Perusahaan: Auto2000

  • Sering Jadi Perdebatan, saat Tunggu Lampu Merah Gigi Mobil Matic ‘N’ atau ‘D’?

    Sering Jadi Perdebatan, saat Tunggu Lampu Merah Gigi Mobil Matic ‘N’ atau ‘D’?

    Jakarta

    Posisi transmisi mobil matic saat lampu merah sering diperdebatkan. Benarkah harus di ‘N’ atau tetap di ‘D’ tak masalah? Begini penjelasannya.

    Mengendarai mobil matic memang lebih mudah. Pergantian gigi berjalan secara otomatis, tak perlu lagi menginjak pedal kopling. Apalagi kalau di jalanan macet, pengemudi tak perlu lagi pindah-pindah gigi.

    Tunggu Lampu Merah, Perlu Pindah ke N?

    Tapi bagaimana kalau lagi menunggu lampu merah? Ada yang menyebut saat menunggu lampu merah, sebaiknya tuas persneling dipindahkan ke ‘N’. Namun ada juga yang menyebut tak perlu dipindahkan, tetap di ‘D’ pun aman.

    Kepala Bengkel Auto2000 Jatiasih, Wahono, mengungkap ada baiknya memindahkan tuas transmisi ke posisi ‘N’. Satu alasan pentingnya adalah faktor keamanan, di samping menjaga keawetan transmisi.

    “Ini jadi perdebatan sih kalau di lampu merah nggak dinetralin atau di D. Yang benar apa? Netral, karena kalau nggak netral itu berbahaya. Kalau kita nggak konsen nginjek rem agak lengang, mobil jalan nabrak,” jelas Wahono saat ditemui di kantornya belum lama ini.

    “Terus kan ada komponen yang bekerja walaupun waktu ditahan transmisi nggak terlalu keras, tetap bekerja,” lanjut Wahono.

    Tak cuma saat menunggu lampu merah, tuas transmisi juga bisa dipindah ke N saat posisinya sedang macet dan berhenti lama.

    “Sebaiknya kalau emang berhenti (pindah ke N), nyamannya kita seperti apa. Kecuali macetnya jalan, kan tanpa gas bisa jalan sendiri. Kalau panjang ya sebaiknya itu, terutama untuk safety ya. Kalau komponen tidak terlalu, jauh lah efeknya panjang gitu lah, lebih ke safety,” terang Wahono.

    Sebagai informasi tambahan, di mobil matic pada bagian transmisi terdapat huruf dan angka yang memiliki fungsi berbeda. Kamu bisa cek arti huruf dan angka pada tuas mobil transmisi otomatis beserta fungsinya pada uraian di bawah ini.

    Macam-macam Kode Tuas Mobil Matic dan Artinya

    Berikut sejumlah huruf dan angka yang ada pada tuas mobil transmisi otomatis:

    Huruf P artinya Parking atau parkirHuruf R artinya Reverse atau jalan mundurHuruf N artinya Neutral atau netralHuruf D artinya Drive atau jalan majuHuruf D1 atau L artinya Low (rendah)Angka 2 atau S (Second) untuk jalan menanjakAngka 3 atau D3 untuk maju dengan posisi gigi tertinggi dibatasi sampai gigi 3.

    Penting untuk diketahui bahwa kode yang ada dan artinya mungkin akan berbeda pada beberapa jenis mobil matic tertentu.

    (dry/din)

  • Cara Membedakan SIM Asli dan Palsu, Ini yang Perlu Diperhatikan

    Cara Membedakan SIM Asli dan Palsu, Ini yang Perlu Diperhatikan

    Jakarta, Beritasatu.com – Cara membedakan surat izin mengemudi (SIM) asli atau palsu bisa dilakukan dengan memperhatikan tanda-tanda di bawah ini. SIM merupakan dokumen penting bagi pengendara sepeda motor sebagai bukti sah bahwa seseorang memiliki izin untuk mengemudi kendaraan.

    Dengan berkembangnya teknologi, kini muncul banyak SIM palsu yang beredar di masyarakat. Dilansir dari Auto2000, berikut adalah beberapa cara mudah untuk membedakan SIM asli dan palsu.

    1. Cek nomor SIM pada aplikasi Digital Korlantas Polri

    Salah satu cara yang paling mudah untuk mengecek keaslian SIM adalah dengan memeriksa nomor SIM yang tertera pada bagian atas kartu. Anda dapat menggunakan aplikasi Digital Korlantas Polri untuk mengecek apakah nomor SIM terdaftar dalam database resmi. Jika nomor tersebut terdaftar, berarti SIM tersebut asli. Sebaliknya, jika tidak terdaftar, bisa dipastikan SIM tersebut palsu.

