Perusahaan: Boeing

  • Maskapai Ini Borong 65 Pesawat Boeing 777-9 Baru, Harganya Rp 636 T

    Maskapai Ini Borong 65 Pesawat Boeing 777-9 Baru, Harganya Rp 636 T

    Jakarta, CNBC Indonesia– Maskapai Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan telah melakukan pemesanan pada 65 pesawat Boeing 777-9 senilai US$38 miliar (sekitar Rp 636 triliun). Pernyataan diumumkan di Dubai Airshow 2025.

    Emirates adalah pelanggan terbesar Boeing dalam hal jet berbadan lebar. Pengumuman kemarin menjadikan total pesanan maskapai dengan Boeing menjadi 315 pesawat berbadan lebar.

    “Hal ini menandai komitmen jangka panjang yang besar terhadap manufaktur kedirgantaraan AS, yang menghasilkan dukungan bagi ratusan ribu lapangan kerja manufaktur bernilai tinggi di AS selama program berlangsung,” kata Emirates dalam sebuah pernyataan dikutip CNBC International, Selasa (18/11/2025).

    Sebelumnya pemerintahan Presiden AS Donald Trump memang telah mendorong perusahaan-perusahaan di luar negeri untuk berinvestasi di jet Boeing AS. Jet Boeing sering ditampilkan dalam perjanjian perdagangan yang dicapai oleh pemerintah.

    Korea Selatan (Korsel), Jepang, Inggris, Malaysia, dan Indonesia semuanya telah memesan pesawat Boeing dalam jumlah besar sebagai bagian dari negosiasi perdagangan. Pesawat Boeing 777-9 ini ditenagai oleh mesin GE 9X dan menjadikan total pesanan Emirates dengan GE Aerospace untuk mesin GE9X menjadi 540 unit.

    “Sebagai pelanggan terbesar di dunia untuk mesin GE90 dan GP7200, pesanan tambahan GE9X ini mencerminkan kepercayaan Emirates terhadap teknologi dan tim kami,” ujar Presiden dan CEO Mesin dan Layanan Komersial GE Aerospace, Russell Stokes.

    “Kami siap mendukung Emirates dalam segala hal untuk memaksimalkan efisiensi dan daya tahan solusi dan layanan terdepan di industri kami.”

    Chairman dan CEO Emirates Airline and Group, Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum, mengatakan bahwa pesanan ini menunjukkan komitmen jangka panjang perusahaan. Ia menyebut ini bukti nyata kemitraan kami dengan Boeing dan GE, serta dengan industri kedirgantaraan AS.

    (sef/sef)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Singapore Airlines Tambah Frekuensi Perbangan ke Medan & Surabaya Selama Nataru

    Singapore Airlines Tambah Frekuensi Perbangan ke Medan & Surabaya Selama Nataru

    Bisnis.com, JAKARTA — Singapore Airlines (SIA) akan menambah frekuensi penerbangan untuk rute Medan dan Surabaya, untuk mengakomodasi kebutuhan perjalanan pada musim liburan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru). 

    Manager Public Relations Indonesia Singapore Airlines Kleopas Danang Bintoroyakti mengungkapkan, maskapai akan melayani satu penerbangan tambahan untuk rute Medan—Singapura pada 25 Desember 2025 — 27 Desember 2025 dan 2 Januari 2026 — 5 Januari 2026. 

    “Untuk extra flight akhir tahun, untuk yang Medan kami tambah 1 flight,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (14/11/2025). 

    Sementara itu, untuk penerbangan Surabaya—Singapura, Singapore Airlines akan menambah kapasitas dengan penggantian armada yang lebih besar, pada periode 24 Desember 2025 — 27 Desember 2025 dan pada 2 Januari 2026—5 Januari 2026. 

    Semula, terdapat 1 penerbangan (SQ929) yang saat ini jenis pesawatnya beroperasi Boeing 737-8 (narrowbody), akan upgrade ke A350-900 dan Boeing 787 (widebody).

    Pada dasarnya, Singapore Airlines melayani penerbangan Medan dua kali per hari dan untuk Surabaya melayani 19 jadwal penerbangan per minggu.

    Selama masa Nataru, untuk Medan menjadi tiga kali penerbangan sehari, khusus pada periode 24 Desember-27 Desember 2025 dan 2 Januari 2026 – 5 Januari 2026

    Dengan demikian, untuk extra flight Medan total terdapat 8 hari, dan penambahan kapasitas Surabaya berlangsung selama 7 hari pada masa Nataru.

