Perusahaan: Blibli

  • 5 Fakta Nike React Phantom, Sepatu Lari Spesial yang Bisa Dibeli Saat Promo 12.12 Blibli

    5 Fakta Nike React Phantom, Sepatu Lari Spesial yang Bisa Dibeli Saat Promo 12.12 Blibli

    2. Teknologi React Foam Yang Membuat Setiap Langkah Lebih Nyaman

    Teknologi React Foam jadi salah satu ciri khas dari nike react phantom. Dengan bantalan empuk yang responsif, setiap langkah terasa lebih ringan dan nyaman terutama saat Anda berlari.

    Selain itu, React Foam mendukung performa lari Anda baik untuk jarak pendek maupun dalam waktu lama. Kenyamanan ini membuat sepatu tetap enak dipakai seharian penuh, tidak cepat membuat kaki lelah walaupun harus aktif dari pagi hingga sore.

    3. Upper Knit Ringan Dan Sirkulasi Udara Optimal

    Material utama pada bagian atas menggunakan knit ringan yang breathable. Sirkulasi udara jadi lebih baik sehingga Anda tidak merasa cepat gerah maupun lembap saat memakai sepatu ini sepanjang hari.

    Tekstur knit juga memberi fleksibilitas dan kenyamanan ekstra. Tidak perlu khawatir kaki terasa terkurung, karena material ini memang dirancang untuk mobilitas tinggi tanpa mengorbankan kenyamanan Anda.

    4. Outsole Anti Selip Untuk Berbagai Permukaan

    Bagian sol bawah didesain khusus agar memberikan traksi yang baik di berbagai permukaan. Desain anti selip ini tentunya mengurangi risiko tergelincir. Anda bisa lebih percaya diri menggunakannya untuk olahraga atau sekadar berjalan santai di luar ruangan. Lebih lanjut, dengan outsole seperti ini, Anda jadi lebih aman baik saat berlari di permukaan indoor seperti gym maupun outdoor.

    5. Pilihan Warna Yang Bervariasi, Bisa Disesuaikan Dengan Gaya Anda

    Nike React Phantom hadir dengan banyak varian warna, baik warna netral yang gampang dipadukan hingga warna bold untuk Anda yang ingin tampil beda. Pilihan warna yang beragam ini membuat Anda mudah menyesuaikannya dengan gaya spesial ataupun kebutuhan aktivitas.

  • Daftar Perangkat Poco yang Kebagian Update HyperOS 3, Apa Saja?

    Daftar Perangkat Poco yang Kebagian Update HyperOS 3, Apa Saja?

    Disisi lain, sebelumnya, Poco Pad M1 dan Pad M1 resmi dijual di Indonesia. Diungkapkan bersamaan dengan peluncuran global Poco F8 Pro dan F8 Ultra di Bali, harga tablet ini dijual dengan harga lebih murah dibandingkan versi global.

    Sontak kabar ini mencuri perhatian banyak orang, karena selisih harga kurang lebih 1 juta rupiah terhitung sangat besar.

    Terkait hal ini, Satryo Sidhi Rachmat, Product Marketing Manager Poco Indonesia menjelaskan langkah tersebut bukan sekadar strategi perusahaan, tetapi sebagai komitmen kepada penggemar di Tanah Air.

    “Kami akan selalu memenuhi janji yaitu Extreme Performance, Extreme Price. Jadi kami ingin selalu memberikan yang terbaik buat fans Poco di Indonesia,” kata Satryo setelah peluncuran Pad X1 dan Pad M1, Rabu malam 26 November 2025.

    Adapun harga Poco Pad X1 dan Pad M1 versi global adalah:

    Poco Pad X1 8GB+256GB – USD 399 (kisaran Rp 6,6 juta)
    Poco Pad M1 8GB+512GB – USD 329 (kisaran Rp 5,4 juta)

    Sementara itu, harga tablet baru Poco di Indonesia dibanderol:

    Poco Pad X1 8GB+512GB – Rp 5.699.000
    Poco Pad M1 8GB+256GB – Rp3.999.000

    Perbedaan harga ini menimbulkan pertanyaan soal persaingan secara langsung Pad X1 dengan Redmi Pad, di mana kedua tablet memiliki spesifikasi serupa.

    Satryo menolak menganggap hal tersebut, sekaligus menegaskan kedua lini berada di dalam ekosistem yang sama. “Sebenarnya kan karena Poco ini satu grup ya dengan Xiaomi, jadi teknologinya mungkin ada yang sama.Tetapi secara Poco sendiri, kita selalu bisa mendapatkan performanya,” ujarnya.

    Tak hanya itu, ia juga menekankan kedua tablet tersebut memiliki arah penggunaan yang berbeda. Untuk pasar Indonesia, Poco menempatkan Pad X1 dan M1 sebagai opsi kuat untuk aktivitas  gaming .

    “Soal kebutuhan di Indonesia terutama untuk main game. Jadi kalau untuk gaming , kita arahkan ke Poco,” tambahnya. Poco sudah membuka pemesanan Pad X1 dan M1 sejak 25 November hingga 15 November.

