Perusahaan: Boeing

  • Super Air Jet mendarat perdana di Manokwari, diharapkan atasi masalah keterlambatan akibat faktor cuaca

    Super Air Jet mendarat perdana di Manokwari, diharapkan atasi masalah keterlambatan akibat faktor cuaca

    Minggu, 10 November 2024 12:50 WIB

    Sejumlah penumpang turun dari pesawat Super Air Jet saat mendarat perdana di Bandar Udara Rendani Manokwari, Papua Barat, Minggu (10/11/2024). Maskapai Super Air Jet menggunakan pesawat Airbus A320 membuka rute penerbangan Manokwari-Sorong-Jayapura-Makassar dan sebaliknya, menggantikan maskapai Lion Air dengan pesawat Boeing 737 sehingga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan mampu mengatasi masalah keterlambatan pendaratan akibat faktor cuaca khususnya di Papua Barat. ANTARA FOTO/Chairil Indra/Spt.

    Petugas menurunkan barang dari pesawat Super Air Jet setelah mendarat perdana di Bandar Udara Rendani Manokwari, Papua Barat, Minggu (10/11/2024). Maskapai Super Air Jet menggunakan pesawat Airbus A320 membuka rute penerbangan Manokwari-Sorong-Jayapura-Makassar dan sebaliknya, menggantikan maskapai Lion Air dengan pesawat Boeing 737 sehingga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan mampu mengatasi masalah keterlambatan pendaratan akibat faktor cuaca khususnya di Papua Barat. ANTARA FOTO/Chairil Indra/Spt.

  • Dow Jones Tutup Perdagangan di Rekor Tertinggi

    Dow Jones Tutup Perdagangan di Rekor Tertinggi

    New York: Dow menutup rekor tertinggi baru pada hari Jumat, karena rotasi ke saham-saham siklis termasuk industri terus mendorong saham-saham lebih tinggi di tengah-tengah pelemahan di sektor teknologi.
     
    Melansir Investing.com, Sabtu, 23 November 2024, pada pukul 16.00 WIB (2100 GMT), Dow Jones Industrial Average naik 426 poin, atau 0,8 persen dan ditutup pada rekor 44.296,51. Indeks S&P 500 naik 0,3 persen, sementara NASDAQ Composite naik 0,2 persen.
    Boeing memimpin kenaikan
    Boeing Co (NYSE: BA) naik lebih dari 4 persen untuk menopang sektor industri yang lebih luas karena produsen pesawat terbang ini memenangkan kontrak modifikasi senilai USD2,39 miliar dari departemen pertahanan.
     
    Selain kenaikan Boeing, sentimen terhadap saham-saham siklis juga didukung oleh ekspektasi bahwa pemerintahan Donald Trump yang kedua akan memperpanjang eksepsionalisme ekonomi AS.
     

    Penurunan suku bunga Desember dipertanyakan
    Data aktivitas bisnis, yang dirilis pada hari Jumat sebelumnya, menunjukkan bahwa ekonomi AS tetap relatif sehat, menambah kuatnya data klaim pengangguran yang dirilis minggu lalu.
    Rilis PMI manufaktur S&P naik menjadi 48,8 di bulan November, dari 48,5 di bulan sebelumnya, sementara PMI jasa yang lebih signifikan melonjak menjadi 57,0, dari 55,0 di bulan Oktober.  
     
    Masih ada keraguan apakah Federal Reserve akan memangkas suku bunga di bulan Desember, terutama setelah angka inflasi yang kuat di bulan Oktober, sementara para pembuat kebijakan juga menunjukkan pendekatan yang lebih hati-hati untuk pelonggaran lebih lanjut.
     
    Para trader terlihat mengurangi proyeksi bahwa the Fed akan memangkas suku bunga sebesar 25 basis poin di bulan Desember, CME Fedwatch menunjukkan minggu ini. Para pedagang memperkirakan peluang 61,7 persen untuk penurunan suku bunga pada bulan Desember.
     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Lengkap! Profil Cagub dan Cawagub Jabar: Dedi Mulyadi, Ahmad Syaikhu, Jeje Wiradinata, Acep Adang

    Lengkap! Profil Cagub dan Cawagub Jabar: Dedi Mulyadi, Ahmad Syaikhu, Jeje Wiradinata, Acep Adang

    Bisnis.com, JAKARTA – Tinggal menghitung hari, proses pemilihan Kepala Daerah makin dekat yaitu pada Rabu (27/11/2024) mendatang. Sebelum mencoblos, berikut profil cagub di Pilkada Jawa Barat 2024, mulai dari Dedi Mulyadi, Ahmad Syaikhu, Jeje Wiradinata, dan Acep Adang Ruhiat. 

