Perusahaan: Boeing

  • Stasiun Tanah Abang Baru Siap Layani 380.000 Penumpang per Hari

    Stasiun Tanah Abang Baru Siap Layani 380.000 Penumpang per Hari

    JAKARTA – Pembangunan Stasiun Tanah Abang Tahap I telah rampung. Kini, stasiun tersebut mampu menampung hingga 380.000 penumpang per hari, meningkat hampir tiga kali lipat dari kapasitas sebelumnya.

    Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi mengatakan stasiun tersebut sudah beroperasi sejak Juni 2025 dengan melayani lima rute utama yakni Kampung Bandan, Rangkasbitung, Duri–Tangerang, Manggarai–Bogor, dan Cikarang.

    “Kapasitas penumpang Stasiun Tanah Abang Baru ini adalah semuanya total sekitar dari semula 141.000 menjadi 380.000 penumpang,” kata Dudy saat peresmian Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Selasa, 4 November.

    Menurut Dudy, Stasiun Tanah Abang berkontribusi sekitar 22 persen dari total penumpang KRL Jabodetabek.

    Hingga Oktober 2025, tercatat 63 juta penumpang telah diangkut dari stasiun tersebut.

    Secara keseluruhan, seluruh jaringan kereta api di Indonesia mencatat 486 juta penumpang sepanjang 2024, menandakan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi massal berbasis rel.

    Nilai proyek pembangunan Stasiun Tanah Abang Tahap I mencapai Rp 380,93 miliar. Bangunan baru Stasiun Tanah Abang berdiri di atas lahan 31.174 meter persegi dengan luas bangunan mencapai 19.000 meter persegi. Fasilitasnya mencakup empat peron dan enam jalur, yang dapat melayani rangkaian kereta dengan 12 gerbong.

    “Jadi kalau Bapak bisa bayangkan 300 itu seperti dengan dua pesawat Boeing 737. Jadi dalam memberangkatkan satu rangkaian itu kurang lebih sekitar 20 pesawat Boeing 737,” ucapnya.

    Dudy menekankan pembangunan stasiun baru ini menjadi bagian dari upaya pemerintah mendukung konsep kawasan berorientasi transit atau Transit Oriented Development (TOD).

    Selain memperluas kapasitas, sambung Dudy, pembangunan ini juga dimaksudkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang terus meningkat setiap tahun.

    Stasiun Tanah Abang merupakan salah satu stasiun dengan intensitas tertinggi di Jabodetabek. Stasiun ini menjadi pusat mobilitas masyarakat, sehingga perlu dikembangkan dengan konsep kawasan berorientasi transit,” katanya.

    Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAl Bobby Rasyidin mengatakan peningkatan kapasitas Stasiun Tanah Abang akan berdampak langsung terhadap mobilitas dan perekonomian masyarakat.

    “Stasiun ini menjadi salah satu simpul utama konektivitas KRL Jabodetabek yang memperkuat pertumbuhan ekonomi perkotaan sekaligus mendukung pengurangan emisi karbon melalui peningkatan penggunaan transportasi publik,“ ujar Bobby.

  • Pesawat ‘Raksasa’ Airbus A400M Kedua Tiba di RI, Ini Para Musuhnya

    Pesawat ‘Raksasa’ Airbus A400M Kedua Tiba di RI, Ini Para Musuhnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Armada militer udara Indonesia kembali bertambah, di mana pesawat jenis transpor militer bermesin empat turboprop Airbus A400M kedua akhirnya tiba di RI. Adapun pesawat tersebut yakni Airbus A400M, yang diklaim lebih canggih dan multifungsi. Pesawat ini juga terbilang unik, karena memiliki kemampuan strategis yang siap dikirim ke titik yang dibutuhkan.

    A400M yang diserahkan ke Indonesia memiliki konfigurasi untuk berbagai misi, termasuk angkutan kargo, transportasi pasukan, evakuasi medis (MEDEVAC), dan misi kemanusiaan. Pesawat ini mampu mengangkut muatan maksimum hingga 37 ton, mencakup helikopter, kendaraan, dan bantuan logistik. Untuk misi rata-rata dengan muatan 30 ton, A400M dapat terbang sejauh 2.400 mil laut, mencakup seluruh wilayah kepulauan Indonesia dari Jakarta.

    Dirancang untuk fleksibilitas operasional, A400M mampu beroperasi di landasan pacu yang pendek maupun tidak beraspal, serta berfungsi sebagai pesawat multiperan untuk pengisian bahan bakar di udara, menjadikannya pengganda kekuatan yang dapat memperluas jangkauan operasional TNI AU.

    Presiden Prabowo Subianto mengatakan pesawat A400M ini nantinya akan dilengpaki oleh perangkat pemadam kebakaran (fire fighting kit), untuk mendukung pemadaman kebakaran hutan jika ada kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

    “Saya sudah instruksikan untuk diperlengkapi dengan alat-alat untuk menghadapi kebakaran hutan,” kata Prabowo.

    Menggunakan perangkat modular roll-on/roll-off ini, memungkinkan pesawat A400M untuk dikonfigurasi dengan cepat menjadi pesawat pemadam kebakaran udara, yang mampu membawa hingga 20.000 liter air atau bahan retardant dalam satu kali misi. Kapabilitas baru ini akan secara signifikan meningkatkan kemampuan Indonesia dalam menanggulangi kebakaran hutan di wilayah-wilayah terpencil dan sulit dijangkau.

    Tak hanya itu saja, Prabowo menjelaskan bahwa pesawat angkut yang dipesan sejak 2021 itu dapat digunakan dalam misi kemanusiaan di negara lain, seperti Gaza, Palestina.

