Perusahaan: Auto2000

  • Daftar Harga Toyota bZ4X, Ada yang Rp 600 Jutaan

    Daftar Harga Toyota bZ4X, Ada yang Rp 600 Jutaan

    Jakarta

    Toyota bZ4X per Juni 2025 ada yang ditawarkan mulai Rp 600 jutaan. Berikut ini daftar harga Toyota bZ4X terbaru.

    Toyota bZ4X rupanya ada yang dijual mulai Rp 600 jutaan. Dilihat detikOto dalam daftar harga Toyota bZ4X, termurah dibanderol Rp 682,8 juta. Bahkan ada juga yang dijual Rp 700 jutaan. Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut daftar harga Toyota bZ4X.

    Daftar Harga Toyota bZ4XToyota bZ4X (without wall charger): Rp 682,8 jutaToyota bZ4X (with wall charger): Rp 726,2 jutaToyota bZ4X (one tone color): Rp 1.200.700.000Toyota bZ4X (two tone color): Rp 1.208.800.000

    Perlu digarisbawahi, Toyota bZ4X yang dijual Rp 600-700 jutaan itu bukanlah penurunan harga pada model baru, melainkan bekas digunakan pada KTT (Konferensi Tingkat Tinggi). Seperti diketahui bersama, Toyota bZ4X memang digunakan sebagai kendaraan resmi KTT ASEAN, KTT G20, hingga KTT AIS Forum 2023. Selain bekas digunakan KTT, Toyota juga masih menawarkan bZ3X dengan VIN 2023. Itu sebabnya dijual lebih murah ketimbang versi yang paling baru.

    “Untuk unit bZ4X tidak ada perubahan harga ya. Tapi memang masih tersedia beberapa stok VIN lama (VIN2023) terutama ex penggunaan pemerintah untuk beberapa KTT di Indonesia yang kami jual dengan penyesuaian pada harga OTR,” jelas CEO Auto2000 Anton Jimmi Suwandy saat dikonfirmasi detikOto, Jumat (20/6/2025).

    Sebagai informasi tambahan, bZ4X merupakan mobil listrik pertama dari Toyota. Toyota bZ4X merupakan hasil kolaborasi Toyota dengan Subaru. Mobil ini menggunakan platform e-TNGA yang didesain khusus buat kendaraan listrik Toyota.

    Spesifikasi Toyota bZ4X

    Mengenai kapasitas baterai, mobil listrik ini dibekali baterai lithium-ion 355 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. Baterainya ditanam di bawah lantai dan memiliki pengontrol suhu untuk efisiensi.

    Baterai ini mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian daya DC hingga 150 kW. Dengan sistem pengisian arus DC, mengisi daya sampai 80 persen hanya perlu 30 menit.

    Mobil listrik dijual dalam dua tipe, yakni FWD (Front Wheel Drive) dan AWD (All Wheel Drive). Versi FWD bisa menjangkau jarak hingga 500 km, untuk tipe AWD sanggup menempuh jarak hingga 460 km. Toyota bZ4X tipe FWD dibekali motor listrik tunggal yang dipasang di gandar depan. Motor listrik itu mempunyai tenaga maksimal 201 dk. Akselerasi 0-100 km/jam bisa dituntaskan hanya dalam 8,4 detik.

    Sementara AWD menghadirkan dua motor listrik di gandar depan dan belakang. Masing-masing bisa menghasilkan 107 dk dengan output gabungan 215 dk. Meski 85 kg lebih berat, Toyota bZ4X AWD bisa berakselerasi lebih cepat, 0-100 km/jam dalam 7,7 detik.

    (dry/rgr)

  • Daftar Harga Toyota Avanza Terbaru, Termurah Jadi Segini

    Daftar Harga Toyota Avanza Terbaru, Termurah Jadi Segini

    Jakarta

    Harga Toyota Avanza per Juni 2025 terpantau mengalami kenaikan tipis. Berikut ini daftar harga Toyota Avanza terbaru.

    Pesona Toyota Avanza belum memudar. Avanza masih banyak jadi incaran masyarakat Indonesia. Selain keandalannya sudah terbukti, faktor harga tak bisa dikesampingkan.

    Harga Avanza memang berada di rentang kebanyakan orang Indonesia membeli mobil yaitu Rp 200-300 jutaan. Per Juni 2025, harga Avanza terpantau masih berada di rentang tersebut meski mengalami kenaikan tipis. Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut ini daftar harga Toyota Avanza terbaru dikutip dari laman Auto2000.

    Harga Toyota Avanza Terbaru

    1. Toyota Avanza 1.3 E M/T: Rp 243 juta (sebelumnya Rp 242,9 juta)
    2. Toyota Avanza 1.3 E CVT: Rp 258 juta (sebelumnya Rp 257,6 juta)
    3. Toyota Avanza 1.5 G M/T: Rp 266 juta (sebelumnya Rp 265,6 juta)
    4. Toyota Avanza 1.5 G CVT: Rp 280,8 juta (sebelumnya Rp 280,4 juta)

    Menariknya dari keempat varian tersebut, yang paling laris bukan yang termurah, melainkan yang paling mahal. Dilihat detikOto dari data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari-Mei 2025, distribusi Avanza 1.5 G CVT mencapai 5.366 unit. Varian terlaris kedua adalah Avanza 1.5 G M/T dengan distribusi sebanyak 4.278 unit sepanjang lima bulan pertama tahun ini.

    Barulah di posisi ketiga, Avanza varian termurah yakni 1.3 E M/T dengan total distribusi 3.212 unit. Terakhir ada Avanza 1.3 E CVT yang mencatatkan distribusi sebanyak 2.380 unit.