    Selain itu, SIA juga melayani rute Singapura-Bali dengan sebanyak enam kali penerbangan setiap hari yang seluruhnya dilayani dengan pesawat wide body. Terbanyak, penerbangan SIA rute Jakarta—Singapura sebanyak sembilan kali setiap hari.

    Pada musim liburan Lebaran yang lalu, Singapore Airlines juga menambah frekuensi pada rute yang sama, yakni Medan dan Surabaya.

    Adapun, Singapore Airlines melaporkan maskapainya telah sepenuhnya pulih terhadap penerbangan di Indonesia dari efek pandemi Covid-19 sejak akhir tahun lalu.

    “Sudah [pulih] 100%, bahkan Denpasar pun setelah Covid-19 bertambah [frekuensinya] satu, jadi sekarang enam,” ujarnya.

    Sejalan dengan telah pulihnya penerbangan dari dan ke Singapura tersebut, Danang menyampaikan bahwa maskapai belum berencana untuk membuka rute baru di Indonesia dalam waktu dekat.

    Pada tahun lalu, maskapai asal Singapura tersebut telah ekspansi ke dua kota di dunia lainnya, yakni terhubung dengan Brussel dan London.

    Mengacu laporan keuangan Singapore Airlines pada semester pertama 2025/2026 (periode Maret 2025 — September 2025), total penumpang yang diangkut mencapai 13.670 penumpang. Capaian tersebut tumbuh 6,2% dari periode yang sama tahun lalu, sebanyak 12.877 penumpang.

    Pada kuartal II/2025 atau periode Juli hingga September 2025, jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 6.848 penumpang atau tumbuh 6,5% year on year (YoY).

  • YIA Jadi Embarkasi Haji 2026, Jemaah Tak Lagi Waajib Menginap di Asrama

    YIA Jadi Embarkasi Haji 2026, Jemaah Tak Lagi Waajib Menginap di Asrama

    Jakarta

    Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) telah resmi ditetapkan sebagai bandara embarkasi dan debarkasi haji mulai tahun 2026. Selaras dengan hal itu, pemerintah menerapkan skema baru agar calon jemaah haji bisa menginap di hotel-hotel di sekitar kawasan tersebut.

    Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah, Agraria, dan Tata Ruang Kemenko Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Nazib Faizal, mengatakan inisiatif ini merupakan tindak lanjut dari arahan Menko Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk mengoptimalkan potensi infrastruktur strategis di wilayah DIY dan sekitarnya.

    “Harapan Bapak Menko AHY agar Yogyakarta menjadi embarkasi haji telah disetujui oleh Kementerian Haji dan Umrah. Skema Hotel Bubble di area sekitar bandara akan diterapkan agar pelayanan jemaah haji lebih efisien sekaligus memberi dampak ekonomi nyata bagi masyarakat Kulonprogo,” ujar Nazib, dalam keterangan tertulis, Jumat (14/11/2025).

    Melalui konsep Hotel Bubble, calon jemaah haji tidak lagi harus melalui gedung Asrama Haji sebagaimana di embarkasi lainnya. Calon jemaah dapat menggunakan hotel-hotel di kawasan depan bandara yang telah disiapkan sesuai standar pelayanan haji.

    “Konsep ini akan meningkatkan kenyamanan jemaah sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, terutama sektor perhotelan, transportasi, dan UMKM lokal,” jelasnya.

    Penetapan YIA sebagai embarkasi haji merupakan hasil koordinasi intensif lintas kementerian dan lembaga, termasuk Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi DIY, Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, serta PT Angkasa Pura Indonesia sebagai pengelola bandara.

    Rencananya, kloter pertama jemaah haji yang berangkat melalui YIA dijadwalkan pada 22 April 2026, dengan peserta berasal dari Provinsi DIY meliputi Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo, serta sebagian wilayah Jawa Tengah yakni Karesidenan Kedu (Kabupaten Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Temanggung, Magelang, dan Kota Magelang).

    General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Ruly Artha, mengatakan langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah memperkuat pemerataan pelayanan publik dan memperluas konektivitas udara di luar wilayah Jawa bagian barat.

    “Penetapan YIA sebagai embarkasi haji 2026 adalah amanah besar sekaligus bukti pengakuan atas kualitas infrastruktur yang kami miliki,” ujar Ruly.

    Ruly menjelaskan, YIA memiliki landasan pacu sepanjang 3.250 meter yang mampu didarati pesawat berbadan lebar seperti Boeing 777 dan Airbus A330, serta terminal modern berkapasitas besar yang siap mengakomodasi penerbangan haji secara efisien dan berkelas dunia.