    Profil cagub dan cawagub perlu diketahui agar masyarakat tidak salah dalam memilih cagub dan cawagub, khususnya di Jawa Barat. 

    Terdapat empat pasangan calon (paslon) yang meramaikan kontestasi politik tersebut mulai dari kandidat nomor urut 1 Acep Adang Ruhiat dan Gitalis Dwinatarina. Lalu, nomor urut 2 Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja. Untuk nomor urut 3 ada nama Ahmad Syaikhu dan Ilham Akbar Habibie serta pasangan terakhir adalah Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan

    Untuk mengenal lebih jauh calon pemimpin di Jawa Barat, berikut rangkuman profil cagub-cawagub yang akan berlaga di Pilkada Jabar 2024. 

    Profil Cagub dan Cawagub Jabar 2024 

    1. Acep Adang Ruhiat dan Gitalis Dwinatarina

    Acep merupakan pria kelahiran Tasikmalaya, pada 1 Agustus 1958 yang mengenyam pendidikan di Universitas Siliwangi pada 1984 dan meraih gelar doktorandus (Drs.) di Universitas Siliwangi pada 1988, serta gelar master of sains (M.Si) di Universitas Garut pada 2000. 

    Dari pengalaman organisasi, dia sempat menjadi Ketua BP KNPI Kecamatan Singaparna, Wakil Ketua Pemuda Pancasila, Wakil Ketua Organisasi KNPI Kabupaten Tasikmalaya, dan Wakil Ketua GP Ansor Jawa Barat. 

    Acep Adang Ruhiat memulai karier politiknya dengan bergabung ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan dilantik sebagai Ketua Dewan Tanfindz PKB Kabupaten Tasikmalaya pada 2008. Lalu, pada 2011—2016, Aceng menjabat menjadi Ketua Dewan Suro Partai PKB.

    Melenggang ke Senayan, Acep menjadi anggota DPR RI selama dua periode berturut-turut mulai dari 2014 lalu di Komisi VI DPR RI.

    Sementara itu, Acep didampingi oleh Gitalis Dwi Natarina atau lebih dikenal Gita KDI yang merupakan penyanyi dangdut yang lahir pada 10 Oktober 1985. 

    Untuk pengalaman politik, Gita memulai sejak 2011 dengan dilantik menjadi anggota DPR dari Fraksi Kebangkitan Bangsa, menggantikan almarhum Cecep Syafrudin. Di DPR, Gita duduk di Komisi XI yang membidangi sektor kesehatan, ketenagakerjaan, dan pendidikan.

     

    2. Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja

    Jeje merupakan kelahiran Pangandaran pada 14 Februari 1965 yang memulai kariernya di dunia politik sejak 1999 sebagai anggota DPRD Kabupaten Ciamis hingga 2009.

    Melangkah di jalur eksekutif, dia terpilih menjadi Wakil Bupati Ciamis pada 2014—2015 dan menempati jabatan sebagai Bupati Pangandaran pada 2016.

    Selain memiliki pengalaman politik, Jeje juga pernah bergabung ke beberapa perusahaan yakni menjadi Staff Ahli, Samudra Farmindo Luas pada 1987—1991 dan menjadi Manager Produksi, PT. Wicakarya pada 1991—1993. 

    Kini terpilih menjadi cagub Provinsi Jawa Barat, Jeje bakal ditemani oleh Ronal Surapradja yang merupakan komedian yang namanya diumumkan pada detik-detik terakhir pendaftaran Pilkada Jabar 2024, tepatnya pada Kamis malam (29/8/2024).

    Putra kelahiran Bandung 26 Mei 1977 ini mulai berkecimpung di ranah politik pada 2024, saat maju sebagai calon legislatif (caleg) DPR lewat PDIP. Sayangnya, kurang beruntung dirinya tak lolos karena di Dapil Jawa Barat XI.