    2. Cek lambang hologram Polri

    Pada SIM asli, terdapat lambang hologram Polri yang berfungsi sebagai pengaman. Lambang ini biasanya akan berkilau dan memantulkan cahaya dengan efek warna pelangi. Hal ini tidak akan terlihat pada SIM palsu, yang biasanya memiliki lambang hologram yang redup dan tidak memantulkan cahaya.

    3. Perhatikan latar belakang pasfoto

    Cara lainnya adalah dengan memperhatikan latar belakang pada pas foto yang ada di SIM. SIM asli memiliki latar belakang pas foto yang jelas dan dilengkapi dengan lambang Polri yang tajam dan jelas. Sedangkan pada SIM palsu, biasanya lambang Polri pada latar belakang foto tidak terlihat jelas atau bahkan kabur.

    Dengan mengetahui cara membedakan di atas, Anda dapat lebih mudah membedakan SIM asli dan palsu. Jika ragu, sebaiknya segera lakukan pengecekan langsung ke Samsat atau melalui layanan verifikasi yang disediakan Polri. Keamanan Anda dan orang lain saat berkendara sangat bergantung pada keabsahan SIM yang dimiliki.

  • 4 Cara Cek SIM Asli atau Palsu, Bisa Pakai HP

    4 Cara Cek SIM Asli atau Palsu, Bisa Pakai HP

    Jakarta

    Surat Izin Mengemudi (SIM) tidak sembarangan diterbitkan kepolisian karena berkaitan dengan keselamatan di jalan. Pemohon SIM pun harus melewati serangkaian tes untuk mendapatkan SIM.

    Namun sebagian orang ingin mencari cara cepat melalui jalur tidak resmi. Di sinilah orang bisa menjadi korban penipuan SIM palsu. Padahal korbannya mungkin sudah membayar biaya yang tak murah.

    Nah, terutama buat detikers yang pernah membuat SIM lewat calo, media sosial, atau jalur tak resmi lainnya, coba cek dulu SIM kalian. Simak cara cek SIM asli atau palsu dengan mengenali perbedaannya berikut ini.

    Perbedaan SIM Asli dan Palsu

    Berikut ini sejumlah perbedaan SIM asli dan palsu yang perlu detikers perhatikan.

    1. Periksa Cetakan

    Dikutip dari Auto2000, ada kemungkinan perbedaan pada cetakan SIM palsu. Coba pinjam SIM temanmu dan bandingkan. Perbedaan ini meliputi:

    Logo Polri: Pada SIM asli, logonya tampak keemasan, cerah, dan memantulkan cahaya. Pada SIM palsu, logonya redup.Bentuk dan letak tulisan: Bandingkan bentuk atau font tulisan dengan SIM lainnya. Selain itu, tata letak kolom pada SIM baru sudah berbeda dengan yang lama.Warna: Warna SIM baru ialah putih pada sebagian besar kartunya, dan ada sedikit bagian merah di atas. Selain itu terdapat latar belakang peta Indonesia pada kolom tulisan.Nomor SIM: Nomor SIM yang terbaru adalah sama dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP. Jika baru-baru ini kamu mencetak SIM tapi mendapatkan nomor SIM lama, maka perlu dicurigai.

    2. Barcode

    SIM juga menggunakan barcode yang terletak sisi kanan bawah, di atas tanggal masa berlaku. Namun barcode ini hanya bisa dicek oleh petugas kepolisian. Jika terjaring razia, polisi mungkin akan memindai barcode tersebut untuk memastikan keasliannya.

    3. Hologram

    Selain barcode, ada juga hologram yang dipasang pada bagian belakang SIM. Menurut Kepala Seksi (Kasi) SIM Satpas Daan Mogot Kompol Rezha Rahandi, hologram dan stiker pelapis SIM ini tidak bisa dipalsukan. Hologram ini berbentuk oval yang menunjukkan logo Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

    “Hologram itu kalau dari Korlantas itu, pengadaannya sudah jelas bahwa hologram ini sampai kapan pun tidak akan bisa dipalsukan. Nah itu yang paling menentukan bahwa itu SIM-nya asli atau palsu,” kata Rezha dikutip dari detikNews.

    4. Cek di Aplikasi Korlantas

    Terakhir, detikers bisa mengecek sendiri lewat aplikasi Digital Korlantas yang bisa diunduh di HP. Aplikasi ini biasa dipakai untuk mengajukan pembuatan SIM baru atau perpanjangan SIM online.