    Dari sisi fitur, Avanza 1.5 G CVT termasuk yang lengkap dibandingkan tiga varian lainnya. Namun untuk yang paling lengkap ada di Avanza 1.5 G CVT TSS. Avanza 1.5 G CVT ini dibekali dengan mesin 2NR-VE yang bisa menyemburkan daya maksimum 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 14 kgm pada 4.200 rpm.

    Avanza 1.3 L menggendong mesin berkode 1NR-VE dengan kapasitas silinder 1.329 cc. Diameter x langkahnya 72.5 x 80.5 mm. Berkat mesin itu, Avanza 1.3 L bisa menyemburkan daya maksimum 98 PS pada 6.000 rpm. Torsi maksimumnya 12.4 kgm pada 4.200 rpm.

    (dry/rgr)

  • Komunitas Rayakan Ultah Ke-18, Fortuner Diajak Main Tanah

    Komunitas Rayakan Ultah Ke-18, Fortuner Diajak Main Tanah

    Jakarta

    Komunitas Toyota Fortuner Club of Indonesia (ID42NER) merayakan hari jadinya yang ke-18. Pencinta Toyota Fortuner itu mengadakan serangkaian acara menarik dalam perayaan hari jadinya tersebut.

    Sekitar 300 peserta dan 200 unit Toyota Fortuner dari 27 chapter di seluruh Indonesia turut ambil bagian dalam perayaan ini. Rangkaian acara dibuka dengan kegiatan fun off road yang digelar di area Pagedangan, BSD, Tangerang Selatan, Jumat, (30/5/2025) lalu.

    Sebanyak 30 member ID42NER diberikan kesempatan untuk menjajal ketangguhan Toyota Fortuner. Beberapa varian seperti New Fortuner 4×4 GR-S, VRZ, SRZ, dan Fortuner VNT, langsung diuji di lintasan off road yang menantang.

    Toyota Fortuner Foto: Dok. ID42NER

    Tak cuma main tanah di arena off road, peserta mengikuti servis bersama dan menikmati pengalaman fun to drive lineup GAZOO Racing melalui GR Simulator di Auto2000 BSD City.

    “Di ulang tahun ke-18 ini, ID42NER ingin membuktikan ketangguhan Toyota Fortuner di medan off-road Pagedangan, sekaligus menghadirkan excitement & joy of Gazoo Racing kepada para member. Salah satunya melalui pengalaman seru mencoba GR Simulator serta test drive varian New Fortuner 4×4 GR-S yang kini tampil lebih sporty dengan performa off road yang semakin mumpuni. Sebagai loyalis Toyota, kami juga merasakan peace of mind dengan adanya fasilitas servis bersama di Auto2000 BSD City. Tahun ini, kami terus membawa semangat Pushing the Limits for Better kepada seluruh member,” ujar Djoko Wiyono, Presiden ID42NER, dalam keterangan pers yang diterima detikOto.

    Pada hari Sabtu (31/5/2025), para member ID42NER juga menunjukkan aksi kepedulian terhadap lingkungan. Para peserta mengikuti kegiatan penanaman 50 bibit pohon Flamboyan di kawasan BSD City East Vara sebagai bentuk dukungan nyata terhadap upaya menggapai netralitas karbon.

    Acara yang berlangsung selama dua hari ditutup oleh gala dinner bersama seluruh peserta yang hadir. Di usia yang ke-18 tahun, ID42NER kini memiliki 27 chapter dan lebih dari 3.100 anggota aktif di seluruh Indonesia. Komunitas ini aktif dalam kegiatan otomotif, sosial, edukasi, serta pelestarian lingkungan.

    (rgr/dry)

  • Ganti Oli Mesin Mobil, Patokannya Jarak Tempuh atau Lama Pemakaian?

    Ganti Oli Mesin Mobil, Patokannya Jarak Tempuh atau Lama Pemakaian?

    Jakarta

    Oli mesin merupakan komponen chemical penting pada mobil yang wajib diganti secara rutin. Biasanya pabrikan merekomendasikan penggantian oli mesin mobil berdasarkan jarak tempuh atau lama pemakaian. Tapi sebenarnya manakah yang lebih harus didahulukan?

    Seiring bertambahnya jam kerja mesin, senyawa kimia oli mesin mobil pasti akan berubah, dan kemampuannya dalam melumasi dan melindungi komponen mesin yang saling bergesekan akan ikut menurun. Khususnya kalau mobil sering menghadapi kondisi berat seperti macet. Parkir di rumah sekalipun, tidak berarti aman karena akan terjadi oksidasi di dalam mesin mobil yang membuat formula oli rusak dan memicu karat.

    Masalahnya, turunnya kemampuan oli akan membuat gesekan antar komponen mesin makin meningkat, serta meninggalkan banyak residu. Selain membuat komponen mesin menjadi cepat rusak, jika dibiarkan kotoran akan menumpuk di dalam saluran oli mesin, bahkan menyumbatnya jika sudah terlalu banyak.

    Residu berlebihan turut mempengaruhi kerja pompa dan filter oli mesin, di mana kalau sudah parah dapat mengakibatkan keduanya tersumbat. Karena itu, pemilik mobil wajib mengganti filter oli secara rutin waktu ganti oli mesin yang sebaiknya dilakukan ketika servis berkala.

    Fungsi oli lainnya juga akan menurun, seperti kemampuan melepaskan panas mesin sehingga kerja radiator makin berat. Padahal, suhu kerja yang terlalu tinggi akan membuat mesin kesulitan beroperasi dengan baik. Selain mengurangi tenaga yang dihasilkan, mobil juga akan menjadi lebih boros bahan bakar.

