Perusahaan: Boeing

  • Indonesia Airlines Bakal Layani Rute Penerbangan Internasional ke 30 Negara

    Indonesia Airlines Bakal Layani Rute Penerbangan Internasional ke 30 Negara

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Indonesia Airlines Group akan melayani penerbangan internasional ke 30 negara dalam lima tahun pertama, usai resmi didaftarkan sebagai anak perusahaan baru Calypte Holding Pte. Ltd. pada 7 Maret 2025.

    Calypte Holding Pte. Ltd. merupakan perusahaan pengembang Energi Terbarukan, Penerbangan, dan Pertanian yang berkantor pusat di Singapura.

    “Indonesia Airlines akan menjadi maskapai penerbangan komersial pertama di Indonesia dengan konsep end to end service yang hanya akan melayani rute penerbangan internasional ke 48 kota tujuan di 30 negara dalam lima tahun pertama,” demikian bunyi pernyataan Indonesia Airlines melalui laman LinkedIn, dikutip Sabtu (8/3/2025).

    Chief Executive Officer Indonesia Airlines dan Executive Chairman Calypte Holding Pte. Ltd. Iskandar sebelumnya menyampaikan, maskapai yang berbasis di Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten ini hanya akan berfokus pada penerbangan internasional.

    Sebagai tahap awal, Indonesia Airlines akan mengoperasikan 20 armada yang akan didatangkan secara bertahap.

    “Berdasarkan perencanaan bisnis dan hasil studi kelayakan yang telah disusun, Indonesia Airlines hanya akan berfokus pada penerbangan internasional di mana dalam tahap awal akan mengoperasikan 20 armada,” kata Iskandar dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (8/3/2025).

    Adapun, 20 armada tersebut terbagi atas 10 unit pesawat berbadan kecil (Airbus A321neo atau A321LR) dan 10 unit pesawat berbadan lebar (Airbus A350-900 dan Boeing 787-9).

    Menurutnya, mobilitas penduduk yang tinggi di kawasan Asia Pasifik menjadikan bisnis ini sangat menjanjikan bagi Indonesia Airlines. 

    “Dengan dukungan para profesional di sektor penerbangan, baik kru maupun tim manajemen, Indonesia Airlines yakin akan mampu menembus era baru penerbangan premium,” tuturnya.

  • Ada Pendatang Baru, Indonesia Airlines Ramaikan Industri Penerbangan Nasional

    Ada Pendatang Baru, Indonesia Airlines Ramaikan Industri Penerbangan Nasional

    Bisnis.com, JAKARTA – Calypte Holding Pte. Ltd., perusahaan pengembang Energi Terbarukan, Penerbangan, dan Pertanian yang berkantor pusat di Singapura, pada 7 Maret 2025 resmi mendaftarkan anak perusahaan baru melalui notaris untuk mendirikan PT Indonesia Airlines Group. 

    Chief Executive Officer Indonesia Airlines dan Executive Chairman Calypte Holding Pte. Ltd. Iskandar menyampaikan Indonesia Airlines akan berbasis di Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.

    “Berdasarkan perencanaan bisnis dan hasil studi kelayakan yang telah disusun, Indonesia Airlines hanya akan berfokus pada penerbangan internasional di mana dalam tahap awal akan mengoperasikan 20 armada,” kata Iskandar dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (8/3/2025).

    Iskandar menuturkan, 20 armada tersebut akan didatangkan secara bertahap yang terbagi atas 10 unit pesawat berbadan kecil (Airbus A321neo atau A321LR) dan 10 unit pesawat berbadan lebar (Airbus A350-900 dan Boeing 787-9).

    Adapun, Iskandar mengklaim Indonesia Airlines sebagai maskapai penerbangan komersial berjadwal dengan layanan premium. Dia menyebut, Indonesia Airlines menggabungkan kemewahan perjalanan jet pribadi dengan kenyamanan penerbangan komersial. “[Kami] menawarkan perjalanan yang benar-benar tak tertandingi bagi penumpang,” ujarnya.

    Dalam hal ini, dia mengungkap bahwa Indonesia Airlines menyediakan layanan khusus yang menawarkan kenyamanan premium, perhatian yang dipersonalisasi, dan fasilitas kelas dunia yang sebelumnya hanya diperuntukkan bagi penyewaan jet pribadi.

