Perusahaan: Blibli

  • Kong Latiep, Semur Jengkol, dan Pangrango, Kenangan Melekat di Perjalanan Kompas.com
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        14 September 2025

    Kong Latiep, Semur Jengkol, dan Pangrango, Kenangan Melekat di Perjalanan Kompas.com Megapolitan 14 September 2025

    Kong Latiep, Semur Jengkol, dan Pangrango, Kenangan Melekat di Perjalanan Kompas.com
    Tim Redaksi
    DEPOK, KOMPAS.com 
    – Matahari mulai beranjak tegak. Kami berkumpul di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tirta Jaya Depok, Jawa Barat.
    Semua berbaju hitam, berdiri mengelilingi sebuah makam.
    “Seneng banget
    die
    hari ini,” kata Nur Aprinawati (45), perempuan yang satu-satunya berbaju pink itu.
    Akrab disapa Ina, ia adalah istri dari almarhum Muhammad Latief (43), wartawan
    Kompas.com
    yang berpulang pada 28 Desember 2019. 
    Pagi itu, Sabtu (13/9/2025), kami berziarah ke makam Latief, sahabat dan keluarga kami di
    Kompas.com
    . Di kantor, ia sering disapa Kong Latiep. Kami datang, Kong.
    Ada Kadek, Obet, Ambar, Bestari, Jessi, Dea, dan Dita. Oh iya, Kong. Dita itu keluarga baru kita di
    Kompas.com
    . Sekarang,
    handle
    rubrik Nasional.
    Kalau yang lain, aman
    ye
    Kong. Muka-muka lama semua di
    Kompas.com. 
    Terakhir kali sebelum “pergi”, yang kami ingat, Kong Latiep bikin nasi liwetan bareng tim Latip Ads, pelesetan dari tim
    native ad
    s alias nama lain divisi 
    content marketing
    .

    Nasi liwet bikinan Mpoknya itu. Sebelum natalan,
    die
    bilang mau liwetan sama temen-temen kantornye,” kata Ina dengan logat betawinya yang kental. 
    Saat itu, Kong Latiep sama timnya gelar nasi liwet di atas daun pisang.
    Ngariung.
    Semua tampak lahap. Ada 15 orang yang masing-masing duduk berhadapan di dalam ruangan kantor.
    Kita-kita kalau cerita urusan makanan pasti semangat. Semua juga pasti semangat. Termasuk Kadek, salah satu Wakil Redaktur Pelaksana Kompas.com.
    Kadek mengenang kala itu Kong Latiep mengusulkan masak semur jengkol buat tambahan lauk nasi tumpeng.
    Kok bisa?
    Iya, saat itu, 
    Kompas.com
    lagi ikutan lomba masak lintas unit di Kompas Gramedia. Ya, walaupun kalah juga sama saudara yang memang niat
    banget 
    masaknya.
    “Waktu itu kita mau bikin nasi kuning. Semur jengkol idenya Kong Latiep. Eh ternyata pas jadi yang antre panjang banget mau nyobain semur jengkol,” kata Kadek sambil tertawa mengingat kenangan itu.
    “Grup Santika yang menang akhirnya. Memang niat masaknya, chef semua,” tambah dia.
    Oh iya, 5C adalah nilai-nilai keutamaan Kompas Gramedia yang terdiri dari
    Caring
    (peduli),
    Credible
    (dapat dipercaya),
    Competent
    (kompeten),
    Competitive
    (kompetitif), dan
    Customer Delight
    (kepuasan pelanggan).
    Nilai-nilai ini berfungsi sebagai pedoman perilaku bagi seluruh karyawan Kompas Gramedia dalam berpikir, bersikap, dan bertindak, yang bertujuan untuk memberikan pencerahan bagi masyarakat sesuai dengan filosofi perusahaan.
    Obet nih misalnya. Ia cerita bahwa suatu saat Kong Latiep pernah membimbing liputannya terkait properti yang mangkrak. Obet mengenang, Kong Latiep memanggilnya untuk berdiskusi.
    “Waktu itu gue ke rumahnya, diskusi. Sempet diseduhin teh juga. Nah kita ngobrol-ngobrol soal liputan,” kata Obet.
    Obet saat itu bertugas sebagai reporter desk megapolitan. Sementara itu, Kong Latiep sebagai editor desk properti.
    Tentu, dengan pengalamannya meliput soal properti, Kong Latiep punya segudang solusi soal peliputan tentang properti.
    Bagi saya, Kong Latiep adalah mentor. Mentor lengkap. Urusan upgrade ilmu pengetahuan, diskusi pekerjaan sampai urusan hidup.
    Kong Latiep selain satu atap untuk mencari nafkah, ia juga satu seragam pencinta alam di kampus dengan saya di Universitas Indonesia. Begitu tahu sekantor, saya dan Kong Latiep seringkali pulang bareng ke rumah di Depok naik kereta rel listrik (KRL).
    Saya masih ingat soal nasihatnya soal riset sebelum menulis itu penting.
    Soal cicil rumah pakai skema KPR, maaf Kong. Saya belum nyicil. Mending nabung. Sabarin aja,
    hehe
    .
    Kalau lagi di kantor, setiap ada Kong Latiep pasti suasana gembira. Apalagi ada tandemnya, almarhum Ervan Hardoko yang akrab disapa Mas Koko.
    Di sofa deket kaca ruang redaksi
    Kompas.com
     gedung lama, Kong Latiep pasti main gitar. 
    Ingatan saya mungkin sedikit bagi yang rekan-rekan yang sudah lebih lama bersentuhan dengan Kong Latiep.
    Namun, solutif dan peduli adalah dua kata yang melekat dengan Kong Latiep semasa hidup dan kini untuk bisa dikenang.
    Saya dan Kong Latiep sempat mendaki Gunung Gede untuk Jambore 50 Tahun Mapala UI pada tahun 2014.
    Ia mendaki bersama rekan-rekan seangkatannya, sedangkan saya juga bersama rekan-rekan seangkatannya. 
    Di tengah pendakian, beberapa kali saya berpapasan dengan Kong Latiep. Waktu itu, saya belum satu kantor di
    Kompas.com.
    “Boy,
    fotoin dong,” kata Kong Latiep.
    Saya kemudian ambil foto Kong Latiep dan angkatannya. Di sana, salah satu persimpangan saya di gunung.
    Sesampainya di Suryakencana, kami pun berkumpul pada pagi hari yang dingin dan berkabut. Upacara bendera kami lakukan di tengah Lembah Suryakencana.
    Jelang kematiannya, Kong Latiep juga terakhir kali mendaki Gunung Pangrango.
    Ia waktu itu terlibat dalam acara penaburan abu tokoh jurnalis senior dan anggota Mapala UI, Aristides Katoppo pada Jumat (15/11/2019) di Lembah Mandalawangi Gunung Pangrango.
    Abu jenazah Aristides ditaburkan oleh rekan-rekannya, yakni para pendaki dan pencinta alam Mapala UI termasuk Kong Latiep, Wanadri, Yepe (Young Pioneers) dan Aranyacala Trisakti.
    Mendaki gunung adalah salah satu hobi Kong Latiep selain memancing.
    Kalau memancing, belakangan semasa hidupnya memang biasa dilakukan di akhir pekan. Sering banget Kong Latiep pamer kebahagiaannya menang lomba mancing di Facebook.
    Pada saat ziarah, anak almarhum Latief, Nadhif Azzam (17) juga ikut mengenang ayahnya.
    Beberapa minggu lalu, Azzam naik Gunung Pangrango bersama rekan-rekan sekolahnya.
    “Karena dimimpiin bapaknye disuruh nengok Pangrango. Pulang sekolah ke rumah, barang-barang naik gunung punya bapaknye udah bersih, dia naek gunung sama temen-temennya,” kata Ina.
    Azzam bilang, sang ayah mampir ke mimpinya. Saat itu, Kong Latiep ada di gerbang pintu pendakian Gunung Gede Pangrango jalur Cibodas.
    “Dimimpiian ayah, dia ada di pintu gerbang pendakian. Ayah bilang Azzam masih kecil terus bilang nanti kalo udah gede, kamu bisa naik gunung,” kata Azzam.
    Sebelum mendaki, tepat di kaki Gunung Gede Pangrango, Kong Latiep kembali hadir di mimpi Azzam.
    “Di
    basecamp
    sempat tidur, dimimpiin lagi, tapi ayah cuma senyum,” kenang Azzam.
    Ia pun naik Gunung Pangrango pada dini hari. Berbekal alat-alat gunung milik almarhum ayahnya, Azzam mendaki sampai Puncak Gunung Pangrango dan kembali dengan selamat sampai di rumah.
    Setidaknya, Azzam bisa mulai mengikuti hobi ayahnya mendaki gunung.
    Ziarah kubur adalah tradisi tahunan menyambut HUT
    Kompas.com.
    Kami berziarah ke makam para pendiri Kompas Gramedia dan rekan-rekan kerja yang mendahului untuk menghadap Sang Pencipta.
    Ziarah waktu itu diawali dengan gerakan bersepeda, berziarah, dan berbagi sejak 2020, ketika
    Kompas.com
    berulang tahun ke-25.
    Artinya, sudah lima tahun kami berziarah ke tempat para pendiri dan pendahulu kami.
    Kadek mewakili jajaran redaksi
    Kompas.com
    mengatakan, rekan-rekan sangat gembira bisa berziarah bersama istri dan Azzam.
    “Mas Latiep bukan sekedar rekan kerja ya, tapi
    part of family,” 
    ujar Kadek.
    Kami menaburkan bunga dan membersihkan nisan Kong Latiep.
    Makamnya kini dipenuhi taburan bunga. Warnya cerah, secerah langit pada pagi itu. 
    Ina berterima kasih kepada rekan-rekan
    Kompas.com
    yang terus mengingat dan berziarah ke makam
     