    Konsumen yang tertarik untuk membeli bisa langsung berkunjung ke situs Mi.com, Shopee, Tokopedia, Tiktok Shop, Blibli, Lazada.

  • Narwal Umumkan Ekspansi Resmi ke Indonesia dan Siap Perkenalkan Produk Flagship di AES 2025

    Narwal Umumkan Ekspansi Resmi ke Indonesia dan Siap Perkenalkan Produk Flagship di AES 2025

    Liputan6.com, Jakarta Narwal, brand robot vacuum premium yang dikenal sebagai pelopor inovasi teknologi pembersihan rumah secara global, resmi melakukan ekspansi ke Indonesia pada tahun ini. Setelah mencatat berbagai pencapaian internasional, mulai dari penghargaan desain, inovasi teknologi, hingga menjadi salah satu robot vacuum terpopuler di Korea Selatan, Narwal kini hadir melalui PT Pioneer Technology Indonesia sebagai mitra distribusi resmi. Kehadiran ini menjadi langkah penting bagi Narwal dalam memperluas pasar di Asia Tenggara, khususnya Indonesia yang memiliki pertumbuhan tinggi pada kategori smart home cleaning.

    Dalam ekspansinya, Narwal membawa misi untuk mempermudah kehidupan masyarakat Indonesia lewat perangkat pembersih rumah berbasis teknologi pintar yang efektif dan mudah digunakan. Brand ini mendapat perhatian global sejak merilis teknologi pembersihan otomatis dengan sistem self-cleaning terdepan yang menjadi standar baru di industri robot vacuum. Popularitasnya semakin meningkat berkat kemunculannya dalam berbagai media dan drama Korea, hingga dikenal sebagai salah satu brand yang menggabungkan performa tinggi dengan desain estetis.

    Memasuki akhir tahun, Narwal bersiap memperkenalkan dua produk flagship terbarunya: Narwal Flow dan Narwal Freo X10 Pro. Kedua produk ini membawa teknologi generasi terbaru yang dirancang untuk memberikan pengalaman pembersihan yang lebih cerdas, tenang, dan efisien. Produk-produk tersebut akan diperlihatkan pertama kali kepada publik Indonesia melalui ajang Appliance & Electronics Show (AES) 2025 yang akan berlangsung di JIEXPO Kemayoran pada 26–29 November 2025. Setelah diperkenalkan secara eksklusif di pameran tersebut, Narwal memastikan kedua produk flagship ini akan mulai dijual resmi pada 1 Desember 2025 di kanal penjualan online dan offline.

    Fifi Wu selaku Perwakilan dari Narwal Indonesia menjelaskan bahwa Flow merupakan teknologi paling baru dari Narwal dan telah diperkenalkan secara global sebelum memasuki pasar Indonesia. Fifi Wu menyebut bahwa ajang AES menjadi kesempatan pertama untuk memperkenalkan Flow secara resmi ke publik Indonesia.

    “Flow adalah teknologi dan produk terbaru dari Narwal yang sudah dirilis secara global. AES menjadi panggung awal untuk memperkenalkannya kepada konsumen Indonesia,” ujar Fifi Wu perwakilan dari Narwal Indonesia.

    Flow disebut membawa pendekatan baru dalam kategori robot vacuum Narwal.

    “Flow memiliki sistem self-cleaning yang terintegrasi langsung pada robot. Artinya, robot bisa berjalan sambil membersihkan dan memproses air kotor di dalam unit secara otomatis. Selama proses pembersihan, robot terus bergerak—itulah sebabnya produk ini dinamakan Flow.”

    Selain menghadirkan inovasi pada lini Flow, seluruh robot vacuum Narwal juga dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (AI) dan kontrol berbasis aplikasi.

    “Seluruh robot vacuum Narwal mengandalkan teknologi AI dan dapat dikontrol melalui aplikasi. Ini sangat membantu keluarga Indonesia yang sedang bepergian atau yang sedang tidak berada di rumah, tetapi tetap ingin memastikan rumah dalam kondisi bersih. Karena tidak selalu bisa sepenuhnya bergantung pada ART, konsumen membutuhkan perangkat yang benar-benar bisa dipercaya dan dapat dioperasikan dari jarak jauh. Narwal hadir sebagai solusi tersebut.”

    Tidak hanya fokus pada robot vacuum, Narwal juga memperluas kategorinya di Indonesia dengan menghadirkan produk wet & dry vacuum yang semakin dibutuhkan oleh keluarga modern. Dua produk andalannya, Narwal S20 dan S20 Pro, telah lebih dulu diluncurkan sejak Juli 2025 dan mendapatkan respons positif dari pasar berkat performanya yang mampu menangani pembersihan basah dan kering dalam satu alat. Kehadiran lini ini menegaskan komitmen Narwal untuk menjadi brand yang menyediakan solusi kebersihan rumah yang komprehensif.