    3. Ahmad Syaikhu dan Ilham Akbar Habibie

    Ahmad Syaikhu lahir pada 23 Januari 1965 yang merupakan putra kelahiran Desa Ciledugkulon. Untuk ranah pendidikan, dirinya mengenyam ilmu ke jenjang D3 ke Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan belajar agama dari keluarga dan guru besar di Pondok Pesantren Buntet Cirebon.

    Mengawali karir sebagai auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumatera Selatan tahun 1986—1989, Syaikhu tak langsung terjun ke politik tetapi menjadi profesional juga sebagai auditor BPKP Pusat di Deputi Bidang Pengawasan Keuangan Daerah.

    Pada 2004 menjadi awal dirinya masuk ranah politik sebagai kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kota Bekasi. Bahkan, hasil Pemilu 2009, dia terpilih menduduki jabatan anggota DPRPD Provinsi Jawa Barat sebagai Sekretaris Komisi C.

    Pada 2013, Syaikhu menjadi Wakil Walikota Bekasi periode 2013—2018 dan setelahnya maju untuk mencalonkan diri di Pilkada Jawa Barat. Lalu sejak, 2020—2025, Syaikhu dipercayai menduduki posisi sebagai Presiden PKS. 

    Kembali memilih maju di Jawa Barat, Syaikhu merangkul Ilham yang merupakan anak dari B.J. Habibie. Putra sulung yang lahir pada 16 Mei 1963 itu merupakan teknokrat di dunia teknologi pesawat. 

    Mengikuti jejak ayah, dirinya bersekolah Technical University of Munich untuk menyelesaikan gelar insinyur dan doktor. Bahkan, dia sempat mengambil bidang yang berbeda pada 2003, yaitu pendidikan ilmu manajemen di School of Business, Universitas Chicago, Singapura dengan gelar MBA. 

    Karier profesionalnya dimulai di perusahaan pesawat Boeing. Lalu, menjadi Direktur Marketing di PT Dirgantara Indonesia, perusahaan yang berhasil menciptakan pesawat dalam negeri kode N-250.

    Pada 2004, Ilham melanjutkan perusahaan keluarga yakni Grup Ilthabi Rekatama dan sempat terpilih menjadi CEO beberapa perusahaan, seperti PT Industrial Mineral Indonesia, PT Global Group Asia, dan berbagai jabatan komisaris lainnya.

     

    4. Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan

    Lahir di Subang pada 11 April 1971, Dedi mengenyam pendidikan sarjana di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Purnawarman, Purwakarta pada 1999. Mendalami hukum, dirinya aktif mengikuti organisasi kemahasiswaan dan ekstra. Seperti, menjadi Senat Mahasiswa STH Purwakarta, Ketua Himpunan Mahasiswa Islam cabang Purwakarta, dan Sekretaris Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia. 

    Dedi pun memulai karier politiknya sebagai legislator dengan bergabungnya ke partai Golkar pada 1999-2004 dann terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purwakarta sebagai Ketua Komisi E.

    Namun, periode kerjanya tidak selesai hingga akhir, sebab pada 2003, Dedi terpilih sebagai Wakil Bupati Purwakarta dan memilih untuk meminpin Purwakarta secara langsung pada 2008. Dia bahkan berhasil menjabat sebagai Bupati selama dua periode berturut-turut.

    Melangkah ke jenjang lebih tinggi, Dedi maju saat Pilkada Jawa Barat 2018 sebagai calon wakil gubernur bersama Deddy Mizwar. Namun, karier eksekutifnya harus beralih sementara untuk kembali ke legislatif sebagai anggota DPR RI tahun 2019-2024 di dapil Jabar VII dari fraksi partai Golkar sekaligus menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI.

    Dedi menyelesaikan perannya di Golkar pada 2023 dan memutuskan bergabung bersama partai Gerindra. Saat ini pun, Dedi kembali maju di Pilkada Jawa Barat 2024 sebagai calon gubernur. Dengan menggandeng Erwan Setiawan.

    Erwan pun merupakan politikus dan pengusaha kelahiran Bandung 29 Juli 1970 dengan ayahnya yang seorang manajer klub sepak bola Persib Bandung, Umuh Muchtar.

    Lulusan Politeknik Industri dan Niaga Bandung pada 1996 ini juga meraih gelar di Fakultas Ekonomi Universitas Langlangbuana pada 2008 yang setelah lulus lebih memilih dunia bisnis sebagai Direktur CV Ganeca Kiara pada 2010. 