    Latief.
    Ia pun berterima kasih kepada rekan-rekan
    Kompas.com
    yang telah peduli dengan keluarganya.
    Puncak acara HUT
    Kompas.com
    dilakukan pada Senin, 15 September 2025 yakni dengan gelaran Festival HUT berupa Obrolan Newsroom On Stage dan LiteraTalk yang merupakan bagian dari Jagat Literasi, serta Awarding Kolumnis.
    Acara pamungkas, Bersuka Ria, menjadi kemeriahan pada Senin malam. Keseluruhan rangkaian perayaan HUT
    Kompas.com
    ini merupakan hasil kerja sama bersama Riady Foundation, ParagonCorp, dan Blibli. Juga didukung oleh Kita Bisa dan Gramedia.
    Sementara itu, misi Jagat Literasi di Perbatasan Ekspedisi dari Kata ke Nyata
    Kompas.com
    hadir melalui inisiatif Jagat Literasi untuk merayakan HUT ke-30 Kompas.com.
    Relawan mengajarkan literasi media dan literasi baca di 20 sekolah yang tersebar di Banten, Jawa Tengah, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan DKI Jakarta.
    Selain mengajar, mereka menyalurkan donasi buku anak dengan target 10.000 eksemplar agar siswa di berbagai daerah bisa mendapatkan bacaan yang layak.
    Ekspedisi Kata ke Nyata didukung gerakan STEM Indonesia Cerdas dari Riady Foundation, serta ParagonCorp, dan Gramedia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Tiga Dekade Kompas.com, Menjaga Warisan Para Pendiri
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        14 September 2025