    Ia berharap, penetapan ini menjadi kontribusi nyata dalam mendukung program pemerintah di bidang pelayanan penyelenggaraan ibadah haji, serta meningkatkan perekonomian dan konektivitas wilayah DIY, khususnya Kulonprogo.

    (shc/eds)

  • Singapore Airlines Pulih 100% Usai Pandemi, Bakal Tambah Rute di RI?

    Singapore Airlines Pulih 100% Usai Pandemi, Bakal Tambah Rute di RI?

    Bisnis.com, JAKARTA — Singapore Airlines melaporkan maskapainya telah sepenuhnya pulih terhadap penerbangan di Indonesia dari efek pandemi Covid-19 sejak akhir tahun lalu. 

    Manager Public Relations Indonesia Singapore Airlines Kleopas Danang Bintoroyakti mengungkapkan, peningkatan jumlah kapasitas terjadi secara bertahap sejak 2023 dan mencapai level seperti sebelum pandemi pada November 2024 lalu. 

    “Sudah [pulih] 100%, bahkan Denpasar pun setelah Covid-19 bertambah [frekuensinya] satu, jadi sekarang enam,” kata Danang kepada Bisnis, Jumat (14/11/2025). 

    Pemulihan sekaligus permintaan yang tinggi pun mendorong Singapore Airlines mengganti armadanya untuk rute Singapura-Denpasar menjadi seluruhnya wide body dari Boeing 787-10 Dreamliner. 

    Danang menuturkan bahwa sebelumnya penerbangan dari Bali ke Singapura maupun sebaliknya dilayani oleh dua narrow body dan tiga wide body.

    Saat ini, Singapore Airlines melayani empat rute, yakni Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan Medan. Melihat permintaannya, rute Jakarta dan Denpasar menjadi paling favorit.

    Sejalan dengan telah pulihnya penerbangan dari dan ke Singapura tersebut, Danang menyampaikan bahwa maskapai belum berencana untuk membuka rute baru di Indonesia dalam waktu dekat. 

    “Singapore Airlines saat ini kami masih belum ada rencana,” tambahnya. 

    Pada tahun lalu, maskapai asal Singapura tersebut telah ekspansi ke dua kota di dunia lainnya, yakni terhubung dengan Brussel dan London. 

    Mengacu laporan keuangan Singapore Airlines pada semester pertama 2025/2026 (periode Maret—September 2025), total penumpang yang diangkut mencapai 13.670 penumpang. Capaian tersebut tumbuh 6,2% dari periode yang sama tahun lalu, sebanyak 12.877 penumpang. 

    Pada kuartal II/2025 atau periode Juli hingga September 2025, jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 6.848 penumpang atau tumbuh 6,5% year on year (YoY). 

    Penerbangan internasional ini terpantau pulih lebih dahulu dari penerbangan-penerbangan domestik. 

    Hal tersebut sejalan dengan prediksi Kementerian Perhubungan, yakni tingkat pemulihan atau recovery ratepenerbangan internasional pada tahun ini akan mencapai 110%, sementara domestik hanya akan mencapai 69% terhadap 2019. 

    Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat data perkembangan wisatawan mancanegara (wisman) asal Singapura menjadi ketiga terbanyak pada September 2025, yakni mencapai 119.237 kunjungan—meski turun dari Agustus 2025 yang mencapai 129.864 kunjungan. 

    Sementara itu, Singapura juga menjadi tujuan terbanyak ketiga bagi para pemegang paspor Indonesia, yaitu sebesar 13,09% dari total perjalanan wisatawan nasional pada September 2025.

  • Boeing Wajib Bayar Rp582 M ke Keluarga Korban Pesawat Jatuh, Ada RI?

    Boeing Wajib Bayar Rp582 M ke Keluarga Korban Pesawat Jatuh, Ada RI?

    Jakarta, CNBC Indonesia – Produsen pesawat asal Amerika Serikat (AS), Boeing, diperintahkan membayar lebih dari US$28 juta atau sekitar Rp454 miliar kepada keluarga korban kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines 737 MAX pada 2019. Putusan ini menjadi yang pertama dari puluhan gugatan terkait dua kecelakaan mematikan 737 MAX di Ethiopia dan Indonesia.

    Juri pengadilan federal Chicago pada Rabu (12/11/2025) memutuskan bahwa keluarga Shikha Garg, seorang pegawai PBB berusia 32 tahun, berhak menerima kompensasi tersebut. Berdasarkan kesepakatan terbaru, keluarga Garg akan menerima US$35,85 juta (sekitar Rp582 miliar) termasuk bunga 26%, dan Boeing sepakat tidak mengajukan banding, menurut pengacara keluarga.

