Perusahaan: Billboard

  • Heboh Foto Prabowo di Billboard Israel yang Ternyata AI Generated

    Heboh Foto Prabowo di Billboard Israel yang Ternyata AI Generated

    Jakarta

    Publik ramai membahas billboard di Israel yang memasang foto Presiden Prabowo Subianto dan beberapa pemimpin lain. Pihak pemilik gambar rupanya membuat materi foto pakai AI.

    Billboard yang ramai dibahas netizen itu adalah milik Abraham Shield. Dilihat detikINET dari situsnya, Selasa (30/9/2025) Abraham Shield adalah organisasi di Israel yang dibikin sebagai respons atas kejadian Tragedi 7 Oktober.

    Tujuan organisasi ini ingin menciptakan koalisi untuk keamanan regional dan memastikan keamanan Negara Israel. Billboard menghebohkan mereka itu diposting pula di akun Instagram @abraham.shield.plan.

    “Mr President, Israel stands by your plan. Seal the deal,” begitu tulisan billboard itu dengan foto Presiden AS Donald Trump di tengah dan Presiden Prabowo di ujung kanan.

    Fotonya langsung jadi pro dan kontra netizen di aneka platform media sosial dari X, Instagram dan Threads. Netizen Indonesia tidak sudi dengan narasi tersebut, apalagi ada foto Prabowo di sana.

    “LOL You really want Indonesia to recognize🙄 , Indonesian citizens will always be with Palestine🇮🇩❤️ 🇵🇸,” kata @akukembal***.

    “Eh akun gak jelas bikin provokasi aja lu. Indonesia always support Palestine. Palestine will be free,” kata @aliasunris***.

    Sebagian netizen lain rupanya bermata elang. Mereka melihat ada tulisan kecil di pojok kiri bawah billboard tersebut. Tulisannya adalah ‘AI Generated’. Wah, rupanya Abraham Shield membuat materi billboard mereka pakai AI.

    “Masik ada aja yg percaya ginian, udah tau ada bacaan AI generated nya dan itu bukan poto asli nya,” kata @irmakward***.

    “Udh confirm di X itu posternya real, cuma dibuat AI 🤣 Akun media Israel yg post,” kata @meriskab***.

    “Mending dihapus aja bang threadnya daripda mengundang bias, udh jelas itu ada tulisan A.I,” kata @inteligen***.

    Terkait hal tersebut, Pemerintah Indonesia pun buka suara. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menegaskan Indonesia tidak akan mengakui dan melakukan normalisasi dengan Israel, kecuali Israel terlebih dahulu mengakui Palestina.

    “Posisi Indonesia sangat clear bahwa tidak akan ada pengakuan dan normalisasi dengan Israel baik melalui Abraham Accords atau platform lainnya, kecuali Israel terlebih dahulu mau mengakui negara Palestina yang merdeka dan berdaulat,” kata juru bicara Yvonne Mewengkang, dilansir Antara, Selasa (30/9/2025).

    Yvonne mengatakan posisi tersebut telah ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri RI Sugino bahwa visi apa pun terkait Israel harus dimulai dari pengakuan terhadap kemerdekaan dan kedaulatan Palestina.

    (fay/fyk)

  • Visi Jakarta Jadi Kota Global Buka Peluang Ekonomi Budaya Betawi
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        25 September 2025

    Visi Jakarta Jadi Kota Global Buka Peluang Ekonomi Budaya Betawi Nasional 25 September 2025