    Tiga Dekade Kompas.com, Menjaga Warisan Para Pendiri Nasional 14 September 2025

    Tiga Dekade Kompas.com, Menjaga Warisan Para Pendiri
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Langit Jakarta menyambut hangat perayaan Hari Ulang Tahun ke-30 Kompas.com yang jatuh pada hari ini, Minggu (14/9/2025).
    Memperingati genapnya usia, Kompas.com menggelar rangkaian ziarah Napak Tilas Pendiri KG ke makam Jakob Oetama dan Petrus Kanisius (PK) Ojong sebagai bentuk penghormatan.
    Momentum penuh rasa syukur ini dimulai dari titik awal di Bentara Budaya Jakarta.
    Pemimpin Redaksi Kompas.com, Amir Sodikin, membuka acara dengan penuh rasa hormat untuk mengenang jasa para pendiri.
    Rombongan Kompas.com mulai bergerak menggunakan dua bus pada pukul 07.40 WIB.
    Hanya memakan waktu 15 menit, rombongan tiba di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.
    “Kami, anak, cucu, cicit datang Pak Jakob,” kata Amir Sodikin dengan suara lembut di depan makam Jakob.
    Jakob Oetama lahir di Magelang pada 27 September 1931. Ia wafat pada 9 September 2020.
    Dalam dekapan cuaca yang bersahabat dan langit yang biru bersih, para karyawan menundukkan kepala dan memanjatkan doa dengan penuh khidmat di depan makam Jakob. Oetama. 
    Ziarah kemudian dilanjutkan ke tempat peristirahatan pendiri Kompas Gramedia lainnya, yakni Petrus Kanisius Ojong, di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
    Pukul 08.41 WIB, rombongan meninggalkan TMP Kalibata dan menuju TPU Tanah Kusir.
    PK Ojong lahir di Bukittinggi pada 25 Juli 1920 dan meninggal di Jakarta pada 31 Mei 1980.
    Cuaca yang mulai terik tidak mengurangi semangat langkah kaki rombongan yang berjalan dari pintu masuk TPU Tanah Kusir ke pusara PK Ojong.
    Karyawan kembali menundukkan kepala dan memanjatkan doa dengan khidmat untuk ketenangan dan kedamaian PK Ojong.
    Menurut Amir, kedua pendiri Kompas Gramedia itu memiliki peran unik yang saling melengkapi.
    “Jika Pak Ojong tadi dia sangat tokoh dalam prinsip, kemudian rapi dalam administrasi, dan punya visi bisnis. Nah, Pak Jakob Oetama ini yang mengisi nilai-nilai jurnalismenya. Maka dikenal ada jurnalisme makna. Jurnalisme makna itu khasnya Kompas,” jelas Amir.
    Dia menambahkan, jurnalisme makna bukan hanya menyampaikan informasi, tetapi juga memberi perspektif, makna, dan arah ke depan.
    “Tidak cukup 5W1H. Tapi what’s next-nya apa? Dan nanti insight-nya untuk kita dan untuk bangsa itu apa?” tutur dia.
    Ia juga mengingatkan bahwa prinsip kemanusiaan yang ditanamkan kedua pendiri masih menjadi pijakan utama hingga kini.
    Menurutnya, nilai tersebut tecermin dalam inisiatif sosial seperti Dana Kemanusiaan Kompas maupun program donasi Kompas.com bersama Kitabisa.
    “Dari dua pendiri ini kita mengenal yang namanya prinsip kemanusiaan, welas asih dan juga saling jaga, saling menghormati. Dua tokoh ini juga melahirkan banyak bisnis-bisnis di KG Media,” ujar Amir.
    Kompas.com memasuki usia ke-30 yang jatuh pada Minggu, 14 September 2025.
    Rangkaian perayaan hari ulang tahun (HUT) berupa ziarah ke makam para pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama dan PK Ojong.
    Sebelumnya, pada Sabtu, 13 September 2025, digelar pula ziarah ke beberapa rekan kerja, yaitu ke makam Ervan Hardoko, Muhammad Latief, dan Kurnia Sari Aziza.
    Puncak acara pada Senin, 15 September 2025, digelar Festival HUT berupa Obrolan Newsroom On Stage dan LiteraTalk yang merupakan bagian dari Jagat Literasi, serta Awarding Kolumnis.
    Acara pemungkas, Bersuka Ria, menjadi kemeriahan pada Senin malam.
    Keseluruhan rangkaian perayaan HUT Kompas.com ini merupakan hasil kerja sama bersama Riady Foundation, ParagonCorp, dan Blibli. Juga didukung oleh Kita Bisa dan Gramedia.
    Sementara itu, misi Jagat Literasi di Perbatasan Ekspedisi dari Kata ke Nyata Kompas.com hadir melalui inisiatif Jagat Literasi untuk merayakan HUT ke-30 Kompas.com.
    Relawan mengajarkan literasi media dan literasi baca di 20 sekolah yang tersebar di Banten, Jawa Tengah, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan DKI Jakarta.
    Selain mengajar, mereka menyalurkan donasi buku anak dengan target 10.000 eksemplar agar siswa di berbagai daerah bisa mendapatkan bacaan yang layak.
    Ekspedisi Kata ke Nyata didukung gerakan STEM Indonesia Cerdas dari Riady Foundation, serta ParagonCorp dan Gramedia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Peringati HUT Ke-30, Kompas.com Ziarah ke Makam Jakob Oetama dan PK Ojong
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        14 September 2025

    Peringati HUT Ke-30, Kompas.com Ziarah ke Makam Jakob Oetama dan PK Ojong Nasional 14 September 2025