    Cara cek keaslian SIM adalah sebagai berikut:

    Buka aplikasi Digital Korlantas. Jika belum terdaftar, lakukan pendaftaran terlebih dahulu dan isi data seperti NIK, nama, dll.Login dengan nomor HP dan PIN yang sudah dibuat.Klik logo Korlantas di bagian tengah bawah.Pilih golongan SIM kamu, apakah SIM A atau SIM C.Isi Nomor SIM, lalu pilih Simpan Data.Jika SIM kamu asli, maka penyimpanan data akan sukses, dan SIM digital akan muncul pada halaman depan.

    Cara lainnya adalah dengan mengklik opsi Tempel Kartu. Kamu cukup menempelkan SIM pada HP yang sudah dilengkapi NFC. SIM asli memiliki chip yang akan terdeteksi oleh aplikasi. Data terkait keaslian SIM secara otomatis akan muncul.

    Itulah tadi 4 cara cek SIM asli atau palsu yang bisa kamu lakukan. Sebaiknya detikers mengajukan SIM lewat cara resmi, karena sekarang prosesnya lebih mudah. Tes praktik pun kini dipermudah dibandingkan sebelumnya.

    (bai/row)

  • Antisipasi Aquaplaning Agar Tak Berakibat Fatal di Jalan Tol

    Antisipasi Aquaplaning Agar Tak Berakibat Fatal di Jalan Tol

    Jakarta, CNN Indonesia

    Genangan air di jalan khususnya di area yang sering dilintasi dengan kendaraan kecepatan tinggi seperti jalan tol bisa membahayakan karena dapat menyebabkan aquaplaning.

    Fenomena aquaplaning adalah ketika ban dalam situasi tidak menempel ke aspal atau disebut kehilangan traksi sehingga kendaraan dapat tergelincir.

    Genangan air, walaupun sangat tipis, dapat mengganggu kestabilan ban, apalagi jika dilalui dengan kecepatan tinggi.

    Ketika tapak ban tak menapak jalan, mobil berpotensi tergelincir, tak terkendali, bahkan oleng atau terguling.

    Menurut pakar mengemudi Sony Susmana dari Safety Defensive Consultan Indonesia, hal pertama yang akan dirasakan pengendara ketika terkena aquaplaning adalah setir bergerak sendiri sampai tak terkendali.

    Jika hal tersebut terjadi, Sony menyarankan pengemudi segera melepas pedal gas kemudian dan sekuat tenaga mempertahankan kendali setir pada posisi lurus. Ia mengimbau untuk jangan membanting setir karena bisa membuat mobil berputar.

    Kemudian hindari mengerem, apalagi mendadak di kecepatan tinggi, bisa memperburuk keadaan. Mobil bisa saja tergelincir atau terguling misalnya saat mekanika kaki-kaki mobil tak kuat menahan momentum gerakan ekstrem.

    Dikutip dari Auto2000, ada beberapa cara untuk mencegah terjadi aquaplaning.

    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah kurangi kecepatan ketika berkendara di jalan tol dalam kondisi hujan. Menyesuaikan kecepatan dengan kondisi cuaca serta keadaan jalan tol dapat membantu ban mengurangi risiko kehilangan traksi.

    Kemudian, pastikan kondisi ban selalu optimal untuk diajak bepergian sebagai langkah preventif dari insiden yang tidak diinginkan. Pengecekan kondisi dilakukan mulai dari tekanan udara, kedalaman alur, hingga tanda-tanda keausan yang dapat membantu mencegah aquaplaning.

    Ban yang sudah aus harus segera diganti agar kekuatan cengkeraman di jalan tetap baik.

    Selain itu, menghindari genangan air juga bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya aquaplaning di jalan tol. Khususnya genangan air dalam jumlah besar.

    Pengendara juga diimbau untuk menjaga jarak aman dengan kendali lain. Jika aquaplaning terjadi, pengendara memiliki lebih banyak waktu untuk bereaksi dan menghindari kecelakaan yang melibatkan kendaraan lain.

    Terakhir, pengendara disarankan untuk tidak mengerem secara mendadak karena dapat meningkatkan risiko aquaplaning. Pengendara disarankan mengerem secara lembut dan perlahan untuk menghindari kehilangan traksi, khususnya di jalanan yang basah.

    (lom/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Sederhana tapi Bikin Mobil Boros Bensin

    Sederhana tapi Bikin Mobil Boros Bensin

    Jakarta

    Ada beberapa hal sederhana yang tak disadari bikin konsumsi BBM kamu boros. Simak penjelasannya berikut.