    Visi Indonesia Airlines yakni menjadi simbol global kemakmuran Indonesia, ikon perayaan, dan keramahtamahan dalam narasi budaya Indonesia. 

    Sementara, misi Indonesia Airlines yakni berkomitmen untuk mendefinisikan ulang perjalanan dengan layanan premium di mana keselamatan adalah prioritas utama Indonesia Airlines, sambil berbagi keramahtamahan hangat orang Indonesia kepada dunia.

    Menurutnya, mobilitas penduduk yang tinggi di kawasan Asia Pasifik menjadikan bisnis ini sangat menjanjikan bagi Indonesia Airlines. 

    “Dengan dukungan para profesional di sektor penerbangan, baik kru maupun tim manajemen, Indonesia Airlines yakin akan mampu menembus era baru penerbangan premium,” pungkasnya. 

  • Astronaut Tak Bisa Pulang Bingung Elon Musk Ngamuk Sendiri

    Astronaut Tak Bisa Pulang Bingung Elon Musk Ngamuk Sendiri

    Jakarta, CNBC Indonesia – Astronaut Sunita “Suni” Williams dan Barry “Butch” Wilmore bingung Elon Musk marah-marah soal peristiwa yang membuat mereka terdampar selama berbulan-bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) karena tak punya pesawat untuk pulang.

    Suni dan Butch sudah berada di ISS sejak 5 Juni 2024 padahal mereka dijadwalkan hanya 2 pekan di orbit. Mereka tak bisa pulang karena pesawat buatan Boeing yang membawa mereka ke ISS dinilai tidak aman untuk perjalanan kembali ke Bumi.

    Elon Musk pekan lalu marah-marah dalam sebuah wawancara televisi soal Suni dan Butch. Musk dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengklaim kedua astronaut tersebut ditinggalkan di luar angkasa oleh pemerintahan Joe Biden.

    “Kami mempercepat kembalinya mereka, yang tertunda terlalu lama. Mereka ditinggalkan di atas sana untuk alasan politik, ini tidak baik,” kata Musk di Fox News.

    Namun dalam konferensi pers dari ISS, Wilmore mengaku bahwa ia dan Williams tak menerima informasi apapun soal tawaran Musk untuk memfasilitasi kepulangan mereka.

    “Apa yang ditawarkan, atau tidak ditawarkan, ditawarkan ke siapa, prosesnya seperti apa, kami tak punya informasi soal itu,” kata Wilmore.

    Bill Nelson, pemimpin NASA di bawah Biden, juga mengaku tak pernah mendengar soal tawaran Musk.

    “Tak pernah disinggung ke saya. Tidak pernah ada pembicaraan atau apapun. Mungkin [Elon Musk] menyatakannya ke orang di level rendah,” katanya.

    Nelson menjelaskan bahwa NASA memutuskan Williams dan Wilmore kembali menggunakan pesawat Crew Dragon buatan SpaceX menggantikan Starliner buatan Boeing. Crew Dragon saat ini berlabuh di ISS. Namun, pesawat itu tidak bisa berangkat ke Bumi sampai pesawat baru SpaceX siap untuk digunakan mengantar 4 astronaut sebagai pengganti kru ISS yang pulang.

    Astronaut pengganti seharusnya berangkat pada Februari. Namun, keberangkatan mereka dari Bum ditunda sebulan karena teknisi harus melakukan beberapa persiapan tambahan. 

    “Kami tidak punya dana untuk menggunakan Dragon tambahan hanya untuk menjemput mereka. Namun, kami punya rotasi [kru] dalam waktu dekat,” kata Nelson kepada Washington Post.

    Ocehan Musk soal Williams dan Wilmore sempat memicu adu tudingan antara dirinya dengan seorang astronaut. Andreas Mogensen, astronaut badan antariksa Eropa dan mantan komandan di ISS, menanggapi komentar Musk dengan ketus di media sosial X.

    “Bohong, kebohongan dari orang yang selalu rewel mengeluh soal kejujuran media,” tulis Mongensen di media sosial X.

    Musk kemudian menganggapi balasan Mogensen dengan bahasa yang kasar.

    “Anda orang terbelakang. SpaceX seharusnya sudah membawa mereka pulang berbulan-bulan lalu. Saya menawarkannya langsung ke pemerintah Biden dan mereka menolak. Ditunda untuk alasan politik. Idiot,” kata Musk lewat akun X miliknya.