    Mobil yang tidak dipakai dalam jangka waktu lama tetap harus ganti oli mesin secara berkala. Seiring waktu, senyawa kimia oli mesin akan mengalami perubahan akibat proses oksidasi secara alami. Kandungan air sebagai hasil dari oksidasi akan meningkat pada oli mesin hingga mencapai tingkat yang berbahaya jika didiamkan.

    Begitu mesin dinyalakan dan oli bekerja, kontaminasi air akan merusak senyawa oli dan menurunkan kemampuannya dalam melumasi dan melindungi komponen mesin. Lantas akhirnya, mesin mobil rusak akibat pelumas gagal melindungi komponen mesin.

    Tidak lupa, ruang mesin turut memiliki potensi timbul karat karena proses oksidasi yang gagal diredam oleh oli mesin. Jika hal itu dibiarkan, karat akan merambat ke berbagai komponen di dalam mesin dan mengakibatkan kerusakan parah.

    Ganti Oli Mesin Berdasarkan Jarak Tempuh atau Durasi Pemakaian?

    Melihat pentingnya tugas oli mesin, cairan pelumas ini harus selalu dalam pengawasan, minimal menggantinya ketika servis berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

    Meski demikian, masih banyak pemilik mobil yang bingung soal kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli. Ada yang berpatokan pada jarak tempuh ada juga yang mengacu pada jangka waktu pemakaian. Dari kedua acuan tersebut, mana sebenarnya yang paling tepat?

    Dijelaskan Auto2000 dalam keterangan resmi, keduanya bisa dijadikan patokan oleh pemilik mobil untuk menentukan jadwal penggantian oli mesin. Tinggal melihat mana yang lebih dulu tercapai. Misalnya, karena mobilitas sangat tinggi seperti untuk taksi online atau sering bepergian ke luar kota, tidak sulit untuk mencapai jarak tempuh 10.000 km.

    Jangan ditunda, segera ganti oli mesin meskipun waktu operasional belum mencapai 6 bulan. Karena bekerja keras, maka ada potensi timbul residu di dalam oli. Ada pula risiko formula oli berubah atau rusak sehingga kemampuannya dalam melindungi dan melumasi komponen mesin tidak lagi efektif.

    Untuk pemilik mobil yang lebih sering beraktivitas di dalam kota atau jarang mengendarai mobil, odometer 10.000 km mungkin akan sulit tercapai dalam jangka waktu 6 bulan. Namun patut dicatat, situasi berkendara stop and go di dalam kota sangat ‘menyiksa’ mesin yang membuat oli harus bekerja lebih keras lagi.

    Salah satu alasannya karena mesin mobil kesulitan memperoleh pendingin alami yang berembus dari depan akibat banyak berhenti. Alhasil, oli dan juga cairan pendingin harus bekerja lebih berat. Padahal seiring waktu, senyawa oli akan berubah di mana suhu tinggi akan mempercepat proses kerusakan.

    Jangan lupa pula, oli pada mobil yang banyak parkir di rumah berisiko mengalami perubahan akibat proses oksidasi alami. Begitu mesin dinyalakan, maka kontaminasi air akan merusak senyawa oli dan menurunkan kemampuannya. Ruang mesin turut memiliki potensi timbul karat karena proses oksidasi yang gagal diredam oleh oli.

    “Urusan Toyota lebih mudah, AutoFamily tinggal menyesuaikan waktu ganti oli mesin dengan mobilitas setiap hari. Lihat mana yang tercapai lebih dahulu, baik itu jarak tempuh ataupun waktu pemakaian, segera ganti oli kalau sudah melampauinya. Jangan ditunda karena banyak risiko yang timbul akibat tidak ganti oli mesin secara rutin, selanjutnya booking servis berkala via website Auto2000.co.id,” jelas Yagimin, Chief Marketing Auto2000, dalam keterangannya Senin (5/5/2025).

    (lua/din)

  • 5 Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis padahal Tidak Bocor

    5 Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis padahal Tidak Bocor

    Jakarta

    Radiator mobil membutuhkan coolant atau cairan pendingin agar tugas meredam udara panas yang dihasilkan mesin berjalan dengan baik. Air radiator sendiri berfungsi untuk mendinginkan mesin agar suhunya tetap stabil.

    Tak jarang air radiator didapati cepat habis. Cairan pendingin yang berkurang umumnya disebabkan bocornya radiator. Namun setelah diperiksa, komponen itu tidak mengalami kebocoran. Lantas, apa yang menyebabkan coolant berkurang drastis padahal radiator tidak bocor?

    Penyebab Air Radiator Cepat Habis Padahal Tidak Bocor

    Ada sejumlah faktor yang menyebabkan cairan pendingin radiator cepat habis meskipun tidak ada kebocoran pada komponen penampungnya. Mengutip Auto2000 dan Daihatsu, berikut beberapa penyebabnya:

    1. Menguap

    Coolant memang akan menguap saat mendinginkan mesin mobil yang panas. Namun proses penguapan yang membuat volumenya berkurang drastis umumnya terjadi dalam jangka waktu lama.

    Apabila air radiator diketahui cepat habis maka bisa jadi mesin sering mengalami overheat. Cairan pendingin bekerja lebih keras ketika mesin mobil sangat panas.

    2. Karet Tutup Radiator Rusak

    Tabung air radiator dilengkapi penutup karet dan katup yang memastikan cairan tidak keluar. Jika daya rekat karetnya sudah melemah, cairan pendingin dapat tumpah mengenai sejumlah komponen di sekitarnya. Tentu saja volumenya akan cepat habis.

