Perusahaan: Blue Bird

  • Identitas Wanita Asal Jakarta yang Tewas di Hotel Semarang Terungkap
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        9 Juni 2025

    Identitas Wanita Asal Jakarta yang Tewas di Hotel Semarang Terungkap Regional 9 Juni 2025

    Identitas Wanita Asal Jakarta yang Tewas di Hotel Semarang Terungkap
    Editor
    SEMARANG, KOMPAS.com
    – Polisi akhirnya mengungkap identitas wanita yang ditemukan tewas di
    Hotel Citra Dream Semarang
    .
    Korban diketahui bernama Dian Novita Sari (29), seorang ibu rumah tangga asal Kampung Rawadas, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Ia lahir di Liwa, Lampung Barat, pada 25 November 1995.
    Berdasarkan informasi Kapolsek Semarang Selatan, Kompol Sucipto, awalnya datang dua orang tidak dikenal dengan menggunakan Taksi Blue Bird membawa wanita itu ke RSUP Dr. Kariadi, Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang sekira pukul 07.59 WIB.
    Kemudian korban diletakkan di tempat tidur pasien dan dibawa perawat, saksi 1, dan saksi 2 ke ruang UGD.
    Setelah saksi 1 dan 2 keluar dari ruang UGD, mereka sudah tidak melihat dua orang yang mengantarkan korban ke RS.
    “Kemudian pihak RSUP Dr Kariadi melalui dokter Iqra’ menghubungi Panit Inafis Polresrabes Semarang bahwa ada orang tidak dikenal yang dibawa oleh dua orang ke RSUP Dr Kariadi,” kata Kompol Sucipto seperti dikutip dari
    Tribunnews.com
    .
    Atas info Panit Jatanras info ke Kanit Inafis Polrestabes Semarang, sebelumnya korban diketahui menginap di Hotel Citra Dream Kota Semarang.
    Dalam pemeriksaan sementara kondisi korban kuku membiru, keluar darah mulut, beberapa luka lecet seputaran leher, tali BH turun putus, tanpa celana dalam hanya celana pendek.
    Saat ini polisi masih melakukan penyelidikan atas kasus tersebut.
    Polisi mengamankan dua pria yang mengantarkan korban DNS (29) ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kariadi Semarang.
    Dua pria ini merupakan saksi kunci karena telah membawa korban DNS dari Hotel Citra Dream Imam Bonjol Semarang ke rumah sakit tersebut, tetapi malah meninggalkannya begitu saja dalam kondisi tidak bernyawa.
    “Iya, dua orang ini sudah kami amankan. Kami sedang periksa mendalam,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polrestabes Semarang AKBP Andika Dharma Sena, Senin (9/6/2025).
    Menurut Andika, dua orang ini masih berstatus sebagai saksi. Andika belum merinci dua peran dari dua pria ini. Pun, dengan identitasnya.
    “Ya masih saksi, kami perdalam terus keterangannya,” bebernya.
    Selain dua pria yang mengantarkan korban, kepolisian juga mengambil keterangan dari pihak hotel Citra Dream.
    “Ya kami tentu periksa pihak hotel dan berbagai saksi lainnya. Total sementara ada empat orang saksi,” ungkapnya.
    Andika mengungkap melihat kondisi korban mengarah pada tindakan dugaan pembunuhan.
    Namun, pihaknya masih menunggu hasil autopsi.
    “Dari peristiwa yang ada bisa kita simpulkan ada dugaan pembunuhan hanya perlu kita dalami lagi lewat autopsi,” ujarnya.
    Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Identitas Lengkap Dian Novita Sari, Wanita Yang Tewas di Hotel Citra Dream Semarang
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Ayumi Hamasaki Bantah Rumor Elon Musk Ayah Anak-anaknya

    Ayumi Hamasaki Bantah Rumor Elon Musk Ayah Anak-anaknya

    Jakarta, Beritasatu.com – Bintang pop Jepang, Ayumi Hamasaki, membantah rumor yang menyebut Elon Musk sebagai ayah dari anak-anaknya.

    Rumor ini bermula dari pernyataan penulis Ashley St Claire dalam wawancara dengan The New York Times pada akhir Mei, yang menyebut Elon Musk sebagai ayah dari anak ‘seorang bintang pop Jepang’.

    Lewat akun Instagram pribadinya, Ayumi Hamasaki, dengan tegas membantah rumor tersebut. Ia mengatakan Elon Musk bukan ayah dari kedua anaknya yang masih kecil.

    “Saya memperhatikan rumor ini cukup lama, dan saya rasa sudah waktunya bagi saya untuk berbicara. Elon Musk bukanlah ayah dari salah satu atau kedua anak saya,” kata Ayumi, dikutip dari Channel News Asia, Jumat (6/6/2025).

