Perusahaan: Blue Bird

  • Perusahaan AS Gugat Pemegang Saham Mayoritas Bluebird Terkait Merek Turo

    Perusahaan AS Gugat Pemegang Saham Mayoritas Bluebird Terkait Merek Turo

    Bisnis.com, JAKARTA — Pemilik platform peer-to-peer car sharing asal Amerika Serikat (AS), Turo Inc., melayangkan gugatan sengketa merek terhadap PT Pusaka Citra Djokosoetono ke Pengadilan Niaga (PN) Jakarta Pusat. 

    PT Pusaka Cira Djokosoetono adalah pengendali saham PT Blue Birb Tbk. (BIRD). Perusahaan ini memiliki 28,4% saham emiten transportasi berkode BIRD tersebut.

    Adapun gugatan bernomor perkara 17/Pdt.Sus-HKI/Merek/2025/PN Niaga Jkt.Pst itu didaftarkan 2 pekan lalu, Senin (24/2/2025). Pihak Penggugat adalah Turo Inc., dan tergugat adalah PT Pusaka Citra Djokosoetono. 

    Berdasarkan petitum yang diajukan di Pengadilan Niaga Jakart Pusat, penggugat menyatakan bahwa merek ‘TURO’ adalah kepemilikan dari perusahaan AS itu dan satu-satunya yang berhak menggunakan merek itu di Indonesia. 

    “Mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya. Menyatakan bahwa penggugat adalah pemilik pertama dan satu-satunya pihak yang berhak menggunakan merek TURO di Indonesia,” demikian dikutip dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakarta Pusat, Senin (10/3/2025). 

    Penggugat, dalam petitum tersebut, juga menyatakan bahwa Tergugat memiliki itikad tidak baik ketika mengajukan permohonan pendaftaran merek-merek TURO ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum. 

    Merek TURO pun didaftarkan atas nama PT Pusaka Citra Djokosoetono dengan nomor pendaftaran IDM000641170 di kelas 9; IDM000641171 di kelas 35; IDM000641172 di kelas 39; dan IDM000641173 di kelas 38.

    Adapun berdasarkan Pangkalan Data Kekayaan Intelektual, merek TURO yang didaftarkan oleh PT Pusaka Citra Djokosoetono seluruhnya didaftarkan pada 2019 lalu. Alamat pemilik mereka berdasarkan pangkalan data itu yakni Jalan Mampang Prapatan Raya No. 60 Kel. Tegal Parang, Kec. Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, 12790.

    Untuk itu, Penggugat pun meminta Hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat untuk menyatakan batal atas empat pendaftaran mereka oleh Tergugat. 

    “Menyatakan batal pendaftaran merek-merek TURO dengan nomor pendaftaran IDM000641170 di kelas 9; IDM000641171 di kelas 35; IDM000641172 di kelas 39; dan IDM000641173 di kelas 38 atas nama Tergugat dari Daftar Umum Merek beserta segala konsekuensi hukumnya,” demikian bunyi petitum. 

    Tidak hanya itu, Penggugat turut meminta agar Hakim memerintahkan Turut Tergugat patuh terhadap putusan dalam perkara ini serta membatalkan pendaftaran merek-merek TURO di Ditjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum. 

    Mereka juta diminta untuk menghapus pendaftaran merek-merek terdaftar tersebut dari Daftar Umum Merek dan mengumumkannya dalam Berita Resmi Merek sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Merek.

    “Menghukum Tergugat untuk membayar seluruh biaya yang timbul dalam perkara ini atau Apabila Yang Terhormat Majelis Hakim yang memeriksa dan memutus perkara ini berpendapat lain, maka kami mohon kepada Yang Terhormat Majelis Hakim untuk dapat memberikan putusan yang seadil-adilnya (ex aequo et bono),” pungkas petitum tersebut. 

    Berdasarkan informasi yang dihimpun, Turo Inc. selaku Penggugat merupakan perusahaan penyedia platform online berbagi mobil dan rental berbasis di San Fransisco, AS. 

    Sementara itu, PT Pusaka Citra Djokosoetono tercatat sebagai pemilik saham terbesar di PT Blue Bird Tbk. (BIRD). Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Pusaka Citra Djokosoetono adalah pemegang saham BIRD sebanyak 709.857.979 lembar atau 28,4%. 

    Dilansir dari situs resmi Bluebird Group, Kepala Komisaris dari PT Pusaka Citra Djokosoetono adalah Bayu Priawan Djokosoetono. Pria yang merupakan salah satu anggota keluarga pendiri Bluebird itu kini juga menjabat sebagai Komisaris Bluebird Group Holding.

    Bisnis telah mencoba meminta tanggapan dari Komisaris Bluebird Group Sigit Priawan Djokosoetono, serta Direktur Bluebird Group Adrianto (Andre) Djokosoetono. Keduanya pernah menjabat sebagai direktur utama di perusahaan berlogo taksi burung biru itu.

  • BRI dan Blue Bird Perkuat Kerjasama Hadirkan Solusi Keuangan Digital untuk Pengemudi

    BRI dan Blue Bird Perkuat Kerjasama Hadirkan Solusi Keuangan Digital untuk Pengemudi

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) dan PT Blue Bird Tbk. terus memperkuat kerja sama strategis yang telah terjalin sejak 2011. Kolaborasi ini bertujuan untuk menghadirkan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses layanan perbankan digital serta meningkatkan efisiensi transaksi bagi para pengemudi Blue Bird.