    Untuk memberikan akses lebih mudah kepada konsumen, Narwal memaksimalkan jalur distribusi melalui platform e-commerce terbesar di Indonesia. Produk Narwal kini dapat ditemukan secara online di Tokopedia, Shopee, TikTok Shop, Blibli, dan Lazada. Kehadiran ini mempermudah konsumen di berbagai daerah untuk mendapatkan produk Narwal dengan cepat dan aman. Selain itu, Narwal juga memperkuat kehadirannya di kanal offline melalui AIO Store dan UFO Elektronika, di mana konsumen dapat melihat, mencoba, dan mendapatkan konsultasi langsung mengenai produk.

    Dengan kombinasi inovasi teknologi, ekspansi strategis, dan jaringan distribusi yang luas, Narwal optimistis dapat menjadi pemain utama dalam industri perangkat kebersihan rumah pintar di Indonesia. Kehadiran Narwal di pasar Tanah Air diharapkan tidak hanya memberikan pilihan lebih kepada konsumen, tetapi juga meningkatkan standar teknologi pembersihan rumah yang lebih modern, praktis, dan efisien.

  • Kok Poco Pad X1 dan M1 di RI Lebih Murah dari Harga Global?

    Kok Poco Pad X1 dan M1 di RI Lebih Murah dari Harga Global?

    Jakarta

    Poco Pad X1 dan M1 resmi dirilis di Indonesia. Mengejutkan banderolnya lebih murah dari harga global, kok bisa?

    Ditanya hal tersebut, Satryo Sidhi Rachmat, Product Marketing Manager Poco Indonesia, mengatakan semua itu tidak lepas dari janji perusahaan kepada konsumen setia di Tanah Air.

    “Kami akan selalu membawakan janji yaitu Extreme Performance, Extreme Price. Jadi kita selalu memberikan yang terbaik buat Poco Fans di Indonesia,” ujarnya usai acara peluncuran, Rabu malam (26/11/2025).

    Untuk diketahui harga global:

    Poco Pad X1 8/256 GB harga USD 399 atau kisaran Rp 6,6 jutaPoco Pad M1 8/512 GB harga USD 329 atau kisaran Rp 5,4 juta

    Sementara harga di Indonesia sebagai berikut:

    Poco Pad X1 8/512 GB Rp 5.699.000Poco Pad M1 8/255 GB Rp 3.999.000Satryo Sidhi Rachmat, Product Marketing Manager Poco Indonesia Foto: Adi Fida Rahman/detikINETSaingan dengan Redmi Pad?

    Dengan spesifikasi yang dibawa, Poco Pad X1 dan M1 langsung head to head dengan Redmi Pad. Namun Satryo menampik hal tersebut.

    Menurutnya Redmi dan Poco berada dalam satu payung, Xiaomi Group. Karena itu, meski spesifikasi mirip, masing-masing tidak saling kanibal.

    “Sebenarnya kan karena Poco ini satu grup ya dengan Xiaomi Group, jadi teknologinya mungkin ada yang sama. Tapi secara Poco sendiri, kita selalu bisa mendapatkan performance,” papar Satryo.

    “Untuk kebutuhan, kalau di Indonesia terutama buat main gaming. Jadi kalau untuk gaming, kita arahkan ke Poco,” imbuhnya.

    Poco Pad X1 dan M1 sudah bisa dipesan 25 November hingga 15 Desember. Penjualan dilakukan lewat Mi.com, Shopee, Tokopedia, Tiktok Shop, Blibli, Lazada.

    (afr/afr)

  • Poco Pad X1 dan Pad M1 Resmi Diperkenalkan, Cek Harganya di Indonesia

    Poco Pad X1 dan Pad M1 Resmi Diperkenalkan, Cek Harganya di Indonesia

    Liputan6.com, Bali – Poco resmi memperkenalkan dua tablet Android teranyarnya, Poco Pad X1 dan Poco Pad M1, bersamaan dengan diumumkannya smartphone F8 Series secara global di Bali, Indonesia, pada hari ini, 26 November 2025.

    Sebagai bentuk langkah besar perusahaan untuk masuk ke pasar tablet, tablet baru Poco ini digadang-gadang tampil dengan performa tinggi dengan harga kompetitif.

    “Poco Pad M1 dan Poco Pad X1 sudah mulai bisa dibeli mulai hari ini pukul 20.00 WIB,” kata Novita Krisutami, PR Manager Poco Indonesia, saat peluncuran global Poco F8 Series di Bali, Indonesia, Rabu (26/11/2025).

    Harga Poco Pad Series

    Poco Pad X1

    RAM 8GB + 512GB – Rp 5.699.000 
    RAM 8GB + 512GB – Rp 7.197.000 

    Poco Pad M1

    RAM 8GB + 256GB – Rp 3.999.000
    RAM 8GB + 256GB – Rp 5.297.000 (bundle pen+keyboard)

    Dia menambahkan, “kedua tablet baru Poco ini akan bisa fans beli langsung di situs e-commerce rekanan atau situs resmi secara online, seperti Mi.com, Shopee, Tokopedia, Tiktok Shop, Blibli, Lazada.”

    Poco Pad X1, Usung Chipset Snapdragon 7+ Gen 3

    Poco Pad X1 hadir sebagai model paling menarik perhatian banyak pihak. Mengusung layar berukuran 11,2 inci beresolusi 3.2K, tablet Android ini sudah mendukung kemampuan refresh rate hingga 144Hz, dan Dolby Vision.