    “Saya kira ini mampu. Sangat mampu (untuk misi kemanusiaan),” lanjut Prabowo.

    Prabowo menjelaskan bahwa pesawat ini akan sangat membantu dalam operasi penyelamatan, seperti evakuasi korban luka. Untuk itu, kepala negara meminta kepada TNI AU untuk mengimplementasikan modul medis supaya bisa menjadi ‘ambulans udara’.

    “Makanya kita bikin modul operasi udara, ambulans Udara. TNI saya perintahkan untuk menambah batalion-batalion kesehatan. Batalion tim kesehatan tidak hanya mendukung bencana di wilayah nasional, tapi seandainya ada kemanusiaan terjadi peristiwa di mana-mana kita bisa hadir,” jelas Prabowo.

    Foto: Pesawat Airbus A400M tiba di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (3/11/2025). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)
    Pesawat Airbus A400M tiba di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (3/11/2025). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

    Perbandingan Pesawat A400M Dengan Pesawat Sejenis Lainnya

    Pesawat A400M diproduksi oleh Airbus Jerman, sehingga tentunya memiliki kemiripan dengan jenis lainnya yang diproduksi oleh perusahaan produsen pesawat lainnya dan tentunya di negara lain.

    Jika Airbus memproduksi A400M, maka ada Boeing jenis C-17 Globemaster III. Perbedaan paling terlihat yakni ukuran pesawat dan mesinnya. Jika A400M memiliki panjang 45 meter, maka C-17 Globemaster III memiliki panjang 53 meter. A400M menggunakan mesin turbotrop, sedangkan C-17 Globemaster III menggunakan jet turbofan.

    Kapasitas muatan maksimumnya pun berbeda, di mana A400M lebih kecil dibandingkan dengan C-17 Globemaster III. A400M memiliki kapasitas mencapai 37 ton, sedangkan C-17 Globemaster III berkapasitas 77 Ton.

    Namun, A400M lebih banyak dicari oleh beberapa negara, termasuk Indonesia, karena lebih fleksibel untuk operasi di lapangan dengan landasan pacu yang lebih pendek. Sedangkan C-17 Globemaster III unggul dalam misi jarak jauh dan dengan kargo besar.

    Meski A400M dan C-17 Globemaster III kerap dipasangkan karena hampir memiliki kemiripan, tetapi ada jenis pesawat lainnya yang ukurannya lebih kecil dari kedua pesawat tersebut, yakni C-130J-30 Super Hercules dan C-130J Super Hercules yang diproduksi oleh Lockheed Martin.

    Jika dilihat sekilas, kedua jenis pesawat tersebut sejatinya sama, hanya saja, C-130J-30 Super Hercules merupakan varian yang lebih panjang dari C-130J Super Hercules. Jika C-130J-30 Super Hercules memiliki panjang 34,4 meter, maka C-130J Super Hercules hanya mencapai 29,8 meter.

    Selain itu, kapasitas muat maksimum C-130J-30 Super Hercules tentunya lebih besar dibandingkan dengan C-130J Super Hercules. Kapasitas C-130J-30 Super Hercules mencapai hampir 20 ton, sedangkan C-130J Super Hercules mencapai 19 ton.

    Selain Airbus, Boeing, dan Lockheed Martin, ada juga produsen pesawat lainnya yakni Transall, yang memproduksi C-160 Transall untuk varian yang mirip seperti C-17 Globemaster III, A400M, dan C-130J-30 Super Hercules.

    Namun, C-160 Transall merupakan pesawat militer generas lama, di mana pesawat ini telah diproduksi sejak 1965-1985, sehingga negara-negara yang memiliki pesawat jenis ini mungkin saja sudah mulai menggantikan dengan pesawat jenis lainnya.

    Berikut perbandingan panjang dan kapasitas muat maksimum dari C-17 Globemaster III, A400M, C-130J-30 Super Hercules, dan C-160 Hercules.

    1. Produsen:

    C-17 Globemaster III (Boeing),
    A400M (Airbus),
    C-130J-30 Super Hercules (Lockheed Martin),
    C-160 Transall (Transall).

    2. Panjang:

    C-17 Globemaster III (53 meter),
    A400M (45 meter),
    C-130J-30 Super Hercules (34 meter),
    C-160 Transall (32 meter).

    3. Kapasitas muatan:

    C-17 Globemaster III (77 ton),
    A400M (37 ton),
    C-130J-30 Super Hercules (20 ton),
    C-160 Transall (16 ton).

    4. Jenis mesin:

    C-17 Globemaster III (jet turbofan),
    A400M (turboprop),
    C-130J-30 Super Hercules (turboprop),
    C-160 Transall (turboprop).

    5. Kecepatan Jelajah:

    C-17 Globemaster III (750-800 km/jam),
    A400M (720 km/jam),
    C-130J-30 Super Hercules (670-740 km/jam),
    C-160 Transall (513 km/jam).

    6. Kemampuan Pendaratan:

    C-17 Globemaster III (pendaratan di landasan pacu panjang),
    A400M (pendaratan di berbagai landasan, umumnya bisa yang lebih pendek),
    C-130J-30 Super Hercules (pendaratan di landasan pendek dan tidak rata),
    C-160 Transall (pendaratan di berbagai landasan).