    Ayumi menambahkan, meski orang lain mungkin menganggap rumor hubungannya dengan Elon Musk masuk akal, namun rumor tersebut tetap tidak benar.

    “Saya mengerti jika orang lain bisa berpikir itu terlihat seperti hal yang akan saya lakukan. Tapi saya tegaskan rumor itu tidak benar,” tegasnya.

    Sebelumnya, Ayumi pernah menikah dengan aktor dan model asal Austria, Manuel Schwarz, dari tahun 2011 hingga 2012. Setelah bercerai, pada 2015 ia menikah kembali  dengan mahasiswa kedokteran Amerika, Tyson Bodkin hingga 2016.

    Pelantun hit Seasons dan Blue Bird tersebut menyampaikan, rumor hubungannya dengan Elon Musk ini ia bantah agar tak merugikan kedua anaknya di masa depan.

    “Ketika anak-anak saya sudah cukup besar untuk mulai mencari-cari di Google, saya tidak ingin mereka mengetahui rumor-rumor itu dan menganggapnya benar, jadi saya dengan tegas membantahnya,” pungkas Ayumi.

  • BNI Tawarkan Promo Menarik di Java Jazz, Cashback hingga Rp 2,5 Juta

    BNI Tawarkan Promo Menarik di Java Jazz, Cashback hingga Rp 2,5 Juta

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menawarkan beragam promo menarik selama gelaran International BNI Java Jazz Festival (JJF) 2025 berlangsung. Pengunjung bisa meraih berbagai keuntungan dengan menjadi nasabah BNI, aktivasi, dan transaksi menggunakan wondr by BNI.

    Direktur Consumer Banking BNI Corina Leyla Karnalies menyampaikan, BNI JJF memiliki audience yang sangat sesuai dengan segmen nasabah BNI, antara lain generasi muda yang memiliki lifestyle nonton musik jazz bersama teman dan keluarga.

    “Momentum ini menjadi peluang strategis untuk mengakselerasi akuisisi nasabah baru dan peningkatan transaksi melalui berbagai touchpoint kreatif selama event berlangsung,” kata Corina dalam keterangan resmi, Jakarta, Jumat (30/5/2025).

    Dalam rangka memperingati perayaan BNI JJF yang ke-20 tahun, BNI telah menyiapkan beragam program menarik lewat aplikasi wondr by BNI. Tersedia cashback hingga Rp 2,5 juta dan TapCash berisi saldo Rp 100.000 untuk pengunjung BNI JJF 2025 yang melakukan pembukaan rekening tabungan nasabah baru melalui wondr by BNI.

    Nasabah existing juga mendapatkan kesempatan mendapatkan reward voucher hingga Rp 200.000 atau cashback hingga 5,5% dengan membuka Tabungan Life Goals selama event berlangsung.

    “Pengunjung bisa mengikuti program ini dengan mendatangi sales BNI yang bertugas atau mengunjungi booth-booth BNI di area event,” tandas Corina.

    Nasabah berkesempatan mendapatkan voucher Rp 25.000  dengan melakukan pembayaran parkir mobil menggunakan QRIS wondr by BNI. Promo ini berlaku bagi 200 pengguna baru yang melakukan aktivasi wondr by BNI pada 26 Mei-1 Juni 2025.

    Corina bilang, program ini hanya berlaku untuk 1 mobil dalam 1 hari selama event berlangsung, e-voucher dapat di klaim di booth wondrland selama periode 30 Mei-1 Juni 2025.

    Selain itu, para pengunjung BNI JJF 2025 dapat melakukan transaksi di berbagai tenant F&B di area event menggunakan Kartu TapCash. Voucher Rp 25.000 akan diberikan kepada 200 orang pertama yang melakukan aktivasi wondr by BNI dan melakukan isi ulang TapCash minimum Rp 200.000.

    Pengunjung yang menggunakan transportasi Taksi Blue Bird juga bisa memanfaatkan voucher Rp 25.000 yang dapat ditukarkan di Booth BNI wondrland. Voucher elektronik akan diberikan kepada 100 orang pertama yang melakukan aktivasi wondr by BNI selama periode program berlangsung dengan minimum tarif perjalanan Rp 100.000.

    “Selain promo dan merchandise menarik yang bisa langsung dibawa pulang, semua transaksi Nasabah selama event juga termasuk kesempatan memenangkan berbagai undian menarik dari Rejeki wondr BNI 2025 yang akan dilakukan pengundian pertama kali pada Agustus 2025,” tutur Corina.