    Peringati HUT Ke-30, Kompas.com Ziarah ke Makam Jakob Oetama dan PK Ojong
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-30, Kompas.com berziarah ke makam dua pendiri Kompas, Jakob Oetama dan Petrus Kanisius (PK) Ojong, Minggu (14/9/2025).
    Kegiatan ini diawali dengan pengarahan singkat disertai doa bersama di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jakarta Pusat, sebelum rombongan berangkat ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dan kemudian ke Tanah Kusir.
    Pemimpin Redaksi (Pemred) Kompas.com, Amir Sodikin, dalam sambutannya menekankan pentingnya meneladani nilai-nilai yang diwariskan kedua pendiri Kompas.
    Ia menilai, kesederhanaan PK Ojong dan kelenturan Jakob Oetama membentuk fondasi jurnalisme Kompas yang dikenal hingga kini.
    “Kita akan berziarah pertama kali nanti ke makamnya Pak Jakob Oetama dan kemudian ke Pak PK Ojong,” kata Amir dalam sambutannya.
    Ia pun menceritakan sekilas kisah hidup dua pendiri Kompas. PK Ojong berasal dari keluarga sederhana dan dikenal teguh prinsip, baik dalam kehidupan maupun bisnis.
    Sementara, Jakob Oetama unggul dalam mengendalikan emosi dan bersikap lentur, sehingga mudah menyesuaikan diri dalam berbagai situasi.
    “Dua tokoh ini saling mengisi. Jika Pak Ojong tadi dia sangat tokoh dalam prinsip, kemudian rapi dalam administrasi, dan punya visi bisnis. Nah, Pak Jakob Oetama ini yang mengisi nilai-nilai jurnalismenya. Maka dikenal ada jurnalisme makna. Jurnalisme makna itu khasnya Kompas,” jelas Amir.
    Dia menambahkan, jurnalisme makna bukan hanya menyampaikan informasi, tetapi juga memberi perspektif, makna, dan arah ke depan.
    “Tidak cukup 5W1H. Tapi what’s next-nya apa? Dan nanti insight-nya untuk kita dan untuk bangsa itu apa?” tutur dia.
    Ia juga mengingatkan bahwa prinsip kemanusiaan yang ditanamkan kedua pendiri masih menjadi pijakan utama hingga kini.
    Menurutnya, nilai tersebut tecermin dalam inisiatif sosial seperti Dana Kemanusiaan Kompas maupun program donasi Kompas.com bersama Kitabisa.
    Sementara itu, Wakil Ketua Panitia HUT ke-30 Kompas.com, Zainal, menjelaskan bahwa ziarah ini merupakan agenda rutin tahunan yang kembali digelar pascapandemi Covid-19.
    “Ini kurang lebih sudah tahun keempat kita melakukan ziarah sejak Covid. Yang ikut ada teman-teman redaksi, bisnis, marketing, sales, hingga komunitas,” kata Zainal.
    Ia menambahkan, usai ziarah, rangkaian peringatan dilanjutkan dengan tumpengan di kantor redaksi Kompas.com, Jakarta Pusat.
    Sementara acara puncak HUT ke-30 akan digelar Senin (15/9/2025) melalui Jagat Literasi Festival di Menara Kompas.
    “Besok kita ada talkshow literasi di Studio Dua, Menara Kompas. Akan hadir dua menteri sebagai narasumber. Itu bagian dari acara puncak,” ujar Zainal.
    Kompas.com memasuki usia ke-30 yang jatuh pada Minggu, 14 September 2025. Rangkaian perayaan hari ulang tahun (HUT) berupa ziarah ke makam para pendiri Kompas-Gramedia, Jakob Oetama dan PK Ojong.
    Sebelumnya, pada Sabtu, 13 September 2025, digelar pula ziarah ke beberapa rekan kerja yaitu ke makam Ervan Hardoko, Muhammad Latief, dan Kurnia Sari Aziza.
    Puncak acara pada Senin, 15 September 2025, digelar Festival HUT berupa Obrolan Newsroom On Stage dan LiteraTalk yang merupakan bagian dari Jagat Literasi, serta Awarding Kolumnis.
    Acara pemungkas, Bersuka Ria, menjadi kemeriahan pada Senin malam.
    Keseluruhan rangkaian perayaan HUT Kompas.com ini merupakan hasil kerja sama bersama Riady Foundation, ParagonCorp, dan Blibli. Juga didukung oleh Kita Bisa dan Gramedia.
    Sementara itu, misi Jagat Literasi di Perbatasan Ekspedisi dari Kata ke Nyata Kompas.com hadir melalui inisiatif Jagat Literasi untuk merayakan HUT ke-30 Kompas.com.
    Relawan mengajarkan literasi media dan literasi baca di 20 sekolah yang tersebar di Banten, Jawa Tengah, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan DKI Jakarta.
    Selain mengajar, mereka menyalurkan donasi buku anak dengan target 10.000 eksemplar agar siswa di berbagai daerah bisa mendapatkan bacaan yang layak.
    Ekspedisi Kata ke Nyata didukung gerakan STEM Indonesia Cerdas dari Riady Foundation, serta ParagonCorp dan Gramedia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • iPhone 17 Dirilis, Di Pameran Gadget ini iPhone 16 Langsung Kena Diskon

    iPhone 17 Dirilis, Di Pameran Gadget ini iPhone 16 Langsung Kena Diskon

    Jakarta

    Blibli melalui anak perusahaannya, Global Teknologi Niaga, melancarkan strategi baru dalam meningkatkan daya beli perangkat di masyarakat dengan menghadirkan smartphone premium tapi harga diskon.

    Pameran gadget XPO 2025 yang memadukan konsep berbelanja sekaligus edukasi teknologi kepada konsumen terkait perkembangan perangkat yang berkembang pesat. Begitu juga mengenalkan pemanfaatan teknologi terkini, seperti artificial intellifence (AI) di gadget.

    Pameran gadget XPO 2025 hadir di Summarecon Mall Serpong yang berlangsung pada akhir pekan ini hingga Minggu besoknya.

    Perangkat mulai dari iPhone 16 hingga Samsung Galaxy Z Fold7 dan deretan flagship lain seperti Galaxy S25 Series, Oppo, Huawei, Xiaomi, hingga Vivo, semuanya ditawarkan dengan promo agresif. Pengunjung bisa diklaim bakal hemat sampai Rp9 juta lewat kombinasi cashback, diskon bank, dan program tukar tambah.

    Khusus untuk iPhone 16 pun menjadi lebih murah. Selain untuk memikat konsumen juga seiring dengan kehadiran iPhone 17 series yang baru saja dirilis secara global dan akan masuk ke pasar Indonesia pada Oktober mendatang.