    Perusahaan asal China itu juga menambahkan sederet sertifikasi TUV Rheinland untuk menjaga kenyamanan mata, serta fitur DC dimming, dan teknologi wet touch agar layar tetap responsif walau tangan basah.

    Dari segi performa, perusahaan sudah memasang chipset Snapdragon &+ Gen 3 dipadukan dengan RAM 8GB dan penyimpanan sebesar 512GB.

    “Untuk Pad X1, model ini hanya memiliki satu varian dengan RAM 8GB dan memori internal sebesar 512GB,” kata Novita saat ditemui disela-sela acara.

    Sektor audio juga mengalami peningkatan, di mana perusahaan melengkapi tablet barunya ini dengan empat speaker didukung teknologi Dolby Atmos yang diklaim memiliki output 200 persen lebih lantang.

    Poco tetap mempertahankan bobot ringan 500 gram dalam desain unibody aluminium setebal 6,18mm. Tablet ini hadir dalam dua pilihan warna, yakni Grey dan Blue.

    Sebagai cara untuk memberikan pengalaman seamless, perusahaan juga membawa aksesoris pendukung untuk tablet barunya ini mulai dari Floating Keyboard, Keyboard Case, Focus Pen, dan pelindung khusus.

     

  • Blibli Raih Detikcom Awards 2025 Jadi Omnichannel Terintegrasi Inovatif

    Blibli Raih Detikcom Awards 2025 Jadi Omnichannel Terintegrasi Inovatif

    Jakarta

    Blibli meraih Detikcom Awards 2025 sebagai Omnichannel Terintegrasi Inovatif. Penghargaan ini diberikan dalam event Detikcom Awards 2025 yang diadakan di Hotel Westin, Jakarta, Selasa (25/11/2025) dan diterima oleh Head of Public Relation Blibli, Nazrya Octora.

    Blibli menonjol sebagai brand yang berhasil mengintegrasikan berbagai lini bisnisnya: e-commerce, travel (Tiket.com), dan retail modern (Ranch Market dan Dekoruma) di bawah satu identitas. Inovasi ini bukan sekadar strategi bisnis melainkan langkah nyata menciptakan nilai tambah bagi pengalaman pelanggan.

    Ekosistem ini terintegrasi melalui program loyalitas terpadu seperti Blibli Tiket Rewards, serta melalui inovasi seperti Blibli Tiket PayLater, yang menciptakan sinergi yang mulus dan konsisten di seluruh titik interaksi.

    Blibli juga memperluas cakupan bisnisnya tidak hanya untuk konsumen (B2C), tetapi juga untuk bisnis (B2B) dan pemerintah (B2G). Selain itu, disediakan juga solusi omnichannel untuk mitra melalui Blibli Mitra dan Blibli Instore, membantu penjual mengelola penjualan di berbagai saluran secara terintegrasi.

    Blibli Raih Detikcom Awards 2025 Jadi Omnichannel Terintegrasi Inovatif. Foto: Detikfoto

    Tak hanya itu, pemanfaatan teknologi, termasuk AI, dan infrastruktur yang kuat untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan dan menjaga keamanan data kian memperkuat posisi Blibli sebagai pelopor platform omnichannel terpadu di Indonesia.

    “Terima kasih kepada detikcom, ini adalah ajang yang menurut aku jadi ajang apresiasi dari media buat industri yang memang betul-betul mendapatkan penghargaan. Jadi motivasi ya bagi kami selaku industri utamanya di e-commerce atau di e-commerce lifestyle, sehingga strategi yang selama ini kami jalankan yaitu omnichannel memang semakin valid dan on track,” sebut Nazrya Octora.

    “Jadi buat teman-teman detikcom diteruskan lah, menjadi mitranya pelaku industri untuk terus bisa berada di treknya, bisa memberikan impact dan sumbangsih buat semua sehingga apapun kondisi saat ini kita bisa saling bermitra dan saling support satu sama lain ya,” pungkasnya.

    detikcom Awards 2025 digelar untuk memberikan apresiasi bagi yang berkontribusi nyata untuk Indonesia. Tahun ini, ajang penghargaan mengusung tema ‘Apresiasi Karya Insan Nusantara, Merajut Indonesia Gemilang’.

    Penghargaan ini ditujukan bagi individu, pelaku usaha, dan unsur pemerintah yang telah menorehkan prestasi serta memberi dampak signifikan bagi bangsa.

    Awards ini menyoroti karya, tata kelola, dan pencapaian unggul di berbagai bidang. Ajang ini menjadi salah satu cara detikcom untuk menjaga semangat berkarya, berdedikasi, dan bertransformasi dalam ‘rumah besar’ Indonesia.