    (dem/dem)

  • Percepat Perbaikan Smelter, Freeport Datangkan Komponen dari Luar Negeri dengan Pesawat Antonov – Halaman all

    Percepat Perbaikan Smelter, Freeport Datangkan Komponen dari Luar Negeri dengan Pesawat Antonov – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Freeport Indonesia (PTFI) mendatangkan perlengkapan dan komponen kritikal dari luar negeri untuk perbaikan fasilitas Common Gas Cleaning (CGC) Plant Smelter PTFI.

    Dalam rangka percepatan perbaikan, perlengkapan dan komponen kritikal dari luar negeri didatangkan menggunakan pesawat kargo Antonov AN-124 dan Boeing 747.

    Pesawat kargo tiba langsung di Surabaya, kemudian menempuh jalur darat menuju Gresik, Jawa Timur.

    Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan, pihaknya ingin proses recovery ini berjalan efektif dan efisien agar smelter bisa secepatnya kembali berproduksi.

    Ia mengatakan proses logistik udara menjadi solusi tepat untuk menghemat waktu berminggu-minggu dalam proses perbaikan CGC Plant.

    Pesawat kargo disebut hanya memakan waktu pengiriman 35 jam, sedangkan kapal laut sekitar 60 hari.

    Kecepatan pengiriman ini dinilai sangat krusial mengingat komponen CGC Plant mengalami kerusakan dan harus diproduksi ulang serta tersedia dalam waktu singkat.

    Adapun pesawat kargo Antonov dipilih karena beberapa komponen penting memiliki ukuran yang terlalu besar untuk diangkut pesawat kargo reguler.

    Komponen itu seperti Wet Electrostatic Precipitator internals (bundel tabung) dan metal expansion joints yang diproduksi di Jerman.

    “Pengiriman laut akan memakan waktu sangat lama,” kata Tony dalam keterangan tertulis, Selasa (4/3/2025).

    PTFI menjadwalkan tiga kali pengiriman menggunakan tiga pesawat Antonov dengan total berat kargo mencapai 75,7 ton.

    Pengiriman komponen perdana dilakukan pada 6 Februari 2025, lalu 25 Februari 2025, dan terakhir  2 Maret 2025.

    Pengiriman langsung dari Frankfurt, Jerman, menuju Bandara Juanda, Surabaya. Waktu penerbangan mencapai 35 jam.

    Selain pesawat kargo Antonov, PTFI juga menggunakan pesawat Boeing 747 untuk pengiriman perdana komponen pada 29 November 2024 dengan berat total 58 ton.

    Tony menambahkan, pengiriman ini adalah hasil dari sinergi luar biasa antara tim Freeport Indonesia dan seluruh pemangku kepentingan.

    “Terima kasih kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, TNI AL dan AU, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur I, Kantor Bea Cukai Juanda, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Gresik, Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus, Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan, serta Otoritas Bandara Juanda,” ujarnya.

  • Israel Bakal Dapat Banyak Buldoser Baru dari AS, Nilainya Rp5 Triliun, Ini Jadwal Pengiriman – Halaman all

    Israel Bakal Dapat Banyak Buldoser Baru dari AS, Nilainya Rp5 Triliun, Ini Jadwal Pengiriman – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Israel akan mendapatkan banyak buldoser lapis baja baru dari Amerika Serikat (AS).

    Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) AS sudah memberi tahu Kongres bahwa pihaknya berencana menjual senjata bernilai total hampir $3 miliar atau Rp49,7 triliun kepada Israel.

    Times of Israel melaporkan senjata-senjata itu termasuk ribuan bom. Lalu, ada buldoser lapis baja senilai $295 juta atau hampir Rp5 triliun.

    Menurut Kemenlu AS, ada tiga rencana penjualan secara terpisah yang telah dikirimkan kepada Kongres supaya disetujui.

    Penjualan pertama bernilai $2,04 miliar untuk 35.529 bom berat berjenis MK 84 atau BLU-117 dan hulu ledak Penetrator I-2000 sebanyak 4.000 buah. Senjata itu diperkirakan dikirim tahun depan.

    Penjualan kedua bernilai $675,7 miliar untuk bom MK 83 sebanyak 201 buah, bom BLU-110A/B sebanyak 4.799 buah, dan sistem pemandu JDAM berjumlah 5.000 unit. Pengiriman akan dilakukan tahun 2028.