    “Putusan ini memberikan akuntabilitas publik atas tindakan Boeing yang salah,” kata pengacara keluarga, Shanin Specter dan Elizabeth Crawford, dalam pernyataan resmi, seperti dikutip Reuters.

    Juru bicara Boeing menyampaikan belasungkawa kepada seluruh keluarga korban. “Meskipun sebagian besar klaim telah diselesaikan, kami menghormati hak keluarga korban untuk menuntut ganti rugi melalui pengadilan,” ujarnya.

    Garg menjadi salah satu dari 157 korban jiwa dalam penerbangan Ethiopian Airlines ET302 dari Addis Ababa menuju Nairobi, Kenya, yang jatuh beberapa menit setelah lepas landas. Kecelakaan itu terjadi lima bulan setelah jatuhnya Lion Air JT610 di Laut Jawa, yang menewaskan 189 orang.

    Kedua kecelakaan tersebut melibatkan sistem kendali otomatis MCAS (Maneuvering Characteristics Augmentation System) yang cacat, dan menjadi faktor utama dalam insiden beruntun itu.

    Boeing sebelumnya menyatakan telah menyelesaikan lebih dari 90% dari gugatan perdata yang diajukan keluarga korban di AS, dengan total kompensasi mencapai miliaran dolar AS melalui penyelesaian hukum dan perjanjian penuntutan tertunda.

    Awal bulan ini, tepatnya pada 5 November, Boeing juga menyelesaikan tiga gugatan tambahan dari keluarga korban Ethiopian Airlines lainnya. Namun, rincian penyelesaian tersebut tidak dipublikasikan.

     

    (luc/luc)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Kabar Terbaru Astronaut China Terdampar Tak Bisa Pulang

    Kabar Terbaru Astronaut China Terdampar Tak Bisa Pulang

    Jakarta, CNBC Indonesia – Tiga astronaut China atau diistilahkan taikonaut tidak bisa kembali ke Bumi sesuai jadwal. Mereka dikabarkan terdampar di orbit rendah bumi (low-Earth orbit/LEO).

    Kapsul yang rencananya digunakan untuk membawa mereka pulang diduga mengalami kerusakan setelah terkena serpihan puing luar angkasa. Insiden itu terjadi hanya berselang beberapa jam sebelum waktu kepulangan yang sudah ditetapkan.

    Ketiganya dijadwalkan kembali ke Bumi pada pekan ini, setelah menghabiskan 6 bulan di orbit.

    Namun, kepulangan 3 taikonaut terhambat gara-gara kerusakan pada pesawat luar angkasa Shenzhou-20 yang mereka tumpangi, berdasarkan pernyataan yang dibagikan Lembaga Luar Angkasa China (CMSA).

    “Pesawat luar angkasa berawak Shenzhou-20 diduga tertabrak oleh serpihan kecil puing luar angkasa, dan analisis dampak serta penilaian risiko sedang dilakukan,” kata CMSA dalam sebuah pernyataan yang diterjemahkan dan dilaporkan secara luas.

    Ketiga taikonaut yang ‘terdampar’ di antariksa adalah Chen Dong, Chen Zhonrui, dan Wang Ije. Mereka terpaksa tertahan di stasiun luar angkasa Tiangdong, bersama dengan 3 taikonaut yang baru tiba pada akhir bulan lalu sebagai kru pengganti.

    Jika kerusakan pada pesawat antariksa tersebut dianggap menimbulkan ancaman terhadap keselamatan kru, badan antariksa China harus mencari cara lain untuk membawa pulang para taikonaut.

    Salah satu opsi yang dipertimbangkan adalah mengirim pesawat luar angkasa lain. Namun, belum jelas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengaturnya.

    Ini bukan kali pertama astronaut harus tinggal di antariksa lebih lama dari yang direncanakan. Awal tahun ini, astronaut NASA Butch Wilmore dan Suni Williams akhirnya kembali ke Bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) setelah masalah teknis pada pesawat luar angkasa Boeing Starliner membuat mereka terjebak di orbit selama 9 bulan lebih lama dari yang diperkirakan. Keduanya akhirnya kembali dengan kapsul SpaceX Crew Dragon.

    Dilema yang saat ini dihadapi para pejabat antariksa China menyoroti tantangan berkelanjutan berupa puing-puing antariksa di LEO, dengan bagian-bagian roket yang telah habis dan satelit yang dinonaktifkan.