    (fyk/fay)

  • Harga Polytron Fox 350 Rp 15 Jutaan Pakai Skema Sewa, per Bulan Bayar Rp 200 Ribu

    Harga Polytron Fox 350 Rp 15 Jutaan Pakai Skema Sewa, per Bulan Bayar Rp 200 Ribu

    Jakarta

    Motor listrik Polytron Fox 350 resmi meluncur di Indonesia. Model penerus Fox R ini dijual dengan harga terjangkau mulai Rp 15 jutaan. Tapi harga tersebut belum termasuk baterai. Jadi konsumen harus menyewa baterainya dan membayar biaya sewa tiap bulan.

    “Desain Fox 350 adalah hasil tiga tahun riset sejak Polytron memasuki pasar motor listrik di Indonesia. Dari generasi awal Fox Electric kami terus mengembangkan teknologi, desain, dan efisiensi agar sesuai kebutuhan masyarakat. Konsumen kami tidak hanya menginginkan performa tangguh, namun juga kenyamanan berkendara dan estetika desain yang dapat menunjang aktivitas harian,” ujar Commercial Director Polytron Tekno Wibowo dalam acara peluncuran Fox 350 di Jakarta, Rabu (19/11/2025).

    Polytron pun memahami bahwa setiap pengendara memiliki kebutuhan dan prioritas finansial yang berbeda. Karena itu, Fox 350 ditawarkan melalui skema kepemilikan yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan gaya hidup masing-masing pengendara.

    Untuk skema Battery as a Service atau Battery Subscription, Fox-350 dibanderol Rp 22,5 juta. Namun dengan subsidi langsung Rp 7 juta dari Polytron, harga OTR Jadetabek model ini menjadi jauh lebih terjangkau, hanya Rp 15,5 juta.

    Pelanggan juga perlu menyiapkan biaya langganan baterai Rp 200 ribu per bulan. Keuntungan lainnya, pengguna berhak mendapatkan garansi baterai seumur hidup selama masa berlangganan. Hal ini menghilangkan seluruh kekhawatiran terkait biaya penggantian baterai di masa depan, sekaligus menjaga nilai jual kembali motor karena baterai tidak menyusut dalam nilai penyusutan kendaraan.

    Motor listrik Polytron Fox 350 resmi meluncur di Indonesia Foto: (Luthfi Anshori/detikOto)

    Sementara itu, bagi konsumen yang menginginkan skema buy-to-own, baterai 72V 52Ah Polytron yang memiliki nilai Rp 17,5 juta bisa didapat dalam paket pembelian motor. Dari harga total yang seharusnya mencapai Rp 40 juta, Polytron memberikan harga bundling khusus hanya Rp 34,5 juta dengan garansi baterai 3 tahun. Bahkan, melalui dukungan subsidi dari Polytron sebesar Rp 7 juta, harga buy-to-own dapat semakin ringan menjadi Rp 27,5 juta. Skema ini memberi kebebasan penuh untuk pengguna memiliki aset kendaraan listrik secara menyeluruh.

    Jika dibandingkan dengan sepeda motor matic berbahan bakar bensin dalam ukuran dan kelas yang setara, penawaran harga Fox 350 ini diklaim sangat kompetitif, terlebih dengan teknologi, desain, dan pengalaman berkendara premium yang ditawarkan.

    Selama masa peluncuran, Fox 350 tersedia untuk pre-order eksklusif di Blibli mulai 19 November hingga 3 Desember 2025 dengan tambahan diskon Rp 1 juta. Pengguna bisa menikmati opsi cicilan hingga 0%, sesuai syarat dan ketentuan berlaku. Informasi lengkap mengenai pemesanan tersedia melalui platform Blibli dan kanal digital resmi Polytron.

    Fox 350 juga akan hadir secara perdana di Gaikindo Jakarta Autoweek 2025, bertempat di Hall 9 Booth 9A, pada 21-30 November 2025 di ICE-BSD City, Tangerang. Selama periode GJAW, khusus untuk 350 orang pembeli pertama akan mendapatkan produk Polytron Partymax Speaker. Pengunjung bisa melihat langsung desain premium Fox 350, berkonsultasi dengan tim ahli Polytron, serta mencoba kemampuannya melalui sesi test ride.

    (lua/dry)

  • Sukseskan Sensus Ekonomi 2026, Kemenekraf dan BPS Berdayakan Animator lokal

    Sukseskan Sensus Ekonomi 2026, Kemenekraf dan BPS Berdayakan Animator lokal

    Jakarta: Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (Ekraf) secara resmi menyerahkan “Public Service Announcement (PSA)” Sensus Ekonomi 2026 (SE2026) kepada Badan Pusat Statistik (BPS) dalam rangkaian Rapat Koordinasi Teknis dan Evaluasi Kegiatan 2025 serta Finalisasi Persiapan SE2026 di Jakarta, Sabtu (15/11). 

    Penyerahan dilakukan langsung oleh Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekraf (Ekraf), Teuku Riefky Harsya, kepada Kepala BPS RI, Amalia Adininggar Widyasanti. Ini merupakan tindaklanjut dari komitmen kedua institusi negara untuk terus berkolaborasi, sesuai arahan Presiden Prabowo. 

    Dalam sambutannya, Menteri Ekraf menyampaikan apresiasi atas kolaborasi strategis antara kedua lembaga, khususnya komitmen dalam memberdayakan Animator lokal dalam komunikasi publik instansi negara. 