    Karier politiknya justru dimulai di ranah legislatif dengan bergabung ke Partai Demokrat dan terpilih sebagai Ketua DPRD Kota Bandung periode 2009—2014 dan melanjutkan menjadi Anggota Komisi C DPRD Kota Bandung pada periode 2014—2019.

    Kemudian pada 2018, Erwan didapuk Donny Ahmad Munir untuk menemaninya sebagai calon wakil bupati pada Pilkada Sumedang dan menjabat hingga 2023 

    Di tengah perjalanan sebagai Wabup Sumedang, Erwan berseberangan dengan Partai Demokrat yang dipicu oleh Musda Partai Demokrat Jawa Barat. Sehingga memutuskan untuk keluar dan bergabung dengan Partai Golkar pada 2022.

  • Laba Nvidia Sumbang Wall Street Raup Cuan Berlimpah

    Laba Nvidia Sumbang Wall Street Raup Cuan Berlimpah

    New York: Saham Amerika Serikat (AS) di Wall Street berakhir lebih tinggi pada perdagangan Kamis waktu setempat (Jumat pagi WIB) karena investor menyerap laba terbaru Nvidia dan memantau data ekonomi utama.
     
    Mengutip Xinhua, Jumat, 22 November 2024, indeks Dow Jones Industrial Average naik 461,88 poin, atau 1,06 persen, menjadi 43.870,35. Indeks S&P 500 naik 31,60 poin, atau 0,53 persen, menjadi 5.948,71. Indeks Nasdaq Composite naik 6,28 poin, atau 0,03 persen, menjadi 18.972,42.
     
    Sebanyak sembilan dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona hijau, dengan sektor utilitas dan keuangan memimpin penguatan dengan kenaikan masing-masing sebesar 1,75 persen dan 1,27 persen. Sementara itu, sektor jasa komunikasi dan barang konsumsi memimpin penguatan dengan penurunan masing-masing sebesar 1,73 persen dan 0,30 persen.
     
    Nvidia melaporkan kuartal yang kuat, melampaui ekspektasi laba. Nvidia naik 0,53 persen. Namun, perusahaan memproyeksikan pertumbuhan pendapatan paling lambat dalam tujuh kuartal, dengan alasan tantangan rantai pasokan yang sedang berlangsung. Laporan tersebut meredam sebagian antusiasme terhadap pembuat chip tersebut, pendorong utama reli pasar tahun ini.
     
    Di sisi ekonomi, klaim pengangguran mingguan AS turun menjadi 213 ribu untuk minggu yang berakhir pada 16 November, turun dari 219 ribu pada minggu sebelumnya dan di bawah perkiraan 220 ribu oleh para ekonom. Data tersebut menyoroti kekuatan yang berkelanjutan di pasar tenaga kerja AS.
     
    “Setelah didorong oleh pemogokan Boeing dan Badai Helene dan Milton, klaim telah kembali ke tingkat yang konsisten dengan PHK yang terbatas,” tulis kepala ekonom AS di Oxford Economics, Nancy Vanden Houten.
     

     

    Suku bunga Fed diproyeksi tak berubah
     
    Para pedagang menilai kembali sikap Federal Reserve terhadap suku bunga. Ekspektasi pasar terhadap Fed untuk mempertahankan suku bunga saat ini pada pertemuan Desember meningkat menjadi 44 persen, naik dari 28 persen hanya seminggu yang lalu, menurut CME FedWatch Tool, karena investor mempertimbangkan respons bank sentral terhadap sinyal ekonomi yang beragam.
     
    Pada Kamis terjadi kenaikan signifikan di sektor keuangan dan industri, dengan saham-saham seperti Goldman Sachs, Caterpillar, dan Home Depot memimpin kenaikan.
     
    Saham-saham berkapitalisasi kecil juga berkinerja baik, karena Indeks Russell 2000, yang sering dianggap sebagai tolok ukur bagi perusahaan-perusahaan kecil yang siap memperoleh keuntungan dari pertumbuhan ekonomi, naik lebih dari 1,7 persen.
     