    “Dengan memberikan pengalaman menyeluruh, mulai dari mencoba langsung, membandingkan, hingga berdiskusi dengan para expert, dan sebagai wujud komitmen terhadap layanan purna jual, setiap pembelian gadget dan smartphone di Blibli dilengkapi perlindungan ekstra hingga 24 bulan tanpa biaya tambahan,” ujar Wisnu Iskandar, CEO Global Teknologi Niaga (GTNi) dikutip Sabtu (13/9/2025).

    Disebutkan perlindungan ini mencakup berbagai situasi tak terduga, mulai dari kerusakan akibat cairan, kebakaran, maupun insiden lain, sehingga pelanggan dapat berbelanja dengan lebih tenang dan nyaman.

    Suasana expo pun ramai bukan hanya oleh pengunjung yang mencari diskon, tapi juga karena hadirnya talkshow teknologi bersama brand besar dan review langsung dari para tech reviewer.

    Bagi sebagian orang, Blibli XPO jadi cara menyenangkan untuk window shopping sekaligus update tren gadget terbaru.
    Dengan cara ini, Blibli bukan cuma mendorong penjualan, tapi juga menjadikan belanja gadget sebagai pengalaman gaya hidup – penuh promo, interaktif, dan tetap ramah di kantong.

    (agt/agt)

  • Mengandalkan Layanan Fulfillment untuk Efisiensi dan Skalabilitas Bisnis

    Mengandalkan Layanan Fulfillment untuk Efisiensi dan Skalabilitas Bisnis

    Bisnis.com, JAKARTA — Konsumen bergerak lebih cepat dari sebelumnya. Sebanyak 73% transaksi e-commerce di Indonesia kini dilakukan lewat perangkat mobile, mencerminkan penetrasi digital yang tinggi sekaligus membentuk ekspektasi baru terhadap kecepatan layanan.

    Berdasarkan data dari We Are Social 2025 menunjukkan bahwa 22,5% dari konsumen di Indonesia menjadikan Next-day Delivery sebagai faktor yang mempengaruhi keputusan mereka dalam berbelanja online. Ini menandai perkembangan kebutuhan dari pengiriman reguler 3–5 hari menjadi keinginan agar pesanan bisa sampai secepat mungkin.

    Namun di balik tuntutan pengiriman serba cepat, ada satu elemen krusial yang seringkali luput dari perhatian, yaitu manajemen pergudangan atau fulfillment. Padahal fulfillment bukan sekadar mengatur stok dan mendistribusikan, tetapi menyangkut ketepatan pesanan, kelancaran operasional bisnis, sekaligus penentu reputasi sebuah brand.

    Satu kali saja terjadi keterlambatan pengiriman, risiko yang muncul bisa berlapis seperti pesanan dibatalkan, pelanggan kecewa, hingga menurunnya tingkat kepercayaan terhadap bisnis. Karena itu, pengiriman tidak cukup hanya cepat, tapi juga harus akurat.

    Di sinilah hubungan erat antara fulfillment dan logistik menjadi kunci. Keduanya saling melengkapi untuk memastikan pesanan sampai tepat waktu, sesuai, dan tetap menjaga kualitas layanan pelanggan.

    Di sisi lain, para pelaku usaha juga tidak bisa hanya berkutat pada urusan logistik. Mereka tetap perlu ruang untuk berinovasi, menciptakan produk baru, dan memperkuat nilai tambah bagi pelanggan.

    Peran manajemen pergudangan yang efektif menjadi begitu krusial karena berfungsi sebagai pondasi yang menjaga kelancaran alur kerja, memastikan pesanan sampai tepat waktu, sekaligus melindungi kualitas layanan pelanggan. Dengan fondasi kuat ini, bisnis memiliki ruang untuk fokus pada inovasi dan pengembangan produk yang akhirnya dapat membangun kepercayaan jangka panjang.

    Menjawab tantangan bisnis tersebut, Blibli melalui entitas anak PT Global Distribusi Pusaka menghadirkan FAS atau Fulfillment at Speed yang berfokus pada layanan B2B2C. FAS hadir sebagai solusi bisnis terpadu (all-in-one business enabler) yang tidak hanya menyediakan jasa pergudangan dan pengiriman, tetapi juga mendukung operasional bisnis dari hulu ke hilir.

    FAS hadir sebagai solusi komprehensif yang tidak hanya terbatas pada layanan gudang (warehousing) dan distribusi. Layanan ini mencakup seluruh rantai pasok, mulai dari manajemen toko, distribusi offline ke lebih dari 300 saluran fisik, hingga penjualan di berbagai platform toko online. Layanan ini juga tersedia untuk perusahaan di luar ekosistem Blibli, yang ingin mengoptimalkan manajemen pergudangan hingga penjualan mereka, serta mendukung distribusi barang baik online maupun offline. Selain itu, FAS memperkuat layanannya dengan dukungan pemasaran, pengembangan aset kreatif, dan layanan pelanggan yang andal, semua terintegrasi dalam satu sistem untuk memastikan pengalaman pasca-pembelian yang positif.

    Alvin Hadibowo, Director of Fulfillment at Speed menyampaikan “FAS hadir bukan hanya sebagai penyedia gudang atau jasa distribusi, tetapi sebagai all-in-one business enabler yang mendukung mitra dari hulu ke hilir. Komitmen kami adalah menghadirkan solusi yang terintegrasi dalam satu pintu, agar brand dapat fokus berinovasi dan memenuhi ekspektasi konsumen yang terus bergerak cepat.”

    Kekuatan utama FAS terletak pada jaringan gudang yang strategis yang didukung teknologi canggih dengan Artificial Intelligence dan Machine Learning (AI/ML), sehingga pengelolaan gudang menjadi lebih efisien.