    Adapun penjualan ketiga diperkirakan bernilai $295 miliar. AS akan mengirimkan buldoser D9 Caterpillar dan peralatan terkait. Buldoser itu akan digunakan oleh militer Israel dan diperkirakan mulai dikirim tahun 2027.

    Pada bulan November 2024 pemerintah AS di bahwa Presiden Joe Biden dilaporkan menangguhkan penjualan buldoser D9 kepada Israel.

    Buldoser itu disebut digunakan Israel untuk menghancurkan rumah-rumah di Jalur Gaza. Namun, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) justru mengatakan buldoser itu digunakan oleh kelompok Hamas.

    AS di bawah Presiden Donald Trump kini melanjutkan penjualan buldoser kepada Israel.

    Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan AS mengatakan penjualan itu akan meningkatkan kemampuan Israel untuk menghadapi ancaman saat ini dan yang akan datang.

    AS cabut larangan ekspor bom berat dan buldoser D9.

    AS resmi mencabut embargo atau larangan mengekspor bom seberat 1 ton dan buldoser D9 ke Israel pada bulan Januari kemarin.

    Sebelumnya, pemerintahan Biden khawatir Israel bakal menggunakan bom itu di pusat-pusat pemukiman di Gaza.

    Oleh karena itu, pemerintah AS mengumumkan untuk menangguhkan penjualan bom itu segera setelah Israel memulai operasi darat di Kota Rafah.

    Saat itu AS membekukan penjualan 1.700 bom berat dan 134 D9 buldoser. IDF sudah bersiap untuk menerima senjata itu.

    Bom itu dibeli Kemenhan AS dari Boeing dengan mata uang shekel, bukan dolar bantuan AS.

    Adapun penggunaan buldoser D9 untuk meratakan bangunan di Gaza sempat memunculkan kritik internal di AS. Muncul aksi protes dan tekanan kuat agar AS tidak mengirimkan buldoser.

    Yedioth Ahronoth pada bulan November 2024 melaporkan ada banyak buldoser D9 milik Israel yang membutuhkan perawatan. Buldoser itu digunakan dalam operasi di Gaza selama berbulan-bulan.

    Israel juga memerlukan buldoser untuk digunakan di Lebanon selatan.

    Israel terima bom berat

    Pada bulan Febuari 2025 Israel dilaporkan sudah menerima lebih dari 1.500 bom MK-84 dari AS. Bom itu tiba di Pelabuhan Ashdod dan dikirimkan ke pangkalan udara di seluruh Israel.

    Kemudian, sebanyak 132 buldoser D9 disebut sedang dalam perjalanan ke Israel.

    Menteri Pertahanan Israel Katz berterima kasih kepada Trump dan AS atas bantuan ini. Katz menyebut bom itu adalah aset penting bagi IDF.

    Menurut Katz, Menteri Pertahanan AS Pete Hegseth sudah menegaskan komitmen AS untuk menyadiakan semua peralatan yang diperlukan Israel demi keamanannya.

    (*)

  • Lokasi Ini Diyakini Tempat Peristirahatan Terakhir Pesawat MH370

    Lokasi Ini Diyakini Tempat Peristirahatan Terakhir Pesawat MH370

    Jakarta

    Pesawat Malaysia Airlines MH370 lenyap 10 tahun silam di 2014 dan sampai kini belum diketahui di mana rimbanya. Kini, perusahaan Ocean Infinity kembali mencarinya atas restu Pemerintah Malaysia.

    Salah satu area yang akan dicari kabarnya adalah berasal dari penelitian Richard Godfrey, pakar penerbangan Inggris yang pernah bekerja untuk NASA dan Boeing. Tahun lalu, ia memaparkan temuannya dan meyakini tahu di mana lokasi persis pesawat itu.

    Godfrey mempelajari WSPR dari radio amatir pada malam hilangnya pesawat. Radio amatir terus mengirim sinyal uji dan merekam datanya. Ketika pesawat melalui sinyal radio, sinyal tersebut akan terganggu. Dari gangguan tersebut dapat dilacak keberadaan sebuah pesawat.

    Ia menyimpulkan MH370 berada 1.500 kilometer sebelah barat Perth, Australia. Itu sesuai dengan area pencarian baru yang saat ini dijelajahi oleh kapal canggih Ocean Infinity.