    Namun, sektor teknologi menghadapi tantangan. Amazon turun 2,22 persen dan Meta Platforms turun 0,43 persen. Alphabet memperpanjang penurunannya untuk sesi kedua, turun 4,74 persen karena kekhawatiran atas masalah antimonopoli membebani saham.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Pakar Cemas Elon Musk Jerumuskan NASA Dalam Bahaya

    Pakar Cemas Elon Musk Jerumuskan NASA Dalam Bahaya

    Jakarta

    Peran NASA di masa depan dinilai menghadapi ancaman besar setelah Presiden terpilih Donald Trump menguatkan hubungannya dengan Elon Musk, CEO SpaceX.

    Dalam perannya sebagai kepala Departemen Efisiensi Pemerintah, Musk berjanji untuk memotong anggaran negara hingga USD 2 triliun, yang termasuk mengevaluasi kontrak-kontrak yang berhubungan dengan perusahaannya sendiri, SpaceX.

    Hal ini memunculkan kekhawatiran bahwa NASA, yang selama ini menjadi kebanggaan Amerika dalam dunia luar angkasa, dapat berubah menjadi alat yang melayani kepentingan pribadi Musk.

    Peter Juul, Direktur Kebijakan Keamanan Nasional di Progressive Policy Institute, dalam artikelnya untuk SpaceNews, menyoroti potensi bahaya besar dari situasi ini. Menurutnya, konflik kepentingan antara Musk dan Trump bisa mengarah pada situasi di mana dana dari pajak rakyat dialirkan ke perusahaan swasta, terutama SpaceX, yang bisa merugikan NASA. NASA mungkin pilih kasih ke SpaceX.

    “Jika Presiden terpilih Donald Trump dan oligarki teknologi Elon Musk mendapatkan apa yang mereka inginkan, NASA mungkin akan berubah menjadi lembaga kontraktor yang dibesarkan namanya,” tulis Juul.

    Meskipun SpaceX telah membuat kemajuan dalam pengembangan roket Starship yang direncanakan untuk misi Mars, Juul mengkritik ambisi perusahaan ini yang dianggap masih jauh dari siap. Bahkan, jika Starship digunakan untuk misi kembali ke permukaan Bulan, SpaceX mungkin perlu melakukan hingga 16 uji peluncuran untuk mengirimkan satu pesawat ruang angkasa.

    “Secara sederhana, perusahaan ini belum menunjukkan kemampuan teknis yang diperlukan untuk menjalankan misi yang lebih sederhana sekalipun,” tulis Juul, menegaskan bahwa SpaceX belum cukup matang untuk menangani misi luar angkasa yang kompleks.

    Juul juga mengingatkan karakter Musk bisa menjadi kendala besar bagi kemajuan NASA. Hubungan Musk yang dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, pandangan politiknya yang semakin rasialis dan transfobik, serta berbagai tuduhan pelecehan seksual yang membayangi, dapat memperburuk citra NASA sebagai lembaga riset dan eksplorasi luar angkasa.

    Juul menekankan bahwa Kongres Amerika Serikat memiliki kewenangan untuk melindungi NASA dari potensi kerugian ini. “Kongres memiliki kekuatan untuk mencegah pemerintahan yang baru dari meruntuhkan NASA dan pada akhirnya menyerahkan kegiatan luar angkasa kepada satu perusahaan swasta,” ujarnya.

    Sebagai lembaga independen yang vital, NASA tidak boleh dipersempit peranannya hanya untuk memenuhi kepentingan satu entitas bisnis. Sejarah menunjukkan bahwa Kongres sering terlibat dalam menentukan arah kebijakan luar angkasa, seperti saat mereka mengurangi anggaran NASA atau memaksa perubahan besar pada misi pengembalian sampel Mars.

    Juul mengusulkan agar Kongres memperkuat pengembangan Sistem Peluncuran Luar Angkasa (Space Launch System/SLS) milik NASA, sebuah program yang dianggap memiliki keunggulan teknis yang tidak dimiliki oleh negara atau perusahaan swasta lainnya.

    Meskipun SLS menghadapi kritik karena keterlambatan dan pembengkakan biaya, Juul percaya teknologi ini masih merupakan kekuatan utama yang harus dipertahankan untuk menjaga dominasi Amerika dalam eksplorasi luar angkasa.

    Di sisi lain, Juul juga mendesak agar Kongres menguatkan kebijakan kontrak ‘sumber ganda’ NASA, yang mewajibkan adanya persaingan antara dua perusahaan, alih-alih memberi kontrak dominan kepada SpaceX.