    Konsumsi bahan bakar mobil dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari cara berkendara hingga kondisi mobil itu sendiri dapat berkontribusi terhadap konsumsi bahan bakar. Kebanyakan hal-hal sederhana yang justru tak disadari oleh pengemudi. Mengutip laman Auto2000, berikut ini hal sederhana yang memicu mobil jadi boros bensin.

    Hal Sederhana yang Tak Disadari Bikin Mobil Boros Bensin

    1. Tekanan Angin Ban Kurang

    Kekurangan tekanan angin ban memang terlihat sederhana. Nyatanya, memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap konsumsi bahan bakar. Hal ini lantaran tapak ban yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan menjadi lebih besar dan mesin kerja lebih berat. Untuk menggerakan ban tersebut, maka tenaganya yang dibutuhkan juga lebih besar, dengan demikian konsumsi bakar jadi lebih banyak.

    2. Telat Ganti Oli

    Oli mobil diganti secara berkala. Namun ada kalanya pemilik kendaraan abai dan membiarkan oli mobil tak diganti walaupun masanya sudah lewat. Membiarkan oli mobil untuk terus bekerja membuat performanya jadi tak optimal. Alhasil, konsumsi bahan bakar jadi ikutan boros karena mesin kasar akibat pelumasan tidak maksimal. Untuk mencegah hal itu, pastikan kamu mengganti oli sesuai waktu yang ditentukan ya.

    3. Mengemudi Secara Agresif

    Perilaku berkendara juga memiliki pengaruh besar terhadap konsumsi bahan bakar. Kalau kamu mengemudi secara grasak-grusuk rupanya ini bisa bikin konsumsi bensin jadi lebih boros lho! Mengemudi secara grasak-grusuk maksudnya kamu kerap berakselerasi memacu mobil hingga rpm tinggi, selap-selip, dan tiba-tiba mengerem. Berkendara dengan cara seperti itu membuat mobil membutuhkan tenaga lebih besar dan ‘minum’ bahan bakar jadi lebih banyak. Kalau mau hemat, tentu harus menerapkan eco driving. Kemudikan lah mobil dengan santai, tak perlu terburu-buru karena selain bikin konsumsi BBM boros, risiko kecelakaan juga menanti.

    4. Menggunakan BBM Tak Sesuai Rekomendasi Pabrikan

    Pastikan mobil kamu ‘minum’ bahan bakar yang sesuai dengan anjuran pabrikan ya. Untuk mengetahuinya, kamu bisa mengecek buku panduan manual. Pasalnya, penggunaan bahan bakar tak sesuai anjuran bisa membuat mobil lebih boros karena pembakarannya tidak sempurna. Tak cuma itu, penggunaan BBM yang tak sesuai rekomendasi juga bisa memicu kerusakan pada mesin di kemudian hari.

    (dry/din)

  • Skema Cicilan Kijang Innova Reborn Diesel Bekas di Bawah 5 Tahun

    Skema Cicilan Kijang Innova Reborn Diesel Bekas di Bawah 5 Tahun

    Jakarta

    Kijang Innova Reborn diesel bekas dengan banderol Rp 320 juta bisa dipinang dengan skema kredit. Segini besar cicilannya tiap bulan.

    Pesona Kijang Innova Reborn diesel masih memikat. Model barunya masih banyak diburu masyarakat Indonesia. Harga bekasnya pun masih terbilang tinggi. Misalnya dilihat detikOto dalam laman Auto2000 untuk mobil bekas, Kijang Innova Reborn diesel bertransmisi manual lansiran 2021 dibanderol Rp 320 juta.

    Jarak tempuhnya juga terbilang rendah yakni 39.644 km. Sebagaimana pembelian mobil pada umumnya, Kijang Innova Reborn diesel ini juga bisa dipinang secara kredit. Besar cicilannya bervariasi, tergantung besar DP (Down Payment) dan juga tenor yang dipilih. Makin besar DP-nya, cicilan kamu juga makin rendah.

    Nah berikut ini skema kredit Kijang Innova Reborn diesel manual bekas yang harganya Rp 300 jutaan itu. Pada simulasi ini, DP yang diperhitungkan sebesar 20-30 persen. Dalam skema ini juga diketahui tenor maksimalnya adalah 48 bulan (4 tahun).