    “Lokasi jatuhnya MH370, yang ditentukan oleh teknologi WSPR, berada dalam lingkaran dengan radius 30 kilometer dan berpusat di 29.128°LS 99.934°BT. Area ini terletak 1.560 kilometer sebelah barat Perth. Hanya perlu sekali pencarian lagi di area ini dan kita akan menemukan MH370,” ungkapnya.

    “Saya pikir, peluang bagi kita menemukan MH370 adalah sangat baik karena teknologi telah berkembang. Jika kita mempersempit lokasinya, maka peluang kita akan menjadi lebih baik lagi,” katanya.

    Misi ini diprediksi jadi yang terakhir untuk mencari MH370. Pada 8 Maret 2014, penerbangan Malaysia Airlines dengan 239 penumpang dan awak itu menghilang dari Kuala Lumpur ke Beijing.

    Upaya pencarian baru mengerahkan kendaraan bawah air otonom (AUV) mutakhir dari kapal Ocean Infinity untuk pemindaian dasar laut. AUV, yang mampu turun hingga 6 km, dioperasikan via satelit dari pusat kendali perusahaan di Southampton.

    (fyk/fyk)

  • Tentara Amerika Mengungkap Foto Menakjubkan Hasil Proyek Top Secret

    Tentara Amerika Mengungkap Foto Menakjubkan Hasil Proyek Top Secret

    Jakarta, CNBC Indonesia – United States Space Force, matra tentara Amerika Serikat yang membidangi pertahanan antariksa, merilis foto Bumi hasil jepretan X-37B. Pesawat antariksa X-37B adalah proyek top secret (sangat rahasia) pemerintah AS. 

    Gambar Bumi dari luar angkasa tersebut diunggah di akun X mereka. Tampak sebagian dari badan X-37B yang bergerak menjauhi Bumi di latar belakang. 

    “Kamera di X-37B, yang digunakan untuk memastikan keselamatan dan kondisi pesawat, menangkap gambar Bumi saat melakukan eksperimen di [orbit tinggi] pada 2024,” tulis akun Space Force di unggahan X.

    Futurisim menyatakan pesawat rahasia tersebut sangat jarang diperlihatkan, meskipun hanya sedikit. Bahkan, tujuan pengembangan dan misi X-37B tidak diketahui.

    Space Force hanya pernah menyiratkan tujuan misi ke-7 X-37B. Saat itu, Space Force menyatakan tujuannya adalah “mengoperasikan pesawat antariksa yang bisa digunakan berulang di area orbit baru, menguji coba teknologi keawasan ruang, dan menyelidiki efek radiasi terhadap material yang dititipkan oleh NASA,” kata Space Force dalam pernyataan pada November 2023.

    Pada November 2023, Space Force hanya menunjukkan gambar X-37B yang “terbungkus” roket Heavy Falcon buatan SpaceX. X-37B sendiri adalah pesawat yang dikembangkan oleh Boeing.

    Pada Oktober 2024, Space Force mengumumkan pesawat rahasia tersebut direncanakan melakukan beberapa manuver “aerobreaking” yaitu pergantian arah di orbit dengan melalui atmosfer bagian atas Bumi untuk menciptakan gesekan. Manuver ini dilakukan agar pesawat bisa berganti orbit tanpa banyak menghabiskan bahan bakar.

    Space.com juga pernah melaporkan bahwa X-37B menguji coba mengirim tenaga surya dari luar angkasa dan sistem perlindungan panas. Dalam uji coba sebelumnya, pesawat itu menghabiskan 908 hari di orbit Bumi.

    Kompetitor utama AS dalam penjelajahan luar angkasa, China, juga memiliki pesawat super rahasia yang diberi nama SHenlong. Shenlong terdeteksi beberapa kali saat lewat di atas wilayah Amerika Utara pada akhir 2023.

    [Gambas:Twitter]

    (dem/dem)

  • Garuda Indonesia proyeksikan angkut 90.933 calon haji

    Garuda Indonesia proyeksikan angkut 90.933 calon haji

    Tangerang (ANTARA) – Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia memproyeksikan pengangkutan sebanyak 90.933 calon haji untuk penerbangan udara jamaah haji reguler periode 1446 Hijriah/2025 Masehi.