    Meski strategi ini menghadirkan tantangan, seperti bencana yang dialami misi Starliner Boeing, yang jauh lebih mahal daripada pesawat Crew Dragon milik SpaceX yang lebih andal, Juul tetap menganggap perlindungan terhadap NASA sebagai hal yang lebih penting.

    Menurut Juul, Kongres harus bertindak untuk melindungi NASA sebagai kebanggaan Amerika dari eksploitasi oligarki. Di bawah pemerintahan yang sebelumnya mengabaikan bukti ilmiah, seperti penolakan perubahan iklim yang digaungkan Trump, perlindungan terhadap NASA dan kegiatan ilmiahnya menjadi lebih krusial.

    Untuk itu, Kongres harus berperan aktif memastikan NASA tetap berjalan sesuai dengan tujuannya, sebagai lembaga yang berdedikasi pada eksplorasi luar angkasa dan riset ilmiah, bukan menjadi alat memperkaya satu individu atau perusahaan swasta.

    *Artikel ini ditulis oleh Dita Aliccia Armadani, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

    (fyk/fyk)

  • HP Meledak Picu Kebakaran di Dalam Pesawat, 100 Penumpang Dievakuasi

    HP Meledak Picu Kebakaran di Dalam Pesawat, 100 Penumpang Dievakuasi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Insiden terjadi di pesawat Southwest Airlines Penerbangan 3316 saat bersiap lepas landas di Bandara Internasional Denver pada akhir pekan lalu. Lebih dari 100 penumpang dievakuasi setelah sebuah ponsel milik salah satu penumpang terbakar, menyebabkan kursi di pesawat ikut tersulut api.

    Insiden bermula ketika pesawat Boeing 737-700 tersebut, yang mengangkut 108 penumpang, bersiap menuju Houston. Tiba-tiba, baterai ponsel salah satu penumpang terbakar, menimbulkan api dan asap yang menyebar di kabin.

    Penumpang di bagian belakang pesawat dievakuasi menggunakan seluncur darurat, sementara mereka yang berada di depan keluar melalui jet bridge.

    Menurut pernyataan Southwest Airlines, satu penumpang mengalami luka ringan saat evakuasi, sementara pemilik ponsel sedang dirawat akibat luka bakar. Awak kabin berhasil memadamkan api dengan cepat.

    “Tim layanan pelanggan Southwest sedang berupaya memindahkan penumpang ke pesawat lain untuk melanjutkan perjalanan mereka ke Houston,” ujar juru bicara maskapai, dilansir Independent. “Keselamatan pelanggan dan karyawan adalah prioritas utama Southwest.”

    Kejadian ini memicu kepanikan di dalam pesawat. Seth Anderson, salah satu penumpang, menggambarkan situasi tersebut.

    “Api menyebar cukup cepat, dan tiba-tiba orang-orang mulai panik,” ujarnya kepada .

    Penyelidikan FAA

    Administrasi Penerbangan Federal (FAA) mengumumkan akan menyelidiki insiden ini. Dalam unggahannya di platform X, FAA mengingatkan pentingnya membawa perangkat bertenaga lithium-ion di dalam kabin, bukan di bagasi, karena awak kabin terlatih untuk menangani kebakaran.

    Menurut data FAA, sejak 2006 telah terjadi 504 insiden terkait baterai lithium di pesawat, dengan 32 di antaranya terjadi sepanjang 2024. Kebanyakan insiden berasal dari baterai eksternal (206 kasus), diikuti oleh vape dan rokok elektrik (104 kasus), serta 68 kasus terkait ponsel.

    Insiden ini menggarisbawahi pentingnya penanganan perangkat bertenaga lithium dalam penerbangan untuk mencegah kejadian serupa.

    (luc/luc)

  • Video: Tax Amnesty Ada Lagi Hingga Boeing PHK 2.200 Pekerja

    Video: Tax Amnesty Ada Lagi Hingga Boeing PHK 2.200 Pekerja

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah dan DPR kembali akan melaksanakan program pengampunan pajak atau Tax Amnesty. Rencana itu terungkap dari hasil rapat panja program Legislasi Nasional RUU Prioritas 2025 yang dilaksanakan oleh Badan Legislasi DPR pada Senin kemarin.

