksi melalui chat teks, voice chat bagi usia tertentu, serta fitur Party untuk bermain bersama teman. Roblox mendukung permainan lintas platform di PC, Mac, iOS, Android, Xbox, PlayStation, hingga perangkat VR seperti Meta Quest.

    Selain itu, Roblox kerap menggelar acara resmi dan kolaborasi dengan merek besar seperti NFL dan NBA, yang menghadirkan tantangan, item eksklusif, serta konten tematik.

    Meski populer, Roblox menuai pro dan kontra terkait keamanan bagi anak. Riset Hindenburg menyebut platform ini tidak aman untuk anak-anak, dengan potensi risiko kekerasan seksual melalui interaksi dalam gim.

    “Saya mengunduh Roblox untuk mencobanya sendiri. Saya punya beberapa kekhawatiran. Saya punya anak usia sekolah dasar yang suka gim video dan sangat ingin bermain Roblox. Setelah mengunduhnya dan mengujinya sendiri, saya tidak mengizinkannya,” tulis Business Insider, pada Rabu (9/10/2024).

    Laporan Hindenburg menuding Roblox memperlihatkan anak-anak pada pelecehan seksual, pornografi, konten kekerasan, dan ujaran kasar. Namun, Roblox membantah tuduhan tersebut dan menegaskan platformnya aman serta memiliki sistem perlindungan.

    Mandikdasmen Abdul Mu’ti mengingatkan bahaya Roblox bagi murid sekolah dasar saat meninjau pelaksanaan Cek Kesehatan Gratis (CKG) Sekolah di SDN Cideng 2, Jakarta Pusat, Senin. Mu’ti melarang murid bermain Roblox karena menilai gim tersebut menampilkan banyak adegan kekerasan.

    “Kalau main HP tidak boleh menonton kekerasan, yang di situ ada berantemnya, di situ ada kata-kata yang jelek-jelek, jangan nonton yang tidak berguna ya. Nah yang main blok-blok (Roblox) tadi itu jangan main yang itu ya karena itu tidak baik ya,” katanya saat membuka kick-off program Cek Kesehatan Gratis (CKG) Sekolah.