    Visi Jakarta Jadi Kota Global Buka Peluang Ekonomi Budaya Betawi
    Tim Redaksi

    JAKARTA, KOMPAS.com – 
    Visi Kota Jakarta yang diarahkan menjadi kota global berbasis budaya Betawi dinilai membuka peluang baru bagi pengembangan ekonomi dan pariwisata.
    Badan Musyawarah (Bamus) Betawi menilai, momentum ini harus dimanfaatkan dengan melibatkan sektor perhotelan dan industri pariwisata untuk menghadirkan budaya Betawi sebagai identitas utama kota.
    “Sebagai bagian dari promosi budaya ataupun dalam aspek komersial. Hotel-hotel bisa menjadi mitra strategis untuk menghadirkan budaya Betawi,” ujar tokoh Betawi Munir Arsyad melalui keterangan, Kamis (25/9/2025).
    Munir menekankan, transformasi Jakarta menuju kota global tidak boleh melepaskan akar budayanya.
    Karena itu, keterlibatan para pelaku budaya Betawi, mulai dari pengrajin, seniman, hingga pelaku usaha kuliner, perlu diperkuat.
    “Hotel juga dapat menyelenggarakan acara khusus yang menampilkan kuliner Betawi atau bazar makanan Betawi untuk memperkenalkan lebih banyak orang pada kekayaan kuliner Betawi,” ujarnya.
    Tak hanya kuliner, pertunjukan Lenong, Gambang Kromong, atau Tari Betawi dinilai dapat menjadi daya tarik wisata yang unik.
    Munir juga mengusulkan agar hotel-hotel bekerja sama dengan seniman Betawi untuk mendekorasi ruang dengan ornamen atau seni ukir khas Betawi.
    Bahkan, ia mendorong hotel menjadi tuan rumah rutin bagi gelaran seni budaya Betawi.
    “Hotel juga dapat menawarkan paket wisata budaya Betawi, yang meliputi perjalanan (tur) ke kawasan Betawi tradisional, wisata kuliner, serta kunjungan ke pusat kerajinan atau tempat-tempat bersejarah di Jakarta yang berhubungan dengan Betawi,” jelasnya.
    Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung menegaskan, Jakarta masih berstatus sebagai ibu kota negara, meskipun Presiden Prabowo Subianto telah menetapkan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Politik Indonesia mulai 2028.
    Penetapan itu tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 79 Tahun 2025 tentang Pemutakhiran Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2025 yang diundangkan pada 30 Juni 2025.
    “Dengan terminologi ibu kota politik, ini bisa bermacam-macam. Pasti Pak Gubernur Lemhannas juga bisa menjabarkan bahwa transformasi pemindahan pemerintahan ini pasti tidak dilakukan secara keseluruhan di tahun 2028,” kata Pramono saat menerima kunjungan peserta Lemhannas RI di Balai Kota Jakarta, Rabu (24/9/2025) dikutip dari
    Antara
    .
    Ia menjelaskan, pada 2028 kemungkinan besar lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif akan beroperasi di IKN.
    Namun, Jakarta akan tetap menjadi pusat aktivitas bisnis sekaligus menjalankan sebagian besar administrasi pemerintahan.
    Pramono menegaskan, sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024, Jakarta tetap ditetapkan sebagai ibu kota sekaligus diarahkan menjadi kota global yang inklusif dengan budaya Betawi sebagai identitas utama.
    “Nanti,
    billboard
    -nya, batas-batas kecamatannya, batas kotanya, akan kami beri dengan simbol-simbol Betawi karena ini memang undang-undang,” ujarnya.
    Meski begitu, ia menekankan penguatan identitas Betawi tidak akan mengurangi karakter multikultural Jakarta yang sudah menjadi ciri khas kota metropolitan.

    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Induk Usaha Rolling Stone hingga Billboard Gugat Google Perkara Hak Cipta

    Induk Usaha Rolling Stone hingga Billboard Gugat Google Perkara Hak Cipta

    Bisnis.com, JAKARTA – Google tengah menghadapi gugatan dari Penske Media Corporation (PMC), pemilik Rolling Stone, Billboard, Variety, Hollywood Reporter, Deadline, Vibe, hingga Artforum.

    Google dituduh secara ilegal menggunakan konten penerbit berita untuk membuat ringkasan AI yang merugikan pihak penggugat.

    Mengutip Tech Crunch, gugatan Penske ini merupakan yang pertama menargetkan Google dan perusahaan induknya, Alphabet, terkait dengan penayangan ringkasan berbasis AI di hasil pencarian.

    Sebelumnya, baik penerbit maupun penulis pernah menggugat perusahaan AI lain atas kekhawatiran serupa terkait dengan hak cipta. Di samping itu, Google tengah menghadapi gugatan antimonopoli di Eropa terkait AI Overviews.

    Dalam pertanyaannya, CEO Penske Media Jay Penske menyebut gugatan dilakukan sebagai upaya perlindungan jurnalis serta menjaga keberlangsungan dan integritas media digital.

    “Kami memiliki kewajiban melindungi jurnalis terbaik PMC dan jurnalisme pemenang penghargaan sebagai sumber kebenaran. Kami juga bertanggung jawab secara proaktif memperjuangkan masa depan media digital dan menjaga integritasnya yang semuanya terancam oleh tindakan Google saat ini,” kata Penske, dikutip Bisnis pada Senin (15/9/2025).

    Sebagai informasi, sejak meluncurkan AI Overviews tahun lalu Google telah dikritik karena dianggap mengancam model bisnis para penerbit yang kontennya diperlukan untuk menghasilkan ringkasan AI dan jawaban yang akurat.

    Gugatan baru ini, melangkah lebih jauh dengan menuduh Google terus menggunakan monopoli untuk memaksa PMC mengizinkan perusahaan menerbitkan ulang konten PMC di AI Overviews, serta menggunakan konten tersebut untuk melatih model AI-nya.

    Dalam pernyataannya, Juru bicara Google José Castañeda mengatakan AI Overviews membuat pencarian Google lebih membantu dan menciptakan peluang baru bagi konten untuk ditemukan.

    “Setiap hari, Google mengirim miliaran klik ke situs di seluruh web, dan AI Overviews mengirimkan trafik ke lebih banyak ragam situs. Kami akan membela diri terhadap klaim yang tidak berdasar ini,” ujarnya.

    Adapun, dalam gugatan disebut Penske Media mengizinkan Google merayapi situs webnya dalam pertukaran akses dengan trafik yang merupakan kesepakatan fundamental mendukung produksi konten di web komersial terbuka.