    Melalui program kolaboratif ini, BNI tidak hanya memperkuat brand positioning wondr by BNI sebagai bagian gaya hidup modern, tetapi juga mengajak langsung audience untuk merasakan kemudahan dan manfaat bertransaksi digital dalam suasana festival yang penuh keceriaan.

  • Hujan Promo dari BNI di Java Jazz Festival 2025, Begini Cara Dapatnya!

    Hujan Promo dari BNI di Java Jazz Festival 2025, Begini Cara Dapatnya!

    Jakarta

    Sebagai title sponsor International BNI Java Jazz Festival 2025, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyiapkan deretan promo menarik selama festival musik terbesar di Asia Tenggara tersebut berlangsung. Masyarakat bisa meraih berbagai keuntungan, dengan menjadi Nasabah BNI serta melakukan aktivasi dan transaksi menggunakan wondr by BNI.

    Direktur Consumer Banking BNI, Corina Leyla Karnalies mengatakan BNI Java Jazz Festival memiliki audiens yang sangat sesuai dengan segmen Nasabah BNI, di antaranya generasi muda gemar nonton musik jazz bersama teman dan keluarga.

    “Momentum ini menjadi peluang strategis untuk mengakselerasi akuisisi Nasabah Baru dan peningkatan transaksi melalui berbagai touchpoint kreatif selama event berlangsung,” ujar Corina dalam keterangan tertulis, Jumat (30/5/2025).

    BNI, kata dia, menyediakan cashback hingga Rp 2,5 juta dan TapCash berisi saldo Rp 100 ribu untuk Pengunjung BNI Java Jazz Festival 2025 yang melakukan pembukaan rekening tabungan nasabah baru melalui wondr by BNI. Nasabah eksisting juga mendapatkan kesempatan mendapatkan reward voucher hingga Rp 200 ribu atau cashback hingga 5.5% p.a. dengan membuka Tabungan Life Goals selama event berlangsung. Pengunjung bisa mengikuti program ini dengan mendatangi sales BNI yang bertugas atau mengunjungi booth-booth BNI di area event.

    Nggak cuma itu saja, nasabah berkesempatan mendapatkan voucher senilai Rp 25 ribu dengan melakukan pembayaran parkir mobil menggunakan QRIS wondr by BNI. Promo ini berlaku bagi 200 pengguna baru yang melakukan aktivasi wondr by BNI pada periode 26 Mei-1 Juni 2025.

    “Program ini hanya berlaku untuk 1 mobil dalam 1 hari selama event berlangsung, e-voucher dapat di klaim di booth wondrland selama periode 30 Mei-1 Juni 2025,” jelas Corina.

    Selain itu, para pengunjung BNI JJF 2025 dapat melakukan transaksi di berbagai tenant F&B di area event menggunakan Kartu TapCash. Sebanyak 200 orang pertama yang melakukan aktivasi wondr by BNI dan melakukan isi ulang TapCash minimum Rp 200 ribu, bisa menikmati voucher senilai Rp 25 ribu dari BNI.

    Pengunjung yang menggunakan transportasi Taksi Blue Bird juga dapat memanfaatkan voucher Rp 25 ribu yang dapat ditukarkan di Booth BNI wondrland. Voucher elektronik akan diberikan kepada 100 orang pertama yang melakukan aktivasi wondr by BNI selama periode program berlangsung dengan minimum tarif perjalanan Rp 100 ribu.

    “Selain promo dan merchandise menarik yang bisa langsung dibawa pulang, semua transaksi Nasabah selama event juga termasuk kesempatan memenangkan berbagai undian menarik dari Rejeki wondr BNI 2025 yang akan dilakukan pengundian pertama kali pada Agustus 2025,” ujar Corina.

    Tidak hanya itu, masih banyak penawaran menarik BNI yang dapat diakses melalui https://bni.id/JJF2025.

    Lewat program ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk merasakan kemudahan dan manfaat bertransaksi digital dengan wondr by BNI, dalam suasana festival yang penuh keceriaan.

    (prf/ega)

  • Nikmati Beragam Penawaran Menarik di Green Club dari Jenius!

    Nikmati Beragam Penawaran Menarik di Green Club dari Jenius!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Hemat pangkal kaya bukanlah hanya sekedar pepatah lama, melainkan ungkapan bijaksana untuk hidup mindful dan bijaksana menggunakan uangnya. Pepatah ini juga menekankan untuk menghindari pemborosan dan membiasakan diri menabung agar dapat mencapai keberhasilan finansial.

    Untuk membuat masyarakat semakin gemar menabung pun, perbankan memiliki berbagai inovasi menarik. Dengan begitu, menabung tidak hanya sekedar kegiatan mengumpulkan uang, melainkan memiliki keuntungan lain mulai dari kemudahan dari sisi finansial hingga gaya hidup.