    Karet tutup radiator yang rusak biasanya dikarenakan sudah usang. Elemen ini perlu diganti baru agar menutup radiator dengan kuat.

    3. Sirip Radiator Bocor

    Cairan pendingin bisa menyusut karena sirip radiator yang bocor. Sayangnya, sulit mendeteksi kebocoran komponen ini karena air umumnya langsung menguap sebelum menetes.

    Sirip radiator juga berada di bagian yang susah dilihat dan dijangkau sehingga tanda-tanda bocornya turut sulit diidentifikasi.

    Kompresi mesin yang bocor sulit pula terlihat, tapi bisa diketahui dari munculnya gelembung-gelembung ketika tutup radiator dibuka dan mesin dihidupkan. Tanda lainnya yaitu air radiator yang menciprat saat pedal gas diinjak.

    4. Water Pump Bermasalah

    Water pump atau pompa air yang bermasalah dapat mengakibatkan air radiator berkurang banyak. Kerusakannya yang dapat mengalirkan coolant keluar cukup deras mampu membuat mesin mobil mengalami overheat karena minim tersedianya cairan pendingin.

    Umumnya kerusakan pompa air mobil disebabkan komponennya yang sudah usang dan berkarat keropos.

    5. Selang Radiator Longgar

    Selang radiator yang gunanya mengalirkan coolant agar suhu mesin ideal bisa melunak sehingga menimbulkan celah. Dari celah itu, air radiator akan keluar sehingga cepat habis.

    Kerusakan selang ini dapat terjadi karena kesalahan sistem pendingin. Akibatnya, cairan pendingin tidak mengalir dengan lancar dan mesin mobil menjadi lebih cepat panas.

    Apabila menyadari air radiator mobil cepat habis padahal tidak bocor, detikers dapat segera memeriksa komponen lain seperti penjelasan di atas. Jika sumber masalahnya sudah ditemukan, perbaiki atau ganti komponen dengan yang baru agar cairan pendingin dapat bekerja sebagaimana mestinya. Jangan lupa juga untuk mengisi ulang coolant yang berkualitas agar menjaga suhu mesin tetap stabil.

    (row/row)

  • Berapa Denda yang Dihapus dari Program Pemutihan Pajak Kendaraan?

    Berapa Denda yang Dihapus dari Program Pemutihan Pajak Kendaraan?

    Bisnis.com, JAKARTA – Pemutihan pajak kendaraan adalah program yang diberlakukan oleh pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada pemilik kendaraan yang telat membayar pajak kendaraan. 

    Dilansir dari laman CIMB Niaga, program ini bertujuan untuk meringankan tunggakan pajak dengan skema penghapusan denda keterlambatan pembayaran pajak atau diskon tarif pajak, sehingga Anda bisa membayar pajak yang tertunggak tanpa dikenakan denda atau sanksi.

    Program ini diselenggarakan oleh masing-masing pemerintah daerah dengan ketentuan yang berbeda-beda serta jadwal yang dapat berbeda-beda.

    Pemutihan pajak kendaraan bermotor biasanya dilakukan pada periode tertentu dan setiap daerah memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Untuk mengikuti program ini, Anda perlu memeriksa memeriksa informasi terbaru dari instansi yang berwenang.

    Manfaat Pemutihan Pajak Kendaraan

    Pemutihan pajak kendaraan merupakan program yang bermanfaat bagi wajib pajak maupun pemerintah. Berikut ini beberapa manfaatnya:

    1. Meringankan beban biaya pajak

    Salah satu manfaat utama dari penghapusan pajak kendaraan adalah pengurangan beban pajak yang harus dibayar oleh pemilik kendaraan. 

    Pajak kendaraan adalah kewajiban tahunan yang sering kali cukup besar, terutama bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor lebih dari satu.

    Dengan adanya program penghapusan denda pajak, Anda tidak perlu membayar denda pajak yang biasanya dikenakan sebesar 2,5% per bulan dari pokok pajak yang belum dibayar.

    2. Penghapusan denda pajak kendaraan

    Wajib pajak yang menunggak pembayaran pajak kendaraan bisa mendapatkan penghapusan denda pajak kendaraan. Hal ini tentu akan sangat meringankan denda yang menunggak.

    3. Meningkatkan kepatuhan wajib pajak

    Bagi pemerintah, program pemutihan pajak diharapkan bisa meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan. 

    Adanya penghapusan denda pajak ini diharapkan para wajib pajak yang menunggak akan lebih termotivasi untuk membayar pajak kendaraannya.

    4. Meningkatkan pendapatan daerah

    Program penghapusan denda pajak juga diharapkan bisa meningkatkan pendapatan daerah dari pajak kendaraan. 

    Hal ini karena wajib pajak yang menunggak akan membayar pajak kendaraannya secara penuh.

    Oleh karena itu, pemilik kendaraan yang memiliki tunggakan pajak kendaraan sebaiknya memanfaatkan kesempatan program penghapusan denda pajak kendaraan untuk menyelesaikan kewajiban pajaknya.

    Jenis denda yang dihapus

    Dilansir dari lama Auto2000, program pemutihan pajak tidak benar-benar menggratiskan seluruh biaya terkait pajak kendaraan, melainkan ini adalah program penghapusan denda pajak yang dikenakan pada pemilik kendaraan bermotor.

    Jadi bukan menghilangkan kewajiban Anda selaku wajib pajak untuk membayar pokok pajak dari kendaraan Anda.

    Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa program pemutihan pajak masuk ke dalam pendapatan daerah. Oleh karena itu, masing-masing pemerintah daerah memiliki kebijakan dan prosedur yang berbeda-beda dalam penerapan pemutihan pajak kendaran.

    Namun umumnya jenis denda yang dihapus dalam program pemutihan pajak kendaraan ini antara lain:

    Penghapusan denda Pajak Kendaraan Bermotor (BKP)
    Penghapusan denda tunggakan pajak kendaraan bermotor (PKB) Tahun ke-5
    Bebas denda tunggakan pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ)

    Sedangkan insentif yang dapat dimanfaatkan dalam pemutihan pajak kendaraan seperti:

    Diskon pajak kendaraan bermotor (BKP)
    Diskon Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) I
    Bebas bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) II
    Syarat dan Ketentuan Pemutihan Pajak Kendaraan

    Setiap daerah memiliki kebijakannya masing-masing terkait syarat dan ketentuan penghapusan pajak kendaraan bermotor. 

    Namun, secara umum syarat dan ketentuan program ini adalah sebagai berikut:

    Hanya berlaku untuk kendaraan yang didaftarkan di wilayah tersebut.
    Hanya berlaku untuk pajak kendaraan yang belum dibayarkan paling lama 5 tahun.
    Pajak kendaraan yang belum dibayarkan harus sudah jatuh tempo sebelum program pemutihan pajak kendaraan dimulai.
    Kendaraan bermotor yang diajukan untuk pemutihan pajak tidak boleh bodong atau tidak memiliki STNK dan BPKB.
    Sebelum mengikuti program ini, pastikan kendaraan Anda telah memenuhi syarat dan ketentuan di atas.

    Prosedur Pemutihan Pajak Kendaraan

    Untuk mengikuti program penghapusan denda pajak kendaraan, wajib pajak harus datang ke kantor Samsat dengan prosedur sebagai berikut:

    Cek syarat dan ketentuan pemutihan pajak kendaraan

    Setiap daerah memiliki syarat dan ketentuan pemutihan pajak kendaraan yang berbeda-beda.

    Pastikan Anda telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum mengajukan permohonan pemutihan pajak kendaraan.

    Siapkan dokumen yang diperlukan

    Dokumen yang diperlukan untuk mengajukan permohonan pemutihan pajak kendaraan biasanya meliputi STNK, BPKB, dan KTP.

    Sebelum mengajukan permohonan, pastikan semua dokumen yang diperlukan telah Anda siapkan dengan baik.

    Anda dapat mengajukan permohonan pemutihan pajak kendaraan di kantor Samsat setempat.

    Cek fisik kendaraan

    Setelah petugas Samsat menyatakan semua dokumen Anda lengkap, langkah selanjutnya adalah pemeriksaan fisik kendaraan.

    Petugas akan memeriksa nomor mesin dan rangka kendaraan Anda. Pastikan Anda meminta bukti hasil pemeriksaan fisik dari petugas setelah selesai.

    Lakukan pengesahan STNK

    Surat keterangan pemutihan pajak kendaraan kemudian dibawa ke Kantor Samsat untuk diverifikasi. Setelah diverifikasi, STNK Anda akan dibubuhi stempel pengesahan.

    Bayar pajak pokok kendaraan

    Setelah permohonan pemutihan pajak kendaraan Anda disetujui, Anda perlu membayar pajak kendaraan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    Anda bisa membayar pajak di Kantor Pelayanan Pajak Daerah (KPPD) atau Kantor Samsat setempat secara tunai atau non-tunai.

    Dapatkan surat keterangan pemutihan pajak kendaraan

    Setelah membayar pajak pokok, Anda akan mendapatkan surat keterangan pemutihan pajak kendaraan. 

    Surat keterangan ini merupakan bukti bahwa Anda telah mengikuti program pemutihan pajak kendaraan.

    Dengan mengikuti prosedur di atas, Anda dapat memanfaatkan program pemutihan pajak kendaraan untuk membayar pajak kendaraan bermotor Anda dengan lebih ringan dan meningkatkan kepatuhan dalam membayar pajak kendaraan.

  • Jangan Langsung Matikan Mesin Fortuner Diesel Usai Digunakan, Ini Sebabnya

    Jangan Langsung Matikan Mesin Fortuner Diesel Usai Digunakan, Ini Sebabnya

    Jakarta

    Jangan langsung mematikan Fortuner bermesin diesel setelah selesai digunakan. Begini penjelasannya.

    Mematikan mesin menjadi hal pertama yang umumnya dilakukan ketika pengendara selesai digunakan. Tapi rupanya, tidak semua mobil disarankan langsung dimatikan setelah digunakan. Pada mobil diesel khususnya yang menggunakan mesin turbo, hal itu justru tak disarankan.

    Kepala Bengkel Auto2000 Jatiasih Wahono menjelaskan, mobil bermesin diesel dengan teknologi turbo seperti yang tersemat pada Fortuner jangan langsung dimatikan usai digunakan. Ada baiknya didiamkan dulu sekitar satu menit.

    “Turbo ini kan perlu pendinginan nah kalau langsung dimatikan, turbonya masih panas belum sama dengan suhu ruangan atau lingkungan, dia bisa retak, turbonya,” jelas Wahono ditemui detikOto belum lama ini.

    Wahono mengatakan, sebelum mesin dimatikan, suhu pada mesin dan lingkungan sebaiknya sama. Kalau hal ini sering dilakukan, turbo bisa retak dan lama kelamaan mesin bisa rusak.

    “Kalau retak efeknya apa? Ya kan turbonya rusak, ekstremnya cepat rusak, retak, bearingnya kena,” lanjut Wahono.