    (chd/wur)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Dinosaurus Masih Jaya Kalau Asteroid Tak Hantam Bumi

    Dinosaurus Masih Jaya Kalau Asteroid Tak Hantam Bumi

    Jakarta

    Dinosaurus tidak akan punah jika tidak terjadi hantaman asteroid yang dahsyat, kata para peneliti. Studi ini menantang gagasan yang menyebutkan hewan-hewan tersebut sudah mengalami penurunan populasi bahkan sebelum asteroid menghantam Bumi.

    Sekitar 66 juta tahun yang lalu, pada akhir Periode Kapur, sebuah batu luar angkasa raksasa menabrak Bumi, memicu kepunahan massal yang memusnahkan semua dinosaurus kecuali burung. Namun, beberapa ahli berpendapat bahwa populasi dinosaurus memang sudah mengalami penurunan.

    Kini para peneliti mengatakan penanggalan sebuah formasi batuan di New Mexico menimbulkan keraguan pada gagasan itu, yang menunjukkan dinosaurus berkembang pesat hingga terjadi tabrakan yang mengubah sejarah.

    “Saya pikir berdasarkan studi baru kami, hal itu menunjukkan bahwa, setidaknya di Amerika Utara, mereka tidak menuju kepunahan,” kata Dr Andrew Flynn, penulis pertama penelitian di New Mexico State University, dikutip dari National Geographic.

    Menulis di jurnal Science, Flynn dan rekannya melaporkan bagaimana mereka menentukan umur satuan batuan yang disebut Anggota Naashoibito di cekungan San Juan menggunakan dua metode.

    Yang pertama melibatkan analisis rasio dua isotop argon dalam kristal yang ditemukan di batuan, yang memberikan perkiraan usia maksimum pembentukannya. Yang kedua melibatkan analisis keselarasan partikel magnetik dalam material pembentuk batuan, sebuah fitur yang mencerminkan arah medan magnet Bumi pada saat batuan tersebut terbentuk.

    “Peristiwa kepunahan ini sebenarnya terjadi tepat di tengah-tengah periode yang cukup singkat di mana polaritas kutub magnet Bumi terbalik,” kata Flynn.

    Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa bagian Anggota Naashoibito tempat fosil dinosaurus termuda ditemukan terbentuk, paling lama, sekitar 350 ribu tahun sebelum kepunahan massal.

    “Ini adalah dinosaurus terakhir di Amerika Utara bagian selatan,” kata Flynn.

    Tim tersebut mengatakan hasil penelitian menunjukkan dinosaurus pada periode tersebut lebih beragam daripada yang diperkirakan sebelumnya. “Tidak ada fauna dinosaurus Amerika Utara yang seragam yang membuat mereka sangat rentan terhadap kepunahan,” kata Flynn.

    Memang, meskipun ada beberapa spesies yang umum di utara dan selatan Amerika Utara, termasuk predator besar seperti T. rex, ada juga perbedaan yang mencolok, sesuatu yang menurut para peneliti mencerminkan variasi iklim.

    Profesor Steve Brusatte, salah satu penulis studi di University of Edinburgh, mengatakan bahwa di wilayah utara terdapat banyak triceratops bertanduk dan dinosaurus berparuh bebek standar seperti Edmontosaurus. Namun di selatan terdapat dinosaurus berparuh bebek dengan jambul yang rumit dan, yang paling mencolok, terdapat sauropoda raksasa berleher panjang.

    “Ada satu sauropoda, alamosaurus, panjangnya hampir 30 meter dan beratnya lebih dari Boeing 737. Tidak ada tanda-tanda bahwa dinosaurus ini sedang dalam masalah, atau bahwa ada sesuatu yang tidak biasa terjadi pada mereka, atau bahwa mereka sedang mengalami penurunan jangka panjang,” kata Brusatte.

    Flynn mengatakan persepsi bahwa keanekaragaman dinosaurus secara keseluruhan menurun sebelum asteroid menghantam bisa jadi merupakan akibat dari lebih sedikitnya batuan yang tersingkap, dan karenanya lebih sedikit fosil, yang berasal dari akhir Periode Cretaceous dibandingkan pada awal zaman tersebut.

    “Sepertinya, sejauh yang kami ketahui, tidak ada alasan mereka punah kecuali karena dampak asteroid,” katanya.

    Profesor Michael Benton dari University of Bristol menyambut baik penelitian ini. Ahli paleontologi yang tidak terlibat dalam penelitian ini mengatakan, bukti baru tentang dinosaurus yang bertahan hidup sangat lambat di New Mexico ini sangat menarik, dan setidaknya menunjukkan bahwa fauna di satu lokasi beragam.

    Namun, ia memberi catatan bahwa makalah tersebut hanya melihat satu lokasi, bukan representasi kompleksitas spesies dinosaurus saat itu di Amerika Utara, atau di seluruh dunia.

    “Seperti yang juga ditunjukkan oleh para penulis dalam makalah tersebut, secara umum dinosaurus pada 6 juta tahun terakhir Zaman Kapur kurang beragam, dari 43 spesies sebelumnya menjadi 30 spesies di Amerika Utara bagian barat,” ujarnya.

    “Kami berpendapat bahwa terdapat bukti penurunan jumlah dinosaurus secara keseluruhan menjelang akhir Zaman Kapur, dengan fauna-fauna tertentu yang kaya di daerah dengan iklim yang mendukung,” tutupnya.

    (rns/rns)

  • Jelang Pengumuman Fed, Saham-saham Wall Street Kompak Menghijau

    Jelang Pengumuman Fed, Saham-saham Wall Street Kompak Menghijau

    Bisnis.com, JAKARTA – Saham-saham di bursa Amerika Serikat (AS) melanjutkan reli yang didorong oleh sektor teknologi pada Rabu (29/10/2025), seiring Wall Street bersiap menghadapi agenda padat yang mencakup keputusan suku bunga Federal Reserve atau The Fed dan laporan keuangan dari tiga raksasa teknologi.