    “Kami menyampaikan apresiasi kepada BPS atas kolaborasi yang selama ini terjalin, dan kepada RUS Animation atas kerjasama pembuatan PSA Sensus Ekonomi 2026. Ini merupakan langkah konkret implementasi MoU antara Kemenekraf dan BPS dalam memperkuat komunikasi publik melalui pendekatan kreatif,” ujarnya. 

    Kolaborasi ini mempertemukan BPS dengan RUS Animation sebagai pelaku industri animasi nasional untuk menghasilkan materi sosialisasi yang mudah dipahami masyarakat, sekaligus memperkuat subsektor animasi sebagai bagian dari ekosistem Ekraf. 
     

    Sementara itu, Kepala BPS RI, Amalia Adininggar Widyasanti, merasa bangga dan mengapresiasi inisiatif dan kontribusi Kemenekraf dalam memfasilitasi kreator muda animasi tanah air dengan BPS. 

    “Video berdurasi singkat ini memberi makna besar bagi kami. Ini merupakan bentuk konkret sinergi antarlembaga dalam menyukseskan Sensus Ekonomi 2026. Karya animator muda SMK Raden Umar Said Kudus membuktikan bahwa kreativitas kita luar biasa. Video ini kami maknai sebagai ‘A Token of Friendship’ yang akan terus kami rawat,” terang Amalia.

    Ia menekankan bahwa SE2026 tidak hanya menjadi agenda statistik, tetapi juga momentum untuk memastikan pelaku ekonomi kreatif tercatat secara akurat sebagai bagian penting ekonomi nasional. Materi PSA selanjutnya akan digunakan sebagai bahan sosialisasi resmi BPS dan disebarkan melalui berbagai kanal komunikasi publik.

    “Sensus Ekonomi tahun depan juga akan menghasilkan indikator-indikator penting bagi sektor ekonomi kreatif. Karena SE 2026 akan memberikan potret ekonomi kreatif di Indonesia yang sebenarnya. Tekad kami SE 2026 harus menjadi sensus ekonomi yang terbaik dan tersukses dalam sejarah Indonesia,” ujar Kepala BPS.

    Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Kepala BPS RI Sonny Harry Budiutomo Harmadi, CEO RUS Animation Studio selaku kreator PSA SE2026 Roy Tok, serta SVP Corporate and Strategic Affairs Blibli selaku mitra strategis pembuatan PSA SE2026 Yudhi Pramono dan jajaran BPS dari Provinsi hingga Kabupaten/Kota se Indonesia.

    Menteri Ekraf didampingi Staf Ahli Bidang Riset, Pendidikan dan Hubungan Kelembagaan Dian Permanasari, Direktur Film, Animasi dan Video Doni Setiawan dan Kepala Pusat Data dan Informasi Reslyana Dwitasari. 

    Jakarta: Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (Ekraf) secara resmi menyerahkan “Public Service Announcement (PSA)” Sensus Ekonomi 2026 (SE2026) kepada Badan Pusat Statistik (BPS) dalam rangkaian Rapat Koordinasi Teknis dan Evaluasi Kegiatan 2025 serta Finalisasi Persiapan SE2026 di Jakarta, Sabtu (15/11). 
     
    Penyerahan dilakukan langsung oleh Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekraf (Ekraf), Teuku Riefky Harsya, kepada Kepala BPS RI, Amalia Adininggar Widyasanti. Ini merupakan tindaklanjut dari komitmen kedua institusi negara untuk terus berkolaborasi, sesuai arahan Presiden Prabowo. 
     
    Dalam sambutannya, Menteri Ekraf menyampaikan apresiasi atas kolaborasi strategis antara kedua lembaga, khususnya komitmen dalam memberdayakan Animator lokal dalam komunikasi publik instansi negara. 

    “Kami menyampaikan apresiasi kepada BPS atas kolaborasi yang selama ini terjalin, dan kepada RUS Animation atas kerjasama pembuatan PSA Sensus Ekonomi 2026. Ini merupakan langkah konkret implementasi MoU antara Kemenekraf dan BPS dalam memperkuat komunikasi publik melalui pendekatan kreatif,” ujarnya. 
     
    Kolaborasi ini mempertemukan BPS dengan RUS Animation sebagai pelaku industri animasi nasional untuk menghasilkan materi sosialisasi yang mudah dipahami masyarakat, sekaligus memperkuat subsektor animasi sebagai bagian dari ekosistem Ekraf. 
     

     
    Sementara itu, Kepala BPS RI, Amalia Adininggar Widyasanti, merasa bangga dan mengapresiasi inisiatif dan kontribusi Kemenekraf dalam memfasilitasi kreator muda animasi tanah air dengan BPS. 
     
    “Video berdurasi singkat ini memberi makna besar bagi kami. Ini merupakan bentuk konkret sinergi antarlembaga dalam menyukseskan Sensus Ekonomi 2026. Karya animator muda SMK Raden Umar Said Kudus membuktikan bahwa kreativitas kita luar biasa. Video ini kami maknai sebagai ‘A Token of Friendship’ yang akan terus kami rawat,” terang Amalia.
     