    Namun, belakangan Google dikatakan mulai mengaitkan partisipasinya dalam kesepakatan ini dengan transaksi lain yang tidak disetujui secara sukarela oleh PMC dan penerbit lain.

    “Sebagai syarat pengindeksan konten penerbit untuk pencarian, Google kini mewajibkan penerbit juga menyediakan konten tersebut untuk kegunaan lain yang justru menggerus atau mendahului trafik rujukan dari pencarian,” klaim gugatan tersebut.

    Gugatan itu juga menyatakan Penske mengalami penurunan signifikan dalam jumlah klik dari pencarian Google sejak Google mulai meluncurkan AI Overviews.

    Hal itu dikatakan menyebabkan berkurangnya pendapatan iklan bagi penerbit, serta mengancam pendapatan dari langganan dan afiliasi. Adapun, aliran pendapatan yang dimaksud bergantung pada kunjungan di situs PMC.

  • Perang Lawan Google: Pemilik Rolling Stone Tuding AI Ambil Konten Tanpa Izin – Page 3

    Perang Lawan Google: Pemilik Rolling Stone Tuding AI Ambil Konten Tanpa Izin – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Pemilik Rolling Stone, Billboard, dan Variety menggugat Google pada Jumat (12/9/2025). Gugatan tersebut menuduh fitur ringkasan AI milik raksasa teknologi itu menggunakan konten jurnalistik tanpa izin, yang berdampak pada menurunnya trafik ke situs web mereka.

    Dikutip dari CNN, Senin (15/9/2025), gugatan yang diajukan Penske Media di pengadilan federal Washington, DC, ini menjadi kasus pertama di mana penerbit besar Amerika Serikat (AS) menggugat perusahaan induk Alphabet itu atas penggunaan ringkasan berbasis AI yang ditampilkan di bagian atas hasil pencarian.

    Selama beberapa bulan terakhir, organisasi berita menilai fitur baru Google, termasuk “Ikhtisar AI”, telah menurunkan trafik kunjungan ke situs mereka sekaligus menggerus pendapatan iklan dan langganan.

    Penske, sebuah perusahaan media milik keluarga yang dipimpin Jay Penske dan memiliki sekitar 120 juta pengunjung online setiap bulan, menuduh Google hanya menampilkan situs penerbit di hasil pencarian jika artikelnya juga bisa dipakai dalam ringkasan AI.

    Dalam gugatannya, Penske menyebut bahwa seharusnya Google membayar penerbit jika ingin menggunakan artikel mereka, baik untuk ditampilkan ulang maupun dijadikan bahan melatih sistem AI. Menurut Penske, Google bisa memaksakan aturan itu karena posisinya yang sangat dominan di pasar pencarian. Hal ini merujuk pada putusan pengadilan federal tahun lalu yang menyatakan Google menguasai hampir 90% pangsa pasar pencarian di Amerika Serikat.

    “Kita punya tanggung jawab untuk secara proaktif memperjuangkan masa depan media digital dan menjaga integritasnya yang semuanya terancam oleh tindakan Google saat ini,” kata Penske.

     

  • Hearts2Hearts Bikin Heboh di Iklan Kampanye 9.9 Super Shopping Day

    Hearts2Hearts Bikin Heboh di Iklan Kampanye 9.9 Super Shopping Day

    Jakarta, CNBC Indonesia – Hearts2Hearts jadi girl group rookie dari SM Entertainment yang tengah mencuri perhatian. Memulai debut pada Februari 2025 lalu, Hearts2Hearts kembali menjadi sorotan melalui penampilan yang memukau dalam iklan Shopee 9.9 Super Shopping Day.

    Energi mereka yang freshdan playful, membuat banyak yang nonton jadi ingin ikutan goyang dan nyanyi bareng! Kolaborasi antara Shopee dan Hearts2Hearts berhasil menghadirkan sesuatu yang fresh dan cheerful.

    Dalam iklan berdurasi 30 detik tersebut, Hearts2Hearts membuat iklan semakin hidup melalui energi yang terpancarkan secara natural. Mulai dari visualnya yang on pointhingga dinamika chemistry antara member berhasil bikin para penonton dan fans Hearts2Hearts terpikat.

    Bagaimana tidak? Penonton disuguhkan dengan vokal yang energik dikombinasikan dengan gerakan koreografi yang sangat sinkron. Sentuhan keceriaan saat bernyanyi lagu Lebih Hemat, Lebih Cepat, dan gerakan koreografi yang flawless serta kompak benar-benar melengkapi keseluruhan iklan.

    Bukan hanya menemani telinga dengan jingle yang catchy, tetapi juga memanjakan mata dengan vibe youthful &penuh semangat khas Hearts2Hearts.