    Direktur Utama Garuda Indonesia Wamildan Tsani Panjaitan melalui keterangan tertulis diterima di Tangerang, Kamis mengatakan bahwa pengangkutan 90.933 calon haji ini terbagi ke dalam 246 kelompok terbang (kloter) dan diberangkatkan melalui 7 (tujuh) embarkasi, yakni Banda Aceh, Medan, Jakarta, Solo, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

    “Selaras dengan mandat sebagai national flag carrier, menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Garuda Indonesia dapat mengantarkan para jamaah haji Indonesia untuk memenuhi rukun Islam yang kelima di Tanah Suci. Kepercayaan tersebut tentunya harus kami hadirkan melalui ketersediaan layanan penerbangan haji yang aman dan nyaman dengan memastikan segala aspek keselamatan dan kualitas operasional dapat berjalan dengan optimal,” jelasnya.

    Ia mengatakan, untuk memaksimalkan kesiapan layanan penerbangan bagi para jamaah haji tersebut, Garuda Indonesia di tahun ini mempersiapkan total 14 armada wide-body yang terdiri dari 6 armada Boeing 777-300ER, 6 armada Airbus A330-300, dan 2 armada Airbus A330-900neo.

    “Para calon jamaah haji selanjutnya akan diberangkatkan secara bertahap menuju Tanah Suci mulai 2 Mei hingga 31 Mei 2025, dengan keberangkatan menuju Madinah pada 2 – 16 Mei 2025 dan disusul keberangkatan menuju Jeddah pada 17 – 31 Mei 2025,” ujarnya.

    Selanjutnya, kata Panjaitan, fase pemulangan jamaah haji akan dimulai pada tanggal 11 Juni sampai dengan 10 Juli 2025 dengan keberangkatan dari Jeddah pada 11 – 25 Juni 2025, dan keberangkatan dari Madinah pada 26 Juni – 10 Juli 2025.

    “Upaya menjaga komitmen penyediaan layanan penerbangan terbaik, kami prioritaskan pada aspek keamanan, keselamatan, dan kenyamanan di seluruh lini operasional penerbangan Garuda Indonesia. Termasuk kesiapan pemenuhan layanan haji ramah lansia, mulai dari para awak kabin haji yang berpengalaman dalam mendampingi kebutuhan para jamaah selama penerbangan berlangsung,” tutur dia.

    Dalam hal ini, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia bersama Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI (Ditjen PHU Kemenag RI) secara resmi melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pengangkutan Udara Jemaah Haji Reguler 1446 H/2025 M bertempat di Gedung Kementerian Agama RI.

    Pewarta: Azmi Syamsul Ma’arif
    Editor: Zaenal Abidin
    Copyright © ANTARA 2025

  • Bandara Semarang buka rute penerbangan kargo tujuan Makassar

    Bandara Semarang buka rute penerbangan kargo tujuan Makassar

    Dengan adanya penerbangan langsung maka pengiriman barang dari dan ke kedua kota tersebut akan lebih efisien dari segi waktu dan biaya

    Semarang (ANTARA) – Bandara Ahmad Yani Semarang membuka layanan penerbangan kargo dari Ibu Kota Jawa Tengah ini menuju Makassar, Sulawesi Selatan, yang diharapkan membuka akses pengiriman barang ke kawasan timur Indonesia.

    General Manajer Bandara Ahmad Yani Semarang Fajar Purwawidada di Semarang, Kamis, mengatakan, penebangan kargo tujuan Makassar akan dilayani oleh maskapai Rimbun Air.

    Pembukaan penerbangan kargo tujuan Makassar, termasuk untuk memenuhi tujuan ke timur Indonesia, kata dia, akan mempercepat arus distribusi barang, khususnya sektor industri, perdagangan, dan UMKM.

    “Dengan adanya penerbangan langsung maka pengiriman barang dari dan ke kedua kota tersebut akan lebih efisien dari segi waktu dan biaya,” katanya.

    Rimbun Air yang terbang perdana menggunakan pesawat Boeing 737-300F mengangkut kargo sebesar 15 ton dari Semarang ke Makassar

    Ia menyebut penerbangan Rimbun Air telah terjadwal rutin sehingga mampu memberikan solusi logistik bagi para pelanggannya

    Ia menambahkan, pembukaan rute penerbangan kargo ke kawasan timur Indonesia merupakan jawaban atas meningkatnya permintaan pengiriman barang dengan menggunakan pesawat terbang.