    Sebagai mitra perjalanan terpercaya masyarakat, para pengemudi Blue Bird semakin memanfaatkan layanan perbankan BRI. Hal ini tercermin dari peningkatan penggunaan rekening BRI oleh pengemudi yang mencapai lebih dari 100% secara year-on-year (YoY). Salah satu produk unggulan dalam kerja sama ini adalah Tabungan BRI BritAma Driver Blue Bird, yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan finansial para mitra pengemudi.

    Melalui kolaborasi ini, pengemudi Blue Bird dapat menikmati berbagai kemudahan transaksi digital melalui BRImo, seperti top-up saldo BRIZZI yang lebih cepat, setor tunai dan tarik tunai tanpa kartu di ATM BRI, serta pembayaran praktis menggunakan QRIS. Hingga akhir Desember 2024, jumlah pengguna Super Apps BRImo tumbuh 22,12% YoY menjadi 38,61 juta user, dengan volume transaksi yang diproses melalui BRImo naik 34,57% YoY menjadi sebesar Rp5.596 triliun.

    Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto menyampaikan bahwa kerja sama ini terus berkembang dalam menyediakan layanan keuangan bagi para pengemudi Blue Bird dan ekosistemnya. “Sebagai bank dengan jaringan terluas, BRI bersama Blue Bird memberikan kemudahan transaksi, meningkatkan efisiensi keuangan, serta manfaat lebih luas bagi para pengemudi dan pool Blue Bird yang telah mempercayakan rekening BRI sebagai rekening penerimaan penghasilan,” ujarnya.

  • Perkuat Kerja Sama, BRI dan Blue Bird Permudah Akses Keuangan Digital bagi Pengemudi – Halaman all

    Perkuat Kerja Sama, BRI dan Blue Bird Permudah Akses Keuangan Digital bagi Pengemudi – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) dan PT Blue Bird Tbk. terus memperkuat kerja sama strategis yang telah terjalin sejak 2011. Kolaborasi ini bertujuan untuk menghadirkan kemudahan bagi pelanggan dalam mengakses layanan perbankan digital serta meningkatkan efisiensi transaksi bagi para pengemudi Blue Bird.

    Sebagai mitra perjalanan terpercaya masyarakat, para pengemudi Blue Bird semakin memanfaatkan layanan perbankan BRI. Hal ini tercermin dari peningkatan penggunaan rekening BRI oleh pengemudi yang mencapai lebih dari 100 persen secara year-on-year (YoY). Salah satu produk unggulan dalam kerja sama ini adalah Tabungan BRI BritAma Driver Blue Bird, yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan finansial para mitra pengemudi.

    Melalui kolaborasi ini, pengemudi Blue Bird dapat menikmati berbagai kemudahan transaksi digital melalui BRImo, seperti top-up saldo BRIZZI yang lebih cepat, setor tunai dan tarik tunai tanpa kartu di ATM BRI, serta pembayaran praktis menggunakan QRIS. 

    Hingga akhir Desember 2024, jumlah pengguna Super Apps BRImo tumbuh 22,12% YoY menjadi 38,61 juta user, dengan volume transaksi yang diproses melalui BRImo naik 34,57% YoY menjadi sebesar Rp5.596 triliun.

    Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto menyampaikan bahwa kerja sama ini terus berkembang dalam menyediakan layanan keuangan bagi para pengemudi Blue Bird dan ekosistemnya. 

    “Sebagai bank dengan jaringan terluas, BRI bersama Blue Bird memberikan kemudahan transaksi, meningkatkan efisiensi keuangan, serta manfaat lebih luas bagi para pengemudi dan pool Blue Bird yang telah mempercayakan rekening BRI sebagai rekening penerimaan penghasilan,” ujarnya.

    Untuk mendukung ekosistem Blue Bird, BRI menyediakan layanan seperti rekening Tabungan BritAma dan super app BRImo dengan free asuransi kecelakaan diri serta biaya administrasi tabungan khusus, penempatan mesin ATM dan CRM di pool Blue Bird, BRIVA untuk layanan setoran tunai dan tarik tunai, serta layanan API Disbursement guna memastikan kelancaran penerimaan penghasilan bagi para pengemudi. Selain itu, Blue Bird Group juga memanfaatkan QLOLA sebagai Integrated Corporate Solution Platform untuk mempermudah aktivitas bisnis perusahaan.

    Sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaan yang diberikan, BRI menghadirkan Program Racing Disbursement, yang telah berlangsung sejak Oktober 2024 hingga Januari 2025. 

    “Kami melihat antusiasme tinggi dari para pengemudi Blue Bird dalam memanfaatkan layanan BRI. Kepercayaan ini menjadi bukti nyata bahwa inovasi keuangan yang kami hadirkan memberikan solusi yang berdampak positif,” tambah Andrijanto.

    Pada kesempatan itu, BRI dengan bangga memberikan penghargaan kepada pool dan pengemudi Blue Bird yang menunjukkan komitmen luar biasa dalam pemanfaatan rekening BRI. Kolaborasi ini juga sejalan dengan komitmen BRI dalam mendorong inklusi keuangan dan digitalisasi bagi berbagai sektor, termasuk transportasi. 