    Iklan Shopee 9.9 Super Shopping Day bersama Hearts2Hearts dibuka dengan visual keren kedelapan member; Jiwoo,Carmen, Yuha, Stella, Juun, A-na, Ian &Ye-On. Menariknya, selain bernyanyi dan menampilkan koreografi dengan kompak, iklan ini juga menggambarkan scene-scene seperti para member sedang selfie, keseruan berbelanja online dan kegembiraan saat menerima paket, sesuatu yang super dekat dengan kehidupan kita sehari-sehari. Adegan ini bikin penonton relevan banget!

    Foto: Hearts2Hearts

    Kolaborasi antara Shopee dan Hearts2Hearts dalam tayangan iklan turut meramaikan rangkaian kemeriahan kampanye 9.9 Super Shopping Day. Mulai hari ini hingga 9 September nanti, pengguna Shopee dapat menikmati ragam penawaran menarik seperti Voucher 99% Setiap Hari, SPayLater Cicilan 0% Semua Produk dan Gratis Ongkir RP0.

    Sejak penayangan iklan Shopee 9.9 Super Shopping Day bersama Hearts2Hearts diluncurkan melalui media sosial, video iklan yang dibintangi kedelapan member Hearts2Hearts langsung viral. Kolaborasi Shopee bersama Hearts2Hearts menuai banyak pujian dan respon positif dari para penggemar Hearts2Hearts serta Netizen Indonesia.

    Baru kali ini gue save video ads

    BANGGA BANGET😭💖

    Uda 30 x aku ulang min iklannya

    Kalo iklannya modelan ginii, ga akan aku skip yee min😭❤️

    My 8Girls😍😍😍😍❤️❤️❤️

    Yaaa~ langsung H2H. Gas Shopee!!!

    Siap belanja 😍

    Foto: Pujian dan respon positif dari para penggemar Hearts2Hearts

    Tentunya, siapa sih yang mau kelewatan iklan Shopee 9.9 Super Shopping Day bersama Hearts2Hearts ini? Keseruan ini disambut antusias, bahkan beberapa selebgram dan konten kreator seperti Aurel Hermansyah hingga Raffi Ahmad ikut membagikan ulang iklan ini di sosial media mereka.

    Respon positif juga terus berdatangan dan dapat dilihat pada kolom komentar di unggahan Shopee Indonesia. Banyak yang mengakui kalau campaign Shopee bareng Hearts2Hearts jadi Janji ga bakalan skip iklan 😍😍 dan sukses bikin tangan otomatis klik tombol belanja.

    Foto: Pujian fans Hearts2Hearts di media sosial

    Yang spesial, para fans Hearts2Hearts, turut menyampaikan dukungan dan rasa bangga mereka dalam kolom komentar. Banyak dari mereka memuji visual serta penampilan kedelapan member yang terlihat flawless, sekaligus mengapresiasi Shopee karena berhasil menghadirkan kolaborasi yang terasa fresh, playful, dan begitu dekat dengan hati para penggemar.

    Hearts2Hearts, yang dikenal juga sebagai H2H, merupakan girl group di bawah naungan SM Entertainment yang debut pada 24 Februari 2025 dengan single album The Chase. Hearts2Heart sudah nunjukin kalau mereka bukan sekadar rookie biasa. Baru debut, mereka langsung meraih penghargaan Rookie of the Year di Seoul Music Awards (2025) dan Best New Artistdi Asia Star Entertainer Awards. Single perdana mereka, The Chase, bahkan sempat masuk ke chart Billboard Global Excl. US. H2H disukai karena karisma para anggotanya, kemampuan vokal dan performa panggung yang kuat, serta konsep mereka yang berfokus pada menghubungkan hati dengan penggemar melalui musik.

    Saksikan Iklan Shopee 9.9 Super Shopping Day bersama Hearts2Hearts yang sudah bisa disaksikan di kanal Youtube Shopee Indonesia dan berbagai platform media sosial lain nya! &Jangan lupa nikmati rangkaian promo Voucher 99% Setiap Hari, SPayLater Cicilan 0% Semua Produk dan Gratis Ongkir RP0 di Shopee 9.9 Super Shopping Day. Kunjungi https://shopee.co.id/m/9-9!

    (dpu/dpu)

    [Gambas:Video CNBC]

  • ​Gratis! Ini Link Download Logo HUT ke-80 RI

    ​Gratis! Ini Link Download Logo HUT ke-80 RI

    Jakarta: Buat masyarakat yang ingin menambahkan logo HUT ke-80 pada elemen perayaan HUT Kemerdekaan RI bisa mengunduhnya secara gratis. Berikut link download dan panduan penggunaan logo HUT ke-80 RI.

    Logo HUT ke-80 RI

    Pemerintah telah resmi meluncurkan logo dan tema peringatan HUT ke-80 RI. Logo HUT ke-80 Kemerdekaan RI mengangkat kebanggaan kolektif sebagai energi penggerak bagi bangsa yang berdaulat, sejahtera, dan maju bersama. 

    Tiga unsur utama dalam bentuknya mencerminkan arah perjalanan Indonesia: dimulai dari kekuatan persatuan, diwujudkan dalam kesejahteraan rakyat, dan diarahkan menuju masa depan yang maju.