    Salah satu bank digital yang terus berinovasi dan memberikan beragam fitur untuk menjawab kebutuhan penggunanya adalah Jenius dari SMBC Indonesia. Bank digital pertama di Indonesia ini memahami dalam setiap usaha menabung untuk mengatur keuangan yang lebih baik, pencapaiannya patut untuk dirayakan.

    Untuk itu, bagi pengguna yang selalu konsisten menabung dan meningkatkan isi tabungan, selalu ada benefit yang bisa dinikmati di Jenius. Untuk merayakan perjalanan finansial penggunanya, Jenius pun menghadirkan program Green Club, yang bisa terus memantik semangat menabung.

    Green Club adalah kategorisasi pengguna Jenius berdasarkan saldo rata-rata di bulan sebelumnya. Saldo rata-rata bulan sebelumnya dihitung dengan cara membagi total rata-rata saldo dibagi dengan jumlah hari dalam satu bulan.

    Ada lima Club pada Green Club di Jenius, antara lain:

    Seed (saldo rata-rata di bulan sebelumnya di bawah Rp 1.000.000)
    Plant (saldo rata-rata di bulan sebelumnya Rp 1.000.000 – Rp 9.999.999)
    Grow (saldo rata-rata di bulan sebelumnya Rp 10.000.000 – Rp 99.999.999)
    Nurture (saldo rata-rata di bulan sebelumnya Rp 100.000.000 – Rp 499.999.999)
    Bloom (saldo rata-rata di bulan sebelumnya di atas Rp 500.000.000)

    Selain kategori Club di atas, terdapat pula Sinaya Prioritas untuk pengguna Jenius dengan total saldo rata-rata harian di Jenius di atas Rp 500.000.000.

    Jika pengguna Jenius berstatus Sinaya Prioritas, maka akan dapat menikmati benefit prioritas bersamaan dengan benefit yang setara Club Bloom.

    Pengguna juga bisa cek tingkat Green Club dengan cara mudah yaitu pada halaman Home. Pengguna bisa lihat status Green Club di kanan layar atas, samping kiri button Jenius Chat. Pengguna juga bisa mengetahui tingkat Green Club lewat halaman Profile.Ketika masuk halaman Green Club, bisa langsung cek tingkat Green Club kamu di bulan tersebut dan benefit apa saja yang bisa dinikmati!

    Bukan cuma membantu mengatur keuangan, Green Club Jenius juga memiliki beragam benefit yang menguntungkan seperti:

    Gratis biaya untuk transfer tanpa batas dengan BI-Fast
    Gratis biaya tarik tunai di jaringan ATM Bersama/Prima
    Tukar Yay Points jadi KrisFlyer miles atau GarudaMiles hingga 2x per bulan
    Cashback dari transaksi di merchant pilihan menggunakan Jenius
    Kuota voucher cicilan 0% 3 & 6 bulan untuk Kartu Kredit Jenius
    Potongan biaya untuk Kartu Kredit Tambahan s-Card

    Tidak berhenti di situ masih banyak benefit lain, dengan beragam promo dari merchant yang sangat menguntungkan, untuk semua Green Club (berlaku hingga 31 Mei 2025)

    1. Promo Cinepolis:

    Beli 1 dapat 2 tiket studio Regular pakai Kartu Debit dan Kartu Kredit Jenius.

    2. Promo Blue Bird:

    Hubungkan Kartu Kredit Jenius di aplikasi MyBluebird untuk mendapatkan potongan Rp20.000 menggunakan Kartu Kredit Jenius.

    3. Promo Green SM:

    Nikmati promo potongan 30% maksimum Rp 50.000 tanpa minimum transaksi di Green SM.

    4. Promo Traveloka:

    Dapatkan potongan Rp50.000 untuk pengguna Kartu Debit Jenius (m-Card, x-Card atau e-Card) dan Kartu Kredit Jenius di aplikasi Traveloka.

    5. Promo Tiket.com

    Liburan lebih hemat dengan potongan Rp100.000 di Tiket.com pakai Kartu Debit Jenius.

    Selain itu, khusus untuk teman Jenius pada Green Club Nurture atau Bloom, kalian juga bisa mendapatkan berbagai promo, mulai dari restoran dan belanja bulanan.

    1. Promo Restoran

    Cashback hingga 50% (maks. Rp200.000) di Sushi Tei.