     
    Ia menekankan bahwa SE2026 tidak hanya menjadi agenda statistik, tetapi juga momentum untuk memastikan pelaku ekonomi kreatif tercatat secara akurat sebagai bagian penting ekonomi nasional. Materi PSA selanjutnya akan digunakan sebagai bahan sosialisasi resmi BPS dan disebarkan melalui berbagai kanal komunikasi publik.
     
    “Sensus Ekonomi tahun depan juga akan menghasilkan indikator-indikator penting bagi sektor ekonomi kreatif. Karena SE 2026 akan memberikan potret ekonomi kreatif di Indonesia yang sebenarnya. Tekad kami SE 2026 harus menjadi sensus ekonomi yang terbaik dan tersukses dalam sejarah Indonesia,” ujar Kepala BPS.
     
    Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Kepala BPS RI Sonny Harry Budiutomo Harmadi, CEO RUS Animation Studio selaku kreator PSA SE2026 Roy Tok, serta SVP Corporate and Strategic Affairs Blibli selaku mitra strategis pembuatan PSA SE2026 Yudhi Pramono dan jajaran BPS dari Provinsi hingga Kabupaten/Kota se Indonesia.
     
    Menteri Ekraf didampingi Staf Ahli Bidang Riset, Pendidikan dan Hubungan Kelembagaan Dian Permanasari, Direktur Film, Animasi dan Video Doni Setiawan dan Kepala Pusat Data dan Informasi Reslyana Dwitasari. 
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • Berbagi Kebahagiaan Bersama Yayasan Sekolah Alam Tunas Mulia dengan Semangat ‘A Balanced Life in Action’

    Berbagi Kebahagiaan Bersama Yayasan Sekolah Alam Tunas Mulia dengan Semangat ‘A Balanced Life in Action’

    JAKARTA – Suasana sejuk dan penuh keceriaan menyelimuti ratusan anak di Yayasan Sekolah Alam Tunas Mulia, Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (14/11).

    Mereka mengikuti berbagai kegiatan positif yang digelar dalam rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) perayaan hari jadi ke-27 PT Supra Boga Lestari Tbk (Ranch Market & Farmers Market) bertema “A Balanced Life in Action.”

    Program ini menjadi wujud nyata semangat berbagi serta kepedulian perusahaan terhadap sesama. Melalui kegiatan ini, diharapkan anak-anak semakin termotivasi untuk terus belajar, bermimpi besar, dan yakin mereka juga dapat berkontribusi bagi masa depan yang lebih baik.

    Head of Marketing Ranch Market, Elaine Santoso, menjelaskan bahwa fokus perayaan hari jadi tahun ini adalah Children, Environment, and Community.

    “Acara ini kami selenggarakan agar kami bisa berbagi kebahagiaan ulang tahun bersama adik-adik di Yayasan Sekolah Alam Tunas Mulia,” ujar Elaine.

    Pada kegiatan tersebut, Ranch Market tidak hanya berbagi makanan dan bantuan untuk sekolah, tetapi juga mengajak anak-anak mengikuti berbagai aktivitas menyenangkan, edukasi kesehatan gigi, hingga potong kue bersama.

    “Senang sekali hari ini bisa bertemu wajah-wajah baru dan merayakan potong kue bersama adik-adik. Semoga teman-teman yang berpartisipasi, brand partner yang mendukung, serta pihak sekolah bisa merasakan kebahagiaan yang kami bawa,” tambahnya.

    Elaine menegaskan tagline Ranch Market, “It’s a Balanced Life,” menjadi acuan keterlibatan nyata pelanggan. Tidak hanya melalui keputusan berbelanja sehari-hari di Ranch Market & Farmers Market, tetapi juga melalui kontribusi tidak langsung dalam berbagai aksi CSR yang dijalankan perusahaan setiap tahunnya.

    “Kegiatan seperti ini akan terus kami lakukan. Fokus kami tetap untuk membantu komunitas, lingkungan, dan anak-anak. Tahun depan, kami akan melanjutkan misi kami untuk berkontribusi lebih baik lagi,” tuturnya.

    Sebagai bagian dari Ekosistem Blibli Tiket, PT Supra Boga Lestari Tbk tahun ini juga mengadakan aksi penanaman mangrove. Sebanyak 1 bibit mangrove ditanam untuk setiap 1 peserta, mewakili 2.500 peserta event lari Fresh Track 5K Ranch Market & Farmers Market, yang merupakan bagian dari gerakan Langkah Membumi Festival bersama Ekosistem Blibli Tiket.

    Kegiatan ini menegaskan komitmen perusahaan dalam keberlanjutan lingkungan, menjaga ekosistem pesisir, serta memberikan dampak positif bagi alam dan generasi mendatang.

    Elaine menambahkan penanaman mangrove lanjutan akan kembali dilakukan pada akhir bulan ini di Cilacap.