    Selain itu, ada pecahan-pecahan kecil yang disebabkan oleh tabrakan yang melibatkan objek-objek ini, menyebabkan meningkatnya risiko bahaya bagi astronaut dan satelit yang beroperasi.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Potret Pesawat Raksasa Bisa Terbang Nonstop 22 Jam, Ini Rutenya

    Potret Pesawat Raksasa Bisa Terbang Nonstop 22 Jam, Ini Rutenya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Maskapai penerbangan Qantas mengumumkan tahap akhir penyelesaian perakitan pesawat tanpa henti alias non stop. Armada baru itu mereka pesan dari Airbus.

    Dengan adaptasi tangki bahan bakar tengah belakang berkapasitas 20.000 liter, Airbus A350-1000ULR itu akan mampu terbang hingga 22 jam tanpa henti.

    Qantas menyebut proyek armada layanan jarak jauhnya sebagai “Project Sunrise”, karena penerbangannya memakan waktu begitu lama sehingga dapat menemui dua fajar yang berbeda.

    Dilansir CNN Internasional, Qantas akan mulai menjadwalkan penerbangan komersial project sunrise pada 2027.

    Mereka mengklaim, penerbangan itu akan memangkas hingga empat jam waktu tempuh dari London atau New York untuk mencapai pantai timur Australia.

    Foto: Penerbangan komersial diperkirakan akan dimulai pada paruh pertama tahun 2027. (Dok. Qantas)
    Penerbangan komersial diperkirakan akan dimulai pada paruh pertama tahun 2027. (Dok. Qantas)

    Sebelumnya, Boeing 787-9 Dreamliner telah dapat terbang 17 jam nonstop dari dua lokasi itu ke Perth, di pantai barat Australia. Namun, maskapai menganggap, perlunya mencapai sisi lain negara sebagai “batas akhir penerbangan “.

    Qantas mengerjakan Project Sunrise sejak 2017. Proyek ini sempat tertunda karena pandemi Covid-19, yang untuk sementara memang menghentikan sebagian besar industri penerbangan.

    Pada 2022, maskapai ini lalu memesan 12 pesawat Airbus A350-1000ULR untuk rute jarak jauh ke dan dari Australia dan yang pertama dijadwalkan akan dikirim pada bulan Oktober tahun depan.

    Dalam pembaruan terkini mengenai Project Sunrise, Qantas mengungkapkan gambar dan rekaman pesawat tersebut, yang menunjukkan berbagai tahap perakitannya di kantor pusat Airbus di Toulouse, Prancis.

    Rekaman yang dirilis itu menampilkan badan pesawat muncul dari dalam pesawat kargo khusus, yang dikenal sebagai Airbus Beluga karena kemiripannya dengan paus beluga.

    Kemudian, badan pesawat dibawa ke hanggar, tempat para teknisi memasang bagian-bagian pesawat lainnya. Semua bagian penting pesawat kini telah dirakit, dan akan diangkut ke hanggar baru untuk pemasangan mesin dan instrumen uji terbang.

    Selain untuk memangkas waktu penerbangan, proyek ini bertujuan untuk “mengubah cara orang mengalami perjalanan jarak jauh, melalui desain yang didukung sains untuk meminimalkan jetlag dan memaksimalkan kesejahteraan,” kata CEO Qantas Vanessa Hudson dalam sebuah pernyataan.

    Hanya akan ada 238 kursi di pesawat ini, dibandingkan dengan sekitar 400 kursi di A350-1000 lainnya. Sebagai gantinya, akan ada ruang untuk “Wellbeing Zone” yang dibangun khusus di antara kabin ekonomi premium dan ekonomi, serta suite kelas satu.

    (hsy/hsy)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Polisi Jerman Selidiki Swastika Dilukis dengan Darah Manusia

    Polisi Jerman Selidiki Swastika Dilukis dengan Darah Manusia

    Dunia Hari Ini kembali dengan laporan dunia selama 24 jam terakhir.

    Edisi Jumat, 7 November 2025 kami awali dengan laporan dari Jerman.

    Penampakan lambang swastika di Jerman

    Polisi Jerman mengatakan sedang menyelidiki penampakan swastika yang dilukis dengan darah manusia dan ditorehkan pada puluhan mobil, beberapa kotak surat, dan fasad bangunan di pusat kota Hanau.

    Juru bicara kepolisian, Thomas Leipold, mengatakan petugas diberitahu pada Rabu malam ketika seorang pria melaporkan melihat logo swastika yang ditorehkan dengan cairan kemerahan pada kap mobil yang diparkir.

    Petugas kemudian menemukan hampir 50 mobil telah dirusak dengan cara serupa.

    Sebuah tes khusus dengan cepat mengungkapkan bahwa zat tersebut adalah darah manusia.