    Dengan jaringan layanan yang luas, berbagai fitur perbankan digital seperti BRImo, BRIZZI, dan layanan BritAma, serta ekosistem finansial yang terus berkembang, BRI berkomitmen untuk terus mendukung mitra-mitra strategis seperti Blue Bird dalam menghadirkan solusi keuangan yang lebih efektif dan efisien.

  • Modernisasi Layanan Bluebird, BNI Tingkatkan Efisiensi Sektor Transportasi

    Modernisasi Layanan Bluebird, BNI Tingkatkan Efisiensi Sektor Transportasi

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus berperan aktif dalam mendukung digitalisasi sektor transportasi di Indonesia. Salah satunya adalah melalui kemitraan dengan PT Blue Bird Tbk atau Bluebird untuk mengoptimalkan layanan berbasis teknologi yang lebih efisien dan terintegrasi.

    Kerja sama antara BNI dan Bluebird ini berfokus pada modernisasi sistem keuangan Bluebird melalui solusi korporasi BNIdirect. Kemitraan ini menghasilkan peningkatan volume transaksi Bluebird sebesar 83% secara year on year (YoY) per Desember 2024 pada platform BNIdirect. Layanan cash management dari BNI menjadi solusi pengelolaan transaksi Bluebird yang lebih efisien, transparan, dan terintegrasi.

    Direktur Utama Bluebird Adrianto Djokosoetono mengungkapkan bahwa semakin banyak penumpang yang melakukan pembayaran secara cashless, sehingga sistem cash management menjadi sangat penting.

    “Tidak hanya memudahkan penumpang saat membayar, tetapi juga memastikan pengemudi kami menerima pembayaran secara langsung di hari yang sama, menggunakan jaringan BNI,” ujar Adrianto.

    Adrianto menambahkan bahwa keberadaan BNI di luar Jakarta sangat membantu pengemudi Bluebird yang sebagian besar memiliki keluarga di luar kota.

    “BNI yang berada di luar kota-kota besar, sangat bermanfaat bagi jaringan keluarga karyawan dan pengemudi kami,” ujarnya.

    Melalui BNIdirect, BNI memfasilitasi Bluebird dalam hal cash management dengan layanan seperti One Gate Payment API (OGP), cash pooling, inhouse transfer, dan pembayaran antar bank. Ini memungkinkan distribusi dana kepada pengemudi dan penerimaan setoran ke kantor pusat berjalan lancar, mengoptimalkan aliran kas, serta meminimalkan risiko keterlambatan atau kesalahan pembayaran.

    Selain itu, Bluebird dapat memantau mutasi rekening dan mengelola dana dari setiap pool taksi dengan lebih transparan.

    “Hal ini memberikan visibilitas yang lebih baik terhadap kondisi keuangan mereka, sehingga keputusan bisnis dapat diambil dengan lebih tepat,” ungkap Direktur Digital and Integrated Transaction Banking BNI Hussein Paolo Kartadjoemena.

    Paolo turut menyampaikan apresiasi atas kepercayaan Bluebird terhadap layanan BNI.

    “Kepercayaan Bluebird kepada BNI dan perkembangan transaksi digital Bluebird membawa kami menobatkan Bluebird sebagai The Most Innovative Digital Transaction pada BNIdirect Appreciation Night 2024,” ujarnya.

    Adrianto juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas penghargaan tersebut yang diberikan pada Januari 2025 lalu.

    “Acara BNIdirect Appreciation Night 2024 turut membuka peluang jaringan dan kolaborasi lebih luas. Kami berharap kerja sama ini dapat terus berkembang,” kata Adrianto.

    Ke depan, BNI dan Bluebird berencana memperluas kerja sama, termasuk pemberian pembiayaan investasi, kredit modal kerja, dan solusi Virtual Account (VA) Debit untuk mitra Bluebird, serta potensi kolaborasi dengan anak perusahaan Bluebird Group.

    “Sebagai brand asli Indonesia, kami bangga bekerja sama dengan BNI. Bluebird telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia selama lebih dari 52 tahun dan kami percaya, layanan lokal memiliki kekuatan untuk menciptakan dampak positif yang besar bagi bangsa,” tutup Adrianto.

    BNI berkomitmen untuk terus mendukung digitalisasi berbagai sektor di Indonesia, termasuk sektor transportasi. Dengan menghadirkan solusi inovatif, BNI bertujuan untuk membantu perusahaan-perusahaan seperti Bluebird dalam meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan pengelolaan keuangan, serta memperluas jaringan bisnis mereka.

  • ASRI brings The Chiefs 2025 to Jakarta with Monocle

    ASRI brings The Chiefs 2025 to Jakarta with Monocle

    Jakarta, FORTUNE – Agung Sedayu Ritel Indonesia (ASRI) brings The Chiefs 2025 to Jakarta in collaboration with Monocle. The Chiefs is Monocle’s global leadership conference that gathers business leaders across industries where opportunities and inspiration are shared.

    “Our collaboration with Monacle has been around for a long time. In 2019, we developed Ashta with a lifestyle concept with Monacle,” said Alexander H Kusuma, CEO ASRI in Ashta, District8, Jakarta, (14/2).