    Tema besar HUT ke-80 RI adalah Bersatu Berdaulat, Rakyat Sejahtera, Indonesia Maju. 
    Link Download Logo HUT ke-80 RI

    Buat kamu yang ingin mengunduh logo HUT ke-80 RI bisa mengakses laman setneg.go.id. Atau kamu bisa mengunduh melalui tautan ini atau klik di sini.

    Logo ini tersedia dalam beberapa format, JPG, Vector dan PNG. Selain itu, tersedia juga logo HUT ke-80 RI versi kecil yang ukurannya lebih ringan.
     

     

    Panduan penggunaan logo HUT 80 RI
    Dalam panduan dijelaskan logo HUT ke-80 RI terdiri dari logo utama dan logo sekunder yang bisa dipergunakan. Logo utama memiliki ukuran minimal 225px/8cm. Sementara itu, logo sekunder minimal berukuran 150px/5cm.

    Penggunaan logo yang benar:

    – Penggunaan warna logo sesuai dengan latar belakangnya. Sebagai contoh, logo merah dan tulisan tema hitam untuk background putih.
    – Penggunaan logo harus sesuai dengan orientasi media yang telah ditentukan.
    – Penggunaan logo harus sesuai dengan zona aman yang berukuran 2x tinggi elemen logo.
    – Logo utama digunakan untuk media horizontal, seperti spanduk, billboard, dan LED display.
    – Logo sekunder dipakai untuk media vertikal, seperti umbul-umbul dan X banner.
     
    Penggunaan logo yang salah:
     
    – Logo dibuat dengan warna palet yang tidak tepat.
    – Logo digunakan tidak sesuai aturannya. Contoh, logo sekunder untuk media horizontal.
    – Logo digunakan dengan orientasi yang salah, seperti berputar 180 derajat atau miring.
    – Logo dipotong atau diduplikasi secara sembarangan.
    – Logo diletakkan di latar belakang yang tidak tepat, misal terlalu ramai sehingga tak terbaca.

    Jakarta: Buat masyarakat yang ingin menambahkan logo HUT ke-80 pada elemen perayaan HUT Kemerdekaan RI bisa mengunduhnya secara gratis. Berikut link download dan panduan penggunaan logo HUT ke-80 RI.

    Logo HUT ke-80 RI

    Pemerintah telah resmi meluncurkan logo dan tema peringatan HUT ke-80 RI. Logo HUT ke-80 Kemerdekaan RI mengangkat kebanggaan kolektif sebagai energi penggerak bagi bangsa yang berdaulat, sejahtera, dan maju bersama. 
     
    Tiga unsur utama dalam bentuknya mencerminkan arah perjalanan Indonesia: dimulai dari kekuatan persatuan, diwujudkan dalam kesejahteraan rakyat, dan diarahkan menuju masa depan yang maju.
     
    Tema besar HUT ke-80 RI adalah Bersatu Berdaulat, Rakyat Sejahtera, Indonesia Maju. 
    Link Download Logo HUT ke-80 RI

    Buat kamu yang ingin mengunduh logo HUT ke-80 RI bisa mengakses laman setneg.go.id. Atau kamu bisa mengunduh melalui tautan ini atau klik di sini.

    Logo ini tersedia dalam beberapa format, JPG, Vector dan PNG. Selain itu, tersedia juga logo HUT ke-80 RI versi kecil yang ukurannya lebih ringan.
     

     

    Panduan penggunaan logo HUT 80 RI
    Dalam panduan dijelaskan logo HUT ke-80 RI terdiri dari logo utama dan logo sekunder yang bisa dipergunakan. Logo utama memiliki ukuran minimal 225px/8cm. Sementara itu, logo sekunder minimal berukuran 150px/5cm.
     
    Penggunaan logo yang benar:
     

    – Penggunaan warna logo sesuai dengan latar belakangnya. Sebagai contoh, logo merah dan tulisan tema hitam untuk background putih.
    – Penggunaan logo harus sesuai dengan orientasi media yang telah ditentukan.
    – Penggunaan logo harus sesuai dengan zona aman yang berukuran 2x tinggi elemen logo.
    – Logo utama digunakan untuk media horizontal, seperti spanduk, billboard, dan LED display.
    – Logo sekunder dipakai untuk media vertikal, seperti umbul-umbul dan X banner.
     
    Penggunaan logo yang salah:
     
    – Logo dibuat dengan warna palet yang tidak tepat.
    – Logo digunakan tidak sesuai aturannya. Contoh, logo sekunder untuk media horizontal.
    – Logo digunakan dengan orientasi yang salah, seperti berputar 180 derajat atau miring.
    – Logo dipotong atau diduplikasi secara sembarangan.
    – Logo diletakkan di latar belakang yang tidak tepat, misal terlalu ramai sehingga tak terbaca.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    (RUL)

  • Golden dari HUNTR/X Jadi Lagu K-pop Perempuan Pertama di Billboard Hot 100!