    Pemasangan lambang Nazi, termasuk swastika, adalah ilegal di Jerman.

    Topan menghantam Vietnam

    Topan Kalmaegi menghantam Vietnam dengan angin kencang dan hujan deras saat mencapai daratan setelah menewaskan sedikitnya 114 orang dan puluhan orang hilang di Filipina.

    Badai yang luar biasa kuat di wilayah tersebut pada bulan November, Kalmaegi membawa angin berkecepatan sekitar 183 kilometer per jam, dengan hembusan mencapai 220 km/jam di Laut Cina Selatan saat mendekati Vietnam.

    Badan prakiraan cuaca memperingatkan Kalmaegi dapat menurunkan lebih dari 600 milimeter hujan tambahan di beberapa daerah, yang meningkatkan kekhawatiran akan tanah longsor yang mematikan dan banjir bandang.

    Pihak berwenang mengatakan lebih dari 537.000 orang dievakuasi, banyak di antaranya dengan perahu, karena banjir naik dan tanah longsor mengancam.

    Operasi pencarian tiga nelayan yang kapalnya tersapu ombak kuat di Provinsi Quang Ngai, Vietnam, dihentikan sementara karena cuaca yang memburuk, demikian dilaporkan media pemerintah.

    Nancy Pelosi berhenti mencalonkan diri

    Nancy Pelosi mengumumkan ia tidak akan mencalonkan diri kembali ke Kongres AS pada tahun 2026.

    Ini mengakhiri karier empat dekade yang menjadikannya ikon Demokrat progresif sekaligus tokoh yang dicemooh oleh kaum kanan.

    Anggota kongres berusia 85 tahun ini pertama kali terpilih pada tahun 1987 dan kemudian menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua DPR AS yang berpengaruh.

    Ia membuat pengumuman tersebut pada hari Kamis (06/11), waktu setempat, dua hari setelah pemilihan umum di seluruh AS yang secara umum dimenangkan oleh Partai Demokrat.

    “Saya tidak akan mencalonkan diri kembali ke Kongres. Dengan hati yang bersyukur, saya menantikan tahun terakhir pengabdian saya,” kata Pelosi dalam sebuah video yang diunggah di X.

    Penampakan api sesaat pesawat di bandara Brisbane mendarat

    Layanan darurat memadamkan api yang muncul beberapa saat setelah sebuah pesawat mendarat di Bandara Brisbane.

    Klip yang diunggah di media sosial menunjukkan petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api di pesawat Boeing 737, yang terbang dari Darwin dan mendarat tepat sebelum pukul 19.00 Kamis kemarin.

    Empat truk pemadam kebakaran penerbangan bekerja keras untuk memadamkan api, sebelum 180 penumpang dan awak pesawat Virgin Australia VA454 turun seperti biasa.

    Tidak ada korban luka akibat kebakaran tersebut.

  • Stasiun Tanah Abang Baru Siap Layani 380.000 Penumpang per Hari

    Stasiun Tanah Abang Baru Siap Layani 380.000 Penumpang per Hari

    JAKARTA – Pembangunan Stasiun Tanah Abang Tahap I telah rampung. Kini, stasiun tersebut mampu menampung hingga 380.000 penumpang per hari, meningkat hampir tiga kali lipat dari kapasitas sebelumnya.

    Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi mengatakan stasiun tersebut sudah beroperasi sejak Juni 2025 dengan melayani lima rute utama yakni Kampung Bandan, Rangkasbitung, Duri–Tangerang, Manggarai–Bogor, dan Cikarang.

    “Kapasitas penumpang Stasiun Tanah Abang Baru ini adalah semuanya total sekitar dari semula 141.000 menjadi 380.000 penumpang,” kata Dudy saat peresmian Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Selasa, 4 November.

    Menurut Dudy, Stasiun Tanah Abang berkontribusi sekitar 22 persen dari total penumpang KRL Jabodetabek.

    Hingga Oktober 2025, tercatat 63 juta penumpang telah diangkut dari stasiun tersebut.

    Secara keseluruhan, seluruh jaringan kereta api di Indonesia mencatat 486 juta penumpang sepanjang 2024, menandakan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi massal berbasis rel.

    Nilai proyek pembangunan Stasiun Tanah Abang Tahap I mencapai Rp 380,93 miliar. Bangunan baru Stasiun Tanah Abang berdiri di atas lahan 31.174 meter persegi dengan luas bangunan mencapai 19.000 meter persegi. Fasilitasnya mencakup empat peron dan enam jalur, yang dapat melayani rangkaian kereta dengan 12 gerbong.