    DP 20 persen: Rp 64 juta

    Tenor: 12 bulan
    Cicilan: Rp 23.146.667Tenor: 24 bulan
    Cicilan: Rp 12.586.667Tenor: 36 bulan
    Cicilan: Rp 9.137.778Tenor: 48 bulan
    Cicilan: Rp 7.573.334

    DP 30 persen: Rp 96 juta

    Tenor: 12 bulan
    Cicilan: Rp 20.253.334Tenor: 24 bulan
    Cicilan: Rp 11.013.334Tenor: 36 bulan
    Cicilan: Rp 7.995.556Tenor: 48 bulan
    Cicilan: Rp 6.626.667

    Bila cicilannya masih terasa berat, maka opsinya adalah membayar DP lebih besar. Sebagai contoh bila kamu membayar DP sebesar Rp 70 persen, maka cicilan dengan tenor 48 bulan hanya Rp 2.840.000. Atau kalau mau cicilannya Rp 1,8 jutaan selama tenor 48 bulan, maka kamu harus membayar DP sebesar 80 persen atau sebesar Rp 256 juta.

    Skema Kredit Kijang Innova Reborn Diesel Cicilan Rendah

    Berikut ini skema kredit Kijang Innova Reborn diesel bekas dengan cicilan rendah.

    DP 70 persen: Rp 224 juta

    Tenor: 12 bulan
    Cicilan: Rp 8.680.000Tenor: 24 bulan
    Cicilan: Rp 4.720.000Tenor: 36 bulan
    Cicilan: Rp 3.426.667Tenor: 48 bulan
    Cicilan: Rp 2.840.000

    DP 80 persen: Rp 256 juta

    Tenor: 12 bulan
    Cicilan: Rp 5.786.667Tenor: 24 bulan
    Cicilan: Rp 3.146.667Tenor: 36 bulan
    Cicilan: Rp 2.284.445Tenor: 48 bulan
    Cicilan: Rp 1.893.334

    Itu tadi skema kredit Kijang Innova Reborn diesel bekas dengan cicilan rendah. Perlu digarisbawahi, skema di atas bersifat simulasi. Bisa jadi ada perbedaan besar cicilan dengan perhitungan di atas. Untuk kepastiannya, bisa langsung mengunjungi dealer-dealer mobil bekas terdekat.

    Spesifikasi Singkat Kijang Innova Reborn Diesel

    Sebagai informasi tambahan, Kijang Innova Reborn diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

    (dry/din)

  • 6 Tips Buat Mobil agar Tak Hilang Tenaga, Ganti Filter Bensin hingga Kuras Tangki

    6 Tips Buat Mobil agar Tak Hilang Tenaga, Ganti Filter Bensin hingga Kuras Tangki

    Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

    TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – Merawat mobil supaya tetap terjaga performanya sebaiknya jangan dianggap sulit.

    Jurusnya hanya satu, yaitu secara berkala melakukan pengecekan kendaraan di bengkel resmi.

    Satu di antara permasalahan yang cukup sering terjadi pada performa mobil adalah gejala hilang tenaga dan bahkan mobil terasa ngelitik.

    Ini tentu membuat tidak nyaman dan waswas di jalan.

    “Sebaiknya yang dilakukan oleh pemilik mobil adalah melakukan tindakan preventif, dan jangan membiarkan mobil sampai rusak atau bahkan mogok dan mengganggu mobilitas. Hal tersebut tentu akan merugikan AutoFamily,” tutur Yagimin, Chief Marketing Auto2000, Kamis (2/1/2025).

    Terkait faktor apa yang bisa membuat mobil hilang tenaga dan ngelitik, Yagimin mengatakan, ada beberapa hal, di antaranya adalah kotoran yang mengendap di dalam tangki.

    Kalau terlalu banyak residu, lambat laun kotoran akan menghambat penyaluran bensin.

    Jika dibiarkan, filter bensin akan rusak dan endapan kotoran terbawa ke pompa, bahkan sampai masuk ke ruang bakar.

    Untuk mengatasi maupun mencegah terjadinya permasalahan tersebut, Yagimin menyarankan pengguna mobil untuk melakukan langkah berikut:

    1. Menggunakan BBM Sesuai Rekomendasi

    “Auto2000 selalu menyarankan untuk mengisi BBM sesuai spesifikasi dan kebutuhan mesin Toyota. Bensin yang berkualitas umumnya lebih bersih dan rendah residu. Selain itu, juga akan membuat pembakaran dapat berlangsung dengan sempurna guna menjaga performa mesin,” katanya.

    2. Hindari Mengisi Bensin Sembarangan

    Sekarang sudah banyak SPBU resmi yang dikelola secara benar, sehingga kualitas BBM-nya terjaga.

    Hindari mengisi di luar pom bensin resmi, karena tidak ada jaminan kualitas dan penangangan.

    3. Jangan Tunggu Bensin Habis

    Hanya karena kesibukan mobilitas, beberapa orang menunggu hingga BBM mendekati nol baru berkunjung ke pom bensin.