    Golden dari HUNTR/X Jadi Lagu K-pop Perempuan Pertama di Billboard Hot 100!

    JAKARTA – Film KPop Demon Hunters semakin mendunia. Salah satu lagu orisinalnya, Golden dari HUNTR/X menempati peringkat pertama di Billboard Hot 100.

    Lagu ini menjadi lagu K-pop kesembilan yang berada di peringkat teratas Billboard Hot 100 setelah BTS dengan enam lagunya serta lagu solois.

    Lagu Seven yang dinyanyikan Jungkook bersama Latto serta Like Crazy dari Jimin juga pernah berada di posisi pertama. Kini, posisi itu digeser dengan lagu Golden dari HUNTR/X.

    Golden juga menjadi lagu K-pop wanita pertama yang memperoleh peringkat ini.

    HUNTR/X merupakan salah satu grup fiksi dari film Kpop Demon Hunters dengan lagu orisinalnya yang menjadi populer sejak dirilis.

    Disutradarai Maggie Kang, film Kpop Demon Hunters menceritakan grup K-pop HUNTR/X yang memiliki kekuatan super dan bertugas menjaga ketentraman Honmoon. Situasi itu mulai rumit ketika grup SAJA BOYS debut dan mencuri perhatian penggemar HUNTR/X.

    Di sisi lain, leader grup HUNTR/X, Rumi (diisi Arden Cho) memiliki tanda yang menyamakan dirinya dengan SAJA BOYS. Jinu (Ahn Hyo Seop), leader dari SAJA BOYS menyadari pola Rumi.

    Film Kpop Demon Hunters juga dinobatkan sebagai film animasi dengan jumlah tontonan terbanyak sepanjang masa di Netflix.

  • Penggunaan Logo HUT ke-80 RI Harus Sesuai Ketentuan, Ini Panduannya

    Penggunaan Logo HUT ke-80 RI Harus Sesuai Ketentuan, Ini Panduannya

    Jakarta: Pemerintah resmi meluncurkan logo peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Logo ini sudah bisa diunduh di laman Kementerian Sekretariat Negara.

    Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prasetyo Hadi menyampaikan bahwa tema dan logo HUT ke-80 Kemerdekaan RI telah melalui proses seleksi yang panjang dan melibatkan berbagai pihak.

    “Proses penetapan logo ini diinisiasi oleh Kementerian Ekonomi Kreatif yang bekerja sama dengan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia yang telah bekerja selama beberapa waktu untuk menghasilkan pilihan alternatif desain untuk kemudian pemenangnya dipilih langsung oleh Bapak (Presiden),” ujar Mensesneg.
    Logo HUT ke-80 RI

    Dilansir dari Pedoman Identitas Visual 80 Tahun Kemerdekaan Indonesia, logo HUT ke-80 Kemerdekaan RI mengangkat kebanggaan kolektif sebagai energi penggerak bagi bangsa yang berdaulat, sejahtera, dan maju bersama. Tiga unsur utama dalam bentuknya mencerminkan arah perjalanan Indonesia: dimulai dari kekuatan persatuan, diwujudkan dalam kesejahteraan rakyat, dan diarahkan menuju masa depan yang maju.

    Bentuk Inti Yang Sama

    Persatuan sebagai dasar dari Kedaulatan: Di tengah keberagaman bangsa, bentuk inti logo yang konsisten melambangkan fondasi kokoh yang menyatukan semangat kebersamaan. Sebagai penyeimbang dinamika garis sirkular, bentuk ini menciptakan stabilitas visual dan memperkuat keterhubungan antar elemen dalam satu kesatuan utuh. Simbol ini juga menjadi pemersatu yang mengingatkan bahwa kedaulatan hanya dapat tumbuh ketika rakyat merasa memiliki dan terwakili.
     

    Garis Manifestasi

    Manifestasi Kesejahteraan Rakyat: Tarikan garis sirkular yang membentuk siluet angka 80 direpresentasikan melalui satu garis kontinu yang mengaksentuasi bentuknya. Garis ini menjadi simbol gerak yang berkesinambungan juga merepresentasikan perjalanan kolektif rakyat Indonesia menuju kehidupan yang lebih adil, setara, dan bermartabat, serta mewujudkan harapan bersama akan kesejahteraan yang terus bergerak dan terus dibangun.
     
    Bentuk Utuh

    Indonesia yang Maju: Keterpaduan seluruh elemen membentuk logo yang utuh mencerminkan gambaran Indonesia yang progresif dan saling terhubung. Simbol ini menjadi doa yang mengamini sinergi seluruh komponen bangsa dalam mendorong kemajuan yang berkelanjutan dan merata ke seluruh penjuru negeri.
     
    Panduan penggunaan logo HUT 80 RI

    Dalam panduan dijelaskan logo HUT ke-80 RI terdiri dari logo utama dan logo sekunder yang bisa dipergunakan. Logo utama memiliki ukuran minimal 225px/8cm. Sementara itu, logo sekunder minimal berukuran 150px/5cm.