    “Jadi kalau Bapak bisa bayangkan 300 itu seperti dengan dua pesawat Boeing 737. Jadi dalam memberangkatkan satu rangkaian itu kurang lebih sekitar 20 pesawat Boeing 737,” ucapnya.

    Dudy menekankan pembangunan stasiun baru ini menjadi bagian dari upaya pemerintah mendukung konsep kawasan berorientasi transit atau Transit Oriented Development (TOD).

    Selain memperluas kapasitas, sambung Dudy, pembangunan ini juga dimaksudkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang terus meningkat setiap tahun.

    Stasiun Tanah Abang merupakan salah satu stasiun dengan intensitas tertinggi di Jabodetabek. Stasiun ini menjadi pusat mobilitas masyarakat, sehingga perlu dikembangkan dengan konsep kawasan berorientasi transit,” katanya.

    Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAl Bobby Rasyidin mengatakan peningkatan kapasitas Stasiun Tanah Abang akan berdampak langsung terhadap mobilitas dan perekonomian masyarakat.

    “Stasiun ini menjadi salah satu simpul utama konektivitas KRL Jabodetabek yang memperkuat pertumbuhan ekonomi perkotaan sekaligus mendukung pengurangan emisi karbon melalui peningkatan penggunaan transportasi publik,“ ujar Bobby.

  • Pesawat ‘Raksasa’ Airbus A400M Kedua Tiba di RI, Ini Para Musuhnya

    Pesawat ‘Raksasa’ Airbus A400M Kedua Tiba di RI, Ini Para Musuhnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Armada militer udara Indonesia kembali bertambah, di mana pesawat jenis transpor militer bermesin empat turboprop Airbus A400M kedua akhirnya tiba di RI. Adapun pesawat tersebut yakni Airbus A400M, yang diklaim lebih canggih dan multifungsi. Pesawat ini juga terbilang unik, karena memiliki kemampuan strategis yang siap dikirim ke titik yang dibutuhkan.

    A400M yang diserahkan ke Indonesia memiliki konfigurasi untuk berbagai misi, termasuk angkutan kargo, transportasi pasukan, evakuasi medis (MEDEVAC), dan misi kemanusiaan. Pesawat ini mampu mengangkut muatan maksimum hingga 37 ton, mencakup helikopter, kendaraan, dan bantuan logistik. Untuk misi rata-rata dengan muatan 30 ton, A400M dapat terbang sejauh 2.400 mil laut, mencakup seluruh wilayah kepulauan Indonesia dari Jakarta.

    Dirancang untuk fleksibilitas operasional, A400M mampu beroperasi di landasan pacu yang pendek maupun tidak beraspal, serta berfungsi sebagai pesawat multiperan untuk pengisian bahan bakar di udara, menjadikannya pengganda kekuatan yang dapat memperluas jangkauan operasional TNI AU.

    Presiden Prabowo Subianto mengatakan pesawat A400M ini nantinya akan dilengpaki oleh perangkat pemadam kebakaran (fire fighting kit), untuk mendukung pemadaman kebakaran hutan jika ada kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

    “Saya sudah instruksikan untuk diperlengkapi dengan alat-alat untuk menghadapi kebakaran hutan,” kata Prabowo.

    Menggunakan perangkat modular roll-on/roll-off ini, memungkinkan pesawat A400M untuk dikonfigurasi dengan cepat menjadi pesawat pemadam kebakaran udara, yang mampu membawa hingga 20.000 liter air atau bahan retardant dalam satu kali misi. Kapabilitas baru ini akan secara signifikan meningkatkan kemampuan Indonesia dalam menanggulangi kebakaran hutan di wilayah-wilayah terpencil dan sulit dijangkau.

    Tak hanya itu saja, Prabowo menjelaskan bahwa pesawat angkut yang dipesan sejak 2021 itu dapat digunakan dalam misi kemanusiaan di negara lain, seperti Gaza, Palestina.

    “Saya kira ini mampu. Sangat mampu (untuk misi kemanusiaan),” lanjut Prabowo.

    Prabowo menjelaskan bahwa pesawat ini akan sangat membantu dalam operasi penyelamatan, seperti evakuasi korban luka. Untuk itu, kepala negara meminta kepada TNI AU untuk mengimplementasikan modul medis supaya bisa menjadi ‘ambulans udara’.

    “Makanya kita bikin modul operasi udara, ambulans Udara. TNI saya perintahkan untuk menambah batalion-batalion kesehatan. Batalion tim kesehatan tidak hanya mendukung bencana di wilayah nasional, tapi seandainya ada kemanusiaan terjadi peristiwa di mana-mana kita bisa hadir,” jelas Prabowo.