    2. Promo Belanja Bulanan

    a. AEON Supermarket: Belanja di AEON Supermarket pakai m-Card dan Kartu Kredit Jenius Visa dapat cashback hingga Rp250.000

    b. Grand Lucky: Belanja hemat di Grand Lucky dengan cashback Hingga 50% (maks. Rp250.000) pakai Kartu Debit dan Kartu Kredit Jenius

    Selain fitur, teman Jenius juga bisa menikmati beragam benefit dari merchant favorit di banyak kategori seperti makan minum, travel, lifestyle, dan masih banyak lagi yang turut menambah banyak benefit Green Club.

    Cek benefit pada merchant favorit selengkapnya jenius.cc/GreenClubPromo di sini.

    Untuk menambah saldo tabungan, kamu bisa memanfaatkan beragam program menabung yang ada di Jenius untuk menambah atau mempertahankan benefit Green Club, seperti:

    Transaksi dengan Bayar & Nabung yang cashback atau tabungannya langsung masuk ke tabungan Cash Cow dengan bunga 9% p.a.
    Menabung di Flexi Rasa Maxi dengan cashback langsung di depan 6,75%
    Menabung Mata Uang Asing USD dengan bunga 3% (Bunga 3,5% jika menabung Mata Uang Asing USD di Maxi Saver)

    Nah tunggu apalagi? Segera menabung di Jenius, bergabung di Green Club dan rasakan semua benefitnya!

    Cari tau informasi selengkapnya di jenius.cc/GreenClub.

    (adv/adv)

    Next Article

    Mantap! BJTM Berhasil Jadi BPD Terbesar dalam KUB

  • Kuartal I 2025, Pendapatan Bluebird Tumbuh 16 Persen Jadi Rp1,3 Triliun  – Halaman all

    Kuartal I 2025, Pendapatan Bluebird Tumbuh 16 Persen Jadi Rp1,3 Triliun  – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  – PT Blue Bird Tbk (BIRD), mencatat pendapatan Rp1,30 triliun sepanjang kuartal I, naik 16 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

    Tak hanya itu, EBITDA perusahaan pun terdongkrak 25% ke level Rp320 miliar, dan laba bersih naik tajam 42 persen  YoY menjadi Rp167 miliar.

    Pertumbuhan ini mencerminkan eksekusi strategi yang konsisten oleh manajemen Bluebird, mulai dari perluasan layanan, efisiensi operasional, hingga pemanfaatan teknologi secara menyeluruh.

    Segmen layanan taksi tetap menjadi tulang punggung bisnis dengan pertumbuhan 14 persen YoY, namun yang menarik adalah performa segmen non-taksi yang tumbuh lebih tinggi, yakni 23 persen YoY yang  menandakan bahwa strategi diversifikasi yang dijalankan—termasuk pengembangan Cititrans dan Goldenbird—semakin memberikan dampak terhadap pendapatan perusahaan.

    “Pertumbuhan ini mencerminkan keberhasilan kami menjaga keseimbangan antara inovasi dan operasional yang efisien,” ujar Adrianto Djokosoetono, Direktur Utama Bluebird dalam keterangannya seperti dikutip, Sabtu (3/5/2025).

    Dikatakannya, hingga akhir Maret, armada Bluebird telah mencapai 24.500 unit dan telah  memperluas jangkauan layanan di berbagai kota besar.

    “Transformasi digital turut memainkan peran penting. Aplikasi MyBluebird mencatat pertumbuhan pengguna dan order hingga 47 persen  YoY, didorong oleh peningkatan kenyamanan layanan, penambahan metode pembayaran seperti OVO, serta integrasi layanan multi-platform,” katanya.

    Peningkatan kontribusi pendapatan juga terlihat dari beberapa kota besar di luar Jakarta, yang mencatat lonjakan kontribusi hingga 30%. Bluebird menilai hal ini sebagai hasil dari kampanye TrueBlue, pendekatan berbasis pemahaman lokal terhadap kebutuhan pelanggan.

    Akselerasi Mobilitas Berkelanjutan

    Sejalan dengan tren global, Bluebird juga mempercepat transisi menuju mobilitas rendah emisi. Melalui lini kendaraan listrik e-Bluebird dan e-Goldenbird, perusahaan menunjukkan komitmennya pada layanan berkelanjutan.

    Sementara itu, unit Cititrans turut mencatatkan ekspansi bisnis melalui pembukaan rute Juanda–Malang, serta kolaborasi dengan Sarinah untuk memperkuat titik keberangkatan di pusat kota.

    “Ke depan, Bluebird akan terus bertransformasi menjadi perusahaan layanan Mobility as a Service (MaaS) yang menyatu dengan kebutuhan masyarakat urban dan mendukung agenda keberlanjutan nasional,” kata Adrianto.