    Menurutnya, ada beberapa pemilik mobil yang mengabaikan hal tersebut. Ujungnya, mobil jadi rusak. Jadi kamu harus ingat ya, jangan langsung mematikan mesin saat suhu lagi panas-panasnya.

    “Itu efeknya lama ya bukan langsung sehari, dua hari, tahunan. Ya kan kalau turbo ada intercoolernya itu emang nggak boleh langsung. Tunggu semenit cukup. Makanya dulu pernah dengar nggak turbo timer? Mobil dimatikan kita cabut supaya langsung aktivitas, kunci, mobil masih hidup,” jelasnya lagi.

    Ya, tidak sedikit pengguna mobil bermesin diesel dengan turbo menggunakan turbo timer. Dikutip laman Auto2000, turbo timer merupakan komponen tambahan pada mobil yang mencegah mesin turbocharger mengalami perubahan suhu secara drastis. Komponen turbo timer ini akan menahan kunci kontak tetap dalam posisi ‘On’ meski kunci sudah dicabut. Dengan adanya kapasitor, turbo timer akan menahan mesin tetap menyala sampai suhunya mulai turun. Ketika kapasitor mulai habis muatannya, otomatis kunci kontak akan ikut mati begitupun dengan mesinnya.

    (dry/rgr)

  • Biar Gak Salah Paham, Ini Tata Cara Berkendara saat One Way

    Biar Gak Salah Paham, Ini Tata Cara Berkendara saat One Way

    Jakarta

    Korlantas Polri bersama Jasa Marga dan pengusaha jalan bebas hambatan atau tol, bakal menerapkan satu jalur atau one way untuk mengurai kemacetan. Namun sayang, banyak pengendara yang tidak memahami tata cara berkendara saat one way.

    Nah kali ini Auto2000 membagikan bagaimana memahami betul tata cara berkendara saat mengikuti skema one way, khususnya bagi yang menggunakan jalur berlawanan atau jalur kanan dari jalur yang normal digunakan.

    “Sebagai preferred dealer Toyota di Indonesia, Auto2000 tentu peduli dengan kenyamanan dan keselamatan perjalanan mudik dan arus balik AutoFamily. Dan kami ingatkan untuk skema one way, AutoFamily perlu tetap waspada dan hati-hati untuk menghindari resiko kecelakaan fatal. Untuk itu silakan pelajari tips mengemudi Auto2000 berikut ini,” jelasChief Marketing Auto2000, Yagimin, Sabtu (5/4/2025).

    Nah berikut tata cara berkendara saat one way ala Auto2000:
    1. Pelajari Jadwal One Way

    Sebelum melintas, detikers perlu mengetahui jadwal dan lokasi one way. Informasi mengenai aturan ini biasanya bisa didapatkan melalui social media resmi Korlantas Polri, operator jalan tol Jasa Marga atau media nasional. Bahkan saat berada di jalur one way pun pemantauan update skema lalu lintas juga perlu dilakukan, tentunya oleh penumpang sebagai navigator bukan pengemudi, tujuannya untuk menghindari kebingungan.

    2. Persiapan Bagi yang Menggunakan Lajur Berlawanan

    detikers yang kemudian akan menggunakan jalur yang berlawanan dari jalur normal, harus bisa beradaptasi dengan cepat terutama terkait dengan posisi rambu lalu lintas, khususnya rambu Patok Kilometer Tol dan juga rambu Penunjuk Jalan.

    Posisi rambu Patok Kilometer yang berada di tengah jalan tol bagi pengemudi yang berada di jalur berlawanan tentu posisinya akan menjadi di sebelah kiri, di mana pada saat kita berada di jalur normal posisinya di kanan.

    Begitu juga dengan rambu Penunjuk Jalan, posisinya akan menjadi lebih jauh dari pandangan mata pada posisi sebelah kiri, di mana pada jalur normal biasanya tak jauh dari sudut mata sebelah kiri atau bahkan ada di tengah.

    3. Pahami Perbedaan Kondisi Jalan

    Selain beradaptasi dengan rambu, pengendara juga perlu cepat beradaptasi akan kondisi jalan yang berbeda. Seperti misalnya, pada posisi jalur normal, posisi bahu jalan biasanya berada dekat dengan area non-aspal yang punya lebar cukup untuk 1 mobil. Sementara untuk jalur yang berlawanan posisi bahu jalan tentu berada di sisi tengah tol dan dekat dengan pembatas tol. Jadi berhati-hati saat akan melakukan manuver.

    Pengaturan arus lalu lintas dengan satu arah (one way) lokal ditetapkan di Tol Trans Jawa Km 70 hingga Km 188. Begini kondisinya. (dok CCTV Kemen-PU) Foto: Pengaturan arus lalu lintas dengan satu arah (one way) lokal ditetapkan di Tol Trans Jawa Km 70 hingga Km 188. Begini kondisinya. (dok CCTV Kemen-PU)4. Atur Kecepatan Mobil

    Jangan terpacing euphoria, pengendara masih harus mengontrol kecepatan mobil sesuai dengan aturan yang berlaku. Jika terlalu pelan, akan menghambat lalu lintas, dan jika terlalu kencang, mobil berpotensi hilang kendalli dan bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

    5. Jaga Jarak Aman

    Pengendara harus menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Terapkan teori tiga detik untuk menjaga jarak aman. Dengan menjaga jarak aman, dapat membuat pengendara mengantisipasi segala kemungkinan.

    6. Hindari Menyeberang Jalur dan Hati-Hati Saat Menyalip

    detikers dilarang untuk menyeberang jalur tanpa ada arahan dari petugas yang berwenang, karena hal tersebut tentu akan membahayakan. Dan berhati-hatilah saat akan mendahului kendaraan lain.