    Sementara itu, raksasa penerbangan Amerika Serikat Boeing mengirimkan pemberitahuan PHK ke karyawannya Senin waktu setempat. Ini menjadi gelombang pertama dari rencana pemangkasan 10% tenaga kerja globalnya yang diumumkan Oktober.

    Selengkapnya dalam program Evening Up CNBC Indonesia, (Selasa, 19/11/2024).

  • PHK Massal: 2.500 Pekerja Raksasa Pesawat Boeing Diberhentikan

    PHK Massal: 2.500 Pekerja Raksasa Pesawat Boeing Diberhentikan

    Bisnis.com, JAKARTA – Produsen pesawat dengan bisnis global, Boeing, mengumumkan akan memberlakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal kepada lebih dari 2.500 karyawan di negara bagian Washington, Oregon, Carolina Selatan dan Missouri di AS. 

    Pemberhentian ini merupakan bagian dari rencana besar produsen pesawat yang tengah terlilit utang tersebut untuk memangkas sebanyak total 17.000 pekerjaan, atau 10% dari tenaga kerja globalnya. 

    Dalam dokumen pengajuan yang diwajibkan oleh pemerintah federal yang diposting pada Senin (18/11/2024) waktu setempat menyebut, hampir 2.200 pemberitahuan pemutusan hubungan kerja (PHK) ditujukan kepada para pekerja di Washington dan 220 lainnya di South Carolina, dua negara bagian tempat Boeing memproduksi pesawat komersial. 

    Adapun, Boeing menolak mengomentari PHK tersebut.

    Raksasa kedirgantaraan ini mulai memberi tahu para pekerja AS yang terkena dampak pada Rabu pekan lalu bahwa mereka akan tetap menerima gaji Boeing hingga 17 Januari 2025, untuk mematuhi persyaratan federal untuk memberi tahu karyawan setidaknya 60 hari sebelum mengakhiri pekerjaan mereka.

    Berita bahwa Boeing akan mengirimkan Pemberitahuan Penyesuaian dan Pelatihan Ulang Pekerja atau Worker Adjustment and Retraining Notification (WARN) pada pertengahan November sudah diperkirakan secara luas. 

    PHK massal terakhir diperkirakan terjadi pada Desember mendatang. Boeing juga dapat memanfaatkan pengurangan tenaga kerja, perekrutan selektif, dan penjualan anak perusahaan untuk mengurangi tenaga kerja.

    Pada Oktober lalu, CEO baru Boeing, Kelly Ortberg, mengatakan perusahaannya tidak bermaksud untuk menghentikan produksi atau mengeluarkan tenaga kerja dari laboratorium teknik. Pengamat industri telah menunggu WARN untuk mengetahui indikasi bagaimana PHK dapat berdampak pada pekerja di pusat manufaktur utama perusahaan.

    Namun, beberapa ratus insinyur dan pekerja produksi termasuk di antara mereka yang menerima pemberitahuan PHK.

    The Society of Professional Engineering Employees in Aerospace Society mengatakan 438 anggota serikat pekerja di Boeing menerima pemberitahuan PHK pekan lalu, termasuk 218 insinyur dan 220 teknisi.

    Sementara itu, Asosiasi Internasional Ahli Mesin dan Pekerja Dirgantara (IAM) District Lodge 837 di St. Louis mengatakan Boeing mengirimkan pemberitahuan kepada 111 anggota, yang sebagian besar membuat komponen sayap untuk 777X.

    Adapun, orang-orang yang diberhentikan tampaknya berbeda-beda di setiap bagian dalam Boeing, kata beberapa pekerja non-serikat yang menerima WARN.

    Seorang pekerja di Boeing Defense, Space & Security mengatakan semua kecuali dua atau tiga anggota timnya yang beranggotakan 12 orang diberhentikan, sementara yang lain mengatakan bahwa dia adalah satu-satunya dari sekitar 20 orang timnya yang menerima peringatan. 

    Keduanya mengatakan mereka memberikan dukungan penting bagi insinyur produksi dan desain, namun mereka tidak dianggap bekerja di bagian produksi.

    Pemberitahuan ini muncul ketika Boeing mencoba memulai kembali produksi 737 MAX yang paling laris, setelah pemogokan selama berminggu-minggu oleh lebih dari 33.000 pekerja di Pantai Barat AS menghentikan produksi sebagian besar jet komersialnya.