    Padahal, dengan posisi bensin hampir habis, ada risiko kotoran dan air yang mengendap di tangki mobil akan terisap, sehingga merusak komponen-komponen mobil yang dilaluinya.

    4. Menggganti Filter Bensin secara Berkala

    Yagimin menyarankan untuk mengganti filter bahan bakar, baik mesin gasoline maupun diesel, secara berkala.

    Jangan hanya membersihkannya karena kotoran belum tentu hilang seluruhnya dan ada kemungkinan merusak material penyaring.

    Ganti filter BBM setiap 1 tahun atau 20.000 km untuk mesin bensin dan diesel.

    Namun kalau pemilik mobil merasakan ada masalah padahal belum waktunya ganti filter, jangan segan untuk membawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk pemeriksaan.

    Atau mobil sering melewati jalan kotor dan berdebu. Lebih baik ganti lebih cepat ketimbang kotoran merusak komponen-komponen yang menyalurkan bensin, apalagi kalau sampai merusak mesin.

    5. Mengecek Pompa BBM secara Berkala

    Sama dengan filternya, pompa BBM juga wajib diperiksa rutin saat servis berkala.

    Jangan ragu meminta service advisor Auto2000 untuk melakukan pemeriksaan lengkap andai dirasakan ada gangguan, seperti mesin tersendat, hilang tenaga, atau indikator tekanan BBM di panel instrumen menyala.

    Segera ganti pompa kalau disarankan, supaya kondisinya kembali prima.

    6. Menguras Tangki Bensin

    Tidak ada salahnya melakukan kuras tangki bensin untuk membersihkannya dari kotoran atau air yang dapat memicu korosi.

    Treatment ini khususnya untuk mobil yang usianya sudah lebih dari 2 tahun.

    Tapi kalau ternyata pompa bensin sudah ada endapan padahal mobil masih baru, segera lakukan pengurasan tangki di bengkel Auto2000 untuk memastikan sumber masalah dan mengatasinya.

    “Kita semua tidak bisa menjamin bahan bakar yang masuk ke dalam mesin sudah terjaga dari kontaminasi kotoran dan air atau tidak. Karenanya, langkah terbaik selain isi bensin di SPBU resmi, adalah menjaga kondisi filter bensin sebagai pelindung pertama. Solusinya adalah servis berkala di bengkel,” jelas Yagimin.

  • Saat Keuangan Menipis, Bisakah Ganti 2 Ban Mobil Terlebih Dulu?

    Saat Keuangan Menipis, Bisakah Ganti 2 Ban Mobil Terlebih Dulu?

    Jakarta

    Ban mobil yang sudah aus harus segera diganti demi keselamatan berkendara. Jika dibiarkan, daya cengkeram ban pada permukaan jalan semakin kecil sehingga kendaraan tidak bisa langsung berhenti saat mengerem. Akibatnya, risiko kecelakaan tidak dapat dihindari.

    Namun mobil memiliki empat ban. Jika langsung mengganti keempat ban akan mengeluarkan biaya besar. Lantas, apakah boleh mengganti dua ban terlebih dahulu atau perlu keempatnya segera?

    Bisakah Ganti 2 Ban Mobil Terlebih Dulu?

    Mengutip pemberitaan detikcom, ban mobil boleh diganti dua buah terlebih dahulu. Sisa ban dapat diganti kemudian. Dan penting diingat, posisi ban yang mesti diganti duluan adalah ban belakang, bukan ban depan.

    Penggantian ban harus yang di belakang terlebih dulu untuk menghindari terjadinya oversteer, yaitu situasi ban belakang kehilangan traksi atau selip, terutama saat berbelok di jalan yang basah yang membuat mobil lebih sulit dikendalikan.

    Oversteer dapat terjadi akibat setir yang diputar tiba-tiba ketika mobil memasuki belokan dengan kecepatan tinggi. Situasi ini bisa diperparah dengan kondisi ban yang gundul.

    Maka dari itu, ban baru perlu dipasang di posisi belakang terlebih dahulu supaya meminimalisasi gejala oversteer. Di sisi lain, diharapkan mempermudah pengemudi mengendalikan ketika terjadi selip.

    Namun penting juga memperhatikan tingkat keausan ban. Dilansir Auto2000, ban yang mengalami aus paling parah mesti diganti duluan.

    Ban depan cenderung lebih cepat aus dibanding posisi belakang karena menerima beban lebih besar saat mengerem dan mengarahkan kendaraan. Direkomendasikan mengganti ban terlebih dahulu, tetapi segera ganti juga ban belakang setelahnya untuk menghindari kondisi oversteer.