    Dilansir dari Bloomberg, Indeks S&P 500 naik tipis 0,210% pada pukul 11:48 pagi di New York, sementara Indeks Nasdaq 100 naik 0,332%. Saham Nvidia Corp. melanjutkan kenaikannya, menembus kapitalisasi pasar US$5 triliun dan menjadi perusahaan publik pertama dalam sejarah yang mencapai tonggak tersebut.

    Adapun, The Fed diperkirakan akan menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin persentase pada Rabu sore waktu setempat. Ketua The Fed Jerome Powell siap untuk menggambarkan pemotongan tersebut dan penarikan dari program pengetatan kuantitatif bank sebagai langkah manajemen risiko.

    Antisipasi langkah The Fed telah menarik turun imbal hasil obligasi Treasury 10 tahun sejak pertemuan terakhir, sementara penutupan pemerintah AS (government shutdown) mengancam akan memberikan tekanan tambahan pada ekonomi.

    “Dengan taruhan untuk langkah The Fed hari ini sebagian besar sudah pasti, hal yang lebih penting bagi pasar adalah laporan kinerja Microsoft Corp., Alphabet Inc., dan Meta Platforms Inc. setelah penutupan pasar,” tulis Bloomberg dikutip, Kamis (30/10/2025) dini hari. 

    Wall Street akan memantau pembaruan mengenai pengeluaran kecerdasan buatan (artificial intelligent/ AI) dan menanti informasi kapan mereka memperkirakan akan mulai melihat hasil dari investasi tersebut.

    Perkembangan positif di front perdagangan juga mengangkat suasana di kalangan pedagang. Presiden AS Donald Trump dan Presiden Korea Selatan Lee Jae Myung menandatangani kesepakatan perdagangan, mengakhiri negosiasi berbulan-bulan mengenai implementasi kesepakatan kerangka kerja yang disepakati pada Juli.

    Dalam pergerakan saham individu, saham Boeing Co. turun 4,18% setelah produsen pesawat tersebut mencatat beban akuntansi sebesar $4,9 miliar akibat penundaan peluncuran pesawat jet 777X hingga 2027.

    Di sisi lain, saham American Electric Power naik 4,99% setelah perusahaan utilitas listrik AEP mengonfirmasi kisaran proyeksi laba operasional tahunan dan menyatakan bahwa hasilnya diperkirakan akan berada di bagian atas kisaran tersebut. Saham Caterpillar Inc. melonjak 12,90% setelah produsen mesin tersebut melaporkan laba per saham yang disesuaikan melebihi ekspektasi Wall Street.

    Di tingkat sektor, saham emas dan perak naik seiring dengan kenaikan harga logam, karena investor semakin mengharapkan The Fed akan menurunkan suku bunga hari ini.

    Setelah rally 38% di S&P 500 sejak titik terendah April, investor dihadapkan pada dilema: Mencairkan keuntungan atau tetap bertahan. Indeks S&P 500 telah berada di atas rata-rata pergerakan 50 hari selama 125 sesi, periode terpanjang sejak 2011, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Indeks acuan ini hanya mencatat tiga periode lebih panjang dalam 30 tahun terakhir.

  • Easter Jet Buka Penerbangan Langsung Rute Incheon-Manado

    Easter Jet Buka Penerbangan Langsung Rute Incheon-Manado

    Jakarta: Eastar Jet, maskapai penerbangan bertarif terjangkau asal Korea Selatan, resmi membuka rute penerbangan langsung yang menghubungkan Incheon, Korea Selatan, dengan Manado, Indonesia.
     
    Pembukaan rute Incheon-Manado ini diharapkan dapat mempermudah akses wisatawan menuju destinasi unggulan seperti Taman Laut Bunaken dan berbagai daya tarik alam lainnya di kawasan Sulawesi Utara.
     
    Kehadiran rute penerbangan langsung ini membuka peluang bagi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, serta memperkuat arus perdagangan, investasi, serta kerja sama industri penerbangan antara kedua negara.
     
    Sebagai bagian dari dukungan terhadap operasional Eastar Jet di Indonesia, PT JAS Aero Engineering Services (JAE) dipercaya oleh maskapai menjadi mitra MRO di Manado. JAE memberikan dukungan layanan sertifikasi kelayakan pesawat untuk terbang dan technical ramp untuk memastikan setiap pesawat Eastar Jet beroperasional dengan standar keamanan dan keselamatan internasional.
     

    “Kami senang dapat turut mendukung Eastar Jet dalam menghadirkan konektivitas baru ini melalui dukungan teknis kami. Semoga kehadiran rute Incheon–Manado dapat menjadi jembatan yang mempererat hubungan antara Korea Selatan dan Indonesia, serta memberi manfaat secara luas dan berkelanjutan” ujar Iman Sinambela, Presiden Direktur PT JAS Aero Engineering Services.
     
    Sinergi antara Eastar Jet dan JAE menjadi bukti nyata komitmen bersama dalam mendukung pertumbuhan industri penerbangan yang andal, aman, dan berkelanjutan, serta memperkuat ekosistem penerbangan di kawasan Asia.

    Easter Jet di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi. Foto: JAS Aero Engineering Services (JAE)
     

     
    Jadwal Eastar Jet Rute Penerbangan Incheon-Manado
    Rute Incheon-Manado beroperasional empat kali dalam seminggu menggunakan tipe pesawat Boeing 737 MAX. Penerbangan ini dijadwalkan berangkat dari Bandar Udara Internasional Incheon (ICN) pukul 20.25 waktu setempat dan tiba di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi (MDC) pukul 01.15 waktu setempat pada hari berikutnya.
     