    Selama periode Januari hingga Februari 2025, kata dia, pengiriman kargo udara melalui Bandara Ahmad Yani Semarang telah mencapai 2.897 ribu ton.

    Ia menyebut jumlah tersebut meningkat 39 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

    Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Lokasi Ini Diyakini Tempat Peristirahatan Terakhir Pesawat MH370

    Malaysia Airlines MH370 Dicari Lagi Pakai Teknologi Canggih

    Jakarta

    Perusahaan robotika kelautan asal Inggris, Ocean Infinity, melakukan pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370, lebih dari satu dekade setelah Boeing 777 itu menghilang. Perusahaan itu mengerahkan beberapa teknologi canggih.

    Kapal milik Ocean Infinity, Armada 7806, dilaporkan telah mulai menjelajahi dasar laut untuk mencari bangkai kapal tersebut dan berupaya memecahkan salah satu misteri terbesar dalam dunia penerbangan.

    Menteri Perhubungan Malaysia mengonfirmasi perusahaan swasta kembali mencari MH370, dengan area pencarian baru sekitar 1500 km di barat Perth. Pemerintah Malaysia sudah mengumumkan bulan Desember pencarian akan dilanjutkan, di mana perusahaan Inggris itu akan mencari selama 18 bulan dan dibayar USD 70 juta, tapi hanya jika mereka menemukannya.

    Situs web pelacakan kelautan menunjukkan kapal Ocean Infinity sudah tiba di zona pencarian baru di Samudra Hindia. Misi ini diprediksi jadi yang terakhir untuk mencari MH370. Pada 8 Maret 2014, penerbangan Malaysia Airlines dengan 239 penumpang dan awak itu menghilang dari Kuala Lumpur ke Beijing.

    Upaya pencarian baru mengerahkan kendaraan bawah air otonom (AUV) mutakhir dari kapal Ocean Infinity untuk pemindaian dasar laut. AUV, yang mampu turun hingga 6 km, dioperasikan via satelit dari pusat kendali perusahaan di Southampton dan akan menjelajahi empat area yang diidentifikasi sebagai lokasi kecelakaan potensial oleh para peneliti.

    Dikutip detikINET dari Independent, AUV pada Armada 7806 Ocean Infinity, yang dibuat pada tahun 2023, dapat menghabiskan empat hari di dalam lautan, dua kali lebih lama dari pendahulunya.

    Pencarian baru difokuskan pada area busur seluas 15.000 km persegi di Samudra Hindia bagian selatan. Area itu ditentukan berdasarkan data termasuk sinyal satelit dan transmisi radio, yang menurut Kuala Lumpur dapat dipercaya.

    Armada 7806, yang dianggap sebagai kapal tercanggih secara teknis dari jenisnya, kemungkinan akan mencari di tiga hingga empat titik tempat para peneliti menyebut ada kemungkinan bangkai pesawat itu berada.

    Kapal tersebut diperkirakan akan menghabiskan hingga enam minggu untuk mensurvei area tersebut, dengan jeda untuk mengisi kembali persediaan di Fremantle, Australia Barat, yang berfungsi sebagai pangkalan untuk operasi pencarian sebelumnya.

    Pencarian baru difokuskan di sekitar area busur Samudra Hindia bagian selatan, titik tempat pesawat diyakini mengakhiri perjalanannya. Area ini ditentukan menggunakan data satelit dari Inmarsat, yang melacak komunikasi terakhir pesawat.

    Zona pencarian kedua diidentifikasi lebih jauh ke selatan berdasarkan hipotesis bahwa MH370 mungkin telah menempuh jarak lebih jauh dari perkiraan sebelumnya setelah kehabisan bahan bakar.

    Area pencarian ketiga yang potensial diidentifikasi menggunakan data dari operator radio amatir, yang pemancar WSPR-nya mengirimkan pulsa radio berdaya rendah ke seluruh dunia setiap dua menit. Ketika pesawat melewati sinyal-sinyal ini, dapat terjadi gangguan.

    Sebelumnya, insinyur kedirgantaraan Richard Godfrey menganalisis 130 gangguan sinyal tersebut di atas Samudra Hindia pada malam hilangnya MH370. Ia menyatakan bahwa gangguan itu dapat menunjukkan jalur terakhir pesawat tersebut.

    (fyk/afr)