    Saat ini, FAS disokong 13 gudang yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk gudang terbesar di Marunda. Fasilitas ini didukung oleh sistem teknologi fulfillment yang memungkinkan proses masuk dan keluar barang maksimal dalam 6 jam, membantu merek tumbuh lebih cepat dan efisien. FAS tidak hanya menawarkan logistik domestik, tetapi juga kapabilitas impor, pemasaran digital, layanan pelanggan, dan integrasi dengan berbagai marketplace besar, sehingga operasional bisnis berjalan lancar dari satu pintu.

    Pandangan positif terhadap FAS turut disampaikan oleh Putera Dwi Kurnia, Co-Founder Brodo, brand fashion pria lokal Indonesia. Dalam agenda Pagelaran Sabang Merauke 2025, dia menyampaikan, “Kami melihat FAS sebagai mitra ideal yang mampu menemani Brodo dalam bertumbuh. Sejauh ini, kolaborasi dengan mereka terasa sangat positif dan efektif.”

    Senada dengan itu, Alvin Hadibowo menegaskan komitmen FAS dalam menghadirkan layanan terintegrasi, mulai dari jaringan gudang strategis, sistem fulfillment berbasis teknologi AI/ML, serta dukungan layanan seperti pemasaran, pengembangan aset kreatif, hingga customer service, kami memastikan bisnis dapat beroperasi lebih efisien sekaligus tumbuh berkelanjutan.

    Di tengah lanskap e-commerce yang semakin kompetitif, memiliki kapabilitas fulfillment sendiri bukan lagi sekadar nilai tambah, melainkan faktor pembeda utama untuk memenangkan hati konsumen.

    Terlebih, hampir semua platform e-commerce kini memiliki sistem auto-cancel order yang ketat—sedikit saja keterlambatan dapat membuat pesanan dibatalkan secara otomatis, berisiko mengurangi potensi penjualan.

    Karena itu, pemain besar seperti Lazada dan Blibli menyadari bahwa kendali atas gudang dan distribusi adalah kunci untuk memenuhi ekspektasi pengiriman cepat. Dengan hadirnya FAS, Blibli membuktikan bahwa layanan fulfillment dapat berkembang lebih jauh dari sekadar logistik, menjadi fondasi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

  • iPhone 17, iPhone Air, iPhone 17 Pro dan iPhone 17 Pro Max Lolos TKDN! Siap Dijual di Indonesia Oktober 2025 – Page 3

    iPhone 17, iPhone Air, iPhone 17 Pro dan iPhone 17 Pro Max Lolos TKDN! Siap Dijual di Indonesia Oktober 2025 – Page 3

    Bersamaan dengan preorder iPhone 17 tersebut di Amerika Serikat (AS), Apple fanboy di lebih dari 63 negara dan wilayah, termasuk Inggris, Jepang, Korea Selatan, Singapura, dan Malaysia, sudah bisa ikutan pre-order iPhone 17 Pro series.

    Disebutkan, masing-masing toko retail di lebih dari 63 negara tersebut bakal mulai mengirim pesanan dan menjual secara bebas iPhone 17 series pada 19 September.

    Sementara itu, 22 negara dan wilayah lainnya baru bisa mendapatkan dan membeli HP baru Apple ini pada 26 September mendatang, sebagaimana dikutip dari situs Apple, Kamis (11/9/2025).

    Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Walau negara Singapura dan Malaysia sudah membuka pre-order iPhone 17, Indonesia belum termasuk dalam daftar gelombang pertama atau kedua peluncuran iPhone baru itu.

    Ambil contoh iPhone 14, di mana Apple Authorized Reseller seperti iBox, eraspace, Blibli, dan Digimap membuka pre-order iPhone 14 series pada 28 Oktober 2022, setelah diumumkan pada 7 September 2022.

  • Apple Luncurkan iPhone 17, Harga Generasi Sebelumnya Alami Penurunan

    Apple Luncurkan iPhone 17, Harga Generasi Sebelumnya Alami Penurunan

    Bisnis.com, JAKARTA — Apple memperkenalkan iPhone 17 Pro and iPhone 17 Pro Max dengan desain baru yang menawan dan menghadirkan lompatan performa yang luar biasa. Kedua model dilengkapi A19 Pro, chip paling andal dan efisien yang pernah ada di iPhone, mendukung sistem kamera canggih, pengalaman bermain game tingkat lanjut, dan Apple Intelligence.

    Senior Vice President Worldwide Marketing Apple Greg Joswiak menuturkan dilengkapi dengan ruang uap rancangan Apple yang dilas dengan laser ke unibody aluminium penghantar panas yang kuat dan ringan, iPhone 17 Pro dan iPhone 17 Pro Max menghadirkan performa Apple terbaik yang pernah ada dan lompatan besar dalam kekuatan baterai. Tiga kamera Fusion 48 MP berada utama, ultra wide, dan telefoto yang sepenuhnya baru setara dengan delapan lensa termasuk zoom kualitas optik 8x, yang merupakan zoom terpanjang yang pernah ada di iPhone, dan kamera depan 18MP Center Stage yang inovatif dan semakin menyempurnakan hasil selfie.

    Dengan fitur video baru pertama di industri yang dibuat untuk pembuat film dan kreator konten profesional termasuk ProRes RAW, Apple Log 2, dan genlock, iPhone makin terintegrasi lancar dengan produksi berskala kecil maupun besar. Kedua model dilengkapi pelindung depan Ceramic Shield 2 yang 3x lipat lebih tahan gores, dan untuk pertama kalinya, Ceramic Shield melindungi bagian belakang iPhone.

    “iPhone 17 Pro adalah iPhone paling andal yang pernah kami buat, dengan desain baru yang memukau dan dirancang ulang sepenuhnya untuk memaksimalkan performa dan menghadirkan lompatan besar dalam kekuatan baterai. Dengan tiga kamera Fusion 48 MP, pengalaman kamera depan Center Stage baru, dan berbagai fitur video level pro, peluang kreativitas menjadi tanpa batas. iPhone 17 Pro menetapkan standar baru untuk industri ponsel pintar dan merupakan peningkatan besar bagi pengguna kami dengan kebutuhan paling intensif,” ujarnya dalam keterangan, Kamis (11/9/2025). 