    The inaugural edition of The Chiefs took place in the Swiss mountain retreat of Suvretta House, St Moritz, in September 2020. In November 2022, Monocle hosted its first US conference in Dallas, Texas. In 2024, Monocle took the event to the vibrant city of Hong Kong. The fourth edition of the event will be held in Jakarta, Indonesia, in 23-24 April 2025.

    Here, as Development Director Monocle, Linard Baer said,  “You can hear from top CEOs and founders about how to succeed in business. Plus, be introduced to next-gen entrepreneurs.” Also, you can connect with an engaged community of more than 100 international business leaders and spend time with Monocle’s editors and hear our take on industry trends for 2025 and beyond.

    Previous speakers include: Vitra CEO, Nora Fehlbaum; Mayor of Athens, Kostas Bakoyannis; Former president of the International Committee of the Red Cross, Peter Maurer; Miller Knoll VP, Ryan Anderson; Mexican chef, Elena Reygadas; Co-founder and CEO of Semafor, Justin B Smith; Chairwoman of Thai developer The Mall Group, Supaluck Umpujh; President director of Blue Bird Group, Noni Purnomo, and many more.

  • Belum Ada Tersangka Kasus Kebakaran Glodok Plaza, Polisi Masih Tunggu Hasil Forensik – Halaman all

    Belum Ada Tersangka Kasus Kebakaran Glodok Plaza, Polisi Masih Tunggu Hasil Forensik – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Barat mendalami penyebab kebakaran Glodok Plaza, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat. 

    Pada Jumat (31/1/2025), penyidik telah melakukan pemeriksaan secara maraton terhadap sejumlah saksi untuk mengungkap kronologis kejadian.

    Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Arfan Zulkan Sipayung menuturkan manajemen tempat hiburan malam Tiyara dan pengelola gedung Glodok Plaza juga sudah diperiksa guna memperjelas insiden yang menyebabkan kepanikan di kawasan tersebut.

    “Kami sudah lakukan pemeriksaan saksi-saksi, dari awal kejadian sampai hari ini,” ujar AKBP Arfan Zulkan Sipayung di RS Polri Jakarta, Jumat (31/1/2025).

    Dari total 16 orang saksi yang dipanggil, baru 14 orang yang telah dimintai keterangan oleh penyidik. 

    Sementara, dua saksi lainnya berhalangan hadir dan akan dijadwalkan ulang.

    “Kami akan melakukan pemanggilan kembali kepada dua saksi yang belum hadir untuk melengkapi pemeriksaan,” tambahnya.

    Lebih lanjut, AKBP Arfan menjelaskan penyebab kebakaran masih menunggu hasil investigasi dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri. 

    Pihak RS Polri Kramat Jati juga telah mengumpulkan sejumlah sampel untuk diperiksa lebih lanjut.

    “Karena Puslabfor sudah mengambil sampel debu dan sampel dari kabel yang terbakar, maka kami masih menunggu hasil analisis lebih lanjut,” jelasnya.

    Kepolisian pun belum menetapkan tersangka dalam kasus kebakaran tersebut. 

    AKBP Arfan menegaskan bahwa perkembangan lebih lanjut akan segera disampaikan kepada publik setelah proses investigasi selesai.

    “Kami sudah periksa manajemen dari Tiyara dan Glodok Plaza. Untuk perkembangan selanjutnya, akan kami sampaikan kembali,” pungkasnya.

    Identifikasi Enam Jenazah

    Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati Jakarta telah berhasil mengidentifikasi enam jenazah dari 14 orang dilaporkan hilang dari insiden kebakaran Glodok Plaza di Tamansari, Jakarta Barat, Jumat (31/1/2025).

    “Tim gabungan telah berhasil mengidentifikasi tiga orang jenazah korban, sehingga hingga hari ini total sudah enam jenazah yang berhasil diidentifikasi,” kata Wakarumkit RS Polri, Kombes Erwin Zainul dalam konferensi pers.

    Ada tiga jenazah korban yang teridentifikasi pada Jumat (30/1/2025).

    Kepala Bidang DVI Rodokpol Pusdokkes Mabes Polri Kombes Ahmad Fauzi mengungkapkan, pekerjaan ketiga korban kebakaran Glodok yang baru teridentifikasi adalah influencer, kasir diskotek, dan calon pramugari. 

    “Kalau dari data antemortem yang kami terima, atas nama Desty Eka Putri ini, pernah tercatat, pernah berapa kali daftar pramugari katanya,” ungkap Ahmad Fauzi di RS Polri Kramat Jati, Jumat (31/1/2025). 

    Ahmad menjelaskan, Desty bukan pramugari sehingga dia tidak masuk dalam data dari Balai Kesehatan Penerbangan.

    “Tapi memang karena bukan pramugari, jadi tidak tercatat dalam daftar yang dikirim oleh Balai Kesehatan Penerbangan,” kata Ahmad.

    Sementara itu, Keren Shalom merupakan influencer berdasarkan keterangan keluarga dan Ade Aryati berprofesi sebagai kasir diskotek.

    “Kalau Keren, data yang kami dapat dari keluarganya, merupakan seorang influencer.”