    “Seperti tahun lalu, kami menerapkan konsep 1 finisher = 1 mangrove. Bulan ini, kami dan tim Blibli Tiket Action akan berangkat ke Cilacap mewakili 2.500 pelari untuk menanam mangrove tersebut,” jelasnya.

    Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Yayasan Tunas Mulia, Nadam Dwisubakti, menyambut baik kegiatan ini.

    Menurutnya, anak-anak mendapatkan edukasi yang bermanfaat. “Mudah-mudahan ke depan program-program seperti ini bisa terus berlanjut,” ujarnya.

  • Transaksi Video Commerce Melonjak 90%, Penggerak E-Commerce RI

    Transaksi Video Commerce Melonjak 90%, Penggerak E-Commerce RI

    Bisnis.com, JAKARTA — Google mengungkap fitur video commerce menjadi motor penggerak pertumbuhan industri e-commerce pada tahun ini, dengan total transaksi yang terjadi melalui fitur tersebut meningkat 90% dibandingkan tahun lalu. 

    Google membaca pola bebelanja masyarakat bergeser dari yang awalnya hanya melihat katalis produk menjadi menonton video untuk mendapat informasi yang lebih lengkap.

    Country Director Google Indonesia, Veronica Utami mengatakan video commerce memberikan perubahan yang signifikan di e-commerce dan membuat transaksi menjadi lebih aktif. ”Video commerce sudah mendorong peningkatan masif dari tahun ke tahun dan mencapai angka fenomenal 2,6 miliar transaksi,” kata Veronica dilansir dari Antara, Jumat (14/11/2025).

    Veronica mengatakan transaksi melalui format video interaktif melonjak 90% dengan total mencapai 2,6 miliar transaksi dalam setahun terakhir sehingga menjadikan Indonesia pemimpin regional di Asia Tenggara untuk sektor ini. Dia menegaskan, fenomena ini menjadi bukti perubahan signifikan perilaku belanja masyarakat.

    Laporan “e-Conomy SEA 2025” menunjukkan pertumbuhan pendapatan digital di Asia Tenggara stabil di angka 15% per tahun, dengan e-commerce dan video commerce menjadi pendorong utama diversifikasi sumber pendapatan baru.

    Diketahui berbagai platform e-commerce saat ini telah memiliki video commerce. Shopee memiliki fitur Shopee Live untuk penjual dan pembeli melakukan interaksi langsung dalam format video.

    TikTok Shop dan Tokopedia juga memiliki live shopping di mana seller dapat mempromosikan produk mereka dan berinteraksi dengan lebih aktif. Lazada dan Blibli telah memungkinkan pengguna menonton dan langsung membeli produk yang sedang ditampilkan saat live streaming.

    Sebelumnya, nilai transaksi ekonomi digital atau gross merchandise value (GMV) di kawasan Asia Tenggara diperkirakan mencapai US$99 miliar atau sekitar Rp1.656 triliun (kurs Rp16.737 per dolar AS) pada 2025. 

    Proyeksi ini tercantum dalam laporan bertajuk e-Conomy SEA 2025 yang dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain & Company. Laporan tersebut menunjukkan bahwa ekonomi digital Asia Tenggara terus tumbuh pesat dengan pertumbuhan dua digit setiap tahunnya, meski menghadapi tekanan makroekonomi global.

    GMV kawasan tercatat sebesar US$76 miliar atau sekitar Rp1.271 triliun pada 2023, kemudian naik 15% menjadi US$87 miliar atau sekitar Rp1.455 triliun pada 2024, dan kembali diproyeksikan meningkat 14% menjadi US$99 miliar atau sekitar Rp1.656 triliun pada 2025.

    Penambahan negara seperti Brunei, Kamboja, Laos, dan Myanmar dalam analisis terbaru menunjukkan kontribusi sekitar 2% terhadap total GMV regional.

    Sektor e-commerce tetap menjadi penyumbang terbesar dengan nilai GMV diperkirakan mencapai US$185 miliar atau sekitar Rp3.096 triliun pada 2025, naik dari US$181 miliar atau sekitar Rp3.029 triliun pada 2024.

    Sektor perjalanan (travel) dan pariwisata digital yang sempat tertekan akibat pandemi kini menunjukkan pemulihan kuat dengan GMV mencapai US$51 miliar atau sekitar Rp853 triliun, sementara transportasi dan layanan makanan digital menyumbang US$34 miliar atau sekitar Rp569 triliun.

    Adapun sektor media daring mencatat nilai transaksi sekitar US$31 miliar atau sekitar Rp519 triliun pada tahun yang sama.

    Dari sisi pendapatan (revenue), ekonomi digital Asia Tenggara juga menunjukkan tren positif. Total pendapatan tercatat sebesar US$76 miliar atau sekitar Rp1.271 triliun pada 2023, naik menjadi US$87 miliar atau sekitar Rp1.455 triliun pada 2024, dan diperkirakan mencapai US$100 miliar atau sekitar Rp1.674 triliun pada 2025.

    Pertumbuhan ini sejalan dengan peningkatan efisiensi monetisasi di berbagai platform digital, dari e-commerce hingga media daring, yang kini makin canggih berkat integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan (AI).