  • Dukung Mobilitas Perkotaan, Bluebird Gulirkan Kampanye TrueBlue di Surabaya – Halaman all

    Dukung Mobilitas Perkotaan, Bluebird Gulirkan Kampanye TrueBlue di Surabaya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA – Perusahaan jasa transportasi Bluebird menggulirkan kampanye #TrueBlue di Kota Surabaya untuk mendukung dinamika Surabaya sebagai kota metropolitan yang makin berkembang pesat.

    Chief Marketing Officer PT Blue Bird Tbk, Mediko Azwar mengatakan, kampanye ini untuk menghadirkan solusi mobilitas yang lebih nyaman dan dapat diandalkan.

    “Kami ingin memastikan setiap perjalanan, baik untuk aktivitas harian maupun perjalanan spesial selama Ramadan, selalu menjadi pengalaman yang menyenangkan,” ujarnya dalam keterangan pers tertulis, Kamis, 3 April 2025.

    Dia mengatakan, sebagai pusat bisnis, perdagangan, dan destinasi wisata yang ramai. Seiring dengan pertumbuhan ini, kota Surabaya memiliki tantangan mobilitas yang semakin kompleks.

    Kampanye ini diharapkan bisa memperkuat posisi Bluebird sebagai solusi mobilitas andal dan bebas stres.

    Kepala Dinas Perhubungan Surabaya, Tundjung Iswandaru, mengatakan, Pemerintah Kota Surabaya mendukung inisiatif sektor swasta dalam menyediakan layanan transportasi kota berstandar tinggi.

    “Kolaborasi dengan swasta dapat menghadirkan solusi mobilitas yang aman dan terpercaya bagi masyarakat,” kata Tundjung.

    Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Surabaya, Ir. Hidayat Syah M.T., mengungkapkan. Surabaya memiliki beragam destinasi wisata kuliner, budaya, dan hiburan yang menarik.

    “Kemudahan akses ke lokasi-lokasi ini penting untuk meningkatkan pengalaman wisatawan. Inisiatif bersama Bluebird menjadi bagian dari strategi kami dalam memperkuat sektor pariwisata dan memastikan kenyamanan wisatawan di kota ini,” ungkap HIdayat.

    Mediko Azwar mengatakan, penggunaan aplikasi MyBluebird di Surabaya terus tumbuh signifikan. Di 2024, jumlah pengguna naik sekitar 60 persen dibanding tahun sebelumnya dan berkontribusi terhadap 30 persen dari total pesanan taksi yang diterima.

    Fitur-fitur di aplikasi ini memberikan pengalaman mobilitas yang praktis. Pengguna bisa mendapatkan kepastian dan kenyamanan melalui fitur tarif pasti (fixed price), advance booking, serta beragam metode pembayaran, termasuk QRIS, e-wallet, kartu kredit, dan tunai.

    “Kami terus melakukan peremajaan dan penambahan unit untuk memastikan kenyamanan pelanggan,” kata General Manager Bluebird Jawa Timur, Rito Sudarmawan.

    Saat ini, Bluebird mengoperasikan 600an unit armada taksi di Surabaya serta 100 unit angkutan sewa khusus dengan berbagai tipe kelas, mulai dari standar hingga luxury, dengan mayoritas armada dari tahun terbaru dan menyasar area strategis seperti stasiun, bandara, pelabuhan, dan pusat perbelanjaan.(tribunnews/fin)

     

  • Bluebird catat pendapatan Rp5,04 triliun di 2024

    Bluebird catat pendapatan Rp5,04 triliun di 2024

    Pendapatan Rp5,04 triliun pada 2024, menandakan pertumbuhan 14 persen dibanding tahun sebelumnya (2023). Hasil ini menandakan konsistensi Perseroan dalam menjaga pertumbuhan double digit selama tiga tahun berturut-turut

    Jakarta (ANTARA) – PT Blue Bird Tbk (Bluebird) mencatat pendapatan pada 2024 mencapai Rp5,04 triliun yang didorong dari ekspansi dan diversifikasi layanan bisnis, meningkatnya permintaan, serta optimalisasi teknologi.

    “Pendapatan Rp5,04 triliun pada 2024, menandakan pertumbuhan 14 persen dibanding tahun sebelumnya (2023). Hasil ini menandakan konsistensi Perseroan dalam menjaga pertumbuhan double digit selama tiga tahun berturut-turut,” kata Direktur Utama PT Bluebird Adrianto Djokosoetono dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

    Dia menyebutkan, dari sisi profitabilitas, pihaknya membukukan ebitda sebesar Rp1,2 triliun atau tumbuh 9 persen secara year on year (yoy). Catatan positif itu selaras dengan peningkatan laba bersih perseroan yang mencapai Rp593 miliar atau meningkat 28 persen secara yoy.