    “Sedangkan kalau ibu almarhumah Adi Aryati, itu pegawai dari tempat hiburan itu. Sebagai kasir kalau tidak salah,” tutur Ahmad.

    Sebelumnya, pada Jumat (24/1/2025) lalu, pihak RS Polri Kramatjati lebih dulu berhasil mengidentifikasi tiga jenazah korban kebakaran Glodok Plaza Jakarta Barat.

    Dua korban yang teridentifikasi adalah pramugari dan karyawan badan usaha milik negara (BUMN).

    “Untuk Aulia Belinda (28) mantan pramugari Lion Air, Osima Yukari (29) pramugari Blue Bird Nordic Airlines (BBN Airlines), BUMN Zukhi Fitria Rahdja (42) merupakan Karyawan BUMN,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi.

     

  • Ini Identitas 6 Korban Kebakaran Glodok Plaza Teridentifikasi, Sebagian Pramugari – Halaman all

    Ini Identitas 6 Korban Kebakaran Glodok Plaza Teridentifikasi, Sebagian Pramugari – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pihak kepolisian melalui Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati Jakarta telah berhasil mengidentifikasi enam jenazah dari 14 orang dilaporkan hilang dari insiden kebakaran Glodok Plaza di Tamansari, Jakarta Barat, per Jumat, 31 Januari 2025.

    “Tim gabungan telah berhasil mengidentifikasi tiga orang jenazah korban, sehingga hingga hari ini total sudah enam jenazah yang berhasil diidentifikasi,” kata Wakarumkit RS Polri, Kombes Erwin Zainul dalam konferensi pers di RS Polri, Kramat jati, Jakarta Timur, Jumat (31/1/2025).

    Ada tiga jenazah korban yang teridentifikasi pada Jumat  (30/1/2025).

    Kepala Bidang DVI Rodokpol Pusdokkes Mabes Polri Kombes Ahmad Fauzi mengungkapkan, pekerjaan ketiga korban kebakaran Glodok yang baru teridentifikasi adalah influencer, kasir diskotek, dan calon pramugari. 

    “Kalau dari data antemortem yang kami terima, atas nama Desty Eka Putri ini, pernah tercatat, pernah berapa kali daftar pramugari katanya,” ungkap Ahmad Fauzi di RS Polri Kramat Jati, Jumat (31/1/2025). 

    Ahmad menjelaskan, Desty bukan pramugari sehingga dia tidak masuk dalam data dari Balai Kesehatan Penerbangan.

    “Tapi memang karena bukan pramugari, jadi tidak tercatat dalam daftar yang dikirim oleh Balai Kesehatan Penerbangan,” kata Ahmad.

    Sementara itu, Keren Shalom merupakan influencer berdasarkan keterangan keluarga dan Ade Aryati berprofesi sebagai kasir diskotek.

    “Kalau Keren, data yang kami dapat dari keluarganya, merupakan seorang influencer.

    Sedangkan kalau ibu almarhumah Adi Aryati, itu pegawai dari tempat hiburan itu. Sebagai kasir kalau tidak salah,” tutur Ahmad.

    Sebelumnya, pada Jumat, 24 Januari 2025 lalu, pihak RS Polri Kramatjati lebih dulu berhasil mengidentifikasi tiga jenazah korban kebakaran Glodok Plaza Jakarta Barat.

    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi menyampaikan dua korban yang teridentifikasi adalah pramugari dan karyawan badan usaha milik negara (BUMN).

    “Untuk Aulia Belinda (28) mantan pramugari Lion Air, Osima Yukari (29) pramugari Blue Bird Nordic Airlines (BBN Airlines), BUMN Zukhi Fitria Rahdja (42) merupakan Karyawan BUMN,” kata Ade Ary.

    Dalam kesempatan yang sama, Kepala Rumah Sakit (Karumkit) RS Polri Kramatjati Brigjen Prima Heru menjelaskan memang proses identifikasi jasad korban kebakaran membutuhkan waktu lama.

    Pasalnya, kata dia, jenazah korban kebakaran dalam kondisi yang sulit dikenali. 

    Untuk itu, pihaknya memohon maaf kepada keluarga yang ditinggalkan.

    “Kami mohon maaf apabila dalam pemeriksaan ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena kondisi jenazah yang terbakar hebat,” kata Prima.

    Karodokpol Pusdokkes Polri Brigjen Nyoman Edi menyampaikan proses identifikasi korban lainnya akan terus dilakukan.

    “Untuk sementara, ada sembilan body part yang masih memerlukan pendalaman. Kami mohon dukungan, doa, bapak ibu semua,” ungkap Nyoman.

    Diberitakan, kebakaran hebat melanda gedung Glodok Plaza di Tamansari, Jakarta Barat pada Rabu malam, 15 Januari 2025.

    Ada tiga lantai teratas yakni 7, 8, dan 9 dari gedung Glodok Plaza ludes terbakar.

    Tiga lantai itu merupakan tempat diskotek dan tempat karaoke sebuah hiburan malam ternama di Jakarta.

    Dari kejadian itu, ada sebanyak 14 orang dilaporkan hilang.