    7. Jangan Berhenti di Bahu Jalan

    Jika tak dalam kondisi sangat darurat, pengendara tak dianjurkan untuk berhenti di bahu jalan. Manfaatkan rest area yang ada untuk memarkirkan kendaraaan dan memenuhi kebutuhan istirahat pengemudi.

    8. Perhatikan Kondisi Sopir dan Penumpang

    Metode safety driving perlu diterapkan selama melintasi jalur one way. Yang terutama adalah jangan main ponsel atau hal yang mengalihkan perhatian. Fokus dan waspada dengan melihat ke arah depan, sisi kanan dan kiri lewat spion, dan sesekali melihat ke arah belakang.

    Selain itu, pastikan pengendara dalam kondisi prima dan tidak mengantuk agar lebih waspada saat hendak melakukan perjalanan arus balik mudik, khususnya yang memasuki jalur berlawanan. Pastikan pula penumpang tidak ada kebutuhan ke toilet dan bahan bakar mencukupi.

    9. Mobil Dalam Kondisi Sehat

    Pastikan mobil dalam kondisi sehat sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan arus balik. Lakukan pengecekan kendaraan di Bengkel Siaga Auto2000 yang tetap buka sampai tanggal 6 April 2025. Jangan paksakan perjalanan, saat terdeteksi kendaraan dalam kondisi yang kurang prima, demi keselamatan dan kenyamanan di jalan.

    (lth/din)

  • Ingat! Haram Lakukan Hal Ini di Jalan Tol

    Ingat! Haram Lakukan Hal Ini di Jalan Tol

    Jakarta

    Keselamatan berkendara wajib hukumnya saat berkendara di jalan. Terlebih saat melintas di jalan bebas hambatan, seperti saat musim libur lebaran atau saat hendak balik ke Jakarta setelah mudik ke kampung halaman.

    Namun cukup disesalkan masih banyak pengendara lalai saat berkendara. Auto2000 ingatkan ada beberapa hal yang haram dilakukan saat berkendara di jalan bebas hambatan atau jalan tol.

    “Hindari menormalkan kesalahan, jangan melakukan tindakan salah yang dapat merugikan banyak orang saat mengemudi mobil di jalan tol. Lakukan servis berkala dan pengecekan mobil sebelum melakukan perjalanan panjang arus balik mudik, untuk menjaga kondisi mobil. Auto2000 menghadirkan Posko Siaga dan Bengkel siaga yang beroperasi sepanjang cuti lebaran 2025,” terangYagimin, Chief Marketing Auto2000.

    Berikut beberapa larangan di jalan tol yang harus diperhatikan:

    1. Putar Balik di Tengah Jalan Tol

    Tindakan putar balik atau putar arah atau balik arah di jalan tol sangat dilarang karena menyangkut keamanan semua pengguna jalan. Selain itu, sudah ada aturan yang menyatakan jika pengemudi mobil nekat putar balik di jalan tol, akan dikenakan denda dua kali lipat dari tarif tol terjauh di ruas tol tersebut.

    Putar balik hanya boleh dilakukan oleh petugas dalam kondisi darurat dan bukan oleh umum. Risikonya sangat berbahaya karena menyangkut keselamatan semua pengguna jalan. Jika gerbang tol terlewatkan, detikers bisa keluar di gerbang berikutnya dan kembali masuk dari arah berlawanan.

    2. Lawan Arus kecuali ada contraflow resmi

    Lawan arus atau lawan arah bisa masuk ranah pidana karena dianggap tidak mengindahkan rambu perintah atau rambu larangan dan gerakan lalu lintas. Bahaya yang mengintai adalah rawan kecelakaan lalu lintas, apalagi kalau sampai terjadi ‘adu banteng’ dengan kendaraan lain. Bukan hanya berisiko membuat mobil rusak, namun nyawa menjadi taruhannya.

    3. Mengemudi di Bahu Jalan Tol

    Tidak sedikit pengemudi yang melewati bahu jalan. Kebiasaan buruk ini berbahaya karena saat akan masuk ke jalur jalan, bisa menabrak atau tertabrak kendaraan lain. Ada pula risiko menabrak mobil lain yang berhenti di bahu jalan padahal ada kondisi darurat. Karena harus menyerobot lajur orang lain untuk kembali ke lajur utama, maka jalan menjadi semakin macet tidak terkendali.

    4. Main Ponsel Ketika Mengemudi Mobil

    Bahaya laten ini masih sering diabaikan. Atas alasan ingin eksis di socmed, sebagian pengemudi justru asyik bermain ponsel saat mengemudi mobil. Karena perhatian teralihkan, detikers tidak waspada sehingga kurang memperhatikan mobil di depan sedang mengurangi kecepatan. Atau bahkan mobil pindah lajur tanpa disadari padahal dari belakang ada mobil lain.

    Kondisi di pintu gerbang Tol Sinaksak. (Dok. PT Hutama Karya) Foto: Kondisi di pintu gerbang Tol Sinaksak. (Dok. PT Hutama Karya)5. Malas Menjaga Jarak Aman

    Begitu ada situasi darurat, AutoFamily akan melakukan pengereman mendadak. Katakan tidak menabrak mobil di depan, tapi bagaimana dengan pengguna jalan lain di belakang? Dengan menjaga jarak aman dengan mobil di depan, detikers bisa melakukan pengereman secara bertahap dan diikuti oleh mobil di belakang, atau manuver menghindar jika memungkinkan.