    Bisakah Hanya Ganti 1 Ban Saja?

    Dalam kondisi finansial sedang benar-benar terhambat, mengganti satu ban terlebih dulu tidak dilarang tetapi lebih disarankan mengganti dua ban sekaligus. Dengan syarat, ban lainnya mesti diganti menyusul dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama.

    Sebab hanya mengganti satu ban akan mempengaruhi grip kendaraan. Jika mengganti dua ban langsung maka tapaknya akan sama. Sementara jika satu saja maka tingkat keausan bannya sudah pasti berbeda. Pemasangan satu ban juga akan menyebabkan ketidaknyamanan selama berkendara.

    Karena itu, penggantian satu ban dan lainnya bisa diberikan jeda tetapi jangan terlalu lama rentang waktunya agar tidak memberikan tingkat keausan yang jauh berbeda di antara ban.

    Perlu digarisbawahi, idealnya adalah mengganti keempat ban sekaligus. Hal ini untuk memastikan seluruh ban punya umur dan performa yang sama. Dengan begitu, risiko bahaya yang mempengaruhi keselamatan berkendara dapat dihindari.

    (azn/row)

  • Cara Ini Buat Mesin Mobil Kamu Anti ‘Boyo’ dan Gak Bakal Nglitik

    Cara Ini Buat Mesin Mobil Kamu Anti ‘Boyo’ dan Gak Bakal Nglitik

    Jakarta

    Banyak pengendara yang kerap frustrasi saat mendengar suara mesin nglitik dan hilang tenaga. Nah dengan cara ini dipastikan detikers tidak akan lagi merasakan hal tersebut.

    Seperti tips yang diberikan Auto2000 dalam siaran resminya, ada beberapa cara untuk bisa mencegah mesin kehilangan tenaga dan nglitik. Tentu hal tersebut bisa dicegah dengan cara melakukan perawatan berkala di bengkel resmi yang telah terpercaya.

    “Sebaiknya yang dilakukan oleh pengendara adalah melakukan tindakan preventif, dan jangan membiarkan mobil sampai rusak atau bahkan mogok dan mengganggu mobilitas. Hal tersebut tentu akan merugikan,” tutur Chief Marketing Auto2000, Yagimin.

    Yagimin mengatakan ada beberapa hal yang bisa membuat mobil menjadi hilang tenaga, nglitik bahkan berujung mogok di antaranya adalah kotoran yang mengendap di dalam tangki.

    “Kalau terlalu banyak residu, lambat laun kotoran akan menghambat penyaluran bensin. Jika dibiarkan, filter bensin akan rusak dan endapan kotoran terbawa ke pompa, bahkan sampai masuk ke ruang bakar,” Yogimin menambahkan.

    Pelayanan Bengkel Auto2000 Lampung Foto: Ruly Kurniawan

    Nah penasaran apa saja yang harus dilakukan pengendara agar mesin tetap prima dan tidak nglitik, simak ulasannya berikut ini.

    Gunakan BBM Sesuai Rekomendasi

    Auto2000 selalu menyarankan untuk mengisi BBM sesuai spesifikasi dan kebutuhan mesin Toyota. Bensin yang berkualitas umumnya lebih bersih dan rendah residu. Selain itu, juga akan membuat pembakaran dapat berlangsung dengan sempurna guna menjaga performa mesin.

    Hindari Mengisi Bensin Sembarangan

    Sekarang sudah banyak SPBU resmi yang dikelola secara benar sehingga kualitas BBM-nya terjaga. Hindari mengisi di luar pom bensin resmi karena tidak ada jaminan kualitas dan penangangan.

    Jangan Tunggu Bensin Habis

    Hanya karena kesibukan mobilitas, beberapa orang menunggu hingga BBM mendekati nol baru berkunjung ke pom bensin. Padahal, dengan posisi bensin hampir habis, ada risiko kotoran dan air yang mengendap di tangki mobil akan terisap sehingga merusak komponen-komponen mobil yang dilaluinya.

    Ganti Filter Bensin Secara Berkala

    Auto2000 menyarankan untuk mengganti filter bahan bakar, baik mesin gasoline maupun diesel, secara berkala. Jangan hanya membersihkannya karena kotoran belum tentu hilang seluruhnya dan ada kemungkinan merusak material penyaring. Ganti filter BBM setiap 1 tahun atau 20.000 km untuk mesin bensin dan diesel.