    Sejalan dengan transformasi menjadi perusahaan mobility as a services, torehan positif perseroan juga diiringi peningkatan kontribusi layanan taksi dan non-taksi seperti rental, bus, shuttle, serta layanan lainnya.

    Pendapatan segmen layanan taksi meningkat 12 persen, sementara pendapatan layanan rental, bus, shuttle, serta layanan lainnya meningkat hingga 19 persen.

    Hal itu didorong dengan penambahan sekitar 1.200 armada baru seluruh segmen layanan, menjadikan total armada beroperasi mencapai lebih dari 24.000 unit, termasuk untuk layanan mobilitas Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Premium Cititrans Busline yang telah diluncurkan awal 2024.

    Andra, sapaan akrab Direktur Utama PT Bluebird Adrianto Djokosoetono, mengungkapkan bahwa peningkatan kinerja itu sejalan dengan strategi Bluebird untuk menjaga relevansi dengan konsumen.

    “Kami beradaptasi dengan kebutuhan mobilitas yang semakin dinamis. Bluebird menghadirkan kemudahan aksesibilitas, metode transaksi yang fleksibel, dan beragam solusi mobilitas untuk tiap kebutuhan,” ujarnya.

    Bluebird terus menghadirkan inovasi dalam kemudahan akses layanan, salah satunya melalui kerja sama dengan berbagai platform digital. Sementara itu, aplikasi MyBluebird semakin diandalkan oleh pelanggan, mencatatkan kontribusi hingga 35 persen selama 2024.

    Dengan pilihan transaksi yang lebih praktis, penggunaan pembayaran non-tunai meningkat hingga 61 persen pada 2024.

    Visi Keberlanjutan Bluebird juga terus berkembang. Pada pilar BlueSky, Bluebird menambah jumlah armada ramah lingkungan untuk segmen layanan taksi, rental, dan bus.

    Pada 2024, Bluebird melakukan ekspansi operasional BRT (Bus Rapid Transit) yang menggunakan 100 persen bus listrik di IKN (Ibu Kota Nusantara) dan Medan. Bluebird juga melakukan upaya kolektif dengan pelanggan dalam memperbaiki lingkungan melalui fitur Bluebird Sustainability Movement di aplikasi MyBluebird.

    Kontribusi Bluebird untuk kesejahteraan sosial pada pilar BlueLife juga semakin memberikan manfaat. Program-program seperti Kampus Merdeka, pemberdayaan perempuan dari Kartini Bluebird, Beasiswa Bluebird Peduli yang telah mencapai 64.000 penerima manfaat, dan peluncuran Well-Nest Ride memberikan dampak positif bagi lingkungan internal dan eksternal Bluebird.

    Konsistensi dalam implementasi ESG semakin diakui dengan kembalinya Bluebird sebagai konstituen indeks ESGQ 45 IDX KEHATI dan ESG SL IDX KEHATI.

    Berbagai pencapaian tersebut menguatkan posisi Bluebird sebagai pemimpin industri mobilitas yang mengedepankan kenyamanan, inovasi, dan keberlanjutan.

    Menurut dia, hasil itu merupakan upaya bersama keluarga besar Bluebird yang terus berkomitmen dalam menjaga kepercayaan masyarakat melalui layanan Standar Nyaman Indonesia (SNI).

    “Kami berterima kasih kepada seluruh karyawan yang telah berkontribusi, serta para pelanggan setia yang terus mempercayakan perjalanannya kepada Bluebird. Dukungan ini menjadi semangat bagi kami untuk terus berkembang dan menghadirkan solusi mobilitas yang lebih baik di masa depan,” katanya.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • 3
                    
                        Bluebird Buka Suara Usai Pengemudinya Cekcok dengan Sopir Xahn SM di Kalibata
                        Megapolitan