    Sementara itu, penerbangan kembali dari Manado ke Incheon dijadwalkan berangkat pukul 02.20 pagi waktu setempat dan tiba pukul 08.40 waktu setempat.

    Jakarta: Eastar Jet, maskapai penerbangan bertarif terjangkau asal Korea Selatan, resmi membuka rute penerbangan langsung yang menghubungkan Incheon, Korea Selatan, dengan Manado, Indonesia.
     
    Pembukaan rute Incheon-Manado ini diharapkan dapat mempermudah akses wisatawan menuju destinasi unggulan seperti Taman Laut Bunaken dan berbagai daya tarik alam lainnya di kawasan Sulawesi Utara.
     
    Kehadiran rute penerbangan langsung ini membuka peluang bagi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, serta memperkuat arus perdagangan, investasi, serta kerja sama industri penerbangan antara kedua negara.
     
    Sebagai bagian dari dukungan terhadap operasional Eastar Jet di Indonesia, PT JAS Aero Engineering Services (JAE) dipercaya oleh maskapai menjadi mitra MRO di Manado. JAE memberikan dukungan layanan sertifikasi kelayakan pesawat untuk terbang dan technical ramp untuk memastikan setiap pesawat Eastar Jet beroperasional dengan standar keamanan dan keselamatan internasional.
     

     
    “Kami senang dapat turut mendukung Eastar Jet dalam menghadirkan konektivitas baru ini melalui dukungan teknis kami. Semoga kehadiran rute Incheon–Manado dapat menjadi jembatan yang mempererat hubungan antara Korea Selatan dan Indonesia, serta memberi manfaat secara luas dan berkelanjutan” ujar Iman Sinambela, Presiden Direktur PT JAS Aero Engineering Services.
     
    Sinergi antara Eastar Jet dan JAE menjadi bukti nyata komitmen bersama dalam mendukung pertumbuhan industri penerbangan yang andal, aman, dan berkelanjutan, serta memperkuat ekosistem penerbangan di kawasan Asia.
     

    Easter Jet di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi. Foto: JAS Aero Engineering Services (JAE)
     

     

    Jadwal Eastar Jet Rute Penerbangan Incheon-Manado

    Rute Incheon-Manado beroperasional empat kali dalam seminggu menggunakan tipe pesawat Boeing 737 MAX. Penerbangan ini dijadwalkan berangkat dari Bandar Udara Internasional Incheon (ICN) pukul 20.25 waktu setempat dan tiba di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi (MDC) pukul 01.15 waktu setempat pada hari berikutnya.
     
    Sementara itu, penerbangan kembali dari Manado ke Incheon dijadwalkan berangkat pukul 02.20 pagi waktu setempat dan tiba pukul 08.40 waktu setempat.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • Jet Tempur & Helikopter AS Tiba-Tiba Jatuh Dekat RI

    Jet Tempur & Helikopter AS Tiba-Tiba Jatuh Dekat RI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Dua pesawat Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) jatuh di laut dekat RI, Laut Cina Selatan (LCS), dalam dua insiden terpisah Minggu. Kecelakaan pertama melibatkan helikopter MH-60R Sea Hawk sementara yang kedua melibatkan jet tempur Boeing F/A-18F Super Hornet.

    Mengutip AFP, Senin (27/10/2025), kecelakaan pertama melibatkan helikopter MH-60R Sea Hawk, yang jatuh saat melakukan operasi rutin dari kapal induk USS Nimitz. Armada Pasifik Angkatan Laut AS, mengatakan awak helikopter tersebut telah ditemukan oleh tim SAR.

    Setengah jam kemudian, menurut Angkatan Laut, sebuah jet tempur Boeing F/A-18F Super Hornet juga jatuh di LCS, saat melakukan operasi rutin dari USS Nimitz. Pernyataan Angkatan Laut menyatakan bahwa kedua awak kapal berhasil melontarkan diri dari kapal dan berhasil diselamatkan dengan selamat.

    “Semua personel yang terlibat selamat dan dalam kondisi stabil,” kata Angkatan Laut AS.

    “Penyebab kedua insiden saat ini sedang diselidiki,” tambahnya.

    Kecelakaan ini terjadi saat Presiden AS Donald Trump berada di Malaysia dalam kunjungan pertamanya ke Asia di masa jabatan keduanya. Ini juga terjadi saat Menteri Pertahanan AS Pete Hegseth bersiap untuk memulai lawatan ke beberapa negara di Asia.

    Awal tahun ini, dua pesawat tempur AS jatuh dari kapal induk Angkatan Laut AS, Harry S. Truman. Kejadian berlangsung di perairan di Timur Tengah.

    (sef/sef)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Helikopter dan Jet Angkatan Laut AS Jatuh di Laut Cina Selatan

    Helikopter dan Jet Angkatan Laut AS Jatuh di Laut Cina Selatan

    Jakarta

    Dua pesawat milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) jatuh di Laut Cina Selatan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

    Dilansir AFP, Senin (27/10/2025), Armada Pasifik Angkatan Laut AS mengatakan kecelakaan pertama melibatkan helikopter MH-60R Sea Hawk jatuh di perairan Laut Cina Selatan saat melakukan operasi rutin dari kapal induk USS Nimitz. Ketiga awak helikopter telah ditemukan tim SAR.