    Foto: Pesawat Airbus A400M tiba di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (3/11/2025). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)
    Pesawat Airbus A400M tiba di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (3/11/2025). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

    Perbandingan Pesawat A400M Dengan Pesawat Sejenis Lainnya

    Pesawat A400M diproduksi oleh Airbus Jerman, sehingga tentunya memiliki kemiripan dengan jenis lainnya yang diproduksi oleh perusahaan produsen pesawat lainnya dan tentunya di negara lain.

    Jika Airbus memproduksi A400M, maka ada Boeing jenis C-17 Globemaster III. Perbedaan paling terlihat yakni ukuran pesawat dan mesinnya. Jika A400M memiliki panjang 45 meter, maka C-17 Globemaster III memiliki panjang 53 meter. A400M menggunakan mesin turbotrop, sedangkan C-17 Globemaster III menggunakan jet turbofan.

    Kapasitas muatan maksimumnya pun berbeda, di mana A400M lebih kecil dibandingkan dengan C-17 Globemaster III. A400M memiliki kapasitas mencapai 37 ton, sedangkan C-17 Globemaster III berkapasitas 77 Ton.

    Namun, A400M lebih banyak dicari oleh beberapa negara, termasuk Indonesia, karena lebih fleksibel untuk operasi di lapangan dengan landasan pacu yang lebih pendek. Sedangkan C-17 Globemaster III unggul dalam misi jarak jauh dan dengan kargo besar.

    Meski A400M dan C-17 Globemaster III kerap dipasangkan karena hampir memiliki kemiripan, tetapi ada jenis pesawat lainnya yang ukurannya lebih kecil dari kedua pesawat tersebut, yakni C-130J-30 Super Hercules dan C-130J Super Hercules yang diproduksi oleh Lockheed Martin.

    Jika dilihat sekilas, kedua jenis pesawat tersebut sejatinya sama, hanya saja, C-130J-30 Super Hercules merupakan varian yang lebih panjang dari C-130J Super Hercules. Jika C-130J-30 Super Hercules memiliki panjang 34,4 meter, maka C-130J Super Hercules hanya mencapai 29,8 meter.

    Selain itu, kapasitas muat maksimum C-130J-30 Super Hercules tentunya lebih besar dibandingkan dengan C-130J Super Hercules. Kapasitas C-130J-30 Super Hercules mencapai hampir 20 ton, sedangkan C-130J Super Hercules mencapai 19 ton.

    Selain Airbus, Boeing, dan Lockheed Martin, ada juga produsen pesawat lainnya yakni Transall, yang memproduksi C-160 Transall untuk varian yang mirip seperti C-17 Globemaster III, A400M, dan C-130J-30 Super Hercules.

    Namun, C-160 Transall merupakan pesawat militer generas lama, di mana pesawat ini telah diproduksi sejak 1965-1985, sehingga negara-negara yang memiliki pesawat jenis ini mungkin saja sudah mulai menggantikan dengan pesawat jenis lainnya.

    Berikut perbandingan panjang dan kapasitas muat maksimum dari C-17 Globemaster III, A400M, C-130J-30 Super Hercules, dan C-160 Hercules.

    1. Produsen:

    C-17 Globemaster III (Boeing),
    A400M (Airbus),
    C-130J-30 Super Hercules (Lockheed Martin),
    C-160 Transall (Transall).

    2. Panjang:

    C-17 Globemaster III (53 meter),
    A400M (45 meter),
    C-130J-30 Super Hercules (34 meter),
    C-160 Transall (32 meter).

    3. Kapasitas muatan:

    C-17 Globemaster III (77 ton),
    A400M (37 ton),
    C-130J-30 Super Hercules (20 ton),
    C-160 Transall (16 ton).

    4. Jenis mesin:

    C-17 Globemaster III (jet turbofan),
    A400M (turboprop),
    C-130J-30 Super Hercules (turboprop),
    C-160 Transall (turboprop).

    5. Kecepatan Jelajah:

    C-17 Globemaster III (750-800 km/jam),
    A400M (720 km/jam),
    C-130J-30 Super Hercules (670-740 km/jam),
    C-160 Transall (513 km/jam).

    6. Kemampuan Pendaratan:

    C-17 Globemaster III (pendaratan di landasan pacu panjang),
    A400M (pendaratan di berbagai landasan, umumnya bisa yang lebih pendek),
    C-130J-30 Super Hercules (pendaratan di landasan pendek dan tidak rata),
    C-160 Transall (pendaratan di berbagai landasan).

    (chd/wur)

    [Gambas:Video CNBC]