    Berikut data 6 jenazah korban kebakaran Glodok Plaza teridentifikasi:

    Aulia Belinda (28): mantan pramugari Lion Air
    Osima Yukari (29): Pramugari Blue Bird Nordic Airlines (BBN Airlines)
    Zukhi Fitria Rahdja (42): Pegawai BUMN
    Ade Aryati (30): kasir diskotek di Glodok Plaza
    Desty Eka Putri S (24): Calon pramugari
    Keren Shallom Jeremiah (21): Influencer           

    Dua Kantong Jenazah Berisi Bukan Part Body 

    Kepala Biro Dokter Polisi RS Polri Kramat Jati, Brigjen Nyoman Eddy Purnama mengungkapkan, dua dari 14 kantong jenazah yang diterima RS Polri bukan berisi body part korban kebakaran Glodok Plaza.

    Hal itu dipastikan setelah dilakukan pemeriksaan berulang oleh dokter forensik dan dokter gigi forensik.

    Diduga dua kantong itu berisi material bangunan yang terbakar.

    “Dari 14 kantong jenazah yang dikirim ke RS Polri, setelah dicek ulang pendalaman ternyata dua di antaranya bukan berisi body part,” kata Nyoman edi RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, dalam jumpa pers, Jumat (31/1/2025).

    Ia menambahkan, sampai saat ini pihaknya masih melakukan proses identifikasi. Pihaknya mendalami data antemortem dari keluarga untuk melanjutkan pemeriksaan sampel DNA di laboratorium Pusdokes Polri.

    Masyarakat yang merasa kehilangan anggota keluarga di lokasi kebakaran Glodok Plaza diimbau untuk melapor. (Kompas.com/Kompas Tv)
     
     
     
     
     
     

  • Jenazah Osima Yukari Korban Kebakaran Glodok Plaza Teridentifikasi, sang Ayah Siapkan Pemakaman – Halaman all

    Jenazah Osima Yukari Korban Kebakaran Glodok Plaza Teridentifikasi, sang Ayah Siapkan Pemakaman – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Jenazah Osima Yukari, korban kebakaran Glodok Plaza akhirnya berhasil diidentifikasi.

    Ayah Osima, Edi Sunarsono alias Soni (68) mengaku telah mendengar kabar jenazah Osima ini dari polisi.

    “Saya sudah mendapat kabar dari polisi kalau jenazah anak saya sudah teridentifikasi,” kata Soni, dilansir Kompas.com, Jumat (24/1/2025).

    Kini jenazah pramugari Blue Bird Nordic Airlines (BBN Airlines) itu pun akan dibawa ke Kendal, untuk dilakukan prosesi pemakaman oleh keluarga.

    Soni mengungkap rencananya pemakaman Osima akan dilakukan besok Sabtu (25/1/2025).

    Osima akan dimakamkan di pemakaman umum Desa Bangunsari, Patebon, Kendal.

    “Rencananya jenazah akan tiba besok. Nanti akan saya makamkan di pemakaman umum desa Bangunsari, Patebon,” terang Soni.

    Soni menambahkan, kini ia telah ikhlas dengan kepergian anaknya, Osima.

    Bagi Soni, musibah yang menimpa Osima hingga membuatnya kehilangan nyawa ini memang sudah jalan Tuhan.

    3 Jenazah Korban Kebakaran Glodok Plaza Teridentifikasi

    Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur berhasil mengidentifikasi tiga korban kebakaran Plaza Glodok, Jakarta Barat.

    Pengidentifikasian ini berhasil dilakukan setelah potongan tubuh atau body part dicocokkan dengan data yang diberikan oleh keluarga korban.

    “Telah berhasil mengidentifikasi tiga korban dari 14 korban yang telah dilaporkan hilang oleh keluarganya, dan yang lain masih dalam proses pemeriksaan,” kata Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Polri Kramat Jati, Brigjen Prima Heru Yulihartono dalam jumpa pers di RS Polri, Jumat (24/1/2025).

    Prima meminta agar pihak keluarga yang lain untuk bersabar dan mendukung pihak RS Polri melakukan proses identifikasi kepada jasad korban yang lain.

    Sementara itu, Karo Dokpol Pusdokkes Polri Brigjen Nyoman Eddy Purnama menyebut ketiga korban itu teridentifikasi berdasarkan hasil sidang rekonsiliasi.

    Adapun rekonsiliasi dilakukan dengan membandingkan data postmortem dan antemortem.

    Ketiga jenazah yang berhasil teridentifikasi yakni seorang pria bernama Zukhi F Radja (42 Tahun); Aulia Belinda, perempuan, 28 Tahun; dan Osima Yukari, perempuan, 25 Tahun.

    “Untuk sementara, ada 9 body-part yang masih membutuhkan pendalaman. Kami mohon dukungan, doa, semua masyarakat agar kami juga memohon kepada korban yang merasa kehilangan bersabar karena kami akan melaksanakan kembali pendalaman,” jelasnya.

    Kebakaran hebat terjadi di bagian atas gedung Glodok Plaza, Mangga Besar, Jakarta Barat, Rabu (15/1/2025) malam.

    Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Gulkarmat Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan api diduga berasal dari sebuah diskotik.

    “Objek diskotik lantai 7 Glodok Plaza,” ucap Satriadi dalam keterangannya.