    Sekitar setengah jam setelah kejadian itu, menurut Angkatan Laut, sebuah jet tempur Boeing F/A-18F Super Hornet jatuh di Laut Cina Selatan, juga “saat melakukan operasi rutin” dari USS Nimitz.

    Angkatan Laut AS menyatakan kedua awak kapal berhasil menyelamatkan diri dari kapal. Mereka juga berhasil diselamatkan dengan selamat.

    “Semua personel yang terlibat selamat dan dalam kondisi stabil,” kata Angkatan Laut AS. “Penyebab kedua insiden saat ini sedang diselidiki”.

    Awal tahun ini, dua pesawat tempur AS jatuh dari kapal induk Angkatan Laut AS, Harry S. Truman, saat beroperasi di Timur Tengah.

    (zap/idn)

  • AS Kirim Kapal Induk ke Karibia, Perangi Narkoba atau Lengserkan Maduro?

    AS Kirim Kapal Induk ke Karibia, Perangi Narkoba atau Lengserkan Maduro?

    Washington DC

    Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, menuduh Amerika Serikat “merekayasa perang”, setelah AS mengirim kapal perang terbesar di dunia ke Karibia.

    Menteri Pertahanan AS, Pete Hegseth, memerintahkan kapal induk USS Gerald R Ford, yang dapat mengangkut hingga 90 pesawat tempur, untuk bertolak dari Laut Mediterania pada Jumat (24/10).

    “Mereka sedang merekayasa perang abadi yang baru,” kata Maduro kepada media pemerintah Venezuela. “Mereka berjanji tidak akan pernah lagi terlibat dalam perang, dan mereka sedang merekayasa perang,” tambahnya.

    AS sedang meningkatkan kekuatan militernya di Karibia. Washington DC telah mengerahkan sejumlah kapal perang, kapal selam nuklir, dan pesawat F-35 dalam tindakan yang mereka sebut sebagai operasi memerangi pengedar narkoba.

    Kapal induk USS Gerald Ford adalah kapal perang terbesar di dunia saat ini (Reuters)

    AS juga telah melakukan 10 serangan udara terhadap kapal-kapal yang diklaim milik para pengedar. Salah satu serangan, yang terjadi di Laut Karibia pada Jumat (24/10), menyebabkan “enam pria narko-teroris” tewas, menurut Hegseth.

    Pemerintahan Trump menyatakan sedang melancarkan perang melawan perdagangan narkoba. Namun, para ahli dan anggota Kongres menuding Trump sejatinya sedang melancarkan upaya menggoyahkan pemerintahan Maduro.

    Maduro adalah musuh bebuyutan Trump. Presiden Venezuela tersebut dituduh sebagai pemimpin organisasi perdagangan narkoba, yang dibantah Maduro.

    BBC

    BBC Verify telah memantau informasi pelacakan yang tersedia untuk umum terhadap kapal perang dan pesawat tempur AS di wilayah Karibia. Citra satelit dan foto-foto di media sosial juga dipantau untuk mencoba mengetahui seberapa besar kekuatan militer yang dikerahkan Trump.

    Penempatan pasukan berubah-ubah sehingga BBC memantau wilayah tersebut secara berkala untuk mendapatkan informasi terbaru.

    Per 23 Oktober, kami mengidentifikasi 10 kapal militer AS di wilayah tersebut, termasuk kapal perusak berpeluru kendali, kapal serbu amfibi, dan kapal tanker minyak untuk mengisi bahan bakar kapal di laut.

    Pengerahan kekuatan militer AS

    Pentagon telah memerintahkan pengerahan gugus tempur kapal induk ke wilayah Karibia.

    Gugus tugas ini mencakup USS Gerald R. Ford, kapal induk terbesar di dunia.

    Selain kapal-kapal AS di sekitar Puerto Rico tempat AS memiliki pangkalan militer citra satelit juga menunjukkan dua kapal sekitar 123 km sebelah timur Trinidad dan Tobago.

    Salah satunya adalah kapal penjelajah berpeluru kendali, USS Lake Erie.

    Kapal lainnya adalah MV Ocean Trader, menurut Bradley Martin, mantan kapten Angkatan Laut AS yang kini menjadi peneliti kebijakan senior di RAND Corp.

    Kapal kargo ini merupakan hasil modifikasi yang dirancang untuk mendukung misi pasukan khusus sekaligus menyatu dengan lalu lintas komersial. Kapal ini dapat menampung drone, helikopter, dan kapal kecil.

    Citra satelit menunjukkan kapal perang AS di lepas pantai Trinidad dan Tobago (BBC)

    Ada beragam misi yang dapat didukung kapal tersebut, termasuk pengintaian untuk mempersiapkan serangan. Namun, Martin menekankan bahwa kehadiran MV Ocean Trader “tidak selalu berarti bahwa kegiatan semacam itu sedang dilakukan atau direncanakan”.

    Para analis militer telah menunjukkan bahwa pencegatan pengiriman narkoba di laut tidak membutuhkan kekuatan militer sebesar saat ini.

    AS juga telah memperkuat Angkatan Udara di wilayah tersebut – BBC Verify telah mengidentifikasi sejumlah pesawat militer AS di Puerto Rico.

    Stu Ray, analis senior di McKenzie Intelligence Services, mengatakan citra satelit yang diambil pada 17 Oktober menunjukkan terdapat sejumlah pesawat jet tempur F-35 di landasan, kemungkinan F-35B.

    Citra satelit menunjukkan sejumlah pesawat F-35 di Bandara Jose Aponte De La Torre, Puerto Rico (BBC)

    Pesawat itu adalah jet siluman canggih yang mampu lepas landas di landasan pacu yang pendek dan bisa mendarat vertical.