    3 Bluebird Buka Suara Usai Pengemudinya Cekcok dengan Sopir Xahn SM di Kalibata Megapolitan

    Bluebird Buka Suara Usai Pengemudinya Cekcok dengan Sopir Xahn SM di Kalibata
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – PT
    Blue Bird
    memberikan tanggapan terkait insiden perselisihan yang melibatkan karyawannya dan sopir
    Xahn SM
    di kawasan
    Kalibata City
    , Jakarta Selatan, Sabtu (15/3/2025).
    Head of Corporate Communications PT Blue Bird Tbk, Sekar Adisty mengatakan, insiden bermula saat sopir Blue Bird baru saja berselisih secara emosional dengan pengemudi taksi lain.
    “Situasi berkembang hingga salah satu pengemudi taksi lain melakukan pemukulan terhadap pengemudi kami, mengakibatkan luka di bagian wajah,” ucap Sekar, dalam keterangannya, Minggu (16/3/2025).
    Setelah pemukulan itu, sopir Blue Bird sempat berusaha mendokumentasikan identitas sopir taksi lain tersebut.
    Namun, ia kembali mendapatkan pukulan.
    “Pengemudi kami kembali mendapatkan serangan fisik, yang akhirnya memicu aksi pembelaan diri sebelum kejadian dilerai oleh warga sekitar,” ujar Sekar.
    Oleh sebab itu, PT Blue Bird siap menyelesaikan persoalan ini melalui proses hukum yang berlaku dengan melaporkan insiden yang dialami karyawannya ke polisi.
    “(Kami) membuat laporan kepolisian dan melakukan visum sebagai bagian dari proses hukum yang sedang berjalan,” ujar Sekar.
    Sedangkan sopir Blue Bird yang disebut terluka juga sudah dibawa ke rumah sakit untuk menerima perawatan medis.
    Sebelumnya, sebuah video yang menampilkan perselisihan antara pengemudi taksi Blue Bird dan Xanh SM viral di media sosial.
    Dalam keterangan video yang diunggah oleh akun Instagram @seputar_jaksel, perselisihan dua pengemudi taksi tersebut terjadi di depan Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan, pada Sabtu (15/3/2025).
    Perselisihan antara keduanya diduga akibat masalah tempat pangkalan di wilayah tersebut.
    Dalam keterangan video, pengemudi taksi Blue Bird tidak terima ketika pengemudi Xanh SM menunggu penumpang di belakang mobilnya.
    Kemudian, pengemudi taksi Blue Bird itu melakukan protes dengan mendatangi pengemudi taksi Xanh SM yang sedang menunggu penumpang.
    “Ni jagoan nih, ini merasa pangkalan Blue Bird ya, plangnya mana?” ucap si pengemudi taksi Xanh SM selaku perekam video yang diunggah di akun Instagram @seputar_jaksel.
    Tak berselang lama, pengemudi taksi Blue Bird yang tengah melakukan perekaman video menggunakan ponselnya diduga melakukan pemukulan terhadap pengemudi taksi Xanh SM.
    Kemudian, terjadi keributan di antara keduanya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Banyak Orang Tajir RI Terpikat, Segini Denza D9 yang Sudah Terjual

    Banyak Orang Tajir RI Terpikat, Segini Denza D9 yang Sudah Terjual

    Jakarta

    Denza D9 menjadi mobil mewah dari BYD Group yang meluncur di Indonesia sejak Januari 2025. Belum genap dua bulan, berapa banyak populasi Denza D9 saat ini?

    Head of PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan mengatakan BYD dan Denza sudah mencapai 3.450 unit selama Januari-Februari 2025.

    “Datanya itu untuk BYD itu Januari 1.100 unit dan Februari 1.300 unit totalnya 2.500 unit. Sementara Denza Januari itu 25 unit karena masih awal ya buat kebutuhan display, kalau Februari itu 900 unit jadi totalnya 937 unit. Totalnya kalau digabungkan itu 3.450,” jelas Luther di di Autograph Tower Thamrin Nine, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (10/3/2025).

    Saat ini baru Denza D9 yang dipasarkan di Indonesia. Harga mobil listrik itu kompetitif dengan banderol Rp 950 juta (on the road Jakarta).

    Segmen MPV premium Tanah Air didominasi oleh model-model sekelas Toyota Alphard, Toyota Vellfire, hingga Lexus LM350.Kehadiran Denza digadang-gadang untuk menggoda konsumen di segmen premium tersebut dengan MPV listrik.

    Salah satu mitra dealer dari Denza, Arista mengatakan merek premium tersebut sudah diterima dengan baik. Para konglomerat disebut puas dengan kualitas dari Denza D9. Termasuk untuk garansi kendaraan hingga 6 tahun atau 150 ribu km, garansi motor 8 tahun atau 150 ribu km, dan baterai 8 tahun atau 160 ribu km.

    “Denza sangat bisa diterima, baik pricing, kualitas showroom, man power itu tepat sasaran dengan market indonesia,” kata Chairman Arista Group, Hartono Sohor.

    Denza D9 juga menjadi incaran perusahaan taksi di Indonesia. Salah satunya Blue Bird.

    “Ya (Bluebird), sementara ini ada beberapa puluhan unit. Kita sedang fulfill karena mereka juga mitra strategis kita apa namanya di transportasi umum,” kata Luther.

    “Memang untuk ride hailing saat ini ada BYD E6, tetapi Bluebird ada campuran dengan Denza,” tambah dia.

    (riar/din)