    Dilansir laman resmi Blibli, iPhone 17 baru dirilis berdampak pada harga iPhone 16 series di Indonesia terpantau mengalami penyesuaian. Harga iPhone 16 series per September 2025 secara umum mengalami penurunan yang bervariasi hingga Rp3 jutaan. Adapun harga iPhone 16 reguler 128 GB pada periode April 2025 dibanderol Rp17 juta. Kini, harga iPhone 16 128 GB turun sekitar Rp3 jutaan menjadi Rp13,8 jutaan. Kemudian, harga iPhone 16 Pro 1 TB pada April kemarin dipatok Rp30,5 juta, sedangkan sekarang turun sekitar Rp1,5 juta menjadi Rp29 juta. Selain itu, iPhone 16e 128 GB pada April kemarin dipatok Rp12,5 juta dan harga iPhone 16e kini turun Rp1 jutaan menjadi Rp 11 jutaan.

    Konsumen di Indonesia biasanya baru bisa menikmati perangkat terbaru Apple beberapa bulan setelah peluncuran internasional, sebagaimana terjadi pada sejumlah rilisan sebelumnya. Namun peluncuran iPhone 17 diprediksi tetap akan menjadi pemicu antusiasme di Indonesia. Meski demikian, masa tunggu ini justru memberi ruang bagi distributor resmi untuk menyiapkan strategi. iBox dan Digimap, misalnya, mengandalkan jaringan ritel fisik yang luas di berbagai kota besar, dengan kepastian produk resmi bergaransi sebagai daya tarik utama bagi konsumen.

    Blibli menawarkan nilai tambah bagi para penggemar Apple mulai dari gratis perlindungan sampai dengan 24 bulan, jaminan orisinil 100%, layanan pembayaran
    cicilan 0% Baik Kartu Kredit maupun Paylater, hingga kemudahan layanan purna jual. Blibli memperkuat jaringan toko offline, Blibli Store dan Hello Apple Authorized Reseller yang kini sudah hadir sebanyak 22 gerai di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya. Bagi distributor resmi seperti Blibli, iBox, Digimap, dan Erafone, momen peluncuran iPhone 17 ini menjadi peluang untuk menghadirkan pengalaman terbaik bagi penggemar Apple di Tanah Air.

  • Huawei Pura 80 Series Makin Dekat Rilis di Indonesia

    Huawei Pura 80 Series Makin Dekat Rilis di Indonesia

    Jakarta

    Smarthone dengan kamera canggih, Huawei Pura 80 Series yang terdiri dari Pura 80 Pro dan Pura 80 Ultra makin dekat rilis di Indonesia. Untuk diketahui, nodel Ultra menghadirkan Switchable Dual Telephoto Camera pertama di industri ponsel serta meraih predikat Kamera Smartphone Terbaik Dunia versi DXOMARK dengan skor tertinggi 175 poin.

    Pura 80 Ultra disebut berhasil meraih peringkat teratas DXOMARK berkat konsistensinya menghasilkan foto dengan warna hidup, detail tajam, dan pencahayaan alami di berbagai kondisi.

    “HUAWEI tidak lepas dari terobosan yang bisa kita bilang ekstrem dengan berbagai inovasi, yang sudah berjalan di seri P di 2019,” kata Senior Retail Manager Huawei Device Indonesia Edy Supartono di agenda temu media Huawei Pura 80 Series, Jakarta, Rabu (10/9/2025).

    Fancam Konser Nggak Pecah Lagi

    Untuk pertama kalinya di industri smartphone, Huawei, lewat Pura 80 Ultra, memperkenalkan sistem dual telefoto switchable dengan rana mekanis yang memungkinkan peralihan mulus antara dua jalur optik berbeda, 3,7x dan 9,4x optical zoom, yang keduanya berbagi sensor besar 1/1,28 inci.

    Kombinasi inovasi ini menghadirkan zoom super jernih dengan rentang hingga 100x digital zoom, memungkinkan pengguna menangkap detail tajam dari jarak sangat jauh tanpa kehilangan kualitas.

    Bagi penikmat konser, fitur ini mampu menangkap setiap ekspresi idola di panggung. Untuk penjelajah kota, skyline yang jauh kini dapat diabadikan dengan presisi menawan, menampilkan detail cahaya dan suasana malam secara realistis.

    “Kalau dilihat dengan smartphone lain, objek yang kita ambil bisa tetap tertangkap jelas dan warnanya tetap terekam natural jika dibandingkan dengan smartphone lain,” ucap Edy.

    Seri Pura 80 Pro juga nggak kalah ciamik. Ponsel ini dilengkapi 1-inch Ultra Lighting Camera, sensor terbesar di kelasnya yang memungkinkan penangkapan cahaya maksimal. Teknologi ini membuat pengguna dapat menghasilkan night portrait dan nightscapes yang tetap terang, tajam, jelas, dan natural, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

    Kedua perangkat ini akan diluncurkan secara resmi di Indonesia pada 17 September 2025. Ada penawaran spesial selama periode17 Septemberhingga17 Oktober 2025 dengan total benefit hingga Rp 10 juta.

    HuaweiPura 80 Series akan tersedia online di Huawei Official Store di beberapa e-commerce terkemuka seperti Shopee,TikTok Shop,Tokopedia,Blibli,Lazada,Eraspace,Erafone.com, dan DatascripMall. Produk ini juga tersedia secara offline melalui jaringan Huawei Authorized Experience Store, Erafone, Urban Republic, Blibli, Digiplus, dan berbagai mitra toko lainnya di seluruh Indonesia.