    Di media sosial, seorang pilot jet pribadi membagikan video drone MQ-9 Reaper, yang direkam di Bandara Rafael Hernndez di Puerto Rico.

    Drone ini telah digunakan oleh AS untuk melakukan serangan dan pengawasan di Afghanistan, Suriah, Libya, dan Mali.

    Pada awal Oktober, BBC Verify melacak tiga pesawat pengebom B-52 yang terbang melintasi Karibia dan dekat dengan pantai Venezuela.

    BBC

    Angkatan Udara AS kemudian mengonfirmasi bahwa pesawat-pesawat tersebut telah mengambil bagian dalam “simulasi serangan bom”.

    Penerbangan pesawat pengebom B1 dan pesawat mata-mata P-8 Poseidon juga terlihat di platform pelacakan pesawat.

    Gambar di media sosial juga menunjukkan helikopter militer beroperasi di lepas pantai Trinidad dan Tobago.

    Beberapa di antaranya adalah Boeing MH-6M Little Birds – dijuluki “Telur Pembunuh” – yang digunakan oleh pasukan khusus AS.

    BBC

    Apakah pengerahan kekuatan militer AS semata-mata demi memerangi narkoba?

    Donald Trump telah menyatakan pengerahan kekuatan militer AS adalah perang terhadap pengedar narkotika. Dia mengklaim satu kapal yang ditabrak AS pada 16 Oktober “sebagian besar berisi fentanil.”

    Namun, fentanil terutama diproduksi di Meksikobukan Amerika Selatan dan masuk ke AS melalui perbatasan selatan.

    “Ini bukan tentang narkoba,” kata Dr. Sabatini. “Namun, dia telah mengadopsi bahasa oposisi Venezuela bahwa ini bukan sekadar kediktatoran ini adalah rezim kriminal.”

    Sejak 2020, Departemen Kehakiman AS telah menuduh Presiden Maduro memimpin organisasi perdagangan narkoba dan narkotika-terorisme, yang dibantahnya.

    Trump mengatakan dia telah mengizinkan CIA untuk melakukan operasi rahasia di Venezuela, sebagian karena “narkoba yang masuk” dari Venezuela.

    Venezuela tidak memproduksi kokain dalam jumlah besar tapi Kolombia, Peru, dan Bolivia. Ada beberapa kokain yang diperdagangkan melalui Venezuela, yang diklaim pemerintah Venezuela sedang ditindak.

    Laporan Badan Penegakan Narkoba AS (DEA) tahun 2025 menyebutkan 84% kokain yang disita di AS berasal dari Kolombia dan menyebutkan negara-negara lain. Namun, DEA tidak menyebutkan Venezuela sebagai negara asal pengiriman kokain.

    Tujuh serangan pertama AS dilakukan di Karibia, yang bukan merupakan jalur laut utama untuk perdagangan narkoba.

    AS belum merinci bukti-bukti yang menunjukkan Maduro memimpin organisasi perdagangan narkoba. Maduro telah berulang kali membantah tuduhan tersebut, dan justru menuduh AS melakukan imperialisme dan memperburuk krisis ekonomi negara melalui sanksi.

    Ada beberapa kasus yang mendakwa orang-orang dekatnya.

    Pada 2016, pengadilan federal New York menjatuhkan hukuman kepada dua keponakan istri Maduro karena berkonspirasi mengimpor kokain ke AS.

    Dalam kasus tersebut, mereka dituduh berencana menggunakan sebagian uang tersebut untuk mendanai kampanye politik istri Maduro. Mereka kemudian dibebaskan melalui perjanjian pertukaran tahanan dengan AS.

    Apa yang CIA bisa lakukan di Venezuela?

    Ketika ditanya apakah CIA telah diberi wewenang untuk menangkap Maduro, Donald Trump mengelak dan mengatakan akan “konyol” untuk menjawabnya.

    Ia juga mengatakan bahwa AS “sedang mempertimbangkan pendaratan”, merujuk pada kemungkinan operasi militer di Venezuela.

    CIA dipandang dengan penuh kecurigaan oleh banyak orang di Amerika Latin karena sejarah panjang intervensi rahasia, upaya pergantian rezim, dan dukungan terhadap kediktatoran militer sayap kanan di masa lalu, terutama di Chile dan Brasil.

    Ned Price, wakil perwakilan AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa dan mantan analis senior CIA serta penasihat senior Departemen Luar Negeri, mengatakan tindakan rahasia CIA dapat terjadi “dalam berbagai bentuk.”

    “Bisa berupa operasi informasi. Bisa berupa operasi sabotase. Bisa berupa pendanaan partai oposisi. Bisa sampai penggulingan rezim. Ada banyak pilihan antara opsi tingkat rendah dan tingkat tinggi.”

    Ini bisa mencakup agen yang digunakan untuk menargetkan tersangka perdagangan manusia di Venezuela. Menurut definisi AS, penargetan bisa mencakup Maduro.

    Demonstrasi di Venezuela pada Juli lalu, setelah Nicolas Maduro mengklaim telah memenangi pilpres (Reuters)

    Dr. Sabatini mengatakan, mengingat Venezuela bukan titik produksi utama narkoba, tidak ada laboratorium kokain atau fentanil yang bisa “dihilangkan”, tetapi ada lapangan udara atau pelabuhan yang bisa menjadi target AS.

    “Jika AS ingin agresif, AS bisa mengirim rudal ke barak militer. Ada informasi intelijen yang cukup kuat bahwa beberapa sektor militer terlibat dalam perdagangan kokain.”