    Dalam hal ini, tim SAR gabungan sudah mengevakuasi 12 kantong jenazah yang didapat dari lantai yang terbakar yakni lantai 7 hingga 9 Plaza Glodok.

    Adapun kondisi jasad sudah tidak utuh saat ditemukan sehingga diperlukan waktu untuk dilakukan identifikasi.

    (Tribunnews.com/Faryyanida Putwiliani/Abdi Ryanda Shakti)(Kompas.com/Gloria Setyvani Putri)

    Baca berita lainnya terkait Kebakaran Glodok Plaza.

  • Awal 2025 Presiden Prabowo Bakal Groundbreaking ke-9 Proyek Swasta di IKN, Ini Daftarnya – Halaman all

    Awal 2025 Presiden Prabowo Bakal Groundbreaking ke-9 Proyek Swasta di IKN, Ini Daftarnya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Prabowo Subianto bakal melakukan groundbreaking atau peletakkan batu pertama ke-9 proyek swasta di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Januari 2025. 

    Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono mengatakan, waktu pelaksanaan groundbreaking ke-9 akan menunggu jadwal dari Presiden Prabowo. 

    Namun, Basuki menyebut secara keseluruhan proyek yang akan digroundbreaking sudah bisa dilaksanakan.

    “Kalau kami sudah siap untuk Januari, tapi nanti tergantung jadwal Presiden (Prabowo Subianto). Tadi pada saat salaman dengan Bapak Presiden, beliau bilangnya, ‘kapan-kapan kita ngomong’,” kata Basuki dikutip dari Kompas.com, Selasa (30/12/2024).

    Proyek swasta yang akan masuk groundbreaking ke-9 mencakup hotel, sekolah, restoran, hingga kantor dengan total nilai investasi Ro 6,5 triliun. 

    Sebelumnya, Basuki pernah menyampaikan ada lima proyek yang akan dibangun pada groundbreaking ke-9 saat ditemui di Menara Mandiri II, beberapa waktu lalu. 

    “Kami sedang mengusulkan kepada Pak Presiden untuk ada lima groundbreaking,” ujar Basuki. 

    Lima proyek baru tersebut adalah garapan swasta dengan sektor meliputi perkantoran, hotel, rumah makan, penghijauan, dan perumahan yang tengah diusahakan.

    “Yang satu Sojitz baru kita upayakan dari Jepang itu, Sojitz itu perumahan,” lanjut Basuki. 

    Sojitz Corporation adalah sebuah perusahaan perdagangan umum yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang. 

    Sojitz menjalankan berbagai macam bisnis, dan berinvestasi pada berbagai macam sektor dan mengadakan aktivitas finansial. 

    Seperti otomotif, energi, sumber daya mineral, kimia, sumber daya makanan, sumber daya pertanian dan kehutanan, barang jadi, dan kawasan industri.

    Sudah Delapan Groundbreaking

    Dalam pelaksanaan pembangunan IKN, pada pemerintahan era Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi), sudah terlaksana delapan kali groundbreaking.

    Dari delapan groundbreaking yang telah dilaksanakan, total investasi mencapai Rp58,4 triliun.

    Beberapa investasi swasta telah selesai dan mulai beroperasi, seperti Hotel Nusantara dengan 191 kamar, Rumah Sakit Mayapada dengan 200 bed layanan patologi, serta Rumah Sakit Hermina yang menyediakan 200 bed layanan gawat darurat. 

    Selain itu, terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN yang telah beroperasi di mana mampu menyuplai 10 MW listrik energi terbarukan yang merupakan kerjasama PLN dan Sembcorp Singapore.

    Berikut Daftar Proyek 8 Tahapan Groundbreaking:

    Groundbreaking ke-1  

    Swissôtel Nusantara
    Vasanta Hotel Nusantara by Vasanta Group
    RS Abdi Waluyo Nusantara

    Groundbreaking ke-2 

    RS Hermina
    Pakuwon Nusantara Superblock by Pakuwon Group (mal, tiga hotel, dan ballroom)
    Nusantara Intercultural School (NIS)
    RS Mayapada by Mayapada Group
    Astra Biz Center IKN by Yayasan Pendidikan Astra
    PLN Hub by PT PLN (Persero)

    Groundbreaking ke-3 

    Nusantara Superblock (pusat belanja, hotel bintang 4, perkantoran, fasilitas olahraga, dan apartemen) by PT Wulandari Bangun Laksana Tbk
    Pulau Suaka Orang Utan by Yayasan Arsari Djojohadikusumo
    The Pakuwubono (apartemen) by PT Pakubuwono Mandiri Investama
    BSH Community Hub (restoran, Qubika Boutique Hotel, apartemen, dan pusat jajan) by Karya BSH Mandiri
    Qubika Boutique Hotel Grand Lucky by PT Mitra Belanja Anda (MBA)
    Transportasi Ramah Lingkungan by PT Blue Bird Tbk

    Groundbreaking ke-4

    SUN Hub by PT Sentra Unggul Nusantara
    Nusantara Warehouse Park by PT Wulandari Bangun Laksana Tbk
    Jambuluwuk Nusantara Hotel by Jambuluwuk Hotel and Resorts

    Groundbreaking ke-5

    Mandiri Digital Service by PT Bank Mandiri Tbk
    BRI International Microfinance Center by PT BRI Tbk
    BNI Digital Banking bt PT BNI Tbk
    Telkom Smart Office by PT Telkom Indonesia Tbk