    Namun kalau pengendara merasakan ada masalah padahal belum waktunya ganti filter, jangan segan untuk membawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk pemeriksaan. Atau mobil sering melewati jalan kotor dan berdebu. Lebih baik ganti lebih cepat ketimbang kotoran merusak komponen-komponen yang menyalurkan bensin, apalagi kalau sampai merusak mesin.

    Cek Pompa BBM Secara Berkala

    Sama dengan filternya, pompa BBM juga wajib diperiksa rutin saat servis berkala. Jangan ragu meminta service advisor Auto2000 untuk melakukan pemeriksaan lengkap andai dirasakan ada gangguan, seperti mesin tersendat, hilang tenaga, atau indikator tekanan BBM di panel instrumen menyala. Segera ganti pompa kalau disarankan supaya kondisinya kembali prima.

    Kuras Tangki Bensin

    Tidak ada salahnya melakukan kuras tangki bensin untuk membersihkannya dari kotoran atau air yang dapat memicu korosi. Treatment ini khususnya untuk mobil yang usianya sudah lebih dari 2 tahun. Tapi kalau ternyata pompa bensin sudah ada endapan padahal mobil masih baru, segera lakukan pengurasan tangki di bengkel Auto2000 untuk memastikan sumber masalah dan mengatasinya.

    “Pengendara tidak bisa menjamin bahan bakar yang masuk ke dalam mesin sudah terjaga dari kontaminasi kotoran dan air. Langkah terbaik selain isi bensin di SPBU resmi, adalah menjaga kondisi filter bensin sebagai pelindung pertama. Solusinya adalah servis berkala di bengkel Auto2000 atau order THS – Auto2000 Home Service via websiteAuto2000.co.id. Segera manfaatkan promo kami yang menguntungkan,” jelas Yagimin.

    (lth/din)

  • Fortuner-Innova Diesel ‘Minum’ Solar tapi Jarang Purging? Ini Dampaknya

    Fortuner-Innova Diesel ‘Minum’ Solar tapi Jarang Purging? Ini Dampaknya

    Jakarta

    Fortuner dan Innova Diesel masih aman bila ‘menenggak’ solar subsidi. Namun harus sering purging. Kalau tidak, apa dampaknya?

    Solar subsidi masih digunakan oleh mobil berbahan bakar diesel. Tak cuma truk atau bus, mobil seperti Toyota Fortuner dan Kijang Innova diesel juga terlihat masih ada yang menggunakan BBM bersubsidi itu.

    Sejatinya, pada buku panduan manual, Toyota Fortuner maupun Kijang Innova diesel, mobil itu disarankan untuk ‘menenggak’ bahan bakar rendah sulfur. Terlebih untuk model yang sudah mengusung teknologi Euro 4.

    Untuk Fortuner diesel model Euro 4 dianjurkan menggunakan bahan bakar diesel 50 ppm atau kurang sulfur. Angka cetane-nya 48 atau lebih tinggi. Begitupun dengan Innova Reborn diesel yang mengusung sistem DPF, dianjurkan pakai BBM degan kandungan sulfur 10 ppm atau kurang sulfur.

    “Kendaraan dengan sistem DPF: Jangan menggunakan bahan bakar diesel yang mengandung kandungan sulfur di atas 10 ppm. Penggunaan berulang dari bahan bakar diesel dengan kandungan sulfur di atas 10 ppm dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan sistem exhaust dan mempengaruhi daya tahan kendaraan Anda,” begitu bunyi penjelasan di buku panduan Innova Reborn diesel.

    Lalu bagaimana kalau Innova dan Fortuner diesel itu justru mengkonsumsi solar subsidi yang punya kandungan sulfur 2.500 ppm? Kepala Bengkel Auto2000 Jatiasih Wahono menuturkan, tak ada masalah dengan mesin Fortuner dan Innova diesel. Dengan catatan, ada perawatan purging yang dilakukan saat servis berkala.

    “Kalau bisa tiap servis. Kalau di sini (Auto2000) kita sampaikan ke pelanggan ini wajib purging,” kata Wahono saat ditemui di kantornya belum lama ini.

    Wahono menjelaskan, dengan purging kotoran ataupun endapan sisa bahan bakar solar itu bisa dibersihkan. Kalau tidak dilakukan, injektor akan mampet. Kalau sudah mampet dan sulit dibersihkan, maka harus ganti injektor baru. Padahal harga injektor cukup mahal, di atas Rp 10 jutaan.

    “Nggak mahal kok, Rp 250 ribuan lah kurang lebih, bayar bahannya aja jasanya gratis. Kalau itu dilakukan aman walaupun pakai solar. Tapi kalau nggak, injektor mampet harus ganti,” lanjut Wahono.

    (dry/din)