    (kna/fyk)

  • Harga iPhone 16 Turun Seiring Kedatangan iPhone 17

    Harga iPhone 16 Turun Seiring Kedatangan iPhone 17

    Jakarta

    Harga iPhone di Indonesia kembali turun pada awal September 2025. Tidak hanya varian lawas, model terbaru seperti iPhone 16e dan iPhone 16 series kini dilepas dengan harga lebih murah dibandingkan harga peluncurannya.

    Menurut pantauan detikINET, penyesuaian harga iPhone dilakukan oleh distributor resmi Apple di Indonesia, termasuk iBox, Digimap, dan Blibli. Ketiga distributor tersebut sudah mencantumkan harga iPhone terbaru di platform-nya, namun ada beberapa varian yang stoknya sudah habis dan tidak diproduksi lagi oleh Apple.

    Harga iPhone 16 series, iPhone 16e, dan iPhone 15 terpantau masih sama seperti bulan lalu. Sementara itu, harga iPhone 15 Plus mengalami penurunan sekitar Rp 600 ribuan.

    Penyesuaian harga ini dilakukan terkait pengumuman iPhone 17.

    Harga Terbaru iPhone 15 dan iPhone 16 September 2025

    Berikut ini rincian harga terbaru iPhone 15 series dan iPhone 16 series per September 2025, menurut pantauan detikINET:

    iPhone 16e

    iPhone 16e 128GB: Rp 11.499.000 (sebelumnya Rp 12.749.000)iPhone 16e 256GB: Rp 13.999.000 (sebelumnya Rp 15.249.000)iPhone 16e 512GB: Rp 17.999.000 (sebelumnya Rp 19.249.000)

    iPhone 16

    iPhone 16 128GB: Rp 13.999.000 (sebelumnya Rp 14.999.000)iPhone 16 256GB: Rp 16.499.000 (sebelumnya Rp 17.499.000)iPhone 16 512GB: Rp 20.999.000 (sebelumnya Rp 21.999.000)

    iPhone 16 Plus

    iPhone 16 Plus 128GB: Rp 15.999.000 (sebelumnya Rp 16.999.000)iPhone 16 Plus 256GB: Rp 18.499.000 (sebelumnya Rp 19.499.000)iPhone 16 Plus 512GB: Rp 22.999.000 (sebelumnya Rp 23.999.000)

    iPhone 16 Pro

    iPhone 16 Pro 128GB: Rp 17.999.000 (sebelumnya Rp 18.749.000)iPhone 16 Pro 256GB: Rp 20.999.000 (sebelumnya Rp 21.749.000)iPhone 16 Pro 512GB: Rp 25.499.000 (sebelumnya Rp 26.249.000)iPhone 16 Pro 1TB: Rp 29.999.000 (sebelumnya Rp 30.749.000)

    iPhone 16 Pro Max

    iPhone 16 Pro Max 256GB: Rp 21.999.000 (sebelumnya Rp 22.749.000)iPhone 16 Pro Max 512GB: Rp 27.499.000 (sebelumnya Rp 28.249.000)iPhone 16 Pro Max 1TB: Rp 32.499.000 (sebelumnya Rp 33.249.000)

    iPhone 15

    iPhone 15 128GB: Rp 10.999.000 (sebelumnya Rp 16.999.000)iPhone 15 256GB: Rp 13.499.000 (sebelumnya Rp 19.999.000)iPhone 15 512GB: Rp 17.499.000 (sebelumnya Rp 23.999.000)

    iPhone 15 Plus

    iPhone 15 Plus 128GB: Rp 12.399.000 (sebelumnya Rp 18.999.000)iPhone 15 Plus 256GB: Rp 14.899.000 (sebelumnya Rp 21.999.000)iPhone 15 Plus 512GB: Rp 18.899.000 (sebelumnya Rp 25.999.000)

    Setelah peluncuran iPhone 17 series, Apple kemungkinan akan menghentikan produksi beberapa model iPhone 16 dan iPhone 15. Bagi kalian yang mengincar empat model iPhone di atas, ini adalah kesempatan terakhir untuk membelinya sebelum di-discontinue.

    (vmp/fyk)

  • HUAWEI Pura 80 Ultra Segera Hadir, Smartphone Kamera #1 Dunia dengan Switchable Dual Telephoto Camera – Page 3

    HUAWEI Pura 80 Ultra Segera Hadir, Smartphone Kamera #1 Dunia dengan Switchable Dual Telephoto Camera – Page 3

    Berpindah ke smartphone baru sering menimbulkan kekhawatiran soal ketersediaan aplikasi. Namun, dengan AppGallery, pengguna tetap bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi populer seperti YouTube, Gmail, Google Maps, hingga Google Meet dengan mudah.

    Keamanan juga terjamin melalui sistem perlindungan menyeluruh, mencakup verifikasi developer, pemeriksaan malware, perlindungan privasi berlapis, hingga pengecekan integritas aplikasi. Dengan begitu, pengguna bisa tetap nyaman menggunakan aplikasi favorit tanpa khawatir soal keamanan.

    Gimana, tertarik merasakan pengalaman fotografi mobile yang lebih paripurna dengan HUAWEI Pura 80 Series? Selama periode 17 September – 17 Oktober 2025, kamu bisa menikmati penawaran spesial senilai total hingga Rp10 juta. Konsumen berkesempatan mendapatkan hadiah menarik, termasuk HUAWEI WATCH GT 5 senilai Rp2,6 juta, trade-in cashback hingga Rp2,5 juta, bank cashback hingga Rp2 juta, HUAWEI Care+ senilai Rp2,4 juta, serta cashback Rp500 ribu khusus untuk transaksi melalui Tiket.com.

    Produk ini dapat dibeli secara online melalui HUAWEI Official Store di Shopee, V-Mall, Blibli, TikTok Shop, Tokopedia, Lazada, Eraspace, Erafone.com, dan DatascripMall. Untuk pembelian offline, tersedia di HUAWEI Authorized Experience Store, Erafone, Urban Republic, Blibli, Digiplus, serta mitra resmi lainnya di seluruh Indonesia.