    Groundbreaking ke-6

    Bina Bangsa School
    Universitas Gunadarma Program Studi Doktor Internasional
    Sekolah Islam Al-Azhar Summarecon Nusantara
    Nusantara Sustainability Hub by Pertamina dan Bakrie Group
    Botanical Garden by Konsorsium Nusantara
    Arena Lifestyle F&B
    Central Telecommunication Office by PLN Icon Plus
    Kantor BTN by PT BTN Tbk

    Groundbreaking ke-7

    Kawasan mixed use (Grand Whiz Hotel, Nusantara Quarter Apartment, dan Royale Nusantara Golf and Residence) by Intiland Development
    BCA Office by PT Bank Central Asia Tbk
    Swiss-belhotel IKN by PT Papua Hotel Internasional
    Nusantara International Convention Center and Hotel by PT Royal Golden Eagle

    Groundbreaking ke-8

    Delonix Nusantara by Delonix Bravo Investment
    AIS Nusantara by Australian Independent School
    Teras Hutan Ibu Kota Nusantara by Plataran
    Magnum Resort Nusantara by Magnum Estate
    D’Prima Hotel Nusantara by PT Primahotel Management Indonesia

  • Cara Perusahaan Mendorong Program Kewirausahaan bagi Perempuan

    Cara Perusahaan Mendorong Program Kewirausahaan bagi Perempuan

    Jakarta: Program pengembangan kewirausahaan bagi perempuan menjadi perhatian sejumlah perusahaan.
     
    Salah satu perusahaan transportasi, Bluebird membuat program yang menghadirkan pelatihan pengembangan diri antara lain lewat kelas tata boga, tata busana, dan tata rias.
     
    Program ini telah memberdayakan ribuan istri dan anak pengemudi Bluebird Group. Program yang diinisiasi oleh Noni Purnomo, Founder Bluebird Peduli, punya visi mewujudkan keluarga sejahtera melalui peningkatan peran perempuan.
     

    Hal ini penting karena berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, perempuan mengelola 64,5 persen dari total UMKM di Indonesia atau sekitar 37 juta UMKM dengan proyeksi di 2025 memiliki total nilai sebesar USD 135 miliar. Hal ini sekaligus merupakan cerminan begitu pentingnya peran women entrepreneur terhadap pembangunan ekonomi nasional.
    Direktur Utama PT Blue Bird Tbk Adrianto (Andre) Djokosoetono, menuturkan program ini memberikan keterampilan teknologi untuk mendukung pengelolaan usaha, seperti pemasaran daring dan pengembangan produk kreatif.
     
    “Upaya ini menjadi salah satu langkah penting dalam memastikan peran perempuan di rumah tangga dapat bersaing di tengah dinamika era digital,” tegas dia dikutip Sabtu, 28 Desember 2024.
     
    Perjalanan ini juga sejalan dengan visi keberlanjutan Bluebird Group melalui pilar BlueLife yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan sosial. Dia menyatakan komitmen perusahaan dalam mendukung kesejahteraan keluarga besar Bluebird.
     
    “Program ini tidak hanya tentang pemberdayaan, tetapi juga membuka ruang bagi perempuan untuk mewujudkan potensi terbaik mereka,” tegas dia.
     
    Dia menjelaskan banyak cerita inspiratif yang lahir dari keberhasilan peserta, yang terus memotivasi Bluebird untuk mengembangkan program ini agar semakin banyak keluarga menjadi sejahtera. Program ini hadir untuk memberikan peluang bagi perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.
     
    “Kami terus berupaya memberikan dampak positif bagi pengemudi dan keluarganya yang merupakan pilar penting dari perusahaan,” tutup Andre.

    Pelatihan kewirausahaan pelaku UMKM perempuan

    Program serupa juga dilakukan dengan Standard Chartered Bank Indonesia memberikan program pelatihan kewirausahaan kepada pelaku UMKM perempuan. Lewat program Women in Entrepreneurship (WiE), pelaku UMKM perempuan akan mendapatkan pelatihan teknologi seperti penggunaan media sosial hingga kecerdasan buatan.
     
    Program ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan dalam dunia kewirausahaan dengan fokus pada peningkatan kapasitas pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Program WiE menyediakan berbagai fasilitas, termasuk pelatihan, mentoring, dan akses ke sumber daya yang diperlukan bagi perempuan yang ingin memulai atau mengembangkan bisnis mereka.
     
    Proyek WiE  merupakan kerja sama Standard Chartered Indonesia dengan Yayasan Benih Baik, yang akan diimplementasikan sepanjang tahun 2024, dengan menargetkan 3.000 pelaku UMKM agar dapat lebih memanfaatkan perkembangan teknologi, salah satunya adalah artificial inteligence.
     
    Sementara itu, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Makro Kementerian Koperasi dan UKM RI, Rully Nuryanto, turut menambahkan visi Kementerian Koperasi dan UKM yang menyasar wirausaha muda termasuk dari kalangan perempuan.
     
    “Dalam rangka menciptakan future SMEs melalui peningkatan kapasitas UMKM berbasis inovasi dan teknologi.” jelas dia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (SAW)