    Penggunaan logo yang benar:

    – Penggunaan warna logo sesuai dengan latar belakangnya. Sebagai contoh, logo merah dan tulisan tema hitam untuk background putih.
    – Penggunaan logo harus sesuai dengan orientasi media yang telah ditentukan.
    – Penggunaan logo harus sesuai dengan zona aman yang berukuran 2x tinggi elemen logo.
    – Logo utama digunakan untuk media horizontal, seperti spanduk, billboard, dan LED display.
    – Logo sekunder dipakai untuk media vertikal, seperti umbul-umbul dan X banner.

    Penggunaan logo yang salah:

    – Logo dibuat dengan warna palet yang tidak tepat.
    – Logo digunakan tidak sesuai aturannya. Contoh, logo sekunder untuk media horizontal.
    – Logo digunakan dengan orientasi yang salah, seperti berputar 180 derajat atau miring.
    – Logo dipotong atau diduplikasi secara sembarangan.
    – Logo diletakkan di latar belakang yang tidak tepat, misal terlalu ramai sehingga tak terbaca.

    Jakarta: Pemerintah resmi meluncurkan logo peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Logo ini sudah bisa diunduh di laman Kementerian Sekretariat Negara.
     
    Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prasetyo Hadi menyampaikan bahwa tema dan logo HUT ke-80 Kemerdekaan RI telah melalui proses seleksi yang panjang dan melibatkan berbagai pihak.
     
    “Proses penetapan logo ini diinisiasi oleh Kementerian Ekonomi Kreatif yang bekerja sama dengan Asosiasi Desainer Grafis Indonesia yang telah bekerja selama beberapa waktu untuk menghasilkan pilihan alternatif desain untuk kemudian pemenangnya dipilih langsung oleh Bapak (Presiden),” ujar Mensesneg.

    Logo HUT ke-80 RI

    Dilansir dari Pedoman Identitas Visual 80 Tahun Kemerdekaan Indonesia, logo HUT ke-80 Kemerdekaan RI mengangkat kebanggaan kolektif sebagai energi penggerak bagi bangsa yang berdaulat, sejahtera, dan maju bersama. Tiga unsur utama dalam bentuknya mencerminkan arah perjalanan Indonesia: dimulai dari kekuatan persatuan, diwujudkan dalam kesejahteraan rakyat, dan diarahkan menuju masa depan yang maju.

    Bentuk Inti Yang Sama
     
    Persatuan sebagai dasar dari Kedaulatan: Di tengah keberagaman bangsa, bentuk inti logo yang konsisten melambangkan fondasi kokoh yang menyatukan semangat kebersamaan. Sebagai penyeimbang dinamika garis sirkular, bentuk ini menciptakan stabilitas visual dan memperkuat keterhubungan antar elemen dalam satu kesatuan utuh. Simbol ini juga menjadi pemersatu yang mengingatkan bahwa kedaulatan hanya dapat tumbuh ketika rakyat merasa memiliki dan terwakili.
     

     
    Garis Manifestasi
     
    Manifestasi Kesejahteraan Rakyat: Tarikan garis sirkular yang membentuk siluet angka 80 direpresentasikan melalui satu garis kontinu yang mengaksentuasi bentuknya. Garis ini menjadi simbol gerak yang berkesinambungan juga merepresentasikan perjalanan kolektif rakyat Indonesia menuju kehidupan yang lebih adil, setara, dan bermartabat, serta mewujudkan harapan bersama akan kesejahteraan yang terus bergerak dan terus dibangun.
     
    Bentuk Utuh
     
    Indonesia yang Maju: Keterpaduan seluruh elemen membentuk logo yang utuh mencerminkan gambaran Indonesia yang progresif dan saling terhubung. Simbol ini menjadi doa yang mengamini sinergi seluruh komponen bangsa dalam mendorong kemajuan yang berkelanjutan dan merata ke seluruh penjuru negeri.
     

    Panduan penggunaan logo HUT 80 RI

    Dalam panduan dijelaskan logo HUT ke-80 RI terdiri dari logo utama dan logo sekunder yang bisa dipergunakan. Logo utama memiliki ukuran minimal 225px/8cm. Sementara itu, logo sekunder minimal berukuran 150px/5cm.

    Penggunaan logo yang benar:

    – Penggunaan warna logo sesuai dengan latar belakangnya. Sebagai contoh, logo merah dan tulisan tema hitam untuk background putih.
    – Penggunaan logo harus sesuai dengan orientasi media yang telah ditentukan.
    – Penggunaan logo harus sesuai dengan zona aman yang berukuran 2x tinggi elemen logo.
    – Logo utama digunakan untuk media horizontal, seperti spanduk, billboard, dan LED display.
    – Logo sekunder dipakai untuk media vertikal, seperti umbul-umbul dan X banner.
     