    6. Pindah Lajur Seenaknya

    Biasanya, pengemudi yang malas menjaga jarak aman juga suka pindah lajur seenaknya. Memaksakan masuk ke lajur lain terutama lajur cepat, bisa mengakibatkan mobil ditabrak dari belakang. Atau karena memaksakan masuk, tidak menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan sehingga menabraknya. Pastikan jalur yang akan dimasuki dalam kondisi aman dan nyalakan lampu sein untuk memberi tanda ke driver lain.

    7. Mengabaikan Batas Kecepatan Kendaraan

    Masih banyak pengemudi yang tidak memperhatikan kecepatan mobil dan melaju pelan di lajur cepat atau lane hogger. Padahal lajur tersebut khusus untuk mobil menyalip dengan kecepatan tinggi. Di lajur lambatpun tidak boleh terlalu pelan karena berisiko sama, tapi juga jangan terlalu kencang karena bisa menabrak mobil di depan.

    Gunakan jalur sesuai kecepatan, dan pastikan hanya memakai lajur paling kanan untuk mendahului. Jangan paksakan menyalip dari lajur kiri karena diperuntukkan untuk mobil yang berjalan lebih lambat, apalagi bahu jalan yang hanya untuk berhenti darurat.

    8. Memaksakan Mengemudi Meskipun Mengantuk

    Jangan pernah disepelekan, masalah ini sama bahayanya dengan bermain ponsel di dalam mobil. Meski hanya sekian detik, mobil detikers bisa pindah lajur atau berkurang kecepatannya tiba-tiba yang sanggup memicu kecelakaan. Solusi paling tepat untuk mengantuk adalah tidur di pom bensin atau rest area meskipun hanya 30 menit.

    9. Mengabaikan Rambu dan Marka Jalan

    Di jalan, ada berbagai rambu yang wajib dipatuhi seperti batas kecepatan maksimal dan minimal. Ada pula rambu yang melarang untuk menyalip jika tidak memungkinkan. Termasuk marka jalan seperti garis lurus yang menandakan pengemudi tidak boleh pindah lajur. Patuhi rambu dan marka jalan untuk menghindari tabrakan beruntun.

    10. Emosional Saat Berkendara

    Jagalah emosi saat mengemudi mobil karena terkait ketertiban dan keselamatan sesama pengguna jalan. Jangan memprovokasi orang lain meskipun mereka salah karena akan memicu perselisihan bahkan kecelakaan. Hindari terpancing emosi hanya karena ada pengemudi mobil lain yang tidak patuh pada aturan.

    11. Malas Mengecek Kondisi Mobil

    Meskipun klise, faktanya banyak pemilik mobil yang malas servis berkala atau sekadar melakukan pengecekan mobil. Bahkan membiarkan mobil walaupun terindikasi ada masalah seperti rem yang kurang pakem atau telapak ban sudah aus. Begitu ada masalah, mobil tidak dapat merespons dengan baik sehingga gagal mencegah kecelakaan.

    (lth/rgr)

  • Segini Biaya Ganti Evaporator AC Toyota Avanza 2017

    Segini Biaya Ganti Evaporator AC Toyota Avanza 2017

    Jakarta

    Evaporator adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendinginan (AC) mobil. Jika sudah rusak, berapa ya biaya penggantiannya? Sebagai contoh, ini adalah biaya penggantian evaporator AC di Toyota Avanza Veloz 2017.

    Mengutip website Auto2000, evaporator AC mobil bekerja dengan cara menyerap udara panas yang ada di dalam kabin, lalu mengubahnya menjadi udara sejuk alias dingin.

    Evaporator AC bekerja dengan menyerap panas yang dibawa udara. Kemudian, blower AC akan mengalirkan udara hangat ke evaporator, di mana udara tersebut kemudian bersentuhan dengan refrigerant yang bersuhu rendah. Akibatnya, udara menjadi lebih dingin, sebelum akhirnya disalurkan kembali ke dalam kabin.

    Seiring penggunaan, evaporator AC bisa mengalami penurunan kinerja, bahkan hingga berlendir. Disitat dari situs bengkel spesialis AC mobil, Rotary Bintaro, evaporator AC yang berlendir bisa membuat AC mobil tidak sejuk lagi.

    Penurunan kinerja AC mobil karena evaporator itu juga dialami tim detikOto yang memiliki Toyota Avanza Veloz tahun 2017. Setelah berumur 8 tahun, evaporator AC mobil Avanza tampak berlendir parah, juga korosi.

    Ada beberapa faktor yang bikin evaporator berlendir, mulai dari kelembapan berlebih. Kelembapan tinggi di dalam kabin mobil dapat membuat kondensasi berlebihan pada evaporator. Selain itu filter kabin yang kotor atau tersumbat juga menghambat aliran udara, menyebabkan kelembapan menumpuk pada evaporator.

    Sebab lainnya bisa karena kebocoran refrigerant. Kebocoran refrigerant atau freon bisa mengubah suhu dan tekanan dalam sistem, serta mempengaruhi kinerja evaporator.

    Kemudian selanjutnya adalah faktor drainase tak lancar. Sistem drainase yang tersumbat atau tak berfungsi dengan baik bisa menyebabkan penumpukan air pada evaporator.

    Biaya Ganti Evaporator AC Avanza

    Jika kondisinya sudah parah karena lendir dan korosi, hingga rusaknya kisi-kisi pada bagian evaporator, maka mau tidak mau komponen evaporator AC mobil itu harus segera diganti baru. Pengalaman detikOto, untuk mengganti evaporator original Toyota Avanza 2017, perlu merogoh kocek hingga Rp 1,9 juta.

    (lua/rgr)