    Operasi CIA bisa juga berupa “hancurkan dan rebut”, catatnya, yaitu menangkap Maduro atau beberapa pembantunya dan membawa mereka ke pengadilan di AS.

    Pertanyaan besar, menurutnya, adalah berapa lama Trump bersedia menyimpan begitu banyak aset militer AS di Karibia.

    Jika tujuan utama peningkatan kekuatan militer ini adalah untuk mengancam Maduro, tidak jelas apakah itu cukup untuk memicu pembelotan di Venezuela.

    Apakah itu sampai pada upaya nyata untuk menggulingkan rezim Maduro melalui kekerasan, kata Profesor Albertus, sulit untuk mengetahuinya.

    (nvc/nvc)

  • Viral Video Baut Kendur di Sayap Pesawat Lion Air saat Terbang, Penumpang Panik

    Viral Video Baut Kendur di Sayap Pesawat Lion Air saat Terbang, Penumpang Panik

    GELORA.CO –  Sebuah video yang menjadi viral di media sosial memperlihatkan kondisi mencengangkan di pesawat Thai Lion Air jenis Boeing 737-800.

    Video yang diunggah oleh akun @HypeMoment itu memperlihatkan adanya baut yang tampak kendur di bagian sayap pesawat, memicu kekhawatiran publik terkait aspek keselamatan penerbangan.

    Meski tidak menimbulkan kerusakan langsung, rekaman tersebut sontak menarik perhatian para penumpang dan pihak maskapai.

    Banyak yang menilai bahwa insiden seperti ini perlu menjadi pengingat penting bagi seluruh operator penerbangan untuk memastikan pesawat selalu dalam kondisi terbaik sebelum lepas landas.

    Penumpang yang merekam video itu mengaku mengalami pengalaman menegangkan selama penerbangan berlangsung. Ia segera melaporkan temuannya kepada kru kabin.

    “Ketika saya menunjukkan videonya, pramugari segera melapor dan mengatakan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, saya tetap tidak bisa menikmati penerbangan karena terus berpikir soal keselamatan,” ujar penumpang tersebut dikutip dari grup Facebook Chiangmai Inside, Rabu, 22 Oktober 2025.

    Honestly, no! Maintenance needs to take this seriously — that’s a lot of loose screws on this Lion Air Boeing 737-800 from Bangkok to Chiang Mai. pic.twitter.com/JocioHnlTs

    — Turbine Traveller (@Turbinetraveler) October 22, 2025

    Otoritas penerbangan dan pihak Thai Lion Air pun diharapkan segera melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan keamanan operasional pesawat sebelum kembali diterbangkan.

    Kejadian ini kembali menyoroti pentingnya pengecekan detail teknis pada setiap komponen pesawat, sekecil apa pun, demi menjamin keselamatan seluruh penumpang.

  • Elon Musk Ditendang, Amerika Mau Cari Penggantinya

    Elon Musk Ditendang, Amerika Mau Cari Penggantinya

    Jakarta, CNBC Indonesia – SpaceX akan digantikan oleh perusahaan lain untuk proyek antariksa Amerika Serikat (AS) untuk kembali menginjakkan kaki ke Bulan. Menteri Perhubungan Sean Duffy mengumumkan potensi mengambil langkah tersebut, sebab SpaceX tak mengikuti timeline yang ditentukan.

    “Kami tidak akan menunggu satu perusahaan [untuk menjalankan proyek antariksa],” kata Duffy dikutip dari CNBC Internasional, Selasa (21/10/2025).

    Ia mengatakan AS akan terus maju dengan proyek untuk membawa astronaut ke Bulan. Hal ini untuk memastikan AS memenangkan perlombaan antariksa melawan China.

    “Kami akan terus maju dan memenangkan perlombaan antariksa kedua dengan China. Kembali ke Bulan, mendirikan kamp dan pangkalan,” jelasnya.

    SpaceX tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait informasi itu.

    SpaceX memenangkan kontrak untuk misi Artemis III pada 2021. Kontrak itu untuk menyediakan sistem pendaratan untuk astronaut di Bulan.

    Namun, NASA telah menunda misi Artemis berikutnya pada Desember. Peluncuran untuk mengirimkan astronaut mengelilingi Bulan baru akan terlaksana pada April 2026 mendatang.

    Sementara itu misi mendaratkan dua astronaut di wilayah kutub selatan Bulan baru akan dilakukan pada 2027.

    Duffy yakin jadwal peluncuran April mendatang akan dilaksanakan pada awal Februari. Kemudian baru pada 2028, NASA bisa kembali ke Bulan dengan dua perusahaan potensial.

    Tak disebutkan siapa perusahaan yang akan menggantikan. Namun dalam proyek Artemis NASA juga terdapat perusahaan lain seperti Blue Origin milik Jeff Bezos, Boeing, Lockheed Marin dan Northrop Grumman.

    Duffy juga menyebut Blue Origin sebagai pesaing potensial untuk mengambil alih. Karena perusahaan itu telah memperpanjang tenggat waktunya.

    “Kita tengah melawan China. Presiden dan saya ingin mencapai Bulan di masa jabatan presiden, jadi saya akan membuka kembali kontraknya,” dia menuturkan.

    Musk telah menanggapi pernyataan Duffy itu. Dia hanya mengatakan Blue Origin tak pernah melakukan misi ke luar angkasa sebelumnya.

    “Blue Origin tak pernah mengirimkan awak ke orbit, apalagi Bulan,” kata Musk.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]