    Penggunaan logo yang salah:
     
    – Logo dibuat dengan warna palet yang tidak tepat.
    – Logo digunakan tidak sesuai aturannya. Contoh, logo sekunder untuk media horizontal.
    – Logo digunakan dengan orientasi yang salah, seperti berputar 180 derajat atau miring.
    – Logo dipotong atau diduplikasi secara sembarangan.
    – Logo diletakkan di latar belakang yang tidak tepat, misal terlalu ramai sehingga tak terbaca.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    (PRI)

  • Foto Gubernur Lampung, Wagub hingga Sekda Dilarang Tampil di Baliho dan Videotron, Ini Penggantinya

    Foto Gubernur Lampung, Wagub hingga Sekda Dilarang Tampil di Baliho dan Videotron, Ini Penggantinya

    Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung resmi menerapkan aturan pembatasan penggunaan foto pimpinan daerah dalam berbagai media luar ruang. Aturan itu berlaku untuk Gubernur, Wakil Gubernur, dan Sekretaris Daerah (Sekda), serta seluruh jajaran perangkat daerah dan mitra kerjanya.

    Langkah itu menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 000.9.3.3/6674/SJ tentang Penataan dan Pemberian Izin Pemasangan Reklame, yang menekankan pentingnya tata kelola komunikasi publik yang profesional, efisien, netral, dan berorientasi pada layanan informasi kepada masyarakat.

    Sebagai implementasi di daerah, Gubernur Lampung Rahmat Mirzani Djausal telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 131 Tahun 2025 tentang pembatasan penggunaan foto pimpinan dalam publikasi media luar ruang.

    Dalam surat edaran tersebut, Pemprov Lampung menegaskan bahwa seluruh bentuk reklame yang dibuat oleh perangkat daerah dan mitra kerja, baik baliho, spanduk, billboard, megatron, videotron, hingga reklame di kendaraan dan udara, wajib mengedepankan substansi informasi dan mengganti potret pejabat dengan logo resmi Provinsi Lampung.

    “Desain publikasi harus menitikberatkan pada informasi program prioritas, layanan publik, atau capaian kinerja, bukan pada figur pejabat,” ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Lampung, Ganjar Jationo, Rabu (6/8/2025).

  • CEO Buka-bukaan Happy Pecat Karyawan Diganti AI

    CEO Buka-bukaan Happy Pecat Karyawan Diganti AI

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kemunculan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) sebagai pengganti karyawan manusia ternyata disambut baik oleh bos-bos perusahaan besar. Hal ini diungkap oleh seorang konsultan teknologi terkemuka.

    Dalam wawancara dengan Gizmodo, Elijah Clark, konsultan AI untuk perusahaan-perusahaan besar, membeberkan sikap para CEO tentang AI.

    “CEO sangat antusias dengan peluang yang dibawa oleh AI. Saya sendiri adalah seorang CEO, saya berani bilang, saya antusias. Saya juga telah melakukan PHK karena AI,” katanya.

    Dia kemudian memaparkan alasannya memilih memanfaatkan teknologi AI daripada terus mempekerjakan manusia.

    “AI tidak pernah mogok kerja. Tidak minta gaji naik. Sebagai CEO, Anda tak perlu berurusan dengan hal-hal seperti itu lagi,” kata Clark.

    Futurism menyatakan sikap Clark serupa dengan banyak CEO lain yang tidak malu-malu dalam menyatakan niat mengganti karyawan manusia dengan AI. Sebuah startup bahkan mengiklankan produk “agen penjualan AI” mereka dengan billboard besar bertuliskan “Setop Mempekerjakan Manusia.”

    Sam Altman, CEO Open AI dan Dario Amodel, CEO Anthropic juga telah berkali-kali memperingatkan bahwa teknologi AI yang mereka kembangkan bisa menyebabkan jutaan orang kehilangan pekerjaan.

    Teknologi AI berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir sejak ChatGPT diluncurkan oleh OpenAI. Namun, efektivitas teknologi AI termasuk chatbot sebagai pengganti pekerja manusia masih menjadi tanda tanya besar. Sebagai layanan pelanggan, misalnya, robot chat masih sering “melantur” atau sebaliknya “lelet” dibandingkan dengan pekerja manusia.

    Namun, ancaman AI tetap nyata. Pemimpin perusahaan masih bisa melakukan PHK besar-besaran dan beroperasi dengan jumlah karyawan jauh lebih sedikit, tetapi mengerjakan lebih banyak tugas dengan dukungan perangkat AI. 

    Menurut Clark, manfaat AI menggantikan manusia bagi CEO sangat jelas dang sederhana yaitu efisiensi dan laba.

    Ia menceritakan langkahnya memecat 27 dari 30 pekerja di tim dukungan sales-nya beberapa waktu lalu. Setelah pemecatan tersebut, menurutnya, tim yang ia pimpin bisa menyelesaikan pekerjaan yang tadinya membutuhkan waktu seminggu, hanya dalam sehari.

    “Dalam hal efisiensi, masuk akal untuk menyingkirkan manusia,” kata Clark.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]