  • MoU PTDI dengan Embraer Brasil Perluas Kolaborasi dalam Penerbangan

    MoU PTDI dengan Embraer Brasil Perluas Kolaborasi dalam Penerbangan

    Sao Paolo, Beritasatu.com – Produsen pesawat asal Brasil Embraer pada Minggu (17/11/2024) malam waktu setempat, mengatakan bahwa pihaknya telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) untuk memperluas kolaborasi mereka dalam penerbangan komersial.

    Embraer adalah pembuat pesawat terbesar ketiga di dunia setelah Airbus dan Boeing. Saat ini TNI Angkatan Udara Indonesia mengoperasikan armada Embraer A-29 Super Tucano. Selain itu, Indonesia juga memiliki armada jet eksekutif Embraer yang beroperasi.

    Kesepakatan tersebut diformalkan di sela-sela KTT G-20 di Rio de Janeiro, yang juga dihadiri Presiden Indonesia Prabowo Subianto.

    Kemitraan ini mencakup studi bersama untuk mengevaluasi peluang di berbagai bidang seperti teknik dan penyediaan struktur aero, menurut Embraer. “PTDI memiliki ambisi besar untuk negara ini,” kata Presiden Direktur PTDI Gita Amperiawan dalam sebuah pernyataan seperti dikuti Reuters, Senin (18/11/2024). 

    Kepala Eksekutif Embraer Rodrigo Silva e Souza mengatakan Indonesia merupakan salah satu pasar penerbangan dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Ia menambahkan bahwa Embraer telah mengidentifikasi area di mana kedua pihak dapat memanfaatkan keahlian mereka, meningkatkan kemampuan kedirgantaraan Indonesia, dan memperluas konektivitas udaranya.

  • Pertamina Berburu Minyak Jelantah, Target 1,5 Juta Ton Terkumpul pada 2030

    Pertamina Berburu Minyak Jelantah, Target 1,5 Juta Ton Terkumpul pada 2030

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina Patra Niaga menargetkan dapat mengumpulkan minyak jelantah use cooking oil (UCO) sebanyak 1,5 juta ton pada 2030. 

    Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengatakan pengumpulan minyak goreng bekas itu dilakukan untuk diolah menjadi bahan baku produksi bio avtur atau Sustainable Aviation Fuel (SAF) dan bahan bakar rendah karbon seperti Hydrotreated Vegetable Oil (HVO).

    “Meningkatkan dan mendapatkan keuntungan dari pengumpulan UCO dari 0,3 juta [ton] pada tahun 2023 dan diharapkan menjadi 1,5 juta ton per tahun pada tahun 2030,” kata Riva dalam acara diskusi Indonesia Pavilion COP29 di Azerbaijan yang disiarkan secara dari, Sabtu (16/11/2024). 

    Adapun pengumpulan minyak jelantah itu akan diambil dari rumah tangga. Selain itu, Pertamina Patra Niaga juga akan bekerja sama dengan pengusaha FnB dan pabrik produksi makanan untuk mengumpulkan minyak jelantah tersebut.

    Khusus pengambilan jelantaH dari pengusaha FnB dan pabrik, Pertamina Patra Niaga akan melakukan dengan kerja sama Business to Consumer (B2C) maupun Business to Business (B2B). 

    “Kami bertujuan untuk meningkatkan potensi volume UCO guna mendukung produksi produk SAF dan produk rendah karbon lainnya seperti HVO,” kata Riva.

    Indonesia sendiri memang tangah mengembangkan bioavtur untuk bahan bakar penerbangan komersil. Adapun minyak jelantah menjadi salah satu bahan baku pembuatan bahan bakar rendah karbon tersebut.

    Produk SAF alias bioavtur dari Pertamina telah diuji lewat penerbangan komersial dengan pesawat Boeing 737-800 NG milik PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA).

    Selain untuk maskapai lokal, SAF besutan Pertamina juga telah diujicobakan untuk Virgin Australia Airlines.

    Tercatat, kurang lebih sebanyak 160 kiloliter SAF disalurkan kepada Pesawat Boeing 737 milik Virgin Australia pada gelaran Bali International Airshow untuk dua hari penerbangan Virgin Australia di Ngurah Rai, yaitu pada 18 hingga 19 September 2024.